Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks

Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks

Virus HPV penyebab kanker serviks secara tidak langsung dapat berdampak pada kesuburan. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. Wanita yang terdiagnosis mengidap kanker serviks pada umumnya merasa khawatir bahwa mereka tidak dapat memiliki keturunan lagi. Namun sebenarnya virus HPV tidak mengakibatkan kemandulan secara langsung. Hal yang berisiko menyebabkan kemandulan adalah penanganan kanker serviks. Meski demikian, ada cara yang dapat dilakukan untuk tetap dapat memiliki anak. Gangguan Kesuburan Pasca-Penanganan Kanker Serviks Selain mematikan sel-sel kanker, penanganan kanker serviks sayangnya berisiko berpengaruh pada kemampuan wanita memiliki keturunan. Penanganan kanker serviks Untuk kasus kanker serviks yang belum tergolong parah, bisa ditangani dengan operasi radical trachelectomy yaitu hanya leher rahim saja yang diangkat sedangkan rahim dan ovarium dibiarkan. Ini memungkinkan wanita untuk hamil di masa yang akan datang. Pada stadium lebih lanjut, penanganan kanker serviks umumnya dilakukan dengan histerektomi atau pengangkatan rahim, atau bisa juga dengan kemoterapi dan radioterapi untuk mematikan sel-sel kanker. Sebagai konsekuensi, histerektomi [...]

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Banyak orang yang masih melanggengkan istilah rahim kering. Sebenarnya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ?kemandulan? di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen. Kesulitan seseorang untuk hamil memang ada yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim dan organ kewanitaan disekitarnya. Masalah pada saluran indung telur (sumbatan, infeksi, peradangan) Gangguan keseimbangan hormon Masalah pada mulut rahim (infeksi, penyempitan, kelainan selaput lendir) Masalah pada rahim (polip, mioma, kelainan bentuk rahim) Dapatkan kesemuanya ditangani? Benarkah kesemuanya adalah gejala kondisi rahim kering? Mitos Rahim Kering Namun, semuanya dapat ditangani dan bukan disebut sebagai rahim kering. Ada pula yang beranggapan bahwa pemakaian obat nyeri haid dapat menyebabkan rahim kering. Benarkah demikian? Ketika Anda merasakan nyeri haid, rasa nyeri tersebut dibawa oleh sistem saraf menuju otak. Dari otak sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa sakit. Obat [...]

5 Bahan Rumah Tangga untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga

5 Bahan Rumah Tangga untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga

Kebanyakan orang yang digigit hama atau serangga kecil seperti semut, nyamuk atau lebah tidak langsung mengobatinya. Mereka memilih untuk menggaruknya karena gigitan hewan tersebut membuat kulit menjadi gatal. Padahal lebih baik segera diatasi sebelum racunnya menyebar ke seluruh tubuh bahkan bisa bahaya bagi orang yang alergi terhadap gigitan serangga. Berikut ini beberapa tips praktis untuk pertolongan pertama pada gigitan serangga, seperti dilansir Health Me Up.1. Gunakan Isi DapurGosokkan sabun ke wilayah yang gatal. Anda bisa gunakan sabun batangan atau sabun kering. Kemudian, daerah yang terinfeksi diberikan setetes alkohol, lalu tutup menggunakan perban. Namun, jika semua itu belum tersedia, es batu pun dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.2. Atasi Menggunakan Cotton BudAtasi secepat mungkin ketika digigit hewan kecil yang membawa racun. Para ahli menyarankan kalau Anda bisa menggunakan cotton bud ke area yang terinfeksi. Sebelumnya, cotton bud dibaluri cairan terlebih dahulu seperti pasta gigi, madu, obat kumur atau alkohol. Bahkan, cat kuku Anda juga bisa menjadi obat ketika digigit hewan ini. Di samping itu, Anda dapat menyediakan sekantong teh [...]

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Oleh: dr. Ema Anindia Studi terbaru membuktikan bahwa menganjurkan anak untuk berolahraga sejak kecil dapat memperkuat tulang anak sehingga dapat menghindari patah tulang pada usia tua. Keaktifan fisik yang diberikan saat anak sekolah seperti pelajaran olah raga yang seorang anak dapat sewaktu sekolah, sangat penting untuk melawan obesitas, namun penelitian terbaru berpendapat bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan tulang juga. Selama 6 tahun, para peneliti dari Skane Univeristy Hospital di Swedia mengikuti 808 anak laki-laki dan anak perempuan dari usia 7 hingga 9 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana pada kelompok pertama anak-anak tersebut hanya diminta untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik selama 40 menit setiap harinya dan pada kelompok kedua anak-anak tersebut diminta untuk beraktivitas fisik selama 60 menit selama seminggu yang dilakukan selama jam sekolah. Lalu selanjutnya para peneliti tersebut mengikuti perkembangan tulang anak-anak tersebut serta mendokumentasi laporan mengenai patah tuang dan membandingkan hasil antar grup. Studi yang dilaporkan oleh American Orthopedic Society for Sports Medicine di Chicago, dimana mereka melaporkan bahwa selama periode [...]

Alergi Dapat Memicu Sinusitis?

Alergi Dapat Memicu Sinusitis?

Reaksi alergi kerap mengganggu saluran pernapasan pada sebagian orang. Tidak hanya itu, alergi juga dapat memicu gangguan lain, seperti sinusitis. Reaksi alergi adalah ketika sistem imunitas tubuh melakukan kontak dengan objek-objek penyebab alergi. Terdapat beragam reaksi yang dihasilkan oleh tubuh, antara lain gangguan pada saluran pernapasan dan sinus. Sinus adalah rongga-rongga berisi udara di kerangka kepala kita yang terletak di belakang dahi dan tulang pipi. Dari alergi menjadi sinusitis Pada saat alergi tidak tertangani dengan baik, maka sinus berpotensi mengalami peradangan dan tidak mampu mengeluarkan cairan yang menumpuk. Kondisi ini membuat sinus menjadi tempat yang cocok untuk mikroorganisme berkembangbiak sehingga menyebabkan infeksi atau sinusitis. Dengan alergi dan peradangan akibat sinusitis, cairan makin menumpuk di dalam lubang-lubang sinus dan dapat menyebabkan gejala, berupa rasa sakit pada wajah penderitanya. Gejala sinusitis lain yang kerap dikeluhkan, antara lain mampat pada hidung, pusing dan berkurangnya kemampuan hidung untuk mencium bau serta kemampuan lidah untuk merasakan. Jika sinusitis disebabkan oleh bakteri dan tergolong tidak ringan, antibiotik [...]

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI sejak dini (inisiasi menyusui dini) dimulai dalam 1 jam pertama setelah kelahiran dan diteruskan secara eksklusif sampai bayi berusia 4 bulan. Makanan pendamping ASI dapat mulai dapat diberikan ketika anak berusia 4-6 bulan dan mulai mantap diberikan mulai usia 6 bulan. Pemberian ASI direkomendasikan untuk terus diberikan sampai usia 2 tahun. Sayangnya, tidak banyak Ibu yang dapat mengikuti rekomendasi tersebut karena produksi ASI yang kurang. Untuk itulah petugas kesehatan dan kelompok pendukung yang tepat diperlukan Ibu untuk bisa membantu Ibu tetap dapat menyusui sesuai rekomendasi. Selain beberapa tips yang dapat Ibu lakukan, tenaga kesehatan atau budaya masyarakat setempat juga biasanya memiliki rekomendasi bahan herbal tertentu yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Salah satunya adalah daun bangun-bangun (jintan) yang telah digu [...]

Prediksi Umur Anda Dari Detak Jantung

Prediksi Umur Anda Dari Detak Jantung

Oleh: dr. Ema Anindia Studi terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Heart, menunjukkan bahwa detak jantung saat istirahat dapat digunakan sebagai prediktor mortalitas (kematian) pada individu yang sakit ataupun pada individu yang sehat dengan kondisi fisik yang baik.Para peneliti asal Belanda, melakukan pemeriksaan pada 5.249 pria usia baya dan usia tua pada awal tahun 1970. Pada tahun 1985 dan 1986, mereka mengevaluasi kembali subjek-subjek tersebut dimana masih terdapat 3.354 subjek yang hidup. Sebanyak 2.798 subjek dilakukan analisis data lengkap mengenai konsumsi oksigen dan detak jantung masing-masing subjek. Lalu para peneliti ini mengikutinya kembali pada tahun 2011. Setelah mengontrol keaktifan fisik dan faktor-faktor kesehatan dan perilaku lain, mereka menemukan bahwa detak jantung saat istirahat (resting heart rate) yang tinggi ternyata dihubungkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi. Bila dibandingkan antara pria dengan detak jantung 50 kali permenit atau kurang dengan pria yang detak jantungnya berkisar antara 71 hingga 80 kali per menit maka pria deengan detak jantung lebih cepat memiliki risiko kematian lebih tinggi sebanyak 51%. Di angka 81 hingga 90 kali permeni [...]

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

Kanker merupakan penyakit yang cukup menyeramkan untuk kita dengar. Terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu menyebar. Nah menurut sebuah studi Kanker di Inggiris menunjukkan bahwa ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal kanker. 1. Batuk yang lama dan suara serak Batuk yang sering muncul dan hilang merupakan gejala yang sering kita temui dan berkaitan dengan alergi. Namun batuk yang lama tidak sembuh-sembuh dan diserati darah harus diwaspadai. Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru, dan bisa dilakukan pemeriksaan xray untuk memastikan. Gejala kanker lainnya yang sering kita abaikan di halaman berikut. Gejala Kanker Lainnya yang Sering Disepelekan 2, Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun nyeri yang berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali, coba lakukan pemeriksaan, mungkin bukan sebuah kanker otak, namun ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kank [...]

Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis kerap dikonotasikan negatif dan dianggap cengeng. Namun, keluarnya air mata memiliki dampak kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air mata dapat mengeluarkan kimiawi negatif pada tubuh. Tidak hanya membuat perasaan menjadi lebih lega, menangis memberikan manfaat lainnya. Dikutip dari Net Doctor, ini dia manfaat menangis. 1. Berpengaruh Terhadap Emosional dan StresMenangis bisa mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon tersebut yang memicu seseorang menjadi stres. elain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.2. Kesehatan MataAir mata ternyata meningkatkan kesehatan mata. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.3. Meningkatkan Suasana Hati Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.4. Mengeluark [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *