Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

tertularflu.jpg

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?

Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala, seperti yang dikutip dari detikhealth.

Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.

Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.

Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.

Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun pada beberapa kasus ada juga yang berlangsung sekitar 1-4 hari. Karena itu periode dari masa inkubasi virus flu ini sangat pendek.

Saat sedang flu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus, sup atau cairan lain serta istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan menjaga kondisi agar tidak semakin memburuk.

Vaksinasi flu tahunan adalah salah satu cara untuk membangun perlindungan terhadap serangan virus flu. Meskipun vaksinasi ini tidak dapat memberikan perlindungan hingga 100 persen, tapi bisa mencegah kondisi agar tidak memburuk.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan diri, menutup hidung dan mulut saat bersin, mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin serta konsumsi air yang cukup.

(ver/ir)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Batuk

5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan jenis penyakit ringan, tapi meresahkan. Apalagi ketika cuaca sedang tidak stabil seperti akhir-akhir ini. Batuk menjadi bentuk pertahanan tubuh yang terjadi secara reflek, sehingga bisa mengeluarkan dahak yang berasal dari saluran pernapasan. Dikutip Buzzle, dari hasil survei menunjukan, lebih dari 40 juta jiwa pergi ke dokter setiap tahunnya untuk mengobati batuk.Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Ada 'resep' obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba. Lima bahan alami ini telah dipercaya sejak nenek moyang untuk mengobati batuk.1.Madu dan LemonCampuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.2. Teh JaheDi Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari. 3.KunyitTambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk [...]

Dampak Kerja Berlebihan Pada Ibu Hamil

Dampak Kerja Berlebihan Pada Ibu Hamil

Sebuah temuan penelitian yang diterbitkan di Occupational & Environmental Medicine memaparkan terdapat hubungan antara ibu hamil yang bekerja lebih lama melakukan posisi tubuh yang melelahkan kaki (berdiri, berjalan jauh, dan sebagainya) dengan kondisi potensi melahirkan bayi dengan ukuran lebih kecil. Disebutkan ibu hamil yang bekerja bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu dengan memforsir aktivitas kaki, seperti teller bank, mengajar, dan sebagainya memiliki potensi melahirkan bayi dengan ukuran lingkar kepala rata-rata 1cm lebih kecil dari ukuran rata-rata normal. Partisipan penelitian yang diteliti adalah para ibu hamil yang tengah bekerja dengan rentang kisaran 25 hingga 40 jam kerja dalam seminggu. Ditemukan wanita yang bekerja lebih dari 40 jam kerja dalam seminggu memiliki ukuran bayi yang lebih kecil dibandingkan wanita yang bekerja kurang dari 25 jam kerja dalam sepekan. Perbedaan berat dan ukuran kepala bayi ditemukan secara signifikan pada usia kehamilan memasuki trimester ketiga dan seterusnya. Namun demikian, penelitian ini belum dapat menunjukkan apakah perbedaan ukuran bayi yang ada mempengaruhi dalam waktu jangka panjang atau tidak. Penelitian yang dilakukan [...]

Hindari Stres: Temukan penyebabnya!

Hindari Stres: Temukan penyebabnya!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anak menangis, tagihan kartu kredit telah jatuh tempo, tumpukan pekerjaan di meja kerja Anda dan hal lainnya yang membuat Anda stres sering Anda jumpai sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri, semua orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami stres. Hanya bagaimana kita menyikapinya, tentu berbeda-beda pada setiap orang. Tipe-tipe stres Stres merupakan suatu reaksi tubuh terhadap tuntutan pada seseorang. Stresor (pemicu stres) merupakan kondisi sekitar yang dapat memicu stres. Stres Akut Merupakan reaksi tubuh yang segera terhadap suatu ancaman, tantangan atau ketakutan. Respon stres akut bersifat segera dan stres, dan dalam kondisi tertentu dapat memacu adrenalin. Sebagai contoh adalah: interview kerja atau saat sedang mengerjakan tes. Suatu episode stres akut yang berlangsung sesekali tidak akan menyebabkan masalah bagi kesehatan. Namun jika dibiarkan dapat mengakibatkan gangguan mental dan bahkan gangguan fisik seperti serangan jantung. Stres Kronis Stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri kepala dan insomnia. Ketahui Stresor Anda Manajemen stres yang efektif dapat dimulai dengan mengetahui [...]

Berolahraga Setelah Melahirkan

Berolahraga Setelah Melahirkan

Oleh: dr. Nadia Octavia Olahraga mungkin merupakan hal terakhir yang ada di pikiran Anda setelah melahirkan. Namun berolahraga pasca melahirkan merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Ikuti tips-tips berikut: Keuntungan berolahraga setelah proses melahirkan Menurunkan berat badan Meningkatkan fungsi kardiovaskular Meningkatkan kekuatan dan membentuk otot Meningkatkan mood Anda Menghilangkan stres Membantu dan mencegah depresi pasca melahirkan Olahraga dan menyusui Olahraga tidak akan menurunkan volume atau komposisi ASI. Namun beberapa studi menunjukkan bahwa asam laktat yang terbentuk akibat aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan rasa asam pada ASI yang kurang disukai bayi. Oleh karena sebagai alternatif, Anda dapat memberikan ASI atau memompa ASI sebelum berolahraga. Waktu yang tepat memulai berolahraga Dahulu, kalangan medis menganjurkan wanita untuk menunggu setidaknya 6 minggu setelah proses melahirkan untuk berolahraga. Namun, jika proses melahirkan Anda normal dan tidak ada komplikasi, Anda dapat memulai berolahraga secepatnya Anda siap. Jika Anda menjalani operasi caesar atau memiliki riwayat melahirkan dengan kompli [...]

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi yang semakin merusak motor neuron, bisa diobati dengan enzim lithium, unsur alami yang sangat murah dan telah digunakan untuk gangguan kejiwaan lainnya. Peneliti di Sao Paulo Universitas di Brazil, dipimpin oleh Dr. Orestes Forlenze, telah menemukan obat penyakit alzheimer. ?Apa yang kami kerjakan menunjukkan bahwa lithium dapat menyerap produksi amyloid pada penderita alzheimer. Percobaan pada tikus menunjukkan tikus mengalami mutasi. Mutasi itu sama dengan mutasi yang menyebabkan penyakit alzheimer,? ujarnya. Penelitian ini memeriksa 41 orang di atas usia 60 tahun dengan gangguan kognitif ringan, dengan mengambil dosis rendah dari lithium setiap hari selama satu tahun. Semua berjalan melalui tes memori dan perhatian, lalu sampel cairan otak dianalisis untuk mengetahui konsentrasinya. Walaupun semua peserta menunjukkan penurunan fungsi memori selama satu tahun, namun lithium menunjukkan bentuk protein untuk mencegah penyakit alzheimer dalam cairan cerebrospinal mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry, Jumat [...]

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, kini terapi hipnosis atau hipnoterapi digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan. Terdapat banyak anggapan tentang kegunaan hipnoterapi, meski hingga saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo. Mengurangi Ketegangan Hipnosis dalam hipnoterapi, sebagaimana teknik relaksasi lain, membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memasukkan sugesti. Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian lain menunjukkan, pasien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pe [...]

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Cacing pita dapat masuk ke dalam tubuh siapa saja, kemudian menyebabkan infeksi. Kenali gejala-gejala infeksi cacing pita dan cara mengatasinya. Cacing pita juga dikenal dengan nama cestodes. Tubuhnya bertekstur rata, menyerupai pita dan memiliki ruas-ruas pada tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa bisa mencapai 9 meter. Mengonsumsi makanan atau air yang mengandung larva atau telur cacing pita merupakan penyebab terjadinya infeksi cacing pita. Telur cacing pita yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat menetas sehingga menyebabkan infeksi usus. Sementara itu, jika telur cacing pita berhasil keluar dari saluran pencernaan, dapat memasuki jaringan tubuh atau organ lain sehingga menyebabkan infeksi yang bersifat invasif. Mengenali Gejala Umumnya infeksi usus akibat cacing pita tergolong ringan. Meski demikian, infeksi yang bersifat invasif karena cacing pita bermigrasi keluar saluran pencernaan, dapat memicu komplikasi yang lebih berbahaya. Seringkali orang yang terkena infeksi usus akibat cacing pita tidak merasakan gejala apa pun. Beberapa gejala yang dapat terjadi ketika mengalami infeksi usus antara lain mual, sakit perut, lemah, kehilangan nafsu makan, diare, turun berat badan [...]

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat atau dalam istilah medisnya Gout arthritis, yaitu suatu peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi, seringkali diasosiasikan dengan diet dan pola makan. Apa hubungan antara pola makan dengan asam urat? Gout arthritis terjadi ketika level asam urat yang tinggi dalam darah Anda menyebabkan pembentukan kristal dan terakumulasi pada sendi. Tubuh memproduksi asam urat dari pemecahan purin. Purin secara alami terdapat di dalam tubuh namun Anda banyak mendapatkannya dari makanan seperti jeroan, ikan sarden, makarel, kerang, dan sebagainya. Jika Anda membatasi makanan yang tinggi akan purin, maka akan membantu mengurangi serangan asam urat dan mengurangi derajat keparahannya. Diet bukan merupakan terapi utama dalam menangani gout, hanya dapat membantu mengurangi frekuensi serangan. Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Pada prinsipnya, diet ini adalah membatasi asupan makanan yang tinggi purin seperti produk hewani, yang membantu kontrol produksi asam urat dalam tubuh. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebih, segera turunka [...]

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Musim liburan akan segera tiba, saatnya membuat rencana liburan panjang bersama keluarga. Tapi hati-hati, menurut survei kelamaan liburan bisa buat produktivitas otak menurun.Sejak tahun 2004 hingga 2008, The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut melakukan survei dan menganalisa lebih dari 1 juta kasus kemunduran otak atau short-term disability akibat liburan panjang. Para pakar menduga hal itu disebabkan karena pada saat liburan otak jarang diasah.Di Amerika, short-term disability diketahui banyak terjadi pada bulan November dan Desember. Namun pada bulan Januari dan Februari, penyakit kemunduran otak sesaat itu justru diikuti dengan berbagai penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Sebanyak dua pertiga partisipan diketahui mengalami gejala tersebut.Gejala seperti itu bukan sesuatu yang aneh lagi di sana. Hal ini karena pada saat itu suhu cuaca rendah akibat musim dingin bisa bantu tingkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, kecelakaan dan depresi."Orang-orang sangat senang ketika libur panjang tiba karena mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Tapi ketika bulan Januari datang dan mereka harus kembali menjalani rutinitas ker [...]

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Baru-baru ini sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa konsumsi serangga memberikan efek kesehatan yang baik. Sumber nutrisi di dalam serangga ternyata baik bagi kesehatan dan dapat membantu mencegah obesitas. Belahan dunia Afrika dan Asia merupakan wilayah percontohan yang telah menunjukkan bahwa konsumsi serangga tidak berbahaya. Serangga seperti belalang, rayap semut telah diolah sedemikian rupa oleh bangsa Afrika dan Asia menjadi makanan yang garing dan renyah serta bernutrisi tinggi. Di beberapa negara Asia dan Afrika, serangga memang merupakan makanan ringan tradisional yang umum dijual di pinggir jalan sebagai makanan cemilan pinggir jalan yang gurih dan terjangkau. Dan percaya atau tidak, ternyata serangga dilaporkan oleh Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) sebagai sumber nutrisi protein setinggi daging sapi dan menyehatkan. Berikut penjelasannya: Serangga Ternyata Berprotein Tinggi Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) melaporkan ba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *