Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

benarkah-daging-kambing-sebabkan-hipertensi1.jpg

?Jangan makan kambing, nanti bisa darah tinggi!? Siapa yang belum pernah mendengar hal itu? Banyak orang menghindari daging kambing karena dianggap bisa memicu darah tinggi bahkan hipertensi.

Karena persepsi tersebut banyak yang memilih menghindari daging kambing di antara jenis daging lainnya. Tak ayal lagi daging kambing mungkin jenis daging yang paling ditakuti bahkan dijauhi. Tapi sudah tahukah Anda mengenai fakta sebenarnya dari daging kambing?

Benarkah daging kambing dapat menyebabkan hipertensi? Benarkah daging kambing sebaiknya dihindari pasien hipertensi? Berikut penjelasannya:

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Menurut para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, daging babi, daging domba, bahkan daging ayam.

Nutrisi yang terkandung bergantung pada cara memasak, minyak yang digunakan, dan penyajian daging kambing tersebut. Anda dapat membuang bagian lemak saat hendak memasaknya.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Daging kambing memiliki lemak jenuh yang cenderung rendah dibandingkan daging lainnya, serta jumlah lemak tak jenuh yang relatif tinggi. Sebuah studi klinis yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa lemak jenuh berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular. Sementara itu, lemak tak jenuh membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, mengurangi inflamasi, dan menstabilkan detak jantung.

Daging kambing tidak menyebabkan hipertensi secara langsung. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam menaikkan tekanan darah setelah mengonsumsinya, yakni tingginya kadar kolesterol darah seseorang serta penyakit lainnya.

Apa pun jenis daging tersebut, jika tinggi lemak dan dikonsumsi secara berlebihan, dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

Jadi, yang perlu diingat ketika Anda ingin mengonsumsi daging kambing, cermatlah dalam memilih bagian daging, mengolah dan mengatur porsinya agar kesehatan tetap terjaga.

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

The North America Agriculture and Biology Journal mencatat bahwa di Okinawa, Jepang, wanita hamil yang baru saja melahirkan dianjurkan untuk makan daging kambing untuk mendapatkan kembali stamina mereka dan mengatasi kelesuan.

Jurnal tersebut juga menyoroti keutamaan dari susu kambing, termasuk manfaatnya sebagai susu pengganti bagi individu yang memiliki alergi susu sapi. Susu kambing disebutkan memiliki molekul lemak yang lebih kecil dibandingkan susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna.

Susu kambing juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering dan mudah gatal, serta para penderita psoriasis, eksim atau jerawat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mau Terhindar Dari Penyakit Berbahaya? Ubah Gaya Hidup Anda Sekarang

Mau Terhindar Dari Penyakit Berbahaya? Ubah Gaya Hidup Anda Sekarang

Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Maka dari itu, ikuti pola hidup yang benar setiap hari supaya tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter dan ahli kesehatan memberikan tips mengubah pola hidup agar lebih sehat.Seperti yang dikutip dari Health Me Up, ini dia saran ahli gizi dari Breach Candy Hospital Trust, Eileen Canday, dokter kesehatan dari Jaslok Hospital, Dr. Rina, serta dokter PKD Shah, seorang konsultan obat-obatan dan endokrinologi di Rockland Hospital. Berikut uraiannya.1. Berhenti MerokokRokok bisa menyebabkan rambut mudah rontok atau terkena alopesia (hilangnya rambut, baik di tubuh maupun kulit kepala). Oleh sebab itu Anda harus biasakan berhenti merokok. Anda juga harus mengurangi minuman tidak sehat seperti alkohol serta menjauhkan stres dari hidup Anda.2. Makan Tepat WaktuMakan tepat waktu akan emmbuat hidup Anda lebih sehat. Anda juga perlu memperhatikan porsi makan untuk menjaga berat badan. Atur asupan garam dan sodium serta berhentilah merokok.3. Hindari Kebiasaan yang BerlebihanSebanyak 95% pasien tekanan darah tinggi memiliki ?Primary Hypertension? atau hipertensi primer yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Hip [...]

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Penis adalah organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan sperma dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dan kesehatan penis agar enam penyakit penis ini tidak menyerang. Penis yang bermasalah atau berpenyakit dapat menimbulkan rasa sakit serta memengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pria. Penyakit penis juga bisa memengaruhi aspek lain kehidupan Anda seperti menyebabkan stres, masalah dalam hubungan, dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa penyakit penis yang ada antara lain adalah sebagai berikut. Priapismus Priapismus atau priapism adalah keadaan di mana penis mengalami ereksi terus-menerus selama lebih dari empat jam dan sering kali terasa sakit. Priapism terjadi ketika darah yang mengalir ke pembuluh darah area penis tidak sepenuhnya kembali (ada darah yang tidak mengalir keluar). Penyakit penis ini biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba (terutama kokain) dan minuman keras, penyakit darah (leukimima, anemia sel sabit), terapi injeksi untuk disfungsi ereksi, cedera pada alat kelamin, gangguan di saraf tulang belakang, atau konsumsi obat-obat tertentu (antidepresan, dan obat tekanan darah). Keadaan darurat medis ini harus sege [...]

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Pada umumnya penyakit usus buntu ditangani dengan operasi, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa kasus penyakit ini ternyata dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis, berukuran 5-10 cm yang terhubung dengan usus besar. Organ ini dapat mengalami peradangan yang disebut dengan penyakit usus buntu atau apendisitis yang berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Jika tidak ditangani dengan baik, usus buntu yang radang dapat pecah. Bakteri dari usus kemudian dapat mencemari organ-organ di rongga perut dan mengakibatkan infeksi yang mengancam nyawa. Umumnya kondisi ini ditangani dengan operasi untuk mengangkat usus buntu dan antibiotik dapat digunakan sebagai bagian dari penanganan. Sebelum menjalankan operasi, dokter bisa memberikan antibiotik untuk memerangi bakteri dan mencegah infeksi pada luka setelah operasi. Pada kasus usus buntu yang pecah, juga digunakan antibiotik untuk mencegah infeksi abdominal setelah usus buntu diangkat. Namun terdapat penelitian yang menemukan bahwa penyakit usus buntu kategori tertentu dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Berikut ini beberapa pokok dari temuan tersebut. Kapan pe [...]

Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

Anda pergi ke dokter dan diberitahu bahwa Anda harus tidur cukup paling tidak 8 jam sehari. Apakah itu betul? Ketahuilah, secara rata-rata memang bisa ditarik kesimpulan 8 jam tidur dalam seharinya bagi manusia pada umumnya. Namun demikian pada prinsipnya banyak faktor yang berperan dalam hal tersebut, diantaranya: 1. Usia 2. Kondisi biologis, seperti kehamilan, dan lainnya 3. Kondisi dalam pengaruh obat-obatan. 4. Gangguan tidur 5. Keturunan Untuk membahasnya satu per satu, klik 'next' untuk selengkapnya. 1. Faktor Usia. Jumlah waktu tidur yang cukup sangat bergantung pada usia, sebagai contoh: Balita dan usia prasekolah: Membutuhkan waktu tidur 9-10 jam di malam hari dan beberapa jam untuk tidur siang. Anak usia sekolah: Termasuk remaja, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam di malam hari. Pada usia dewasa: waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam sehari di malam hari. klik 'next' untuk selanjutnya. 2. Faktor Kondisi Kehamilan Perubahan fisik pada wanita terutama di masa awal kehamilanmeningkatkan kebutuhan untuk tidur. Namun di sisi lain, ada beberapa kondisi kehamilan yang juga memicu kesulitan tidur, diantaranya sepe [...]

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

Kesalahan Aborsi Pada Bayi Kembar

Kesalahan Aborsi Pada Bayi Kembar

Rumah Sakit The Women?s, The Royal Women?s Hospital, Melbourne, Australia sedang menjadi pusat perhatian berbagai pihak akibat kesalahan fatal yang dilakukan staf medis rumah sakit tersebut dalam membunuh bayi sehat berusia 32 minggu dalam kandungan yang berisi 2 bayi laki-laki kembar. Kejadian ini terjadi pada hari Selasa (22/11) pukul 14.30 waktu setempat dengan salah menyuntikkan dan menyebabkan kematian pada bayi yang sehat. Proses aborsi ini pertama kali dilakukan karena diketemukannya kelainan jantung pada salah satu bayi kembar dalam kandungan pasien yang membutuhkan operasi berulang kali apabila dapat bertahan hidup, dan pasien menyetujui untuk dilakukannya aborsi dengan pertimbangan dari dokter rumah sakit tersebut. Sayangnya aborsi dilakukan pada bayi yang sehat. Kesalahan aborsi membawa tragedi tersendiri bagi pasien maupun keluarga karena tidak lama berselang, bayi yang sakit jantung juga mengalami kematian setelah operasi Caesar. Sehingga pasien yang datang dengan 2 bayi kembar dalam kandungannya, harus keluar tanpa satupun anak. Meskipun pihak rumah sakit telah mengeluarkan permintaan maaf pada pasien dan keluarga pasien berikut menerangkan bahwa akan dilakukannya pen [...]

Makan Pedas Tiap Hari Bisa Perpanjang Usia, Benarkah?

Makan Pedas Tiap Hari Bisa Perpanjang Usia, Benarkah?

Kuliner pedas memang cocok di lidah banyak orang Indonesia. Tak jarang sebagian dari kita harus melengkapi menu makanan dengan sambal atau cabai setiap harinya. Kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas ini pun ternyata ada manfaatnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, mereka yang makan pedas paling tidak tiga sampai lima kali seminggu bisa berumur lebih panjang.Studi yang dipublikasi di jurnal medis BMJ tersebut mengungkapkan bila orang yang lebih banyak makan pedas memiliki kemungkinan untuk hidup lebih panjang 14%. Sementara orang yang menyantap kuliner pedas hanya satu atau dua kali seminggu mempunyai 10% kesempatan untuk hidup lebih lama dari yang tidak sama sekali.Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Menurut para peneliti rempah-rempah memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Terutama kapsaisin, zat penyebab rasa terbakar pada makanan. Kapsaisin diketahui dapat melawan inflamasi, tekanan darah tinggi, obesitas, bahkan kanker. Para ahli juga berspekulasi jika antibakterial yang terdapat di dalam kapsaisin dapat berpengaruh baik pada mikroba di perut.Sebelumnya ada beberapa riset yang mengungkap hal serupa. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Chin [...]

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi. Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu. Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar 4 cm jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan memanjat saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan. Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum. Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut di halaman selanjutnya: Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti be [...]

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Di usia 40 atau 50 ke atas, metabolisme tubuh wanita umumnya akan melambat. Pembakaran lemak tak lagi semudah dulu, menguruskan tubuh yang menggemuk pun jadi lebih sulit. Perut, lengan, bokong dan paha biasanya menjadi bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya jelas usia paruh baya.Belum lagi perubahan hormon, di mana hormon estrogen berkurang dan kortisol yang menyebabkan stres justru bertambah. Tapi kenapa ada beberapa wanita yang tetap memiliki tubuh ramping, seksi dan kencang seolah tak termakan usia? Supermodel seperti Naomi Campbell, Cindy Crawford dan Christie Brinkley misalnya, ketiganya masih tampil menarik dengan tubuh yang ideal. Ternyata ada beberapa kesamaan dalam menjalani gaya hidup yang bisa menghasilkan tampilan tubuh seperti sekarang. Ini rahasianya, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Tingkatkan Metabolisme TubuhSeiring menuanya usia, tubuh mulai kehilangan massa otot sehingga tampak kendur. Pakar fitnes Denise Austin, seperti dilansir Livestrong menjelaskan bahwa otot mampu membakar 6 hingga 10 kalori per pon. Jadi ketika massa otot berkurang maka kemampuan tubuh untuk memangkas kalori berlebih juga menurun drastis. Oleh karena itu jagalah mass [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *