Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

CARA-ALAMI-ATASI-TENGGOROKAN-SAKIT_1.jpg

Sakit tenggorokan seringkali dialami banyak orang terlebih dalam situasi cuaca yang kurang menentu ini. Pagi terik, siang bisa hujan lebat. Atau sebaliknya, hujan lebat di pagi hari, terik di siang hari. Meskipun tidak melulu salah cuaca, sakit tenggorokan acapkali gejala tubuh sedang mengalami infeksi karena daya tahan tubuh menurun.

Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Berkumur atau gargling yang dimaksud berbeda dengan berkumur yang umum. Bukanlah berkumur yang sama ketika kita menyikat gigi. Tapi berkumur dengan mendongakkan kepala keatas dan dengan mulut terbuka, teknik gargling ini merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Air Garam

Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan.

Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan mulut terbuka, mulailah mencoba gargling.

Berkumur merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

2. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Lemon dan Air

Campurkan 1 sdt jus lemon di dalam 1 gelas air untuk dikumur. Campuran ini dapat membantu mengempiskan jaringan tenggorokan yang membengkak dan memberikan lingkungan asam bagi virus dan bakteri. Akan lebih terasa lebih nyaman jika Anda menikmatinya dalam air yang bersuhu hangat.

Jika Anda hendak menggunakan gula, pastikan dalam jumlah yang wajar agar tidak berlebihan. Meskipun penggunaan gula sebaiknya tidak perlu dalam hal ini.

3. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Jahe, Madu, Lemon dan Air

Anda bisa juga membuat campuran dari 1 sdt jahe bubuk, madu, 1/2 gelas air dan 1/2 gelas jus lemon untuk kemudian dikumur.

Madu dapat melindungi tenggorokan dan memiliki efek antibakteri yang ringan.

Jika Anda nyaman dengan rasanya, Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai minuman hangat.

Karena kombinasi jahe dan madu merupakan racikan yang tepat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal secara alami untuk membunuh kuman dan mengatasi infeksi. Gunakan teh hijau hangat untuk berkumur yang dapat bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam tenggorokan.

Selain untuk berkumur, Anda dapat juga menjadikan teh hijau sebagai minuman. Karena teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti anti-jamur, anti-bakteri dan lainnya. (Baca: 5 Khasiat Teh Hijau)

Bahkan dalam beberapa literatur medis disebutkan teh hijau dapat dijadikan minuman pencegahan kanker.

5. Kenali Sakit Tenggorokan Anda

Pada sebagian kasus, sakit tenggorokan merupakan pertanda Anda sedang mengalami infeksi virus di daerah pernapasan. Bisa jadi karena pembengkakan tonsil yang merespons akibat infeksi virus influenza tersebut, atau lainnya.

Untuk mengenali sakit tenggorokan Anda adalah indikasi infeksi flu atau bukan adalah dengan mencermati gejala influenza lainnya, seperti apakah ada meriang, demam, pusing, sekresi berlebihan (cairan hidung berlebihan, ingus meler).

Untuk kondisi sakit tenggorokan yang menjadi gejala sakit flu, kuncinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu solusi alami yang terbaik adalah cukup cairan, cukup nutrisi dan istirahat atau tidur. Namun jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

Baca juga:

Tenggorokan & Mulut Kering Bangun Tidur Karena AC

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Telinga

4 Cara Alami Atasi Pilk Masuk Angin

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air kelapa selama ini disebut-sebut sebagai minuman alami pengganti energy drink atau minuman ion penyeimbang cairan elektrolit di dalam tubuh. Popularitasnya sebagai 'minuman super' ikut didukung para selebriti seperti Miranda Kerr dan Kerry Washington, yang rutin minum air kelapa untuk detoksifikasi.Kenyataannya, air kelapa tidak sehebat seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Pakar diet asal Australia, Julie Gilbert mengatakan, air kelapa memang minuman sehat namun kurang tepat jika dikatakan sebagai 'minuman super' yang memiliki banyak manfaat."Air kelapa mungkin baik untuk menghidrasi tubuh, tapi bukan berarti dia 10 atau 15 kali lebih baik ketimbang minuman lainnya," tutur Julie, seperti dikutip dari ABC Australia.Yang sekarang menjadi pertanyaan, benarkah air kelapa lebih efektif mengganti cairan tubuh yang hilang daripada energy drink? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.Ketika berkeringat, tubuh kehilangan cairan yang di dalamnya mengandung mineral penting seperti sodium, potassium, kalsium dan magnesium. Air kelapa memang memiliki empat jenis mineral tersebut, terutama potassium. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau khasiat air kelapa sama efektifnya dengan energy [...]

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Memakai high heels membuat penampilan terlihat seksi, anggun dan postur tubuh lebih sempurna. Maka tak heran banyak wanita yang rela mengenakan sepatu dengan hak tinggi meskipun menimbulkan rasa sakit. Memakai high heels untuk menunjang penampilan sah-sah saja, namun jika terlalu lama dan terus menerus bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Ini hal-hal 'menakutkan' yang terjadi pada tubuh ketika Anda pakai high heels.1. Tulang Belakang"Pakai high heels terus menerus bisa sangat berbahaya bagi tulang belakang. Ini sebabnya sakit punggung sering terjadi pada wanita bekerja," ujar Dr. Sudeep Jain, konsultan bedah tulang belakang dan direktur di Spine Solutions India, seperti dikutip dari Health Me Up.Saat memakai high heels, postur tubuh otomatis akan langsung berubah. Perubahan yang secara tiba-tiba tapi tidak konstan (ketika melepas high heels, tubuh akan kembali ke postur semula) bisa mengganggu struktur tulang yang berakibat sakit punggung hingga postur tubuh bungkuk saat tua nanti.2. HyperlordosisTerus menerus memakai high heels akan mengganggu kesejajaran tulang. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang jadi melengkung atau yang biasa disebut dengan hyperlordosis. Akibatnya, tul [...]

Aktifitas Fisik Pengaruhi Kerusakan Otak Orang Tua

Aktifitas Fisik Pengaruhi Kerusakan Otak Orang Tua

Aktifitas fisik pengaruhi kerusakan otak orang tua, hal ini yang kurang disadari. Terlibatnya aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan fungsi kognitif pada orang yang berusia tua, menurut dua penelitian yang diterbitkan secara online oleh Archives of Internal Medicine, kemaren juga bertepatan dengan Konferensi International tentang Penyakit Alzheimer di Paris. Penelitian pertama mengatakan, bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan kecepatan penurunan fungsi kognitif pada manula. Fungsi kognitif merupakan aktivitas mental secara sadar seperti berpikir, mengingat, belajar, dan menggunakan bahasa. Fungsi kognitif juga merupakan kemampuan atensi, memori, pertimbangan, pemecahan masalah, serta kemampuan eksekutif seperti merencanakan, menilai, mengawasi dan melakukan evaluasi. Lebih lanjut, banyak dari penelitian bergantung pada laporan dari aktivitas fisik, yang tidak selalu akurat, dan fokus pada aktivitas yang kuat bukan intensitas rendah atau tidaknya aktivitas fisik. Hal ini akan menjadi perbandingan untuk mengisi kesenjangan pandangan pada penelitian pertama dan kedua. Marie Vercambre. Ph.D., dari kesehatan masyarakat di Paris, menentukan tingkat aktivitas fisik pasien dengan [...]

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Sering memakai makeup saat berada di kendaraan? Kini sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Sejumlah ahli kesehatan memperingatkan bahaya memakai makeup, khususnya eyeliner dan maskara karena bisa membahayakan penglihatan.Dr Susan Blakeney, penasihat klinis dari College of Optometrist (ahli mata) mengatakan bahwa guncangan bisa saja terjadi dalam perjalanan, saat wanita mengaplikasikan riasan mata. Guncangan tersebut bisa membuat eyeliner atau maskara menggores kornea mata. Goresan tersebut bisa membuat mata rentan terkena infeksi karena permukaan korneanya terluka.Jadi pembicara dalam National Eye Health Week, Susan mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum bermakeup. Hal ini mungkin terkesan sepele namun dari kebiasaan kecil itulah risiko terkena gangguan kesehatan yang berisiko tinggi bisa dicegah. Susan menambahkan, penting juga memerhatikan informasi tanggal kedaluwarsa kosmetik pada kemasan."Langkah sederhana ini bisa membantu meminimalisir risiko kerusakan mata," ujarnya, seperti dikutip dari Daily Mail.Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya Susan menjelaskan bahwa mata merupakan organ tubuh dengan tingkat ketahanan yang cukup tinggi. Namun jika Anda mengabaikan [...]

Tanda-tanda Ketidaknormalan Cairan Vagina

Tanda-tanda Ketidaknormalan Cairan Vagina

Cairan vagina yang sehat tidak berwarna atau berbau tajam. Cairan vagina sebenarnya berperan penting dalam menjaga kebersihan organ intim dengan membawa keluar sel mati dan bakteri dari vagina dan leher rahim. Cairan ini bisa jadi meningkat dan mengeluarkan bau berbeda di masa menyusui, ovulasi, atau saat terangsang secara seksual. Namun yang perlu diwaspadai adalah ketika terjadi perubahan warna, volume, serta aroma yang ditimbulkan. Lebih lanjut dari itu, patut juga diperhatikan jika diiringi oleh kondisi-kondisi lain, seperti rasa gatal, nyeri, dan pendarahan. Mengenali Ciri-ciri dan Penyebabnya Semua perubahan pada cairan vagina dapat mengindikasikan adanya infeksi vagina. Waspadai jika: Terjadi perubahan pada warna cairan vagina misalnya dari yang biasanya putih menjadi kuning kehijauan. Mendadak cairan vagina menjadi berbau tidak sedap atau tajam. Volume cairan vagina mendadak meningkat. Keluarnya cairan vagina diiringi gejala lain, seperti rasa gatal atau nyeri pada bagian kemaluan atau perut. Terjadi pendarahan di luar masa menstruasi. Infeksi yang menyebabkan perubahan cairan vagina umumnya terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri pada vagina. Penyebab secara spesifi [...]

Cara Mengobati Memar Mata

Cara Mengobati Memar Mata

Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Hal ini guna mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan. Memar mata terjadi karena benturan benda keras. Tanda yang akan terlihat adanya benjolan pada bagian yang terbentur, kadang disertai warna kebiruan. Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya. Struktur wajah dan mata sangat sesuai untuk melindungi mata dari cedera. Bola mata terdapat di dalam sebuah rongga yang dikelilingi oleh bubuhan bertulang yang kuat. Kelopak mata bisa segera menutup untuk membentuk penghalang bagi benda asing dan mata bisa mengatasi benturan yang ringan tanpa mengalami kerusakan. Meskipun demikian, mata dan struktur di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat cedera. Lalu adakah kiat untuk menyamarkan ataupun mengobati mata memar? Berikut penjelasannya: Mengobati Memar Pada Mata Cedera yang terjadi pada mata bisa berupa memar akibat terkena benturan sesuatu. Mungkin tidak ada benda asing disekitar mata tetapi memar bisa terjadi di mata atau bahkan di bola matanya, bisa membuat khawatir dan terjadi kerusakan [...]

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor. Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga. Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Penelitian menemukan bahwa bahkan sekedar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan. Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit dem [...]

Agar Nyaman saat Berpuasa

Agar Nyaman saat Berpuasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berpuasa, mungkin saja timbul beberapa keluhan yang dapat mengganggu kenyamanan berpuasa. Kenalilah keluhan-keluhan tersebut untuk bisa mengantisipasi dan mengatasinya. 1. Kembung dan rasa terbakar di dada Berpuasa sebenarnya menurunkan kadar asam lambung. Namun, pikiran mengenai makanan serta penciuman yang membaui makanan akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada. Selain itu, berpuasa juga dapat menyebabkan keluhan kembung. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Menghindari makanan berlemak atau terlalu pedas. b. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. c. Berhenti merokok. d. Tidur dengan bantal yang agak tinggi. e. Mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi asam lambung pada saat sahur. 2. Sakit kepala Sakit kepala saat berpuasa dapat terjadi karena dehidrasi, rasa lapar, kurang istirahat, atau karena keinginan tubuh terhadap kafein atau nikotin. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Tidak melewatkan sahur. b. Mengkonsumsi banyak cairan. c. Tidak terkena sinar matahari langsung. d. Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. 3. Dehidrasi Dehidras [...]

8 Cara Menjaga Kesehatan & Keindahan Payudara

8 Cara Menjaga Kesehatan & Keindahan Payudara

Menjaga payudara agar tetap sehat bukanlah hal sulit. Asalkan Anda menerapkan pola hidup sehat secara disiplin. Ini dia delapan cara menjaga kesehatan dan keindahan payudara yang mudah dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip dari Health 24.1. Makan yang SehatBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Buah dan sayur berwarna kuning atau oranye kaya akan beta-karoten, antioksidan yang diyakini bisa menurunkan risiko kanker payudara. Beberapa makanan lain seperti flax seed, walnut, cranberry dan makanan mengandung asam lemak omega-3 juga terbukti efektif. Konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium untuk mencegah pembengkakan pada payudara saat PMS.2. Cek Ukuran BraSebanyak 70 persen wanita diketahui memakai ukuran bra yang salah. Tidak hanya memicu masalah pada kesehatan seperti postur yang kurang sempurna, iritasi kulit dan kesulitan bernapas. Memakai bra yang salah juga bisa merusak ikatan sendi pada payudara, membuat payudara terasa sakit dan kendur. Perlu diketahui, ukuran payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia. Beberapa faktor yang memengaruhi diantar [...]

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Tanaman herba pegagan banyak digunakan untuk menangani permasalahan pada kulit. Tidak heran jika kini banyak produsen yang memasukkan ekstrak pegagan ke dalam produk obat, seperti dalasakit telinga, penuaan, anakm kandungan salep atau krim. Tidak hanya itu, produsen kosmetik pun ikut tergiur dengan tanaman yang kerap dicampurkan ke dalam asinan Bogor itu. Lantas apakah benar pegagan bisa membuat kulit sehat dan cantik? Manfaat Pegagan Menurut Penelitian Pegagan memiliki zat-zat kimia yang sepertinya bisa membantu mengurangi peradangan. Pegagan, terutama pada kandungan asam asiatiknya, dianggap bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu salah satu zat yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Melihat cara kerjanya, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan pegagan untuk mengatasi permasalahan kulit. Berikut ini hasil penelitian yang menyatakan bahwa pegagan mungkin bisa mengatasi permasalahan kulit. Stretch marks. Menurut sebuah uji klinis, krim yang mengandung pegagan, vitamin E, dan kolagen mungkin bisa mengurangi stretch marks yang biasa timbul pada wanita yang sedang hamil. Guratan yang kerap timbul pada bagian perut ini mungkin dapat berkurang jika dioles [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *