Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

benarkah-daging-kambing-sebabkan-hipertensi1.jpg

?Jangan makan kambing, nanti bisa darah tinggi!? Siapa yang belum pernah mendengar hal itu? Banyak orang menghindari daging kambing karena dianggap bisa memicu darah tinggi bahkan hipertensi.

Karena persepsi tersebut banyak yang memilih menghindari daging kambing di antara jenis daging lainnya. Tak ayal lagi daging kambing mungkin jenis daging yang paling ditakuti bahkan dijauhi. Tapi sudah tahukah Anda mengenai fakta sebenarnya dari daging kambing?

Benarkah daging kambing dapat menyebabkan hipertensi? Benarkah daging kambing sebaiknya dihindari pasien hipertensi? Berikut penjelasannya:

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Menurut para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, daging babi, daging domba, bahkan daging ayam.

Nutrisi yang terkandung bergantung pada cara memasak, minyak yang digunakan, dan penyajian daging kambing tersebut. Anda dapat membuang bagian lemak saat hendak memasaknya.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Daging kambing memiliki lemak jenuh yang cenderung rendah dibandingkan daging lainnya, serta jumlah lemak tak jenuh yang relatif tinggi. Sebuah studi klinis yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa lemak jenuh berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular. Sementara itu, lemak tak jenuh membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, mengurangi inflamasi, dan menstabilkan detak jantung.

Daging kambing tidak menyebabkan hipertensi secara langsung. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam menaikkan tekanan darah setelah mengonsumsinya, yakni tingginya kadar kolesterol darah seseorang serta penyakit lainnya.

Apa pun jenis daging tersebut, jika tinggi lemak dan dikonsumsi secara berlebihan, dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

Jadi, yang perlu diingat ketika Anda ingin mengonsumsi daging kambing, cermatlah dalam memilih bagian daging, mengolah dan mengatur porsinya agar kesehatan tetap terjaga.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

The North America Agriculture and Biology Journal mencatat bahwa di Okinawa, Jepang, wanita hamil yang baru saja melahirkan dianjurkan untuk makan daging kambing untuk mendapatkan kembali stamina mereka dan mengatasi kelesuan.

Jurnal tersebut juga menyoroti keutamaan dari susu kambing, termasuk manfaatnya sebagai susu pengganti bagi individu yang memiliki alergi susu sapi. Susu kambing disebutkan memiliki molekul lemak yang lebih kecil dibandingkan susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna.

Susu kambing juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering dan mudah gatal, serta para penderita psoriasis, eksim atau jerawat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyebab Timbulnya Penyakit Berbahaya dari Pekarangan Rumah

5 Penyebab Timbulnya Penyakit Berbahaya dari Pekarangan Rumah

Memiliki pekarangan atau halaman rumah yang cukup besar? Sebaiknya perhatikan dengan baik perawatannya. Bila kurang dirawat maka bisa berisiko pada kesehatan Anda. Berikut lima hal yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan yang berasal dari sekitar rumah Anda.1. Kotoran BinatangAnda memiliki anjing dan membiarkannya buang air besar di area pekarangan rumah? Hindari hal tersebut karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Dokter spesialis alergi, Susanne Bennett, mengatakan bahwa banyak orang menganggap kotoran anjing sebagai pupuk alami yang bagus untuk rumput dan tanaman di rumah. Namun pada kenyataannya, kotoran anjing mengandung bakteri berbahaya terutama bila terkena kulit secara langsung."Kotoran anjing punya parasit yang tidak disadari manusia dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Bakteri ini bisa membahayakan kesehatan Anda seperti alergi," Dr. Bannet seperti dilansir dari Everyday Health.2. KutuHati-hati dengan kutu dari rumput atau binatang peliharaan Anda. Bila kutu hinggap dan menggigit kulit Anda bisa berisiko terkena penyakit Lyme. Penyakit menular tersebut membuat Anda mudah kelelahan selama berbulan-bulan dan bila tak diobati bisa menyebabkan arthr [...]

Alergi Silikon iPhone, Wajah Wanita Ini Jadi Tidak Karuan

Alergi Silikon iPhone, Wajah Wanita Ini Jadi Tidak Karuan

Siapa yang menyangka bahwa reaksi alergi bisa didapatkan dari hal tak terduga seperti sarung iphone? Aksesori smartphone populer yang hadir dalam berbagai jenis bahan, rupa dan warna ini ternyata bisa menimbulkan reaksi tertentu bagi beberapa orang.Musibah ini berawal saat seorang wanita asal Kirby-Liverpool, Inggris bernama Jenny Taylor membeli aksesori silikon untuk iphone4 miliknya. Aksesori berjenis Griffin FlexGrip Punch cover seharga 16 pounds ini memberikan reaksi alergi yang begitu besar kepada wanita 30 tahun tersebut, seperti dikutip dari Dailymail.Setelah merasa gatal-gatal yang mengganggu saat menggunakan iphone4 yang sudah dipasangi silikon, ia kemudian melihat ada pembengkakan yang bentuknya sama persis dengan bentuk iphone miliknya yang menempel di bagian telinga dan pipi. Saking parahnya, ibunya sampai tidak mengenali dirinya dan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.Pertolongan pertama yang didapat dari rumah sakit tersebut hanyalah obat anti-histamin, dan ia disuruh pulang. Namun keesokan paginya, reaksi alergi tersebut semakin parah dan membuat wajahnya membengkak seperti 'babak-belur dipukuli'. Ditambah dengan mata dan leher yang membengkak sehingga ia [...]

Terlalu Lama Browsing Internet Picu Obesitas

Terlalu Lama Browsing Internet Picu Obesitas

Jika Anda berencana untuk mengurangi berat badan, sebaiknya kurangi kebiasaan menghabiskan waktu dengan internet. Sebuah studi di Australia menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktunya dengan internet berisiko terkena obesitas.Dalam Journal of Medical Internet, peneliti melakukan survei terhadap 2.650 orang dewasa di Australia tentang aktivitas fisik, internet, main game komputer, membaca, menonton dan kegiatan lainnya yang dilakukan selama responden berada dalam waktu luang. Penelitian tersebut untuk melihat bagaimana hubungan aktivitas tersebut dengan obesitas.Peneliti pun mencoba fokus dan membandingkan 2 aktivitas utama, yaitu internet dan aktivitas fisik (olahraga, jalan kaki). Kedua aktivitas itu terbagi dalam kategori tidk pernah, jarang (kurang dari 3 jam tiap minggu) dan tinggi (lebih dari 3 jam tiap minggu).Hasil survei pun menunjukkan bahwa mereka yang sering menggunakan internet dan komputer ternyata 1,5 hingga 2 kali lebih gemuk dibanding mereka yang tidak pernah berhadapan dengan komputer."Sebenarnya internet yang menyebabkan kelebihan berat badan atau kebanyakan orang gemuk lebih sering menggunakan internet? Yang pasti, studi ini menunjukkan bahwa int [...]

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Saat melakukan perawatan manikur/pedikur, memotong atau mewarnai kuku, sempatkanlah memperhatikan kondisi kuku Anda. Apakah ada perubahan warna, mudah patah atau permukaannya kasar? Kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan Anda, apakah semuanya baik-baik saja atau ada gangguan fungsi organ. Anda patut waspada dan sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila menemukan satu dari delapan tanda berikut ini pada kuku, seperti dikutip dari Times of India.1. Kuku CekungPermukaan kuku seperti melengkung ke dalam akibat penipisan. Ini biasa terjadi pada orang yang mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang menimbulkan ruam-ruam merah pada kulit. Bisa juga karena ada gangguan pada jaringan kulit dan tanda awal alopecia (kerontokan rambut).2. Kuku Menguning atau MenebalOrang yang memiliki kuku kuning, menebal dan rapuh biasanya karena mengalami infeksi jamur. Umumnya disebabkan karena gaya hidup yang tidak higienis atau membiarkan luka terlalu lama di kutikula kuku.3. Kuku PucatKuku yang sehat berwarna merona atau agak pink. Tapi jika kuku berwarna pucat, menandakan Anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa ju [...]

6 Tips Mencukur yang Sehat

6 Tips Mencukur yang Sehat

Apakah Anda tahu? Salah teknik mencukur dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis yang membahayakan? Dari iritasi kulit, sampai ke infeksi bakteri dapat terjadi pada kulit Anda. Anda dapat meninjau lebih jauh mengenai bahaya dan risiko apa saja jika teknik mencukur Anda kurang tepat di artikel yang kami tulis berikut ini, Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah. Untuk mendapatkan proses cukur yang tepat teknik dan baik secara kesehatan, Inilah beberapa tips mencukur sehat: Sebelum mencukur, basuhlah wajah Anda dengan air hangat atau gunakan handuk yang telah dicelup di air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis Anda. Atau opsi lainnya Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas. Gunakan shaving gel (shaving cream dapat menyumbat pori-pori) dan biarkan selama sekitar 3 menit, baru mulai mencukur. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut Cara Mencukur yang Sehat Berikut ini adalah cara mencukur yang baik dan benar lainnya: Selalu gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara reguler setelah 3 atau 4 kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi k [...]

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita. Mastektomi merupakan salah satu tindakan yang sering diambil untuk mengatasinya. Apa sebenarnya mastektomi? Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Kini mastektomi dilakukan tidak hanya sebagai tindakan untuk penderita kanker payudara, namun juga bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan guna menekan risiko terjangkitnya penyakit tersebut. Jenis Mastektomi Mastektomi dapat dilakukan pada satu payudara ataupun keduanya. Dulu, pengangkatan payudara secara keseluruhan atau mastektomi radikal merupakan standar tindakan untuk kanker payudara. Namun, kini ada beberapa jenis mastektomi di antaranya: Mastektomi radikal Mastektomi jenis ini semakin jarang dilakukan. Tindakan ini akan mengangkat seluruh bagian payudara termasuk puting. Mastektomi radikal juga mengangkat kulit bagian atas payudara, otot di bagian bawah sekaligus kelenjar getah bening. Mastektomi radikal modifikasi Mastektomi ini akan mengangkat seluruh bagian payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak, namun otot dada umumnya tetap dipertahankan. Sementara, kulit bagian atas payudara bisa ikut diangkat atau dibiarkan. Mastektomi parsia [...]

Awas Cedera Leher Karena Keseringan Nunduk Lihat Handphone

Awas Cedera Leher Karena Keseringan Nunduk Lihat Handphone

Di Amerika Serikat saat ini tengah populer istilah ?text neck syndrome?, yakni kondisi cedera leher akibat sering menunduk lihat handphone atau piranti komunikasi canggih lainnya untuk chatting. Istilah ?text neck syndrome? dipopulerkan dr. Dean L. Fishman, atau istilah medis yang sudah lama dikenal dengan anterior head syndrome. Istilah mengacu pada sindrom berlebihan atau cedera stres yang berulang, di mana Anda memiliki kecenderungan mengarahkan kepala Anda ke depan bawah guna melihat piranti komunikasi Anda sepanjang waktu. Seiring teknologi telekomunikasi yang semakin canggih, orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat seperti smartphone dan tablet komputer. Kini 'text neck syndrome, berpotensi mempengaruhi kesehatan jutaan pengguna alat telekomunikasi di seluruh dunia dan kini masih terus berkembang. Gejala 'Text Neck Syndrome' Ketika para pengguna gadget berada dalam postur melihat ke bawah untuk jangka waktu lama, hal ini dapat menyebabkan nyeri di bahu, nyeri di leher dan bahkan sakit kepala yang kronis (berlangsung lama). Itu karena semakin Anda menjulurkan leher Anda ke arah depan, semakin berat beban yg harus diterima leher Anda. Dokte [...]

Dora Idap Von Willebrand

Dora Idap Von Willebrand

Kondisi Dora Indriyati Trimurni (25), pasien pengidap penyakit keringat darah yang keluar dari pori-pori di kepalanya asal Padang, Sumatera Barat, yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Magunkusumo (RSCM) sejak Rabu (8/6/2011) dalam keadaan baik. Tim dokter RSCM baru memeriksa fungsi trombosit dengan melakukan empat macam tes, diantaranya, pemeriksaan ADP (agregasi trombosit), epinefrin, kolagen, dan ristocetin. Hasilnya pun diketahui bahwa terdapat kelainan pada salah satu fungsi trombosit tersebut, yakni pada ristocetin. Hasil diagnosa sementara tim dokter RSCM menunjukkan, Dora mengalami penyakit kelainan darah Von Willebrand. (VWD) atau adanya kelainan perdarahan yang sudah dialaminya sejak dua tahun terakhir. Penyakit Von Willebrand adalah salah satu jenis kelainan perdarahan yang banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit keluarga. [...]

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Hati-hati! Cara Anda membersihkan rumah justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner bisa memicu alergi karena 'kabut' debu, bakteri dan jamur yang ditimbulkannya. Partikel- partikel yang lebih kecil dari debu akan terangkat dan disemprotkan kembali ke udara oleh vacuum cleaner. Partikel tersebut akan menyebar ke sekeliling ruangan dan bisa terhirup. Sekelompok peneliti di Australia telah memperingatkan bahwa bakteri dan jamur bisa memicu alergi bahkan beberapa jenis bakteri mematikan yang mungkin saja dilepaskan ke udara dari penggunaan vacuum cleaner.Dalam sebuah percobaan di University of Queensland dan Laval University di Quebec, Kanada, sisa-sisa DNA bakteri yang kebal terhadap obat dan DNA dari bakteri beracun ditemukan dalam debu yang tersedot vacuum cleaner. Menurut para peneliti, debu yang terdapat dalam ruangan bisa menjadi 'kendaraan' bagi bakteri jenis infant botulism yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan sindrom kematian mendadak. Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka menjelaskan bahwa membersihkan karpet dan furnitur berdebu dengan vacuum bisa mengangkat partikel kuman dan jamur yang berpotensi mematikan, kemudian [...]

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

Tidak sedikit orangtua yang khawatir karena menilai pergaulan jaman sekarang yang sedemikian memprihatinkannya. Dimana banyak beranggapan rokok dalam hal ini merupakan pintu awal masuknya remaja berlanjut kepada tahap-tahap kenakalan berikutnya, sebut diantaranya narkoba, minuman keras, bahkan beberapa diantaranya dikaitkan pada gaya hidup seks bebas. Tidak heran jika demikian terjadi. Pasalnya rokok dalam dunia kesehatan juga menjadi pencetus utama sebagai angka kematian tertinggi di dunia pada gagal jantung dan kanker. Jangan kaget pula, pasalnya Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya yang dapat merusak tubuh. Bahan-bahan kimia dalam rokok terutama akan menimbulkan kelainan pembuluh darah yang selanjutnya akan meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke, hipertensi,dll hingga 2-4 kali lipat. Lalu bagaimana caranya untuk memastikan anak remaja Anda untuk terbebas rokok? Berikut ada beberapa saran yang dapat diberikan kepada orangtua pada khususnya. 1. Berikan Contoh yang Baik Anak remaja yang merokok biasanya juga memiliki orangtua perokok. Jika Anda tidak merokok, maka pertahankanlah. Namun jika Anda perokok, maka ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *