Cara Kerja Otot Secara Sinergis dan Antagonis

cara kerja otot secara sinergis antagonis

Cara kerja otot secara sinergis dan antagonis bagaimana sih? di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kerja otot pada tubuh. Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang mempunyai manfaat sebagai alat gerak aktif dalam menggerakkan tulang. Untuk itulah, otot begitu penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya semakin otot Anda ‘sehat’ maka akan memberikan fungsi maksimal pula bagi tubuh Anda. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan berlatih ke gym untuk membentuki otot lebih besar dan kekar, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara kerja otot.

Informasi-informasi terkait dengan cara kerja otot tentunya akan memberikan upaya maksimal bagi latihan Anda. Berikut adalah informasi mengenai cara kerja otot yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Cara Kerja Otot Sinergis Dan Antagonis

1. Otot Sinergis
Otot ini sering kali disebut dengan otot protagonis, yang ketika berkontraksi menimbulkan gerak searah. Misalnya, yakni otot yang menyebabkan telapak tangan dapat menengadah dan menelungkup. Otot ini melibatkan dua otot atau lebih yang dapat bekerja sama dengan satu tujuan. Dengan demikian, otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Anda dapat menemui jenis otot ini pada saat Anda menarik napas. Mengapa begitu, karena pada saat menarik nafas otot antar tulang rusuk dapat mengembang dan berelaksasi secara bersama-sama.

Apabila otot berkontraksi, maka otot akan menarik tulang yang dilekatinya, sehingga tulang tersebut bergerak pada sendi yang dimilikinya. Otot sinergis ketika sedang bekerja akan berkontraksi, sehingga otot akan memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung. Karena memendek, tulang yang dilekati otot tersebut tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakan tulang ke satu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi. Tulang harus ditarik ke posisi semula. Oleh karena itu, harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakan tulang dari satuposisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula, diperlukan paling sedikit dua macam ototdengan kerja berbeda.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Jika otot pertamaberkontraksi dan yang kedua berelaksasi, akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya,jika otot pertama berelaksasi dan yang kedua berkontraksi akan menyebabkan tulang kembali ke posisi semula.

Dengan demikian, otot ini bekerja ketika Anda meluruskan atau membengkokkan tangan, menggerakan tangan mendekati dan menjauhi tubuh, menurunkan dan mengangkat tangan. Ataupun ketika Anda menggerakan tangan hingga melibatkan otot bisep dan trisep di bagian atas lengan. Otot bisep terdiri dari dua tendon, yang terletak di antara bahu dan sendi siku tangan. Pada kedua ujung ototnya berada di tulang belikat, lalu membentuk otot perut tunggal di bagian lengan atas. Kurang loebih, begitu lah cara kerja otot Antagonis.

Terdapat beberapa macam gerak dalam Otot Antagonis, yakni:

Ekstensi-Fleksi: Ekstensi merupakan otot yang mempunyai gerakan lurus. Sebaliknya, fleksi membpunyai gerakan berlawanan, yaitu membengkokkan. Bisa kita temui pada saat kita berdiri dan jongkok.
Abduksi-Adduksi: Abduksi disebut juga dengan otot yang bergerak menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah otot yang mempunyai gerak mendekati badan.

Depresi-Elevesi: Otot yang bertugas mempunyai gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya menunduk dan menengadah.

Supinasi-Pronasi: Merupakan gerak dengan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Misalnya, seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral, atau biasa disebut dengan rotasi.

Intinya, otot sinergis dan antagonis merupakan aplikasi dari gerakan alamiah yang dapat ditimbulkan olerh mekanisme gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa informasi ini begitu penting untuk Anda. Selain untuk memaksimalkan latihan Anda, dengan mengetahui cara kerja otot (sinergis dan antagonis), Anda lebih tahu apa yang diinginkan oleh tubuh, sehingga risiko terjadi cedera juga semakin kecil.

Penjelasan lain mengenai kinerja otot secara sinergis dan antagonis:

1. Sinergis, kebalikan antagonis, jadi, dua otot melakukan gerak yang searah, jadi, dimana satu otot berkontaksi, satunya juga berkontraksi. contohnya gerakan tangan menelungkup dan menengadah. (otot pronator teres dan pronator kuadratus)

Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

2. antagonis, adalah dimana dua otot melakukan gerak yang berkebalikan, jadi saat satu bagian berkontraksi, satunya berelaksasi. Contoh, bisep dan trisep di lengan atas saat kamu menekukkan siku dan meluruskan siku.

Gerak Antagonis
Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.
Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.
Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.
Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.
Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

Zaman sudah modern dan Anda masih enggan berolahraga? Come on! Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya antara modernitas dengan olah fisik? Jawabannya, tokoh-tokoh modern di berbagai bidang (bahkan termasuk tokoh-tokoh purba), mensyaratkan kebugaran fisik sebagai salah satu aset pendukung karier mereka. Mulai dari aktor dan aktris hingga Presiden negara adidaya. Presiden Barrack Obama dan istrinya Michelle, rutin fitnes 45 menit setiap hari, enam kali dalam seminggu. Bill Gates, pencipta dan pemilik Microsoft, orang terkaya di dunia, melakukan treadmill minimal satu jam setiap hari. Mereka tahu, olahraga itu penting dan banyak manfaatnya. Mereka tahu, puncak karier hanya bisa dicapai dengan tubuh dan pikiran yang sehat. Jika hal tersebut masih tidak bisa memotivasi Anda untuk berolahraga, semoga enam alasan di bawah ini bisa membuat Anda bergerak segera. #1 Mencegah terkena penyakit Tubuh manusia memang dirancang untuk bergerak. Tubuh membutuhkan olahraga. Olahraga yang biasa penting bagi kebugaran tubuh dan kesehatan yang baik. Olahraga rutin akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit-penyakit lain. Olahraga rutin jug [...]

Pola Makan Tepat Setelah Berolahraga

Pola Makan Tepat Setelah Berolahraga

Ada satu kesamaan antara atlet profesional dengan pelaku olahraga awam: Sama-sama butuh asupan makan dan minum yang memadai setelah melakukan sesi latihan atau pertandingan. Kalau kita bicara tentang makanan, itu berarti bukan hanya jenisnya saja tapi juga cara mengonsumsinya harus tepat supaya hasil sehatnya dapat optimal. Apa saja makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah sesi latihan usai, simak penjelasan dari Cythia Sass, MPH, RD. Cynthia adalah seorang master di bidang nutrisi olahraga ternama di Amerika Serikat. Dia sering muncul di televisi nasional dan di berbagai majalah kesehatan. Cynthia juga menjabat sebagai konsultan tim-tim olahraga terkenal seperti New York Rangers NHL dan New York Yankees MLB. Juga menulis buku best seller S.A.S.S! Yourself Slim: Conquer Cravings, Drop Pounds and Lose Inches. Makan 30-60 menit sesudah berolahraga JikaAnda sudah selesai melakukan sesi latihan yang berat,cobalahuntuk makan makanan yang bersifat memulihkan sesegera mungkin. Olahraga memberi tekanan pada otot-otot Anda. Sendi, tulang, dan tubuh Anda menggunakan nutrisi yang disimpan tubuh selama Anda bergerak. Makan pasca latihan akan menggantikan apa yang hilang dar [...]

4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

4 Gerakan Untuk Memperbaiki Postur

Punggung yang kuat dan sehat akan membuat postur tubuh Anda menjadi tegak. Dan postur tubuh yang tegak tentu saja akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Lakukan beberapa latihan yang disarankan oleh Ren�e Garrison, seorang terapis fisik dari Medical University of South Carolina, lima menit sehari untuk membantu mencegah sakit dan nyeri pada tulang belakang. 1.Plank Berbaring terngkurap. Tubuh bertumpu pada lengan bagian bawah, telapak tangan menghadap lantai, dan tekuk ujung jari- jari kaki. Dorong tubuh ke atas, ujung jari-jari kaki, siku, dan lengan bagian bawah hingga bagian punggung membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30 detik (secara bertahap lakukan hingga Anda dapat bertahan hingga 2 menit). 2.Straight leg raise Berbaring telentang dengan lutut kaki kiri dalam posisi ditekuk dan telapak kaki kiri menjejak lantai. Jaga kaki kanan dalam posisi lurus. Kencangkan otot perut dan angkat kaki kanan setinggi 15 cm dari lantai. Tahan posisi ini selama 5 detik. Perlahan, turunkan kaki, tahan posisi pinggul. Lakukan 10-15 repetisi, lalu berganti kaki dan ulangi. 3.Opposite arm & leg lift Posisi tubuh menghadap lantai, deng [...]

Lebih Sehat Dan Bahagia Dengan Menari

Lebih Sehat Dan Bahagia Dengan Menari

Bergerak dengan cara menari atau berdansa memiliki manfaat kesehatan dan kekuatan fisik yang sama besarnya dengan berolahraga di pusat kebugaran. Tambahan lagi, menari merupakan aktivitas yang jauh lebih menyenangkan karena tubuh diarahkan bergerak sesuai dengan irama lagu yang didengarkan. Karenanya, manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan menari pun bukan hanya manfaat tubuh yang semakin sehat dan semakin fit, namun juga kesehatan secara mental dan psikologis. Inilah manfaat menari atau berdansa bagi kesehatan : 1.Membantu memperkuat daya ingat Menari bukan hanya mampu memperbaiki postur tubuh dan gerakan tubuh menjadi lebih gemulai, namun juga dapat membantu memperkuat daya ingat dan menghindarkan orang yang melakukannya dari pikun, seperti dalam penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine. Gerakan menari yang merupakan gerakan aerobik dapat membantu memutarbalikkan menurunnya volume pada hippocampus, bagian otak yang mengontrol daya ingat. Menjelang usia tua, hippocampus biasanya akan menyusut, sehingga memori pun menjadi terkikis dengan sendirinya. Hal ini dapat dihindari dengan menari. 2.Meningkatkan fleksibilitas tubuh Gerakan dalam tarian memang in [...]

5 Tips Pangkas Lemak di Lengan

5 Tips Pangkas Lemak di Lengan

Lemak berlebihan pada tubuh adalah musuh terbesar semua orang. Tak ada satu orang pun yang senang dengan tumpukan lemak ditubuhnya. Tapi, kebanyakan dari kita kerap hanya fokus melatih perut, kaki, serta tubuh bagian atas. Jarang yang memperhatikan lengannya. Padahal, pada wanita, timbunan lemak sering terkonsentrasi di lengan. Sejumlah orang sudah banyak melakukan latihan berat tapi gagal memiliki lengan yang kencang dan ramping. Lemak yang menumpuk di lengan memang tidak mudah untuk dihilangkan dalam waktu singkat. Untuk memiliki lengan yang Anda idamkan, Anda tidak perlu fitness di gym. Beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan dimana saja berikut bisa membantu Anda memangkas lemak pada lengan: 1. Lompat Tali Lompat tali merupakan salah satu latihan kardio yang tidak hanya dapat membakar banyak kalori maupun lemak. Latihan ini juga dapat membantu membentuk lengan menjadi seksi dan kencang. Lakukanlah 150 kali lompatan setiap kali latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Klik di sini untuk tips selanjutnya. 2. Push Up Push up adalah salah satu latihan terbaik yang tidak hanya focus pada lengan Anda, tapi juga tubuh bagian atas. Otot yang akan terla [...]

Memilih Sports Bra yang Tepat

Memilih Sports Bra yang Tepat

Ketika berolahraga, tidak hanya stamina yang harus Anda persiapkan, tapi juga perlengkapan pendukungnya, seperti sepatu dan pakaian. Pakaian yang menyerap keringat sangat disarankan untuk dikenakan saat berolahraga. Bagi wanita, tidak hanya pakaian luaran yang sebaiknya mendapat perhatian, pemilihan pakaian dalam, dalam hal ini sports bra, juga tak kalah penting. Sama seperti Anda tidak akan melakukan jogging atau olahraga lari dengan mengenakan celana jeans, kemeja, dan sepatu hak tinggi, tidak seharusnya pula Anda berolahraga mengenakan bra yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Aktivitas fisik menyebabkan payudara Anda berguncang-guncang, maka sprots bra dapat menopang payudara dengan baik sangatlah penting. ?Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa antara 70 hingga 80 persen wanita mengenakan ukuran bra yang salah saat mereka berolahraga. Maka sebagai hasilnya, wanita-wanita ini tidak mendapatkan keuntungan berupa kenyamanan dan daya penopang dari pakaian olahraga yang mereka kenakan.,? jelas Nancy Howard, penggemar olahraga lari, pecinta hidup sehat, pelatih lari dan juga pelatih kebugaran bersertifikat, yang mendapatkan gelar sarjana mudanya dalam ilmu keperawatan dari T [...]

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Pilah-Pilih Sepatu Untuk Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mudah untuk menambah aktivitas fisik ke dalam rutinita harian Anda. Gratis, dapat dilakukan di manapun, kapan pun, dan tidak butuh peralatan yang rumit. Modalnya hanya niat dan kemauan. Namun, meski simpel, Anda tetap membutuhkan sepasang sepatu yang baik dan nyaman di kaki. ?Sebelum membeli, pikirkan terlebih dulu tipe olahraga jalan kaki yang akan Anda lakukan,? saran Tom Boland, seorang pedorthist bersertifikat di New York City. Apakah Anda akan berjalan di atas permukaan aspal, di jalur tanah, atau permukaan jalan yang tidak rata? Apakah Anda berencana berjalan lambat atau cepat? Tipe berjalan yang Anda pilih adalah faktor yang perlu diperhitungkan ketika memilih sepatu jalan yang tepat. Pramuniaga yang memiliki pengetahuan luas dapat membantu Anda memilih sepatu jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang paling penting dalam memilih sepatu jalan adalah dapat meredam guncangan, stabil, dan nyaman di kaki Anda: Mampu meredam guncangan. Saat Anda berjalan, tumit Anda pertama kali akan bersentuhan dengan permukaan tanah, maka amat penting untuk menemukan sepatu yang dapat meredam guncangan di tumit. Stabilitas. Sedangkan untuk aktivitas berjalan di atas [...]

Fitness dan Berat Badan

Fitness dan Berat Badan

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang didambakan tidak cukup dengan mengatur pola makan saja. Latihan beban dengan fitness diperlukan untuk membakar kalori lebih maksimal. Tapi latihan beban berlebih bisa membawa efek yang membahayakan. Saat anda merasa sudah maksimal berdiet dan berlatih angkat beban namun tak kunjung menampakkan hasil, jangan lantas patah arang. Pastikan strategi yang anda lakukan telah benar adanya. Cek kembali target yang anda tentukan. Seberapa realistis pencapaian yang anda tuju. Olahraga di pusat kebugaran atau di rumah. Tentukan target yang anda harapkan. Memang beberapa pekerjaan rumah tangga disenyalir dapat membakar lemak. Namun, jika anda memiliki target pencapaian bentuk tubuh, di Gym anda akan bisa berkonsultasi dengan trainer yang bisa mempertimbangkan kebutuhan latihan anda. Latihan yang teratur adalah keharusan untuk menjaga bentuk badan. Kebiasaan buruk, biasanya saat sudah memperoleh hasil penurunan beberapa kilo kita cenderung malas melanjutkan olahraga. Padahal olah raga saja atau diet saja, tidak akan memberikan hasil yang maksimal. pengaturan pola makan serta fitness merupakan rangkaian tak terpisah. Banyak yang salah kaprah, giat ber [...]

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga Untuk Si Napas Pendek

Olahraga tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Semua orang disarankan untuk berolahraga, tak terkecuali Anda yang memiliki napas pendek. Napas pendek umumnya dialami oleh mereka yang menderita gangguan pernapasan kronis (COPD atau Chronic obstructive pulmonary disease) seperti asma. Kondisi ini memang menyulitkan ketika Anda berolahraga. Namun, jika tidak berolahraga, otot jadi lemah dan itu artinya semakin banyak oksigen yang Anda butuhkan ketika melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti memasak atau berbelanja. Karena itu, dokter tetap menganjurkan orang dengan napas pendek untuk tetap berolahraga. Ketika otot-otot Anda kuat, bernapas menjadi lebih mudah. Yang penting, pilihlah jenis olahraga yang tidak menyulitkan napas Anda seperti: Jalan kakiJalan kaki adalah pilihan yang paling tepat terutama untuk Anda yang baru mulai latihan. Jalan kaki bisa dilakukan di mana saja, di seputaran rumah, pusat perbelanjaan, di gym dan lain sebagainya. Tingkatkan durasi atau jaraknya misal 30 detik atau 10 meter setiap hari. Jangan pikirkan dulu tentang kecepatan. Jalan santai asal konsisten tetap akan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Bersepeda Berlatih dengan sepeda statis san [...]

Cara Mengecilkan Paha Secara Maksimal

Cara Mengecilkan Paha Secara Maksimal

Tahukah Anda cara mengecilkan paha secara maksimal? Membakar lemak di paha dan pinggul butuh kerja lebih keras. Anda tidak bisa hanya melakukan satu jenis olahraga. Anda harus menggabungkan diet, latihan kardio, dan latihan kekuatan. Nah, cara mengecilkan paha dan pinggul dengan lebih maksimal adalah melakukan gerakan-gerakan sederhana ini. Dua gerakan di bawah ini cukup dilakukan sebanyak 2 ? 3 kali seminggu sebanyak 12 - 15 kali di tiap sisi. 1. Ayunan pinggul ke depan dan ke belakang Berbaringlah dengan bertopang pada salah satu sisi tubuh, awali dengan sisi kiri di mana pinggul akan menahan beban tubuh. Tahan tubuh dengan siku kiri dan angkat paha dan betis kanan setinggi pinggul dengan ujung kaki lurus. Setelah itu, kencangkan otot perut dan ayunkan kaki kanan ke depan. Usahakan Anda mengayunkan kaki sejauh mungkin tanpa menggerakkan pinggul atau tubuh bagian atas. Kemudian ayunkan kaki ke belakang sejauh yang Anda bisa, sambil mengencangkan bokong. Kontrol setiap gerakan yang Anda lakukan dan berhati-hatilah agar kaki tidak diangkat terlalu tinggi atau pinggul ikut berayun maju. 2.Mengangkat satu sisi kaki Posisikan diri Anda menyamping dengan bertumpu pada lutut kanan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *