Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

tumit-sakit-asams-urat.jpg

Pasti Anda sudah akrab dengan kata ?Asam urat?. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti peningkatan produksi asam urat tubuh atau karena penurunan pengeluaran materi ini dari tubuh.

Peningkatan produksi biasanya terkait dengan peningkatan makanan yang tinggi purin. Purin sendiri terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging, atau jeroan.

Peningkatan asam urat akan meningkatkan kemungkinan seorang mengalami berbagai komplikasi akibat asam urat.

Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus.

Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah?

Komplikasi Asam Urat #1: Gout Arthritis

Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi.

Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah.

Gout atau orang awam bilang ?asam urat? adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh.

Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).

Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Komplikasi Asam Urat #2: Batu Ginjal

Peningkatan asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Jika ukurannya kecil, batu ginjal dapat tidak bergejala, namun jika ukurannya besar tentu akan menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan buang air kecil, nyeri pinggang atau menyebabkan infeksi saluran kencing.

Jika batu ginjal tidak ditangani dengan tepat, batu ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan penanganan lebih serius.

Komplikasi Asam Urat #3: Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan tahap akhir dari perjalanan kerusakan ginjal. Salah satu penyebab gagal ginjal terkait asam urat adalah batu ginjal. Batu ginjal yang tidak ditangani dengan tepat menyebabkan penuruan fungsi ginjal secara bertahap, sampai pada akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Apabila gagal ginjal sudah memasuki tahap akhir, maka harus ditangani dengan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis atau cuci darah.

Baca juga:

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Waspada Jika Telinga Berdengung!

Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung Dapat Menyebabkan Radang Otak

Tindakan Awal Ketika Mimisan

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

Menangani Vagina Gatal

Menangani Vagina Gatal

Gatal pada vagina dapat menjadi gejala infeksi atau penyakit berbahaya. Gatal yang dirasakan pada organ kewanitaan adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan cenderung tidak berbahaya. Namun jika situasi ini berlanjut hingga lebih dari beberapa hari atau disertai gejala lain, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Penyebab di Balik Gatal Gatal pada vagina dapat terjadi karena satu atau kombinasi beberapa penyebab. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendeteksi kondisi yang menyebabkan gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat terjadi. Penggunaan bahan kimia: gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan. Infeksi jamur/kandidiasis vagina: jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental. Vaginosis bakteri: keberadaan bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jah [...]

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Meski memiliki bau dan rasa yang tidak sedap, buah mengkudu banyak dicari oleh masyarakat. Konon sebagai obat tradisional, mengkudu memiliki banyak khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi. Tapi secara medis manfaat buah yang memiliki nama latin morinda citrifolia ini masih diragukan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keabsahannya. Mengkudu adalah sejenis pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan. Sementara itu, mengkudu juga mengandung sejumlah nutrisi-nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat. Ada sebagian masyarakat yang percaya buah ini dapat mengobati berbagai penyakit, antara lain pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit [...]

6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik. Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah. Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut. 6 Solusi Nyeri Punggung Bawah Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik. Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah. Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut. [...]

6 Mitos Seputar Menstruasi

6 Mitos Seputar Menstruasi

Benarkah selama masa haid sebaiknya tidak mencuci rambut dulu? Faktanya adalah salah. Mencuci rambut adalah hal yang kita lakukan dalam menjaga kebersihan kulit kepada dan rambut. Tidak hanya dapat menyehatkan, Anda juga terjauh dari kondisi penyakit kulit kepala dan rambut akibat kuman dan kulit kepala kotor. Mitos lainnya seputar menstruasi masih banyak salah kaprah beredar. Tidak sedikit khalayak yang masih melakukan praktik kesalahkaprahan tersebut. Apa sajakah mitos dan fakta seputar menstruasi yang masih kerap salah paham di masyarakat? Berikut penjelasan selengkapnya: 1. Mitos: Dilarang berolahraga selama menstruasi Fakta: Kecuali Anda mengalami kram parah (dismenorea) atau volume darah menstruasi yang berlebihan (menoragia) yang mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan fisik, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga selama menstruasi. Bahkan, banyak ahli kesehatan merekomendasikan olahraga selama menstruasi untuk membantu mengurangi kram. Fakta dan Mitos Seputar Haid 2. Mitos: Minum obat nyeri haid dapat mengakibatkan rahim kering Fakta: Dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam u [...]

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi. Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit: 1. Sayur dan buah-buahan Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale. 2. Protein Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu. Menu untuk Energi Cepat Pulih 3. Probiotik Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

Jantung Sehat dengan Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Jantung Sehat dengan Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Hampir semua orang tahu bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan. Menurut pakar kesehatan di Eropa, makan dua porsi dalam seminggu bisa cegah penyakit jantung.Sebuah pedoman kesehatan yang disusun oleh European Society of Cardiology dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa seseorang harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu. Salah satunya boleh berupa suplemen, tetapi tetap harus memakan ikan.Memakan ikan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen ikan. Hal ini karena ikan mengandung beberapa gizi lain yang tidak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yang berikan manfaat baik bagi jantung, namun para ahli belum bisa membuktikannya."Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan manusia, apakah ini tentang otak atau kekebalan tubuh. Para pakar profesional memiliki peran penting untuk mendidik masyarakat tentang efek baik dari mengonsumsi ikan sebanyak 1 gram tiap harinya," ujar Philip Calder, ahli gizi dari University of Southampton, Inggris.Walau mengonsumsi suplemen ikan diperbolehkan, tetapi pakar kesehatan menyarankan untuk tetap memakan ikan. Hal tersebut diungkapkan [...]

Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Dua bangsa dua bahasa Di era global dan digital ini, kita sering menemukan anak-anak kecil yang sudah mahir berbicara dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini terkadang membuat kita sangat kagum akan kemampuan mereka. Tentunya bagi orang tua yang memiliki anak pandai berbahasa seperti itu akan merasa sangat bangga. Kalau memperhatikan tuntutan globalisasi yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan dunia yang lebih luas, penguasaan dua bahasa ini memang sangat perlu bagi anak-anak. Tapi tentu saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan orang tua sebelum menggunakan bilingual sejak dini. Itulah yang disebut smart language yaitu kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis. Menurut dr. Rosemini A.P.,MPsi kemampuan ini akan membantu anak untuk bisa memahami informasi atau instruksi yang disampaikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Paul Thompson bahwa otak berkembang mengikuti pola tertentu. Menurut dr Thompson, usia 3-6 tahun yang berkembang adalah otak bagian depan. Usia 6-13 tahun yang berkembang adalah otak bagian belakang, termasuk untuk perkembangan bahasa. Apa artinya ?Jad [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *