Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Pada banyak kasus, orang yang minum alkohol dan wine terlalu cepat, cenderung menjadi minum melewati batas yang dapat diterima tubuh mereka.Paul Wallace, profesor di University College London dan pimpinan yayasan rehabilitasi alkohol Drinkware mengatakan, "Semua orang akan memproses alkohol pada tingkat yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, umur, bahkan etnis. Tapi pada dasarnya, hati Anda hanya dapat memproses sekitar 1 unit alkohol per jam."Profesor Wallace juga menambahkan, "Minum alkohol 10 gelas atau setara dengan 2-3 gelas besar wine dalam dua jam, berarti Anda masih akan menyimpan 8 unit alkohol dalam tubuh Anda untuk diproses pada jam berikutnya. "Selain memabukkan, hal ini juga dapat menimbulkan keracunan pada diri Anda karena wine & alkohol mengandung etanol. Ketika Anda minum lebih dari 1 unit alkohol dalam 1 jam, etanol akan membanjiri otak Anda dan ini sangat berbahaya.Sebaiknya makananlah makanan kecil terlebih dulu dan minum alkohol dengan perlahan, hal ini dapat memperlambat laju penyerapan etanol ke dalam aliran darah Anda. Selanjutnya, Profesor Wallace juga menyarankan untuk menghindari alkohol dalam jumlah sekecil apapun.Ternyata bukan hanya alkohol yang [...]

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung tidak gemuk dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal, menurut sebuah penelitian di Brazil. Penelitian sebelumnya dari Brazil telah menemukan hubungan antara berat badan yang berlebihan dan caesar, menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan karena anak tersebut tidak terkena bakteri ketika proses melahirkan, dimana bakteri tersebut adlaha bakteri yang bisa membuat anak menjadi gemuk. Tapi temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa bukan itulah yang menjadi penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Brazil ini merupakan suatu kepentingan tertentu, karena pada tahun 2009, 50% lebih dari bayi-bayi di Brazil lahir secara caesar. Di Australia dan Amerika Serikat, jumlahnya terus naik selama bertahun-tahun dan sekarang sudah mencapai sekitar 30 persen. "sejak awal, kami telah mempunya pemikiran bahwa apa yang mungkin terjadi dengan penelitian sebelumnya adalah bahwa mereka tidak melakukan penyesuaian untuk semua faktor pembaur," kata Fernando Barros dari Universitas Katolik Pelotas, yang bekerja pada studi ini. Fator pembaur ini mengacu pada fakt [...]

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

Memelihara rambut agar selalu indah, sehat dan berkilau tidak cukup dengan perawatan dari luar saja. Serajin apa pun Anda memakai kondisioner dan spa rambut di salon, atau memakai produk mahal sekalipun apabila tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat maka rambut akan tetap kusam, kering serta rapuh.Perawatan dari dalam pun tak kalah pentingnya demi mendapatkan rambut indah. Bukan dengan jamu-jamuan atau pil suplemen penumbuh rambut. Tapi dimulai dari gaya hidup sehat. Ini empat kebiasaan sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh tapi juga penampilan rambut.1. Hindari Diet KetatSeperti dikutip dari Daily Mail, diet sangat rendah kalori yang menyebabkan berat badan turun drastis bisa memicu kerontokan rambut. Pola makan rendah kalori minim asupan lemak esensial, protein serta mineral yang bisa menutrisi rambut. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, jalanilah diet sehat yang rendah gula, dan pastikan dalam setiap menu makanan terkandung protein serta lemak sehat setiap hari. Meminum suplemen mengandung multivitamin dan mineral juga bisa mendukung pemenuhan nutrisi selama program penurunan berat badan. 2. Hindari Konsumsi Terlalu Banyak GulaGula dip [...]

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Tidak jarang orang merasa pusing setelah makan beberapa jenis daging seperti daging kambing. Mengapa bisa terjadi? Tenyata, hal tersebut disebabkan oleh kandungan zat besi dan tyramin yang ada pada daging.Gejala sakit kepala dan pusing adalah efek dari kurangnya asupan gula ke otak, yang merupakan makanan agar otak bisa bekerja dengan baik. Makan daging yang banyak kandungan proteinnya bisa mengurangi asupan gula ke otak. Tapi penyebab pusing yang paling banyak ditemukan pada seseorang yang makan daging kambing adalah kandungan zat tyramin serta zat besinya.Tubuh sebenarnya membutuhkan zat besi sebagai bahan baku untuk memproduksi protein hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke darah. Tapi kelebihan zat besi ternyata bisa jadi racun yang memicu pusing dan sakit kepala.Menurut National Poison Control Center, gejala yang biasa muncul karena kelebihan zat besi adalah pusing, mual, lemah, sakit kepala dan nafas pendek. Kelainan genetik yang disebut hemchromatosis juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi zat besi berlebih. Orang yang punya kelainan genetik ini harus melakukan diet daging rendah zat besi, tidak boleh mengonsumsi suplemen zat besi atau melakukan penggantian dara [...]

5 Fakta Tentang Virus MERS

5 Fakta Tentang Virus MERS

Suatu jenis virus baru yang menimbulkan gejala seperti SARS yang dinamakan MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) saat ini telah mulai menyebar ke seluruh dunia. Beberapa fakta terbaru tentang virus ini. 1. Virus ini Menyebar Virus ini bermulai di Suadi Arabia dengan 378 kasus dan 107 kematian. Hingga saat ini terdapat 14 negara yang sudah melaporkan kasus virus ini yaitu Mesir, Yordania, Kuwait, Qatar, Emirate Arab, Tunisia, Malaysia, Oman, Perancis, Yunani, Itali, Inggirs, Filipina dan Amerika. Virus ini menyebar dari kontak dekat orang-ke-orang , namun dapat menyebar juga ke manusia dari binatang. 5 Fakta Tentang Virus MERS Suatu jenis virus baru yang menimbulkan gejala seperti SARS yang dinamakan MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) saat ini telah mulai menyebar ke seluruh dunia. Beberapa fakta terbaru tentang virus ini. 1. Virus ini Menyebar Virus ini bermulai di Suadi Arabia dengan 378 kasus dan 107 kematian. Hingga saat ini terdapat 14 negara yang sudah melaporkan kasus virus ini yaitu Mesir, Yordania, Kuwait, Qatar, Emirate Arab, Tunisia, Malaysia, Oman, Perancis, Yunani, Itali, Inggirs, Filipina dan Amerika. Virus ini menyebar dari ko [...]

Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Dewasa ini semua hal dapat dilakukan demi mendapatkan estetika tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk mendapatkan bentuk payudara yang didambakan. Ukuran payudara memang relatif dan acapkali berbenturan dengan persoalan selera. Karena tidak dapat dipungkiri, segala usaha 'koreksi' organ payudara yang mayoritas dilakukan kaum hawa ini semata untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai selera. Salah satu menyesuaikan bentuk dan ukuran payudara yang ada adalah melalui tindakan implan payudara. Pun, dalam prosesnya penanaman implan di payudara memiliki dua jenis implan. Yakni implan payudara saline dan implan payudara silikon. Apa perbedaan antara implan payudara saline dan silikon? Apa Perbedaan Antara Implan Payudara Saline dan Silikon? Implan payudara, baik saline maupun silikon, keduanya sama-sama terbungkus oleh kantung silikon, hanya berbeda bahan dan konsistensinya saja. Saline Implan payudara berbahan saline terdiri dari cairan garam steril. Ketika dimasukkan ke dalam payudara, implan payudara berbahan saline kosong dan kemudian diisi di dalam payudara Silikon Implan payudara berbahan silikon terdiri dari silikon gel, yaitu suatu cairan tebal [...]

5 Tips Memulai Berolahraga

5 Tips Memulai Berolahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adalah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, penyebab kematian terbanyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan tiga penyakit utama adalah stroke, hipertensi dan diabetes. Seperti disinggung di atas, ketiga penyakit ini seperti penyakit lainnya dalam kelompok penyakit tidak menular, sangat terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan orang yang tidak aktif dalam hidupnya memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar daripada orang yang teratur melakukan olahraga. Melihat fakta di atas, maka tampak bahwa peran olahraga dan aktivitas fisik dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat langkah pertama Anda berolahraga lebih mudah dan ringan: Realistis dengan waktu. Tidak jarang alasan tidak punya waktu adalah hal pertama yang kita ungkapkan ketika hendak melakukan olahraga. Tetapi c [...]

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Perlukah berkumur dengan mouthwash setelah sikat gigi? Beberapa orang meyakini mouthwash bisa membantu membersihkan plak dan kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi. Tapi sebelum menerapkannya, ada baiknya jika Anda menyimak dulu fakta-fakta berikut ini.Survei yang dilakukan TePe, retailer produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak tahu cara memelihara kesehatan mulut yang benar. Sebanyak 20 persen orang yang disurvei mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari, sementara yang dianjurkan para ahli adalah dua kali sehari. Sementara 45 persen responden bahkan tidak tahu tentang flossing dan dental floss yang juga perlu dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi setelah menyikat.Salah satu mitos yang paling sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Seperti dikutip dari Daily Mail, mouthwash umumnya berfungsi untuk mencegah pembentukan plak, membunuh bakteri yang tak terjangkau hanya dengan menyikat gigi juga sebagai penyegar napas.Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama, padahal, sama seperti pasta gigi, obat kumur juga mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya j [...]

Amankah MSG untuk Dikonsumsi?

Amankah MSG untuk Dikonsumsi?

Monosodium glutamate atau MSG telah dikenal sebagai salah satu bahan utama penyedap rasa dalam makanan. Reputasi buruknya pun sudah banyak menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Walaupun MSG mulai terkenal tahun 1960-an, tetapi sebenarnya memiliki sejarah panjang. Berawal dari Kikunae Ikeda, seorang profesor di Universitas Tokyo, yang tertarik dengan rasa unik dari rumput laut (konbu). Ia menduga bahwa ada komponen yang tidak diketahui dalam makanan tersebut. Kemudian pada tahun 1907, ia memulai sebuah proyek untuk mencoba mengidentifikasi komponen konbu kering tersebut. Dalam waktu setahun, ia menemukan kunci kelezatan itu pada kandungan asam glutamat. Penemuan tersebut melengkapi 4 jenis rasa sebelumnya?asam, manis, asin, dan pahit?dan diberi nama umami (dari akar kata umai yang dalam bahasa Jepang berarti lezat). Sejak penemuan itu, Jepang memproduksi asam glutamat melalui ekstraksi dari bahan alamiah. Tetapi karena permintaan pasar terus melonjak, tahun 1956 mulai ditemukan cara produksi L-glutamic acid melalui fermentasi. L-glutamic acid inilah inti dari MSG, yang berbentuk butiran putih mirip garam. MSG sendiri sebenarnya tidak memiliki rasa. Namun bila ditambahkan ke dalam [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *