Beberapa Penyebab Benjolan di Kepala

beberapa-penyebab-benjolan-di-kepala-alodokter.jpg

Timbulnya benjolan pada bagian tubuh kerap kali memicu kekhawatiran. Benjolan di kepala merupakan salah satu lokasi yang perlu mendapat perhatian. Apa saja kemungkinan penyebabnya?

Trauma kepala merupakan salah satu penyebab timbulnya benjolan di kepala, yang umumnya akan menghilang dalam satu atau dua hari. Tetapi ada benjolan di kepala yang muncul tanpa adanya trauma. Hal ini menyebabkan seseorang bertanya-tanya apa penyebab benjolan tersebut.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan benjolan di kepala, yaitu:

  • Cedera kepala

Kepala terbentur merupakan salah satu cedera yang sering dialami. Jika benturan menyebabkan benjolan yang tidak disertai gejala lain, umumnya akan menghilang setelah dua hari. Meski demikian, benturan yang menyebabkan benjolan di kepala selalu harus perlu diwaspadai mengenai kemungkinan mengenai otak, seperti gegar otak atau hematoma (perdarahan di dalam otak). Kenali gejala bila otak sudah terkena dampak cedera, antara lain pusing, mual, lebam atau tampak kebingungan.

  • Tumor tulang kepala

Tumor jenis ini terjadi akibat pembelahan sel tulang yang tidak terkendali sehingga membentuk massa, tampak sebagai benjolan di kepala. Tumor tulang umumnya tidak ganas dan tidak menyebar, namun yang perlu diwaspadai adalah dapat menyebabkan gangguan pada tengkorak kepala ataupun retak. Jenis tumor tulang tersering adalah osteokondroma, berasal dari sel tulang rawan, biasanya terjadi pada usia 10-20 tahun.

  • Kanker pada kepala

Pada kepala, dapat terjadi benjolan yang ganas. Kanker di kepala dapat terbentuk dari sel-sel ganas yang membelah tidak terkendali. Sel-sel tersebut bisa berasal dari sel tulang , sel tulang rawan , sel darah putih tertentu, dan sel-sel lainnya yang berubah menjadi ganas. Gejala kanker di kepala bermacam-macam tergantung dari lokasi dan jenis sel ganas. Pada beberapa jenis kanker di kepala, benjolan tumbuh cepat dan terasa nyeri. Namun, jenis lainnya bisa tidak menimbulkan nyeri.

Berbeda dengan tumor tulang yang umumnya tidak ganas dan tidak menyebar, kanker di kepala dapat tumbuh dan merusak saraf-saraf di kepala.

  • Kista

Kista adalah kantung tertutup yang berada di bawah kulit. Kista yang dapat ditemukan di kulit kepala antara lain kista dermoid dan kista sebasea. Isi dari kista dermoid dapat berupa kumpulan rambut, kelenjar kulit, bahkan gigi. Sedang kista sebasea timbul dari kelenjar minyak kulit yang tersumbat.

  • Lipoma

Tampak seperti benjolan yang lembut, menyerupai tekstur karet. Lipoma adalah tumor yang terdiri atas dari kumpulan sel-sel lemak. Lipoma termasuk tumor yang tidak berbahaya dan berkembang dengan lambat. Terdapat kemungkinan terasa sakit jika lipoma menekan saraf. Tumor jenis ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, secara tunggal ataupun terdiri dari beberapa benjolan, biasanya berukuran tidak lebih dari 5 cm.

  • Folikulitis

Peradangan pada folikel atau akar rambut yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan kecil di kulit kepala. Selain itu, dapat juga terjadi di sekitar wajah. Kemungkinan disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut ataupun iritasi bahan kimia. Lebih cenderung dialami oleh para penderita diabetes, obesitas, ataupun yang mengalami gangguan sistem imunitas.

  • Kalsifikasi tulang

Tulang dan gigi menyerap kalsium paling banyak pada tubuh, kemungkinan sisanya akan masuk ke aliran darah dan keluar dari urine. Hanya saja, pada sebagian orang, kalsium dapat menumpuk dalam jaringan tubuh. Kalsium yang terakumulasi selama beberapa waktu dapat menyebabkan benjolan, termasuk di kepala. Kalsifikasi tulang dapat terjadi karena mekanisme normal di dalam tubuh namun juga dapat menjadi tanda penyakit yang serius.

Waspadai Gejala Lanjutan

Benjolan di kepala atau bagian tubuh lain, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Benjolan yang harus segera diperiksakan, antara lain jika tampak terus membesar, terasa sakit, keras ketika dipegang dan benjolan yang tumbuh kembali setelah sebelumnya diangkat.

Kemungkinan dokter Anda akan melakukan beberapa tindakan pemeriksaan tambahan, seperti penggunaan ultrasound, CT scan atau biopsi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Fakta Keringat

4 Fakta Keringat

Tidak sedikit kita diantara kita yang pernah bertemu kesulitan dengan namanya keringat. Contohnya seperti kejadian-kejadian seperti berikut ini: Anda berhenti membeli baju putih karena bekas keringat yang tidak dapat hilang. Kenaikan suhu sedikit saja dapat membuat Anda berkeringat. Anda merasa ?deg-deg?-an saat akan bersalaman dengan orang oleh karena tangan Anda selalu berkeringat. Anda merasa takut dekat dengan orang lain karena Anda merasa ada bau badan yang tidak sedap. Apakah hal-hal ini membuat Anda abnormal? Atau apakah memang ada orang-orang tertentu yang berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan orang lain? Berikut penjelasannya: Hal yang Perlu Anda Tahu Soal Keringat: 1. Pertama, memang semua orang berkeringat Keluarnya cairan dari kelenjar keringat kita merupakan fungsi tubuh yang normal. Hal ini merupakan suatu fungsi tubuh untuk mejaga temperature tubuh. Keringat sebagian besar terdiri dari air, namun juga mengandung gula, garam, dan beberapa jenis bahan kimia seperti ammonia. Keringat pada umumnya tidak ada baunya, namun bila bercampur dengan bakteri yang ada di kulit akan menimbulkan bau yang tidak sedap. (Baca: Men [...]

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit tidak hanya memiliki rasa yang segar dan kaya vitamin tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Mulai dari khasiatnya untuk menjaga kesehatan hingga menambah rasa pada makanan atau minuman. Ini manfaat mengonsumsi buah citrus setiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Penambah Rasa AlamiHindari menambahkan gula, sirup atau saus botolan pada makanan/minuman Anda jika ingin hidup sehat dan tetap ramping. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai buah citrus untuk dressing salad, bumbu daging/ikan, jus atau smoothies. Perasan lemon misalnya, bisa menambah kesegaran pada minuman teh bahkan air putih Anda.2. Rendah GulaKeluarga citrus merupakan salah satu jenis buah yang rendah kandungan fruktosa atau gulanya. Rata-rata buah yang termasuk dalam citrus diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol tingkat insulin.3. Kaya Vitamin CSemua buah citrus sudah tentu kaya Vitamin C. Seperti diketahui, vitamin ini memiliki banyak manfaat seperti anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit. Selain itu juga bisa membuat mood Anda jadi lebih baik dan bahkan memban [...]

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Fiona Troup, seorang fisioterapis di Six Physio London, menjelaskan orang dewasa sehat bernapas sekitar 10-14 napas per menit, tetapi beberapa orang bernapas 20 kali atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kehabisan napas dan berbagai gejala lain seperti kesemutan di jari dan sekitar bibir, kelelahan, serta ketidakmampuan untuk berkonsentrasi alias 'lemot'.Dikutip dari Daily Mail, gejala tersebut merupakan tanda Anda bernapas melalui mulut bukan melakukan pernapasan lebih dalam melalui hidung. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat karbondioksida dalam darah, sehingga oksigen tidak bisa dilepaskan ke otot dan organ. Komplikasi lainnya juga menyebabkan kejang otot. Jika otak kekurangan kadar oksigen yang cukup, dapat menyebabkan kebingungan dan pusing."Napas cepat pada dasarnya adalah sebuah kebiasaan buruk, yang sering terjadi saat sedang stres, nyeri punggung atau leher, trauma emosional atau operasi," kata Fiona.Stephen Spiro, profesor University College London Hospitals dan wakil deputi British Lung Foundation, menyatakan bahwa bernapas terlalu cepat seharusnya tidak memiliki implikasi jangka panjang terhadap kesehatan. Namun bernapas terlalu cepat dan sesak napas bisa [...]

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Wanita hamil harus benar-benar memperhatikan setiap jenis makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik dan menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah pada janin. Penting untuk diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil: 1. Makanan mentah atau setengah matang Mengkonsumsi sushi, sashimi, daging mentah, sosis, daging cincang, kerang mentah, telur berisiko terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada daging, tanah, tinja kucing, dan air yang tidak bersih. Toksplasmosis saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan kelainan pada janin (hidrosefalus, kebutaan, tuli). Sedangkan telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan bakteri Salmonella Enteriditis, gejalanya berupa diare dan muntah. Mayones, mousse, tiramisu, es krim, dan beberapa jenis saus salad juga dibuat dari telur mentah. 2. Keju lunak Keju lunak dibuat dari keju yang tid [...]

Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Limbah domestik organik mengalami fermentasi di mana mikroba patogen dapat berkembang biak dan menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan terutama kesehatan manusia di sekitarnya. Limbah yang mungkin berbahaya selalu ada di sekitar kita. Mulai dari limbah udara atau polusi, limbah di air, hingga tanah. Misalnya ketika kita melewati atau bahkan tinggal di sekitar lokasi pembuangan akhir sampah, kita mungkin hanya akan terganggu oleh baunya yang tidak sedap dan menganggapnya enteng. Padahal tanpa disadari, terdapat bahaya yang diam-diam mengintai kesehatan tubuh. Limbah dan Dampaknya Ada beragam macam limbah, mulai dari udara hingga air yang dapat berdampak pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis limbah dan dampaknya bagi kesehatan. Dampak limbah udara Limbah udara dapat menyebabkan polusi udara dan hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Asap dan partikulat merupakan dua jenis polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terutama partikulat, karena bentuknya yang berupa partikel halus sulit terlihat oleh mata telanjang. Dan tanpa disadari, partikulat dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Partikulat berasal dari knalpot mesin diesel, pembakaran kayu, da [...]

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Oleh: dr. Andri, SpKJ Jakarta, PeduliSehat.info-- Apa yang terjadi pada orang yang mengalami stres yang kronik adalah perubahan pada sistem otaknya terutama di Hipotalamus yang berhubungan dengan sistem hormonal otak dan sistem saraf otonom. Ketika stres tidak diadaptasi baik oleh otak, maka hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan jaras Hipotalamus Pituitary Adrenal (HPA-Axis) yang produk akhirnya adalah hormon stres yang bernama Kortisol. Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon kortisol ini akan membuat peningkatan gula darah, peningkatan denyut jantung, menurunkan produksi antibodi serta meningkatkan asam lemak dalam darah. Sedangkan lewat jalur saraf otonom, stres yang kronik akan memicu sistem saraf untuk meningkatkan tekanan darah, mengurangi produksi saliva (ludah), menghentikan kerja lambung, meningkatkan kerja paru-paru sehingga bernapas lebih cepat dan dalam serta meningkatkan asupan oksigen. Keadaan ini jika terjadi secara kronis bisa berakibat pada melemahnya fungsi-fungsi organ tubuh walaupun tidak selalu sampai mengalami kerusakan organ. Pasien biasanya datang ke dokter pada saat keadaan mulai meng [...]

Antihistamin, Obat Pereda Reaksi Alergi

Antihistamin, Obat Pereda Reaksi Alergi

Memiliki alergi memang menyebalkan. Kulit bisa secara tiba-tiba menjadi gatal dan memerah, mata membengkak atau bersin-bersin ketika berhadapan dengan alergen (zat pemicu alergi). Namun, Anda bisa berlega hati karena efek tersebut bisa diredakan dengan mengonsumsi obat antihistamin. Antihistamin merupakan jenis obat yang dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi. Misalnya, alergi pada makanan, serbuk sari serta serangga, alergi kulit, alergi mata dan lainnya. Obat ini hanya bisa mengurangi reaksi yang ditimbulkan oleh alergi. Antihistamin tidak dapat membebaskan Anda dari jeratan alergi yang telah mendarah daging di tubuh. Begini Cara Kerja Antihistamin Tubuh kita memiliki zat kimia bernama histamin. Ketika ada zat-zat berbahaya seperti virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, histamin akan muncul dan bereaksi melawan zat tersebut. Perlawanan histamin melawan zat berbahaya ini bisa membuat tubuh mengalami peradangan atau inflamasi. Namun, jika Anda memiliki alergi, histamin tidak bisa membedakan mana zat berbahaya dan tidak. Hasilnya, ketika ada zat tidak berbahaya seperti makanan, debu, atau serbuk sari, tubuh tetap mengalami peradangan atau reaksi alergi. Bebera [...]

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Menyikat gigi secara rutin tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut atau mendapat senyum yang cemerlang. Ada alasan kesehatan lain kenapa Anda wajib menyikat gigi tiap pagi dan malam sebelum tidur yang lebih penting dari sekadar mencegah gigi keropos dan berlubang. Ini pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti dikutip dari Gal Time.1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit JantungSejumlah studi telah menemukan keterkaitan yang erat antara gigi yang tidak sehat dengan penyakit jantung. Dalam sebuah studi ditemukan, orang yang jarang atau tidak pernah menyikat giginya, risikonya 70 persen lebih tinggi terkena serangan jantung. Sementara pada studi yang lain, peneliti menemukan bahwa risiko penyakit jantung atau kolesterol tinggi bisa diprediksi dengan menganalisa kondisi gigi. Apakah ada yang berlubang, keropos, gusi berdarah atau gigi copot. Hal ini karena, bakteri berbahaya bisa masuk ke pembuluh darah melalui gigi yang bolong. Bakteri tersebut bisa bersarang di jantung dan menurunkan fungsi serta kesehatan jantung.2. Mengurangi Risiko Terkena StrokePada sebuah riset terbaru, orang yang memiliki tekanan darah tinggi akibat adanya bakteri ja [...]

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari diperingati dunia sebagai Bulan Kewaspadaan Kanker Serviks. Kanker ini memang perlu diwaspadai karena merupakan pembunuh yang terselubung (silent killer). Berdasarkan data WHO pada tahun 2008, di Indonesia, setiap harinya terdapat 38 kasus baru kanker serviks dan 21 orang wanita meninggal. Itu artinya, terdapat 13.870 kasus baru dan 7.665 wanita meninggal setiap tahunnya karena kanker serviks. Pada wanita, meskipun jumlah penderitanya menempati peringkat kedua setelah kanker payudara, namun kanker serviks menyumbang angka kematian karena kanker di peringkat pertama. Serviks (Leher Rahim) ? sumber gambar Di mana letak serviks? Serviks terletak di bagian bawah rahim dan merupakan bagian penghubung antara rahim dan vagina pada wanita dengan panjang sekitar 2,5 cm. Apa yang Anda ketahui tentang kanker serviks? Kanker serviks adalah tumor ganas yang mengenai daerah serviks (leher rahim), yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) tipe 16, 18, 45, 31, 33, 52, 58, 35, 59, 56, 51, 39, 68, 73, dan 82. Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Virus tersebut dapat bertahan dalam tubuh dan menyebabkan perubahan sel- [...]

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

Sangatpentingadanya bagi kita untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berbuka puasa. Karena metabolisme tubuh kita perlu dikembalikan keseimbangannya setelah 14 jam tanpa asupan cairan. Selain dianjurkan untuk mengutamakan cairan dan makanan yang berserat untuk menurunkan rasa lapar, ada beberapa cairan yang dapat direkomendasikan untuk dijadikan pilihan sebagai menu berbuka. Diantaranya adalah air kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kelapa memiliki kandungan gula sederhana yang dapat mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat. Berbeda dengan minuman bersoda atau minuman energi, dimana kandungan gulanya cenderung membahayakan tubuh dengan ancaman diabetes. Hal yang membuat air kelapa unik berbeda dengan minuman manis lainnya adalah air kelapa memiliki kaya kandungan elektrolit yang juga membantu pemulihan kadar gula tubuh. Air kelapa alami diketahui memiliki sedikit kandungan kalori. Sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tanpa meninggalkan rasa terlalu kenyang sehingga mengganggu makan utama berikutnya. Namun demikian, sekalipun diketahui rendah kalori, yak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *