Cara Awet Muda ala Dokter

Cara-Awet-Muda-ala-Dokter.jpg

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih.

Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.

Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.

Sesuai dengan konsep ini juga, untuk memastikan usia biologis sesuai atau lebih muda, maka perlu mencegah proses penuaan terjadi lebih dini, dengan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan mulai dari pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Pasalnya, 80% penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dikontrol dan dicegah.

Karena proses penuaan ini paling awal terlihat pada kulit, maka kita tidak boleh mengabaikan perawatan kulit agar tidak menua lebih cepat. Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter, selengkapnya di halaman selanjutya.

Cara Awet Muda ala Dokter

Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi

Penggunaan pelindung fisik dan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu penggunan produk kulit dengan antioksidan atau konsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan kulit karena pengaruh sinar matahari dan polusi.

  1. Membersihkan dan melembapkan kulit

Menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya dapat membantu kulit mengatasi kerutan muncul lebih cepat. Kulit yang sehat, terhindar dari infeksi dan kondisi kering dapat lebih mudah melawan faktor penuaan. Untuk itu, mandi yang rutin dengan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap merupakan tindakan pencegahan yang tidak boleh disepelekan.

  1. Mengobati masalah kulit dengan segera

Berbagai masalah kulit yang dapat membuat kulit bermasalah harus segera ditangani dengan seksama. Jerawat, iritasi, dan alergi sebaiknya tidak disepelekan. Setelah beberapa waktu tidak dapat diatasi dengan pengobatan sendiri, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih intensif.

  1. Memastikan asupan yang tepat

Air minum dan makanan yang sarat vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit melawan faktor penuaan dengan lebih baik. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik tidak akan menua secepat kulit yang tidak terhidrasi maupun ternutrisi dengan baik.

Selain itu, istirahatlah yang cukup dan hindari stres sedapat mungkin untuk kesehatan kulit dan tubuh yang lebih baik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Pada umumnya, tanda penuaan muncul pertama kali pada akhir usia 30 tahun, atau awal usia 40 tahun. Namun beberapa faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok, diet tidak sehat, maupun faktor internal seperti genetik dapat mempercepat timbulnya tanda penuaan tersebut. (Baca: Inilah Penyebab Penuaan Kulit)Awalnya kulit akan terasa lebih kering, kemudian ketika Anda bercermin Anda mulai memperhatikan adanya garis-garis halus atau keriput yang tidak hilang sepanjang hari. Garis-garis halus tersebut dapat muncul di tempat yang berbeda pada setiap orang. Lalu, pada bagian manakah biasanya keriput akan muncul pertama kali?Umumnya, keriput akan muncul pertama kali pada bagian wajah yang lebih sering terpapar matahari. Misalnya ketika sedang di dalam mobil, wajah Anda sering terpapar sinar matahari di bagian kanan, maka keriput cenderung muncul lebih dulu pada daerah tersebut.Di daerah wajah, keriput tersebut sering muncul pada area yang terlibat pada ekspresi wajah, seperti pada: Dahi. Otot dahi banyak terlibat dalam berbagai ekspresi wajah, misalnya ketika berpikir. Untuk itu, hindari kebiasaan mengerutkan dahi ketika berpikir atau sedang tegang. Awalnya mungk [...]

Mengapa Kulit Menghitam?

Mengapa Kulit Menghitam?

Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dalam berbagai warna kulit. Keragaman warna kulit yang indah dan unik ini telah ditentukan sejak lahir berdasarkan informasi genetik yang kita miliki. Informasi genetik tersebut akan diterjemahkan menjadi komposisi dan aktivitas sel-sel tertentu di dalam lapisan kulit. Hal ini yang menentukan tipe warna kulit kita.Sel yang bertanggung jawab terutama terhadap warna kulit adalah melanosit. Melanosit terletak di bagian dasar lapisan epidermis kulit dan memproduksi pigmen melanin yang menentukan warna kulit. Warna kulit lebih bergantung pada aktivitas melanosit ketimbang dari jumlahnya.Jumlah, kualitas, dan penyebaran melanin yang diproduksi melanosit pada lapisan kulit merupakan faktor utama yang mempengaruhi warna kulit manusia. Pada kulit yang berwarna lebih gelap, sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin, melanosom (kantong penyimpan melanin) memiliki ukuran yang lebih besar, dan mengalami penguraian lebih lama dibandingkan dengan melanosom pada kulit yang berwarna lebih terang. Namun, selain dari warna dasar kulit dari sejak awal, kulit kita juga dapat menjadi lebih gelap, baik secara keseluruhan atau pada area tertentu saja. Ada 2 penyeba [...]

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kulit manusia adalah organ tubuh yang paling besar. Luasnya dapat mencapai 2 meter persegi. Tanpa disadari, kulit Anda tidak hanya sekadar berfungsi untuk mempercantik tampilan luar tubuh. Kulit merupakan organ yang sangat penting agar tubuh terlindung dari mikroorganisme, bahan kimia dan sinar matahari, membantu mengatur suhu agar Anda tidak habis menguap! Kulit juga mengandung berbagai fungsi perasa sehingga Anda dapat merasakan panas, dingin, dan sentuhan.Di seluruh bagian tubuh, ketebalan kulit, warna dan teksturnya bervariasi. Misalkan kulit di daerah telapak tangan dan telapak kaki adalah yang paling tebal, sedangkan kulit di daerah kepala mengandung folikel rambut yang terbanyak dibanding kulit di tempat lain.Sebagai organ tubuh yang paling luar dan paling luas, kulit adalah bagian pertama yang terlihat oleh mata. Namun, meskipun sering melihatnya, seberapa jauh sebenarnya Anda mengenal kulit Anda? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa merupakan salah satu tanda penuaan dini. Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin).Sering kali kulit mengelupas dan terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air.Bagaimana caranya agar kulit wajah lebih lembap dan elastis? Berikut di antaranya:1. Pilih Pelembap yang TepatPelembap yang tepat dapat mengatasi kulit kering dengan memberi nutrisi lebih pada sel-sel kulit, mengurangi kedalaman dan keparahan keriput serta garis-garis halus. Jika timbul keriput pada kulit kering Anda, sebaiknya hindari bentuk produk kulit seperti serum dan gel. Pilihlah produk berbentuk krim yang lebih tebal dengan tekstur yang lebih lunak.Berikut cara mengatasi kulit kering lainnya: Cara Jitu Atasi Kulit Kering Lainnya 2. Gunakan Tabir SuryaGelombang ultraviolet pada s [...]

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperl [...]

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Wajah adalah asset kita yang perlu dirawat dengan baik. Jika kulit wajah kenyal dan segar, penampilan kita akan terlihat jauh lebih menarik. Tentu lebih nyaman memandang wajah yang kulitnya bersinar daripada wajah yang kusam, bukan?Tak perlu bersusah payah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal dan segar: Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan sabun berpelembab. Air dan sabun bertujuan mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Tapi perlu diingat, kulit kita tetap memerlukan lapisan minyak alaminya supaya dapat menjaga kelembabannya sehingga tetap kenyal dan lembut. Oleh karena itu, hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, terlalu basa (pH tinggi) karena dapat merusak lapisan minyak alami kulit yang akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih namun juga sekaligus mengandung pelembab supaya selain membersihkan kotoran, kulit terpelihara kelembabannya. Cuci muka menggunakan sabun cukup dilakukan 2-3 kali sehari. Semakin sering kita mencuci muka belum tentu memberikan hasil yang lebih baik. Ternyata mencuci muka cukup 2-3 kali sehari untuk menjaga kebugaran kulit. Terlal [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain: Popok yang jarang digantiPenyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit. Alergi popok atau bahan pakaian lainnyaHindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketatPakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya. Penggunaan produk kulit bayi yang [...]

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Namanya memilih sabun gampang-gampang sulit. Banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya apakah sabun yang Anda pilih memiliki tingkat asam yang seimbang? Jangan berburuk sangka dulu dengan kata asam. Asam yang dimaksud di sini adalah tingkat keasaman alias pH. Nah, kulit manusia memiliki tingkat pH yang rendah. Derajatnya berkisar sekitar 5,4-5,9 namun derajat tersebut bisa berbeda-beda bergantung dari area kulit, usia, ras dan jenis kelamin (Sumber: US National Library of Medicine National Institutes of Health: Normal pH value of human skin -Red). Lalu kenapa penting untuk kita mempertahankan keseimbangan pH? Di kulit kita ada acid mantle yang melindungi kulit dari serangan alergi dan mikroorganisme. Akibat terparahnya kulit bisa terasa perih dan mengelupas. Nah, agar menjaga acid mantle tetap kokoh dan tidak rusak, maka dibutuhkan pH yang seimbang. Solusinya, plihlah sabun dengan kandungan � moisturizing milk yang berfungsi untuk mempertahankan pH balanced pada kulit. Kelebihan sabun yang mengandung � moisturizing milk, selain dapat digunakan untuk kulit tubuh juga bisa digunakan sebagai cuci muka karena pH-nya netral. (NO/HW)Sources: htt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *