Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

hilangkan-komedo-tanpa-sakit.jpg

Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak.Komedo biasanya muncul di wajah dan hidung, terutama pemilik kulit berminyak.

Selain itu, komedo juga disebabkan stres, perubahan hormon, genetik, kulit yang tidak bersih, penggunaan kosmetik, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein.Anda bisa bersihkan komedo tanpa sakit dengan berbagai cara alami.

Berikut cara alami menghilangkan komedo :

1. Tomat
Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area wajah yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lemon
Peras lemon dan ambil sarinya, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat.

3. Pasta gigi
Oleskan sedikit saja pasta gigi pada area berkomedo, gosok perlahan dengan gerakan melingkar, diamkan selama 25 menit dan cuci wajah secara perlahan dengan air hangat. Ulangi langkah ini selama sekitar dua minggu agar bebas komedo.

4. Madu
Madu pun memiliki khasiat antiseptik yang efektif membantu mengatasi kulit berminyak dan komedo. Cukup oleskan madu pada area berkomedo dan bilas wajah dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.

5. Baking soda
Campurkan baking soda dan air, lalu oleskan di area wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat.

6. Oatmeal dan yoghurt
Cukup campurkan dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yogurt. Tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun, aduk hingga kental dan tercampur rata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 ? 15 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin.

7. Telur
Pecahkan 1 ? 2 buah telur, ambil putih telurnya dan campurkan dengan satu sendok the madu. Oleskan campuran pada area berbentuk angka 8 di tempat komedo bersarang pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Kayumanis Bubuk & Sari Jeruk Nipis
Campuran bubuk kayumanis dan sari jeruk nipis ini bertujuan untuk membentuk olesan pekat yang kemudian diaplikasikan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama semalam sebelum membasuh wajah dengan air hangat saat bangun di pagi hari.

Selamat mencoba menghilangkan komedo dan tampil lebih percaya diri.

(PA)

Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ruam Kulit, Kenali Penyebabnya

Ruam Kulit, Kenali Penyebabnya

Ruam kulit dapat muncul pada bagian dalam kulit yang terlipat. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis insertigo, dan area yang paling sering mengalaminya adalah ketiak, bagian di bawah payudara, bagian kelamin dan lipatan pada tumpukan lemak di perut. Gejala terjadinya dermatitis insertigo, biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah atau merah kecokelatan disertai dengan timbulnya rasa gatal dan bau kurang sedap. Kulit pun dapat menjadi kasar dan terpecah-pecah. Penyebab dermatitis insertigoDermatitis insertigo dapat muncul, karena adanya lipatan kulit yang saling bergesekan dan adanya permukaan lembab kulit dan terperangkap di antara lipatan tersebut. Pada bayi, dermatitis insertigo biasanya muncul dalam bentuk ruam akibat popok. Beberapa area lain, tempat dermatitis insertigo muncul adalah di antara jari kaki, pada paha bagian dalam, selangkangan, lipatan leher hingga di antara pantat. Jika muncul ruam kemerahan pada area-area yang sudah disebutkan, sebaiknya periksakan diri pada dokter, untuk mendapatkan resep pengobatan dan perawatan kulit yang tepat. Gesekan yang terjadi di antara kulit-kulit yang berlipat ini dapat diperburuk oleh banyak faktor, seperti adanya kondisi kul [...]

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Bila ditanya hal apa yang paling ditakuti para wanita, mungkin salah satu jawaban terbanyak adalah jerawat, selain kegemukan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu ini. Sebenarnya cara yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Untuk jerawat yang membandel, baru bisa Anda lakukan tindakan yang lebih serius yaitu dengan cara terapi. Perubahan Gaya Hidup Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bebas jerawat. Apa saja? Tidur Lebih Banyak Menurut penelitian salah satu cara mengatasi jerawat adalah dengan tidur lebih banyak. Kenapa? Karena setiap kali anda mengurangi satu jam dari kebutuhan tidur Anda, maka Anda akan meningkatkan risiko dari stres psikologikal sebanyak 14%. Pastinya Anda bingung apa hubungannya stres psikologikal dengan cara mengatasi jerawat? Jawabannya mudah yaitu stres akan meningkatkan produksi glukokortikoid yang bisa menyebabkan abnormalitas pada struktur kulit dan fungsi kulit, dan hal itu bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Gantilah Diet Anda Cara mengatasi jerawat lainnya adalah dengan mengganti diet Anda. Beberapa m [...]

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Ingin mendapatkan kulit wajah yang halus dan kenyal? Suntik kolagen mungkin bisa jadi solusinya. Suntikan kolagen akan membuat kulit Anda lebih halus dan juga lembut. Meskipun kolagen termasuk filler yang terkenal, namun ada banyak zat lain yang dokter dapat digunakan untuk memadatkan kulit Anda, termasuk lemak dari tubuh Anda sendiri dan bahan sintetis. Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan yang lebih rinci mengenai bagaimana cara kerja kolagen. Cara kerja kolagen Untuk memahami kolagen, terlebih dahulu Anda harus memahami kulit Anda. Kulit terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis, dan jaringan subkutan (hipodermis). Lapisan atas-paling, yang dikenal sebagai epidermis, mengontrol hilangnya air dari sel-sel dan jaringan. Tanpa pelindung ini, tubuh akan cepat mengalami dehidrasi. Tepat di bawah epidermis terletak lapisan kedua, dermis. Dermis, meskipun mengandung pembuluh darah, saraf, dan folikel rambut, terutama terdiri dari protein yang disebut "kolagen." Protein ini membentuk jaringan serat yang menyediakan kerangka kerja bagi pertumbuhan sel dan pembuluh darah. Karena merupakan komponen utama dari dermis, kolagen bertindak sebagai struktur dukungan untuk kulit. Hipode [...]

Pemotongan Tulang Rahang, Rahasia Cantik Wanita Korea

Pemotongan Tulang Rahang, Rahasia Cantik Wanita Korea

Operasi plastik di Korea Selatan bukan hal yang asing, baik bagi wanita dan pria. Selain operasi plastik untuk hidung, operasi lain yang diminati adalah pemotongan tulang rahang. Lantas, apa tujuan operasi pemotongan rahang (ortognatik surgery)? Selain tujuan estetik, rupanya ada tujuan medis yang dapat diperoleh dari operasi tersebut yaitu mengembalikan fungsi kunyah. ?Misalnya fungsi kunyah gigi belakang yang bawah terlalu lebar daripada gigi atas. Setelah itu, gigi bawah bagian depan terlalu maju ke depan,? ungkap drg. Harsoyo Brotowijoyo, Sp.BM., dokter gigi spesialis bedah mulut dari RS Antam Medika Pulo Gadung, Jakarta. Hal tersebut bisa dikembalikan menjadi normal dengan cara gigi dan rahang dimundurkan ke belakang atau sebaliknya. ?Sehingga didapatkan relasi yang bagus antara gigi atas dan bawah. Pasien pun dapat mengunyah dan menggigit makanan dengan baik.? Lebih lanjut drg. Harsoyo juga menjelaskan bahwa proses operasi pemotongan rahang dibagi menjadi dua, yaitu Operasi pemotongan rahang bawah menggunakan teknik sagital split yaitu dengan cara dimundurkan ke belakang atau dimajukan. Sebelum operasi, pasien dibius umum lalu gusinya dibuka dengan menggunakan pisau dari ra [...]

Agar Tumit Pecah-Pecah Kembali Lembut

Agar Tumit Pecah-Pecah Kembali Lembut

Kulit pada bagian tumit cenderung lebih kering daripada kulit di bagian tubuh lain karena kaki sering terekspos permukaan yang keras dan kasar. Akan tetapi, penyebab utama tumit yang pecah-pecah adalah dehidrasi atau kekeringan pada kulit. Diabetes dan obesitas pun dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Tidak hanya masalah medis, kebiasaan mengenakan sandal yang membuat kulit kaki terbuka dan terkena debu, kerikil, hingga batu juga merusak kulit kaki. Demikian pula pemakaian sepatu yang tidak pas dengan ukuran kaki, sabun yang berbahan kimia keras, sering terkena air yang terlalu panas, atau udara yang kering pun bisa membuat tumit pecah-pecah. Ada berbagai produk di pasaran untuk melembutkan tumit yang pecah-pecah. Nah, pastikan produk yang Anda pilih untuk melembutkan tumit yang pecah-pecah mengandung bahan-bahan berikut ini: Alpha hidroxy acids atau beta hidroxy acids dalam jumlah ringan akan membantu pengelupasan kulit mati dan pembentukan kulit baru. Urea yang diambil dari urine hewan seperti kuda dan telah melalui proses sintesis sehingga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Dimethicone adalah bahan tambahan di dalam lotion dan conditioner rambut yang bertekstur licin [...]

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Timbulnya garis halus atau kerutan di sekitar mulut merupakan kondisi yang disebut sebagai nasolabial folds. Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di sekitar mulut ini akan tampak semakin jelas. Penyebabnya adalah karena adanya ligamen di sekitar mulut dan dagu yang menggelambir dan melonggar, membuat jaringan lemak di pipi mulai kehilangan kekencangannya. Kerutan di sekitar mulut ini biasanya terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua atau saudara yang lebih tua mengalaminya, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama, begitu menurut Elie Levine, MD, ahli bedah plastik New York. Hilangnya kolagen dan elastin meninggalkan kulit dengan garis-garis pada kulit, yang juga muncul di sekitar mulut. Penyebab lainnya adalah kebiasaan merokok, peningkatan berat badan dan paparan sinar matahari secara terus-menerus. Memasuki usia 30 tahunan dan 40 tahunan, cegah munculnya kerutan di sekitar bibir dengan melakukan perawatan hyaluronic acid yang berlangsung selama 12 hingga 18 bulan. Perawatan ini dapat membantu menunda munculnya kerutan di sekitar bibir. Perawatan jenis filler ini membantu mendorong dan menopang lipatan sehingga tidak membentuk kerutan di wajah, teruta [...]

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh? yuk kita bahas penjelasannya dibawah ini.Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus dan kenyal tentunya keinginan semua orang. Namun, ada saja hal-hal yang membuat kulit kita kehilangan kecantikannya.Faktor usia disebut-sebut menjadi penyebab perubahan pada kulit wajah, seperti hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, perubahan warna kulit, timbulnya garis-garis halus, bintik-bintik coklat, kulit kendur serta keriput, juga membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Namun, selain faktor usia, ada berbagai faktor lainnya yang membuat kulit wajah memiliki kualitas yang buruk, di antaranya polusi, paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya (UV), diet tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak serta kurang mendapatkan istirahat. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara mencerahkan wajah secara alami Anda: Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami 1.Lemon Lemon dapat membantu meremajakan kulit, serta mengurangi bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Selain [...]

Waxing atau Cukur, Mana yang Lebih Baik?

Waxing atau Cukur, Mana yang Lebih Baik?

Meski terlihat sepele, rambut halus atau bulu kaki bisa dibilang mengganggu penampilan. Nah, ada dua metode yang bisa dipilih untuk menghilangkan rambut halus di kaki yaitu mencabutnya dengan waxing, serta mencukur bulu kaki menggunakan pisau cukur. Saat Anda mencukur kaki, Anda hanya perlu membasahi kaki, lalu mengoleskan krim, mencukur, dan membilas bulu kaki di kamar mandi. Sementara bila memillih waxing, Anda harus memanaskan wax hingga dicairkan, lalu dioleskan ke area kaki. Tunggu hingga lapisan wax mengeras, setelah itu cabut dengan kertas waxing. Dari segi waktu, kedua cara menghilangkan bulu kaki tersebut sama-sama bersifat sementara. Artinya, bulu kaki tersebut akan tumbuh kembali. Bedanya, bila Anda memilih waxing, bulu kaki baru tumbuh sekitar 3 ? 9 minggu. Tapi, Anda pun harus menunggu bulu tumbuh sekitar 0,5 sentimeter bila ingin waxing kembali. Sementara bila dicukur, bulu kaki dapat kembali tumbuh dalam waktu 3 hari. Dari segi biaya, otomatis mencukur bulu kaki lebih hemat dibandingkan waxing. Tapi, metode waxing membutuhkan biaya lebih besar, terutama bila dilakukan di salon khusus waxing. Tentu saja, baik waxing maupun bercukur memiliki risiko. Mencukur bulu kaki [...]

Bahaya Pedikur dan Manikur

Bahaya Pedikur dan Manikur

Demi menjaga kecantikan kulit, wanita rela melakukan segala hal. Perawatan muka, tangan, dan kaki pun tak lupa menjadi rutinitas wajib bagi wanita. Pedikur dan manikur adalah contohnya. Sayangnya perawatan kuku tangan dan kaki ini dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Penelitian asal Columbia University's Department of Dermatology menyatakan bahwa perawatan kecantikan kuku ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan jika dilakukan dengan cara yang salah dan kurang hati-hati. Berbagai penyakit kuku seperti paronychia, onycholysis, dan kuku rapuh dapat saja mengintai kuku indah Anda. Tak hanya itu, pelaksanaan manikur dan pedikur yang salah mampu memicu timbulnya alergi, infeksi bakteri, dan kutil. Dalam kasus berat, kesalahan pedikur dan manikur justru dapat menyebabkan hepatitis dan HIV. Ada pula perawatan pedikur dan manikur yang menggunakan sinar ultraviolet yang membahayakan kesehatan penggunanya. Sinar ultraviolet mampu memicu timbulnya kanker. Penggunaan sinar ini biasanya untuk menguatkan kuku dan memudahkan pemasangan kuku palsu. Seorang ahli dermatologi dari University of Texas, Deborah MacFarlane mengatakan penggunaan sinar UV yang [...]

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Setiap orang pasti pernah mengalami permasalahan bibir kering. Perokok dan orang-orang dengan kulit yang cenderung kering, kerap kali mengalami bibir kering sepanjang tahun. Bagaimana cara mengatasinya? Ulasan berikut dapat membantu Anda terbebas dari permasalahan bibir kering : Dehidrasi adalah penyebab utama terjadinya bibir pecah-pecah. Untuk menghindarinya, konsumsilah 2-3 liter air per hari ( 8 gelas per hari ) Konsumsi sayuran hijau, wortel, aneka biji-bijian(sereal), dan tomat. Vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat membantu pemulihan kulit yang rusak. Usaplah bibir Anda dengan minyak kelapa secara teratur Gosokkan mentimun pada bibir Anda. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah Mengusapkan madu pada bibir adalah cara yang baik untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Ketika bibir kembali kering, usapkan vaselin pada mulut. Setelah 15 menit, bersihkan bibir Anda. Lakukan cara ini dua kali sehari. Gunakan lidah buaya pada bibir Anda. Lidah buaya dipercaya dapat menyembuhkan kulit yang rusak. Oleskan pelembab bibir sebelum tidur malam. Jika bibir pecah-pecah Anda disertai pendarahan dan pembengkakan, segera konsultasikan dengan dokter. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *