Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia. Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka. Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian. Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya. Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan [...]

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Selama ini, yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga tidak sehat bagi tubuh. Salah satunya dampak negatifnya, bisa meningkatkan risiko terkena stroke.Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik. Tidur terlalu lama bisa membuat kekebalan tubuh terganggu."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup, baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan 'bonus' bagi tubuh, sehingga orang berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur."Hal ini dikenal dengan 'sleep drunkenness', jika sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil keputusan. Tapi unt [...]

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester kedua kehamilan, yaitu antara 4-6 bulan. Berikut tips-tips nya untuk Anda. Persiapan Mudik Wanita Hamil Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester [...]

Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan Anda dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Apa saja? Ini daftar keuntungan jika rajin makan apel yang bisa Anda dapatkan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Menurunkan KolesterolSatu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini memblokir penyerapan kolesterol, membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai tenaga. Tidak menyimpannya hingga menumpuk di dalam tubuh.2. Mengenyangkan Perut Tanpa Kalori BerlebihApel kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, tanpa Anda harus mengasup kalori terlalu banyak. Apel ukuran medium mengandung 95 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencernanya ketimbang gula atau nasi putih. Sehingga lebih lama memberikan efek perut terasa penuh.3. Melangsingkan TubuhMakanlah apel bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Di dalam kulit apel terdapat ursolic acid, zat yang membantu mengurangi risiko obesitas. Ursolic acid berfungsi memperbanyak pembakaran kalori, sekali [...]

5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

Anda sering mengalami sakit kepala? Ada beberapa faktor yang dapat memicu sakit kepala, misalnya stres dan hidung tersumbat atau yang biasa disebut sinusitis. Namun ternyata pola diet atau konsumsi makanan tertentu, juga memiliki kontribusi tersendiri terhadap sakit kepala. Berikut lima hal tak terduga yang dapat memicu sakit kepala seperti yang dilansir oleh Times of India.1. DietDr. Sunita Tube mengemukakan bahwa ternyata pola makan dan konsumsi makanan tertentu juga dapat memicu sakit kepala. Salah satu penyebab paling umum penyebab sakit kepala saat diet adalah, terjadinya perubahan pola makan dengan mengurangi asupan kalori secara tiba-tiba."Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda menjalani diet dengan mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. Selain itu, jika Anda melewatkan waktu makan, kondisi ini dapat memicu sakit kepala. Bahkan asupan air yang sangat rendah dapat memicu sakit kepala,? kata Niti Desai, konsultan gizi asal India.2. Kandungan TyramineTyramine bekerja dengan cara mengurangi kadar serotonin di otak dan mempengaruhi pelebaran pembuluh darah sehingga dapat memicu sakit kepala. Tyramine, salah satu jenis asam amino yang menyebab [...]

Bedanya Akut dan Kronis

Bedanya Akut dan Kronis

?Duh rasa ngantukku ini sudah kronis sekali?, tutur seorang siswa SMA kepada temannya. Fenomena di tengah masyarakat yang begitu sering kita dengar, kata ?akut? dan ?kronis? dipakai tanpa dipahami betul makna sesungguhnya, untuk itu artikel ini ditulis, supaya kita bsia menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat. Dalam dunia kedokteran, kata akut dan kronis adalah dua kata yang dipakai untuk menggambarkan proses atau perjalanan sebuah penyakit. Akut menggambarkan perjalanan penyakit yang cepat, biasanya terjadi dalam hitungan jam sampai hari, sementara kronis bicara mengenai perjalanan penyakit yang progresinya panjang dan cenderung lebih lambat dalam perburukannya. Anda akan lebih mengerti setelah membaca contoh berikut ini. Jika hari ini Anto sehat-sehat saja, kemudian besok ia mulai batuk, batuknya parah sekali sampai-sampai si Anto sulit bernafas, dan batuk ini terjadi selama beberapa hari kemudian Anto sembuh, dalam kasus ini bisa kita katakan si Anto menderita batuk akut, bukan batuk kronis. (Baca: 8 Penyebab Batuk Kronis) Di lain pihak, jika seseorang terkena gangguan fungsi hati, maka tidak serta merta jika orang tersebut minum alkohol hari ini, keesokan harinya ia lang [...]

Pelukan Bagi Pria Bermanfaat Kesehatan

Pelukan Bagi Pria Bermanfaat Kesehatan

Bukan hanya wanita yang selalu ingin dimanja-manja dan dipeluk oleh pasangan, pria juga butuh cuddling, seperti pelukan dan dimanja-manja. Bagi pria, dalam sebuah hubungan mendapatkan pelukan dan dimanja pasangan atau yang berkaitan dengan tanda-tanda kasih sayang secara fisik sangat mempengaruhi jangka panjang suatu hubungan. Dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa dengan pelukan dan dimanja-manja membuat pria bahagia, sementara perempuan lebih cenderung untuk mengatakan mereka puas secara seksual. Hubungan Jangka Panjang Meneliti 1.009 pasangan dari AS, Brasil, Jepang dan Spanyol yang sudah menikah antara usia pernihakan satu sampai 51 tahun. Banyak dari setengah yang diteliti ini ada pada titik perceraian dan yang memiliki hubungan jangka panjang terlihat tidak biasa. Heiman yang meneliti ini, mengatakan ?sedikit yang kita ketahui tentang hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Apakah mereka puas dan bahagia, dan apakah yang membuat mereka puas dan bahagia. Banyak yang menjawab, dengan kasih sayang dan pelukan, membuat kami bahagia.? Sehat akan Bahagia Penelitian dilakukan dengan mendatangi dan mengumpulkan sukarelawan untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan p [...]

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Menyusul setelah memakan korban jiwa sebanyak 22 jiwa dan sedikitnya 2200 korban dirawat intensif, pihak otoritas kesehatan Indonesia mulai mengambil tindakan pengamatan dan waspada dalam mengantisipasi perluasan wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coliyang hadir dengan strain barudari benua Eropa. Strain e-coli yang baru dikenal dengan sebutan Enterohaemorrhagic Escherichia coli atau EHEC, yang memiliki dampak fatal yang memicu perdarahan parah. Pengamatan dantindakanantisipasidilakukan kepada penumpang dari mancanegara yang menunjukkan gejala infeksi; seperti kram disertai diare yang diikuti demam juga mual-muntah. Dirjen Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama memerintahkan semua unit kesehatan pada setiap instansi di bandara internasional Indonesia untuk mewaspadai hal-hal tersebut. ?Memang masih terlalu dini untuk merespon keadaan yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak ada salahnya dengan mengambil tindakan pencegahan ekstra,? jelasnya. Lebih jauh beliau menjelaskan masa inkubasi EHEC yang berkisar antara 3 hingga 8 hari. Bakteri tersebut diduga berasal dari sayuran kecambah dar [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *