Benarkah Makan Roti Bakar Bisa Memicu Kanker?

toastbread420.jpg

Tidak dipungkiri lagi, apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sayangnya ada banyak mitos dan kesalahpahaman antara makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi, dengan yang bisa menimbulkan penyakit. Seperti dikutip dari ABC Australia, ini empat anggapan soal makanan yang belum terbukti benar.

1. Makan Roti Bakar Bisa Sebabkan Kanker
Hal ini bisa saja terjadi, karena beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam roti panggang atau bakar ada hubungannya dengan pemicu kanker. Namun belum ada studi yang menginvestigasi apakah orang yang sering makan roti panggang berisiko lebih tinggi terkena kanker. Sejumlah eksperimen pada tikus pun belum ada yang bisa membuktikan apakah roti panggang benar-benar bisa memicu tumor maupun kanker.

Namun menurut Dr Paul Brent, seorang ilmuwan di Food Standards Australia and New Zealand, memang ada sejumlah senyawa kimia di dalam roti panggang yang berkaitan dengan faktor-faktor penyebab kanker. Maka dari itu sebaiknya jangan makan roti panggang untuk sarapan atau sebagai camilan setiap hari. Roti yang dipanggang atau dibakar sebaiknya jangan terlalu gosong dan ketika sudah gosong, hindari memakan bagian yang menghitam.

2. Makan Terlalu Banyak Gula Menyebabkan Diabetes
Mungkin ya, mungkin tidak. Tapi para ahli mengatakan, ‘tersangka’ diabetes bukan hanya gula. Makanan apapun, jika dikonsumsi berlebihan dan membuat gemuk juga bisa memicu diabetes. Penyakit ini memang disebabkan karena terlalu banyak glukosa di dalam tubuh. Tapi Ian Caterson, profesor dari Human Nutrition di University of Sydney menerangkan, tingginya gula dalam darah tidak selalu disebabkan oleh kebiasaan konsumsi gula berlebihan.

Diabetes juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan menurut Ian, hubungan antara konsumsi gula berlebihan dengan peningkatan risiko diabetes sangat kecil. Fakta yang telah terbukti benar, memakan terlalu banyak makanan bergula akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ketika seseorang kelebihan berat badan, maka dia berisiko tinggi mengidap diabetes tipe 2. Tak hanya itu saja, berlebihan makan junk food dan makanan tak sehat lainnya juga berpotensi menimbulkan diabetes. Tidak semata-mata karena gula.

3. Menelan Permen Karet Bisa Menyumbat Usus
Sangat jarang, tapi bisa saja terjadi. Permen karet tidak dimaksudkan untuk ditelan karena sulit dicerna dan bisa menetap di tubuh. Pada kebanyakan orang, permen karet yang tertelan biasanya tidak menjadi masalah besar karena akan melewati usus dan terbuang lewat buang air besar. Dengan catatan, jika yang tertelan hanya sedikit dan ukurannya kecil. Tapi jika Anda sering dengan sengaja menelan permen karet dalam jangka yang lama, bukan tidak mungkin itu akan berkembang jadi gumpalan yang tidak tercerna dan menetap di dalam usus.

“Jika Anda terus terusan menelan permen karet, gumpalan itu akan menempel dan bisa membesar seperti bola salju,” tutur Dr Nitin Gupta, seorang spesialis kesehatan perut di Sydney’s Children’s Hospital.

4. Rajin Makan Wortel Bisa Sembuhkan Rabun Senja
Mungkin saja, tapi belum banyak penelitian yang bisa membuktikannya. Sebenarnya wortel hanya membantu mengatasi gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kurangnya vitamin A di dalam tubuh. Kekurangan vitamin A bisa memicu rabun senja dan masalah lainnya pada penglihatan. Wortel, juga sayuran lainnya seperti brokoli, ubi, labu kuning dan sayuran berdaun hijau pekat mengandung senyawa kimia yang bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Maka dengan rajin makan sayuran, Anda bisa mengatasi rabun senja yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A, zat besi dan zinc. Namun jika penyebab rabun jauh adalah karena penuaan atau faktor lainnya, maka konsumsi wortel tidak akan banyak membantu.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cedera Otak Michael Schumacher

Cedera Otak Michael Schumacher

Tujuh kali juara Formula Satu, Michael Schumacher dikabarkan koma dan dalam kondisi kritis setelah jatuh dan terbentur batu pada bagian kepala, saat bermain ski di Pegunungan Alpen Perancis, Minggu (29/12). Dari berbagai laporan yang diterima, Direktur M�ribel, resor tempat Schumacher bermain ski, Christophe Gernigon-Lecomte mengatakan Schumacher sempat tersadarkan ketika dibawa ke rumah sakit dengan helikopter medis. Selama proses sadar, dilaporkan Schumacher mengalami disorientasi (kebingungan), hingga kemudian mengalami ketidaksadaran kembali hingga koma saat ini. Pihak militer penjaga keamanan setempat, The French Mountain Gendarmerie mengatakan Schumacher mengenakan pelindung kepala (helm) ketika kecelakaan terjadi. Schumacher sempat dirawat di rumah sakit lokal, kemudian dipindahkan ke rumah sakit di kota Grenoble. Belum ada kabar pasti yang dikeluarkan oleh pihak Sabine Kehm, manajer Schumacher. Demikian yang tertulis dalam surat elektronik yang dikirimkan ke Associated Press dari, ?Kami tidak bisa memberikan penjelasan tentang perkembangan kondisinya. Ia mengenakan helm dan tidak sendirian ketika kecelakaan terjadi,? tulis Kehm. Sementara dari indikasi kesa [...]

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Kebanyakan individu mencapai massa kepadatan tulang pada usia 30 tahun. Setelah itu, Anda akan kehilangan massa tulang lebih banyak dibandingkan yang diperoleh. Apakah Anda akan menderita osteoporosisatau tidak, yaitu suatu kondisi dimana tulang menjadi rapuh, tergantung dari massa tulang yang Anda miliki hingga usia 30 tahun dan seberapa cepat Anda kehilangan massa tulang itu. Semakin banyak ?tabungan? Anda, semakin rendah juga kemungkinan Anda terkena osteoporosis. Apa saja yang mempengaruhi kesehatan tulang? Jumlah kalsium yang Anda konsumsi Diet dengan kalsium yang rendah berkontribusi untuk hilangnya kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang Aktivitas fisik Individu yang aktif secara fisik memiliki risiko yang rendah untuk terjadi osteoporosis. Konsumsi alkohol dan rokok Konsumsi alkohol yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis karena alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium Gender, bobot tubuh dan usia Wanita atau Anda yang memiliki bobot kecil (BMI <19) lebih rentan untuk terjadi osteoporosis Hormon Hormon tiroid yang berlebih dapat menyebabkan hilangnya massa tul [...]

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Pil pelangsing merupakan pilihan yang popular di antara orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah hal tersebut aman dan efektif? Idealnya pil pelangsing hanya diresepkan oleh dokter setelah melalui serangkaian pemeriksaan fisik dan cek kesehatan. Semua orang bisa minum obat pelangsing? TIDAK. Tidak semua orang boleh mengkonsumsinya. Pil pelangsing sendiri diindikasikan untuk mereka yang memilki masalah kesehatan tertentu atau memiliki gangguan sehingga menyebabkan obesitas. Pil pelangsing yang diperoleh atau dibeli dari sumber yang diragukan kebenarannya atau dari online shoptanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, tidak disarankan untuk dikonsumsi. Obat-obatan semacam itu yang tidak melalui uji klinis dan tidak memiliki sumber ilmiah terpercaya dapat merugikan kesehatan dan dapat menimbulkan komplikasi serius seperti kegagalan organ. Bagaimana cara kerja pil pelangsing tersebut? Bagaimana Cara Kerja Pil Pelangsing Tersebut? Mekanisme kerja pil pelangsing bergantung dari formulasi dan bahan aktif yang ada di dalamnya. Namun pada umumnya cara kerjanya adalah: Menekan nafsu makan sehingga Anda merasa lapar Meningkatkan metabolis [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

Tato: Risiko & Cara Merawatnya

Tato: Risiko & Cara Merawatnya

Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Hal yang penting dan perlu Anda ketahui mengenai tato adalah beberapa risiko dan konsekuensi kesehatannya yang ditimbulkan. Pasalnya, jika disepelekan bisa-bisa keselamatan jiwa dan kesehatan tubuh yang terancam. Hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat tato? Berikut paparannya: Ketahui Risiko Tato: Berikut ini adalah beberapa risiko dan konsekuensi membuat tato: Reaksi alergi Pewarna tattoo, terutama warna merah, hijau, kuning dan biru dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit, seperti gatal dan kemerahan. Hal ini dapat berlangsung bahkan bertahun-tahun setelah Anda melakukan tato. Infeksi kulit Infeksi kulit seperti kemerahan, bengkak, nyeri dan bernanah dapat terjadi setelah pembuatan [...]

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa. Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa. Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari: Klik 'next' untuk selanjutnya Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa. Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa. Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari: Klik 'next' untuk selanjutnya Makanan Apakah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur? Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan untuk menu sahur Anda, antara lain Buah dan sayuran Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaa [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

4 Penyebab Meninggal Mendadak

4 Penyebab Meninggal Mendadak

Pasti Anda pernah mendengar berita dimana seorang meningggal mendadak. Kematian mendadak dapat terjadi pada semua orang, baik usia tua maupun muda. Bahkan sosok manusia yang segar bugar sekalipun sekelas atlit, dapat mengalami kematian ketika sedang bertanding, bisa saja terjadi akibat kecelakaan yang tidak diinginkan, atau bahkan oleh kondisi meninggal seketika. Kematian mendadak merupakan kejadian yang dapat terjadi di manapun. Sebanyak 360,000 kematian mendadak terjadi di Amerika Serikat. Penyebab kematian mendadak pada manusia dilatarbelakangi oleh beberapa pemicu dan faktor. Apa saja penyebab kematian mendadak pada manusia? Mari kita lihat satu per satu. Beberapa Penyebab Kematian Mendadak: 1. Kardiomiopati Kardiomiopati adalah sebuah keadaan dimana otot jantung menjadi lebih tebal dan menyebabkan jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah. Kelainan ini merupakan penyebab kematian mendadak yang paling umum pada individu dengan usia dibawah 30 tahun. 2. Kelainan arteri koroner. Arteri koroner dapat saja mengalami hubungan yang tidak normal. Sehingga ketika beraktivitas berat seperti berolah raga, arteri akan terkompres dan tertutup. Hal ini dapat me [...]

Botox untuk Pengobatan

Botox untuk Pengobatan

Botax untuk pengobatan? tentu masih terasa asing bagi kita. Kini Botox tidak hanya digunakan untuk kosmetik saja. Selain untuk migrain kronis, kekakan otot dan kontraksi otot, kini FDA telah meresmikan penggunaan Botox untuk pengobatan kondisi kandung kemih bocor yang disebabkan multiple sclerosis serta cedera tulang belakang. Dimana keadaan akibat multiple sclerosis maupun cedera tulang belakang acapkali memposisikan pasien dalam pengobatan (diuretik) yang membuat kondisi pasien mengalami kesulitan mengendalikan aktivitas berkemih. Perawatan botox melibatkan suntikan obat ke dalam kandung kemih selama cystoscopy. Cystoscopy adalah prosedur medis yang memungkinkan dokter melihat bagian dalam kandung kemih. Kadang-kadang memerlukan anestesi umum. Perlakuan Botox untuk kandung kemih bocor berlangsung sembilan bulan. Dalam dua uji klinis yang terdaftar hampir 700 pasien, Botox menurunkan episode kebocoran urin per minggu. Botox membantu inkontinensia uri dengan membuat membuat aktivitas kandung kemih tahap rendah dan stabil hingga memungkinkan untuk menampung urine dan mengembalikan interval berkemih kembali normal. Walau demikian, penerapan Botox dalam kasus tersebut kerap kali memil [...]

Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?

Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?

Sehabis bangun dari tidur, kadang Anda suka menggertakkan jari bukan? Bahkan ada yang dapat menggertakkan jari pada berbagai sendi tangan dan kaki. Menggertakkan jari menjadi sebuah kebiasaan rutin yang kerap kali dilakukan. Gertakkan ini juga dapat menimbulkan suara yang begitu besar. Namun apakah menggertakkan jari itu berbahaya? Mari kita telusuri tentang kebiasaan yang sangat umum kita temui ini. Mengapa Jari Dapat Menimbulkan Bunyi Saat Diregangkan? Penyebab terjadinya bunyi dan perasaan lega setelah menggertakkan jari masih belum diketahui secara pasti. Ada yang menyatakan bahwa proses ini disebabkan karena tekanan negatif pada sendi dan menyebabkan penghisapan gas nitrogen. Kemudian, apakah dapat berbahaya untuk kesehatan jari? Silakan klik ?next? untuk melanjutkan. Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah? Berdasarkan data kesehatan yang tersedia, sampai sekarang belum dijumpai bahaya jangka panjang dari menggertakkan jari. Namun perlu diingat bahwa menggertakkan jari juga tidaklah mendatangkan keuntungan. Walau bahaya jangka panjang dari kebiasaan ini masih belum terdokumentasi, namun terdapat beberapa keadaan dimana seorang melukai dirinya dengan melakuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *