Cara Mengatasi Kebotakan Rambut

solusi-mengatasi-obat-cara-kebotakan.jpg

Di akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an, 50% pria akan mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup mengkhawatirkan dan berakhir pada kebotakan di usia 50 tahun.

Berdasarkan pengaruh ras terhadap angka kejadian dan keparahan, bangsa Asia menduduki posisi 2 terbesar. Jadi, masalah kebotakan pada pria Asia tidak dapat dianggap remeh.

Kebotakan menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Untuk mengatasi kebotakan itu sendiri diperlukan penelusuran terlebih dahulu hal apa yang menjadi pemicu kebotakan itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak paparan berikut ini.

Penyebab Kebotakan: Faktor Genetik

Sembilan puluh lima persen kebotakan pada pria disebabkan oleh pengaruh genetik (keturunan) dan hormon, dan dalam dunia medis disebut dengan Alopesia androgenika (male pattern baldness). Rambut kita tumbuh dan tertanam pada kulit kepala di dalam sebuah kantung yang disebut folikel rambut. Pada alopesia androgenika, faktor keturunan dan hormon akan membuat folikel rambut semakin mengecil dan menghasilkan rambut yang lebih halus dan berwarna lebih muda. Pada akhirnya, folikel rambut tersebut tidak akan lagi membentuk rambut sehingga tidak ada lagi rambut yang tumbuh.

Kerontokan rambut akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang. Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar.

Lalu bagaimana mengatasi kebotakan?

Solusi Kebotakan

Jika mereka yang mengalami kebotakan merasa nyaman dengan penampilan mereka maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan. Obat-obat ini bekerja dengan menghambat kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut baru dengan merangsang folikel rambut. Fungsi ini dapat diperoleh dengan menggunakan obat Minoxidil.

Sedangkan untuk mengatasi pengaruh hormon pada kebotakan dapat digunakan obat Finasteride. Sayangnya, jika penggunaan salah satu dari kedua obat ini dihentikan maka kerontokan rambut akan terjadi kembali, bahkan terkadang kerontokan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pakai High Heels Bisa Sebabkan Kaki Datar?

Pakai High Heels Bisa Sebabkan Kaki Datar?

Walau dapat membuat penampilan lebih bergaya dan seksi, sepatu hak tinggi seringkali menjadi penyebab masalah pada kaki. Menurut penelitian terbaru, high heels bisa sebabkan perubahan bentuk telapak kaki.Para ilmuwan mengatakan bahwa high heels bisa menjadi pemicu rasa sakit dan nyeri pada kaki. Kondisi tersebut dapat bertambah parah jika mengenakan sepatu berhak tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama.Menurut sebuah penelitian dari University of East Anglia, hal itu dapat terjadi karena tendon kaki melemah akibat protein alami dalam tubuh. Sang peneliti Dr. Graham Riley, mengatakan bahwa high heels tidak hanya dapat menimbulkan rasa sakit, tetapi juga berpotensi membuat bentuk telapak kaki menjadi rata (flat feet).Riley menjelaskan bahwa high heels tidak mendukung kaki dengan baik. Pemakaian sepatu bertumit tinggi dalam jangka lama memicu perubahan bentuk telapak kaki. Tekanan yang timbul bisa membuat cekungan telapak kaki menjadi datar.Kaki datar, atau telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan flat feet, mengacu pada suatu kondisi medis dimana lengkungan kaki menjadi rata atau datar. Sehingga seluruh bagian telapak kaki menempel pada tanah. Kondisi ini membuat kaki [...]

Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Banyak orang yang mulai mengurangi makan danging, perbanyak minum air mineral dan rajin berolahraga demi mendapatkan hiup sehat. Namun ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu kurangi kebiasaan berbohong.Seorang peneliti Notre Dame yang juga berprofesi sebagai psikiater, Anita Kelly beranggapan bahwa tingkat kejujuran seseorang memiliki manfaat besar bagi kesehatannya. Kesimpulan itu diambil berdasarkan penelitian yang pernah ia lakukan sebelumnya.Penelitian yang diberi nama 'Science of Honesty' menemukan fakta bahwa rata-rata orang Amerika melakukan 11 kebohongan dalam seminggu. Dan hal itu membuat mereka memiliki beberapa gangguan kesehatan.Untuk membuktikannya, Kelly pun melakukan penelitian kepada 110 orang dari berbagai kalangan yang usianya berkisar antara 18 sampai 71 tahun. Peserta di bagi kedalam dua kelompok besar, kolompok pertama diberi ketentuan untuk tidak berbohong selama 10 minggu. Sedangkan kolompok kedua tidak diberi instruksi apapun.Kemudian responden tersebut datang ke laboratorium setiap minggunya untuk mengisi lembar kuisioner berisi tentang kesehatan mereka. Kuesioner itu merupakan tes polygraph. Tes yang merekam respon seseorang ketika diberi pertany [...]

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.? Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata. ''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder. Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikut [...]

10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Namun laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur menjadi 'kotor'.Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Namun bila jumlahnya berlebihan, bisa membahayakan untuk kesehatan, seperti menyebabkan kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.Agar hal buruk tak terjadi pada Anda dan keluarga, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan pestisida dari sayur dan buah yang benar. Seperti yang dikutip dari Hubpages, berikut 10 cara tersebut.1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Perusahaan raksasa teknologi dunia, Google, kerap menciptakan produk berteknologi tinggi. Kini Google sedang merancang teknologi untuk para penderita diabetes yang dapat mengontrol asupan gula sehari-hari. Teknologi tersebut berupa smart softlens yang akan mengadur kadar gula penggunanya."Kami sekarang sedang menguji lensa kotak yang dirancang untuk mengukur kadar glukosa dalam air mata," tutur project co-founders, Brian Otis dan Babak Parviz seperti dilansir dari New York Daily News.Lensa kontak yang masih dalam tahap uji klinis itu menggunakan chip nirkabel kecil dan sensor yang tertanam di antara dua lapisan tipis dari softlens. Chip dan sensor memiliki bentuk yang sangat kecil seperti bentuk gliter warna hitam. Sensor tersebut yang akan mengatur kadar gula darah Anda. Namun pihak perancang mengatakan bahwa softlens ini masih dikerjakan dan sedang dibicarakan dengan US Food dan Drug Administration. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa sensor yang terdapat dalam softlens akan memperingatkan pemakainya mengenai kadar gula darah mereka sudah melalui batas atau belum. Menurut pihak Google, International Diabetes Federation menyatakan bahwa masih sulit memerangi penyakit diabete [...]

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Semenjak ditemukannya MSG (Monosodium Glutamate) pada tahun 1908 oleh Profesor Kikunae Ikeda di Jepang, zat kimia ini menjadi semakin sering digunakan sebagai penyedap makanan. Penggunaannya juga semakin meningkat setiap tahunnya. MSG sebenarnya aman apabila tidak dikonsumsi berlebihan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menimbulkan efek samping jangka pendek (keracunan MSG) maupun jangka panjang. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari makanan yang mengandung MSG. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melihat label kandungan yang terdapat dalam kemasan makanan. Sayangnya, banyak makanan yang mengandung MSG namun tidak mencantumkannya dalam kemasan. Halaman berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG:?4 Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG: Gelatin Calcium Caseinate Hydrolyzed Vegetable Protein (HVP) Textured Protein Monopotassium glutamate Hydrolyzed Plant Protein (HPP) Yeast Extract Glutamate Autolyzed Plant Protein Yeast food Glutamic Acid Sodium Caseinate Autolyzed Yeast Berhati-hatilah dalam memilih makanan, selalu lihat kand [...]

Pil Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Pil Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Mengonsumsi minyak ikan pada saat ibu hamil dipercaya bisa bantu perkembangan otak anak di kandungan. Namun sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika anak berusia enam tahun.Hasil penelitian terbaru ini bantu menjelaskan penelitian sebelumnya, yang melibatkan ibu hamil dengan kebiasaan mengonsumsi pil minyak ikan dan yang tidak. Penelitian di Norwegia tersebut juga tidak menemukan perbedaan tingkat IQ pada anak berusia tujuh tahun. Asam lemak, seperti asam docosahexaenoic (DHA), yang ditemukan dalam ikan dan makanan lain dianggap penting bagi janin. Oleh karena itu, para peneliti meminta ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan, minyak ikan plus suplemen folat, folat saja dan pil yang tidak mengandung suplemen, pada penelitian terbaru ini.Lalu setelah tujuh tahun kemudian, tim peneliti yang dipimpin Dr Cristina Campoy dari Universitas Granada di Spanyol memberikan tes kecerdasan pada 154 anak-anak yang lahir dari ibu-ibu peserta penelitian. Hasilnya, seperti yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, asam lemak seperti DHA tetap penting, namun tidak memberikan perbedaan dalam tin [...]

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat haid bisa mengindikasikan kehamilan,namun masih ada penyebab-penyebab lain selain hamil yang bisa membuat terlambat datang bulan, umumnya adalah faktor hormon. Ketidakteraturan haid bisa merupakan kondisi yang normal bila terjadi pada periode awal mendapat menstruasi atau ketika memasuki periode menopause. Perempuan umumnya mulai menstruasi pada usia 10-15 tahun. Karena baru pertama kali menstruasi, hormon perlu beradaptasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua tahun. Demikian halnya ketika baru menopause pada kisaran usia 45-55 tahun. woman honding negative pregnancy test Normalnya, perempuan mendapat haid tiap 21-35 hari. Bila Anda tidak mengalami menstruasi pada rentang waktu tersebut, perhatikan beberapa faktor berikut yang mungkin menjadi penyebabnya. Berat badan tidak normal. Penurunan berat badan secara berlebihan atau berat badan yang rendah dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu pula keadaan berat badan terlalu rendah ataupun obesitas. Berat badan dapat dikatakan normal bila indeks masa tubuh (body mass index/BMI) berada di angka 18,5-24,9. BMI didapat dari perhitungan berat badan (kg) tiaptinggi dikuadr [...]

5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan

5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat bermudik, salah satu bahaya kesehatan yang mungkin terjadi adalah keracunan makanan. Korban keracunan makanan harus segera mendapatkan pertolongan medis. Pada jalur pemudik, pemerintah biasanya menyediakan posko-posko kesehatan yang memberikan pelayanan 24 jam untuk menangani masalah kesehatan yang terjadi pada para pemudik. Namun, sebelum penderita keracunan makanan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, ada beberapa pertolongan pertama yang dapat kita lakukan: Bila penderita keracunan makanan banyak muntah dan diare, berikan cairan pengganti yang cukup seperti air putih, oralit atau campuran air putih-gula 2 sendok teh-garam � sendok teh atau air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih. Bila tidak ada tablet karbon aktif, bisa mengkonsumsi susu untuk mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah sehingga racun keluar dan tidak beredar dalam tubuh. Namun , jika penderita mengalami diare, sebaiknya tidak diberikan susu. Bila penderita kerac [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *