Bayi Butuh Imunisasi BCG Untuk Apa?

Bayi-butuh-imunisasi-bcg-untuk-apa-alodokter.jpg

Imunisasi BCG merupakan salah satu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi. Ada baiknya kita benar-benar paham manfaat imunisasi ini.

Imunisasi BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Gu�rin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC). Pemberian imunisasi BCG pada bayi di Indonesia umumnya dilakukan pada usia bayi baru lahir, paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.

Untuk bayi yang akan diberikan imunisasi BCG setelah usia 3 bulan, sebelumnya harus menjalani tes tuberkulin.Hal ini berkaitan dengan tingginya risiko peradangan lokal dan terjadinya bekas luka serta kemungkinan terjangkit tuberkulosis secara aktif.

Mencegah Penyakit Menular

Vaksin BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis yang telah dilemahkan dan tidak akan menyebabkan sang penerima vaksin menjadi sakit. Mycobacterium bovine, yang paling mirip dengan bakteri tuberkulosis manusia, akan memicu sistem imun. Sistem imun akan menghasilkan sel-sel untuk melindungi kita dari bakteri tuberkulosis. Imunisasi BCG sangat efektif mencegah penyakit tuberkulosis, termasuk bentuk yang paling berbahaya yaitu tuberkulosis meningitis pada anak.

Tak hanya berisiko menginfeksi paru-paru, tuberkulosis juga dapat menjangkiti bagian tubuh lain seperti sendi, tulang, selaput otak (meninges), dan ginjal. Tuberkulosis sangat berbahaya karena mudah menyebar melalui cipratan cairan bersin atau batuk dan air liur yang tanpa sengaja terhirup oleh orang lain.

Meski hampir serupa penyebaran pilek atau flu, tuberkulosis umumnya memerlukan waktu kontak lebih lama sebelum seseorang menderita TBC. Misalnya, ketika seorang anggota keluarga terkena tuberkulosis, maka anggota keluarga lain yang tinggal di rumah yang sama memiliki peluang lebih tinggi untuk tertular.

Efek Samping

Setelah mendapat imunisasi BCG, tidak perlu panik apabila akan muncul seperti luka melepuh di lokasi suntikan. Tak jarang terasa sakit dan lebam selama beberapa hari.

Setelah 2-6 minggu, titik suntikan dapat membesar hingga diameter 7 mm dan mengeras karena cairan yang berada di permukaan mengering. Kemudian meninggalkan bekas luka yang kecil.

Sebagian orang dapat saja mengalami bekas luka yang lebih berat, namun umumnya akan sembuh setelah beberapa minggu.

BCG sangat jarang menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi anafilaktik. Tapi tetap lebih baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika timbul alergi. Lakukan imunisasi dengan tenaga ahli terlatih yang mengetahui penanganan alergi dengan tepat.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Imunisasi BCG

Dosis imunisasi BCG sebanyak 0,05 ml untuk bayi di bawah usia satu tahun. Umumnya penyuntikan imunisasi dilakukan pada lengan bagian kiri atas. Lengan bagian tersebut tidak boleh diberikan imunisasi lain, minimal selama tiga bulan.

Meski tergolong imunisasi wajib, ada beberapa kondisi bayi yang membuat pemberian imunisasi BCG perlu ditunda, seperti :

  • Demam tinggi.
  • Infeksi kulit.
  • HIV positif.
  • Pengobatan kanker atau kondisi lain yang memperlemah sistem imunitas.
  • Diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG.
  • Bayi yang pernah terkena tuberkulosis atau berada di rumah dengan salah seorang anggota keluarga terjangkit tuberkulosis.

Imunisasi BCG merupakan tindakan yang penting untuk melindungi kesehatan bayi. Namun, perhatikan pula kondisi bayi sebelum melakukan imunisasi. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk solusi terbaik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Meski umumnya serangan jantung terasa pada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diperhatikan karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Sakit dada sebelah kanan jarang diperhatikan karena orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang ada di dada sebelah kiri. Padahal sakit dada sebelah kanan terkait dengan beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada orang tua. Tanda yang Dirasakan Tubuh Ada beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu: Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh. Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada. Nyeri di dada terasa menusuk. Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak. Sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring. Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut. Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan: Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan perna [...]

Yang Perlu Dipahami Saat Merawat Kulit dengan Bahan Alami Buatan Sendiri

Yang Perlu Dipahami Saat Merawat Kulit dengan Bahan Alami Buatan Sendiri

Membuat masker, krim wajah atau scrub sendiri dengan bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan sehari-hari. Perawatan menggunakan bahan 100 persen alami umumnya dianggap lebih aman dan efektif ketimbang membeli produk kosmetik jadi buatan pabrik. Benarkah demikian? Tidak selalu.Hal itu tergantung dari kebutuhan dan kondisi kulit, serta hasil yang ingin didapatkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti kosmetik Anda dengan perawatan alami buatan sendiri. Ini dia penjelasannya.1. Lebih Aman Vs Tidak Tahan LamaKulit adalah organ tubuh terbesar manusia yang bisa menyerap 65 persen dari apa pun yang Anda oleskan atau pakai. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan bahan-bahan apa saja yang Anda kenakan pada kulit. Pakar facial dan pemilik salon kecantikan di New York, Cecilia Wong menuturkan, membuat produk kecantikan sendiri akan membuat Anda lebih mudah mengontrol bahan-bahan apa saja yang aman bagi kulit dan risiko iritasi akibat pemakaian bahan kimia pun lebih kecil.Di sisi lain, produk kecantikan dari bahan alami ini cenderung tidak bisa bertahan lama. Lain halnya dengan produk kosmetik yang dibuat di laboratorium atau pabrik, um [...]

7 Fakta Kesehatan Menarik tentang Bayam

7 Fakta Kesehatan Menarik tentang Bayam

Bayam telah lama diyakini sebagai sayuran sehat dan kaya nutrisi, serta memiliki rasa yang bersahabat di lidah hampir setiap orang. Dijadikan sayur bening atau sebagai lalapan rebus, bayam memang sudah cukup akrab sebagai makanan sehari-hari. Tapi apakah Anda sudah tahu fakta kesehatan tentang sayuran ini? Ketahui beberapa fakta menarik seperti yang dikutip dari Care2.1. DaunSemakin lebar daunnya, maka semakin matang dan lebih banyak serabutnya yang menandakan kualitasnya lebih baik. Simpanlah bayam di tempat yang cukup sinar karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada bayam yang ditempatkan di tempat gelap.2. DimasakProses pemanasan akan meningkatkan nutrisi dan manfaat bayam bagi tubuh. Satu setengah cangkir bayam yang dimasak akan memberikan Anda nutrisi tiga kali lebih banyak dari satu cangkir bayam mentah. Sebab, tubuh tidak bisa sepenuhnya mencerna nutrisi yang ada pada bayam mentah untuk segera digunakan.3. Jus BayamSejumlah penelitian menunjukkan, membuatnya jadi jus adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi bayam. Blender bayam (yang sudah direbus sebentar) dengan sayuran lainnya atau buah-buahan agar rasanya lebih enak.4. Oxalic AcidSenyawa ini akan menghambat pen [...]

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

Banyak pakar gizi yang menyerukan pentingnya makan sehat di pagi hari. Sarapan kaya nutrisi, ternyata memang punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan. Mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat. Apa lagi keuntungan yang akan didapat dari sarapan? Ini ulasannya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.1. Lebih LangsingHasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sarapan sehat dan bernutrisi akan mencegah Anda ngemil dan makan berlebihan saat tiba jam makan siang nantinya.2. Lebih SehatAmerican Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan adalah jam makan paling penting dalam sehari. Sarapan penting untuk mengurangi risiko diaberes tipe 2 dan penyakit jantung, "ujar Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, yang memimpin penelitian.3. Lebih BerenergiMakan sarapan yang mengandung [...]

Fakta dan Mitos Sulit BAB

Fakta dan Mitos Sulit BAB

Sulit BAB (buang air besar) atau dalam medis dikenal dengan istilahkonstipasi, dapat terjadi pada bayi, anak, maupun orang dewasa. Beratnya konstipasi itu sendiri bervariasi pada setiap orang. Sebagian besar orang mengalami konstipasi untuk waktu yang singkat saja (akut). Namun, pada beberapa orang, konstipasi dapat terjadi secara kronik atau berlangsung lama sehingga menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan mempengaruhi kualitas kehidupan penderitanya. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dengan konstipasi kronik adalah wasir atau hemoroid, impaksi tinja (tinja mengeras dan terkumpul dalam rektum), inkontinensia usus (keluarnya tinja cair tanpa disadari). (Baca: 7 Solusi Sulit Buang Besar) Simaklah delapan mitos dan fakta mengenai konstipasi di bawah ini: 1. Anda harus buang air besar (BAB) setiap hari: INI MITOS Frekuensi defeksasi yang normal bervariasi untuk tiap orang. Ada yang BAB 3x dalam sehari, ada juga yang baru BAB setiap 2 hari. Konstipasi berarti BAB kurang dari 3x dalam seminggu. 2. Konstipasi menyebabkan diserap kembalinya substansi beracun dalam tinja: INI MITOS Tidak ada yang dapat membuktukan bahwa tinja memproduksi toksin atau bahwa laksatif maupun pembersih [...]

Makanan untuk Mencegah Kerutan Kulit

Makanan untuk Mencegah Kerutan Kulit

Kulit Anda berkerut? Polusi, sinar matahari (sinar ultraviolet) dan makanan dapat berkontribusi terhadap terjadinya kerutan pada kulit kita. Polusi seringkali tidak dapat terhindarkan, pengaruh sinar matahari dapat dikurangi dengan menggunakan pelindung, dan makanan tentu saja dapat diatur. Apa saja makanan-makanan yang dapat meningkatkan kondisi kulit dan mencegah terjadinya kerutan? Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini lebih banyak ternyata memiliki kerutan yang lebih sedikit. Makanan-makanan tersebut adalah: Sayuran hijau (bayam, asparagus, seledri) Terong Bawang putih, bawang bombay, bawang daun Kacang-kacangan Minyak Zaitun Selain itu, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya kerutan pada kulit lebih cepat adalah: Butter Margarin Susu dan produk susu Daging merah Produk-produk yang mengandung gula. Makanan memang mempengaruhi kondisi kulit dengan cukup kuat sehingga sebaiknya kita memperhatikan dengan seksama makanan yang kita konsumsi. Memperbanyak buah dan sayuran telah terbukti memberikan tampilan kulit yang lebih baik dan berseri. [...]

Jangan Pasung Skizofrenia

Jangan Pasung Skizofrenia

Konfrensi Nasional Skizofrenia 2010Fenomena yang memprihatinkan yang ditemukan di Indonesia terhadap penderita skizofrenia atau gangguan jiwa berat adalah pemasungan. Ironisnya, hal pemasungan ini justrudilakukan oleh keluarga terdekat penderita itu sendiri. Tujuannya, untuk menghindari konflik atau beban sosial dari kegagalan interaksi dengan masyarakat sekitar. Di Indonesia, penderita skizofrenia telah mencapai sekitar 2,5 persen dari total penduduk Indonesia. Mirisnya, dari jumlah tersebut hanya 8,3 persen penderita yang melakukan pengobatan, sisanya dilatarbelakangi faktor finansiil dan sikap tertutup dari keluarga penderita yang menganggap skizofrenia adalah momok atau aib yang memalukan yang dimiliki. Hingga mengarah kepada kondisi pemasungan. Hal ini berlawanan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 1966 tentang Kesehatan Jiwa menyatakan bahwa pasien dengan gangguan jiwa yang terlantar harus mendapatkan perawatan dan pengobatan pada suatu tempat perawatan. Suatu hal esensiil terhadap pertimbangan kebutuhan hak asasi manusia. Masih banyaknya temuan kasus pemasungan di masyarakat menandakan kegagalan otoritas dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak asasi terhadap warganya [...]

Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Banyak anggapan bahwa tinggal bersama mertua bisa menimbulkan banyak konflik bagi kehidupan rumah tangga. Kini menurut penelitian, tinggal bersama mertua juga berakibat buruk bagi kesehatan wanita.Para ilmuwan mengatakan bahwa wanita memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar terkena penyakit serius seperti jantung ketika mereka tinggal satu atap dengan sang mertua. Hal ini karena sang istri merasa stres.Ketika wanita tinggal bersama mertuanya, mereka merasa tertekan karena harus berperan sebagai anak, ibu, sekaligus pasangan tiap harinya. Rasa stres yang diderita oleh wanita tersebut bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes.Penelitian itu melihat adanya efek dari pengaturan hidup pada hampir 91 ribu pria dan wanita sehat, lebih dari 14 tahun. Hasilnya ditemukan, antara tahun 1990 hingga 2004, 671 dari peserta penelitian didiagnosis mengidap penyakit arteri koroner, 339 meninggal karena penyakit jantung dan 6.255 meninggal karena penyebab lain.Dari hasil penelitian itu, disimpulkan bahwa wanita menikah --terutama yang telah memiliki anak-- yang tinggal dengan mertua atau orang tuanya sendiri memiliki kemungkinan tiga kali terkena penyakit jantung ketimbang mereka yang [...]

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Anda senang tertawa? Tertawa rupanya tidak hanya membuat seseorang merasa lebih baik. Menurut penelitian terbaru, aktivitas itu pun bisa membantu mengurangi rasa sakit.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian tentang tertawa itu dilakukan para peneliti di Universitas Oxford. Dalam penelitian tersebut, Professor Robin Dunbar dan teman-temannya, merekam jumlah tawa yang dihasilkan responden. Responden ketika direkam diminta menonton video komedi.Tawa responden yang menonton video komedi itu kemudian dibandingkan dengan mereka yang menonton film drama. Professor Dunbar juga mengukur toleransi responden pada rasa sakit.Dalam pengukuran itu, responden menjalani sejumlah tes. Mereka diukur berapa lama bisa tahan saat tangan ditempel tempat menaruh wine yang sudah beku dan berapa lama tahan berlutut dengan punggung menempel di dinding.Setelah diteliti terungkap kelompok yang menonton film komedi dan banyak tertawa, toleransinya pada rasa sakit cukup tinggi. Sementara mereka yang menonton video non komedi, tidak bisa mentoleransi rasa sakit. "Tertawa itu memang secara fisik melelahkan dan apapun yang membuat tubuh terkuras secara fisik memicu keluarnya endorphin, yang memang respon n [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *