Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

cara-memutihkan-kulit-secara-alami.jpg

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit.

Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam.

Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut.

Berikut cara memutihkan kulit secara alami :

1. Satu sendok makan sari mentimun yang dicampurkan dengan susu sapi, dapat memperbaiki tekstur alami kulit dan warna alami kulit. Campuran ini pun cocok untuk jenis kulit apapun.

2. Campurkan satu sendok makan jus lemon dan sari tomat untuk masker wajah, setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu. Bahan ini cocok bagi jenis kulit normal.

3. Sari buah sitrus, seperti jeruk atau sari tomat yang dicampur dengan dadih atau tahu susu sebanyak dua sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker. Campuran masker wajah ini dapat mengontrol kadar minyak pada kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Simak cara memutihkan kulit secara alami pada halaman selanjutnya.

4. Mentimun serut yang dioleskan ke kulit dan didiamkan selama 15 hingga 20 menit dapat memperbaiki warna kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan normal.

5. Lobak putih yang dipotong-potong ataupun dibuat masker wajah, dapat membantu memutihkan kulit tipe apa saja.

6. Campuran satu sendok makan yoghurt yang dicampur dengan madu untuk menjadi lulur kulit juga ampuh membuat warna kulit lebih cerah dan sehat.

Meski memang perubahan warna kulit takkan terlihat dalam waktu singkat, bahan-bahan alami tersebut dapat dipilih untuk perawatan kulit yang sehat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Putri Intan Primasari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wajah Berminyak, Ini Cara Perawatannya

Wajah Berminyak, Ini Cara Perawatannya

Wajah berminyak umumnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman, karena membuat wajah rentan berjerawat. Fungsi utama minyak pada wajah, sebenarnya adalah untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, saat produksi minyak terlalu berlebih, justru dapat menjadi bumerang bagi kulit wajah. Produksi minyak yang berlebih, akan mempermudah timbulnya peradangan pada wajah, sehingga akhirnya muncul jerawat. Banyak cara mengatasi kulit wajah berminyak, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran ataupun melakukan perawatan di dokter spesialis kulit. Namun, berikut ini adalah tujuh hal yang bisa Anda lakukan untuk perawatan wajah berminyak: 1.Pembersih wajah Dengan rajin membasuh wajah menggunakan pembersih khusus wajah di pagi dan malam hari, minyak pada wajah dapat dapat lebih terkontrol produksinya. Selalu kenakan pembersih wajah berbahan lembut, karena sabun muka dengan kandungan bahan kimia yang berat dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak. Cucilah wajah dengan tangan, jangan menggunakan spons pencuci wajah yang dapat membuat wajah semakin berminyak. Dalam memilih produk pembersih wajah, pastikan terdapat kandungan asam seperti benzoyl peroksida, salicylic acid, asam [...]

Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

Bersihkan Komedo Tanpa Sakit

Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak.Komedo biasanya muncul di wajah dan hidung, terutama pemilik kulit berminyak. Selain itu, komedo juga disebabkan stres, perubahan hormon, genetik, kulit yang tidak bersih, penggunaan kosmetik, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein.Anda bisa bersihkan komedo tanpa sakit dengan berbagai cara alami. Berikut cara alami menghilangkan komedo : 1. Tomat Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area wajah yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. 2. Lemon Peras lemon dan ambil sarinya, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat. 3. Pasta gigi Oleskan sedikit saja pasta gigi pada area berkomedo, gosok perlahan dengan gerakan melingkar, diamkan selama 25 menit dan cuci wajah secara perlahan dengan air han [...]

Breast Augmentation

Breast Augmentation

Tahukah Anda jika payudara wanita mampu mengalami pengurangan massa? Proses penuaan, pemberian asupan ASI, hingga faktor genetika adalah alasan mengapa massa payudara wanita berkurang. Akibat alasan inilah mengapa proses bedah plastik payudara (breast augmentation) atau pemasangan implan payudara, semakin digemari saat ini. ?Breast Augmentation merupakan bentuk pembedahan yang dilakukan untuk mengisi kekurangan massa payudara. Hal ini murni untuk kepentingan estetika,? ujar dr.Vera Ikasari, SpBP*, selaku dokter bedah plastik RS. Puri Indah, Jakarta saat ditemui tim meetdoctor.com. Breast Augmentation (BA) dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu pemasangan silikon gel/padat dan proses fat grafting. Silikon yang digunakan pada BA terdiri atas silikon tekstur dan non tekstur. Beda halnya dengan pemasangan silikon, proses fat grafting dilakukan murni berdasarkan pengambilan pada lemak bagian tubuh lainnya untuk digunakan sebagai massa buatan pada payudara. Pemberian silikon gel dan fat grafting tergolong proses yang aman. Pada beberapa kasus, hasil dari fat grating cenderung akan lebih tidak memuaskan pasien, dibanding silikon gel yang mampu bertahan seumur hidup. Lemak fat graftin [...]

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan alami untuk pemutih kulit ? Sulit untuk dipungkiri, kulit mulus bersih nan putih diam-diam selalu menjadi dambaan setiap wanita. Tentunya kita tidak bisa mengubah warna alami kulit anugerah Tuhan, namun ada beberapa cara aman untuk membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah dengan bahan-bahan sehari-hari yang pastinya bebas bahan kimia. Cobalah beberapa tindakan berikut untuk mencerahkan area-area kulit yang berwarna lebih gelap seperti lengan, ketiak, tempurung lutut, siku, bahkan hingga area di atas bibir. 1. Selalu gunakan krim pelindung matahari, kemanapun, saat apapun. Walaupun cuaca tampak mendung, tetap kenakan sunblock yang mempunyai kandungan SPF minimal 20. Matahari selalu ada dan dapat merusak kulit dan menimbulkan lebih banyak area hitam pada kulit. 2. Minum banyak air untuk memberikan kulit cukup air dan membuat kulit tampak lebih sehat. Area gelap pun akan berangsur-angsur pulih. Minum air putih merupakan salah satu hal penting dalam pemutih kulit. 3. Gunakan sabun pepaya organik yang mampu memutihkan kulit dengan alami. Hati-hati, sabun yang satu ini punya sifat mengeringkan kulit hingga diperlukan pemakaian lotion setelah menggunakannya. 4. Perbanyak m [...]

Memahami Risiko Dan Cara Aman Memilih Produk Pemutih Kulit

Memahami Risiko Dan Cara Aman Memilih Produk Pemutih Kulit

Produk pemutih kulit atau kadang disebut bleaching cream, bekerja dengan cara mengurangi kadar pigmen atau melanin di dalam kulit. Selain untuk mencerahkan warna kulit, banyak orang memakai produk pemutih untuk menyamarkan noda atau bekas luka dan jerawat. Terlepas dari kegunaannya, Anda harus tahu bahwa beberapa produk pemutih punya efek samping merugikan.Cari tahu kandungan apa yang terdapat di dalam produk favorit Anda dan cari tahu adakah efek sampingnya agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Apa yang menentukan warna kulit? Warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel khusus yang disebut melanosit. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak melanin dibanding yang berkulit terang.Berapa banyak melanin di dalam kulit Anda ditentukan oleh faktor genetik. Paparan sinar matahari, hormon, kerusakan kulit, dan paparan bahan kimia tertentu juga dapat memengaruhi produksi melanin. Perubahan warna kulit seringkali bisa sembuh dengan sendirinya. Misalnya, kulit menjadi lebih gelap karena paparan langsung sinar matahari yang akan kembali ke warna asli seiring waktu. Namun, ada juga noda yang sifatnya permanen seperti bintik k [...]

Tips Merawat wajah

Tips Merawat wajah

Berbeda jenis kulit, berbeda pula tips merawat wajah yang harus dilakukan. Paling tidak dengan mengetahui keadaan kulit, Anda dapat melakukan pemeliharaan yang benar bagi kulit. Sebelum memulai perawatan kulit wajah Anda, ada baiknya Anda mengenal tipe kulit terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tips Bagi Si Pemilik Kulit Kombinasi Kebanyakan orang memiliki jenis kulit yang kering dibagian pipi dan didaerah T-Zone (kening, hidung, dan dagu) yang cenderung berminyak, bila Anda menghadapi kulit kering nan berminyak maka bisa dipastikan Anda memiliki kulit kombinasi. Produk perawatan yang tepat dapat mengatasi kulit kering serta menjaga keseimbangan pH (Potential of Hydrogen). Menggunakan pembersih wajah yang ringan untuk menjaga Sebum pada kulit,lotion berbahan tabir surya yang berspektrum luas (broad-spectrum sunscreen) bisa menjadi pilihan Anda. Tips Bagi Si Wajah Kulit Kering Wajah yang terlihat kusam serta Anda mendapati kulit halus terkelupas akibat kekurangan cairan /pelembab, itulah ciri-ciri dari tipe kulit kering. Membersihkan wajah Anda dua kali sehari menggunakan pembersih wajah yang lembut (gentle cleanser) dan pembersih wajah yang mengandung krim deng [...]

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Vitamin C memiliki banyak peranan penting untuk tubuh kita yang berfungsi untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin C atau yang biasa dikenal dengan asam askorbat mempunyai tugas penting dalam pembentukan kolagen yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi. Tapi disamping itu vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari dalam, namun juga bermanfaat bagi kulit. Manfaat vitamin ini untuk kulit sebenarnya bukanlah sebuah penemuan baru. Sudah berabad-abad, kaum wanita selalu menemukan cara untuk menikmati khasiat vitamin C bagi kulit. Vitamin C mengandung antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit untuk membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan juga usia. Tak hanya itu, vitamin ini memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.Selain itu, vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C untuk kulit : 1. Membuat kulit terlihat sehat serta bercahaya. 2. Membantu menjaga kolagen yang ada di kulit untuk menunda penuaan dini pada kulit muka. 3. Meningkatkan proteksi perm [...]

Merawat Kulit Kering Lewat Puasa

Merawat Kulit Kering Lewat Puasa

Kulit kering bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah karena lingkungan dan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Nah, puasa adalah saat nya bagi tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi alami. Tidak hanya membersihkan pencernaan, detoksifikasi dan pembersihan tubuh ini juga mengikutsertakan pengembalian kelembapan alami dan kemurnian kulit. Saat tubuh menjalani puasa dan berhenti mencerna makanan selama beberapa lama, tubuh menjadi terfokus menjalani proses pemurnian tubuh yang lain yang selama ini terabaikan, atau menjadi lebih lambat. Kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri pun semakin diperbaiki, terutama pada kulit yang terdapat bekas luka maupun jerawat. Kondisi kulit yang cenderung kering dapat membaik karena puasa. Kulit yang kering dan berminyak rentan mengalami jerawat maupun kondisi kulit seperti eczema. Kedua kondisi kulit ini dapat diperbaiki dengan berpuasa. Selain itu, puasa juga dapat membantu Anda mengatasi kecanduan tertentu pada alkohol, kafein maupun nikotin yang terkandung dalam rokok dan menjadi pemicu timbulnya jerawat. Saat pertama kali berpuasa, tantangan yang akan dihadapi adalah sindrom withdrawal yang menimbulkan gejala seperti s [...]

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Ingin mendapatkan kulit wajah yang halus dan kenyal? Suntik kolagen mungkin bisa jadi solusinya. Suntikan kolagen akan membuat kulit Anda lebih halus dan juga lembut. Meskipun kolagen termasuk filler yang terkenal, namun ada banyak zat lain yang dokter dapat digunakan untuk memadatkan kulit Anda, termasuk lemak dari tubuh Anda sendiri dan bahan sintetis. Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan yang lebih rinci mengenai bagaimana cara kerja kolagen. Cara kerja kolagen Untuk memahami kolagen, terlebih dahulu Anda harus memahami kulit Anda. Kulit terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis, dan jaringan subkutan (hipodermis). Lapisan atas-paling, yang dikenal sebagai epidermis, mengontrol hilangnya air dari sel-sel dan jaringan. Tanpa pelindung ini, tubuh akan cepat mengalami dehidrasi. Tepat di bawah epidermis terletak lapisan kedua, dermis. Dermis, meskipun mengandung pembuluh darah, saraf, dan folikel rambut, terutama terdiri dari protein yang disebut "kolagen." Protein ini membentuk jaringan serat yang menyediakan kerangka kerja bagi pertumbuhan sel dan pembuluh darah. Karena merupakan komponen utama dari dermis, kolagen bertindak sebagai struktur dukungan untuk kulit. Hipode [...]

Serba-Serbi Jerawat

Serba-Serbi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan bisa dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang sedang berada pada masa pra-remaja maupun remaja. Beberapa orang bahkan bisa mengalami jerawat yang berlangsung hingga dewasa. Jerawat merupakan bentuk radang yang terjadi pada kelenjar dekat kulit yang terletak di sebelah folikel rambut. Kelenjar ini disebut sebagai kelenjar sebaceous, mengeluarkan minyak yang disebut sebum. Sebum yang diproduksi ini merupakan hal yang normal, namun biasanya pada wajah berjerawat, kelenjar ini berukuran lebih besar dan menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Minyak yang berlebihan ini dapat membuat bakteri dan sel-sel kulit terperangkap, terutama bakteri P. acnes yang akan semakin subur di kondisi berminyak ini, dan menyebabkan jerawat. Penyebab timbulnya jerawat Dengan mengenali penyebab timbulnya jerawat yang berbeda-beda pada masing individu, masalah jerawat dapat diatasi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat adalah faktor keturunan dan faktor lingkungan sekitar. Lingkungan di sekitar tubuh dan gaya hidup yang diikuti dapat menyebabkan tingginya risiko terjadinya jerawat. Hati-hatilah dengan obat-obatan yang dikonsumsi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *