Buka Puasa, Lebih Sehat Kurma atau Air Kelapa?

Buka-Puasa-Lebih-Sehat-Kurma-atau-Air-Kelapa.jpg

Pada prinsipnya untuk berbuka puasa sangat direkomendasikan makanan dan minuman yang kaya akan serat. Namun pada Ramadhan pada khususnya, kurma kerap menjadi pilihan favorit menu berbuka. Tapi tidak sedikit pula yang memilih menu lainnya yang lebih menyegarkan lainnya, sebut saja es blewah, es campur, atau es kelapa muda.

Di tulisan ini kita akan membahas perbandingan manfaat kesehatan dan keutamaannya menjadi menu berbuka puasa antara kurma dan air kelapa. Manakah yang lebih baik? Berikut paparannya:

Air Kelapa untuk Berbuka Puasa

Berikut ini adalah keutamaan kandungan yang dimiliki air kelapa:

  • Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat
  • Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi, seperti kalium atau disebut juga potasium, natrium atau sodium, dan juga magnesium.

Karena tinggi kandungan elektrolit, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dehidrasi. Alasan itu pula yang menjadikan air kelapa pilihan minuman saat berbuka puasa.

Kurma untuk Berbuka Puasa

Buah kurma kaya kandungan Karbohidrat, atau lebih tepatnya fruktosa dan dekstrosa. Selain itu, kelebihan buah kurma adalah mudah dicerna tubuh dan mampu mengembalikan energi tubuh secara cepat.

Serupa seperti air kelapa, kurma juga memiliki kandungan elektrolot seperti kalium (potassium) dan natrium (sodium).

Meskipun serupa, keduanya memiliki manfaat berbeda. Hal ini dikarenakan faktor kandungan dari air, tingkat kematangan, jenis dari masing-masing buah dan faktor lingkungan dari kelapa dan buah kurma, akan tetapi secara garis besar pada umumnya zat-zat yang terkandung adalah sebagai berikut:

  • Keduanya memiliki karbohidrat sederhana, yaitu glukosa, dekstrosa, sukrosa. Sumber energi ini ditemukan baik pada air kelapa maupun kurma, namun kandungan keduanya sangatlah berbeda.
    – Pada air kelapa, kandungan karbohidrat sangatlah rendah, sedangkan pada buah kurma justru sangat tinggi.
    – Kandungan karbohidrat sederhana pada buah kurma bahkan dapat mencapai lebih dari 50%, sedangkan pada air kelapa hanya seperduapuluh dari kandungan pada buah kurma.
  • Keduanya memiliki elektrolit, natrium dan kalsium.
    – Pada air kelapa, kandungan natrium atau disebut juga sodium ditemukan 15-50% lebih tinggi daripada kandungan natrium pada buah kurma.
    – Sedangkan kandungan kalium atau potasium, ditemukan hampir serupa. Kandungan kalium pada air kelapa hampir serupa dengan buah kurma, dengan jumlah yang sedikit lebih tinggi pada buah kurma.

Keduanya sama-sama bernutrisi yang bermanfaat untuk berbuka puasa, dan keduanya tidak dapat dibandingkan satu sama lain, karena masing-masing memiliki kegunaan dan khasiat yang berbeda.

  • Air kelapa sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang atau mengatasi dehidrasi yang terjadi karena Anda beraktivitas seharian dalam kondisi berpuasa.
  • Sementara itu, buah kurma sangat baik untuk menggantikan energi yang hilang akibat beraktivitas seharian tanpa asupan makanan karena berpuasa.

Jadi sebagai kesimpulan, baik air kelapa maupun buah kurma baik dikonsumsi saat Anda berbuka puasa.

di laman website kami.[](SH)

Ditulis oleh:
dr. Sophia B. Hage
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Menyusul setelah memakan korban jiwa sebanyak 22 jiwa dan sedikitnya 2200 korban dirawat intensif, pihak otoritas kesehatan Indonesia mulai mengambil tindakan pengamatan dan waspada dalam mengantisipasi perluasan wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coliyang hadir dengan strain barudari benua Eropa. Strain e-coli yang baru dikenal dengan sebutan Enterohaemorrhagic Escherichia coli atau EHEC, yang memiliki dampak fatal yang memicu perdarahan parah. Pengamatan dantindakanantisipasidilakukan kepada penumpang dari mancanegara yang menunjukkan gejala infeksi; seperti kram disertai diare yang diikuti demam juga mual-muntah. Dirjen Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama memerintahkan semua unit kesehatan pada setiap instansi di bandara internasional Indonesia untuk mewaspadai hal-hal tersebut. ?Memang masih terlalu dini untuk merespon keadaan yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak ada salahnya dengan mengambil tindakan pencegahan ekstra,? jelasnya. Lebih jauh beliau menjelaskan masa inkubasi EHEC yang berkisar antara 3 hingga 8 hari. Bakteri tersebut diduga berasal dari sayuran kecambah dar [...]

Kebiasaan Ngemil Sehat ala Selebriti Dunia

Kebiasaan Ngemil Sehat ala Selebriti Dunia

Ngemil menjadi kegiatan yang sulit untuk dihindari, sekalipun Anda sudah berniat untuk diet ketat. Pada dasarnya, mengonsumsi makanan ringan tidak dilarang. Justru berguna untuk mengurangi rasa lapar saat menunggu waktu makan. Namun, saat memilih camilan jangan asal enak, namun juga perlu diperhatikan kalorinya. Camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Untuk mendapatkan camilan sehat, tiru cara ngemil selebriti dunia, mulai dari Miranda Kerr hingga Beyonce.1. Miranda KerrMantan model Victoria's Secret, Miranda Kerr memilih untuk mengonsumsi camilan sehat demi tetap memiliki tubuh ramping. Di sela-sela waktu makannya, Miranda mengaku lebih suka makan buah-buahan, mulai dari alpukat hingga apel Fuji."Beberapa camilan favoritku adalah kacang almond organik, bluberry, setengah potong alpukat dengan sedikit taburan garam laut. Aku juga suka makan apel Fuji dengan mentega almond," ujar model asal Australia itu.2. Heidi KlumSupermodel Heidi Klum membocorkan rahasia tubuh langsingnya di usia 42 tahun. Heidi mengaku tidak bisa meninggalkan kebiasaan ngemilnya. Untuk itu ia memilih kacang alm [...]

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Oleh: dr. Jessica FlorenciaThe American Heart Association (AHA) mengeluarkan panduan untuk melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru) terbaru. Rekomendasi terbaru menunjukkan bahwa penolong harus lebih berfokus pada kompresi dada ketimbang pernapasan buatan melalui mulut. Panduan terdahulu (2005) menekankan pada penanganan ?ABC? (Airway, Breathing, Chest Compression) yaitu dengan melakukan pemeriksaan jalan napas, melakukan pernapasan buatan melalui mulut, kemudian memulai kompresi dada. Panduan terbaru (2010) yang dikeluarkan oleh AHA lebih menekankan pada penanganan ?CAB? (Chest Compression, Airway, Breathing) yaitu dengan terlebih dahulu melakukan kompresi dada, memeriksa jalan napas kemudian melakukan pernapasan buatan. Panduan ini juga mencatat bahwa pernapasan buatan melalui mulut boleh tidak dilakukan pada kekhawatiran terhadap orang asing dan kurangnya pelatihan formal. Sebenarnya, seluruh metode ini memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat aliran darah dan oksigen tetap bersirkulasi secepat mungkin. Pada tahun 2008, AHA menyatakan bahwa penolong tak terlatih atau mereka yang tidak mau melakukan pernapasan buatan melalui mulut dapat melakukan kompresi dada hingg [...]

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

Kondisi mata dapat mendeteksi penyakit di tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan memeriksakan mata secara teratur supaya bisa mengetahui penyakit yang mungkin bersarang di tubuh sejak dini. "Mata adalah salah satu panca indera yang dimanfaatkan dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi," ujar Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center.Oleh karena itu, dokter mata kerap kali menjadi orang pertama yang menemukan penyakit serius pada pasien. Bahkan, 65 persen dokter mata mampu mengenali pasien yang mempunyai kolesterol tinggi sebelum mengecek kesehatan mereka ke dokter umum. Seperti yang dilansir dari Women?s Health, ada enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata. 1. Tekanan Darah TinggiAnda mempunyai darah tinggi bila arteri pada mata berwarna keperakan. Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadarinya. "Kondisi hipertensi bisa dilihat melalui mata karena keadaan itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperakan," papar Reddy. Jika tidak segera diobati, dapat membuat pembuluh darah mengeras yang meningkatkan risiko serangan [...]

BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

Merasa sulit buang air besar (BAB) dan seringkali tidak rutin? Idealnya, BAB seharusnya terjadi minimal satu hari sekali yang menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tapi jika lebih dari dua hari Anda tidak juga BAB maka sudah disebut konstipasi atau mengalami gangguan. Akibatnya perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan infeksi hingga kanker.Diet tidak sehat, kurang olahraga dan stres merupakan tiga faktor utama yang menyebabkan orang susah BAB. Jika sering mengalami kesulitan BAB, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi satu atau dua dari beberapa jenis makanan berikut ini.1. RaspberrySegala jenis macam buah berry, termasuk raspberry kaya akan serat. Namun raspberry memiliki kandungan yang tertinggi, sekitar 8 gram serat hanya dalam satu cangkir. Simpan selalu raspberry di dalam kulkas untuk mengatasi masalah konstipasi dengan segera. Agar lebih awet, taruh raspberry di dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer dan biarkan membeku.2. KopiKafein alami yang terkandung dalam kopi tidak hanya bisa membuat tubuh dan mata lebih segar, tapi juga punya efek laksatif [...]

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Meski sangat lelah, terkadang Anda tetap sulit tidur. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Ini dia tipsnya dari She Knows. - Kurangi Makanan Mengandung Gula dan KafeinMinum mocha atau kopi dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Makanan yang sarat akan gula dan kafein akan menghalangi bioritme alami di tubuh anda. ?Jumlah waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk mengeluarkan kafein dapat bervariasi di setiap orang. Beberapa orang mungkin memakan waktu hingga 24 jam dan karena itu seharusnya mereka hanya meminum satu cangkir kopi atau teh di pagi hari. Sementara beberapa individu lainnya, bisa mengeluarkan kafein dari tubuh mereka lebih cepat sehingga mereka masih bisa tidur. Jadi, itu benar-benar tergantung pada masing-masing individu." ujar Esther B. Horn seorang ahli diet dan ahli gizi di New York City.- Makanan yang Bisa [...]

Ayo, Ajak Anak Periksa Gigi Sejak Dini!

Ayo, Ajak Anak Periksa Gigi Sejak Dini!

Oleh: drg. Martha Mozartha Salah satu pertanyaan yang lazim diajukan para ibu muda dengan anak balita kepada dokter giginya adalah, ?Pada usia berapakah sebaiknya anak pertama kali diajak ke dokter gigi?? Para ahli menyarankan para orang tua untuk mengajak anak mereka ke dokter gigi sedini mungkin, yaitu kira-kira saat anak berusia satu tahun. Pada usia tersebut, gigi susu anak sudah mulai tumbuh, ia juga sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI dan susu formula. Dengan demikian gigi anak sudah terpapar ke lingkungan mulut yang beresiko untuk terjadinya karies gigi. Tujuan utama dari kunjungan pertama ini sebetulnya bukan hanya untuk memeriksakan gigi anak, tapi untuk membiasakan dan memberanikan anak bertemu dengan dokter gigi di kursi gigi. Dengan begitu diharapkan anak tidak akan takut terhadap perawatan gigi seiring pertambahan usianya. Selain itu, kunjungan pertama ini juga dapat digunakan dokter gigi untuk mengedukasi orang tua tentang cara merawat gigi susu anak. Para orang tua perlu diberikan pemahaman bahwa merawat gigi susu anak adalah hal yang sangat penting, sepenting mereka merawat giginya sendiri. Dengan memeriksakan gigi anak sejak dini, dokter gigi dapat men [...]

Mengeluh karena Takut Gemuk Itu Normal

Mengeluh karena Takut Gemuk Itu Normal

Banyak wanita yang sering mengeluh karena berat badannya. Walau kebiasaan itu terdengar menyebalkan, menurut penelitian khawatir akan gemuk merupakan hal normal bagi wanita.Dikutip dari detikhealth, penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University menjelaskan bahwa otak wanita memang takut gemuk. Kesimpulan tersebut didapat dari pemindaian otak dilakukan dengan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI).Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences edisi Mei 2010, melibatkan sekelompok wanita dengan berat badan normal dan tidak mengalami gangguan pola makan. Sebelum otaknya di/scan/, mereka disuruh melihat foto seorang wanita tak dikenal yang mengalami kelebihan berat badan.Hasil dari scan, foto tersebut telah mengaktifkan bagian otak yang memproses identitas dan refleksi diri. Para peserta penelitian menjadi gelisah dan membayangkan tubuhnya bisa menjadi seperti dalam foto tersebut.Dapat dikatakan bahwa hasil penelitian itu didapat dengan cara yang tak disengaja. Para peneliti sebenarnya sedang mengerjakan proyek untuk mengatasi gangguan makan dengan memindai otak. Pada wanita dengan gangguan makan anorexia dan bulimia, melihat foto wani [...]

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Film terbaik Academy Awards 2011 karya sutradara Tom Hooper yang berjudul ?The King?s Speech? telah berhasil mengangkat sebuah fenomena kegagapan yang kerap menyusahkan bagi sebagian penderitanya. Film ini menceritakan tentang bagaimana King George VI Inggris berjuang melawan kegagapannya demi berpidato di depan rakyatnya yang sedang dilanda masalah peperangan. Sebenarnya masalah gagap dapat dialami siapapun tanpa mengenal kelamin, umur, ataupun kebangsaannya. Kondisinya pun bervariasi dalam dimensi taraf, dari taraf ringan sampai berat, maka dari itu cara penangannya pun berbeda-beda. Kegagapan dapat didefinisikan sebagai gangguan berbicara dimana penderitanya mengulang kata, menarik kata kembali, berkata tidak lengkap, melewatkan kata, ataupun berbicara dengan kata-kata yang tidak bermakna. Masalah ini terjadi saat otak tidak mampu mengirim dan menerima pesan dengan cara yang normal. Bahkan dokter pun belum bisa menjelaskan secara pasti mengapa hal ini terjadi. Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara, namun biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Tetapi kegagapan dapat berlanjut dan semakin buru [...]

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Namun bukan berarti bahwa setiap benjolan payudara berarti kanker payudara. Karena ada beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan keluhan benjol pada daerah payudara. Karena itu, mari kita mengenal lebih jauh kanker payudara! Apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah perkembangan jaringan kanker dari jaringan payudara, khususnya lapisan yang melapisi saluran susu. Jaringan payudara pada kanker payudara dapat bertumbuh secara tidak normal, dan tidak dapat dikontrol oleh tubuh. Pada tahap lanjut, jaringan payudara ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh lain diluar payudara. Terdapat berbagai faktor risiko kanker payudara, antara lain dijelaskan di halaman selanjutnya: Terdapat berbagai faktor risiko kanker payudara, antara lain dijelaskan di halaman selanjutnya: Pola Makan Kanker payudara berhubungan dengan pola makan yang tinggi lemak, kegemukan dan konsumsi alkohol. Meskipun demikian, terdapat beberapa makanan yang sifatnya mencegah kanker payudara. Merokok Individu yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Genetik Genetik juga dapat m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *