Cara Awet Muda ala Dokter

Cara-Awet-Muda-ala-Dokter.jpg

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih.

Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.

Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.

Sesuai dengan konsep ini juga, untuk memastikan usia biologis sesuai atau lebih muda, maka perlu mencegah proses penuaan terjadi lebih dini, dengan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan mulai dari pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Pasalnya, 80% penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dikontrol dan dicegah.

Karena proses penuaan ini paling awal terlihat pada kulit, maka kita tidak boleh mengabaikan perawatan kulit agar tidak menua lebih cepat. Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter, selengkapnya di halaman selanjutya.

Cara Awet Muda ala Dokter

Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi

Penggunaan pelindung fisik dan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu penggunan produk kulit dengan antioksidan atau konsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan kulit karena pengaruh sinar matahari dan polusi.

  1. Membersihkan dan melembapkan kulit

Menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya dapat membantu kulit mengatasi kerutan muncul lebih cepat. Kulit yang sehat, terhindar dari infeksi dan kondisi kering dapat lebih mudah melawan faktor penuaan. Untuk itu, mandi yang rutin dengan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap merupakan tindakan pencegahan yang tidak boleh disepelekan.

  1. Mengobati masalah kulit dengan segera

Berbagai masalah kulit yang dapat membuat kulit bermasalah harus segera ditangani dengan seksama. Jerawat, iritasi, dan alergi sebaiknya tidak disepelekan. Setelah beberapa waktu tidak dapat diatasi dengan pengobatan sendiri, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih intensif.

  1. Memastikan asupan yang tepat

Air minum dan makanan yang sarat vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit melawan faktor penuaan dengan lebih baik. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik tidak akan menua secepat kulit yang tidak terhidrasi maupun ternutrisi dengan baik.

Selain itu, istirahatlah yang cukup dan hindari stres sedapat mungkin untuk kesehatan kulit dan tubuh yang lebih baik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

Kulit adalah organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sangat luas mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan.Tanpa kita sadari, setiap hari kita banyak sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita lebih cepat rusak dan menua. Hal-hal itu sering kali kita anggap sepele, tapi sebenarnya berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Terdapat 5M yang merupakan kebiasaan merusak kulit yang harus segera kita hentikan dan hindari:1. Menantang MatahariWanita Indonesia yang hidup di khatulistiwa harus memberikan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Perlindungan dari sinar matahari adalah kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak cokelat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Untuk membentengi diri terhadap sinar matahari, lakukanlah kiat-kiat berikut ini: Gunakanlah tabir surya Hindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya: [...]

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Di tengah kesibukan, menyiasati waktu berkualitas bersama keluarga tentu amat sulit. Semua rencana yang sudah dibuat untuk liburan ke luar kota bersama, kadang kandas karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu. Padahal, memanfaatkan waktu untuk bersama tak harus pergi ke luar kota atau rumah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di dalam rumah. Bahkan lebih seru. Dan aktivitas ini juga bisa menciptakan kedekatan dan kehangatan. Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah. 1. SELFIE KELUARGA Ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. Foto selfie memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan yang bisa di dapat dari sentuhan kulit. Jadi jangan sampai ada memiliki kulit yang kering dan kasar. Pilihlah krim kulit yang mengandung Glycerin supaya kulit senantiasa lembab dan halus. 2. FACE PAINTING Buat sebuah permainan. Tutup mata anak Anda. Lalu Anda gambar wajahnya dengan cat khusus. Bila sudah selesai, gantian Anda yang ditutup matanya dan membiarkan anak Anda merias wajah A [...]

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P - 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:1. Perawatan Rutin yang TelitiBersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam. 2. Penggunaan Sabun yang LembutGunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kul [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Kulit Sehat di Hari Ibu

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu. Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu: 1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulitTidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit [...]

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pria juga butuh perawatan kulit? Jawabnya adalah mutlak; iya! Perawatan kulit tidak melulu hanya untuk kaum hawa, tetapi juga kaum pria. Daripada kami membiarkan Anda dalam kebingungan berlama-lama, simaklah berikut 4 alasan utama berikut ini kenapa pria juga membutuhkan perawatan kulit: Perawatan After-ShaveJika setelah bercukur Anda menggunakan produk after-shave yang kerap kali mengundang rasa sensasi perih di rahang Anda, mulailah beralih untuk menggunakan losio after-shave yang menyejukkan diikuti dengan krim pelembab. Pilih krim pelembab yang mengandung panthenol, glycolic acid, atau salycilic acid. Krim tersebut memberikan efek menyejukkan dan melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mata dan mencegah sumbatan pada pori-pori. Hal ini terutama penting pada Anda yang memiliki masalah jerawat. Selain dapat membantu dan menjaga kelangsungan proses regenerasi sel, krim untuk kulit juga bermanfaat pada kesehatan kulit wajah. Kelembaban Anda lebih terjaga dengan baik dan terlihat bersih terawat sepanjang hari. Perawatan SikuPada beberapa bagian kulit, baik pada pria maupun perempuan, terdapat area yang lebih tebal dibandingkan bagian [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *