Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi. Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit: 1. Sayur dan buah-buahan Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale. 2. Protein Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu. Menu untuk Energi Cepat Pulih 3. Probiotik Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan [...]

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Kopi susu kerap kali menjadi 'teman' agar tidak mengantuk saat sibuk bekerja. Namun di balik kenikmatannya itu, kopi susu ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan gigi Anda.Pakar kesehatan gigi Heidi Hackett percaya, minuman ini memicu perkembangan karies pada gigi. Mayoritas pasiennya yang minum kopi susu berjam-jam di depan komputer lebih cenderung mengalami gangguan pada gigi.Paparan kronis terhadap laktosa atau gula susu, memberikan bakteri dalam mulut kemampuan untuk berkembang biak lebih banyak. Menurut Heidi, laktosa menjadi bahan bakar cair yang membantu metabolisme bakteri.Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, karies bisa terjadi karena dipicu dari Streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Kemudian, asam mengorosi enamel sehingga menyebabkan gigi berlubang.Oleh sebab itu, Heidi menyarankan agar menghabiskan segelas kopi susu dalam waktu 15 menit. saja. Tetapi bila kopi susu dikonsumsi dengan frekuensi sangat sering atau sepanjang hari, maka kesehatan gigi bisa terancam karena bakteri.Untuk atasi masalah itu, jangan lupa untuk meminum air putih setelah meminum kopi susu untuk mengurangi bakteri berkembang di gigi. Hal ini dikarenakan [...]

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat). Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah penyakit ini ternyata ada lho diet yang bisa kita lakuin. Berikut adalah strategi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung: Pola Makan untuk Jantung Lebih Sehat Konsumsi ikan ikan lebih banyak Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantu [...]

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Bagi para pria, mencukur seperti tak ubahnya bagian dari rutinitas wajib harian ataupun mingguan. Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Apa yang akan terjadi jika teknik mencukur Anda salah? Mencukur bertujuan untuk membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan penampilan lebih prima. Namun bila dilakukan dengan cara yang salah, dapat mengakibatkan berbagai masalah yang menganggu kenyamanan dan merusak penampilan. Razor burn Merupakan suatu kondisi dimana terjadi iritasi pada kulit akibat adanya gesekan langsung antara pisau cukur dengan kulit. Hal ini biasanya terjadi karena tidak menggunakan krim cukur. Untuk mengatasinya, gunakan kompres air dingin dan pelembab non alkohol. Folliculitis Kondisi ini terjadi ketika bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam folikel rambut. Gejala yang timbul biasanya berupa kemerahan, gatal dan tampak adanya benjolan-benjolan kecil berwarna putih. Hal ini pada umumnya akan hilang dengan sendiriny [...]

Air Kelapa, Bermanfaat dan Sehat Untuk Gigi

Air Kelapa, Bermanfaat dan Sehat Untuk Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha, MSi Berpuasa membuat kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Meski berpuasa, aktivitas di siang hari tetap harus bejalan dan dapat membuat tubuh kita kekurangan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan untuk metabolisme. Untuk menggantikan elektrolit tersebut, kita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, air kelapa juga dapat dijadikan pilihan. Air kelapa segar mengandung karbohidrat simpleks seperti gula sederhana yang mudah diserap tubuh. Dengan tingginya komposisi elektrolit alami seperti kalsium, mangan, magnesium, sodium dan potassium, air kelapa diyakini dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dan merehidrasi tubuh yang lemas setelah berpuasa. Berbagai manfaat yang didapat dari minuman ini, tak terkecuali bagi kesehatan gigi. Bila dibandingkan dengan minuman energi yang banyak beredar di pasaran, air kelapa segar mengandung sedikit kalori dan lebih rendah gula sehingga tidak mengancam kesehatan gigi. Oleh karena itu, cara paling baik untuk mengkonsumsi air kelapa adalah dalam keadaan segar tanpa menambahkan pemanis ataupun sirup dan sejenisnya. Kalsium yang terkandung dalam air kelapa cukup tinggi dan [...]

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Autisme adalah suatu gangguan pertumbuhan yang dialami oleh anak-anak yang ditandai dengan ketidakmampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial. Untuk mengurangi gejala autisme, orangtua seringkali mencoba pilihan melalui diet khusus, Belakangan ini diet bebas gluten dan kasein mulai diminati. Bagaimana dasar diet bebas gluten & kasein bagi penderita autis? Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya). Keuntungan diet ini didasari oleh teori dimana penderita autis seringkali alergi atau hipersensitif terhadap makanan-makanan yang mengandung gluten maupun kasein. Penderita autisme memproses peptida dan protein yang dikandung oleh makanan tersebut berbeda dari orang lain. Protein ini diproses otak seperti reaksi kimia yang menyerupai opiat. Ide inilah yang digunakan diet ini untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi kognitif dan berbicara. Apa saja makanan-makanan yang mengandung gluten? Seringkali sulit menghindari makanan yang mengandung gluten karena gluten sendiri digunakan untuk memberikan struktur pada produk-produk makanan. Namun belakangan ini dapat dijumpa [...]

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Ketika seseorang yang sedang jatuh cinta melihat pujaan hatinya, jantung akan berdegup kencang karena hormon adrenalinnya. Orang yang jatuh cinta memiliki detak jantung yang hampir sama dengan orang yang berlari. Oleh karena itu, orang dengan masalah jantung serius jadi sangat berbahaya ketika jatuh cinta, seperti yang dikutip dari detikhealth.Sebenarnya apa yang jantung dan otak lakukan saat orang jatuh cinta?Timothy Loving, asisten profesor ekologi manusia di University of Texas, Austin menjelaskan bahwa proses ketertarikan berkaitan erat dengan gejolak fisiologis. Secara umum, hal tersebut diawali dengan peningkatan denyut jantung, keringat, dan lainnya."Ketika seseorang melihat kekasihnya dan hatinya mulai berdegup, itu disebabkan oleh adrenalin," kata Dr Reginald Ho, elektrofisiologis jantung dan profesor kedokteran dari RS Thomas Jefferson University di Philadelphia, Pennsylvania.Otak mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang kemudian mengeluarkan hormon seperti adrenalin, epinefrin dan norepinefrin. Kemudian hormon-hormon tersebut mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Jadi jangan heran jika orang yang jatuh cinta memiliki de [...]

Memperbesar Penis: Amankah?

Memperbesar Penis: Amankah?

Tidak sulit untuk mencari tentang produk dan prosedur cara memperbesar penis, baik di majalah, radio dan internet. Banyak produk atau prosedur yang mengklaim dapat memperbesar penis. Namun, hanya sedikit yang disertai dengan bukti yang ilmiah. Apakah ukuran penis saya normal? Seringkali Anda dihantui ketakutan apakah penis Anda terlihat kecil atau terlalu kecil untuk memuaskan pasangan Anda. Ketahuilah bahwa: Ukuran penis rata-rata berkisar antara 8-13 cm ketika saat tidak ereksi dan 13-18 cm saat ereksi Mikropenis adalah suatu kondisi dimana penis berukuran kurang dari normal yaitu kurang dari 7 cm saat ereksi Namun demikian tetap saja kita akan mampir pada pertanyaan yang sering mengemuka; "Apakah ukuran penis berpengaruh pada kepuasan seksual?" Berikut paparannya: Apakah Ukuran Penis Berpengaruh dengan Kepuasan Seksual? Jawabannya adalah tidak. Media dan masyarakat seringkali membuat stigma tentang hubungan ukuran penis dan kepuasan seksual. Namun, yang harus selalu Anda ingat adalah: memahami dan mengerti keinginan, kebutuhan dan hasrat seksual pasangan jauh lebih penting untuk meingkatkan kualitas hubungan seksual Anda dibandingkan dengan mencoba mempe [...]

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Sering lemas ketika berpuasa? Mungkin Anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur Anda. Berikut adalah jenis makanan yang bisa tingkatkan energi, seperti yang dikutip dari iDiva.1. OatmealDibanding makan nasi putih saat sahur, mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. "Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan Smruti Gokhale, seorang ahli gizi.2. PisangPisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum Anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.3. Kacang-kacanganTambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot ketika Anda beraktifitas dan juga membangun stamina.4. Sayuran HijauSelain sehat, sayuran hijau juga akan membantu [...]

Anti Jamur dengan Tumbuhan Obat

Anti Jamur dengan Tumbuhan Obat

Anti Jamur dengan tumbuhan obat sudah ditemukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, di Jakarta. Pemanfaatan tumbuhan obat untuk mengatasi penyakit kulit akibat jamur sudah banyak diketahui, namun proses yang benarnya masih banyak yang belum paham. Hasil penelitian mendapatkan 36 tanaman yang telah diteliti. Bentuk sajiannya mulai dari infus atau rebusan, ekstraknya, maupun minyak yang dihasilkan tanaman. Penyakit kulit akibat jamur sering dialami oleh orang yang kurang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Penyakit ini tidak berbahaya, tetapi akan mengganggu penderita seperti gatal-gatal, disertai timbulnya ruam sampai melepuh berisi nanah. Bisa mengenai semua bagian kulit, tetapi biasanya menyerang kulit kepala, lipatan paha, lipatan lengan, kaki, dan kuku. Menurut, Dian Sundari, M. Wien Winarno peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, mengatakan, ?penggunaan obat untuk mengatasi penyakit jamur sudah dikenal sejak lama dari nenek moyang dulu, namun masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkannya.? Hasil penelitian memperoleh beberapa tumbuhan yang dapat mengha [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *