Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, seringkali Anda merasakan nyeri dan pegal-pegal pada beberapa otot tubuh. Hal ini normal terjadi, terutama bagi Anda yang sudah lama tak olahraga atau baru pertama kali.Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang. Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikan rasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati oto-otot tersebut dengan hari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.Langkah 1Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.Langkah 2Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.Langkah 3Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama [...]

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di musim pancaroba sangatlah diperlukan. Tubuh kita perlu asupan yang sehat dan baik agar tahan banting terhadap cuaca yang berubah-ubah sekarang ini khususnya pada musim pancaroba. Hal ini juga dapat menghindarkan kita dari segala penyakit pancaroba yang sering datang seperti flu, gangguan saluran pernafasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam. Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas kita berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba. Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi dimana memicu virus dan bakteri untuk masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim. Jadi tidak heran jika lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibandingkan musim yang temperaturnya relatif stabil. Namun jangan khawatir, selama kita bisa mencegah dan dapat mengantisipasinya. Dengan tips seh [...]

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Ketika Anda menemukan benjolan pada payudara Anda, pastinya yang terlintas pertama di pikiran Anda adalah kanker. Hal tersebut sepenuhnya dapat dimengerti. Namun faktanya adalah benjolan yang ditemukan pada wanita usia 20-an dan awal 50-an, hampir 90% adalah jinak. Namun bagaimana pun Anda tetap harus waspada. Bagaimanakah jaringan payudara yang normal? Payudara terdiri atas berbagai jaringan dengan konsistensi yang beragam. Jaringan glandular yang terdapat pada bagian atas dan terluar dari payudara, bersifat lunak pada perabaan dan nodular. Jaringan payudara akan berubah seiring dengan usia, namun biasanya akan mengandung lemak lebih banyak dan kepadatannya berkurang. Kapan saya harus memeriksakan diri ke dokter? Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter? Segeralah berkonsultasi ke dokter jika: Anda menemukan benjolan yang baru atau terasa 'aneh' Benjolan yang tidak hilang hingga siklus menstruasi selanjutnya Benjolan yang bertambah besar Perubahan kulit pada payudara, misalnya: menjadi kemerahan, berlekuk, dan sebagainya Perubahan pada puting payudara, misalnya: masuk ke dalam atau menjadi mendatar Terdapat cairan yang keluar dari puting (de [...]

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian di Eropa, penggunaan obat pereda nyeri setiap hari bagi orang lanjut usia bisa mengganggu penglihatan.Seperti yang dikutip dari Reuters, data penelitian tidak menunjukkan bahwa aspirin bisa membuat seseorang kehilangan penglihatannya. Namun temuan yang diterbitkan dalam jurnal Oftalmologi memperlihatkan adanya pengaruh antara aspirin dengan gangguan mata."Bagi orang yang memiliki usia melebihi 65 tahun dengan risiko degenerasi makula, sepertinya tidak bijaksana untuk menyarankan mereka meminum obat pereda nyeri," kata William Christen dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari Reuters.Penelitian yang dipimpin oleh Paulus de Jong di Belanda Institute for Neuroscience dan Academic Medical Center, telah mengumpulkan informasi kesehatan dan gaya hidup dari hampir 4.700 orang di atas usia 65 tahun. Selain dilakukan di Amerika, penelitian ini juga dilakukan di Norwegia, Estonia, Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Spanyol.Hasilnya, dari 839 orang yang mengonsumsi aspirin setiap hari, terdapat 36 orang yang memiliki bentuk lanjutan dari penyakit ini yang disebut degenerasi makula jenis basah. [...]

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Berita artis terjerat narkoba kembali muncul di permukaan. Fenomena pemakaian narkoba memang bukan fenomena baru di kalangan artis. Alasan memilih narkotika mungkin bisa sedikit saya bagi buat pembaca sekalian. Euforia dan ?Ectasy? Salah satu narkoba yang ditemukan sebagai barang bukti adalah ?shabu-shabu?. Shabu-shabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil Ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis . Efek yang paling diinginkan adalah perasaan euforia sampai ecstasy (senang yang sangat berlebihan). Obat ini juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido. Pemakai shabu-shabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya. Salah satu yang mungkin menarik banyak orang untuk memakai zat ini adalah pemakaian zat ini tidak dibarengi dengan efek sedasi atau menurunnya kesadaran akibat zat tersebut. Tidak seperti pemakai heroin atau ganja, pemakai shabu dapat membuat dirinya untuk tetap membuat terjaga dan konsentrasi. Selai [...]

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Penyakit jantung bawaan dapat terjadi pada satu dari seratus kelahiran. Penyakit ini terjadi karena kelainan struktur jantung yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit jantung bawaan dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah dan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun demikian, ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung bawaan. Berikut beberapa faktor risiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada anak. Ketika hamil, ibu mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan tertentu. Pada trisemester pertama, ibu hamil terkena infeksi virus seperti rubella. Kromosom atau gen pada anak mengalami kelainan, misalnya Sindrom Down. Risiko bisa menjadi dua kali lipat bila ada riwayat penyakit ini di dalam keluarga. Penyakit jantung bawaan bisa dikenali ketika dokter mendengarkan suara tidak normal dari jantung yang disebut dengan bising jantung. Jika gejala ini terjadi, orangtua harus lebih sigap mengamati tanda-tanda lain pada si Buah Hati. Berikut ini gejala-gejala lain yang perlu diwaspadai. Sulit bernapas atau bernapas dengan cepat. Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan [...]

Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Daun katuk telah dipercaya wanita Indonesia sebagai asupan yang dapat memperbanyak produksi Air Susu Ibu (ASI). Tak hanya diolah sebagai asupan sayur-mayur, daun katuk pun telah diekstrak ke dalam bentuk kapsul demi mempermudah para ibu menyusui.Selama ini, sayur bernama ilmiah Sauropus Androgynus tersebut memang lebih fokus dikembangkan sebagai bahan peningkat produksi ASI dan pendorong laktasi. Namun belum ada yang meneliti tentang kegunaan sayur asal Indonesia itu sebagai pencegah kanker payudara. Hal tersebut pun akan dicoba diinvestigasi oleh Drh. ?Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD?.Fitriya merupakan peraih penghargaan For Women In Science Nasional 2014 yang diadakan oleh L'Oreal bersama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Berkat proposal penelitiannya yang berfokus pada pengkajian katuk sebagai pencegah kanker payudara, wanita 32 tahun itu berhasil menang dalam kategori life science."Sungguh ini penghargaan yang berarti bagi para peneliti muda Indonesia untuk berkarya," ungkap Fitriya saat pemberian penghargaan dari L'Oreal kepadanya di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/10/2014). Bersama dengan dua pemenang For Women In Science Nasio [...]

Jenis Pakaian yang Bisa Sebabkan Sakit Punggung Pada Wanita

Jenis Pakaian yang Bisa Sebabkan Sakit Punggung Pada Wanita

Sakit punggung biasanya disebabkan karena posisi tidur yang kurang tepat, kebiasaan menundukkan kepala saat main smartphone, postur tubuh kurang sempurna atau posisi duduk di depan komputer. Tapi tak hanya itu saja, sakit punggung yang muncul juga bisa karena busana yang Anda kenakan.Pakaian yang terlalu ketat, terlalu kaku atau kesempitan akan membuat tubuh tidak leluasa bergerak. Akibatnya, tubuh akan mengalami tekanan dan ketegangan khususnya pada bagian punggung, leher, bahu, serta meningkatkan risiko cedera dan rasa sakit saat memakainya.Kenneth Hansraj, M.D., ketua operasi tulang belakang dari New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine menguraikan, pakaian yang paling berisiko menyebabkan cedera dan sakit punggung adalah skinny jeans, rok pensil dan pakaian dalam pembentuk tubuh atau yang dikenal dengan shapewear.Hasil penelitian ini tidak serta merta 'melarang' Anda untuk berhenti mengenakan skinny jeans atau busana ketat. Namun disarankan untuk memilih bahan yang lebih nyaman dikenakan dan memiliki daya lentur tinggi. Pilih juga ukuran yang tidak terlalu sempit. Saat membeli skinny jeans misalnya, Anda bisa memilih satu ukuran lebih besar karena model celana in [...]

Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini

Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini

Osteoporosis terjadi ketika tulang kehilangan kandungan mineral lebih cepat daripada kemampuan tubuh untuk menggantikan kehilangan tersebut. Akibatnya, tulang kehilangan kepadatan atau massa tulang. Massa tulang yang diperoleh selama usia muda merupakan faktor penentu risiko patah tulang akibat osteoporosis pada kemudian hari. Semakin tinggi massa tulang, maka semakin rendah risiko osteoporosis. Namun, osteoporosis dapat dicegah sejak dini (pada anak-anak) dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Memberikan anak makanan bergizi dengan asupan kalsium yang cukup. Menjaga suplai vitamin D yang cukup. Vitamin D dapat diperoleh dari cahaya matahari, makanan, maupun suplemen makanan. Menghindari kekurangan protein dan kurang gizi. Mengajak anak untuk beraktivitas fisik secara teratur. Menjauhkan anak dari rokok dan asap rokok. Sementara itu, pada usia dewasa pencegahan osteoporosis tetap dapat dilakukan dengan, selengkapnya di halaman selanjutnya: Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini Sementara itu, pada usia dewasa pencegahan osteoporosis tetap dapat dilakukan dengan: Memastikan diet seimbang, dengan asupan kalsium yang memadai. Menghindari kura [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *