Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Beda Anemia dan Tekanan Darah Rendah

Beda Anemia dan Tekanan Darah Rendah

Sejumlah karyawan wanita yang bekerja di pabrik PT Hansoll Hyun dan PT Wilbes Indonesia yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengaku bingung membedakan antara penyakit anemia dan tekanan darah rendah. Ini terlihat jelas sewaktu Direktur Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Muchatrudin Mansyur, SpOK menanyakan langsung pada para karyawan apa anemia dan tekanan darah rendah, dalam `Kunjungan Kerja Dalam Rangka Program MSD for Mothers`, ditulis Rabu (7/5/2014)Muchtarudin pun menjelaskan perbedaan antara anemia dan tekanan darah rendah. AnemiaAnemia atau kurang darah adalah suatu keadaan di mana jumlah darah merah (Hb) kurang dari normal. Menurut Muchtarudin, anemia terjadi karena pembentukan sel darah merah yang terhambat. Salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh."Untuk membentuk Hb dalam tubuh itu banyak faktor. Paling banyak terjadi karena kurangnya asupan zat besi yang berasal dari sayuran hijau, daging, dan sumber lainnya. Asupan seperti ini memang sangat kurang di kalangan pekerja wanita," kata Muchtarudin pada Health Liputan6.com.Selain asupan yang kurang, tambah Muchtarudin, penyebab lainnya adalah kehilang [...]

Merasa Tidak Cantik Lagi, Wanita Italia Suntik Mati

Merasa Tidak Cantik Lagi, Wanita Italia Suntik Mati

Berbagai upaya perawatan dilakukan para wanita untuk menjadi cantik sesuai keinginan. Namun sayang saat kecantikan itu memudar akibat usia, tidak sedikit yang melakukan cara yang bisa membuat kening berkerut heran. Ada yang memilih melakukan operasi berkali-kali untuk mengembalikan kekencangan kulit ada juga yang sampai bunuh diri sangking putus asa.Seperti yang dilakukan wanita Italia bernama Oriella Cazzanello yang rela mengeluarkan kocek sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp 161 juta untuk suntik mati di sebuah klinik di Swiss.Oriella mengakhiri hidupnya karena merasa tidak cantik lagi sehingga memutuskan untuk mendatangi klinik Euthanasia. Wanita ini menurut keluarga tidak memiliki masalah mental atau gangguan kesehatan.Dikutip Dailymail, Senin (24/2/2014) wanita sehat ini tiba-tiba menghilang dari rumahnya di Vicenza, Italia bagian Utara. Kondisi tersebut membuat keluarga melaporkan ke pihak kepolisian terkait kehilangan orang.Menurut kabar, Oriella memilih untuk melakukan suntik mati karena dirinya terbebani dengan penuaan yang membuatnya tidak cantik lagi. Keluarga Oriela mendapatkan kabar buruk, mereka menerima abu kematian yang dilengkapi sertifikat resmi lewat pos.Pihak kep [...]

7 Kiat Atasi Kecemasan Tanpa Perlu Obat

7 Kiat Atasi Kecemasan Tanpa Perlu Obat

Banyak orang bisa jadi stres akibat terlalu banyak kerja. Tapi pertanyaannya apakah stres dengan sendirinya bisa mengubah Anda menjadi cemas? Kecemasan pada dasarnya merupakan pikiran yang menyerang tubuh. Anda harus bisa pikiran agar tetap positif agar tubuh juga tetap tenang. Mulai dari meletakkan kaki di lantai setiap pagi sampai tidur kembali di bawah selimut di malam hari, hidup Anda akan terus berputar di luar kendali. Obat modern mungkin menawarkan solusi agar Anda terhindar dari rasa cemas dengan cepat. Sesekali itu tak masalah, tapi cepat atau lambat Anda bisa menemukan diri mengonsumsinya lebih banyak. Anda bisa duduk tenang membaca buku ketika tiba-tiba hati mulai berdebar-debar. Ada berbagai jenis kecemasan. Kadang-kadang cemas berasal dari rasa gugup sebelum tes, wawancara kerja, atau mengemudi di lingkungan yang belum dikenal tanpa GPS. Saat itu, Anda bisa merasa seperti ada kupu-kupu di perut Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi psikolog. Singkirkan kondisi yang bisa membuat jantung Anda berdetak cepat, telapak tangan berkeringat, serta merasa pusing. Saat Anda melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dan belajar bagaimana mengatasi kecem [...]

Orang Indonesia Lebih Banyak Makan Karbo daripada Sayur

Orang Indonesia Lebih Banyak Makan Karbo daripada Sayur

Orang Indonesia ternyata lebih banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dibanding makanan berbahan sayur dan buah. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan RI, Dr. Anung Sugihantoro, M. Kes dalam diskusi bertajuk 'Masalah Nutrisi Pada Anak dan Penanganannya' di Jakarta, Rabu (22/1/2014). "Masalah gizi sejauh ini memang lebih banyak karena kelebihan karbohidrat. Data susenas bahkan menunjukkan bahwa 57 persen biaya yang paling besar dihabiskan di rumah tangga untuk makanan. Yang non-makanan paling tinggi adalah bayar rumah dan pulsa telepon. Yang makanan, kelebihan karbohidrat mencapai 10 persen lebih," kata Anung. Bagaimana tidak, menurut Anung selain makanan instan yang mudah dibuat, jenis makanan ini juga mudah didapat di pinggir jalan. Selain itu, masalah gizi lainnya terbagi menjadi 3 hal, yaitu kekurangan gizi, badan pendek (stunting), badan terlalu kurus dan kegemukan. (Fit/Abd) [...]

Cara Hadirkan Suasana Romantis Saat Hujan

Cara Hadirkan Suasana Romantis Saat Hujan

Saat hujan datang, bisa jadi banyak yang tidak suka karena menghambat aktivitas dan perjalanan. Namun bagi pasangan yang sedang jatuh cinta dan berduaan di suatu tempat yang nyaman, hujan bisa membantu memunculkan suasana syahdu. Hujan dapat menghadirkan momen romantis dan kedekatan yang lebih intim karena kondisi udara yang dingin.Berikut ini tips menghadirkan suasana romantis saat hujan turun, dikutip Boldsky, Senin (13/1/2014), yaitu:1. Udara dingin saat hujan dapat dimanfaatkan untuk memberikan si dia perhatian. Masakan makanan yang dapat menghangatkan tubuhnya, hal ini membuat Anda semakin dekat dengan pasangan. Saat memberikan makanan hangat tersebut ucapkan beberapa kalimat manis yang semakin membuat suasana romantis seperti sayang kamu.2. Saat hujan turun, tidak sedikit yang berteduh. Bila pergi dengan pasangan saat berteduh bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenalnya. Berbicara sembari menggengam tangannya bisa menghadirkan suasana hangat. Ketika berpergian dengan mobil, biasanya kondisi hujan membuat jalanan menjadi macet. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk lebih banyak berbicara dengan pasangan sembari menyalakan musik romantis.3. Hujan kadang membuat orang emosi. Sebagai [...]

Mau Nyumbang Sperma dan Dibayar di Sini?

Mau Nyumbang Sperma dan Dibayar di Sini?

Bayaran seharusnya tidak menjadi alasan utama seseorang untuk mendonorkan spermanya. Tetapi, di Bank Sperma ini mereka yang mendonorkan sperma ternyata dibayar cukup mahal. Sebuah Bank Sperma di California bernama California Cyrobank (CCB) membayar 125 dolar untuk tiap sperma yang didonorkan. Itu artinya, Anda akan menerima 1500 dolar perbulan jika rutin mendonorkan sperma 3 kali seminggu. Selain mendapatkan uang, ada banyak bonus-bonus lain yang diberikan Bank Sperma ini. Diantara insentif lain yang diberikan adalah tiket menonton bioskop dan pemeriksaan kesehatan gratis. Meskipun begitu, pendapatan dari mendonorkan sperma tersebut juga tetap dikenai pajak. Jadi, tambah lagi satu alasan kalau Anda ingin mendonorkan sperma. Selain untuk membantu orang lain, mendonorkan sperma juga dapat mempertebal dompet Anda. [...]

Jago Baca Tulisan Tangan, Psikolog Nunki Suwardi Dianggap Dukun

Jago Baca Tulisan Tangan, Psikolog Nunki Suwardi Dianggap Dukun

Grafologi atau membaca tulisan tangan awalnya digauli Psikolog Nunki Suwardi secara tidak sengaja. Sewaktu SMP, Ia sering dipercayai gurunya untuk menulis di papan tulis. Namun karena kebiasaan menulisnya cepat, seringkali teman-teman sekolahnya sering kewalahan dan terlambat menulis.Untuk itu, tiap kali menulis di papan tulis, Nunki akan keliling kelas untuk mengecek tulisan teman-temannya. Yang menarik, Ia melihat tulisan teman-temannya memiliki ciri khas dan akan berbeda kala senang dan sedih."Kalau anak yang bandel rata-rata tulisannya besar dan susah dibaca. Sementara yang pintar, tulisannya kecil dan rapi. Dan ketika mereka sedang senang dan sedih, tulisannya pun berbeda. Jadi sering nebak ke teman-teman, 'Kamu sedang bahagia ya? atau kamu sedang sedih ya?'. Dan menariknya perkataannya saya selalu benar. Sejak itu, saya dibilang sebagai peramal," kata wanita kelahiran Jawa Timur, 29 mei 1973 ini.Menjadi populer di sekolah ternyata bukan hanya sewaktu SMP, Nungki yang ketika itu menjadi siswi SMA 1 Makassar pun mendadak terkenal karena sering diminta teman-temannya untuk menjadi 'Mak Comblang' dengan cara melihat kepribadian temannya melalui tulisan."Hingga akhirnya kuliah sem [...]

Gadis 12 Tahun Tak Lepas Sepatu Selama 2 Tahun

Gadis 12 Tahun Tak Lepas Sepatu Selama 2 Tahun

PeduliSehat.info, Mexico City Sepatu yang bau tak hanya menyiksa orang di sekitarnya, pemakainya pun bisa mabuk dibuatnya. Tapi, seorang gadis berusia 12 tahun begitu bangga karena sepatu ketsnya terpilih menjadi yang paling bau. Parahnya, sepatu itu tak pernah lepas dari kakinya selama 2 tahun terakhir.Karena bau yang tajam itulah gadis bernama Jordan Armstrong dari Las Cruces , New Mexico, itu mendapat hadiah sebesar US$ 2.500 atau sekitar Rp 28 juta.Armstrong hanya salah satu dari tujuh anak-anak dengan sepatu terbaunya. Tapi, sepatu Armstrong yang dinyatakan paling bau dalam The Rotten Sneaker Contest yang ke-39 yang diselenggarakan di Ripley Believe It or Not ! " Museum di Times Square.Kontes yang menarik anak-anak dari seluruh Amerika Serikat itu sudah dilangsungkan sejak 1974 dan Odor Eater menjadi sponsor resmi pada 1988.Tujuh finalis yang sudah dipilih menyajikan sepatu dengan aroma terburuk ke hadapan juri. Anak-anak tersebut berusia 5 sampai 14 tahun. "Sepatu ini tak hanya mengusir saya. Mereka juga membuat saya merasa lemas atau berharap saya memakai masker gas.. Itulah bau yang membawa emas ke rumah," kata juri dan ahli bau Dr Herz seperti dilansir UPI, Senin (31/3/201 [...]

Waspadai Jamu Mengandung Paracetamol

Waspadai Jamu Mengandung Paracetamol

Dengan penemuan obat ilegal, obat tradisional ilegal yang mengandung bahan kimia obat (BKO), dan kosmetik ilegal yang dilakukan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, masyarakat diminta lebih waspada dan tidak sembarangan dalam membeli obat termasuk obat tradisional.Sebab, bila kita salah dalam memilihnya akan berdampak bagi kesehatan kita sendiri."Jika masyarakat mengonsumsi obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat, berakibat pada gangguan kesehatan, antara lain kerusakan fungsi hati dan ginjal, gagal jantung, yang dapat berujung pada kematian," kata Ketua BPOM RI, dr. Roy Sparringga, M. App. Sc di Aula Gedung C Badan Pengawasan Obat dan Makan, Jl. Percetakan Negara Nomor 2, Jakarta, Kamis (11/9/2014)Seperti dalam operasi STORM yang dilakukan BPOM yang didukung oleh Kepolisian dan Ditjen Bea dan Cukai baru-baru ini, Roy mengatakan bahwa BPOM telah menemukan 173 item obat ilegal, 1.520 item obat tradisional ilegal termasuk mengandung BKO, dan 1.963 item kosmetik lega, dengan nilai keekonomian mencapai Rp 31,66 miliar.Dalam praktiknya, para pelaku tidak sungkan mencampurkan bahan baku obat ke bahan obat herbal, serta mencantumkan nomor izin edar fiktif [...]

RSHS Rawat Pasien Diduga Mengidap Virus MERS

RSHS Rawat Pasien Diduga Mengidap Virus MERS

E (51), R (60) dan A (51), tiga orang ini harus mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, karena diduga terkena suspect virus MERS atau yang lebih dikenal sebagai virus unta. Kepala Humas RSHS dr Nurul Wulandhani mengatakan, ketiganya kini menjalani perawatan di ruang isolasi Flamboyan RSHS Bandung. Ketiga pasien ini baru saja pulang dari menunaikan ibadah Umroh di Arab Saudi. "Dua pasien (R dan A) merupakan rujukan dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Majalaya, Kabupaten Bandung dan RSUD Ujungberung. Untuk E ini beliau baru masuk ke ruangan kemarin," katanya saat ditemui di RSHS Bandung, Kamis (8/5/2014). Ditambahkannya, berhasilkan penanganan dan observasi R dan A dinyatakan negatif. "Keduanya masih mendapat perawatan intensif," ucapnya. Sedangkan E pihaknya masih menangani dengan dilakukan observasi karena pasien E baru tiba kemarin. Tim dokter juga telah mengambil sampel opus tenggorokan untuk diperiksa di Balitbangkes Jakarta. "E ini beliau baru masuk ke ruangan kemarin sehingga kami belum pastikan hasilnya seperti apa. Hasil uji sampel nantinya bisa diketahui negatif atau positif tidaknya Tuan E terserang virus mers," ucapnya. Namun dari keterangan E, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *