Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula ketika memilih sabun mandi, ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair dan beberapa masih lebih menyukai memakai sabun batang. Sebenarnya mana yang lebih baik, sabun cair atau batang?Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja."Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya bagaimana kenyamanan setiap orang, kan ada yang sukanya pakai sabun cari tapi ada juga yang lebih suka pakai batangan. Jadi tergantung selera, berganti sabun pun nggak masalah," tutur Atika saat berbincang di acara Lifebuoy, Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).Hal yang sama juga dipaparkan oleh Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani. Indri mengatakan sabun cair dan batang memang memiliki kandungan yang sama namun kenyamanannya berbeda. Indri mengklaim bahwa dengan memakai sabun cair, kulit terasa lebih segar dan memberikan ketenangan. Berbeda dengan sabun batangan yang hanya membersihkan saja. Meski demikian, pilihan tetap jatuh pada keputusan masing-masing."Mungkin kalau sa [...]

7 Sebab Anda Merasa Lapar Setelah Makan

7 Sebab Anda Merasa Lapar Setelah Makan

Apakah Anda tetap merasa lapar setelah makan banyak? Jika ya, maka jangan khawatir karena hal ini adalah normal. Kondisi terus merasa lapar ini bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh alasan mengapa Anda tetap merasa lapar walau sudah makan.1. Meminum banyak sodaSoda, es teh dan minuman manis lainnya memiliki kandungan sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) terbesar. Sebuah penelitian dari University of California menunjukkan bahwa fruktosa dapat membuat otak menginginkan makanan lebih banyak walau sebenarnya perut Anda sudah kenyang. Fruktosa bekerja dengan menghambat kemampuan tubuh menggunakan 'leptin', hormon kekenyangan yang memberitahu Anda ketika sudah makan banyak.2. Memakan makanan kalengBanyak makanan kaleng yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia bisphanol-A atau BPA tinggi. Food and Drug Administration mengatakan bahwa kandungan BPA tinggi merupakan bahan kimia yang dapat memberikan kerugian untuk tubuh. Menurut Harvard University, terlalu banyak mengonsumsi BPA dapat menyebabkan hormon leptin yang tak normal sehingga menyebabkan rasa lapar yang terus menerus dan obesitas.3. Makan sedikit saat sarapanSeb [...]

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Anda senang tertawa? Tertawa rupanya tidak hanya membuat seseorang merasa lebih baik. Menurut penelitian terbaru, aktivitas itu pun bisa membantu mengurangi rasa sakit.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian tentang tertawa itu dilakukan para peneliti di Universitas Oxford. Dalam penelitian tersebut, Professor Robin Dunbar dan teman-temannya, merekam jumlah tawa yang dihasilkan responden. Responden ketika direkam diminta menonton video komedi.Tawa responden yang menonton video komedi itu kemudian dibandingkan dengan mereka yang menonton film drama. Professor Dunbar juga mengukur toleransi responden pada rasa sakit.Dalam pengukuran itu, responden menjalani sejumlah tes. Mereka diukur berapa lama bisa tahan saat tangan ditempel tempat menaruh wine yang sudah beku dan berapa lama tahan berlutut dengan punggung menempel di dinding.Setelah diteliti terungkap kelompok yang menonton film komedi dan banyak tertawa, toleransinya pada rasa sakit cukup tinggi. Sementara mereka yang menonton video non komedi, tidak bisa mentoleransi rasa sakit. "Tertawa itu memang secara fisik melelahkan dan apapun yang membuat tubuh terkuras secara fisik memicu keluarnya endorphin, yang memang respon n [...]

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah dengan citarasa creamy ini juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sebagai makanan diet untuk bantu turunkan berat badan. Ternyata tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Biji alpukat pun menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan bagian buah yang seringkali terbuang ini disebut-sebut justru lebih sehat ketimbang daging alpukatnya sendiri. Biji alpukat memiliki lebih banyak antioksidan, dan seratnya juga lebih banyak ketimbang oatmeal.Sejumlah dokter juga mengatakan kalau biji alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, biji alpukat pun bisa mengurangi masalah pada pencernaan dan usus. Ini fakta-fakta kesehatan lainnya dari biji alpukat, seperti dikutip dari Live Strong.1. Kaya AntioksidanSebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada 2003 menemukan bahwa diantaranya biji buah lainnya seperti mangga, asam atau nangka, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar. Alpukat kemungkinan menyimpan 7 [...]

Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya merusak kulit, tapi juga berisiko menyebabkan kebutaan. Seorang jurnalis dan presenter Anderson Cooper bahkan pernah mengalami kebutaan sementara setelah syuting di luar ruangan selama beberapa jam. Penyebabnya, eye sunburn akibat sinar UV yang memantul di air dan mengenai matanya.Dijelaskan David Sendrowski, O.D., ketua dari ocular disease and chronic care service di Southern California College of Optometry, terkena sinar UV lebih dari 30 menit bisa merusak sel di lapisan terluar mata. Risiko bisa lebih tinggi apabila Anda berada di negara dengan iklin panas, di dekat salju atau air dimana sinar matahari bisa datang dari langit maupun permukaan yang memantulkan sinarnya.Gejala yang dialami umumnya sakit dan rasa terbakar pada mata, terasa ada sesuatu yang tersangkut di mata, lebih sensitif terhadap cahaya dan penglihatan kabur. Menurut David, gejala ini umumnya berkembang 24 sampai 36 jam pasca terpapar sinar matahari di luar ruangan. Untuk melindungi agar mata terlindung dari UVA dan UVB, tak ada cara yang lebih efektif selain menggunakan sunglasses. Anda pun harus cermat memilih kacamata yang digunakan. Ini tips memilihnya, s [...]

Riset: Sekali Anda Gemuk, Sulit Untuk Kembali Kurus

Riset: Sekali Anda Gemuk, Sulit Untuk Kembali Kurus

Beberapa orang yang bertubuh gemuk akan melakukan berbagai usaha untuk menurunkan berat badan. Namun menurut penelitian terbaru, sekali seseorang mengalami kegemukan, dia akan sulit kembali kurus.Penelitian tersebut merupakan bagian dari Medical Research Council?s National Survey of Health and Development. Penelitian itu melibatkan 25 ribu responden.Puluhan ribu responden itu terdiri dari 5.362 pria dan wanita yang lahir pada 1946 dan 20 pria dan wanita yang lahir pada 1958. Mereka diikuti kehidupannya dan dicatat berapa berat badan dan tekanan darahnya. Selama diteliti, para penelitia menemukan bahwa kedua kelompok usia itu sama-sama mengalami kenaikan berat badan pada 1980-an. Setelah masa itu, berat badan mereka naik terus secara bertahap."Sekali orang menjadi overweight, mereka akan terus naik berat badannya. Mereka sangat sulit kembali kurus," ujar pimpinan penelitian tersebut, Dr Rebecca Hardy seperti dikutip dari Daily Mail."Ada beberapa yang bisa menurunkan berat badan, tapi hanya beberapa yang bisa kembali ke berat semula. Cara terbaik adalah orang harus berusaha untuk tidak overweight," tambah Hardy sekaligus memberi saran.Dalam penelitian itu terungkap juga, pada pria [...]

Lingkungan Berperan Penting Dalam Perkembangan Autis

Lingkungan Berperan Penting Dalam Perkembangan Autis

Sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini, mengungkapkan, bahwa faktor lingkungan berperan penting dalam perkembangan autis. Genetic Heritability and Shared Environmental Factors Among Twin Pair With Autism, yang didanai oleh National of Health (NIH), memberikan informasi lebih lanjut bahwa gen saja tidak dapat menjelaskan kenaikan tingkat autis selama dua dekade terakhir. Sekarang jumlah autis 1:10000 untuk anak yang lahir pada tahun 1980, namun naik menjadi 1:110 pada tahun 1998. Peneliti mengatakan, ?kami memberikan bukti bahwa pengaruh faktor genetik pada pengembangan autis sangat berlebihan. Karena faktor lingkungan sebelum masa melahirkan (prenatal) dan sesudah melahirkan (postnatal) sangat mempengaruhi. Sebelum melahirkan dibagi dua lingkungan yang sama, dan beberapa faktor dari lingkungan mempengaruhi kerentanan terhadap autis yang mengarahkan efek dari masa krisis kehidupan. Lanjutnya, ?penelitian masa depan berusaha untuk menjelaskan faktor-faktor dan peran lingkungan dalam kerentanan genetik autis meningkat atau menurun serta agar kita mengetahui lebih dalam tentang autis itu.? Asosiasi Autis Nasional, bersama dengan beberapa organisasi lain dan ribuan keluarga, sec [...]

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Banyak wanita yang malas mengganti celana jeans lamanya dengan yang baru, karena merasa masih muat dikenakan. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan mengganggu kenyamanan perut setelah Anda makan besar.Seperti yang dikutip dari danone, Dr Oz, seorang ahli bedah yang sering menjadi pembicara di acara talk-show Oprah Winfrey, merasa setuju bahwa jeans terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. Selain itu, jeans ketat yang berpotongan di pinggang akan membuat makanan sulit menuju usus. Itu sebabnya jeans terlalu ketat bisa menyebabkan nyeri perut dan kram.Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut. Menurutnya, "jeans ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Banyak orang yang tidak sadar kalau nyeri itu akibat jeans."Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, ada baiknya Anda mengutamakan kenyamanan saat memilih jeans. Usahakan membeli jeans bermodel slip on --jeans dengan pinggang berkaret-- dan memiliki campuran bahan lycra. Selain tidak terlalu ketat, jeans se [...]

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Pada Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September lalu, pakar kesehatan menekankan bahwa 80% angka kematian dini karena penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dihindari apabila empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan, antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol (Depkes, 2014). Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan deteksi dan penanganan sejak dini. Tidak seperti gambaran sakit jantung yang banyak diketahui saat ini, penyakit jantung memiliki onset gejala yang lambat, dan sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Dan ketika gejala timbul, umumnya kerusakan yang terjadi sudah cukup berat. Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Walaupun begitu, penanganan masing-masing penyakit berbeda-beda. Orang yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya juga mungkin akan mengalami gejala yang berbeda pada serangan kedua. Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. U [...]

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Yoga menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang malas untuk latihan yang berat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari yoga. Sehingga tak heran banyak wanita yang kini beralih untuk ikut kelas yoga. Seperti dilansir dari webmd, setidaknya ada lima manfaat yang paling banyak terasa dari yoga. Berikut manfaat-manfaat tersebut.1. FleksibilitasKetika beberapa orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan seperti fitnes, sehingga merasa terlalu tua, dan tidak fit untuk melakukan yoga. Salah satu bagian dari yoga disebut asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan dan lubrikasi di sendi.Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi juga seluruh sel-sel tubuh Anda. Dalam suatu studi ditemukan bahwa terdapat peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan badan.2. KekuatanBeberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Mempraktikkan salah satu dari gaya ini akan membantu mening [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *