Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ada Lima Cara Membuat Otak Tetap Sehat

Ada Lima Cara Membuat Otak Tetap Sehat

Jika ada bagian yang begitu penting bagi tubuh, maka otak jawabannya. Otak berfungsi menerima, menerjemahkan, sekaligus membimbing tubuh untuk merespons segala informasi dari panca indera manusia. Fungsi-fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon juga mengandalkan otak. Sayangnya, otak tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu penuaan. Makin bertambah usia seseorang, makin menurun kemampuan otak. Tapi bisakah manusia mempertahankan kemampuan otak agar tetap optimal? Banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berefek buruk bagi kesehatan otak sekaligus memengaruhi kemampuan otak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat dan berfungsi optimal. Cukupi kebutuhan nutrisi otak Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam mengurangi level tekanan darah dan kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak. Jangan lupa akan peran asam folat, vi [...]

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Sanitasi dan air minum yang tidak sehat membuat tidak sedikit penduduk yang meninggal karena diare. Kondisi ini biasa menimpa penduduk di negara berkembang seperti Indonesia. Air minum yang sehat adalah air yang karakteristik fisik, kandungan mikroba, dan bahan kimianya sesuai dengan ketentuan World Health Organization (WHO) atau standar nasional kualitas air minum. Di Indonesia, menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002, air minum diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut: Secara fisik tidak berasa, berbau atau berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu tinggi. Tidak mengandung bakteri seperti E. coli. Tidak mengandung bahan kimia, misalnya pestisida dan desinfektan melebihi batas yang diperbolehkan. Jenis Air Minum Secara umum, air minum di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan sumber, cara pengolahan, dan penyediaannya. Air produksi Perusahaan Air Minum (PAM) Air yang didistribusikan melalui pipa atau tangki untuk keperluan rumah tangga ini umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci, dan memasak. Saat digunakan untuk minum, umumnya air direbus sebelum dikonsumsi. Air tanah Air tanah biasanya did [...]

Manfaat Kesehatan dari Berjalan Kaki

Manfaat Kesehatan dari Berjalan Kaki

Oleh: dr. Sophia B. Hage Berjalan kaki adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang tidak mungkin tidak kita lakukan setiap hari, entah itu saat kita bangun pagi dan berjalan kaki ke kamar mandi atau berjalan kaki saat menyeberang jalan. Berjalan kaki sebenarnya dapat menjadi salah satu pilihan bentuk olahraga intensitas rendah hingga sedang yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa untuk mencapai gaya hidup yang aktif, maka setiap minggu kita harus melakukan olahraga aerobik intensitas sedang paling sedikit sebanyak 150 menit. Hal ini dapat kita capai dari hal yang paling sederhana dan paling mudah yaitu berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit. Berdasarkan hal ini, beberapa ahli akhirnya menganjurkan kita berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Lalu mengapa memilih untuk berjalan kaki? Apabila Anda termasuk orang yang belum pernah melakukan olahraga, maka berjalan kaki adalah bentuk olahraga paling mudah dan paling aman yang dapat Anda lakukan. Seperti disebutkan di atas, secara umum berjalan kaki merupakan olahraga intensitas rendah hingga sedang. Oleh karena itu, berjalan kaki dapat dilakukan oleh hampir s [...]

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Memakai high heels membuat penampilan terlihat seksi, anggun dan postur tubuh lebih sempurna. Maka tak heran banyak wanita yang rela mengenakan sepatu dengan hak tinggi meskipun menimbulkan rasa sakit. Memakai high heels untuk menunjang penampilan sah-sah saja, namun jika terlalu lama dan terus menerus bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Ini hal-hal 'menakutkan' yang terjadi pada tubuh ketika Anda pakai high heels.1. Tulang Belakang"Pakai high heels terus menerus bisa sangat berbahaya bagi tulang belakang. Ini sebabnya sakit punggung sering terjadi pada wanita bekerja," ujar Dr. Sudeep Jain, konsultan bedah tulang belakang dan direktur di Spine Solutions India, seperti dikutip dari Health Me Up.Saat memakai high heels, postur tubuh otomatis akan langsung berubah. Perubahan yang secara tiba-tiba tapi tidak konstan (ketika melepas high heels, tubuh akan kembali ke postur semula) bisa mengganggu struktur tulang yang berakibat sakit punggung hingga postur tubuh bungkuk saat tua nanti.2. HyperlordosisTerus menerus memakai high heels akan mengganggu kesejajaran tulang. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang jadi melengkung atau yang biasa disebut dengan hyperlordosis. Akibatnya, tul [...]

20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

Sumber : kompas.com Apakah Anda cukup puas dengan tubuh sendiri? Bila kurang puas, ikuti saran dari Margo Maine, Ph.D berikut ini: Tubuh Anda adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa, mulailah untuk menghargainya. Buat daftar yang mencantumkan hal-hal yang dapat dilakukan tubuh Anda. Baca dan tambah terus daftar itu. Sadari apa yang bisa dilakukan tubuh Anda setiap hari. Ingatlah bahwa tubuh adalah instrumen kehidupan, bukan sekadar hiasan Buatlah daftar orang-orang yang Anda kagumi: orang yang banyak menyumbang hal positif dalam hidup Anda, di masyarakat dan di dunia. Perhatikan apakah penampilan fisik mereka tampak penting dalam menunjang kesuksesan dan pencapaiannya. Berjalanlah dengan kepala diangkat, didukung rasa percaya diri. Jangan biarkan berat badan atau postur tubuh menghalang i Anda menikmati kegiatan yang disukai. Pakailah baju yang nyaman, disukai dan terasa enak di tubuh. Hitung berkat yang Anda terima, bukan kemalangan-kemalangan. Pikirkan hal-hal lain yang bisa dicapai dengan waktu dan energi yang dihabiskan untuk mengkhawatirkan badan dan penampilan. Jadilah sahabat serta pendukung, bukan musuh bagi tubuh sendiri. Pikirkan bahwa kulit Anda ber [...]

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Semua orang tahu kebiasaan merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam jangka panjang, merokok bisa menyebabkan kanker mulut juga paru-paru. Tapi yang tidak banyak orang tahu, menghisap rokok secara terus menerus juga membuat tampilan kulit wanita menjadi abu-abu dan tumbuh rambut halus di sekitar wajah. Sementara pada pria, gerak sperma akan menjadi lamban.Untuk menyosialisasikan dampak buruk merokok, para dokter di Finlandia mengembangkan sebuah website interaktif yang diharapkan bisa membuat masyarakat sadar dengan seketika. Website tersebut bernama Tobacco Body dan dibuat bekerjasama dengan Cancer Society of Finland untuk menunjukkan kerusakan-kerusakan tubuh yang disebabkan dari merokok.Dalam website tersebut ditunjukkan berbagai gambar sebelum dan setelah wanita/pria mengonsumsi rokok. Mulai dari timbulnya noda-noda pada wajah, peningkatan risiko terkena maag, semua diperlihatkan lewat foto-foto yang cukup mengerikan.Pada wanita, hal paling mengganggu yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah tumbuhnya rambut-rambut halus pada wajah dan tangan. Dalam website juga berisi penjelasan apa yang akan terjadi pada tubuh Anda jika kebiasaan buruk ini tidak dihentikan."Para [...]

Pedofilia Harus Kebiri?

Pedofilia Harus Kebiri?

Kasus kejahatan seksual terhadap anak merupakan kejahatan yang luar biasa. Pendapat yang sama diungkapkan para petinggi dan pemangku jabatan penting di Indonesia seperti Jaksa Agung Muhammad Prasetyo. Oleh sebab itu sebagai contoh di Amerika Serikat, terdapat suatu unit khusus penanganan kasus kejahatan seksual anak,? SVU : Special Victim Unit?. Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia, hukuman terhadap tindak kejahatan seksual dinilai harus diberi pemberatan hukuman, yaitu berupa pengebirian. Pemberian hukuman kebiri terhadap pelaku kejahatan seksual terhadap anak ditanggapi positif oleh menteri sosial Khofifah Indar Parawansa, menteri kesehatan Nila F. Moeloek, dan ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni?am Sholeh. Kebiri atau kastrasi sudah digunakan di beberapa negara lain sebagai hukuman untuk pelaku kejahatan seksual. Menurut penelitian Busto dan Harlow, hukuman kebiri atau kastrasi secara legal sudah dilakukan di California, Florida, Iowa, Lousiana, danTexas. Di Eropa, beberapa kasus di Jerman dan banyak kasus di Ceko terdapat lebih dari 50 kasus kejahatan seksual yang diberi hukuman kebiri atau kastrasipada tahun 2001-2006. Salah Kaprah Pengertian Kebi [...]

Inilah Guna Bulu Ketiak Bagi Manusia

Inilah Guna Bulu Ketiak Bagi Manusia

Bulu ketiak seringkali dianggap gangguan pada sebagian besar orang, khususnya kaum wanita. Bulu ketiak sering dicukur karena dianggap menganggu estetika. Namun apakah ada gunanya bulu ketiak bagi kesehatan tubuh? Pertumbuhan bulu ketiak Bulu ketiak merupakan bagian tubuh manusia. Adanya bulu ketiak merupakan bagian dari perjalanan panjang manusia dalam berevolusi. Dipercaya, pertumbuhan bulu di beberapa tempat pada tubuh manusia merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh, baik untuk menjaga kehangatan, penguapan atau mekanisme perlindungan. Bulu ketiak biasanya mulai tumbuh pada awal masa pubertas dan mulai berakhir setelah masa remaja berakhir. Ketiak manusia karena lokasinya yang berbentuk lipatan, maka cenderung lebih lembab dari daerah lainnya. Kelembaban pada daerah ini, sekret dari kelenjar apokrin ketiak, beserta bakteri pada lokasi ini, akan menyebabkan bau khas pada ketiak. Apa saja manfaat bulu ketiak bagi tubuh? Berikut penjelasannya: Apa saja manfaat bulu ketiak bagi tubuh? Manfaat bulu ketiak masih diperdebatkan. Hal ini merupakan sebuah misteri yang banyak dipertanyakan. Khususnya pada saat ini, dimana banyaknya paparan media tentang model yang [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Setelah makan besar, biasanya kita akan mengakhirinya dengan menyantap buah-buahan sebagai pencuci mulut. Entah itu pisang, pepaya, anggur atau jeruk. Ternyata kebiasaan ini berpotensi besar merusak gigi.Sebagian besar buah-buahan mengandung gula. Bagi gigi, gula adalah 'musuh besar' terutama jika tidak dibersihkan di malam harinya. Gula yang menempel pada permukaan gigi merupakan 'makanan' bagi bakteri di dalam mulut. Ketika gula bereaksi dengan bakteri, akan terbentuk lapisan asam yang bisa melemahkan enamel gigi dan mengikis mineral yang penting untuk menguatkan gigi, misalnya kalsium. Hal ini bisa memicu terjadinya gigi keropos, rapuh atau berlubang.Sebenarnya terbentuknya asam di dalam mulut bisa dicegah oleh tubuh dengan produksi saliva atau air liur. Saliva berfungsi menetralkan pH atau keasaman di dalam mulut dan mengembalikan kembali mineral yang hilang setelah makan. Namun proses ini belangsung cukup lama, perlu 40 menit hingga saliva melapisi gigi dan gusi dengan sempurna untuk perlindungan.Jika setelah makan besar Anda langsung mengonsumsi buah-buahan, maka saliva tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki terbentuknya asam yang bisa merusak gigi. Tidak hanya buah- [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *