Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pria Diet dengan Minum ASI Jadi Kontroversi

Pria Diet dengan Minum ASI Jadi Kontroversi

Pria ini menjalani diet yang tidak biasa yaitu dengan meminum ASI istrinya. Aksinya yang ditulis di blog itu kini pun jadi kontroversi karena dianggap menyesatkan.Dalam blognya, 'Don't have a cow, man', pria bernama Curtis itu mengaku memiliki misi. Ia ingin tahu berapa lama dirinya bisa bertahan menjalani diet dengan meminum ASI istrinya. Melalui blognya tersebut, ia mendokumentasikan pengalamannya.Curtis menulis, dia adalah ayah dari seorang bayi perempuan yang lahir sembilan bulan lalu. Istrinya, Katie, kini punya stok ASIP (ASI Perah) yang sangat berlebih di freezer.Melihat masih banyaknya ASI sang istri, Curtis pun mulai meminumnya. Ia melakukan itu untuk mengatasi masalah pencernaan yang dimilikinya."Dan memang aku tahu ini terdengar aneh. Buatku ini juga aneh, tapi kenapa tidak?" tulis Curtis di blognya seperti dikutip dari ABC News."Dalam pandanganku, susu sapi dibuat untuk bayi sapi. Jadi kenapa tidak meminum susu manusia yang dibuat untuk bayi manusia," tulisnya lagi.Curtis saat ini memiliki tinggi badan 193 cm dan berat badan 84 kg. Untuk memenuhi kebutuhan energinya, dia membutuhkan 2.000 kalori per hari, yang menurutnya itu sama dengan 1,7 liter ASI setiap harinya.D [...]

Penyakit Asam Urat dan Penanganannya

Penyakit Asam Urat dan Penanganannya

Sering tiba-tiba merasa sakit pada sendi jari tangan dan jempol kaki, atau bengkak pada sendi jari? Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu pertanda Anda mengalami penyakit asam urat atau yang dalam dunia medis dikenal sebagai gout. Gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan. Faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh atau hiperurisemia. Hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan produksi asam urat ataupun adanya gangguan pada pembuangan asam urat. Selain gout, hiperurisemia juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit ginjal (batu ginjal), hipertensi dan sindroma metabolik, serta penumpukan asam urat lokal di jaringan (tofi). Asam urat merupakan hasil akhir (limbah) dari metabolisme purin. Kadar asam urat dipengaruhi oleh dua hal, yakni: Pertama adalah laju pembuatan asam urat di dalam hati. Karena asam urat terbentuk dari pemecahan purin, kadarnya di dalam tubuh dipengaruhi oleh jumlah purin yang dibuat di dalam tubuh dan juga jumlah purin yang diserap dari makanan. Faktor kedua adalah laju pembuangan asam urat melalui ginjal. [...]

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kebugaran. Akan tetapi, masih banyak yang belum menyadari manfaat satu ini, yaitu meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda. Ada dua cara bagaimana olahraga yang teratur dapat membuat kehidupan seksual Anda lebih berkualitas, yaitu: Tingkat kebugaran yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-oran yang masih berenang di usia 60 tahun memiliki kualitas kehidupan seksual yang serupa dengan kondisi saat mereka masih berusia 40 tahun. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 55 tahun dan memiliki tingkat kebugaran yang baik melaporkan tingkat aktivitas seksual yang tinggi. Terlepas dari banyaknya faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas seksual seseorang, faktanya beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang bugar dan aktif memiliki kehidupan seks yang lebih baik daripada mereka yang tidak aktif. Hal ini tidak mengejutkan sebab tingkat kebugaran yang baik berarti ketahanan jantung paru, kekuatan serta ketahanan otot pun tentunya berada di tingkat yang baik. Semua aspek tersebut akan membuat stamina seseorang menja [...]

Keputihan Berwarna Hijau Gejala Trikomoniasis

Keputihan Berwarna Hijau Gejala Trikomoniasis

Keputihan merupakan kondisi medis yang normal jika tidak berbau tajam, berwarna jernih, dan tidak menyebabkan nyeri. Namun jika keputihan Anda berwarna hijau, bisa jadi ini adalah pertanda penyakit menular seksual. Keputihan yang menjadi berwarna hijau adalah salah satu gejala penyakit menular seksual yang disebut trikomoniasis. Trikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Trikomonas vaginalis. Penyakit ini dapat tertular dari penis ke vagina atau dari vagina ke vagina, namun umumnya tidak menginfeksi anus atau mulut. Anda patut curiga mengidap trikomoniasis bila terdapat keputihan berwarna hijau atau hijau kekuningan disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut: Keputihan menjadi berbusa. Berbau amis yang menyengat. Nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual. Iritasi dan gatal pada organ kewanitaan. Gejala ini umumnya akan muncul pada hari kelima hingga ke-28 setelah terinfeksi. Walau demikian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi parasit ini sehingga tidak melakukan perawatan apa pun. Penelitian menemukan bahwa dari total kasus trikomoniasis, hanya 30 persen yang merasakan suatu gejala. Namun nyatanya meski tanpa gejala, pe [...]

Alkohol dan Penyakit Jantung

Alkohol dan Penyakit Jantung

Manfaat dan bahaya alkohol bagi kesehatan seringkali disalahartikan oleh masyarakat awam pada umumnya. Sebenarnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan (secukupnya kurang dari setengah gelas per hari), alkohol dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini telah terbukti dengan adanya dua studi dari peneliti Kanada, bahwa mengkonsumsi satu atau dua gelas alkohol dapat mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol ?baik? (HDL). Satu tim peneliti dari University of Calgary meninjau ulang 84 studi yang menguji tentang konsumsi alkohol dan penyakit jantung. Mereka menyimpulkan bahwa orang yang minum alkohol dengan jumlah yang moderat mempunyai 14 sampai 25 persen lebih rendah untuk terserang penyakit jantung daripada mereka yang tidak meminum alkohol. Tim peneliti yang lain meninjau ulang 63 studi tentang hal yang sama dan menemukan bahwa dengan mengkonsumsi alkohol secara moderat (yang didefinisikan peneliti sebagai satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria) dapat meningkatkan kadar kolesterol ?baik? (HDL) secara signifikan. HDL ini memiliki efek pelindung dari penyakit jantung. Temuan yang dipublikasikan 22 Februari secara on [...]

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Depresi pasca?melahirkan umumnya dialami 10 persen dari para ibu yang baru saja melahirkan. Namun banyak wanita yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kondisi ini. Depresi yang biasa terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan ini berbeda dengan baby blues yang umumnya dapat mereda dalam hitungan hari atau minggu. Jika tidak ditangani dengan baik, depresi pasca-melahirkan dapat berlangsung dalam jangka panjang dengan akibat yang tidak kalah berbahaya dibandingkan bentuk depresi serius lainnya. Apa Saja Gejalanya? Banyak wanita yang kerap mengabaikan perasaan buruknya karena khawatir terlihat tidak bahagia setelah menjadi ibu hingga tanpa disadari, mereka mengalami depresi pasca-melahirkan. Oleh karena itu mengenali gejala depresi ini tidak hanya penting bagi calon ibu, tetapi juga sama halnya bagi para kerabat dan sahabat dekat. Gejala-gejala yang patut diwaspadai antara lain: Sulit untuk dekat dan akrab dengan bayi. Terus-menerus merasa sedih dan menangis tanpa alasan jelas. Mengabaikan diri sendiri, misalnya tidak mengganti baju atau mandi. Kehilangan rasa humor dan minat pada hal yang selama ini disukai. Terus-menerus merasa khawatir bahwa ada sesua [...]

Tanda-tanda Penuaan Kulit yang Terjadi Akibat Terlalu Banyak Makan Gula

Tanda-tanda Penuaan Kulit yang Terjadi Akibat Terlalu Banyak Makan Gula

Kulit Anda terlihat selalu kusam, timbul kerutan atau noda kecoklatan, padahal sudah menggunakan produk perawatan mahal dan terkenal berkualitas? Mungkin masalahnya bukan pada produk yang Anda gunakan, tapi pola diet yang dijalani.Cobalah perhatikan apa saja makanan yang Anda santap setiap harinya. Apakah lebih banyak karbohidrat seperti nasi, olahan dari tepung terigu, cake, roti, permen, cokelat atau makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi lainnya? Jika ya, maka kemungkinan besar penyebab wajah Anda terlihat kusam dan menua adalah berbagai makanan tersebut.Saat Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, terutama yang berjenis karbohidrat sederhana, tubuh akan mengalami proses yang dinamakan glikasi. Seperti dikutip dari Daily Mail, proses ini terjadi ketika molekul-molekul yang terbentuk akibat kadar glukosa yang berlebihan menyangkut pada kolagen. Akibatnya kolagen jadi kehilangan kemampuannya dalam menjaga elastisitas kulit.Jaringan kolagen yang tidak sempurna akan membuat kulit jadi kendur dan menipis. Alhasil, garis-garis halus dan keriput pun bermunculan lebih cepat. Kulit kendur dan menipis biasanya lebih banyak terjadi pada bagian bawah mata, karena bagian kulit [...]

Ketika Ereksi Tak Kunjung Usai

Ketika Ereksi Tak Kunjung Usai

Banyak orang yang memiliki masalah disfungsi ereksi: ereksi yang lemah atau tidak bertahan lama. Namun, beberapa orang justru mengalami ereksi yang sepertinya tidak berkesudahan. Istilah medis untuk keadaan ini adalah priapismus. Priapismus terjadi ketika darah yang mengisi penis untuk membuatnya ereksi tidak dapat mengalir keluar lagi. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri yang hebat. Ereksi yang berkelanjutan ini juga dapat merusak penis dan justru menyebabkan masalah disfungsi ereksi yang bersifat permanen. Karena itu, priapismus harus ditangani segera. Penyebab priapismus sering tidak diketahui. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi antara lain kerusakan saraf atau efek samping obat-obatan tertentu seperti obat untuk menangani impotensi (misalnya sildenafil atau Viagra�). Kondisi lain yang juga dapat mempengaruhi adalah penyakit yang melibatkan darah seperti anemia sickle-cell atau leukemia, atau karena cedera pada penis atau daerah genitalia. Alkohol dan obat-obatan terlarang tertentu juga dapat menyebabkan priapismus. Bagaimana membantu "menurunkan" ereksi? Halaman berikut terdapat penjelasannya: Bagaimana Membantu "Menurunkan" Ereksi? Lakukan aktivi [...]

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Dunia selebritas baru-baru ini dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan, Olga Syahputra, selebriti yang sedang naik daun di tanah air, dikabarkan dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit Jakarta. Olga, yang kita kenal sebagai presenter acara Dahsyat ini, lemas tak berdaya akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Berbahayakah penyakit ini? Sebelum itu, ada baiknya kita mengenali apa itu meningitis. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan ?itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya. Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umu [...]

Ini Dampaknya Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Haid!

Ini Dampaknya Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Haid!

Apakah Anda sering merasa malas mengganti pembalut saat sedang datang bulan? Jika iya, buang jauh-jauh kebiasaan buruk itu jika tak ingin berdampak buruk pada kesehatan kulit. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Susie Rendra, SpKK, menjelaskan saat haid, semakin banyak darah yang terkena dengan kulit, maka akan semakin besar juga kemungkinan terkena masalah-masalah kulit. Hal itu karena darah merupakan media pertumbuhan bagi bakteri, jamur dan virus."Apabila kita tidak mengganti pembalut di saat sedang banyak-banyaknya, jangan heran kalau nanti akhirnya tumbuh iritasi dan lama-lama menjadi infeksi," ujarnya saat ditemui di peluncuran produk pembalut wanita Charm Extra Dry, di Djakarta Theater, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2012).Dokter Susie menjelaskan lagi, kulit pada Miss V bersifat asam dengan ph 4 - 4,5, sementara darah bersifat basa. Ketika sedang menstruasi, darah yang keluar mengandung Ph 7,3 - 7,4. Artinya, ph yang yang dikeluarkan oleh darah ini sifatnya merusak kulit. Kulit akan menjadi lebih rentan terhadap iritasi saat sedang menstruasi."Makin banyak darah yang kontak dengan daerah seputar Miss V, akan semakin masalah juga kulitnya. Kalau pembalutny [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *