Cara Merawat Rambut Tetap Sehat

cara-merawat-rambut-tetap-sehat.jpg

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Diperlukan cara merawat rambut yang tepat, untuk menjaga kesehatan rambut. Tanpa perawatan tepat, rambut akan mudah rusak, patah, rontok, dan kusam.

Sayangnya, seringkali orang tak menyadari apa yang dilakukannya, bisa mengganggu kesehatan rambut. Misalnya saja, rajin melakukan perawatan hair spa di salon setiap minggu, tapi setelah proses hair spa selesai, rambut terkena suhu panas hair dryer. Proses blow, ini justru dapat menyebabkan rambut rapuh dan patah, karena terkena suhu panas dalam keadaan lembab.

Selain itu, terlalu sering mencuci rambut, penggunaan alat catok dan pengeriting rambut, mewarnai rambut, penggunaan sampo dengan kandungan yang terlalu keras dan lainnya juga dapat membuat rambut menjadi rusak.

Jika ingin rambut tetap sehat, lakukan enam cara merawat rambut berikut ini:

1. Hindari mencuci rambut setiap hari, untuk Anda yang memiliki rambut kering, terkecuali Anda mengalami masalah kulit kepala, seperti ketombe.

2. Jangan menggunakan hairdryer, alat catok dan pengeriting rambut, setiap hari secara berlebihan karena panas yang ditimbulkan dari hairdryer dapat merusak lapisan terluar rambut (kutikula).

3. Hindari mengeringkan rambut menggunakan handuk. Biarkanlah rambut Anda kering secara alam,i agar rambut dapat bernafas. Tetapi jika ingin mengeringkan dengan handuk, tekanlah rambut dengan lembut.

4. Gunakan sampo yang memiliki kandungan lembut untuk mengontrol produksi minyak pada rambut. Setelah itu, jangan lupa menggunakan kondisioner dan serum pelindung panas, sebelum rambut Anda kering dan ditata.

5. Jika rambut Anda bercabang dan pecah, gunakanlah sisir rambut bergerigi jarang dengan menggunakan teknik menyisir yang lembut agar rambut tidak patah.

6. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B dan vitamin B-12. Tak hanya itu, kandungan omega 3, protein, zat besi dan zinc juga sangat baik untuk rambut, seperti dapat menyuburkan rambut, menjaga warna alami pada rambut, memperkuat akar rambut, melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala serta dapat membuat rambut menjadi halus dan bersinar. Semoga membantu! (PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mulut

Timbulnya garis halus atau kerutan di sekitar mulut merupakan kondisi yang disebut sebagai nasolabial folds. Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di sekitar mulut ini akan tampak semakin jelas. Penyebabnya adalah karena adanya ligamen di sekitar mulut dan dagu yang menggelambir dan melonggar, membuat jaringan lemak di pipi mulai kehilangan kekencangannya. Kerutan di sekitar mulut ini biasanya terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua atau saudara yang lebih tua mengalaminya, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama, begitu menurut Elie Levine, MD, ahli bedah plastik New York. Hilangnya kolagen dan elastin meninggalkan kulit dengan garis-garis pada kulit, yang juga muncul di sekitar mulut. Penyebab lainnya adalah kebiasaan merokok, peningkatan berat badan dan paparan sinar matahari secara terus-menerus. Memasuki usia 30 tahunan dan 40 tahunan, cegah munculnya kerutan di sekitar bibir dengan melakukan perawatan hyaluronic acid yang berlangsung selama 12 hingga 18 bulan. Perawatan ini dapat membantu menunda munculnya kerutan di sekitar bibir. Perawatan jenis filler ini membantu mendorong dan menopang lipatan sehingga tidak membentuk kerutan di wajah, teruta [...]

Tips Mengatasi Telapak Tangan Kasar

Tips Mengatasi Telapak Tangan Kasar

Coba raba telapak tangan Anda, bagaimana rasanya? Jika terasa kasar dan kering, Anda perlu memberikan perhatian pada telapak tangan. Pasalnya, telapak tangan merupakan anggota tubuh yang paling rajin bekerja. Pekerjaan apapun yang kita lakukan, ada peran telapak tangan di situ, dari mandi, mencuci, dan mengetik dan sebagainya. Dibandingkan anggota tubuh yang lain, telapak tangan juga paling sering bergesekan dengan berbagai macam benda. Akibatnya, kulit telapak tangan menjadi kering, pecah-pecah hingga kasar. Selain karena aktivitasnya, faktor lingkungan dan suhu udara di sekitar Anda juga dapat membuat kulit, termasuk kulit di telapak tangan mengalami dehidrasi. Tak hanya itu, mencuci tangan demi menjaga kebersihan juga membuat kulit telapak tangan lama kelamaan menjadi kering karena terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia sabun. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mempraktikkan tips berkut ini: 1.Lindungi telapak tangan dengan memakai sarung tangan karet, atau yang berbahan lateks, saat melakukan pekerjaan yang bersentuhan dengan air dan bahan kimia. Pilih sarung tangan yang bagian dalamnya terbuat dari katun. 2.Saat mencuci tangan, usahakan untuk menggunakan air ha [...]

Sedot Lemak Liposuction

Sedot Lemak Liposuction

Apa sih sedot lemak atau liposuction itu? Menghilangkan lemak berlebihan pada tubuh, naturnya memang hanya dilakukan melalui diet, olahraga dan pola hidup yang sehat. Namun seiring berkembangnya teknologi, manusia menemukan cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebut saja liposuction atau biasa dikenal dengan sedot lemak. Sedot lemak merupakan suatu tindakan pembedahan yang dilakukan dengan cara menyedot lemak pada bagian tubuh tertentu, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Dokter spesialis bedah plastik, RS. Pondok Indah, Jakarta, dr. Teuku Fitrian Sp.BP* atau yang akrab disapa dr. Tompi menuturkan, tujuan dari sedot lemak bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan hanya digunakan untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah. Pasien yang akan menjalani prosedur liposuction harus memiliki kondisi kesehatan yang optimal sebelum melakukan operasi. Sebelum melakukan sedot lemak pasien diharuskan menghindari rokok dan alkohol serta tidak menggunakan obat pengencer darah. Pasien dengan penyakit penyerta seperti diabetes, jantung atau ginjal pada dasarnya bisa saja melakukan operasi sedot lemak atau liposuction ini, selama hasil pemeriksaan medis pasien berada dala [...]

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ? Kulit putih bersih dan cerah selalu menjadi dambaan wanita. Tak heran, berbagai cara dilakukan demi memiliki kulit putih, termasuk menggunakan berbagai krim kecantikan yang tak jelas kandungannya. Alih-alih kulit menjadi putih, warna kulit justru bisa menggelap. Padahal, banyak lho bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit. Kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air, adanya penggunaan obat-obatan tertentu, polusi lingkungan sekitar, dan stres adalah beberapa penyebab kulit berwarna gelap dan kusam. Belum lagi, banyaknya iklan produk perawatan dan cara memutihkan kulit, yang nyatanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Tanpa disadari, penggunaan produk-produk tersebut justru bisa membuat kulit terlihat kusam. Awalnya, produk kecantikan pemutih kulit memang akan membuat kulit terlihat lebih putih. Tapi, umumnya ini hanyalah hasil yang sementara. Berbagai efek samping yang tak baik bagi kulit pun satu per satu akan muncul, salah satunya adalah kulit yang akan terlihat lebih gelap dan kusam, saat Anda berhenti menggunakan produk pemutih tersebut. Berikut cara memu [...]

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Vitamin C memiliki banyak peranan penting untuk tubuh kita yang berfungsi untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin C atau yang biasa dikenal dengan asam askorbat mempunyai tugas penting dalam pembentukan kolagen yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi. Tapi disamping itu vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari dalam, namun juga bermanfaat bagi kulit. Manfaat vitamin ini untuk kulit sebenarnya bukanlah sebuah penemuan baru. Sudah berabad-abad, kaum wanita selalu menemukan cara untuk menikmati khasiat vitamin C bagi kulit. Vitamin C mengandung antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit untuk membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan juga usia. Tak hanya itu, vitamin ini memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.Selain itu, vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C untuk kulit : 1. Membuat kulit terlihat sehat serta bercahaya. 2. Membantu menjaga kolagen yang ada di kulit untuk menunda penuaan dini pada kulit muka. 3. Meningkatkan proteksi perm [...]

Serba-Serbi Jerawat

Serba-Serbi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan bisa dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang sedang berada pada masa pra-remaja maupun remaja. Beberapa orang bahkan bisa mengalami jerawat yang berlangsung hingga dewasa. Jerawat merupakan bentuk radang yang terjadi pada kelenjar dekat kulit yang terletak di sebelah folikel rambut. Kelenjar ini disebut sebagai kelenjar sebaceous, mengeluarkan minyak yang disebut sebum. Sebum yang diproduksi ini merupakan hal yang normal, namun biasanya pada wajah berjerawat, kelenjar ini berukuran lebih besar dan menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Minyak yang berlebihan ini dapat membuat bakteri dan sel-sel kulit terperangkap, terutama bakteri P. acnes yang akan semakin subur di kondisi berminyak ini, dan menyebabkan jerawat. Penyebab timbulnya jerawat Dengan mengenali penyebab timbulnya jerawat yang berbeda-beda pada masing individu, masalah jerawat dapat diatasi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat adalah faktor keturunan dan faktor lingkungan sekitar. Lingkungan di sekitar tubuh dan gaya hidup yang diikuti dapat menyebabkan tingginya risiko terjadinya jerawat. Hati-hatilah dengan obat-obatan yang dikonsumsi [...]

Bahaya Pedikur dan Manikur

Bahaya Pedikur dan Manikur

Demi menjaga kecantikan kulit, wanita rela melakukan segala hal. Perawatan muka, tangan, dan kaki pun tak lupa menjadi rutinitas wajib bagi wanita. Pedikur dan manikur adalah contohnya. Sayangnya perawatan kuku tangan dan kaki ini dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Penelitian asal Columbia University's Department of Dermatology menyatakan bahwa perawatan kecantikan kuku ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan jika dilakukan dengan cara yang salah dan kurang hati-hati. Berbagai penyakit kuku seperti paronychia, onycholysis, dan kuku rapuh dapat saja mengintai kuku indah Anda. Tak hanya itu, pelaksanaan manikur dan pedikur yang salah mampu memicu timbulnya alergi, infeksi bakteri, dan kutil. Dalam kasus berat, kesalahan pedikur dan manikur justru dapat menyebabkan hepatitis dan HIV. Ada pula perawatan pedikur dan manikur yang menggunakan sinar ultraviolet yang membahayakan kesehatan penggunanya. Sinar ultraviolet mampu memicu timbulnya kanker. Penggunaan sinar ini biasanya untuk menguatkan kuku dan memudahkan pemasangan kuku palsu. Seorang ahli dermatologi dari University of Texas, Deborah MacFarlane mengatakan penggunaan sinar UV yang [...]

5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Melakukan perawatan Rambut Rontok tak selalu harus ke salon dan berujung pada biaya yang mahal. Anda dapat melakukan perawatan dimulai dari rumah Anda dengan menekan biaya seminim mungkin. Lima cara alami berikut dapat Anda lakukan guna mengatasi kerontokan rambut yang kerap kali mengganggu : Perawatan dengan minyak alamiGunakan aneka minyak alami seperti minyak kelapa, olive oil, atau canola oil. Hangatkan minyak dan usap ke kulit kepala Anda secara perlahan. Gunakan shower capdan biarkan selama satu jam sebelum membersihkannya dengan shampo. Jus alamiAnda dapat menggunakan jus bawang putih, jus bawang merah ataupun jus jahe guna mengatasi kerontokan. Usapkan pada kulit kepala pada malam hari. Biarkan semalaman dan bilaslah rambut Anda di pagi hari. Lakukan pemijatan kepalaPijatlah kulit kepala Anda selama beberapa menit setiap hari. Hal ini dapat membantu menstimulasi sirkulasi peredaran darah di kepala yang membuat folikel rambut tetap aktif. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tetesan lavender atau minyak esensial lainnya. AntioksidanGunakan teh hijau hangat (dua kantung teh) pada kulit kepala Anda. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan sampo. [...]

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami & Ampuh? yuk kita bahas penjelasannya dibawah ini.Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus dan kenyal tentunya keinginan semua orang. Namun, ada saja hal-hal yang membuat kulit kita kehilangan kecantikannya.Faktor usia disebut-sebut menjadi penyebab perubahan pada kulit wajah, seperti hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, perubahan warna kulit, timbulnya garis-garis halus, bintik-bintik coklat, kulit kendur serta keriput, juga membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Namun, selain faktor usia, ada berbagai faktor lainnya yang membuat kulit wajah memiliki kualitas yang buruk, di antaranya polusi, paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya (UV), diet tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak serta kurang mendapatkan istirahat. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara mencerahkan wajah secara alami Anda: Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami 1.Lemon Lemon dapat membantu meremajakan kulit, serta mengurangi bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Selain [...]

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang membandel ? Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang,karena selain mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri, jerawat juga seringkali menimbulkan gatal dan nyeri, bahkan meradang. Penyebab timbulnya jerawat adalah karena adanya perubahan hormon menjelang menstruasi, pemakaian produk kosmetik yang menutupi kulit wajah atau wajah kotor yang terkena udara lembap, sehingga menyebabkan kulit dipenuhi oleh sel kulit mati. Tak hanya itu, jerawat juga timbul, karena pola makan yang tidak sehat dan jenis makanan yang dikonsumsi pun kurang mengandung vitamin A dan vitamin E. Beberapa cara menghilangkan jerawat Bagaimana agar jerawat membandel dapat segera menyingkir dari wajah? Ada beberapa cara yang sudah banyak diketahui orang, tetapi belum pasti cara-cara tersebut merupakan cara menghilangkan jerawat yang benar dan memenuhi kaidah kesehatan. Mengetahui cara yang benar dalam mengatasi jerawat merupakan hal penting agar masalah jerawat dapat diatasi dan tidak menjadi lebih parah atau menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Simak cara menghilangkan jerawat yang benar berikut ini : [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *