Beberapa Penyebab Benjolan di Kepala

beberapa-penyebab-benjolan-di-kepala-alodokter.jpg

Timbulnya benjolan pada bagian tubuh kerap kali memicu kekhawatiran. Benjolan di kepala merupakan salah satu lokasi yang perlu mendapat perhatian. Apa saja kemungkinan penyebabnya?

Trauma kepala merupakan salah satu penyebab timbulnya benjolan di kepala, yang umumnya akan menghilang dalam satu atau dua hari. Tetapi ada benjolan di kepala yang muncul tanpa adanya trauma. Hal ini menyebabkan seseorang bertanya-tanya apa penyebab benjolan tersebut.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan benjolan di kepala, yaitu:

  • Cedera kepala

Kepala terbentur merupakan salah satu cedera yang sering dialami. Jika benturan menyebabkan benjolan yang tidak disertai gejala lain, umumnya akan menghilang setelah dua hari. Meski demikian, benturan yang menyebabkan benjolan di kepala selalu harus perlu diwaspadai mengenai kemungkinan mengenai otak, seperti gegar otak atau hematoma (perdarahan di dalam otak). Kenali gejala bila otak sudah terkena dampak cedera, antara lain pusing, mual, lebam atau tampak kebingungan.

  • Tumor tulang kepala

Tumor jenis ini terjadi akibat pembelahan sel tulang yang tidak terkendali sehingga membentuk massa, tampak sebagai benjolan di kepala. Tumor tulang umumnya tidak ganas dan tidak menyebar, namun yang perlu diwaspadai adalah dapat menyebabkan gangguan pada tengkorak kepala ataupun retak. Jenis tumor tulang tersering adalah osteokondroma, berasal dari sel tulang rawan, biasanya terjadi pada usia 10-20 tahun.

  • Kanker pada kepala

Pada kepala, dapat terjadi benjolan yang ganas. Kanker di kepala dapat terbentuk dari sel-sel ganas yang membelah tidak terkendali. Sel-sel tersebut bisa berasal dari sel tulang , sel tulang rawan , sel darah putih tertentu, dan sel-sel lainnya yang berubah menjadi ganas. Gejala kanker di kepala bermacam-macam tergantung dari lokasi dan jenis sel ganas. Pada beberapa jenis kanker di kepala, benjolan tumbuh cepat dan terasa nyeri. Namun, jenis lainnya bisa tidak menimbulkan nyeri.

Berbeda dengan tumor tulang yang umumnya tidak ganas dan tidak menyebar, kanker di kepala dapat tumbuh dan merusak saraf-saraf di kepala.

  • Kista

Kista adalah kantung tertutup yang berada di bawah kulit. Kista yang dapat ditemukan di kulit kepala antara lain kista dermoid dan kista sebasea. Isi dari kista dermoid dapat berupa kumpulan rambut, kelenjar kulit, bahkan gigi. Sedang kista sebasea timbul dari kelenjar minyak kulit yang tersumbat.

  • Lipoma

Tampak seperti benjolan yang lembut, menyerupai tekstur karet. Lipoma adalah tumor yang terdiri atas dari kumpulan sel-sel lemak. Lipoma termasuk tumor yang tidak berbahaya dan berkembang dengan lambat. Terdapat kemungkinan terasa sakit jika lipoma menekan saraf. Tumor jenis ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, secara tunggal ataupun terdiri dari beberapa benjolan, biasanya berukuran tidak lebih dari 5 cm.

  • Folikulitis

Peradangan pada folikel atau akar rambut yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan kecil di kulit kepala. Selain itu, dapat juga terjadi di sekitar wajah. Kemungkinan disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut ataupun iritasi bahan kimia. Lebih cenderung dialami oleh para penderita diabetes, obesitas, ataupun yang mengalami gangguan sistem imunitas.

  • Kalsifikasi tulang

Tulang dan gigi menyerap kalsium paling banyak pada tubuh, kemungkinan sisanya akan masuk ke aliran darah dan keluar dari urine. Hanya saja, pada sebagian orang, kalsium dapat menumpuk dalam jaringan tubuh. Kalsium yang terakumulasi selama beberapa waktu dapat menyebabkan benjolan, termasuk di kepala. Kalsifikasi tulang dapat terjadi karena mekanisme normal di dalam tubuh namun juga dapat menjadi tanda penyakit yang serius.

Waspadai Gejala Lanjutan

Benjolan di kepala atau bagian tubuh lain, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Benjolan yang harus segera diperiksakan, antara lain jika tampak terus membesar, terasa sakit, keras ketika dipegang dan benjolan yang tumbuh kembali setelah sebelumnya diangkat.

Kemungkinan dokter Anda akan melakukan beberapa tindakan pemeriksaan tambahan, seperti penggunaan ultrasound, CT scan atau biopsi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan berbagai kondisi lainnya. Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad 15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Herba ini mulai diteliti setelah ditengarai dapat memberikan manfaat pada hewan ternak. Selanjutnya cordyceps digunakan sebagai obat herba yang dikonsumsi terpisah maupun dipadukan dengan tanaman herba lain untuk menangani berbagai penyakit. Melalui penelitian di laboratorium, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi suplemen. Cordyceps mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan zat-zat lain. Cordyceps kemungkinan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu. Jamur ini juga mungkin dapat memerangi sel kanker dan memperkecil ukuran t [...]

Bayi Batuk dan Kemudian Memegang Telinganya

Bayi Batuk dan Kemudian Memegang Telinganya

Ketika bayi batuk, kemudian memegang atau menarik telinganya, ada kemungkinan mereka menderita alergi atau virus, seperti pilek atau flu. Alergi atau penyakit pernapasan bagian atas dapat menyebabkan tersumbatnya kanal telinga yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga. dr William Sears dari website Parenting.com mengatakan bahwa infeksi telinga biasanya disertai dengan gejala alergi atau flu, seperti batuk dan hidung meler. Virus Vs. Alergi; Sering kali sulit bagi orangtua untuk menentukan apakah bayinya memiliki virus atau alergi, karena perbedaannya perbedaan antara keduanya sangat tipis. Dan juga, bayi yang memiliki alergi lebih rentan terserang virus, dan dapat memiliki kedua masalah tersebut secara bersamaan. Hidung meler dan berair secara teratur, biasanya berarti alergi, sedangkan lendir disertai demam mungkin menandakan pilek. Banyak gejala flu mirip dengan pilek. Tapi sakit kepala, semua rasa sakit, kelelahan dan menggigil adalah tanda-tanda klasik dari flu. Situs The Baby Center mencatat bahwa jika hidung tersumbat dan batuk terjadi 'jauh sebelum' demam, pilek adalah diagnosis yang paling mungkin. Satu hal yang perlu Anda waspadai, jika pilek batuk yang dialami anak dii [...]

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal. Manfaat air bagi tubuh Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya: Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan? Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung [...]

Nia Dinata Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan Cara Alami, Seperti Apa?

Nia Dinata Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan Cara Alami, Seperti Apa?

Sutradara dan produser Nia Dinata, memiliki jadwal yang padat setiap hari. Meski memiliki segudang aktivitas dalam membuat film, wanita 45 tahun ini mengaku jarang sakit. Ketika sakit pun sutradara Arisan! itu jarang ke dokter karena lebih suka menyembuhkannya dengan cara alami. Apa resep alami yang dimiliki Nia untuk menjaga tubuh agar tetap bugar?Ketika berbincang di Plaza Senayan, Nia menuturkan bahwa resep ampuh agar tubuh selalu segar dan tidak mudah sakit adalah yoga. Sebagai pecinta gaya hidup sehat dia memiliki rutinitas yoga setiap hari minimal setengah jam.Menurutnya yoga bisa menghilangkan beban pikiran serta membuat tubuh lebih rileks. Produser dari film 'Quickie Express' itu pun mengajak anaknya mempraktekkan yoga. Selain yoga, Nia juga menerapkan pola makan sehat serta mengonsumsi bahan-bahan alami untuk mencegah penyakit."Aku ajak anak yoga dan mereka ketawa-tawa saat diajarin yoga. Kalau anak lagi sakit, aku ajarkan gerakan ini, itu (yoga). Baru setelah itu minum air jahe. Aku jarang banget minum obat karena banyak bahan kimianya," tutur Nia pada Wolipop belum lama ini.Ibu dua anak itu menambahkan, saat tubuh butuh asupan vitamin ia tidak pernah mengandalkan supl [...]

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kegemukan telah kita ketahui mempengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pria. Pada pria yang gemuk ditemukannya kadar hormon testosteron yang rendah. Kadar hormon testeosteron yang rendah ini mengganggu pembentukan sperma dan juga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual. Selain itu, gangguan ereksi juga banyak terjadi pada pria yang kegemukan. Selain berat badan, ternyata kunyit juga dapat mempengaruhi kesuburan pria. Kunyit (Curcuma Longa) telah diteliti memiliki efek antibakteri, antivirus, antiradang dan antikanker. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan tidak membahayakan manusia. Namun, dalam beberapa penelitian terbaru ditemukan bahwa kunyit dapat mempengaruhi kesuburan pria. Beberapa hal yang ditemukan adalah sebagai berikut: Pada sebuah penelitian di laboratorium, sperma yang diberikan cairan kunyit mengalami gangguan gerakan dan fungsi. Pada penelitian lain pada tikus, ditemukan bahwa konsumsi kunyit dalam jumlah besar mempengaruhi proses pembentukan dan pematangan sperma dan kadar hormon testosteron pria. Selain itu juga mempengaruhi kondisi organ-organ reproduksi pria menjadi kurang baik. 3. Kunyit & Produktivitas Sperma Konsu [...]

5 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Payudara

5 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi wanita. Namun tahukah Anda, bahwa kanker payudara bisa dicegah dengan memiliki gaya hidup sehat?Walau terdengar terlalu sederhana, menurut Barb Hughesian, penemu situs HealthyChoices4Life.com, diet sehat dan olahraga yang tepat bisa bantu cegah risiko terkena kanker payudara sebesar 30 hingga 50 persen. Berikut lima tips untuk dapatkan payudara sehat, seperti yang dikutip dari ezinearticles.1. Konsumsilah makanan dan minuman bernutrisi tinggi* Hindari memakan makanan kaleng dan beralih pada makanan segar alami.* Usahakan untuk mengonsumsi makanan organik, yang terbukti memiliki lebih banyak vitamin dan mineral.* Pilih makanan yang mengandung lemak baik. Tubuh kita memerlukan lemak baik agar dapat berfungsi dengan baik. Terlalu banyak mengonsumsi minyak olahan akan memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.* Biasakan mengonsumsi omega 3 yang terdapat pada ikan laut, kacang, alpukat, minyak kelapa dan mentega.* Bila Anda seorang vegetarian, penting bagi Anda untuk mendapatkan beberapa bentuk protein dari kacang dan tahu.* Jika Anda memakan danging, usahakan mengonsumsi daging organik dari hewan yang memak [...]

Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama

Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama

Hobi membaca buku? Ada peringatan penting untuk Anda. Menurut penelitian, membaca buku dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko sindrom mata kering. Sindrom ini menyebabkan mata lelah, kemerahan juga perih.Penyebabnya yakni ketika membaca, jumlah kedipan mata akan berkurang hingga 1/3 dibandingkan saat aktivitas mata normal. Anda perlu sering-sering berkedip agar mata terlapisi oleh kelenjar air mata. Hal ini untuk mencegah terjadinya penguapan air mata yang menyebabkan mata kering.Kecenderungan terjadinya sindrom mata kering ini terungkap dalam Hay Festival of Literature of Arts. Sebuah festival tahunan di Inggris, dimana para penulis dan penggemar buku berkumpul, berdiskusi dan membedah buku, yang telah rutin diadakan selama 25 tahun.The Spectrum Thea, perusahaan spesialis penanganan kesehatan mata yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut menemukan, banyak pembaca mengeluhkan matanya sakit dan kering selama beberapa waktu. Hal itu karena kebiasaan mereka yang terlalu sering dan lama membaca buku.Namun sindrom mata kering ini seharusnya tidak menghentikan minat membaca buku. Bagaimanapun juga, semangat membaca buku tetap harus ditingkatkan karena akan membuka jendela peng [...]

Manfaat Omega-3: Mitos atau Fakta?

Manfaat Omega-3: Mitos atau Fakta?

Omega-3 sering disebut sebagai bahan super yang kaya dengan manfaat. Begitu banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produk-produknya mengandung omega-3, kemudian dijual dengan harga mahal. Apakah nutrisi ini benar-benar bermanfaat? Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga jenis zat. Minyak ikan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoik (EPA), serta beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman mengandung asam alfa-linolenik (ALA) yang diproses tubuh menjadi asam lemak omega-3. Selain didapat dari bahan alami, omega-3 juga banyak ditawarkan dalam bentuk suplemen. Menguak Fakta Manfaat Omega-3 Bahan makanan dan suplemen yang mengandung Omega-3 sering dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, mencegah demensia, serta berperan penting dalam perkembangan janin. Namun beberapa penelitian yang menyimpulkan hal di atas sering tidak dijalankan dengan mekanisme yang tepat. Misalnya jumlah sampel yang tidak memenuhi syarat dan waktu pengamatan yang terlalu singkat. Berikut ini adalah beberapa klaim beserta faktanya. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular Serangkaian penelitian yang dila [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *