Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

cara-memutihkan-kulit-secara-alami.jpg

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit.

Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam.

Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut.

Berikut cara memutihkan kulit secara alami :

1. Satu sendok makan sari mentimun yang dicampurkan dengan susu sapi, dapat memperbaiki tekstur alami kulit dan warna alami kulit. Campuran ini pun cocok untuk jenis kulit apapun.

2. Campurkan satu sendok makan jus lemon dan sari tomat untuk masker wajah, setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu. Bahan ini cocok bagi jenis kulit normal.

3. Sari buah sitrus, seperti jeruk atau sari tomat yang dicampur dengan dadih atau tahu susu sebanyak dua sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker. Campuran masker wajah ini dapat mengontrol kadar minyak pada kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Simak cara memutihkan kulit secara alami pada halaman selanjutnya.

4. Mentimun serut yang dioleskan ke kulit dan didiamkan selama 15 hingga 20 menit dapat memperbaiki warna kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan normal.

5. Lobak putih yang dipotong-potong ataupun dibuat masker wajah, dapat membantu memutihkan kulit tipe apa saja.

6. Campuran satu sendok makan yoghurt yang dicampur dengan madu untuk menjadi lulur kulit juga ampuh membuat warna kulit lebih cerah dan sehat.

Meski memang perubahan warna kulit takkan terlihat dalam waktu singkat, bahan-bahan alami tersebut dapat dipilih untuk perawatan kulit yang sehat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Putri Intan Primasari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak adalah hal yang gampang-gampang susah. Memiliki kulit berminyak tak selamanya merugikan. Minyak yang diproduksi tubuh membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di area wajah. Namun jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah guna membuat wajah Anda kembali segar. Berikut cara merawat wajah berminyak dari ahli kulit (dermatolog) : Gunakan pembersih wajah (cleanser) Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan yang terefektif dari cara merawat wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi. Jika pembersih wajah biasa tidak ampuh, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam dapat membantu memangkas minyak yang hadir. Gunakan air hangat saat melakukan proses pembersihan muka. Gunakan toner Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan jika kulit Anda cenderung berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu m [...]

4 Vitamin Terbaik untuk Kulit

4 Vitamin Terbaik untuk Kulit

Mengonsumsi vitamin terkadang merupakan suatu kebutuhan bagi beberapa orang. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi vitamin. Terlebih lagi bagi wanita yang sering sekali mengonsumsi beberapa vitamin untuk kulit. Umumnya para wanita menggunakan krim ataupun lotion yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dan membatasi terkena sinar matahari secara langsung. Nah, berikut ada beberapa vitamin yang baik unuk kesehatan kulit. Di antaranya sebagai berikut: 1.Vitamin DVitamin D merupakan jenis vitamin terbaik untuk kulit. Dan, manfaat utama dari vitamin D adalah terkait dengan penyerapan kalsium, tetapi efek positifnya tidak hanya sebatas pada kesehatan tulang saja. Vitamin D pun dipercaya dapat membantu mengobati penyakit psoriasis. Calcitriol adalah bentuk aktif dari vitamin D yang ditemukan di dalam tubuh seseorang. Dan, pada sebuah penelitian menunjukan bahwa penerapan calcitriol dapat mengurangi jumlah peradangan dan iritasi pada kulit. 2.Vitamin CVitamin C dipercaya dapat membantu perawatan pada kulit Anda. Hal tersebut dikarenakan dua hal, yaitu sifat antioksidan dan sitesis kolagen yang terdapat pada vitamin C. Jika Anda mengonsumsi vitamin C seca [...]

Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Kehamilan merupakan hal yang paling menyenangkan bagi seorang ibu. Dalam waktu sembilan bulan ke depan, Anda akan merasakan hal-hal yang menarik selama kehamilan. Akan tetapi, berbagai penyakitatau hal-hal yang tidak diinginkan bisa muncul mengganggu kehamilan Anda, salah satunya Stretchmark. Streatchmark atau guratan adalah garis-garis linear yang muncul pada kulit yang membesar (hamil/obesitas) yang membentuk garis-garis lurus pada kulit. Awalnya garis tersebut berwarna merah, merah muda, ungu atau kecoklatan dan semakin lama garis tersebut berwarna putih atau keabu-abuan. Guratan dengan nama medis Striae Distensae tersebut dapat menimbulkan gatal di area yang nantinya timbul garis-garis ini, yang biasanya muncul pada daerah ketiak, dada, perut, paha atau selangkangan. Stretchmark biasanya timbul pada kehamilan yang mengalami obesitas, dimana ibu hamil tidak dapat mengontrol nafsu makan selama kehamilannya. Kenaikan berat badan yang berlebihan dan cepat adalah salah satu faktor yang paling umum menyebabkan stretchmark. Stretchmark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah [...]

6 Cara Memutihkan Kulit

6 Cara Memutihkan Kulit

Cara memutihkan kulit banyak dicari oleh orang yang tinggal di daerah tropis.Kulit putih adalah impian hampir setiap wanita dan bahkan laki-laki. Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang mau merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kulit putih. Akan tetapi, di negara tropis seperti Indonesia ini sulit mewujudkan kulit putih. Pasalnya, cuaca dan sinar matahari yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi menghitam atau kecokelatan atau tidak merata. Banyak cara memutihkan kulit yang bisa Anda pilih. Mulai dari menggunakan krim pemutih hingga melakukan suntik putih. Tetapi, tak semua krim pemutih kulit aman bagi kulit Anda. Alih-alih ingin mendapatkan wajah putih, kulit Anda malah rusak. Tapi, tak usah khawatir sebab ada cara memutihkan kulit yang alami. Tentu saja, cara ini lebih aman dan terjangkau bukan? Yuk, coba! [...]

Inilah Makanan Yang Bikin Anda Awet Muda

Inilah Makanan Yang Bikin Anda Awet Muda

Setiap perempuan tentu ingin terlihat awet muda. Tanpa perlu bersentuhan dengan bahan kimia, Anda dapat mencegah banyak masalah kecantikan hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Beberapa jenis makanan tidak hanya dapat melakukan keajaiban untuk lingkar pinggang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang sangat nyata untuk penampilan. Misalnya, menghaluskan kulit, menyamarkan kerut sehingga Anda tampak lebih muda, membuat rambut berkilau dan memperkuat kuku Anda. "Pola makan Anda secara langsung memengaruhi penampilan apakah sesuai, lebih muda atau malah lebih tua dari usia Anda sebenarnya," kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan riset klinis Mt. Sinai Hospital New York City. Vitamin, mineral dan asam lemak yang ada di dalam makanan-makanan di bawah ini dapat berfungsi sebagai antioksidan penting untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh lingkungan yang merusak. Kopi Secangkir kopi Jawa di pagi hari, bukan hanya dapat menambah semangat tapi kandungan senyawa bioaktifnya juga bisa melindungi kulit dari melanoma (sejenis kanker kulit), demikian menurut Journal of the National Cancer Institute. Menurut para peneliti, mereka yang mi [...]

4 Cara Alami Cegah Selulit

4 Cara Alami Cegah Selulit

Selulit dimiliki hampir semua wanita pasti mengganggu penampilan. Padahal, selulit sebenarnya dapat dikurangi dan dibuat samar. Selulit adalah penumpukan lemak yang berada di bawah kulit yang muncul karena masalah hormon, gaya hidup tak sehat, dan faktor genetik. Bukan hanya orang yang gemuk yang biasanya memiliki selulit, sebab orang yang kurus pun bisa memiliki selulit di paha dan pantat. Apa saja cara alami untuk mencegah selulit muncul? 1. Cukup cairan Selain air putih, jus buah dan sayuran juga mengandung cairan yang bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi. Ingat, dehidrasi bisa membuat kulit lebih cepat berkeriput dan bergelambir. Selalu awali hari dengan meminum air, jika tidak terlalu menyukai air putih, ganti air dengan jus buah segar.2. Batasi konsumsi garam Garam dapat mengikat air dan lemak dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan akumulasi kadar lemak dalam tubuh.3. Pijat Pijatan akan menstimulasi pembuluh darah dan pembuluh limfe yang berada di bawah kulit, sehingga dapat melancarkan aliran darah dan menyebarkan distribusi penimbunan lemak di kulit. Maka, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar pada paha, bokong, dan area lain yang memiliki selulit.4. Banyaklah berger [...]

10 Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

10 Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah nampaknya pekerjaan yang sangat mudah dilakukan. Tinggal membasahi wajah, mengaplikasikan sabun pembersih, gosok-gosok, basuh. Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Anda bisa menyebabkan kerusakan bagi kulit seperti kulit kering iritasi, dan penuaan dini jika mencuci muka dilakukan dengan cara yang salah. Dr. Jeannette Graf, M.D ., asisten profesor dermatologi The Mount Sinai Medical Center memaparkan kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan banyak orang dan cara memperbaikinya. Simaklah pemaparannya di bawah ini. 1. Memakai produk yang salah Pembersih yang baik haruslah benar-benar dapat menghilangkan sebum kotor, make up, dan kotoran, tetapi tanpa mengganggu minyak alami atau sel-sel sehat kulit Anda. Tugas Anda menemukan satu produk yang sempurna, tidak terlalu lembut (sehingga Anda harus mencuci dua kali atau melakukan scrubbing dengan keras untuk membersihkan kulit secara menyeluruh) dan tidak terlalu keras (yang membuat kulit Anda merah dan iritasi). 2. Menggunakan tangan yang kotor. "Saya heran betapa banyaknya orang tidak memerhatikan hal ini," kata Dr.Graf. Mencuci muka dengan tangan kotor artinya menempelkan kotoran ke wajah. Cuci dulu tangan And [...]

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh yang berdampak langsung pada kelembapan kulit. Pasalnya, jumlah cairan yang dibatasi selama bulan Puasa serta cuaca panas dapat membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting.Nah, Anda bisa memastikan nutrisi yang diperlukan agar kulit tidak dehidrasi selama berpuasa bila mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat. Berikut nutrisi penting yang bisa membantu menjaga kulit dari dehidrasi selama berpuasa. [...]

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Sulam alis maupun sulam bibir yang merupakan make up permanen banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk mempercantik penampilan. Namun tanpa disadari ada efek samping dari sulam alis dan sulam bibir.Kelebihan make up permanen adalah menghemat waktu. Pasalnya, make up permanen tidak luntur sebab terus menempel dan tidak hilang akibat keringat maupun kotoran. Contoh make up permanen adalah menato atau membuat tato make up di area mata seperti eyeliner serta alis atau sulam alis dan sulam bibir yang mewarnai bibir. Cara mendapatkan make up permanen di wajah sama dengan menatokan tinta ke dalam tubuh. Yaitu menggunakan jarum yang menusuk lapisan atas kulit untuk menanamkan warna-warna pada kulit. Sebelumnya, kulit diberi bius lokal. Tato make up pun harus diulangi beberapa kali selama 3 bulan agar hasilnya sempurna. Tato make upcukup mirip medical restoration atau proses mengembalikan warna alami kulit pada bekas luka dan vitiligo. Tato make up pun sebaiknya dilakukan ahli dermatologi, aesthetician, perawat, dan ahli tato yang terpercaya. Lalu, apa saja efek samping sulam alis dan sulam bibir? Pada dasarnya, kulit berisiko alergi saat dimasuki zat asing. Efek samping sulam alis dan sula [...]

Tips Merawat Kulit Wajah Pria

Tips Merawat Kulit Wajah Pria

Kulit wajah prialebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah wanita. Ketebalan kulit wajah pria ini membuat wajah pria cenderung lebih sensitif pada pembersih dan pelembap wajah. Hal ini diperparah dengan kebiasaan pria yang tidak terlalu mempedulikan perawatan wajah, mengingat pria tidak menggunakan makeup seperti wanita. Bagi para pria yang memelihara kumis maupun janggut, perawatan ekstra tentu diperlukan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan wajah. 1.Sabun batangan atau pembersih cair untuk wajah pria Sabun batangan memiliki sifat yang mudah membuat kulit wajah mengering lebih cepat daripada pembersih cair. Jika kulit wajah terasa gatal atau kencang setelah dicuci dengan sabun batangan, cobalah untuk mengganti sabun dengan pembersih cair. Jika ingin tetap menggunakan sabun batangan, pilihlah jenis yang mengandung gliserin untuk melembapkan wajah. Cari jenis sabun yang juga memiliki tambahan minyak vitamin E, minyak zaitun atau minyak jojoba. Jika wajah berminyak, maka wajah pasti mudah berjerawat. Untuk masalah ini, pilihlah sabun yang mengandung asam salicylic, asam glikolik atau benzyl peroksida. Ketiganya merupakan jenis pengikis kulit terluar wajah y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *