Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

hilangkan-komedo-tanpa-sakit.jpg

Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak.Komedo biasanya muncul di wajah dan hidung, terutama pemilik kulit berminyak.

Selain itu, komedo juga disebabkan stres, perubahan hormon, genetik, kulit yang tidak bersih, penggunaan kosmetik, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein.Anda bisa bersihkan komedo tanpa sakit dengan berbagai cara alami.

Berikut cara alami menghilangkan komedo :

1. Tomat
Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area wajah yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lemon
Peras lemon dan ambil sarinya, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat.

3. Pasta gigi
Oleskan sedikit saja pasta gigi pada area berkomedo, gosok perlahan dengan gerakan melingkar, diamkan selama 25 menit dan cuci wajah secara perlahan dengan air hangat. Ulangi langkah ini selama sekitar dua minggu agar bebas komedo.

4. Madu
Madu pun memiliki khasiat antiseptik yang efektif membantu mengatasi kulit berminyak dan komedo. Cukup oleskan madu pada area berkomedo dan bilas wajah dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.

5. Baking soda
Campurkan baking soda dan air, lalu oleskan di area wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat.

6. Oatmeal dan yoghurt
Cukup campurkan dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yogurt. Tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun, aduk hingga kental dan tercampur rata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 ? 15 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin.

7. Telur
Pecahkan 1 ? 2 buah telur, ambil putih telurnya dan campurkan dengan satu sendok the madu. Oleskan campuran pada area berbentuk angka 8 di tempat komedo bersarang pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Kayumanis Bubuk & Sari Jeruk Nipis
Campuran bubuk kayumanis dan sari jeruk nipis ini bertujuan untuk membentuk olesan pekat yang kemudian diaplikasikan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama semalam sebelum membasuh wajah dengan air hangat saat bangun di pagi hari.

Selamat mencoba menghilangkan komedo dan tampil lebih percaya diri.

(PA)

Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Berbagai Macam Obat Jerawat

Mengenal Berbagai Macam Obat Jerawat

Jerawat merupakan hal kecil yang mengganggu penampilan. Bagi sebagian orang, terutama perempuan, jerawat-jerawat nakal mampu mengurangi rasa percaya diri saat bersosialisasi. Kegundahan inilah yang akhirnya membuat banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba mengeluarkan atau menjual produk atau obat jerawat yang sekarang ini banyak kita jumpai di pasaran tanah air. Dari sekian banyak obat jerawat tersebut, tentunya sulit bagi kita untuk memutuskan mana obat jerawat yang cocok untuk masalah itu. Karena kita tidak tahu mana yang cocok, kecuali dengan cara mencoba, akhirnya kita pun menjadikan wajah kita sebagai 'kelinci percobaan'. Kita akan mencoba berbagai macam obat jerawat hingga menemukan yang cocok. Risiko yang Anda hadapi, kulit bisa mengalami kerusakan akibat terpapar oleh berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalam produk obat jerawat tersebut. Karena itu, agar tidaks salah, ada baiknya Anda mengenal berbagai macam obat jerawat dan kemudian pergi ke dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi, agar Anda bisa mengetahui obat jerawat mana yang aman dan cocok untuk Anda gunakan. Pengobatan Jerawat Obat jerawat dapat membantu mengendalikan tingkat keparaha dan frekuensi [...]

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Vitamin C memiliki banyak peranan penting untuk tubuh kita yang berfungsi untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin C atau yang biasa dikenal dengan asam askorbat mempunyai tugas penting dalam pembentukan kolagen yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi. Tapi disamping itu vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari dalam, namun juga bermanfaat bagi kulit. Manfaat vitamin ini untuk kulit sebenarnya bukanlah sebuah penemuan baru. Sudah berabad-abad, kaum wanita selalu menemukan cara untuk menikmati khasiat vitamin C bagi kulit. Vitamin C mengandung antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit untuk membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan juga usia. Tak hanya itu, vitamin ini memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.Selain itu, vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C untuk kulit : 1. Membuat kulit terlihat sehat serta bercahaya. 2. Membantu menjaga kolagen yang ada di kulit untuk menunda penuaan dini pada kulit muka. 3. Meningkatkan proteksi perm [...]

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Bila ditanya hal apa yang paling ditakuti para wanita, mungkin salah satu jawaban terbanyak adalah jerawat, selain kegemukan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu ini. Sebenarnya cara yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Untuk jerawat yang membandel, baru bisa Anda lakukan tindakan yang lebih serius yaitu dengan cara terapi. Perubahan Gaya Hidup Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bebas jerawat. Apa saja? Tidur Lebih Banyak Menurut penelitian salah satu cara mengatasi jerawat adalah dengan tidur lebih banyak. Kenapa? Karena setiap kali anda mengurangi satu jam dari kebutuhan tidur Anda, maka Anda akan meningkatkan risiko dari stres psikologikal sebanyak 14%. Pastinya Anda bingung apa hubungannya stres psikologikal dengan cara mengatasi jerawat? Jawabannya mudah yaitu stres akan meningkatkan produksi glukokortikoid yang bisa menyebabkan abnormalitas pada struktur kulit dan fungsi kulit, dan hal itu bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Gantilah Diet Anda Cara mengatasi jerawat lainnya adalah dengan mengganti diet Anda. Beberapa m [...]

5 Penyebab Jerawat Yang Tidak Anda Sangka

5 Penyebab Jerawat Yang Tidak Anda Sangka

Jerawat adalah masalah yang cukup bikin resah banyak orang. Rasa percaya diri bisa drop lantaran tiba-tiba muncul jerawat nakal. Berbagai obat jerawat mungkiin sudah sering Anda coba. Tapi hasilnya? Nihil. Nah, sebelum wajah Anda menjadi tempat eksperimen berbagai produk obat jerawat, coba cari tahu apa penyebab jerawat. Jangan-jangan pemicunya karena kebiasaan Anda sehari-hari. Anda mungkin sudah tahu bahwa ada beberapa penyebab di balik munculnya jerawat yaitu bakteri kulit yang disebut P. acnes; kelenjar minyak yang terlalu aktif dan pori-pori tertutup oleh sel-sel kulit mati. Demikian menurut dermatolog Bruce Katz, MD, direktur Juva Skin & Laser Center di Manhattan. Tapi apa yang mengudang bakteri dan kotoran itu mampir di kulit kita? Seringkali kita menyalahkan pola makan dan stres sebagai penyebabnya. Bukannya itu salah, tapi masih ada penyebab lain yang tidak selama ini tidak kita sangka, lho. Karena selama ini kita tidak tahu, jangan heran jika jerawat terus bermunculan meski pola makan sudah baik dan hati juga gembira. Simak lima faktor pemicu jerawat di bawah ini. 1. Ponsel Terlalu banyak menelepon bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah bagian samping dekat telinga. [...]

Kiat Mengatasi Biang Keringat

Kiat Mengatasi Biang Keringat

Tidak hanya anak kecil yang dapat mengalami biang keringat, orang dewasa pun bisa terserang biang keringat atau dikenal dengan nama keringat bantet. Pasalnya, kita pun kerap bersinggungan dengan udara panas yang menjadi penyebab munculnya keringat berlebih. Pada kulit, biang keringat akan muncul layaknya jerawat kecil-kecil yang berkumpul dalam jumlah banyak pada permukaan kulit. Biang keringat ini biasanya tidak memiliki isi, seperti kebanyakan jerawat pada umumnya dan memiliki warna kemerahan. Penyebab utama dari timbulnya biang keringat adalah adanya penumpukan sel-sel kulit mati, kelebihan minyak pada kulit dan bakteri yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Biasanya, biang keringat pada orang dewasa paling rentan dialami oleh mereka yang rutin berolahraga namun kurang bersih menjaga kebersihan kulit sesudahnya. Adanya pori-pori yang tersumbat membuat bakteri yang terperangkap dapat berkembang biak secara pesat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan di dalam dinding folikel kulit. Peradangan ini lebih lanjut dapat memicu munculnya banyak biang keringat yang masih satu golongan dengan masalah jerawat yang dialami kulit pada umumnya. Untuk mengatasi biang keringat, kurang leb [...]

Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada wajah saja, namun dapat juga timbul di kulit kepala. Memang jerawat di kulit kepala tidak sampai mengganggu penampilan karena tertutup rambut, tapi rasa gatal dan kadang nyeri dapat mengganggu kenyamanan. Bagaimana terbentuknya jerawat di kulit kepala? Kulit secara alami menghasilkan lapisan pelindung berupa minyak atau sebum yang diekskresi melalui folikel rambut dan pori-pori kulit. Produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati dan partikel lainnya dapat menyumbat ekskresi minyak sehingga timbul komedo. Komedo bersamaan dengan terperangkapnya bakteri dapat menyebabkan tmbulnya peradangan pada folikel rambut yang ditandai dengan bintil merah yang disebut papul atau bintil kuning dengan dasar merah disebut pustul. Bintil ini dapat berkembang menjadi lebih besar dan nyeri disebut nodul. Papul, pustul dan nodul ini yang biasa disebut jerawat. Jadi pada dasarnya jerawat terbentuk karena sumbatan pada pori-pori kulit. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit kepala, diantaranya yaitu faktor perubahan hormon dan stres. Kedua faktor tersebut dapat memicu produksi minyak [...]

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasi kulit kering ? Tinggal di daerah tropis membuat kulit wanita Indonesia kebanyakan menjadi sangat kering. Kulit kering dapat menjadi gatal hingga terkelupas. Kulit yang kering dan dehidrasi juga dapat terasa sangat tidak nyaman.Cara mengatasi kulit kering, tidak hanya perawatan kulit yang perlu diutamakan, namun juga bagaimana kondisi udara di sekitar, kebersihan kulit, serta pakaian yang dikenakan. Berikut 6 cara mengatasi kulit kering dengan mudah : 1. Hindari air yang terlalu panas untuk mandi. Pertahankan suhu air tetap hangat karena air yang terlalu panas walaupun nyaman dapat membuat kulit semakin kering. Air panas menghambat minyak alami kulit untuk keluar. Jangan mandi pada air yang terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama, maksimal 5 hingga 10 menit saja. Cara mengatasi kulit kering ini mudah untuk dilakukan. 2. Sabuni tubuh dengan sabun yang bebas pewangi. Produk kecantikan dengan deodoran tambahan dapat mengakibatkan efek buruk pada kulit. Carilah jenis sabun yang mengandung ceramides, yang bermanfaat menahan kelembaban kulit. Jangan terlalu banyak mengenakan produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jangan melakukan scrubbing terlalu keras [...]

Cara Mudah Hilangkan Selulit

Cara Mudah Hilangkan Selulit

Meski terkadang letaknya tersembunyi, selulit seringkali membuat wanita tak nyaman dengan penampilannya. Jangan khawatir, karena kini selulit dapat dihilangkan dengan cara sederhana. Melakukan pemijatan dengan menggunakan krim atau sinar-X pada bagian selulit dapat menjadi cara yang dianggap efektif untuk menghilangkannya. Penggunaan krim selulit ataupun sinar-X memang dianggap instan, namun seringkali menghasilkan efek di kemudian hari. Lalu bagaimana menghilangkan selulit dengan cara-cara yang alami? Cara berikut ini dapat menjadi solusi yang ampuh bagi Anda : Lancarkan sirkulasi darah Penyebab terjadinya selulit tak lepas dari permasalahan stress, bertambahnya berat badan, dan akibat penggunaan hormon kontrasepsi. Cara ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah adalah dengan mandi air panas dan menggunakan obat-obatan herbal. Hindari kekurangan air Apabila tubuh kekurangan air dapat berakibat terjadinya dehidrasi, dan tubuh akan segera menyimpan air di bagian bawah kulit. Hal tersebut ternyata mampu memicu munculnya selulit pada kulit. Cara terbaik untuk menjaga agar kebutuhan air tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi 6-8 gelas air putih setiap hari. Hindari minuman bersod [...]

Mengatasi Kulit Kapalan

Mengatasi Kulit Kapalan

Kapalan atau bahasa ilmiahnya adalah calluses adalah bagian kulit yang mengalami penebalan dan terasa sakit jika mengelupas.Kapalan terjadi karena adanya tekanan atau gesekan yang berulang sehingga terjadi penebalan pada kulit. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius tapi kapalan mengganggu penampilan dan kenyamanan. Biasanya, kondisi kulit kapalan ini muncul di telapak kaki atau di telapak tangan. Selama ini upaya untuk mengatasi kapalan relatif minim. Upaya yang kita lakukan hanya untuk menghindari luka yang menyakitkan, misalnya dengan meminimalisir gesekan lewat cara menggunakan sepatu berhak rata yang nyaman, jika kapalan di kaki. Dan mengenakan sarung tangan pelindung jika tanganlah yang mengalami kapalan. Dengan menggunakan lapisan pelindung yang nyaman, tindakan berulang yang dilakukan oleh tangan maupun kaki akan memberi waktu pada kaki untuk sembuh dan kembali normal. Jika kapalan mendadak muncul, meski tanpa adanya faktor gesekan atau kegiatan berulang yang bertumpu pada satu area kulit telapak tangan atau telapak kaki, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter.Dengan memeriksakan diri ke dokter, kondisi kapalan pada kulit kaki mendapat penanganan yang sesu [...]

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering maupun pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca, kebiasaan menjilat bibir secara berlebihan, dan obat-obatan tertentu. Pada dasarnya, bibir kering merupakan suatu hal yang umum terjadi pada seseorang. Namun hati-hati, bibir kering bisa berkembang menjadi cheilitis. Nah, cheilitis dapat disebabkan oleh infeksi, dan ditandai dengan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah pada bagian sudutnya. Beberapa gejala umum dari bibir pecah-pecah adalah sebagai berikut: ? Kekeringan ? Mengelupas ? Luka ? Pembengkakan ? Retak ? Keluar darah (berdarah) Lalu apa yang menyebabkan terjadinya bibir kering atau pecah? Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada umumnya, sehingga bagian tubuh ini, lebih mudah menjadi kering dan mengalami pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk bibir yang pecah, baik itu karena faktor cuaca maupun perawatan bibir yang salah. Kebiasaan menjilat bibir berlebihan juga dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga bibir menjad lebih kering. Faktor risiko dari bibir kering dan pecah Bibir kering tidak memandang usia dan jenis kelamin, jadi bibir kering atau pecah-pecah dapat dialami oleh siapapun terutama bagi mer [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *