Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut-Gigi-Harus-Punya-Alasan-Tepat-alodokter.jpg

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi.

Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut.

Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi.

Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil.

  • Gigi bertumpuk

Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gigi terlalu sesak. Efeknya pemilik gigi ini merasa sakit setiap akan tumbuh gigi karena gigi menembus gusi di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan untuk mencabut gigi tersebut bila tempatnya benar-benar tidak ada.

Gigi berantakan juga bisa mengakibatkan sisi psikologis seseorang terganggu. Keadaan gigi ini akan membuat seseorang kurang percaya diri akan penampilannya.

  • Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi serius yang mana terdapat infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Jika jaringan ini mengalami kerusakan, maka gigi akan menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan.

  • Gigi bungsu

Proses kelahiran gigi bungsu sering menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Selain timbul nyeri, gigi bungsu juga sering tumbuh dengan cara yang salah sehingga mengganggu struktur rahang. Kadang, gigi bungsu juga tumbuh tidak sempurna, terperangkap di dalam tulang rahang, atau disebut impaksi sehingga menimbulkan masalah pada rongga mulut pemiliknya. Alasan-alasan di atas sudah cukup untuk mencabut gigi yang lahir terakhir tersebut.

  • Mengganggu kesehatan tubuh

Gigi yang mengalami infeksi pada orang dengan kondisi tertentu mungkin membutuhkan cabut gigi. Kondisi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuhnya tidak dalam kondisi optimal, infeksi gigi dapat membahayakan kesehatan tubuhnya secara umum.

Kondisi lain yang mungkin membutuhkan prosedur cabut gigi saat gigi terinfeksi adalah mereka yang sedang menjalani proses transplantasi organ.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Proses penyembuhan setelah melakukan cabut gigi biasanya memakan waktu beberapa hari. Selama proses penyembuhan tersebut, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan.

  • Berisitirahat dari aktivitas berat demi mencegah terjadinya pendarahan.
  • Jika tak tahan dengan rasa nyeri yang mungkin timbul, minumlah obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.
  • Gantilah kain kasa yang digunakan untuk menyumbat perdarahan setelah pencabutan secara teratur.
  • Tetap membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikat pelan-pelan dan hati-hati.
  • Berkumur dengan air garam hangat. Lakukan 24 jam setelah cabut gigi untuk mencegah pembengkakan.
  • Jangan langsung makan makanan padat atau
  • Cegah perdarahan saat tidur dengan cara memakai bantal agak tinggi.
  • Selama proses penyembuhan hindarilah rokok.

Mencabut gigi tidaklah menyenangkan. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin. Cara paling mudah menghindarinya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Penyebab Hilangnya Konsentrasi & Cara Mengembalikannya

8 Penyebab Hilangnya Konsentrasi & Cara Mengembalikannya

Saat pekerjaan sedang berada dalam tekanan, ada sebagian orang yang sulit mengerjakan tugas dengan sempurna. Pernah mengalami hal yang sama? Jika ya, artinya Anda sedang kehilangan konsentrasi. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak tips di bawah ini, seperti yang dikutip dari Prevention International.1. Kondisi Metabolisme MenurunTidak berkonsentrasi bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan vitamin atau hormon tertentu. Untuk mencegahnya, periksakanlah diri ke dokter dan konsultasikanlah kondisi kesehatan Anda. Jika perlu, mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan darah.2. Perubahan HormonHal ini banyak terjadi pada wanita pada usia menjelang menopause yang ditandai dengan 'hot flushes' ( tanda-tanda perubahan tingkat hormon) serta peningkatan kadar hormon gonadotropin. Jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda melakukan terapi penggantian hormon jangka pendek.3. Bergonta-ganti ObatMengkonsumsi obat secara tidak teratur bisa mempengaruhi mood dan konsentrasi. Obat yang termasuk dalam kategori ini adalah obat anti depresan, obat penenang, dan obat tidur. Untuk mencegah akibat yang lebih berbahaya, buatlah daftar obat-obatan yang Anda minum secara tidak [...]

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Ketua Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal Ahmad Syafrudin, memaparkan peningkatan pencemaran udara di DKI Jakarta yang kian meningkat, dari tahun 2010 hingga 2011 terdapat lonjakan drastis, yakni peningkatan 30-40%. Sedikitnya 70% adalah partikel debu dari kendaraan bermotor, ditambah lagi 90% hydro karbon dari asap buangan kendaraan. Lebih jauh, polusi udara pada kesehatan ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung yaitu dapat memicu serangan jantung dan stroke. Dengan cara apa? Polusi udara dapat mempercepat proses atherosclerosis (penebalan pembuluh darah arteri) sesuai dengan penelitian yang diterbitkan pada jurnal PLOS Medicine. Studi ini merupakan terusan dari studi sebelumnya yang melaporkan bahwa polusi udara dapat mengstimulasi proses inflamasi (peradangan) yang dapat memicu perubahan pada tekanan darah serta peningkatan pembekuan di pembuluh darah yang dapat memicu kelainan pada jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Michigan School of Public Health dan University of Washington mengikuti 5,362 subjek dengan rentang usia 45 hingga 84 tahun pada 6 daerah di Amerika. Mereka menemukan bahwa pada subjek yang terpapar oleh pol [...]

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Demi menjaga kesehatan dan berat badan, olahraga tetap penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Namun sebagian orang memang banyak yang memilih untuk rehat sejenak dari latihan-latihan berat atau menunggu sampai setelah waktu berbuka. Sebenarnya olahraga di siang hari tidak dilarang. Tapi bagi Anda yang sekiranya tak kuat melakukannya, ada beberapa aktivitas yang cukup bisa menggantikan olahraga. Berikut adalah lima kegiatannya:1. BowlingBowling termasuk salah bentuk olahraga. Namun olahraga ini tidak terlalu melelahkan bahkan menyenangkan sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Cara ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan berbuka puasa bersama yang tidak membosankan.2. BerkebunBagi Anda yang jarang mengurus sendiri kebun di rumah, mungkin bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bisa saja Anda jadi gemar berkebun setelah mencoba. Menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas.3. MemasakBanyak keluarga yang menyediakan hidangan spesial pada saat bulan puasa. Meski A [...]

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah

Anda mungkin juga sudah jenuh mendengar dan membaca tips-tips awet muda yang sering bermunculan. Dari saran minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan bahkan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum kita dengar sebagai tips mengurangi kerutan wajah. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada hal yang paling sederhana dari apa yang kita lakukan sehari-hari justru ikut memperparah dan mempercepat penuaan kulit, pada khususnya kulit wajah? Ketahuilah, banyak sekali yang kita lakukan sehari-hari ternyata tanpa kita sadari selain merusak kulit wajah dan mempercepat penuaan, tapi ada juga yang sebaliknya justru membantu kulit Anda awet muda. Apa sajakah hal-hal tersebut? Bersiaplah untuk terkejut, karena mungkin beberapa hal berikut ini sudah sering Anda lakukan dan ternyata memberikan dampak kepada kulit wajah Anda. Apa saja? Simak beberapa trik mengejutkan berikut ini: Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah Anda mungkin juga sudah jenuh mendengar dan membaca tips-tips awet muda yang sering bermunculan. Dari saran minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan bahkan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum kita [...]

Ingin Beli Susu Almond via Online? Perhatikan Dulu Hal Ini

Ingin Beli Susu Almond via Online? Perhatikan Dulu Hal Ini

Jika Anda kurang senang meminum susu hewani, tak ada salahnya mencoba susu olahan yang terbuat dari kacang-kacangan. Misalnya saja susu almond, hazelnut, dan cashew yang sekarang ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, termasuk juga para pecinta gaya hidup sehat.Menurut ahli gizi Leona Victoria Djajadi, tren mengonsumsi susu almond di Indonesia baru marak sejak tahun lalu, maka tak heran susu almond masih sulit didapatkan. Melihat hal ini, seorang wanita asal Jakarta, Prafieta memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka gerai minuman sehat termasuk susu almond yang diberi nama Mylkinc.Bisnis yang dijalankan sejak 2014 itu kini semakin berkembang. Setelah memiliki tiga gerai di beberapa pusat perbelanjaan, ia juga memasarkan susu almond yang dibuat dengan resepnya sendiri melalui jejaring sosial media seperti Instagram. Pelangannya didominasi oleh para pecinta gaya hidup sehat, ibu-ibu yang menyusui, hingga selebriti.Banyak pelanggannya yang justru membeli susu almond secara online dengan alasan lebih praktis dan efisien. Padahal, susu tersebut tidak menggunakan bahan pengawet sehingga masa kedaluwarsanya juga lebih cepat, yakni tidak lebih dari lima hari sejak tanggal dipro [...]

BPA Pada Kaleng Mempengaruhi Hormon Seksual

BPA Pada Kaleng Mempengaruhi Hormon Seksual

Bisphenol A atau BPA merupakan senyawa kimia organik yang menyerupai hormon dalam tubuh dan telah di anggap berbahaya oleh para ilmuan karena mampu mempengaruhi hormon seksual tubuh yang sudah ada, ?gender bending?, juga memberikan peningkatan dalam penyakit jantung dan kanker. Sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, Boston, Amerika Serikat menemukan bahwa kandungan BPA dalam kemasan kaleng makanan demi mencegah terjadinya karat, ternyata dapat masuk kedalam tubuh manusia yang mengonsumsi makanan kaleng tersebut sebanyak 1200% BPA hanya dalam 5 hari pada urin mereka dibandingkan dengan mereka yang memakan makanan segar, seperti dilansir dalam Daily Health (23/11). BPA sendiri telah terbukti terdapat juga dalam kemasan minuman yang terbuat dari plastik yang dikeraskan, namun tidak sebesar kandungan dalam kemasan kaleng. Hal ini membawa pertanyaan pada dampak yang diberikan dari banyaknya jumlah kandungan BPA dalam tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, tubuh ibu hamil yang terkontaminasi BPA juga dapat mempengaruhi perilaku anak yang dilahirkan hingga usia 3 tahun khususnya anak perempuan karena hormon wanita lebih sensitif terhadap senyawa i [...]

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Dengan adanya peningkatan kejadian osteoporosis, pencegahan tentunya akan menjadi tindakan yang efektif dan terbaik untuk mengatasi osteoporosis. Osteoporosis merupakan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang yang dapat berkembang dari waktu ke waktu.Sebagian besar wanita di seluruh negara telah atau sedang mengalami osteoporosis. Bahkan di Amerika sekitar 10 juta wanita saat ini telah mengalami osteoporosis dan 34 juta wanita lainnya berisiko osteoporosis.Osteoporosis adalah jenis yang paling umum dari penyakit tulang. Osteoporosis terjadi ketika tubuh gagal untuk membentuk tulang baru yang cukup, ketika tulang tua telah terlalu banyak dihancurkan oleh tubuh.Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria.Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Sepanjang usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk menghasilkan mineral tulang.Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup, maka produksi tulang dan jaringan tulang dapat terganggu.Ketika usia semakin tua, kalsium dan fosfat dapat diserap k [...]

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.1. OatmealOatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan --terbuat dari kolesterol-- dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.2. ApelBuah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camil [...]

5 Penyebab Menurunnya Libido Wanita

5 Penyebab Menurunnya Libido Wanita

Meskipun hasrat seksual wanita tidak sebesar pria, namun jika terjadi penurunan hasrat seksual pada wanita, tentunya bisa berpengaruh terhadap kebutuhan biologis pasangannya. Sejumlah penelitian medis telah menyimpulkan bahwa kehidupan seks dapat mengontrol stres, meningkatkan kesehatan fisik, mengurangi risiko penyakit mental dan meningkatkan hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu ada baiknya pria mengetahui apa yang menjadi penyebab menurunnya hasrat seksual pada wanita. 1. Faktor Biologis Dalam melakukan hubungan seksual tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang bugar, faktor biologis seperti kelelahan dan kurang tidur bisa menjadi faktor yang memicu menurunnya hasrat seksual seorang wanita. Menurut beberapa penelitian, kelelahan menyebabkan penurunan kadar DHEA dan testosterone, dimana rendahnya kadar kedua hormon ini berkaitan dengan penurunan dorongan seksual. Untuk mengatasinya jika Anda kurang tidur, luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat, jangan tidur terlalu malam, jika bisa luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan pasangan Anda. 2. Faktor psikologis Faktor psikologis yang menyebabkan menurunnya hasrat seksual wani [...]

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya hindari membeli makanan yang harganya murah. Penelitian terbaru menunjukkan makanan dengan harga murah membuat orang tak bisa mengontrol porsi makan.Lingkungan turut mempengaruhi keberhasilan program diet seseorang. Hasil penelitian yang dilakukan Cornell University menemukan orang yang tinggal dekat dengan akses tempat makan mudah dan murah, cenderung lebih mudah gemuk dan sulit melakukan program penurunan berat badan."Kita adalah 'budak' dari lingkungan," ujar David Levitsky, profesor ilmu gizi dan psikologi di Cornell University, seperti dilansir Indiavision.Levitsky dan seorang mahasiswa pascasarjana Carly Pacanowski menganalisis ratusan artikel tentang perilaku makan orang dan menemukan bahwa kekuatan individu yang tidak dapat mengontrol dirinya terhadap lingkungan sangat mempengaruhi epidemi obesitas di Amerika Serikat."Faktor-faktor sosial juga merupakan stimulan yang kuat untuk membuat orang makan berlebihan. Kekuatan ini sudah berlangsung lebih dari 50 sampai 60 tahun terakhir," jelas Levitsky.Kekuatan ini termasuk harga makanan yang murah dan kemudahan akses untuk memperoleh makanan tersebut. Levitsky menje [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *