Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

cara-memutihkan-kulit-secara-alami.jpg

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit.

Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam.

Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut.

Berikut cara memutihkan kulit secara alami :

1. Satu sendok makan sari mentimun yang dicampurkan dengan susu sapi, dapat memperbaiki tekstur alami kulit dan warna alami kulit. Campuran ini pun cocok untuk jenis kulit apapun.

2. Campurkan satu sendok makan jus lemon dan sari tomat untuk masker wajah, setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu. Bahan ini cocok bagi jenis kulit normal.

3. Sari buah sitrus, seperti jeruk atau sari tomat yang dicampur dengan dadih atau tahu susu sebanyak dua sendok makan. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker. Campuran masker wajah ini dapat mengontrol kadar minyak pada kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Simak cara memutihkan kulit secara alami pada halaman selanjutnya.

4. Mentimun serut yang dioleskan ke kulit dan didiamkan selama 15 hingga 20 menit dapat memperbaiki warna kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan normal.

5. Lobak putih yang dipotong-potong ataupun dibuat masker wajah, dapat membantu memutihkan kulit tipe apa saja.

6. Campuran satu sendok makan yoghurt yang dicampur dengan madu untuk menjadi lulur kulit juga ampuh membuat warna kulit lebih cerah dan sehat.

Meski memang perubahan warna kulit takkan terlihat dalam waktu singkat, bahan-bahan alami tersebut dapat dipilih untuk perawatan kulit yang sehat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Putri Intan Primasari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Itu Penyakit Lyme?

Apa Itu Penyakit Lyme?

Penyakit lyme yang menjadi dikenal luas setelah penyanyi AvrilLavigne membagikan kisahnya, ternyata merupakan jenis infeksi bakteri yang menyebar ke manusia melalui kutu yang sudah terinfeksi. Kutu, seperti yang telah diketahui, berkembang biak dengan mengonsumsi darah makhluk hidup lainnya, termasuk juga manusia. Akibatnya, di dalam tubuh kutu, terkadang dapat ditemui bakteri pembawa penyakit lyme yaitu bakteri borreliaburgdorferi. Kutu dapat menempel di kulit manusia tanpa disadari karena gigitannya yang tidak terasa sakit. Saat kutu menempel dan mengisap darah selama lebih dari 24 jam, maka kesempatan terkena lyme akan semakin besar. Semakin cepat terdeteksi dan ditangani, maka semakin cepat penyakit lyme dapat disembuhkan. Jika terlambat diobati, maka penderitanya dapat mengalami gejala yang terus berulangkali terjadi, meski sudah dilakukan pengobatan. Awal dari deteksi penyakit lyme dapat dilihat dari adanya ruam yang muncul di kulit dengan bentuk khas melingkar seperti papan sasaran panah yang memerah dengan pinggiran yang sedikit bengkak, tepatnya di area di mana kutu menggigit. Ruam ini dapat muncul dalam waktu 3 sampai 30 hari setelah digigit kutu yang membawa bakteri peny [...]

Memahami Risiko Dan Cara Aman Memilih Produk Pemutih Kulit

Memahami Risiko Dan Cara Aman Memilih Produk Pemutih Kulit

Produk pemutih kulit atau kadang disebut bleaching cream, bekerja dengan cara mengurangi kadar pigmen atau melanin di dalam kulit. Selain untuk mencerahkan warna kulit, banyak orang memakai produk pemutih untuk menyamarkan noda atau bekas luka dan jerawat. Terlepas dari kegunaannya, Anda harus tahu bahwa beberapa produk pemutih punya efek samping merugikan.Cari tahu kandungan apa yang terdapat di dalam produk favorit Anda dan cari tahu adakah efek sampingnya agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Apa yang menentukan warna kulit? Warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel khusus yang disebut melanosit. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak melanin dibanding yang berkulit terang.Berapa banyak melanin di dalam kulit Anda ditentukan oleh faktor genetik. Paparan sinar matahari, hormon, kerusakan kulit, dan paparan bahan kimia tertentu juga dapat memengaruhi produksi melanin. Perubahan warna kulit seringkali bisa sembuh dengan sendirinya. Misalnya, kulit menjadi lebih gelap karena paparan langsung sinar matahari yang akan kembali ke warna asli seiring waktu. Namun, ada juga noda yang sifatnya permanen seperti bintik k [...]

Cara Menghilangkan Keloid

Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah kelainan pada kulit yang ditandai jaringan parut dan terjadi pasca operasi, tindik, tato, atau mengalami luka gores. Bentuk keloid biasanya menonjol di sekitar luka yang sudah sembuh serta melebihi batas luka tersebut.Keloid dapat muncul pada luka apa pun dan lebih berisiko jika luka mengalami infeksi. Keloid biasanya muncul dalam waktu 3 bulan - 1 tahun setelah kerusakan kulit. Penyebab keloid adalah masalah pada sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka (kolagen), gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan.Ciri-ciri keloid adalah bekas luka yang kenyal, lalu melunak, gatal, sakit, dan seperti terbakar. Warna keloid akan berubah dari kemerahan menjadi kecokelatan atau pucat. Perlahan tapi pasti, keloid akan melebar hingga berhenti. Nah,meski ukuran keloid dapat mengecil seiring waktu, namun keloid jarang hilang sepenuhnya. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan keloidberikut ini. [...]

10 Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

10 Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah nampaknya pekerjaan yang sangat mudah dilakukan. Tinggal membasahi wajah, mengaplikasikan sabun pembersih, gosok-gosok, basuh. Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Anda bisa menyebabkan kerusakan bagi kulit seperti kulit kering iritasi, dan penuaan dini jika mencuci muka dilakukan dengan cara yang salah. Dr. Jeannette Graf, M.D ., asisten profesor dermatologi The Mount Sinai Medical Center memaparkan kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan banyak orang dan cara memperbaikinya. Simaklah pemaparannya di bawah ini. 1. Memakai produk yang salah Pembersih yang baik haruslah benar-benar dapat menghilangkan sebum kotor, make up, dan kotoran, tetapi tanpa mengganggu minyak alami atau sel-sel sehat kulit Anda. Tugas Anda menemukan satu produk yang sempurna, tidak terlalu lembut (sehingga Anda harus mencuci dua kali atau melakukan scrubbing dengan keras untuk membersihkan kulit secara menyeluruh) dan tidak terlalu keras (yang membuat kulit Anda merah dan iritasi). 2. Menggunakan tangan yang kotor. "Saya heran betapa banyaknya orang tidak memerhatikan hal ini," kata Dr.Graf. Mencuci muka dengan tangan kotor artinya menempelkan kotoran ke wajah. Cuci dulu tangan And [...]

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Banyak Cara Menumpas Jerawat

Bila ditanya hal apa yang paling ditakuti para wanita, mungkin salah satu jawaban terbanyak adalah jerawat, selain kegemukan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu ini. Sebenarnya cara yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Untuk jerawat yang membandel, baru bisa Anda lakukan tindakan yang lebih serius yaitu dengan cara terapi. Perubahan Gaya Hidup Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bebas jerawat. Apa saja? Tidur Lebih Banyak Menurut penelitian salah satu cara mengatasi jerawat adalah dengan tidur lebih banyak. Kenapa? Karena setiap kali anda mengurangi satu jam dari kebutuhan tidur Anda, maka Anda akan meningkatkan risiko dari stres psikologikal sebanyak 14%. Pastinya Anda bingung apa hubungannya stres psikologikal dengan cara mengatasi jerawat? Jawabannya mudah yaitu stres akan meningkatkan produksi glukokortikoid yang bisa menyebabkan abnormalitas pada struktur kulit dan fungsi kulit, dan hal itu bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Gantilah Diet Anda Cara mengatasi jerawat lainnya adalah dengan mengganti diet Anda. Beberapa m [...]

Sedot Lemak Liposuction

Sedot Lemak Liposuction

Apa sih sedot lemak atau liposuction itu? Menghilangkan lemak berlebihan pada tubuh, naturnya memang hanya dilakukan melalui diet, olahraga dan pola hidup yang sehat. Namun seiring berkembangnya teknologi, manusia menemukan cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebut saja liposuction atau biasa dikenal dengan sedot lemak. Sedot lemak merupakan suatu tindakan pembedahan yang dilakukan dengan cara menyedot lemak pada bagian tubuh tertentu, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Dokter spesialis bedah plastik, RS. Pondok Indah, Jakarta, dr. Teuku Fitrian Sp.BP* atau yang akrab disapa dr. Tompi menuturkan, tujuan dari sedot lemak bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan hanya digunakan untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah. Pasien yang akan menjalani prosedur liposuction harus memiliki kondisi kesehatan yang optimal sebelum melakukan operasi. Sebelum melakukan sedot lemak pasien diharuskan menghindari rokok dan alkohol serta tidak menggunakan obat pengencer darah. Pasien dengan penyakit penyerta seperti diabetes, jantung atau ginjal pada dasarnya bisa saja melakukan operasi sedot lemak atau liposuction ini, selama hasil pemeriksaan medis pasien berada dala [...]

AC Merusak Kulit, Benarkah?

AC Merusak Kulit, Benarkah?

AC adalah alat yang digunakan sebagai penyejuk ruangan yang merupakan singkatan dari air conditioner (AC) ini bisa ditemukan hampir di semua rumah, perkantoran, hingga tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Apalagi Indonesia memiliki iklim tropis sehingga cuaca terasa panas dan lembap. Kulit secara alami memiliki kemampuan untuk melembapkan diri sehingga mencegah kekeringan pada kulit. Di mana air di permukaan kulit akan diserap secara perlahan-lahan. Di saat yang sama, kelenjar keringat dan kelenjar minyak memberikan perlindungan ekstra berupa kelembapan. Hal ini terjadi pada saat suhu 30 ? 32 derajat Celsius. Perubahan suhu pada AC akan memengaruhi kulit, terutama pada suhu 21 ? 26 derajat Celsius. Mekanisme suhu tubuh yang normal pun mengalami gangguan sehingga produksi keringat alami di tubuh (kecuali ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki) mengalami penurunan. Minyak alami pada kulit pun akan berkurang sehingga kulit menjadi kering dan dehidrasi. AC juga bisa memperparah masalah kulit seperti eczema maupun psoriasis. Pasalnya, kemampuan kulit untuk menahan dan menyimpan air menjadi tidak maksimal. Udara AC juga membuat seseorang rentan mengalami penuaan dini seperti keripu [...]

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak adalah hal yang gampang-gampang susah. Memiliki kulit berminyak tak selamanya merugikan. Minyak yang diproduksi tubuh membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di area wajah. Namun jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah guna membuat wajah Anda kembali segar. Berikut cara merawat wajah berminyak dari ahli kulit (dermatolog) : Gunakan pembersih wajah (cleanser) Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan yang terefektif dari cara merawat wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi. Jika pembersih wajah biasa tidak ampuh, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam dapat membantu memangkas minyak yang hadir. Gunakan air hangat saat melakukan proses pembersihan muka. Gunakan toner Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan jika kulit Anda cenderung berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu m [...]

Cara Merawat Punggung

Cara Merawat Punggung

Meski berada di bagian belakang, bukan berarti bagian tubuh yang satu ini pantas untuk diabaikan dan disembunyikan. Keindahan dan perawatan punggung juga harus diperhatikan. Punggung indah dan sehat tentunya akan membuat Anda semakin segar dan percaya diri, terutama saat mengenakan pakaian dengan model backless. Kesulitan untuk membersihkan bagian punggung saat mandi adalah salah satu alasan mengapa jerawat pun kerap kali muncul di area punggung. Penumpukan keringat, kulit lembab, berminyak dan kotor juga menjadi penyebab punggung berjerawat dan membuat tampilan punggung menjadi tidak indah dan sehat. Merawat dan menjaga kesehatan punggung tidaklah serumit yang dibayangkan. Beberapa cara berikut dapat Anda lakukan guna mendapatkan punggung yang indah, diantaranya : Gunakan baju ganti atau handuk kecil Keringat berlebihan pada punggung yang tertutup pakaian, akan semakin memicu timbulnya jerawat pada punggung Anda. Jika keringat datang, segera keringkan keringat Anda dengan handuk kecil, dan gantilah pakaian Anda sebelum semakin banyak kuman yang bertengger di area punggung. Gunakan jeruk nipis Si kecil ini ternyata memiliki efek yang baik bagi kulit, termasuk untuk punggun [...]

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Ketiak hitam adalah masalah yang dialami oleh hampir setiap wanita. Penyebab ketiak hitam di antara lain adalah pengaruh bahan kimia tertentu seperti deodoran, seringnya bercukur, penumpukan sel kulit mati, serta gesekan dengan pakaian maupun kulit di area tubuh lain. Selain mengurangi penggunaan deodoran, cara menghilangkan kulit ketiak yang hitam adalah perawatan kulit yang tepat adalah: Waxing Pencabutan bulu dengan cara waxing adalah cara menghilangkan ketiak hitam. Waxing akan mengangkat rambut-rambut kehitaman yang membuat ketiak tampak gelap dan mengangkat sel kulit mati. Sementara menghilangkan rambut halus di ketiak dengan cukuran justru dapat merusak kulit ketiak. Exfoliating Melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati atau exfoliating secara teratur bisa membuang pigmen kulit ketiak yang kehitaman. Cara menghilangkan ketiak hitam adalah menggunakan spons yang kasar saat mandi dan pembersih yang mengandung lactic acid atau salicylic yang membantu memaksimalkan pembersihan kulit ketiak. Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan ketiak hitam secara alami seperti berikut ini! [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *