Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

tumit-sakit-asams-urat.jpg

Pasti Anda sudah akrab dengan kata ?Asam urat?. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti peningkatan produksi asam urat tubuh atau karena penurunan pengeluaran materi ini dari tubuh.

Peningkatan produksi biasanya terkait dengan peningkatan makanan yang tinggi purin. Purin sendiri terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging, atau jeroan.

Peningkatan asam urat akan meningkatkan kemungkinan seorang mengalami berbagai komplikasi akibat asam urat.

Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus.

Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah?

Komplikasi Asam Urat #1: Gout Arthritis

Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi.

Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah.

Gout atau orang awam bilang ?asam urat? adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh.

Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).

Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Komplikasi Asam Urat #2: Batu Ginjal

Peningkatan asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Jika ukurannya kecil, batu ginjal dapat tidak bergejala, namun jika ukurannya besar tentu akan menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan buang air kecil, nyeri pinggang atau menyebabkan infeksi saluran kencing.

Jika batu ginjal tidak ditangani dengan tepat, batu ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan penanganan lebih serius.

Komplikasi Asam Urat #3: Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan tahap akhir dari perjalanan kerusakan ginjal. Salah satu penyebab gagal ginjal terkait asam urat adalah batu ginjal. Batu ginjal yang tidak ditangani dengan tepat menyebabkan penuruan fungsi ginjal secara bertahap, sampai pada akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Apabila gagal ginjal sudah memasuki tahap akhir, maka harus ditangani dengan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis atau cuci darah.

Baca juga:

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Waspada Jika Telinga Berdengung!

Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung Dapat Menyebabkan Radang Otak

Tindakan Awal Ketika Mimisan

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hasil Otopsi Kematian Paul Walker

Hasil Otopsi Kematian Paul Walker

Setelah proses otopsi jenazah Paul Walker (40) dan Roger Rodas (38), kantor kepolisian Los Angeles telah menemukan penyebab resmi kematian korban kecelakaan fatal mobil Porsche Carrera GT yang menewaskan bintang fim Fast & Furious dan sahabatnya tersebut. Dalam pengumuman yang dilakukan pada Rabu (4/12) tersebut, pihak kepolisian setempat telah mengkonfirmasi kematian Roger Rodas disebabkan oleh beberapa luka traumatis. Sementara penyebab kematian Paul Walker adalah dampak kombinasi dari beberapa luka traumatis dengan kondisi luka bakar. Lebih lanjut pihak kepolisian Los Angeles masih menelusuri penyebab pasti dari pemicu kecelakaan. Selain masih dalam proses penyidikan teknis pada mobil korban dan olah TKP, mereka masih menunggu hasil toksikologi. Dimana tes toksikologi biasanya dilakukan guna mencari informasi apakah ada pengaruh obat-obatan ataupun alkohol, tes ini memang umumnya berlangsung sangat lama. Bukan karena keterbatasan teknologi, tetapi karena banyak serangkaian penahapan tes demi tes yang perlu dikonfirmasi melalui penelitian klinis. Paul dan Roger bertolak dari acara amal Reach Out WorldWide pada Sabtu (30/11) dengan menggunakan mobil Porsche Carrera GT. Dimana [...]

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; ?jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh gitu loh,? demikian jelas beliau. Dalam penilaian beliau, media justru memiliki potensi peran penting dalam mendukung edukasi penyelenggaraan KJS, namun disayangkan justru yang muncul justru peran media yang dianggap memiliki kepentingan yang dirasa memberatkan pelaku pelyanan kesehatan; ?belum tentu semua media yang bagus itu bagus untuk media. Namun begitu informasinya jelek, itu adalah good news untuk media,? sampainya. Lebih lanjut, beliau memaparkan bagaimana pentingnya proses edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KJS. ?Satu sisi diinformasikan standar prosedur kemudian bagaimana komunikasi dengan pasien, bagaimana dengan standar IGD. Tapi masyarakat pun juga harus edukasi, ngga bisa ngga. Ya ngga bisa ujuk-ujuk dalam kondisi biasa masuk rumah sakit swasta tanpa premier [...]

Menunda Pekerjaan & Marah-marah Baik untuk Kesehatan

Menunda Pekerjaan & Marah-marah Baik untuk Kesehatan

Punya pola hidup buruk bisa mengganggu kesehatan Anda. Tapi ternyata tidak semua kebiasaan buruk itu berdampak negatif. Dikutip dari Woman?s Day, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan sesekali untuk meningkatkan mood dan kesehatan. Rutinitas buruk seperti apa yang justru menyehatkan?1. Minum Ekstra Kopi Dalam SehariMeminum kopi lebih dari secangkir dalam satu hari tidak dianjurkan. Hal itu bisa membuat tubuh kurang beristirahat. Namun, minum ekstra kopi mampu memperbaiki mood saat Anda membutuhkannya. Sebuah studi dari Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa wanita yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko depresi 15% lebih rendah.?Kafein membantu mengaktifkan zat dopamin dan serotonin yang mengubah suasana hati,? tutur Alberto Ascherio, M.D., seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health. Penelitian terbaru juga mengatakan kalau kopi kaya antioksidan dan senyawa lain yang sehat serta melindungi tubuh dari kanker.2. Berpikiran NegatifPikiran dapat mempengaruhi aktivitas Anda. Penelitian menunjukan bahwa kunci dari kebahagiaan adalah positif thinking. Tapi, sebuah studi baru dalam Jurnal Psikologi Kepribadian [...]

Almond Bisa Kurangi Ketegangan Otot

Almond Bisa Kurangi Ketegangan Otot

Almond merupakan kacang yang cukup populer, untuk mendapatkannya pun sangat mudah. Selain enak, kacang almond juga mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Seperti dikutip dari idiva, Inilah beberapa manfaat dari kacang almond.1. Kacang almond dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seks dan menjadi stimulan seksual. Hal ini karena kacang almond mengandung zat besi, selenium dan vitamin. Kandungan zat besi nya dapat meningkatkan libido dan gairah seksual, sedangkan kandungan gizi dan mineralnya baik untuk kesehatan seksual dan organ reproduksi.2. Jenis kacang ini bukan hanya kaya vitamin, tetapi juga kaya akan kandungan zat besi dan magnesium. Dengan begitu, rambut akan lebih kuat, sehat dan indah. Selain itu, Anda juga tidak akan cepat lelah.3. Anda ingin memiliki tidur yang lelap dan mengurangi ketegangan otot? Konsumsilah kacang almond! Kacang ini memberikan asupan protein yang dapat menjaga kestabilan gula darah saat sedang tidur dan tubuh akan lebih rileks.4. Kacang almond mengandung serat dan sumber baik untuk memperoleh lemak yang sehat. Serat yang terkandung dalam kacang almond berguna untuk menurunkan kolestrol. Selain itu, serat juga dapat membuat Anda [...]

Stres di Masa Kecil Bisa Sebabkan Kanker Kulit Saat Dewasa?

Stres di Masa Kecil Bisa Sebabkan Kanker Kulit Saat Dewasa?

Bisakah hal yang Anda alami dan rasakan saat masih kecil dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kemampuan melawan kanker ketika dewasa? Menurut peneliti, bisa!Ada anggapan yang mengatakan bahwa anak-anak seperti spons, karena mereka dapat menyerap apa saja yang terjadi di lingkungannya. Dan tampaknya, hal itu benar adanya.Menurut penelitian, anak yang mengalami perlakuan buruk, seperti ditelantarkan, diketahui mengalami penurunan kekebalan tubuh ketika dewasa. Dalam sebuah laporan, tubuh mereka mengalami kesulitan melawan kanker kulit.Para ilmuwan di The Ohio State University Wexner Medical Center menerbitkan hasil penelitiannya dalam Archives of General Psychiatry. Penelitian tersebut fokus pada basal cell carcinoma (BCC), bentuk yang cukup jinak dari kanker kulit dan salah satu yang paling umum.Tumor sel basal seringkali berhasil dikalahkan oleh sistem imum dalam tubuh seseorang. Namun penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami stres pada awal kehidupannya mengalami penurunan respon kekebalan tubuh terhadap jenis kanker."Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa pengalaman pertama orang tua bermasalah dan dikombinasikan denganperistiwa hidup yang t [...]

Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Sebagian wanita kurang menyukai keberadaan rambut Miss V karena dianggap bisa mengganggu 'penampilan' saat bercinta dengan pasangan, atau ketika mereka ingin berbikini. Metode penghilangan rambut pun dilakukan, mulai dari mencukurnya (shaving), waxing hingga laser yang hasilnya bisa permanen.Setiap metode penghilangan bulu memiliki kelebihan tersendiri, namun ada pula yang bisa berbahaya bagi kesehatan area genital. Salah dalam penerapannya, bukan menjadi bersih dari rambut kemaluan, Miss V justru bisa terkena iritasi bahkan infeksi.Berdasarkan studi terbaru, menghilangkan rambut dengan cara dicukur atau shaving adalah metode paling berisiko. Keluhan yang muncul terkait dengan penghilangan rambut Miss V banyak terjadi pada wanita yang menggunakan pisau cukur. Meskipun merupakan cara penghilangan rambut yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, shaving juga paling berisiko menyebabkan luka, iritasi hingga penyebaran bakteri. Jika Anda tetap ingin mencukur rambut Miss V dengan pertimbangan karena lebih ekonomis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Andrea Young, pemilik Beam Laser Spa yang berbasis di Manhattan memberikan penjelasannya, seperti dikutip dari Glamo [...]

Agar Gigi Kuat, Rajin-rajinlah Konsumsi 4 Makanan Ini

Agar Gigi Kuat, Rajin-rajinlah Konsumsi 4 Makanan Ini

Rajin sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga agar gigi sehat dan kuat sampai tua. Asupan nutrisi juga penting untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, membuat senyum Anda indah dengan gigi yang putih. Ini dia tips diet seimbang dan kaya gizi untuk gigi sehat, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Gandum UtuhGandum utuh lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti dari tepung putih lainnya. Gandum olahan atau makanan yang mengandung tepung dan juga gula adalah karbohidrat yang difermentasikan sehingga menjadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut. Biasakan mengonsumsi gandum utuh seperti oatmeal, roti gandum, havermut atau sereal secara rutin.2. Buah dan SayuranBuah dan sayur mengandung serat, sehingga diperlukan banyak kunyahan untuk mengolahnya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan produksi air liur untuk perlindungan rongga mulut. Sayuran hijau kaya akan vitamin A dan protein yang menjaga gigi dan tulang selalu dalam kondisi baik.3. Susu dan Produk OlahannyaSusu merupakan sumber penting dari kalsium untuk diet Anda. Disarankan untuk minum minimal 250-500ml susu s [...]

6 Cara Bikin Rumah Sehat

6 Cara Bikin Rumah Sehat

Anda atau anak Anda sering mengalami alergi atau bersin-bersin? Hati-hati, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh karena atmosfer udara di dalam rumah Anda kurang bersih dan sehat. Ketahui tips berikut ini: 1. Ganti pakaian Anda dan mandi setiap kali Anda dari bepergian Meskipun Anda tidak merasa kotor, serbuk bunga, bakteri maupun debu dapat menempel pada rambut dan pakaian Anda dan dapat mengiritasi hidung dan mata Anda. Gantilah pakaian Anda dengan pakaian yang bersih dan cucilah selalu tangan dan kaki Anda setiap kali masuk rumah. 2. Jangan menyiram tanaman berlebihan Hal ini berlaku terutama pada tanaman yang ada di dalam rumah. Penyiraman yang berlebihan dapat berkontribusi pada pertumbuhan lumut dan tumpahan air pada lantai juga akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut. Letakkan batu-batuan di atas tanah dalam pot untuk mencegah lumut mencemari udara. 3. Cucilah sprei dengan air panas setiap minggu Cara terbaik untuk membunuh debu dan parasit, salah satunya adalah dengan mencuci dan merendam sprei serta sarung bantal Anda dengan air panas. 4. Gunakan keset dari serat sintetis Keset yang terbuat dari serat natural seperti rotan atau bambu dapat menjadi "makanan" dari jam [...]

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Cara Meninggikan Badan

Cara Meninggikan Badan

Bagaimanakah cara meninggikan badan? Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah : Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 � 8,5 cm Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 � 8,5 cm Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik). Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang. Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *