Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

hilangkan-komedo-tanpa-sakit.jpg

Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak.Komedo biasanya muncul di wajah dan hidung, terutama pemilik kulit berminyak.

Selain itu, komedo juga disebabkan stres, perubahan hormon, genetik, kulit yang tidak bersih, penggunaan kosmetik, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein.Anda bisa bersihkan komedo tanpa sakit dengan berbagai cara alami.

Berikut cara alami menghilangkan komedo :

1. Tomat
Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area wajah yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lemon
Peras lemon dan ambil sarinya, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat.

3. Pasta gigi
Oleskan sedikit saja pasta gigi pada area berkomedo, gosok perlahan dengan gerakan melingkar, diamkan selama 25 menit dan cuci wajah secara perlahan dengan air hangat. Ulangi langkah ini selama sekitar dua minggu agar bebas komedo.

4. Madu
Madu pun memiliki khasiat antiseptik yang efektif membantu mengatasi kulit berminyak dan komedo. Cukup oleskan madu pada area berkomedo dan bilas wajah dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.

5. Baking soda
Campurkan baking soda dan air, lalu oleskan di area wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat.

6. Oatmeal dan yoghurt
Cukup campurkan dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yogurt. Tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun, aduk hingga kental dan tercampur rata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 ? 15 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin.

7. Telur
Pecahkan 1 ? 2 buah telur, ambil putih telurnya dan campurkan dengan satu sendok the madu. Oleskan campuran pada area berbentuk angka 8 di tempat komedo bersarang pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Kayumanis Bubuk & Sari Jeruk Nipis
Campuran bubuk kayumanis dan sari jeruk nipis ini bertujuan untuk membentuk olesan pekat yang kemudian diaplikasikan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama semalam sebelum membasuh wajah dengan air hangat saat bangun di pagi hari.

Selamat mencoba menghilangkan komedo dan tampil lebih percaya diri.

(PA)

Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Suntik Botox: Cara Menghaluskan Kulit Wajah

Suntik Botox: Cara Menghaluskan Kulit Wajah

Tanda-tanda penuaan wajah memang tak bisa dihindari seiring bertambahnya umur. Sayangnya, biaya prosedur operasi bedah untuk melakukan perbaikan terbilang mahal dan waktu penyembuhannya pun termasuk lama. Untungnya, saat ini sudah ada perawatan injeksi atau suntikan yang dapat dilakukan untuk mengatasi garis kerutan pada wajah sebagai cara menghaluskan kulit wajah. Anda pun tak harus menjalani operasi atau pembiusan. Nah, cara menghaluskan kulit wajah tersebut adalah suntik Botox. Terutama, bila keriput baru muncul di wajah. Dulu, Botox atau Botolinum toxin dikenal sebagai toksin atau racun saraf yang berbahaya dan dihasilkan bakteri Clostridium Botulinium. Tapi, berbagai riset membuktikan bahwa Botox yang merupakan bagian dari toxin neuromuscular ini dapat mengurangi kerja otot atau melumpuhkan otot dalam waktu 4 ? 6 bulan. Dalam kata lain, suntik Botox adalah cara menghaluskan kulit wajah sebab dapat melemahkan atau melumpuhkan otot yang menyebabkan kerut dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu mengulang suntik Botox setiap 3 ? 6 bulan untuk mempertahankan efek Botox. Bila suntik Botox telah dilakukan, Anda harus mengikuti anjuran ahli kulit atau bedah plastik b [...]

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Jerawat mungkin sudah hilang dan tidak berisi lagi, namun masalah baru muncul. Bekas luka kehitaman yang sangat mencolok membuat wajah tidak mulus dan mengganggu penampilan. Mungkin, bekas luka ini muncul karena tangan Anda yang usil memencet jerawat saat masih timbul. Namun, pada kenyataannya, tanpa memencet jerawat pun jerawat masih dapat menimbulkan bekas luka karena adanya kerusakan kolagen akibat radang dalam kulit. Pertama-tama, kenali dahulu seperti apakah itu luka bekas jerawat. Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut: 1. Atrophic, bekas jerawat bopeng yang agak dangkal 2. Bentuk boxcar, bekas jerawat bopeng yang lebih dalam dan menggulung. 3. Bentuk ice-pick, bekas jerawat yang tampak seperti bolongan kecil di atas nya namun ternyata dalam. Warna kulit juga memainkan peran dalam keseriusan bekas luka. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap mungkin akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah akan cenderung mengalami kemerahan atau erythma pada bekas luka. Bekas luka jerawat akan bertambah parah jika ter-ekspos atau mengalami hal-hal berikut: 1. Terkena paparan sinar matahari Sinar matahari [...]

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Ketiak hitam adalah masalah yang dialami oleh hampir setiap wanita. Penyebab ketiak hitam di antara lain adalah pengaruh bahan kimia tertentu seperti deodoran, seringnya bercukur, penumpukan sel kulit mati, serta gesekan dengan pakaian maupun kulit di area tubuh lain. Selain mengurangi penggunaan deodoran, cara menghilangkan kulit ketiak yang hitam adalah perawatan kulit yang tepat adalah: Waxing Pencabutan bulu dengan cara waxing adalah cara menghilangkan ketiak hitam. Waxing akan mengangkat rambut-rambut kehitaman yang membuat ketiak tampak gelap dan mengangkat sel kulit mati. Sementara menghilangkan rambut halus di ketiak dengan cukuran justru dapat merusak kulit ketiak. Exfoliating Melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati atau exfoliating secara teratur bisa membuang pigmen kulit ketiak yang kehitaman. Cara menghilangkan ketiak hitam adalah menggunakan spons yang kasar saat mandi dan pembersih yang mengandung lactic acid atau salicylic yang membantu memaksimalkan pembersihan kulit ketiak. Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan ketiak hitam secara alami seperti berikut ini! [...]

Cara Menghilangkan Keloid

Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah kelainan pada kulit yang ditandai jaringan parut dan terjadi pasca operasi, tindik, tato, atau mengalami luka gores. Bentuk keloid biasanya menonjol di sekitar luka yang sudah sembuh serta melebihi batas luka tersebut.Keloid dapat muncul pada luka apa pun dan lebih berisiko jika luka mengalami infeksi. Keloid biasanya muncul dalam waktu 3 bulan - 1 tahun setelah kerusakan kulit. Penyebab keloid adalah masalah pada sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka (kolagen), gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan.Ciri-ciri keloid adalah bekas luka yang kenyal, lalu melunak, gatal, sakit, dan seperti terbakar. Warna keloid akan berubah dari kemerahan menjadi kecokelatan atau pucat. Perlahan tapi pasti, keloid akan melebar hingga berhenti. Nah,meski ukuran keloid dapat mengecil seiring waktu, namun keloid jarang hilang sepenuhnya. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan keloidberikut ini. [...]

AC Merusak Kulit, Benarkah?

AC Merusak Kulit, Benarkah?

AC adalah alat yang digunakan sebagai penyejuk ruangan yang merupakan singkatan dari air conditioner (AC) ini bisa ditemukan hampir di semua rumah, perkantoran, hingga tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Apalagi Indonesia memiliki iklim tropis sehingga cuaca terasa panas dan lembap. Kulit secara alami memiliki kemampuan untuk melembapkan diri sehingga mencegah kekeringan pada kulit. Di mana air di permukaan kulit akan diserap secara perlahan-lahan. Di saat yang sama, kelenjar keringat dan kelenjar minyak memberikan perlindungan ekstra berupa kelembapan. Hal ini terjadi pada saat suhu 30 ? 32 derajat Celsius. Perubahan suhu pada AC akan memengaruhi kulit, terutama pada suhu 21 ? 26 derajat Celsius. Mekanisme suhu tubuh yang normal pun mengalami gangguan sehingga produksi keringat alami di tubuh (kecuali ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki) mengalami penurunan. Minyak alami pada kulit pun akan berkurang sehingga kulit menjadi kering dan dehidrasi. AC juga bisa memperparah masalah kulit seperti eczema maupun psoriasis. Pasalnya, kemampuan kulit untuk menahan dan menyimpan air menjadi tidak maksimal. Udara AC juga membuat seseorang rentan mengalami penuaan dini seperti keripu [...]

Inilah Makanan Yang Bikin Anda Awet Muda

Inilah Makanan Yang Bikin Anda Awet Muda

Setiap perempuan tentu ingin terlihat awet muda. Tanpa perlu bersentuhan dengan bahan kimia, Anda dapat mencegah banyak masalah kecantikan hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Beberapa jenis makanan tidak hanya dapat melakukan keajaiban untuk lingkar pinggang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang sangat nyata untuk penampilan. Misalnya, menghaluskan kulit, menyamarkan kerut sehingga Anda tampak lebih muda, membuat rambut berkilau dan memperkuat kuku Anda. "Pola makan Anda secara langsung memengaruhi penampilan apakah sesuai, lebih muda atau malah lebih tua dari usia Anda sebenarnya," kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan riset klinis Mt. Sinai Hospital New York City. Vitamin, mineral dan asam lemak yang ada di dalam makanan-makanan di bawah ini dapat berfungsi sebagai antioksidan penting untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh lingkungan yang merusak. Kopi Secangkir kopi Jawa di pagi hari, bukan hanya dapat menambah semangat tapi kandungan senyawa bioaktifnya juga bisa melindungi kulit dari melanoma (sejenis kanker kulit), demikian menurut Journal of the National Cancer Institute. Menurut para peneliti, mereka yang mi [...]

Sunblock vs Sunscreen, Mana Lebih Baik?

Sunblock vs Sunscreen, Mana Lebih Baik?

Kulit memang sangat rentan terhadap paparan sinar matahari, terlebih lagi jika tidak menggunakan pelindung sama sekali. Sebut saja penyakit kanker kulit, hal tersebut bisa terjadi jika Anda tidak menggunakan pelindung sama sekali saat di bawah sinar matahari. Minimal Anda menggunakan lotion ataupun sunblock. Umumnya sinar matahari memang berguna dalam memberikan vitamin D bagi kulit, namun jika terlalu sering atau berlebihan sinar ultraviolet akan menyebabkan keriput dan kanker kulit. Lotion atau sunblock berfungsi sebagai pelindung kulit. Lalu tahukan Anda perbedaan antara sunblock dan sunscreen? Bahan Sunscreen mengandung bahan kimia yang dapat menyerap dan mengurangi radiasi UV yang akan menyerang kulit. Sedangkan sunblock, berfungsi mencegah radiasi sinar UV yang akan menyerang kulit. Saat digunakan, sunscreen lebih terlihat transparan, sedangkan sunblock terlihat lebih tebal dan tetap terlihat. Selain itu, sunscreen lebih sulit untuk dicuci dibandingkan dengan sunblock. Perlindungan Beberapa krim pelindung matahari umumnya bisa melindungi dari radiasi Ultraviolet tipe A (UVA) dan Ultraviolet tipe B (UVB). UVA biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit secara permanen. Bah [...]

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Timbulnya garis halus atau kerutan di sekitar mulut merupakan kondisi yang disebut sebagai nasolabial folds. Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di sekitar mulut ini akan tampak semakin jelas. Penyebabnya adalah karena adanya ligamen di sekitar mulut dan dagu yang menggelambir dan melonggar, membuat jaringan lemak di pipi mulai kehilangan kekencangannya. Kerutan di sekitar mulut ini biasanya terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua atau saudara yang lebih tua mengalaminya, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama, begitu menurut Elie Levine, MD, ahli bedah plastik New York. Hilangnya kolagen dan elastin meninggalkan kulit dengan garis-garis pada kulit, yang juga muncul di sekitar mulut. Penyebab lainnya adalah kebiasaan merokok, peningkatan berat badan dan paparan sinar matahari secara terus-menerus. Memasuki usia 30 tahunan dan 40 tahunan, cegah munculnya kerutan di sekitar bibir dengan melakukan perawatan hyaluronic acid yang berlangsung selama 12 hingga 18 bulan. Perawatan ini dapat membantu menunda munculnya kerutan di sekitar bibir. Perawatan jenis filler ini membantu mendorong dan menopang lipatan sehingga tidak membentuk kerutan di wajah, teruta [...]

Cara Memutihkan Kulit, Apa Kiatnya?

Cara Memutihkan Kulit, Apa Kiatnya?

Cara memutihkan kulit yang benar banyak dicari wanita karena kulit putih dan bersinar menjadi idaman bagi kebanyakan wanita. Namun bagaimana caranya, agar Anda tetap memiliki kulit sehat, putih dan bersinar sementara hidup di kota metropolitan dengan polusi yang ada dimana-mana, seperti asap rokok, knalpot kendaraan dan teriknya sinar matahari? Anda tidak perlu khawatir, beberapa cara memutihkan kulit di bawah ini bisa Anda praktekkan di rumah : 1. Hindari terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung dan terus menerus sangat berbahaya pada kulit dan efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kulit. Jika Anda harus beraktivitas di bawah sinar matahari gunakanlah krim tabir surya (20 SPF +) yang dapat melindungi kulit Anda. 2. Minum banyak air putih secara teratur. Hal ini akan membantu kulit Anda terhindar dari dehidrasi dan akan membuat kulit tetap sehat. 3. Gunakan sabun organik pepaya. Sabun pepaya yang digunakan sesering mungkin dapat membantu memutihkan atau mencerahkan kulit secara alami. Gunakan sabun, lalu diamkan selama tiga menit, kemudian baru dibilas. Setelah itu, disarankan untuk menggunakan lotion tubuh agar kulit tidak kering. H [...]

Tanda-Tanda Kulit Tua

Tanda-Tanda Kulit Tua

Kulit tua? No Way. Ya, hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang lembut, halus, serta sehat. Tidak hanya wanita, pria pun pasti menginginkan kulit wajah yang sehat walaupun usianya telah bertambah tua. Penuaan atau perubahan pada kulit adalah hal yang biasa terjadi pada semua orang sebagai tanda pertambahan usia, termasuk keriput atau kulit kendur. Meskipun kulit memiliki banyak sekali lapisan, namun secara umum lapisan kulit terbagi dalam tiga, di antaranya: ? Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit, pigmen ? Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Dermis menyediakan nutrisi ke epidermis. ? Lapisan dalam di bawah dermis (lapisan subkutan), mengandung kelenjar keringat, beberapa folikel rambut, pembuluh darah, dan lemak. Selain itu, setiap lapisan juga mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Selain karena faktor usia, penuaan pada kulit dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, genetik, nutrisi, serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor terbesar perubahan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Pada pertambahan usia, lapisan epidermis akan m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *