Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

makan-stik-140217b.jpg

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?

Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.

Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.

Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari.

“Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik,” kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).

Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:

1. Manis

Semua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa disangkal keinginan kita akan gula tak sekedar hanya sesaat. Ketika tubuh menuntut gula, apa artinya?

“Fluktuasi gula darah bisa membuat Anda mendambakan yang manis-manis. Namun, itu adalah lingkaran setan karena Anda bisa mendapatkan gula yang tinggi,” kata Dr Sohere.

Jika Anda ingin makanan manis di siang hari, cobalah beberapa buah-buahan dan makanan serat tinggi agar kadar gula darah stabil. Apel dan pisang merupakan buah dengan sumber gula alami yang sangat alami dan mengandung serat jumlah tinggi.

2. Roti dan pasta

Jika tubuh Anda mendambakan karbohidrat, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat. Sesederhana itu. Ketika perempuan mengonsumsi diet rendah lemak, mereka sering menemukan dirinya ingin karbohidrat.

“Kecanduan karbohidrat sering karena tak memiliki cukup protein dan makanan berserat dan sekali lagi gula darah yang berfluktuasi. Dorongan bebas lemak menunjukkan tubuh sering membutuhkan karbohidrat,” kata Dr Sohere.

Jika seperti ini, hindari karbohidrat olahan dan pilihlah makanan yang membantu Anda kenyang dalam waktu lama.

“Seimbangkan makanan dengan lemak sehat dengan memasak menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun atau makan kacang-kacangan dan alpukat. Juga pastikan Anda seimbang dalam protein seperti ayam, ikan, hummus dengan setiap makanan,” katanya.

Jika Anda senang roti, Anda mungkin kekurangan nitrogen. Cobalah makanan yang tinggi protein dan roti sehat seperti roti gandum. Untuk melawan nafsu makan karbohidrat sepanjang hari, cobalah segenggam kacang.

3. Junk food

Banyak orang yang begitu menginginkan makanan yang kaya lemak seperti pizza dan kentang goreng. Namun, makanan ini jauh dari sehat. Bahkan jika Anda memilih burger dan menghindari roti.

Penelitian baru menunjukkan, setiap kali Anda makan makanan cepat saji, Anda meningkatkan BMI Anda 0,03 point.

“Makanan ini dibuat agar kecanduang oleh ahlinya dengan bahan-bahan buatan yang membuat kita ketagihan,” kata Dr Sohere.

Kurangi kebiasaan Anda ini dengan memperbanyak aktivitas fisik. Cara tersebut membantu mengekang keinginan anda berpesta makanan junk food kesukaan Anda.

4. Kafein

Ketika kita lelah dan mengantuk, sulit rasanya tak bergantung dengan kafein yang membuat kita kembali `melek`. Tapi, minum latte di pagi hari bisa menyebabkan kecanduan kafein serius.

“Kafein adalah adiktif seperti yang bekerja di reseptor otak kita dan membuat kita semakin tajam, sehingga ketika kita memilikinya, kita tak bisa tanpanya,” katanya lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan waktu empat hari untuk memotong siklus ini. Atau cara baik mengurangi kafein adalah minum setengah cangkir setiap kali atau menggantinya dengan teh hijau yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Ketagihan kafein bisa menyebabkan efek samping yang tak sehat seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, libido rendah. Usir keinginan anda secara perlahan dan ganti dengan teh ginseng, teh chai, teh peppermint atau smoothie.

Untuk membantu Anda untuk tetap melek di pagi hari pastikan minum banyak air putih di sepanjang hari.

5. Garam

Keinginan makanan asin itu alami. Kita sering menggunakan garam agar rasa makanan lebih gurih. Tapi, jika ketika berlebihan Anda tahu kapan waktunya bertindak.

“Keinginan makanan gurih sering menjadi tanda dari kelenjar adrenal Anda bermasalah. Masalah umum untuk orang yang stres.

Ketika kelelahan adrenal, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dan Vitamin B, serta belajar teknik mengelola stres seperti latihan napas.

Jika Anda senang dengan makanan asin, coba seimbangkan dengan banyak makanan segar seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Bagi Anda pecinta pedas, mungkin ini bisa menjadi kabar baik. Sebuah penelitian yang ditebitkan Jurnal Nutrition Today menemukan bahwa konsumsi cabai paprika seperti jalapeno atau habanero bisa membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.Penelitian yang diujicobakan pada tikus ini menganasilis 12 studi sebelumnya yang berkaitan dengan konsumsi makanan pedas dan perbaikan metabolisme dalam tubuh. Percobaan lain yang dikaitkan dengan salah satu studi menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan pedas, 12 persen lebih cepat terasa kenyang. "Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, maka capsaicin-kandungan dalam cabai akan mengikat satu jenis reseptor rasa di lidah Anda, yang kemudian memicu pelepasan neurotransmiter di otak Anda dan mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang," jelas peneliti, seperti dikutip Prevention, Senin (3/11/2014). Tinjauan studi menyimpulkan 2,25-30 gram capsaicin atau sekitar 0,1-1 ons cabai dapat menambah manfaat kesehatan Anda [...]

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Menahan nafsu makan biasanya bakal sulit bagi Anda yang doyan makan. Akibatnya, kenaikan berat badan pun tak dapat terhindari. Pada akhirnya, untuk menurunkan kembali berat badannya, orang lebih memilih pil diet ketimbang diet dan berolahraga.Bagi Anda yang sulit menahan nafsu untuk makan padahal tidak merasa lapar, berikut tips yang dapat diikuti seperti dikutip Health Me Up, Minggu (9/3/2014)1. Minum lebih banyak air putihRasa lapar dan dehidrasi hampir mirip. Jadi, bawalah botol air ke mana Anda pergi dan minumlah di saat hasu atau perut keroncongan. Bisa saja perut Anda memberikan kode bukan karena lapar, tapi haus. Dengan minum air putih akan menekan perasaan itu.2. Minum tehMinum teh dipercaya ampuh membantu Anda mengekang nafsu makan. Jika merasa lapar, cobalah untuk mengonsumsi segelas teh. Selain dapat memuaskan selera Anda, teh juga mampu membuat Anda lebih rileks.3. Makan prosi kecilMakan tepat waktu dengan porsi yang kecil juga dapat membantu Anda menahan nafsu makan berlebih. Dengan makan porsi kecil, Anda lebih dapat merasakan satu persatu makanan yang masuk ke dalam mulut. 4. Makan lebih banyak seratMakanan tinggi serat seperti apel, pisang, oatmeal, akan membuat And [...]

Indra Bekti, Hampir Pingsan Saat Pertama Kali Fitness

Indra Bekti, Hampir Pingsan Saat Pertama Kali Fitness

Demi mempercepat proses penurunan berat badan, Indra Bekti tidak hanya berdiet, melainkan juga rutin melakukan aktivitas fisik sebanyak tiga kali dalam seminggu.Karena selama ini tidak pernah mau berolahraga, Indra Bekti mengaku hampir pingsan saat pertama kali melakukan aktivitas fisik di gym."Awalnya, disuruh fitnes sampai mau pingsan. Karena enggak kuat disuruh lompat-lompat, push up, sit up oleh si trainer," kata Indra Bekti dalam acara `Nestle Healthy Zone`di Pejaten Village, Jakarta, ditulis Jumat (11/4/2014)Manfaat yang dirasa Bekti begitu besar. Selain bobot tubuhnya yang turun drastis sebanyak 9 kilogram dalam kurun waktu tiga bulan, Bekti pun lebih percaya diri karena tampil beda saat peluncuran album dan bukunya.Bayangkan saja, saat memulai proses penurunan berat badan di bulan Januari 2014, bobot tubuh Bekti mencapai 74 kilogram. Dua bulan kemudian, tepat di bulan Maret, bobot tubuhnya berkurang menjadi 65 kilogram. [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat makan akan jadi lebih berarti saat bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, ada kalanya keadaan membuat kita makan sendirian. Studi terbaru dari sebuah perusahan riset menyatakan bahwa kesibukan masyarakat membuat makan sendirian jadi tren. Mayoritas orang menghabiskan sarapan sendirian. Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. "Hal ini membuat Anda tak menyadari kapan sudah merasa perut masih lapar atau sudah kenyang," ujar Leslie Heinberg, Ph.D., dari Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic Foundation. Oleh karena itu agar tak membuat barat badan melonjak, saat makan sendirian hindari makan sambil melakukan aktivitas berikut seperti dilansir Women's Health, Senin (18/8/2014). 1. Makan tidak di meja makanAda beberapa orang yang karena enggan makan sendirian, memilih memesan makanan lewat drive thru lalu makan di dalam kendaraan. Hal ini memicu Anda cenderung memilih makanan cepat saji yang tinggi kalori.Lebih baik, pesan dan duduk makan di restoran atau rumah makan tersebut sambil melihat pemandangan yang ada di sekitar Anda. 2. Menyalakan TV atau laptopSaat makan sambil nonton TV atau browsing di [...]

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

Banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal terpenting yang harus Anda tanamkan di dalam benak Anda adalah niat dan usaha yang dikerjakan dengan serius. Pasti akan menampakkan hasil.Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (6/6/2014)1. Jangan lupa untuk sarapanSalah satu keuntungan terbesar dari sarapan adalah membantu membuat stabil hormon dan menjaga potensi agar tidak makan berlebih dan banyak pada jam-jam tertentu. 2. Masak sendiriSetiap makanan yang disantap dapat memiliki nilai gizi tinggi bila itu diolah dan dimasak sendiri. Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah cara paling ideal untuk menurunkan berat badan. Dalam memilih buah dan sayuran, coba pilih yang benar-benar segar tanpa ada bintik-bintik dan busuk di beberapa bagian.3. Pilih karbohidrat tepatSelain serat, karbohdirat yang baik juga akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Jenis makanan ini memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang membantu mengatur gula darah dan tingkat produksi insulin. Bahan makanan yang kaya karbohidrat menyehatkan adalah sayur-sayuran, gandum, buah-buahan, kentang, beras berah, dan kacang-kacangan.4. [...]

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Sebuah studi baru yang dilakukan peneliti di Loma Linda University, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menyisipkan buah avokad saat makan siang dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti dikutip laman Health, Senin (5/5/2014) mengonsumsi setengah avokad di siang hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di sore hari. Peneliti bahkan mengatakan bahwa serat dan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad bisa membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Penulis studi, Dr. Michelle Wien, PH juga menuliskan manfaat avokad yang kaya serat dan lemak tak jenuh sehingga membuat seseorang bisa kenyang tahan lama. Sebelumnya, Ahli Gizi dari Loma Linda University, California, Dr. Joan Sabate menjelaskan bahwa rasa kenyang dalam diet merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Cara lain kenyang yang sehat yakni dengan menambahkan setengah porsi avokad pada saat makan siang. [...]

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Seorang pakar kesehatan jantung baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan. Dalam sebuah kesempatan, ia menyatakan bahwa diet rendah lemak belum tentu menyehatkan jantung. Beliau adalah pakar jantung dan kardiovaskular (pembuluh darah) ternama yang juga peneliti jantung di Amerika Serikat, dr James DiNicolantonio. Dalam tulisannya yang diterbitkan di Jurnal Open Heart, ia mengatakan bahwa diet rendah lemak yang saat ini banyak dilakukan demi kesehatan jantung sama sekali tidak berdasar. "Tidak ada bukti yang pasti bahwa diet rendah lemak memiliki efek positif pada kesehatan. Memang, literatur menunjukkan kurangnya efek (baik atau buruk) dari pengurangan asupan lemak," kata dr DiNicolantonio. Sebaliknya, dr DiNicolantonio justru memperingatkan penyebab buruknya kesehatan adalah diet tinggi karbohidrat dan gula. Ia juga menyampaikan, lemak menyebabkan penyakit jantung didasarkan pada studi tahun 1950-an yang menggunakan data dari enam negara. Kurang setuju dengan pendapat dr DiNicolantonio, Profesor bidang nutrisi dari Aberdeen?s Robert Gordon University, Brian Ratcliffe justru mengatakan bahwa diet rendah lemak masih menjadi rekomendasi kesehatan. "DiNicolantonio bahkan tidak [...]

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Stroke bisa mematikan. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi setidaknya satu dada ayam atau fillet salmon dalam sehari atau sebesar 20 gram. Menurut ilmuwan cara tersebut bisa mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.Setiap 20 gram ekstra protein yang dimakan per harinya akan mengurangi risiko stroke sekitar 26 persen."Satu penjelasan mungkin protein menurunkan tekanan darah," kata Dr Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya, termasuk protein yang bisa melindungi dari stroke.Tapi, temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Neurology itu tak mendukung banyak konsumsi daging merah dihubungkan dengan besarnya risiko stroke. Tapi, protein hewani tampaknya lebih protektif dibanding protein nabati."Hasil ini menunjukkan bahwa risiko stroke bisa dikurangi dengan mengganti daging merah dengan sumber protein lain," kata Dr Liu seperti dilansir Mailonline, Sabtu (14/6/2014).Peneliti menganalisis tujuh studi tentang diet yang melibatkan total 254.489 orang dan memantau kemajuannya rata-rata selama 14 tahun. Hasilnya, responden yang makan protein lebih banyak 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *