Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

sophienavitaaa.jpg

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.

Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.

Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri.

Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka Sophie akan mengatakan kepada dirinya bahwa wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 itu ingin makan asupan kurang sehat. Saat ia mengatakan kepada dirinya maka dengan sendirinya ia sadar kalau makanan yang akan dikonsumsinya tidak sehat dan secara otomatis lebih terkontrol.

“Ketika kita cheating berarti kita berbohong dengan seseorang kalau cheating dengan makanan berarti bohong dengan diri sendiri. Makanya saya nggak akan cheating tapi saya jujur dengan badan saya, ‘aku lagi ingin makan tahu isi misalnya ini minyaknya banyak banget loh’, ya sudah makan. Tapi karena sadar makannya jadi nggak satu baskom dong, secukupnya saja,” tutur Sophie saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat.

Sophie menekankan bahwa yang suka dilupakan banyak orang adalah mengonsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan. Itulah yang harus disadari sejak dini. Oleh sebab itu, pendiri komunitas ‘Indonesia Makan Sayur’ ini menyarankan agar tetap berusaha mengontrol diri sendiri ketika makan.

Salah satu caranya dengan meletakkan sendok atau garpu setelah satu suap ketika sedang mengonsumsi makanan kurang sehat. Sebagai contoh, saat Anda sedang makan camilan berupa tahu goreng maka makanlah satu per satu. Ingat bahwa makanan yang tinggi minyak bisa memengaruhi kesehatan, misalnya kolesterol.

Letakkan garpu setelah makan satu suap. Hindari memegang sendok atau garpu terus-menerus yang bisa membuat Anda tidak sadar sehingga mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

“Makan tuh harus sadar, habis makan garpunya ditaruh dulu. Nanti mau makan, ambil lagi taruh lagi garpunya. Jangan sambil makan terus sendoknya dipegang mulu, jadi gragas makannya. Nanti juga ada konsekuensinya kok kayak naik timbangan, sakit perut, diare, keputihan, nah kalau sudah seperti itu jangan marah sama diri sendiri kan sudah tahu penyebabnya apa, coba diperbaiki saja,” saran wanita yang pernah merilis lagu duet ‘I Love You’ bersama sang suami itu.

Penerapan gaya hidup sehat yang dijalani Sophie tak hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Ia pun mengatakan tidak pernah lupa untuk tetap menyiapkan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi anak dan suaminya sebelum beraktivitas.

Bahkan Sophie juga mengajari asisten rumah tangga dan suaminya untuk belajar memasak asupan organik agar ketika ia sedang tidak di rumah, kedua buah hatinya tetap mengonsumsi makanan sehat. Namun ketika ia belum selesai menyiapkan makanan sehat untuk keluarga maka ia tidak akan bisa pergi bekerja.

“Bukan restu dari suami yang paling penting karena dia mah selalu mendukung saya tapi bagaimana saya pamit dari dapur saya. Kalau dapur saya belum beres saya belum bisa pergi. Kasihan keluarga saya nanti saya sibuk ini itu, keluarga saya makan sampah,” tambahnya kemudian.

Sophie kini masih rutin membuka kelas masak makanan organik untuk para wanita Indonesia. Selain itu ia juga masih aktif sebagai MC berbagai acara televisi. Tak hanya MC dan buka kelas masak, Sophie kini juga dikontrak oleh salah satu televisi lokal Singapura untuk syuting film serial di negara tersebut.

(aln/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Pernahkah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh? Bila Anda mengalami hal seperti di atas, mungkin Anda terkena CTS. Apakah itu CTS ? CTS merupakan singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome. Carpal berarti pergelangan tangan. Pergelangan ini dikelilingi sekelompok jaringan lunak yang berfungsi menyangga persendian. Ruang sempit antara jaringan lunak dan tulang-tulang pergelangan disebut carpal tunnel. Pada terowongan karpal inilah terdapat serabut saraf yang mempersarafi tangan kita. Sindrom terowongan karpal ini terjadi bila terjadi peningkatan tekanan atau terjadi penekanan saraf di pergelangan tangan. Apa itu carpal tunnel syndrome? Berikut penjelasannya: Carpal Tunnel Syndrome Bila terjadi penekanan pada saraf tersebut maka dapat timbul rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, atau rasa kesemutan terutama pada jari-jari tangan. Nyeri yang ditimbulkan terjadi terutama pada malam hari yang sering membuat penderita terbangun dari tidur karena merasakan sakit. Posisi saat bekerja menggunakan tangan da [...]

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Hampir semua orang senang dengan kedatangan akhir pekan, termasuk para karyawan. Akibatnya, kesehatan mereka pun berada dalam kondisi baik pada Jumat sore hingga Minggu malam.Saat akhir pekan, setiap orang bebas melakukan apapun yang ingin mereka lakukan bersama dengan dengan orang-orang tersayang. Itulah faktor yang yang mempengaruhi kesehatan seseorang pada periode akhir pekan (weekend)."Bahkan pekerja dengan status tinggi sekalipun merasa lebih sehat dan bahagia saat weekend," ujar Richard Ryan, profesor psikologi dari University of Rochester seperti dilansir Sciencedaily.Ryan mengatakan bahwa waktu luang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. "Masa luang pada waktu weekend harus benar-benar dimanfaatkan karena sebenarnya itu adalah kebutuhan psikologis dasar manusia yang erat kaitannya dengan kesehatan fisik," jelas Ryan.Ia dan rekannya sudah melakukan studi terhadap 74 orang berusia 18 hingga 62 tahun yang bekerja minimal 30 jam dalam seminggu. Selama 3 minggu, peserta survei diminta mengisi kuesioner yang menjelaskan aktivitas, keadaan serta perasaan setiap harinya seperti senang, sedih, marah, depresi, stres dan juga masalah kesehatannya seperti gang [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Mata berkantung membuat tampilan wajah tampak lesu dan mengantuk, seperti baru bangun tidur. Kantung mata umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata dan biasanya bisa hilang sendiri atau dengan perawatan alami.Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkan kantung mata. Ini tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. MenangisMenangis adalah penyebab paling umum terbentuknya kantung di bawah mata dan sekitarnya karena penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.2. Pilek, Flu fan Infeksi SinusPilek, flu, atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Akibatnya, timbullah kantung mata yang mengganggu penampilan.3. Kurang Tidur dan KelelahanTidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.4. Pola DietTerlalu banyak mengasup yodium y [...]

Cara Mendeteksi Dini & Pencegahan Kanker Serviks

Cara Mendeteksi Dini & Pencegahan Kanker Serviks

Kanker leher rahim (kanker serviks) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim (bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina). Kanker ini merupakan kanker yang paling berbahaya dan menakutkan. Wanita sangat rentan dengan penyakit tersebut.Menurut seorang ahli onkologi, Dr. Toto Imam, Sp.OG (K) Onk, dalam acara Talkshow Kesehatan dan Kecantikan bersama Dewi Sri Spa dan Rudy Hadisuwarno Cosmetic, yang diselenggarakan oleh Wanita TNI, "kanker serviks terjadi karena kuman. Hal ini juga terkait kuat dengan Human Papilloma Virus (HPV).""Gejalanya seperti keputihan atau cairan encer berbau, perdarahan di luar siklus haid, perdarahan sesudah menopause dan nyeri di daerah panggul," tutur Dr. Toto di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.Faktor risiko penyebab kanker serviks ini yaitu:- Menikah atau melakukan hubungan seksual pada usia muda (- Sering berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan seksual- Tidak merawat kebersihan alat kelamin- Riwayat infeksi berulang di daerah kelamin atau radang panggul- Wanita yang sering melahirkan- Wanita perokok memiliki risiko dua kali lebih besar diban [...]

1 Desember Hari AIDS Sedunia

1 Desember Hari AIDS Sedunia

Tanggal 1 Desember merupakan hari peringatan akan bahaya virus mematikan yang pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1982. Virus yang kemudian dikenal dengan Human Immunodefiency Virus (HIV) yang berarti virus penurun kekebalan tubuh ini mampu menginfeksi tubuh manusia dan menjadi penyakit mematikan dengan sebutan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Hanya kurang lebih 30 tahun semenjak keberadaannya diketahui oleh para ilmuwan, AIDS telah merenggut lebih dari 35 juta jiwa diseluruh dunia dan penyebarannya yang berawal di daerah Amerika Serikat dan Eropa, berkembang keseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. HIV sendiri merupakan virus yang biasa menyerang pada primata di hutan Afrika layaknya manusia diserang virus flu, namun suatu kejadian menyebabkan virus tersebut berpindah ke manusia dan menyerang sel-sel kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit dan sering kali berujung pada kematian. Dengan mempelajari kinerja HIV, ilmuwan telah dapat mengusahakan pengobatan antiretrovirus yaitu perawatan dalam memperlambat infeksi yang disebabkan oleh virus termasuk HIV. Namun sayangnya pengobatan ini tergolong menelan biaya y [...]

Jangan Malas Cuci Piring, Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Redakan Stres

Jangan Malas Cuci Piring, Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Redakan Stres

Mencuci piring merupakan pekerjaan rumah tangga yang bisa dibilang cukup melelahkan. Yang membuat tugas ini berat, karena seringkali piring-piring kotor tak segera dicuci sehingga menumpuk di bak cucian.Akibatnya, Anda pun jadi malas cuci piring. Padahal tugas rumah tangga ini bisa membantu mengatasi stres. Hal itu diungkapkan oleh sejumlah peneliti yang mengklaim bahwa pekerjaan rumah tangga sehari-hari bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.Studi dari Florida State University seperti dikutip dari Daily Mail, menemukan bahwa orang yang mencuci piring secara serius dan hanya fokus pada apa yang dikerjakannya, tingkat stres dan kegelisahannya lebih rendah. Para peneliti pun merekomendasikan kalau cuci piring bisa digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional.Dalam laporannya, peneliti menuliskan bahwa, "Fokus saat cuci piring akan membuat membuat pikiran lebih tenang, meningkatkan aspek-aspek positif, mengurangi pemikiran-pemikiran negatif dan membuat proses cuci piring jadi tidak terlalu melelahkan."Menurut Psychology Today, mencuci piring menempatkan otak pada tahap aktif, waktu dan tempat dimana Anda berada sekarang. Saat berada dalam kondisi terseb [...]

6 Cara Mengusir Bad Mood

6 Cara Mengusir Bad Mood

Bad mood atau suasana hati yang buruk merupakan suatu kondisi yang tanpa disadari dapat menjadi sumber stres yang tersembunyi dan kronik. Bad mood yang menumpuk dan tidak diatasi secara tidak disadari dapat mengganggu performa kerja seseorang. Namun, bad mood sebenarnya tidak bertahan lama, masalah psikis ini dapat diatasi dengan segera lewat beberapa tips berikut ini: 1. Cukup tidur Tidur 8,5-9,5 jam per hari dapat membantu tubuh secara fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang. (Baca: Haruskah Kita Tidur 8 jam Sehari?) 2. Berolahraga Berolahragalah di luar rumah. Bersepeda, lari, jalan cepat, bermain basket, bulu tangkis. Apapun yang Anda sukai. Nikmati suasana dimana Anda dapat mengekspresikan diri Anda dengan leluasa. (Baca: Olahraga yang Dapat Dilakukan Di Rumah) 3. Mendengarkan musik Hidup tanpa musik adalah suatu kesalahan. Nyalakan musik yang Anda sukai dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk. (Baca: Musik Tidak Terbukti Membuat Anda Lebih Pintar)= 4. ?Curhat? Berbicara dengan orang terdekat akan membantu Anda melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dan menjadi suatu sarana untuk menyalurkan emosi Anda. Selain keluarga dan teman [...]

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

Menstruasi adalah proses yang normal terjadi pada setiap wanita dewasa atau mulai beranjak remaja. Meskipun wajar terjadi, masih banyak fakta-fakta yang mungkin belum diketahui bahkan oleh para wanita itu sendiri. Tahukah Anda, bahwa ketika menstruasi hasrat seks wanita bisa meningkat, dan darah yang keluar selama periode menstruasi tak lebih dari satu cangkir? Ketahui fakta unik lainnya tentang menstruasi, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Menstruasi Tingkatkan Gairah SeksBanyak wanita yang merasakan gairah seksnya meningkat dan mudah terangsang stimulasi seks ketika menstruasi. Saat haid, hormon progesteron dalam tubuh wanita berada dalam level terendah. Menurut para ahli, progesteron merupakan hormon yang bisa menurunkan hasrat bercinta. Jadi tak perlu heran jika saat periode haid, Anda lebih mudah terangsang hasrat seksualnya hanya karena stimulasi-stimulasi kecil. Sayangnya, bercinta ketika mens tidak disarankan karena alasan kehigienisan.2. Stres Memengaruhi Periode MenstruasiStres tidak hanya membuat Anda sulit tidur tapi juga bisa membuat periode mens tidak teratur. Ahli kandungan F. Ralph Dauterive, M.D., menjelaskan bahwa ketika menghadapi situasi yang sul [...]

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pada dasarnya sendawa adalah hal yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sendawa menjadi pertanda kebaikan untuk bayi karena dia sedang mengeluarkan kelebihan gas dari dalam perutnya. Saat kita bernapas, udara yang kita hirup mengandung gas-gas, seperti nitrogen dan oksigen. Begitu juga saat makan atau minum, mulut Anda tidak hanya memasukkan makanan dan air, melainkan juga gas. Gas yang berlebih di dalam perut kemudian akan naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut sebagai sendawa. Sendawa Penting bagi Bayi Sendawa mungkin adalah kondisi yang sederhana bagi orang dewasa, namun sendawa merupakan hal yang penting dilakukan pada bayi. Saat bayi minum, gelembung udara di dalam minumannya akan masuk dan mengumpul di dalam perut. Mengondisikan bayi bersendawa akan mencegah perut bayi terasa kembung. Selain itu, sendawa juga dapat meringankan bayi yang sedang mengalami kolik dan asam lambung berlebih. Sebagai perbandingan, bayi yang mengonsumsi susu dari botol perlu lebih sering bersendawa daripada yang menyusu langsung ke payudara. Hal ini dikarenakan lebih banyak gelembung udara yang terdapat dalam susu botol dibandingkan jika menyusu dari payudara. Berikut ini hal-hal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *