Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

CARA-ALAMI-ATASI-TENGGOROKAN-SAKIT_1.jpg

Sakit tenggorokan seringkali dialami banyak orang terlebih dalam situasi cuaca yang kurang menentu ini. Pagi terik, siang bisa hujan lebat. Atau sebaliknya, hujan lebat di pagi hari, terik di siang hari. Meskipun tidak melulu salah cuaca, sakit tenggorokan acapkali gejala tubuh sedang mengalami infeksi karena daya tahan tubuh menurun.

Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Berkumur atau gargling yang dimaksud berbeda dengan berkumur yang umum. Bukanlah berkumur yang sama ketika kita menyikat gigi. Tapi berkumur dengan mendongakkan kepala keatas dan dengan mulut terbuka, teknik gargling ini merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Air Garam

Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan.

Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan mulut terbuka, mulailah mencoba gargling.

Berkumur merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

2. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Lemon dan Air

Campurkan 1 sdt jus lemon di dalam 1 gelas air untuk dikumur. Campuran ini dapat membantu mengempiskan jaringan tenggorokan yang membengkak dan memberikan lingkungan asam bagi virus dan bakteri. Akan lebih terasa lebih nyaman jika Anda menikmatinya dalam air yang bersuhu hangat.

Jika Anda hendak menggunakan gula, pastikan dalam jumlah yang wajar agar tidak berlebihan. Meskipun penggunaan gula sebaiknya tidak perlu dalam hal ini.

3. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Jahe, Madu, Lemon dan Air

Anda bisa juga membuat campuran dari 1 sdt jahe bubuk, madu, 1/2 gelas air dan 1/2 gelas jus lemon untuk kemudian dikumur.

Madu dapat melindungi tenggorokan dan memiliki efek antibakteri yang ringan.

Jika Anda nyaman dengan rasanya, Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai minuman hangat.

Karena kombinasi jahe dan madu merupakan racikan yang tepat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal secara alami untuk membunuh kuman dan mengatasi infeksi. Gunakan teh hijau hangat untuk berkumur yang dapat bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam tenggorokan.

Selain untuk berkumur, Anda dapat juga menjadikan teh hijau sebagai minuman. Karena teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti anti-jamur, anti-bakteri dan lainnya. (Baca: 5 Khasiat Teh Hijau)

Bahkan dalam beberapa literatur medis disebutkan teh hijau dapat dijadikan minuman pencegahan kanker.

5. Kenali Sakit Tenggorokan Anda

Pada sebagian kasus, sakit tenggorokan merupakan pertanda Anda sedang mengalami infeksi virus di daerah pernapasan. Bisa jadi karena pembengkakan tonsil yang merespons akibat infeksi virus influenza tersebut, atau lainnya.

Untuk mengenali sakit tenggorokan Anda adalah indikasi infeksi flu atau bukan adalah dengan mencermati gejala influenza lainnya, seperti apakah ada meriang, demam, pusing, sekresi berlebihan (cairan hidung berlebihan, ingus meler).

Untuk kondisi sakit tenggorokan yang menjadi gejala sakit flu, kuncinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu solusi alami yang terbaik adalah cukup cairan, cukup nutrisi dan istirahat atau tidur. Namun jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

Baca juga:

Tenggorokan & Mulut Kering Bangun Tidur Karena AC

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Telinga

4 Cara Alami Atasi Pilk Masuk Angin

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Masalah Kesehatan saat Bermudik

4 Masalah Kesehatan saat Bermudik

Oleh: dr. Jessica Florencia Setelah hampir menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, banyak dari kita akan mulai merencanakan dan menyiapkan perayaan Idul Fitri. Salah satu kegiatan yang tidak dapat disingkirkan dari rutinitas Idul Fitri, terutama bagi para perantau adalah bermudik. Beramai-ramai menempuh perjalanan pulang ke daerah asal merupakan ajang silaturahmi yang perlu dipersiapkan dengan baik. Karena, alih-alih bisa sampai di tempat bermudik dengan selamat, para pemudik bisa mengalami gangguan kesehatan dan gagal merayakan Idul Fitri dengan nyaman. Berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat bermudik: 1. Keracunan makanan Bermudik menuju kampung halaman yang agak jauh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka, biasanya bagi para pemudik harus makan di tempat-tempat makan yang dilewati di sepanjang rute perjalanan atau di dalam kendaraan bermudik (kapal laut, pesawat terbang). Para pemudik harus berhati-hati untuk memperhatikan makanan yang dimakannya agar dapat terhindar dari keracunan makanan. Makanan dengan bau yang sudah tidak enak, warna yang tidak segar, rasa yang aneh harus dihindari. Bekal makanan yang dicurigai basi juga sebaiknya dibuang dan [...]

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Oleh: dr. Nadia Octavia Bayi memiliki refleks menghisap yang kuat secara alamiah, oleh karena itu bayi seringkali menghisap jempol atau memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Acapkali orangtua seringkali memberikan kempeng kepada bayi. Namun benarkah kempeng baik untuk bayi Anda? Keuntungan Dapat membantu menenangkan bayi yang rewel Dapat mengalihkan perhatian bayi sementara Membantu bayi untuk tertidur Mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi sewaktu naik pesawat Dapat mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS) Kerugian Penggunaan kempeng dapat mengganggu aktivitas menyusui Bayi akan tergantung dengan kempeng Dapat meningkatkan risiko infeksi saluran tengah Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada gigi Tips dalam pemberian kempeng Jika Anda tetap memilih untuk memberikan kempeng pada bayi Anda, berikut tips nya: Tunggu hingga bayi beradaptasi dengan menyusui Jika Anda menyusui bayi Anda, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk menunggu pemberian kempeng hingga 4-6 minggu setelah bayi lahir Jangan menggunakan kempeng sebagai tameng Berikan kempeng hanya setelah atau diantara menyusui. Jangan biarka [...]

7 Tips Atasi Ngorok

7 Tips Atasi Ngorok

Bagaimana tidur Anda semalam? Apakah nyenyak atau Anda terganggu dengan ngorok mitra ranjang Anda? Kebiasaan mendengkur atau mengorok tidak hanya mengganggu orang yang tidur di samping kita. Tapi juga dapat mengganggu kesehatan sang pengorok itu sendiri. (Baca: Mengorok Berpotensi Kematian) Sekitar 75% orang yang mendengkur ketika tidur mengalami obstructive sleep apnea yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Ikuti tips-tips di bawah ini yang dapat membantu Anda menghentikan timbulnya dengkuran. 1. Ubah posisi tidur Saat tidur terlentang, pangkal lidah jatuh ke dinding belakang kerongkongan, menyebabkan suara bergetar ketika tidur. Tidur dengan posisi miring dapat membantu mencegah hal ini terjadi. Jika dengan perubahan posisi masih terdapat dengkuran, mungkin sudah ada obstructive sleep apnea. 2. Turunkan berat badan Penurunan berat badan dapat membantu beberapa orang dengan kebiasaan tidur mendengkur. Peningkatan lemak pada daerah leher menekan diameter internal kerongkongan, sehinga lebih mungkin tertutup dan menyebabkan suara dengkuran. (Baca: Perlukah Menurunkan Berat Badan?) 3. Hindari konsumsi alkohol Alkohol dan sedative mengurangi tonus istirahat otot bagian belakan [...]

Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Sebagai salah satu indera manusia yang paling penting, kesehatan mata harus selalu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan asam lemak omega-3 yang terpada pada makanan. Berikut 7 makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata seperti dikutip dari About Health :1. WortelWortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berguna untuk penglihatan. Vitamin A membentuk rhodopsin, suatu protein yang akan menyerap cahaya di retina. Vitamin A juga diperlukan mata agar kornea dapat berfungsi dengan normal. Selain itu, wortel juga kaya akan serat dan rendah kalori serta bebas lemak sehingga bisa dikonsumsi setiap saat.2. JerukMengandung vitamin C, kalsium, dan serat yang tinggi, jeruk dipercaya sebagai salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. Vitamin C juga berfungsi sebagai anti oksidan yang diperlukan tubuh untuk melancarkan peredaran darah, termasuk juga mengalirkan darah di area mata. 3. StroberiSama seperti jeruk, stroberi juga mengandung vitamin C yang juga bisa mengatasi masalah penglihatan, terutama yang disebabkan karena usia. Buah ini juga kaya akan folat dan serat sehingga bisa menjaga [...]

Fakta & Mitos Virus Ebola

Fakta & Mitos Virus Ebola

Mitos dan rumor mengenai virus yang ditakutkan ini telah menyebabkan panik dan paranoia seluruh dunia. Benarkah virus ebola bisa menular hanya lewat udara dan pertukaran napas dari penderita? Benarkah sekalipun sudah sembuh ebola, penyakit yang ada masih berpotensi menularkan ke orang lain? Benarkah virus ini dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik? Banyak fakta mengenai virus ebola yang kenyataannya beredar simpang siur. Tidak akurat dan menyesatkan. Tidak lagi jika Anda menyimak beberapa fakta dan pelurusan mitos tentang virus ebola berikut ini: Mitos 1 Ebola: Virus ebola merupakan virus yang disebarkan melalui udara, air, dan kontak tubuh. Fakta: Virus ini dapat tertular bila cairan tubuh dari orang yang terinfeksi terkena dengan membrane mukosa orang yang tidak terinfeksi Hal ini menunjukkan bahwa virus ebola dapat tertular melalui darah, keringat, atau urin saat cairan tersebut terkena mata, mulut, hidung, telinga, daerah genital atau daerah luka terbuka. Mitos 2 Ebola: Walaupun Anda sembuh dari Ebola, Anda masih dapat menularkan virus ini ke orang lain. Fakta : Pada normalnya hanya orang yang menunjukkan gejala ebola yang [...]

Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Umumnya, vitamin dikonsumsi lewat cara oral, baik makan maupun diminum. Cara lain untuk memperoleh manfaat vitamin bisa dari mengoleskannya di kulit, yakni dengan penggunaan body lotion. Kini ada cara baru untuk memperoleh manfaat vitamin, yakni disemprotkan.Di Inggris, beberapa produsen vitamin mulai melansir produknya dalam bentuk spray (semprotan). Produk-produk vitamin semprot seperti G-Force Energy Spray, BettterYou DLux, hingga Cellfood Multivitamin Spray mulai populer dikonsumsi. Harganya berkisar dari Rp 70 ribu hingga paling mahal seharga Rp 1,1 juta.Diklaim, produk vitamin yang digunakan dengan cara disemprotkan ini bekerja dengan penyerapan lewat membran mucosal yang ada di dalam mulut, seperti dikutip dari Daily Mail."Karena mereka disemprotkan di bawah lidah, mereka langsung memasuki aliran darah ketimbang harus diproses lewat sistem pencernaan," ujar Andrew Thomas pendiri perusahaan produsen vitamin Better You.Ia juga menganggap konsumsi vitamin semprot ini jauh lebih aman karena tidak terkontaminasi zat lain seperti pembungkus kapsul maupun pengeras adonan yang ada di tablet.Namun tidak semua ahli setuju dengan manfaat vitamin semprot. Ursula Arens, pembicara dari [...]

Kenali Sifat Sakit Kepala Anda

Kenali Sifat Sakit Kepala Anda

Sungguh mengganggu apabila kita sedang semangat beraktivitas, sakit kepala datang serta-merta dan merusak segalanya. Ketika saat ini datang, janganlah terburu-buru meminum obat, kenali dulu sifat sakit kepala Anda! Sakit pada kepala tidak selalu berarti ada masalah yang bersumber di kepala Anda, sakit kepala juga seringkali diakibatkan adanya kelainan pada bagian tubuh yang lain, misalnya mata. Pada penyakit glaukoma, tidak jarang sakit kepala dikeluhkan pasien, berikut ini akan dipaparkan beberapa penyebab sakit kepala yang sering dijumpai! - Sakit Kepala Berdenyut Sakit kepala yang sifatnya berdenyut, dirasakan di satu sisi, dan membuat Anda ingin berada di ruangan gelap yang hening adalah ciri khas dari nyeri kepala akibat migrain. Migrain tidak selalu hanya menyerang satu sisi kepala saja, kadang bisa keduanya, penderita migrain sangat terganggu dalam aktivitasnya. (Baca: Salah Kaprah Migrain) - Sakit Kepala Serasa Diikat Tali Kencang Sakit kepala yang dirasakan seperti kepala yang diikat dengan tali, terjadi berhari-hari, adalah nyeri kepala jenis Tension Type Headache (TTH), sakit kepala jenis ini bisa menyerang Anda berhari- hari lamanya, tetapi tidak memburuk seiring A [...]

CALEG Rawan Depresi & Stres

CALEG Rawan Depresi & Stres

Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi. Menilik kilas balik Pemilihan Umum 5 tahun lalu, RS Hasan Sadikin Bandung menyampaikan hasil penelitiannya soal kemungkinan yang kuat sekali untuk para CALEG yang tidak lolos dapat kehilangan kewarasannya karena frustasi dari beban kegagalan yang dimilikinya. (Baca: PEMILU 2009: CALEG Rawan Depresi Meningkat 40%) Sulit ditampik, beda 5 tahun lalu memang bisa beda lagi situasi 2014 ini. Jika para CALEG pada 2009 lalu mayoritas dinilai tidak memiliki kadar kekuatan mental untuk menjadi fondasi pencegahan kecenderungan depresi pada penelitian, tidak menutup kemungkinan dikhawatirkan muncul dengan hasil evaluasi tes kejiwaan yang tidak jauh berbeda dari 2009 lalu. Buktinya? Tidak main-main, sederet mantan CALEG 2009 resmi menjadi depresi pasca kegagalan PEMILU 5 tahun lalu. seorang calon bupati di Jawa Timur menjadi gila karena kalah dalam proses pilkada. Dilaporkan dirinya telah menghabiskan Rp. 3 miliar hasil mengutang guna menutupi kebutuhan kampanye. Hutangnya berakumulasi, usahanya gulung tikar, dan situasi rumah tangganya menuju perceraian dengan istrinya. Senada yang diala [...]

Pro-Kontra Haram-Halal di Era Kedokteran Modern

Pro-Kontra Haram-Halal di Era Kedokteran Modern

Polemik halal-haram perspektif Islam dalam berbagai aspek ilmu kedokteran masih dirasa menghambat performa pelayanan kedokteran di era modern di Indonesia. Di lain sisi, teknologi kedokteran dalam perkembangannya masih terus memberikan inovasi-inovasi baru yang berpotensi menimbulkan polemik baru. Namun sebagian besar pelaku kedokteran modern muslim dewasa ini justru menganggap kondisi polemik yang ada menjadi sebuah tantangan untuk menjembatani pengenalan aspek-aspek syariah dalam bersinergi dengan praktik ilmu kedokteran sehari-hari. "Bagaimana peran dokter muslim dalam era kedokteran modern ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kinerja dokter, bagaimana tantangan kita melakukan sedikitnya terbagi menjadi dua hal, antara lain; pendekatan yang manusiawi dalam pengobatan, dan menegakkan 'evidence-based medication," ungkap Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, dalam kesempatan mengisi materi wicara di Seminar Meningkatkan Kinerja Dokter Dalam Era Kedokteran Modern: Peran Dokter Muslim. Polemik bayi tabung, euthanasia, vaksin haji meningitis, heparin serta polemik pro-kontra lainnya yang populer di Indonesia merupakan tantangan peran dokter muslim dalam era kedokteran modern [...]

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

HPV atau human papillomavirus merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Terdapat sekitar 40 tipe HPV dan ditularkan melalui kontak seksual. Kebanyakan infeksi HPV tidak memberikan gejala namun merupakan penyebab utama kanker serviks (HPV tipe 16 dan 18). Apakah vaksin HPV itu? Vaksin HPV merupakan vaksin inaktif yang dilemahkan dan dapat melindungi dari 4 tipe virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks dan genital warts. Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim Siapakah yang perlu mendapatkan vaksin HPV dan kapan? Vaksin HPV dianjurkan bagi mereka yang akan menikah, pernah ataupun akan melakukan kontak seksual secara aktif. Vaksin ini juga dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena infeksi HPV: Pertama kali berhubungan seks pada usia sangat muda Partner seksual yang berganti-ganti Memiliki partner seksual yang suka berganti-ganti pasangan Jika wanita tersebut telah terinfeksi virus HPV, vaksin ini tidak dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan. Apakah wanita hamil boleh diberikan vaksin HPV? Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *