Cara Mengatasi Kebotakan Rambut

solusi-mengatasi-obat-cara-kebotakan.jpg

Di akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an, 50% pria akan mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup mengkhawatirkan dan berakhir pada kebotakan di usia 50 tahun.

Berdasarkan pengaruh ras terhadap angka kejadian dan keparahan, bangsa Asia menduduki posisi 2 terbesar. Jadi, masalah kebotakan pada pria Asia tidak dapat dianggap remeh.

Kebotakan menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Untuk mengatasi kebotakan itu sendiri diperlukan penelusuran terlebih dahulu hal apa yang menjadi pemicu kebotakan itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak paparan berikut ini.

Penyebab Kebotakan: Faktor Genetik

Sembilan puluh lima persen kebotakan pada pria disebabkan oleh pengaruh genetik (keturunan) dan hormon, dan dalam dunia medis disebut dengan Alopesia androgenika (male pattern baldness). Rambut kita tumbuh dan tertanam pada kulit kepala di dalam sebuah kantung yang disebut folikel rambut. Pada alopesia androgenika, faktor keturunan dan hormon akan membuat folikel rambut semakin mengecil dan menghasilkan rambut yang lebih halus dan berwarna lebih muda. Pada akhirnya, folikel rambut tersebut tidak akan lagi membentuk rambut sehingga tidak ada lagi rambut yang tumbuh.

Kerontokan rambut akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang. Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar.

Lalu bagaimana mengatasi kebotakan?

Solusi Kebotakan

Jika mereka yang mengalami kebotakan merasa nyaman dengan penampilan mereka maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan. Obat-obat ini bekerja dengan menghambat kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut baru dengan merangsang folikel rambut. Fungsi ini dapat diperoleh dengan menggunakan obat Minoxidil.

Sedangkan untuk mengatasi pengaruh hormon pada kebotakan dapat digunakan obat Finasteride. Sayangnya, jika penggunaan salah satu dari kedua obat ini dihentikan maka kerontokan rambut akan terjadi kembali, bahkan terkadang kerontokan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha Jika Anda sedang menjalani perawatan orthodontik (kawat gigi/behel), rajin berkumur dengan teh hijau sepertinya dapat membantu Anda terhindar dari peradangan gusi. Suatu penelitian yang dipublikasikan pada seminar ilmiah KPPIKG 2013 baru-baru ini membuktikan bahwa berkumur dengan teh hijau dapat menurunkan kadar aspartat aminotransferase (AST) pada pasien orthodontik. AST adalah suatu enzim yang dapat ditemukan di sel darah merah, hati, jantung, jaringan otot dan ginjal. Dahulu AST dikenal sebagai SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase). Jika terjadi peradangan pada jaringan tubuh, kadar AST yang dilepas akan meningkat. Peradangan pada jaringan periodontal (penyangga gigi meliputi gusi dan tulang) dapat terjadi pada pasien orthodontik. Hal ini umumnya terjadi karena adanya bracket (behel) pada gigi menyulitkan pembersihan gigi, sehingga plak (kotoran gigi) menumpuk dan menyebabkan gusi meradang. Selain itu, pergerakan gigi geligi yang dipasangkan kawat pada pasien orthodontik juga dapat menyebabkan peradangan pada jaringan periodontal. Peradangan pada jaringan penyangga gigi pasien orthodontik dapat dievaluasi dengan memeriksa kadar AST pada cairan [...]

Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Banyak orang yang mulai mengurangi makan danging, perbanyak minum air mineral dan rajin berolahraga demi mendapatkan hiup sehat. Namun ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu kurangi kebiasaan berbohong.Seorang peneliti Notre Dame yang juga berprofesi sebagai psikiater, Anita Kelly beranggapan bahwa tingkat kejujuran seseorang memiliki manfaat besar bagi kesehatannya. Kesimpulan itu diambil berdasarkan penelitian yang pernah ia lakukan sebelumnya.Penelitian yang diberi nama 'Science of Honesty' menemukan fakta bahwa rata-rata orang Amerika melakukan 11 kebohongan dalam seminggu. Dan hal itu membuat mereka memiliki beberapa gangguan kesehatan.Untuk membuktikannya, Kelly pun melakukan penelitian kepada 110 orang dari berbagai kalangan yang usianya berkisar antara 18 sampai 71 tahun. Peserta di bagi kedalam dua kelompok besar, kolompok pertama diberi ketentuan untuk tidak berbohong selama 10 minggu. Sedangkan kolompok kedua tidak diberi instruksi apapun.Kemudian responden tersebut datang ke laboratorium setiap minggunya untuk mengisi lembar kuisioner berisi tentang kesehatan mereka. Kuesioner itu merupakan tes polygraph. Tes yang merekam respon seseorang ketika diberi pertany [...]

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Kabar bahagia bagi Anda yang ingin selalu tampak muda. Para peneliti dari Durham University mengklaim telah menemukan obat yang bisa memperlambat penuaan, dengan kata lain, obat awet muda.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, para peneliti tersebut percaya bahwa obat yang telah mereka temukan itu dapat membuat orang tetap sehat walau dalam usia senja. Obat ini juga diklaim dapat atasi kondisi kelainan pada anak yang tumbuh tua sebelum waktunya.Ketua peneliti, Chris Hutchison mengatakan, "Temuan ini merupakan tahap awal, tetapi mereka menunjukkan adanya potensi untuk membantu orang agar hidup nyaman dan terhindar dari penyakit ketika mereka berusia 70 atau 80 hingga seterusnya."Hutchison juga menggunakan obat ini untuk memperlambat penuaan sel-sel pada anak-anak yang mengalami Progeria Progresif -- sebuah kelainan genetik yang menyebabkan anak-anak tua sebelum waktunya. Anak-anak dengan progeria, juga dikenal sebagai progeria Gilford Hutchinson-sindrom (HGPS), biasanya tampak normal saat lahir.Pada 12 bulan setelah kelahiran, gejala seperti perubahan kulit dan rambut rontok, mulai muncul. Harapan hidup rata-rata untuk seorang anak dengan progeria adalah 13 tahun, tetapi beberapa [...]

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari huffingtonpost, terdapat beberapa perawatan kecantikan yang bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Misalnya, infeksi jamur, selulitis --penyebaran infeksi bakteri ke dalam kulit dan jaringan di bawah kulit-- bahkan risiko terkena kanker. Sebelum Anda panik, ketahui dulu lima perawatan yang berbahaya dan cara menghindarinya.1. Ear Candle atau Terapi Lilin untuk TelingaPenumpukan kotoran di telinga yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Itu sebabnya telinga harus rutin dibersihkan. Salah satunya dengan ear candle, yang dianggap bisa membersihkan dan dipercaya bisa meningkatkan pendengaran.Sayangnya, para ahli justru memberi peringatan bahwa ear candle bisa berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti luka bakar, perforasi atau lubang pada gendang telinga dan penyumbatan di saluran telinga.Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan agar tidak lagi melakukan ear candle untuk membersihkan telinga. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cairan peroksida [...]

Awas! Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut Berbahaya!

Awas! Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut Berbahaya!

Gaya hidup di zaman modern membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kehidupan modern juga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan tulang rahang. Semakin kesini, sepertinya tulang rahang semakin menyempit, dengan semakin banyaknya orang dengan gigi berjejal dibandingkan orang yang hidup pada zaman primitif. Gigi menjadi berjejal atau tumbuh tumpang tindih di luar lengkung rahang yang normal, jika tulang rahang tidak tumbuh dengan benar. Penyebab yang paling umum adalah kebiasaan buruk, seperti mengisap jari atau bernafas melalui mulut sejak usia dini. Bernafas melalui mulut dapat disebabkan karena adanya hambatan jalan nafas, misalnya karena adanya pembesaran tonsil akibat alergi. Mekanisme pernapasan yang normal dilakukan dengan mulut tertutup, meliputi udara yang masuk melalui hidung dan mengalir melalui saluran pernapasan menuju paru-paru. Sementara itu, bernapas melalui mulut umumnya dilakukan dengan mulut terbuka, yang akan membuat pertumbuhan wajah lebih ke arah vertikal. Wajah terlihat memanjang dan tidak proporsional, dagu seolah memendek, rahang atas menyempit. Selain itu, susunan gigi tidak teratur dan bibir tidak kompeten sehingga pasien semak [...]

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

Agar berumur panjang, jantung merupakan salah satu organ yang wajib dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah menghindari beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan. Seperti yang dikutip dari health, berikut 10 kebiasaan yang berpengaruh buruk pada jantung.1. Menonton TVWalau Anda sudah melakukan olahraga teratur, duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. "Olahraga tidak bisa mengimbangi berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk duduk," ujar R. Reynolds HArmony, MD, direktur asosiasi dari Cardiovascular Clinical Research Center New York.Mengapa? Hal ini dikarenakan kurangnya gerakan dapat memengaruhi kadar lemak dan gula. Dr Reynolds menyarankan, jika Anda merasa terlalu banyak duduk saat bekerja di kantor atau menonton TV, usahakan untuk berdiri ketika menerima telepon. Itu akan membantu memperlancar aliran darah.2. Membiarkan StresApakah Anda sering tidak segera menyelesaikan masalah sehingga membuat stres? Jika ya, waspadalah karena hal ini bisa berpengaruh buruk pada jantung Anda. Menurut Dr Reynolds, membiarkan stres berlarut-larut malah membuatnya semakin berbahaya. "Berbicara mengenai masalah Anda dengan seseorang adala [...]

5 Kebiasaan Makan di Restoran Penyebab Kegemukan

5 Kebiasaan Makan di Restoran Penyebab Kegemukan

Apabila Anda sedang dalam sebuah program diet, bukan berarti anda tidak dapat makan di restoran. Namun seringkali Anda melakukan berbagai kesalahan yang tidak Anda sadari, dan hal ini dapat mengganggu program diet Anda atau malah menambah asupan kalori yang tidak seharusnya. Mari kita simak apa saja lima kebiasaan kita yang menjadi kesalahan yang umum dilakukan saat Anda makan di restoran. 1. KEBIASAAN: Jika diet, makanlah salad. FAKTANYA: Sayangnya prinsip ini tidak selalu benar. Anda kadang melupakan bahwa kebanyakan salad yang disediakan di tempat makan sudah dicampur dengan berbagai macam bahan tambahan (atau disebut dressing), sebut saja mentega, minyak atau mayonaise. Dimana bahan-bahan tersebut justru memiliki kadar saturated fat yang lumayan banyak. Jika Anda ingin salad yang benar-benar sehat, cobalah minta salad yang bersih dari berbagai bahan tambahan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat meminta agar saus tambahan disajikan dalam tempat terpisah. Waspadai Kebiasaan Makan di Restoran yang Menyebabkan Kegemukan 2. KEBIASAAN: Steak, sehat atau tidak? FAKTANYA: Jika Anda ingin makanan yang rendah lemak, kadang Anda berpikir untuk memesan steik daging b [...]

Semangka Hingga Roti Gandum, 8 Asupan yang Baik Dimakan Saat Haid

Semangka Hingga Roti Gandum, 8 Asupan yang Baik Dimakan Saat Haid

Saat menstruasi wanita menghadapi sejumlah ketidaknyamanan. Mulai dari perut yang kram hingga otot yang pegal-pegal. Belum lagi dengan suasana hati yang moody sehingga jadi lebih emosional. Untuk meringankan rasa pegal, nyeri, serta pembengkakan yang kerap terjadi saat haid, ada beberapa asupan yang baik untuk Anda konsumsi. Beberapa di antaranya cukup tak terduga sehingga mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Berikut daftarnya:1. SemangkaSemangka memang lezat disantap sebagai makanan penutup atau untuk menyegarkan tubuh saat hari sedang panas. Bukan hanya itu saja, buah itu juga bagus dikonsumsi saat sedang haid. Semangka diketahui memiliki gula alami yang dapat mengatasi pembengkakan yang kerap terjadi ketika datang bulan. 2. JerukTak mau suasana hati jadi galau karena datang bulan, ada baiknya Anda mengkonsumsi jeruk manis sebelum menstruasi. Selain vitamin C, buah tersebut mengandung kalsium dan vitamin D. Menurut penelitian, kekurangan kalsium dan vitamin D akan memperparah PMS. Kalsium diketahui bisa mengurangi perasaan depresi serta cemas. Sedangkan vitamin D bisa mengatur enzim yang dapat mengubah tryptophan menjadi serotonin, sebuah neurotransmitter yang mengatur mood. [...]

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Stress berlebihan tak jarang membuat seseorang mengalami gangguan tidur saat malam. Banyak hal yang tengah dipikirkan membuatnya sulit tidur bahkan terjaga semalaman. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas di siang hari karena tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan yang membuat penderita jadi mudah jatuh sakit. Lalu adakah cara mudah untuk membebaskan beban pikiran ketika akan tidur? Simak lima tipsnya berikut ini yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:1. LavenderSalah satu cara termudah untuk menenangkan diri ketika akan beristirahat adalah dengan memasang wewangian aromatik. Lavender dipercaya menjadi aroma yang tepat untuk membuat Anda lebih tenang sehingga cepat tidur. Beberapa studi pun telah membuktikan bahwa wangi bunga tersebut handal dalam merileksasi tubuh serta membantu mengatasi insomnia.2. Lakukan RelaksasiAgar pikiran tidak tegang, lakukanlah gerakan-gerakan yang merelaksasi, seperti meditasi atau olahraga yoga. Mempraktekan teknik-teknik relaksasi sebelum tidur dapat meredakan banyaknya pikiran yang tengah berkecamuk. ?Agar hasil lebih maksimal, pasang aroma terapi lavender saat melakukannnya.3. Corat- [...]

50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Setiap tahun pada tanggal 25 April, dunia memperingati Hari Malaria Dunia (World Malaria Day) untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit yang membunuh ratusan ribu orang setiap tahunnya ini. Pada tahun 2010, penyakit ini memakan korban jiwa sejumlah 660.000 orang. Afrika merupakan benua yang paling menderita, mendominasi angka kematian sebanyak >90%, 86% diantaranya pada anak di bawah usia 5 tahun. Bisa dibilang, satu anak meninggal karena malaria setiap detiknya di Afrika. Namun secara keseluruhan, angka kematian karena malaria sudah turun sebanyak 25% sejak tahun 2000. Bagaimana dengan di Indonesia? Sekitar 50% populasi Indonesia berisiko terinfeksi malaria, terutama di daerah pedesaan yang miskin. Daerah yang terutama berisiko adalah di luar pulau Jawa, terutama bagian timur Indonesia, dari Nusa Tenggara Timur ke Maluku dan Papua. Di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi level transmisinya masuk dalam tingkat menengah. Total kasus malaria yang didiagnosis secara klinis pada tahun 2007 adalah sekitar 1.774.845, tahun 2008 1.624.930, dan tahun 2009 1.462.437. Sedangkan total kasus malaria yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium pada tahu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *