Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Anda pasti pernah merasakan sakit di bagian bawah perut, entah rasa sakit yang ringan, kram, atau terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Namun apakah Anda tahu penyebabnya? Dalam ilmu medis, sakit perut bagian bawah kerap dideskripsikan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit ini bisa menyerang pria maupun wanita, meski lebih umum ditemui pada wanita. Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita Sakit perut bagian bawah lebih sering terjadi pada wanita karena berhubungan dengan organ reproduksi kaum hawa, seperti vagina, ovarium, rahim, serviks, atau tuba falopi. Berikut ini kemungkinan penyebabnya: Sakit perut akibat menstruasi. Ovulasi. Hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik. Keguguran. Penyakit radang panggul. Kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium. Endometriosis. Abrupsi plasenta atau gangguan lain pada plasenta saat hamil. Fibroid. Gangguan pada serviks seperti infeksi, radang, atau kanker. Kanker rahim. Radang saluran tuba atau salpingitis. Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria dan Wanita Rasa sakit pada bagian bawah perut juga tidak melulu berkaitan dengan organ reproduksi. Rasa sakit juga bisa ditimbulkan karena adanya infeksi pada organ non-reproduksi, seperti tulan [...]

7 Penyebab Postur Tubuh Tidak Ideal

7 Penyebab Postur Tubuh Tidak Ideal

Kebanyakan orang mengabaikan tentang pentingnya memiliki postur tubuh yang baik dan ideal. Padahal, selain membuat tampilan fisik kurang menarik, postur tubuh yang tidak sempurna juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Menurut fisioterapis Dr. Tina Mahendrakar, ada beberapa hal yang menyebabkan postur tubuh seseorang tidak sempurna, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cedera di Masa LaluJika pernah mengalami cedera, seseorang cenderung menggerakkan tubuhnya dengan posisi berbeda untuk menghindari rasa sakit. Padahal, dengan gerakan yang lama-kelamaan menjadi kebiasaan rutin tersebut dapat mengakibatkan cedera di area tubuh yang lain. Perbaiki segera postur tubuh Anda dengan menemui fisioterapis atau ahli fitnes untuk mendapat penanganan yang tepat.2. Kekurangan GiziTulang punggung membutuhkan nutrisi, kalsium dan vitamin yang cukup agar tumbuh kuat dan lurus. Jika pola makan Anda tidak didukung oleh ketiga hal tersebut, maka tulang dan otot menjadi lemah dan tidak mampu menciptakan bentuk postur yang seharusnya.3. Warisan KeluargaFaktor keturunan juga bisa menjadi penyebab bentuk postur yang tidak sempurna. Jika Anda memiliki orangtua atau keluarga yang [...]

Ini Dia Bahayanya Pil Jamu ‘Aborsi’

Ini Dia Bahayanya Pil Jamu ‘Aborsi’

Ada begitu banyak kehamilan yang tidak diinginkan terjadi di sekitar kita dan seringkali kehamilan tersebut berusaha untuk diakhiri dengan usaha-usaha pribadi yang berbahaya seperti misalnya dengan mengkonsumsi jamu peluruh kandungan. Bahan-bahan yang banyak beredar luas adalah jamu peluruh atau obat-obatan yang tidak diketahui bahan aktifnya atau bahkan obat-obatan yang sudah diketahui memang dapat menyebabkan pengeluaran calon bayi dalam kandungan dan kemudian diramu dalam bentuk jamu dan disalahgunakan. Pengunaan bahan-bahan ini bukan hanya dapat mematikan calon bayi di dalam kandungan namun juga dapat membahayakan kesehatan sang Ibu. Salah satu obat yang sering digunakan untuk menggugurkan kandungan adalah misoprostol. Obat ini sering disalahgunakan dan dipakai untuk menggugurkan kehamilan yang tidak diinginkan. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa obat ini dapat membahayakan wanita yang mengkonsumsinya juga. Gejala-gejala Keguguran Metode pengguguran kandungan ini menyebabkan gejala yang mirip dengan keguguran alami, seperti kram yang berat dan perdarahan vagina yang terjadi bersamaan dengan keluarnya jaringan dan darah yang menggumpal keluar dar [...]

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Saat ini sudah sering kita dengar banyaknya produk makanan organik. Ya, makanan organik memang sedang marak dikembangkan. Para petani tanaman organik mulai banyak didapatkan dan produksi mereka pun mulai meningkat karena permintaan konsumen yang meningkat pula. Saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Namun apakah benar makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional? Apakah kelebihan makanan organik dibandingkan makanan umum lainnya? Hal apa yang membuat banyak orang lebih memilih makanan organik akhir-akhir ini? Kelebihan Makanan Organik Air yang terkandung dalam sayuran organik ternyata tidak sebanyak dalam sayuran konvensional sehingga dalam penyimpanannya akan tidak cepat busuk. Selain itu, sayuran organik sering dijual dalam keadaan masih segar sehingga akan lebih lezat saat disantap. Sayuran organik juga ditanam tanpa menggunakan pestisida. Sayuran ini menggunakan pupuk kompos sehingga bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan mengkonsumsi sayuran organik, maka akan semakin mengurangi jumlah zat kimia yang dikonsumsi sehingga paparan zat radikal bebas terhadap sel-sel tubuh juga akan berkur [...]

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril LavigneAvril Lavigne terdiagnosa mengidap Lyme disease, dan untuk pertamakalinya pada Senin (29/6/2015), ia blak-blakan mengenai penyakit yang sudah dideritanya selama hampir dua tahun di televisi. Berurai air mata, Avril menceritakan tentang perjuangan kerasnya lepas dari penyakit mengerikan itu dan kini ia sedang dalam proses pengobatan intensif.Lyme disease merupakan penyakit yang disebabkan penularan infeksi bakteri, oleh kutu pembawa bakteri Borrelia Burgdorferi. Sekitar 15 persen kasus penularan penyakit Lyme terjadi ketika seseorang bepergian ke luar negeri, terutama Inggris dan Wales. Dikutip dari situs National Health Service UK, gejala awal penyakit Lyme ditandai dengan ruam-ruam kemerahan berbentuk lingkaran pada area yang terkena gigitan kutu. Ruam tersebut biasanya muncul sekitar tiga hingga 30 hari setelah digigit. Bentuk ruam ini seperti motif lingkaran target pada papan dart.Sayangnya, tidak setiap orang yang tergigit kutu pembawa penyakit Lyme mengalami ruam sehingga sulit terdeteksi. Sekitar satu dari tiga orang yang terkena gejala Lyme tidak mengalami ruam pada kulitnya.Selain ruam, gejala awal tertular Lyme [...]

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Anggapan bahwa jus buah baik untuk kesehatan tubuh tampaknya perlu dipertanyakan lagi. Menurut penelitian terbaru, jus buah justru berisiko meningkatkan penyakit kanker tertentu.Seperti yang dikutip dari Times of India, para ilmuwan Australia menjelaskan bahwa pada kenyataannya, jus buah yang sudah melalui proses dan hadir dalam bentuk kemasan, sudah tidak lagi mengandung nutrisi yang berfungsi memerangi tumor.Dalam penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan keefektifan antara buah, sayur dan jus dalam fungsinya terhadap kanker usus. Para peneliti memeriksa 2.200 orang dewasa yang melakukan diet dengan melihat kebiasaan makan mereka tiap harinya.Hasilnya tidak terlalu mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan memakan apel, kecambah, kembang kol dan brokoli tiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker tersebut.Namun, mereka yang mengonsumsi banyak jus buah justru memiliki risiko yang sangat tinggi. Penelitian melaporkan, mereka yang meminum jus buah tiga kali dalam sehari punya kemungkinan lebih besar terkena kanker kolon dan rektum --kanker yang menyerang usus besar dan rektum.Peneliti percaya bahwa yang menyebabkan hal itu adalah [...]

Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pertanyaan: Dok saya mau menanyakan apakah saat hamil dan terjadi keputihan normal untuk kandungan? jika harus dilakukan pengobatan, pengobatan apakah yang harus saya jalani? Mohon informasinya. Terima kasih Jawaban: Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, [...]

Inilah 3 Gejala Awal HIV/AIDS

Inilah 3 Gejala Awal HIV/AIDS

Pastinya Anda semua tentu pernah mendengar infeksi HIV/AIDS kan? Sekedar tahu sekilas masih kurang cukup, Anda perlu tahu bahwa lebih jauh bahwa pada infeksi HIV terdapat 3 tahap yang berbeda-beda dan sangat penting bagi kita semua untuk memahami tahap-tahap ini. Tahap Pertama INfeksi HIV-AIDS Pada tahap pertama (infeksi akut atau serkonversi) biasanya terjadi 2 ? 6 minggu setelah terinfeksi. Pada saat ini sistem imun tubuh berusaha melawan virus HIV. Gejala awal dari infeksi akut ini mirip dengan gejala infeksi virus lainnya seperti infeksi flu. Gejala awal ini hanya berlangsung 1 hingga 2 minggu lantas akan hilang dan virus akan masuk ke tahap berikutnya. Gejala awal dari infeksi HIV adalah: Gejala Awal dari infeksi HIV-AIDS adalah: - Nyeri kepala - Diare - Mual dan Muntah - Lelah - Nyeri otot - Nyeri menelan - Lesi merah pada tubuh yang biasanya tidak gatal dan biasanya muncul di bagian dada - Demam Hubungi dokter segera bila Anda merasa telah terinfeksi oleh HIV oleh karena ada obat yang dapat mencegah perkembangan virus. Dimana obat ini dapat dikonsumsi beberapa jam hingga hari setelah terinfeksi. Berikut ini adalah tahap kedua dari gejala awal H [...]

5 Tips Sehat Makan Fast Food

5 Tips Sehat Makan Fast Food

Oleh: dr. Nadia Octavia Tidak jarang kita dihadapi situasi terpaksa makan fast food. Antara kebutuhan pokok namun memikirkan konsekuensinya pada kenaikan berat badan dan kesehatan. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya: Pilih ukuran porsi kecil Jika restoran cepat saji menawarkan berbagai ukuran porsi, pilihlah porsi paling kecil. Sebagai contoh satu hamburger ukuran besar dengan 2 potong daging memiliki kurang lebih 800 kalori dan 40 gram lemak. Sebagai alternatif Anda dapat memesan hamburger ukuran kecil atau porsi anak. Anda dapat memangkas 200-300 kalori. Pilih side dish yang lebih sehat Sebagai contoh, dibandingkan memesan seporsi kentang goreng, Anda dapat memesan salad atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu makanan Anda. Go green Ketika Anda memesan salad, Anda dapat menambahkan ayam panggang, udang atau sayuran dengan pilihan saus rendah lemak atau tanpa saus sama sekali. Hati-hati juga dengan tambahan keju, potongan daging dan roti karena akan meningkatkan jumlah kalori Anda dengan cepat. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi salad tanpa tambahan saus, kalori yang masuk hanya 300 kalori saja. Pilih menu yang dipanggang Mak [...]

Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Aromaterapi tidak hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan tapi juga membuat tubuh merasa lebih rileks. Rupanya fungsi aromaterapi bukan hanya itu saja melainkan bisa mempengaruhi kesehatan mental serta fisik Anda. Seperti aromatherapy terbaru 'Cadelaide' yang diklaim bisa membuat perasaan lebih tenang, meredakan stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.Pendiri Cadelaide, Ghary Delia Handojo, mengatakan bahwa aromaterapi yang diciptakannya tidak memiliki aroma menyengat. Fungsi utamanya bukan sebagai pengharum ruangan tapi terapi kesehatan. Ghary memberikan contoh, saat perasaan sedang kacau karena masalah tertentu, aromaterapi Cadelaide bisa membuat Anda lebih tenang.Aroma perpaduan antara tumbuhan frankincense, orange, bunga ylang ylang, dan berbagai tumbuhan lainnya diklaim oleh pria 23 tahun itu bisa mengembalikan keseimbangan emosi Anda. Berdasarkan riset yang telah ia pelajari, aroma dari kandungan tersebut akan membuat perasaan lebih tenang. Ghary menciptakan empat varian berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan."Salah satu jenisnya Let's Move On yang bisa hilangkan perasaan galau karena lagi banyak masalah, meredakan emosi, dan mengurangi darah tinggi. Jadi ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *