Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

sophienavitaaa.jpg

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.

Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.

Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri.

Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka Sophie akan mengatakan kepada dirinya bahwa wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 itu ingin makan asupan kurang sehat. Saat ia mengatakan kepada dirinya maka dengan sendirinya ia sadar kalau makanan yang akan dikonsumsinya tidak sehat dan secara otomatis lebih terkontrol.

“Ketika kita cheating berarti kita berbohong dengan seseorang kalau cheating dengan makanan berarti bohong dengan diri sendiri. Makanya saya nggak akan cheating tapi saya jujur dengan badan saya, ‘aku lagi ingin makan tahu isi misalnya ini minyaknya banyak banget loh’, ya sudah makan. Tapi karena sadar makannya jadi nggak satu baskom dong, secukupnya saja,” tutur Sophie saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat.

Sophie menekankan bahwa yang suka dilupakan banyak orang adalah mengonsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan. Itulah yang harus disadari sejak dini. Oleh sebab itu, pendiri komunitas ‘Indonesia Makan Sayur’ ini menyarankan agar tetap berusaha mengontrol diri sendiri ketika makan.

Salah satu caranya dengan meletakkan sendok atau garpu setelah satu suap ketika sedang mengonsumsi makanan kurang sehat. Sebagai contoh, saat Anda sedang makan camilan berupa tahu goreng maka makanlah satu per satu. Ingat bahwa makanan yang tinggi minyak bisa memengaruhi kesehatan, misalnya kolesterol.

Letakkan garpu setelah makan satu suap. Hindari memegang sendok atau garpu terus-menerus yang bisa membuat Anda tidak sadar sehingga mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

“Makan tuh harus sadar, habis makan garpunya ditaruh dulu. Nanti mau makan, ambil lagi taruh lagi garpunya. Jangan sambil makan terus sendoknya dipegang mulu, jadi gragas makannya. Nanti juga ada konsekuensinya kok kayak naik timbangan, sakit perut, diare, keputihan, nah kalau sudah seperti itu jangan marah sama diri sendiri kan sudah tahu penyebabnya apa, coba diperbaiki saja,” saran wanita yang pernah merilis lagu duet ‘I Love You’ bersama sang suami itu.

Penerapan gaya hidup sehat yang dijalani Sophie tak hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Ia pun mengatakan tidak pernah lupa untuk tetap menyiapkan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi anak dan suaminya sebelum beraktivitas.

Bahkan Sophie juga mengajari asisten rumah tangga dan suaminya untuk belajar memasak asupan organik agar ketika ia sedang tidak di rumah, kedua buah hatinya tetap mengonsumsi makanan sehat. Namun ketika ia belum selesai menyiapkan makanan sehat untuk keluarga maka ia tidak akan bisa pergi bekerja.

“Bukan restu dari suami yang paling penting karena dia mah selalu mendukung saya tapi bagaimana saya pamit dari dapur saya. Kalau dapur saya belum beres saya belum bisa pergi. Kasihan keluarga saya nanti saya sibuk ini itu, keluarga saya makan sampah,” tambahnya kemudian.

Sophie kini masih rutin membuka kelas masak makanan organik untuk para wanita Indonesia. Selain itu ia juga masih aktif sebagai MC berbagai acara televisi. Tak hanya MC dan buka kelas masak, Sophie kini juga dikontrak oleh salah satu televisi lokal Singapura untuk syuting film serial di negara tersebut.

(aln/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Di negara seperti China, Thailand dan Jepang, teh menjadi minuman sehari-hari bagi para penduduknya. Alasannya, karena tradisi dan manfaat baik yang ditawarkan teh pada kesehatan tubuh. Tiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, teh hijau yang dapat melangsingkan dan teh chamomile berguna untuk mengurangi stress. Namun tidak hanya dua jenis teh itu saja yang memiliki dampak positif. Berdasarkan perkembangan saat ini, makin banyak produsen yang berlomba-lomba untuk menemukan manfaat untuk setiap teh. Berikut adalah jenis-jenis teh dan manfaatnya, dilansir dari situs Health Me Up.Teh OolongTeh hasil fermentasi ini sangat terkenal akan kasiatnya menurunkan berat badan. Selain itu teh oolong juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, mencegah kerusakan gigi, dan baik untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan. Para penderita penyakit jantung dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum teh oolong secara teratur.Teh PeppermintTeh dari tumbuhan Pudina atau yang biasa dikenal dengan peppermint ini adalah sejenis teh herbal untuk mengobati sakit perut. Pengujian secara klinis telah membuktikan bahwa teh peppermint dapat menimbulk [...]

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan masalah bibis pecah-pecah. Penampilan jadi tak sempurna karena kurang percaya diri. Atasi bibir pecah-pecah dengan dengan cara di bawah ini. Kebanyakan orang mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Padahal, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan. Penyebab dan Gejalanya Bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembapan udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik terhadap bibir. Satu hal yang terkadang menjadi kebiasaan adalah kita seringkali menjilati bibir sendiri apabila bibir terasa kering. Padahal, kebiasaan ini tidak dianjurkan karena semakin sering air liur membasahi bibir, ternyata akan semakin memperburuk pecahan pada bibir. Beberapa gejala yang bisa dialami adalah: bibir terasa kering bahkan sampai mengelupas, muncul sisik pada bibir, terdapat luka, bengkak, dan jika sudah parah akan mengalami pendarahan. Cara Mengatasi Bibir [...]

Cara Mengencangkan Lengan

Cara Mengencangkan Lengan

Memiliki lengan yang bergelambir adalah hal yang sangat dihindari oleh semua wanita. Melihat area lengan lembek, berukuran besar, dan ?dagingnya? ikut berayun dengan gerakan, menjadi salah satu ketakutan terbesar wanita. Tahukah Anda hal tersebut disebabkan oleh tumpukan lemak didaerah tersebut, ditambah otot yang kecil? Mari kita bahas bagaimana caranya membentuk lengan yang indah. Pertama, lengan yang ?lembek? disebabkan oleh tumpukan lemak di area lengan atas (humerus). Sayangnya, kita tidak bisa secara spesifik hanya mengurangi lemak di area tangan saja. Berbagai cara untuk mengurangi lemak ditempat tertentu masih belum 100% teruji efektivitasnya. Sulit bagi kita untuk memilih area mana yang ingin dibakar lemaknya. Mengapa begitu? Halaman berikut penjelasannya: Memahami Lemak Tubuh Manusia Lemak adalah cara tubuh untuk menyimpan kelebihan energi yang dikonsumsi oleh tubuh. Lemak tersimpan dalam sel lemak (sel adiposit). Penyebaran simpanan lemak ini berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Area penyimpanan lemak terbagi menjadi dua: Mengelilingi organ dalam Terletak di bawah kulit (subkutan). Lemak inilah yang terlihat dari luar dan menjadi [...]

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

Cinta ini membunuhku, begitulah terlantun dari salah satu grup musik bergenre pop-melayu dalam salah satu lagu andalannya. Putus cinta atau patah hati memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kok bisa? Berlebihankah? Tidak. Contohnya seperti gangguan kesehatan berikut ini: Dari Depresi Hingga Penyakit JantungGangguan suasana hati yang dapat berujung sampai terjadinya depresi, stres yang bermanifestasi pada berbagai gangguan fisik seperti migraine berkelanjutan, sakit maag berkepanjangan, sulit tidur dan penurunan nafsu makan. Lebih jauh lagi, putus cinta juga ternyata kini dapat menyebabkan kematian dalam bentuk penyakit jantung. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan ?Broken Heart Syndrome? dan lebih banyak terjadi pada wanita, lebih banyak pada mereka di usia paruh baya, sekitar 30-an. Broken heart syndrome adalah suatu keadaan jantung sementara yang diakibatkan karena kondisi stres berlebihan yang harus dialami seseorang. Beberapa kondisi yang dapat memicu stres berlebihan adalah meninggalnya orang yang dikasihi, perceraian, putus pacaran, perselingkuhan atau cinta yang ditolak. Gejala yang dialami biasanya adalah: Nyeri dada Sesak napas Jantung berdebar-debar [...]

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Oleh: dr. Ema Anindia Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis. Sudah beberapa tahun ini, banyak yang masih mempertanyakan efek kalsium untuk kesehatan jantung dan efek-efek lain dari kalsium diluar efek ke tulang. Seperti yang diterbitkan pada Medscape Education (4/3/2013), Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute, Bethesda menyebutkan bahwa ?Terdapat peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000 mg sumplemen kalsium perhari, namun efek ini tidak terlihat pada wanita?. Pendapat ini dibuktikan pula oleh data yang didapatkan dari NIH (National Institue of Health) yang meneliti 388.229 pria dan wanita usia 50 ? 70 tahun di Amerika selama 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kematian sebanyak 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000mg suplemen kalsium per hari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen, namun tidak ditemukan asosiasi pada wanita. [...]

8 Cara Melancarkan Pencernaan

8 Cara Melancarkan Pencernaan

Seringkali kita merasa tidak nyaman dengan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya akan mengganggu juga kegiatan Anda pada hari itu. Banyak yang belum mengetahui, gangguan pencernaan sesungguhnya dapat dihindari. Caranya cukup sederhana, yakni cukup dengan mengubah pola hidup Anda sehari-hari. Tapi masalahnya disini, gaya hidup yang manakah yang berbahaya dan baik untuk kesehatan pencernaan? Berikut 8 cara untuk pola hidup sehat untuk menciptakan perut dan proses pencernaan Anda lebih sehat: 8 Cara Melancarkan Pencernaan Seringkali kita merasa tidak nyaman dengan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya akan mengganggu juga kegiatan Anda pada hari itu. Banyak yang belum mengetahui, gangguan pencernaan sesungguhnya dapat dihindari. Caranya cukup sederhana, yakni cukup dengan mengubah pola hidup Anda sehari-hari. Tapi masalahnya disini, gaya hidup yang manakah yang berbahaya dan baik untuk kesehatan pencernaan? Berikut 8 cara untuk pola hidup sehat untuk menciptakan perut dan proses pencernaan Anda lebih sehat: 1. Kurangi Makanan Pencetus Perut Ke [...]

Hubungan Migraine dengan Tidur

Hubungan Migraine dengan Tidur

Migrain terjadi saat sel-sel di dalam otak mengirim signal agar pembuluh darah di otak berkontraksi (menyempit) dan melebar yang bersamaan dengan proses peradangan dan pengeluaran substansi kimia yang dapat menimbulkan nyeri. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Headache, para peneliti melakukan studi tidur terhadap 147 wanita yang sering mengalami migrain paling tidak beberapa hari dalam sebulan. Para wanita ini juga tidak merasa segar saat bangun tidur dan 80% dari wanita malah merasa lelah saat bangun tidur. Apakah hubungan tidur dengan migrain? Tidur dibagi menjadi 4 tahap dan REM (Rapid Eye Movement), nah bangun disaat tahap tidur REM inilah yang dapat memicu migrain. Dalam sekali tidur malam, tubuh kita dapat melalui 6 kali tahap tidur dan REM. Dalam tahap 3 dan 4 (tidur dalam) tubuh memproduksi beberapa substansi yaitu dopamine dan serotonin, yaitu substansi yang membuat tubuh merasa lebih ?enak?, kurangnya substansi inilah yang dapat memicu migrain serta gangguan tidur lainnya. Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan baik dapat mengurangi risiko dan intensitas dari migrain. Sesuai dengan jurnal ini, ada beberapa pernyataan yang dapat anda centang untuk menentukan [...]

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Semua orang tahu bahwa merokok bukanlah kebiasaan baik, terutama bagi wanita hamil. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita hamil yang merokok cenderung melahirkan bayi dengan gangguan jantung bawaan.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang merokok pada trimester pertama, 20 persen hingga 70 persen kemungkinan besar bayinya akan terlahir dengan gangguan jantung bawaan. Seperti dikutip dari Times of India, gangguan jantung bawaan ini adalah jenis yang paling umum dari kelainan lahir dan berkontribusi sekitar 30 persen kematian bayi dari kelainan lahir setiap tahunnya.Penelitian yang dilakukan U.S. Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang diterbitkan pada jurnal Pediatrics, menemukan adanya hubungan antara paparan tembakau dan beberapa jenis kelainan pada bayi. Kelainan tersebut seperti, hambatan aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru (hambatan saluran keluar ventrikel kanan) dan bukaan antara ruang atas dari jantung (atria septal cacat)."Wanita perokok mesti berpikir untuk menghentikan kebiasaan merokok dan bila mereka dinyatakan hamil maka mereka harus segera menghentikan kebiasaan tersebut, "ujar Direktur CDC Thomas R. Frieden."Berhas [...]

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Antibiotik sebagai salah satu jenis obat umum tidak lagi asing beredar di antara masyarakat. Hanya saja, konsumsi antibiotik sering kali tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh dokter, seperti kelalaian dalam menghabiskannya. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan. Yang dimaksud dengan antibiotik adalah obat yang digunakan mengobati infeksi bakteri. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda. Selain efektif melawan infeksi bakteri, antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus. Mengonsumsi antibiotik saat seseorang terkena infeksi virus tidak akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, malah dapat mengarah pada resistensi antibiotik yang menyebabkan kekebalan bakteri. Ketika dokter memutuskan untuk menggunakan antibiotik untuk pengobatan, maka sangat penting untuk mengonsumsinya dengan cara-cara yang telah ditentukan. Cara Mengonsumsi Antibiotik yang Sebenarnya Konsumsi antibiotik umumnya melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *