Cara Kerja Otot Secara Sinergis dan Antagonis

cara kerja otot secara sinergis antagonis

Cara kerja otot secara sinergis dan antagonis bagaimana sih? di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kerja otot pada tubuh. Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang mempunyai manfaat sebagai alat gerak aktif dalam menggerakkan tulang. Untuk itulah, otot begitu penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya semakin otot Anda ‘sehat’ maka akan memberikan fungsi maksimal pula bagi tubuh Anda. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan berlatih ke gym untuk membentuki otot lebih besar dan kekar, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara kerja otot.

Informasi-informasi terkait dengan cara kerja otot tentunya akan memberikan upaya maksimal bagi latihan Anda. Berikut adalah informasi mengenai cara kerja otot yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Cara Kerja Otot Sinergis Dan Antagonis

1. Otot Sinergis
Otot ini sering kali disebut dengan otot protagonis, yang ketika berkontraksi menimbulkan gerak searah. Misalnya, yakni otot yang menyebabkan telapak tangan dapat menengadah dan menelungkup. Otot ini melibatkan dua otot atau lebih yang dapat bekerja sama dengan satu tujuan. Dengan demikian, otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Anda dapat menemui jenis otot ini pada saat Anda menarik napas. Mengapa begitu, karena pada saat menarik nafas otot antar tulang rusuk dapat mengembang dan berelaksasi secara bersama-sama.

Apabila otot berkontraksi, maka otot akan menarik tulang yang dilekatinya, sehingga tulang tersebut bergerak pada sendi yang dimilikinya. Otot sinergis ketika sedang bekerja akan berkontraksi, sehingga otot akan memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung. Karena memendek, tulang yang dilekati otot tersebut tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakan tulang ke satu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi. Tulang harus ditarik ke posisi semula. Oleh karena itu, harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakan tulang dari satuposisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula, diperlukan paling sedikit dua macam ototdengan kerja berbeda.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Jika otot pertamaberkontraksi dan yang kedua berelaksasi, akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya,jika otot pertama berelaksasi dan yang kedua berkontraksi akan menyebabkan tulang kembali ke posisi semula.

Dengan demikian, otot ini bekerja ketika Anda meluruskan atau membengkokkan tangan, menggerakan tangan mendekati dan menjauhi tubuh, menurunkan dan mengangkat tangan. Ataupun ketika Anda menggerakan tangan hingga melibatkan otot bisep dan trisep di bagian atas lengan. Otot bisep terdiri dari dua tendon, yang terletak di antara bahu dan sendi siku tangan. Pada kedua ujung ototnya berada di tulang belikat, lalu membentuk otot perut tunggal di bagian lengan atas. Kurang loebih, begitu lah cara kerja otot Antagonis.

Terdapat beberapa macam gerak dalam Otot Antagonis, yakni:

Ekstensi-Fleksi: Ekstensi merupakan otot yang mempunyai gerakan lurus. Sebaliknya, fleksi membpunyai gerakan berlawanan, yaitu membengkokkan. Bisa kita temui pada saat kita berdiri dan jongkok.
Abduksi-Adduksi: Abduksi disebut juga dengan otot yang bergerak menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah otot yang mempunyai gerak mendekati badan.

Depresi-Elevesi: Otot yang bertugas mempunyai gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya menunduk dan menengadah.

Supinasi-Pronasi: Merupakan gerak dengan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Misalnya, seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral, atau biasa disebut dengan rotasi.

Intinya, otot sinergis dan antagonis merupakan aplikasi dari gerakan alamiah yang dapat ditimbulkan olerh mekanisme gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa informasi ini begitu penting untuk Anda. Selain untuk memaksimalkan latihan Anda, dengan mengetahui cara kerja otot (sinergis dan antagonis), Anda lebih tahu apa yang diinginkan oleh tubuh, sehingga risiko terjadi cedera juga semakin kecil.

Penjelasan lain mengenai kinerja otot secara sinergis dan antagonis:

1. Sinergis, kebalikan antagonis, jadi, dua otot melakukan gerak yang searah, jadi, dimana satu otot berkontaksi, satunya juga berkontraksi. contohnya gerakan tangan menelungkup dan menengadah. (otot pronator teres dan pronator kuadratus)

Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

2. antagonis, adalah dimana dua otot melakukan gerak yang berkebalikan, jadi saat satu bagian berkontraksi, satunya berelaksasi. Contoh, bisep dan trisep di lengan atas saat kamu menekukkan siku dan meluruskan siku.

Gerak Antagonis
Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.
Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.
Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.
Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.
Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

Punggung yang kuat dan sehat akan membuat postur tubuh Anda menjadi tegak. Dan postur tubuh yang tegak tentu saja akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Lakukan beberapa latihan yang disarankan oleh Ren�e Garrison, seorang terapis fisik dari Medical University of South Carolina, lima menit sehari untuk membantu mencegah sakit dan nyeri pada tulang belakang. 1.Plank Berbaring terngkurap. Tubuh bertumpu pada lengan bagian bawah, telapak tangan menghadap lantai, dan tekuk ujung jari- jari kaki. Dorong tubuh ke atas, ujung jari-jari kaki, siku, dan lengan bagian bawah hingga bagian punggung membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30 detik (secara bertahap lakukan hingga Anda dapat bertahan hingga 2 menit). 2.Straight leg raise Berbaring telentang dengan lutut kaki kiri dalam posisi ditekuk dan telapak kaki kiri menjejak lantai. Jaga kaki kanan dalam posisi lurus. Kencangkan otot perut dan angkat kaki kanan setinggi 15 cm dari lantai. Tahan posisi ini selama 5 detik. Perlahan, turunkan kaki, tahan posisi pinggul. Lakukan 10-15 repetisi, lalu berganti kaki dan ulangi. 3.Opposite arm & leg lift Posisi tubuh menghadap lantai, deng [...]

5 Hal yang Perlu Anda Pastikan Sebelum Memilih Klub Kebugaran

5 Hal yang Perlu Anda Pastikan Sebelum Memilih Klub Kebugaran

Anda tipe yang tidak bisa disiplin berolahraga sendiri di rumah? Kalau begitu, bergabung saja dengan klub kebugaran atau tempat fitnes. Di sana, selain Anda akan punya banyak teman dan pelatih untuk menambah motivasi, target dan jadwal tetap juga akan membantu Anda disiplin dalam latihan. Tapi, sebelum memutuskan menjadi anggota di suatu klub, ada baiknya Anda pastikan dulu beberapa hal ini: 1. Lokasi Salah satu kunci keberhasilan latihan adalah kenyamanan, dan sudah pasti lokasi masuk dalam hitungan kenyamanan itu. Semakin dekat jarak klub kebugaran Anda, semakin mudah Anda menjangkaunya, semakin nyaman Anda menjalankan latihan. Bayangkan saja jika Anda harus menempuh perjalanan jauh, belum lagi jika macet, energi sudah terkuras sebelum latihan. Apakah dalam kondisi seperti itu, Anda masih nyaman berolahraga? 2. Coba dulu Staf pemasaran adalah orang yang pandai membujuk dan memaparkan semua kelebihan klub kebugaran tempatnya bekerja. Tapi, sebaiknya Anda mencoba sendiri dulu peralatan dan fasilitas di tempat itu, sekaligus merasakan atmosfernya. Apakah alat-alatnya sesuai dengan target latihan dan user friendly? Apakah tenaga pelatih di sana ramah dan selalu siap membantu? Bagaima [...]

Mengatasi Lengan Bergelambir

Mengatasi Lengan Bergelambir

Lengan yang kencang tentunya menjadi dambaan para wanita. Tidak hanya perut yang ramping, lengan yang kencang juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat penampilan Anda kian menarik. Sayangnya, tidak semua wanita dikaruniai lengan kencang secara genetik tanpa disertai dengan usaha, baik dalam bentuk latihan untuk mengencangkan bentuk lengan, dan diet dengan mengurangi kandungan lemak yang bertumpuk di sekitar lengan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, memiliki lengan bergelambir tidak berarti kiamat sudah dekat. Coba lakukan beberapa cara ini untuk mengencangkan lengan dan menipiskan lemak: 1.Alokasikan waktu untuk aktif bergerak selama setidaknya 30 menit sehari. Ingin punya lengan indah tapi Anda hanya bermalas-malasan di depan televisi sambil menonton sinetron? Sampai kapan pun lengan idaman Anda tidak akan pernah terwujud. Sebaliknya, apa yang Anda lakukan hanya akan membuat lemak-lemak di sekitar lengan semakin banyak. Lemak hanya bisa dibakar dengan berolahraga. Semakin sering Anda berolahraga, tentunya makin banyak lemak yang akan dibakar. Meski disarankan berolahraga sebaiknya dilakukan setiap hari, namun Anda bisa tidak melakukannya sesering itu. Asalkan, Anda men [...]

5 Gerakan Membentuk Lengan Kencang

5 Gerakan Membentuk Lengan Kencang

Lengan kencang pastinya dambaan setiap orang. Selain enak dipandang, lengan yang bebas dari lemak juga merupakan pertanda Anda sudah tepat menjaga kesehatan. Untuk dapat membentuk lengan yang kencang, dibutuhkan latihan fisik yang meliputi latihan kekuatan dada, bahu, serta lengan dari berbagai sisi. Sisihkan waktu 10 menit untuk mendapatkan lengan kencang impian Anda dengan gerakan ini. Siapkan terlebih dulu dumbel berbobot 1.5 kg atau 2 kg, serta matras. 1. Jumping jack -Buka kaki selebar bahu - Ayunkan tangan ke atas kepala. -Lakukan 2 sesi dengan hitungan 10-12. -Istirahatkan tubuh selama 30 detik di antara kedua sesi. 2.Sit-up pullover -Berbaring telentang di atas matras dengan lutut ditekuk, telapak kaki sejajar dengan lantai dan lengan ditarik ke atas memegang dumbel -Tarik otot perut dan perlahan tekuk tubuh Anda, angkat kepala, bahu dan punggung menjauhi lantai, sambil mendorong lengan mendekati lutut - Tahan selama beberapa detik, kemudian lepas dan ulangi dari awal. Anda dapat pula menambahkan gerakan menekuk siku saat kepala, bahu serta punggung menjauhi lantai. Siku yang ditekuk akan mendekatkan dumbel ke dada Anda. Akhiri dengan meluruskan lengan sebelum kembali ke po [...]

Olahraga di Malam Hari Bisa Menekan Nafsu Makan

Olahraga di Malam Hari Bisa Menekan Nafsu Makan

Bagi Anda yang memiliki kesibukan di pagi hari sehingga tidak memungkinkan untuk berolahraga, Anda bisa melakukan olahraga di malam hari. Kontradiktif dengan anggapan yang mengatakan bahwa berkeringat di malam hari justru dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit, berolahraga malam hari adalah hal yang tepat dilakukan untuk mengimbangi gaya hidup yang sibuk tanpa aktivitas fisik. Berolahraga di malam hari sama menyehatkannya dengan olahraga yang dilakukan di pagi ataupun sore hari, karena sama-sama memberikan manfaat pembakaran kalori serta melatih kekuatan serta ketahanan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menyatakan, bahwa berjalan kaki di malam hari selama 45 menit membuat para wanita memiliki ketahanan dan kontrol yang baik terhadap nafsu makannya daripada pada wanita yang tidak berjalan sama sekali. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menyatakan penyebab kita terjaga di malam hari ada hubungannya dengan perubahan tekanan darah. Menurut penelitian ini, tekanan darah makin tinggi pada pukul 9 malam. Hal ini menjelaskan terjadinya insomnia pada beberapa orang. Pada saat tekanan [...]

Cara Mengecilkan Paha Secara Maksimal

Cara Mengecilkan Paha Secara Maksimal

Tahukah Anda cara mengecilkan paha secara maksimal? Membakar lemak di paha dan pinggul butuh kerja lebih keras. Anda tidak bisa hanya melakukan satu jenis olahraga. Anda harus menggabungkan diet, latihan kardio, dan latihan kekuatan. Nah, cara mengecilkan paha dan pinggul dengan lebih maksimal adalah melakukan gerakan-gerakan sederhana ini. Dua gerakan di bawah ini cukup dilakukan sebanyak 2 ? 3 kali seminggu sebanyak 12 - 15 kali di tiap sisi. 1. Ayunan pinggul ke depan dan ke belakang Berbaringlah dengan bertopang pada salah satu sisi tubuh, awali dengan sisi kiri di mana pinggul akan menahan beban tubuh. Tahan tubuh dengan siku kiri dan angkat paha dan betis kanan setinggi pinggul dengan ujung kaki lurus. Setelah itu, kencangkan otot perut dan ayunkan kaki kanan ke depan. Usahakan Anda mengayunkan kaki sejauh mungkin tanpa menggerakkan pinggul atau tubuh bagian atas. Kemudian ayunkan kaki ke belakang sejauh yang Anda bisa, sambil mengencangkan bokong. Kontrol setiap gerakan yang Anda lakukan dan berhati-hatilah agar kaki tidak diangkat terlalu tinggi atau pinggul ikut berayun maju. 2.Mengangkat satu sisi kaki Posisikan diri Anda menyamping dengan bertumpu pada lutut kanan [...]

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mudah untuk menambah aktivitas fisik ke dalam rutinita harian Anda. Gratis, dapat dilakukan di manapun, kapan pun, dan tidak butuh peralatan yang rumit. Modalnya hanya niat dan kemauan. Namun, meski simpel, Anda tetap membutuhkan sepasang sepatu yang baik dan nyaman di kaki. ?Sebelum membeli, pikirkan terlebih dulu tipe olahraga jalan kaki yang akan Anda lakukan,? saran Tom Boland, seorang pedorthist bersertifikat di New York City. Apakah Anda akan berjalan di atas permukaan aspal, di jalur tanah, atau permukaan jalan yang tidak rata? Apakah Anda berencana berjalan lambat atau cepat? Tipe berjalan yang Anda pilih adalah faktor yang perlu diperhitungkan ketika memilih sepatu jalan yang tepat. Pramuniaga yang memiliki pengetahuan luas dapat membantu Anda memilih sepatu jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang paling penting dalam memilih sepatu jalan adalah dapat meredam guncangan, stabil, dan nyaman di kaki Anda: Mampu meredam guncangan. Saat Anda berjalan, tumit Anda pertama kali akan bersentuhan dengan permukaan tanah, maka amat penting untuk menemukan sepatu yang dapat meredam guncangan di tumit. Stabilitas. Sedangkan untuk aktivitas berjalan di atas [...]

5 Cara Seksi Bakar Kalori

5 Cara Seksi Bakar Kalori

Berintim-intim dengan pasangan bukan hanya bagus untuk detak jantung Anda, tapi juga dapat membakar kalori.Tidak percaya? Coba simak beberapa aktivitas intim yang dapat membantu Anda membakar kalori di bawah ini. Tubuh jadi seksi, hubungan dengan si Dia semakin erat, Anda pun tambah bahagia. Yuk, coba sekarang juga! Cara Seksi #1 Berciuman: 68 kalori per jam Ingat waktu pertama kalli berciuman? Saking semangatnya, Anda bisa bertahan hingga 30 menit saling kecup dan pagut. Para ahli menyarankan agar Anda melakukannya lagi sekarang. Berciuman bukan hanya memperlihatkan perasaan cinta Anda terhadap pasangan dan mempererat hubungan, aktivitas ini juga dapat membantu Anda membakar lemak. ?Jika momen berciuman itu dibumbui dengan saling merangsang, bahkan dapat membakar kalori sebesar 90 kalori dalam satu jam.,? jelas Jaiya Kinzbach, seksolog yang berbasis di Los Angeles dan juga penulis buku Red Hot Touch. Coba tips dari dia, ?Cobalah berciuman dalam posisi yang tidak biasa. Misalnya, Anda mencium dia sambil melakukan push-up di atas tubuhnya. Push-up dapat membakar 171 kalori dalam 30 menit. Cara Seksi #2 Melucuti pakaian: total 8+ kalori Anda mungkin tidak pernah memikirkan soal salin [...]

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Adakah cara menurunkan berat badan dengan cepat ? Hampir semua orang mendambakan memiliki berat badan ideal. Selain mejalankan diet sehat, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan berolahraga. Kegiatan yang menguras keringat ini bisa menjaga metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pun lemak lebih optimal. Keuntungan lain dari berolahraga dan diet sehat adalah penurunan berat badan yang stabil. Akan tetapi, Anda tak perlu mencoba semua tipe olahraga sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, tidak semua jenis olahraga efektif membakar kalori. Nah, 4 jenis olahraga ini efektif sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Yuk, simak! [...]

Latihan Mengecilkan Betis

Latihan Mengecilkan Betis

Penampilan wanita yang menawan sangat ditunjang oleh kaki. Nah,kaki yang jenjang dan jadi dambaan wanita tentunya tidak dapat terwujud jika betis ?bagian dari kaki sendiri- memiliki ukuran yang besar dan tidak atletis. Sayangnya, berbagai latihan fisik yang menitikberatkan pada kaki, kadang membuat para wanita malah menjadi khawatir, takut betisnya berotot dan keras.Tapi tenang, berikut ini beberapa latihan fisik yang akan merampingkan betis tanpa membuatnya berotot. 1.Mengangkat betis ke atas Mengangkat betis ke atas merupakan gerakan paling sederhan namun tetap efektif. Angkat kaki ke atas, lalu turunkan secara perlahan setelah selesai. Saat posisi kaki terangkat tinggi diudara, kencangkan otot perut dan tekuk lutut sedikit untuk mencegah lutut terkunci. Posisikan lengan di depan tubuh sambil sedikit menekuk lengan sehingga tidak bertumpu pada tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali dengan 10 hitungan masing-masing. 2.Angkat betis sambil duduk Duduklah di bangku yang tingginya rendah atau di anak tangga bawah agar Anda dapat menyesuaikan tinggi dari permukaan yang akan diduduki. Letakkan beban seberat 2-5 kilogram pada kaki, sambil tetap mempertahankan posisi duduk. Kemudia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *