Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Alergi Kacang Tanah

Alergi Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, Kacang tanah sebenarnya bukan kacang benar, tetapi legume (dalam keluarga yang sama seperti kacang polong dan lentil). Namun protein dalam kacang serupa dengan struktur dengan yang ada di dalam kacang pohon. Untuk alasan ini, orang-orang yang alergi terhadap kacang tanah juga bisa alergi terhadap kacang pohon, seperti almond, kacang Brazil, walnut, hazelnut, macadamia, pistachio, pecan, dan kacang mete. Reaksi Alergi Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru percaya bahwa sesuatu yang berbahaya, seperti kacang atau selai kacang pohon, sebenarnya berbahaya.Sistem kekebalan tubuh merespon dengan menciptakan antibodi spesifik untuk protein dalam makanan itu.Antibodi ini - yang disebut imunoglobulin E (IgE) ?yang dirancang untuk melawan "penyerbu" protein. Antibodi IgE memicu pelepasan bahan kimia tertentu ke dalam tubuh.Salah satunya adalah histamin. Pelepasan histamin dapat mempengaruhi sistem pernapasan seseorang, saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular, yang menyebabkan gejala alergi seperti sesak nafas, muntah sakit perut,,gatal-gatal gatal, dan bengkak. Reaksi terhadap [...]

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air kelapa selama ini disebut-sebut sebagai minuman alami pengganti energy drink atau minuman ion penyeimbang cairan elektrolit di dalam tubuh. Popularitasnya sebagai 'minuman super' ikut didukung para selebriti seperti Miranda Kerr dan Kerry Washington, yang rutin minum air kelapa untuk detoksifikasi.Kenyataannya, air kelapa tidak sehebat seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Pakar diet asal Australia, Julie Gilbert mengatakan, air kelapa memang minuman sehat namun kurang tepat jika dikatakan sebagai 'minuman super' yang memiliki banyak manfaat."Air kelapa mungkin baik untuk menghidrasi tubuh, tapi bukan berarti dia 10 atau 15 kali lebih baik ketimbang minuman lainnya," tutur Julie, seperti dikutip dari ABC Australia.Yang sekarang menjadi pertanyaan, benarkah air kelapa lebih efektif mengganti cairan tubuh yang hilang daripada energy drink? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.Ketika berkeringat, tubuh kehilangan cairan yang di dalamnya mengandung mineral penting seperti sodium, potassium, kalsium dan magnesium. Air kelapa memang memiliki empat jenis mineral tersebut, terutama potassium. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau khasiat air kelapa sama efektifnya dengan energy [...]

‘Kabur’ Sejenak untuk Minum Teh Bisa Tingkatkan Performa Kerja Karyawan

‘Kabur’ Sejenak untuk Minum Teh Bisa Tingkatkan Performa Kerja Karyawan

Jangan takut meminta izin kepada atasan Anda untuk istirahat sejenak dari pekerjaan kantor dan menyeruput secangkir teh hangat di pantry. Membiasakan diri 'mencuri' waktu untuk menikmati minum teh di sela-sela jam kantor ternyata bisa membantu karyawan menggali potensi terbaiknya dalam bekerja.Sebuah penelitian mengungkap adanya hubungan antara ritual minum teh dengan peningkatan mood positif serta kemampuan menyelesaikan masalah dengan cara kreatif. Studi dilakukan para peneliti dari perusahaan multinasional Unilever, dalam rangka mempromosikan salah satu produk tehnya.Percobaan yang dilakukan di Belanda dengan melibatkan 150 partisipan, 116 di antaranya wanita yang mengaku minum teh secara rutin. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok. Grup pertama diminta membuat dan meminum sendiri secangkir teh yang diseduh air panas dan ditambah susu serta gula. Grup kedua diberikan permen, sementara kelompok ketiga hanya diberi segelas air putih.Partisipan kemudian menjalani tes untuk melihat kondisi mood, tingkat kreativitas dan motivasi mereka. Partisipan juga diminta mengikuti permainan kata, menggambar bentuk alien, menyelesaikan permainan puzzle dan menghitung kembali peristiwa baha [...]

Atasi Masalah Pernapasan dengan Cordyceps

Atasi Masalah Pernapasan dengan Cordyceps

Cordyceps merupakan jamur yang tumbuh di dataran tinggi antara provinsi Tibet dan Szechuan. Pada musim dingin bentuknya seperti larva dan berada di bawah tanah, sementara pada musim panas berubah menjadi jamur. Telah lama diyakini bahwa cordyceps dapat meringankan berbagai penyakit pernapasan, termasuk bronkitis kronis, asma, pneumonia, dan dahak. Ini terjadi karena sifat antiinflamasi pada cordyceps dapat membuat dinding bronkial lebih rileks, serta meningkatkan efektivitas pemanfaatan oksigen. Sebuah studi klinis yang melibatkan 50 pasien asma menunjukkan bahwa kelompok yang diobati dengan cordyceps menunjukkan perbaikan sebanyak 81,3% dalam rata-rata 5 hari, dibandingkan dengan kelompok yang diobati dengan antihistamin konvensional, dengan peningkatan sebanyak 60% dalam rata-rata 9 hari. Selain baik untuk mengatasi masalah pernapasan, cordyceps juga bermanfaat untuk penyakit-penyakit ini: Menangani Hati & Ginjal Menurut University of Pittsburgh Medical Center, Cordyceps dapat membantu melindungi kerusakan ginjal yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti gentamisin dan siklosporin. Beberapa bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa cordyceps mampu menurunkan toksisitas [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:1. Berhenti MerokokMenghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara [...]

Perut Buncit Biang Penyakit

Perut Buncit Biang Penyakit

Perut buncit bukan hanya tidak indah dipandang tapi juga membawa risiko kesehatan pada si empunya. Masalah dengan perut buncit tidak hanya terbatas pada lapisan ekstra di bawah kulit (lemak subkutaneus), namun juga meliputi lemak viseral yang terletak dalam rongga perut, mengelilingi organ dalam. Risiko kesehatan yang dapat berkembang antara lain: � Penyakit kardiovaskular � Diabetes tipe 2 � Kanker kolorektal � Sleep apnea Berat badan Anda ditentukan dari keseimbangan kalori yang dimakan dengan energi yang dibakar. Bila Anda terlalu banyak makan namun kurang berolahraga, lemak perut pun menumpuk. (Baca: 4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria) Namun, proses penuaan juga berpengaruh. Seiring dengan bertambahnya usia, massa otot mulai berkurang, terutama bila gaya hidup Anda kurang aktif. (Baca: Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur) Berkurangnya massa otot mengurangi kecepatan tubuh menggunakan kalori sehingga menjaga berat badan pun lebih sulit. Selain itu, pada beberapa laki-laki sel lemak di lengan dan tungkai kehilangan kemampuan untuk menyimpan lemak, sehingga lemak yang berlebih disimpan di perut. (Baca: Perut Semak [...]

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dan tumbuh di kota besar berpotensi menghadapi berbagai masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental yang serius. Masalah ini jelas merupakan ancaman besar, karena semakin hari semakin banyak orang yang pindah ke kota.Pada tahun 1990, hanya 14 persen dari penduduk dunia yang tinggal di kota besar. Tahun 2008, penduduk yang tinggal di kota meningkat menjadi 50 persen. PBB memperkirakan jumlah penduduk dunia yang tinggal di kota besar akan meningkat menjadi 70 persen.Secara umum, masyarakat perkotaan lebih memiliki kualitas hidup yang baik daripada masyarakat pedesaan. Mereka memiliki penghasilan yang cukup, karir yang cemerlang, fasilitas kesehatan yang memadai, sanitasi yang baik, dan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Tapi ternyata hidup di perkotaan berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan kronis seperti penyakit mental, penyakit kekebalan tubuh, arthritis, penyakit jantung, kanker dan masalah kesuburan.Sebagai konsekuensi dari semakin padatnya penduduk perkotaan, masalah tersebut menjadi semakin buruk. Hasil penelitian menyebutkan bahwa polusi di perkotaan mempengaruhi kesehatan manusia, bahkan janin yang masih [...]

5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan berbagai keluhan yang dialami oleh wanita hamil seperti morning sickness, heartburn dan kram pada kaki. Tapi tahukah Anda bahwa melahirkan bayi, selain anugerah, bukanlah satu-satunya hal terbaik dari kehamilan? Ketahui manfaat lainnya berikut ini: Hidup sehat menjadi suatu kebiasaan Kehamilan dapat menginspirasi wanita untuk mengubah kebiasaan hidup yang buruk menjadi lebih sehat. Seperti misalnya, kehamilan dapat menjadi inspirasi yang paling efektif untuk berhenti merokok. Selain itu dapat menjadi motivator utama juga untuk berolahraga dan mencari udara yang segar dan bebas polusi. (Baca: Merokok Pada Masa Kehamilan Menyebabkan Anak Menjadi Bodoh) 5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan berbagai keluhan yang dialami oleh wanita hamil seperti morning sickness, heartburn dan kram pada kaki.Tapi tahukah Anda bahwa melahirkan bayi, selain anugerah, bukanlah satu-satunya hal terbaik dari kehamilan? Ketahui manfaat lainnya berikut ini: Hidup sehat menjadi suatu kebiasaan Kehamilan dapat menginspirasi wanita untuk mengubah kebiasaan hidup yang buruk menjadi lebih sehat. Seper [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *