Cara Merawat Rambut Hitam Alami

002387100_1409137777-370095.jpg

Rambut indah merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun begitu, perempuan cenderung lebih memperhatikan tampilan rambutnya. Agar tetap indah terjaga, berbagai cara dilakukan. Berikut cara merawat rambut hitam secara alami seperti dilansir dari Olips Beauty, Senin (10/13).

Merang Padi

Merang padi atau batang pohon padi memiliki khasiat yang baik untuk merawat rambut hitam Anda. Khasiat merang padi sendiri telah diketahui sejak dahulu.

Cara menggunakannya, ambil 1 ikat merang padi, lalu dibakar hingga hangus menjadi abu. Setelah itu, campurkan abu merang padi dengan air dan jeruk nipis. Simpan larutan ini di udara terbuka selama 1 malam. Setelah selesai, pisahkan air dengan abunya kemudian gunakan air tersebut untuk keramas. Anda dapat melakukannya 3 kali seminggu.

Biji Pepaya

Pepaya memang kaya manfaat. Selain buahnya yang enak dimakan hingga daunnnya yang bisa digunakan untuk obat luar, ternyata biji pepaya juga berguna untuk merawat rambut. Di dalam biji pepaya terdapat zat Glucoside Cacirindan Karpain yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal menggoreng biji pepaya tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan minyak pada kulit kepala dan rambut dengan sedikit pijatan. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali.

Kemiri

Kemiri memiliki zat saponin, flavonoida, dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi rambut. Zat ini dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut, memperkuat akar rambut hingga menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, goreng kemiri tanpa minyak hingga kemiri mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut ke rambut, tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat. Lidah buaya dapat Anda gunakan untuk merawat rambut dengan cara mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Pijat kepala menggunakan gel tersebut selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Madu

Madu juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda tinggal mengoleskan madu pada kulit kepala dan rambut kemudian memijitnya secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo dan beri conditioner. Setelah itu, rambut Anda akan lebih berkilau dari sebelumnya.

Itu lah 5 cara merawat rambut hitam dengan bahan-bahan alami. Anda bisa mencobanya di rumah setelah bekerja.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas, Serangan Jantung Intai Para Pekerja Malam!

Awas, Serangan Jantung Intai Para Pekerja Malam!

Pekerja shift malam harus lebih hati-hati terhadap kesehatan tubuhnya. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pekerja shift malam akan mengalami kerusakan tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, para peneliti menemukan, pola tidur yang tidak teratur yang biasa terjadi pada mereka yang terbiasa bekerja shift malam akan mengalami perubahan pada tingkat molekuler.Menurut para peneliti, pekerja shift malam akan mengalami perubahan berupa menurunnya suhu tubuh ketika jadwal tidur mulai berantakan."Tentu saja kekacauan itu terjadi karena tubuh selalu berusaha menyesuaikan diri dengan iklim yang terjadi," kata Penulis Studi dari University of Surrey, Derk-Jan Dijk seperti dikutip Fox News, Rabu (22/1/2014).Bahkan, menurut para peneliti, seseorang yang memiliki jadual tidur tidak teratur memiliki risiko tinggi menderita menderita diabetes mellitus tipe 2 dan obesitas. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja shift malam.(Adt/Abd)Baca juga:Letih di Hari Pertama Bekerja, Atasi dengan Ini!Ada Nota Kerjasama BPJS yang Dianggap IDI Tak AdilKiat Agar Pekerj [...]

Kronologi Pemukulan Dokter oleh Oknum TNI AU di Yogyakarta

Kronologi Pemukulan Dokter oleh Oknum TNI AU di Yogyakarta

Kasus pemukulan terhadap Dokter Achmad Arief Fatoni yang bertugas di Skuadron Pendidikan (Pangkalan Udara) 102 TNI Angkatan Udara (AU) terus bergulir. Mulai dari aksi solidaritas yang dilakukan Alumni Fakultas Kedokteran dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Achmad Yani (UNJANI), Bandung hingga kecaman dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Divisi Advokasi dan Legislasi IDI, dr Warsito pun mengungkapkan kronologi kejadian pemukulan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut oleh para siswa instruktur penerbang kepada dr. Arief sebagai berikut. Selasa 4 Maret 2014 Dokter di Sukadron Pendidikan 102 KODIK TNI AU Pangkalan Udara Yogyakarta, Dokter Achmad Arief Fatoni membawa romobongan siswa calon instruktur penerbang ke Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (LAKESPRA) untuk pemeriksaan kesehatan. Dalam pemeriksaan, didapatkan kemungkinan kelainan jantung pad Lettu Dika. Dokter Arief pun menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut dan menyarankan untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito. Rabu 5 Maret 2014 Dokter Arief merujuk Lettu Dika ke Dokter Spesialis Jantung di RSPAU Hard [...]

Pelukan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pelukan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pelukan, seperti menjaga pola makan dan berolahraga, ternyata mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi, demikian penelitian dari Carnegie Mellon University katakan seperti yang dikutip dari Fox News pada Kamis (18/12/2014). Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki konflik tidak terselesaikan dalam berhubungan dengan orang lain tubuhnya akan lebih lemah terhadap virus flu. Sementara itu, mereka yang menerima dukungan dari orang-orang sekelilingnya akan terlindungi dari depresi dan kecemasan. Penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu bentuk dukungan sosial yang dimaksud adalah dengan memeluk. "Kami menguji apakah dukungan sosial efektif untuk melindungi kita dari stres dan juga apakah menerima pelukan dapat melindungi seseorang terhadap infeksi," kata Sheldon Cohen, psikolog di Universitas Carnegie Mellon. Penelitian ini dilakukan pada 400 orang dewasa. Dalam kuesioner, para peneliti menarik data mengenai frekuensi konflik interpersonal dan seberapa sering mereka menerima pelukan. Peserta penelitian yang kemudian terkena virus flu biasa, kemudian dipantau dan dikarantina untuk diteliti lebih jauh. Dari eksperimen tersebut, [...]

Sebelum Tidur Jangan Konsumsi Teh Hijau

Sebelum Tidur Jangan Konsumsi Teh Hijau

Khasiat teh hijau yang bisa membantu konsentrasi, sebaiknya diminum di pagi hari. Sebab bila dikonsumsi sebelum tidur, maka akan mengganggu waktu istirahat Anda. Begitu disampaikan Ketua Komunitas Pecinta teh sekaligus Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia, Ratna Somantri saat menyambangi kantor redaksi Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (29/10/2014). "Teh hijau bisa membuat seseorang susah tidur karena kandungannnya bisa membantu konsentrasi maka teh ini sebaiknya dikonsumsi di pagi hari," kata Ratna. Kendati demikian, kata Ratna, bila Anda ingin mengonsumsi teh hijau di pagi hari, Anda harus sarapan terlebih dahulu. "Jangan minum teh hijau saat perut kosong karena merangsang asam lambung. Tapi jika Anda merasa agak enek, biasanya bisa diatasi dengan makan manis. Makanya upacara minum teh di Jepang, selalu ada sajian makanan manis untuk memastikan perutnya tidak kosong." [...]

Perempuan Bisa Lihat Pria Cerdas atau Tidak dari Wajahnya

Perempuan Bisa Lihat Pria Cerdas atau Tidak dari Wajahnya

Kaum Hawa tentu senang dengan pria yang cerdas. Ternyata, perempuan bisa melihat betapa cerdasnya seorang pria dengan hanya melihat wajahnya.Menurut para ilmuwan, pria cerdas memiliki wajah yang panjang dan jarak antara mata lebih lebar. Tapi, ini tak berlaku pada wanita."Kemampuan untuk menilai kecerdasan orang lain secara akurat dari interaksi sosial sehari-hari," kata tim peneliti dalam jurnal PLoS One, Selasa (1/4/2014).Tim menggunakan foto wajah statis pada 40 pria dan 40 wanita untuk menguji hubungan antara IQ, kecerdasan, dan bentuk wajahnya. Foto close up wajah para responden ini menampilkan pose netral, ekspresi non senyum, dan tanpa perhiasan atau kosmetik.Baik pria ataupun perempuan bisa secara akurat mengevaluasi kecerdasan pria dengan melihat foto wajahnya."Hasil ini menunjukkan bahwa perseptor secara akurat bisa mengukur kecerdasan pria, tapi tidak perempuan, dengan melihat wajah di foto, namun estimasi ini tak didasarkan pada bentuk wajah," kata peneliti."Studi kami menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan dan daya tarik atau bentuk wajah."Menurut peneliti, wajah yang dianggap sangat cerdas memiliki jarak yang luas antara mata, hidung mesar, sudut mulut sedikit maj [...]

Nyeri Setelah Setahun Operasi Kanker Payudara, Kenapa?

Nyeri Setelah Setahun Operasi Kanker Payudara, Kenapa?

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 1 Januari 2014 dalam Journal of American Medical Association di Finlandia menyebutkan bahwa hampir semua wanita yang pernah operasi payudara mengalami nyeri di payudaranya meskipun operasi tersebut sudah sejak setahun lalu.Seperti dikutip laman Everydayhealth, Selasa (7/1/2014) para peneliti mengungkapkan bahwa rasa nyeri tersebut terkait dengan rasa sakit saat depresi sebelum operasi, kemoterapi dan terapi radiasi."Nyeri setelah pengobatan kanker payudara merupakan masalah klinis yang berarti meskipun strategi pengobatan sudah lebih baik," kata Dr Tuomo Meretoja dari Helsinki University Central Hospital.Penelitian ini melibatkan 860 wanita berusia lebih dari 75 tahun yang telah menjalani operasi kanker payudara. Para wanita ini dirawat di Helsinki University Central Hospital antara tahun 2006 dan 2010. Hasil penelitian tersebut mencatat, hampir semua wanita mengalami nyeri hingga satu tahun setelah operasi mereka."Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa satu tahun setelah operasi, hanya sepertiga dari para wanita melaporkan tidak ada rasa sakit. Dan hampir 50 persen tidak mengalami nyeri ringan, 12 persen mengalami nyeri sedang, dan hampi [...]

5 Olahraga yang Bikin Jantung Sehat

5 Olahraga yang Bikin Jantung Sehat

Kalau jantung Anda sehat, kita harus rutin melakukan aktivitas fisik dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jantung adalah bagian tubuh yang selalu bergerak meski kita istirahat. Karena itu, perlu diperkuat dan disehatkan dengan pola makan dan istirahat yang benar serta aktivitas fisik yang memadai dan menyehatkan.Kita tidak perlu menjadi atlet supaya jantung selalu sehat. Jalan cepat selama 30 menit dalam sehari saja mampu membuat jantung sehat. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Ada 5 olahraga yang membuat jantung menjadi sehat, seperti dikutip dari Health Me Up, Senin (22/9/2014) 1. BerenangMerendamkan tubuh ke dalam kolam renang saja mampu mengurangi stres. Apalagi bila kita menggerakan seluruh anggota tubuh, sudah pasti seluruh otot akan bekerja. Bila ini dilakukan dengan benar, maka memiliki efek menyehatkan bagi tubuh, seperti;- Meningkatkan pernapasan- Meningkatkan sirkulasi- Tekanan darah lebih baik- Mengontrol berat badan 2. BersepedaBersepeda adalah aktivitas fisik menyehatkan dengan risiko cedera sangat kecil. Aktivitas mengayuh sepeda ini dapat dinikmati segala usia, dan memberikan efek menyehatkan bagi jantung, pembuluh darah, dan paru [...]

Pria 70 Tahun Pilih Jadi `Boneka Tiup` Perempuan

Pria 70 Tahun Pilih Jadi `Boneka Tiup` Perempuan

Robert, seorang pria berusia 70 tahun begitu terobsesi dengan pakaian bodysuit karet dan silikon. Selama 12 tahun Robert mengenakan pakaian yang membuatnya menyerupai boneka tiup perempuan. Semua itu ia lakukan demi menyembunyikan usianya yang sudah menua.Robert menceritakan kebiasaan anehnya itu dalam acara My Strange Addiction di TLC. Pria tersebut hidup di Newport Beach, California, bersama putrinya yang berusia 19 tahun. Di balik kostum itu, Robert berubah menjadi perempuan bernama `Sherry`. Dalam cuplikan video terlihat Robert menggunakan bedak bayi untuk mempersiapkan mengenakan kostum Sherry. "Saya tak percaya seorang pria 70 tahun di depan cermin dan itulah mengapa saya melakukannya. Apabila saya melihat seorang pria tua berusia 70 tahun di depan cermin saya akan berhenti melakukannya besok," katanya.Ketika ditanya apa yang dilihatnya saat ia melihat bayangan boneka di depannya, Robert menjawabnya. "Seorang wanita yang terlihat menarik," katanya.Robert memang bukan nama aslinya. Ia juga tak mau menunjukkan wajahnya. Tapi, ia secara teratur memosting foto dirinya sebagai `Sherry` dengan berbagai pose sensual.Dalam tayangan itu terungkap, tampaknya Sherry bagian dari kekecewa [...]

Top 5 Health: Penyebab Wajah Terlihat Lelah Paling Disuka

Top 5 Health: Penyebab Wajah Terlihat Lelah Paling Disuka

Wajah terlihat lelah tentu saja kurang enak dipandang. Wajah kelihatan lelah bukan karena tidak pakai make up atau kurang tidur. Tapi tahukah Anda ternyata wajah lelah yang kadang terjadi pada diri itu karena kebiasaan kita sehari-hari terutama pola makan. Ada lho, makanan-makanan yang justru bikin wajah tampak lelah.Artikel penyebab wajah tampak lelah ini paling disukai pembaca health.liputan6.com edisi Sabtu 13 September 2014. Berikut 5 artikel yang masuk top 5 health: 4 Hal yang Bikin Wajah Tampak LelahAda 4 hal tak terduga yang mungkin tanpa Anda sadari menyumbang wajah terlihat lelah. Dan yang mengejutkan lagi, ternyata ini adalah pola hidup yang kerap dilakukan sehari-hari.Cara Ketahui Potensi Anak Sedari KecilSedari kecil kegemaran dan minat anak sudah mulai terlihat namun tak sedikit orang tua yang tak mampu meraba apa potensi si anak. Salah meraba potensi anak akan membuatnya tak akan berkembang sesuai potensi yang dimilikinya.Tetap Langsing dengan SarapanSarapan akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Sarapan membuat porsi makan pada siang hari tak berlebihan. Jadi kalau ingin tetap langsing, jangan lupakan sarapan.Mengenali 3 Tanda DepresiMengenali [...]

Cara Cepat Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami

Cara Cepat Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami

Banyak perempuan yang tidak percaya diri memakai baju tanpa lengan atau tank top karena ketiaknya yang hitam. Padahal, musim panas seperti saat ini merupakan waktu yang sangat tepat mengenakan tank top. Tetapi tenang, ada banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara memutihkan ketiak. Berikut cara alaminya seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (15/10/2014). Lemon Lemon dapat Anda gunakan untuk memutihkan ketiak. Anda hanya perlu mengoleskan lemon pada ketiak dan pijat selama 10-15 menit. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk hasil yang lebih maksimal. Gula Gula dapat membuat sel kulit mati terkelupas dan akhirnya dapat memutihkan ketiak. Caranya, campurkan gula dengan sedikit air, aduk hingga tercampur lalu oleskan. Baking Soda Campurkan baking soda dengan air sehingga menjadi larutan kental. Kemudian, oleskan ketiak hitam Anda dengan larutan tersebut semalaman. Selain dapat memutihkan ketiak, obat ini juga dapat menghilangkan bau keringat. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan campuran air dan bunga mawar. Susu dan Kunyit Campurkan susu dengan kunyit yang telah ditumbuk. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskannya pada ketiak. Minyak Kelapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *