Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

tumit-sakit-asams-urat.jpg

Pasti Anda sudah akrab dengan kata ?Asam urat?. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti peningkatan produksi asam urat tubuh atau karena penurunan pengeluaran materi ini dari tubuh.

Peningkatan produksi biasanya terkait dengan peningkatan makanan yang tinggi purin. Purin sendiri terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging, atau jeroan.

Peningkatan asam urat akan meningkatkan kemungkinan seorang mengalami berbagai komplikasi akibat asam urat.

Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus.

Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah?

Komplikasi Asam Urat #1: Gout Arthritis

Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi.

Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah.

Gout atau orang awam bilang ?asam urat? adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh.

Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).

Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Komplikasi Asam Urat #2: Batu Ginjal

Peningkatan asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Jika ukurannya kecil, batu ginjal dapat tidak bergejala, namun jika ukurannya besar tentu akan menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan buang air kecil, nyeri pinggang atau menyebabkan infeksi saluran kencing.

Jika batu ginjal tidak ditangani dengan tepat, batu ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan penanganan lebih serius.

Komplikasi Asam Urat #3: Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan tahap akhir dari perjalanan kerusakan ginjal. Salah satu penyebab gagal ginjal terkait asam urat adalah batu ginjal. Batu ginjal yang tidak ditangani dengan tepat menyebabkan penuruan fungsi ginjal secara bertahap, sampai pada akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Apabila gagal ginjal sudah memasuki tahap akhir, maka harus ditangani dengan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis atau cuci darah.

Baca juga:

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Waspada Jika Telinga Berdengung!

Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung Dapat Menyebabkan Radang Otak

Tindakan Awal Ketika Mimisan

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Spons Dapur

Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Spons Dapur

Bagi sebagian orang, sponge dapur tidak hanya berfungsi untuk mencuci piring atau peralatan makan lainnya. Spons juga digunakan untuk membersihkan tumpahan makanan atau minuman. Tak heran, jika spons merupakan salah satu peralatan dapur yang banyak mengandung bakteri. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut bahaya kesehatan yang mengintai dari balik spons dapur.1. Penuh BakteriMenurut NSF International --organisasi kesehatan publik independen-- salah satu peralatan di dapur yang banyak mengandung bakteri adalah spons pencuci, karena mengandung kuman, ragi dan bakteri 150 kali lebih banyak dari gagang sikat gigi. Secara umum, bakteri yang ada pada spons tidak membuat Anda sakit, tapi beberapa (seperti salmonella dan E. coli) dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. 2. Kontaminasi SilangSpons baru bisa dipakai jika dibasahi oleh air atau cairan pembersih. Kelembaban itulah yang membuat bakteri terus berkembang melalui air. Oleh karena itu, keringkan spons jika Anda selesai memakainya untuk menghindari penyebaran kuman dari spons ke permukaan dapur lainnya.3. Keracunan MakananBiasana bakteri seperti E. coli, staph dan salmonella hidup dan berkembang di dalam spons. Slamone [...]

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau biasa disebut CT scan, muncul pada awal tahun 1970-an. Sejak itu CT scan menjadi alat yang penting untuk pencitraan medis. Lalu apa manfaatnya? CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. Membantu Proses Diagnosis CT scan adalah mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar, cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan CT scan untuk dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti: Melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang. Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah. Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi. Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati. Mencari tahu cedera atau pendarahan internal. Penggunaan CT scan kini juga makin banyak digunakan sebagai pemindaian [...]

Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun dan terserang penyakit. Jangan dulu meminum tablet vitamin atau suplemen tubuh untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dikutip dari Times of India, cara terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan penuh nutrisi penting. Apa saja?1. Bawang PutihSelama berabad-abad, bawang putih telah menjadi komponen penting pada hampir setiap resep makanan. Namun, efek menguntungkan bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan. Kerabat dekat bawang-bawangan ini telah lama digunakan sebagai penguat imunitas karena kandungan nutrisinya, anti-jamur dan antiseptik. Penelitian menunjukkan, jika dimakan mentah, bawang putih mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit pilek, batuk dan infeksi pada dada. Ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber tinggi vitamin (C, B1, dan B6), mineral (fosfat dan zat besi) dan sulfoksida yang dikenal akan kemampuan antibakterinya.2. IkanAsam lemak omega 3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel adalah penguat imunitas penting yang membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Disarankan bagi anak Anda untu [...]

Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Banyak anggapan bahwa tinggal bersama mertua bisa menimbulkan banyak konflik bagi kehidupan rumah tangga. Kini menurut penelitian, tinggal bersama mertua juga berakibat buruk bagi kesehatan wanita.Para ilmuwan mengatakan bahwa wanita memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar terkena penyakit serius seperti jantung ketika mereka tinggal satu atap dengan sang mertua. Hal ini karena sang istri merasa stres.Ketika wanita tinggal bersama mertuanya, mereka merasa tertekan karena harus berperan sebagai anak, ibu, sekaligus pasangan tiap harinya. Rasa stres yang diderita oleh wanita tersebut bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes.Penelitian itu melihat adanya efek dari pengaturan hidup pada hampir 91 ribu pria dan wanita sehat, lebih dari 14 tahun. Hasilnya ditemukan, antara tahun 1990 hingga 2004, 671 dari peserta penelitian didiagnosis mengidap penyakit arteri koroner, 339 meninggal karena penyakit jantung dan 6.255 meninggal karena penyebab lain.Dari hasil penelitian itu, disimpulkan bahwa wanita menikah --terutama yang telah memiliki anak-- yang tinggal dengan mertua atau orang tuanya sendiri memiliki kemungkinan tiga kali terkena penyakit jantung ketimbang mereka yang [...]

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Saus tomat merupakan bumbu penyedap untuk membuat makanan terasa lebih lezat. Bagi beberapa orang kehadiran saus tomat saat makan adalah hal wajib, tapi mungkin belum ada yang seobsesif wanita satu ini.Melissa Ibbitson telah 'kecanduan' saus tomat dan tidak bisa sehari saja absen mengonsumsinya. Setidaknya dalam sehari, wanita berusia 19 tahun ini harus makan saus tomat sebanyak tiga kali. Ia juga selalu menambahkan banyak saus tomat ke dalam setiap makanannya dan tidak akan mau masuk ke restoran yang tidak memiliki banyak stok saus berwarna merah itu. Melissa yang seorang mahasiswa teologi mengaku sudah cukup lama menggemari saus tomat. Namun ia baru mulai ketagihan saus tomat dalam empat tahun belakangan ini dan bisa menghabiskan tiga botol hanya dalam satu minggu. "Aku mulai makan saus tomat saat masih kecil dan pertamakali makan di McDonalds. Aku tidak ingat bagaimana itu bisa jadi semacam obsesi tapi sekarang aku tidak bisa hidup tanpa saus tomat," kata Melissa, seperti dikutip dari Daily Mail.Melissa juga menceritakan kalau teman-temannya kerap merasa malu saat makan bersama dengannya, sebab dia selalu meminta sedikitnya 12 sachet saus tomat untuk satu menu makanan. Wanita [...]

Kepuasan Hidup Melindungi Dari Penyakit Jantung Koroner

Kepuasan Hidup Melindungi Dari Penyakit Jantung Koroner

Sebuah penelitian mengatakan, kepuasan hidup melindungi dari penyakit jantung koroner. Penelitian dilakukan hampir 8000 pegawai negeri di Inggris yang diterbitkan pada European Heart Journal. Depresi dan kecemasan memang telah dikenal sebagai faktor risiko terkena segala penyakit terutama penyakit jantung. Para pegawai negeri sipil yang semuanya anggota Whitehall di Inggris dengan usia rata-rata 49 tahun, diberi pertanyaan sekitar tujuh soal dari kehidupan mereka sehari-hari seperti, hubungan cinta, kegiatan rekreasi, kehidupan keluarga, pekerjaan, seks, pertemanan dan diri sendiri. Mereka diminta untuk menilai kepuasan mereka sendiri dalam setiap soal dari skala 1 (sangat tidak puas) sampai skala 7 (sangat puas). Lalu, diberikan juga peringkat untuk setiap soal dengan memberi skor angka kepuasan rata-rata untuk kehidupan mereka sendiri secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan hidup seseorang lebih tinggi dari rata-rata terkait dengan risiko penyakit jantung koroner dalam keseluruhan. Sebuah perkiraan juga menunjukkan 13 persen orang yang mengidap penyakit jantung koroner terkait dengan ketidakpuasannya dalam empat hal kehidupan yang dimilikinya, y [...]

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kurang tidur bisa merusak kesehatan. Namun ternyata ada fakta yang lebih mengejutkan lagi, kurang tidur juga bisa membunuh Anda.Dikutip dari askmen, semakin hari waktu tidur orang dewasa semakin sedikit. Belum lagi dengan kebiasaan meminum kafein yang membuat Anda sulit tidur nyenyak. Kurang tidur erat kaitannya dengan kelelahan fisik dan mental yang bisa mempercepat kematian. Berikut lima dampak mematikan dari kurang tidur.1. Tewas dalam kecelakaan mobilDiperkirakan terjadi 100 ribu kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk atau tertidur saat mengemudi. Hal tersebut menyebabkan tingkat kematian mencapai 1500 dan korban luka-luka yang tak terhitung tiap tahunnya.2. Tewas di tempat kerjaTidak memiliki waktu tidur yang cukup akan mempengaruhi performa kerja sehingga bisa berdampak pada jenjang karir Anda selanjutnya. Dampak kematian terburuk bisa terjadi jika bekerja dengan alat berat, sebab Anda berisiko membuat diri atau orang lain mengalami kecelakaan kerja yang bisa menyebabkan kematian.3. Tewas karena depresiTidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat And [...]

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyebab kematian anak di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia. Hindari mengabaikan demam pada anak. DBD dapat merenggut nyawanya dalam hitungan hari. Gejala DBD pada Anak Anak yang mengalami kasus ringan DBD umumnya tidak merasakan gejala apapun. Namun pada kasus yang lebih berat, anak dapat mengalami gejala yang umumnya berupa: Demam. Nyeri di bagian belakang mata. Nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Sakit kepala. Mual dan muntah. Selain itu, anak dapat mengalami bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Pada kondisi yang lebih jarang, dapat terjadi pendarahan ringan dari gusi dan hidung. Gejala ini umumnya terjadi pada 4 hingga 10 hari setelah anak tergigit nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Umumnya gejala di atas akan sembuh dalam waktu kurang lebih sepekan. Namun pada situasi tertentu, gejala dapat memburuk dan mengancam nyawa akibat kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumlah trombosit. Situasi ini membawa risiko pendarahan dalam, gangguan pada paru-paru, ginjal, dan jantung serta sakit parah pada bagian perut. Bagaimana Penanganan yang Tepat? Segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami beberapa gejala di ata [...]

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia. Apa itu limfoma? Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi. Apa yang menyebabkan limfoma? Apa yang Menyebabkan Limfoma? Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi. Apa saja gejala limfoma? Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui: � Li [...]

6 Tips Mencegah Wasir

6 Tips Mencegah Wasir

Wasir adalah pembengkakan atau pendarahan di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Wasir bukanlah penyakit serius, namun patut diwaspadai. Karena jika bertambah parah bisa berujung di meja operasi. Beberapa penyebab wasir adalah sakit diare atau sembelit yang mengakibatkan terjadinya penekanan pada anus. Selain itu kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab wasir. Wasir biasanya dialami pula oleh wanita hamil pada 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan beban janin semakin berat sehingga menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Dorongan sedikit saja di bagian anus mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya pecah sehingga terjadi wasir. Untuk pencegahan wasir, Anda dapat lakukan: Cukupi kebutuhan cairan tubuh Cukupi kebutuhan makanan berserat Rutin olahraga Hindari mengejan terlampau kuat saat BAB Bagi wanita hamil, usahakan untuk berbaring selama 20 menit setiap 4 hingga 6 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan. Menjaga berat badan tidak berlebihan. di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Pertolongan Pertama Ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *