Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
5 Nutrisi yang Penting untuk Wanita

5 Nutrisi yang Penting untuk Wanita

Anda pasti sudah tahu, vitamin dan mineral adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Kita mengenal berbagai macam jenis nutrisi. Tapi bagi para wanita, ada lima nutrisi yang paling penting untuk dicukupi. Ini dia daftarnya, seperti dikutip dari sheknows.1. Vitamin CVitamin C merupakan vitamin yang paling populer karena kaya akan manfaat. Vitamin ini bisa membantu pembentukan tulang, gigi, otot dan kulit. Namun yang paling penting bagi wanita, vitamin C penting untuk proses penyerapan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi membantu memberi Anda cadangan energi dan mencegah kelelahan.Berapa banyak vitamin C yang baik dikonsumsi oleh tubuh tiap harinya? Jumlah harian yang disarankan oleh para ahli adalah 75-90 miligram. Satu cangkir jeruk bisa penuhi jumlah vitamin C yang diperlukan tubuh tiap harinya.2. KalsiumKita perlu kalsium sejak lahir sampai dewasa, tidak hanya untuk kesehatan tulang tapi juga untuk pencegahan kanker usus besar, perawatan gigi, berat badan ideal dan pencegahan batu ginjal. Bahkan kalsium berguna untuk bantu mengurangi mood yang tidak stabil saat pramenstruasi. Manfaat kalsium tidak berhenti samapi disitu saja. Baru-baru ini National Institute of Health [...]

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

Memperhatikan pemakaian panties atau celana dalam sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V. Salah memilih bahan atau model, bisa menyebabkan area genital iritasi bahkan terinfeksi bakteri. Ini empat hal yang harus Anda perhatikan saat memakai panties, seperti dikutip dari Shape.1. Alasan Anda Harus Pakai PantiesSelain alasan kenyamanan, memakai celana dalam juga bisa melindungi area genital Anda dari bakteri dan jamur. Terutama saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat."Bakteri dan jamur paling suka tempat yang lembab dan hangat. Jadi cara paling mudah dan efektif untuk melindunginya adalah dengan memakai celana dalam untuk menyerap keringat dan menghindari kelembaban yang berlebihan," ujar Doerthe Brueggmann, M.D.Tapi jika celana atau busana yang Anda pakai sudah memiliki built-in panties, maka penggunaan celana tidak diperlukan lagi. Built-in panties biasanya diterapkan pada pakaian renang, pakaian fitnes atau kostum akrobatik dari lycra dan spandeks.2. Thong Membuat Anda Seksi, Tapi...Umumnya wanita memilih thong agar terlihat seksi saat akan berhubungan intim dengan pasangan, atau untuk menghindari 'penampakan' panty [...]

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak banyak menjadi pilihan wanita yang bosan atau tak suka dengan penggunaan kacamata. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan banyak pengguna lensa kontak yang malas mengikuti aturan dan cara pemakaian yang tepat. Seperti yang dikutip dari Webmd, sebanyak 80 persen orang tahu betul mengenai aturan dan cara pemakaian lensa kontak dengan benar. Tetapi hanya dua persen yang benar-benar melakukan aturan tersebut. Dan kurang dari satu persen yang mau mencuci tangan mereka sebelum memakai lensa kontak, menggunakan cairan pembersih khusus dan tidak mengenakan lensa kontak terlalu sering. Survei yang diterbitkan dalam jurnal 'Optometry and Vision Science' itu, dilakukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan mata dalam praktek swasta atau universitas. Sebagian besar, yaitu 85 persen dari peserta survei telah merasa menepati petunjuk pemakaian lensa kontak, tetapi hanya 0,4 persen yang mengikuti semua petunjuk. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai lensa kontak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari komplikasi. Namun, sedikit yang benar-benar mengikuti semua rekomendasi. Komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pemakai lensa kontak [...]

Olahraga dan Diabetes

Olahraga dan Diabetes

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Hanya dengan aktivitas fisik, para penderita diabetes mellitus tipe 2 dapat menghilangkan lemak yang berakumulasi di organ hati dan perut serta menurunkan risiko penyakit jantung. Para dokter sejak dahulu merekomendasikan kepada para penderita diabetes untuk melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap berat badan dan juga melatih organ-organ seperti jantung, paru-paru dan hati. Teori bagaimana olahraga dapat mempengaruhi penumpukan lemak pada area-area di tubuh masih belum jelas, namun terdapat beberapa bukti bahwa lemak yang terdapat dalam organ-organ dalam seperti pada hati dan jantung lebih berbahaya dibandingkan yang terdapat di bawah kulit, sebab lemak ?dalam? atau biasa disebut visceral fat, dapat mengeluarkan beberapa jenis hormone yang dapat mempengaruhi produksi kalori di tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh dr. HIldo J Lamb dari bagian Radiology University of Leiden, pada penelitian ini dr. Hildo dan kawan-kawan meneliti 12 laki-laki usia baya yang menderita diabetes untuk melakukan olahraga ringan-sedang secara intensif selama 6 bulan. Olahraga dilakukan selama 3,5 ? 6 jam per minggu namun pola makan atau [...]

Tetap Sadar Saat Keluar Tempat Dugem

Tetap Sadar Saat Keluar Tempat Dugem

Bersenang-senang di tempat hiburan malam tak selamanya harus ditemani minuman beralkohol. Apalagi untuk Anda yang menyetir sendiri. Pastikan keluar klub malam dengan keadaan sadar. Jangan sampai terjadi hal yang disesali karena Anda mabuk. Berikut beberapa tips untuk menolak tawaran minuman beralkohol. 1. Tolak dengan Alasan JituMeskipun yang menawari Anda minum adalah pria setampan Robert Pattinson, tetap katakan tidak. Ada beberapa alasan yang (biasanya) manjur membuat orang berhenti menawari minuman. "Tidak, terima kasih. Saya harus menyetir sendiri malam ini." "Tidak, terima kasih. Saya masih pusing karena banyak minum kemarin malam." "Tidak, terima kasih. Saya tidak minum."2. Jangan Berdiam DiriNgobrol, santap camilan, foto-foto, dan berdansa. Dengan menyibukkan diri, orang lain tak punya kesempatan untuk menawari Anda minum. 3. Minuman BersodaUntuk Anda yang sungkan menolak, ada triknya. Minta ke bartender untuk menuang minuman bersoda ke dalam gelas pendek - yang biasa digunakan untuk minuman beralkohol. Ketika ada yang menawari minum, Anda tinggal bilang, 'minuman saya belum habis."4. Ambil & BuangSatu lagi trik untuk Anda yang merasa tak enak hati menolak tawaran [...]

Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

Rokok Elektronik atau yang sedang tren belakang ini dengan sebutan vapor saat ini, dijual dengan promosi lebih tidak beracun dibandingkan rokok biasa. Dengan populer istilah ?vapor?, rokok elektronik senantiasa digaungkan dengan ciri khas pengepul uap air yang disugestikan tidak berbahaya bagi tubuh. Namun kenyataannya, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa rokok elektronik tetap mengandung partikel pencetus kanker dan peradangan organ pernapasan yang membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik yang diberikan. Artinya, rokok elektronik sama saja bahayanya untuk kesehatan Anda dengan rokok konvensional. Masih belum percaya? Maka sudah saatnya Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini mengenai fakta tentang rokok elektronik: 1. Dipromosikan lebih aman dibanding rokok biasa. Stanton Glantz seorang peneliti masalah penggunaan tembakau di California, pernah mengatakan bahwa asap yang ditimbulkan oleh rokok elektronik lebih tidak beracun dibanding rokok biasa. Namun tidak lama kemudian akhirnya ia meralat pernyataannya, karena sedikitnya terdapat 13 penelitian yang menunjukkan risiko yang besar dibanding yang para peneliti duga selama [...]

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek? Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain: Sup ayamKonsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh. Susu dan makanan kaya vitamin DMakanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak. 6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh Hampir setiap orang pasti pernah mengalami p [...]

Pemahaman Seputar Indeks Massa Tubuh

Pemahaman Seputar Indeks Massa Tubuh

Salah satu cara untuk mengetahui berapa besar risiko kesehatan Anda adalah melalui indeks massa tubuh (IMT). Metode ini digunakan untuk menentukan berat badan yang sehat berdasarkan berat dan tinggi badan. Angka indeks massa tubuh atau dalam bahasa Inggris adalah body mass index (BMI) digunakan untuk menunjukkan kategori berat badan seseorang apakah sudah proporsional atau belum. Melalui BMI, seseorang akan tahu apakah dia termasuk kategori berberat badan normal, kelebihan, atau justru kekurangan. Perkiraan jumlah total lemak dalam tubuh yang muncul adalah hasil dari pembagian berat badan seseorang dalam satuan kilogram dengan tinggi mereka dalam meter kuadrat. Bagi beberapa kelompok orang, nilai indeks massa tubuh kemungkinan tidak akurat. Mereka yang sedang hamil, adalah binaragawan, atau atlet dengan tingkat aktivitas tinggi adalah golongan yang kemungkinan nilai IMT mereka tidak mencerminkan kesehatan saat itu. Artinya, meski nilai IMT mereka di atas normal, ini bukan berarti mereka memiliki lemak berlebihan. Perhitungan IMT sendiri dibagi menjadi empat kategori. Seseorang mengalami obesitas jika IMT-nya berada di atas 30. Saat IMT seseorang menyentuh angka 25-29,9, maka di [...]

Fakta & Mitos Virus Ebola

Fakta & Mitos Virus Ebola

Mitos dan rumor mengenai virus yang ditakutkan ini telah menyebabkan panik dan paranoia seluruh dunia. Benarkah virus ebola bisa menular hanya lewat udara dan pertukaran napas dari penderita? Benarkah sekalipun sudah sembuh ebola, penyakit yang ada masih berpotensi menularkan ke orang lain? Benarkah virus ini dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik? Banyak fakta mengenai virus ebola yang kenyataannya beredar simpang siur. Tidak akurat dan menyesatkan. Tidak lagi jika Anda menyimak beberapa fakta dan pelurusan mitos tentang virus ebola berikut ini: Mitos 1 Ebola: Virus ebola merupakan virus yang disebarkan melalui udara, air, dan kontak tubuh. Fakta: Virus ini dapat tertular bila cairan tubuh dari orang yang terinfeksi terkena dengan membrane mukosa orang yang tidak terinfeksi Hal ini menunjukkan bahwa virus ebola dapat tertular melalui darah, keringat, atau urin saat cairan tersebut terkena mata, mulut, hidung, telinga, daerah genital atau daerah luka terbuka. Mitos 2 Ebola: Walaupun Anda sembuh dari Ebola, Anda masih dapat menularkan virus ini ke orang lain. Fakta : Pada normalnya hanya orang yang menunjukkan gejala ebola yang [...]

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Brokoli, sayuran hijau yang terkadang dihindari oleh si kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. 100 gram brokoli dapat memenuhi kebutuhan: 150% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh tubuh, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin A, zat besi, zinc, fosfor dan nutrisi nabati lainnya. Dewasa ini, sebuah group peneliti di Universitas of East Anglia membuktikan dugaan mereka bahwa peningkatan konsumsi brokoli dapat melindungi sendi-sendi tubuh dari kerusakan tulang rawan yang kerap dipicu oleh trauma atau arthritis. Di balik penampilannya yang seperti orang kribo, ternyata brokoli mengandung senyawa bernama ?sulforaphane? yang mampu mengaktifkan 200 gen yang berbeda. Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan brokoli lainnya, antara lain: Brokoli dan Manfaat Kesehatannya Beberapa ahli juga menengarai bahwa senyawa ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, awal dari rangkaian terjadinya Serangan jantung dan stroke.Tidak hanya itu, senyawa yang sama juga terbukti dapat membunuh sel kanker darah, leukemia dengan cara meningkatkan kerja enzim yang melindungi kerusakan sel oleh molekul kimia penyebab kanker. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *