Cara Mengatasi Kebotakan Rambut

solusi-mengatasi-obat-cara-kebotakan.jpg

Di akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an, 50% pria akan mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup mengkhawatirkan dan berakhir pada kebotakan di usia 50 tahun.

Berdasarkan pengaruh ras terhadap angka kejadian dan keparahan, bangsa Asia menduduki posisi 2 terbesar. Jadi, masalah kebotakan pada pria Asia tidak dapat dianggap remeh.

Kebotakan menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Untuk mengatasi kebotakan itu sendiri diperlukan penelusuran terlebih dahulu hal apa yang menjadi pemicu kebotakan itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak paparan berikut ini.

Penyebab Kebotakan: Faktor Genetik

Sembilan puluh lima persen kebotakan pada pria disebabkan oleh pengaruh genetik (keturunan) dan hormon, dan dalam dunia medis disebut dengan Alopesia androgenika (male pattern baldness). Rambut kita tumbuh dan tertanam pada kulit kepala di dalam sebuah kantung yang disebut folikel rambut. Pada alopesia androgenika, faktor keturunan dan hormon akan membuat folikel rambut semakin mengecil dan menghasilkan rambut yang lebih halus dan berwarna lebih muda. Pada akhirnya, folikel rambut tersebut tidak akan lagi membentuk rambut sehingga tidak ada lagi rambut yang tumbuh.

Kerontokan rambut akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang. Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar.

Lalu bagaimana mengatasi kebotakan?

Solusi Kebotakan

Jika mereka yang mengalami kebotakan merasa nyaman dengan penampilan mereka maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan. Obat-obat ini bekerja dengan menghambat kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut baru dengan merangsang folikel rambut. Fungsi ini dapat diperoleh dengan menggunakan obat Minoxidil.

Sedangkan untuk mengatasi pengaruh hormon pada kebotakan dapat digunakan obat Finasteride. Sayangnya, jika penggunaan salah satu dari kedua obat ini dihentikan maka kerontokan rambut akan terjadi kembali, bahkan terkadang kerontokan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan 'poshitis'.Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan 'Posh' di grup band Spice Girl.Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasiln [...]

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, penampilan seseorang menjadi hal yang pertama kali dinilai. Penampilan ini meliputi beberapa hal seperti cara berpakaian, gaya potongan rambut, merubah warna kulit dan tampilan wajah. Dari beberapa hal tadi, tampilan wajah merupakan hal yang terpenting dari keseluruhan penampilan seseorang. Tampilan wajah seseorang adalah suatu karakteristik fisik yang mempengaruhi seseorang dalam perkembangan self image dan harga dirinya. Seseorang yang puas dengan tampilan wajahnya akan merasa nyaman dan mempunyai tingkat percaya diri yang baik dan memudahkan dia dalam bersosialisasi, dan sebaliknya seseorang yang tidak puas dengan keadaan wajahnya akan mencari bantuan untuk memperbaiki kelainan yang ada dan diharapkan kemudian penampilannya akan menjadi menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Kelainan pada wajah yang cukup mengganggu seperti bentuk wajah yang asimetri, rahang bawah yang lebih maju terhadap rahang atas, susunan gigi atas yang terlalu maju dan susunan gigi yang tidak rapih. Tentu saja hal tadi akan mengganggu penampilan wajah seseorang, tetapi tiap orang akan mempunyai reaksi dan penilaian yang bervariasi terhadap k [...]

Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Seorang wanita Inggris 40 tahun menyalahkan gelang beracun yang dipakainya karena telah merusak hidupnya. Setelah dua tahun memakainya, wanita yang bernama Jo Wollacott yang berasal dari Bridport, Dorset, menderita halusinasi, pusing dan mual-mual yang mengakibatkan dirinya kehilangan kekasih, pekerjaan, rumah hingga disebut sakit jiwa.Jo awalnya merasa dirinya terkena karma buruk karena selalu tertimpa sial, sampai akhirnya ia menyadari bahwa gelang yang dipakainya mengandung racun. Ibu dari dua anak tersebut masih bersyukur karena ia masih hidup, mengingat gelang tersebut mengandung kimia Abrin, zat kimia yang digunakan para teroris untuk membunuh orang hanya dengan menelannya sebanyak 3 mg.Gelang 'cinta' warna merah-hitam ini dibelinya di situs eBay pada bulan April 2010 seharga 1 Pounds (sekitar Rp 14 ribu). Jo yang bekerja sebagai pembuat seni mosaik ini mulai mengalami gangguan kesehatan seminggu setelah pemakaian. Mulutnya membengkak, kulit tangannya gatal-gatal dan selama musim panas, ia sakit diare dan muntah-muntah.Menganggapnya sebagai penyakit biasa, ia tidak berobat dan mendiamkannya. Sejak saat itu kehidupannya mulai berantakan. Gelang energi dengan nama Jequirity [...]

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Jika biasanya manfaat lidah buaya selalu identik dengan perawatan dan kecantikan tubuh, ternyata tidak hanya itu saja. Tanaman berlendir ini juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.Seperti yang dikutip dari abcarticledirectory, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat masalah pencernaan seperti masalah usus dan sindrom radang perut. Jus tersebut juga dapat meningkatkan stabilitas dari sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi masalah pernafasan.Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengatur jumlah asam lambung, membantu penyerapan nutrisi lebih efisien pada tubuh dan menghilangkan zat-zat beracun dari dalam tubuh melalui sistem pembuangan. Orang yang meminum jus lidah buaya juga dapat membantu membangun jaringan dari organ-organ pencernaan, baik jaringan usus kecil, usus besar dan perut.Selain berguna untuk masalah pencernaan, buku Prescription for Herbal Healing menyatakan bahwa penelitian juga menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat menyembuhkan maag. Hal ini membuat peneliti benar-benar merekomendasikan lidah buaya untuk obat anti-maag.Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah [...]

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Uang dan pernikahan, dua hal itu tampaknya kerapkali menimbulkan masalah bagi banyak orang. Namun menurut penelitian, uang dan pernikahan justru bisa membuat seseorang lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari Shape, berikut beberapa hal lain yang juga bisa memberikan kebahagiaan.1. UangBerdasarkan penelitian di 2010 yang dipublikasikan pada 'Proceedings of the National Academy of Sciences', level kebahagiaan seseorang akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya uang yang didapat. Selain itu, Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga akan mendatangkan kebahagiaan. 2. MeditasiBeberapa studi menemukan adanya korelasi antara meditasi secara teratur dengan perubahan fisik di otak yang mirip ketika seseorang mengonsumsi obat anti-depresan. Orang yang bermeditas tidak hanya bisa lebih bahagia dari orang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak mereka bisa membuat stres berkurang. Cukup 20 menit waktu meditasi secara rutin, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.3. Istri Lebih Kurus dari SuamiDalam sebuat penelitian 2011, para ilmuwan di Tennessee, Amerika mengungk [...]

11 Tips Berpuasa untuk Lanjut Usia

11 Tips Berpuasa untuk Lanjut Usia

1. Seimbangkan Kebutuhan Kalori Kebutuhan kalori harus sama dengan kebutuhan kalori saat tidak berpuasa. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan pola makan, yaitu dengan mengkonsumsi: 40% kalori saat sahur 50% kalori saat berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka/sebelum sholat maghrib dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib, dan 10% kalori sisanya setelah sholat tarawih. 2. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi Konsumsi cairan 30-50 cc/KgBB/hari atau setara dengan 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasidengan cara sebagai berikut: 2 gelas air saat berbuka 3-4 gelas air setelah tarawih sampai dengan sebelum tidur Satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur 1-2 gelas saat sahur. 3. Perbanyak Cairan atau Jus Konsumsi air atau jus buah pada waktu antara berbuka puasa dan sebelum tidur. 4. Hindari Es Hindari terlalu banyak mengkonsumsi es karena dapat menahan rasa kenyang sehingga konsumsi makanan lengkap akan berkurang. 5. Komposisi Gizi Harus Seimbang. Pastikan menu makanan yang ada memiliki nilai gizi yang seimbang dengan porsi yang ada. 6. Bijaksana Memilih Menu Batasilah makanan yang digoreng dan tinggi lemak. 7. Tips Saat Sahur: [...]

Gandum untuk Si Kecil?

Gandum untuk Si Kecil?

Setiap makanan yang kita konsumsi, tentu tidak hanya rasanya yang kita perhatikan, tetapi juga fungsinya untuk tubuh kita dan kerugian yang kita dapat bila mengkonsumsi makanan tersebut. Begitu pula dengan si kecil. Asupan makanan yang diterimanya harus diperhatikan dampaknya terhadap kesehatannya. (Baca: 3 Fakta yang Mungkin Anda Belum Tahun Seputar Nafsu Makan Anak) Saat ini banyak sekali sereal dan bubur susu yang diperuntukkan bagi si kecil sebagai makanan pendamping ASI-nya terbuat dari tepung gandum. Gandum memang baik untuk perkembangan si kecil karena banyak mengandung mineral zink. Namun dalam pemberiannya kepada buah hati kita perlu diperhatikan saat yang tepat dalam pemberian makanan-makanan yang mengandung gandum. (Baca: Mari Beralih Ke Gandum) Pemberian ASI eksklusif yaitu keadaan dimana si anak hanya mendapatkan ASI tanpa makanan tambahan hingga usia anak 6 bulan sangat dianjurkan. Namun pada kenyataannya, banyak bayi yang mendapat makanan tambahan sebelum usianya genap 6 bulan. Padahal, pemberian makanan tambahan sebelum waktunya dapat berdampak buruk pada kesehatan si anak. Contohnya pemberian gandum pada anak. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, tern [...]

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Sudah 1/2 ton masker dimakannya.Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Wanita bernama Natasha itu kecanduan memakan masker wajah sejak tujuh tahun lalu. Jika dihitung, sudah sekitar 1/2 ton masker dimakannya dari dulu hingga sekarang.Kecanduan Natasha makan masker ini terungkap dalam salah satu episode acara yang tayang di TLC, 'My Strange Addiction'. Tampil dalam acara tersebut, wanita 40 tahun menjelaskan kenapa dia suka makan masker."Rasanya luar biasa, seperti batu-batuan bahas dan itu selalu membuatku senang. Aku memang orang yang menyukai bau-bauan tanah," katanya seperti dikutip Daily Mail.Setiap harinya Natasha mengonsumsi setoples masker. Dia seringkali mengganti konsumsi makanannya dengan masker wajah tersebut. Terkadang, dia juga ngemil masker wajah dengan mencelupkan keripik kentang ke dalam larutan masker."Baunya aku suka dan teksturnya di mulutku. Kasarnya pasir yang beruba [...]

10 Aturan Makan untuk Cegah Penuaan Dini

10 Aturan Makan untuk Cegah Penuaan Dini

Menuanya usia memang tidak bisa dihindari, tapi untuk tetap terlihat muda bukan hal yang mustahil. Penuaan dini bisa diperlambat dengan mengonsumsi makanan yang tepat.Makanan yang mengandung protein sehat dan karbohidrat kompleks akan membantu tubuh membentuk otot sekaligus mengurangi kelebihan lemak seiring bertambahnya usia. Sementara makanan yang banyak mengandung antioksidan akan membantu memperlambat munculnya kerutan dan keriput di wajah. Ini cara makan yang bisa membuat Anda tampak muda lebih lama, seperti dikutip dari Female First.1. Gandum UtuhBerdasarkan sebuah penelitian di Amerika, lingkar pinggang wanita paruh baya yang makan roti tawar dan karbohidrat sederhana lainnya bertambah tiga kali lebih besar seiring bertambahnya usia, ketimbang wanita yang mengonsumsi gandum utuh.2. Rajin Makan IkanIkan merupakan sumber protein yang baik, yang disebut dengan leptin. Leptin bekerja seperti hormon di dalam tubuh dan mengontrol hasrat makan sehingga Anda tidak makan berlebihan. Ikan berminyak seperti salmon dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mencegah terbentuknya kerutan di wajah pada segala usia.3. Bakteri BaikSetelah melewati usia 35, jumlah bakteri baik [...]

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan. Tidak salah untuk menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, namun, praktik cara-cara instan kebanyakan hanya membawa efek buruk bagi tubuh, sebagai contoh adalah konsumsi obat pelangsing. Obat pelangsing yang beredar di pasaran seringkali menyatakan bahwa obat-obat tersebut mengandung bahan alami yang dapat menurunkan berat badan konsumennya dalam waktu singkat. Namun sayangnya produsen produk-produk ini seringkali tidak menyebutkan dengan jelas bahan, isi dan kandungan produknya sehingga efek yang ditimbulkan terhadap tubuh dan berat badan serta efek sampingnya sulit untuk diprediksi. Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: Risiko Kesehatan Minum Obat Langsing Sembarangan Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: 1. Menyebabk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *