Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

sophienavitaaa.jpg

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.

Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.

Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri.

Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka Sophie akan mengatakan kepada dirinya bahwa wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 itu ingin makan asupan kurang sehat. Saat ia mengatakan kepada dirinya maka dengan sendirinya ia sadar kalau makanan yang akan dikonsumsinya tidak sehat dan secara otomatis lebih terkontrol.

“Ketika kita cheating berarti kita berbohong dengan seseorang kalau cheating dengan makanan berarti bohong dengan diri sendiri. Makanya saya nggak akan cheating tapi saya jujur dengan badan saya, ‘aku lagi ingin makan tahu isi misalnya ini minyaknya banyak banget loh’, ya sudah makan. Tapi karena sadar makannya jadi nggak satu baskom dong, secukupnya saja,” tutur Sophie saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat.

Sophie menekankan bahwa yang suka dilupakan banyak orang adalah mengonsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan. Itulah yang harus disadari sejak dini. Oleh sebab itu, pendiri komunitas ‘Indonesia Makan Sayur’ ini menyarankan agar tetap berusaha mengontrol diri sendiri ketika makan.

Salah satu caranya dengan meletakkan sendok atau garpu setelah satu suap ketika sedang mengonsumsi makanan kurang sehat. Sebagai contoh, saat Anda sedang makan camilan berupa tahu goreng maka makanlah satu per satu. Ingat bahwa makanan yang tinggi minyak bisa memengaruhi kesehatan, misalnya kolesterol.

Letakkan garpu setelah makan satu suap. Hindari memegang sendok atau garpu terus-menerus yang bisa membuat Anda tidak sadar sehingga mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

“Makan tuh harus sadar, habis makan garpunya ditaruh dulu. Nanti mau makan, ambil lagi taruh lagi garpunya. Jangan sambil makan terus sendoknya dipegang mulu, jadi gragas makannya. Nanti juga ada konsekuensinya kok kayak naik timbangan, sakit perut, diare, keputihan, nah kalau sudah seperti itu jangan marah sama diri sendiri kan sudah tahu penyebabnya apa, coba diperbaiki saja,” saran wanita yang pernah merilis lagu duet ‘I Love You’ bersama sang suami itu.

Penerapan gaya hidup sehat yang dijalani Sophie tak hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Ia pun mengatakan tidak pernah lupa untuk tetap menyiapkan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi anak dan suaminya sebelum beraktivitas.

Bahkan Sophie juga mengajari asisten rumah tangga dan suaminya untuk belajar memasak asupan organik agar ketika ia sedang tidak di rumah, kedua buah hatinya tetap mengonsumsi makanan sehat. Namun ketika ia belum selesai menyiapkan makanan sehat untuk keluarga maka ia tidak akan bisa pergi bekerja.

“Bukan restu dari suami yang paling penting karena dia mah selalu mendukung saya tapi bagaimana saya pamit dari dapur saya. Kalau dapur saya belum beres saya belum bisa pergi. Kasihan keluarga saya nanti saya sibuk ini itu, keluarga saya makan sampah,” tambahnya kemudian.

Sophie kini masih rutin membuka kelas masak makanan organik untuk para wanita Indonesia. Selain itu ia juga masih aktif sebagai MC berbagai acara televisi. Tak hanya MC dan buka kelas masak, Sophie kini juga dikontrak oleh salah satu televisi lokal Singapura untuk syuting film serial di negara tersebut.

(aln/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Flu Babi Sebabkan 39 Bayi Sekarat

Flu Babi Sebabkan 39 Bayi Sekarat

Sebuah penelitian di Oxford University, Inggris oleh bagian National Perinatal Epidemiology mengemukakan resiko kematian yang tinggi dihadapi bayi dalam kandungan terhadap virus flu H1N1 atau biasa disebut dengan flu babi. Virus ini dapat mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan meninggal atau bahkan meningkatkan resiko kelahiran premature dibandingkan dengan para ibu yang tidak terjangkit. Perbandingan yang ditemukan adalah dari 1000, 39 bayi dalam keadaan sekarat baik sebelum maupun setelah kelahiran. Berbanding terbalik dengan kelahiran 1000 bayi dari ibu yang tidak terinfeksi, hanya terdapat 7 kasus bayi sekarat. Dr Marian Knight selaku pimpinan penelitian ini mengungkapkan pentingnya vaksinasi terhadap flu sebagai pencegahan terbaik dalam melindungi ibu maupun calon bayi. Sehingga penemuan akan bahaya virus H1N1 terhadap kehamilan ini menjadi peringatan keras terhadap seluruh wanita hamil dimana secara umum, masih banyak orang yang tidak akan menyangka flu mampu beresiko lebih, ungkap Janet Scott dari Sands (Stillbirth and Neonatal Death Society) yang sangat prihatin mengenai penemuan ini terhadap dampak kematian bayi dalam kandungan. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhada [...]

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Sering lemas ketika berpuasa? Mungkin Anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur Anda. Berikut adalah jenis makanan yang bisa tingkatkan energi, seperti yang dikutip dari iDiva.1. OatmealDibanding makan nasi putih saat sahur, mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. "Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan Smruti Gokhale, seorang ahli gizi.2. PisangPisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum Anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.3. Kacang-kacanganTambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot ketika Anda beraktifitas dan juga membangun stamina.4. Sayuran HijauSelain sehat, sayuran hijau juga akan membantu [...]

Wanita Lebih Rajin Gosok Gigi Ketimbang Pria

Wanita Lebih Rajin Gosok Gigi Ketimbang Pria

Dalam urusan membersihkan gigi, ternyata wanita lebih rajin dari pria. Survei yang dilakukan di Inggris dan Wales terhadap 13 ribu orang membuktikan hal itu.Seperti dikutip dari Female First, survei itu dibuat oleh Colgate sebagai bagian dari kampanye 'Healthy Smiles'. Dari survei itu terungkap kawasan mana di Inggris yang penduduknya memiliki senyum sehat. Kawasan tersebut adalah daerah bagian timur Inggris.Sementara untuk mereka yang rutin melakukan perawatan gigi tinggal di kawasan South Central, Inggris. Hampir 80% penduduk di daerah tersebut menggosok giginya dua kali sehari.Sedangkan di kawasan North Eastd dan Midland, 1/4 penduduknya menggosok gigi satu kali sehari. 6% penduduk di Yorkshire, menggosok gigi kurang dari satu kali sehari.Saat ini di Inggris memang sedang ada bulan kesehatan gigi dan mulut. Para dokter gigi akan tur ke seluruh wilayah untuk mengkampanyekan kebersihan gigi dan juga memberikan nasihat tentang perawatan gigi secara gratis.(eny/eny) [...]

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Saat ini handphone bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakati di dunia. Hampir setiap orang memiliki handphone dari orang dewasa sampai anak kecil. Ketergantungan terhadap handphone disebabkan karena manfaatnya yang bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi, urusan bisnis, dan sebagainya. Dibalik manfaatnya, handphone ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hospital di Orebro, Swedia, penggunaan handphone dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena glioma. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak yang paling sering ditemukan. Dan ketahuilah, risiko paling tinggi pada penggunaan handphone 3G. Berikut penjelasannya. Bahaya HP 3G Semakin maraknya penggunaan komunikasi wireless meningkatkan paparan terhadap radiofrequency electromagnetic fields (RM-EMF). Otak merupakan target utama dari RM-EMF saat handphone digunakan. Risiko paling tinggi ditemukan pada penggunaan handphone 3G dibandingkan handphone jenis lainnya. Tumor tersebut biasanya tumbuh pada sisi otak yang paling sering terpapar. Mis [...]

Kondisi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Setelah Usia 20 Tahun

Kondisi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Setelah Usia 20 Tahun

Usia 20-an tahun adalah masa di mana tubuh berada pada kondisi paling bugar. Baik kesehatan organ dalam, kulit maupun reproduksi. Maka tidak banyak pria dan wanita di usia 25 tahun ke atas yang memeriksakan kesehatan secara rutin, kecuali ada keluhan sakit yang dirasakan pada tubuh."Selama pria merasa badannya sehat, berat badannya stabil, tidak mengalami sakit berkepanjangan, bisa berperan baik dalam pekerjaan, hubungan asmara maupun meyelesaikan tugas di rumah, maka secara keseluruhan mereka tidak perlu periksa ke dokter. Begitu juga dengan wanita, meskipun mereka seharusnya rutin periksa ke ginekolog untuk Pap smears atau cek payudara," jelas Dr. Ted Epperly dari American Academy of Family Physicians, seperti dikutip dari Sun Sentinel.Namun bukan berarti mereka yang berada di usia 20 tahunan bebas sama sekali dari gangguan kesehatan. Temuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dimuat dalam Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan pada 2012 menunjukkan adanya peningkatan risiko kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia hingga 59,5 persen dalam kurun waktu 12 tahun.Data WHO menunjukkan bahwa dari 57 juta kematian yang terjadi di dunia pada 2008 [...]

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis remaja yang merokok memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar terkena osteoporosis, menurut sebuah studi baru yang menemukan gadis yang merokok memiliki jumlah pertumbuhan tulang yang lebih sedikit selama periode pertumbuhan yang penting dalam kehidupan mereka. Pada osteoporosis, tulang kehilangan kepadatan mineral dan menjadi rapuh. Orang dengan kondisi - yang jauh lebih sering terjadi pada wanita daripada pria - rentan terhadap patah tulang. Para peneliti meneliti bagaimana merokok, depresi, kecemasan dan alkohol mempengaruhi pertumbuhan tulang pada 262 perempuan mulai usia 11-19 tahun. Selama tiga tahun, gadis-gadis tersebut menjalani uji klinis dan total kandungan mineral tulang dan kepadatan mineral tulang tubuh mereka diukur. Gadis-gadis tersebut juga ditanya apakah mereka punya gejala depresi atau kecemasan, dan juga menyampaikan seberapa sering mereka merokok atau meminum alkohol. Meskipun semua gadis memiliki tentang massa tulang yang sama pada usia 13, terlepas dari berapa banyak mereka merokok, mereka yang lebih sering merokok ditemukan memiliki tingkat pertumbuhan tulang belakang lumbar dan kepadatan mineral tulang pinggul yang lebih rendah ketika mereka mengin [...]

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Wanita memiliki beraneka keluhan ketika menstruasi mulai dari sakit pinggang, mood tidak beraturan, hingga tubuh merasa lemas dan tak bersemangat. Bahkan beberapa wanita merasakan sakit perut yang tidak tertahankan ketika menstruasi.Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan bahwa gejala tersebut bisa disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi ketika sedang haid. Oleh sebab itu, perhatikan pola makan Anda sehari-hari terutama saat sedang menstruasi. Berikut empat jenis asupan yang sebaiknya dihindari saat haid.1. KopiRia mengatakan bahwa salah satu minuman yang perlu dihindari ketika datang bulan adalah kopi. Kopi kaya akan kafein yang bisa membuat tubuh mudah dehidrasi. Ketika sedang menstruasi daya tahan tubuh juga menurun, jika mengonsumsi kafein maka bisa membuat tubuh semakin lemas."Kafein bisa membuat tubuh mudah dehidrasi dan menyempitkan pembuluh darah. Minuman yang mengandung kafein juga bisa membuat sakit kepala," tutur Ria saat berbincang di acara peluncuran media sosial, Hawa, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).2. GorenganMakanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan juga sebaiknya dihindari saat datang 'tamu' bulanan. Makanan yang [...]

Pantangan dan Anjuran untuk Penderita Radang Sendi

Pantangan dan Anjuran untuk Penderita Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis dapat menghambat Anda dalam melakukan kegiatan yang Anda senangi. Namun jangan khawatir, Anda dapat berdamai dengan arthritis jika Anda memahami apa saja yang perlu dilakukan dan dihindari. Dengan melakukan penanganan yang tepat, Anda tetap bisa beraktivitas dengan baik. Berikut adalah pantangan dan anjuran yang bisa Anda terapkan: Lakukan hal-hal berikut ini: 1. Konsultasi dengan dokter Ceritakan dengan lengkap keluhan yang Anda rasakan, termasuk riwayat kesehatan, obat dan vitamin apa saja yang pernah diminum, hingga aktivitas Anda sehari-hari. Bersikap terbuka dengan dokter Anda akan mempermudah dokter mengetahui jenis arthritis yang Anda alami, sehingga dokter dapat melakukan penanganan yang terbaik untuk Anda. 2. Pahami penyakit Anda Terdapat banyak sekali jenis arthritis yang diketahui hingga kini. Perkaya wawasan Anda mengenai jenis-jenis arthritis tersebut, terutama jenis yang Anda miliki, pilihan terapi, dan prognosisnya. Pahami pula apa saja yang memicu keluhan Anda dan cara mengatasinya. 3. Jaga berat badan dalam batas normal Berat badan di atas normal dapat meningkatkan risiko dan komplikasi arthritis, sehingga gejala dapat menjadi lebih ber [...]

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Indonesia termasuk negara dengan penyebaran hepatitis B tertinggi. Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita hepatitis terbanyak, di antara 11 negara di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat sebanyak 9 dari 100 orang atau sekitar 25 juta penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis. Data lapangan Kemenkes tahun 2007-2012 menunjukkan bahwa jumlah penderita hepatitis B melebihi 31 persen dari jumlah penderita hepatitis secara keseluruhan. Cara Penularan Hepatitis B Semua orang memiliki risiko tertular hepatitis B. Penyakit yang disebarkan oleh virus hepatitis B ini menyerang organ hati dan dapat ditularkan melalui darah, sperma, dan cairan tubuh lainnya. Ada dua cara penularan hepatitis B. Pertama, penyebaran vertikal yaitu dari ibu pengidap virus hepatitis B kepada bayi saat persalinan. Kedua, penyebaran horizontal melalui tindakan yang memungkinkan perpindahan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi ke tubuh orang yang sehat. Beberapa perilaku yang dapat memperbesar risiko penyebaran horizontal, antara lain: Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda. Memakai dan berbagi jarum suntik tidak steril. Ber [...]

Awas! Psikologis Terganggu karena Pakai Bra yang Tak Tepat

Awas! Psikologis Terganggu karena Pakai Bra yang Tak Tepat

Sebelumnya telah diberitakan bahwa pemakaian bra yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Namun ternyata ukuran bra yang salah juga bisa berdampak pada psikologi. Kok bisa?Bentuk payudara yang Indah selalu menjadi impian setiap wanita. Bertambahnya usia dan menyusui seringkali menjadi penyebab utama berubahnya bentuk payudara. Walau begitu, tetap ada beberapa wanita yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk payudaranya yang terlalu besar atau terlalu kecil.Jadinya, tidak heran banyak dari mereka yang mengambil jalan instan dengan menggunakan krim pengencang atau bahkan melakukan operasi pembesaran payudara. Kassandra Putranto, seorang psikolog dan ahli dalam dunia kewanitaan, membenarkan hal tersebut.Menurut Kassandra, bentuk payudara dapat mempengaruhi rasa kepercayaan diri pada seseorang. Wanita yang banyak bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang akan sangat memperhatikan penampilannya. Bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Hal itu semata-mata agar 'enak dipandang orang lain'.Penampilan yang sempurna hanya bisa didapat jika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Selain itu, pemilihan bra yang tepat menjadi salah satu fa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *