Cantik Sehat dan Alami

no_image_available.jpg

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama.

Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama.

Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya:

1. Makanlah Secukupnya.

Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu.

Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanjutan yang dirasakan dihari tua. Dari rentannya akan penyakit diabetes, jantung koroner, stroke, dan lainnya.

Karena ketika organ tubuh dipaksa bekerja lebih lama dan keras untuk mencerna makanan yang berlebihan, organ-organ dalam tubuh akan semakin cepat mengalami penuaan. Ibarat sebuah mobil bermesin kapasitas 800cc dipaksa menderek sebuah truk 10 ton, dalam hitungan menit mesin akan jebol.

2. Perhatikan Asupan Gizi

Terpenting bukanlah kuantitas porsi makan, tapi kulitas gizi makanan. Perhatikan kembali kandungan gizi makanan yang sehari-hari anda konsumsi, apakah sudah menjawab kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh?

Perhatikan juga setiap hal-hal detil dari baik buruknya makanan yang anda konsumsi. Sebuah sate ayam misalnya, sedikit yang baru mengetahui betapa berbahayanya daging gurih renyah kehitaman dari efek bakar arang bagi tubuh kita, dimana dalam bekas proses bakaran pada makanan memiliki zat karsinogenik yang menyebabkan radikal bebas sebagai pemicu penuaan dini pada tubuh.

3. Berolahraga

Faktor paling mendukung orang makin cepat tua adalah stres. Depresi bisa ditekan dengan berolahraga. Orang yang rutin menjalani aktivitas olahraga badannya lebih segar dan memiliki stamina kekuatan lebih lama ketimbang orang yang tidak berolahraga.

Efek segar setelah berolahraga inilah yang mereduksi efek stress dari tekanan-tekanan yang ada.

4. Beristirahat cukup

Jika ingin tampil alami, penting sekali untuk istirahat malam cukup. Jumlah minimal jam tidur tidak menjadi jaminan cukup tidaknya waktu istirahat anda. Yang terpenting adlah kualitas tidurnya. Kulit wajah yang lelah akan terlihat pucat dengan lingkaran hitam di bawah mata.

5. Minum Air Putih Secukupnya

Minumlah air putih secukupnya. Bukan cairan berwarna menggiurkan yang ditawarkan bebas dipasaran, konsumsi minuman berwarna hanya akan semakin memperberat kinerja ginjal dalam proses penyerapannya. Selain itu, kulit wajah akan tampak lebih cerah ketika kelembaban kulit tercukupi dengan baik. Minumlah air putih paling tidak delapan gelas sehari untuk menjaga kekeringan kulit. Hindari minum minuman yang mengandung alkohol atau kafein dari kopi yang bisa memicu pengurangan kelembaban kulit.

Selamat mencoba![](DA)

Baca juga:

  1. Solusi Kulit Kering
  2. Mengatasi Kulit Kering

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P - 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:1. Perawatan Rutin yang TelitiBersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam. 2. Penggunaan Sabun yang LembutGunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kul [...]

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini: Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehata [...]

Kulit Sensitif

Kulit Sensitif

Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak. Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ?hypoallergenic? atau produk khusus bagi kulit sensitif. Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, berkondisikan di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Hal ini pula yang sering dipakai oleh para ahli untuk menjelaskan perihal musabab orang yang berkulit sensitif. Pun untuk orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya k [...]

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

Hari Kasih Sayang menjelang di bulan Februari ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengutarakan kasih sayang Anda kepada anggota keluarga di rumah, beberapa diantaranya adalah menunjukan kepedulian kesehatan kulit dengan senantiasa menyediakan krim untuk kulit di rumah Anda. Dengan krim untuk kulit, banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan kasih sayang di hari Valentine ini, antara lain: Bermasker-Krim-Kulit-ria untuk Kesehatan KulitAmbil krim untuk kulit Anda, dan mulailah ratakan krim untuk kulit Anda ke seluruh wajah. Diamkan sejenak selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk. Kulit Anda akan terasa lebih kencang, lembab dan kenyal. Terutama jika Anda menggunakan krim yang mengandung Eucerit, glycerol dan Panthenol. Ketiga kandungan ini saling melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda. Memberikan Pijatan Kasih Sayang dengan Krim untuk KulitJika Anda bersama pasangan, Anda dapat mengajaknya dalam suasana pijatan yang romantis dengan krim untuk kulit. Pilihlah krim untuk kulit yang memiliki aroma lembut dan mengandung Panthenol. Kandungan Panthenol membantu memberikan sensasi kulit yang segar dan sejuk, menambah suasan [...]

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

40 mungkin angka yang cukup ditakuti oleh banyak wanita. Pada usia tersebut, kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya semakin menurun sehingga tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Misalnya, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit.Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, stres, dan lainnya.Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat cantik dan segar: Lakukan pengelupasan Pengelupasan atau eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Menghapus sel-sel mati akan memperbaiki warna kulit, membuka penyumbatan pori-pori, dan membantu mencegah jerawat. Gunakan scrub wajah yang lembut Gunakan pelembap Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering karena kelenjar penghasil minyak menjadi kurang aktif. The Mayo Clinic merekomendasikan untuk memilih pelembap berbasis minyak yang mengandung petrolatum, bersamaan dengan antioksidan atau AHA untuk memerangi kerutan Fokus pada mata Riasan pada mata akan mengalihkan perhatian dari setiap garis-garis halus atau kerutan. Untuk se [...]

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit: 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit 1. Mengobati KudisKudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit [...]

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

Anda lebih sering berada di dalam ruangan ketimbang berada di luar ruangan? Jika ya, maka kulit Anda termasuk kulit yang senantiasa terpapar udara kering dan dingin dari pendingin ruangan, sehingga dapat membuat kulit kering dan bersisik.Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari kulit yang kering dan bersisik:1. Tidak mandi terlalu lamaHindarilah mandi dengan air yang terlalu panas dan terlalu lama, karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit. Gunakanlah air yang suam-suam kuku. Selain itu, jangan menggunakan scrub untuk mandi dan sebaiknya juga jangan luluran terlalu sering.2. Gunakan sabun atau pembersih yang lembutHindari sabun dengan pengharum atau alkohol karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Sebaliknya, gunakan sabun atau pembersih yang mengandung pelembap yang tinggi.3. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit keringSetelah selesai mandi dan tubuh kering, oleskanlah pelembap ke kulit. Pelembap akan membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Anda juga bisa menggunakan pelembap secara berulang beberapa kali dalam sehari.Berikut beberapa kiat lainnya untuk mencegah kulit kering dan bersisik: [...]

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperl [...]

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretch Marksatau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit. Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinyastretchmark pada kulit ibu hamil: Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *