Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Saya Harus Berhenti Merokok?

Mengapa Saya Harus Berhenti Merokok?

Oleh: dr. Nadia Octavia Mungkin Anda sudah mendengar ribuan kali bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan Anda. Namun jika Anda berhenti merokok, maka Anda akan: Meningkatkan usia harapan hidup Terhindar dari penyakit: kanker paru, kanker tenggorok, kanker usus, emfisema (kondisi di mana kantung udara di paru-paru Anda secara bertahap hancur, membuat napas Anda lebih pendek), penyakit jantung, hipertensi, gangguan lambung, dll. Terlihat lebih sehat dan muda. Rokok dapat menimbulkan kerutan pada wajah, gigi kuning, dan kulit kusam Meningkatkan indera penciuman dan indera perasa Sebelum Anda berhenti total sama sekali, ada baiknya jika Anda mengatur beberapa rencana: Tentukan tanggal kapan Anda akan berhenti merokok, bersiaplah. Tuliskan alasan-alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Kemudian bacalah daftar tersebut sebelum dan sesudah Anda berhenti merokok. Carilah aktivitas lain pengganti rokok. Buat tangan Anda sibuk, misalnya dengan bekerja pada komputer atau berolahraga. Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, tarik napas panjang, hitung hingga 10 dan buang napas. Jangan bawa pemantik, korek api, atau rokok Hindari minuman beralkohol. Pilihla [...]

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Oleh dr. Alvin Nursalim Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012, mengikuti Brazil di urutan kedua yang memiliki angka penderita sebanyak 33.303 orang pada tahun 2012, dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita. Demikian data yang dipaparkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) edisi terakhirnya (2013). Mendengar kata Kusta, bagai momok tersendiri di telinga sebagian masyarakat. Padahal layaknya manusia lainnya, penyandang Kusta juga memerlukan perhatian dan pengobatan yang layak. Bulan Januari kembali mengingatkan kita akan pentingnya merangkul dan mengani kasus Kusta dengan baik, karena pada tanggal 27 Januari diperingati sebagai hari Kusta sedunia. Mari kita kenal lebih jauh tentang penyakit satu ini. Apa itu penyakit Kusta?Kusta adalah penyakit yang disbebkan oleh infeksi Mycobacterium leprae. Kusta menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya saraf, dan kulit. Nama lain dari penyakit ini adalah Lepra atau Morbus Hansen. Kusta umumnya ditemukan pada negara berkembang, seperti Indonesia. Apa saja gejala dari penyakit Kusta?Kusta terkenal sebagai penyakit yang paling ditakuti [...]

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Setelah menghilangkan cek senilai 1 miliar rupiah di kantornya, keesokan harinya tiba-tiba Joni lumpuh dan tidak dapat berjalan. Joni panik dan bingung akan kelumpuhannya yang tiba-tiba ini. (Baca: 5 Gejala Stroke) Dalam dunia medis, terutama ilmu psikiatri, atau ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia, dikenal salah satu penyakit yang disebut histeria konversi. Dahulu lebih dikenal dengan nama histeria saja. Pada penderita histeria konversi, seseorang tidak mampu menahan beban mentalnya, atau beban pikirannya, sehingga terjadi konversi menjadi gejala fisik. (Baca: Stres Sebabkan Kebotakan) Gejala fisik ini bisa berupa kebutaan mendadak, kelumpuhan mendadak, dan beberapa gejala lain. Si penderita betul-betul merasa dirinya lumpuh atau buta, jadi penderita tidak memalsukan keadaannya, hal ini berbeda dengan koruptor yang diundang ke persidangan dan berpura-pura sakit, atau seorang pembantu rumah tangga yang berpura-pura tuli demi terhindar dari kewajibannya, kedua hal ini memiliki istilah lain, yaitu malingering. Malingering tidak sama dengan histeria konversi. Pada penderita histeria konversi, dokter tidak akan menemukan kelainan secara fisik sehingga kasus ini seringkali membingun [...]

Agar Nyaman saat Berpuasa

Agar Nyaman saat Berpuasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berpuasa, mungkin saja timbul beberapa keluhan yang dapat mengganggu kenyamanan berpuasa. Kenalilah keluhan-keluhan tersebut untuk bisa mengantisipasi dan mengatasinya. 1. Kembung dan rasa terbakar di dada Berpuasa sebenarnya menurunkan kadar asam lambung. Namun, pikiran mengenai makanan serta penciuman yang membaui makanan akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada. Selain itu, berpuasa juga dapat menyebabkan keluhan kembung. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Menghindari makanan berlemak atau terlalu pedas. b. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. c. Berhenti merokok. d. Tidur dengan bantal yang agak tinggi. e. Mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi asam lambung pada saat sahur. 2. Sakit kepala Sakit kepala saat berpuasa dapat terjadi karena dehidrasi, rasa lapar, kurang istirahat, atau karena keinginan tubuh terhadap kafein atau nikotin. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Tidak melewatkan sahur. b. Mengkonsumsi banyak cairan. c. Tidak terkena sinar matahari langsung. d. Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. 3. Dehidrasi Dehidras [...]

6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

Gaya hidup sehat tidak lepas dari pola makan yang sehat pula. Keadaan ini mengarahkan orang untuk memilih makanan sebagai asupan yang baik untuk tubuh, tapi apakah mereka juga memperhatikan asupan tersebut baik untuk kesehatan gigi atau tidak. 1. Buah-buahan asam Pada kenyataannya diet makanan sehat yang dijalankan oleh kebanyakan orang adalah dangan menambahkan buah-buahan atau jus. Buah-buahan mempunyai PH yang rendah atau bersifat asam. Ironisnya, asam inilah yang berdampak pada kerusakan gigi yaitu pada lapisan terluar gigi (email) dan kemudian gigi menjadi ngilu dan sensitif. Jeruk, apel, anggur, stroberi dan nanas adalah beberapa contoh buah-buahan yang mempunyai sifat asam yang tinggi. 6 Makanan & Minuman Perusak Gigi 2. Kopi Minuman favorit di pagi hari ini memiliki kadar asam cukup tinggi. Jumlah kopi yang dikonsumsi dan cara mengkonsumsinya memberikan pengaruh yang cukup besar pengaruhnya terhadap risiko kerusakan gigi. 3. Minuman bersoda, bir dan wine Selain lebih banyak keburukannya ketimbang manfaat kesehatannya, minuman bersoda, bir dan anggur (wine) diketahui merupakan minuman yang memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Kalau pun Anda [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Serangan jantung terjadi setiap 34 detik dan merupakan pembunuh nomor 1 bagi wanita. Secara umum, kita mengetahui bahwa gejala khas serangan jantung adalah nyeri dada pada sebelah kiri secara tiba-tiba yang menjalar ke lengan kiri. Namun, gejala khas ini lebih sering terjadi pada pria. Pada wanita, gejala serangan jantung dapat sangat tidak khas sehingga tidak mudah terdeteksi dan seringkali terabaikan. Gejala serangan jantung yang tidak khas pada wanita ini memang sulit diinterpretasikan. Untuk itu, para wanita perlu lebih berhati-hati agar tidak salah mengenali gejala yang terjadi pada mereka sebagai gangguan saluran pencernaan atau flu biasa. Beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang tidak khas dan harus diwaspadai adalah: Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas. Sulit bernapas dengan nyeri dad [...]

Mengapa Kentut Terus-Menerus?

Mengapa Kentut Terus-Menerus?

Kentut atau buang angin dapat mengganggu? Bukan hanya membuat diri sendiri tidak nyaman, namun juga dapat membuat orang lain tidak terganggu. Namun, buang angin sebenarnya merupakan suatu proses tubuh yang normal. Kentut berasal dari gas-gas yang terdapat di dalam saluran pencernaan. Gas-gas ini dapat berasal dari udara yang tertelan saat seseorang makan/minum terlalu cepat, berbicara sambil makan atau mengunyah permen karet. Selain itu, gas dalam saluran pencernaan juga dapat berasal dari hasil pencernaan makanan yang tidak sempurna di dalam usus seperti pada mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Gas-gas ini perlu dikeluarkan agar tidak membuat tubuh tidak nyaman karena kembung. Secara normal, seseorang dapat kentut sebanyak 13-21 kali dalam sehari. Namun, jika terlalu banyak kentut maka dapat menyebabkan gangguan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadi bagaimana sebaiknya menyiasatinya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Mengapa Kentut Terus-Menerus? Seperti yang disebutkan di atas, beberapa keadaan dapat membuat gas-gas di dalam saluran pencernaan menjadi lebih banyak. Kondisi-kondisi ini dapat dikendalikan agar membuat Anda tidak ter [...]

Makanan Yang Boleh & Tidak Boleh Dikonsumsi Saat PMS

Makanan Yang Boleh & Tidak Boleh Dikonsumsi Saat PMS

Menjelang menstruasi atau haid, tak sedikit wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Biasanya, PMS disertai dengan gejala seperti payudara membengkak dan nyeri, perut kembung, rasa lelah hingga perubahan suasana hati.Meskipun PMS terjadi secara alami dan disebabkan meningkatnya hormon progesteron, sebenarnya gejala PMS bisa dikurangi. Seperti yang dikutip dari Livestrong, ada beberapa nutrisi pada makanan yang dapat mengurangi gejala PMS. Apa saja?1. Karbohidrat Kompleks, Serat & Rendah LemakMakanan yang mengandung karbohidrat-kompleks seperti biji-bijian, satur dan buah-buahan merupakan beberapa panganan wajib saat PMS. Menurut penelitian 'Obstetrics and Gyneclogy' yang terdapat dalam jurnal yoga, mengonsumsi makanan yang kaya nabati dan rendah lemak dapat bantu mengurangi gejala PMS dengan cara meningkatkan hormon seks yang dapat menstabilkan kadar hormon.Selain itu, biji-bijian dapat membantu meningkatkan hormon peningkat suasana hati yang disebut serotonin dan serat yang terdapat dalam buah serta sayuran. Makanan itu juga dapat menghilangkan kelebihan hormon dalam tubuh Anda.2. MagnesiumBerdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1998 di 'Journal of W [...]

Kisah Inspiratif 2 Cancer Survivor Melawan Kanker Payudara

Kisah Inspiratif 2 Cancer Survivor Melawan Kanker Payudara

Kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Usia muda hingga tua. Meskipun dicap sebagai penyakit yang menakutkan dan mematikan, kanker payudara bisa diatasi dengan penanganan medis yang tepat. Hal itulah yang dialami cancer survivor anggota CISC (Cancer Information & Support Center), Hening Tyas dan Tria.Dalam kesempatan talkshow 'Pentingnya dukungan keluarga dan medis bagi Penderita Kanker' yang diadakan The Tempo Group dan PT Pulau Mahoni, keduanya berbagi pengalaman tentang perjuangan mereka melawan kanker dan tetap bisa hidup normal serta bahagia seperti sekarang. Tria, berhasil bertahan hidup dan menjadi cancer survivor hampir delapan tahun setelah divonis kanker payudara.Wanita dua anak ini bercerita bahwa dirinya didiagnosa positif kanker payudara saat usianya masih cukup muda, 24 tahun. Ketika itu pada 2008, kanker payudara masih menjadi penyakit yang kurang dipahami masyarakat awam sehingga informasi tentang pengobatan dan penanganannya sangat minim."Punggung rasanya pegal terus, maunya dikerokin terus tapi nggak sembuh-sembuh," ujar wanita berusia 32 tahun ini, saat berbincang di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Minggu ( [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *