Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

hilangkan-komedo-tanpa-sakit.jpg

Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak.Komedo biasanya muncul di wajah dan hidung, terutama pemilik kulit berminyak.

Selain itu, komedo juga disebabkan stres, perubahan hormon, genetik, kulit yang tidak bersih, penggunaan kosmetik, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein.Anda bisa bersihkan komedo tanpa sakit dengan berbagai cara alami.

Berikut cara alami menghilangkan komedo :

1. Tomat
Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area wajah yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lemon
Peras lemon dan ambil sarinya, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat.

3. Pasta gigi
Oleskan sedikit saja pasta gigi pada area berkomedo, gosok perlahan dengan gerakan melingkar, diamkan selama 25 menit dan cuci wajah secara perlahan dengan air hangat. Ulangi langkah ini selama sekitar dua minggu agar bebas komedo.

4. Madu
Madu pun memiliki khasiat antiseptik yang efektif membantu mengatasi kulit berminyak dan komedo. Cukup oleskan madu pada area berkomedo dan bilas wajah dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.

5. Baking soda
Campurkan baking soda dan air, lalu oleskan di area wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat.

6. Oatmeal dan yoghurt
Cukup campurkan dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yogurt. Tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun, aduk hingga kental dan tercampur rata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 ? 15 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin.

7. Telur
Pecahkan 1 ? 2 buah telur, ambil putih telurnya dan campurkan dengan satu sendok the madu. Oleskan campuran pada area berbentuk angka 8 di tempat komedo bersarang pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Kayumanis Bubuk & Sari Jeruk Nipis
Campuran bubuk kayumanis dan sari jeruk nipis ini bertujuan untuk membentuk olesan pekat yang kemudian diaplikasikan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama semalam sebelum membasuh wajah dengan air hangat saat bangun di pagi hari.

Selamat mencoba menghilangkan komedo dan tampil lebih percaya diri.

(PA)

Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Kehamilan merupakan hal yang paling menyenangkan bagi seorang ibu. Dalam waktu sembilan bulan ke depan, Anda akan merasakan hal-hal yang menarik selama kehamilan. Akan tetapi, berbagai penyakitatau hal-hal yang tidak diinginkan bisa muncul mengganggu kehamilan Anda, salah satunya Stretchmark. Streatchmark atau guratan adalah garis-garis linear yang muncul pada kulit yang membesar (hamil/obesitas) yang membentuk garis-garis lurus pada kulit. Awalnya garis tersebut berwarna merah, merah muda, ungu atau kecoklatan dan semakin lama garis tersebut berwarna putih atau keabu-abuan. Guratan dengan nama medis Striae Distensae tersebut dapat menimbulkan gatal di area yang nantinya timbul garis-garis ini, yang biasanya muncul pada daerah ketiak, dada, perut, paha atau selangkangan. Stretchmark biasanya timbul pada kehamilan yang mengalami obesitas, dimana ibu hamil tidak dapat mengontrol nafsu makan selama kehamilannya. Kenaikan berat badan yang berlebihan dan cepat adalah salah satu faktor yang paling umum menyebabkan stretchmark. Stretchmark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah [...]

Cara Atasi Jerawat di Usia Dewasa

Cara Atasi Jerawat di Usia Dewasa

Jerawat biasanya ?tumbuh subur? saat usia remaja atau menjalani masa puber. Lantas mengapa jerawat masih ?betah tinggal? saat usia Anda sudah melewati kepala dua? Penyebab jerawat adalah wajah berminyak, bakteri, perubahan hormon akibat kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok, dan faktor keturunan. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat dewasa adalah stres dan makanan seperti cokelat, gula, dan makanan berlemak. Pada dasarnya, terdapat dua jenis jerawat pada orang dewasa. Yaitu:1. Komedo. Komedo terbentuk di bawah permukaan kulit saat minyak (sebum) bereaksi dengan udara di sebagian pori-pori wajah yang tersumbat. Saat pori-pori tersumbat seluruhnya, timbullah komedo. Komedo bisa diatasi dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah. Pakai air hangat dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Selain itu, batasi penggunaan make-up yang berlebihan karena bisa menyumbat pori-pori. Bila ingin berdandan, pilihlah jenis make-up bebas minyak, mengandung tabir matahari (sunblock), serta tidak memicu timbulnya jerawat maupun komedo. 2. Jerawat meradang atau jerawat batu. Pada jerawat batu, folikel kulit tersumbat sangat dalam di bawah permukaan kulit. Jerawat [...]

5 Penyebab Jerawat Yang Tidak Anda Sangka

5 Penyebab Jerawat Yang Tidak Anda Sangka

Jerawat adalah masalah yang cukup bikin resah banyak orang. Rasa percaya diri bisa drop lantaran tiba-tiba muncul jerawat nakal. Berbagai obat jerawat mungkiin sudah sering Anda coba. Tapi hasilnya? Nihil. Nah, sebelum wajah Anda menjadi tempat eksperimen berbagai produk obat jerawat, coba cari tahu apa penyebab jerawat. Jangan-jangan pemicunya karena kebiasaan Anda sehari-hari. Anda mungkin sudah tahu bahwa ada beberapa penyebab di balik munculnya jerawat yaitu bakteri kulit yang disebut P. acnes; kelenjar minyak yang terlalu aktif dan pori-pori tertutup oleh sel-sel kulit mati. Demikian menurut dermatolog Bruce Katz, MD, direktur Juva Skin & Laser Center di Manhattan. Tapi apa yang mengudang bakteri dan kotoran itu mampir di kulit kita? Seringkali kita menyalahkan pola makan dan stres sebagai penyebabnya. Bukannya itu salah, tapi masih ada penyebab lain yang tidak selama ini tidak kita sangka, lho. Karena selama ini kita tidak tahu, jangan heran jika jerawat terus bermunculan meski pola makan sudah baik dan hati juga gembira. Simak lima faktor pemicu jerawat di bawah ini. 1. Ponsel Terlalu banyak menelepon bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah bagian samping dekat telinga. [...]

Jenis Teh yang Baik Untuk Kulit

Jenis Teh yang Baik Untuk Kulit

Anda sudah tahu bahwa minum teh baik untuk kesehatan. Tapi apakah Anda tahu teh mana saja yang juga baik untuk kulit? Teh, karena kandungan polifenolnya (senyawa bersifat antioksidan) dapat membantu kulit tetap lembap, mengurangi efek ultraviolet dan meredakan peradangan.Manfaat teh bisa didapat dengan cara meminumnya dan mengaplikasikan kosmetik yang mengandung beberapa jenis teh. Inilah jenis teh yang direkomendasikan para ahli dan terbukti bermanfaat untuk kulit Teh hijau Terlalu banyak terpapar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan keriput dini.Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau benar-benar dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit (meskipun Anda masih harus memakai SPF 30 setiap hari). Catechin (antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel) dalam teh hijau dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penuaan, serta melindungi kulit terhadap efek sinar matahari yang membakar kulit serta mengurangi risiko kerusakan jangka panjang karena sinar UV. "Radikal bebas berkembang dalam tubuh sebagai akibat dari paparan sinar UV yang berlebihan. Ini dapat menjadi malapetaka bagi sel-sel kulit yang sehat," kata Adinda Grigore, penulis buku The Cleanse Skin dan p [...]

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasi kulit kering ? Tinggal di daerah tropis membuat kulit wanita Indonesia kebanyakan menjadi sangat kering. Kulit kering dapat menjadi gatal hingga terkelupas. Kulit yang kering dan dehidrasi juga dapat terasa sangat tidak nyaman.Cara mengatasi kulit kering, tidak hanya perawatan kulit yang perlu diutamakan, namun juga bagaimana kondisi udara di sekitar, kebersihan kulit, serta pakaian yang dikenakan. Berikut 6 cara mengatasi kulit kering dengan mudah : 1. Hindari air yang terlalu panas untuk mandi. Pertahankan suhu air tetap hangat karena air yang terlalu panas walaupun nyaman dapat membuat kulit semakin kering. Air panas menghambat minyak alami kulit untuk keluar. Jangan mandi pada air yang terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama, maksimal 5 hingga 10 menit saja. Cara mengatasi kulit kering ini mudah untuk dilakukan. 2. Sabuni tubuh dengan sabun yang bebas pewangi. Produk kecantikan dengan deodoran tambahan dapat mengakibatkan efek buruk pada kulit. Carilah jenis sabun yang mengandung ceramides, yang bermanfaat menahan kelembaban kulit. Jangan terlalu banyak mengenakan produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jangan melakukan scrubbing terlalu keras [...]

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat, biasanya menjadi pilihan pertama sebelum menjalani pengobatan dan perawatan di dokter spesialis kulit. Selain tak perlu merogoh kocek terlalu banyak, cara alami tentu lebih aman bagi kesehatan kulit. Umumnya, jerawat timbul disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Pada dasarnya minyak berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, jika produksinya secara berlebihan akan menyebabkan sumbatan dan akhirnya terbentuknya pimple, yaitu pembengkakan kecil pada kulit yang berisi nanah atau komedo. Jerawat biasanya disebabkan oleh wajah yang berminyak, bakteri, perubahan hormon yang diakibatkan oleh kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok serta faktor keturunan. Namun, beberapa faktor lain seperti stres dan makanan seperti cokelat, gula dan makanan berlemak juga seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Namun, Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Nah, berikut ini adalah cara alami yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi jerawat: 1.Perbanyak konsumsi air Cara paling mudah dan baik untuk mengatasi jerawat adalah dengan meningkatkan asupan [...]

3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Putih

3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Putih

Memiliki kulit putih bersih bak artis-artis Korea menjadi impian banyak wanita. Mengikuti selera pasar, berbagai teknologi untuk membuat kulit cokelat menjadi putih pun bermunculan dan terus mengalami perkembangan seiring zaman. Kini, mengubah warna kulit tidak lagi sulit, cukup dengan melakukan suntik putih. Meski sudah banyak efek negatif dari suntikan ini, masih saja banyak wanita yang tergoda dengan iming-iming kulit putih ini. Agar tidak jadi korban tren, sebaiknya Anda tahu lebih jelas tiga hal ini sebelum Anda melakukan suntik putih. Kandungan suntik putih Di dalam suntikan putih, terdapat kandungan glutathione, antioksidan alami yang memiliki fungsi asli sebagai pemblokir dari obat-obatan chemotherapeutic untuk melawan berbagai jenis kanker. Selain glutathione, suntikan pemutih juga mengandung vitamin C serta berbagai jenis mineral lainnya yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, untuk melengkapi prosedur pemutihan kulit, suntikan saja tidak cukup, diperlukan tambahan perawatan dalam bentuk pil, terapi laser dan pemakaian krim pemutih. Cara kerja suntik putih Suntikan pemutih ini bekerja dengan cara memecah produksi melanin di dalam tubuh. Produksi melanin yang dihalangi ini [...]

Bisul dan Fakta-Faktanya

Bisul dan Fakta-Faktanya

Banyak orang pasti pernah mengalami yang namanya bisulan, baik orang dewasa, orang lanjut usia, anak-anak bahkan bayi sekalipun. Bisul adalah peradangan di kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya bisul dimulai dengan bengkak kemerahan pada suatu lokasi di salah satu anggota tubuh. Bisul akan menjadi keras tetapi lunak di tengahnya karena terisi sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein ini disebut nanah. Pada beberapa orang, bisul bisa menyerang beberapa kali pada anggota tubuh yang sama. Beberapa fakta tentang bisul pun berkembang di masyarakat, di antaranya: ? Bisul atau abses kulit adalah sekumpulan nanah yang terbentuk di bawah kulit. ? Antibiotik saja tidak cukup untuk mengobati bisul. ? Jika bisul masih berbentuk lembut dan sudah matang, Anda dapat memecahkannya untuk membuat bisul tidak berkembang lebih besar. ? Bisul bukanlah penyakit menular. Namun, bakteri yang ada di dalam bisul bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan berkembang menjadi bisul lagi. ? Kebanyakan bisul dapat sembuh dan hilang sendiri dengan melakukan perawatan di rumah. ? Jika mengalami demam dalam jangka panjang akibat bisul, Anda b [...]

Pemotongan Tulang Rahang, Rahasia Cantik Wanita Korea

Pemotongan Tulang Rahang, Rahasia Cantik Wanita Korea

Operasi plastik di Korea Selatan bukan hal yang asing, baik bagi wanita dan pria. Selain operasi plastik untuk hidung, operasi lain yang diminati adalah pemotongan tulang rahang. Lantas, apa tujuan operasi pemotongan rahang (ortognatik surgery)? Selain tujuan estetik, rupanya ada tujuan medis yang dapat diperoleh dari operasi tersebut yaitu mengembalikan fungsi kunyah. ?Misalnya fungsi kunyah gigi belakang yang bawah terlalu lebar daripada gigi atas. Setelah itu, gigi bawah bagian depan terlalu maju ke depan,? ungkap drg. Harsoyo Brotowijoyo, Sp.BM., dokter gigi spesialis bedah mulut dari RS Antam Medika Pulo Gadung, Jakarta. Hal tersebut bisa dikembalikan menjadi normal dengan cara gigi dan rahang dimundurkan ke belakang atau sebaliknya. ?Sehingga didapatkan relasi yang bagus antara gigi atas dan bawah. Pasien pun dapat mengunyah dan menggigit makanan dengan baik.? Lebih lanjut drg. Harsoyo juga menjelaskan bahwa proses operasi pemotongan rahang dibagi menjadi dua, yaitu Operasi pemotongan rahang bawah menggunakan teknik sagital split yaitu dengan cara dimundurkan ke belakang atau dimajukan. Sebelum operasi, pasien dibius umum lalu gusinya dibuka dengan menggunakan pisau dari ra [...]

Merawat Kulit Kering Lewat Puasa

Merawat Kulit Kering Lewat Puasa

Kulit kering bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah karena lingkungan dan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Nah, puasa adalah saat nya bagi tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi alami. Tidak hanya membersihkan pencernaan, detoksifikasi dan pembersihan tubuh ini juga mengikutsertakan pengembalian kelembapan alami dan kemurnian kulit. Saat tubuh menjalani puasa dan berhenti mencerna makanan selama beberapa lama, tubuh menjadi terfokus menjalani proses pemurnian tubuh yang lain yang selama ini terabaikan, atau menjadi lebih lambat. Kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri pun semakin diperbaiki, terutama pada kulit yang terdapat bekas luka maupun jerawat. Kondisi kulit yang cenderung kering dapat membaik karena puasa. Kulit yang kering dan berminyak rentan mengalami jerawat maupun kondisi kulit seperti eczema. Kedua kondisi kulit ini dapat diperbaiki dengan berpuasa. Selain itu, puasa juga dapat membantu Anda mengatasi kecanduan tertentu pada alkohol, kafein maupun nikotin yang terkandung dalam rokok dan menjadi pemicu timbulnya jerawat. Saat pertama kali berpuasa, tantangan yang akan dihadapi adalah sindrom withdrawal yang menimbulkan gejala seperti s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *