Cara Kerja Otot Secara Sinergis dan Antagonis

cara kerja otot secara sinergis antagonis

Cara kerja otot secara sinergis dan antagonis bagaimana sih? di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kerja otot pada tubuh. Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang mempunyai manfaat sebagai alat gerak aktif dalam menggerakkan tulang. Untuk itulah, otot begitu penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya semakin otot Anda ‘sehat’ maka akan memberikan fungsi maksimal pula bagi tubuh Anda. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan berlatih ke gym untuk membentuki otot lebih besar dan kekar, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara kerja otot.

Informasi-informasi terkait dengan cara kerja otot tentunya akan memberikan upaya maksimal bagi latihan Anda. Berikut adalah informasi mengenai cara kerja otot yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Cara Kerja Otot Sinergis Dan Antagonis

1. Otot Sinergis
Otot ini sering kali disebut dengan otot protagonis, yang ketika berkontraksi menimbulkan gerak searah. Misalnya, yakni otot yang menyebabkan telapak tangan dapat menengadah dan menelungkup. Otot ini melibatkan dua otot atau lebih yang dapat bekerja sama dengan satu tujuan. Dengan demikian, otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Anda dapat menemui jenis otot ini pada saat Anda menarik napas. Mengapa begitu, karena pada saat menarik nafas otot antar tulang rusuk dapat mengembang dan berelaksasi secara bersama-sama.

Apabila otot berkontraksi, maka otot akan menarik tulang yang dilekatinya, sehingga tulang tersebut bergerak pada sendi yang dimilikinya. Otot sinergis ketika sedang bekerja akan berkontraksi, sehingga otot akan memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung. Karena memendek, tulang yang dilekati otot tersebut tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakan tulang ke satu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi. Tulang harus ditarik ke posisi semula. Oleh karena itu, harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakan tulang dari satuposisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula, diperlukan paling sedikit dua macam ototdengan kerja berbeda.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Jika otot pertamaberkontraksi dan yang kedua berelaksasi, akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya,jika otot pertama berelaksasi dan yang kedua berkontraksi akan menyebabkan tulang kembali ke posisi semula.

Dengan demikian, otot ini bekerja ketika Anda meluruskan atau membengkokkan tangan, menggerakan tangan mendekati dan menjauhi tubuh, menurunkan dan mengangkat tangan. Ataupun ketika Anda menggerakan tangan hingga melibatkan otot bisep dan trisep di bagian atas lengan. Otot bisep terdiri dari dua tendon, yang terletak di antara bahu dan sendi siku tangan. Pada kedua ujung ototnya berada di tulang belikat, lalu membentuk otot perut tunggal di bagian lengan atas. Kurang loebih, begitu lah cara kerja otot Antagonis.

Terdapat beberapa macam gerak dalam Otot Antagonis, yakni:

Ekstensi-Fleksi: Ekstensi merupakan otot yang mempunyai gerakan lurus. Sebaliknya, fleksi membpunyai gerakan berlawanan, yaitu membengkokkan. Bisa kita temui pada saat kita berdiri dan jongkok.
Abduksi-Adduksi: Abduksi disebut juga dengan otot yang bergerak menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah otot yang mempunyai gerak mendekati badan.

Depresi-Elevesi: Otot yang bertugas mempunyai gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya menunduk dan menengadah.

Supinasi-Pronasi: Merupakan gerak dengan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Misalnya, seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral, atau biasa disebut dengan rotasi.

Intinya, otot sinergis dan antagonis merupakan aplikasi dari gerakan alamiah yang dapat ditimbulkan olerh mekanisme gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa informasi ini begitu penting untuk Anda. Selain untuk memaksimalkan latihan Anda, dengan mengetahui cara kerja otot (sinergis dan antagonis), Anda lebih tahu apa yang diinginkan oleh tubuh, sehingga risiko terjadi cedera juga semakin kecil.

Penjelasan lain mengenai kinerja otot secara sinergis dan antagonis:

1. Sinergis, kebalikan antagonis, jadi, dua otot melakukan gerak yang searah, jadi, dimana satu otot berkontaksi, satunya juga berkontraksi. contohnya gerakan tangan menelungkup dan menengadah. (otot pronator teres dan pronator kuadratus)

Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

2. antagonis, adalah dimana dua otot melakukan gerak yang berkebalikan, jadi saat satu bagian berkontraksi, satunya berelaksasi. Contoh, bisep dan trisep di lengan atas saat kamu menekukkan siku dan meluruskan siku.

Gerak Antagonis
Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.
Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.
Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.
Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.
Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Lebih Sehat Dan Bahagia Dengan Menari

Lebih Sehat Dan Bahagia Dengan Menari

Bergerak dengan cara menari atau berdansa memiliki manfaat kesehatan dan kekuatan fisik yang sama besarnya dengan berolahraga di pusat kebugaran. Tambahan lagi, menari merupakan aktivitas yang jauh lebih menyenangkan karena tubuh diarahkan bergerak sesuai dengan irama lagu yang didengarkan. Karenanya, manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan menari pun bukan hanya manfaat tubuh yang semakin sehat dan semakin fit, namun juga kesehatan secara mental dan psikologis. Inilah manfaat menari atau berdansa bagi kesehatan : 1.Membantu memperkuat daya ingat Menari bukan hanya mampu memperbaiki postur tubuh dan gerakan tubuh menjadi lebih gemulai, namun juga dapat membantu memperkuat daya ingat dan menghindarkan orang yang melakukannya dari pikun, seperti dalam penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine. Gerakan menari yang merupakan gerakan aerobik dapat membantu memutarbalikkan menurunnya volume pada hippocampus, bagian otak yang mengontrol daya ingat. Menjelang usia tua, hippocampus biasanya akan menyusut, sehingga memori pun menjadi terkikis dengan sendirinya. Hal ini dapat dihindari dengan menari. 2.Meningkatkan fleksibilitas tubuh Gerakan dalam tarian memang in [...]

Latihan Mengecilkan Betis

Latihan Mengecilkan Betis

Penampilan wanita yang menawan sangat ditunjang oleh kaki. Nah,kaki yang jenjang dan jadi dambaan wanita tentunya tidak dapat terwujud jika betis ?bagian dari kaki sendiri- memiliki ukuran yang besar dan tidak atletis. Sayangnya, berbagai latihan fisik yang menitikberatkan pada kaki, kadang membuat para wanita malah menjadi khawatir, takut betisnya berotot dan keras.Tapi tenang, berikut ini beberapa latihan fisik yang akan merampingkan betis tanpa membuatnya berotot. 1.Mengangkat betis ke atas Mengangkat betis ke atas merupakan gerakan paling sederhan namun tetap efektif. Angkat kaki ke atas, lalu turunkan secara perlahan setelah selesai. Saat posisi kaki terangkat tinggi diudara, kencangkan otot perut dan tekuk lutut sedikit untuk mencegah lutut terkunci. Posisikan lengan di depan tubuh sambil sedikit menekuk lengan sehingga tidak bertumpu pada tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali dengan 10 hitungan masing-masing. 2.Angkat betis sambil duduk Duduklah di bangku yang tingginya rendah atau di anak tangga bawah agar Anda dapat menyesuaikan tinggi dari permukaan yang akan diduduki. Letakkan beban seberat 2-5 kilogram pada kaki, sambil tetap mempertahankan posisi duduk. Kemudia [...]

5 Cara Seksi Bakar Kalori

5 Cara Seksi Bakar Kalori

Berintim-intim dengan pasangan bukan hanya bagus untuk detak jantung Anda, tapi juga dapat membakar kalori.Tidak percaya? Coba simak beberapa aktivitas intim yang dapat membantu Anda membakar kalori di bawah ini. Tubuh jadi seksi, hubungan dengan si Dia semakin erat, Anda pun tambah bahagia. Yuk, coba sekarang juga! Cara Seksi #1 Berciuman: 68 kalori per jam Ingat waktu pertama kalli berciuman? Saking semangatnya, Anda bisa bertahan hingga 30 menit saling kecup dan pagut. Para ahli menyarankan agar Anda melakukannya lagi sekarang. Berciuman bukan hanya memperlihatkan perasaan cinta Anda terhadap pasangan dan mempererat hubungan, aktivitas ini juga dapat membantu Anda membakar lemak. ?Jika momen berciuman itu dibumbui dengan saling merangsang, bahkan dapat membakar kalori sebesar 90 kalori dalam satu jam.,? jelas Jaiya Kinzbach, seksolog yang berbasis di Los Angeles dan juga penulis buku Red Hot Touch. Coba tips dari dia, ?Cobalah berciuman dalam posisi yang tidak biasa. Misalnya, Anda mencium dia sambil melakukan push-up di atas tubuhnya. Push-up dapat membakar 171 kalori dalam 30 menit. Cara Seksi #2 Melucuti pakaian: total 8+ kalori Anda mungkin tidak pernah memikirkan soal salin [...]

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

5 Gerakan Untuk Paha dan Pinggul Ramping

Paha dan pinggul, terutama pada kaum Hawa, merupakan bagian tubuh yang paling mudah menerima dan menampung timbunan lemak. Semua makanan pencuci mulut dan makanan manis yang enak pada ujungnya dapat berakhir pada deposit lemak berlebih yang seringkali terpusat pada area paha dan pinggul. Sayangnya, lemak di kedua daerah itu tak mudah dihilangkan begitu saja. Dengan membatasi asupan makan dan snack, kelebihan lemak dapat diatasi. Dipadu dengan olahraga ringan berikut ini, tidak hanya lemak di paha dan pinggul dapat dibakar, namun paha dan pinggul pun dapat dibentuk agar lebih berotot dan ramping. 1.Jongkok atau squat dengan bertumpu pada satu kaki. Berdirilah dengan kaki dirapatkan dan tangan diletakkan di samping tubuh. Kemudian arahkan berat badan bertumpu pada kaki kanan. Tarik kaki kiri ke belakang, ujung-ujung jarinya berjinjit dan sejajar dengan tumit kanan. Punggung tegak. Perlahan , turunkan pinggul dan lutut sambil menjulurkan kedua tangan ke depan untuk membantu keseimbangan atau boleh juga Anda berpegangan pada sandaran kursi. Berhenti ketika paha Anda sudah hampir sejajar dengan lantai dan tahan selama beberapa detik. Kemudian tumpukan berat badan pada kaki kanan (tumit) [...]

5 Tips Pangkas Lemak di Lengan

5 Tips Pangkas Lemak di Lengan

Lemak berlebihan pada tubuh adalah musuh terbesar semua orang. Tak ada satu orang pun yang senang dengan tumpukan lemak ditubuhnya. Tapi, kebanyakan dari kita kerap hanya fokus melatih perut, kaki, serta tubuh bagian atas. Jarang yang memperhatikan lengannya. Padahal, pada wanita, timbunan lemak sering terkonsentrasi di lengan. Sejumlah orang sudah banyak melakukan latihan berat tapi gagal memiliki lengan yang kencang dan ramping. Lemak yang menumpuk di lengan memang tidak mudah untuk dihilangkan dalam waktu singkat. Untuk memiliki lengan yang Anda idamkan, Anda tidak perlu fitness di gym. Beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan dimana saja berikut bisa membantu Anda memangkas lemak pada lengan: 1. Lompat Tali Lompat tali merupakan salah satu latihan kardio yang tidak hanya dapat membakar banyak kalori maupun lemak. Latihan ini juga dapat membantu membentuk lengan menjadi seksi dan kencang. Lakukanlah 150 kali lompatan setiap kali latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Klik di sini untuk tips selanjutnya. 2. Push Up Push up adalah salah satu latihan terbaik yang tidak hanya focus pada lengan Anda, tapi juga tubuh bagian atas. Otot yang akan terla [...]

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara Menggemukkan Badan yang Kurus Secara Alami

Cara menggemukkan badan bagaimana sih? Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami. Beberapa orang bahkan mengaku terhambat dalam karir dan lingkungan sosial karena memiliki berat badan yang terlalu kurus. Berbagai macam cara kadang sudah diusahakan agar supaya badan menjadi gemuk, mulai dari makan yang banyak dan bervariasi sampai dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat gemuk berbagai merek. Tapi hasilnya tidak ada perubahan sama sekali alias tubuh tetap kurus. Memiliki badan yang terlalu kurus memang menimbulkan banyak efek negatif seperti menjadi rendah diri, mudah sakit, dan cenderung menghambat pergaulan sosial. Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggemukkan badan secara alami dan tanpa minum obat gemuk. Tulisan ini disusun dengan cara satir dan hiperbolik untuk lebih memudahkan pembaca memahami apa saja penyebab kegemukan, apa bahaya terlalu gemuk dan bagaimana cara menggemukkan badan tanpa mengorbankan kesehatan. Secara garis besar bertambahnya berat badan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: Faktor gen/keturunan. Jika keluarga seperti orang tua dan kakek nenek dan sepupu-sepupu memiliki masalah den [...]

Makanan Penunjang Olahraga

Makanan Penunjang Olahraga

Berolahraga dan melakukan berbagai aktivitas tentunya menuntut Anda untuk mengeluarkan energi ekstra. Apalagi saat Anda akan melakukan latihan fisik yang cenderung berat dan menguras tenaga, Anda tidak dapat melakukannya tanpa tambahan tenaga dari makanan atau minuman. Perut kosong tidak akan membantu Anda menjalani latihan fisik secara lebih maksimal dan efektif. Jika Anda sudah memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan memperoleh kalori yang cukup (dalam artian tidak lebih dan tidak kurang), sepanjang hari untuk mendukung ragam aktivitas, maka Anda tidak perlu tambahan asupan nutrisi sebelum olahraga. Namun, jika Anda sudah pernah menjalani olahraga terkait dan ternyata energi Anda dirasa kurang, maka Anda perlu menambahnya dengan makan dan minum kudapan ringan yang bisa menambah energi untuk berolahraga. Anda perlu memilih makanan yang dapat membantu Anda memperoleh energi yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda cukup memperoleh asupan air sebelum mulai berolahraga. Minumlah setidaknya 3 gelas air putih, 1 hingga 2 jam sebelum Anda mulai berolahraga. Hal ini akan membantu memastikan tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga, dari awal hingga selesai. Berikut in [...]

Cara Mengecilkan Lengan

Cara Mengecilkan Lengan

Lengan yang besar seringkali membuat wanita tak percaya diri, apalagi untuk menggunakan baju tanpa lengan. Karena, tampilan lengan besar akan mengganggu penampilan. Siapa yang tak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, dengan berat badan dan tinggi yang proposional? Setiap wanita tentu menginginkannya. Tak heran, jika para wanita seringkali berusaha melakukan diet dan olahraga untuk menghilangkan timbunan lemak di berbagai bagian tubuh, termasuk lengan tangan. Namun, lemak yang menumpuk pada lengan tidak mudah untuk dihilangkan dengan cepat. Nah, berikut ini adalah tip yang dapat Anda lakukan untuk memiliki lengan yang ramping dan kencang: 1. Angkat beban (Weight Lifting) Angkat kedua tangan lurus ke atas dengan menggunakan barbel atau botol minuman 2 liter. Lalu turunkan tangan hingga sejajar dengan dada, lakukan gerakan tersebut berulang kali. Perlu diketahui, bahwa semakin lambat gerakan maka akan membuat lengan Anda semakin kencang. 2. Bertumpu di ujung kursi dengan kedua tangan (chair dips exercise)Chair dips, biasanya dilakukan untuk mengencangkan kembali lengan yang mulai kendur. Anda dapat memilih kursi atau tempat tidur dalam melakukan latihan ini. Letakkan kedua tangan [...]

5 Gerakan Membentuk Lengan Kencang

5 Gerakan Membentuk Lengan Kencang

Lengan kencang pastinya dambaan setiap orang. Selain enak dipandang, lengan yang bebas dari lemak juga merupakan pertanda Anda sudah tepat menjaga kesehatan. Untuk dapat membentuk lengan yang kencang, dibutuhkan latihan fisik yang meliputi latihan kekuatan dada, bahu, serta lengan dari berbagai sisi. Sisihkan waktu 10 menit untuk mendapatkan lengan kencang impian Anda dengan gerakan ini. Siapkan terlebih dulu dumbel berbobot 1.5 kg atau 2 kg, serta matras. 1. Jumping jack -Buka kaki selebar bahu - Ayunkan tangan ke atas kepala. -Lakukan 2 sesi dengan hitungan 10-12. -Istirahatkan tubuh selama 30 detik di antara kedua sesi. 2.Sit-up pullover -Berbaring telentang di atas matras dengan lutut ditekuk, telapak kaki sejajar dengan lantai dan lengan ditarik ke atas memegang dumbel -Tarik otot perut dan perlahan tekuk tubuh Anda, angkat kepala, bahu dan punggung menjauhi lantai, sambil mendorong lengan mendekati lutut - Tahan selama beberapa detik, kemudian lepas dan ulangi dari awal. Anda dapat pula menambahkan gerakan menekuk siku saat kepala, bahu serta punggung menjauhi lantai. Siku yang ditekuk akan mendekatkan dumbel ke dada Anda. Akhiri dengan meluruskan lengan sebelum kembali ke po [...]

Muay Thai, Bakar Lemak & Perkuat Mental

Muay Thai, Bakar Lemak & Perkuat Mental

Muay thai atau Thai boxing adalah olahraga bela diri dari Thailand yang berbeda dengan tinju biasa. Pasalnya, muay thaimenggunakan tangan dan kaki serta mengandalkan ketangkasan dan kecepatan.Apakah Anda tertarik mengikuti muay thai? Inilahbeberapa manfaat muay thai yang bisa Anda raih bila berlatih secara rutin: 1. Kondisi fisik yang prima Latihan fisik yang cenderung berat dalam muay thai membuat ketahanan fisik berkembang pesat dan tubuh pun memiliki proporsi yang ideal. Muay thai juga cepat membakar lemak, sehingga pas menjadi olahraga pilihan untuk menurunkan berat badan. Latihan rutinmuay thai juga membuang racun dalam tubuh, sehingga kulit lebih bercahaya. 2. Tahan banting Muay thai mengajarkan cara melindungi diri dan bela diri, sehingga membuat orang yang mengikuti muay thai akan memiliki mental yang kuat dan tahan banting. Kekuatan mental inilah yangmembuat orang yang mempraktikkan muay thai akan lebih percaya diri, waspada, dan disiplin. Selain itu, muay thai dapatmemberikan rasa damai dan kelegaan dari stres. 3. Bisa dilakukan wanita dan anak-anak Muay thai bisa dilakukan segala usia dan segala jenis kelamin. Khusus wanita dan anak-anak, ketenangan, ketegasan, dan keli [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *