Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

sophienavitaaa.jpg

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.

Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.

Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri.

Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka Sophie akan mengatakan kepada dirinya bahwa wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 itu ingin makan asupan kurang sehat. Saat ia mengatakan kepada dirinya maka dengan sendirinya ia sadar kalau makanan yang akan dikonsumsinya tidak sehat dan secara otomatis lebih terkontrol.

“Ketika kita cheating berarti kita berbohong dengan seseorang kalau cheating dengan makanan berarti bohong dengan diri sendiri. Makanya saya nggak akan cheating tapi saya jujur dengan badan saya, ‘aku lagi ingin makan tahu isi misalnya ini minyaknya banyak banget loh’, ya sudah makan. Tapi karena sadar makannya jadi nggak satu baskom dong, secukupnya saja,” tutur Sophie saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat.

Sophie menekankan bahwa yang suka dilupakan banyak orang adalah mengonsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan. Itulah yang harus disadari sejak dini. Oleh sebab itu, pendiri komunitas ‘Indonesia Makan Sayur’ ini menyarankan agar tetap berusaha mengontrol diri sendiri ketika makan.

Salah satu caranya dengan meletakkan sendok atau garpu setelah satu suap ketika sedang mengonsumsi makanan kurang sehat. Sebagai contoh, saat Anda sedang makan camilan berupa tahu goreng maka makanlah satu per satu. Ingat bahwa makanan yang tinggi minyak bisa memengaruhi kesehatan, misalnya kolesterol.

Letakkan garpu setelah makan satu suap. Hindari memegang sendok atau garpu terus-menerus yang bisa membuat Anda tidak sadar sehingga mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

“Makan tuh harus sadar, habis makan garpunya ditaruh dulu. Nanti mau makan, ambil lagi taruh lagi garpunya. Jangan sambil makan terus sendoknya dipegang mulu, jadi gragas makannya. Nanti juga ada konsekuensinya kok kayak naik timbangan, sakit perut, diare, keputihan, nah kalau sudah seperti itu jangan marah sama diri sendiri kan sudah tahu penyebabnya apa, coba diperbaiki saja,” saran wanita yang pernah merilis lagu duet ‘I Love You’ bersama sang suami itu.

Penerapan gaya hidup sehat yang dijalani Sophie tak hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Ia pun mengatakan tidak pernah lupa untuk tetap menyiapkan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi anak dan suaminya sebelum beraktivitas.

Bahkan Sophie juga mengajari asisten rumah tangga dan suaminya untuk belajar memasak asupan organik agar ketika ia sedang tidak di rumah, kedua buah hatinya tetap mengonsumsi makanan sehat. Namun ketika ia belum selesai menyiapkan makanan sehat untuk keluarga maka ia tidak akan bisa pergi bekerja.

“Bukan restu dari suami yang paling penting karena dia mah selalu mendukung saya tapi bagaimana saya pamit dari dapur saya. Kalau dapur saya belum beres saya belum bisa pergi. Kasihan keluarga saya nanti saya sibuk ini itu, keluarga saya makan sampah,” tambahnya kemudian.

Sophie kini masih rutin membuka kelas masak makanan organik untuk para wanita Indonesia. Selain itu ia juga masih aktif sebagai MC berbagai acara televisi. Tak hanya MC dan buka kelas masak, Sophie kini juga dikontrak oleh salah satu televisi lokal Singapura untuk syuting film serial di negara tersebut.

(aln/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Insomnnia dan Parkinson

Insomnnia dan Parkinson

Sebuah studi baru menemukan masalah malam mengganggu atau yang lebih dikenal masalah tidur, termasuk peningkatan gerakan kaki yang sering saat tidur dan kurangnya kualitas tidur pada pasien pengidap penyakit Parkinson. Parkinson atau suatu penyakit degeneratif pada sistem saraf, yang sebagian besar telah mengidapnya selama bertahun-tahun tanpa disadari. Penelitian dari Disorder Society Kongres International tentang penyakit Parkinson?s dan gerakan pada gangguan saraf, menunjukkan bahwa hampir setengah dari pasien pengidap penyakit Parkinson dipengaruhi oleh gangguan perilaku gerakan mata cepat pada saat tidur atau dikenal dengan istilah Rapid Eye Movement (REM), dan sisanya didiagnosis gangguan pernafasan pada saat tidur, seperti sleep apnea. Dalam studi ini, pengidap penyakin Parkinson akan mengalami penurunan kualitas tidur,? ujar Dr. Friederike Sixel Doring, MD, dari Kassel, Jerman pada Rabu, 8 Juni 2011 lalu. Lanjutnya, sebuah studi sebelumnya telah mengemukakan bahwa, pasien dengan penderita Parkinson mengalami peningkatan dalam gerakan kaki yang cepat saat tidur dan rentang waktu tidur. Namun, peningkatan tersebut relatif kecil, kurang dari 40 persen termasuk kedalam pasien [...]

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Amankah, Efek apa dan Tanda-tanda apa yang perlu diketahui saat ibu hamil berpuasa?. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar puasa dan kehamilan. Apakah puasa aman untuk bayiku? Belum ada penelitian yang dapat menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini sepenuhnya merupakan jawaban dari Anda, Bila Anda merasa sanggup untuk melakukan ibadah puasa, tentu saja boleh. namun selalu ingat, apabila Anda semakin lemas dan merasa badan semakin tidak enak, menurut teori sebaiknya tidak melakukan puasa. Terutama bila udara sedang panas sebab dapat memicu dehidrasi. Apa efek dari puasa terhadap bayiku? Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa tidak ada efek pada janin, namun ada beberapa penelitian yang mengatakan dapat mempengaruhi kecerdasan bayi saat dewasa, namun ini belum dapat dipastikan. Ada beberapa teori yang kita dapat lihat dari penelitian : Tidak ada perbedaan pada skor APGAR pada bayi dengan ibu yang puasa atau tidak. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pada ibu yang puasa (terutama pada trimester pertama) mempengaruhi berat badan bayi, namun studi lain mengatakan bahwa perbedaan hanya sedikit. Ada yang menyebutkan dapat mempengaruhi pertumbu [...]

Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Kanker serviks salah satu penyakit yang menakutkan. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin kanker serviks. Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu human papillomavirus (HPV). Vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut. Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks. Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama. Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi HPV. Jika saat remaja dosis vaksin belum lengkap, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin. Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabka [...]

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berbuka puasa, asupan cairan memegang peranan yang penting. Mengembalikan cairan tubuh setelah 14 jam tanpa asupan cairan diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Berbuka puasa dengan cairan dan makanan berserat sangat dianjurkan untuk menurunkan rasa lapar sehingga ketika makan makanan utama tidak berlebihan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan segera. Beberapa cairan yang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa selain dari air putih adalah sari buah atau jus buah dan juga jus sayuran. Atau, campuran keduanya. Pilihan lainnya adalah air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kandungan gula sederhana dan elektrolitnya dapat segera mengembalikan kadar gula dan keseimbangan elektrolit dalam darah. Kadar gula dalam air kelapa cukup untuk mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat namun tidak terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda atau minuman berenergi. Hanya mengandung sedikit kalori sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tidak membuat terlalu kenyang sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan utama. [...]

Hidup Sehat Itu Mudah, Dimulai dari 6 Langkah Ini

Hidup Sehat Itu Mudah, Dimulai dari 6 Langkah Ini

Setiap orang tentunya ingin bisa menjalani pola hidup sehat agar bisa tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas selama mungkin. Namun tak sedikit yang 'gagal' melakukannya karena merasa, hidup sehat itu sulit dan menyusahkan. Padahal tidak perlu 'usaha' yang terlalu berat untuk menjadikan hidup sehat sebagai kebiasaan. Anda bisa memulainya dengan melakukan enam hal ini tiap hari, seperti dikutip dari Shape.1. Makan Siang dengan Salad SayuranJika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, orang yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang merkea yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.2. Meluangkan Waktu untuk MeditasiStudi yang dilakukan pada 2012 menemukan, hanya d [...]

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Hipertensi

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Hipertensi

Risiko terjadinya hipertensi pada seseorang di negara berkembang sangat mengejutkan: 90% dan terus meningkat dengan adanya faktor-faktor seperti obesitas, diabetes, dan hiperlipidemia. Selain mengonsumsi makanan sehat, berolahraga juga sangat penting untuk penderita hipertensi. Berolahraga dapat menurunkan tekanan sistolik maupun diastolik pada penderita di usia tengah baya dan juga mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi ringan. Meski demikian, berolahraga tidak secara signifikan menurunkan tekanan darah pada penderita yang mengalami hipertensi berat. Beberapa hal penting seputar jenis olahraga bagi penderita tekanan darah tinggi adalah sebagai berikut: Jenis olahraga yang efektif menurunkan tekanan darah adalah olahraga aerobik dengan intensitas sedang (sekitar 70-100 denyut jantung per menit). Frekuensi latihannya 3-5 kali seminggu, dengan lama latihan 20-60 menit sekali latihan. Olahraga seperti jalan kaki atau berlari, yang dilakukan selama 16 minggu akan mengurangi kadar hormon norepinefrin (noradrenalin) dalam tubuh, yakni zat yang dikeluarkan sistem saraf yang dapat menaikkan tekanan darah. Sebelum memulai olahraga, khusus bagi penderita hipertensi ada beberapa hal y [...]

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada. Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati? Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini. Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Nam [...]

6 Alasan Kenapa Oats Penting untuk Sarapan Harian

6 Alasan Kenapa Oats Penting untuk Sarapan Harian

Memiliki kesulitan untuk memilih menu sarapan yang cepat, sehat, dan juga lezat? Oats bisa jadi solusinya. Oats yang juga dikenal sebagai nama Avena sativa ini merupakan sejenis sereal yang biasa dimakan dengan cara penyajian diseduh dengan air panas atau direbus. Oats sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan tubuh, antara lain: 1. Bebas Penyakit Jantung Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berdasarkan jurnal dari Harvard Univeristy, orang yang mengkonsumsi oats setiap pagi dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung sebesar 29%. 2. Jauh dari Kanker Menurunkan risiko kanker. Oats merupakan antioksidan dan juga mengandung lignan yang diduga dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kanker kolorektal 3. Jauh dari Hipertensi Menurunkan tekanan darah. Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, dengan memakan oats secara rutin dapat membantu utnuk menurunkan tekanan darah. 4. Menurunkan Kolesterol Menurunkan kadar kolestrol tubuh. Oats banyak mengandung fiber yang disebut juga dengan beta-glucan. Hal inilah yang berperan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Berikut alasan lainnya kenapa oats penting un [...]

Tips Agar Tetap Sehat Bagi Para Pekerja Lembur

Tips Agar Tetap Sehat Bagi Para Pekerja Lembur

Orang yang sering lembur dan bekerja dengan jam shift malam sering alami kesehatan yang buruk, karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tapi ada beberapa tips agar tetap sehat walau sering kerja di malam hari.Orang yang kerja shift malam atau bekerja hingga larut malam sering menderita insomnia. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari. Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari detikhealth, berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:1. Pola makan selama kerja malamPastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat ber [...]

Air Kelapa, Bermanfaat dan Sehat Untuk Gigi

Air Kelapa, Bermanfaat dan Sehat Untuk Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha, MSi Berpuasa membuat kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Meski berpuasa, aktivitas di siang hari tetap harus bejalan dan dapat membuat tubuh kita kekurangan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan untuk metabolisme. Untuk menggantikan elektrolit tersebut, kita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, air kelapa juga dapat dijadikan pilihan. Air kelapa segar mengandung karbohidrat simpleks seperti gula sederhana yang mudah diserap tubuh. Dengan tingginya komposisi elektrolit alami seperti kalsium, mangan, magnesium, sodium dan potassium, air kelapa diyakini dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dan merehidrasi tubuh yang lemas setelah berpuasa. Berbagai manfaat yang didapat dari minuman ini, tak terkecuali bagi kesehatan gigi. Bila dibandingkan dengan minuman energi yang banyak beredar di pasaran, air kelapa segar mengandung sedikit kalori dan lebih rendah gula sehingga tidak mengancam kesehatan gigi. Oleh karena itu, cara paling baik untuk mengkonsumsi air kelapa adalah dalam keadaan segar tanpa menambahkan pemanis ataupun sirup dan sejenisnya. Kalsium yang terkandung dalam air kelapa cukup tinggi dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *