Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Menjadi seorang wanita tidaklah mudah, namun wanita memiliki beberapa keuntungan yang tak didapat pria. Misalnya wanita memiliki umur yang lebih panjang daripada pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih mudah terkena beberapa penyakit dibawah ini daripada wanita. Penyakit apa saja?1. Penyakit ParkinsonBerdasarkan analisa dari tujuh penelitian, peneliti dari University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa pria 1,5 kali lebih mungkin terkena penyakit parkinson bila dibandingkan wanita. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology di tahun 2004, alasannya karena hormon esterogen bantu melindungi tubuh dari gangguan neurodegeneratif.2. Kanker HatiSeperti yang dikutip myhealthnewsdaily, wanita jarang mengidap karsinoma hepatoseluler, jenis kanker hati paling umum. Tingkat kejadia pada pria tiga kali lebih tinggi, menurut laporan 2010 oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bologna di Italia juga mencapai kesimpulan yang serupa. Hasil dari penelitian yang mereka temukan menjelaskan bahwa wanita yang mengidap kanker hati dapat hidup lebih lama ketimbang pria yang juga mengidap [...]

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

Perubahan suhu pada musim hujan membuat bakteri dan virus penyakit semakin mudah berkembang. Itulah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, salah satunya batuk. Seperti gejala-gejala ringan lainnya, batuk bisa disembuhkan dengan penanganan sendiri. Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan batuk yang bisa Anda lakukan di rumah: 1. Minum cukup Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu dapat menyebabkan postnasal drip (akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menyebabkan lendir menetes ke bawah dari belakang hidung). Minum cukup akan membantu menipiskan lendir di lapisan hidung. Selain itu, minum baik untuk menjaga selaput lendir tetap lembap. 2. Mandi air hangat Mandi air hangat dapat membantu melonggarkan lendir dan dahak. Jika batuk Anda kering, cara ini akan melembapkan saluran pernapasan dan membuat lega tenggorokan yang gatal. Cara Cepat Sembuh Batuk Lainnya 3. Aromaterapi Minyak esensial tertentu mampu merangsang paru-paru untuk mengusir lendir dan melawan infeksi. Salah satu cara paling sederhana dalam menggunakan aromaterapi adalah dengan menyiapkan bak ukuran sedang yang telah diisi uap air la [...]

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Tinja atau dalam medis lebih akrab dikenal dengan istilah feses, bisa berbicara sejujurnya soal kondisi kesehatan Anda. Meskipun mungkin bagi sebagian orang topik mengenai feses adalah sesuatu yang tidak ingin dibicarakan. Namun ketahuilah, tinja Anda bisa lebih jujur daripada manusia. Bentuk tinja, seberapa sering Anda buang air besar, warna tinja, atau hal yang terdapat di tinja Anda bisa merupakan tanda dan sinyal status kesehatan tubuh Anda. Itulah tinja yang Anda keluarkan dapat memberikan banyak informasi mengenai kesehatan Anda. Apa saja informasi kesehatan status tubuh yang dapat diketahui dari tinja? Beirkut penjelasannya: 1. Konsistensi Tinja Tinja manusia seharusnya memiliki konsistensi yang lunak namun tidak cair. Sebagai gambaran, tinja seharusnya dapat dikeluarkan tanpa terputus-putus dan Anda tidak perlu mengedan terlalu keras untuk mengeluarkannya. Apabila Anda mengedan terlalu keras untuk mengeluarkan tinja Anda, maka bisa jadi Anda tidak cukup mengkonsumsi serat, seperti sayur dan buah, atau Anda kekurangan cairan. Sedangkan jika konsistensi feses Anda cair, maka perlu diwaspadai berbagai penyebab buang air besar cair, seperti infeksi, atau [...]

5 Manfaat yang Didapat dari Bersepeda

5 Manfaat yang Didapat dari Bersepeda

Bersepeda tidak hanya bisa membuat berat badan ideal saja. Ada beberapa manfaat baik yang didapat oleh tubuh dengan cara bersepeda. Apa saja?Bersepeda dengan sepeda statis atau sepeda biasa merupakan salah satu latihan kardio yang baik. Namun, seperti yang dikutip dari ezinearticle, ada beberapa manfaat bersepeda lain yang bisa Anda dapatkan.1. Jantung sehatDengan bersepeda, detak jantung akan meningkat dan nafas menjadi berat, tetapi bukan berarti kehabisan nafas. Hal ini justru meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Latihan kardio seperti ini diperkirakan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22 persen.2. Mengurang obesitasBersepeda juga bisa dinilai sebagai kegiatan aerobik yang dapat bantu membakar kalori hingga 300 kalori tiap 30 menit. Olahraga ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan badan, jika Anda terus bersepeda minimal lima kali dalam semingggu.3. Meningkatkan moodBeberapa penelitian menujukkan bahwa bersepeda terbukti efektif dalam mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih mengh [...]

Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Oleh: dr. Adithia Kwee Fenomena macet di Jakarta atau pun beberapa kota besar di Indonesia akhir-akhir ini memang tidak bisa dielakkan lagi, Anda dan saya pasti mengalaminya. Macet tidak hanya membuang waktu kita percuma, macet juga membuat kita lelah, baik lelah fisik maupun mental. Bisa Anda bayangkan karyawan dengan upah dua sampai tiga juta per bulan, harus menghadapi macet saat berangkat dan pulang dari tempat kerja, sebandingkah dengan apa yang mereka dapat? Pertanyaan retorika tersebut seakan semakin tidak terjawab ketika dihadapi langsung dengan fakta biaya kesehatan yang muncul ketika stres yang ada terakumulasi menjadi buah penyakitdi tubuh. Apapun jawaban pertanyaan tersebut, tidak berpengaruh, karena sebagian besar orang tidak punya pilihan. Lalu apa yang bisa kita buat? Diam saja dan membiarkan diri dipenuhi amarah dan stres? Itu tidak baik untuk kesehatan, berikut ini kami akan memberikan tips beberapa hal yang dapat dilakukan di kala macet untuk mengurangi stres, mari disimak! Pertama, putarlah musik yang nyaman dan menenangkan hati, musik jazz misalnya, musik secara signifikan mempengaruhi kondisi kejiwaan kita. Percayalah, macet dan musik keras (metal, heavy [...]

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah

Anggapan bahwa menikah bisa membuat orang hidup lebih sehat dan panjang umur, tampaknya terbukti benar. Ada alasan-alasan kesehatan tertentu yang membuat pernikahan menjadikan orang berusia panjang.Menikah adalah menyatukan dua kepribadian orang yang berbeda-beda. Seperti dikutip dari AOLHealth, ada beberapa alasan kesehatan yang membuat seseorang harus menikah, yaitu:1. Menikah bisa mengurangi stresStudi dari University of California menemukan bahwa orang yang menikah akan lebih bahagia dan mampu mengurangi kadar stresnya dibandingkan dengan orang yang tak menikah. Peneliti mengambil sampel air liur partisipan untuk menguji tingkat kortisol (hormon stres), diketahui orang yang menikah memiliki kadar kortisol yang lebih rendah sehingga tingkat stresnya lebih kurang.2. Menikah bisa mengurangi kemungkinan terkena strokeStudi trebaru yang dilakukan oleh Tel Aviv University menunjukkan pernikahan bahagia bisa membantu mencegah stroke fatal pada laki-laki. Didapatkan laki-laki yang tidak menikah memiliki risiko 64 persen lebih tinggi terkena stroke fatal dibandingkan dengan laki-laki menikah.3. Menikah mengurangi risiko terkena demensiaOrang setengah baya yang hidup sendiri dua kali [...]

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Hewan peliharaan ternyata bisa menjelaskan sifat pemiliknya. Menurut hasil sebuah penelitian, pemelihara anjing memiliki sifat yang suka bekerja keras dan sebagian besar ingin punya hubungan yang berkomitmen atau menikah.Sementara pemilik kucing digambarkan sebagai pribadi yang pemalu, lebih suka menjomblo dan cenderung berantakan. Selain anjing dan kucing, studi juga meneliti para pemilik kelinci. Dalam hasil studi tersebut diketahui pencinta kelinci adalah orang-orang yang kreatif, santai tapi suka lengah.Selain itu para pemilik anjing dan kucing mengaku kalau mereka terbiasa tidur awal dan bangun pagi, sedangkan yang memelihara kucing di rumahnya cenderung suka bergadang. Hasil penelitian ini didapat berdasarkan polling yang dilakukan oleh perusahaan asuransi khusus hewan di Inggris, Petplan sebagai bagian dari perayaan diluncurkannya situs mereka, Find a Pet.Seperti dikutip dari Daily Mail, anjing menjadi hewan peliharaan paling populer dengan 77 persen responden yang memilih mereka. Kucing berada di urutan kedua dengan 21 persen sedangkan hanya 2 persen yang memiliki kelinci.Dalam survei tersebut, partisipan diminta untuk mendeskripsikan diri mereka sendiri dalam tiga kata. [...]

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Penis adalah organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan sperma dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dan kesehatan penis agar enam penyakit penis ini tidak menyerang. Penis yang bermasalah atau berpenyakit dapat menimbulkan rasa sakit serta memengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pria. Penyakit penis juga bisa memengaruhi aspek lain kehidupan Anda seperti menyebabkan stres, masalah dalam hubungan, dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa penyakit penis yang ada antara lain adalah sebagai berikut. Priapismus Priapismus atau priapism adalah keadaan di mana penis mengalami ereksi terus-menerus selama lebih dari empat jam dan sering kali terasa sakit. Priapism terjadi ketika darah yang mengalir ke pembuluh darah area penis tidak sepenuhnya kembali (ada darah yang tidak mengalir keluar). Penyakit penis ini biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba (terutama kokain) dan minuman keras, penyakit darah (leukimima, anemia sel sabit), terapi injeksi untuk disfungsi ereksi, cedera pada alat kelamin, gangguan di saraf tulang belakang, atau konsumsi obat-obat tertentu (antidepresan, dan obat tekanan darah). Keadaan darurat medis ini harus sege [...]

Fakta & Mitos Virus Ebola

Fakta & Mitos Virus Ebola

Mitos dan rumor mengenai virus yang ditakutkan ini telah menyebabkan panik dan paranoia seluruh dunia. Benarkah virus ebola bisa menular hanya lewat udara dan pertukaran napas dari penderita? Benarkah sekalipun sudah sembuh ebola, penyakit yang ada masih berpotensi menularkan ke orang lain? Benarkah virus ini dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik? Banyak fakta mengenai virus ebola yang kenyataannya beredar simpang siur. Tidak akurat dan menyesatkan. Tidak lagi jika Anda menyimak beberapa fakta dan pelurusan mitos tentang virus ebola berikut ini: Mitos 1 Ebola: Virus ebola merupakan virus yang disebarkan melalui udara, air, dan kontak tubuh. Fakta: Virus ini dapat tertular bila cairan tubuh dari orang yang terinfeksi terkena dengan membrane mukosa orang yang tidak terinfeksi Hal ini menunjukkan bahwa virus ebola dapat tertular melalui darah, keringat, atau urin saat cairan tersebut terkena mata, mulut, hidung, telinga, daerah genital atau daerah luka terbuka. Mitos 2 Ebola: Walaupun Anda sembuh dari Ebola, Anda masih dapat menularkan virus ini ke orang lain. Fakta : Pada normalnya hanya orang yang menunjukkan gejala ebola yang [...]

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan keluhan yang paling umum ditemukan sehari-hari. Radang tengggorokan dapat disebabkan infeksi bakteri, virus, maupun alergi. Tidak jarang bahwa saran pemberian antibiotik adalah salah satu pengobatan yang dipilih ketika keluhan radang tenggorokan muncul. Apakah ini tepat? Belum tentu. Apabila penyebab radang disebabkan oleh infeksi bakteri, pemilihan terapi dengan antibiotik merupakan cara terbaik. Namun apabila radang tenggorokan bukan disebabkan oleh bakteri, maka antibiotik tidak diperlukan. Infeksi virus pada umumnya gejala bisa berkurang dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang baik. Untuk itu, bagaimana mengatasi gejala radang ini? Beberapa bahan herbal berikut ini bisa mengurangi gejala nyeri pada tenggorokan dan mencegah terjadinya radang tenggorokan, antara lain, selengkapnya di halaman selanjutnya: Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan Berikut beberapa bahan herbal yang dimaksud, antara lain: Jahe Jahe memiliki efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan. Kencur Atau lebih dikenal dengan curcuma zedoaria, juga memiliki efek antiperad [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *