Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

tertularflu.jpg

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?

Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala, seperti yang dikutip dari detikhealth.

Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.

Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.

Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.

Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun pada beberapa kasus ada juga yang berlangsung sekitar 1-4 hari. Karena itu periode dari masa inkubasi virus flu ini sangat pendek.

Saat sedang flu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus, sup atau cairan lain serta istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan menjaga kondisi agar tidak semakin memburuk.

Vaksinasi flu tahunan adalah salah satu cara untuk membangun perlindungan terhadap serangan virus flu. Meskipun vaksinasi ini tidak dapat memberikan perlindungan hingga 100 persen, tapi bisa mencegah kondisi agar tidak memburuk.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan diri, menutup hidung dan mulut saat bersin, mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin serta konsumsi air yang cukup.

(ver/ir)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau juga baik untuk daya ingat.Para peneliti di University of Basel, Jerman mengklaim, teh hijau bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif pada manusia termasuk salah satunya memori di otak. Bahkan penemuan ini juga menyebutkan kalau teh hijau mungkin saja bisa digunakan sebagai bagian dari perawatan demensia dan gangguan kejiwaan. Ekstrak teh hijau ini bisa meningkatkan efektivitas daya ingat pada manusia. Para peneliti melihat ada peningkatan memori yang cukup signifikan setelah responden mengonsumsi teh hijau. Penemuan ini menjelaskan bahwa teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kehilangan ingatan yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau trauma.Dalam penelitian, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.Hasil penelit [...]

Macam-macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Macam-macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Selama ini, banyak yang menganggap pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang. Benarkah hal tersebut? Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang biasa disebut dengan osteoporosis. Pengapuran tulang dan sendi memiliki bahasa medis osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut. Kondisi Yang Menyebabkan Osteoarthritis Penyebab dari rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum bisa dipastikan. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis. Faktor usia memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau osteoarthritis. Wanita juga dianggap lebih berisiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama patut diperhatikan. Ost [...]

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Sering tumbuh jerawat di dahi, sekitar pipi atau hidung? Jika Anda pengguna kacamata, bisa jadi kacamata Anda penyebabnya. Penyimpanan dan perawatan kacamata yang kurang tepat memang bisa menimbulkan jerawat. Agar terhindar dari masalah kulit akibat pemakaian kacamata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.1. Bersihkan Kacamata Secara BerkalaBingkai kacamata berpotensi menumpuk bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat, maka penting untuk membersihkannya minimal satu kali sehari. Marni Bessler, dokter mata asal New Jersey menyarankan untuk mengelap kacamata Anda dengan kain halus yang sudah dibasahi campuran air dan sabun. Menggunakan alkohol atau tisu basah juga bisa menjadi alternatif.2. Gunakan Kosmetik Bebas MinyakDermatologis Chynna Steele mengatakan, tekanan dari bingkai kacamata akan menutupi pori-pori kulit dan bisa membuat kosmetik apapun yang Anda kenakan menjadi komedogenik (menyumbat pori-pori).Maka dari itu, selalu gunakan produk yang non-komedogenik yang bebas minyak dan terbuat dari partikel-partikel lebih kecil sehingga tidak mudah menyumbat pori. "Make-up mineral bisa jadi pilihan terbaik karena dia transparan dan ringan," ujar Chynna seperti dikutip [...]

Atasi Gigi Ngilu Setelah Dental Bleaching

Atasi Gigi Ngilu Setelah Dental Bleaching

Oleh: drg. Martha Mozartha Pemutihan gigi, atau dental bleaching, telah merupakan prosedur rutin di klinik-klinik gigi saat ini, dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan estetik. Jenis perawatan ini dapat dilakukan oleh dokter gigi di klinik atau dilakukan oleh pasien sendiri di rumah, tentunya setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Banyak juga bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran atau dijual secara bebas di internet, namun hal ini kurang disarankan mengingat efek samping yang mungkin terjadi sulit untuk dikontrol. Gigi yang berubah warna, misalnya gigi kuning pada peminum teh/kopi atau pada perokok, dapat diputihkan kembali hingga derajat tertentu dengan perawatan ini menggunakan bahan kimia. Meskipun merk-merk yang umum digunakan dokter gigi di klinik sudah lolos uji dan dinyatakan aman, prosedur ini tetap berpotensi menimbulkan efek samping. Bahan kimia yang digunakan untuk pemutihan gigi di klinik umumnya hidrogen peroksida dengan kadar efektif untuk memutihkan gigi yaitu sekitar 30-35%. Bahan ini dapat memicu timbulnya rasa ngilu pada gigi selama atau setelah perawatan. Beberapa jenis merk bahan pemutih gigi mengeluarkan produk yang disebut [...]

Mengenali Anatomi Vagina

Mengenali Anatomi Vagina

Bentuk dan karakteristik vagina berbeda-beda dan unik pada tiap orang, sehingga vagina yang berbeda belum tentu bisa disebut tidak normal. Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Vagina adalah saluran elastis dengan panjang kurang lebih 8 sentimeter yang menghubungkan rahim dengan area luar tubuh. Dengan lapisan yang lembut dan fleksibel yang dapat memproduksi pelumas dan sensasi tertentu, vagina menjadi ruang masuk penis selama berhubungan seksual. Namun dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi. Jalan masuk ke vagina disebut vulva. Vulva adalah bagian eksternal dari organ kewanitaan yang meliputi bukaan vagina, bibir vagina atau labia dan klitoris yang terletak pada bagian terluar vagina. Labia atau bibir vagina pun berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Pada beberapa kasus yang sangat jarang, bibir vagina yang terlalu besar dapat memengaruhi kenyamanan wanita saat duduk. Sementara yang disebut selaput dara adalah lapisan memb [...]

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Merawat organ intim adalah hal yang patut dilakukan oleh setiap orang, terlebih lagi para wanita. Dengan membersihkannya secara rutin, organ tubuh yang letaknya 'tersembunyi' itu akan tetap terjaga sepanjang hari.Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika vagina mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, para wanita mulai khawatir dan berpikiran bahwa telah terjadi sesuatu pada area genitalnya. Maka tak heran mereka rajin membersihkan vagina dengan sabun pembersih kewanitaan dan berharap aroma yang kurang menyenangkan itu bisa hilang.Diterangkan oleh dr. Febriansyah Darus, Sp.OG, setiap wanita memiliki aroma 'khas' yang berbeda-beda. Kondisi vagina yang normal akan memiliki aroma kesturi, terkadang seperti bau darah saat sedang mengalami menstruasi.Tetapi ada pula aroma yang cenderung amis seperti bau ikan asin dan cenderung menyengat. Salah satu penyebab aroma tak sedap ini bisa diakibatkan karena infeksi yang terjadi di dalam vagina. Tetapi jangan dulu khawatir, dokter lulusan fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang ini mengatakan, aroma tak sedap itu bisa diminimalisir."Kalau aroma tak sedap itu disebabkan karena infeksi, ketika infeksinya mulai mereda, baunya akan hila [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Hamil

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Hamil

Oleh: dr. Jessica Florencia Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun ada juga yang menemukan bahwa kuk [...]

Menangani Diare pada Bayi

Menangani Diare pada Bayi

Diare merupakan salah satu penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia. Di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian bayi dengan persentase mencapai 31,4%. Sebesar 25% di antaranya adalah balita berumur 1-4 tahun akibat diare yang berujung kepada kondisi dehidrasi. Apa Saja Penyebab Diare? Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan, antara lain: Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang banyak menyentuh benda yang belum tentu bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke mulut. Selain itu, kekebalan tubuh mereka yang masih dalam tahap berkembang juga membuat mereka lebih rentan tertular penyakit. Keracunan makanan. Terlalu banyak mengonsumsi jus buah. Alergi terhadap obat-obatan tertentu. Alergi terhadap makanan tertentu. Bayi yang sudah bisa mencerna makanan padat dan sedang mengalami diare sebaiknya untuk sementara menjauhi makanan yang berminyak, yang berserat tinggi, yang manis seperti kue dan produk-produk susu. Ini karena jenis makanan tersebut dapat memperburuk gejala diare mereka. Mendeteksi Tekstur Tinja Bayi Cara terbaik untuk mendeteksi penyakit ini a [...]

Memilih Terapi Stroke yang Tepat

Memilih Terapi Stroke yang Tepat

Kerusakan otak akibat stroke bisa menyebar dan menjadi masalah jangka panjang. Agar kualitas hidup penderita stroke kian terjaga, maka diperlukan terapi stroke. Stroke bisa menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan atau berkurangnya kemampuan fungsi tubuh. Meski penderita stroke ada yang bisa pulih sepenuhnya dalam waktu singkat, tapi umumnya penderita stroke membutuhkan dukungan jangka panjang untuk mengembalikan fungsi tubuhnya agar lebih mandiri. Terapi Stroke yang Bisa Dilakukan Agar penderita stroke bisa menjalani hidup lebih berkualitas, ada beberapa terapi yang bisa diberikan, di antaranya: Terapi fisik Serangan stroke bisa memperlemah otot-otot pada tubuh penderitanya. Hal ini membuat tubuh dan sendi susah bergerak. Efeknya koordinasi tubuh jadi berkurang sekaligus susah berjalan dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Terapi fisik membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan memperkuat otot tubuh. Terapi fisik sendiri merupakan terapi yang dilakukan oleh ahli kesehatan yang akan mengevaluasi masalah fisik dan cedera seseorang.. Jika masalah fisik yang diderita terlalu parah, maka bisa dibantu dengan alat dalam rangka memperlancar pemulihan gangguan motorik pasien. Te [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *