Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

makan-stik-140217b.jpg

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?

Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.

Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.

Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari.

“Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik,” kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).

Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:

1. Manis

Semua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa disangkal keinginan kita akan gula tak sekedar hanya sesaat. Ketika tubuh menuntut gula, apa artinya?

“Fluktuasi gula darah bisa membuat Anda mendambakan yang manis-manis. Namun, itu adalah lingkaran setan karena Anda bisa mendapatkan gula yang tinggi,” kata Dr Sohere.

Jika Anda ingin makanan manis di siang hari, cobalah beberapa buah-buahan dan makanan serat tinggi agar kadar gula darah stabil. Apel dan pisang merupakan buah dengan sumber gula alami yang sangat alami dan mengandung serat jumlah tinggi.

2. Roti dan pasta

Jika tubuh Anda mendambakan karbohidrat, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat. Sesederhana itu. Ketika perempuan mengonsumsi diet rendah lemak, mereka sering menemukan dirinya ingin karbohidrat.

“Kecanduan karbohidrat sering karena tak memiliki cukup protein dan makanan berserat dan sekali lagi gula darah yang berfluktuasi. Dorongan bebas lemak menunjukkan tubuh sering membutuhkan karbohidrat,” kata Dr Sohere.

Jika seperti ini, hindari karbohidrat olahan dan pilihlah makanan yang membantu Anda kenyang dalam waktu lama.

“Seimbangkan makanan dengan lemak sehat dengan memasak menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun atau makan kacang-kacangan dan alpukat. Juga pastikan Anda seimbang dalam protein seperti ayam, ikan, hummus dengan setiap makanan,” katanya.

Jika Anda senang roti, Anda mungkin kekurangan nitrogen. Cobalah makanan yang tinggi protein dan roti sehat seperti roti gandum. Untuk melawan nafsu makan karbohidrat sepanjang hari, cobalah segenggam kacang.

3. Junk food

Banyak orang yang begitu menginginkan makanan yang kaya lemak seperti pizza dan kentang goreng. Namun, makanan ini jauh dari sehat. Bahkan jika Anda memilih burger dan menghindari roti.

Penelitian baru menunjukkan, setiap kali Anda makan makanan cepat saji, Anda meningkatkan BMI Anda 0,03 point.

“Makanan ini dibuat agar kecanduang oleh ahlinya dengan bahan-bahan buatan yang membuat kita ketagihan,” kata Dr Sohere.

Kurangi kebiasaan Anda ini dengan memperbanyak aktivitas fisik. Cara tersebut membantu mengekang keinginan anda berpesta makanan junk food kesukaan Anda.

4. Kafein

Ketika kita lelah dan mengantuk, sulit rasanya tak bergantung dengan kafein yang membuat kita kembali `melek`. Tapi, minum latte di pagi hari bisa menyebabkan kecanduan kafein serius.

“Kafein adalah adiktif seperti yang bekerja di reseptor otak kita dan membuat kita semakin tajam, sehingga ketika kita memilikinya, kita tak bisa tanpanya,” katanya lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan waktu empat hari untuk memotong siklus ini. Atau cara baik mengurangi kafein adalah minum setengah cangkir setiap kali atau menggantinya dengan teh hijau yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Ketagihan kafein bisa menyebabkan efek samping yang tak sehat seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, libido rendah. Usir keinginan anda secara perlahan dan ganti dengan teh ginseng, teh chai, teh peppermint atau smoothie.

Untuk membantu Anda untuk tetap melek di pagi hari pastikan minum banyak air putih di sepanjang hari.

5. Garam

Keinginan makanan asin itu alami. Kita sering menggunakan garam agar rasa makanan lebih gurih. Tapi, jika ketika berlebihan Anda tahu kapan waktunya bertindak.

“Keinginan makanan gurih sering menjadi tanda dari kelenjar adrenal Anda bermasalah. Masalah umum untuk orang yang stres.

Ketika kelelahan adrenal, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dan Vitamin B, serta belajar teknik mengelola stres seperti latihan napas.

Jika Anda senang dengan makanan asin, coba seimbangkan dengan banyak makanan segar seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Penelitian yang dilakukan profesor emeritus biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton cukup mengejutkan. Beliau menghabiskan 15 tahun untuk mencari tahu apa saja makanan apa yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata pisang mentah.Mengutip laman Dailymail, Kamis (17/7/2014), pisang mentah yang berwana kehijauan disebut Prof Rodney memiliki kandungan serat yang tinggi dan resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. "Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," kata Rodney.Resisten pati,kata Rodney merupakan jenis karbohidrat tidak seperti karbohidrat lainnya. Karena tidak menyebabkan gula darah meningkat jadi aman bagi penderita diabetes dan tidak mudah lapar.Selain itu, katanya, pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak."Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, [...]

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Umumnya anak perempuan di dunia ini suka Barbie. Boneka mirip manusia dengan koleksi didominasi boneka berjenis kelamin perempuan ini yang tampil dengan tubuh sempurna mulai dari wajah cantik, leher dan kaki jenjang dan langsing. Apakah anak jadi ingin memiliki tubuh mirip Barbie? "Sebagai orangtua, coba kita lihat perspektif anak melihat mainan Barbie. Apakah anak melihat Barbie sebagai sosok perempuan yang sempurna atau senang bermain dengan boneka Barbie," ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia ini di hadapan awak media di Jakarta (9/10/2014). JOleh karena itu, Ajeng menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi anak saat bermain. "Ketika menemani anak dan mendapati anak memiliki kecenderungan ke arah negatif, orang tua bisa memberikan penanaman pada anak bahwa Barbie adalah boneka, bukan manusia," tegasnya. Sambil bermain, anak bisa diberikan nasehat tanpa ia merasa dinasehati. Berikan pemahaman padanya bahwa setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tekankan bahwa anak adalah individu unik yang punya kelebihan sendiri, terang Ajeng. Ketika hal tersebut sudah ditanamkan pada anak sejak dini, ia bisa menghargai dan mencintai dirinya sen [...]

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat makan akan jadi lebih berarti saat bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, ada kalanya keadaan membuat kita makan sendirian. Studi terbaru dari sebuah perusahan riset menyatakan bahwa kesibukan masyarakat membuat makan sendirian jadi tren. Mayoritas orang menghabiskan sarapan sendirian. Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. "Hal ini membuat Anda tak menyadari kapan sudah merasa perut masih lapar atau sudah kenyang," ujar Leslie Heinberg, Ph.D., dari Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic Foundation. Oleh karena itu agar tak membuat barat badan melonjak, saat makan sendirian hindari makan sambil melakukan aktivitas berikut seperti dilansir Women's Health, Senin (18/8/2014). 1. Makan tidak di meja makanAda beberapa orang yang karena enggan makan sendirian, memilih memesan makanan lewat drive thru lalu makan di dalam kendaraan. Hal ini memicu Anda cenderung memilih makanan cepat saji yang tinggi kalori.Lebih baik, pesan dan duduk makan di restoran atau rumah makan tersebut sambil melihat pemandangan yang ada di sekitar Anda. 2. Menyalakan TV atau laptopSaat makan sambil nonton TV atau browsing di [...]

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. "Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah"."Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 - 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, "jelas Dr Jaydeep.Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:1. KramSebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski [...]

5 Cara Atur Nafsu Makan

5 Cara Atur Nafsu Makan

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya? Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014) 1. Bayangkan olahraga seperti bermainUsai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan. 2. Tidur cukupKurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2 [...]

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Makan secara perlahan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, dengan cara itu, kita lebih fokus dan konsentrasi pada makanan yang disantapnya sekaligus bisa menikmati makanan.Banyak penelitian mengatakan bahwa trik ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu seseorang mengurangi 150 sampai 200 kalori per hari.Seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (25/1/2014), semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik saat di mulut dengan enzim lipase atau pun enzim-enzim lain yang ada di kerongkongan, lambung dan usus. Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat yang makan bisa mengontrol dirinya terhadap apa yang dimakan.Selama ini seseorang tidak terlalu memerhatikan kecepatan makannya. Bahkan cenderung makan cepat-cepat. Tapi, bila kebiasaan ini dubah, dapat membantu Anda yang berkeinginan menurunkan berat bad [...]

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Berbeda dengan teroi diet kebanyakan, hypnoslimming lebih menitikberatkan program diet melalui pikiran. Yang menarik lagi, dalam hypnoslimming Anda tidak perlu membatasi makanan yang Anda suka. Sebaliknya, yang perlu diperhatikan adalah cara membuat pikiran bersinergi dengan tubuh. Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt ada tips penting yang perlu Anda ketahui bila ingin mencoba diet ala Hypnosliming sebagai berikut: 1. Makan di saat lapar Diet dalam hypnoslimming bukan menahan lapar. Karena menahan apapun yang Anda inginkan akan membuat efek yang tidak baik bagi tubuh. "Ingat efek yoyo pada bola karet yang dipaksa masuk ke air. Semakin ditahan, semakin besar keinginannya keluar. Begitu juga Anda, semakin enahan lapar, makan jadi sulit dikendalikan." 2. Makan apa saja yang Anda ingin makan Supaya hasrat berkurang, dalam hypnoslimming, Anda dibolehkan makan apapun dan kapanpun Anda inginkan. Perlu dicatat, yang Anda makan adalah yang Anda inginkan bukan temannya. Maksudnya, ketika ingin pizza ya makan pizza. Jangan makanan pendamping lainnya. 3. Makan dengan sadar dan pelan-pelan Makan pelan akan merangsang tubuh untuk kenyang lebih lama. Intinya [...]

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Ada bermacam cara menghilangkan lemak tubuh. Mulai dari yang alami seperti olahraga dan diet sampai melakukan operasi seperti sedot lemak. Tapi sebenarnya amankah prosedur sedot lemak mengingat banyak orang melakukannya. Menanggapi hal tersebut, Ahli diet, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK mengungkapkan, sedot lemak memang efektif membuang lemak berlebih di beberapa daerah tubuh tertentu. Tapi bukan dilakukan pada perut karena dapat berisiko kematian. "Sedot lemak atau liposuction merupakan prosedur pengambilan lemak dibawah kulit atau subkutan. Tapi ada yang perlu diperhatikan, lemak yang diambil tidak boleh yang berada di bawah kulit perut karena dapat menimbulkan inflamasi. Lemak perut itu menutupi usus hati, hanya bisa dihilangkan dengan olahraga dan mengurangi makan," katanya, seperti ditulis Jumat (11/7/2014). Pengambilan lemak subkutan sendiri, kata Samuel, memang cenderung dilakukan wanita untuk mengubah penampilan. Sehingga sedot lemak hanya boleh dilakukan di kulit lengan atau paha. Begitu juga dengan jumlah lemak yang boleh diambil, tidak lebih dari 5 kilogram. "Dokter bedah itu hanya bisa sedot lemak sampai 5 kilogram. Kalau ada yang mengklaim bisa lebih dari itu, pas [...]

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Seorang instruktur pengemudi asal Inggris, Natasha Hurst (40), mengaku bersyukur karena kanker payudara yang dideritanya. Berkat penyakit tersebut, bobot tubuhnya berhasil dipangkas hingga ratusan kilogram. Natasha mengungkapkan, ia menjadi gemuk setelah berusia 17 tahun. Berawal dari naksir seorang pria yang memiliki toko permen. Selama bertahun-tahun ia menyukai makanan seperti sereal manis untuk sarapan, karbohidrat saat siang dan makanan tinggi lemak dan kue ada malam hari. Tapi setelah itu, ia menemukan cara diet yang menarik. Ia mencoba minum susu untuk sarapan dan hanya makan di siang dan malam hari. "Saat itu berat saya turun 1 kilogram dalam seminggu." Namun hal ini tidak berlangsung lama. Setelah menikah dan memiliki anak yang kembar identik, beratnya naik drastis hingga 88 kilogram dari 45 kilogram. Setelah itu diet ketat pun tidak memengaruhi bobot tubuhnya. Hingga akhirnya pada 2007 ia didiagnosis kanker payudara saat berusia 35 tahun. Kala itu, bukannya sedih dan putus asa, Natasha malah terpikirkan untuk melakukan diet baru. "Saya pikir kanker ini merupakan trik diet terbaru saya." Berhasil melakukan enam kali kemoterapi, beratnya menyusut hingga menjadi 63 kilo [...]

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Kekenyangan setelah jam makan siang membuat tidak nyaman dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat. Untuk mencegah ini, cobalah konsumsi setengah porsi buah avokad atau alpukat setelah makan siang. Peneliti mengatakan konsumsi setengah porsi buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan perasaan kenyang, dan mengurangi godaan untuk ngemil di antara waktu makan tersebut.Peneliti telah melakukan survei dan membandingkan antara orang yang makan setengah porsi buah alpukat dan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana konsumsi alpukat dapat memengaruhi rasa kenyang, gula darah, dan respons insulin.Ahli Gizi dari Loma Linda University, California sekaligus pemimpin studi ini, Dr. Joan Sabate menjelaskan kenyang merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebab, orang-orang yang merasa tidak puas ketika makan siang, cenderung memilih untuk ngemil."Menambahkan setengah porsi alpukat dapat meningkatkan kalori dan asupan karbohidrat saat makan siang, ini tidak ada peningkatan kadar gula darah," kata Joan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (10/1/2013)Dilanjutkan Joan, ini tandanya buah alpukat berpotensi dala [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *