Cara Merawat Rambut Hitam Alami

002387100_1409137777-370095.jpg

Rambut indah merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun begitu, perempuan cenderung lebih memperhatikan tampilan rambutnya. Agar tetap indah terjaga, berbagai cara dilakukan. Berikut cara merawat rambut hitam secara alami seperti dilansir dari Olips Beauty, Senin (10/13).

Merang Padi

Merang padi atau batang pohon padi memiliki khasiat yang baik untuk merawat rambut hitam Anda. Khasiat merang padi sendiri telah diketahui sejak dahulu.

Cara menggunakannya, ambil 1 ikat merang padi, lalu dibakar hingga hangus menjadi abu. Setelah itu, campurkan abu merang padi dengan air dan jeruk nipis. Simpan larutan ini di udara terbuka selama 1 malam. Setelah selesai, pisahkan air dengan abunya kemudian gunakan air tersebut untuk keramas. Anda dapat melakukannya 3 kali seminggu.

Biji Pepaya

Pepaya memang kaya manfaat. Selain buahnya yang enak dimakan hingga daunnnya yang bisa digunakan untuk obat luar, ternyata biji pepaya juga berguna untuk merawat rambut. Di dalam biji pepaya terdapat zat Glucoside Cacirindan Karpain yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal menggoreng biji pepaya tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan minyak pada kulit kepala dan rambut dengan sedikit pijatan. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali.

Kemiri

Kemiri memiliki zat saponin, flavonoida, dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi rambut. Zat ini dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut, memperkuat akar rambut hingga menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, goreng kemiri tanpa minyak hingga kemiri mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut ke rambut, tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat. Lidah buaya dapat Anda gunakan untuk merawat rambut dengan cara mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Pijat kepala menggunakan gel tersebut selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Madu

Madu juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda tinggal mengoleskan madu pada kulit kepala dan rambut kemudian memijitnya secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo dan beri conditioner. Setelah itu, rambut Anda akan lebih berkilau dari sebelumnya.

Itu lah 5 cara merawat rambut hitam dengan bahan-bahan alami. Anda bisa mencobanya di rumah setelah bekerja.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyakit Seksual Kutil Kelamin Terus Makan Korban

Penyakit Seksual Kutil Kelamin Terus Makan Korban

Nama penyakit kutil kelamin memang tak terkenal, tapi jika melihat jumlah penderitanya Anda akan terkejut. Menurut data WHO 2012 setiap detiknya ada satu kasus baru kutil kelamin di dunia dan di Indonesia kasusnya terus bertambah beberapa tahun belakangan. Menurut data dari poliklinik Infeksi Menular Seksual RS dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, kutil kelamin menduduki peringkat pertama kasus baru infeksi menular seksual pada 2008 hingga 2011 menurut Wresti Indiratmi Andrijono dalam buku Infeksi Human Papilloma Virus tahun 2013. Hal ini sangat meningkat pesat dibandingkan data tahun 1998. Penyakit kutil kelamin yang disebut juga genital warts merupakan penyakit menular seksual yang hampir 100 persen disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini dapat mengenai alat kelamin dan anus baik laki-laki dan perempuan yang menyebabkan rasa panas dan gatal pada area tersebut. "Meski tak menyebabkan kematian, lebih dari 50 persen penderita kutil kelamin akan mengalami gangguan psikologis, ia merasa rendah diri dengan apa yang dialaminya," tutur dokter Andi Darma Putra, SpOG (K) Onk. Selain itu penyakit kutil kelamin, mengganggu hubungan seksual pada suami istri. Rasa nyeri hin [...]

Ganja Dilegalkan di Kota New York

Ganja Dilegalkan di Kota New York

Tanpa gembar gembor, Sabtu 5 Juli lalu Gubernur New York, Cuomo menandatangani undang-undang yang melegalkan mariyuana untuk tujuan medis. Hal ini sebelumnya telah disetujui senat dan majelis pada rapat legislatif di bulan Juni. Seperti yang dilansir dari laman Daily News, Selasa (8/7/2014), penandatangan ini membuat New York jadi negara bagian ke 23 di Amerika Serikat yang melegalkan mariyuana untuk pengobatan. Paling tidak butuh 18 bulan lagi agar hal ini berjalan karena kini Departemen Kesehatan di sana sedang menyusun peraturan rinci tentang pembuatan maupun distribusi produk berbahan mariyuana. Dalam undang-undang ini memungkinkan ganja untuk mengobati 10 penyakit serius. Diantaranya kanker, HIV dan AIDS, lou gehrig, parkinson dan huntington, epilepsi, beberapa cedera tulang belakang dan sklerosis. Para dokter yang meresepkan obat dengan bahan mariyuana sebelumnya akan dilatih dan disertifikasi oleh negara. Pasien yang akan mendapatkan pengobatan dengan cara ini pun harus mendaftar terlebih dahulu ke negara. Dalam undang-undang tersebut juga disebutkan bahwa negara bagian hanya memberikan izin terhadap lima perusahaan. Masing-masing perusahaan tersebut hanya diizinkan men [...]

Sosialisasi Kondom, Pemkot Yogya Gaet 60 Tukang Becak

Sosialisasi Kondom, Pemkot Yogya Gaet 60 Tukang Becak

PeduliSehat.info, Yogyakarta Reporter: Fathi Mahmud Meningkatnya kasus HIV/AIDS di Kota Yogyakarta membuat Pemkot Yogya mencari cara untuk mengurangi jumlah kasusnya. Salah satunya dengan sosialisasi kondom. Sekda kota Yogyakarta Titik Sulastri mengatakan ada 677 kasus di akhir 2013, dan naik menjadi 714 pada triwulan pertama 2014. Titik memilih becak sebagai media informasi pentingnya menggunakan kondom. ?Oleh karena itu penanggulangan harus dilakukan dengan terus menerus dan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui kampanye Becak Wisata yang telah dilukis gambar kondom di selebornya. Selain itu juga diberikan papan catur berisi informasi penanggulangan HIV/AIDS kepada pengemudi becak ,? kata Titik di halaman air mancur balaikota, Selasa (26/8/2014). Titik menjelaskan kondom sebagai alat pencegah HIV yang paling efektif. Sosialisasi dilakukan dengan lukisan kondom pada selebor becak yang dilakukan pada 60 becak dari beberapa Paguyuban Becak Wisata Kota Yogyakarta ini. "Dikarena paling dekat dengan rakyat, dan luas jangkauannya,? katanya. Sementara itu senada dengan Titik, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta, F Kaswanto menjelaskan, bahwa kondom merupak [...]

Bayi Wyatt Tak Bisa Buka Mulut Sejak Lahir

Bayi Wyatt Tak Bisa Buka Mulut Sejak Lahir

PeduliSehat.info, Ottawa Bayi Wyatt membuat banyak dokter kebingungan. Sejak lahir hingga kini berusia 10 bulan, si kecil tak bisa membuka mulutnya. Sang ayah, Andrew Scott sudah membawa putranya ke beberapa dokter spesialis, tapi belum juga ketahuan akar masalahnya.Ibu bayi Wyatt, Amy, memutuskan membuatkan website WhatsWrongWithWyatt.com dengan harapan seseorang mengetahui kondisi yang dialami anaknya serta menawarkan solusinya."Mudah-mudahan orang akan melihatnya dan memiliki beberapa ide apa yang harus kami lakukan," kata Andrew Scott seperti dilansir ABCNews.com, Senin (21/4/2014).Scott menceritakan dalam blognya bahwa Bayi Wyatt lahir pada Juni tahun lalu di Ottawa, Kanada. Dokter langsung khawatir ketika ia tak bisa membuka mulutnya karena dikhawatirkan si bayi tak bisa bernapas dan memerlukan intubasi (proses pemasangan Endotracheal Tube (ETT), memasukkan pipa jalan nafas buatan ke dalam trachea melalui mulut). Bayi Wyatt menghabiskan waktu selama tiga bulan di rumah sakit.Sejak itu, kedua orangtua Bayi Wyatt telah menelepon 911 sebanyak enam kali karena Bayi Wyatt tersedak dan tak bisa membuka mulutnya. Sesekali, mereka melakukan CPR dan dalam beberapa waktu darah di hidu [...]

Nyeri di Payudara Belum Tentu Tanda Kanker

Nyeri di Payudara Belum Tentu Tanda Kanker

Perempuan kerap dibuat bingung ketika payudaranya nyeri. Perlu diingat, nyeri payudara tak selalu menunjukkan bahwa ada kanker payudara.Nyeri payudara yang juga disebut mastalgia merupakan masalah umum yang dialami wanita. Bisa terasa sakit, kencang, berat, atau muncul sensasi terbakar pada jaringan payudara. Jika nyeri payudara terjadi pada siklus menstruasi, ini disebut dengan mastalgia cyclical atau nyeri payudara siklis.Seperti dikuti OnmyHealth, Jumat (7/2/2014), Yayasan Kanker Payudara menyebutkan, nyeri payudara termasuk rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terjadi di daerah ketiak atau payudara. Mastalgia bisa dialami wanita karena berbagai alasan.Dalam banyak kasus, nyeri payudara bukan menunjukkan tanda-tanda kanker payudara. Para perempuan tak perlu mengkhawatirkan mastalgia cyclical menunjukkan kondisi medis yang mengancam. National Health Service, Inggris, mengatakan, nyeri payudara siklis bukanlah risiko kanker payudara.Nyeri payudara biasanya digambarkan sebagai siklik ataupun non siklik:Tanda dan gejala nyeri payudara siklik: Payudara menjadi lembut Rasa sakit terjadi mungkin mengikuti siklus seperti menstruasi Payudara membengkak Rasa sakit yang dialami wanita b [...]

Mahasiswi Korban Sitok Srengenge Melahirkan Anak Perempuan

Mahasiswi Korban Sitok Srengenge Melahirkan Anak Perempuan

Mahasiswi korban asusila penyair Sitok Srengenge akhirnya melahirkan anak perempuan pada Jumat 31 Januari 2014 pukul 21.15 WIB. RW (22 tahun) melahirkan dengan cara normal dalam usia kandungan hampir 35 minggu."Sudah lahir, kondisi ibu baik, persalinannya normal. Bayinya perempuan sehat, lahir Jumat malam ini jam 21.15 WIB," kata kuasa hukum RW, Iwan Pangka ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (31/1/2014).Saat proses melahirkan, RW didampingi orangtua, saudara, pengacara dan sahabat-sahabatnya. Iwan menolak memberitahukan Rumah Sakit tempat RW melahirkan karena alasan korban butuh perlindungan.Sebelum masa kelahiran, RW terus didampingi psikolog karena kondisi mentalnya yang drop. Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia itu harus selalu dikuatkan mentalnya dari dukungan keluarga dan teman-teman terdekatnya agar siap menerima kelahiran sang bayi.Seperti pemberitaan di media, lewat kuasa hukumnya, RW mengaku tidak sudi dinikahi pelaku."Ini klien kami korban perkosaan lho. RW tidak sudi dinikahi pelaku karena keberadaannya menghancurkan korban. Namun untuk anak yang ada di kandungannya, sejauh ini RW siap menerima kelahiran anaknya," kata Iwan dalam perbincangan seb [...]

IDI Bentuk Satgas Pengawas Dokter

IDI Bentuk Satgas Pengawas Dokter

Seperti halnya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan yang memiliki badan pengawas seperti DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional) dan Lembaga pengawas independen, IDI (Ikatan Dokter Indonesia) juga akhirnya membentuk satgas (Satuan Petugas) profesi. Satgas profesi ini disampaikan Ketua Umum IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Dr. Zaenal Abidin merupakan badan pengawas yang nantinya akan bekerja mengawasi kinerja tenaga kesehatan termasuk dokter, perawat dan bidan. "Satgas profesi ini untuk mengawasi tenaga profesi di JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang terdiri dari IDI, IAI (Ikatan Apoteker Indonesia, IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)," katanya saat temu media di Kantor Pusat IDI, Jakarta, Jumat (9/1/2014). Menurut Zaenal, satgas ini akan mengawasi masalah-masalah yang dihadapi tenaga kesehatan di era JKN. Masalah tersebut misalnya adanya beban kerja yang bertambah. "Bila ada masalah beban kerja, kami akan berkoordinasi, kalau perlu diminta regulasi kebijakan dan melaporkannya ke pemerintah," jelasnya. Zaenal menambahkan, keberadaan satgas profesi ini berada [...]

Pesan Ibu yang Selalu Diingat Veronica Ahok

Pesan Ibu yang Selalu Diingat Veronica Ahok

Veronica Tan istri Plt Gubernur DKI Jakarta Ahok sejak kecil sudah diajak oleh sang ibu untuk menjalani pola hidup sehat. Bahkan hingga kini ia sudah berkeluarga, ibunya masih selalu mengingatkan pesan penting tersebut. Memang apa pesannya? "Sejak kecil ibu saya selalu mengingatkan pentingnya minum air putih yang banyak setiap hari. Bahkan sampai sekarang, saat saya menelepon beliau masih juga sering mengingatkan saya sudah minum air putih belum, apakah anak-anak juga rutin minum air putih," tutur Veronika Tan dalam acara Early vs Advanced Breast Cancer di fX Sudirman Jakarta pada Rabu (29/10/2014). Otomatis, pesan sehat ini pun diingat dan dilakukan sebagai bagian hidupnya, sampai-sampai jika ada sebuah kegiatan ia selalu meminta suguhan air putih ketimbang teh manis. Kebiasaan minum air putih ini tentu saja ia tularkan kepada anggota keluarganya. Selain minum air putih, ia mengaku mengurangi makanan manis, goreng-gorengan dan melakukan yoga satu kali per minggunya demi menjaga tubuhnya tetap bugar di antaranya kesibukannya. [...]

Dibilang Sebar Virus MERS, Unta di Arab Dipasangi Chip

Dibilang Sebar Virus MERS, Unta di Arab Dipasangi Chip

Sejak ilmuwan Eropa menyebutkan bahwa unta yang menyebarkan virus sindrom pernapasan di Timur Tengah (MERS), pemerintah Arab Saudi terus menerus menyangkal dan meminta bukti lebih lanjut. Pasalnya, hewan yang hidup di padang pasir tanpa minum ini telah hidup lama di Jazirah Arab dan tidak pernah terbukti menyebarkan virus. Untuk membuktikan apakah unta benar-benar menularkan virus MERS, Kementerian Pertanian negara setempat rencananya akan memasang chip yang berisi informasi tentang jenis dan negara pengimpor unta. Wakil Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jaber Al-Shehri mengatakan, cara ini dilakukan untuk melacak virus MERS pada semua unta. "Rencana ini juga akan berfokus pada hewan liar di cagar alam. Selain itu bekerja sama dengan Departemen Kesehatan dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa, pemeriksaan ekstensif pada semua hewan di Arab juga akan dilakukan," kata jaber, seperti dikutip SaudiGazette, Selasa (13/5/2014). [...]

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Biasa digunakan untuk berwisata, kini kapal pesiar ini sedang dirombak untuk beralih fungsi. Tak lagi menjadi moda transportasi wisata namun menjadi sebuah rumah sakit apung (RSA) yang akan mengarungi nusantara menggapai daerah terpencil jauh dari fasilitas kesehatan. Inilah RSA kedua yang dikelola oleh organisasi nirlaba doctorSHARE. Kapal gagah berbahan besi ini merupakan donasi dari sekelompok pengusaha yang peduli terhadap kesehatan masyarakat yang jauh dari tenaga kesehatan. Mereka menyerahkan kapal ini untuk dikelola doctorSHARE untuk menambah luasnya jangkauan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat. "Kami menyebutnya Si Ganteng karena fisik kapal ini kokoh dan terbuat dari besi. Tentunya lebih kuat untuk berlayar dibandingkan RSA pertama yang terbuat dari kayu," terang general secretary doctorSHARE dr. Luyanti, MARS saat temu media di sela acara perayaan ultah 5 tahun docterSHARE di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta pada Jumat (22/11/2014). Kapal ini jauh lebih besar sehingga bisa membawa peralatan medis yang jauh lebih lengkap dibandingkan yang pertama tutur pendiri doctorSHARE dr. Lie A. Dharmawan, Ph.D. FICS, Sp.B, Sp.BTKV. Kapal pertama RSA doctorSHARE jenis pinisi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *