Cara Awet Muda ala Dokter

Cara-Awet-Muda-ala-Dokter.jpg

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih.

Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.

Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.

Sesuai dengan konsep ini juga, untuk memastikan usia biologis sesuai atau lebih muda, maka perlu mencegah proses penuaan terjadi lebih dini, dengan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan mulai dari pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Pasalnya, 80% penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dikontrol dan dicegah.

Karena proses penuaan ini paling awal terlihat pada kulit, maka kita tidak boleh mengabaikan perawatan kulit agar tidak menua lebih cepat. Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter, selengkapnya di halaman selanjutya.

Cara Awet Muda ala Dokter

Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi

Penggunaan pelindung fisik dan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu penggunan produk kulit dengan antioksidan atau konsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan kulit karena pengaruh sinar matahari dan polusi.

  1. Membersihkan dan melembapkan kulit

Menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya dapat membantu kulit mengatasi kerutan muncul lebih cepat. Kulit yang sehat, terhindar dari infeksi dan kondisi kering dapat lebih mudah melawan faktor penuaan. Untuk itu, mandi yang rutin dengan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap merupakan tindakan pencegahan yang tidak boleh disepelekan.

  1. Mengobati masalah kulit dengan segera

Berbagai masalah kulit yang dapat membuat kulit bermasalah harus segera ditangani dengan seksama. Jerawat, iritasi, dan alergi sebaiknya tidak disepelekan. Setelah beberapa waktu tidak dapat diatasi dengan pengobatan sendiri, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih intensif.

  1. Memastikan asupan yang tepat

Air minum dan makanan yang sarat vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit melawan faktor penuaan dengan lebih baik. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik tidak akan menua secepat kulit yang tidak terhidrasi maupun ternutrisi dengan baik.

Selain itu, istirahatlah yang cukup dan hindari stres sedapat mungkin untuk kesehatan kulit dan tubuh yang lebih baik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

Oleh: dr. Nadia Octavia Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya. Sebut saja seperti munculnya stretchmarks atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh. Bagi Anda yang menjelang masa kehamilan, tidak perlu khawatir. Sejatinya perubahan fisik yang ada dapat disikapi dengan memastikan beberapa asupan berikut ini untuk dipenuhi setiap harinya, antara lain; 1. Antioksidan Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, ataupun seafood. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, namun 2 diantaranya adalah: Vitamin C: berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Dapat ditemui pada gandum, apel, jeruk dan kiwi. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari. Vitamin E: Melindungi membran sel dan nutrisi penting pada kulit dari paparan sinar UV. Dapat ditemui dari selai kacang dan almond. Upayakan asupannya hingga 15 [...]

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit: 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit 1. Mengobati KudisKudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit [...]

Depresi Bisa Merusak Kulit

Depresi Bisa Merusak Kulit

Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Kulit Sensitif

Kulit Sensitif

Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak. Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ?hypoallergenic? atau produk khusus bagi kulit sensitif. Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, berkondisikan di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Hal ini pula yang sering dipakai oleh para ahli untuk menjelaskan perihal musabab orang yang berkulit sensitif. Pun untuk orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya k [...]

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri. Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa: Makan banyak sayuran dan buah-buahanKetika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kul [...]

Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *