Buka Puasa, Lebih Sehat Kurma atau Air Kelapa?

Buka-Puasa-Lebih-Sehat-Kurma-atau-Air-Kelapa.jpg

Pada prinsipnya untuk berbuka puasa sangat direkomendasikan makanan dan minuman yang kaya akan serat. Namun pada Ramadhan pada khususnya, kurma kerap menjadi pilihan favorit menu berbuka. Tapi tidak sedikit pula yang memilih menu lainnya yang lebih menyegarkan lainnya, sebut saja es blewah, es campur, atau es kelapa muda.

Di tulisan ini kita akan membahas perbandingan manfaat kesehatan dan keutamaannya menjadi menu berbuka puasa antara kurma dan air kelapa. Manakah yang lebih baik? Berikut paparannya:

Air Kelapa untuk Berbuka Puasa

Berikut ini adalah keutamaan kandungan yang dimiliki air kelapa:

  • Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat
  • Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi, seperti kalium atau disebut juga potasium, natrium atau sodium, dan juga magnesium.

Karena tinggi kandungan elektrolit, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dehidrasi. Alasan itu pula yang menjadikan air kelapa pilihan minuman saat berbuka puasa.

Kurma untuk Berbuka Puasa

Buah kurma kaya kandungan Karbohidrat, atau lebih tepatnya fruktosa dan dekstrosa. Selain itu, kelebihan buah kurma adalah mudah dicerna tubuh dan mampu mengembalikan energi tubuh secara cepat.

Serupa seperti air kelapa, kurma juga memiliki kandungan elektrolot seperti kalium (potassium) dan natrium (sodium).

Meskipun serupa, keduanya memiliki manfaat berbeda. Hal ini dikarenakan faktor kandungan dari air, tingkat kematangan, jenis dari masing-masing buah dan faktor lingkungan dari kelapa dan buah kurma, akan tetapi secara garis besar pada umumnya zat-zat yang terkandung adalah sebagai berikut:

  • Keduanya memiliki karbohidrat sederhana, yaitu glukosa, dekstrosa, sukrosa. Sumber energi ini ditemukan baik pada air kelapa maupun kurma, namun kandungan keduanya sangatlah berbeda.
    – Pada air kelapa, kandungan karbohidrat sangatlah rendah, sedangkan pada buah kurma justru sangat tinggi.
    – Kandungan karbohidrat sederhana pada buah kurma bahkan dapat mencapai lebih dari 50%, sedangkan pada air kelapa hanya seperduapuluh dari kandungan pada buah kurma.
  • Keduanya memiliki elektrolit, natrium dan kalsium.
    – Pada air kelapa, kandungan natrium atau disebut juga sodium ditemukan 15-50% lebih tinggi daripada kandungan natrium pada buah kurma.
    – Sedangkan kandungan kalium atau potasium, ditemukan hampir serupa. Kandungan kalium pada air kelapa hampir serupa dengan buah kurma, dengan jumlah yang sedikit lebih tinggi pada buah kurma.

Keduanya sama-sama bernutrisi yang bermanfaat untuk berbuka puasa, dan keduanya tidak dapat dibandingkan satu sama lain, karena masing-masing memiliki kegunaan dan khasiat yang berbeda.

  • Air kelapa sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang atau mengatasi dehidrasi yang terjadi karena Anda beraktivitas seharian dalam kondisi berpuasa.
  • Sementara itu, buah kurma sangat baik untuk menggantikan energi yang hilang akibat beraktivitas seharian tanpa asupan makanan karena berpuasa.

Jadi sebagai kesimpulan, baik air kelapa maupun buah kurma baik dikonsumsi saat Anda berbuka puasa.

di laman website kami.[](SH)

Ditulis oleh:
dr. Sophia B. Hage
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

Pengetahuan terus berkembang, berbagai penelitian dilakukan untuk mengamati efek buruk dari merokok dan pengaruh asap rokok terhadap orang lain. Tentu Anda sudah akrab dengan bahaya dari menghisap rokok. Asap rokok mengandung berbagai zat racun yang bersifat toksik bagi tubuh dan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan keganasan. Bahaya rokok tidak hanya terbatas pada perokok aktif, namun juga pada mereka yang menghisap asap rokok. Terdapat dua penelitian terbaru terkait perokok pasif yang perlu kita ketahui, apa saja itu? Berikut penjelasannya: 1. Bahaya asap rokok bagi anak-anak Bertambah lagi satu penelitian tentang bahaya rokok pada anak-anak. Pada anak dari orang tua yang merokok, terjadi peningkatan ketebalan arteri. Peningkatan ketebalan arteri ini tentu meningkatkan risiko anak untuk terkena berbagai penyakit, khususnya penyakit terkait pembuluh darah jantung. Hal ini khususnya terlihat pada anak dengan kedua orangtua yang merokok. (Baca: Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa). Asap rokok dari hasil rokok orang tua akan memaparkan asap yang beracun pada anak-anak. Anak-anak ini memiliki risiko yang lebih ting [...]

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh journal of Medicine and Science menunjukkan bahwa kebanyakan pria dan wanita telah merasa melakukan olahraga dengan cukup. Ada yang berpendapat, sudah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci sudah termasuk olahraga dan cukup menjawab kebutuhan kesehatan tubuh. Atau ada juga yang berpendapat, sudah melakukan jogging 15 menit, asal keluar keringat, sudah cukup untuk menjawab kebutuhan wajib olahraga hariannya. (Baca: Pekerjaan Rumah Tangga, Termasuk Olahraga atau Bukan?) Sudah cukup benarkah demikian? Nah, ada beberapa cara berikut ini yang dapat membantu Anda mengukur apakah yang Anda lakukan sudah cukup berolahraga, tidak berlebih dan tidak kurang, antara lain: Catat di jurnal Anda dapat menuliskan catatan atau note mengenai aktivitas berolahraga Anda seperti: jumlah hari atau kapan saja Anda berolahraga, intensitas dan jumlahnya. Jika Anda sudah mendapat catatan dari rekam kegiatan Anda, akan sangat mudah melakukan konsultasi atau bahkan mengukur ke diri sendiri, sudah cukupkah Anda melakukan olahraga. Atau Anda dapat mempermudah diri dengan menggunakan aplikasi smartphone yang dewasa ini tumbuh menjamur b [...]

Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok

Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok

Oleh: dr. Aditihia Kwee Apakah Anda pernah memperhatikan bentuk tulang belakang anak Anda yang tidak lurus seperti anak lainnya? Mungkin anak Anda menderita skoliosis. Skoliosis merupakan suatu kelainan bentuk tulang belakang yang mana tulang belakang membengkok ke samping sehingga membentuk huruf ?C? ataupun ?S?. Biasanya dapat terlihat pada bagian pinggul atau bahu yang tinggi sebelah dan tidak simetris. Skoliosis dapat timbul tanpa diketahui penyebabnya atau disebut skoliosis idiopatik dan dapat juga disertai penyebab seperti trauma ataupun kesalahan kebiasaan posisi duduk atau bahkan kebiasaan tidur saat masih kecil. Skoliosis biasanya menimbulkan nyeri pada penderitanya, terutama jika penderita kelelahan, terlalu lama duduk atau berdiri, dan mengangkat beban berat. Hal ini dikarenakan beban yang ditumpu oleh tulang belakang tidak seimbang sehingga lokasi tulang belakang tersebut bengkok akan terasa nyeri. Penanganan skoliosis dapat dilakukan dengan 3 cara. 1. Pengamatan Langsung Pengamatan langsung yang dilakukan dimaksudkan untuk mengontrol derajat dari kelengkungan tulang apakah bertambah setiap tahunnya. Biasanya dilakukan oleh penderita skoliosis dengan derajat ringan. 2. [...]

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

Umumnya orang tidak suka makan sayuran hijau karena rasanya cenderung hambar dan dianggap kurang nikmat ketimbang daging-dagingan atau buah-buahan. Padahal sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh dan wajib dikonsumsi setiap hari. Ini alasannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Melawan Radikal BebasSayuran hijau kaya akan vitamin K dan klorofil yang membantu darah lebih baik menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh serta melawan radikal bebas yang merusak. Sawi, bayam, kangkung dan sejenisnya juga bersifat alkali yaitu menjaga tingkat pH tubuh agar tetap stabil. Tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa. Level pH yang tidak seimbang bisa mendatangkan berbagai penyakit.2. Mencegah Bau MulutRajin makan sayuran juga bisa mencegah bau mulut dan aroma tubuh tidak sedap karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Klorofil berfungsi sebagai detoks tubuh termasuk mengeluarkan racun penyebab bau badan dan mulut. Jadi jika Anda memiliki bau mulut atau badan tidak sedap, konsumsilah satu hingga tiga porsi sayur tiap hari. Semakin pekat atau gelap warna hijaunya, maka kandungan klorofil makin tinggi.3. Kaya MineralSayuran hijau kaya akan mineral dan bisa memenuhi [...]

4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Ini beberapa faktor penyebab sakit saat menstruasi, seperti dikutip dari Refinery 29. 1. KramHampir semua wanita mengalami kram pada perut saat menstruasi dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu."Wanita muda yang baru datang bulan mungkin akan lebih sensitif merasakan kram perut, sebab rahim mereka lebih kecil dibandingkan wanita usia dewasa yang mungkin pernah hamil sebelumnya," ujar dr. Vanessa Cullins, vice president external medical affairs di Planned Parenthood Federation of America, seperti dikutip dari Refinery 29.Dr. Cullins menyarankan untuk mengurangi kram perut dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas dan istir [...]

Alergi Kacang Tanah

Alergi Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, Kacang tanah sebenarnya bukan kacang benar, tetapi legume (dalam keluarga yang sama seperti kacang polong dan lentil). Namun protein dalam kacang serupa dengan struktur dengan yang ada di dalam kacang pohon. Untuk alasan ini, orang-orang yang alergi terhadap kacang tanah juga bisa alergi terhadap kacang pohon, seperti almond, kacang Brazil, walnut, hazelnut, macadamia, pistachio, pecan, dan kacang mete. Reaksi Alergi Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru percaya bahwa sesuatu yang berbahaya, seperti kacang atau selai kacang pohon, sebenarnya berbahaya.Sistem kekebalan tubuh merespon dengan menciptakan antibodi spesifik untuk protein dalam makanan itu.Antibodi ini - yang disebut imunoglobulin E (IgE) ?yang dirancang untuk melawan "penyerbu" protein. Antibodi IgE memicu pelepasan bahan kimia tertentu ke dalam tubuh.Salah satunya adalah histamin. Pelepasan histamin dapat mempengaruhi sistem pernapasan seseorang, saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular, yang menyebabkan gejala alergi seperti sesak nafas, muntah sakit perut,,gatal-gatal gatal, dan bengkak. Reaksi terhadap [...]

Pemetaan Otak Membuktikan Bahaya Violent Video Games

Pemetaan Otak Membuktikan Bahaya Violent Video Games

Sebuah penelitian di Indiana University School of Medicine, Amerika Serikat berhasil membuktikan bahaya memainkan ?violent video games? terhadap bagian otak yang berperan penting dalam mengontrol emosi dan fungsi kognitif diri. Hasil penelitian ini disertai bukti kuat atas hasil pemetaan otak fMRI (functional magnetic resonance imaging) 28 partisipan usia 18 ? 29 tahun yang terbagi dalam dua kelompok. Kedua kelompok yang masing-masing terdiri dari 14 orang dengan usia acak tersebut diberikan penugasan berbeda selama beberapa minggu. Kelompok pertama dibiarkan memainkan video games kekerasan selama 10 jam/hari, sedangkan kelompok yang lain diberikan pelatihan dalam mengontrol emosi, perhatian dan kecepatan berhitung di rumah masing-masing untuk menjaga ?natural environment? sehingga tidak menggangu hasil penelitian apabila dilakukan di lab. Pemetaan gambar fMRI yang dilakukan sebelum, saat percobaan dan sesudah, menunjukkan perbedaan siknifikan pada fungsi bagian lobus otak kiri depan. Mereka yang dibiarkan bermain video games kekerasan, mengalami pengecilan fungsi otak secara drastis berbanding terbalik dengan mereka yang melakukan pelatihan mengalami perkembangan fungsi otak. Bahk [...]

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Pada orang dengan kencing manis atau diabetes melitus, penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) merupakan masalah yang paling umum dihadapi ketika memulai latihan fisik. Hal ini biasanya merupakan perhatian khusus bagi seseorang yang mengkonsumsi obat penurun gula darah atau insulin. Hipoglikemia, yang didefinisikan sebagai kadar gula darah <70 mg/dl, bersifat sangat relatif. Pada kasus dimana terjadi penurunan kadar gula secara tiba-tiba akibat olahraga, seseorang dapat menunjukkan gejala hipoglikemia meskipun kadar gula darahnya tidak rendah. Gejala yang umum terjadi saat hipoglikemia adalah: Gemetar Rasa lemah Berkeringat secara abnormal Gelisah, cemas Rasa kesemutan di mulut dan jari-jari Rasa lapar Gejala pada sistem saraf dapat meliputi sakit kepala, gangguan penglihatan, kebingungan, amnesia, kejang, bahkan sampai kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, hal-hal yang harus diperhatikan bagi seseorang dengan diabetes yang ingin memulai olahraga untuk meminimalisasi risiko hipoglikemia adalah: Memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah latihan fisik, khususnya saat ia baru akan memulai atau memodifikasi program latihan fisik yang [...]

Awas, Terlalu Sering Buka Facebook Bisa Buat Depresi

Awas, Terlalu Sering Buka Facebook Bisa Buat Depresi

Apakah Anda termasuk orang yang gemar meng-update status Twitter dan membuka akun Facebook tiap saat? Jika ya, berhati-hatilah karena menurut penelitian, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Misalnya saja seperti, kecanduan akan obat-obatan terlarang dan alkohol, hingga depresi dan melambatnya keterampilan kognitif seseorang.Namun peneliti juga mengatakan bahwa situs jejaring sosial juga memberikan efek positif. Berikut beberapa dampak positif serta negatif Facebook dan Twitter, seperti yang dikutip dari healthmeup.1. Jumlah Teman di Facebook Berkaitan dengan Struktur OtakMenurut penelitian terbaru di University College London, orang-orang yang punya banyak teman di jejaring sosial cenderung memiliki grey matter atau area di otak besar yang lebih besar. Bagian otak ini berhubungan dengan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sosial. Dilihat dari ukuran atau volume grey matter, maka seharusnya perbedaan jumlah teman akan teramati baik di internet maupun di dunia nyata. Asumsi ini juga terbukti benar dalam penelitian itu, berdasarkan hasil pengamatan terhadap sedikitnya 125 mahasiswa.2. Facebook Bisa Buat DepresiPenelitian yang dilakukan oleh Stony Brook Univers [...]

6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

Dengan perkembangan teknologi yang begitu maju, Jepang pun mampu membuat 'lompatan besar' dalam pengobatan kanker dan penyakit jantung. Namun nyatanya hal itu tidak semata-mata berkat teknologinya.Pola hidup mereka yang baik membuat orang Jepang panjang umur dan lebih sehat. Seperti yang dikutip dari Self, berikut beberapa kebiasaan sehat para orang Jepang yang bisa ditiru.1. Makan Rumput LautRumput laun merupakan salah satu bahan utama masakan orang Jepang. Secara haraviah, rumpu laut mengandung multivitamin yang berisi potasium, kalsium, magnesium, besi, yodium vitamin C, serat dan bea karoten.2. Makan IkanSudah menjadi kebiasaan orang Jepang untuk mengonsumsi ikan tuna, makarel dan salmon. Ketiganya dipercaya mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara.3. Minum Teh Hijau atau OchaMenurut penelitian, orang yang minum enam cangkir teh dalam sehari memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan kanker.Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa senyawa kimia EGCG dan antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau, bisa mempercepat metab [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *