Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

makan-stik-140217b.jpg

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?

Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.

Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.

Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari.

“Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik,” kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).

Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:

1. Manis

Semua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa disangkal keinginan kita akan gula tak sekedar hanya sesaat. Ketika tubuh menuntut gula, apa artinya?

“Fluktuasi gula darah bisa membuat Anda mendambakan yang manis-manis. Namun, itu adalah lingkaran setan karena Anda bisa mendapatkan gula yang tinggi,” kata Dr Sohere.

Jika Anda ingin makanan manis di siang hari, cobalah beberapa buah-buahan dan makanan serat tinggi agar kadar gula darah stabil. Apel dan pisang merupakan buah dengan sumber gula alami yang sangat alami dan mengandung serat jumlah tinggi.

2. Roti dan pasta

Jika tubuh Anda mendambakan karbohidrat, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat. Sesederhana itu. Ketika perempuan mengonsumsi diet rendah lemak, mereka sering menemukan dirinya ingin karbohidrat.

“Kecanduan karbohidrat sering karena tak memiliki cukup protein dan makanan berserat dan sekali lagi gula darah yang berfluktuasi. Dorongan bebas lemak menunjukkan tubuh sering membutuhkan karbohidrat,” kata Dr Sohere.

Jika seperti ini, hindari karbohidrat olahan dan pilihlah makanan yang membantu Anda kenyang dalam waktu lama.

“Seimbangkan makanan dengan lemak sehat dengan memasak menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun atau makan kacang-kacangan dan alpukat. Juga pastikan Anda seimbang dalam protein seperti ayam, ikan, hummus dengan setiap makanan,” katanya.

Jika Anda senang roti, Anda mungkin kekurangan nitrogen. Cobalah makanan yang tinggi protein dan roti sehat seperti roti gandum. Untuk melawan nafsu makan karbohidrat sepanjang hari, cobalah segenggam kacang.

3. Junk food

Banyak orang yang begitu menginginkan makanan yang kaya lemak seperti pizza dan kentang goreng. Namun, makanan ini jauh dari sehat. Bahkan jika Anda memilih burger dan menghindari roti.

Penelitian baru menunjukkan, setiap kali Anda makan makanan cepat saji, Anda meningkatkan BMI Anda 0,03 point.

“Makanan ini dibuat agar kecanduang oleh ahlinya dengan bahan-bahan buatan yang membuat kita ketagihan,” kata Dr Sohere.

Kurangi kebiasaan Anda ini dengan memperbanyak aktivitas fisik. Cara tersebut membantu mengekang keinginan anda berpesta makanan junk food kesukaan Anda.

4. Kafein

Ketika kita lelah dan mengantuk, sulit rasanya tak bergantung dengan kafein yang membuat kita kembali `melek`. Tapi, minum latte di pagi hari bisa menyebabkan kecanduan kafein serius.

“Kafein adalah adiktif seperti yang bekerja di reseptor otak kita dan membuat kita semakin tajam, sehingga ketika kita memilikinya, kita tak bisa tanpanya,” katanya lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan waktu empat hari untuk memotong siklus ini. Atau cara baik mengurangi kafein adalah minum setengah cangkir setiap kali atau menggantinya dengan teh hijau yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Ketagihan kafein bisa menyebabkan efek samping yang tak sehat seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, libido rendah. Usir keinginan anda secara perlahan dan ganti dengan teh ginseng, teh chai, teh peppermint atau smoothie.

Untuk membantu Anda untuk tetap melek di pagi hari pastikan minum banyak air putih di sepanjang hari.

5. Garam

Keinginan makanan asin itu alami. Kita sering menggunakan garam agar rasa makanan lebih gurih. Tapi, jika ketika berlebihan Anda tahu kapan waktunya bertindak.

“Keinginan makanan gurih sering menjadi tanda dari kelenjar adrenal Anda bermasalah. Masalah umum untuk orang yang stres.

Ketika kelelahan adrenal, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dan Vitamin B, serta belajar teknik mengelola stres seperti latihan napas.

Jika Anda senang dengan makanan asin, coba seimbangkan dengan banyak makanan segar seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Hamil Berisiko Varises, Hindari dengan Cara Ini

Wanita Hamil Berisiko Varises, Hindari dengan Cara Ini

Ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh wanita hamil. Salah satunya varises, yakni vena yang membengkak yang muncul di kaki dan bagian tubuh lainnya.Varises umum terjadi. Menurut American College of Phlebology, sebanyak 55 persen wanita akan mengalami varises dalam hidupnya.Selama kehamilan, volume darah meningkat dan tekanan dari rahim menempatkan tekanan di pembuluh darah kaki. Varises biasanya berkembang di kaki, tapi juga bisa muncul di vulva atau sebagai wasir yang merupakan jenis varises.Kebanyakan wanita hamil merasa tak nyaman dengan varises. Varises itu juga bisa berdarah, menyebabkan gumpalan yang dangkal di vena, pembengkakan parah di pergelangan kaki, perubahan warna kulit atau masalah selama persalinan vagina jika itu berada di vulva.Demikian disampaikan Direktur The Vein Treatment Center di New York City, Dr Luis Navarro. Salah satu alasan yang paling umum dari varises adalah kecenderungan genetik dengan lemahnya dinding vena atau katup yang lemah.Seperti dikutip Med.News, Rabu (19/2/2014),varises juga meningkat dengan usia, berat badan, dan kelahilan berikutnya. Jika Anda berdiri dengan jangka waktu yang lama atau membawa banyak barang, Anda akan lebih mudah menda [...]

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Menahan nafsu makan biasanya bakal sulit bagi Anda yang doyan makan. Akibatnya, kenaikan berat badan pun tak dapat terhindari. Pada akhirnya, untuk menurunkan kembali berat badannya, orang lebih memilih pil diet ketimbang diet dan berolahraga.Bagi Anda yang sulit menahan nafsu untuk makan padahal tidak merasa lapar, berikut tips yang dapat diikuti seperti dikutip Health Me Up, Minggu (9/3/2014)1. Minum lebih banyak air putihRasa lapar dan dehidrasi hampir mirip. Jadi, bawalah botol air ke mana Anda pergi dan minumlah di saat hasu atau perut keroncongan. Bisa saja perut Anda memberikan kode bukan karena lapar, tapi haus. Dengan minum air putih akan menekan perasaan itu.2. Minum tehMinum teh dipercaya ampuh membantu Anda mengekang nafsu makan. Jika merasa lapar, cobalah untuk mengonsumsi segelas teh. Selain dapat memuaskan selera Anda, teh juga mampu membuat Anda lebih rileks.3. Makan prosi kecilMakan tepat waktu dengan porsi yang kecil juga dapat membantu Anda menahan nafsu makan berlebih. Dengan makan porsi kecil, Anda lebih dapat merasakan satu persatu makanan yang masuk ke dalam mulut. 4. Makan lebih banyak seratMakanan tinggi serat seperti apel, pisang, oatmeal, akan membuat And [...]

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Gula bisa menjadi salah satu hal yang paling berbahaya di tubuh Anda. Gula juga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan dibanding lemak. Bagi Anda yang baru memulai bahtera rumah tangga, mengonsumsi terlalu banyak gula mengurangi kesempatan hamil.Konsumsi gula yang tinggi menyebabkan lemak menumpuk di bagian tengah tubuh Anda. Dan ini menjadi berita buruk bagi pria dan perempuan ketika ingin memiliki anak.Pada pria, lemak di sekitar perut melepaskan estrogen yang bisa memengaruhi jumlah spermanya. Sedangkan pada perempuan, ada risiko yang lebih besar dari gangguan hormon yang memengaruhi siklus menstruasi."Kelebihan berat badan sering menjadi alasan utama mengapa pasangan berjuang memiliki anak," kata Ahli Gizi Kesuburan di Harley Street Fertility Clinik, Melanie Brown, seperti dilansir HandBag, Rabu (12/3/2014)."Terlalu banyak lemak yang disimpan di sekitar perut pada kedua jenis kelamin seperti ladang ranjau hormonal yang beracun," katanya lagi.Untuk mengatasinya, Brown menganjurkan agar pasangan memperhatikan betul makanan yang seharusnya sehat tapi menyimpan gula tersembunyi seperti granola dan jus buah. Selain itu, hindari karbohidrat olahan dan produk berlabel `rendah lemak` [...]

Siasat Donna Agnesia Sajikan Gorengan buat Anak-anaknya

Siasat Donna Agnesia Sajikan Gorengan buat Anak-anaknya

Tak sedikit orangtua yang enggan memberikan makanan gorengan kepada anak-anaknya demi pola hidup sehat. Namun, artis sekaligus presenter cantik Donna Agnesia (35) justru membiarkan ketiga buah hatinya, Lionel Nathan Sinathrya (6), Diego andres Sinathrya (4), dan Quinesha Sabrina Sinathrya (2) mengonsumsi makanan yang digoreng. "Enggaklah, saya masih kok memberikan mereka makanan yang digoreng. Asal makanan itu dimasak di rumah," kata Donna bercerita kepada Health Liputan6.com saat berbelanja bersama dalam acara 'Buahvita Bersama Donna dan Darius Ajak Fruitarian Terapkan Kebiasaan Belanja Sehat' ditulis Rabu (12/2/2014)Istri pemain film Love, Darius Sinathrya (28), ini sadar betul bahwa di usia-usia aktif seperti ketiga buah hatinya harus dibiarkan untuk mencicipi semua makanan, termasuk yang digoreng. Terlebih saat ini ketiganya lagi senang makanan yang digurih."Mereka itu lagi suka yang gurih-gurih dan di saat yang bersamaan lagi malas makan sayur. Makanya, saya coba menyiasatinya dengan digoreng itu. Walaupun kadang ketahuan juga kalau itu dalamannya sayur," kata Donna sambil tertawa.Tak hanya itu, layaknya anak-anak pada umumnya, ketiga buah hati Donna dan Darius pun senang sek [...]

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram. Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):1. Berat badan naikJika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tin [...]

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Ada gangguan yang menyebabkan seseorang merasa takut dan risih dengan tubuhnya sendiri. Kecenderungan ini biasanya akan berakhir pada kondisi yang disebut anoreksia bervos atau bulimia. Di dunia medis, ketakutan seperti ini dikenal dengan sebutan gangguan tubuh dismorfik (Body dysmorphic disorder/BDD)BDD disebut sebagai gangguan yang membuat banyak perempuan merasa kurang akan bentuk tubuhnya. Padahal, bisa dikatakan perempuan itu sudah memiliki tubuh yang ideal. Penderita BDD biasanya menghabiskan banyak waktu untuk menatap diri di cermin, dan selalu beranggapan bahwa tubuhnya kurang permak ini itu. Tak jarang para penderita BDD mencari kepastian jawaban akan kekurangan yang dirasakannya kepada orang lain.Dilansir laman Health Me Up, Rabu (15/1/2014) penurunan tingkat serotonin di otak merupakan penyebab seorang wanita menderita gangguan seperti ini. Serotonin merupakan neurotransmitter yang terkait dengan perilaku depresi, nafsu makan, tidur, dan suasana hati.Meski banyak penderita gangguan ini dialami perempuan, dan tak sedikit juga laki-laki yang merasakan hal yang sama. Untuk pengobatannya sendiri, para penderita gangguan BDD dapat melakukan terapi perilaku kognitif dengan seo [...]

Olahraga di Bulan Puasa Tak Bisa Bikin Langsing

Olahraga di Bulan Puasa Tak Bisa Bikin Langsing

Meski anjuran olahraga di bulan Ramadan terus dikampanyekan. Tapi perlu Anda ketahui bahwa olahraga sebelum berbuka, yang sering dianjurkan para ahli kesehatan bukanlah bertujuan menurunkan berat badan. Seperti disampaikan Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bahwa konsep olahraga pada saat puasa bukan untuk diet tapi untuk mereka yang ingin tetap fit dan menjaga bobot tubuh agar tetap stabil."Berolahraga di bulan Ramadan itu untuk maintenance, bukan untuk turun. Kalau mau berat turun, harus diimbangi dengan pengurangan makan," kata Samuel, seperti ditulis Jumat (11/7/2014). Samuel menerangkan, untuk gampangnya, agar langsing selain olahraga juga perlu mengurangi seperempat porsi makan biasanya. Jadi Anda hanya makan tiga perempatnya saja. Nanti jika perut sudah bisa beradaptasi dengan kebiasaan seperti itu, lama-kelamaan, kurangi porsinya menjadi setengahnya. "Bulan puasa ini mestinya dijadikan kesempatan. Coba saja, siapa yang merasa cepat kenyang saat buka walau hanya minum air putih. Itu tandanya lambung Anda mulai mengecil. Ketika kita terbiasa makan dengan porsi sedikit dan bobot tubuh mulai berkurang, harus d [...]

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Berbeda dengan teroi diet kebanyakan, hypnoslimming lebih menitikberatkan program diet melalui pikiran. Yang menarik lagi, dalam hypnoslimming Anda tidak perlu membatasi makanan yang Anda suka. Sebaliknya, yang perlu diperhatikan adalah cara membuat pikiran bersinergi dengan tubuh. Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt ada tips penting yang perlu Anda ketahui bila ingin mencoba diet ala Hypnosliming sebagai berikut: 1. Makan di saat lapar Diet dalam hypnoslimming bukan menahan lapar. Karena menahan apapun yang Anda inginkan akan membuat efek yang tidak baik bagi tubuh. "Ingat efek yoyo pada bola karet yang dipaksa masuk ke air. Semakin ditahan, semakin besar keinginannya keluar. Begitu juga Anda, semakin enahan lapar, makan jadi sulit dikendalikan." 2. Makan apa saja yang Anda ingin makan Supaya hasrat berkurang, dalam hypnoslimming, Anda dibolehkan makan apapun dan kapanpun Anda inginkan. Perlu dicatat, yang Anda makan adalah yang Anda inginkan bukan temannya. Maksudnya, ketika ingin pizza ya makan pizza. Jangan makanan pendamping lainnya. 3. Makan dengan sadar dan pelan-pelan Makan pelan akan merangsang tubuh untuk kenyang lebih lama. Intinya [...]

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Membujuk anak obesitas agar mau menurunkan beratnya bisa jadi topik sensitif bagi orangtua. Meski anak tahu harus menurunkan beratnya, tapi tak banyak orangtua yang mengetahui cara yang tepat. Belum lagi menurut psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak mereka mengalami obesitas. Selain itu, Peneliti di University of Minnesota Medical School, Jerica Berge, PhD juga mengatakan, orangtua berperan besar bukan hanya menjaga tumbuh kembangnya tapi juga kesehatannya. "Sangat penting bagi orangtua memahami obrolan yang tepat agar anak hidup sehat dengan menurunkan berat tanpa ada paksaan." Lantas bagaimana cara mudah bicara pada anak agar makan sehat dan lebih banyak bergerak? Mengutip laman Everydayhealth, Rabu (4/6/2014) The Academy of Nutrition and Dietetics menawarkan beberapa tips agar orangtua tidak salah bicara pada anak, sebagai berikut: 1. Sajikan makanan seimbang dan temukan cara untuk menghabiskan makanan tersebut dengan menyenangkan.2. Miliki waktu aktif bersama-sama3. Jangan pernah menghukum, mengancam, atau memaksa anak makan dengan menyuapinya.4. Tanyakan pada dokter anak, ide-ide positif untuk kesehatannya. 5. Pujilah anak bila [...]

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Anda harus tahu bahwa buah-buahan dan sayuran yang baik bagi tubuh kita tidak dapat mengecilkan ukuran pinggang Anda. Seberapa banyak dan sering Anda mengonsumsinya, akan tetap percuma selama Anda masih mengonsumsi makanan berkalori tinggi.Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi produk yang lebih segar, tidak selalu berujung pada berkurangnya berat badan seseorang. Terutama jika buah-buahan dan sayuran tidak dapat menggantikan makanan berkalori tinggi dalam diet Anda.Para peneliti tidak pernah bosan untuk mengingatkan bahwa buah-buahan dan sayuran akan bermanfaat untuk mengecilkan ukuran pinggan Anda, bila diimbangi dengan aktivitas fisik. Sebab, diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan Anda."Dalam konteks dari diet sehat, pengurangan energi adalah cara untuk membantu seseorang menurunkan berat badan, sehingga untuk mengurangi berat badan, Anda harus mengurangi asupan kalori," kata salah satu peneliti Dr Kathryn Kaiser, seperti dikutip Daily Mail pada Kamis (24/7/2014)Diakui Kathryn, selama ini tidak sedikit di antara kita yang berasumsi bahwa makanan dengan serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran atau men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *