Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kaleidoskop Health Maret: Tren Bullying di Kalangan Anak-anak

Kaleidoskop Health Maret: Tren Bullying di Kalangan Anak-anak

Bullying atau olok-olokan tidak dapat dengan mudah begitu saja dipisahkan dari kehidupan anak-anak di Indonesia. Bahkan pada 2014 saja, 19 kasus bullying terjadi pada anak, dan kondisi itu sungguh sangat miris. Bullying dalam bentuk ejekan, hinaan bisa berdampak pada masa depan seorang anak. Intimidasi dan penindasan yang dialami anak-anak akan terakumulasi sepanjang tahun dan memengaruhi mental serta fisiknya. Para peneliti menemukan, remaja yang diintimidasi di masa lalu, saat ini cenderung memiliki kualitas hidup rendah dibandingkan yang sedikit mengalaminya atau tidak sama sekali. Penulis menegaskan, dengan temuan ini dia menyarankan agar kita harus bisa menemukan cara dalam menghentikan bullying. Pada masa lalu, ketika para peneliti mensurvei siswa pada satu titik tertentu, anak-anak dan remaja yang ditindas cenderung skornya rendah pada ukuran kesehatan fisik dan mental. Tapi, beberapa penelitian menyebutkan kemungkinan efek bullying terakumulasi selama bertahun-tahun seperti dituliskan dalam Jurnal Pediatrics. Umumnya, siswa yang ditindas pada masa lalu nilai kesehatan fisik dan mentalnya lebih baik dibanding yang saat ini masih ditindas. Sedangkan remasa yang ditindas [...]

Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Pengorbanan seorang presenter televisi yang meninggal karena kanker menyentuh hati ribuan orang di daratan di Cina. Qiu Yuanyuan (26) meninggal setelah menolak kemoterapi karena tidak ingin mengorbankan anaknya.Harian South China Morning Post, Selasa 916/12/2014) melaporkan, Qiu meninggal pekan lalu, tepat 100 hari setelah melahirkan putranya, Niannian."Setelah menikah, menjadi seorang ibu adalah keinginan terbesarnya. Namun ia memilih untuk menyelamatkan anak kita dan mencoba mengerti bahwa tidak semua dalam hidup bisa sempurna. Dan dia bilang dia tidak pernah menyesali keputusannya," kata Suami Qiu, Zhang Qixuan kepada Zhengzhou Evening News.Ketika kondisi Qiu memburuk pada bulan September, ia dirawat di rumah sakit di mana janinnya baru berusia tujuh bulan. Ia pun menyampaikan ingin menyelamatkan buah hatinya melalui operasi caesar.Niannian pun lahir dengan berat lebih dari 1,5 kg.Qiu kemudian menjalani operasi untuk menghilangkan tumor ganas, tapi sayangnya prosedur yang dijalaninya terlambat. Tumor ganas stadium akhir yang dideritanya terus menggerogoti tubuhnya. Hingga dokternya mengatakan, kemungkinan sembuhnya sangat rendah dan mereka menyarankan Qiu untuk menghentikan tera [...]

30.000 Cap Telapak Tangan Sambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia

30.000 Cap Telapak Tangan Sambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia

PeduliSehat.info, Surakarta Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap 31 Mei 2014. Berbagai kegiatan pun digelar untuk menyongsong hari tersebut. Salah satunya seperti yang dilakukan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Solo dengan melakukan aksi cap telapak tangan untuk kampanye `Stop Asap Rokok`.Kegiatan aksi cap telapak tangan itu dipusatkan di halaman Balaikota Solo. Ratusan pegawai pelat merah itu terlihat antre untuk mencelupkan telapak tangannya ke ember yang berisi cat tembok dengan aneka warna. Selanjutnya mereka pun langsung menempelkan cap telapak tangannya di atas kain yang memanjang.Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, aksi tersebut digelar bekerjasama dengan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta, Asosiasi Rumah Sakit dan Balai Kesehatan Paru Indonesia. Dengan ikut memberikan cap telapak tangan berarti sudah ikut mendukung gerakan stop asap rokok."Dengan memberikan cap telapak tangan otomatis memiliki tekad untuk ikut kampanye bebas asap rokok," ujar Siti kepada wartawan di Balaikota Solo, Jumat (30/05/2014).Dengan kampanye seperti tersebut, lanjut Siti, diharapkan bisa meningkatkan kesadar [...]

Jangan Anggap Remeh Curhat Orang Ingin Bunuh Diri

Jangan Anggap Remeh Curhat Orang Ingin Bunuh Diri

Jika ada seorang teman, sanak atau tetangga yang bicara bunuh diri, waspadalah. Apalagi bila dia mulai menceritakan keinginannya. Jangan hakimi serta abaikan sambil lalu curahan hati ini. Ini malah membuat orang yang ingin bunuh diri ini menutup diri yang menghambat orang ini mendapatkan pertolongan. "Saat dia mulai berbicara tentang bunuh diri dan kematian. Kita tidak boleh menganggap remeh, jangan juga diabaikan, jangan hardik ia dengan mengatakan itu berdosa," terang pemerhati kesehatan jiwa Dokter Albert Maramis, SpKJ dalam disksusi Hari Pencegahan Bunuh Diri Dunia di Jakarta, ditulis Jumat (12/9/2014). Curahan hati seseorang yang ingin bunuh diri dan ditanggapi dengan memarahi dan menghakimi bakal memberi dampak membahayakan. Upaya bunuh diri bisa terjadi. "Komentar demikian malah membuat komunikasi terputus. Orang yang ingin curhat jadi diam," tegas dokter Maramis. Saat komunikasi terputus, orang ini akan cenderung menutup diri serta mengisolasi diri. Menutup apa yang ia rasakan adalah hal berbahaya. "Penelitian menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan risiko bunuh diri, dan sebaliknya hubungan dan ikatan sosial ikatan yang kuat melindungi seseorang pada upaya [...]

Ini 4 Penyebab Kanker Payudara

Ini 4 Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker penyebab kematian tertinggi pada perempuan selain kanker mulut rahim. Hingga kini, jumlah penderitanya terus bertambah. Data orang yang terkena kanker payudara memang menyedihkan, tak sedikit masyarakat Indonesia yang terkena penyakit ini, baik laki-laki maupun perempuan. "Setiap tahunnya sekitar 100.000-an yang terkena kanker payudara," terang Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi di sela-sela kampanye deteksi dini kanker payudara "Jakarta Goes Pink" di Balai Kota DKI Jakarta pada Minggu (12/10/2014). Menurut Mboi ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan terjadinya kanker payudara, yaitu: 1. MerokokTak hanya berlaku bagi perokok aktif, perokok pasif pun berisiko. " "Meski tidak merokok namun jika sering menghirup asap rokok dari orang di sekitar bisa sebabkan kanker," terang Mboi. 2. Perilaku makan"Perilaku makan tak baik seperti diet tidak seimbang dan kurang serat sebabkan hadirnya kanker," jelas Mboi. 3. Polusi udaraJangan anggap enteng udara kotor di sekitar Anda, hal ini sangat berpengaruh terhadap munculnya kanker lain tak cuma kanker payudara. 4. Ibu tak menyusui"Kanker payudara berisiko terjadi pada ibu-ibu yang tak pernah menyusui anak [...]

Trik Singkirkan Bau Mulut Akibat Bawang Putih

Trik Singkirkan Bau Mulut Akibat Bawang Putih

Sebagai antibiotik alami, bawang putih banyak terdapat di beberapa makanan. Tapi pernahkan Anda merasakan bau mulut atau keringat yang menganggu setelah mengonsumsi bawang putih? Tenang, Anda tidak sendirian. Bawang putih itu memiliki senyawa allyl sulfida metil (AMS) yang sulit dipecah selama proses pencernaan. Sehingga saat masuk ke tubuh, senyawa tersebut akan membuat bau mulut dan berkeringat. Tapi sekali lagi, beberapa jenis makanan belum tentu dapat menetralisir bau bawang putih di mulut. Hingga belum lama ini, penelitian yang diterbitkan dalam journal of Food Science menuliskan bahwa bau bawang putih dapat dilawan dengan beberapa makanan seperti misalnya apel.Penulis studi Sheryl Barringer mengatakan, apel sangat efektif menetralisir bau mulut setelah makan bawang putih. Begitu juga dengan profesor dari Departemen Ilmu Makanan dan teknologi dari Ohio State University, Profesor Barringer. Ia mengingkapkan, apel dapat menekan enzim setelah mengonsumsi bawang putih. Selain apel, peneliti juga menuliskan daftar makanan dan minuman yang dapat membantu menetralkan bau mulut setelah mengonsumsi bawang putih, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (21/6/2014) berikut ini:1. Air per [...]

Pernah Kena Kanker Ovarium, Shahnaz Haque Jaga Pola Makan

Pernah Kena Kanker Ovarium, Shahnaz Haque Jaga Pola Makan

Hidup sebagai survivor kanker ovarium, membuat penyiar sekaligus presenter Shahnaz Haque (41) tidak boleh sembarangan dalam memilih asupan makanan yang dikonsumsinya bersama suami dan ketiga anaknya. "Karena survivor, maka pola hidup sehat terutama makanan adalah penting. Jadi, makanan itu harus dimasak lalu dimakan. Enggak ada tuh yang namanya bolak-balik dipanasin. Rendang sih, sudah bye-bye. Ikan asin dan bakar-bakaran, sudah enggak juga. Kalau pun iya, sesekali," kata Shahnaz bercerita kepada Health Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Minggu (23/3/2014). Pada tahun 1998, Shahnaz didiagnosis dengan kanker ovarium. Tanpa pikir panjang, pada tahun 1999, adik kandung Marissa dan Soraya Haque ini memutuskan untuk menjalani operasi. "Pada 2001, ketemu Gilang, dengan kondisi satu ovarium," kata dia menambahkan. Ternyata, Shahnaz besar di lingkungan yang gen CA-nya sangat kuat. Ibu dan nenek Shahnaz adalah seorang penderita kanker, yang akhirnya meninggal dunia. Pun dari keluarga besar Gilang Ramadhan, ada yang meninggal karena kanker prostat dan kanker payudara. Maka itu, ketika tahu didiagnosa kanker ovarium, Shahnaz memutuskan menjalani operasi. Saat menerima pinangan Gila [...]

Banyak Penderita Hepatitis Tak Sadar Terinfeksi

Banyak Penderita Hepatitis Tak Sadar Terinfeksi

PeduliSehat.info, Jenewa Virus Hepatitis setiap tahunnya menyebabkan 1,4 juta kematian. Sedangkan 500 orang saat ini hidup dengan Hepatitis. Dan kebanyakan, penderita hepatitis tak menyadari dirinya terinfeksi. Karena itulah World Health Assembly ke-67 yang diselenggarakan di Jenewa membicarakan masalah Hepatitis, termasuk pengobatannya. "Seperti kebanyakan orang dengan hepatitis B kronis atau C tetap tidak menyadari infeksi yang dialami mereka, ini juga membutuhkan peningkatan skrining," begitus isi dalam rilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir Jumat (23/5/2014).Selama ini, ada lima virus Hepatitis yang utama yakni A, B, C, D, E. Jenis B dan C yang menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang. Ini juga yang menjadi penyebab paling umum dari sirosis hati serta kanker.Pada World Health Assembly disetujuinya resolusi untuk meningkatkan pencegahan, diagnosa, dan pengobatan Hepatitis. Resolusi itu menyoroti pentingnya memperluas program Vaksin Hepatitis A dan B. Selain itu, resolusi di WHA juga menekankan pentingnya menerapkan langkah tepat untuk melindungi kelompok orang yang menyuntikkan narkoba dari infeksi.Dalam pertemuan itu WHA juga menyetujui proposal un [...]

Jejak DNA Babi Ditemukan di Cokelat Cadbury Malaysia

Jejak DNA Babi Ditemukan di Cokelat Cadbury Malaysia

Cadbury, sebuah merek cokelat di Malaysia ditemukan mengandung DNA babi. Akibatnya, pembuat cokelat tersebut menarik dua produknya. Kedua produk tersebut adalah Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond seperti dilaporkan situs Nikkei Asian Review."Cadbury telah secara sukarela mengeluarkan dua produk dari rak," kata Menteri Kesehatan Malaysia, S Subramaniam seperti dilansir Guardian, Rabu (28/5/2014).Jejak DNA babi itu ditemukan dalam pemeriksaan periodik bahan-bahan yang tidak halal oleh Departemen Kesehatan. Ternyata dua dari tiga sampel produk perusahaan yang dites mengandung jejak DNA babi.Produk cokelat yang populer di Malaysia itu banyak ditemukan di sejumlah besar pertokoan. Babi dan produk sampingannya yang dianggap tak halal itu dilarang dikonsumsi umat Muslim seperti alkohol dan daging hewan yang disembelih tidak sesuai dengan prosedur Islam.Cadbury Malaysia yang merupakan bagian dari perusahaan multinasional Inggris yang dimiliki Mondelez International mengatakan pihaknya memang sudah menarik dua produknya."Memastikan bahwa semua produk kami yang dibuat di sini di Malaysia adalah halal," katanya dalam sebuah posting di Facebook.Cadbury Malaysia seb [...]

Ini Penyebab Munculnya Ketombe

Ini Penyebab Munculnya Ketombe

Masalah ketombe di rambut memang menyebalkan. Tak hanya membuat tampilan rambut terlihat kotor, rasa gatal pun sering mendera. Banyak orang berpikir bahwa ketombe yang dalam istilah medis disebut ptiariasis sika diakibatkan oleh kulit kepala yang kering. Ternyata, menurut Journal of Cosmetic Science ketombe berasal dari jamur di kulit kepala. Seperti dilansir prevention, Selasa (15/7/2014) hal ini diketahui lewat penelitian yang memeriksa minyak kulit kepala terhadap 23 orang berketombe dan 23 orang berkulit kepala sehat. Ternyata, pada orang berketombe minyak kulit kepala alami menembus lebih dalam permukaan kulit kepala. Lapisan ini jadi tempat tumbuh subur jamur yang menyebabkan ketombe. Melassezia, inilah sebutan untuk jamur tersebut. Jamur ini menyebabkan kulit kepala mengelupas terus menerus yang menganggu pergantian sel sehat. Hasilnya serbuk-serbuk putih yang kita sebut ketombe. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *