Cara Merawat Rambut Hitam Alami

002387100_1409137777-370095.jpg

Rambut indah merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun begitu, perempuan cenderung lebih memperhatikan tampilan rambutnya. Agar tetap indah terjaga, berbagai cara dilakukan. Berikut cara merawat rambut hitam secara alami seperti dilansir dari Olips Beauty, Senin (10/13).

Merang Padi

Merang padi atau batang pohon padi memiliki khasiat yang baik untuk merawat rambut hitam Anda. Khasiat merang padi sendiri telah diketahui sejak dahulu.

Cara menggunakannya, ambil 1 ikat merang padi, lalu dibakar hingga hangus menjadi abu. Setelah itu, campurkan abu merang padi dengan air dan jeruk nipis. Simpan larutan ini di udara terbuka selama 1 malam. Setelah selesai, pisahkan air dengan abunya kemudian gunakan air tersebut untuk keramas. Anda dapat melakukannya 3 kali seminggu.

Biji Pepaya

Pepaya memang kaya manfaat. Selain buahnya yang enak dimakan hingga daunnnya yang bisa digunakan untuk obat luar, ternyata biji pepaya juga berguna untuk merawat rambut. Di dalam biji pepaya terdapat zat Glucoside Cacirindan Karpain yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal menggoreng biji pepaya tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan minyak pada kulit kepala dan rambut dengan sedikit pijatan. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali.

Kemiri

Kemiri memiliki zat saponin, flavonoida, dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi rambut. Zat ini dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut, memperkuat akar rambut hingga menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, goreng kemiri tanpa minyak hingga kemiri mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut ke rambut, tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat. Lidah buaya dapat Anda gunakan untuk merawat rambut dengan cara mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Pijat kepala menggunakan gel tersebut selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Madu

Madu juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda tinggal mengoleskan madu pada kulit kepala dan rambut kemudian memijitnya secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo dan beri conditioner. Setelah itu, rambut Anda akan lebih berkilau dari sebelumnya.

Itu lah 5 cara merawat rambut hitam dengan bahan-bahan alami. Anda bisa mencobanya di rumah setelah bekerja.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yuk Bikin Sus Isi Vla Vanila

Yuk Bikin Sus Isi Vla Vanila

Pemanis buatan adalah pemanis alternatif selain gula, yang merupakan bahan makanan yang sengaja ditambahkan untuk meningkatkan kualitas rasa. Pemanis alternatif yang berkalori maupun tidak, dapat dimanfaatkan oleh para pengidap diabetes mellitus atau kencing manis (disebut diabetisi). Pemanis alternatif ini dapat berbentuk tablet, cairan dan bubuk yang dapat dimanfaatkan dalam minuman, puding dan kue. Mengingat Aspartam kalau dimasak atau dipanasi rasa manisnya hilang, maka pemakaiannya dicampur di luar api supaya rasa manisnya tidak hilang. Mengapa makanan sehat penting bagi diabetesi? Penelitian di seluruh dunia menunjukkan, mengatur makan untuk para diabetesi berarti mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit lain, seperti jantung. Dalam hal ini tidak ada jenis bahan makanan yang dianggap buruk dan perlu dihindari. Yang diperlukan adalah pengaturan supaya jumlahnya sesuai dengan kebutuhan kalori. Susunan makanan yang baik untuk diabetisi adalah yang mengandung kalori sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Komposisi makanan adalah 10-15% protein, 20-25 % lemak, 60-70 % karbohidrat. Tanda-tanda Diabetes 1. Banyak kencing terutama pada malam hari.2. Banyak mi [...]

FDA Peringatkan 2 Bahan Berbahaya pada Produk Antijerawat

FDA Peringatkan 2 Bahan Berbahaya pada Produk Antijerawat

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan dua bahan berbahaya pada produk antijerawat. Mengutip laman ABCNews, Jumat (27/6/2014), kedua bahan, benzoyl peroxide atau salicylic acid diduga memicu alergi. Masalahnya, kedua bahan ini sangat umum ditemukan pada pembersih wajah untuk anti jerawat dan merupakan produk yang dijual bebas (over the counter).Meskipun belum ada perintah untuk menarik sejumlah produk seperti Proactiv, Neutrogena, MaxClarity, Oxy, Aveeno dan merek lainnya. Tapi FDA menghimbau masyarakat untuk memperhatikan apakah bahan yang terkandung pada produk pembersih wajah tersebut cocok dengan kulit Anda."Berhenti segera jika Anda mengalami sesak tenggorokan, masalah pernapasan, pembengkakan mata, wajah atau bibir setelah menggunakan produk pembersih wajah. Atau konsumen dapat mengujinya terlebih dahulu dnegan cara mengoleskan sedikit di kulit tangan selama tiga hari," tulis FDA.Sejauh ini, FDA telah menemukan 131 laporan terkait reaksi alergi yang serius dari obat jerawat topikal selama 44 tahun terakhir. Dan sekitar 44 persen orang juga dilaporkan harus dirawat di rumah sakit akibat reaksi hipersensitivitas yang [...]

Celine Dion Bikin Tegar Septian Menangis

Celine Dion Bikin Tegar Septian Menangis

Terlahir di sebuah keluarga menengah ke bawah membuat Tegar menjadi sosok anak yang kuat dan berani, sekuat dan setegar namanya. Sejak usia 4 tahun, bocah bernama lengkap Tegar Septian ini menghabiskan waktunya di jalan sebagai pengamen cilik di Subang."Mengamen sudah dari 4 tahun, dari kecil Tegar hidup di jalan. Uang hasil ngamen untuk makan," kata bocah kelahiran pemalang, 18 September 2001.Dinginnya hujan dan panasnya terik matahari tidak membuatnya berhenti mengamen saat itu. Ketegarannya diuji lagi saat bapak kandungnya meninggalkan dia dan keluarganya."Tegar waktu itu sudah ditinggal bapak pas masih kecil. Sudah lupa kapan. Sekarang adanya bapak tiri," kata penggemar tempe orek dan telor ini.Bocah yang lebih sering tidur di emperan dan depan toko ini kini sudah tidak lagi merasakan kejamnya hidup seperti dulu.Apartemen yang terbilang mewah di kawasan Grogol, Jakarta Barat kini menjadi tempatnya berlindung dari panas dan hujan."Di sini Tegar suka sekali dingin ada ACnya, sudah tidak seperti dulu lagi. Makan di sini pak Alfas (personal manager) sudah mengatur semuanya. Mainan yang Tegar suka juga ada," jawabnya dengan wajah ceria.Lewat lagunya yang berjudul "Aku Dulu Bukanlah [...]

Masyarakat Harus Jadi Pelopor Bila Ada Bencana

Masyarakat Harus Jadi Pelopor Bila Ada Bencana

Bantuan masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanggulanan bencana. Pelatihan pun diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia agar masyarakat mampu menjadi garda depan dalam hal penanganan pertama (early detection) sesudah bencana, sebelum masuk ke dalam pelayanan kesehatan yang ada."Early detection dalam setiap bencana itu sangat diperlukan. Maka itu, kami pun memberikan pelatihan kepada masyarakat agar dapat mengoptimalisasi pelaksanaan tugas," kata Drg. Kamaruzaman, MSc.Dalam acara Lokakarya Klaster Nasional Kesehatan di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Kamis (2/10/2014), Kepala Bagian TU PPKK Kementerian Kesehatan RI mencontohkan, peran masyarakat sebagai penanganan pertama dalam kasus kecelakaan. Saat pelatihan itu, mereka akan dibekalkan bagaimana cara mencegah supaya tidak terlambat dalam melakukan tugasnya. "Jangan sampai terlambat mendeteksi, terlambat menangani, dan terlambat menyampaikannya kepada masyarakat. Maka itu, diperlukannya pelatihan," kata Kamaruzaman menambahkan.Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pencegahan, Mitigasi, dan Kesiapsigaan, Drs M Royan, MKes juga menjelaskan bahwa demi mengoptimalkan penanggulangan ben [...]

Jangan Anggap Sepele, Polusi Udara Juga Bisa Mematikan!

Jangan Anggap Sepele, Polusi Udara Juga Bisa Mematikan!

Polusi udara bisa menyebabkan kematian. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, satu dari delapan kematian di seluruh dunia karena polusi udara.Laporan terbaru memperlihatkan, polusi udara membunuh 7 juta orang pada 2012 sehingga ini menjadi risiko atas masalah kesehatan lingkungan pertama.Sejumlah penyakit dikaitkan dengan polusi udara seperti penyakit pernapasan. Tapi, para pejabat WHO mengatakan, mereka menemukan adanya hubungan yang kuat antara paparan polusi udara dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) terhadap penyakit kardiovaskuler, stroke, dan penyakit jantung iskemik. Penyakit ini yang menyumbang terhadap 80 persen kematian akibat polusi yang disebabkan polusi udara di luar pada 2012.Polusi udara bukan hanya ancaman untuk kota besar seperti Beijing, yang membuat terlihat seperti kabut asap tebal dari luar angkasa. Menurut data WHO, penggunaan kompor kayu dan memasak dengan batubara di dalam ruangan juga berhubungan dengan 4,3 juta kematian pada 2012. Jenis polusi ini memengaruhi perempuan miskin dan anak-anak."Perempuan miskin dan anak-anak membayar harga yang besar dari polusi udara dalam ruangan sejak mereka menghabiskan lebih banyak waktu menghir [...]

Kuasa Hukum: Dokter Ayu cs Bisa Keluar dari Penjara Malam Ini

Kuasa Hukum: Dokter Ayu cs Bisa Keluar dari Penjara Malam Ini

Dr Ayu dan dua rekannya yang ditahan karena malapraktik kemungkinan akan segera menghirup udara bebas pada Jumat malam ini (7/2/2014). Peninjauan kembali (PK) yang diajukan kantor Sabas Sibaga, Ramli Siagian Associates terkait kasus dokter Ayu dan rekannya akhirnya dikabulkan Mahkamah Agung (MA)."Dari awal kami yakin PK ini akan dikabulkan. Pengadilan Negeri pun sudah menyatakan mereka tidak bersalah karena sudah sesuai dengan prosedur," kata Kuasa Hukum dr. Hendry, Sabas Sinaga, SH, MH, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (7/2/2014).Menurut sabas, pada Jumat malam ini rencanaya ketiga dokter tersebut yang terdiri dari dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendi Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak bisa menghirup udara kebebasan. "Kami sedang berkoordinasi dengan Kajari dan Karutan. Kami usahan malam ini mereka semua sudah bebas," kata Sabas.Kabar bebasnya ketiga dokter ini diperoleh dari Ketua Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur."Perkara PK atas nama terpidana dr Ayu dkk dikabulkan," tulis Ridwan lewat pesan singkatnya.Walaupun MA belum mengeluarkan pemberitahuan resmi terkait bebasnya dokter Ayu cs, Sabas optimistis dengan kebebasan ketiga dokter tersebut."Kai masih menunggu surat pem [...]

[Life-Style] 5 Desainer Indonesia Bersaing di Paris Fashion Week

[Life-Style] 5 Desainer Indonesia Bersaing di Paris Fashion Week

Pesta mode dunia, Paris Fashion Week akan digelar 28 Februari 2014 mendatang dalam Triangle Showroom. 5 Desainer muda Indonesia yakni Major Minor, Toton Januar, Vinora, Yosafat dan Tex Saverio ikut serta.Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (23/2/2014), dengan tema fall winter 2014, para desainer muda tanah air ini akan unjuk kebolehan mereka.Busana berciri khas Prancis dengan dominasi warna hitam, putih, merah dan biru sengaja dibawa untuk menarik minat fashionista mancanegara.Toton Januar, salah satu desainer muda asal Indonesia yang akan mengikuti Paris Fashion Week mengaku akan memberikan sentuhan yang berbeda."Di sana (Paris) itu memang kesempatan terbuka sangat luas, tapi saingan juga banyak sekali. Maka kita (desainer muda Indonesia) akan memberikan sentuhan yang berbeda" kata Januar.Sukseskah para desainer kita merebut hati fashionista dunia? Kita lihat saja. (Nfs/Riz)Baca juga:Cerita Tragis Ratu Kecantikan Venezuela Tewas Ditembak Saat Demo[VIDEO] Cuaca Ekstrem London, Hunter Gelar Fashion Show Jas Hujan[VIDEO] Atraksi Barongsai Meriahkan Jalan Sehat Karnaval SCTV [...]

PK Dikabulkan, Dokter Ayu dkk Bebas

PK Dikabulkan, Dokter Ayu dkk Bebas

Ketiga dokter yang dijebloskan penjara karena dugaan malapraktik akhirnya dibebaskan. Mereka adalah dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendi Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak. Peninjuaan Kembali (PK) yang diajukan ketiga dokter ini dikabulkan Mahkamah Agung (MA)."Perkara PK atas nama terpidana Dr Ayu dkk dikabulkan," tulis Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (6/2/2014)."Diputus hari ini. Pada pokoknya mengabulkan PK para terpidana pemohon PK. Membatalkan putusan judex juris. Mengadili kembali, menyatakan putusan PN Manado sudah tepat." Sidang PK ini dipimpin Ketua majelis Dr M Saleh dan anggota Prof Dr Surya Jaya, Maruap Dohmatiga Pasaribun, Syarifudin Dan Margono. "Putus barusan, siang ini, 7-2-2014. Pak Surya Jaya (DO) Dissenting Opinion," katanya lagi.Selain itu, hakim meminta segera mengeluarkan para terpidana dari LP, memulihkan nama baik dan harkat martabat ketiga pemohon PK. "Dasar pertimbangan mengabulkan PK yaitu para terpidana tidak menyalahi SOP dalam penanganann operasi sectio caesarea sehingga pertimbangan judex facti pada PN sudah tepat benar. Putusan ini diketok oleh majelis hakim 5 hakim agung yaitu Dr [...]

Lewat Pramuka, Belajar Komplet Ilmu Kesehatan

Lewat Pramuka, Belajar Komplet Ilmu Kesehatan

Saka Bakti Husada dibentuk untuk memberikan wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan teknologi serta keterampilan di bidang kesehatan, yang dapat menjadi bekal kehidupan dan penghidupan untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH mengatakan, pemberian pemahaman tentang kesehatan ke generasi muda akan menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat sedari kecil."Sehingga, dengan demikian, perilaku hidup bersih dan sehat terus mereka bawa sampai dewasa," kata Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (22/9/2014). Menurut Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada, setidaknya enam Krida dalam Saka Bakti Husada, di mana masing-masing Krida memiliki cakupan yang berbeda, sehingga mereka yang muda mendapatkan banyak ilmu dari keseluruhan Krida tersebut.1. Krida Bina Lingkungan SehatKrida Bina Lingkungan Sehat memiliki 5 Syarat Kecakapan Khusus (SKK), yaitu;- SKK Penyehatan Perumahan- SKK Penyehatan Makanan dan Minuman- SKK Pengaman [...]

Belajarlah Katakan `Tidak` Tanpa Rasa Bersalah

Belajarlah Katakan `Tidak` Tanpa Rasa Bersalah

Seseorang bisa kesulitan mengatakan `tidak`. Padahal, Anda harus belajar mengatakan tidak untuk menghormati dan menjaga diri sendiri.Mengatakan `tidak` terkadang membuat kita merasa egois, bersalah, bahkan malu. Anda juga tak ingin mengecewakan orang. Orang akan lebih mudah mengatakan `ya` dibanding berurusan dengan kecemasan dan reaksi orang lain. Apabila Anda memberikan jawaban `ya` padahal seharusnya `tidak`, kita mengabaikan diri sendiri. Kita melepaskan kekuasaan kita, kendali kita, dan melepaskan kebutuhan pribadi dengan membuatnya kurang penting dibanding kebutuhan orang lain.Sulit mengatakan `tidak` bisa menjadi masalah besar karena Anda membuat pilihan dengan mengabaikan hati Anda, pikiran, atau naluri Anda.Berikut beberapa manfaat mengatakan `tidak` seperti dilansir LifeHack, Minggu (30/3/2014):1. Faktor stresMengatakan `ya` ketika Anda benar-benar ingin mengatakan `tidak` bisa menjadi pemicu stres untuk pikiran dan tubuh Anda. Ini bisa menyebabkan kecemasan, ketegangan, sakit dan nyeri. Selain itu, sering membuat kita kurang tidur.Mengatakan `ya` memang bukan penyebab tunggal stres, tapi itu mungkin yang paling mudah dikontrol.2. Hemat waktuJangan biarkan orang lain me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *