Cara Mengendalikan Diri dari Emosi yang Berlebihan

82556825.jpg

Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali. Bulan Ramadan, bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.

Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat Anda marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.

Akan tetapi, mereka tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Mischkowski dan tim penelitiannya menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari ‘gangguan’, lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk ‘menyerang’ orang lain.

“Kedengarannya memang sepele karena cara ini begitu mudah, tapi pikiran seperti itulah yang dapat mencegah amarah menjadi berlebihan,” tutur Mischkowski.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, berikut tiga langkah yang bisa dicoba:

1. Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. “Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka,” urai Mischkowski.

2. Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3. Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. “Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan,” ujar Mischkowski.

Oleh karena itu, sebaiknya kembali ‘menoleh kebelakang’ agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

(eya/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tepat Menyikapi BAB Berdarah Saat Hamil

Tepat Menyikapi BAB Berdarah Saat Hamil

Darah yang keluar saat buang air besar (BAB) kerap memicu kepanikan. BAB berdarah saat hamil merupakan salah satu kondisi yang harus diperhatikan, meski tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Ada dua penyebab utama BAB berdarah saat hamil yaitu wasir dan fisura ani. Penyebab Utama Wasir tergolong umum ditemukan pada ibu hamil, terutama pada trimester terakhir serta beberapa minggu setelah persalinan. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di bagian anus mengembang seperti bengkak. Pembuluh darah yang bengkak tersebut ketika dilalui tinja yang keras atau mengejan saat buang air besar, dapat robek dan terjadi perdarahan. Selain itu, tindakan mengelap anus yang mengalami pembuluh darah bengkak dengan tisu, juga dapat memicu perdarahan. Selain wasir, BAB berdarah saat hamil juga bisa disebabkan fisura ani, yaitu kondisi di mana dinding anus mengalami robekan. Hampir serupa dengan wasir, kondisi ini biasanya dipicu tinja yang keras lantaran konstipasi. Faktanya, konstipasi sangat sering terjadi pada saat kehamilan. Cara Mengatasi di Rumah Pada umumnya, BAB berdarah saat hamil yang disebabkan oleh wasir maupun fisura ani akan berhenti dengan sendirinya. Tapi Anda tetap perlu memeriksak [...]

Gangguan Mental Tak Pernah Puas dengan Bentuk Tubuh

Gangguan Mental Tak Pernah Puas dengan Bentuk Tubuh

Pasti banyak dari Anda yang sering mendengar kata-kata tersebut atau bahkan mengucapkannya sendiri. Bentuk tubuh seseorang dipengaruhi oleh penyebaran lemak di tubuh dan proporsi tubuh. Perlu diketahui bahwa patokan seorang gemuk atau tidak adalah dengan menggunakan indeks masa tubuh yaitu pembagian antara berat badan kuadrat dengan tinggi badan. Terdapat sebuah kondisi bernama body dysmorphic dysorder (BDD) yaitu sebuah gangguan cemas yang menyebabkan seseorang selalu terdistorsi saat melihat tubuhnya seperti melihat tubuhnya gemuk meskipun sebenarnya tidak atau selalu merasa jelek sehingga membuat ia selalu menghawatirkan penampilan. Bagi seseorang yang mengalami BDD, kondisi tersebut dapat membuat stres dan mengganggu kualitas hidup. Penderita BDD tidak dapat mengontrol pemikiran negatif yang ada di pikiran mereka dan hampir sulit bahkan sebagian besar tidak pernah percaya bila orang lain berkata kondisi tubuh mereka normal. Apa saja sih gejala BDD? Halaman beikut penjelasannya: Gejala BDD seringkali membandingkan penampilannya dengan orang lain menghabiskan waktu lama di depan kaca, namun dalam waktu lain dapat pula menghindari berhadapan depan kaca me [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Bahaya pemakaian skinny jeans terungkap pada Selasa (23/4/2015) kemarin dalam riset yang dimuat di Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry. Dalam penelitian itu disebutkan, akibat memakai skinny jeans, seorang wanita mengalami pembengkakan pada betis sehingga dia tidak bisa berjalan.Wanita 35 tahun yang tidak disebutkan namanya itu dalam riset tersebut mengaku dia memang banyak melakukan aktivitas dengan berjongkok saat menggunakan skinny jeans tersebut. Saat itu dia membantu saudaranya yang baru pindah rumah dengan membersihkan lemari.Setelah selesai membantu saudaranya, si wanita pun pulang ke rumah. Ketika berjalan pulang inilah tiba-tiba saja dia merasa mati rasa pada kakinya. Dia pun terjatuh dan tidak bisa berdiri lagi sendiri hingga ada orang yang membantunya. Dokter yang menanganinya di rumah sakit harus memotong celana jeans yang dipakainya itu karena terlalu ketat sehingga sulit untuk dilepaskan. Berkaca dari kasus yang dialami wanita di Australia itu, pertanyaan selanjutnya apakah memang memakai skinny jeans ini membahayakan? Padahal celana ini cukup menjadi favorit wanita karena bisa menimbulkan ilusi langsing. Sejumlah selebriti dan publik figur seperti [...]

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Bukan hanya artis, masyarakat awam pun kini semakin banyak yang ingin memiliki gigi yang putih untuk membuat tampilan senyum lebih menarik. Gigi yang mengalami perubahan warna, disebut juga diskolorasi gigi, dapat dirawat dengan perawatan pemutihan gigi (dental bleaching). Perawatan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti hidrogen peroksida. Bahan kimia yang digunakan pada prosedur dental bleaching ternyata dapat menyebabkan efek samping, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada gusi. Maka dari itu banyak penelitian yang mencoba mencari bahan alami sebagai alternatif bahan kimia pemutih gigi. Buah stroberi disebut-sebut sebagai salah satu cara alami yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Klik next untuk melanjutkan. Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami? Dari penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa buah belimbing juga berpotensi untuk dijadikan bahan pemutih gigi. Belimbing yang digunakan dalam penelitian ini adalah belimbing wuluh atau disebut juga belimbing asam (Averrhoa bilimbi), yang banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia. Buah ini mengandung asam oksalat dan peroksida, [...]

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Selama ini yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga berbahaya bagi tubuh salah satunya bisa membuat tubuh menjadi lelah dan berisiko terkena stroke.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan bonus bagi tubuh, sehingga orang berusaha untuk menikmati hal tersebut dan berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Tetapi menurut, Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur. Hal ini biasanya dinamakan 'sleep drunkenness'."Jika 'sleep drunkenness' sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil k [...]

Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

Lagu-lagu 'galau' milik Adele, Bruno Mars atau Sinead O'Connor ternyata tidak membuat pendengarnya bertambah galau saat putus cinta. Banyak orang yang mendengarkan lagu dengan tema dan nada mellow justru agar mereka merasa lebih bahagia.Hasil penelitian di Jepang telah membuktikan hal itu. Dari hasil studi, mendengarkan musik ballad dan bertempo lambat bisa memicu timbulnya emosi positif. Para peneliti dari Tokyo University mengklaim, hal ini terjadi karena musik bertema sedih bisa mengingatkan orang akan film-film atau situasi romantis. Perasaan romantis ini akan membuat orang merasa lebih bahagia secara signifikan.Penelitian bertujuan untuk mencari penjelasan kenapa orang senang mendengarkan lagu sedih. Ai Kawakami dan beberapa koleganya dari departemen Arts and the RIKEN Brain Science Institute di Tokyo University telah mengadakan studi terhadap 44 responden. Beberapa di antaranya merupakan musisi dan non-musisi. Para responden diminta mendengarkan dua jenis musik yang didefinisikan sebagai 'musik sedih' dan 'musik bahagia'. Kemudian setiap partisipan harus menggunakan beberapa padanan kata kunci untuk menilai persepsi mereka antara musik yang didengarkan dan tingkat emosi me [...]

Pro & Kontra Diet Minyak Kelapa Ala Miranda Kerr

Pro & Kontra Diet Minyak Kelapa Ala Miranda Kerr

Model Victoria's Secret, Miranda Kerr pernah mengatakan rahasia kecantikannya adalah diet minyak kelapa. Namun tak semua pakar membenarkan kiat tersebut, sebagian justru mengingatkan bahwa minyak kelapa bisa berbahaya jika diminum berlebihan.Salah seorang pakar yang meragukan manfaat diet minyak kelapa adalah Keith Ayoob, ahli nutrisi dari Albert Einstein College of Medicine. Ia mengatakan, anggapan bahwa minum minyak kelapa bisa menurunkan berat badan sulit diterima dengan akal sehat.Menurutnya, 1 sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori. Jika Miranda Kerr mengatakan rutin mengonsumsi minyak kelapa 3-4 sendok makan/hari, berarti ia telah menambahkan 468 kalori di luar makanan pokok yang ia makan sehari-hari."Dengan kalori sebanyak itu, saya akan lebih memilih mengonsumsi 1 ons cokelat hitam. Kandungan nutrisi bermanfaatnya lebih banyak dari minyak kelapa dan hasilnya akan lebih memuaskan," ungkap Ayoob seperti dikutip dari ABCNews.Bukan itu saja, minyak kelapa juga termasuk salah satu sumber lemak jenuh sehingga tidak dianjurkan untuk diminum dalam jumlah terlalu banyak. Lemak jenuh yang terlalu banyak akan meningkatkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau dikenal juga se [...]

Bahaya Perokok Pasif

Bahaya Perokok Pasif

Apakah perokok pasif itu? Perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok (dari orang yang merokok) dan langsung berasal dari sisa pembakaran rokok. Perokok pasif menghirup berbagai senyawa kimia diantaranya: Amonia: digunakan dalam produk pembersih lantai Butan: digunakan di dalam cairan pemantik Karbon monoksida: ditemukan di dalam knalpot mobil Kromium: digunakan untuk pembuatan besi Sianida: digunakan dalam pembuatan senjata api Formaldehid: digunakan pada industri kimia Timbal: bahan metal yang beracun Polonium: suatu substansi radioaktif Partikel-partikel berbahaya tersebut dapat bertahan di dalam udara selama beberapa jam atau lebih lama. Selain itu, bukan hanya asap saja yang menjadi fokus bahaya, tetapi juga residu yang menetap pada rambut serta pakaian, karpet, ataupun sofa (disebut juga perokok ketiga), juga memiliki risiko terutama pada anak-anak. Seberapa bahaya perokok pasif? Perokok pasif dapat berbahaya dan berkontribusi menjadi masalah penyakit yang serius termasuk: Penyakit paru Paparan terhadap asap rokok dapat membahayakan kondisi paru-paru terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) Penyaki [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *