Cara Kerja Otot Secara Sinergis dan Antagonis

cara kerja otot secara sinergis antagonis

Cara kerja otot secara sinergis dan antagonis bagaimana sih? di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kerja otot pada tubuh. Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang mempunyai manfaat sebagai alat gerak aktif dalam menggerakkan tulang. Untuk itulah, otot begitu penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya semakin otot Anda ‘sehat’ maka akan memberikan fungsi maksimal pula bagi tubuh Anda. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan berlatih ke gym untuk membentuki otot lebih besar dan kekar, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara kerja otot.

Informasi-informasi terkait dengan cara kerja otot tentunya akan memberikan upaya maksimal bagi latihan Anda. Berikut adalah informasi mengenai cara kerja otot yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Cara Kerja Otot Sinergis Dan Antagonis

1. Otot Sinergis
Otot ini sering kali disebut dengan otot protagonis, yang ketika berkontraksi menimbulkan gerak searah. Misalnya, yakni otot yang menyebabkan telapak tangan dapat menengadah dan menelungkup. Otot ini melibatkan dua otot atau lebih yang dapat bekerja sama dengan satu tujuan. Dengan demikian, otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Anda dapat menemui jenis otot ini pada saat Anda menarik napas. Mengapa begitu, karena pada saat menarik nafas otot antar tulang rusuk dapat mengembang dan berelaksasi secara bersama-sama.

Apabila otot berkontraksi, maka otot akan menarik tulang yang dilekatinya, sehingga tulang tersebut bergerak pada sendi yang dimilikinya. Otot sinergis ketika sedang bekerja akan berkontraksi, sehingga otot akan memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung. Karena memendek, tulang yang dilekati otot tersebut tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakan tulang ke satu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi. Tulang harus ditarik ke posisi semula. Oleh karena itu, harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakan tulang dari satuposisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula, diperlukan paling sedikit dua macam ototdengan kerja berbeda.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Jika otot pertamaberkontraksi dan yang kedua berelaksasi, akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya,jika otot pertama berelaksasi dan yang kedua berkontraksi akan menyebabkan tulang kembali ke posisi semula.

Dengan demikian, otot ini bekerja ketika Anda meluruskan atau membengkokkan tangan, menggerakan tangan mendekati dan menjauhi tubuh, menurunkan dan mengangkat tangan. Ataupun ketika Anda menggerakan tangan hingga melibatkan otot bisep dan trisep di bagian atas lengan. Otot bisep terdiri dari dua tendon, yang terletak di antara bahu dan sendi siku tangan. Pada kedua ujung ototnya berada di tulang belikat, lalu membentuk otot perut tunggal di bagian lengan atas. Kurang loebih, begitu lah cara kerja otot Antagonis.

Terdapat beberapa macam gerak dalam Otot Antagonis, yakni:

Ekstensi-Fleksi: Ekstensi merupakan otot yang mempunyai gerakan lurus. Sebaliknya, fleksi membpunyai gerakan berlawanan, yaitu membengkokkan. Bisa kita temui pada saat kita berdiri dan jongkok.
Abduksi-Adduksi: Abduksi disebut juga dengan otot yang bergerak menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah otot yang mempunyai gerak mendekati badan.

Depresi-Elevesi: Otot yang bertugas mempunyai gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya menunduk dan menengadah.

Supinasi-Pronasi: Merupakan gerak dengan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Misalnya, seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral, atau biasa disebut dengan rotasi.

Intinya, otot sinergis dan antagonis merupakan aplikasi dari gerakan alamiah yang dapat ditimbulkan olerh mekanisme gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa informasi ini begitu penting untuk Anda. Selain untuk memaksimalkan latihan Anda, dengan mengetahui cara kerja otot (sinergis dan antagonis), Anda lebih tahu apa yang diinginkan oleh tubuh, sehingga risiko terjadi cedera juga semakin kecil.

Penjelasan lain mengenai kinerja otot secara sinergis dan antagonis:

1. Sinergis, kebalikan antagonis, jadi, dua otot melakukan gerak yang searah, jadi, dimana satu otot berkontaksi, satunya juga berkontraksi. contohnya gerakan tangan menelungkup dan menengadah. (otot pronator teres dan pronator kuadratus)

Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

2. antagonis, adalah dimana dua otot melakukan gerak yang berkebalikan, jadi saat satu bagian berkontraksi, satunya berelaksasi. Contoh, bisep dan trisep di lengan atas saat kamu menekukkan siku dan meluruskan siku.

Gerak Antagonis
Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.
Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.
Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.
Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.
Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yoga dan Anak

Yoga dan Anak

Manfaat latihan yogaantara lain melatihkelenturan, kekuatan, dan menenangkan diri. Karena itu, kini yoga semakin digandrungi. Bukan hanya oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak, bahkan bayi. Benarkah anak-anak juga memperoleh manfaat dari yoga?Beberapa survei menyimpulkanbahwa yoga akan membuat anak lebih tenang, menurunkan risiko obesitas, meningkatkan konsentrasi dan membantu mengatasi masalah kesehatan ringan seperti nyeri kepala atau gangguan pencernaan. Ada juga penelitian yang menyatakan yoga sangat bermanfaat untuk anak-anak yang menderita gangguan fisik dan mental. Yoga juga disebut-sebut membantu mengatasi kesulitan makan. Pada dasarnya yoga untuk anak-anak merupakan metode yang ramah agar anak lebih aktif secara fisik dan membuat anak mendapatkan ketenangan dan rasa nyaman melalui gerakan. Berbeda dengan orang dewasa, kelas yoga pada anak tidak berfokus pada gerakan yang sempurna. Malah, sering kali yang ditekankan adalah inti dari yoga, yakni rasa empati dan hubungan antara napas dan pose-pose yoga. Ada berbagai macam jenis yoga, tetapi ada dua jenis yang direkomendasikan untuk anak, yakni ashtanga dan bikram. Yoga Ashtanga, disebut juga dengan power yoga, yang l [...]

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Semua orang disarankan untuk berolahraga, tak terkecuali Anda yang memiliki napas pendek. Napas pendek umumnya dialami oleh mereka yang menderita gangguan pernapasan kronis (COPD atau Chronic obstructive pulmonary disease) seperti asma. Kondisi ini memang menyulitkan ketika Anda berolahraga. Namun, jika tidak berolahraga, otot jadi lemah dan itu artinya semakin banyak oksigen yang Anda butuhkan ketika melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti memasak atau berbelanja. Karena itu, dokter tetap menganjurkan orang dengan napas pendek untuk tetap berolahraga. Ketika otot-otot Anda kuat, bernapas menjadi lebih mudah. Yang penting, pilihlah jenis olahraga yang tidak menyulitkan napas Anda seperti: Jalan kakiJalan kaki adalah pilihan yang paling tepat terutama untuk Anda yang baru mulai latihan. Jalan kaki bisa dilakukan di mana saja, di seputaran rumah, pusat perbelanjaan, di gym dan lain sebagainya. Tingkatkan durasi atau jaraknya misal 30 detik atau 10 meter setiap hari. Jangan pikirkan dulu tentang kecepatan. Jalan santai asal konsisten tetap akan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Bersepeda Berlatih dengan sepeda statis san [...]

Fitness dan Berat Badan

Fitness dan Berat Badan

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang didambakan tidak cukup dengan mengatur pola makan saja. Latihan beban dengan fitness diperlukan untuk membakar kalori lebih maksimal. Tapi latihan beban berlebih bisa membawa efek yang membahayakan. Saat anda merasa sudah maksimal berdiet dan berlatih angkat beban namun tak kunjung menampakkan hasil, jangan lantas patah arang. Pastikan strategi yang anda lakukan telah benar adanya. Cek kembali target yang anda tentukan. Seberapa realistis pencapaian yang anda tuju. Olahraga di pusat kebugaran atau di rumah. Tentukan target yang anda harapkan. Memang beberapa pekerjaan rumah tangga disenyalir dapat membakar lemak. Namun, jika anda memiliki target pencapaian bentuk tubuh, di Gym anda akan bisa berkonsultasi dengan trainer yang bisa mempertimbangkan kebutuhan latihan anda. Latihan yang teratur adalah keharusan untuk menjaga bentuk badan. Kebiasaan buruk, biasanya saat sudah memperoleh hasil penurunan beberapa kilo kita cenderung malas melanjutkan olahraga. Padahal olah raga saja atau diet saja, tidak akan memberikan hasil yang maksimal. pengaturan pola makan serta fitness merupakan rangkaian tak terpisah. Banyak yang salah kaprah, giat ber [...]

Manfaat Sehat Berjalan Mundur

Manfaat Sehat Berjalan Mundur

Ingin sehat? Coba deh berjalan mundur. Jalan kaki dan joging memang olahraga yang mudah dan minim risiko sehingga sangat disarankan untuk dilakukan oleh siapa saja tak pandang usia. Jalan kaki sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot jantung dan mengoptimalkan kesehatan Anda. Jalan kaki atau lari yang Anda lakukan setiap sesi tentunya berjalan maju, bukan? Mengapa tidak Anda kombinasikan dengan berjalan atau berlari mundur? Karena memberikan manfaat yang lebih besar ketimbang hanya berjalan atau berlari maju. Beberapa manfaat berjalan atau berlari mundur antara lain sebagai berikut: 1.Rehabilitasi Berjalan, berlari atau mendaki mundur dapat membantu pemulihan persendian dan otot yang cidera. Ketika bergerak mundur, kecepatan dan rentang gerak maksimum lutut berkurang dibanding ketika bergerak maju. Walhasil persendian dan otot bekerja lebih ringan dan cidera lebih cepat pulih.Menurut beberapa penelitian, terjadi penurunan kerja otot sebanyak 95 persen saat seseorang berjalan mundur dibanding ketika berjalan maju. Selain itu, kekuatan hentakan saat kaki mendarat pada tanah juga berkurang karena jari kaki mendarat sebelum tumit. Saat berjalan maju, tumit menapak lebih dulu sehin [...]

6 Manfaat Angkat Beban Buat Wanita

6 Manfaat Angkat Beban Buat Wanita

Angkat beban sering menjadi momok bagi para wanita karena khawatir tubuhnya akan berotot kekar seperti binaragawan. Padahal, angkat beban bisa memberikan keuntungan dari segi kesehatan seperti berikut ini: Memperbaiki sistem metabolisme Seiring pertambahan usia, tepatnya sejak menginjak usia 30 tahun, wanita perlahan-lahan akan kehilangan massa otot. Penurunan massa otot ini dapat memperlambat metabolisme tubuh wanita sehingga lemak lebih mudah menumpuk. Nah, latihan angkat beban, akan mengaktifkan kembali metabolisme dan tetap membakar lemak meski Anda sudah selesai latihan. Membakar lemak Jaringan otot lebih aktif dibandingkan jaringan lemak. Jadi, setiap Anda mengangkat beban seberat 2 kilo, Anda sedang membakar 30 kalori sekaligus membentuk otot tubuh . Pembakaran lemak juga tetap terjadi meski Anda mengangkat beban sembari duduk. Mengencangkan tubuh Olahraga kardio sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan lemak. Namun, angkat beban sanggup membentuk tubuh menjadi berisi dan kencang. Bahkan saat sudah berusia di atas 30 tahun, lho. Kesimpulannnya, angkat beban akan membuat Anda mengucapkan selamat tinggal kepada kulit menggelambir. Bentuk tubuh ideal Meski otot memil [...]

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mudah untuk menambah aktivitas fisik ke dalam rutinita harian Anda. Gratis, dapat dilakukan di manapun, kapan pun, dan tidak butuh peralatan yang rumit. Modalnya hanya niat dan kemauan. Namun, meski simpel, Anda tetap membutuhkan sepasang sepatu yang baik dan nyaman di kaki. ?Sebelum membeli, pikirkan terlebih dulu tipe olahraga jalan kaki yang akan Anda lakukan,? saran Tom Boland, seorang pedorthist bersertifikat di New York City. Apakah Anda akan berjalan di atas permukaan aspal, di jalur tanah, atau permukaan jalan yang tidak rata? Apakah Anda berencana berjalan lambat atau cepat? Tipe berjalan yang Anda pilih adalah faktor yang perlu diperhitungkan ketika memilih sepatu jalan yang tepat. Pramuniaga yang memiliki pengetahuan luas dapat membantu Anda memilih sepatu jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang paling penting dalam memilih sepatu jalan adalah dapat meredam guncangan, stabil, dan nyaman di kaki Anda: Mampu meredam guncangan. Saat Anda berjalan, tumit Anda pertama kali akan bersentuhan dengan permukaan tanah, maka amat penting untuk menemukan sepatu yang dapat meredam guncangan di tumit. Stabilitas. Sedangkan untuk aktivitas berjalan di atas [...]

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

Paha dan pinggul, terutama pada kaum Hawa, merupakan bagian tubuh yang paling mudah menerima dan menampung timbunan lemak. Semua makanan pencuci mulut dan makanan manis yang enak pada ujungnya dapat berakhir pada deposit lemak berlebih yang seringkali terpusat pada area paha dan pinggul. Sayangnya, lemak di kedua daerah itu tak mudah dihilangkan begitu saja. Dengan membatasi asupan makan dan snack, kelebihan lemak dapat diatasi. Dipadu dengan olahraga ringan berikut ini, tidak hanya lemak di paha dan pinggul dapat dibakar, namun paha dan pinggul pun dapat dibentuk agar lebih berotot dan ramping. 1.Jongkok atau squat dengan bertumpu pada satu kaki. Berdirilah dengan kaki dirapatkan dan tangan diletakkan di samping tubuh. Kemudian arahkan berat badan bertumpu pada kaki kanan. Tarik kaki kiri ke belakang, ujung-ujung jarinya berjinjit dan sejajar dengan tumit kanan. Punggung tegak. Perlahan , turunkan pinggul dan lutut sambil menjulurkan kedua tangan ke depan untuk membantu keseimbangan atau boleh juga Anda berpegangan pada sandaran kursi. Berhenti ketika paha Anda sudah hampir sejajar dengan lantai dan tahan selama beberapa detik. Kemudian tumpukan berat badan pada kaki kanan (tumit) [...]

Latihan Mengecilkan Betis

Latihan Mengecilkan Betis

Penampilan wanita yang menawan sangat ditunjang oleh kaki. Nah,kaki yang jenjang dan jadi dambaan wanita tentunya tidak dapat terwujud jika betis ?bagian dari kaki sendiri- memiliki ukuran yang besar dan tidak atletis. Sayangnya, berbagai latihan fisik yang menitikberatkan pada kaki, kadang membuat para wanita malah menjadi khawatir, takut betisnya berotot dan keras.Tapi tenang, berikut ini beberapa latihan fisik yang akan merampingkan betis tanpa membuatnya berotot. 1.Mengangkat betis ke atas Mengangkat betis ke atas merupakan gerakan paling sederhan namun tetap efektif. Angkat kaki ke atas, lalu turunkan secara perlahan setelah selesai. Saat posisi kaki terangkat tinggi diudara, kencangkan otot perut dan tekuk lutut sedikit untuk mencegah lutut terkunci. Posisikan lengan di depan tubuh sambil sedikit menekuk lengan sehingga tidak bertumpu pada tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali dengan 10 hitungan masing-masing. 2.Angkat betis sambil duduk Duduklah di bangku yang tingginya rendah atau di anak tangga bawah agar Anda dapat menyesuaikan tinggi dari permukaan yang akan diduduki. Letakkan beban seberat 2-5 kilogram pada kaki, sambil tetap mempertahankan posisi duduk. Kemudia [...]

Memilih Sports Bra yang Tepat

Memilih Sports Bra yang Tepat

Ketika berolahraga, tidak hanya stamina yang harus Anda persiapkan, tapi juga perlengkapan pendukungnya, seperti sepatu dan pakaian. Pakaian yang menyerap keringat sangat disarankan untuk dikenakan saat berolahraga. Bagi wanita, tidak hanya pakaian luaran yang sebaiknya mendapat perhatian, pemilihan pakaian dalam, dalam hal ini sports bra, juga tak kalah penting. Sama seperti Anda tidak akan melakukan jogging atau olahraga lari dengan mengenakan celana jeans, kemeja, dan sepatu hak tinggi, tidak seharusnya pula Anda berolahraga mengenakan bra yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Aktivitas fisik menyebabkan payudara Anda berguncang-guncang, maka sprots bra dapat menopang payudara dengan baik sangatlah penting. ?Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa antara 70 hingga 80 persen wanita mengenakan ukuran bra yang salah saat mereka berolahraga. Maka sebagai hasilnya, wanita-wanita ini tidak mendapatkan keuntungan berupa kenyamanan dan daya penopang dari pakaian olahraga yang mereka kenakan.,? jelas Nancy Howard, penggemar olahraga lari, pecinta hidup sehat, pelatih lari dan juga pelatih kebugaran bersertifikat, yang mendapatkan gelar sarjana mudanya dalam ilmu keperawatan dari T [...]

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara menggemukkan badan bagaimana sih? Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami. Beberapa orang bahkan mengaku terhambat dalam karir dan lingkungan sosial karena memiliki berat badan yang terlalu kurus. Berbagai macam cara kadang sudah diusahakan agar supaya badan menjadi gemuk, mulai dari makan yang banyak dan bervariasi sampai dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat gemuk berbagai merek. Tapi hasilnya tidak ada perubahan sama sekali alias tubuh tetap kurus. Memiliki badan yang terlalu kurus memang menimbulkan banyak efek negatif seperti menjadi rendah diri, mudah sakit, dan cenderung menghambat pergaulan sosial. Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami dan tanpa minum obat gemuk. Tulisan ini disusun dengan cara satir dan hiperbolik untuk lebih memudahkan pembaca memahami apa saja penyebab kegemukan, apa bahaya terlalu gemuk dan bagaimana cara menggemukkan badan tanpa mengorbankan kesehatan. Secara garis besar bertambahnya berat badan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: Faktor gen/keturunan. Jika keluarga seperti orang tua dan kakek nenek dan sepupu-sepupu memiliki masalah den [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *