Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

cara mencerahkan wajah secara alami

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh? yuk kita bahas penjelasannya dibawah ini.
Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus dan kenyal tentunya keinginan semua orang. Namun, ada saja hal-hal yang membuat kulit kita kehilangan kecantikannya.Faktor usia disebut-sebut menjadi penyebab perubahan pada kulit wajah, seperti hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, perubahan warna kulit, timbulnya garis-garis halus, bintik-bintik coklat, kulit kendur serta keriput, juga membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Namun, selain faktor usia, ada berbagai faktor lainnya yang membuat kulit wajah memiliki kualitas yang buruk, di antaranya polusi, paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya (UV), diet tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak serta kurang mendapatkan istirahat.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara mencerahkan wajah secara alami Anda:

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

1.Lemon
Lemon dapat membantu meremajakan kulit, serta mengurangi bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Selain itu, kandungan pemutih pada lemon dapat mencerahkankan warna kulit Anda secara keseluruhan.

Caranya: tuang beberapa tetes madu di atas 1/2 lemon, kemudian gosok secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut dua kali dalam seminggu.

2.Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat melindungi kulit wajah dari risiko timbulnya jerawat dan kulit terbakar karena sinar matahari. Sehingga membantu peremajaan kulit Anda. Selain itu, kandungan antioksidan dalam mentimun dapat membantu kualitas kulit agar tetap bercahaya dan tampak lebih muda.

Caranya: Campurkan 2 sendok teh parutan mentimun dengan � cangkir yogurt untuk membuat masker wajah. Kemudian oleskan pada wajah dan leher Anda dan diamkan selama 20 menit. Lakukan cara tersebut dua kali seminggu.

3.Pepaya
Buah pepaya kaya akan vitamin A, C dan E serta memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu untuk meremajakan kulit wajah Anda. Kandungan pada buah pepaya tersebut dapat membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan lembap. Selain itu, kandungan alpha hydroxy acids pada pepaya juga dapat membantu pengelupasan kulit dan juga bermanfaat untuk mengobati jerawat, noda di wajah, dan bintik-bintik gelap.

Caranya: campurkan 2 sendok makan air pepaya yang dicampurkan dengan 1 sendok makan madu serta 1/2 sendok teh lemon segar, setelah itu oleskan pada seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat yang dilanjutkan dengan memercikan air dingin pada wajah Anda. Lakukanlah 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4.Pisang
Pisang memiliki sifat melembapkan yang sangat baik untuk meremajakan kulit, terutama pada kulit kering. Pisang juga dapat membantu Anda dalam melawan keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan.

Caranya: hancurkan 1 buah pisang matang yang kecil, lalu tambahkan 2 sendok makan krim susu, 1 sendok madu organik dan tepung gandum dan sedikit air. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan dua kali seminggu agar kulit cerah.

5.Yogurt
Kandungan asam laktat pada yogurt berfungsi sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu pengelupasan serta menjaga kelembapan kulit sehingga dapat membuat kulit wajah Anda lebih bercahaya.

Caranya: campurkan 2 sendok teh yogurt murni dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan tepung. Oleskan pada waja dan leher lalu diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ingin punya kulit mulus tanpa bulu?

Ingin punya kulit mulus tanpa bulu?

Setiap orang, terutama kaum wanita, pasti ingin memiliki kulit yang halus dan bersih. Ya, apalagi kalau bukan untuk menunjang penampilannya? Sebagian besar wanita bahkan rela mengantre berjam-jam dipusat kecantikan dan mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidaklah sedikit. Sebut saja creambath, facial, mandi rempah, whitening treatment, dan yang tidak kalah sering dilakukah, adalah waxing. Waxingadalah sebuah ?metode? pencabutan bulu dari akarnya. Proses waxing bisa dilakukan pada hampir seluruh bagian tubuh, misalnya kaki, tangan, ketiak dan kemaluan. Kenapa bulu yang tumbuh berlebihan harus dihilangkan? Selain mengganggu penampilan, ternyata bulu yang lebat bisa menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Waxing tidak harus mahal seperti disalon, Anda dapat melakukannya sendiri dirumah dengan bahan-bahan alami dan bermanfaat bagi kulit, yaitu dengan gula dan lemon. Wax dengan gula dan lemon ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan mencukur, bulu baru akan tumbuh kembali setelah 2 minggu sampai dengan 1 bulan. Proses pembuatannya tidak sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat dan harganya terjangkau, yaitu : Gula pasir. Jeruk lemo [...]

Kiat Mengatasi Biang Keringat

Kiat Mengatasi Biang Keringat

Tidak hanya anak kecil yang dapat mengalami biang keringat, orang dewasa pun bisa terserang biang keringat atau dikenal dengan nama keringat bantet. Pasalnya, kita pun kerap bersinggungan dengan udara panas yang menjadi penyebab munculnya keringat berlebih. Pada kulit, biang keringat akan muncul layaknya jerawat kecil-kecil yang berkumpul dalam jumlah banyak pada permukaan kulit. Biang keringat ini biasanya tidak memiliki isi, seperti kebanyakan jerawat pada umumnya dan memiliki warna kemerahan. Penyebab utama dari timbulnya biang keringat adalah adanya penumpukan sel-sel kulit mati, kelebihan minyak pada kulit dan bakteri yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Biasanya, biang keringat pada orang dewasa paling rentan dialami oleh mereka yang rutin berolahraga namun kurang bersih menjaga kebersihan kulit sesudahnya. Adanya pori-pori yang tersumbat membuat bakteri yang terperangkap dapat berkembang biak secara pesat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan di dalam dinding folikel kulit. Peradangan ini lebih lanjut dapat memicu munculnya banyak biang keringat yang masih satu golongan dengan masalah jerawat yang dialami kulit pada umumnya. Untuk mengatasi biang keringat, kurang leb [...]

10 Efek Samping Kosmetik Yang Tidak Anda Sadari

10 Efek Samping Kosmetik Yang Tidak Anda Sadari

Hampir setiap hari kita bersentuhan dengan kosmetik. Bisa dibilang, kosmetik, terutama bagi wanita, sudah menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Karena permintaan yang tinggi, hampir semua usaha kecantikan terutama para produsen make up, tidak pernah sepi peminat. Di balik manfaatnya yang bisa mempercantik wajah Anda, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda waspadai dari penggunaan kosmetik. Beberapa bahan yang dipakai di dalam pembuatan kosmetik berpotensi membahayakan kesehatan, dan efek-efek yang mungkin terjadi tersebut antara lain: 1.Adanya ketergantungan secara psikis terhadap kosmetik yang digunakan Beberapa wanita, bahkan juga pria, merasa tidak mampu keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain tanpa adanya polesan dan sentuhan makeup. 2.Jika dipakai terlalu lama dapat menimbulkan berbagai keluhan Beberapa keluhan yang mungkin muncul adalah rasa pusing, lelah dan mual setelah lama terpapar makeup. Karena itu selalu bersihkan makeup sampai benar-benar terhapus dari wajah. Hindari juga memakai make up dalam waktu yang terlalu lama dan sebaiknya tidak terlalu tebal. 3.Penggunaan kosmetik rambut dapat merusak rambut Penggunaan pewarna dan gel rambut, bahkan serum, [...]

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering maupun pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca, kebiasaan menjilat bibir secara berlebihan, dan obat-obatan tertentu. Pada dasarnya, bibir kering merupakan suatu hal yang umum terjadi pada seseorang. Namun hati-hati, bibir kering bisa berkembang menjadi cheilitis. Nah, cheilitis dapat disebabkan oleh infeksi, dan ditandai dengan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah pada bagian sudutnya. Beberapa gejala umum dari bibir pecah-pecah adalah sebagai berikut: ? Kekeringan ? Mengelupas ? Luka ? Pembengkakan ? Retak ? Keluar darah (berdarah) Lalu apa yang menyebabkan terjadinya bibir kering atau pecah? Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada umumnya, sehingga bagian tubuh ini, lebih mudah menjadi kering dan mengalami pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk bibir yang pecah, baik itu karena faktor cuaca maupun perawatan bibir yang salah. Kebiasaan menjilat bibir berlebihan juga dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga bibir menjad lebih kering. Faktor risiko dari bibir kering dan pecah Bibir kering tidak memandang usia dan jenis kelamin, jadi bibir kering atau pecah-pecah dapat dialami oleh siapapun terutama bagi mer [...]

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasi kulit kering ? Tinggal di daerah tropis membuat kulit wanita Indonesia kebanyakan menjadi sangat kering. Kulit kering dapat menjadi gatal hingga terkelupas. Kulit yang kering dan dehidrasi juga dapat terasa sangat tidak nyaman.Cara mengatasi kulit kering, tidak hanya perawatan kulit yang perlu diutamakan, namun juga bagaimana kondisi udara di sekitar, kebersihan kulit, serta pakaian yang dikenakan. Berikut 6 cara mengatasi kulit kering dengan mudah : 1. Hindari air yang terlalu panas untuk mandi. Pertahankan suhu air tetap hangat karena air yang terlalu panas walaupun nyaman dapat membuat kulit semakin kering. Air panas menghambat minyak alami kulit untuk keluar. Jangan mandi pada air yang terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama, maksimal 5 hingga 10 menit saja. Cara mengatasi kulit kering ini mudah untuk dilakukan. 2. Sabuni tubuh dengan sabun yang bebas pewangi. Produk kecantikan dengan deodoran tambahan dapat mengakibatkan efek buruk pada kulit. Carilah jenis sabun yang mengandung ceramides, yang bermanfaat menahan kelembaban kulit. Jangan terlalu banyak mengenakan produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jangan melakukan scrubbing terlalu keras [...]

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat, biasanya menjadi pilihan pertama sebelum menjalani pengobatan dan perawatan di dokter spesialis kulit. Selain tak perlu merogoh kocek terlalu banyak, cara alami tentu lebih aman bagi kesehatan kulit. Umumnya, jerawat timbul disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Pada dasarnya minyak berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, jika produksinya secara berlebihan akan menyebabkan sumbatan dan akhirnya terbentuknya pimple, yaitu pembengkakan kecil pada kulit yang berisi nanah atau komedo. Jerawat biasanya disebabkan oleh wajah yang berminyak, bakteri, perubahan hormon yang diakibatkan oleh kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok serta faktor keturunan. Namun, beberapa faktor lain seperti stres dan makanan seperti cokelat, gula dan makanan berlemak juga seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Namun, Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Nah, berikut ini adalah cara alami yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi jerawat: 1.Perbanyak konsumsi air Cara paling mudah dan baik untuk mengatasi jerawat adalah dengan meningkatkan asupan [...]

Tips Merawat Kulit Wajah Pria

Tips Merawat Kulit Wajah Pria

Kulit wajah prialebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah wanita. Ketebalan kulit wajah pria ini membuat wajah pria cenderung lebih sensitif pada pembersih dan pelembap wajah. Hal ini diperparah dengan kebiasaan pria yang tidak terlalu mempedulikan perawatan wajah, mengingat pria tidak menggunakan makeup seperti wanita. Bagi para pria yang memelihara kumis maupun janggut, perawatan ekstra tentu diperlukan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan wajah. 1.Sabun batangan atau pembersih cair untuk wajah pria Sabun batangan memiliki sifat yang mudah membuat kulit wajah mengering lebih cepat daripada pembersih cair. Jika kulit wajah terasa gatal atau kencang setelah dicuci dengan sabun batangan, cobalah untuk mengganti sabun dengan pembersih cair. Jika ingin tetap menggunakan sabun batangan, pilihlah jenis yang mengandung gliserin untuk melembapkan wajah. Cari jenis sabun yang juga memiliki tambahan minyak vitamin E, minyak zaitun atau minyak jojoba. Jika wajah berminyak, maka wajah pasti mudah berjerawat. Untuk masalah ini, pilihlah sabun yang mengandung asam salicylic, asam glikolik atau benzyl peroksida. Ketiganya merupakan jenis pengikis kulit terluar wajah y [...]

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak adalah hal yang gampang-gampang susah. Memiliki kulit berminyak tak selamanya merugikan. Minyak yang diproduksi tubuh membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di area wajah. Namun jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah guna membuat wajah Anda kembali segar. Berikut cara merawat wajah berminyak dari ahli kulit (dermatolog) : Gunakan pembersih wajah (cleanser) Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan yang terefektif dari cara merawat wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi. Jika pembersih wajah biasa tidak ampuh, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam dapat membantu memangkas minyak yang hadir. Gunakan air hangat saat melakukan proses pembersihan muka. Gunakan toner Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan jika kulit Anda cenderung berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu m [...]

Ruam Kulit, Kenali Penyebabnya

Ruam Kulit, Kenali Penyebabnya

Ruam kulit dapat muncul pada bagian dalam kulit yang terlipat. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis insertigo, dan area yang paling sering mengalaminya adalah ketiak, bagian di bawah payudara, bagian kelamin dan lipatan pada tumpukan lemak di perut. Gejala terjadinya dermatitis insertigo, biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah atau merah kecokelatan disertai dengan timbulnya rasa gatal dan bau kurang sedap. Kulit pun dapat menjadi kasar dan terpecah-pecah. Penyebab dermatitis insertigoDermatitis insertigo dapat muncul, karena adanya lipatan kulit yang saling bergesekan dan adanya permukaan lembab kulit dan terperangkap di antara lipatan tersebut. Pada bayi, dermatitis insertigo biasanya muncul dalam bentuk ruam akibat popok. Beberapa area lain, tempat dermatitis insertigo muncul adalah di antara jari kaki, pada paha bagian dalam, selangkangan, lipatan leher hingga di antara pantat. Jika muncul ruam kemerahan pada area-area yang sudah disebutkan, sebaiknya periksakan diri pada dokter, untuk mendapatkan resep pengobatan dan perawatan kulit yang tepat. Gesekan yang terjadi di antara kulit-kulit yang berlipat ini dapat diperburuk oleh banyak faktor, seperti adanya kondisi kul [...]

Makanan Sehat, Cegah Jerawat

Makanan Sehat, Cegah Jerawat

Sederhananya, jerawat muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit, atau keratinisasi. Regenerasi sel kulit yang tidak sempurna, menyebabkan sel kulit ?mempertahankan diri? dengan mengunci kelejar minyak dan pori-pori, juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein dibawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat. Para pakar menyebutkan, ada begitu banyak cara untuk meningkatkan pembaharuan sel-sel kulit, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan memang hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%, sisanya adalah hormon, stress, pola tidur, lingkungan dan bagaimana cara seseorang merawat diri. Dalam hal ini, makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang rendah lemak, yang tidak diproses lebih dulu (mentah), kaya akan buah-buahan, sayuran dan menghindari makanan atau minuman berbahan dasar susu, daging-dagingan, coklat, kentang goreng dan junk food lainnya. Intinya, makanan yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat pada tubuh Anda Vitamin A Untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *