Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Merokok Bisa Membuat Puting Lepas

Awas! Merokok Bisa Membuat Puting Lepas

Dr. Anthony Youn, seorang dokter bedah plastik terkenal di Amerika, menyatakan bahwa merokok bisa membuat puting Anda lepas. Praktisi yang berasal dari Detroit, Michigan tersebut, menjelaskan bahwa penelitian itu terjadi pada pasien yang tengah menjalani operasi implan payudara.Menurut Youn, nikotin dan karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh saat sedang merokok dapat mengganggu aliran darah sehingga mengganggu proses penyembuhan setelah operasi. Racun tersebut bertindak sebagai 'virtual tourniquet', yang efektif membunuh bagian tubuh dengan cara menghentikan aliran darah."Saya ngeri setiap kali melihat pasien implan payudara yang merupakan seorang perokok. Saya takut, dia merokok sebelum atau setelah operasi, padahal sudah saya peringatkan. Karena hal tersebut menyebabkan putingnya menghitam dan lepas. Aku pernah melihat itu sebelumnya," ujar Youn, seperti yang dikutip dari CNN Health. Youn juga mengatakan bahwa dirinya pernah mengobati seorang perokok wanita yang putingnya telah berubah warna menjadi ungu. Merokok menyebabkan pembuluh vena di payudara tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Jika tidak diobati, puting tersebut bisa berubah hitam dan akhirnya lepas.Oleh kare [...]

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

Semua orang tahu bahwa kebiasaan meminum air mineral sebanyak 8 gelas per hari, baik untuk tubuh. Namun jika meminum air dari kemasan botol, justru bisa membahayakan, Seperti yang dikutip dari fitbie. Mengapa?1. Buat Bibir Cepat KeriputDikutip dari Lookbeauty, saat meneguk air dari botol, bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan dengan lebar lubang botol. Gerakan mengerut inilah yang bisa menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Jika terus menerus dibiasakan minum air dari botol, lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibir secara permanen yang tampak seperti kerutan. Ahli Dermatologi Dr. Marilyn Berzin, menjelaskan, efek bibir berkerut karena minum dari botol bisa sama buruknya dengan merokok. Marilyn juga mengatakan, kerutan di bibir akan permanen jika kebiasaan itu sering dilakukan selama lebih kurang dua tahun.2. Bisa Memicu ObesitasZat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, seringkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun. Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam [...]

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Setelah berolahraga, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh Anda akibat banyak keringat yang keluar. Bila cairan ini tidak segera diganti, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi atau lemas. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih produk-produk minuman isotonik di pasaran untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini. Tapi, akan lebih aman bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman sejenis yang alami. Dikutip dari studi yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh dan juga elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Ini tidak mengherankan, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, air kelapa adalah minuman isotonik alami yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau beraktivitas karena bisa merehidrasi tubuh, cepat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat sederhana, natrium yang rendah dan tinggi akan kalium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan [...]

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keberadaan permainan tradisional yang sering kita mainkan di masa kecil saat ini sudah jarang ditemui di perkotaan. Permainan-permainan seperti meloncat di tanah yang bergambar yang biasa disebut petak jungkit atau main jingkat, bentengan (tak benteng), petak umpet dan gobak sodor sudah mulai asing kita dengar. Padahal, permainan tradisional ini merupakan aktivitas sosial yang menyenangkan, melatih fungsi kognitif dan juga membakar kalori. Tidak ada salahnya kita mulai kembali memasyarakatkan permainan tradisional Indonesia tersebut dengan mengajarkan anak kita bagaimana bermain permainan-permainan tersebut sambil membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Bentengan atau Tak Benteng merupakan permainan yang cukup populer saat kita masih kecil. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus sarana bersosialisasi yang cukup baik dengan teman sepermainan. Satu sesi tak benteng dapat berdurasi pendek ataupun panjang tergantung dari jumlah peserta dan kecepatan permainan. Selain itu, satu sesi tak benteng dapat melibatkan aktivitas lari yang cukup banyak ataupun jarang, tergantung dari tipe permainan yang dilakukan. Karena variasi yang c [...]

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. Jenis-jenis USG pada Kehamilan Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. USG 2 Dimensi USG jenis ini akan menghasilkan gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 2 bidang datar (memanjang dan melintang). Perbedaan mendasar dengan USG 3D atau 4D adalah USG ini hanya menghasilkan bagian d [...]

6 Cara Agar Terhindar dari Sakit Kepala

6 Cara Agar Terhindar dari Sakit Kepala

Sakit kepala dialami hampir oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sakit kepala terkadang makin sering muncul ketika seseorang merasa stres, kepala dipenuhi pikiran atau mengonsumsi makanan tertentu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko sakit kepala. Berikut enam cara tersebut, seperti yang dikutip dari Discoverchannel.1. Kurangi StresWalaupun menghindari stres adalah mustahil tapi Anda bisa mengurangi dampaknya. Pelajari cara untuk melawannya seperti memutar kaset untuk relaksasi, mandi dalam waktu lama, pijat atau segala sesuatu yang dapat meminimalkan dampak dari stres pada tubuh Anda.2. Stop merokok dan Minum AlkoholMerokok merupakan faktor penyebab untuk beberapa jenis sakit kepala. Bahkan asap rokok atau cerutu dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Begitu juga dengan bir atau wine, minuman beralkohol tertentu juga memicu sakit kepala bagi banyak orang. 3. Jaga MataBerlama-lama di depan komputer selama seharian dapat menyebabkan mata lelah yang memicu tekanan ke kepala. Beberapa orang memakai kacamata khusus untuk menghindari efek tersebut.4. Hindari Ketergantungan ObatAda baiknya Anda menghindari ketergantungan pada obat-obat [...]

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang bulan puasa, suasana antusias sudah mulai terasa di antara semua umat Muslim di seluruh dunia. Agar dapat menjalankan puasa dengan bugar dan fit, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan psikis Anda, 1-2 minggu sebelum mulai berpuasa. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah. Lakukan pemeriksaan darah secara umum, sedapat mungkin lengkap. Pada penderita diabetes, jangan lewatkan pemeriksaan profil gula darah lengkap dan HbA1C. Pada penderita dislipidemia, jangan lewatkan pemeriksaan profil lipid lengkap. Pada penderita hiperurisemia, jangan lewatkan pemeriksaan kadar asam urat. Penderita sindrom dispepsia (sakit maag) perlu mengunjungi dokter untuk mengatur jenis, dosis dan waktu pemberian obat. Penderita sakit kronik (hipertensi, diabetes, penyakit ginjal kronik, dll) yang mengkonsumsi obat secara rutin juga perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, juga untuk pengaturan jenis, dosis dan waktu konsumsi obat selama berpuasa. Ibu hamil dan menyusui perlu memeriksakan kondisi kesehatannya juga kondisi kesehatan anaknya sebelum mulai berpuasa. Berpuasa pada ibu hamil dan men [...]

Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

Jantung saya berdegup kencang seperti berlari dan terasa mau copot, jangan-jangan saya sakit jantung! Ya, memang berdebar merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Namun, tidak semua berdebar disebabkan oleh kelainan jantung. Berdebar dapat pula disebabkan oleh suatu kondisi psikis atau akibat gaya hidup. Dalam istilah medis berdebar dikenal sebagai palpitasi. Berikut adalah beberapa penyebab berdebar selain gangguan jantung yang perlu Anda ketahui: Serangan Panik Bila Anda merasa jantung Anda seperti mau copot terutama saat menghadapi suatu situasi, bisa saja yang Anda alami adalah serangan panik. Gejala lain yang sering menyertai serangan panik adalah gemetar, berkeringat dingin. Serangan panik tidak membahayakan namun dapat terasa sangat mencekam. Irama jantung yang tidak teratur (aritmia) juga terkadang dapat menyebabkan serangan panik. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kelainan jantung. Serangan panik yang berulang dapat diatasi dengan terapi perilaku dan pengobatan anti cemas. Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar: Penyebab Lainnya Jantung Berdebar 2. Konsumsi Kafein Kafein dapat menstim [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *