Daftar Kegiatan yang Membuat Orang Lebih Gemuk Setelah Usia 20 Tahun

lipsusfitbar3cvr.jpg

Seiring pertambahan usia, gaya hidup pun akan berubah. Jika dulu saat belum berusia 20 tahun, Anda aktif dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan studi dan hobi, ketika masa tersebut berlalu, Anda justru disibukkan dengan urusan pekerjaan.

Perubahan gaya hidup ini yang bisa membuat orang setelah usia 20 tahunan menjadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Apalagi dengan berbagai kebiasaan yang mempengaruhi pola makan. Seperti makan sambil mengetik di depan laptop hingga begadang karena urusan pekerjaan atau hangout dengan teman. Berikut daftar kebiasaan kurang baik yang sebaiknya Anda cermati agar berat badan tak semakin bertambah:

1. Nonton TV Sambil Makan
Penelitian yang dilakukan Leiden University dan Raboud University menunjukkan bahwa saat menonton TV, kemampuan seseorang untuk mengenali rasa makanan jadi berkurang. Hal ini disebabkan karena stimuli indra perasa terganggu karena orang lebih konsentrasi melihat layar ketimbang makanan yang masuk ke mulut. Selain itu menonton TV sambil makan juga menghilangkan kepekaan terhadap rasa kenyang dan rasa puas saat mengunyah makanan, sehingga tubuh tidak bisa membedakan kapan harus berhenti makan.

2. Begadang
Kebiasaan begadang bisa membuat berat badan Anda cepat naik. Penyebabnya sesuai riset yang dilakukan peneliti dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, karena saat tidur terlalu malam, keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori meningkat. Berdasarkan penelitian, keinginan mengunyah di malam hari muncul karena sejumlah faktor. Andrea M. Spaeth, MA, dari University of Pennsylvania menjelaskan, semakin malam Anda terjaga akan lebih banyak waktu yang dimiliki untuk makan. Tapi tak hanya itu, makanan yang diinginkan umumnya tinggi lemak dan kalori karena tubuh yang secara tidak sadar menginginkan itu.

3. Makan Saat Menyetir
Tidak hanya nonton TV, efek ngemil berlebihan juga bisa terjadi ketika Anda makan sambil melakukan aktivitas lain. Misalnya saat menyetir mobil. Saat makan sambil menyetir mobil, Anda cenderung tidak memperhatikan makanan apa saja yang diasup dan lebih mementingkan agar perut terasa kenyang, dan mulut terpuaskan hasrat ngemilnya.

4. Kebiasaan Kumpul di Cafe
Kebiasaan hangout atau berkumpul di cafe bersama teman-teman juga menjadi salah satu pemicu orang ingin ngemil. Acara kumpul-kumpul tentunya tidak akan seru jika tidak ada yang bisa diminum atau dimakan. Anda pun akan memesan makanan serta minuman ringan agar suasana hangout lebih menyenangkan.

5. Makan Sambil Berjalan
Penelitian yang dilakukan University of Surrey, Inggris menunjukkan bahwa orang yang makan sambil berjalan berpotensi makan berlebihan pada jam makan selanjutnya. Hal ini disebabkan karena ketika berjalan, pikiran jadi teralihkan sehingga terlambat menerima sinyal kenyang. Distraksi yang diperoleh tubuh ketika makan sambil berjalan bisa melumpuhkan kemampuan tubuh untuk mengenali efek kenyang saat selesai makan. Alhasil, Anda akan lebih sulit merasa kenyang dan mencari-cari makanan apa yang bisa dimakan, termasuk camilan.

6. Mengetik di Depan Komputer
Bekerja di depan komputer, berbicara di telepon atau membaca buku juga bisa jadi pemicu Anda ingin ngemil, terutama jika di samping Anda ‘terpajang’ banyak makanan. Seperti hal nya menyetir dan nonton TV, aktivitas yang mengalihkan konsentrasi otak dari makanan akan membuat Anda terus mengunyah camilan tanpa sadar.

(eny/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Cara Mudah Atasi Hangover Usai Pesta

7 Cara Mudah Atasi Hangover Usai Pesta

Meminum banyak minuman beralkohol saat pesta, kerap kali membuat Anda merasa pusing dan mual keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.1. Minum AirAlkohol merupakan diuretik yang dapat membuat dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air saat meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.2. Hindari Minuman Berenergi"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.3. Minum Air Setelah Meminum KopiBanyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain, teta [...]

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Di kala berbuka dan sahur, hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudahnya menjadi lapar kembali Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula (ex: junk food) Berpuasa akan melambatkan jalannya sistim pencenaan sehingga ingatlah untuk berbuka puasa perlahan-lahan. Minumlah terlebih dahulu minuman yang manis atau jus buah dan kemudian diikuti dengan makanan ringan. Asupan makanan tetap harus seimbang baik karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan janin. Jangan lupa lengkapi asupan dengan susu dan buah Hindari minuman berkafein (teh, kopi, kola) terlalu banyak karena minuman berkafein merupakan diuretik (penarik cairan) yang menyebabkan seringnya berkemih di kala puasa dan berujung pada dehidrasi (kekurangan cairan). Minuman berkafein juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ?sakit kepala? akibat efek adiksi Jika udara di luar dalam kondisi panas dan lembab, sebaiknya ibu hamil berada di dalam ruangan agar tidak [...]

Buta Gara-gara Gula Darah

Buta Gara-gara Gula Darah

Oleh: dr. Jessica Florencia Anda menderita diabetes? Anda memiliki keluarga yang menderita diabetes? Atau, Anda mengenal seseorang yang mengidap diabetes? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengingatkan diri dan orang yang Anda sayangi untuk memeriksakan kesehatan matanya. Hal ini penting guna mencegah penderita diabetes kepada risiko penyakit Retinopati Diabetik yang dapat berujung pada kebutaan. Retinopati Diabetik ini dapat terjadi pada seluruh penderita diabetes dan semakin meningkat risikonya pada: Penderita yang sudah lama menderita diabetes Penderita diabetes yang gula darahnya sering tidak terkontrol Gejala paling umum yang sering terjadi adalah: Penurunan ketajaman penglihatan Penglihatan kabur Penglihatan dengan bintik-bintik hitam Wilayah hitam dalam area lapang pandang penglihatan Kesulitan dengan persepsi warna, seringkali berupa gangguan dalam persepsi warna biru-kuning Namun, sebenarnya yang paling membahayakan adalah, penyakit ini tidak memberikan gejala di awal-awal, namun memberikan ancaman kebutaan seketika, dan biasanya pada kedua mata, karena: 1. Pecahnya pembuluh darah pada lapisan penerima penglihatan (retina) di mata 2. Atau, terjadinya p [...]

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Menurut penelitian, diet kolin dipercaya bisa melindungi otak Anda dari pengaruh penuaan. Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi pembelajaran atau memori. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin.Senyawa kimia itu berperan pada proses penyimpanan dan pemanggilan kembali memori, perhatian (atensi), maupun konsentrasi seseorang. Kolin banyak ditemukan dalam telur, daging ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, gandum, alpukat dan pisang.Para peneliti dari Boston University menemukan, orang yang mengonsumsi banyak kolin memiliki hasil tes memori yang baik dan perubahan otak akibat penuaan tak telalu banyak terjadi. Hasil penemuan tersebut juga melaporkan bahwa diet yang Anda lakukan dapat mempengaruhi usia otak."Saya pikir pesannya adalah memakan makanan sehat dan seimbang pada pertengahan usia adalah hal penting," ujar Dr Rhoda Au, peneliti senior seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil tersebut didapat dari survei kesehatan yang dipelajari oleh Dr Au. Ia memberikan kuisioner diet kepada 1.400 orang dewasa berusia 36-83 antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka [...]

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Tahun berganti tahun, musim berganti musim, demikian juga olahraga yang digemari warga Indonesia kini beralih kepada salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari. Belum lama rasanya kita melihat jalan protokol dipadati sepeda pada hari Minggu, kini derapan ratusan kaki manusia lebih mudah terdengar, begitu bersemangat dan bergairah. Kemudian timbulah pertanyaan, apa sebetulnya manfaat olahraga ini? Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik, dimana dibutuhkan ketahanan tersendiri dari tubuh si pelari. Olahraga yang sifatnya aerobik selain lari antara lain berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ini baik untuk kesehatan jantung manusia, jantung dipaksa memompa darah lebih cepat saat kita berlari, bersepeda, atau berenang, otot-otot jantung pun bekerja dengan optimal. Dan bukan hanya itu, semakin lama Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak, karena panas yang dikeluarkan tubuh juga semakin besar, inilah sebabnya Anda berkeringat saat berlari. Jika Anda kemudian berpikir, bukankah dengan berlari persendian di lutut dan kaki kita lebih cepat rusak? Penelitian mahasiswa kedokteran di Inggris menemukan fakta menarik. Dikatakan setelah sejumlah [...]

Penanggulangan Banjir Bandang Wasior

Penanggulangan Banjir Bandang Wasior

Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Pusat (PPK Depkes) telh berkoordinasi dengan jajarannya di wilayah timur Indonesia untuk mengoptimalkan proses penanggulangan bencana dan bantuan korban banjir bandang di Wasior, Papua Barat. Dari laporan yang diterima per tanggal 6 Oktober 2010 pukul 14:02 dari PPK Depkes, dilaporkan sedikitnya 58 orang meninggal dunia, 1 diantaranya petugas kesehatan, 81 korban luka berat yang beberapa diantaranya sudah dirujuk ke RSUD Kabupaten Manokwari dan Nabire, serta ke Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah sulitnya akses air bersih di area bencana. Guna mengantisipasi hal ini, para otoritas kesehatan yang saling berkoordinasi telah mengambil langkah antisipasi evakuasi untuk mencegah perluasan potensi semakin buruknya keadaan pasca bencana. PPK juga mengerahkan unit helikopternya untuk mempermudah proses evakuasi para korban. Hingga berita ini diturunkan, dari PPK sendiri tengah mengkoordinasi 7 ahli kesehatan dari Jakarta untuk diterbangkan ke wilayah bencana Selasa (06/09) malam. Selain meninggalkan jumlah korban, banjir bandang juga telah menghancurkan fasilitas kesehatan di lokasi, seperti sebuah unit mess [...]

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Siapa yang tidak tergoda dengan lezatnya ayam goreng tepung, french fries, cheeseburger, beefburger atau pizza? Makanan cepat saji memang menggugah selera karena tampilan dan aromanya. Tapi makanan tersebut hanya nikmat di lidah. Ketika sudah masuk tubuh, akan menjadi tumpukan racun yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi terus menerus.Makanan cepat saji sebaiknya dikonsumsi sebagai rekreasional saja. Alias hanya untuk sesekali, maksimal satu bulan sekali. Tapi jika Anda harus sering memakannya, pilihlah cara yang lebih sehat dalam mengonsumsinya. Jangan tambah 'beban' di tubuh Anda dengan lemak, kalori, gula dan garam berlebih. Ini trik menyiasati konsumsi makanan cepat saji agar tidak berdampak terlalu buruk, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Makan SecukupnyaMakanlah secukupnya dan pastikan nutrisi yang diasup seimbang. Artinya, janga hanya memesan dua potong ayam, nasi dan soda. Atau setangkup cheese burger dengan sedikit acar. Restoran cepat saji biasanya juga menyediakan salad. Beli juga menu salad seperti garden salad, fruit salad atau coleslaw. Untuk minuman, dibandingkan soda, air mineral jauh lebih sehat.2. Pilih yang Lebih SehatKetika [...]

Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

Berenang bisa menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan. Jika Anda memilih kolam renang umum sebagai destinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berenang di kolam renang umum.Walau terlihat bersih, kolam renang umum bisa menularkan penyakit seperti flu, batuk, diare bahkan herpes. Berdasarkan laporan dari para peneliti di Universitas Yale dan Illinois, air kolam renang umum mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, pernapasan akut, herpes bahkan mutasi gen. Zat klorin yang biasanya digunakan untuk disinfektan air pun disebut-sebut sebagai penyebabnya.Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Danone, ada empat hal yang perlu dilakukan agar waktu berenang Anda dan keluarga tetap aman dan terhindar dari penyakit. Ini dia.1. Mandilah sebelum berenangMencuci tubuh Anda sebelum berenang memberikan manfaat baik bagi orang lain. Dengan mandi, Anda dapat menghilangkan residu pada kulit Anda, seperti pelembab. Hal ini dapat mengurangi kontaminasi kuman dalam air.2. Jangan menelan air kolam renangPara ahli mengatakan untuk tidak menelan air kolam, berapapun jumlahnya. Air kolam sering terkontaminasi dengan parasit seperti Giardia dan Cryptosporid [...]

Usia 20-an Kenapa Tubuh Jadi Lebih Cepat Gemuk? Ini 6 Penyebabnya

Usia 20-an Kenapa Tubuh Jadi Lebih Cepat Gemuk? Ini 6 Penyebabnya

Banyak wanita yang mengeluhkan tubuhnya lebih cepat gemuk ketika melewati usia 20 tahun, ketimbang saat masih remaja. Ya, berat badan memang kerap kali menjadi permasalahan yang banyak dialami wanita ketika usianya sudah 25 tahun ke atas. Kenapa?1. Hormon Tidak SeimbangLewat dari usia 25 tahun biasanya akan terjadi ketidakseimbangan hormon. Misalnya penurunan hormon pertumbuhan yang berfungsi menjaga massa otot. Ketika hormon turun, otomatis massa otot juga turun, metabolisme pun tak bekerja dengan seharusnya juga ditambah aktivitas yang biasanya berkurang di usia ini. Solusinya, lakukan olahraga angkat beban untuk mengembalikan jumlah hormon.2. Kurang OlahragaIngatkah ketika masih SMP atau SMA, Anda biasanya rutin berolahraga setidaknya satu minggu sekali di sekolah? Karena tuntutan pekerjaan, banyak orang menjadikannya alasan untuk tidak berolahraga karena merasa terlalu sibuk dan tak punya waktu. Padahal, olahraga tetap disarankan untuk menjaga kebugaran dan kestabilan metabolisme tubuh.Padahal aktivitas fisik tidak harus selalu dilakukan dengan fitnes di gym, tapi pilih kegiatan yang Anda sukai. Kegiatan itu bisa berupa main tennis, bersepeda atau bermain bersama anak. Bahka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *