Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

8-gelas-air-sehari-cairan-dehidrasi.jpg

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Manfaat air bagi tubuh
Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Apa-apa saja yang mempengaruhi tubuh kepada kebutuhan konsumsi cairan? Berikut penjelasannya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sehat itu Optimis

Sehat itu Optimis

Optimis atau berpikiran positif akan segala kondisi dan situasi yang kemungkinan berbanding terbalik dengan kenyataan adan keinginan seseorang, ternyata sudah menjadi hal yang natural dilakukan oleh otak manusia. Studi mengenai kinerja otak akan optimisme ini diterbitkan dalam Nature Neuroscience, berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Dr. Tali Sharot, University College London yang mengatakan bahwa 80% manusia merupakan orang-orang optimis, meskipun mereka sendiri tidak menganggap demikian. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat tingkatan optimisme seseorang yang kemudian di uji menggunakan scan otak. Mereka diberikan berbagai macam pertanyaan dan penilaian masing-masing mengenai berbagai macam faktor mengenai kenyataan baik ataupun buruk. Misalkan mereka di berikan kemungkinan terkena kanker sebesar 30%, maka meskipun ada sebagian dari mereka berpikiran resiko mereka menjadi 40%, pada akhir percobaan, mereka akan menurunkan resiko mereka sendiri menjadi 31%. Sedangkan bila sebagian dari mereka sudah berpikiran resiko mereka hanya 10%, maka setelahnya, mereka hanya akan menambah sedikit dari sebelumnya yang sudah dibawah dari perkiraan awal yang telah diinformasikan. Dar [...]

Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Selama ini para wanita yang ingin hamil berusaha menurunkan berat badannya agar terhindar dari bahaya obesitas. Namun menurut penelitian, bertubuh terlalu kurus justru lebih sulit hamil ketimbang mereka yang bertubuh gemuk.Dr.Richard Sehrbahn, ahli fertilitas dari Chicago, AS, mengatakan bahwa selama ini banyak yang orang terlalu fokus untuk menurunkan berat badannya. Padahal, dalam penelitian yang dilakukannya tubuh kurus justru lebih berbahaya terhadap kesuburan dibandingkan dengan orang yang obesitas.Dr Sherbahn, dari Advance Fertility Center di Chicago, telah meneliti hampir 2.500 wanita di kliniknya selama delapan tahun. Ia mengelompokkan para wanita itu menjadi tiga kategori yaitu, kurus, normal, dan gemuk sekali.Dari hasil penelitiannya tersebut diketahui bahwa 50 persen wanita dalam kelompok berat badan normal bisa memiliki bayi. Begitu juga dengan wanita yang masuk dalam kelompok berat badan gemuk, sebanyak 45 persen dapat mempunyai momongan.Namun pada wanita yang tergolong sangat kurus, angka keberhasilan kehamilannya hanya mencapai 34 persen. Wanita yang disebut terlalu kurus dalam kelompok ini adalah wanitan yang indeks massa tubuhnya berkisar antara 14-18.Dr Sherbah [...]

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

? Kelebihan cara mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah tidak mengganggu kenikmatan bercinta dan juga bersifat alamiah tanpa efek samping. Berbeda dengan alat kontrasepsi umum lainnya yang memiliki efek samping tersendiri, belum lagi bercinta dengan kondom akan mengurangi kenikmatan. Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain: Siklus Teratur 1. Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi. 3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender 2. Pantau Kondisi Suhu Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesub [...]

Stres Sebabkan Alergi

Stres Sebabkan Alergi

Inilah alasan mengapa penderita alergi harus tetap tenang: ?Stres ternyata berkaitan dengan timbulnya alergi.? Sebuah studi yang dipublikasi dalam the Journal Annals of Allergy, Asthma & Immunology, menunjukkan ada hubungan antara stres dengan timbulnya alergi. Gejala seperti bersin, hidung meler dan mata yang berair dapat meningkatkan stres pada penderita alergi namun ternyata stres ini justru akan memperberat gejala menurut peneliti dari The Nationwide Children?s Hospital and The Ohio Sate University. Studi ini meliputi 179 orang yang mengisi questioner saat gejala stres dan depresi muncul yang bertahan hingga 12 minggu. Para peserta ini juga mencatat tulisan mengenai jenis alergi yang mereka derita serta pada penelitian ini diambil juga sampel ludah untuk menghitung kadar hormon kortisol. Sebanyak 69 peserta melaporkan bahwa gejala alergi mereka meningkat selama studi. Kadar dari hormon kortisol ternyata tidak berhubungan dengan alergi. Namun jelas pada penelitian ini dibuktikan bahwa pada penderita dengan keadaan stres yang tinggi 64% diantara mereka timbul gejala alergi. Jadi, sangat disarankan kita harus lihai mengelola diri untuk dapat mengatasi tekanan yang dialami a [...]

Makan Junkfood Bisa Buat Orang Merasa Tertekan

Makan Junkfood Bisa Buat Orang Merasa Tertekan

Junkfood tidak hanya membahayakan kesehatan fisik seseorang saja. Menurut penelitian, makanan tersebut juga dapat merusak kesehatan mental, sehingga buat orang merasa tertekan.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering memakan hamburger, hotdog, dan pizza memiliki kemungkinan sebesar 51 persen untuk mengalami depresi, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan junkfood.Selain itu penelitian juga menemukan, orang yang secara teratur mengonsumsi junkfood cenderung tidak memiliki pasangan, kurang aktif, merokok dan bekerja lebih dari 45 jam tiap minggunya.Penelitian tersebut melibatkan hampir 9.000 peserta yang tidak pernah didiagnosa menderita depresi. Dalam penelitiannya, para peneliti meminta sebagian kelompok memakan junkfood dan menilainya selama 6 bulan.Hasilnya, ditemukan 493 diantara peserta yang mengonsumsi junkfood didiagnosa menderita depresi atau mulai mengonsumsi obat-obatan anti depresan."Bahkan memakan dalam jumlah kecil terkait dengan kemungkinan secara signifikan untuk mengalami depresi. Asupan makanan jenis ini harus dikontrol karena implikasinya terhadap kesehatan (obesitas, penyakit kardiovaskuler) dan kesejahteraan mental," ujar D [...]

Menyikapi Batuk pada Anak

Menyikapi Batuk pada Anak

Pada saat pergantian musim atau pancaroba, banyak orang yang mengalami batuk. Tidak hanya bagi orang dewasa, batuk pada anak juga dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Yang perlu dipahami, batuk merupakan suatu gejala yang bersifat melindungi bagi tubuh. Batuk merupakan upaya alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru dan aliran udara yang tersumbat. Upaya Mengeluarkan Lendir Selama batuk pada anak tidak mengakibatkan gangguan makan, minum, pernapasan, serta tidak ada suara mengi yang mengiringi, sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Meski sekilas tampak mengganggu, batuk sebenarnya bermanfaat membersihkan dahak atau lendir dari dalam dada maupun bagian belakang tenggorokan. Beberapa penyebab batuk pada anak-anak, antara lain: Flu sering kali memicu reaksi batuk sebagai upaya alami tubuh dalam mengeluarkan lendir dari bagian belakang tenggorokan. Infeksi bakteri atau virus juga dapat memicu batuk yang diiringi dengan sesak napas dan demam. Gejala asma. Ditandai dengan batuk yang terjadi dalam jangka waktu lama, setelah anak berlari-lari atau batuk yang muncul/memburuk pada malam hari. Batuk jenis ini juga sering diiringi suara mengi atau sesak na [...]

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Anda penggila kuliner? Hati-hati Anda dapat mengalami kegagalan ereksi karena akibat paparan diabetes. Kebanyakan makan makanan yang tidak menyehatkan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes, atau akrab dikenal dengan penyakit gula darah. Walau sebagian besar penyandang diabetes, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjalani kehidupan seks yang normal. Namun, diabetes dapat menjadi faktor risiko masalah seks untuk beberapa orang. Masalah yang paling umum ditemukan adalah disfungsi ereksi pada laki-laki (atau impoten) yang menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan ereksi. Baik laki-laki maupun perempuan dapat kehilangan libido ketika kadar gula darah tinggi. Diabetes Mengancam Performa Seks Penurunan aliran darah dan kerusakan saraf pada penis merupakan penyebab disfungsi ereksi utama pada laki-laki dengan diabetes. Biasanya dapat ditemukan keadaan lain yang berkaitan dengan kerusakan saraf atau sirkulasi darah, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi, atau penyakit jantung. ?Celakanya, diabetes itu sulit untuk di deteksi dini. Gejala yang muncul itu, seperti luka susah sembuh, kesemutan, tangan dan kaki bengkak, sering p [...]

Trik Melakukan Perawatan Rambut Kering

Trik Melakukan Perawatan Rambut Kering

Kondisi rambut sangat memengaruhi suasana hati kaum hawa. Ketika memiliki rambut sehat berkilau, para wanita akan merasa cantik dan percaya diri. Namun berbeda jika mereka memiliki rambut kering yang rusak. Ujung rambut yang bercabang, terlihat kusam, dan berbentuk megar bisa merusak mood. Jangan biarkan rambut kering terus-menerus mengganggu penampilan Anda. Atasi segera dengan menjalani perawatan khusus untuk rambut kering. Rambut kering disebabkan oleh kelembapan rambut yang berkurang. Ada dua faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup sehingga membuat rambut kering. Hal itu bisa terjadi karena faktor usia. Makin berumur, rambut Anda akan memproduksi minyak lebih sedikit. Penyebab kedua, karena kutikula, lapisan pelindung rambut, telah rusak. Kutikula rambut yang rusak disebabkan oleh terlalu sering menata rambut dengan pengering rambut atau catok, mengubah tampilan rambut seperti mengeriting, meluruskan, atau mengecatnya. Jika sudah rusak, kutikula akan mengelupas dari rambut sehingga membuat kemampuan kutikula untuk menahan kelembapan rambut terganggu. Ucapkan Selamat Tinggal pada Rambut Kering Sebenarnya memiliki ram [...]

Fakta dan Mitos Seputar Air Minum

Fakta dan Mitos Seputar Air Minum

Air minum adalah kebutuhan penting dalam asupan kita sehari-hari. Menahan lapar tentu akan lebih mudah daripada menahan haus, bukan? Akan tetapi, banyak sekali hal-hal seputar air minum yang saat ini beredar. Sebut saja beberapa diantaranya seperti; "benarkah minum air dingin bisa membuat Anda gemuk?"; atau mitos yang populer beredar diantara penggiat pusat kebugaran: "kalau mau otot yang 'kering' hindari garam." Ketahuilah semua hal itu mitos dan tidak benar adanya. Dalam acara seminar Hidrasi Sehat saat Berolahraga yang berlangsung di Ritz Carlton tanggal 11 Juni 2013, dr. Samuel Oetoro, SpGK mengungkapkan beberapa fakta terkait mitos-mitos yang beredar tentang air minum dan hidrasi. Berikut beberapa diantaranya. Mitos #1: Minum Air Tidak Boleh Dingin Karena Akan Membuat Gemuk Hal ini Hanyalah MITOS dan TIDAK BENAR Suhu air minum setelah masuk ke dalam tubuh akan dihangatkan ataupun didinginkan sesuai dengan suhu sistem pencernaan, sehingga suhu air tidak akan mempengaruhi penyerapan lemak. Akan tetapi apabila sedang berolahraga hindarilah mengkonsumsi air yang terlampau dingin atau yang terlampau panas. Hal ini karena suhu inti tubuh sedang tinggi akibat [...]

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Olahraga lari kini tidak hanya menjadi aktivitas fisik untuk membuat tubuh bugar. Bermula dari didirikannya komunitas IndoRunners pada 2009, lari kini berkembang menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Ajang lomba marathon pun kian marak, sedikitnya ada dua hingga tiga perhelatan marathon yang diadakan setiap minggunya. Mulai dari 5K, 10K hingga 42K."Lomba lari kini sudah menjadi semacam bagian dari gaya hidup atau budaya orang Indonesia," tutur Reza Puspo, pendiri Indo Runners saat konferensi pers 'Road To Nutrilite Health Run 2015' di Bloeming Bar & Resto, fX Center, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2015). Lari memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari melangsingkan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Namun lari merupakan aktivitas fisik berintensitas tinggi yang memerlukan tenaga lebih, ketahanan tubuh yang baik juga meningkatkan detak jantung. Bagi pemula khususnya yang jarang berolahraga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ikut lomba lari.Dokter spesialis kesehatan olahraga DR. (med) Dr. Carmen SY Jahja, Sportmed, menjelaskan saat olahraga akan terjadi peningkatan peran dan fungsi seluruh tubuh. Frekuensi detak jantung bertambah, juga terja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *