Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

benarkah-daging-kambing-sebabkan-hipertensi1.jpg

?Jangan makan kambing, nanti bisa darah tinggi!? Siapa yang belum pernah mendengar hal itu? Banyak orang menghindari daging kambing karena dianggap bisa memicu darah tinggi bahkan hipertensi.

Karena persepsi tersebut banyak yang memilih menghindari daging kambing di antara jenis daging lainnya. Tak ayal lagi daging kambing mungkin jenis daging yang paling ditakuti bahkan dijauhi. Tapi sudah tahukah Anda mengenai fakta sebenarnya dari daging kambing?

Benarkah daging kambing dapat menyebabkan hipertensi? Benarkah daging kambing sebaiknya dihindari pasien hipertensi? Berikut penjelasannya:

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Menurut para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, daging babi, daging domba, bahkan daging ayam.

Nutrisi yang terkandung bergantung pada cara memasak, minyak yang digunakan, dan penyajian daging kambing tersebut. Anda dapat membuang bagian lemak saat hendak memasaknya.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Daging kambing memiliki lemak jenuh yang cenderung rendah dibandingkan daging lainnya, serta jumlah lemak tak jenuh yang relatif tinggi. Sebuah studi klinis yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa lemak jenuh berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular. Sementara itu, lemak tak jenuh membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, mengurangi inflamasi, dan menstabilkan detak jantung.

Daging kambing tidak menyebabkan hipertensi secara langsung. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam menaikkan tekanan darah setelah mengonsumsinya, yakni tingginya kadar kolesterol darah seseorang serta penyakit lainnya.

Apa pun jenis daging tersebut, jika tinggi lemak dan dikonsumsi secara berlebihan, dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

Jadi, yang perlu diingat ketika Anda ingin mengonsumsi daging kambing, cermatlah dalam memilih bagian daging, mengolah dan mengatur porsinya agar kesehatan tetap terjaga.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

The North America Agriculture and Biology Journal mencatat bahwa di Okinawa, Jepang, wanita hamil yang baru saja melahirkan dianjurkan untuk makan daging kambing untuk mendapatkan kembali stamina mereka dan mengatasi kelesuan.

Jurnal tersebut juga menyoroti keutamaan dari susu kambing, termasuk manfaatnya sebagai susu pengganti bagi individu yang memiliki alergi susu sapi. Susu kambing disebutkan memiliki molekul lemak yang lebih kecil dibandingkan susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna.

Susu kambing juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering dan mudah gatal, serta para penderita psoriasis, eksim atau jerawat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Oleh: dr. Nadia Octavia Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya. Pertolongan dengan Es Pilihan pertama yang paling aman untuk penatalaksanaan cedera adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada cedera atau nyeri yang terjadi dalam kurun kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak. Es akan mengurangi nyeri dan menyebabkan terjadi vasokonstriksi (penyempitan dan penutupan pembuluh darah kecil) sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Tips: Gosokkan batu es pada area yang mengalami cedera hingga es meleleh atau rendamlah handuk tipis pada air dingin dan letakkan batu es di dalam handuk tersebut Untuk tangan atau kaki, rendam di dalam ember atau mangkok berisi es selama 10-15 menit Baik es maupun kompres dingin tidak boleh digunakan selama lebih dari 30 menit Untuk mengurangi bengkak, posisikan area tubuh yang terkena lebih tinggi Kompres hangat Panas akan menyebabkan relaksasi otot dan paling baik digunakan pada otot-otot postural seperti pada punggung dan leher. Nyeri, kaku otot ataupun kekakuan pada osteoart [...]

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf yang disebabkan adanya gangguan aktivitas listrik di otak. Sel-sel saraf di otak berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal-sinyal listrik dalam pola teratur. Pada epilepsi terjadi abnormalitas sinyal-sinyal listrik tersebut yang dapat disebabkan oleh perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Epilepsi ditandai dengan adanya kejadian kejang berulang karena setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Walaupun demikian tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru dapat ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan EEG dan pemeriksaan penunjang lainnya. Jika menemukan seseorang di sekitar Anda mengalami kejang epilepsi, janganlah panik. Di bawah ini adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan bila seseorang mengalami kejang epilepsi. Tetap tenang dan jangan panik. Jauhkan barang-barang berbahaya yang ada di dekat penderita kejang. Beri alas kepala. Longgarkan pakaian agar memudahkan pernafasan. Miringkan badan ke salah satu sisi. Selama penderita mengalami k [...]

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang. Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah. Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya. Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi. Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan. Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri. Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya. 6 Saran Dokter Mengatasi Galau Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut: 1. Ambil waktu untuk tenang. Pilihlah suatu waktu setiap hari un [...]

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Para Dokter di Indonesia melakukan mogok massal serta aksi demonstrasi di depan kantor Mahkamah Agungpada hari Rabu (27/11) lalu. Aksi tersebut dianggap sebagai manifestasi solidaritas antar kolegium kedokteran Indonesia serta bentuk keprihatinan terkait putusan Mahkamah Agung yang memvonis dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr. Hendry Simanjuntak, dan dr. Hendy Siagian dengan 10 bulan penjara setelah didakwa melakukan malpraktik dalam penanganan proses kelahiran pasien Julian Fransiska Makatey hingga meninggal dunia pada 10 April 2010 silam. Vonis yang dijatuhkan dianggap sebagai tindakan kriminalisasi terhadap profesi dokter. Dimana menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Maranatha, DR. dr, J. Teguh Widjaja, Sp.P, tindakan vonis yang ada berlawanan dengan kaidah prosedural medis yang sudah sesuai dalam kasus terkait. ?Kami protes karena ini adalah kasus pertama di dunia seorang dokter dipenjara karena komplikasi tindakan, padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar,? demikian kutipan paparannya. Seperti yang diketahui, kasus ini bermula pada ketika pasien Julian Fransiska Makatey datang ke RS dr. Kandau Manado untuk melahirkan berdasarkan rujukan dari Puskesmas. Pasien Jul [...]

Obesitas Dapat Memicu Radang Sendi

Obesitas Dapat Memicu Radang Sendi

Saat ini, obesitas dikenal sebagai salah satu penyebab utama penyakit terutama di usia lanjut. Diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta kanker merupakan penyakit yang sering kali berkaitan dengan obesitas. Seiring dengan peningkatan jumlah penderita obesitas, prevalensi penyakit radang sendi juga terus meningkat dan termasuk golongan penyakit yang dipicu oleh obesitas. Sendi-sendi kita bekerja menopang berat badan. Sendi yang menopang berat badan (weight bearing joint seperti lutut dan pinggul) akan merasakan tekanan 3 kali lipat lebih besar ketika seseorang beraktivitas. Jadi, apabila seseorang memiliki kelebihan berat badan 5 kg, maka lutut akan merasakan beban ekstra 15 kg ketika beraktivitas. Orang yang memiliki angka indeks massa tubuh di atas normal ketika usia muda juga akan mengalami radang sendi pada usia yang lebih dini. Osteoartritis merupakan tipe radang sendi yang paling sering ditemukan. Pada osteoartritis, terjadi kerusakan struktur rawan bantalan sendi, yang berfungsi melindungi tulang dari gesekan antar tulang. Faktor pemicunya antara lain usia lanjut, riwayat cedera, dan gaya hidup. Dalam kaitannya dengan berat badan, semakin berat beban seseorang, mak [...]

5 Terapi Pemijatan untuk Menyembuhkan Nyeri Badan

5 Terapi Pemijatan untuk Menyembuhkan Nyeri Badan

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan nyeri badan. Body massage atau pijat dapat menjadi cara alternatif untuk menghilangkan nyeri badan akibat otot-otot yang tegang. Berikut adalah lima pemijatan terbaik yang paling sering direkomendasikan untuk menghilangkan rasa nyeri badan, seperti dilansir oleh situs Bold Sky.1. Thai MassageTerapi pemijatan yang dijadikan obyek wisata Bangkok ini pemijatan didasari dengan prinsip yang menyelaraskan energi-energi dalam tubuh. Thai Massage dilakukan dengan menggunakan jari-jari dan batu hitam untuk menekan titik-titik pada bagian tubuh yang berguna untuk membuat badan Anda terasa lebih rileks.2. Hot Stone MassageJika tubuh Anda nyeri karena otot kaku, maka Hot Stone Massage dapat menjadi pilihan tepat. Pemijatan ini juga terkenal dengan Kerala Massage yang berasal dari India. Batu-batu halus dengan berbagai ukuran yang akan dipakai dalam proses pemijatan dipanaskan terlebih dahulu, kemudian diletakan di atas tubuh Anda untuk mengurangi rasa sakit.3. Deep Tissue MassageTarget dari Deep Tissue Massage yaitu pada jaringan bawah kulit. Teknik yang dipakai berupa pukulan dan gesekan, serta dapat membantu Anda sembuh dari cidera. Deep Tissue Massage [...]

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Umumnya asupan makanan saat Ramadhan tidak terkontrol dari hari biasanya karena banyak orang tidak bisa menahan nafsu makan setelah berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang kalap menyantap hidangan berbuka untuk 'balas dendam' setelah seharian menahan haus dan lapar.Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menjelaskan, pola makan saat puasa harus tetap dikontrol demi kesehatan Anda. Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi sebelum berbuka puasa. Ia menganjurkan sebaiknya memilih makanan ringan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks ketika baru berbuka."Makanan kecil dulu termasuk air putih, kurma, pepaya, dan segala macam buah," tutur pria yang akrab disapa Hardin itu saat berbincang-bincang dengan wolipop melalui telepon, Kamis (18/7/2013).Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi. Buah-buahan yang mengandung asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Selain buah yang asam, semua buah bisa menjadi pilihan namun tetap pada prinsip tidak makan berlebihan.Usai mengonsumsi makanan kecil, ayah tiga anak ini menyarankan sebaiknya memb [...]

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Letak ketiak yang dekat dengan payudara menimbulkan dugaan bahwa apa pun yang digunakan di sekitar bagian ini akan berdampak kepada perubahan sel pada organ payudara. Ditemukannya unsur tertentu dari deodoran pada jaringan payudara memunculkan kekhawatiran bahwa deodoran menjadi pemicu kanker payudara. Ada berita yang mengemukakan bahwa deodoran mengandung bahan tertentu yang dapat diserap kulit dan memasuki tubuh melalui goresan terbuka yang mungkin timbul akibat mencukur bulu ketiak. Disebutkan pula bahwa pengolesan di area ini dapat berisiko menyebabkan kanker payudara karena lokasinya yang berdekatan dengan organ tersebut. Bahan yang dimaksud adalah senyawa berbasis aluminium yang terkandung di dalam beberapa produk deodoran. Bahan ini membentuk sumbatan sementara pada kelenjar keringat, sehingga menghentikan aliran keringat pada permukaan kulit. Penyerapan bahan ini oleh kulit disebut-sebut dapat menyebabkan efek yang serupa dengan yang diakibatkan oleh efek estrogen yang mampu mendukung pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain aluminium, unsur lain yang bernama parabens juga dicurigai dapat menimbulkan efek serupa di atas. Kamu dapat menemukannya di dalam label dengan n [...]

Hamil 7 Bulan, Kim Kardashian Merasa Seperti Ikan Paus

Hamil 7 Bulan, Kim Kardashian Merasa Seperti Ikan Paus

Mengandung menjadi masa yang menyenangkan sekaligus kurang nyaman bagi seorang wanita. Karena pengaruh hormon, bentuk butuh serta suasana hati mereka bisa berubah-ubah.Hal ini juga dialami Kim Kardashian. Bintang realiti Keeping Up with The Kardashians tersebut memberikan pengakuan blak-blakan mengenai kehamilan anak keduanya. Ia pun memiliki masalah dengan tubuh membesar yang dikatakannya seperti ikan paus.Istri Kanye West ini memang sudah memiliki tubuh yang sintal sebelum hamil. Ketika mengandung anak kedua, ia pun mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak sehingga merasa kurang nyaman. Hal ini memang wajar mengingat bayi di kandungannya yang kabarnya berukuran cukup besar. Di situs Kim Kardashian West, wanita 35 tahun itu mengaku jika anaknya sudah seukuran buah kelapa pada usia tujuh bulan.Selain merasa 'berat', Kim ternyata juga tidak tahan dengan beberapa makanan seperti ibu hamil kebanyakan. Ibu dari North West itu mengaku jika ia jadi tidak suka permen Meksiko. Padahal dahulu Kim sangat menggemari makanan tersebut. "Itu membuatku mulas," kata Kim di situs pribadi berbayarnya.Perubahan Kim ternyata bukan hanya masalah berat badan serta makanan. Seperti beberapa ib [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *