Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Selain ICMI, BPJS Juga Gandeng PGI Bantu ‘Gepeng’

Selain ICMI, BPJS Juga Gandeng PGI Bantu ‘Gepeng’

Setelah resmi bekerjasama dengan lembaga amil zakat dalam rangka implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk warga miskin yang tidak terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI). BPJS Kesehatan juga menggandeng Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) serta Persekutuan Gereja-gereja Indonesia. Seperti diungkapkan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, hingga kini baru ada tiga organisasi keagamaan yang telah bergabung untuk membantu warga miskin yang belum tergabung PBI. "Masalahnya gereja mungkin punya daftar penerima bantuan tertulis. Tapi mesjid belum ada karena semua warga miskin masih ditampung. Maka itu nanti mengatur gereja dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Untuk paketnya terserah mereka. Yang jelas kita terima perorang per bulan Rp 25.500," kata Fahmi saat ditemui di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta ditulis Jumat (25/4/2014). Sebelumnya, Fahmi mengatakan, skema bantuan untuk masyarakat miskin untuk saat ini akan ditanggung oleh lembaga amil zakat. Ini karena Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) atau Lembaga Amil zakat telah memiliki data-data masyarakat yang belum ditanggung dan akan memilih kembali calon peserta mana saja yang berhak m [...]

Wanita Mesti Waspadai Penyakit Ini

Wanita Mesti Waspadai Penyakit Ini

Kanker memang menjadi momok karena menyebabkan kematian. Seperti halnya kanker serviks yang sampai saat ini menduduki peringkat kedua teratas sebagai penyebab kematian pada perempuan di Indonesia. Infeksi human papillomavius (HPV) dengan risiko tinggi, hampir dapat dipastikan merupakan penyebab kanker serviks. Walaupun untuk stadium awal, penderita pada umumnya memiliki prognosis yang baik namun sepertiganya akan tetap meninggal akibat menderita penyakit tersebut, baik yang menjalani operasi maupun radioterapi. Berdasarkan hasil penelitian dr. M. Soemanadi, Sp.OG, dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Kedokteran UGM yang juga Kepala Staf Medik Fungsional Divisi Ginekologi Onkologi RS Kanker Dharmasi Jakarta, terhadap 70 pasien penderita kanker serviks uteri stadium awal yang menjalani terapi histerektomi radikal di RS Kanker Dharmais selama tahun 2000-2006, ditemukan bahwa mereka yang menderita penyakit ini rata-rata usia 49 tahun. ?Umumnya mereka yang sudah memiliki anak lebih dari tiga dan indeks massa tubuh (IMT) 24 kg/m2. Sebagian besar mereka mengalami anemia dengan kadar haemoglobin dibawah 12 mg/dL,? kata Soemanadi Kemarin (17/07/2014). Menurut Soemanadi salah s [...]

Saat Cacing Pita Menginfeksi Usus Anda

Saat Cacing Pita Menginfeksi Usus Anda

Infeksi cacing pita akan Anda rasakan ketika tanpa sengaja menelan makanan atau meminum segelas aiir yang terkontaminasi telur cacing pita atau larva. Ketika Anda menelan telur cacing pita tertentu, cacing dapat bermigrasi di luar usus dan membentuk kista larva dalam jaringan tubuh dan organ (infeksi invasif).Saat tertelan, cacing pita akan berkembang dan tumbuh dewasa di usus Anda, yang menyebabkan terjadinya infeksi usus.Cacing pita dewasa yang terdiri dari kepala, leher, dan rantai segmen disebut sebagai proglottids. Bila Anda mengalami infeksi cacing pita usus, kepala cacing pita melekat pada dinding usus, dan proglottids tumbuh dan menghasilkan telur. Biasanya, infeksi cacing pita usus tergolong ringan, tetapi infeksi larva invasif dapat menyebabkan terjadinya komplikasi serius. Sama halnya dengan jenis penyakit lainnya, sejumlah orang yang menderita infeksi cacing pita disebut tidak memiliki gejala. Tapi, Anda dapat mengetahui apa saja gejala dari infeksi cacing pita, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (27/8/2014) Infeksi ususTanda dan gejala infeksi usus meliputi Mual Lemah Kehilangan nafsu makan Nyeri perut Diare Berat badan dan penyerapan nutrisi dari makanan [...]

Orangtua Juga Harus Mengerti tentang Kesehatan Reproduksi

Orangtua Juga Harus Mengerti tentang Kesehatan Reproduksi

Pendidikan kesehatan reproduksi (Kespro) tak hanya perlu bagi anak-anak, tetapi wajib. Bahkan orangtua pun harus mendapatkannya. Apalagi banyak orangtua yang menganggap pendidikan kesehatan reproduksi itu sebagai hal yang tabu.Demikian disampaikan Ketua Pusat Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Indonesia, Irwan Hidayana seperti ditulis Selasa (28/1/2014)."Seksualitas dan kesehatan reproduksi sepertinya masih menjadi tabu. Padahal ini penting sekali untuk mencegah perilaku berisiko. Tidak hanya anak, orangtua juga butuh pendidikan kespro," kata IrwanMenurut Irwan kebanyakan anak lebih terbuka dengan teman sebaya dibandingkan dengan keluarga untuk masalah reproduksi."Biasanya komunikasi anak dengan orangtua tentang masalah reproduksi tidak intens karena dipikir ini hal yang tabu. Anak mencari informasi akhirnya mencari tempat lain untuk bertanya misalnya teman atau internet yang bisa memicu perilaku berisiko," kata Irwan.Irwan berharap para orangtua lebih peduli dan meningkatkan pengetahuannya tentang seksualitas dan reproduksi untuk anak."Bisa jadi anak jadi tidak terbuka saat ada gangguan kesehatan reproduksinya. Atau Jangan-jangan orangtua sebenarnya bingung menjawab pertany [...]

Tips Aman Bepergian dengan Pesawat Bagi Wanita Hamil

Tips Aman Bepergian dengan Pesawat Bagi Wanita Hamil

Untuk alasan yang jelas, perjalanan udara memang semestinya perlu menjadi perhatian bagi wanita hamil. Apa saja yang perlu diperhatikan?Seperti dilansir Idiva, Minggu, (5/1/2014) Rita Bakshi, Ketua International Fertility Centre mengatakan bahwa ibu hamil tanpa komplikasi sebenarnya dapat melakukan perjalanan melalui udara tanpa ada kekhawatiran namun tetap saja beberapa hal ini perlu diingat selama perjalanan udara:1. Tetap terhidrasiPastikan untuk minum banyak air juga bungkus makanan sendiri jika memungkinkan.2. Kursi yang tepatAkan lebih nyaman untuk mengambil tempat duduk tidak dekat jendela. Hal ini memungkinkan agar lebih mudah ke toilet.3. Pakaian yang nyamanKenakan pakaian yang nyaman dan pastikan sepatu Anda berjenis flat sehingga nyaman untuk berjalan. 4. Sabuk pengamanMeskipun sedikit tidak nyaman, tapi Anda tetap harus mengenakan sabuk pengaman. Untuk membuat stabil, gunakan sabuk pengaman di bawah perut Anda.5. Berkonsultasi ke dokter dan maskapaiSebelum membeli tiket penerbangan Anda, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter apakah aman untuk melakukan perjalanan. Juga, tanyakan dengan maskapai apakah pesawat yang Anda tumpang memiliki fasilitas penerbangan yang [...]

3 Keuntungan Makan Keju dan Produk Olahan Susu

3 Keuntungan Makan Keju dan Produk Olahan Susu

Bagi Anda yang tak memiliki alergi terhadap susu dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, sayang sekali jika tak mengonsumsinya. Meski memiliki kandungan lemak, keju pun punya manfaat yang besar untuk tubuh. Tak perlu mengelak disajikan keju, asal makan secukupnya tak membuat tubuh membengkak. Anda malah mendapatkan tiga manfaat keju untuk kesehatan seperti dilansir dari Good Houskeeping seperti dilansir Sabtu (19/9/2014). 1. Turunkan risiko terkena diabetes tipe 2Sebuah studi di Swedia menemukan mereka yang mengonsumsi susu maupun produk susu setiap hari lebih dari delapan porsi memilki risiko lebih rendah 23 persen terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang mengonsumsi satu porsi. Apakah yang dikonsumsi harus susu rendah lemak? Dalam penelitian ini peneliti tak menemukan hubungan antara susu rendah lemak dengan risiko penyakit. 2. Bantu kontrol gula darahMengonsumsi dua porsi susu tinggi dan rendah lemak per hari terkait dengan penurunan tekanan darah dan gula darah. Dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki darah sehat adalah mereka yang mengonsumsi olahan susu 3. Hidup lebih lamaSebuah studi di [...]

Kesehatan dalam Kerangka Konsep Trisakti

Kesehatan dalam Kerangka Konsep Trisakti

12 November 2014 ini diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50. 50 tahun yang lalu di hari yang sama Presiden Sukarno mencanangkan Komando Pemberantasan Malaria ( KOPEM ) yang kemudian dipakai sebagai awal peringatan HKN . Kita dapat menarik "benang merah" antara pencanangan oleh Presiden Sukarno dulu dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo sekarang ini, yaitu konsep " Trisakti". Dalam pendalamannya, konsep "Trisakti" dapat diimplementasikan secara nyata dari sudut Kesehatan Masyarakat. "Berdaulat dalam Politik" :??- wewenang penuh kita dalam pengaturan sumber daya kesehatan. Beberapa contohnya adalah pengaturan pemodalan rumah sakit dan juga regulasi bagi tenaga kesehatan asing, - Khusus untuk bahan biologis kesehatan yang akan dibawa ke luar negeri maka kita memberlakukan "Standard Material Transfer Agreement (SMTA)" , - Bentuk lain adalah wewenang kita menentukan program penanggulangan kesehatan yang kita anut.- Peran penting Indonesia di politik kesehatan internasional selama ini, baik di tingkat regional maupun di tingkat dunia, WHO, dll "Kemandirian dalam Ekonomi" :?- Aspek pertama adalah program Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang akan menjangkau ratusan juta or [...]

Nila Moeloek: Program Kemkes akan Dibuat Satu Arah

Nila Moeloek: Program Kemkes akan Dibuat Satu Arah

Baru saja Presiden Jokowi mengumumkan Kabinet Kerja dengan masing-masing posisi menteri yang menjabatnya. Salah satunya kementerian yang diumumkan adalah Kementerian Kesehatan. Setelah berbagai sosok dikabarkan menjadi calon kuat, ternyata yang muncul dan disebut Presiden Joko Widodo adalah Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM(K) .Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang lahir di Jakarta, 11 April 1949 adalah salah satu Staf Ahli Divisi Tumor Mata di RSCM Kirana. Alumni dokter umum dan spesialis mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini meneruskan subspesialisasi International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang. Setelah itu ia meneruskan pendidikan konsultan Onkologi Mata dan program Doktor Pasca Sarjana di FKUI, Jakarta. Ia adalah ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat periode 2004-2009 dan istri Farid Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Nila Moeloek, begitu biasa perempuan ini disapa pernah menjadi "Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals" pada 2009 - 2014. Beberapa saat setelah diumumkan Nila menyebutkan bahwa para calon menteri sebelum diumumkan [...]

Saat Diare, Hindari 5 Makanan Ini

Saat Diare, Hindari 5 Makanan Ini

Jangan perburuk keadaan saat terjadi diare dengan salah mengonsumsi makanan. Makanan tertentu dapat membuat kerja usus kembali terganggu sehingga yang memperburuk kondisi Anda. Dilansir dari Everyday Health, Selasa (16/9/2014) makanan ini yang harus dihindari saat terjadi diare diantaranya: 1. Makanan berlemakMakanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji sebaiknya dihindari saat diare. Selain itu, jangan konsumsi makanan yang digoreng dan bersaus karena akan membuat diare memburuk. 2. Susu, es krim, dan kejuMenghindari ketiga makanan di atas selama diare bisa membantu agar kondisi perut jadi stabil. Namun, tak berlaku untuk yoghurt. Olahan susu ini memiliki bakteri baik untuk kesehatan usus yang mempercepat diare selesai. 3. Minumal alkohol dan kafeinKedua minuman ini mengandung bahan yang membuat tubuh kehilangan cairan. Jadi tak disarankan untuk mengonsumsi alkohol dan kafein saat diare agar tubuh Anda tak dehidrasi. 4. Minuman bersodaMinuman bersoda dan minuman manis lain menimbulkan efek pencahar pada sistem pencernaan. Jika mengonsumsi yang manis-manis malah membuat Anda lebih rajin ke kamar mandi saat diare. 5. Makanan yang menyebabkan gas berlebihPada saat kondisi tu [...]

Banyak Warga Umrah, RS Sardjito Siapkan Ruang Antisipasi MERS

Banyak Warga Umrah, RS Sardjito Siapkan Ruang Antisipasi MERS

PeduliSehat.info, Yogyakarta Banyaknya warga Yogyakarta yang umrah membuat Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta mengantisipasi adanya pasien terduga virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). Bahkan RS Sardjito sudah menyiapkan delapan kamar untuk antisipasi pasien MERS CoV.Menurut Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru Rs Sardjito, dr Sumardi, empat kamar di antaranya untuk pasien gawat MERS-CoV yang lengkap dengan alat bantu pernapasan. Dan ruang isolasi RS Sardjito dianggap cukup mumpuni untuk penanganan penyakit tersebut."Fasilitas untuk kamar memang harus kedap atau tekanan negatif. Jadi semua udara disalurkan ke alat penyaring sehingga terbebas virus ini. Selain itu, para perawat yang akan masuk dalam RS juga menggunakan pakaian khusus," kata Sumardi di RS Sardjito, Selasa (13/05/2014).Langkah yang dilakukan RS Sardjito memang sudah dilakukan sejak munculnya flu H1N1 dan flu burung pada awal tahun ini. Munculnya virus baru dari Timur Tengan ini membuat pemerintah daerah mengantisipasi dengan bekerjasama RS Sardjito. Penyiapan kamar ini diperlukan karena banyak warga Yogyakarta yang melakukan perjalanan umrah. Sumardi menyebutkan, orang yang berisiko virus je [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *