Cara Awet Muda ala Dokter

Cara-Awet-Muda-ala-Dokter.jpg

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih.

Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.

Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.

Sesuai dengan konsep ini juga, untuk memastikan usia biologis sesuai atau lebih muda, maka perlu mencegah proses penuaan terjadi lebih dini, dengan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan mulai dari pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Pasalnya, 80% penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dikontrol dan dicegah.

Karena proses penuaan ini paling awal terlihat pada kulit, maka kita tidak boleh mengabaikan perawatan kulit agar tidak menua lebih cepat. Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter, selengkapnya di halaman selanjutya.

Cara Awet Muda ala Dokter

Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi

Penggunaan pelindung fisik dan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu penggunan produk kulit dengan antioksidan atau konsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan kulit karena pengaruh sinar matahari dan polusi.

  1. Membersihkan dan melembapkan kulit

Menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya dapat membantu kulit mengatasi kerutan muncul lebih cepat. Kulit yang sehat, terhindar dari infeksi dan kondisi kering dapat lebih mudah melawan faktor penuaan. Untuk itu, mandi yang rutin dengan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap merupakan tindakan pencegahan yang tidak boleh disepelekan.

  1. Mengobati masalah kulit dengan segera

Berbagai masalah kulit yang dapat membuat kulit bermasalah harus segera ditangani dengan seksama. Jerawat, iritasi, dan alergi sebaiknya tidak disepelekan. Setelah beberapa waktu tidak dapat diatasi dengan pengobatan sendiri, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih intensif.

  1. Memastikan asupan yang tepat

Air minum dan makanan yang sarat vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit melawan faktor penuaan dengan lebih baik. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik tidak akan menua secepat kulit yang tidak terhidrasi maupun ternutrisi dengan baik.

Selain itu, istirahatlah yang cukup dan hindari stres sedapat mungkin untuk kesehatan kulit dan tubuh yang lebih baik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Kulit Menghitam?

Mengapa Kulit Menghitam?

Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dalam berbagai warna kulit. Keragaman warna kulit yang indah dan unik ini telah ditentukan sejak lahir berdasarkan informasi genetik yang kita miliki. Informasi genetik tersebut akan diterjemahkan menjadi komposisi dan aktivitas sel-sel tertentu di dalam lapisan kulit. Hal ini yang menentukan tipe warna kulit kita.Sel yang bertanggung jawab terutama terhadap warna kulit adalah melanosit. Melanosit terletak di bagian dasar lapisan epidermis kulit dan memproduksi pigmen melanin yang menentukan warna kulit. Warna kulit lebih bergantung pada aktivitas melanosit ketimbang dari jumlahnya.Jumlah, kualitas, dan penyebaran melanin yang diproduksi melanosit pada lapisan kulit merupakan faktor utama yang mempengaruhi warna kulit manusia. Pada kulit yang berwarna lebih gelap, sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin, melanosom (kantong penyimpan melanin) memiliki ukuran yang lebih besar, dan mengalami penguraian lebih lama dibandingkan dengan melanosom pada kulit yang berwarna lebih terang. Namun, selain dari warna dasar kulit dari sejak awal, kulit kita juga dapat menjadi lebih gelap, baik secara keseluruhan atau pada area tertentu saja. Ada 2 penyeba [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperl [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Oleh: dr. Adithia Kwee Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. Lalu timbulah pertanyaan ini, bisakah jerawat dicegah? Kabar baik, jerawat dapat dicegah, ikuti tips berikut ini: Mulailah mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Perlu diketahui makanan dengan indeks glikemik tinggi berarti makanan tersebut dengan cepat menaikkan kadar gula dalam darah, makanan dengan indeks glikemik rendah bermakna sebaliknya. Kadar gula yang tinggi di darah tentunya akan memacu kadar insulin yang juga akan meninggi di darah, insulin inilah yang kemudian membuat aktivitas kelenjar minyak menjadi berlebihan, jerawat pun lebih mudah timbul. Makanan dengan indeks glikemik rendah antara lain: Sayur-sayuran, Buah, yoghurt, makanan rendah karbohidrat, [...]

Bersahabat dengan Make-up

Bersahabat dengan Make-up

Kaum perempuan pada umumnya mengenal make-up secara dekat. Apalagi saat ini semakin semarak macam dan jenis riasan. Rasanya tampilan belum lengkap tanpa pulasan make-up. Tapi tahukah Anda cara perawatan kulit yang tepat setelah penggunaan make-up agar kulit tetap sehat? Tahukah Anda risiko apa saja yang dapat menimpa kulit Anda akibat pemilihan kosmetik dan cara perawatan kulit yang tidak tepat?Setiap kali setelah menggunakan make-up, kita harus membersihkan kulit. Sangat penting untuk mencuci muka setiap kali setelah menggunakan make-up. Mengapa?Inilah yang terjadi pada kulit Anda ketika menggunakan make-up : Ketika menggunakan make up, secara langsung zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menempel pada kulit. Terdapat berbagai zat kosmetik yang mempunyai potensi menyebabkan jerawat. Jerawat dapat muncul dalam beberapa hari saja setelah penggunaan, bisa juga muncul setelah pemakaian kosmetik beberapa waktu. Kelainan kulit yang timbul dapat berupa jerawat merah berisi nanah, ataupun yang berbentuk komedo. Pemakaian foundation terutama pada kulit berminyak dapat menyebabkan sumbatan saluran kelenjar minyak. Selain dapat menimbulkan jerawat, hal ini dapat juga menyebabkan pori [...]

Cara Atasi Tumit Kering

Cara Atasi Tumit Kering

Setiap harinya kita menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas seperti berjalan atau bahkan berlari dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Tidak heran jika tumit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Tidak hanya tumit kering membuat kaki Anda terlihat kurang bagus, namun juga dapat menyebabkan gatal, nyeri dan rasa terbakar, seperti pada kondisi seperti athlete's foot. Apa yang menyebabkan tumit saya kering?Seperti halnya pada bagian tubuh lain, xerosis atau kulit kering dapat terjadi karena kelembaban yang rendah, obat-obatan atau bahan-bahan tertentu pada sabun Anda.Kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, penyakit tiroid, eksim dan athlete's foot juga dapat menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah. Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Untuk mengatasi tumit yang kering dan kasar, Anda dapa [...]

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita. Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas. Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda. [...]

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *