Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

cengkeh-140212a.jpg

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.

Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):

1. Menurunkan gula darah dan obat diabetes

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.

Tips:

Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya.

2. Membantu memperbaiki pencernaan

Cengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi salah satu alasan rempah-rempah ini dtambahkan ke sejumlah makanan dan ditawarkan sebagai penyegar mulut setelah makan.

Selain itu, minyak esensial cengkeh sangat efektif memerangi radang perut.

Tips:

Cara terbaik untuk memanfaatkan kualitas positif cengkeh adalah menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda. Anda juga bisa menambahkan bubuk cengkeh atau menggunakan ekstrak minyak.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil cengkeh dan menggigitnya serta menyimpannya di bagian belakang mulut Anda sampai hancur. Hindari sering mengunyah karena sangat tajam dan sulit untuk makan.

Pelepasan yang lambat dari minyak esensial membantu kelenjar ludah Anda memproduksi air liur lebih banyak dan membantu proses pencernaan.


3. Meringankan keasaman

Cengkeh tak hanya membantu meningkatkan pencernaan tapi juga melapisi perut dan tenggorokan dengan lendir yang secara signifikan mengurangi gejala keasaman. Selain itu cengkeh meningkatkan peristaltik (aksi kontraksi otot menjaga makanan di dalam perut) dan menjaga asam naik ke tenggorokan Anda.

Tips:

Kunyahlah cengkeh setelah makan untuk mengatasi asam. Anda idealnya harus minum air dan menghindari makan sesuatu yang manis saat mengunyah cengkeh.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi kolesterol seseorang. Studi ini menyatakan bahwa sifat bawaan cengkeh membantu merangsang aktivitas enzimatik tertentu dalam tubuh yang membantu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh Anda dan menurunkan kadar kolesterol.

Tips:

Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh bubuk cengkeh untuk makanan sehari-hari Anda, mengunyahnya sehabis makan atau campurkan bubuk cengkeh dengan air hangat setiap pagi, pada waktu perut kosong untuk melihat penurunan yang cukup besar dalam kadar kolesterol Anda.


5. Melawan sakit gigi, bau mulut, dan memelihara kebersihan mulut

Salah satu obat tertua untuk sakit gigi adalah mengunyah cengkeh atau menerapkan minyak cengkeh ke gigi yang sakit.

Tapi apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya? Nah , minyak cengkeh atau cengkeh sendiri mengandung komponen anti inflamasi kuat yang membantu mengurangi pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi . Ini tidak hanya membunuh bakteri berbahaya dalam mulut, tetapi juga membantu untuk menghilangkan rasa sakit.

Selain itu juga mengalahkan bau mulut dengan membersihkan lidah, langit-langit mulut (bagian atas mulut Anda ), dan bagian atas tenggorokan dari bakteri apapun.

Tips:

Jika Anda menderita sakit gigi, cobalah menerapkan minyak cengkeh atau mengunyah cengkeh untuk bantuan instan dari rasa sakit. Anda juga bisa mengunyah cengkeh atau berkumur dengan larutan cengkeh untuk mengalahkan bau mulut. Untuk solusinya , rebus beberapa siung cengkeh dalam air selama beberapa menit, biarkan selama sekitar dua menit dan kemudian saring. Setelah didinginkan Anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur setiap habis makan.


6. Membantu bernapas bebas

Cengkeh memiliki komponen yang menakjubkan dan eugenol. Cengkeh memiliki sifat komponen ekspektoran yang menghilangkan sesak di dada atau sinus. Selain cengkeh yang juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur, juga bisa membantu menghilangkan infeksi.

Dalam Ayurveda cengkeh adalah bumbu yang hangat dan dikenal untuk menyebarkan kehangatan sehingga merupakan cara alami yang bagus untuk mencairkan dahak yang kental.

Tips:

Hancurkan 3-4 buah cengkeh , tambahkan lada jagung dan sedikit tulsi ke dalam campuran. Tambahkan sekitar 200 mil air, dan rebus hingga setengah jumlahnya . Anda dapat menambahkan sepotong kecil jahe ke dalam campuran. Setelah rebusan siap agar manis.


7. Membantu Anda rileks dan melawan stres

Aroma cengkeh bisa menenangkan dan membantu Anda bersantai karena kaya akan eugenol. Ini juga merupakan relaksan otot dan bisa menyantaikan otot yang paling tegagng.

Cengkeh juga membantu membangkitkan mood Anda.

Tips:

Setelah hari yang panjang melelahkan, coba tambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke air mandi Anda untuk membantu Anda bersantai saat Anda bersantai di rendaman air.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai penyegar alami ruangan yang tidak hanya akan menjaga semangat Anda, tetapi juga akan membantu mengusir efek buruk penyegar ruangan buatan.


8. Mencerahkan kulit

Jika Anda ingin menyingkirkan noda di wajah, cobalah cengkeh karena ini cara instan menyingkirkan noda dan jerawat. Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Hal ini juga sangat efektif mengatasi noda atau bekas jerawat.

Tips:

Hancurkan beberapa siung cengkeh, tambahkan satu sendok makan madu dan seperempat cairan lemon ke dalam campuran. Kemudian oleskan ke wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Yang terakhir, bilas masker dengan air dingin.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sebelum Hubungan Intim, Minum Jamu Ini Bisa Greng

Sebelum Hubungan Intim, Minum Jamu Ini Bisa Greng

Selain mencegah dan menyembuhkan kita dari suatu penyakit berbahaya bagi tubuh, mengonsumsi jamu tradisional secara rutin juga bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas seksual di atas ranjang. Saat melakukan penelitian 'Budaya Minum Jamu Dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan di Indonesia', Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med turut meneliti jamu tradisional yang ada di Madura."Di sana ibu-ibunya sangat memperhatikan itu. Mereka rutin mengonsumsi jamu agar mampu melayani suami dengan sangat baik," kata Lestari Handayani ditulis Senin (01/12/2014).Ada pun jamu yang dikonsumsi oleh ibu-ibu di Madura, lanjut Lestari, adalah jamu rapet. "Biasanya memang jamu itu. Tapi, jamu yang berasal dari kunir dan temulawak juga dapat bermanfaat seperti itu," kata dia menerangkan.Karena kerap menggunakan jamu setiap kali akan berhubungan seksual, tidak hanya para ibunya saja yang rutin mengonsumsinya. Para bapak di sana juga melakukan hal yang sama."Bapaknya juga perduli, dengan pergi ke kios jamu. Sedangkan si ibu membuatnya sendiri di rumah. Sirih direbus dengan kunyit juga bisa digunakan," kata dia menekankan. [...]

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Melihat defisiensi vitamin A yang membunuh ribuah anak di dunia dan ratusan di antaranya menderita kebutaan, peneliti pun mengembangkan pisang super yang mengandung alfa dan beta karoten.Pisang yang dibuat oleh Profesor James Dale dan timnya di Australia ini merupakan rekayasa hasil genetika.AFP melaporkan, tubuh yang mencerna pisang super ini akan mengubah alfa dan beta karoten menjadi vitamin A. Setelah lolos uji hewan, saat ini percobaan penelitian akan dilakukan kepada manusia dan pengawasannya dilakukan selama 6 minggu.Penelitian yang didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation ini juga akan melihat tingkat vitamin A yang dicapai saat dicerna tubuh manusia. "Jika pisang ini mendapat lampu hijau di Uganda, tanaman mikronutrien ini dapat tumbuh di Rwanda, Kenya, dan Tanzania," kata Dale, seperti dikutip Foxnews, Selasa (17/6/2014). [...]

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Bunga safron rasanya kurang begitu dikenal dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun di Amerika, bunga yang terkenal mahal ini sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah penggugah selera dalam berbagai masakan.Dan ternyata, manfaat bunga safron tidak hanya mampu membuat makanan lezat. Menurut penelitian Iran?s Roozbeh Psychiatric Hospital di Tehran University of Medical Sciences, safron baik untuk para wanita yang kerap mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Pada masa seperti ini para wanita kerap mengalami BT atau yang disebut BT (bad temper), galau atau mood jelek."Bunga yang hanya memiliki putik sedikit ini dapat mengurangi gejala depresi dan sindrom pramenstruasi (PMS) yang umumnya dialami wanita di kala haid," kata Shahin Akhondzadeh, Ph.D dikutip Eatingwell, Sabtu (15/3/2014).Para ilmuwan ini meneliti dengan melibatkan 50 wanita yang kerap mengalami gangguan PMS. Mereka diberi dua kapsul yakni safron dan plasebo masing-masing ukuran 15 mg. Pada siklus menstruasi pertama, mereka diberi kapsul saffron dan siklus yang kedua diberikan plasebo. Lebih dari tiga perempat wanita melaporkan penurunan gejala PMS dengan intensitas lebih besar ketika mengonsumsi kapsul saffr [...]

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Bagi jutaan orang setiap tahun, sakit tenggorokan adalah peringatan bahwa mereka akan segera terkena flu, pilek atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Tapi walaupun ada banyak obat sakit tenggorokan, solusi alami sepertinya dapat membantu.Selain murah, bahan alami di rumah bisa mengobati mengurangi rasa sakit dan menghilangkan gejala awal flu. Lebih jelasnya, berikut panduan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip Doctoroz, Kamis (16/10/2014).1. Akar manis (licorice)Bahan alami ini telah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan, membantu menghilangkan dahak atau lendir di hidung, tenggorokan dan paru-paru selama ribuan tahun. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa berkumur dengan air mengandung licorice dapat memulihkan pasien yang memiliki masalah tenggorokan. 2. Sup ayam Catat makanan ini dalam daftar makanan pokok ketika menjadi sakit. Penelitian menunjukkan, sup ayam dapat mengurangi gejala flu dan menenangkan tenggorokan.3. Cuka apelCuka apel diduga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Keasaman cuka aple dapat meningkatkan sel darah putih sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. M [...]

Hidangan Jamu Gantikan Teh Manis dan Kopi di Kantor Menkes

Hidangan Jamu Gantikan Teh Manis dan Kopi di Kantor Menkes

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara perlahan mengganti sajian teh manis dengan jamu tradisional. Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, Sp.M(K), mengatakan,"Kami sudah memulai melakukan itu." Ditemui sesudah pengukuhan Dr. dr. Lestari Handayani, M.Med sebagai Profesor Riset ke-11 di Ruang J. Leimena, Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl. H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (24/11/2014), Menkes menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta untuk minuman seperti teh manis dan kopi diganti dengan jamu tradisional. "Saya sudah merasakan manfaat dari minuman jamu tradisional, dan itu cukup hangat di tubuh," kata Menkes. Menkes, menjelaskan, tindakan sederhana dengan manfaat luar biasa ini telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Terlebih pada pekan lalu, telah ditanam 100 lebih jenis tanaman herbal di lantai 4 gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Yang membeli bibit dan menanam adalah ibu-ibu dari Persatuan Kementerian Kesehatan," kata Menkes. Tidak hanya mengganti teh manis dan kopi dengan jamu tradisional saja, di Kemenkes juga telah mengganti camilan dengan buah-buahan lokal yang segar. [...]

Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Kedokteran China Kuno Juga Ilmiah

Kedokteran China Kuno Juga Ilmiah

Para ilmuwan China sendiri terus melakukan riset, sehingga melahirkan obat-obatan berbahan alami dengan kombinasi baru untuk mengatasi berbagai penyakit ringan, semisal gangguan lambung hingga penyakit berat dan menakutkan seperti kanker dan gangguan pembuluh darah, termasuk stroke. Sebelum sebuah obat tradisional dipasarkan, para ilmuwan China juga melakukan percobaan untuk menemukan efektivitas obat dan menentukan dosis yang tepat bagi pasien dengan kasus tertentu (studi klinis). Mereka pun melakukan serangkaian riset praklinis, percobaan dengan binatang dan percobaan klinis di rumah sakit, seperti dilakukan para ilmuwan Barat. Sebagai gambaran, salah satu pengujian obat gangguan pembuluh darah adalah mempersiapkan sejumlah pasien yang dilengkapi pemeriksaan MRI atau CT-scan. Ada yang infark, pecah pembuluh darah, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Pasien yang berbeda-beda kasusnya itu (tetapi semua menderita gangguan pembuluh darah) diberi kapsul obat tertentu selama beberapa waktu. Mereka rutin diperiksa darah, urin, lemak darah, gula darah, fungsi lever dan ECG sebelum dan sesudah pengobatan. Efek terapi kemudian dievaluasi, sehingga diperoleh kesimpulan. Dari gambaran t [...]

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Ingin punya kulit putih bersinar? Yuk manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A, E dan C serta antioksidan pada buah pepaya dapat memberikan kelembaban dan perlindungan kulit. Selain itu enzim papain yang ada dalam pepaya sering digunakan untuk membersihkan dan melembutkan kulit.Seperti dikutip dari Ehow, Jumat (11/4/2014), zat aktif dalam pepaya juga dapat membantu penyembuhan kulit. Pepaya bahkan tidak hanya bisa dimakan sebagai bahan sayur, tetapi juga dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.Caranya tidak sulit. Cukup dengan menghancurkan pepaya hingga berbentuk krim. Kemudian campurkan susu bubuk, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Masker wajah tersebut berfungsi sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. [...]

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Salah satu gejala kesehatan yang sering muncul pada kaum hawa adalah keputihan. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan kekuningan dari vagina. Meskipun ada keputihan yang wajar seperti keputihan fisiologis, tetapi ada juga keputihan yang berbahaya, yaitu keputihan patologis. Bagaimana cara mengobati keputihan ini? Berikut beberapa obat herbal yang dapat mengobati keputihan seperti yang dilansir dari Organic Facts, Kamis (9/10/2014): 1. Daun Jambu Rebus daun jambu biji dalam air sekitar 1 liter selama setengah jam. Setelah itu, biarkan hingga dingin dan oleskan pada vagina. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada vagina. 2. Biji Ketumbar Rendam 10 gram biji ketumbar dalam 100 ml air selama satu malam. Setelah satu malam, air tersebut harus langsung diminum. Untuk meminumnya, perut Anda harus benar-benar kosong. 3. Aloe Vera Aole vera atau lidah buaya dipotong pada bagian ujung lalu ambil daging lidah buayanya. Daging lidah buaya kemudian direbus. Anda harus meminumnya selagi hangat sebanyak dua kali sehari. 4. Air Rebusan Beras Sisihkan air rebusan beras sekitar setengah gelas. Kemudian, campurkan air beras tersebut dengan sedikit garam. Jika s [...]

Coba Resep Jus Bayam untuk Detoks di Akhir Pekan

Coba Resep Jus Bayam untuk Detoks di Akhir Pekan

Berencana untuk detoksifikasi akhir pekan ini? Tidak perlu kelaparan atau makan obat pencahar. Coba deh minum jus sayur yang bisa detoksifikasi. Cukup 5 menit, Anda bisa mendapatkan manfaat gizi 160 kalori, 3 gram protein, 5 gram serat, 0,5 gram lemak dan 86 miligram sodium. Ingin tahu resepnya, berikut Ahli Gizi, Mumbai, Priya Kathpal menjelaskannya untuk Anda, seperti ditulis Healthmeup, Minggu (30/3/2014). Bahan: ? 1 � (cincang) daun bayam (tanpa batang)? 1 cangkir jus jeruk segar dingin? 1 � cangkir mangga (potong dadu)? � cangkir (cincang) mint segar? 2 batang seledri (cincang halus)? � cangkir (cincang) datar daun peterseli Caranya: 1. Campurkan semua bahan dalam blender.2. Tuang ke dalam dua gelas dingin dan minum itu. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *