Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

makan-stik-140217b.jpg

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?

Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.

Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.

Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari.

“Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik,” kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).

Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:

1. Manis

Semua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa disangkal keinginan kita akan gula tak sekedar hanya sesaat. Ketika tubuh menuntut gula, apa artinya?

“Fluktuasi gula darah bisa membuat Anda mendambakan yang manis-manis. Namun, itu adalah lingkaran setan karena Anda bisa mendapatkan gula yang tinggi,” kata Dr Sohere.

Jika Anda ingin makanan manis di siang hari, cobalah beberapa buah-buahan dan makanan serat tinggi agar kadar gula darah stabil. Apel dan pisang merupakan buah dengan sumber gula alami yang sangat alami dan mengandung serat jumlah tinggi.

2. Roti dan pasta

Jika tubuh Anda mendambakan karbohidrat, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat. Sesederhana itu. Ketika perempuan mengonsumsi diet rendah lemak, mereka sering menemukan dirinya ingin karbohidrat.

“Kecanduan karbohidrat sering karena tak memiliki cukup protein dan makanan berserat dan sekali lagi gula darah yang berfluktuasi. Dorongan bebas lemak menunjukkan tubuh sering membutuhkan karbohidrat,” kata Dr Sohere.

Jika seperti ini, hindari karbohidrat olahan dan pilihlah makanan yang membantu Anda kenyang dalam waktu lama.

“Seimbangkan makanan dengan lemak sehat dengan memasak menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun atau makan kacang-kacangan dan alpukat. Juga pastikan Anda seimbang dalam protein seperti ayam, ikan, hummus dengan setiap makanan,” katanya.

Jika Anda senang roti, Anda mungkin kekurangan nitrogen. Cobalah makanan yang tinggi protein dan roti sehat seperti roti gandum. Untuk melawan nafsu makan karbohidrat sepanjang hari, cobalah segenggam kacang.

3. Junk food

Banyak orang yang begitu menginginkan makanan yang kaya lemak seperti pizza dan kentang goreng. Namun, makanan ini jauh dari sehat. Bahkan jika Anda memilih burger dan menghindari roti.

Penelitian baru menunjukkan, setiap kali Anda makan makanan cepat saji, Anda meningkatkan BMI Anda 0,03 point.

“Makanan ini dibuat agar kecanduang oleh ahlinya dengan bahan-bahan buatan yang membuat kita ketagihan,” kata Dr Sohere.

Kurangi kebiasaan Anda ini dengan memperbanyak aktivitas fisik. Cara tersebut membantu mengekang keinginan anda berpesta makanan junk food kesukaan Anda.

4. Kafein

Ketika kita lelah dan mengantuk, sulit rasanya tak bergantung dengan kafein yang membuat kita kembali `melek`. Tapi, minum latte di pagi hari bisa menyebabkan kecanduan kafein serius.

“Kafein adalah adiktif seperti yang bekerja di reseptor otak kita dan membuat kita semakin tajam, sehingga ketika kita memilikinya, kita tak bisa tanpanya,” katanya lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan waktu empat hari untuk memotong siklus ini. Atau cara baik mengurangi kafein adalah minum setengah cangkir setiap kali atau menggantinya dengan teh hijau yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Ketagihan kafein bisa menyebabkan efek samping yang tak sehat seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, libido rendah. Usir keinginan anda secara perlahan dan ganti dengan teh ginseng, teh chai, teh peppermint atau smoothie.

Untuk membantu Anda untuk tetap melek di pagi hari pastikan minum banyak air putih di sepanjang hari.

5. Garam

Keinginan makanan asin itu alami. Kita sering menggunakan garam agar rasa makanan lebih gurih. Tapi, jika ketika berlebihan Anda tahu kapan waktunya bertindak.

“Keinginan makanan gurih sering menjadi tanda dari kelenjar adrenal Anda bermasalah. Masalah umum untuk orang yang stres.

Ketika kelelahan adrenal, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dan Vitamin B, serta belajar teknik mengelola stres seperti latihan napas.

Jika Anda senang dengan makanan asin, coba seimbangkan dengan banyak makanan segar seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gemar Makan Ikan, Jauhkan Risiko Gangguan Pendengaran

Gemar Makan Ikan, Jauhkan Risiko Gangguan Pendengaran

Kabar menyenangkan bagi Anda yang gemar makan ikan karena dapat menjauhkan Anda dari risiko gangguan pendengaran. Sebuah alasan tepat untuk terus konsumsi hewan yang hidup di air. Orang yang makan ikan dua porsi atau lebih seminggu ternyata punya hubungan yang kuat dengan penurunan risiko gangguan pendengaran menurut American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian yang dipimpin oleh dokter Sharon Curhan dari Harvard Medical Schoool ini mendapatkan data penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap lebih dari 65.215 perempuan selama hampir dari 20 tahun. Perempuan yang mengonsumsi ikan, apapun jenis ikannya, ternyata terkait dengan berkurangnya keluhan gangguan pendengaran. "Asam omega 3 dan lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan, menyebabkan aliran darah ke koklea lebih baik," tutur Curhan seperti dilansir Time, Jumat (12/9/2014). Di dalam koklea yang juga dikenal dengan rumah siput yang di dalamnya terdapat impuls saraf untuk dibawa ke otak. Struktur yang banyak mengandung organ korti, yaitu reseptor yang mengubah getaran yang diterima. Fungsi dari rumah siput sendiri adalah menjadi impuls saraf yang akan diteruskan ke otak - See more at: http://better-right.bl [...]

Tersinggung, Bobot Wanita Ini Turun 44 Kg

Tersinggung, Bobot Wanita Ini Turun 44 Kg

Maksud hati ingin melahirkan dalam air (Water Birth), tapi malah ditolak perawat karena kegemukan. Menurut perawat tersebut, Rachel Reid (25) bisa terjebak di kolam bila memaksakan melahirkan dalam air.Yang menarik, hal ini justru memberikan motivasi bagi dirinya untuk melakukan diet. Tak heran bila bobotnya terus menyusut hingga 44 kilogram setelah kelahiran anak keduanya."Bagi saya tidak bisa water birth itu memalukan. Waktu itu perawat mengatakan kalau Indeks Massa Tubuh saya lebih dari 40 sehingga mereka akan kesulitan membawa saya dari kolam persalinan. Tapi kejadian itu mungkin terakhir bagi saya," kata Rachel, seperti dikutip Dailymail, Selasa (30/12/2014).Setelah ditolak water birth, Rachel sempat terpuruk dan menderita. Sejak itu, kepercayaan dirinya hilang dan dia merasa tidak cantik lagi. Hingga secara perlahan, dia bangkit dan mulai mengatur makan."Kebiasaan mengubah pola makan ini membuat ukuran tubuh saya berkurang dalam dua minggu pertama sehingga saya menjadi semakin termotivasi," ujarnya. Karena bentuk tubuhnya yang kian langsing, Rachel memenangkan penghargaan Slimming World di Inggris. [...]

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

Dapat mengenakan gaun atau busana cantik saat perayaan Natal jadi dambaan para perempuan di hampir seluruh dunia. Perempuan di London, telah melakukan sejumlah program pelangsingan, sebulan sebelum perayaan Natal itu tiba.Dalam jajak pendapat yang dilakukan pada 2.000 orang perempuan dewasa, sepertiga di antara mereka mengaku akan tetap berusaha langsing sampai setelah perayaan Natal dan Tahun Baru. Sisanya, berusaha agar dapat melakukan itu.Ahli Gizi sekaligus Konsultan Kesehatan para Selebritis, Lucy Wyndham-read, mengatakan, sulit untuk berpikir saat perayaan Natal. Namun, mereka berusaha dapat tampil maksimal, dengan mengubah pola hidup dan pola makan beberapa hari sebelum perayaan Natal.Berikut saran yang diberikan Lucy, yang dapat ditiru oleh banyak perempuan agar tampil langsing dan cantik saat perayaan Natal, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (14/11/2014);1. Berjalan kaki sedikit lebih cepat merupakan cara bagus untuk membakar beberapa kalori. Untuk itu, berjalanlah dengan kecepatan 4 mil per jam, karena dapat membantu membakar kalori lebih cepat.2. Saat di kantor, atur waktu setiap 20 menit atau 30 menit sekali untuk berdiri dari kursi, dan melakukan gerakan ringan selama [...]

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Kekenyangan setelah jam makan siang membuat tidak nyaman dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat. Untuk mencegah ini, cobalah konsumsi setengah porsi buah avokad atau alpukat setelah makan siang. Peneliti mengatakan konsumsi setengah porsi buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan perasaan kenyang, dan mengurangi godaan untuk ngemil di antara waktu makan tersebut.Peneliti telah melakukan survei dan membandingkan antara orang yang makan setengah porsi buah alpukat dan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana konsumsi alpukat dapat memengaruhi rasa kenyang, gula darah, dan respons insulin.Ahli Gizi dari Loma Linda University, California sekaligus pemimpin studi ini, Dr. Joan Sabate menjelaskan kenyang merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebab, orang-orang yang merasa tidak puas ketika makan siang, cenderung memilih untuk ngemil."Menambahkan setengah porsi alpukat dapat meningkatkan kalori dan asupan karbohidrat saat makan siang, ini tidak ada peningkatan kadar gula darah," kata Joan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (10/1/2013)Dilanjutkan Joan, ini tandanya buah alpukat berpotensi dala [...]

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

Mengubah hidup sehat dan mulai banyak bergerak memang tidak semudah kita bicara. Tapi wanita asal San Fransisco, Amerika Serikat, Lakeisha Shurn ini membuktikan bahwa niat yang kuat membuatnya berhasil menurunkan berat badan yang mencapai 157 kilogram.Seperti dikutip laman Huffingtonpost, Senin (13/1/2014), Shurn mengaku mengikuti tantangan #giveit100, untuk melakukan gerak dalam bentuk apa pun dan dimana pun dengan cara yang dinilai nyaman olehnya."Bila dipikir, mungkin saya akan depresi karena ingin mengubah semua itu. Tapi setiap hari ketika saya merasa kehilangan berat badan, saya seperti kembali menemukan diriku," kata Shurn dalam videonya.Shurn yang mengunggah videonya ke situs YouTube ini mendokumentasikan dirinya yang berlatih setiap hari di gym.Di akhir video, Shurn memamerkan pinggangnya yang secara signifikan lebih ramping. Namun, saat yang paling mengharukan ketika dia dengan bangga menunjukkan kemampuannya mengangkat kaki ke atas bahu.Shurn menambahkan, ia telah kehilangan berat badannya sebanyak 23 kilogram dalam setahun. Dan dalam waktu 100 hari, ia telah kehilangan 8 kilogram. (Fit/Abd) [...]

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Penelitian yang dilakukan profesor emeritus biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton cukup mengejutkan. Beliau menghabiskan 15 tahun untuk mencari tahu apa saja makanan apa yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata pisang mentah.Mengutip laman Dailymail, Kamis (17/7/2014), pisang mentah yang berwana kehijauan disebut Prof Rodney memiliki kandungan serat yang tinggi dan resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. "Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," kata Rodney.Resisten pati,kata Rodney merupakan jenis karbohidrat tidak seperti karbohidrat lainnya. Karena tidak menyebabkan gula darah meningkat jadi aman bagi penderita diabetes dan tidak mudah lapar.Selain itu, katanya, pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak."Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, [...]

Pekerja Obesitas Dianggap Tak Produktif

Pekerja Obesitas Dianggap Tak Produktif

Pertahanan tubuh dari seorang obesitas 40 persen lebih rendah dari orang berukuran normal. Para peneliti mengatakan, kondisi ini membuat mereka harus banyak beristirahat, karena kemungkinan untuk cedera dan sakit cukuplah besar. Akibatnya, mereka kurang produktif di tempat kerja.Dalam sebuah studi yang dilakukan di Virginia Tech and the University di Buffalo, Amerika Serikat, para peneliti memeriksa daya tahan tubuh dari 32 orang responden yang terbagi menjadi empat kategori; non-obesitas muda, obesitas muda, non-obesitas yang lebih tua, dan obesitas yang lebih tua.Masing-masing dari mereka menyelesaikan tiga tugas yang melibatkan berbagai keterampilan; genggaman tangan, elevasi bahu, dan mengoperasikan simulasi perakitan. Dalam penilaiannya, peneliti melihat waktu istirahat, lamanya mereka bekerja, termasuk juga tingkat keaktivitasan mereka.Asisten Profesor di Departemen Teknik Industri dan Sistem, Lora Cavuoto, menilai bahwa wanita gemuk lebih buruk dalam mengerjakan tugas-tugasnya. "Temuan kami menunjukan, rata-rata 40 persen memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah pada kelompok obesitas, dengan perbedaan terbesar dalam hal geggaman tangan dan tugas perakitan simulasi," kata [...]

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Banyak orang sulit menjalankan diet dengan tepat serta konsisten. Alasannya, tidak ingin lapar. Padahal diet yang benar, menurut binaragawan Ade Rai harusnya tidak membuat kita lapar. Berikut salah satu contoh menu diet yang tepat menurut Pendiri RAI Institute, Fitness Education Center yang dikutip dari binaraga.net, Senin (22/9/2014): Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Bubur oatmeal + susu rendah lemakNasi/bubur merah + omelet putih telurRoti gandum + ayam / omelet putih telurYoghurt + muesliSnack Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Yoghurt rendah lemakSusu rendah lemakBubur oatmeal + bubuk proteinGado-gado + telur rebusBuah + susu kedelai Makan Siang: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Ayam bakar + nasi merah + sayuranSteak + kentang + sayuranOmelet putih telur + tempe + nasi merah + salad/sup sayuran beningTahu bacem + lalab + nasi merahIkan kukus/bakar + nasi merah + salad/sup sayuran bening Snack Petang: (sama dengan snack pagi) Makan Malam: (sama dengan makan siang) Catatan: Jumlah atau porsi disesuaikan dengan ukuran tubuh dan tujuan fisik yang ingin dicapaiPorsi protein makanan: 1 telapak tangan [...]

Mau Aman? Buat Pizza Sendiri Saja

Mau Aman? Buat Pizza Sendiri Saja

Pizza sebenarnya adalah makanan yang dapat memenuhi gizi dan kalori seorang anak. Namun, bila orangtua beranggapan pizza yang dibeli di gerai-gerai pizza adalah makanan cepat saji dan tidak sehat, orangtua dapat membuat pizza sendiri di rumah.Jika meracik sendiri seporsi pizza di rumah, orangtua dapat mengontrol bahan-bahan penyedap yang selama ini ditakutkan. Jangan lupa juga bahwa saus yang dibeli di pasar swalayan atau warung terkandung bahan penyedap. Maka itu, hindari penggunaan saus-saus itu dan raciklah sendiri."Pada dasarnya pizza itu sehat, kok. Kalau buat di rumah, orangtua dapat mengontrol sendiri bahan-bahan apa saja yang akan digunakan. Termasuk membuat sendiri saus tomatnya," kata Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz dalam perayaan Hari Anak Sedunia dengan tema `Pizza Maker Juniors` di Pizza Hut Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, ditulis Jumat (21/11/2014)Rahmi juga menyarankan, agar pizza yang dibuat benar-benar fresh dan sehat, orangtua dapat menggunakan daging sapi yang belum sempat dibekukan. "Begitu dibeli, bersihkan, lalu giling saja jadi daging giling. Itu kan bakal jadi daging yang fresh," kata dia menerangkan.Sedangkan unt [...]

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Kontroversial karbohidrat kompleks juga menimpa beberapa aktris Hollywood. Apalagi dengan aktivitasnya di layar kaca, kebanyakan selebritas menganggap karbohidrat sebagai musuh. Tapi benarkah seperti itu? Berikut, penelusuran The Frisky, Minggu (30/3/2014) pada selebritas cantik yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang karbohidrat. 1. Jennifer Aniston Jen mungkin mampu untuk menghindari karbohidrat ketika dia masih lajang. Tapi tunangannya Justin Theroux sangat menyukai hidangan ala Italian seperti Carbonara yang menurutnya bisa menambah beberapa kilogram bobot tubuhnya. 2. Gwyneth Paltrow Gwynnie terkenal suka memilih jenis makanan. Ia pernah mengatakan pada Daily Mail bahwa gluten dapat menyebabkan perut anak-anaknya 'bergemuruh'. "Setiap ahli gizi, dokter dan orang sadar kesehatan yang pernah saya temui tampaknya setuju bahwa gluten sulit dicerna dan yang paling buruk dari itu adalah alergi," katanya. Menurut Gwynnie, keluarganya tidak makan pasta, roti atau biji-bijian olahan seperti nasi putih dan menghindari karbohidrat. 3. Anna Kendrick Dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post, Anna mengaku pernah datang ke pesta dan banyak makan karbohi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *