Cek Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Yang Sering Tidak Anda Sadari

kuping-130604b.jpg

Gangguan pendengaran bukanlah tanda penuaan seperti yang Anda pikirkan. Ini bisa jadi masalah serius, karena para ahli menyebutkan, gangguan pendengaran juga bisa menyebabkan arthritis dan hipertensi jika dialami sejak remaja.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Senin (24/2/2014), President of the American Academy of Audiology and practice director and clinical audiologist at the Doctors Hearing Clinic in Montgomery, Alabama, Bettie Borton, AuD, mengatakan bahwa gangguan pendengaran itu bila Anda tidak dapat mendengar atau menanggapi suara di sekitar Anda , bila Anda tidak mengerti percakapan, ketika Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan interaksi dan membuat Anda menjadi tertutup dan kurang termotivasi.

Lebih jelasnya, Borton menjelaskan tanda-tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Selalu minta orang lain mengulang pernyataannya

“Salah satu tanda-tanda kehilangan pendengaran adalah sering meminta orang untuk mengulang ucapannya. Bisa jadi, orang lain akan terdengar seolah-olah bergumam atau berbisik. Bahkan suara-suara bernada tinggi wanita dan anak-anak juga sangat sulit didengar. Jika dibiarkan, mungkin hal ini dapat mengganggu pasangan, aak-anak dan anggota keluarga Anda,” kata Borton.

2. Tidak bisa mendengar di tempat ribut

Menurut Borton, ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara sosial dalam percakapan karena Anda tidak dapat mendengar dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi mental.

3. Selau menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik

Jika Anda sering menaikkan volume TV atau radio, ini adalah tanda umum gangguan pendengaran. Apalgi para remaja dapat terus menaikkan volume pada iPod atau perangkat lain.

4. Terasa dengung di telinga

Tinnitus atau suara dengung di telinga Anda dapat menjadi tanda gangguan pendengaran. Borton menjelaskan, jika dengung yang Anda rasakan tidak hilang, pertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran.

Sebuah studi pada 2013 di Brasil menyebutkan bahwa lebih dari 500 orang dengan gangguan pendengaran, 43 persennya mengalami tinnitus. “Ini bisa jadi tanda peringatan pada anak-anak juga,” ujar Borton.

5. Kehilangan suara hampir setiap hari

Kapan terakhir kali Anda mendengar suara burung atau alarm saat bangun tidur? Gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak suara-suara umum.

6. Masalah Berbicara di Telepon

“Kadang-kadang orang tidak menyadari konsekuensi potensial dari gangguan pendengaran yang tidak diobati. Padahal penelitian menyebutkan gangguan pendengaran bisa menyebabkan perasaan malu, merasa terisolasi dan depresi.,” jelasnya.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jelang Ramadan, Produk Pangan Ilegal Meningkat

Jelang Ramadan, Produk Pangan Ilegal Meningkat

Menjelang bulan suci Ramadan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan, masih melihat tingginya produk ilegal yang beredar di pasaran. Salah satu dalih yang digunakan pelaku usaha nakal itu dengan cuci gudang.Demikian disampaikan Kepala BPOM Roy Sparingga di Kantor Pusat Badan POM, Jakarta, Kamis (11/6/2014). Ia mencontohkan, Balai Besar Badan POM DKI Jakarta pada 2 minggu lalu menemukan adanya gudang penyimpanan produk ilegal di bilangan Jakarta Utara."Permintaan meningkat, suplai meningkat, yang sering modus dari tahun ke tahun, produk ilegal dan kedaluwarsa meningkat. Mereka berdalih cuci gudang. Sekarang pasti ada di gudang distributor," kata Roy.Ditemui di tempat yang sama, Kepala Balai Besar Badan POM, DKI Jakarta, Dewi Prawitasari mengatakan, produk ilegal yang ditemukan di Jakarta Utara isinya seperti makanan dan minuman impor yang tidak terdaftar, termasuk suplemen dan bahan tambahan pangan seperti bahan pengawet makanan dari jamur (mushroom seasoning)."Kebanyakan bertulisan kanji dan China. Tapi ada juga yang tidak berlabel," kata Dewi. [...]

Hidup Wanita Ini Kembali Normal Berkat Miss V Buatan

Hidup Wanita Ini Kembali Normal Berkat Miss V Buatan

PeduliSehat.info, Mexico City Perempuan yang lahir dengan kondisi langka, sindrom Mayer- Rokitansky-Kuster-Hauser (MRKH) kini terbantu dengan diciptakannya vagina di laboratorium. Seorang wanita yang memiliki sindrom MRKH mengatakan, temuan baru itu membuat hidupnya kembali normal. Wanita yang tak disebutkan identitasnya itu ikut dalam penelitian saat usianya 18 tahun. Wanita itu termasuk satu dari empat wanita Meksiko dengan kondisi sindrom MRKH, suatu kondisi genetik langka yang membuat wanita tak memiliki vagina atau tak berkembang normal.Para perempuan berusia 13 sampai 18 tahun itu ikut penelitian dari Wake Forest University di Winston-Salem, N.C., dan the Metropolitan Autonomous University di Mexico City dengan menggunakan sampel jaringan. Hasilnya, tim ilmuwan Amerika Serikat dan Meksiko itu berhasil menumbuhkan sel-sel vagina kepada pasien. Vagina yang diciptakan tersebut kemudian ditanamkan ke setiap wanita yang ikut penelitian."Saya merasa sangat beruntung menjalani operasi karena saya bisa memiliki kehidupan yang normal," kata wanita yang ikut menjalani operasi pada Oktober 2008, seperti dilansir DailyNews, Senin (21/4/2014). Menurut perempuan itu, sangat penting member [...]

Wanita Hamil Dapat Tularkan kebahagian ke Temannya

Wanita Hamil Dapat Tularkan kebahagian ke Temannya

Studi terbaru menerangkan bahwa seorang wanita hamil dan memiliki anak dapat menularkan hal baik itu ke teman-temannya yang memiliki keinginan sama. Peneliti di Carlo F Dondena Center for Research on Social Dynamics di Universitas Bocconi, Italia, Nicoletta Balbo menganalisa data yang telah melibatkan ribuan peserta. Mulai ketika remaja di tahun 1990-an dan melakukan wawancara berulang selama beberapa tahun.Para peneliti menyimpulkan bahwa ketika salah satu dari wanita yang hidup dalam lingkaran persahabatan memiliki seorang bayi, kemungkinan temannya juga akan memiliki bayi pertamanya dua tahun kemudian. Menurut Nicoletta, pengaruh sosial dan tekanan dari teman seusia itu adalah dua hal penentu yang begitu dipercaya.Kedengarannya aneh. Tapi, ada saat-saat ketika teman-teman dapat menyelesaikan masalah ini satu sama lain, maka mereka akan tahu apa yang teman-teman lainnya benar-benar ingingkan.Dikutip dari Health Me Up, Jumat (6/6/2014) jika seorang wanita adalah satu-satunya orang dalam kelompok itu yang memiliki anak, kemungkinan besar ia merasa diabaikan. Tapi, saat ia dan teman-temannya memiliki anak, yang sedang tumbuh dan berkembang, maka ia dapat berbagi pengalaman ketika me [...]

Bocah Penderita Thalassemia Butuh Bantuan

Bocah Penderita Thalassemia Butuh Bantuan

Seorang bocah usia sembilan tahun di Padang, Sumatera Barat menderita penyakit talasemia atau kerusakan sel darah merah. Perutnya buncit namun tubuhnya kurus karena kurang gizi. Anak janda miskin ini perlu bantuan untuk bertahan hidup dan memenuhi asupan gizi setiap hari.Perut Jefri Lingga Putra, bocah sembilan tahun di Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat ini terus membengkak. Perutnya membesar sejak usianya dua tahun, karena pembengkakan hati dan limpa. Jefri mengidap penyakit thalassemia, karena kelainan genetik yang diturunkan dari orangtuanya. Penderita penyakit ini, seumur hidup harus melakukan transfusi darah. Akibat sakitnya ini, jefri tidak bisa bersekolah seperti anak lainnya.Sayang, kemiskinan membuat Jefri juga menderita kurang gizi. Kini, Jefri hanya diasuh oleh ibunya karena sang ayah pergi meninggalkan mereka, begitu mendapati anaknya menderita penyakit thalassemia. Kini, mereka menumpang tinggal di rumah kerabat.Untuk bertahan hidup, Jefri harus mendapat transfusi darah dua minggu sekali. Besarnya biaya pengobatan, membuat ibunya terpaksa menitipkan adik Jefri yang berusia tujuh tahun, di panti asuhan. Sedangkan si bungsu berusia satu setengah tahun masih dipertahank [...]

Bahaya Kesepian Seperti Merokok 15 Batang Sehari

Bahaya Kesepian Seperti Merokok 15 Batang Sehari

Kesepian bisa membunuh seseorang. Alasannya, tak memiliki teman bisa membahayakan kesehatan seseorang sama halnya dengan obesitas dan merokok 15 batang sehari.Demikian hasil penelitian dari Brigham Young University seperti dilansir MensHealth, Rabu (15/5/2014).Studi lain menunjukkan, orang-orang yang setidaknya memiliki tiga teman dekat di tempat kerjanya 96 persen lebih mungkin puas dengan kehidupan mereka.Teman bisa menurunkan stres, menangkis depresi, dan melayani ratusan fungsi penting lainnya. Tapi, banyak orang yang menemukan dirinya kehilangan kontak dengan teman-teman lamanya.Anda bisa mendapatkan teman baru yang tak aneh agar Anda kesepian dengan beberapa cara di bawah ini:1. Minta arahanMenurut Psikolog Klinis dan Penulis Buku TheFriendship Fix, Andrea Bonior, PhD, seperti dalam bisnis, tak ada yang mengalahkan arahan yang baik. Anda akan lebih sukses mendapat teman baru jika Anda diperkenalkan oleh teman-teman atau rekan-rekan yang ada.Mungkin salah satu dari teman lama Anda bersama dengan teman kerjanya sesekali atau teman kerja keluar dengan beberapa kolega yang belum pernah Anda temui. Jika demikian, cobalah ikut bergabung dan meminta teman lama Anda untuk mempertemuk [...]

Mata Pria Harus Dioperasi Gara-gara Chatting dengan Pacar

Mata Pria Harus Dioperasi Gara-gara Chatting dengan Pacar

Memakai telepon seluler (ponsel) di kegelapan bisa membuat Anda kehilangan penglihatan jika dibiarkan. Seperti kasus yang dialami seorang pria berusia 26 tahun di China yang harus menjalani operasi darurat gara-gara menuliskan pesan singkat ke pacarnya di WeChat di kegelapan malam.Usai berkirim pesan, penglihatan pria tersebut menjadi terganggu. Tiba-tiba matanya berkedip dan retina mata kirinya terpisah. Ini dikenal dengan detasemen Retina yang umumnya terjadi di kalangan orang yang sudah tua. Tapi, kondisi tersebut menjadi lebih umum pada orang muda karena penggunaan ponsel yang berlebihan.Retina merupakan lapisan jaringan yang peka cahaya yang ada di dalam mata, yang mengirimkan pesan melalui saraf optik ke otak. Terpisahnya retina terjadi dengan tertariknya dari posisi normal. Apabila tak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan yang permanen. Detasemen retina dianggap sebagai keadaan medis darurat.Pria China yang tak disebutkan identitasnya itu dilaporkan kirim pesan ke pacarnya nonstop sepanjang hari. Dan beberapa jam sebelum tidur di malam hari, yang membuatnya mengalami detasemen retina .Seorang Ahli Mata Yu Bin mengatakan kepada WantChina Times bahwa in [...]

Wanita Ini Punya Lengan Terbesar di Dunia

Wanita Ini Punya Lengan Terbesar di Dunia

Seorang wanita asal Thailand diperkirakan memiliki lengan terbesar di dunia dengan berat masing-masing tiga kilogram. Kondisi langka ini telah dialaminya lebih dari 50 tahun dan jalan satu-satunya sembuh hanyalah amputasi.Dailymail, Jumat (5/9/2014) melaporkan, wanita bernama Duangjay Samaksamam tersebut berasa Provinsi Surin, Thailand. Ia telah menderita penyakit langka yang disebut macrodystrophia lipomastos atau penumpukan lemak di kedua lengan yang menyakitkan dan membuat lengannya secara permanen membesar."Dokter mengatakan satu-satunya solusi hanyalah memotong tangan saya jika saya ingin hidup normal. Tapi saya tidak ingin melakukan itu," katanya.Malu dengan kondisinya dari kecil, dia menghabiskan 20 tahun di rumah dan tidak sekolah. Sampai dia terpaksa keluar dari rumahnya pada usia 20 tahun untuk mencari nafkah karena orangtuanya yang sakit. Ia memutuskan untuk menjalankan toko kelontong keluarga. "Saya seperti ini sejak lahir jadi saya takut untuk pergi ke sekolah. Sayapun tidak pernah belajar membaca, "katanya.Ingin sembuh, Samaksamam juga pernah melakukan serangkaian operasi. Namun, bukannya membaik, operasi membuat kondisinya lebih buruk."Selama operasi, dokter tidak [...]

Ilmuwan Sarankan Kerja 4 Hari Seminggu Saja

Ilmuwan Sarankan Kerja 4 Hari Seminggu Saja

Umumnya, di Indonesia dan dunia, seorang pekerja bekerja lima atau enam hari seminggu. Akibatnya, satu hari di akhir pekan tak pernah dilewatkan untuk dipakai istirahat. Untuk itu, ilmuwan menyarankan agar kita habiskan waktu empat hari seminggu saja untuk bekerja sehingga stres terhindarkan. "Bekerja empat hari seminggu dirasa cukup untuk membuat pekerja lebih menikmati kehidupan mereka. Waktu libur bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan berolahraga," ungkap Profesor John Aston, Presiden UK Faculty of Public Health, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (2/7/2014). Saran yang diungkapkan Aston tentu beralasan dengan melihat bagaimana pola kerja "gila" yang dilakukan pekerja. "Lihat bagaimana pekerja menjalani kehidupannya sekarang. Pekerja sering merasa tertekan dan stres. Ini jadi masalah kesehatan mental serius yang perlu diperbaiki sistem kerjanya," tutur Aston. Selain kesehatan mental yang kurang baik, tekanan darah tinggi juga jadi salah satu masalah kesehatan yang dialami pekerja. Di Inggris sendiri, 1 dari 3 pekerja menderita tekanan darahnya tinggi. Padahal tekanan darah tinggi bisa jadi "silent killer" hadirnya serangan jantung dan stroke. Serta dapat merusa [...]

Kebanjiran, Aktivitas RSUD Donggala Terpaksa Dihentikan

Kebanjiran, Aktivitas RSUD Donggala Terpaksa Dihentikan

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sejak Kamis (10/7/2014) sore hingga malam tadi, membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelota yang ada di daerah itu terendam banjir. Akibatnya, aktivitas di RSUD ini terpaksa dihentikan untuk sementara. Informasi yang dihimpun Liputan6.com menyebutkan, banjir yang melanda rumah sakit yang terletak di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa ini terjadi sekitar pukul 17.40 WITA hingga 19.00 WITA. "Dari sore tadi hujan sampai malam ini dan air kami lihat langsung masuk ke seluruh wilayah rumah sakit. Cukup tinggi tadi airnya, ya kurang lebih tingginya sepinggang orang dewasa," terang Petugas Keamanan RSUD Kabelota, Astar, kepada Liputan6.com ditemui di lokasi. Menurut Astar, air yang menggenangi wilayah rumah sakit ini berasal dari luapan air sungai yang berada persis di belakang rumah sakit. "Ini sudah kejadian ke dua kalinya. Januari lalu juga pernah terendam banjir begini karena hujan deras. Tapi ke dua ini yang paling parah, karena ada 11 ruangan bersama dengan alat kesehatan yang ada digenangi air," imbuh Astar.Sementara itu, Direktur RSUD Kabelota Hamzah Arifandi menegaskan, ti [...]

Sistem Analisa Visual Bikin Layanan di RS Makin Efektif

Sistem Analisa Visual Bikin Layanan di RS Makin Efektif

Sistem analisa visual tidak hanya digunakan di bisnis perbankan, multifinance maupun asuransi yang memiliki data besar. Rumah Sakit di Belanda pun kini sudah menggunakan SAS� Visual Analytics dan visualisasi data untuk mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan pelayanan pasien. Tujuh Rumah Sakit yaitu Gelderse Vallei Hospital, Sint Maartens Clinic, BovenIJ Hospital, Scheper Hospital, Bethesda Hospital, dan Hospital of the Gelre Foundation memilih SAS untuk mengakses dan menganalisa data sets yang besar sehingga proses pengaturan bisnis menjadi lebih baik. SAS Visual Analytics, piranti lunak visualisasi data SAS memberikan informasi dalam waktu yang hampir real-time, sehingga staf Rumah Sakit dengan mudah melakukan analisa, interpretasi dan bertindak terhadap pasien. Analisa logistik ini untuk mendeteksi masalah yang ada sehingga hambatan yang muncul dapat dipecahkan dengan cepat. Dengan begitu pasien dapat memperoleh perawatan cepat dan tepat yang mereka butuhkan di saat itu juga. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *