Cara Kerja Otot Secara Sinergis dan Antagonis

cara kerja otot secara sinergis antagonis

Cara kerja otot secara sinergis dan antagonis bagaimana sih? di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kerja otot pada tubuh. Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang mempunyai manfaat sebagai alat gerak aktif dalam menggerakkan tulang. Untuk itulah, otot begitu penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya semakin otot Anda ‘sehat’ maka akan memberikan fungsi maksimal pula bagi tubuh Anda. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan berlatih ke gym untuk membentuki otot lebih besar dan kekar, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara kerja otot.

Informasi-informasi terkait dengan cara kerja otot tentunya akan memberikan upaya maksimal bagi latihan Anda. Berikut adalah informasi mengenai cara kerja otot yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Cara Kerja Otot Sinergis Dan Antagonis

1. Otot Sinergis
Otot ini sering kali disebut dengan otot protagonis, yang ketika berkontraksi menimbulkan gerak searah. Misalnya, yakni otot yang menyebabkan telapak tangan dapat menengadah dan menelungkup. Otot ini melibatkan dua otot atau lebih yang dapat bekerja sama dengan satu tujuan. Dengan demikian, otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Anda dapat menemui jenis otot ini pada saat Anda menarik napas. Mengapa begitu, karena pada saat menarik nafas otot antar tulang rusuk dapat mengembang dan berelaksasi secara bersama-sama.

Apabila otot berkontraksi, maka otot akan menarik tulang yang dilekatinya, sehingga tulang tersebut bergerak pada sendi yang dimilikinya. Otot sinergis ketika sedang bekerja akan berkontraksi, sehingga otot akan memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung. Karena memendek, tulang yang dilekati otot tersebut tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakan tulang ke satu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi. Tulang harus ditarik ke posisi semula. Oleh karena itu, harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakan tulang dari satuposisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula, diperlukan paling sedikit dua macam ototdengan kerja berbeda.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Jika otot pertamaberkontraksi dan yang kedua berelaksasi, akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya,jika otot pertama berelaksasi dan yang kedua berkontraksi akan menyebabkan tulang kembali ke posisi semula.

Dengan demikian, otot ini bekerja ketika Anda meluruskan atau membengkokkan tangan, menggerakan tangan mendekati dan menjauhi tubuh, menurunkan dan mengangkat tangan. Ataupun ketika Anda menggerakan tangan hingga melibatkan otot bisep dan trisep di bagian atas lengan. Otot bisep terdiri dari dua tendon, yang terletak di antara bahu dan sendi siku tangan. Pada kedua ujung ototnya berada di tulang belikat, lalu membentuk otot perut tunggal di bagian lengan atas. Kurang loebih, begitu lah cara kerja otot Antagonis.

Terdapat beberapa macam gerak dalam Otot Antagonis, yakni:

Ekstensi-Fleksi: Ekstensi merupakan otot yang mempunyai gerakan lurus. Sebaliknya, fleksi membpunyai gerakan berlawanan, yaitu membengkokkan. Bisa kita temui pada saat kita berdiri dan jongkok.
Abduksi-Adduksi: Abduksi disebut juga dengan otot yang bergerak menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah otot yang mempunyai gerak mendekati badan.

Depresi-Elevesi: Otot yang bertugas mempunyai gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya menunduk dan menengadah.

Supinasi-Pronasi: Merupakan gerak dengan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Misalnya, seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral, atau biasa disebut dengan rotasi.

Intinya, otot sinergis dan antagonis merupakan aplikasi dari gerakan alamiah yang dapat ditimbulkan olerh mekanisme gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa informasi ini begitu penting untuk Anda. Selain untuk memaksimalkan latihan Anda, dengan mengetahui cara kerja otot (sinergis dan antagonis), Anda lebih tahu apa yang diinginkan oleh tubuh, sehingga risiko terjadi cedera juga semakin kecil.

Penjelasan lain mengenai kinerja otot secara sinergis dan antagonis:

1. Sinergis, kebalikan antagonis, jadi, dua otot melakukan gerak yang searah, jadi, dimana satu otot berkontaksi, satunya juga berkontraksi. contohnya gerakan tangan menelungkup dan menengadah. (otot pronator teres dan pronator kuadratus)

Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

2. antagonis, adalah dimana dua otot melakukan gerak yang berkebalikan, jadi saat satu bagian berkontraksi, satunya berelaksasi. Contoh, bisep dan trisep di lengan atas saat kamu menekukkan siku dan meluruskan siku.

Gerak Antagonis
Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.
Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.
Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.
Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.
Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Porsi Ideal Olahraga

Porsi Ideal Olahraga

Berolahraga sangat baik bagi kesehatan, karena dapat memperlancar peredaran darah, mengendalikan berat badan, meningkatkan mood, menghindari kita dari berbagai penyakit, dan manfaat lainnya. Mengingat pentingnya berolahraga, maka kita pun disarankan untuk melakukannya secara teratur, seminggu tiga kali. Apa yang terjadi pada tubuh jika kita terlalu bersemangat berolahraga sehingga setiap hari kita melakukannya. Anda tidak perlu khawatir akan jatuh sakit karena terlalu lelah. Berolahraga setiap hari baik bagi kesehatan. Mayo Clinic, dalam situsnya, menyatakan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan level energi, memperbaiki suasana hati, mengontrol berat badan, membuat Anda tidur lebih nyenyak, dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti penyakit kardiovaskular, darah tinggi, osteoporosis dan diabetes. Dalam berolahraga, sangat penting untuk memerhatikan porsi. "Dalam kondisi normal, orang dewasa sehat dianjurkan untuk berolahraga tigapuluh menit setiap hari,? kata Russell Pate, PhD, profesor di Arnold School of Public Health, University of South Carolina. Olahraga berlebihan hanya akan membuat Anda kelelahan,cidera otot, memengaruhi kualitas tidur, meningkatkan nafsu makan sehing [...]

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

Paha dan pinggul, terutama pada kaum Hawa, merupakan bagian tubuh yang paling mudah menerima dan menampung timbunan lemak. Semua makanan pencuci mulut dan makanan manis yang enak pada ujungnya dapat berakhir pada deposit lemak berlebih yang seringkali terpusat pada area paha dan pinggul. Sayangnya, lemak di kedua daerah itu tak mudah dihilangkan begitu saja. Dengan membatasi asupan makan dan snack, kelebihan lemak dapat diatasi. Dipadu dengan olahraga ringan berikut ini, tidak hanya lemak di paha dan pinggul dapat dibakar, namun paha dan pinggul pun dapat dibentuk agar lebih berotot dan ramping. 1.Jongkok atau squat dengan bertumpu pada satu kaki. Berdirilah dengan kaki dirapatkan dan tangan diletakkan di samping tubuh. Kemudian arahkan berat badan bertumpu pada kaki kanan. Tarik kaki kiri ke belakang, ujung-ujung jarinya berjinjit dan sejajar dengan tumit kanan. Punggung tegak. Perlahan , turunkan pinggul dan lutut sambil menjulurkan kedua tangan ke depan untuk membantu keseimbangan atau boleh juga Anda berpegangan pada sandaran kursi. Berhenti ketika paha Anda sudah hampir sejajar dengan lantai dan tahan selama beberapa detik. Kemudian tumpukan berat badan pada kaki kanan (tumit) [...]

Intip Cara Fit ala Agnes Monica

Intip Cara Fit ala Agnes Monica

Cara fit ala Agnes Monica apa saja sih ? Olahraga angkat beban adalah olahraga yang kebanyakan dilakukan para pria. Namun tahukah Anda, jika saat ini para wanita mulai melakukan olahraga angkat beban? Agnes Monica, misalnya. ?Some girls wanna look like Barbie. Some wanna look like superhero. Guess which one I want?? ujar Agnes dalam akun Instagram @myfitnezdiary, sembari memajang foto Cat Woman. Ia pun rutin melakukan berbagai latihan seperti lunge demi mengecilkan dan membentuk otot paha, deltoid untuk membentuk tubuh bagian atas seperti bahu, dan melatih otot bisep. Di bio akun tersebut, Agnes Monica menggambarkan motivasinya dalam mencapai mimpinya memiliki tubuh yang sehat dengan menulis, ?Lean body is sexy body.? Ya, akun instagram @ myfitnezdiary tersebut memang khusus berisi tentang kegiatan-kegiatan Agnes seputar olahraga yang ia lakukan. Penasaran mengenai apa saja latihan yang dilakukan Agnes Monica ? Berikut di antaranya! [...]

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

Zaman sudah modern dan Anda masih enggan berolahraga? Come on! Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya antara modernitas dengan olah fisik? Jawabannya, tokoh-tokoh modern di berbagai bidang (bahkan termasuk tokoh-tokoh purba), mensyaratkan kebugaran fisik sebagai salah satu aset pendukung karier mereka. Mulai dari aktor dan aktris hingga Presiden negara adidaya. Presiden Barrack Obama dan istrinya Michelle, rutin fitnes 45 menit setiap hari, enam kali dalam seminggu. Bill Gates, pencipta dan pemilik Microsoft, orang terkaya di dunia, melakukan treadmill minimal satu jam setiap hari. Mereka tahu, olahraga itu penting dan banyak manfaatnya. Mereka tahu, puncak karier hanya bisa dicapai dengan tubuh dan pikiran yang sehat. Jika hal tersebut masih tidak bisa memotivasi Anda untuk berolahraga, semoga enam alasan di bawah ini bisa membuat Anda bergerak segera. #1 Mencegah terkena penyakit Tubuh manusia memang dirancang untuk bergerak. Tubuh membutuhkan olahraga. Olahraga yang biasa penting bagi kebugaran tubuh dan kesehatan yang baik. Olahraga rutin akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit-penyakit lain. Olahraga rutin jug [...]

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Semua orang disarankan untuk berolahraga, tak terkecuali Anda yang memiliki napas pendek. Napas pendek umumnya dialami oleh mereka yang menderita gangguan pernapasan kronis (COPD atau Chronic obstructive pulmonary disease) seperti asma. Kondisi ini memang menyulitkan ketika Anda berolahraga. Namun, jika tidak berolahraga, otot jadi lemah dan itu artinya semakin banyak oksigen yang Anda butuhkan ketika melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti memasak atau berbelanja. Karena itu, dokter tetap menganjurkan orang dengan napas pendek untuk tetap berolahraga. Ketika otot-otot Anda kuat, bernapas menjadi lebih mudah. Yang penting, pilihlah jenis olahraga yang tidak menyulitkan napas Anda seperti: Jalan kakiJalan kaki adalah pilihan yang paling tepat terutama untuk Anda yang baru mulai latihan. Jalan kaki bisa dilakukan di mana saja, di seputaran rumah, pusat perbelanjaan, di gym dan lain sebagainya. Tingkatkan durasi atau jaraknya misal 30 detik atau 10 meter setiap hari. Jangan pikirkan dulu tentang kecepatan. Jalan santai asal konsisten tetap akan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Bersepeda Berlatih dengan sepeda statis san [...]

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mudah untuk menambah aktivitas fisik ke dalam rutinita harian Anda. Gratis, dapat dilakukan di manapun, kapan pun, dan tidak butuh peralatan yang rumit. Modalnya hanya niat dan kemauan. Namun, meski simpel, Anda tetap membutuhkan sepasang sepatu yang baik dan nyaman di kaki. ?Sebelum membeli, pikirkan terlebih dulu tipe olahraga jalan kaki yang akan Anda lakukan,? saran Tom Boland, seorang pedorthist bersertifikat di New York City. Apakah Anda akan berjalan di atas permukaan aspal, di jalur tanah, atau permukaan jalan yang tidak rata? Apakah Anda berencana berjalan lambat atau cepat? Tipe berjalan yang Anda pilih adalah faktor yang perlu diperhitungkan ketika memilih sepatu jalan yang tepat. Pramuniaga yang memiliki pengetahuan luas dapat membantu Anda memilih sepatu jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang paling penting dalam memilih sepatu jalan adalah dapat meredam guncangan, stabil, dan nyaman di kaki Anda: Mampu meredam guncangan. Saat Anda berjalan, tumit Anda pertama kali akan bersentuhan dengan permukaan tanah, maka amat penting untuk menemukan sepatu yang dapat meredam guncangan di tumit. Stabilitas. Sedangkan untuk aktivitas berjalan di atas [...]

Makanan Penunjang Olahraga

Makanan Penunjang Olahraga

Berolahraga dan melakukan berbagai aktivitas tentunya menuntut Anda untuk mengeluarkan energi ekstra. Apalagi saat Anda akan melakukan latihan fisik yang cenderung berat dan menguras tenaga, Anda tidak dapat melakukannya tanpa tambahan tenaga dari makanan atau minuman. Perut kosong tidak akan membantu Anda menjalani latihan fisik secara lebih maksimal dan efektif. Jika Anda sudah memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan memperoleh kalori yang cukup (dalam artian tidak lebih dan tidak kurang), sepanjang hari untuk mendukung ragam aktivitas, maka Anda tidak perlu tambahan asupan nutrisi sebelum olahraga. Namun, jika Anda sudah pernah menjalani olahraga terkait dan ternyata energi Anda dirasa kurang, maka Anda perlu menambahnya dengan makan dan minum kudapan ringan yang bisa menambah energi untuk berolahraga. Anda perlu memilih makanan yang dapat membantu Anda memperoleh energi yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda cukup memperoleh asupan air sebelum mulai berolahraga. Minumlah setidaknya 3 gelas air putih, 1 hingga 2 jam sebelum Anda mulai berolahraga. Hal ini akan membantu memastikan tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga, dari awal hingga selesai. Berikut in [...]

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Cara mengecilkan perutbuncit dapat berguna jika Anda mulai merasa perut anda membuncit. Apakah Anda selalu mengenakan pakaian hitam atau pakaian longgar lantaran tidak percaya diri dengan kondisi perut yang membuncit? Atau Anda tak percaya diri memakai bikini saat berjemur di pantai karena perut menggelambir karena lemak ? Selain masalah penampilan, ada hal lain yang perlu Anda waspadai soal perut buncit. Lemak di area perut lebih berbahaya dibandingkan lemak panggul dan lemak paha. Lemak yang disebut lemak visceral ini bisa menimbulkan peradangan sehingga muncul plak pada arteri. Bahaya lemak visceral yang lainnya adalah risiko lebih besar terkena penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, gangguan metabolisme. Ingin mengetahui seberapa besar risiko Anda? Hitung berat badan dengan rumus BMI (Body Mass Index). Lalu, ukur lingkar pinggang dari atas tulang pinggul. Lingkar pinggang wanita sebaiknya tidak lebih dari 80 cm dan lingkar pinggang laki-laki sebaiknya tidak lebih dari 90 cm. Mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang mudah dan bisa cepat dilakukan. Tapi, bukan berarti tak ada jalan keluar. Anda bisa mencoba 5 cara mengecilkan perut buncit berikut ini : [...]

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara menggemukkan badan bagaimana sih? Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami. Beberapa orang bahkan mengaku terhambat dalam karir dan lingkungan sosial karena memiliki berat badan yang terlalu kurus. Berbagai macam cara kadang sudah diusahakan agar supaya badan menjadi gemuk, mulai dari makan yang banyak dan bervariasi sampai dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat gemuk berbagai merek. Tapi hasilnya tidak ada perubahan sama sekali alias tubuh tetap kurus. Memiliki badan yang terlalu kurus memang menimbulkan banyak efek negatif seperti menjadi rendah diri, mudah sakit, dan cenderung menghambat pergaulan sosial. Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami dan tanpa minum obat gemuk. Tulisan ini disusun dengan cara satir dan hiperbolik untuk lebih memudahkan pembaca memahami apa saja penyebab kegemukan, apa bahaya terlalu gemuk dan bagaimana cara menggemukkan badan tanpa mengorbankan kesehatan. Secara garis besar bertambahnya berat badan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: Faktor gen/keturunan. Jika keluarga seperti orang tua dan kakek nenek dan sepupu-sepupu memiliki masalah den [...]

4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

Punggung yang kuat dan sehat akan membuat postur tubuh Anda menjadi tegak. Dan postur tubuh yang tegak tentu saja akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Lakukan beberapa latihan yang disarankan oleh Ren�e Garrison, seorang terapis fisik dari Medical University of South Carolina, lima menit sehari untuk membantu mencegah sakit dan nyeri pada tulang belakang. 1.Plank Berbaring terngkurap. Tubuh bertumpu pada lengan bagian bawah, telapak tangan menghadap lantai, dan tekuk ujung jari- jari kaki. Dorong tubuh ke atas, ujung jari-jari kaki, siku, dan lengan bagian bawah hingga bagian punggung membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30 detik (secara bertahap lakukan hingga Anda dapat bertahan hingga 2 menit). 2.Straight leg raise Berbaring telentang dengan lutut kaki kiri dalam posisi ditekuk dan telapak kaki kiri menjejak lantai. Jaga kaki kanan dalam posisi lurus. Kencangkan otot perut dan angkat kaki kanan setinggi 15 cm dari lantai. Tahan posisi ini selama 5 detik. Perlahan, turunkan kaki, tahan posisi pinggul. Lakukan 10-15 repetisi, lalu berganti kaki dan ulangi. 3.Opposite arm & leg lift Posisi tubuh menghadap lantai, deng [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *