Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan

keringat.jpg

Apakah Anda pernah menghindari berjabat tangan dengan orang lain karena tangan Anda berkeringat ? Atau apakah kaki Anda mengeluarkan banyak keringat seingga kaus kaki dan sepatu yang Anda pakai selalu bau?

Bila Anda mengalaminya, mungkin saja Anda menderita hyperhidrosis atau kelainan yang menyebabkan produksi keringat berlebih. Namun meskipun tidak menderita penyakit tersebut, keringat berlebih akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan minder karena keringat dapat membuat tubuh Anda basah dan bau. Beberapa tips dibawah ini dapat berguna untuk mengurangi keringat berlebih di tubuh, seperti dirangkum dari Wiki How.

1. Gunakan Deodoran
Pilih deodoran yang berlabel antiperspirant. Karena deodoran tanpa antiperspirant hanya akan menutup bau yang dihasilkan keringat namun tidak mengurangi jumlah keringatnya.

Cari yang mengandung formula ‘clinical strenght’ karena akan lebih efektif mengurangi produksi keringat. Jika kaki Anda yang sering berkeringat, gunakan antiperspirant berbentuk spray dan semprotkan di bagian kaki dan sela-sela jari.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat
Gunakan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, seperi busana dari bahan katun. Anda juga bisa memilih baju yang longgar dan terbuat dari linen.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan baju dalam untuk menyerap keringat seperti kamisol. Memilih warna yang tepat juga pentng. Bila Anda mengenakan baju berwarna putih, bekas keringat akan lebih terlihat. Sebaiknya pilih baju berwarna gelap atau bermotif.

Jika cuaca sedang panas dan Anda berencana untuk berkegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk siapkan baju ganti. Ganti baju saat badan terasa mulai basah, jangan lupa untuk mengelap keringat sebelumnya.

3. Pilih Sepatu yang Tepat
Untuk kaki yang berkeringat, pilih sepatu yang memungkinkan kaki untuk bernafas. Sepatu yang berbahan kulit asli atau bahan natural lainnya bisa mengurangi pembentukan keringat pada kaki. Bila memungkinkan, sebisa mungkin gunakan sandal agar kaki Anda dapat bernafas.

4. Mengubah Lifestyle
Perpaduan makanan pedas dan bawang tidak dianjurkan. Makanan yang mengandung cabai akan membuat keringat Anda semakin banyak, sedangkan bawang-bawangan akan membuat keringat Anda berbau tidak sedap.

Berat badan juga dapat mempengaruhi produksi keringat. Bila Anda merasa berat badan Anda berlebih lebih baik turunkan berat badan karena semakin berat maka akan semakin mudah Anda berkeringat. Yang terpenting selalu jaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi dua kali sehari dan sering mengganti baju. Saat mandi, Anda juga bisa menambahkan aromaterapi yang dapat membuat Anda lebih harum.

5. Minta Bantuan Medis
Bila keringat Anda sudah berlebih dan tidak terkontrol, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter untuk meminta bantuan. Dokter akan mengambil sampel darah untuk melihat apakah ada kelainan di tubuh Anda.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yang Terjadi selama Siklus Menstruasi

Yang Terjadi selama Siklus Menstruasi

Menstruasi adalah hal yang wajar dialami oleh seorang wanita. Meski sudah dialami sejak masih remaja, tidak semua wanita tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh selama siklus menstruasi. Siklus menstruasi adalah perubahan dalam tubuh wanita, khususnya pada bagian organ reproduksi. Yaitu ketika lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur. Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda antara 23-35 hari, namun rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Pada dasarnya, siklus menstruasi dibagi menjadi beberapa fase yang diatur oleh lima hormon di dalam tubuh. Estrogen Hormon yang diproduksi pada ovarium ini sangat berperan di dalam tubuh, terutama pada ovulasi dalam siklus reproduksi wanita. Hormon ini juga berperan pada perubahan tubuh remaja dalam masa pubertas serta terlibat dalam pembentukan kembali lapisan rahim setelah periode menstruasi. Progesteron Hormon ini bekerjasama dengan estrogen guna menjaga siklus reproduksi dan menjaga kehamilan. Sama dengan estrogen, progesteron juga diproduksi di ovarium dan berperan dalam penebalan dinding rahim. Hormon pelepas gonadotropin (Gonadotrophin-releasing hormone ? GnRh) Dipro [...]

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Penyakit hernia biasa disebut dengan turun berok. Kondisi ini terjadi akibat adanya kelemahan atau kelainan pada otot sehingga organ tubuh tidak tersangga pada tempat sebenarnya. Jenis penyakit hernia sendiri ada banyak. Ada jenis hernia yang lebih sering ditemukan pada pria. Tapi ada juga beberapa jenis yang justru lebih sering ditemui pada tubuh wanita. Apa saja jenis hernia yang sering hinggap pada kaum wanita? Hernia sendiri adalah kondisi ketika organ pada tubuh berada di luar dari posisi yang semestinya. Hal tersebut dikarenakan otot-otot yang melemah sehingga tidak kuat menahan organ tersebut. Sebagai akibatnya, organ dalam tubuh akan keluar melalui celah-celah otot yang melemah hingga terus menjalar ke bagian dalam kulit dan membentuk tonjolan jika dilihat dari permukaan luar kulit. Ada empat jenis hernia yang dapat ditemui pada wanita. Jenis-jenis hernia itu adalah hernia fermoralis, hernia hiatus, hernia umbilikus, dan hernia inguinalis tidak langsung. Hernia fermoralis. Kondisi ini terjadi ketika usus mencuat ke bagian paha atas atau selangkangan. Hasilnya Anda akan melihat adanya tonjolan pada area tersebut. Risiko wanita tiga kali lebih tinggi terkena hernia jenis [...]

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Kondisi mata merah pada anak bisa sangat mengejutkan. Tapi jangan asal pilih obat sakit mata. Pengobatan mata merah pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mata merah atau konjungivitis merupakan peradangan pada lapisan transparan yang melindungi bagian putih pada mata. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah menjadi terlihat, sehingga memperlihatkan kondisi mata merah tersebut. Kemungkinan penyebab mata merah yaitu virus dan bakteri. Sakit mata yang diakibatkan keduanya sangat mudah menular. Selain itu, mata merah pada anak juga dapat dipicu oleh alergi, seperti tungau debu, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara, dan lain-lain. Mengatasi dengan Tepat Mata merah yang disebabkan virus umumnya akan sembuh tanpa perlu pengobatan. Sementara, mata merah akibat infeksi bakteri dapat dikenali dari keluarnya cairan kuning dari mata, sehingga membuat kelopak mata menjadi rapat ataupun bengkak. Untuk kasus semacam ini, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata ataupun salep. Demikian juga jika mata merah yang terjadi tergolong parah atau berlangsung lebih dari dua minggu. Ada dua jenis antibiotik untuk obat sakit mata merah yang umumnya diresepka [...]

Cegah Asthma dengan Banyak Makan Sayur dan Buah

Cegah Asthma dengan Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah yang kaya serat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi juga bisa mencegah penyakit asthma. Begitu menurut hasil studi yang dilakukan baru-baru ini.Penelitian yang dilakukan University of Lausanne, Swiss tersebut menggunakan tikus sebagai eksperimen. Tikus percobaan yang diberi diet kaya serat mengalami peradangan pada paru-paru lebih ringan ketika terkena debu dan kutu rumah yang diketahui bisa memicu serangan asthma. Sedangkan tikus yang hanya diberi sedikit makanan kaya serat, peradangan pada parunya lebih besar.Para peneliti mengatakan, penemuan tersebut memiliki relevansi yang cukup kuat pada manusia. Sebab telah ada berbagai bukti bahwa apapun yang manusia konsumsi bisa memengaruhi perkembangan sel-sel imun dalam tubuh.Seperti dikutip dari Daily Mail, hasil studi ini cukup berkaitan dengan penelitian sebelumnya bahwa penyakit asthma dan irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus bisa disebabkan oleh reaksi peradangan yang sama. Orang yang mengalami IBS dua kali besar berisiko menderita gejala asthma. IBS merupakan gangguan pencernaan yang menimbulkan gejala tak nyaman pada perut. Di antaranya kram, kembung, gangguan fungsi usu [...]

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.Belum diketahui secara pasti kenapa para peng [...]

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol ke dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos. Dokter gigi Bill Kohn dari Delta Dental Plans Association menjelaskan hal-hal apa saja yang sering dilakukan orang dalam merawat gigi, tapi justru berpotensi merusaknya.1. Menyikat Gigi Dua ArahOrang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis e-mail gigi karena gerakannya statis, sehingga hanya bagian itu saja yang disikat. Bill menyarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.2. Kurang LamaKebanyakan orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Dokter spesialis kosmetik gigi, drg. Hilly Gayatri mengatakan, perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flos [...]

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Sebagian besar wanita mengeluhkan rasa sakit pada telapak kaki serta tumitnya saat mengenakan high heels. Fashion item yang satu ini memang menjadi dilema bagi para wanita. Di satu sisi, high heels membuat tampilan wanita lebih menarik, tapi di sisi lain juga menyiksa kaki.Tapi kini rasa sakit saat memakai high heels bisa diatasi berkat penemuan terbaru ini. Seorang dokter bedah plastik menciptakan spray yang bisa membuat kaki 'mati rasa' saat memakai high heels. Spray 'Heel No Pain' keluaran Biochemistry ini diklaim bisa meredakan rasa sakit pada telapak kaki serta tumit hingga tiga jam."Rasa sakitnya bisa hilang dan bertahan dua hingga tiga jam. Waktu yang cukup untuk tampil di pesta atau red carpet," ujar Dr. Randal Haworth, spesialis bedah plastik asal Beverly Hills yang menciptakan spray ini, seperti dikutip dari Mail Online.Dr Randal telah mengembangkan spray ini selama lebih dari dua tahun. Idenya berasal dari para pasien wanita yang meminta dirinya memasukkan bantalan di ujung tumitnya. Ia pun mencoba injeksi filler, namun prosesnya sangat menyakitkan dan hasil bisa berbeda-beda tiap pasien. Belum lagi efek samping yang mungkin terjadi.'Heel No Pain pada dasarnya adalah [...]

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak banyak menjadi pilihan wanita yang bosan atau tak suka dengan penggunaan kacamata. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan banyak pengguna lensa kontak yang malas mengikuti aturan dan cara pemakaian yang tepat. Seperti yang dikutip dari Webmd, sebanyak 80 persen orang tahu betul mengenai aturan dan cara pemakaian lensa kontak dengan benar. Tetapi hanya dua persen yang benar-benar melakukan aturan tersebut. Dan kurang dari satu persen yang mau mencuci tangan mereka sebelum memakai lensa kontak, menggunakan cairan pembersih khusus dan tidak mengenakan lensa kontak terlalu sering. Survei yang diterbitkan dalam jurnal 'Optometry and Vision Science' itu, dilakukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan mata dalam praktek swasta atau universitas. Sebagian besar, yaitu 85 persen dari peserta survei telah merasa menepati petunjuk pemakaian lensa kontak, tetapi hanya 0,4 persen yang mengikuti semua petunjuk. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai lensa kontak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari komplikasi. Namun, sedikit yang benar-benar mengikuti semua rekomendasi. Komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pemakai lensa kontak [...]

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selain mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, serta mencegah penularan infeksi penyakit kelamin, ternyata kondom juga memiliki fungsi perlindungan terhadap vagina. Dengan cara apa? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di negara Cina menyatakan bahwa kondom dapat memicu perkembangan bakteria (flora) ?baik? atau ?menguntungkan? dalam vagina. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan kondom memiliki flora (bakteri) menguntungkan di dalam vagina lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang memakai jenis kontrasepsi tipe lain. Bakteri yang mereka teliti adalah Lactobacillus. Para peneliti dari Beijing Friendship Hospital meniliti wanita menikah yang berasal dari Cina dengan usia antara 18 ? 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal. Daintara subjek, 72 orang wanita menggunakan kondom, 57 subjek memakai IUD (spiral) dan 35 wanita menggunakan metode tanggalan. Para peneliti mefokuskan penelitian pada bakteri lactobacillus, yaitu sekelompok bakteri yang secara normal berada dalam vagina pada kebanyakan wanita. Bakteri ini memproduksi asam laktat dan hydrogen peroxide, yang membantu memelihara keasaman da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *