Benarkah Makan Roti Bakar Bisa Memicu Kanker?

toastbread420.jpg

Tidak dipungkiri lagi, apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sayangnya ada banyak mitos dan kesalahpahaman antara makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi, dengan yang bisa menimbulkan penyakit. Seperti dikutip dari ABC Australia, ini empat anggapan soal makanan yang belum terbukti benar.

1. Makan Roti Bakar Bisa Sebabkan Kanker
Hal ini bisa saja terjadi, karena beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam roti panggang atau bakar ada hubungannya dengan pemicu kanker. Namun belum ada studi yang menginvestigasi apakah orang yang sering makan roti panggang berisiko lebih tinggi terkena kanker. Sejumlah eksperimen pada tikus pun belum ada yang bisa membuktikan apakah roti panggang benar-benar bisa memicu tumor maupun kanker.

Namun menurut Dr Paul Brent, seorang ilmuwan di Food Standards Australia and New Zealand, memang ada sejumlah senyawa kimia di dalam roti panggang yang berkaitan dengan faktor-faktor penyebab kanker. Maka dari itu sebaiknya jangan makan roti panggang untuk sarapan atau sebagai camilan setiap hari. Roti yang dipanggang atau dibakar sebaiknya jangan terlalu gosong dan ketika sudah gosong, hindari memakan bagian yang menghitam.

2. Makan Terlalu Banyak Gula Menyebabkan Diabetes
Mungkin ya, mungkin tidak. Tapi para ahli mengatakan, ‘tersangka’ diabetes bukan hanya gula. Makanan apapun, jika dikonsumsi berlebihan dan membuat gemuk juga bisa memicu diabetes. Penyakit ini memang disebabkan karena terlalu banyak glukosa di dalam tubuh. Tapi Ian Caterson, profesor dari Human Nutrition di University of Sydney menerangkan, tingginya gula dalam darah tidak selalu disebabkan oleh kebiasaan konsumsi gula berlebihan.

Diabetes juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan menurut Ian, hubungan antara konsumsi gula berlebihan dengan peningkatan risiko diabetes sangat kecil. Fakta yang telah terbukti benar, memakan terlalu banyak makanan bergula akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ketika seseorang kelebihan berat badan, maka dia berisiko tinggi mengidap diabetes tipe 2. Tak hanya itu saja, berlebihan makan junk food dan makanan tak sehat lainnya juga berpotensi menimbulkan diabetes. Tidak semata-mata karena gula.

3. Menelan Permen Karet Bisa Menyumbat Usus
Sangat jarang, tapi bisa saja terjadi. Permen karet tidak dimaksudkan untuk ditelan karena sulit dicerna dan bisa menetap di tubuh. Pada kebanyakan orang, permen karet yang tertelan biasanya tidak menjadi masalah besar karena akan melewati usus dan terbuang lewat buang air besar. Dengan catatan, jika yang tertelan hanya sedikit dan ukurannya kecil. Tapi jika Anda sering dengan sengaja menelan permen karet dalam jangka yang lama, bukan tidak mungkin itu akan berkembang jadi gumpalan yang tidak tercerna dan menetap di dalam usus.

“Jika Anda terus terusan menelan permen karet, gumpalan itu akan menempel dan bisa membesar seperti bola salju,” tutur Dr Nitin Gupta, seorang spesialis kesehatan perut di Sydney’s Children’s Hospital.

4. Rajin Makan Wortel Bisa Sembuhkan Rabun Senja
Mungkin saja, tapi belum banyak penelitian yang bisa membuktikannya. Sebenarnya wortel hanya membantu mengatasi gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kurangnya vitamin A di dalam tubuh. Kekurangan vitamin A bisa memicu rabun senja dan masalah lainnya pada penglihatan. Wortel, juga sayuran lainnya seperti brokoli, ubi, labu kuning dan sayuran berdaun hijau pekat mengandung senyawa kimia yang bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Maka dengan rajin makan sayuran, Anda bisa mengatasi rabun senja yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A, zat besi dan zinc. Namun jika penyebab rabun jauh adalah karena penuaan atau faktor lainnya, maka konsumsi wortel tidak akan banyak membantu.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

Cinta dapat datang dalam berbagai bentuk, baik cinta pada pasangan, keluarga ataupun teman-teman Anda. Banyak manfaat yang didapatkan, berdasarkan riset ilmiah, bahwa jatuh cinta dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Simak 5 fakta jatuh cinta berikut ini: Cinta dapat menurunkan tekanan darah Pada sebuah riset yang dilakukan oleh US Department of Health and Human Services, pasangan yang memiliki pernikahan yang bahagia memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang belum menikah, sedangkan pasangan yang memiliki pernikahan tidak bahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan kedua grup. Cinta dapat menurunkan risiko depresi Seringlah tertawa dengan orang yang Anda cintai untuk tetap bahagia dan sehat baik secara mental maupun fisik. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Health and Social Behavior menunjukkan bahwa mereka yang baru saja menikah memiliki skor skala depresi 3,42 poin lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Fakta lainnya jatuh cinta itu menyehatkan: Fakta Medis Lainnya JAtuh Cinta Menyehatkan Love is a natural painkiller Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa [...]

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

Bila Anda menderita wasir, berarti Anda harus lebih menjaga pola makan. Salah langkah bisa memperparah penyakit Anda. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar sistem pencernaan tetap bagus, sehingga sakit pada wasir pun bisa dikendalikan. Berikut ini 6 makanan pantangan untuk penderita wasir yang wajib diketahui: 1. Obat pencahar Obat pencahar memang dapat mencegah sembelit, namun juga memiliki efek yang menyakitkan untuk penderita wasir karena memiliki kandungan asam yang tinggi. 2. Alkohol Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit pada wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari satu atau dua gelas minuman beralkohol. Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: 3. Makanan olahan Makanan olahan seperti junk food memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga dapat mengakibatkan sembelit. 4. Garam Terlalu banyak garam dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan kembu [...]

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

Agar berumur panjang, jantung merupakan salah satu organ yang wajib dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah menghindari beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan. Seperti yang dikutip dari health, berikut 10 kebiasaan yang berpengaruh buruk pada jantung.1. Menonton TVWalau Anda sudah melakukan olahraga teratur, duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. "Olahraga tidak bisa mengimbangi berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk duduk," ujar R. Reynolds HArmony, MD, direktur asosiasi dari Cardiovascular Clinical Research Center New York.Mengapa? Hal ini dikarenakan kurangnya gerakan dapat memengaruhi kadar lemak dan gula. Dr Reynolds menyarankan, jika Anda merasa terlalu banyak duduk saat bekerja di kantor atau menonton TV, usahakan untuk berdiri ketika menerima telepon. Itu akan membantu memperlancar aliran darah.2. Membiarkan StresApakah Anda sering tidak segera menyelesaikan masalah sehingga membuat stres? Jika ya, waspadalah karena hal ini bisa berpengaruh buruk pada jantung Anda. Menurut Dr Reynolds, membiarkan stres berlarut-larut malah membuatnya semakin berbahaya. "Berbicara mengenai masalah Anda dengan seseorang adala [...]

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Sakit kepala dapat terasa di berbagai lokasi kepala. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah sakit kepala bagian depan. Untuk mengatasi dengan tuntas, sebaiknya Anda mencari tahu penyebab sakit kepala bagian depan yang Anda alami. Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala bagian depan, antara lain: Sinusitis Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian depan adalah sinusitis. Gejala lain yang mungkin dirasakan, seperti sakit di sekitar wajah atau gigi. Tidak jarang wajah terasa sakit saat ditekan, terutama di bagian bawah mata atau di samping hidung. Sinusitis akut umumnya dipicu oleh pilek atau alergi, sementara sinusitis kronis biasanya berasal dari sinusitis akut yang tidak ditangani dengan tepat, alergi, ataupun penggunaan obat dekongestan yang berlebihan. Sakit kepala tegang (tension headache) Sakit kepala tegang sering dikeluhkan di kepala bagian depan atau bisa juga pada bagian samping kepala. Saat otot pada kepala dan leher mengencang, kemudian pembuluh darah kepala melebar, saat itulah dirasakan sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang digambarkan sebagaimana sakit saat ditekan atau diremas dengan sangat kencang. Ada kemungkinan rasa sakit berpindah [...]

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Secara tidak sadar kehidupan manusia kini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Inilah bagian pertama dari enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai seperti dikutip dari Daily Mail.1. Merusak mataApakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari anak-anak karena menurut Allon Barsam, konsultan bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Inggris, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Psikolog Dr. Aric Sigman juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmamp [...]

Alergi

Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Tidak demikian halnya dengan orang yang tidak memiliki alergi, alergen tersebut tidak memiliki pengaruh yang bermakna. Pencegahan Hindari pemicu seperti makanan atau obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi alergi walaupun obat atau makanan tersebut hanya menyebabkan reaksi ringan Bila anda memiliki anak dengan alergi terhadap makanan tertentu, perkenalkan makanan yang baru satu persatu agar bisa diketahui mana yang menyebabkan alergi Bila anda pernah memiliki riwayat reaksi alergi yang serius, bawa obat-obatan darurat (seperti difenhidramin <antialergi> dan suntikan epinefrin atau obat sengatan lebah) sesuai dengan anjuran dari dokter Pengobatan Pengobatan alergi pada dasarnya adalah simtomatik atau sesuai dengan gejala. Prinsip yang paling utama adalah proses penghindaran benda-benda yang diperkirakan merupakan sua [...]

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

Bersikap Seperti Pria Buat Wanita Lebih Sehat & Bahagia

Bersikap Seperti Pria Buat Wanita Lebih Sehat & Bahagia

Pria diketahui memiliki pribadi yang santai dan tak pernah takut mencoba sesuatu yang ekstrim. Sebuah studi baru mengungkapkan, melakukan beberapa kebiasaan pria bisa membuat wanita jauh lebih bahagia, langsing dan bahkan sehat. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut sikap dan kebiasaan pria yang bisa Anda lakukan demi dapatkan hidup sehat:1. Bergabung dengan Grup OlahragaKebanyakan wanita yang sadar kesehatan, memilih untuk berolahraga di pusat kebugaran atau di rumah. Sedangkan pria cenderung bergabung dengan komunitas olahraga, seperti sepakbola atau mountain bike. Menurut beberapa pria, acara sosialisasi dalam klub tersebut bantu mereka lebih semangat untuk berolahraga. "Di lapangan (sepakbola), Anda memiliki tujuan yang sama dengan 10 orang lainnya. Hal ini juga membantu Anda menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial dimana Anda diharuskan untuk saling menghormati dan menerima kontribusi orang lain," jelas psikiater Dr Dayal Mirchandani.2. Lupakan Bersih-bersihWanita memandang bahwa rumah bersih dan rapi adalah salah satu tugas utamanya. Sayangnya, wanita menganggapnya terlalu serius. Jadi tak jarang mereka berakhir dengan fisik dan mental lelah akibat terlalu ke [...]

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

Menonton televisi biasanya menjadi alternatif seseorang untuk melepas penat sehabis pulang kantor atau beraktifitas. Tetapi tanpa disadari, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari empat jam, hal itulah yang berbahaya. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini lima alasan mengapa kebiasaan menonton televisi dapat merugikan kesehatan.1. Meningkatkan risiko penyakit jantungBerdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dari 8.800 pria dan wanita Australia (di atas usia 25 dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa menonton televisi dapat meningkatkan risiko kematian seseorang akibat serangan jantung sebesar 18 persen dan kanker sebesar 9 persen. Kesimpulannya, orang yang menonton televisi lebih dari 4 jam memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dalam kurun waktu enam tahun, bila dibandingkan dengan orang yang menonton hanya dua jam tiap harinya.2. Sebabkan ganguan tidurSinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.3. Meningkatkan risik [...]

Madu untuk Sariawan

Madu untuk Sariawan

Madu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaannya cukup luas, dari sebagai bagian bahan masakan sampai dijadikan obat alternatif. Pada jenis madu tertentu terkadang harganya relatif mahal, namun tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap khasiatnya membuat harga tidak begitu dipermasalahkan. Fungsi madu sebagai obat alternatif pada beberapa penyakit kian digandrungi karena juga dianggap tidak mempunyai efek samping. Lalu sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana madu dapat bermanfaat untuk khasiat kesehatan mulut? Berikut penjelasannya: Khasiat Madu Sejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena mataharidan sebagai obat untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka. Sifat madu yang merupakan antiradang dan antiinfeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka, berdasarkan suatu laporan menyatakan bahwa luka dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu. Propol [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *