Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak seringkali menjadi keluhan umum di akhir trimester kedua atau ketika memasuki trimester tiga. Sebanyak 75% perempuan hamil akhirnya mengalami keluhan ini, dari derajat yang paling ringan hingga yang berat. Keluhan kaki bengkak biasanya terjadi di lokasi sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Bengkak ini dapat memburuk saat cuaca panas atau ketika mencapai penghujung hari, khususnya bila Anda sepanjang hari banyak berdiri atau duduk. Penyebab kaki bengkak saat hamil pada umumnya karena peningkatan cairan tubuh, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel, dan bahkan karena adanya cairan ketuban. Pembengkakan derajat ringan yang hanya terjadi di kaki dan membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal. Jurs Atasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan. Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akibat retensi air ini, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. Pada kasus-kasus dengan derajat pembengkakan yang berat seperti ini, jangan lupa berkonsultasilah dengan dokter And [...]

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Cuaca dingin sangat mempengaruhi kesehatan yang menyebabkan flu. Setelah perubahan musim, akan muncul gejala gatal dan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk. Biasanya, banyak orang yang mencegah dan mengobatinya dengan minum teh herbal atau sirup batuk. Akan tetapi, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu agar tidak semakin parah. Ini dia, seperti yang dilansir dari Boldsky.Makanan AsamBuah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.Makanan PedasBanyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.Produk SusuJika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang [...]

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

Badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya. Semisal kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori, maka kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari. (Baca: Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Dari Kalori per Hari) Hal ini memang sulit untuk dicapai namun bila dapat terpenuhi maka seseorang dapat terhindar dari konsekuensi kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi. Panduan terbaru ini lebih ketat daripada panduan sebelumnya yang menyarankan konsumsi gula terbatas hanya 10% dari total asupan kalori tubuh. Namun, WHO menegaskan bahwa semakin sedikit konsumsi gula seseorang maka makin baik dampaknya bagi kesehatan. (Baca: 10 Alasan Mengurangi Gula) Permen dan kue-kue manis mungkin lebih mudah untuk dihindari karena kita sudah mengetahui bahwa makanan-makanan tersebut manis. Namun, ada beberapa makanan lain yang sepertinya tidak manis namun mengandung kandungan gula yang cukup tinggi. 1. Kismis Makanan yang dikeringkan menyebabkan kandungan gulanya menjadi lebih tinggi. Satu cangkir kismis mengandung 97,66 gram gula yang mencapai 4x kebutuhan gula sesuai rekomendasi WHO. Tanpa disa [...]

Penis Bengkok, Normal?

Penis Bengkok, Normal?

Penis yang bengkok tentu menimbulkan kekhawatiran pada kaum pria. Normalnya, penis memang sedikit bengkok. Namun, ada keadaan yang membuat penis bengkok dengan derajat bervariasi baik ke atas-bawah, maupun kiri-kanan. Keadaan ini disebut dengan Peyronie?s Disease. Ketika penis mengalami ereksi. Namu demikian pertanyaannya, kenapa penis bisa bengkok? Kenapa Penis Bisa Bengkok? Pada penis dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis. Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keadaan ini. Namun, banyak juga yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menybebkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur Dupuytren). Penyebab lain dapat berupa struktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia. Sebagian besar orang dengan penyakit Peyronie dapat terus melanjutkan aktivitas seksualnya walau terdapat penis yang bengkok. Namun, bila derajat bengkokan lebih besar, bisa terjadi gangguan dalam mencapai kepuasan seksual. Bila Anda mengalami hal ini, jangan [...]

Benarkah Alat Masak Teflon Dapat Sebabkan Kanker?

Benarkah Alat Masak Teflon Dapat Sebabkan Kanker?

Teflon adalah merk dagang dari suatu bahan kimia buatan manusia yang disebut polytetrafluoroethylene (PTFE), dan telah digunakan secara komersial sejak tahun 1940-an. Bahan ini digunakan dalam berbagai perangkat karena bersifat sangat stabil (tidak bereaksi dengan bahan kimia lainnya), dan memiliki permukaan antigesek. Bahan ini juga dikenal sebagai permukaan antilengket, seperti pada wajan dan peralatan masak lainnya. Bahan kimia lain buatan manusia adalah Perfluorooctanic acid (PFOA) yang juga dikenal dengan C8. Zat ini digunakan dalam proses pembuatan teflon, yang kemudian mengalami pembakaran selama proses pembuatan dan tidak lagi ditemukan dalam produk akhir teflon. Teflon tidak dicurigai sebagai faktor pemicu kanker. Yang sering menjadi topik perdebatan adalah zat PFOA, yang memiliki risiko kesehatan karena dapat berada di lingkungan dan di dalam tubuh manusia dalam waktu lama. Studi menunjukkan bahwa zat ini terkandung dalam jumlah sangat sedikit di dalam darah hampir semua orang di Amerika Serikat. Kadar yang lebih tinggi ditemukan dalam darah penduduk yang tinggal di sekitar sumber air yang terkontaminasi PFOA. Paparan PFOA terjadi melalui kontaminasi makanan, air minum, [...]

Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Dalam keadaan tanpa kehamilan saja, jerawat merupakan masalah yang cukup mengganggu bagi seorang wanita. Apalagi pada saat kehamilan, ketika seluruh bagan tubuh terpengaruhi. Meskipun sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, namun kondisi kulit berjerawat dapat sangat mempengaruhi kondisi psikis Ibu hamil. Seringkali berbagai usaha dilakukan untuk dapat mengendalikan kemunculan jerawat di kulit. Namun, pada saat kehamilan, berbagai usaha ini perlu lebih diperhatikan karena tidak setiap penanganan jerawat aman untuk janin di dalam kandungan. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Jerawat dalam Kehamilan Jerawat dalam kehamilan seringkali muncul pada 3 bulan pertama usia kehamilan. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon Ibu hamil sehingga terjadi peningkatan produksi minyak pada ku [...]

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

Mengonsumsi banyak kafein, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya tidur Anda di malam hari. Namun, ternyata ada berbagai faktor lain yang bisa mempengaruhi pola tidur Anda. Ini 5 di antaranya!Seperti yang dikutip dari health, ada lima faktor yang biasanya menjadi penyebab utama kurangnya tidur seseorang. Sebelum mencari tahu solusinya, kenali lebih dalam faktor penyebabnya terlebih dulu:1. SakitDalam sebuah penelitian, 15 persen orang Amerika dilaporkan menderita penyakit kronis dan dua per tiganya dilaporkan mengalami masalah tidur. Sakit punggung, sakit kepala dan sindrom sendi rahang (masalah dengan otot rahang) merupakan penyebab utama kurangnya tidur Anda.2. StresInsomnia adalah suatu gejala dan penyebab depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan, otak menggunakan neurotransmitter yang sama saat tidur dan juga suasana hati. Situasi yang membuat stres seperti masalah keuangan atau rumah tangga seringkali menjadi penyebab insomnia yang bisa menjadi masalah kurangnya waktu tidur dalam jangka waktu lama.3. Jet lagTubuh dan otak Anda sudah terbiasa dengan jam internal, tidur di malam hari dan bangun di waktu pagi. Tubuh hanya bisa bertahan tiga hari ketika harus menyes [...]

Terlalu Lama Browsing Internet Picu Obesitas

Terlalu Lama Browsing Internet Picu Obesitas

Jika Anda berencana untuk mengurangi berat badan, sebaiknya kurangi kebiasaan menghabiskan waktu dengan internet. Sebuah studi di Australia menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktunya dengan internet berisiko terkena obesitas.Dalam Journal of Medical Internet, peneliti melakukan survei terhadap 2.650 orang dewasa di Australia tentang aktivitas fisik, internet, main game komputer, membaca, menonton dan kegiatan lainnya yang dilakukan selama responden berada dalam waktu luang. Penelitian tersebut untuk melihat bagaimana hubungan aktivitas tersebut dengan obesitas.Peneliti pun mencoba fokus dan membandingkan 2 aktivitas utama, yaitu internet dan aktivitas fisik (olahraga, jalan kaki). Kedua aktivitas itu terbagi dalam kategori tidk pernah, jarang (kurang dari 3 jam tiap minggu) dan tinggi (lebih dari 3 jam tiap minggu).Hasil survei pun menunjukkan bahwa mereka yang sering menggunakan internet dan komputer ternyata 1,5 hingga 2 kali lebih gemuk dibanding mereka yang tidak pernah berhadapan dengan komputer."Sebenarnya internet yang menyebabkan kelebihan berat badan atau kebanyakan orang gemuk lebih sering menggunakan internet? Yang pasti, studi ini menunjukkan bahwa int [...]

Buah dan Sayur yang Bisa Menyehatkan Jantung

Buah dan Sayur yang Bisa Menyehatkan Jantung

Mau punya jantung sehat? Makanlah sayur dan buah beraneka warna. Mulai dari semangka sampai nanas, setiap sayuran dan buah berwarna menyimpan varian nutrisi yang bisa menyehatkan dan mencegah gangguan jantung. Merah, kuning, hijau, oranye, ini manfaat pigmen warna pada makanan segar bagi jantung Anda, seperti dikutip dari Women's Health Mag.1. KuningSatu cangkir nanas bisa memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin C, yang dibutuhkan jantung untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul dari lingkungan luar yang bisa merusak sel tubuh. Selain nanas, makanan berwarna kuning lainnya adalah jagung. Meskipun bukan termasuk sayuran atau sayur, jagung juga memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mencegah penebalan arteri; penyebab utama terjadinya penyakit jantung.2. HijauPenelitian menunjukkan bahwa makan bayam yang tinggi kandungan nitrat bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi jantung pada wanita. Sementara kangkung, mengandung antioksidan yang berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Bayam dan kangkung sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu untuk menambah khasiatnya.3. Biru/UnguBerdasarkan penelitian ter [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *