Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Jerawat di dagu dan rahang tidak juga hilang meskipun sudah diobati dan rajin membersihkan wajah? Bisa jadi penyebabnya tidak hanya karena faktor luar, tapi juga dari dalam tubuh.Penyebab jerawat di dagu dan rahang umumnya dikarenakan stres dan pola makan yang tidak sehat. Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.Orang yang mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat. Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres. Untuk mengurangi stres, ada teknik pernapasan yang perlu dilakukan dan caranya pun cukup mudah."Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan cara Anda bernapas bisa menurunkan kecemasan dan detak jantung," ujar Amy, seperti dikutip dari Women's Health.Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi p [...]

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Melatih tubuh bagian atas, salah satunya dengan membentuk otot lengan, tidak hanya berperan untuk memperindah penampilan tubuh. Lebih dari itu, melatih otot lengan bermanfaat menjadikan kinerja tubuh menjadi lebih baik. Otot lengan yang kuat akan memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan yang sederhana sekalipun, seperti meraih benda di rak tinggi, menenteng belanjaan, menggendong anak, atau mengangkut setumpuk pakaian. Rangkaian gerakan berikut dapat dicoba sendiri di rumah atau di sela-sela waktu istirahat di kantor. Tidak perlu waktu lama, cukup sekitar 10 menit per hari. Gerakan ini bahkan dapat dilakukan sambil menonton TV atau menunggu cucian dalam mesin cuci mengering. Tapi sebelumnya disarankan untuk diawali dengan gerakan peregangan dan pemanasan selama 5 menit demi mengurangi risiko cedera otot. Tekuk Lengan Atas Gerakan ini cocok diterapkan sebagai langkah permulaan latihan atau dapat juga dilakukan oleh lansia yang ingin membentuk otot lengan. Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu sambil memegang botol berisi air pada kedua tangan. Secara perlahan, tekuk kedua lengan pada sisi tubuh dan angkat beban hingga setinggi bahu. Tahan beber [...]

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Kebiasaan tidur setiap orang tentunya berbeda-beda, mulai dari jam berapa harus tidur hingga harus dimatikan atau dinyalakankah lampu kamarnya. Ada sebagian orang yang mengaku tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi lampu menyala. Namun ada pula yang justru tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi gelap. Termasuk yang manakah Anda? Kondisi kamar yang seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk tidur? Saat tidur sebaiknya lampu kamar dimatikan. Mengapa demikian ? Bila kita mematikan lampu saat tidur, homon melanosit kita akan bekerja maksimal. Hormon inilah yang mengatur irama sirkadian atau jam biologis tubuh kita. Hormon ini yang akan menimbulkan rasa ngantuk dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh bahwa ini adalah waktunya tubuh Anda beristirahat sehingga tidur yang dihasilkan pun akan berkualitas. Apa yang terjadi jika Anda membiarkan lampu menyala ketika Anda tidur? Ini yang Terjadi Jika Anda Membiarkan Lampu Menyala Ketika Tidur Sebaliknya, bila lampu kamar dibiarkan menyala, hormon melanosit tidak disekresi sehingga akan mengganggu irama sirkadian tersebut. Walaupun Anda merasa mengantuk karena kelelahan tetapi tubuh Anda tidak mendapat sinyal ba [...]

Cara Mudah Cegah Obesitas Karena Terlalu Banyak Duduk di Kantor

Cara Mudah Cegah Obesitas Karena Terlalu Banyak Duduk di Kantor

Memiliki profesi dimana Anda duduk seharian di kantor yang nyaman tampaknya memang menyenangkan. Namun sejumlah penelitian membuktikan bahwa kondisi seperti ini bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti meningkatkannya level kolesterol dan melebarnya ukuran pinggang. Duduk seharian dan kurang bergerak ini bisa membawa Anda pada masalah obesitas atau kelebihan berat badan.Untuk menyiasatinya, gaya hidup sehat tentu saja harus disiplin diterapkan. Banyak-banyaklah berolahraga dan hindari terlalu banyak makanan siap saji. Dengan padatnya kesibukkan, cara-cara tersebut memang kerap sulit dipraktekan. Lalu adakah langkah mudah demi menghindari timbunan lemak karena kurang gerak saat kerja?Salah satu cara mudah mengusir lemak yang bisa Anda lakukan di sela-sela bekerja adalah dengan berjalan-jalan. Cara tersebut adalah hasil penelitian dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kesehatan dan Sains Oregon.Para peneliti menemukan bahwa berjalan selama lima menit setelah duduk selama satu jam bisa menjauhkan Anda dari obesitas dan beberapa penyakit lain yang bisa disebabkan oleh kebanyakan duduk seperti diabetes, stroke, serta dari rusaknya arteri kaki. Karena saa [...]

10 Tips Cemilan Sehat Anak

10 Tips Cemilan Sehat Anak

Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang berlemak dan berkalori malah membuat anak jadi kegemukan atau obesitas, yang juntrungannya malah-malah membuat anak berisiko mengalami gangguan jantung dan bahkan diabetes. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk memastikan menu cemilan sehat untuk anak? 10 Tips Cemilan Sehat Anak Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang ber [...]

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Seorang wanita dapat hamil jika sperma dari pria membuahi salah satu sel telurnya. Kontrasepsi, jenis apapun, bertujuan untuk mencegah terjadinya hal ini. Salah satu bentuk dari kontrasepsi untuk pria adalah vasektomi atau prosedur sterilisasi pria. Jadi pada prinsipnya vasektomi dilakukan oleh pria. Dimana dari langkah vasektomi diharapkan air mani yang keluar ketika ejakulasi tidak lagi mengandung sperma. Dengan demikian hasil dari hubungan seksual kecil kemungkinannya untuk terjadi kehamilan. Meskipun hubungan seksual dilakukan tanpa kondom dan ejakulasi terjadi di dalam liang vagina. Ingin tahu lebih jauh mengenai vasektomi? Berikut adalah penjelasan proseduralnya: Apa itu Vasektomi? Vasektomi merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan untuk memberhentikan sperma masuk ke dalam cairan mani. Sehingga sewaktu seorang pria ejakulasi, cairan mani nya tidak mengandung sperma dan sel telur wanita tidak dapat dibuahi. Bagaimana Prosedur Vasektomi? Vasektomi merupakan prosedur pembedahan minor di bawah anestesi lokal dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tuba atau saluran yang membawa sperma dari testis ke penis dipotong, diblok ataupun diikat. Biasany [...]

Makan 10 Jenis Buah Tiap Hari Jika Mau Awet Muda & Terhindar dari Kanker

Makan 10 Jenis Buah Tiap Hari Jika Mau Awet Muda & Terhindar dari Kanker

Sama seperti makanan lainnya seperti sayur, nasi dan lauk-pauk, mengonsumsi buah juga penting dilakukan setiap hari. Ada banyak manfaat dalam buah yang bisa buat hidup lebih sehat dan bugar.Ahli nutrisi dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK menjelaskan sampai saat ini masih sedikit masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya mengonsumsi buah. Menurut data dari Susenas (Survei Sosial-Ekonomi Nasional), konsumsi buah masyarakat Indonesia tergolong yang paling rendah di Asia Tenggara. Data yang sama juga memaparkan 60% masyarakat hanya makan 1 porsi buah setiap harinya. Padahal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan makan buah sebaiknya tiga porsi setiap hari.Kenapa buah penting? Buah bukan hanya sekadar untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral. Buah mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa terbentuk karena asap rokok, polusi, dan makanan. Ketika radikal bebas terbentuk di dalam tubuh, Anda bisa mengalami sakit seperti hipertensi, serangan jantung, menurunnya fungsi ginjal hingga menyebabkan penuaan. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas ini diperlukan antioksidan. Jika selama ini orang menganggap makan buah [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Oleh: dr. Sophia B. Hage Akhir-akhir ini mulai bermunculan tempat yang menawarkan fasilitas bagi bayi untuk berenang. Sewajarnya, bersamaan dengan hal tersebut muncul kekhawatiran pada ibu-ibu mengenai risiko yang terkait dan waktu yang paling tepat bagi bayi tercinta untuk melakukan kegiatan dalam air. Pertama, harus dibedakan antara belajar berenang (belajar napas, gaya bebas, dsb) dengan memperkenalkan air. Pada bayi istilah yang lebih tepat digunakan adalah memperkenalkan air, bukan berenang karena pada usia kurang dari 4 tahun perkembangan motorik bayi belum sesuai untuk mulai belajar berenang. Tetapi ini bukan berarti bayi tidak boleh diperkenalkan dengan air dan kolam renang. Hanya saja, bentuk kegiatan ini tidak bertujuan untuk membuat bayi dapat berenang, tetapi hanya untuk memperkenalkan bayi terhadap lingkungan baru dan yang baru. Salah satu penelitian yang dilakukan tahun 2010 di Norwegia menunjukkan bahwa bayi-bayi yang mulai melakukan air pada usia 2-3 bulan terbukti mengalami kemajuan dalam keseimbangan (balance) dan kemampuan menggenggam serta memegang (grasping skills) yang lebih baik dibandingkan bayi-bayi yang tidak melakukan air. Beberapa literatur mengatakan pe [...]

Vaksin Anti Infeksi Paru-paru Lolos Uji

Vaksin Anti Infeksi Paru-paru Lolos Uji

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Novavax Inc, melaporkan pada tanggal 4 April 2013 bahwa uji coba vaksin baru mereka terhadap RSV (Respiratory Syncytial Virus) telah lolos uji klinis tahap kedua, dan tampaknya akan lanjut ke tahap uji klinis berikutnya. Studi uji klinis yang dilakukan oleh Noravax menunjukkan bahwa vaksin RSV dapat menginduksi respon imun pada level dimana dapat melindungi bayi terhadap infeksi melalui penyaluran antibodi dari ibu ke janin. Dilaporkan, bahwa vaksin dapat diitoleransi dengan baik dan tingkat keamanannya menunjukkan hasil yang serupa dengan uji klinis tahap awal Percobaan ini mewakili, tahap penting dalam percobaan keamanan vaksin dari ibu ke janin dan proses imunogenesitas yang nantinya dapat berguna untuk kandidat vaksin-vaksin lain dengan strategi imunisasi maternal. Penelitian ini mencakup 330 wanita yang diuji coba dengan 60 micogram dan 90 micogram dosis vaksin, dengan atau tanpa adjuvant. Wanita-wanita tersebut mendapat 1 atau 2 injeksi dari 1 dosis vaksin dan dibandingkan dengan placebo. Tambahan adjuvant (bahan yang ditambahkan pada vaksin untuk meningkatkan respon imun) ternyata menimbulkan respons yang lebih baik. Dr. Gregory Glenn, Senior Vice [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *