Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

cara-memutihkan-kulit-secara-alami.jpg

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit.

Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam.

Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut.

Berikut cara memutihkan kulit secara alami :

1. Satu sendok makan sari mentimun yang dicampurkan dengan susu sapi, dapat memperbaiki tekstur alami kulit dan warna alami kulit. Campuran ini pun cocok untuk jenis kulit apapun.

2. Campurkan satu sendok makan jus lemon dan sari tomat untuk masker wajah, setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu. Bahan ini cocok bagi jenis kulit normal.

3. Sari buah sitrus, seperti jeruk atau sari tomat yang dicampur dengan dadih atau tahu susu sebanyak dua sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker. Campuran masker wajah ini dapat mengontrol kadar minyak pada kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Simak cara memutihkan kulit secara alami pada halaman selanjutnya.

4. Mentimun serut yang dioleskan ke kulit dan didiamkan selama 15 hingga 20 menit dapat memperbaiki warna kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan normal.

5. Lobak putih yang dipotong-potong ataupun dibuat masker wajah, dapat membantu memutihkan kulit tipe apa saja.

6. Campuran satu sendok makan yoghurt yang dicampur dengan madu untuk menjadi lulur kulit juga ampuh membuat warna kulit lebih cerah dan sehat.

Meski memang perubahan warna kulit takkan terlihat dalam waktu singkat, bahan-bahan alami tersebut dapat dipilih untuk perawatan kulit yang sehat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Putri Intan Primasari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Memutihkan Kulit, Apa Kiatnya?

Cara Memutihkan Kulit, Apa Kiatnya?

Cara memutihkan kulit yang benar banyak dicari wanita karena kulit putih dan bersinar menjadi idaman bagi kebanyakan wanita. Namun bagaimana caranya, agar Anda tetap memiliki kulit sehat, putih dan bersinar sementara hidup di kota metropolitan dengan polusi yang ada dimana-mana, seperti asap rokok, knalpot kendaraan dan teriknya sinar matahari? Anda tidak perlu khawatir, beberapa cara memutihkan kulit di bawah ini bisa Anda praktekkan di rumah : 1. Hindari terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung dan terus menerus sangat berbahaya pada kulit dan efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kulit. Jika Anda harus beraktivitas di bawah sinar matahari gunakanlah krim tabir surya (20 SPF +) yang dapat melindungi kulit Anda. 2. Minum banyak air putih secara teratur. Hal ini akan membantu kulit Anda terhindar dari dehidrasi dan akan membuat kulit tetap sehat. 3. Gunakan sabun organik pepaya. Sabun pepaya yang digunakan sesering mungkin dapat membantu memutihkan atau mencerahkan kulit secara alami. Gunakan sabun, lalu diamkan selama tiga menit, kemudian baru dibilas. Setelah itu, disarankan untuk menggunakan lotion tubuh agar kulit tidak kering. H [...]

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Jerawat mungkin sudah hilang dan tidak berisi lagi, namun masalah baru muncul. Bekas luka kehitaman yang sangat mencolok membuat wajah tidak mulus dan mengganggu penampilan. Mungkin, bekas luka ini muncul karena tangan Anda yang usil memencet jerawat saat masih timbul. Namun, pada kenyataannya, tanpa memencet jerawat pun jerawat masih dapat menimbulkan bekas luka karena adanya kerusakan kolagen akibat radang dalam kulit. Pertama-tama, kenali dahulu seperti apakah itu luka bekas jerawat. Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut: 1. Atrophic, bekas jerawat bopeng yang agak dangkal 2. Bentuk boxcar, bekas jerawat bopeng yang lebih dalam dan menggulung. 3. Bentuk ice-pick, bekas jerawat yang tampak seperti bolongan kecil di atas nya namun ternyata dalam. Warna kulit juga memainkan peran dalam keseriusan bekas luka. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap mungkin akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah akan cenderung mengalami kemerahan atau erythma pada bekas luka. Bekas luka jerawat akan bertambah parah jika ter-ekspos atau mengalami hal-hal berikut: 1. Terkena paparan sinar matahari Sinar matahari [...]

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Timbulnya garis halus atau kerutan di sekitar mulut merupakan kondisi yang disebut sebagai nasolabial folds. Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di sekitar mulut ini akan tampak semakin jelas. Penyebabnya adalah karena adanya ligamen di sekitar mulut dan dagu yang menggelambir dan melonggar, membuat jaringan lemak di pipi mulai kehilangan kekencangannya. Kerutan di sekitar mulut ini biasanya terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua atau saudara yang lebih tua mengalaminya, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama, begitu menurut Elie Levine, MD, ahli bedah plastik New York. Hilangnya kolagen dan elastin meninggalkan kulit dengan garis-garis pada kulit, yang juga muncul di sekitar mulut. Penyebab lainnya adalah kebiasaan merokok, peningkatan berat badan dan paparan sinar matahari secara terus-menerus. Memasuki usia 30 tahunan dan 40 tahunan, cegah munculnya kerutan di sekitar bibir dengan melakukan perawatan hyaluronic acid yang berlangsung selama 12 hingga 18 bulan. Perawatan ini dapat membantu menunda munculnya kerutan di sekitar bibir. Perawatan jenis filler ini membantu mendorong dan menopang lipatan sehingga tidak membentuk kerutan di wajah, teruta [...]

Jerawat, Ini Mitos dan Faktanya

Jerawat, Ini Mitos dan Faktanya

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman, karena sangat mengganggu penampilan Anda. Jerawat sebenarnya dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Nah, minyak yang pada dasarnya berfungsi untuk melembapkan kulit tersebut, justru akan menyebabkan sumbatan, bila produksinya berlebihan dan akhirnya terbentuklah pimple (pembengkakan kecil pada kulit yang biasanya berisi nanah) atau komedo. Selain itu, jerawat juga dapat terjadi karena faktor hormonal. Namun, ada beberapa pendapat yang mengatakan, jika makan makanan yang berminyak dapat menimbulkan jerawat. Apakah hal itu hanya mitos atau memang fakta? Berikut ini beberapa mitos dan fakta tentang jerawat. Mitos #1: Malas membersihkan wajah, penyebab jerawat Ini memang ada benarnya, pasalnya jerawat muncul karena kulit kotor. Namun, Anda hanya perlu mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat atau pembersih muka. Beberapa orang justru cenderung lebih sering mencuci muka, untuk menghindari jerawat. Padahal, hal tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi, kulit menjadi trauma dan akan terlihat semakin buruk. Selain itu, pastikan juga Anda mencuci [...]

Makanan Sehat, Cegah Jerawat

Makanan Sehat, Cegah Jerawat

Sederhananya, jerawat muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit, atau keratinisasi. Regenerasi sel kulit yang tidak sempurna, menyebabkan sel kulit ?mempertahankan diri? dengan mengunci kelejar minyak dan pori-pori, juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein dibawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat. Para pakar menyebutkan, ada begitu banyak cara untuk meningkatkan pembaharuan sel-sel kulit, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan memang hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%, sisanya adalah hormon, stress, pola tidur, lingkungan dan bagaimana cara seseorang merawat diri. Dalam hal ini, makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang rendah lemak, yang tidak diproses lebih dulu (mentah), kaya akan buah-buahan, sayuran dan menghindari makanan atau minuman berbahan dasar susu, daging-dagingan, coklat, kentang goreng dan junk food lainnya. Intinya, makanan yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat pada tubuh Anda Vitamin A Untuk [...]

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Kerutan di wajah adalah hal yang tak dapat dihindari. Pasalnya, ini adalah salah satu tanda penuaan. Meski tanda penuaan ini tak dapat dihindari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan menyamarkan kerutan di wajah. Setiap orang sepertinya memiliki keinginan untuk tetap tampak muda. Sayangnya, seiring bertambanya usia, keriput dan kerutan di wajah tak dapat dihindari kemunculannya. Namun, beberapa tip dan cara berikut, bisa mengurangi keriput yang mulai muncul di wajah Anda. 1. Mengurangi keriput dapat dilakukan dengan menghindari paparan sinar matahari.Pasalnya, panas sinar matahari berpengaruh besar pada kemunculan keriput di wajah. Jika harus melakukan kegiatan di luar ruangan, gunakan topi untuk menghindari kulit wajah dari sengatan sinar matahari langsung. Selain itu, gunakan krim anti matahari dengan SPF yang tinggi dapat membantu melindungi kulit tidak hanya dari keriput, namun juga dari kanker kulit. 2. Hentikan kebiasaan buruk merokok. Dari semua penelitian tentang rokok, terbukti rokok memiliki efek buruk terhadap kesehatan kulit. Rokok dan kandungannya melepaskan enzim di dalam tubuh yang menghancurkan kolagen serta elastin, komponen penting yang menja [...]

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan alami untuk pemutih kulit ? Sulit untuk dipungkiri, kulit mulus bersih nan putih diam-diam selalu menjadi dambaan setiap wanita. Tentunya kita tidak bisa mengubah warna alami kulit anugerah Tuhan, namun ada beberapa cara aman untuk membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah dengan bahan-bahan sehari-hari yang pastinya bebas bahan kimia. Cobalah beberapa tindakan berikut untuk mencerahkan area-area kulit yang berwarna lebih gelap seperti lengan, ketiak, tempurung lutut, siku, bahkan hingga area di atas bibir. 1. Selalu gunakan krim pelindung matahari, kemanapun, saat apapun. Walaupun cuaca tampak mendung, tetap kenakan sunblock yang mempunyai kandungan SPF minimal 20. Matahari selalu ada dan dapat merusak kulit dan menimbulkan lebih banyak area hitam pada kulit. 2. Minum banyak air untuk memberikan kulit cukup air dan membuat kulit tampak lebih sehat. Area gelap pun akan berangsur-angsur pulih. Minum air putih merupakan salah satu hal penting dalam pemutih kulit. 3. Gunakan sabun pepaya organik yang mampu memutihkan kulit dengan alami. Hati-hati, sabun yang satu ini punya sifat mengeringkan kulit hingga diperlukan pemakaian lotion setelah menggunakannya. 4. Perbanyak m [...]

10 Efek Samping Kosmetik Yang Tidak Anda Sadari

10 Efek Samping Kosmetik Yang Tidak Anda Sadari

Hampir setiap hari kita bersentuhan dengan kosmetik. Bisa dibilang, kosmetik, terutama bagi wanita, sudah menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Karena permintaan yang tinggi, hampir semua usaha kecantikan terutama para produsen make up, tidak pernah sepi peminat. Di balik manfaatnya yang bisa mempercantik wajah Anda, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda waspadai dari penggunaan kosmetik. Beberapa bahan yang dipakai di dalam pembuatan kosmetik berpotensi membahayakan kesehatan, dan efek-efek yang mungkin terjadi tersebut antara lain: 1.Adanya ketergantungan secara psikis terhadap kosmetik yang digunakan Beberapa wanita, bahkan juga pria, merasa tidak mampu keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain tanpa adanya polesan dan sentuhan makeup. 2.Jika dipakai terlalu lama dapat menimbulkan berbagai keluhan Beberapa keluhan yang mungkin muncul adalah rasa pusing, lelah dan mual setelah lama terpapar makeup. Karena itu selalu bersihkan makeup sampai benar-benar terhapus dari wajah. Hindari juga memakai make up dalam waktu yang terlalu lama dan sebaiknya tidak terlalu tebal. 3.Penggunaan kosmetik rambut dapat merusak rambut Penggunaan pewarna dan gel rambut, bahkan serum, [...]

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh yang berdampak langsung pada kelembapan kulit. Pasalnya, jumlah cairan yang dibatasi selama bulan Puasa serta cuaca panas dapat membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting.Nah, Anda bisa memastikan nutrisi yang diperlukan agar kulit tidak dehidrasi selama berpuasa bila mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat. Berikut nutrisi penting yang bisa membantu menjaga kulit dari dehidrasi selama berpuasa. [...]

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Suntik Kolagen, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Ingin mendapatkan kulit wajah yang halus dan kenyal? Suntik kolagen mungkin bisa jadi solusinya. Suntikan kolagen akan membuat kulit Anda lebih halus dan juga lembut. Meskipun kolagen termasuk filler yang terkenal, namun ada banyak zat lain yang dokter dapat digunakan untuk memadatkan kulit Anda, termasuk lemak dari tubuh Anda sendiri dan bahan sintetis. Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan yang lebih rinci mengenai bagaimana cara kerja kolagen. Cara kerja kolagen Untuk memahami kolagen, terlebih dahulu Anda harus memahami kulit Anda. Kulit terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis, dan jaringan subkutan (hipodermis). Lapisan atas-paling, yang dikenal sebagai epidermis, mengontrol hilangnya air dari sel-sel dan jaringan. Tanpa pelindung ini, tubuh akan cepat mengalami dehidrasi. Tepat di bawah epidermis terletak lapisan kedua, dermis. Dermis, meskipun mengandung pembuluh darah, saraf, dan folikel rambut, terutama terdiri dari protein yang disebut "kolagen." Protein ini membentuk jaringan serat yang menyediakan kerangka kerja bagi pertumbuhan sel dan pembuluh darah. Karena merupakan komponen utama dari dermis, kolagen bertindak sebagai struktur dukungan untuk kulit. Hipode [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *