Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

makan-stik-140217b.jpg

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?

Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.

Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.

Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari.

“Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik,” kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).

Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:

1. Manis

Semua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa disangkal keinginan kita akan gula tak sekedar hanya sesaat. Ketika tubuh menuntut gula, apa artinya?

“Fluktuasi gula darah bisa membuat Anda mendambakan yang manis-manis. Namun, itu adalah lingkaran setan karena Anda bisa mendapatkan gula yang tinggi,” kata Dr Sohere.

Jika Anda ingin makanan manis di siang hari, cobalah beberapa buah-buahan dan makanan serat tinggi agar kadar gula darah stabil. Apel dan pisang merupakan buah dengan sumber gula alami yang sangat alami dan mengandung serat jumlah tinggi.

2. Roti dan pasta

Jika tubuh Anda mendambakan karbohidrat, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat. Sesederhana itu. Ketika perempuan mengonsumsi diet rendah lemak, mereka sering menemukan dirinya ingin karbohidrat.

“Kecanduan karbohidrat sering karena tak memiliki cukup protein dan makanan berserat dan sekali lagi gula darah yang berfluktuasi. Dorongan bebas lemak menunjukkan tubuh sering membutuhkan karbohidrat,” kata Dr Sohere.

Jika seperti ini, hindari karbohidrat olahan dan pilihlah makanan yang membantu Anda kenyang dalam waktu lama.

“Seimbangkan makanan dengan lemak sehat dengan memasak menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun atau makan kacang-kacangan dan alpukat. Juga pastikan Anda seimbang dalam protein seperti ayam, ikan, hummus dengan setiap makanan,” katanya.

Jika Anda senang roti, Anda mungkin kekurangan nitrogen. Cobalah makanan yang tinggi protein dan roti sehat seperti roti gandum. Untuk melawan nafsu makan karbohidrat sepanjang hari, cobalah segenggam kacang.

3. Junk food

Banyak orang yang begitu menginginkan makanan yang kaya lemak seperti pizza dan kentang goreng. Namun, makanan ini jauh dari sehat. Bahkan jika Anda memilih burger dan menghindari roti.

Penelitian baru menunjukkan, setiap kali Anda makan makanan cepat saji, Anda meningkatkan BMI Anda 0,03 point.

“Makanan ini dibuat agar kecanduang oleh ahlinya dengan bahan-bahan buatan yang membuat kita ketagihan,” kata Dr Sohere.

Kurangi kebiasaan Anda ini dengan memperbanyak aktivitas fisik. Cara tersebut membantu mengekang keinginan anda berpesta makanan junk food kesukaan Anda.

4. Kafein

Ketika kita lelah dan mengantuk, sulit rasanya tak bergantung dengan kafein yang membuat kita kembali `melek`. Tapi, minum latte di pagi hari bisa menyebabkan kecanduan kafein serius.

“Kafein adalah adiktif seperti yang bekerja di reseptor otak kita dan membuat kita semakin tajam, sehingga ketika kita memilikinya, kita tak bisa tanpanya,” katanya lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan waktu empat hari untuk memotong siklus ini. Atau cara baik mengurangi kafein adalah minum setengah cangkir setiap kali atau menggantinya dengan teh hijau yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Ketagihan kafein bisa menyebabkan efek samping yang tak sehat seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, libido rendah. Usir keinginan anda secara perlahan dan ganti dengan teh ginseng, teh chai, teh peppermint atau smoothie.

Untuk membantu Anda untuk tetap melek di pagi hari pastikan minum banyak air putih di sepanjang hari.

5. Garam

Keinginan makanan asin itu alami. Kita sering menggunakan garam agar rasa makanan lebih gurih. Tapi, jika ketika berlebihan Anda tahu kapan waktunya bertindak.

“Keinginan makanan gurih sering menjadi tanda dari kelenjar adrenal Anda bermasalah. Masalah umum untuk orang yang stres.

Ketika kelelahan adrenal, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dan Vitamin B, serta belajar teknik mengelola stres seperti latihan napas.

Jika Anda senang dengan makanan asin, coba seimbangkan dengan banyak makanan segar seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Kaum Hawa yang senang makan buah-buahan dan sayur-sayuran berbahagialah karena jantung Anda sehat. Sebuah penelitian menemukan, makan buah-buahan bisa mengurangi berkembangnya plak di arteri mereka pada 20 tahun kemudian dibandingkan yang jarang makan buah-buahan di masa dewasanya.Penumpukan plak bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Anehnya, temuan ini tak menunjukkan manfaat yang sama pada pria."Temuan ini mengonfirmasi konsep bahwa perkembangakn plak merupakan proses seumur hidup dan proses itu bisa diperlambat dengan diet sehat di usia muda," kata Ahli Jantung di Minneapolis Heart Institute di Amerika Serikat, Michael D. Miedema, seperti dilansir Health.India, Senin (31/3/2014).Penelitian ini dilakukan terhadap 2.508 peserta dan dilihat hubungan antara asupan buah dan sayuran pada orang dewasa dengan kalsifikasi arteri koroner pada 20 tahun kemudian.Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi delapan hingga sembilan porsi buah dan sayuran dalams ehari untuk diet 2.000 kalori di usia 20 tahunan sebanyak 40 persen lebih rendah memiliki kalsifikasi plak di arteri pada usia 40 tahun.Buah-buahan seperti apel, pisang, dan delima tinggi kandungan warna kuning dan m [...]

5 Tips Pilih Daging Kurban agar Tak Merusak Program Diet Anda

5 Tips Pilih Daging Kurban agar Tak Merusak Program Diet Anda

Mengonsumsi daging kambing dan daging sapi di saat Idul Adha tidak akan merusak program diet yang tengah Anda lakukan saat ini. Asalkan pemilihan pada daging kambing dan daging sapi tepat, maka tak ada alasan lagi bagi Anda untuk takut mengolah keduanya menjadi makanan yang layak untuk disantap.Berikut ini tips bagi Anda bagaimana cara memilih daging agar tidak merusak program diet dan pembentukan otot Anda, seperti dijelaskan oleh Pakar Fitnes dan Diet , Denny Santoso kepada Health-Liputan6.com, Sabtu (4/10/2014)1. Pilihlah bagian daging yang paling sedikit lemaknya2. Buang semua lemak yang masih terdapat pada daging sebelum diolah3. Lebih baik mengolah daging dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus atau cara apa pun selain digoreng maupun disantan, agar lebih sehat.4. Jika Anda ingin membuat sup daging yang nikmat dan sehat, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang kaldu daging sapi maupun kambing, atau air rebusan pertama saat merebus daging kurban tersebut. Sebab, kaldu ini mengandung lemak yang cukup tinggi.5. Ada baiknya bagi Anda untuk menghindari pengolahan dengan menambahkan lemak ke dalam masakan yang sedang Anda racik. Jadi, batasi pengolahan dengan menggun [...]

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena: 1. Gender (jenis kelamin)Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori. 2. Usia Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan. 3. A [...]

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Risiko Diet Mayo yang Perlu Diperhatikan

Risiko Diet Mayo yang Perlu Diperhatikan

Hati-hati risiko dari diet mayo. Biasanya, risiko yang akan dihadapi oleh para pelaku diet mayo adalah peningkatan gula darah atau lemak darah tertentu.Para pakar dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo, mengatakan, selama menjalani diet yang telah melewati pengujian klinis ini para pelaku sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beragam jenis buah-buahan dan sayuran. Tapi, karena berlebihan dalam mengonsumsi makanan sehat itu, risiko yang diterima adalah peningkatan gula darah bagi kesehatan kita. "Jadi, kita Anda memiliki diabetes atau kondisi serta masalah kesehatan lainnya, berbicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai diet mayo," kata Pakar Kesehatan dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Rabu (17/9/2014)Para pakar melanjutkan, karena diet mayo aman untuk dilakukan, siapa pun boleh menjalani diet mayo ini. Mulai dari anak-anak sampai orang berusia dewasa.Dalam diet mayo, tidak ada batasan berapa banyak buah dan sayuran yang boleh kita konsumsi. Sebab, bagi banyak orang makan banyak buah-buahan dan sayuran tidak akan menyebabkan masalah apa pun."Namun, jika Anda tidak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, maka diet mayo yang Anda jalani percuma. Karena dengan bu [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Bintang sepakbola top tentu harus menjaga kebugaran tubuhnya. Mereka melakukan diet makanan dan minuman yang ketat. Seperti yang dilakukan pemain sepakbola dari Inggris. Tak hanya para bintang ini yang harus menjaga tubuhnya, istri dan kekasihnya pun menjaga bentuk tubuhnya. Skuad Roy Hodgson melakukan diet ketat sehari-harinya dalam menghadapi Laga Akbar Bola Dunia. Mereka makan hingga 5.000 kalori per harinya. "Segala sesuatu yang mereka makan dihitung ahli gizi dan ilmuwan olahraga pada tingkat yang tepat," kata Kepala Koki Tim Ingris, Tim De?Ath, seperti dilansir Dailystar, Rabu (11/6/2014). Berikut lima cara diet yang dilakukan tim Inggris: 1. Sarapan seperti raja Para pemain sarapan banyak telur seperti telur rebus, orak arik atau diomelet. Manfaatnya: Telur kaya Vitamin B yang penting untuk memproduksi energi yang penting. Namun, telur itu jika direbus atau diorak arik, bukan digoreng karena juga bisa mengurangi konsumsi lemak. 2. Pasta Bola Di hotel, pemain Inggris ini makan banyak pasta dan ayam panggang, nasi serta sayuran yang dikukus. Manfaat: Pesepakbola perlu makan banyak karbohidrat untuk memberikan energi selama latihan serta 90 menit di lapangan.Ayam mer [...]

Kandungan Protein Rayap Lebih Tinggi Dibanding Steak

Kandungan Protein Rayap Lebih Tinggi Dibanding Steak

Selain memiliki protein tinggi, serangga dalam Paleo diet memiliki kasta lebih tinggi dibandingkan dengan sayur, buah, bunga, dan bahkan kacang. Berdasarkan buku 'Edible', pernyataan S. Boyd Eaton dan Dorothy A. Nelson menyoroti lebih dalam mengenai kandungan kalsium dalam perspektif evolusi serangga. Menurutnya, mengonsumsi serangga itu memang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi manusia masa kini. "Sama seperti hewan lain, serangga juga salah satu sumber makanan. Nutrisi dalam serangga mencakup protein, zat besi, kalsium terbaik dari semua rantai panjang asam lemak esensial tak jenuh (EFA). Tentu, S. Boyd Eaton dan Dorothy A. Nelson mengatakan, nutrisi tersebut tidak dapat ditemukan dalam sumber-sumber tanaman lain. Hal ini juga tidak membuat heran ahli paleontologi Lucinda Backwell. Ia mengatakan, rayap memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan steak daging sapi. "Rayap merupakan sumber protein, lemak, dan asam amino esensial, dalam paleo diet. Sementara steak hanya menghasilkan 322 kalori per 100 gram, ikan 74 gram, rayap menyediakan 560 kalori per 100 gram," kata Lucinda, seperti dikutip The Week, Selasa (18/3/2014). Meski begitu, para ahli gizi lain mengaku masih a [...]

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Siapa sangka, mengonsumsi sayur bayam dapat mengurangi nafsu makan. Efeknya, berat badan pun berkurang menurut hasil studi dari Swedia. Menurut ilmuwan dari Lund University Swedia, ekstrak bayam mengandung thylakoid yang dapat merangsang penurunan berat badan hingga 43 persen. Selain itu, makan bayam pun mampu mengurangi nafsu makan berlebih yang cenderung mengonsumsi makanan manis dan cepat saji. Hal ini terjadi karena thylakoid memperkuat hormon tubuh untuk merasakan kenyang dan menekan rasa lapar berlebih. Hasilnya, seseorang lebih mampu mengendalikan nafsu makan, memeroleh kebiasaan makan sehat, serta penurunan berat badan. "Analisis kami menunjukkan jika sebelum sarapan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung thylokoid dapat mengurangi nafsu makan berlebih," tutur salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini profesor Charlotte Erlanson-Albertsson. Studi ini dilakukan selamat tiga bulan terhadap 38 perempuan bertubuh gemuk. Setengah partisipan penelitian diberikan 5 gram ekstrak bayam sedangkan yang lain diberikan plasebo. Mereka semua diminta untuk menjalani pola makan seimbang dengan makan tiga kali sehari. Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (6/9/2014) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *