Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Bila Anda Sering Stres, Waspadai Stroke

Bila Anda Sering Stres, Waspadai Stroke

Sejumlah ahli meyakini bahwa stres dan masalah kardiovaskular memiliki hubungan sangat erat. Sudah sejak lama stres telah terbukti secara ilmiah menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika Serikat mendapati bahwa stres dapat memacu adrenalin, dan stres akan membuat daya tahan tubuh menjadi tidak terkendali dengan cara meningkatkan jumlah sel darah putih yang dapat memerangi penyakit. Bagi pasien yang memiliki arteri yang sudah menebal dengan plak, ekstrak sel darah putih memperburuk peradangan dan dapat menyebabkan terjadi perobekan. Trombosit dan pembekuan protein, bergegas untuk mengisi luka yang terbuka. Jika bekuan itu mengisi arteri, maka akan menyebabkan terjadinya serangan jantung dalam beberapa saat. Salah seorang peneliti yang temuannya telah dipublikasikan dalam Nature Medicine, Prof Nahrendorf, mengatakan, saat kondisi ini dilihat pada tikus aterosklrosis akan rawan mengalami stres kronis, yang dipercepat produksi sel darah, fitur plak dipromosikan berhubungan dengan lesi yang menyebabkan rentan serangan jantung dan stroke pada manusia."Secara keseluruhan data ini memberikan bukti lebih lanjut peran sistem hematopoietik [...]

Warga China Tak Pernah Bilang `Wo Ai Ni`, Kenapa?

Warga China Tak Pernah Bilang `Wo Ai Ni`, Kenapa?

Masih hangat mungkin bila membicarakan kebiasaan masyarakat China yang tengah merayakan tahun baru Imlek. Karena ada satu hal yang menarik yang mungkin belum Anda ketahui bahwa orang China tak pernah mengucapkan 'I Love You' bagi keluarga maupun sanak saudara.Dalam bahasa Mandarin kalimat 'Aku mencintaimu' diterjemahkan sebagai 'Wo ai ni', tapi ternyata bahasa universal yang menandakan rasa sayang dan cinta pada keluarga dan pasangan itu jarang sekali diucapkan, bahkan bisa dibilang hampir tidak pernah diucapkan oleh orang China itu sendiri. The Global Times pernah melaporkan bahwa dua video online yang menunjukkan anak-anak memberitahu orang tuanya dengan menyebutkan 'I love you' ini mulai ramai diperbincangkan. Tapi sayangnya, tanggapan orangtua dan kerabat cukup mengherankan."Yang pertama direkam oleh stasiun TV Anhui, disana ada sejumlah mahasiswa yang memberitahu orang tuanya bahwa mereka mencintainya. Tapi tanggapannya datar dan balik bertanya, 'Apakah kau mabuk?' tanya salah satu orang tua. Dalam video lain yang serupa dan direkam oleh stasiun TV Shanxi, seorang ayah justru menjawab dengan tegas, 'Saya akan rapat, jadi hentikan omong kosong ini'," tulis laporan media setempa [...]

Depresi, Biang Keladi Serangan Jantung di Usia Muda

Depresi, Biang Keladi Serangan Jantung di Usia Muda

Siapa bilang penyakit jantung urusannya mereka yang sudah tua. Kini, penyakit jantung bisa menyerang perempuan berusia di bawah 55 tahun. Dan ternyata faktor pemicu yang memainkan peran besar bukan pola diet yang salah, stres, kurang aktivitas fisik namun kesehatan mental. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Americah Heart Association perempuan berusia 55 tahun ke bawah dengan tingkat depresi sedang dan berat berpotensi menderita masalah jantung yang fatal, seperti serangan jantung. Seperti dilansir laman Womens Health, Senin (21/7/2014) hal ini diketahui setelah peneliti mengamati 3.237 pria dan wanita segala usia dengan masalah penyakit jantung dan kardiovaskular selama tiga tahun. Hasilnya, wanita berusia 55 tahun yang memiliki tanda-tanda depresi ringan dan berat berisiko 2,2 kali lebih tinggi terkena risiko penyakit jantung. Sekitar 29% wanita di bawah 55 tahun yang didiagnosis dengan depresi klinis dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Depresi juga memperbesar hadirnya risiko penyakit yang terkait jantung lainnya, seperti kardiovaskular seperti diungkap American Heart Association. Hal ini sama seperti dampak merokok, hipertensi, dan o [...]

Kenali Gangguan Bipolar Pada Wanita Hamil

Kenali Gangguan Bipolar Pada Wanita Hamil

Bipolar atau gangguan jiwa yang bersifat tak menentu seperti terlalu senang dan terlalu sedih juga dapat mengancam wanita hamil. Pada wanita hamil, gangguan bipolar belum tentu karena keturunan dan menurunkan gennya karena penyakit ini akibat multifaktor.Untuk itu, menurut Wakil Ketua Seksi Bipolar dan Gangguan Mood lainnya Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Dr. dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K) orang disekitar perlu mengetahui faktor risikonya, seperti:1. Pemeriksaan selama kehamilan dan memastikan akan adanya infeksi virus2. Tidak ada gangguan gizi selama hamil3. Tidak kekurangan oksigen terutama pada usia kehamilan trimester 1 dan dua. Karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan gangguan pada plasenta4. Selama persalinan tidak traumatik. Kelahiran normal dapat mengurangi risiko bipolar pada anak5. Setelah lahir, anak diasuh dengan baik. Tidak ada kekerasan, atau pelecahan seksual sehingga tidak memunculkan stressor yang berisiko bipolar. [...]

Studi: Rokok ‘Vape’ Elektronik Kurangi Kecanduan Rokok Tembakau

Studi: Rokok ‘Vape’ Elektronik Kurangi Kecanduan Rokok Tembakau

Hingga kini, Badan Pengawas Makanan dan Obat Dunia (FDA) dan Electronic Cigarette Association (ECA) tidak menganjurkan penggunaan rokok elektronik yang juga dikenal dengan istilah vape atau vaping ini. Walau begitu, tidak dipungkiri beberapa orang yang sudah mencoba rokok elektronik merasakan dampak positif tak lagi kecanduan terhadap rokok tembakau. Hal ini diketahui dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International of Journal of Environmental Research and Public Health. Dalam studi ini peneliti membagi partisipan dalam tiga kelompok. Kelompok pertama dan kedua masih menggunakan rokok elektronik dan rokok, sedangkan kelompok kedua hanya mengonsumsi rokok tembakau selama dua bulan. Pada level kedua, kelompok ketiga pun diberi rokok elektronik. Hasilnya, sekitar 21 persen partisipan berhenti merokok tembakau , sedangkan 23 persen mengurangi rokok tembakau. "Rokok elektronik menawarkan para perokok tembakau alternatif untuk merokok sehingga bisa mengurangi merokok menggunakan rokok tembakau atau bisa juga sampai berhenti," terang pemimpin studi Profesor Frank Baeyens seperti dilansir Time pada Kamis (20/10/2014). Baca Juga: Akhir November, Aturan Rokok Elektrik A [...]

Buah Ini Dapat Bantu Pasien Pasca Serangan Jantung

Buah Ini Dapat Bantu Pasien Pasca Serangan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Inggris mengatakan bahwa apel dan stroberi dapat mengurangi kerusakan organ tubuh lain pasca serangan jantung. Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (6/11/2014), para ilmuwan yang berasal dari berbagai universitas tersebut mengatakan bahwa jika zat dari stroberi dan apel disuntikkan pada pasien setelah serangan jantung, maka itu dapat menghindari cedera jangka panjang bagi organ vital lain. Temuan ini adalah sebuah terobosan. Selama ini, banyak dokter ahli jantung frustasi. Sebab, banyak kasus dimana nyawa pasien sakit jantung terselamatkan tetapi beberapa organ lain justru rusak. "Kami telah menggunakan bahan kimia sederhana yang ditemukan dalam buah-buahan seperti apel dan anggur. Hebatnya, bahan kimia ini bekerja sangat baik," kata Dr. Michael Murphy dari Universitas Cambridge. Profesor Peter Weissberg, direktur medis di British Heart Foundation, yang mendanai studi ini mengatakan bahwa ini merupakan kemajuan yang baik. "Ada alasan untuk bersikap optimis karena kita melihat kemajuan cepat saat ini dimana temuan dasarnya telah kita buat," katanya. Baca Juga: 10 Kiat Jaga Kesehatan Jantung Hindari Sakit Jantung, La [...]

Pusing karena Alkohol? Atasi dengan 2 Bahan Ini

Pusing karena Alkohol? Atasi dengan 2 Bahan Ini

Akibat mengonsumsi alkohol terlalu banyak, beberapa orang merasakan pusing saat terbangun dari tidur keesokan hari. Meskipun terjadi beberapa saat namun hal ini memberikan dampak buruk bagi keseharian Anda. Seperti dilansir laman Boldsky pada Senin (24/11/2014) kurangi dampak buruk pusing karena alkohol dengan mengonsumsi satu dari dua pilihan berikut ini. Pertama, kentang. Kentang mengandung kalium yang dapat membantu meringankan sakit kepala. Hal ini karena saat minum alkohol menyebabkan dehidrasi dan hilang elektrolit sehingga menyebabkan pusing. Kedua, minum sedikit kopi. Tak perlu banyak-banyak cukup kurang dari satu cangkir saja untuk mengurangi rasa sakit kepala. Hal ini disebakan karena alkohol mampu memperluas pembuluh darah sedangkan kopi mengurangi ukuran pembuluh darah. Namun perlu dicatat, saat minum kopi sedikit saja. Karena kopi bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi sehingga sakit kepala pun datang lagi. [...]

Meski Sudah Suami Istri, Seks Terpaksa Juga Disebut Pemerkosaan

Meski Sudah Suami Istri, Seks Terpaksa Juga Disebut Pemerkosaan

Pemerkosaan menurut peneliti sekaligus Ahli Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Amsterdam, Prof. Dr. Saskia E. Wieringa merupakan tindakan yang sudah diniatkan dan bukan sekadar tindakan spontan dari pelaku.Bahkan, pemerkosaan bisa terjadi meski dilakukan oleh pasangan resmi. Saat wanita mengatakan tidak mau melakukan hubungan seksual namun si pria masih memaksa, itu bentuk pemerkosaan."Walaupun hubungan sudah resmi, pria tetap memaksa melakukan hubungan seksual meski wanita menolak, itu juga bisa disebut pemerkosaan," kata Saskia dalam kuliah umum yang diadakan our voice dan pusat kajian gender dan seksualitas Universitas Indonesia di Gedung M FISIP UI, ditulis Minggu (26/1/2014).Menurut Siska, wanita memiliki hak untuk melindungi dirinya dan harus tegas bila ingin mempertahankan diri. "Wanita perlu menjadi tegas sebagai bentuk pertahanan dirinya. Untuk itu katakan tidak dengan tegas bila merasa tersakiti," kata Siska.Ketua Pusat Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Indonesia, Irwan Hindayana berpendapat sama. Menurutnya tindakan pemerkosaan bukanlah tindakan spontan melainkan ada niat. "Tidak ada kasus pemerkosaan yang spontan, tindakan penyaluran hasrat itu sudah ada [...]

Target Peserta Tambah, BPJS Kesehatan Bakal Rekrut 1.500 Pegawai

Target Peserta Tambah, BPJS Kesehatan Bakal Rekrut 1.500 Pegawai

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengusulkan penambahan basis pegawai sebanyak 1.500 pada tahun depan. Upaya ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada seluruh peserta atau masyarakat Indonesia. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris sejak sore tadi (1/12/2014) mendatangi kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta. Tujuannya untuk membahas anggaran BPJS Kesehatan 2015. "Kita membahas anggaran tahun depan. Tapi belum diputuskan karena menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dulu," tutur dia kepada wartawan. Fahmi menjelaskan, pihaknya tidak dalam kapasitas meminta anggaran kepada pemerintah. Dia menyerahkan sepenuhnya terhadap Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro. "Nggak tahu, kita posisinya diberi saja sama Menteri Keuangan," ucapnya. Namun dia memastikan BPJS Kesehatan akan memperbesar target peserta dari saat ini 131,4 juta peserta menjadi 168 juta peserta pada tahun depan. "Sementara di akhir tahun ini diharapkan jumlah peserta BPJS Kesehatan mencapai 133 juta," terang Fahmi. Dengan target tersebut, Fahmi bilang, beban perusahaan akan semakin bertambah sehingga membutuhkan pegawai untuk memberikan pelaya [...]

Tips Romantis Endah n Rhesa: Kalau Berantem, Jangan Ngambek!

Tips Romantis Endah n Rhesa: Kalau Berantem, Jangan Ngambek!

Kerap tampil kompak dan romantis, pasangan suami istri Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya selalu membuat iri semua pasangan. Menurut pasangan yang menikah 5 Desember 2009 ini komunikasi menjadi hal yang paling penting di setiap hubungan.Ketika hubungan percintaan sedang bermasalah harus dibicarakan, bukan lari meninggalkan atau ngambek."Komunikasi sangat penting. Kami berdua tidak pernah lari dari masalah atau ngambek-ngambekan trus kemudian bertemu dan seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Masalah sekecil apa pun harus dibicarakan dengan baik sampai ketemu solusinya," kata mereka saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (9/2/2014).Duet musisi yang pada 2005 merilis album Nowhere To Go ini mengatakan ketika masalah terus disimpan dalam hati suatu waktu akan jadi bom waktu. "Karena kalau tidak dibicarakan nantinya jadi bom waktu yang meledak kapan saja dan akibatnya bisa mengganggu aktifitas atau pekerjaan. Alhamdulillah kami 24 jam bersama karena pekerjaan kami sama dan jarang meninggalkan satu dengan yang lain, jadi komunikasinya ga pernah putus," kata keduanya yang pernah menyabet penghargaan 20 Album Terbaik versi Majalah Rolling Stone untuk Album Look What We've Found pada 2010. (Mia/Ig [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *