Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tenaga Kesehatan Tolak Pengesahan UU Tenaga Kesehatan

Tenaga Kesehatan Tolak Pengesahan UU Tenaga Kesehatan

DPR berencana mengesahkan RUU Keperawatan dan Tenaga Kesehatan pada 25 September besok. Namun rencana ini menuai penolakan dari organisasi profesi kesehatan.Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka bersama sejumlah organisasi profesi bertemu dengan Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Hal ini terkait aspirasi mereka yang menolak RUU Tenaga Kesehatan disahkan.Mereka protes karena tak pernah dilibatkan dalam pembahasan RUU Tenaga Kesehatan di Komisi IX DPR. Mereka menduga ada upaya pembenturan aturan RUU Keperawatan dengan Tenaga Kesehatan.Dalam pertemuan itu, Rieke mengatakan, para tenaga kesehatan ini protes karena RUU ini dianggap tidak memposisikan para tenaga kesehatan sebagai pekerja yang mendapatkan hak-hak dan perlindungan sebagai pekerja."Hanya mengatur penempatan tenaga kerja di Fasilitas Kesehatan Pemerintah, itupun dengan melegalkan pegawai dengan perjanjian kerja (kontrak kerja tanpa batas masa kerja yang jelas), untuk kemudian menjadi pegawai tetap negara/PNS ," kata Rieke di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2014).Selain itu, Rieke menambahka, di dalam RUU ini tidak membahas posisi tenaga kesehatan sebagai pekerja di fasilitas kesehatan swasta. Hal ini menafikk [...]

Jumlah Pengguna Kondom Meningkat

Jumlah Pengguna Kondom Meningkat

Meski kasus penderita HIV/AIDS yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia masih cukup mengkhawatirkan, penggunaan kondom komersial cukup menggembirakan peningkatannya. "Ini berarti kesadaran seks berisiko mulai ada," ujar Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Kemal Siregar di Jakarta, Sabtu (26/4/2014). Kemal juga mengapresiasi masyarakat yang melindungi dirinya dengan kondom komersial. Menurutnya, perkembangan distribusi kondom pada tahun 2011 lalu mencapai 194,2 juta dengan rincian 20,3 juta di antaranya didistribusikan melalui program keluarga berencana BKKBN, 15 juta kondom didistribusikan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) dan 158,5 juta kondom adalah melalui penjualan komersial. Kemal Siregar menyampaikan, hingga saat ini program pembagian kondom gratis dan kampanye kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan masih terus berjalan. "Kondom gratis masih diberikan di hotspot tertentu. Sekarang juga semakin banyak yang disiapkan seperti dukungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui klinik Keluarga Berencana (KB) jadi ibu hamil selain bisa tes HIV juga bisa tes sifilis," jelas Kemal. [...]

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Meskipun kondisi adiknya difabel, namun tak menghalangi Noah Aldrich (8) untuk beraktivitas bersama-sama. Bahkan pada awal Juli lalu, bocah asal Idaho, AS ini mengajak adiknya mengikuti mini triathlon yang membuat mereka berdua berhasil melalui tantangan renang, bersepeda, dan lari. Adik Noah, Lucas Aldrich (6) lahir dengan keadaan langka dimana ada gangguan pada fungsi otak yang disebut dengan lissencephally. Ini membuat Lucas tak bisa bicara, jalan bahkan makan. Atas seizin ibu mereka, Noah mengajak Lucas mengikuti pertandingan mini triathlon untuk anak-anak. Menurut ibu mereka, saking semangatnya, mereka berdua berlatih fisik tiga bulan sebelum pertandingan marathon tiga jenis olahraga seperti dilansir NY Daily News, Rabu (23/7/2014). Pada hari H di pertandingan pertama, Noah berenang sambil tangannya diikat tali yang menghubungkan perahu karet berisi adiknya. Saat bersepeda, adiknya pun ada disampingnya menggunakan kursi roda. Hal yang serupa saat lomba lari dimana Noah berlari sambil mendorong adiknya sejauh 1 mil. "Aku suka segala sesuatu yang ada padanya, menurutku Lucas sempurna," terang Noah yang menunjukkan kecintaan dan kelekatan dengan adiknya. [...]

Bahayanya Matahari untuk Kita

Bahayanya Matahari untuk Kita

Pada jam-jam tertentu, sinar matahari (UV) yang seharusnya memberikan manfaat positif bagi kulit, justru berdampak pada kulit terbakar dan menjadi gelap. Dr. Gloria Novelita, SpKK menerangkan bahwa paparan sinar matahari pada saat-saat tertentu memang aman buat kulit dan tidak membuat sel-sel kulit rusak. Namun, untuk waktu tertentu, bisa menyebabkan kerusakan, kerutan dini, bintik-bintik hitam, dan keratosis actinic yang merupakan gejala awal kanker kulit. Jelas, jika sudah seperti ini membuat kepercayaan diri seorang wanita menurun."Langkah yang paling efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas adalah dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung tabir surya seperti SPF dan PA, serta mengandung antioksidan sebelum dan di sela-sela aktivitas harian," kata Gloria.Dalam acara peluncuran Marina Body Essence UV White Extra SPF 30 di Gedung Tempo Scan, Kuningan, Jakarta, Kamis (2/7/2014), Ahli Perawatan Kulit dari Beyoutiful Aesthetic Clinic mengatakan, mengapa SPF dan PA sangat membantu, karena SPF merupakan kemampuan tabir surya untuk mencegah timbulnya kemerahan di kulit akibat sinar UVB."Sedangkan PA adalah kemampuan suatu tabir surya un [...]

5 Syarat Sebelum Anda Adopsi Anjing

5 Syarat Sebelum Anda Adopsi Anjing

Ingin mengadopsi hewan peliharaan seperti anjing? Coba cermati tips dari Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defenders Indonesia berikut ini. "Mengadopsi anjing itu tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Bila ingin mengadopsi anjing atau kucing di Animal Defenders juga ada ketentuannya," kata Ketua Animal Defenders, Doni Herdaru, Jumat (21/3/2014). Berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsi anjing menurut Doni Herdaru : 1. Cocokan dengan Lifestyle Pikirkan dulu ada waktu atau tidak. Jangan asal karena ingin punya hewan peliharaan lalu mengadopsi begitu saja. Kalau tidak punya waktu untuk mengajaknya bermain, merawat dan menjaganya ya sebaiknya jangan. "Anjing itu jangan dikandangi tetapi dibiarkan saja bebas," kata Doni 2. Lihat Lingkungan Sekeliling Anda Kalau memang tidak punya waktu dan ingin punya hewan peliharaan. Lihat dulu lingkungan sekelilingnya, apakah ada yang bisa dipercaya menjaga dan merawat mereka. "Kalau tidak ada pikirkan dulu untuk mengadopsi daripada menelantarkan mereka," kata Doni. 3. Lihat Kebutuhan Hewan Peliharaan Merawat dan memenuhi kebutuhan hewan peliharaan memang perlu budget khusus. Teta [...]

Ada Risiko Hipertensi dan Jantung di Minuman Kaleng?

Ada Risiko Hipertensi dan Jantung di Minuman Kaleng?

Sebuah penelitian terbaru, yang diterbitkan jurnal American Heart Association mengungkapkan bahan kimia bisphenol A (BPA) yang terdapat pada minuman kaleng dapat menyebabkan hipertensi dan masalah denyut jantung.Seperti diwartakan Newser, Senin (15/12/2014), peneliti di Korea Selatan itu melibatkan 60 orang dewasa di atas usia 60 tahun ini mencoba melihat efek dari susu kedelai yang dikemas dalam botol kaca dan kaleng. "Tes urine menunjukkan bahwa mereka yang minum dari kaleng memiliki tingkat BPA hingga 1.600 persen lebih tinggi daripada mereka yang minum dari botol kaca. Terlebih lagi, hal ini menyebabkan tekanan darah meningkat secara signifikan dalam kaleng dalam hitungan jam," tulis laporan Eureka Alert.Di sisi lain, ahli BPA yang juga profesor di Harvard Medical School, Dr Karin B. Michels mengatakan, peningkatan tekanan darah mungkin tidak berbahaya namun temuan ini menunjukkan kalau orang yang mengonsumsi minuman kaleng terus menerus dapat berisiko hipertensi."Sekitar 30 persen orang dewasa memiliki hipertensi, dan terkena paparan BPA di mana-mana. Saya rasa ini adalah studi yang sangat menarik dan menambah kewaspadaan tentang bisphenol A," kata Dr Michels.BPA sendiri, kat [...]

Cara Restoran Cepat Saji Agar Pengunjung Makan Lebih Banyak

Cara Restoran Cepat Saji Agar Pengunjung Makan Lebih Banyak

Saat ini makanan yang berasal dari restoran cepat saji menjadi salah satu faktor penyebab banyak masyarakat di dunia obesitas. Banyak alasan di balik mengapa orang mau menghabiskan waktu dan mengonsumsi makanan di sana.Sebuah studi ilmiah yang dilakukan Brian Wansink dari University of Illinois, dengan menyelidiki cara dari restoran cepat saji tersebut menarik orang untuk berkunjung dan makan di restorannya.Menurut Brian, selain dari rasa lapar yang menyerang, alasan lain dari seseorang akhirnya memutuskan makan di restoran cepat karena terpancing oleh gambarnya. Disadari atau tidak, orang kerap `lapar mata` ketika secara tak langsung melihat gambar burger dan kentang berukuran besar terpampang di luar restoran itu. Akhirnya, entah mengapa, rasa lapar kembali menyerang.Ketika sudah berada di dalam restoran, pengunjung kembali dibuat agar memesan lebih banyak makanan. Caranya, pelayan akan memberikan penawaran beberapa paket berukuran besar yang dibandrol dengan harga cukup murah, bila dibanding seseorang membelinya secara terpisah. Jika dilihat lagi, jarang sekali restoran cepat saji menyajikan makanan berukuran kecil.Faktor lainnya yang turut membuat pengunjung enggan untuk cepat [...]

Selain Ikan, 5 Makanan Ini Kaya Omega 3

Selain Ikan, 5 Makanan Ini Kaya Omega 3

Pasti banyak dari Anda telah mengetahui manfaat asam lemak omega-3. Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menyebutkan, omega 3 dapat membantu mencegah penyakit koroner, penyakit Alzheimer, dan depresi . Sayangnya, beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui kalau omega 3 itu hanya terdapat dalam ikan seperti salmon. Padahal, ada makanan lain yang tinggi omega 3. Seperti yang disebutkan penulis of The Small Change Diet, Keri Gans, R.D berikut ini:1. Daging dari hewan pemakan rumput"Rumput itu sebenarnya merupakan sumber yang baik dari omega-3. Jadi, ketika sapi makan rumput, daging yang dihasilkan akan lebih baik dan menghasilkan omega 3," kata Gans, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (9/8/2014). 2. Edamame Jenis kacang kedelai yang kulitnya berwarna hijau dan agak berbulu ini ternyata juga merupakan sumber yang luar biasa dari omega-3. "Ini snack yang sempurna karena serat dan protein," kata Gans.3. Minyak biji rami Selain sumber serat sehat, minyak biji rami juga kaya omega-3.4. Telur "Ketika peternak memberi makan biji rami pada ayam mereka, maka telur yang dihasilkan ayam akan tinggi omega-3," jelasnya.5. Kenari Dari semua jenis kacang-kacangan di [...]

Foto Terakhir yang Indah bagi Keluarga Jim

Foto Terakhir yang Indah bagi Keluarga Jim

Mengetahui Jim Zetz (62) sakit karena menderita kanker pankreas stadium 4, seorang Fotografer, Lindsey Villatoro berhasil melakukan sesuatu yang luar biasa untuk hari-hari terakhir ayah dan putrinya. Kondisi Jim yang semakin memburuk membuat Lindsey berinisiatif untuk membuat pesta pernikahan rekayasa yang indah agar anak Jim, Josie (11) bahagia. "Hanya dalam 72 jam kami mengumpulkan uang dari masyarakat setempat untuk biaya kue pengantin, gaun, katering, bunga dan bahkan rambut serta make-up. Sambil terharu, Jim memegang tangan putrinya selama upacara pernikahan di halaman belakang mereka pada14 Maret lalu. Keduanya saling menempatkan cincin di jari manisnya," tulis Dailymail, Jumat (4/4/2014). Menurut Lindsey, Ia pertama kali bertemu Josie dan ayahnya ketika dia diminta memotret keluarga Jim untuk salah satu potret keluarga terakhir bersama-sama. "Saat itu, Josie sempat marah pada ayahnya karena ayahnya mengatakan tidak mungkin bagi dirinya untuk melihat anaknya menikah," kata Lindsey. Mendengar hal tersebut, bertepatan dengan ulang tahun Josie ke 11, Lindsey mengumpulkan teman dan keluarga untuk memberikan dukungan. Bertemakan gaya vintage yang sederhana, acara 'pernikahan [...]

Bahaya Paparan Radiasi Ponsel (II)

Bahaya Paparan Radiasi Ponsel (II)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini merilis efek jangka pendek dan jangka panjang dari paparan radiasi ponsel. Dikutip dari situs WHO, berikut ulasannya:Efek jangka pendekMekanisme utama yang sebenarnya dikhawatirkan adalah energi frekuensi radio dan tubuh manusia. Pada frekuensi yang digunakan oleh ponsel, sebagian besar energi akan diserap oleh kulit dan jaringan lainnya, namun kenaikan suhu tersbeut diabaikan dalam otak atau organ tubuh lainnya.Sejumlah studi saat ini telah meneliti efek dari medan frekuensi radio pada aktivitas listrik otak, fungsi kognitif, tidur, denyut jantung dan tekanan darah pada sukarelawan. Namun nyatanya, penelitian tidak menunjukkan bukti yang konsisten yang bisa memberikan efek kesehatan yang merugikan dari paparan medan frekuensi radio pada ponsel. Efek jangka panjangPenelitian epidemiologi sebelumnya telah memeriksa risiko jangka panjang dari paparan frekuensi pada ponsel. Ilmuwan menghubungkan antara tumor otak dan penggunaan ponsel. Hasilnya, sulit terdeteksi lantaran ponsel tidak banyak digunakan sampai awal 1990-an. Akhirnya, studi epidemiologi saat ini hanya dapat menilai kanker dihubungkan dalam efek jangka pendek.Analisis dari 13 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *