Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

cara mencerahkan wajah secara alami

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh? yuk kita bahas penjelasannya dibawah ini.
Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus dan kenyal tentunya keinginan semua orang. Namun, ada saja hal-hal yang membuat kulit kita kehilangan kecantikannya.Faktor usia disebut-sebut menjadi penyebab perubahan pada kulit wajah, seperti hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, perubahan warna kulit, timbulnya garis-garis halus, bintik-bintik coklat, kulit kendur serta keriput, juga membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Namun, selain faktor usia, ada berbagai faktor lainnya yang membuat kulit wajah memiliki kualitas yang buruk, di antaranya polusi, paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya (UV), diet tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak serta kurang mendapatkan istirahat.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara mencerahkan wajah secara alami Anda:

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

1.Lemon
Lemon dapat membantu meremajakan kulit, serta mengurangi bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Selain itu, kandungan pemutih pada lemon dapat mencerahkankan warna kulit Anda secara keseluruhan.

Caranya: tuang beberapa tetes madu di atas 1/2 lemon, kemudian gosok secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut dua kali dalam seminggu.

2.Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat melindungi kulit wajah dari risiko timbulnya jerawat dan kulit terbakar karena sinar matahari. Sehingga membantu peremajaan kulit Anda. Selain itu, kandungan antioksidan dalam mentimun dapat membantu kualitas kulit agar tetap bercahaya dan tampak lebih muda.

Caranya: Campurkan 2 sendok teh parutan mentimun dengan � cangkir yogurt untuk membuat masker wajah. Kemudian oleskan pada wajah dan leher Anda dan diamkan selama 20 menit. Lakukan cara tersebut dua kali seminggu.

3.Pepaya
Buah pepaya kaya akan vitamin A, C dan E serta memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu untuk meremajakan kulit wajah Anda. Kandungan pada buah pepaya tersebut dapat membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan lembap. Selain itu, kandungan alpha hydroxy acids pada pepaya juga dapat membantu pengelupasan kulit dan juga bermanfaat untuk mengobati jerawat, noda di wajah, dan bintik-bintik gelap.

Caranya: campurkan 2 sendok makan air pepaya yang dicampurkan dengan 1 sendok makan madu serta 1/2 sendok teh lemon segar, setelah itu oleskan pada seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat yang dilanjutkan dengan memercikan air dingin pada wajah Anda. Lakukanlah 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4.Pisang
Pisang memiliki sifat melembapkan yang sangat baik untuk meremajakan kulit, terutama pada kulit kering. Pisang juga dapat membantu Anda dalam melawan keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan.

Caranya: hancurkan 1 buah pisang matang yang kecil, lalu tambahkan 2 sendok makan krim susu, 1 sendok madu organik dan tepung gandum dan sedikit air. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan dua kali seminggu agar kulit cerah.

5.Yogurt
Kandungan asam laktat pada yogurt berfungsi sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu pengelupasan serta menjaga kelembapan kulit sehingga dapat membuat kulit wajah Anda lebih bercahaya.

Caranya: campurkan 2 sendok teh yogurt murni dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan tepung. Oleskan pada waja dan leher lalu diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat, biasanya menjadi pilihan pertama sebelum menjalani pengobatan dan perawatan di dokter spesialis kulit. Selain tak perlu merogoh kocek terlalu banyak, cara alami tentu lebih aman bagi kesehatan kulit. Umumnya, jerawat timbul disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Pada dasarnya minyak berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, jika produksinya secara berlebihan akan menyebabkan sumbatan dan akhirnya terbentuknya pimple, yaitu pembengkakan kecil pada kulit yang berisi nanah atau komedo. Jerawat biasanya disebabkan oleh wajah yang berminyak, bakteri, perubahan hormon yang diakibatkan oleh kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok serta faktor keturunan. Namun, beberapa faktor lain seperti stres dan makanan seperti cokelat, gula dan makanan berlemak juga seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Namun, Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Nah, berikut ini adalah cara alami yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi jerawat: 1.Perbanyak konsumsi air Cara paling mudah dan baik untuk mengatasi jerawat adalah dengan meningkatkan asupan [...]

Waxing dan Shaving Tidak Selalu Solusi

Waxing dan Shaving Tidak Selalu Solusi

Bagi sebagian orang, melakukan waxingatau shaving adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Namun cara ini ternyata seringkali menimbulkan masalah pada kulit bahkan mengganggu penampilan. Setelah melakukan waxing atau shaving, bulu dalam lapisan kulit atau ingrown hair seringkali muncul dan dapat menimbulkan rasa sakit di kulit. Ingrown hair berupa benjolan kecil berwarna merah atau coklat yang terjadi jika bulu tumbuh di dalam folikel. Dokter Kshama Vibhakar, seorang dermatology mengatakan kemungkinan terburuk dari munculnya benjolan tersebut adalah timbulnya infeksi sehingga terjadi folikulitis. Folikulitis terjadi akibat penyumbatan pada folikel rambut. Dampak terburuk dari folikulitis adalah munculnya bisul atau jerawat yang dapat menyebabkan gatal maupun nanah. "Tidak melakukan waxing atau shaving secara benar adalah alasan utama pemicu ingrown hair. Saat kulit belum meregang secara sempurna, bulu sudah dibersihkan dan hanya sebagian yang terangkat. Bulu yang tak tercabut akan menurun dan tumbuh di dalam folikel rambut," jelas dr. Kshama Vibhakar. Menurutnya, melakukan waxing atau shaving sebaiknya ketika bulu telah tumbuh secara sempurna dan tidak terla [...]

Efek Samping Suntik Botox

Efek Samping Suntik Botox

Apakah Anda terganggu dengan kerutan atau keriput di wajah? Salah satu cara untuk menghaluskan kerutan di wajah adalah suntik Botox yang menggunakan botulinum toxin tipe A, albumin, dan sodium klorida. Suntik Botox bisa melemahkan atau melumpuhkan otot lumpuh dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, kerutan di kulit bisa hilang selama 3 ? 4 bulan. Artinya, Anda pun harus melakukan suntik Botox kembali setelah jangka waktu tersebut berakhir. Selain mengurangi kerutan di wajah, suntik Botox juga digunakan untuk mengatasi keringat berlebihan (hyperhidrosis), gangguan saluran kencing, mata juling, migrain kronis, dan cervical dystonia (kejang leher). Suntik Botox harus dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) atau dokter spesialis Bedah Plastik Rekonstuksi dan Estetik (Sp.BP-RE). Pasalnya, penanganan yang tidak tepat dalam tindakan medis ini dapat memicu efek samping yang merugikan. Tertarik melakukan suntik Botox? Inilah beberapa efek samping suntik Botox yang mesti Anda ketahui: Menimbulkan reaksi alergi Reaksi alergi akan muncul jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan injeksi Botox. Gejala alergi ditandai gatal, asma, ruam, bekas merah, da [...]

Mata Ikan

Mata Ikan

Mata ikan atau istilah medisnya Clavus adalah salah satu bentuk kelainan kulit berupa tonjolan penebalan kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor mekanikal, misalnya tekanan karena alas kaki yang keras. Mata ikan sering kali disamakan sebagai kutil padahal keduanya berbeda. Perbedaan dapat terlihat jelas dengan menguliti permukaan keratin keduanya hingga dasarnya terlihat. Pada kutil akan terlihat jelas papilla dermal memanjang yang khas dan pada mata ikan akan terlihat dasar yang bening. Kelainan ini umum ditemukan pada area telapak kaki atau pada sela-sela jari kaki. Mata ikan yang terdapat pada telapak kaki disebut ?mata ikan keras? dan yang terdapat di sela-sela jari kaki disebut ?mata ikan lunak?. Disebut ?mata ikan lunak?, karena mengalami pelunakan oleh keringat. Mata ikan ditandai oleh beberapa perubahan pada kaki yaitu: Kaki terasa gatal dan jika berjalan atau berdiri terasa nyeri seperti ada benjolan di bawah kaki. Penebalan kulit berwana kuning keabu-abuan atau coklat Disebut mata ikan karena pada bagian tengah penebalan kulit terdapat Keratotic plug (corn) yaitu semacam inti yang mengeras sehingga terlihat seperti mata ikan. Inti inilah yang menyebabkan rasa nye [...]

Agar Tumit Pecah-Pecah Kembali Lembut

Agar Tumit Pecah-Pecah Kembali Lembut

Kulit pada bagian tumit cenderung lebih kering daripada kulit di bagian tubuh lain karena kaki sering terekspos permukaan yang keras dan kasar. Akan tetapi, penyebab utama tumit yang pecah-pecah adalah dehidrasi atau kekeringan pada kulit. Diabetes dan obesitas pun dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Tidak hanya masalah medis, kebiasaan mengenakan sandal yang membuat kulit kaki terbuka dan terkena debu, kerikil, hingga batu juga merusak kulit kaki. Demikian pula pemakaian sepatu yang tidak pas dengan ukuran kaki, sabun yang berbahan kimia keras, sering terkena air yang terlalu panas, atau udara yang kering pun bisa membuat tumit pecah-pecah. Ada berbagai produk di pasaran untuk melembutkan tumit yang pecah-pecah. Nah, pastikan produk yang Anda pilih untuk melembutkan tumit yang pecah-pecah mengandung bahan-bahan berikut ini: Alpha hidroxy acids atau beta hidroxy acids dalam jumlah ringan akan membantu pengelupasan kulit mati dan pembentukan kulit baru. Urea yang diambil dari urine hewan seperti kuda dan telah melalui proses sintesis sehingga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Dimethicone adalah bahan tambahan di dalam lotion dan conditioner rambut yang bertekstur licin [...]

Tanda-Tanda Kulit Tua

Tanda-Tanda Kulit Tua

Kulit tua? No Way. Ya, hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang lembut, halus, serta sehat. Tidak hanya wanita, pria pun pasti menginginkan kulit wajah yang sehat walaupun usianya telah bertambah tua. Penuaan atau perubahan pada kulit adalah hal yang biasa terjadi pada semua orang sebagai tanda pertambahan usia, termasuk keriput atau kulit kendur. Meskipun kulit memiliki banyak sekali lapisan, namun secara umum lapisan kulit terbagi dalam tiga, di antaranya: ? Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit, pigmen ? Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Dermis menyediakan nutrisi ke epidermis. ? Lapisan dalam di bawah dermis (lapisan subkutan), mengandung kelenjar keringat, beberapa folikel rambut, pembuluh darah, dan lemak. Selain itu, setiap lapisan juga mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Selain karena faktor usia, penuaan pada kulit dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, genetik, nutrisi, serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor terbesar perubahan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Pada pertambahan usia, lapisan epidermis akan m [...]

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering maupun pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca, kebiasaan menjilat bibir secara berlebihan, dan obat-obatan tertentu. Pada dasarnya, bibir kering merupakan suatu hal yang umum terjadi pada seseorang. Namun hati-hati, bibir kering bisa berkembang menjadi cheilitis. Nah, cheilitis dapat disebabkan oleh infeksi, dan ditandai dengan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah pada bagian sudutnya. Beberapa gejala umum dari bibir pecah-pecah adalah sebagai berikut: ? Kekeringan ? Mengelupas ? Luka ? Pembengkakan ? Retak ? Keluar darah (berdarah) Lalu apa yang menyebabkan terjadinya bibir kering atau pecah? Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada umumnya, sehingga bagian tubuh ini, lebih mudah menjadi kering dan mengalami pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk bibir yang pecah, baik itu karena faktor cuaca maupun perawatan bibir yang salah. Kebiasaan menjilat bibir berlebihan juga dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga bibir menjad lebih kering. Faktor risiko dari bibir kering dan pecah Bibir kering tidak memandang usia dan jenis kelamin, jadi bibir kering atau pecah-pecah dapat dialami oleh siapapun terutama bagi mer [...]

Bahaya Suntik Silikon

Bahaya Suntik Silikon

Suntik silikon adalah tindakan medis yang yang menggunakan silikon cair untuk kebutuhan estetika seperti menghilangkan kerutan, lipatan, dan bekas luka. Namun, pada tahun 1978 ? 1988, Food and Drug Administration atau FDA di Amerika Serikat (semacam BPOM di Indonesia) menyatakan bahwa suntik silikon berbahaya untuk tubuh manusia. Sebelum FDA melarang penggunakan suntik silikon, tak sedikit orang yang menggunakan cara ini agar mendapatkan bentuk tubuh ideal dan menawan. Sayangnya, pelarangan ini tidak langsung dipatuhi sebab masih mengunakan suntik silikon demi mendapatkan hasil instan. Larangan penggunaan suntik silikon bukan tanpa alasan. Misalnya, niat untuk membuat penampilan lebih cantik malah berakhir dengan membuat bagian tubuh menjadi tak karuan bentuknya. Bahkan tidak jarang suntik silikon menyebabkan kematian. Bahaya suntik silikon bertambah besar sebab kerap dilakukan oleh orang yang tidak ahli alias bukan petugas medis yang profesional. Lalu, apa saja bahaya suntik silikon yang perlu Anda pahami? Berikut di antaranya: Sifatnya yang cair membuat silikon mudah menyebar ke bagian tubuh yang lain, akibatnya akan membuat bentuk wajah berubah. Terjadi peradangan atau perubah [...]

Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada wajah saja, namun dapat juga timbul di kulit kepala. Memang jerawat di kulit kepala tidak sampai mengganggu penampilan karena tertutup rambut, tapi rasa gatal dan kadang nyeri dapat mengganggu kenyamanan. Bagaimana terbentuknya jerawat di kulit kepala? Kulit secara alami menghasilkan lapisan pelindung berupa minyak atau sebum yang diekskresi melalui folikel rambut dan pori-pori kulit. Produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati dan partikel lainnya dapat menyumbat ekskresi minyak sehingga timbul komedo. Komedo bersamaan dengan terperangkapnya bakteri dapat menyebabkan tmbulnya peradangan pada folikel rambut yang ditandai dengan bintil merah yang disebut papul atau bintil kuning dengan dasar merah disebut pustul. Bintil ini dapat berkembang menjadi lebih besar dan nyeri disebut nodul. Papul, pustul dan nodul ini yang biasa disebut jerawat. Jadi pada dasarnya jerawat terbentuk karena sumbatan pada pori-pori kulit. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit kepala, diantaranya yaitu faktor perubahan hormon dan stres. Kedua faktor tersebut dapat memicu produksi minyak [...]

Cara Menghilangkan Keloid

Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah kelainan pada kulit yang ditandai jaringan parut dan terjadi pasca operasi, tindik, tato, atau mengalami luka gores. Bentuk keloid biasanya menonjol di sekitar luka yang sudah sembuh serta melebihi batas luka tersebut.Keloid dapat muncul pada luka apa pun dan lebih berisiko jika luka mengalami infeksi. Keloid biasanya muncul dalam waktu 3 bulan - 1 tahun setelah kerusakan kulit. Penyebab keloid adalah masalah pada sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka (kolagen), gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan.Ciri-ciri keloid adalah bekas luka yang kenyal, lalu melunak, gatal, sakit, dan seperti terbakar. Warna keloid akan berubah dari kemerahan menjadi kecokelatan atau pucat. Perlahan tapi pasti, keloid akan melebar hingga berhenti. Nah,meski ukuran keloid dapat mengecil seiring waktu, namun keloid jarang hilang sepenuhnya. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan keloidberikut ini. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *