Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

Sarapan sangat penting untuk menyediakan energi dan konsentrasi sepanjang hari. Oleh karena itu pemilihan makanan sangat penting untuk diperhatikan agar Anda lebih semangat dan siap hadapi hari.Banyak ahli yang mengatakan bahwa waktu makan yang paling penting adalah sarapan. Sarapan sehat akan memberikan kekuatan otak yang membuat Anda berenergi sepanjang hari. Dilansir Livestrong, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi di pagi hari.1. Makanan Tinggi SeratSerat adalah bagian penting dari sarapan sehat karena dapat mengisi dan memberi Anda energi selama berjam-jam. Makanan yang tinggi serat misalnya oatmeal, roti gandum, buah kering dan kismis untuk sereal peningkat asupan serat.2. Makanan Tinggi ProteinProtein bekerja dengan mengatur gula darah sehingga dapat mempertahankan energi sepanjang pagi. Makanan tinggi protein misalnya telur, produk susu seperti yoghurt, susu rendah lemak dan keju rendah lemak, roti dengan selai kacang, sosis yang tidak diawetkan, ayam atau ham.3. Buah-buahanBuah adalah pilihan yang baik untuk sarapan karena memberikan sesuatu yang manis dan juga memberi energi. Buah juga membuat sarapan makin mudah karena ada begitu banyak pilihan yang [...]

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Setelah menahan lapar lebih dari 12 jam, berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Seringkali saat berbuka puasa banyak orang yang kalap memakan apapun yang terhidang di meja. Mulai dari es buah, kolak, gorengan hingga nasi lengkap dengan lauknya. Pola makan tersebut ternyata keliru dan justru bisa membuat tubuh terasa lemas dan perut jadi tidak nyaman.Lalu bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa? Pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS menyarankan untuk berbuka dengan perlahan dan bertahap. Porsi makan saat berbuka juga sebaiknya kecil, yaitu hanya untuk membatalkan puasa."Sekedarnya saja, satu gelas air putih. Kalau mau teh manis atau jus silakan saja. Tapi bagusnya yang netral. Sama buah, 1-2 potong. Kolak juga bisa," ujar pria yang akrab disapa Hardin ini, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Senada dengan Hardin, dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak makan saat buka puasa dan utamakan untuk meminum dua gelas air putih terlebih dahulu. Makanan berlemak dan yang berkuah santan sebaiknya dihindari ketika berbuka."Diselingi makanan manis sedikit saja. Misalnya kola, mengandung santa [...]

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Tiap bayi pasti pernah mengalami muntah. Ada yang mengalaminya sesekali dan ada pula yang muntah tiap kali mengonsumsi apa pun. Muntah pada bayi bukanlah sesuatu yang perlu orang tua selalu cemaskan, meski begitu tidak ada salahnya untuk mewaspadai kondisi tersebut. Muntah pada bayi bisa termasuk sebagai reaksi normal, namun hal ini bisa pula menjadi pertanda bahwa bayi Anda mengalami kondisi serius. Muntah yang Normal Merupakan hal biasa bagi bayi mengalami muntah, terutama saat usianya masih beberapa minggu. Di usia tersebut, bayi sedang berusaha menyesuaikan diri dengan makanan. Muntah jenis ini kerap disebut gumoh. Biasanya si Kecil akan gumoh setelah minum susu. Proses minum susu, yaitu setelah si Kecil menelan susu, susu akan melewati bagian belakang mulut, turun ke kerongkongan, dan diteruskan ke lambung. Di antara kerongkongan dan lambung, terdapat cincin otot. Cincin ini menjadi pintu masuk susu ke lambung. Setelah susu masuk ke lambung, cincin akan menutup. Namun jika cincin ini tidak menutup dengan sempurna, susu bisa kembali lagi ke kerongkongan, lalu terjadilah gumoh. Dalam ilmu medis disebut refluks. Di usia yang masih beberapa minggu, bayi rentan mengalami refluks [...]

Alami Perut Kembung? Simak 6 Cara Mengatasinya

Alami Perut Kembung? Simak 6 Cara Mengatasinya

Perut kembung kerap kali membuat tidak nyaman dan gangu aktivitas. Beberapa makan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat membuat perut terasa kembung, meskipun makanan tersebut tampak sudah cukup sehat.Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam. Misalnya, reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih adalah sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa. Seperti dikutip dari MSN, makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil. Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung.Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti yang dirangkum dari situs canadianliving di [...]

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

Cinta dapat datang dalam berbagai bentuk, baik cinta pada pasangan, keluarga ataupun teman-teman Anda. Banyak manfaat yang didapatkan, berdasarkan riset ilmiah, bahwa jatuh cinta dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Simak 5 fakta jatuh cinta berikut ini: Cinta dapat menurunkan tekanan darah Pada sebuah riset yang dilakukan oleh US Department of Health and Human Services, pasangan yang memiliki pernikahan yang bahagia memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang belum menikah, sedangkan pasangan yang memiliki pernikahan tidak bahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan kedua grup. Cinta dapat menurunkan risiko depresi Seringlah tertawa dengan orang yang Anda cintai untuk tetap bahagia dan sehat baik secara mental maupun fisik. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Health and Social Behavior menunjukkan bahwa mereka yang baru saja menikah memiliki skor skala depresi 3,42 poin lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Fakta lainnya jatuh cinta itu menyehatkan: Fakta Medis Lainnya JAtuh Cinta Menyehatkan Love is a natural painkiller Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa [...]

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik tanpa terasa lemas, ngantuk atau lesu. Simak delapan tips sehat selama puasa seperti yang dikutip dari About.1. Konsultasi dengan DokterSebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.2. Makan Sahur yang TepatPeran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein nabati, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.3. Hindari Makanan BerminyakHindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang har [...]

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Mandi air panas dipercaya bisa membantu tubuh dan pikiran lebih relaks, terutama setelah berjibaku dengan banyaknya pekerjaan di kantor seharian. Ada pula yang mandi air panas untuk menghilangkan rasa lelah atau memang sudah jadi kebiasaan.Terlalu sering mandi air panas, sebenarnya kurang baik bagi kesehatan kulit. Ditambah lagi ada sebagian orang yang mengatur suhu airnya terlalu panas sehingga berisiko menimbulkan iritasi.Dokter spesialis kulit Sejal Shah, M.D., menyatakan bahwa temperatur air yang ideal cukup yang suam-suam kuku saja. Sejal mengatakan memang tidak ada aturan harus berapa suhu air yang digunakan untuk mandi. Tapi dermatologist yang berbabis di New York ini menyarankan, sebaiknya di bawah 43 derajat Celcius. Angka tersebut bukanlah ukuran pasti karena harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit.Ikuti insting Anda, apabila suhu di bawah 43 derajat tetap membuat tak nyaman atau kulit berubah jadi kemerahan maka mungkin itu terlalu panas untuk Anda. Jika itu yang terjadi turunkan lagi suhu air mandi."Air panas menghilangkan minyak alami pada kulit yang memicu kekeringan, kulit gatal bahkan eczema (eksim)," jelas Sejal seperti dikutip dari Women's Health Mag.Tidak [...]

Risiko Berbahaya di Balik Seks Anal

Risiko Berbahaya di Balik Seks Anal

Seks anal kadang dilakukan untuk kesenangan ataupun menghindari kehamilan. Padahal selain risikonya yang berlipat ganda, dengan cara ini kehamilan dapat tetap terjadi. Seks anal adalah aktivitas seksual di area anal (bokong) yang umumnya meliputi: penetrasi penis ke anus, penetrasi jari atau mainan seks seperti vibrator ke anus, ataupun seks oral yang dilakukan dengan menstimulasi anus menggunakan mulut atau lidah. Penyakit Menular Seksual hingga Pendarahan Anus adalah organ tubuh yang sangat sensitif karena sarat dengan ujung saraf sehingga dapat menjadi area stimulasi seks yang menyenangkan. Namun kesenangan ini tidak sepadan dengan risiko yang terkandung. Berikut beberapa di antaranya: Penetrasi dan seks oral pada anus meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual. Dibandingkan aktifitas seksual lainnya, aktifitas seksual yang melibatkan penetrasi ke anus mempunyai risiko tertinggi dalam risiko penularan penyakit menular seksual, seperti HIV, herpes kelamin, kutil kelamin, klamidia, hepatitis B, gonore, dan sifilis. Orang yang melakukan seks melalui anal 30 kali lebih berisiko terkena HIV dibanding yang melakukan penetrasi melalui vagina. Paparan human papillomavirus [...]

Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Oktober menjadi bulan peduli kanker payudara yang dikampanyekan di seluruh dunia. Indonesia tak terkecuali. Sejak awal bulan, sederet program berkaitan dengan kanker payudara digelar berbagai pihak.Plaza Indonesia, termasuk pihak yang ikut menggelar acara terkait dengan kampanye peduli kanker payudara ini. Bekerjasama dengan Yayasan Love Pink, mall yang berada di kawasan Jl. Thamrin, Jakarta Pusat ini mengadakan program Pink Day dan bazaar amal.Pink Da?y diadakan pada 17 Oktober dengan mengajak pengunjung Plaza Indonesia untuk menggunakan busana berwarna pink. Mereka yang datang dengan memakai busana tersebut akan mendapatkan diskon 40% untuk makan malam di restoran yang ada di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Selain itu pengunjung juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 200 ribu dengan pembelanjaan minimum Rp 3 juta. Baca Juga: 50 Inspirasi Batik Modern http://wolipop.detik.com/thespotlight/batikmodern/Setelah Pink Day, program gerakan pedu?li kanker payudara berlanjut dengan acara bazaar amal. Brand-brand di bawa naungan Mitra Adi Perkasa akan memberikan diskon khusus pada 27-29 Oktober 2015. Dan pada 30-31 Oktober akan ada bazaar barang-barang milik para public fi [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *