Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

kolesterol.jpg

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:

1. Berhenti Merokok
Menghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Jika Anda terbiasa merokok, hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga.

2. Banyak Berolahraga
Olahraga adalah pengobatan terbaik bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40 sampai 60 menit per hari akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen. Untuk itu, tidak penting apapun jenis olahraga yang Anda lakukan, yang terpenting adalah intensitas latihan setiap harinya.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Untuk mengurangi kolesterol, yang terpenting adalah menjaga asupan makanan Anda. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Anda juga perlu mengurangi konsumsi daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh produk susu dan makanan yang digoreng. Hal ini karena lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat). Asupan harian yang direkomendasikan untuk konsumsi lemak jenuh adalah 20 gram atau kurang, jadi waspadalah terhadap makanan yang mengandung tingkat lemak jenuh atau trans yang tinggi dan pastikan Anda tetap di bawah level harian yang direkomendasikan.

4. Hindari Minuman Beralkohol
Konsumsi alkohol yang normal terdiri dari satu sampai dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita. Namun, jika Anda melebihi jumlah ini, kemungkinan tubuh untuk menyimpan lemak bertambah. Ukuran pinggang juga akan melebar (belly beer) sehingga secara tidak langsung meningkatkan kadar kolesterol.

5. Turunkan Berat Badan
Berusahalah menurunkan berat badan jika Anda obesitas atau kelebihan bobot tubuh. Mulailah latihan setiap hari, setiap jenis kegiatan tambahan akan bekerja dengan baik. Untuk memulainya, lakukan kegiatan ringan seperti berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda dan berolahraga karena akan membantu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

Obesitas dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai resistensi insulin, suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan benar. Dari pankreas, insulin mengubah glukosa ke dalam darah dan kemudian menjadi energi. Resistensi insulin bisa menyebabkan diabetes dan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Makan Bayam
Konsumsi bayam secara rutin juga akan mengurangi kadar kolesterol Anda. Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Konsumsi 1/2 cangkir makanan kaya lutein ini setiap hari dapat menjaga Anda dari serangan jantung yang diakibatkan kolesterol berlebih.

7. Konsumsi Ikan
Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3, yang membantu dalam menjaga tubuh dari penyakit jantung, stroke dan kadar kolesterol tinggi dengan bantuan protein kaya nutrisi. Menurut ahli medis, diet kaya makanan laut terutama ikan, membantu dalam meningkatkan tingkat kolesterol baik. Sumber omega-3 lainnya dari makanan meliputi kedelai, kanola, biji rami, kenari dan minyak ikan.

(fer/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

Cara Tepat Makan Bayam

Cara Tepat Makan Bayam

Siapa yang tidak mengenal bayam? Sayuran berupa daun berwarna hijau ini tentunya sudah akrab di lidah kita. Rasanya yang sedikit manis terasa cocok di lidah jika diolah menjadi sayur bening sebagai pelengkap menu sehari-hari. Bagi Ibu yang memiliki anak yang pemilih terhadap makanannya, sayur bayam bisa menjadi alternatif untuk diberikan kepada si kecil supaya asupan mineral dan vitamin dari sayur-mayur dapat terpenuhi. Dengan banyaknya manfaat dari sayur bayam, tak heran jika sayuran ini menjadi favorit si kecil. Namun ternyata, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai mengolah sayur satu ini. Pasalnya, salah pengolahannya, bisa-bisa malah merugikan kesehatan bukannya menyehatkan. Apakah hal tersebut? . Zat Besi di Bayam Bayam mengandung mineral penting bagi tubuh kita yaitu zat besi. Zat besi yang terkandung dalam sayur bayam berupa ion ferro. Ion ferro ini lah yang akan digunakan dan diserap oleh tubuh. Jika bayam berada di udara terbuka terlalu lama maka ion ferro ini dapat teroksidasi dan berubah menjadi ion ferri. Ion ferri inilah yang berbahaya bagi tubuh kita. Ion ferri yang termakan sebenarnya akan dirubah kembali menjadi ion ferro oleh proses [...]

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Saat kita berolahraga, banyak manfaat yang dapat kita peroleh bagi tubuh kita. Akan tetapi, bukan berarti bahwa olahraga tidak memiliki risiko. Salah satu risiko melakukan olahraga adalah cedera olahraga Cedera olahraga adalah segala jenis cedera yang timbul akibat melakukan olahraga. Jenis cedera dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan penyebab, berat ringan cedera, waktu, struktur jaringan yang terkena, dan mekanisme terjadinya (biomekanik). Salah satu klasifikasi yang paling kompleks adalah klasifikasi berdasarkan struktur jaringan. Klasifikasi ini sekaligus dapat membantu kita memahami apa saja yang dapat terjadi pada struktur tubuh kita ketika mengalami cedera. Cedera berdasarkan struktur jaringan dapat dibagi menjadi: A. Cedera Jaringan Lunak Yang termasuk dalam jaringan lunak adalah: Kulit. Jaringan ikat: tendon, ligamen Jaringan non konektif: pembuluh darah, saraf, dan otot Cedera pada kulit yang paling sering adalah ekskoriasi (lecet), laserasi (robek), atau punctum (tusukan). Ekskoriasi (lecet) terjadi karena adanya gesekan dengan benda rata, misal tanah, aspal. Luka laserasi adalah luka sobek yang disebabkan oleh benda tajam. Sedangkan luka puctum diseb [...]

Fakta Tentang Diet Karbohidrat

Fakta Tentang Diet Karbohidrat

Paleo, Dukan, Atkins, dan South Beach adalah contoh diet karbohidrat yang mungkin sering dilakukan untuk mengurangi berat badan. Namun perlu dicermati apakah diet ini aman dilakukan atau tidak. Diet karbohidrat adalah pola makan yang mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi guna menurunkan berat badan. Contoh makanan berkarbohidrat adalah pasta, roti, beras, sereal, dan lain-lain termasuk buah dan sayur yang mengandung karbohidrat. Pola makan diet karbohidrat ini biasanya mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan lemak. Kenapa Memilih Diet Karbohidrat? Karbohidrat jahat (misalnya yang ditemukan dalam gula, roti putih, pasta, biskuit, dan sereal) mengandung indeks glikemik tinggi. Artinya, makanan tersebut menyebabkan peningkatan gula darah secara mendadak dan tajam. Jika tidak digunakan, gula darah tersebut akan disimpan sebagai lemak. Dalam kondisi normal, tubuh membakar karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi. Ketika asupan karbohidrat dikurangi secara drastis dengan melakukan diet karbohidrat, tubuh akan mulai memasuki proses kitosis yaitu membakar lemak untuk mendapatkan bahan bakar. Ketika lemak dibakar dan menja [...]

Wanita Perlu Tahu! Tanda-tanda Keputihan yang Normal dan Abnormal

Wanita Perlu Tahu! Tanda-tanda Keputihan yang Normal dan Abnormal

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Keluarnya cairan pada vagina memiliki fungsi untuk 'membersihkan' sistem reproduksi wanita, khususnya tepat setelah menstruasi.Itulah sebabnya kenapa keluarnya cairan Miss V cenderung lebih banyak di hari-hari pasca haid. Gunanya untuk menyingkirkan sel-sel lama dan cairan yang sudah tidak berfungsi pada uterus dan Miss V. Ini juga merupakan cara alami bagi tubuh untuk menjaga uterus, serviks dan vagina tetap bersih.Namun seringkali keputihan menimbulkan kekhawatiran pada wanita, terutama bila keluar terlalu banyak. Seperti apa keputihan yang normal? Ginekolog dr Prachi Kakkar mengatakan, banyak/sedikitnya keputihan bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Jadi apa yang normal pada wanita yang satu, bisa jadi abnormal bagi wanita lainnya."Selain itu jumlah dan intensitas keluarnya keputihan bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti stres, infeksi, penyakit, penggunaan antibiotik, penuaan dan kehamilan," ujar dr Prachi, seperti dikutip dari Times of India.Sementara pada beberapa wanita bisa mengalami keputihan tiap hari, di luar masa menstruasi, pada wanita lainnya bisa terjadi di waktu-waktu tertentu saja. Dr Prachi menuturkan [...]

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit tidak hanya memiliki rasa yang segar dan kaya vitamin tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Mulai dari khasiatnya untuk menjaga kesehatan hingga menambah rasa pada makanan atau minuman. Ini manfaat mengonsumsi buah citrus setiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Penambah Rasa AlamiHindari menambahkan gula, sirup atau saus botolan pada makanan/minuman Anda jika ingin hidup sehat dan tetap ramping. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai buah citrus untuk dressing salad, bumbu daging/ikan, jus atau smoothies. Perasan lemon misalnya, bisa menambah kesegaran pada minuman teh bahkan air putih Anda.2. Rendah GulaKeluarga citrus merupakan salah satu jenis buah yang rendah kandungan fruktosa atau gulanya. Rata-rata buah yang termasuk dalam citrus diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol tingkat insulin.3. Kaya Vitamin CSemua buah citrus sudah tentu kaya Vitamin C. Seperti diketahui, vitamin ini memiliki banyak manfaat seperti anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit. Selain itu juga bisa membuat mood Anda jadi lebih baik dan bahkan memban [...]

Makanan Sehat untuk Berpuasa

Makanan Sehat untuk Berpuasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Bila tidak berhati-hati memilih makanan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa, bukannya menurunkan berat badan malahan Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, Anda dan keluarga perlu lebih teliti memilah-milah makanan untuk disajikan saat sahurdan berbuka. Makanan-makanan sehat yang dikonsumsi pada saat bulan puasa harusnya tidak berbeda jauh dengan makanan-makanan yang dikonsumsi pada hari-hari biasa. Makanan-makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin, mineral dan serat yang berimbang. Beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat Bulan Puasa yang dapat melepaskan energi dalam jangka waktu cukup lama adalah: Makanan dengan karbohidratkompleks: Gandum, kacang-kacangan, umbi-umbian, nasi. Makanan tinggi serat: Gandum, kentang dengan kulit, sayuran seperti kacang hijau, dan semua jenis buah-buahan. Beberapa jenismakanan yang perlu dihindari pada saat Bulan Puasa: Makanan yang diproses dengan pembakaran cepat dan mengandung karbohidrat sederhana; seperti makanan dengan gula tinggi dan dibuat dari tepung beras. Makanan dengan lemak tinggi; seperti kue-kue, biskuit, coklat dan makanan mani [...]

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena kita terlalu bersih. Nah, tidak semua hal merupakan sumber penularan bakteri. Oleh karena itu ada 10 benda yang sebaiknya kita gunakan sendiri. Apa sajakah? Yuk klik 'next' untuk melihat semuanya. 10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena k [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Mengapa Semakin Banyak Penyakit Menular dan Sulit Dilawan?

Mengapa Semakin Banyak Penyakit Menular dan Sulit Dilawan?

KlikDokter.com ? Tidak dapat dipungkiri, globalisasi telah meningkatkan penyebaran penyakit infeksi dari negara berkembang ke negara maju. Inilah yang membuat penyakit menular semakin menyebar dan sulit dilawan. Sebagai contoh, pada akhir 2003 dan awal 2004 infeksi berat dan fatal oleh virus flu burung A (H5N1) yang sangat patogenik merebak di Cina, Thailand, dan Vietnam. Sebagian besar kasus flu burung mengalami pneumonia dan kegagalan pernapasan. Sejak itu 400 kasus H5N1 telah dilaporkan di lebih dari 12 negara di Asia, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika, dan Eropa. Sebaliknya, aliran informasi, mobilitas manusia dan barang juga bisa mempengaruhi penyebaran penyakit non-infeksi dari negara maju ke negara berkembang melalui penularan budaya dan perilaku. Beberapa kuman yang tadinya menjadi masalah besar hanya di rumah sakit, saat ini berubah menjadi kuman yang beredar di masyarakat (methicillin-resistant Staphylococcus aureus/ MRSA menjadi Community-associated MRSA/ CA-MRSA). Evolusi yang dialami kuman menyebabkan mereka memiliki pertahanan tubuh yang baru hingga kemampuan yang lebih besar untuk menyebabkan penyakit yang lebih parah di tubuh manusia. Beberapa ahli menyeb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *