Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

cara-memutihkan-kulit-secara-alami.jpg

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit.

Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam.

Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut.

Berikut cara memutihkan kulit secara alami :

1. Satu sendok makan sari mentimun yang dicampurkan dengan susu sapi, dapat memperbaiki tekstur alami kulit dan warna alami kulit. Campuran ini pun cocok untuk jenis kulit apapun.

2. Campurkan satu sendok makan jus lemon dan sari tomat untuk masker wajah, setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu. Bahan ini cocok bagi jenis kulit normal.

3. Sari buah sitrus, seperti jeruk atau sari tomat yang dicampur dengan dadih atau tahu susu sebanyak dua sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker. Campuran masker wajah ini dapat mengontrol kadar minyak pada kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Simak cara memutihkan kulit secara alami pada halaman selanjutnya.

4. Mentimun serut yang dioleskan ke kulit dan didiamkan selama 15 hingga 20 menit dapat memperbaiki warna kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan normal.

5. Lobak putih yang dipotong-potong ataupun dibuat masker wajah, dapat membantu memutihkan kulit tipe apa saja.

6. Campuran satu sendok makan yoghurt yang dicampur dengan madu untuk menjadi lulur kulit juga ampuh membuat warna kulit lebih cerah dan sehat.

Meski memang perubahan warna kulit takkan terlihat dalam waktu singkat, bahan-bahan alami tersebut dapat dipilih untuk perawatan kulit yang sehat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Putri Intan Primasari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Memiliki Kuku Sehat dan Cantik

Tips Memiliki Kuku Sehat dan Cantik

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang tak pernah luput dari perhatian, apalagi bagi wanita kuku adalah salah satu faktor penting yang dapat menunjang penampilan. Karena itulah tak heran perawatan kuku di salon pun diminati kaum perempuan. Biasanya mereka melakukan perawatan kuku berupa menipedi atau pun hanya sekadar melapisi kuku dengan kuteks. Selama ini kita menganggap kuku yang cantik adalah kuku yang berhias kuteks. Padahal agar kuku terlihat cantik, tidak harus berkuteks. Ada yang jauh lebih penting dari itu. Kesehatan kuku haruslah menjadi perhatian utama. Indikasi kuku yang sehat adalah kuku terlihat bersih dan tidak kusam. Penggunaan kuteks yang terlalu sering dan menghapusnya dengan menggunakan aseton secara berlebihan, akan membuat kuku Anda kehilangan kecantikannya karena warna putihnya berubah menjadi kuning. Selain dapat menunjang penampilan, kuku juga dapat mencerminkan kesehatan tubuh kita lho. Kuku yang kuning juga bisa jadi menandakan adanya indikasi penyakit tertentu. Oleh karena itu, perawatan kuku sangatlah penting. Tak hanya bagaimana cara mendapatkan kuku cantik, tetapi juga kuku yang sehat. Nah, berikut adalah caranya: 1.Menjaga kuku agar tetap bersih dan [...]

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Sulam alis maupun sulam bibir yang merupakan make up permanen banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk mempercantik penampilan. Namun tanpa disadari ada efek samping dari sulam alis dan sulam bibir.Kelebihan make up permanen adalah menghemat waktu. Pasalnya, make up permanen tidak luntur sebab terus menempel dan tidak hilang akibat keringat maupun kotoran. Contoh make up permanen adalah menato atau membuat tato make up di area mata seperti eyeliner serta alis atau sulam alis dan sulam bibir yang mewarnai bibir. Cara mendapatkan make up permanen di wajah sama dengan menatokan tinta ke dalam tubuh. Yaitu menggunakan jarum yang menusuk lapisan atas kulit untuk menanamkan warna-warna pada kulit. Sebelumnya, kulit diberi bius lokal. Tato make up pun harus diulangi beberapa kali selama 3 bulan agar hasilnya sempurna. Tato make upcukup mirip medical restoration atau proses mengembalikan warna alami kulit pada bekas luka dan vitiligo. Tato make up pun sebaiknya dilakukan ahli dermatologi, aesthetician, perawat, dan ahli tato yang terpercaya. Lalu, apa saja efek samping sulam alis dan sulam bibir? Pada dasarnya, kulit berisiko alergi saat dimasuki zat asing. Efek samping sulam alis dan sula [...]

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang membandel ? Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang,karena selain mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri, jerawat juga seringkali menimbulkan gatal dan nyeri, bahkan meradang. Penyebab timbulnya jerawat adalah karena adanya perubahan hormon menjelang menstruasi, pemakaian produk kosmetik yang menutupi kulit wajah atau wajah kotor yang terkena udara lembap, sehingga menyebabkan kulit dipenuhi oleh sel kulit mati. Tak hanya itu, jerawat juga timbul, karena pola makan yang tidak sehat dan jenis makanan yang dikonsumsi pun kurang mengandung vitamin A dan vitamin E. Beberapa cara menghilangkan jerawat Bagaimana agar jerawat membandel dapat segera menyingkir dari wajah? Ada beberapa cara yang sudah banyak diketahui orang, tetapi belum pasti cara-cara tersebut merupakan cara menghilangkan jerawat yang benar dan memenuhi kaidah kesehatan. Mengetahui cara yang benar dalam mengatasi jerawat merupakan hal penting agar masalah jerawat dapat diatasi dan tidak menjadi lebih parah atau menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Simak cara menghilangkan jerawat yang benar berikut ini : [...]

3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Putih

3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Putih

Memiliki kulit putih bersih bak artis-artis Korea menjadi impian banyak wanita. Mengikuti selera pasar, berbagai teknologi untuk membuat kulit cokelat menjadi putih pun bermunculan dan terus mengalami perkembangan seiring zaman. Kini, mengubah warna kulit tidak lagi sulit, cukup dengan melakukan suntik putih. Meski sudah banyak efek negatif dari suntikan ini, masih saja banyak wanita yang tergoda dengan iming-iming kulit putih ini. Agar tidak jadi korban tren, sebaiknya Anda tahu lebih jelas tiga hal ini sebelum Anda melakukan suntik putih. Kandungan suntik putih Di dalam suntikan putih, terdapat kandungan glutathione, antioksidan alami yang memiliki fungsi asli sebagai pemblokir dari obat-obatan chemotherapeutic untuk melawan berbagai jenis kanker. Selain glutathione, suntikan pemutih juga mengandung vitamin C serta berbagai jenis mineral lainnya yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, untuk melengkapi prosedur pemutihan kulit, suntikan saja tidak cukup, diperlukan tambahan perawatan dalam bentuk pil, terapi laser dan pemakaian krim pemutih. Cara kerja suntik putih Suntikan pemutih ini bekerja dengan cara memecah produksi melanin di dalam tubuh. Produksi melanin yang dihalangi ini [...]

Apa Itu Penyakit Lyme?

Apa Itu Penyakit Lyme?

Penyakit lyme yang menjadi dikenal luas setelah penyanyi AvrilLavigne membagikan kisahnya, ternyata merupakan jenis infeksi bakteri yang menyebar ke manusia melalui kutu yang sudah terinfeksi. Kutu, seperti yang telah diketahui, berkembang biak dengan mengonsumsi darah makhluk hidup lainnya, termasuk juga manusia. Akibatnya, di dalam tubuh kutu, terkadang dapat ditemui bakteri pembawa penyakit lyme yaitu bakteri borreliaburgdorferi. Kutu dapat menempel di kulit manusia tanpa disadari karena gigitannya yang tidak terasa sakit. Saat kutu menempel dan mengisap darah selama lebih dari 24 jam, maka kesempatan terkena lyme akan semakin besar. Semakin cepat terdeteksi dan ditangani, maka semakin cepat penyakit lyme dapat disembuhkan. Jika terlambat diobati, maka penderitanya dapat mengalami gejala yang terus berulangkali terjadi, meski sudah dilakukan pengobatan. Awal dari deteksi penyakit lyme dapat dilihat dari adanya ruam yang muncul di kulit dengan bentuk khas melingkar seperti papan sasaran panah yang memerah dengan pinggiran yang sedikit bengkak, tepatnya di area di mana kutu menggigit. Ruam ini dapat muncul dalam waktu 3 sampai 30 hari setelah digigit kutu yang membawa bakteri peny [...]

Cara Merawat Kulit Tetap Sehat

Cara Merawat Kulit Tetap Sehat

Kesehatan kulit tergantung pada bagaimana cara merawat kulit. Tak hanya wanita, para pria pun menginginkan kulit wajah mulus dan sehat, serta terhindar dari berbagai permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, komedo, keriput, penuaan dini dan lainnya. Faktor usia disebut-sebut menjadi penyebab perubahan kulit wajah, seperti hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah, perubahan warna kulit, timbulnya garis-garis halus, bintik-bintik coklat, kulit kendur serta keriput membuat wajah Anda terlihat kusam dan tidak terlihat segar. Sebenarnya, selain faktor usia sebenarnya ada berbagai penyebab yang membuat kulit wajah menjadi tak sehat, seperti polusi, paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya (UV), diet tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak, serta kurang istirahat. Namun, Anda tak perlu khawatir karena lima cara alami berikut ini, bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. 1.Jus lemon Jus lemon dapat membantu meremajakan kulit Anda, serta mengurangi bintik-bintik coklat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas [...]

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Ketiak hitam adalah masalah yang dialami oleh hampir setiap wanita. Penyebab ketiak hitam di antara lain adalah pengaruh bahan kimia tertentu seperti deodoran, seringnya bercukur, penumpukan sel kulit mati, serta gesekan dengan pakaian maupun kulit di area tubuh lain. Selain mengurangi penggunaan deodoran, cara menghilangkan kulit ketiak yang hitam adalah perawatan kulit yang tepat adalah: Waxing Pencabutan bulu dengan cara waxing adalah cara menghilangkan ketiak hitam. Waxing akan mengangkat rambut-rambut kehitaman yang membuat ketiak tampak gelap dan mengangkat sel kulit mati. Sementara menghilangkan rambut halus di ketiak dengan cukuran justru dapat merusak kulit ketiak. Exfoliating Melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati atau exfoliating secara teratur bisa membuang pigmen kulit ketiak yang kehitaman. Cara menghilangkan ketiak hitam adalah menggunakan spons yang kasar saat mandi dan pembersih yang mengandung lactic acid atau salicylic yang membantu memaksimalkan pembersihan kulit ketiak. Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan ketiak hitam secara alami seperti berikut ini! [...]

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak adalah hal yang gampang-gampang susah. Memiliki kulit berminyak tak selamanya merugikan. Minyak yang diproduksi tubuh membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di area wajah. Namun jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah guna membuat wajah Anda kembali segar. Berikut cara merawat wajah berminyak dari ahli kulit (dermatolog) : Gunakan pembersih wajah (cleanser) Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan yang terefektif dari cara merawat wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi. Jika pembersih wajah biasa tidak ampuh, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam dapat membantu memangkas minyak yang hadir. Gunakan air hangat saat melakukan proses pembersihan muka. Gunakan toner Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan jika kulit Anda cenderung berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu m [...]

Penyebab Rambut Rusak

Penyebab Rambut Rusak

Apa saja penyebab rambut rusak ? Melakukan perawatan pada rambut justru seringkali membawa bencana. Proses blow setelah creambath atau perawatan rambut lainnya, yang dilakukan berulang kali justru membawa permasalahan baru seperti rambut rapuh dan patah. Kelebihan zat kimia dan penggunaan hairdrayer dapat menyebabkan rambut rusak dan bercabang. Panas yang berlebihan dari penggunaan hairdrayer dapat merusak lapisan pelindung terluar rambut (kutikula). Beberapa hal berikut adalah penyebab rambut rusak yang perlu Anda waspadai : Terlalu sering mencuci rambut Penggunaan sampo dengan kandungan yang terlalu keras Penggunaan hairdryer, alat catok dan pengeriting rambut secara berlebihan Terkena paparan sinar matahari, angin, dan udara kering Penggunaan pewarna rambut Zat klorin pada kolam renang Kekurangan gizi Penggunaan obat-obat tertentu. Namun jangan takut, kerusakan rambut dapat dicegah dengan melakukan hal berikut : Hindari mencuci rambut setiap hari Gunakan sampo khusus rambut kering/rusak Hindari penggunaan hairdryer, alat catok, dan pengeriting rambut Gunakan topi atau payung saat udara terik Gunakan topi renang saat berada di kolam renang berklorin Hindari pengeringan dengan [...]

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering maupun pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca, kebiasaan menjilat bibir secara berlebihan, dan obat-obatan tertentu. Pada dasarnya, bibir kering merupakan suatu hal yang umum terjadi pada seseorang. Namun hati-hati, bibir kering bisa berkembang menjadi cheilitis. Nah, cheilitis dapat disebabkan oleh infeksi, dan ditandai dengan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah pada bagian sudutnya. Beberapa gejala umum dari bibir pecah-pecah adalah sebagai berikut: ? Kekeringan ? Mengelupas ? Luka ? Pembengkakan ? Retak ? Keluar darah (berdarah) Lalu apa yang menyebabkan terjadinya bibir kering atau pecah? Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada umumnya, sehingga bagian tubuh ini, lebih mudah menjadi kering dan mengalami pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk bibir yang pecah, baik itu karena faktor cuaca maupun perawatan bibir yang salah. Kebiasaan menjilat bibir berlebihan juga dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga bibir menjad lebih kering. Faktor risiko dari bibir kering dan pecah Bibir kering tidak memandang usia dan jenis kelamin, jadi bibir kering atau pecah-pecah dapat dialami oleh siapapun terutama bagi mer [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *