Bayi Butuh Imunisasi BCG Untuk Apa?

Bayi-butuh-imunisasi-bcg-untuk-apa-alodokter.jpg

Imunisasi BCG merupakan salah satu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi. Ada baiknya kita benar-benar paham manfaat imunisasi ini.

Imunisasi BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Gu�rin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC). Pemberian imunisasi BCG pada bayi di Indonesia umumnya dilakukan pada usia bayi baru lahir, paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.

Untuk bayi yang akan diberikan imunisasi BCG setelah usia 3 bulan, sebelumnya harus menjalani tes tuberkulin.Hal ini berkaitan dengan tingginya risiko peradangan lokal dan terjadinya bekas luka serta kemungkinan terjangkit tuberkulosis secara aktif.

Mencegah Penyakit Menular

Vaksin BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis yang telah dilemahkan dan tidak akan menyebabkan sang penerima vaksin menjadi sakit. Mycobacterium bovine, yang paling mirip dengan bakteri tuberkulosis manusia, akan memicu sistem imun. Sistem imun akan menghasilkan sel-sel untuk melindungi kita dari bakteri tuberkulosis. Imunisasi BCG sangat efektif mencegah penyakit tuberkulosis, termasuk bentuk yang paling berbahaya yaitu tuberkulosis meningitis pada anak.

Tak hanya berisiko menginfeksi paru-paru, tuberkulosis juga dapat menjangkiti bagian tubuh lain seperti sendi, tulang, selaput otak (meninges), dan ginjal. Tuberkulosis sangat berbahaya karena mudah menyebar melalui cipratan cairan bersin atau batuk dan air liur yang tanpa sengaja terhirup oleh orang lain.

Meski hampir serupa penyebaran pilek atau flu, tuberkulosis umumnya memerlukan waktu kontak lebih lama sebelum seseorang menderita TBC. Misalnya, ketika seorang anggota keluarga terkena tuberkulosis, maka anggota keluarga lain yang tinggal di rumah yang sama memiliki peluang lebih tinggi untuk tertular.

Efek Samping

Setelah mendapat imunisasi BCG, tidak perlu panik apabila akan muncul seperti luka melepuh di lokasi suntikan. Tak jarang terasa sakit dan lebam selama beberapa hari.

Setelah 2-6 minggu, titik suntikan dapat membesar hingga diameter 7 mm dan mengeras karena cairan yang berada di permukaan mengering. Kemudian meninggalkan bekas luka yang kecil.

Sebagian orang dapat saja mengalami bekas luka yang lebih berat, namun umumnya akan sembuh setelah beberapa minggu.

BCG sangat jarang menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi anafilaktik. Tapi tetap lebih baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika timbul alergi. Lakukan imunisasi dengan tenaga ahli terlatih yang mengetahui penanganan alergi dengan tepat.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Imunisasi BCG

Dosis imunisasi BCG sebanyak 0,05 ml untuk bayi di bawah usia satu tahun. Umumnya penyuntikan imunisasi dilakukan pada lengan bagian kiri atas. Lengan bagian tersebut tidak boleh diberikan imunisasi lain, minimal selama tiga bulan.

Meski tergolong imunisasi wajib, ada beberapa kondisi bayi yang membuat pemberian imunisasi BCG perlu ditunda, seperti :

  • Demam tinggi.
  • Infeksi kulit.
  • HIV positif.
  • Pengobatan kanker atau kondisi lain yang memperlemah sistem imunitas.
  • Diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG.
  • Bayi yang pernah terkena tuberkulosis atau berada di rumah dengan salah seorang anggota keluarga terjangkit tuberkulosis.

Imunisasi BCG merupakan tindakan yang penting untuk melindungi kesehatan bayi. Namun, perhatikan pula kondisi bayi sebelum melakukan imunisasi. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk solusi terbaik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap manfaat lain wortel. Dan menemukan bahwa ternyata wortel tak hanya baik untuk penglihatan, wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.Menurut peneliti Ian Stephen, mengonsumsi wortel selama dua bulan saja sudah bisa memberikan hasil yang signifikan. Hal i [...]

Seberapa Efektifnya Vaksin Meningitis

Seberapa Efektifnya Vaksin Meningitis

Penyakit Meningokokus adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria meningitidis. Salah satu jenis penyakitnya adalah meningitis, yaitu peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini dapat ditularkan melalui bersin, batuk, dan ciuman dari orang yang terinfeksi. Usia 16 ? 23 tahun adalah usia paling berisiko seseorang dapat terserang penyakit meningokokus. Kabar baiknya, ada vaksin yang dapat diberikan untuk meminimalkan risiko terpapar penyakit ini. Vaksin meningitis mengandung antigen, yaitu substansi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi melawan bakteri penyebab meningitis. Vaksin meningokokus pertama, MPSV4 (Meningococcal polysaccharide vaccine), diciptakan pada 1978, kemudian MCV4 (Meningococcal conjugate vaccine) pada 2005. MPSV4 disebut juga vaksin meningokokus polisakarida, sedangkan MCV4 disebut vaksin meningokokus konjugasi. Keduanya melindungi dari empat jenis penyakit meningokokus yang disebabkan oleh serogroup A, C, W, dan Y. Sebenarnya, saat ini diketahui setidaknya ada 13 serogrup Neisseria meningitidis. Kapan dan siapa saja yang perlu divaksin meningitis? Vaksin MCV4 disarankan diberikan untuk anak usia [...]

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

Mungkin Anda sudah familiar dengan fungsi antioksidan seperti vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh dan tidak mudah sakit. Namun tahukah Anda, ternyata ada cara lain yang cukup aneh untuk meningkatkan imunitas dan agar tidak mudah sakit: Berciuman Ya, berciuman dapat membantu Anda untuk memerangi flu! Dengan bertukar bakteri, Anda akan menstimulasi daya tahan tubuh secara alami dan meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya pastikan pasangan Anda sedang tidak flu juga. Bahkan berhubungan seks, jika dilakukan secara rutin seminggu sekali dapat meningkatkan produksi immunoglobulin A (IgA), yaitu suatu protein untuk kekebalan tubuh yang dapat membunuh kuman. Mendengarkan musik Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik seperti jazz atau soft rock saat Anda sedang sakit selama 30 menit, dapat membantu meningkatkan kadar IgA dalam tubuh. Berjalan cepat, namun jangan berlari Jika Anda berjalan cepat selama 45 menit, 4x atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kadar imunitas tubuh dan dapat terhindar dari sakit. Jangan membuang ingus Ketika Anda sedang flu, hidung Anda akan dipenuhi dengan cairan dan sekret. Hindari untuk membuang ingus, terlebih s [...]

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Jika dewa asmara pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, Ia pasti akan mengarahkan panahnya ke otak ketimbang hati. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk cinta yang langgeng, sebaiknya Ia mencelupkan panahnya pada oksitosin. Dan juga para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa hormon ini sangat penting bagi tikus monogami untuk tetap setia pada pasangan mereka, dan bahwa hal itu membuat manusia lebih percaya terhadap satu sama lain. Dan sekarang, mereka menemukan bahwa itu juga penting untuk bagaimana kita membentuk dan memelihara hubungan romantis. Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita. Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya. Hormon Oksitosin Bukti pertama dari peneliti yang mengukur hormon pada pasangan menunjukkan bahwa oxytocin memiliki peran sebagai perekat cinta yang alami. Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam ikatan ibu-anak dan baru-baru ini memutuskan untuk menyelam ke dalam pe [...]

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna di dalam tubuh. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan sudah tercerna secara tepat sebelum memulai aktivitas olahraga apapun. Untuk mengubah makanan Anda menjadi energi dibutuhkan waktu, untuk itu sebaiknya Anda makan maksimal 3-4 jam sebelum berolahraga. Hal ini merupakan estimasi saja, namun kembali lagi bergantung dari kecepatan metabolisme dan pencernaan Anda. Jika Anda tidak dapat menunggu selama itu, hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan olahraga yang berat karena dapat berujung pada mual dan muntah. Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Berikut penjelasannya: Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Sebelum memulai olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, pilihlah makanan yang rendah lemak namun tinggi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Makanan yang tinggi lemak akan mempengaruhi performa Anda ketika berolahraga. Jadi, hindari makanan yang digoreng. Nasi, kentang atau pasta dapat menjadi pilihan Anda sebelum berolahraga. Anda juga dapat menambahkan yoghurt ataupun jus buah segar. Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga? Berikut penjelasannya: [...]

Gangguan Tidur yang Berisiko Stroke

Gangguan Tidur yang Berisiko Stroke

Gangguan tidur merupakan salah satu keluhan yang paling sering ditemukan pada penderita yang berkunjung ke dokter. Diperkirakan tiap tahun 20%-40% orang dewasa mengalami kesukaran tidur dan 17% diantaranya mengalami masalah serius.Prevalensi gangguan tidur setiap tahun cenderung meningkat, hal ini juga sesuai dengan peningkatan usia dan berbagai penyebabnya. Penelitian memperlihatkan bahwa gangguan tidur meningkatkan kejadian berbagai penyakit kardioserebrovaskuler. Hal ini terutama terkait dengan gangguan bernafas saat tidur (sleep disorder breathing), ujar dr Rizaldy Pinzon, Mkes, SpS selaku dokter tim stroke RS Bethesda Yogyakarta, seperti yang dikutip dari detikhealth (link).Gangguan bernafas saat tidurAda dua macam pola gangguan nafas saat tidur, yaitu Hypoapnea dan Apnea. Hypoapnea ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan 50%-80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen lebih dari 3%.Sementara apnea tidur ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen lebih dari 3%.Terdapat tiga jenis sleep apnea yaitu central sleep apnea, upper airway obstructive apnea dan bentuk ca [...]

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Selain merasakan nyeri perut, beberapa wanita yang sedang mengalami haid juga terkadang merasakan nyeri punggung. Sebenarnya nyeri punggung ini memang merupakan dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim (dysmenorrhea). Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan ketegangan pada otot perut, melainkan juga pada otot pendukung, yaitu; otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas. Memang nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bagaimanapun nyeri punggung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman selama menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-harinya. Lagi-lagi Karena Hormon Menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri otot punggung selama menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi dalam memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung menegang, termasuk otot punggung bagian bawah. Tak Perlu Obat Meskipun mengganggu, nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan obat, karena pada umumnya rasa nyeri itu tidak disebabkan oleh hal yang [...]

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Bosan makan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan serat tiap hari? Rumput laut bisa jadi alternatif asupan serat sebagai variasi makanan sehari-hari.Tak hanya serat, tumbuhan laut yang lebih dikenal sebagai bahan pembuat agar-agar ini ternyata kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Seperti mineral, vitamin bahkan sedikit protein. Karena kandungan nutrisi yang beragam, manfaat dari mengonsumsi rumput laut pun cukup banyak. Ini berbagai manfaat rumput laut, menurut pakar gizi Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD.1. Bantu Turunkan Berat BadanRumput laut mengandung serat jenis polisakarida yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Selain kaya akan serat, kalorinya pun rendah. Seperti diketahui, serat memberi efek perut terasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak jadi lebih terkontrol.2. Baik untuk PencernaanRumput laut mengandung probiotik, yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan. "Dengan adanya itu (probiotik) bakteri baik juga tumbuh dengan baik. Prebiotik dan probiotik sangat baik untuk bantu melancarkan pencernaan. Juga meningkatkan sistem imunitas," ujar Prof. Ahmad, dalam acara Jelajah Gizi yang diadakan Sarihusada di Pulau [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Dalam sebuah konferensi kedokteran yang dilakukan oleh American College od Cardiology, dipresentasikan sebuah penelitian mengenai hubungan antara kesehatan jantung dan status pernikahan. Penelitian tersebut dilakukan pada 3,5 juta orang dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah menikah memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan perceraian dapat meningkatkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Mereka yang mengalami perceraian cenderung memiliki kebiasaan merokok, tingkat stres lebih tinggi, dan menjalani gaya hidup sedentary sehingga meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya. Menikah, Maka Jantung Lebih Sehat Pasangan yang menikah dapat saling melengkapi dan membantu pasangannya untuk hidup sehat dengan melakukan diet sehat, olahraga, mengingatkan meminum obat/bertemu dokter, dan sebagainya. Mereka yang menikah memiliki risiko penyakit jantung 12% lebih rendah dibanding yang tidak menikah atau bercerai. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pernikahan yang bermasalah. Pasangan menikah yang memiliki banyak masalah justru meningk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *