Daftar Kegiatan yang Membuat Orang Lebih Gemuk Setelah Usia 20 Tahun

lipsusfitbar3cvr.jpg

Seiring pertambahan usia, gaya hidup pun akan berubah. Jika dulu saat belum berusia 20 tahun, Anda aktif dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan studi dan hobi, ketika masa tersebut berlalu, Anda justru disibukkan dengan urusan pekerjaan.

Perubahan gaya hidup ini yang bisa membuat orang setelah usia 20 tahunan menjadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Apalagi dengan berbagai kebiasaan yang mempengaruhi pola makan. Seperti makan sambil mengetik di depan laptop hingga begadang karena urusan pekerjaan atau hangout dengan teman. Berikut daftar kebiasaan kurang baik yang sebaiknya Anda cermati agar berat badan tak semakin bertambah:

1. Nonton TV Sambil Makan
Penelitian yang dilakukan Leiden University dan Raboud University menunjukkan bahwa saat menonton TV, kemampuan seseorang untuk mengenali rasa makanan jadi berkurang. Hal ini disebabkan karena stimuli indra perasa terganggu karena orang lebih konsentrasi melihat layar ketimbang makanan yang masuk ke mulut. Selain itu menonton TV sambil makan juga menghilangkan kepekaan terhadap rasa kenyang dan rasa puas saat mengunyah makanan, sehingga tubuh tidak bisa membedakan kapan harus berhenti makan.

2. Begadang
Kebiasaan begadang bisa membuat berat badan Anda cepat naik. Penyebabnya sesuai riset yang dilakukan peneliti dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, karena saat tidur terlalu malam, keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori meningkat. Berdasarkan penelitian, keinginan mengunyah di malam hari muncul karena sejumlah faktor. Andrea M. Spaeth, MA, dari University of Pennsylvania menjelaskan, semakin malam Anda terjaga akan lebih banyak waktu yang dimiliki untuk makan. Tapi tak hanya itu, makanan yang diinginkan umumnya tinggi lemak dan kalori karena tubuh yang secara tidak sadar menginginkan itu.

3. Makan Saat Menyetir
Tidak hanya nonton TV, efek ngemil berlebihan juga bisa terjadi ketika Anda makan sambil melakukan aktivitas lain. Misalnya saat menyetir mobil. Saat makan sambil menyetir mobil, Anda cenderung tidak memperhatikan makanan apa saja yang diasup dan lebih mementingkan agar perut terasa kenyang, dan mulut terpuaskan hasrat ngemilnya.

4. Kebiasaan Kumpul di Cafe
Kebiasaan hangout atau berkumpul di cafe bersama teman-teman juga menjadi salah satu pemicu orang ingin ngemil. Acara kumpul-kumpul tentunya tidak akan seru jika tidak ada yang bisa diminum atau dimakan. Anda pun akan memesan makanan serta minuman ringan agar suasana hangout lebih menyenangkan.

5. Makan Sambil Berjalan
Penelitian yang dilakukan University of Surrey, Inggris menunjukkan bahwa orang yang makan sambil berjalan berpotensi makan berlebihan pada jam makan selanjutnya. Hal ini disebabkan karena ketika berjalan, pikiran jadi teralihkan sehingga terlambat menerima sinyal kenyang. Distraksi yang diperoleh tubuh ketika makan sambil berjalan bisa melumpuhkan kemampuan tubuh untuk mengenali efek kenyang saat selesai makan. Alhasil, Anda akan lebih sulit merasa kenyang dan mencari-cari makanan apa yang bisa dimakan, termasuk camilan.

6. Mengetik di Depan Komputer
Bekerja di depan komputer, berbicara di telepon atau membaca buku juga bisa jadi pemicu Anda ingin ngemil, terutama jika di samping Anda ‘terpajang’ banyak makanan. Seperti hal nya menyetir dan nonton TV, aktivitas yang mengalihkan konsentrasi otak dari makanan akan membuat Anda terus mengunyah camilan tanpa sadar.

(eny/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Makan Junk Food Bagi Kesuburan Wanita

Bahaya Makan Junk Food Bagi Kesuburan Wanita

Makanan cepat saji yang mudah didapatkan dan rasanya nikmat seringkali menjadi penyesalan setelah dikonsumsi, khususnya bagi wanita. Bagi Stephanie King, kecanduannya terhadap makanan cepat saji selama 4 tahun membuatnya nyaris tidak bisa menjadi seorang ibu.Wanita asal Kirkcaldy, Fife, Inggris tersebut mulai kecanduan makanan cepat saji saat dirinya bekerja di gerai McDonald's saat berusia 16 tahun. Saat baru mulai bekerja Stephanie bertubuh normal dengan ukuran pakaian 12, namun akibat jatah makan tiga kali sehari dari tempatnya bekerja maka beratnya bertambah sekitar 50 kg dan ukuran pakaiannya meroket menjadi ukuran 24. Wanita berusia 22 tahun itu pun menjadi kecanduan memakan junk food sehingga kalori yang dikonsumsinya per hari adalah 4000 kalori, dua kali lipat dari jumlah kalori per hari yang dianjurkan untuk wanita.Saking kecanduannya, saat itu Stephanie tidak mau makan makanan apapun selain makanan cepat saji. "Bahkan saat saya sedang tidak bekerja, saya menyingkirkan masakan rumahan dan membeli Quarter Pounder (sebuah merek hamburger)," ujarnya kepada The Sun.Awalnya Stephanie merasa baik-baik saja, sampai akhirnya pada usianya yang ke-20 siklus menstruasinya berhenti [...]

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja. Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan reaksi negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, reaksi negatif mungkin saja timbul jika mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal itu mungkin merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI). Sayangnya, zat pengawet ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti Ruam parah. Lecet. Gatal-gatal. Pengerasan kulit. Bengkak. Melepuh. Biasanya, are [...]

2 Manfaat Sehat Buah  Anggur

2 Manfaat Sehat Buah Anggur

Oleh: dr. Alvin Nursalim Buah anggur mungkin sudah cukup akrab di telinga. Namun anda mungkin belum mengetahui manfaat dari buah kecil yang satu ini. Ternyata mengkonsumsi buah anggur dan blueberry secara rutin dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan meningkatkan aktivitas dari gen tubuh yang bertugas membunuh bakteri. Anggur meningkatkan gen pembasmi kuman Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Buah blueberry mengandung senyawa ?pterostilbene?. Senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini dapat memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Dari penelitian ini dijumpai dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur, oleh karena itu terdapat juga pada minuman anggur, sedangkan pterostilbene banyak dijumpai pada blueberry dan anggur. Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan masih belum dilakukan pada manusia, namun masih dilakukan pada kultur sel di [...]

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Membersihkan gigi secara rutin setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin, cara yang dilakukan saat membersihkannya juga harus benar. Sayangnya banyak mitos seputar kesehatan gigi yang belum terbukti kebenarannya, tapi dipercaya banyak orang. Survei yang dilakukan TePe, brand produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak memahami cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Ada 20 persen responden yang mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari. Sementara anjuran dari dokter adalah dua kali sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Salah satu mitos yang palinh sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama. Padahal obat kumur mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa produk mouthwash ada yang mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang mengalami kekeringan pada mulut, sariawan atau gigi dan mulut sensitif sebaiknya tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada mouthwash akan [...]

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada udara terkandung gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. Komposisi tersebut merupakan standar udara normal yang dapat mendukung kehidupan manusia. Apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan atau perubahan komposisi tersebut, maka kondisi itu disebut dengan pencemaran atau polusi udara. Polusi udara tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan, tetapi juga kesehatan. Banyak masalah kesehatan terkait pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara, seperti batuk kering, mengi (bunyi napas tambahan), nyeri dada, dan lain-lain. Apa saja sumber-sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan? Sumber pencemaran udara menetap (point source): asap pabrik, instalasi pembangkit tenaga listrik, asap dapur, pembakaran sampah rumah tangga, dan lain sebagainya Sumber pencemaran udara yang tidak menetap (non point source): gas buang kendaraan bermotor, pesawat udara, kereta api, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghasilkan gas emisi dengan lokasi berpindah-pindah Sumber pencemaran udara [...]

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Stress berlebihan tak jarang membuat seseorang mengalami gangguan tidur saat malam. Banyak hal yang tengah dipikirkan membuatnya sulit tidur bahkan terjaga semalaman. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas di siang hari karena tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan yang membuat penderita jadi mudah jatuh sakit. Lalu adakah cara mudah untuk membebaskan beban pikiran ketika akan tidur? Simak lima tipsnya berikut ini yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:1. LavenderSalah satu cara termudah untuk menenangkan diri ketika akan beristirahat adalah dengan memasang wewangian aromatik. Lavender dipercaya menjadi aroma yang tepat untuk membuat Anda lebih tenang sehingga cepat tidur. Beberapa studi pun telah membuktikan bahwa wangi bunga tersebut handal dalam merileksasi tubuh serta membantu mengatasi insomnia.2. Lakukan RelaksasiAgar pikiran tidak tegang, lakukanlah gerakan-gerakan yang merelaksasi, seperti meditasi atau olahraga yoga. Mempraktekan teknik-teknik relaksasi sebelum tidur dapat meredakan banyaknya pikiran yang tengah berkecamuk. ?Agar hasil lebih maksimal, pasang aroma terapi lavender saat melakukannnya.3. Corat- [...]

Tanda-tanda Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi Lewat Kulit

Tanda-tanda Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi Lewat Kulit

Kulit tidak hanya berhubungan dengan kecantikan. Sebagai organ terbesar, kulit juga bisa mendeteksi tanda-tanda awal adanya gangguan kesehatan pada tubuh.Menurut ahli, tanda-tanda tulang rapuh, diabetes dan kekurangan vitamin bisa muncul pertama kali pada kulit. Seperti dikutip dari Huffington Post, studi yang melibatkan 114 wanita pascamenopause menemukan bahwa kerutan jelas pada wajah dan leher bisa mengindikasikan adanya peningkatan risiko tulang rapuh.Wanita dengan kerutan yang tampak jelas dan dalam, kepadatan tulangnya cenderung lebih rendah di area pinggul, tulang panggul dan tumit. Kerutan dan garis penuaan yang semakin banyak juga menunjukkan bahwa tubuh kurang memproduksi kolagen. Kolagen berhubungan erat dengan kepadatan tulang. Jika kolagen berkurang, maka kepadatan tulang juga menipis.Hormon yang bertanggungjawab terhadap produksi kolagen adalah estrogen. Selain menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, kolagen juga berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Ketika level estrogen pada wanita menurun karena menopause, "Kolagen pada kulit hilang, yang artinya kulit tidak lagi kencang dan elastis, dan terbentuklah kerutan," jelas Dr. Ronald Young, co-director dari Menopa [...]

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:1. LavenderSelain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.2. NeroliPenghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Nero [...]

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Bagi sebagian besar wanita, berbelanja merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena di balik kegiatan tersebut tersembunyi penyakit-penyakit yang bisa merugikan kesehatan Anda.Mencoba-coba pakaian sebelum membeli merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, hal itu justru bisa membuat mikroba dan bakteri menyebar sehingga menyebabkan flu hingga infeksi.Dalam penelitian yang dilakukan oleh Philip Tierno, Ph.D., direktur klinik mikrobiologi dan imunologi di New York, ditemukan adanya sekresi pernapasan, flora kulit bahkan flora kotoran pada pakaian. Menurutnya, bakteria dapat hidup pada pakaian yang kering selama tiga sampai enam bulan. Agar acara berbelanja Anda tak berujung penyakit, ketahui apa saja bahaya tersebut dan cara menyiasatinya, seperti yang dikutip dari msn.1. Saat Membeli TopiKemungkinan sudah ada beberapa kepala yang mencoba topi yang Anda coba sebelumnya. Kekhawatiran terbesar saat mencoba topi adalah transmisi kutu. Jika orang yang mencoba topi sebelum Anda berkutu, ada kemungkinan kutu-kutu tersebut pindah ke kepala Anda dan berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah obat pengusir kutu dengan kandungan pediculicide atau cetaphil yan [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *