Cantik Sehat dan Alami

no_image_available.jpg

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama.

Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama.

Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya:

1. Makanlah Secukupnya.

Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu.

Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanjutan yang dirasakan dihari tua. Dari rentannya akan penyakit diabetes, jantung koroner, stroke, dan lainnya.

Karena ketika organ tubuh dipaksa bekerja lebih lama dan keras untuk mencerna makanan yang berlebihan, organ-organ dalam tubuh akan semakin cepat mengalami penuaan. Ibarat sebuah mobil bermesin kapasitas 800cc dipaksa menderek sebuah truk 10 ton, dalam hitungan menit mesin akan jebol.

2. Perhatikan Asupan Gizi

Terpenting bukanlah kuantitas porsi makan, tapi kulitas gizi makanan. Perhatikan kembali kandungan gizi makanan yang sehari-hari anda konsumsi, apakah sudah menjawab kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh?

Perhatikan juga setiap hal-hal detil dari baik buruknya makanan yang anda konsumsi. Sebuah sate ayam misalnya, sedikit yang baru mengetahui betapa berbahayanya daging gurih renyah kehitaman dari efek bakar arang bagi tubuh kita, dimana dalam bekas proses bakaran pada makanan memiliki zat karsinogenik yang menyebabkan radikal bebas sebagai pemicu penuaan dini pada tubuh.

3. Berolahraga

Faktor paling mendukung orang makin cepat tua adalah stres. Depresi bisa ditekan dengan berolahraga. Orang yang rutin menjalani aktivitas olahraga badannya lebih segar dan memiliki stamina kekuatan lebih lama ketimbang orang yang tidak berolahraga.

Efek segar setelah berolahraga inilah yang mereduksi efek stress dari tekanan-tekanan yang ada.

4. Beristirahat cukup

Jika ingin tampil alami, penting sekali untuk istirahat malam cukup. Jumlah minimal jam tidur tidak menjadi jaminan cukup tidaknya waktu istirahat anda. Yang terpenting adlah kualitas tidurnya. Kulit wajah yang lelah akan terlihat pucat dengan lingkaran hitam di bawah mata.

5. Minum Air Putih Secukupnya

Minumlah air putih secukupnya. Bukan cairan berwarna menggiurkan yang ditawarkan bebas dipasaran, konsumsi minuman berwarna hanya akan semakin memperberat kinerja ginjal dalam proses penyerapannya. Selain itu, kulit wajah akan tampak lebih cerah ketika kelembaban kulit tercukupi dengan baik. Minumlah air putih paling tidak delapan gelas sehari untuk menjaga kekeringan kulit. Hindari minum minuman yang mengandung alkohol atau kafein dari kopi yang bisa memicu pengurangan kelembaban kulit.

Selamat mencoba![](DA)

Baca juga:

  1. Solusi Kulit Kering
  2. Mengatasi Kulit Kering

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

DR. dr. Maya Surjadjaja, MS. Sp.GL. (paling kiri) tengah memberikan pencerahan kesehatan pada audiens pada prosesi peluncuran produk H2 Health & Happiness. Polusi, sinar matahari, dan berbagai macam radikal bebas yang setiap hari berpaparan dengan kulit tentu akan membuat efek buruk. Sebut saja flek, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kebutuhan untuk memelihara kesehatan kulit pun menjadi salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan.Menyadari hal tersebut, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan produk terbarunya berupa suplemen kecantikan kulit H2 Health & Happiness di Bistronomy, Jakarta Selatan, pada 28 Januari lalu.Sinteisa Sunarjo selaku Marketing Deputy Director Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, ?Kalbe meluncurkan produk ini melalui tahapan penelitian yang mendalam dengan memperhatikan kondisi dan masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit wanita Indonesia. Wanita Indonesia yang tinggal di negara dua musim memiliki karakteristik dan masalah kulit yang berbeda dengan wanita yang tinggal di negara dengan empat musim.?Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan kulit tiap orang berbeda-beda -- ada yang cenderung berminyak, ada yang kering atau juga timbul flek; [...]

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal. Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya: 1. Berlama-lama di bawah sinar matahari Berjemur selama 15 - 20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam. 2. Malas menggunakan tabir surya Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yan [...]

Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Dewasa ini sangat banyak pihan yang ditawarkan oleh produsen kosmetik untuk memperjaya pilihan usaha memperindah kulit kita.Tidak sedikit pula yang menawarkan janji-janji menggiurkan dari yang menawarkan wajah putih instan dalam hitungan waktu mingguan hingga yang kosmetik yang mampu membuat wajah tetap awet muda.Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran belum tentu melengkapi kebutuhan jaminan keamanan kesehatan bagi kulit anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Kiat Aman Kosmetik Berbahaya Selama Kehamilan Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Teliti sebelum membeli. Pastikan merek kosmetik pilihan anda terdaftar oleh Dinas Kesehatan RI dan BPOM RI. Sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan jenis kulit anda. Penting juga untuk menyesuaikan merk produk yang sesu [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

6 Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat

6 Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan lembut? Pasalnya, kulit telah diketahui sebagai gambaran umum dari status kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga menggambarkan status penuaan. Salah satu faktor yang memegang peranan besar adalah makanan. Apa yang kita makan dapat menggambarkan keadaan kulit kita.Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa makan yang telah diteliti dan patut mendapat perhatian kita untuk perawatan kulit sehingga dapat membuat kulit lebih sehat dan lembut:1. ApelApel merupakan buah tinggi serat larut yang baik untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Namun, apel juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk menjaga kekenyalan kulit.2. Kacang AlmondTinggi serat, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin B2 dan vitamin E, kacang almond baik untuk kesehatan kulit dengan mencegah penuaan dini.3. Bawang PutihBawang putih banyak mengandung selenium dan seng yang membantu menjaga elastisitas kulit dan membantu penyembuhan luka yang terjadi pada kulit.Berikut makanan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda di halaman selanjutnya: [...]

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

Sekarang ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang hadir. Kalau diperhatikan, semuanya menawarkan kelebihan yang mirip, yaitu menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau semua sama, bagaimana caranya memilih produk mana yang sesuai untuk kulit Anda?. Di sini, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa kandungan yang ada pada produk perawatan kulit. Terkait dengan hal tersebut hal yang Aulia dan Klikdokter sepakat, setidaknya ada 2 hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, diantaranya adalah: 1. Perhatikan Dahulu Jenis Kulit Anda Pertama kali harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit adalah jenis kulit Anda. Ada 3 fakta yang kita harus ketahui tentang tipe kulit: Tipe kulit kulit dapat berbeda. Tipe kulit dapat berbeda-beda bergantung dari berbagai faktor seperti: genetik, cuaca, hormonal, dsb. Cermati sekali lagi jenis kulit Anda. Keadaan kulit wajah yang kita lihat sesaat belum tentu menggambarkan tipe kulit yang sesungguhnya. Jika perlu, cari pendapat dokter. Menentukan jenis kulit adalah langkah terpenting dalam perawatan kulit. Oleh karen [...]

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Di tengah kesibukan, menyiasati waktu berkualitas bersama keluarga tentu amat sulit. Semua rencana yang sudah dibuat untuk liburan ke luar kota bersama, kadang kandas karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu. Padahal, memanfaatkan waktu untuk bersama tak harus pergi ke luar kota atau rumah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di dalam rumah. Bahkan lebih seru. Dan aktivitas ini juga bisa menciptakan kedekatan dan kehangatan. Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah. 1. SELFIE KELUARGA Ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. Foto selfie memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan yang bisa di dapat dari sentuhan kulit. Jadi jangan sampai ada memiliki kulit yang kering dan kasar. Pilihlah krim kulit yang mengandung Glycerin supaya kulit senantiasa lembab dan halus. 2. FACE PAINTING Buat sebuah permainan. Tutup mata anak Anda. Lalu Anda gambar wajahnya dengan cat khusus. Bila sudah selesai, gantian Anda yang ditutup matanya dan membiarkan anak Anda merias wajah A [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *