Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Yoga menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang malas untuk latihan yang berat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari yoga. Sehingga tak heran banyak wanita yang kini beralih untuk ikut kelas yoga. Seperti dilansir dari webmd, setidaknya ada lima manfaat yang paling banyak terasa dari yoga. Berikut manfaat-manfaat tersebut.1. FleksibilitasKetika beberapa orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan seperti fitnes, sehingga merasa terlalu tua, dan tidak fit untuk melakukan yoga. Salah satu bagian dari yoga disebut asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan dan lubrikasi di sendi.Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi juga seluruh sel-sel tubuh Anda. Dalam suatu studi ditemukan bahwa terdapat peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan badan.2. KekuatanBeberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Mempraktikkan salah satu dari gaya ini akan membantu mening [...]

Cara Mendeteksi Dini & Pencegahan Kanker Serviks

Cara Mendeteksi Dini & Pencegahan Kanker Serviks

Kanker leher rahim (kanker serviks) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim (bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina). Kanker ini merupakan kanker yang paling berbahaya dan menakutkan. Wanita sangat rentan dengan penyakit tersebut.Menurut seorang ahli onkologi, Dr. Toto Imam, Sp.OG (K) Onk, dalam acara Talkshow Kesehatan dan Kecantikan bersama Dewi Sri Spa dan Rudy Hadisuwarno Cosmetic, yang diselenggarakan oleh Wanita TNI, "kanker serviks terjadi karena kuman. Hal ini juga terkait kuat dengan Human Papilloma Virus (HPV).""Gejalanya seperti keputihan atau cairan encer berbau, perdarahan di luar siklus haid, perdarahan sesudah menopause dan nyeri di daerah panggul," tutur Dr. Toto di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.Faktor risiko penyebab kanker serviks ini yaitu:- Menikah atau melakukan hubungan seksual pada usia muda (- Sering berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan seksual- Tidak merawat kebersihan alat kelamin- Riwayat infeksi berulang di daerah kelamin atau radang panggul- Wanita yang sering melahirkan- Wanita perokok memiliki risiko dua kali lebih besar diban [...]

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Biasanya mendengarkan musik atau mearik napas dalam-dalam menjadi solusi untuk meredam emosi atau amarah. Tapi kini ada juga cara yang terbilang unik namun terbukti cukup efektif, yakni minum segelas jeruk manis.Cara ini tidak akan mengubah seseorang menjadi benar-benar sabar dan pemaaf, sebab pada titik tertentu kemarahan itu tetap akan muncul. Namun setidaknya campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya.Kuncinya memang bukan pada air jeruk melainkan pada glukosa atau gula sederhana dalam minuman tersebut. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.Kurangnya pasokan gula ke otak bisa menyebabkan emosi negatif tidak terkendali, sehingga menjadi lebih agresif dan mudah tersinggung. Itulah sebabnya hingga batas tertentu es jeruk yang dipermanis dengan gula bisa meredam kemarahan yang meledak-ledak.Manfaat minum jeruk manis bukan sekedar dugaan teoritis sebab tim dari Ohio State University telah membuktikannya baru-baru ini. Sebanyak 62 pelajar sekolah menengah dilibatkan dalam eksperimen pembuktian yang dipimpin oleh Prof Bra [...]

Penyebab Ngantuk Sehabis Makan

Penyebab Ngantuk Sehabis Makan

Setelah makan seharusnya kita lebih berenergi karena mendapatkan asupan kalori. Lalu kenapa setelah makan besar justru membuat ngantuk? Jawabannya adalah apa yang kita makan. Pasalnya, makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi gula menyebabkan otak untuk fokus penuh di organ pencernaan kita. Jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu respons saraf parasimpatis segera setelah makanan tersebut melewati usus halus. Karboohidrat tinggi, makanan berlemak dan tinggi gula memberikan rangsangan ke otak untuk memperlambat dan menempatkan fokus untuk mencerna makanan daripada mencari makanan lain. Secara lebih spesifik, para peneliti menemukan kelompok sel otak yang disebut saraf orexin yang ditemukan di hipotalamus yang sifatnya sangat sensitif terhadap kadar glukosa, yang biasanya tinggi setelah makan besar. Saraf tersebut memproduksi protein orexin yang mempengaruhi kesadaran di otak. Tak ayal, pengaruh kesadaran otak tersebutlah yang membuat kita jadi mengantuk setelah setiap makan. Namun demikian, ternyata tidak faktor orexin saja, ada reaksi berantai lainnya yang menyebabkan kita jadi mudah mengantuk setelah makan, halaman berikut penjelasannya: Mak [...]

4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala baik yang ringan sampai nyeri yang luar biasa. Ada berbagai jenis sakit kepala, dan tentu saja cara menghadapinya pun berbeda.Jangan sampai Anda salah mengenali jenisnya, dan melakukan pengobatan yang tak tepat. Bukannya sembuh, bisa jadi justru bertambah parah. Berikut adalah jenis sakit kepala dan cara mengatasinya yang dilansir dari Health.1. Sakit Kepala Tegang (Tension)Sakit kepala jenis ini paling umum dialami oleh setiap orang. Sakit kepala ini umumnya dakibatkan oleh ketegangan otot dibagian kepala, bahu dan belakang leher.Gejala: Sakit kepala tegang diawali dengan rasa sakit yang akut pada titik pemicu, nyeri dan sakit pada otot di area leher dan pundak.Penyebab: Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan.Pengobatan: Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya Aspirin, Ibuprofen, dan Naproxen. Atau mulailah untuk melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat.2. Sakit Kepala MigrenSakit kepala migren sering digambarkan sebagai salah satu jenis sakit kepala yang hebat, berden [...]

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Apakah Anda mengalami rambut rontok? Apakah yang menyebabkan rambut Anda rontok? Pernahkah Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang rontok setiap harinya? Kerontokan rambut yang mencapai 100 helai perhari masih dianggap wajar. Kerontokan rambut pasti sangat sering terjadi di sekitar kita. Rontoknya rambut yang berlebihan tentunya akan membuat Anda cemas dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari terutama karena mengganggu penampilan sehingga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor keturunan. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan rambut rontok, dapat dipastikan Anda pun akan memiliki kecenderungan untuk mengalami hal serupa. Stres psikologik juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini. Banyak pikiran karena masalah pekerjaan, keluarga, atau hubungan asmara harus pandai Anda atasi karena ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan rambut Anda. Kerontokan juga dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan contohnya pada kemoterapi karena kanker. Obat kemoterapi yang menyerang sel-sel kanker ternyata juga menyerang sel-sel lain pada tubuh kita salah satunya yaitu sel folikel rambut. [...]

4 Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Selama Berpuasa

4 Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Selama Berpuasa

Cairan merupakan bagian penting dari tubuh kita. Bahkan, sekitar 60-70% tubuh kita tersusun dari air. Untuk itulah selama bulan puasa, kita tetap perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh dan berusaha memenuhinya agar tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Tapi ternyata untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk mendukung ibadah berpuasa dibutuhkan cairan yang bukanlah sembarangan cairan. Karena bukan berarti Anda membutuhkan cairan lantas dapat dijawab dengan bir atau minuman beralkohol lainnya, bukan? Ada beberapa cairan yang wajib Anda hindari dan dianjurkan. Apa saja cairan yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa? 4 Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Selama Berpuasa Cairan merupakan bagian penting dari tubuh kita. Bahkan, sekitar 60-70% tubuh kita tersusun dari air. Untuk itulah selama bulan puasa, kita tetap perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh dan berusaha memenuhinya agar tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Tapi ternyata untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk mendukung ibadah berpuasa dibutuhkan cairan yang bukanlah sembarangan cairan. Karena bukan berarti Anda membutuhkan cairan lantas dapat dijawab dengan bir atau minuman beralkoho [...]

Awas Pewarna Makanan!

Awas Pewarna Makanan!

Kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat. Jika makanan kita sehat, kita dapat menghindari sakit dan menjadi lebih produktif. Seringkali karena keterbatasan waktu, kita tidak memperhatikan lagi apa yang kita makan, dari mana asalnya dan bagaimana proses pembuatanya. Makanan segar, buah dan sayur, lebih berguna bagi tubuh, karena mengandung banyak vitamin & mineral, daripada makanan cepat saji yang sangat rendah nutrisi. Selain rendah nutrisi, makanan dan minuman yang diproses (cepat saji/kaleng/beku/berwarna cerah) biasanya ditambahkan zat aditif. Apa itu zat aditif? Zat aditif adalah segala sesuatu yang bersifat artifisial/buatan yang ditambahkan ke dalam makanan, misalkan: pewarna buatan dan penguat rasa. Pewarna Makanan Banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa, warna makanan mempengaruhi bagaimana persepsi kita terhadap makanan. Tanpa warna, selera dan persepsi kita akan makanan menjadi kurang baik. Untuk itulah, pada makanan-makanan yang diproses, industri (besar/kecil) pembuat makanan menambahkan pewarna buatan. Pewarna makanan buatan ini sebenarnya memiliki banyak kontroversi, karena bahaya yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan kita [...]

Gatal pada Penis, Indikasi Penyakit Menular?

Gatal pada Penis, Indikasi Penyakit Menular?

Gatal pada penis adalah kondisi umum yang dapat terjadi akibat infeksi ringan yang dapat hilang dengan penanganan sendiri. Namun ada kalanya gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual. Umumnya gatal pada penis dapat diredakan dengan perawatan sendiri dan obat-obatan yang dijual secara bebas. Namun jika gatal tidak kunjung reda, bisa jadi ada penyebab lain yang lebih serius. Mengenal Penyebab Gatal Penanganan gatal pada penis dilakukan menurut penyebab terjadinya kondisi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab umum timbulnya rasa gatal pada penis. Infeksi jamur atau kandidiasis Umumnya jamur tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan cepat dengan pengobatan antijamur. Meski demikian, waspada kondisi ini mengarah pada penyakit menular seksual. Infeksi ini umumnya berdampak kepada kepala penis dan disebut kandida balanitis. Jamur penyebab infeksi ini telah ada secara alami dalam tubuh dan tidak berbahaya pada kondisi tubuh sehat. Kondisi tertentu seperti diabetes membuat jamur dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Pada pengidap diabetes, infeksi berisiko untuk datang kembali, meski pengidap telah menjalani pengobatan. Selain gatal, gejala lain yang menyert [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *