Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Olahraga dan Diabetes

Olahraga dan Diabetes

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Hanya dengan aktivitas fisik, para penderita diabetes mellitus tipe 2 dapat menghilangkan lemak yang berakumulasi di organ hati dan perut serta menurunkan risiko penyakit jantung. Para dokter sejak dahulu merekomendasikan kepada para penderita diabetes untuk melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap berat badan dan juga melatih organ-organ seperti jantung, paru-paru dan hati. Teori bagaimana olahraga dapat mempengaruhi penumpukan lemak pada area-area di tubuh masih belum jelas, namun terdapat beberapa bukti bahwa lemak yang terdapat dalam organ-organ dalam seperti pada hati dan jantung lebih berbahaya dibandingkan yang terdapat di bawah kulit, sebab lemak ?dalam? atau biasa disebut visceral fat, dapat mengeluarkan beberapa jenis hormone yang dapat mempengaruhi produksi kalori di tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh dr. HIldo J Lamb dari bagian Radiology University of Leiden, pada penelitian ini dr. Hildo dan kawan-kawan meneliti 12 laki-laki usia baya yang menderita diabetes untuk melakukan olahraga ringan-sedang secara intensif selama 6 bulan. Olahraga dilakukan selama 3,5 ? 6 jam per minggu namun pola makan atau [...]

5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Liburan

5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Liburan

Saat merencanakan liburan, kebanyakan orang hanya fokus pada kegiatan seru dan destinasi menarik sehingga mengesampingkan kesehatan. Padahal ada beberapa penyakit yang mengintai kita semua saat sedang travelling.Ketika pergi berlibur, orang cenderung menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan yang dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Belum lagi penggunaan fasilitas umum dan kontak dengan banyak orang. Artinya Anda terpapar banyak kuman yang bisa mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit infeksi.Seperti yang dikutip dari detikhealth, ada beberapa penyakit yang seringkali muncul sat liburan. Apa saja?1. Infeksi Saluran PernapasanIni merupakan salah satu penyakit yang menyerang ketika seseorang sedang pergi berlibur. Mengapa bisa terjadi? Biasanya infeksi saluran pernapasan terjadi ketika Anda sering melakukan kontak pada banyak orang, cuaca dingin, dan juga debu.2. DiarePenyakit ini bisa disebabkan oleh penggunaan fasilitas umum. Misalnya toilet umum, pegangan di angkutan umum atau kran air. Selain itu, makanan dan minuman yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebab lainnya. Sebagai solusi, bawalah sellau cairan pembersih tangan dan perhatian makanan yang akan disan [...]

Makan Junkfood Bisa Buat Orang Merasa Tertekan

Makan Junkfood Bisa Buat Orang Merasa Tertekan

Junkfood tidak hanya membahayakan kesehatan fisik seseorang saja. Menurut penelitian, makanan tersebut juga dapat merusak kesehatan mental, sehingga buat orang merasa tertekan.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering memakan hamburger, hotdog, dan pizza memiliki kemungkinan sebesar 51 persen untuk mengalami depresi, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan junkfood.Selain itu penelitian juga menemukan, orang yang secara teratur mengonsumsi junkfood cenderung tidak memiliki pasangan, kurang aktif, merokok dan bekerja lebih dari 45 jam tiap minggunya.Penelitian tersebut melibatkan hampir 9.000 peserta yang tidak pernah didiagnosa menderita depresi. Dalam penelitiannya, para peneliti meminta sebagian kelompok memakan junkfood dan menilainya selama 6 bulan.Hasilnya, ditemukan 493 diantara peserta yang mengonsumsi junkfood didiagnosa menderita depresi atau mulai mengonsumsi obat-obatan anti depresan."Bahkan memakan dalam jumlah kecil terkait dengan kemungkinan secara signifikan untuk mengalami depresi. Asupan makanan jenis ini harus dikontrol karena implikasinya terhadap kesehatan (obesitas, penyakit kardiovaskuler) dan kesejahteraan mental," ujar D [...]

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Pengobatan tradisional kerap menjadi alternatif pilihan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Di Korea, ada obat tradisional, anggur beras yang mengandung tinja. Wine atau anggur ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.Wine beras asal Korea ini dikenal dengan nama Ttongsul. Minuman beralkohol ini sedikit berbeda dengan wine yang dinikmati orang pada umumnya karena mengandung bahan baku spesial yaitu tinja anak-anak.Minuman ini tidak banyak dinikmati di Korea Selatan. Bahkan wine ini hampir punah pada tahun 60-an karena tidak banyak yang tahu cara pembuatannya. Seorang reporter dari VICE, media yang kerap membuat seri dokumenter menelusuri jejak minuman tradisional Korea ini. Dia menemui dokter yang mengklaim sebagai salah satu dari sedikit orang yang tahu bagaimana cara membuat anggur dari tinja tersebut. Dokter bernama Dr Lee Chang Soo itu mengungkapkan dia menggunakan bahan baku spesial untuk membuat wine yang juga obat tradisional ini. Penggunaan wine yang mengandung tinja tersebut sebagai obat ini banyak digunakan oleh orang Korea zaman dulu. Seperti untuk menyembuhkan luka, tulang yang patah hingga epilepsi. Kini tidak banyak lagi orang yang mengonsumsi wine beras de [...]

6 Cara Mengusir Bad Mood

6 Cara Mengusir Bad Mood

Bad mood atau suasana hati yang buruk merupakan suatu kondisi yang tanpa disadari dapat menjadi sumber stres yang tersembunyi dan kronik. Bad mood yang menumpuk dan tidak diatasi secara tidak disadari dapat mengganggu performa kerja seseorang. Namun, bad mood sebenarnya tidak bertahan lama, masalah psikis ini dapat diatasi dengan segera lewat beberapa tips berikut ini: 1. Cukup tidur Tidur 8,5-9,5 jam per hari dapat membantu tubuh secara fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang. (Baca: Haruskah Kita Tidur 8 jam Sehari?) 2. Berolahraga Berolahragalah di luar rumah. Bersepeda, lari, jalan cepat, bermain basket, bulu tangkis. Apapun yang Anda sukai. Nikmati suasana dimana Anda dapat mengekspresikan diri Anda dengan leluasa. (Baca: Olahraga yang Dapat Dilakukan Di Rumah) 3. Mendengarkan musik Hidup tanpa musik adalah suatu kesalahan. Nyalakan musik yang Anda sukai dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk. (Baca: Musik Tidak Terbukti Membuat Anda Lebih Pintar)= 4. ?Curhat? Berbicara dengan orang terdekat akan membantu Anda melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dan menjadi suatu sarana untuk menyalurkan emosi Anda. Selain keluarga dan teman [...]

6 Fakta Sehat Bersin

6 Fakta Sehat Bersin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Bersin merupakan kejadian yang biasa kita alami sehari-hari. Apakah arti bersin? Pada zaman dahulu, bersin dipercaya sebagai sebuah pengalaman mati suri. Di Indonesia sendiri, bersin memiliki berbagai macam arti, tergantung dari jam terjadinya, misalnya tanda bahwa Anda sedang dibicarakan orang banyak atau akan ada ajakan makan. Dari segi medis, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan. Proses bersin itu sendiri dicetuskan oleh stimulasi fisik saraf trigeminal. Cabang-cabang saraf trigeminal pada wajah sangat sensitif terhadap stimulasi kimiawi, mekanis, dan sentuhan (taktil), termasuk sensasi nyeri dan suhu. Cabang saraf tersebut juga terdapat pada permukaan dalam hidung. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik mengenai bersin: Kecepatan udara yang ditimbulkan oleh bersin mencapai 100 mil/jam. Satu kejadian bersin dapat mengirimkan 100,000 kuman ke udara. Mencabut alis dapat membuat kita bersin karena merangsang saraf trigeminal. Kita tidak dapat bersin saat tidur. Olahraga dapat mencetuskan bersin. Saat berolahraga, keadaan hierpventilasi menyebabkan hidung dan mulut kering. [...]

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Menjadi brand ambassador pakaian dalam, David Beckham tidak hanya meningkatkan penjualan produk yang diiklankannya. Tapi juga permintaan operasi pembesaran Mr. Happy, atau disebut juga dengan penoplasty. Sejak Beckham membintangi iklan pakaian dalam Armani dan H&M, sedikitnya ada ratusan orang di Inggris setiap tahunnya yang melakukan operasi untuk menambah ukuran penis menjadi 1-2 inchi lebih besar. Kepada situs The Sun, Dr Roberto Viel mengklaim telah mengoperasi lima pasien dalam seminggu di kliniknya, Harley Street."Di abad ini, memiliki penis besar telah menjadi semacam simbol status. Tapi baru sekarang ini pria bisa melakukan hal tersebut (pembesaran penis). Jika memang ada solusi, kenapa tidak digunakan?" ujar Dr Roberto.Ahli bedah plastik ini mengaku punya banyak klien dari berbagai kalangan dan profesi yang telah membesarkan penisnya. Mulai dari tukang bangunan, ahli mekanik hingga kalangan eksekutif dan politisi dengan rentang usia antara 20 sampai 70 tahun."Klien saya lebih banyak yang berusia 30-40 tahun, tapi ada juga beberapa yang 20 dan 70 tahun yang ingin operasi penoplastyGambar pria yang mengenakan boxer dengan Mr Happy yang 'menyembul' memang sedikit banya [...]

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Hidup tanpa emosi negatif seperti rasa iri dan dengki, tak hanya membuat kehidupan Anda jadi lebih bahagia. Dikutip dari times of india, sebuah penelitian mengungkap, ternyata sikap positif juga bisa membuat Anda lebih panjang umur.Sebuah studi mengenai kebahagiaan dan kesehatan menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat optimis, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung lebih rendah 30 persen.Menurut hasil penelitian yang dinamakan ?Women?s Health Initiative? itu, rasa marah dan cemas yang berlebihan telah lama diketahui dapat mengganggu fungsi jantung karena stabilitasnya berubah. Selain itu, kemarahan dan kecemasan juga mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan peradangan.Oleh karena itu, ketua tim peneliti, Hilary A. Tindle, MD merekomendasikan betapa pentingnya berpikir optimis dan positif. Sikap positif pun bisa didapatkan dengan cara mudah, seperti rekreasi, menonton film atau liburan.Selain itu, membangun sebuah hubungan persahabatan, meditasi dan membuat diri Anda lebih berarti untuk orang lain juga bisa membuat Anda jauh lebih berguna dan bahagia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk selalu jalani hidup dengan sikap positif untuk hidup lebih lama.(eya/hs [...]

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Nyeri adalah pengalaman sensori atau emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh. Nyeri merupakan sinyal dari tubuh bahwa telah terjadi kerusakan sel atau jaringan yang aktual maupun potensial. Tanpa nyeri, mungkin Anda tidak akan tahu bahwa sebenarnya Anda memiliki masalah kesehatan dan membutuhkan pengobatan. Nyeri kepala merupakan keluhan yang banyak dilaporkan kepada dokter. Penyebab nyeri kepala bermacam-macam, dari mulai stres emosional sampai adanya penyakit yang mendasari. Sebagian nyeri kepala dapat sembuh sendiri dan bukan masalah yang serius. Anda mungkin akan mengeluhkan nyeri kepala saat terkena influenza atau infeksi virus lainnya, dan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, ada beberapa juga yang mengindikasikan adanya kelainan medis yang serius, seperti tumor, stroke, aneurisma, infeksi otak, dan sebagainya. Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 6 Tanda Pusing Sudah Berbahaya Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 1. Nyeri kepala hebat yang muncul tiba-tiba. 2. Disertai kelainan neurologik Kelainan neurologik berupa perubahan fungsi kognitif (daya ingat), men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *