Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

sophienavitaaa.jpg

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.

Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.

Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri.

Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka Sophie akan mengatakan kepada dirinya bahwa wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 itu ingin makan asupan kurang sehat. Saat ia mengatakan kepada dirinya maka dengan sendirinya ia sadar kalau makanan yang akan dikonsumsinya tidak sehat dan secara otomatis lebih terkontrol.

“Ketika kita cheating berarti kita berbohong dengan seseorang kalau cheating dengan makanan berarti bohong dengan diri sendiri. Makanya saya nggak akan cheating tapi saya jujur dengan badan saya, ‘aku lagi ingin makan tahu isi misalnya ini minyaknya banyak banget loh’, ya sudah makan. Tapi karena sadar makannya jadi nggak satu baskom dong, secukupnya saja,” tutur Sophie saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat.

Sophie menekankan bahwa yang suka dilupakan banyak orang adalah mengonsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan. Itulah yang harus disadari sejak dini. Oleh sebab itu, pendiri komunitas ‘Indonesia Makan Sayur’ ini menyarankan agar tetap berusaha mengontrol diri sendiri ketika makan.

Salah satu caranya dengan meletakkan sendok atau garpu setelah satu suap ketika sedang mengonsumsi makanan kurang sehat. Sebagai contoh, saat Anda sedang makan camilan berupa tahu goreng maka makanlah satu per satu. Ingat bahwa makanan yang tinggi minyak bisa memengaruhi kesehatan, misalnya kolesterol.

Letakkan garpu setelah makan satu suap. Hindari memegang sendok atau garpu terus-menerus yang bisa membuat Anda tidak sadar sehingga mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

“Makan tuh harus sadar, habis makan garpunya ditaruh dulu. Nanti mau makan, ambil lagi taruh lagi garpunya. Jangan sambil makan terus sendoknya dipegang mulu, jadi gragas makannya. Nanti juga ada konsekuensinya kok kayak naik timbangan, sakit perut, diare, keputihan, nah kalau sudah seperti itu jangan marah sama diri sendiri kan sudah tahu penyebabnya apa, coba diperbaiki saja,” saran wanita yang pernah merilis lagu duet ‘I Love You’ bersama sang suami itu.

Penerapan gaya hidup sehat yang dijalani Sophie tak hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Ia pun mengatakan tidak pernah lupa untuk tetap menyiapkan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi anak dan suaminya sebelum beraktivitas.

Bahkan Sophie juga mengajari asisten rumah tangga dan suaminya untuk belajar memasak asupan organik agar ketika ia sedang tidak di rumah, kedua buah hatinya tetap mengonsumsi makanan sehat. Namun ketika ia belum selesai menyiapkan makanan sehat untuk keluarga maka ia tidak akan bisa pergi bekerja.

“Bukan restu dari suami yang paling penting karena dia mah selalu mendukung saya tapi bagaimana saya pamit dari dapur saya. Kalau dapur saya belum beres saya belum bisa pergi. Kasihan keluarga saya nanti saya sibuk ini itu, keluarga saya makan sampah,” tambahnya kemudian.

Sophie kini masih rutin membuka kelas masak makanan organik untuk para wanita Indonesia. Selain itu ia juga masih aktif sebagai MC berbagai acara televisi. Tak hanya MC dan buka kelas masak, Sophie kini juga dikontrak oleh salah satu televisi lokal Singapura untuk syuting film serial di negara tersebut.

(aln/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Radang Payudara Pada Implan Payudara Silikon

Risiko Radang Payudara Pada Implan Payudara Silikon

Proses implan silikon pada payudara memiliki faktor risiko. Isu utama adalah risiko pecahnya implan payudara silikon, yang antara lain akibat pembentukan jaringan parut di dalam payudara. Jika timbul rasa nyeri diikuti perubahan kontur atau bentuk payudara, maka jaringan parut yang timbul tersebut harus segera diatasi. Jaringan parut tercipta akibat dari kapsul fibrosa yang membentuk jaringan parut disekitar implan yang ditanamkan. Keadaan dapat kian parah jika terdapat kebocoran gel silikon yang dapat menyebabkan peradangan pada kapsul fibrosa. Sebagaimana keadaan deformasi dan rasa nyeri yang ditimbulkan ialah akibat lanjutan dari pembentukan jaringan parut tambahan yang ada di payudara. Bagaimanapun untuk memperkecil risiko dari proses implan payudara silikon adalah dilakukannya pemantauan payudara secara rutin ketika usia implan payudara silikon sudah menginjak tahun ketiga. Namun untuk lebih pastinya, cermatilah gejala-gejala berikut ini untuk menambah pengetahuan guna lebih preventif: Ini Dia Risiko Perbesar Payudara Namun untuk lebih pastinya, cermatilah gejala-gejala berikut ini untuk menambah pengetahuan guna lebih preventif: Dirasa terdapat sensa [...]

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk beraktivitas dengan optimal pun berkurang. Sakit pada persendian maupun tulang kerap dialami orang yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, akibat berkurangnya kalsium dan 'cairan pelumas' yang melindungi otot serta sendi.Agar persendian tetap sehat dan memungkinkan Anda tetap beraktivitas dengan normal di usia tua, diet yang sehat perlu dijalani. Ini beberapa makanan dengan kandungan yang bisa memelihara kesehatan sendi serta tulang yang perlu dikonsumsi secara rutin minimal dua hingga tiga kali seminggu.1. SalmonBegitu menginjak usia 30, umumnya orang akan mengalami robekan kecil pada tulang rawan. Jaringan mirip karet yang terdapat pada persendian ini berfungsi membantu Anda bergerak dengan lancar, baik itu berjalan, berolahraga maupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun robekannya sangat kecil, jika dibiarkan bisa menjadi gangguan yang fatal seperti peradangan kronis dan sakit saat sendi digerakkan. Salmon, bisa mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak sehat ini berkhasiat sebagai anti peradangan. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang menjaga kesehata [...]

Kulit Menghitam Saat Hamil

Kulit Menghitam Saat Hamil

Oleh: dr. Jessica Florencia Hampir 90% wanita, terutama yang berkulit agak gelap akan mengalami masalah kulit saat kehamilan. Para calon Ibu ini akan mengalami hiperpigmentasi (penghitaman kulit) di bagian-bagian kulit tertentu yang seringkali kurang menyenangkan. Hiperpigmentasi kulit ini terjadi pada awal-awal kehamilan dan seringkali dapat merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Bagian-bagian kulit yang biasanya menjadi lebih hitam adalah bagian puting payudara, areola payudara (daerah sekitar payudara yang lebih gelap), wajah, leher, punggung belakang, ketiak, selangkangan, paha bagian dalam, daerah sekitar pusar dan garis tengah perut. Jaringan parut yang baru terbentuk atau tahi lalat yang baru muncul juga akan menjadi semakin menghitam. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang mempengaruhi pembentuk pigmen kulit oleh sel-sel melanosit (pembentuk pigmen pada kulit). Bagian kulit yang menghitam tersebut akan semakin menghitam selama kehamilan dan menjadi lebih terang setelah persalinan, namun seringkali memang tidak dapat kembali seperti warna kulit sebelumnya. Untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit pada masa kehamilan, Ibu hamil perlu memperhatikan hal [...]

5 Tips Memulai Berolahraga

5 Tips Memulai Berolahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adalah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, penyebab kematian terbanyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan tiga penyakit utama adalah stroke, hipertensi dan diabetes. Seperti disinggung di atas, ketiga penyakit ini seperti penyakit lainnya dalam kelompok penyakit tidak menular, sangat terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan orang yang tidak aktif dalam hidupnya memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar daripada orang yang teratur melakukan olahraga. Melihat fakta di atas, maka tampak bahwa peran olahraga dan aktivitas fisik dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat langkah pertama Anda berolahraga lebih mudah dan ringan: Realistis dengan waktu. Tidak jarang alasan tidak punya waktu adalah hal pertama yang kita ungkapkan ketika hendak melakukan olahraga. Tetapi c [...]

Awas! Bahaya Tersembunyi di Dalam Tas Anda

Awas! Bahaya Tersembunyi di Dalam Tas Anda

Bagi Anda yang gemar membawa banyak barang dalam tas, tampaknya harus lebih berhati-hati. Ternyata kebiasaan tersebut bisa berbahaya dan membuat Anda terkena handbag syndrome. Apa itu?Sebuah penelitian menemukan bahwa berat rata-rata tas tangan yang digunakan oleh wanita dalam beberapa tahun terakhir bisa mencapai 3 kg. Hal ini karena wanita memasukkan semua barang keperluannya ke dalam tas, mulai dari ponsel, alat make up, dompet, laptop, payung, botol minum dan lainnya.Kebiasaan itu akan memberikan tekanan yang luar biasa besar pada punggung dan leher yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan handbag syndrome (sindrom tas tangan), seperti dikutip dari detikhealth.Jika seseorang membawa tas yang berat di satu sisi dalam jangka waktu panjang, maka tulang lengkungan di leher akan mendistribusikan tekanan ke tulang belakang yang menyebabkan nyeri kronis di leher, bahu, punggung bahkan hingga sakit kepala.Selain itu tas ini juga bisa membuat postur tubuh memburuk sehingga membuat seseorang condong ke satu sisi. Hal ini akan mengurangi kemampuannya dalam menjaga keseimbangan serta membatasi gerakan. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh wanita, tapi [...]

Berapa Lama Boleh Menyimpan Makanan dalam Kulkas?

Berapa Lama Boleh Menyimpan Makanan dalam Kulkas?

Lemari pendingin dan lemari pembeku (freezer) adalah penemuan penting dalam industri makanan. Alat ini membantu penyimpanan makanan menjadi lebih baik dan lebih lama. Namun, jangan sampai kita terlena untuk terlalu lama menyimpan makanan dalam lemari pendingin atau lemari pembeku. Jika terlalu lama maka sebenarnya makanan tersebut sudah tidak sehat untuk dimakan. Bakteri dapat tumbuh pada makanan dan dapat menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan. Atau, bakteri yang menghasilkan racun dapat tumbuh pada makanan dan menyebabkan mereka yang memakannya mengalami keracunan makanan. Berikut ini adalah daftar waktu penyimpanan makanan di dalam lemari pendingin dan pembeku berdasarkan jenis makanan yang biasanya cukup sering ditemukan: Daftar Waktu Penyimpanan Makanan di Kulkas untuk Makanan Daging, Ikan dan Unggas Daftar Waktu Penyimpanan Makanan di Kulkas untuk Makanan Buah & Sayur Daftar Waktu Penyimpanan Makanan di Kulkas untuk Susu, Produk Susu, Telur Daftar ini dikompilasi dari USDA, ahli makanan, dan produsen makanan, seperti dilansir oleh Majalah TIME, 8 Januari 2015. Dengan penyimpanan yang benar, maka m [...]

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Berita menggembirakan bagi penggemar kopi. Dalam sebuah studi epidemiologiyang menyertakan sedikitnya 93ribu wanita memperlihatkan bahwa meminum kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit. Riset lainnya menghasilkan ungkapan senada, dimana timbul dugaan terdapat dua tindakan konsumsi kafein yang dapat menekan risiko paparan kanker kulit, yakni dengan meminum kopi ataupun preparat topikal. Hasil temuan yang telah diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada Februari 2009 ini tidak hanya membawa berita gembira bagi para penggemar kopi, namun juga para penderita rosacea yang kerap kali diiringi dengan gejala sensasi panas pada muka dan kulit yang kemerahan. Dimana kafein sudah disolusikan menjadi materi yang berarti dalam mengatasi gejala tersebut dalam bentuk preparat topikal. Meskipun angka penderita rosacea di tanah air termasuk kategori langka, temuan ini telah memberikan harapan baru terapi pengobatan penyakit tersebut di luar negeri. Di samping hal tersebut, kafein yang sudah dikenal sebagai stimulasi mood di pagi hari ini memperoleh posisi baru sebagai manfaat zat anti-karsinogenik.[](DA) [...]

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Takut terkena kanker kulit? Anda bisa mengatasinya dengan khasiat dari teh hijau. Para ilmuwan menemukan bahwa teh hijau bisa membantu atasi kanker kulit. Tim dari University of Strathclyde menjelaskan kalau 40 persen tumor hilang dengan menggunakan senyawa yang disebut epigallocatechin gallate.Teh hijau memang memiliki sifat anti-kanker, dan ekstrak ini sudah diteliti sejak lama. Namun, para peneliti baru saja berhasil menyembuhkan tumor dengan khasiat teh hijau. Hal itu ditunjukkan dengan adanya tes laboratorium pada orang yang terkena kanker kulit. Kanker mereka sembuh hingga 40 persen setelah sebulan pengobatan dengan teh hijau."Hasil ini merupakan kabar baik bagi kami dan berharap bisa menjadi pengobatan alternatif terbaru untuk melawan kanker kulit," ujar Dr. Christine Dufes, selaku ketua penelitian sekaligus dosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences, seperti dikutip dari Times of India.Dufes juga menjelaskan kalau metode dengan menggunakan ekstrak teh hijau membantu mengurangi ukuran tumor setiap hari. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumor para penderita benar-benar hilang. Penelitian ini pun sudah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.Men [...]

Menikmati Masa Pensiun yang Indah

Menikmati Masa Pensiun yang Indah

Hidup seperti apa yang Anda inginkan di masa tua nanti? Jika direncanakan dengan baik, masa pensiun dapat menjadi masa yang produktif dan membahagiakan. Rencanakan bagaimana Anda dapat tetap menjalani gaya hidup sehat dengan standar yang sama atau bahkan lebih tinggi dari yang sekarang. Selain secara finansial, persiapan juga perlu dilakukan agar Anda siap secara fisik dan emosional. Kondisi Keuangan yang Sehat Orang sering khawatir apakah mereka sudah mengumpulkan cukup dana untuk pensiun, terutama untuk biaya kesehatan. Oleh karenanya, persiapan dana pensiun justru sudah harus dimulai begitu seseorang mulai bekerja. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri secara finansial. Menghitung biaya hidup saat pensiun. Berapa biaya yang Anda butuhkan tiap bulan untuk dapat hidup nyaman setelah berhenti bekerja? Sebagian orang hanya menabung tanpa mengetahui seberapa besar kebutuhannya per bulan. Sehingga bisa jadi ketika masa pensiun datang, ternyata tabungannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Pilih menabung atau berinvestasi? Beberapa perusahaan memberikan fasilitas bagi karyawan untuk menabung dana pensiun. Jika tidak, Anda dapat m [...]

Kulit Kepala Kering, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Kering, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit kepala kering dan gatal tidak hanya dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Ternyata kulit kepala kering juga bisa menjadi tanda adanya masalah dengan sistem imun (kekebalan) seseorang. Kulit kepala yang kering dapat menimbulkan bercak bersisik yang disertai rasa gatal. Penyebab dari kulit kepala kering pun beragam. Mulai dari masalah eksim, kulit kepala psoriasis, atau dermatitis seboroik. Kondisi kulit kepala kering disarankan untuk segera ditangani agar tidak semakin parah, dan untuk mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit kepala kering yang perlu Anda ketahui. Eksim Eksim yang terjadi pada kulit kepala dapat membuat kulit kepala bersisik serta menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Eksim di kulit kepala umumnya terjadi pada anak-anak atau bayi. Penyebab timbulnya eksim masih belum diketahui dengan jelas, tapi diduga terkait dengan respon aktif sistem kekebalan tubuh pada unsur yang menyebabkan iritasi. Selain itu, riwayat asma dan alergi juga terkait dengan munculnya eksim. Untuk mengatasi eksim di kepala dapat dilakukan dengan mengguna [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *