Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

musik.jpg

Lagu-lagu ‘galau’ milik Adele, Bruno Mars atau Sinead O’Connor ternyata tidak membuat pendengarnya bertambah galau saat putus cinta. Banyak orang yang mendengarkan lagu dengan tema dan nada mellow justru agar mereka merasa lebih bahagia.

Hasil penelitian di Jepang telah membuktikan hal itu. Dari hasil studi, mendengarkan musik ballad dan bertempo lambat bisa memicu timbulnya emosi positif.

Para peneliti dari Tokyo University mengklaim, hal ini terjadi karena musik bertema sedih bisa mengingatkan orang akan film-film atau situasi romantis. Perasaan romantis ini akan membuat orang merasa lebih bahagia secara signifikan.

Penelitian bertujuan untuk mencari penjelasan kenapa orang senang mendengarkan lagu sedih. Ai Kawakami dan beberapa koleganya dari departemen Arts and the RIKEN Brain Science Institute di Tokyo University telah mengadakan studi terhadap 44 responden. Beberapa di antaranya merupakan musisi dan non-musisi. Para responden diminta mendengarkan dua jenis musik yang didefinisikan sebagai ‘musik sedih’ dan ‘musik bahagia’.

Kemudian setiap partisipan harus menggunakan beberapa padanan kata kunci untuk menilai persepsi mereka antara musik yang didengarkan dan tingkat emosi mereka sendiri saat itu.

Hasilnya, para partisipan merasa lebih berpikiran positif saat mendengarkan musik sedih. Peneliti menjelaskan bahwa lagu mellow mempunyai efek emosional yang kontradiktif. Partisipan cenderung berpikir bahwa lagu mellow itu menyiratkan kisah yang lebih tragis dan tidak bahagia ketimbang pengalaman hidup mereka sendiri ketika mendengarkannya.

“Umumnya, lagu sedih memang mendorong pendengarnya merasakan kesedihan, dan rasa sedih itu termasuk dalam emosi negatif. Tapi jika lagu sedih benar-benar hanya menimbulkan emosi negatif, kita tidak akan mau mendengarkannya,” ujar peneliti dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lalu kenapa hasilnya justru menimbulkan efek bahagia? Mereka menambahkan, “Karena musik yang dianggap menyedihkan itu sebenarnya juga mendorong stimuli otak untuk memunculkan emosi yang romantis. Dan orang, terlepas dari tingkat kemampuan musikalitasnya, merasa ada kebutuhan untuk mendengarkan lagu mellow ketika perasaannya sedang sedih.”

Penemuan ini diharapkan bisa membantu orang untuk mengatasi emosi negatifnya di dalam kehidupan sehari-hari. “Jika kita mengalami emosi yang tidak mengenakkan yang sering muncul dalam keseharian, musik sedih mungkin bisa bantu mengurangi emosi negatif,” tulis peneliti.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

Serba-serbi Pembiusan

Serba-serbi Pembiusan

Anda pernah dengar istilah anestesi? Di dalam istilah medis, anestesi berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Lho? Jika fungsi dari anestesi sama seperti menghilangkan rasa sakit, maka apa bedanya anestesi dengan analgesia? Jawabannya adalah analgesia merupakan tindakan pemberian obat untuk menghilangkan nyeri tanpa menghilangkan kesadaran pasien. Anestesi sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan berbagai jenis anestesi: Jenis-jenis Anestesi Obat bius memang diciptakan dalam berbagai sediaan dan cara kerja. Namun, secara umum obat bius atau istilah medisnya anestesi ini dibedakan menjadi tiga golongan yaitu: Anestesi lokal, Anestesi regional, dan Anestesi umum Halaman berikut menjelaskan beberapa jenis anestesi: 1. Anestesi Lokal Anestesi lokal adalah tindakan pemberian obat yang mampu menghambat konduksi saraf (terutama nyeri) secara reversibel pada bagian tubuh yang spesifik. Pada anestesi umum, rasa nyeri hilang bersamaan dengan hilangnya kesadaran penderita. Sedangkan pada anestesi lokal (sering juga diistilahkan dengan anal [...]

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Jangan sembarangan menggunakan obat tetes telinga. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat hendak memakainya. Jika merasakan telinga bermasalah, maka tidak begitu saja obat tetes telinga solusinya. Ada beberapa pertimbangan yang harus dijadikan acuan saat hendak memakai pengobatan ini. Apa saja acuan-acuan yang dimaksud? Kondisi yang Memerlukan Obat Tetes Telinga Berikut ini beberapa infeksi telinga yang bisa menggunakan obat tetes telinga sebagai pengobatan. Radang telinga bagian luar Penyebab infeksi di daerah ini sering kali adalah jamur dan bakteri. Biasanya infeksi terjadi di bagian saluran telinga yang terletak di antara gendang telinga dan telinga bagian luar. Pemicu terjadinya infeksi ini adalah akibat masuknya air kotor atau rusaknya saluran telinga akibat proses membersihkan yang salah atau terlalu keras. Radang telinga bagian tengah akut Kebanyakan kasus ini disebabkan oleh virus, namun bakteri juga dapat menjadi penyebab adanya otitis media atau peradangan telinga bagian tengah. Radang telinga bagian tengah sering dialami anak-anak yang terserang flu dan batuk, serta tertutupnya saluran Eustachius. Saluran Eustachius adalah saluran yang menghubungkan tel [...]

Sudahkah Anda Memilih Sepatu dengan Tepat?

Sudahkah Anda Memilih Sepatu dengan Tepat?

Sepatu masa kini semakin bervariasi, mulai dari hak yang semakin tinggi, semakin lebar dan dalam berbagai bentuk. Meskipun indah di mata namun ternyata sepatu-sepatu ini dapat memberikan Anda bahaya kesehatan yang tidak sederhana pada daerah kaki hingga pinggang dan panggul. Sebelum mencermati jenis sepatu yang sebaiknya Anda pakai, mari kita simak sejenak mengenai beberapa jenis sepatu yang ada di pasaran dan konsekuensi kesehatannya. (Baca: Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu) 1. Sepatu dengan hak lebih dari 2,5 cm Sumber gambar: WebMD Sepatu dengan hak yang menengah hingga tinggi, di atas 2,5 cm dapat menyebabkan lecet dan bengkak pada bagian belakang tumit kaki. Selain itu juga, pada jangka panjang dapat terjadi peradangan pada jaringan ikat tulang dan pada jaringan tendon Achilles serta pembentukan tulang baru pada daerah tumit belakang. Semuanya ini dapat menyebabkan keluhan nyeri. Sepatu dengan hak terlalu tinggi juga menyebabkan posisi kaki yang tidak benar sehingga meningkatkan risiko terjadinya peradangan antar tulang-tulang kecil penyusun kaki, gangguan persarafan di sekitar kaki dan juga bahkan dapat menyebabkan retak pada tulang-tulang keci [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

- Murah, sehat, dan memiliki harapan panjang umur. Itulah olahraga. Sebuah studi juga menemukan, mereka yang terbiasa olahraga ternyata lebih panjang umur daripada yang tidak. Bahkan, setua apapun baru memulai berolahraga, hal tersebut tetap akan memberikan efek positif, demikian ungkap sebuah studi di California. Para peneliti dari Stanford University California, menyatakan, mereka yang rutin berolahraga dapat memperpanjang umurnya selama beberapa tahun. Orang yang berumur 85 tahun dan memiliki kebiasaan berolahraga memiliki kesempatan hidup tiga kali lebih besar dari pada mereka yang tidak. Penelitian lain dari Hadassah Hebrew University Medical Center di Yerusalem, menyebutkan, jika melakukan olahraga sekurang-kurangnya empat jam seminggu, hal itu sama dampaknya dengan kegiatan berat lainnya yang berkepanjangan. Bagi orang yang tergolong sibuk seperti pebisnis, mahasiswa, profesional dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, berikut tips 15 menit berolahraga dalam sehari. Sediakan waktu untuk berjalan, 10-15 menit untuk berjalan seusai makan siang. Hal ini juga bermanfaat untuk menurunkan beban makanan. Jangan gunakan eskalator atau lift, pilihlah tangga manual, aga [...]

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

Selama proses kehamilan, akan terjadi beberapa perubahan pada fisik seorang wanita. Jadi jangan kaget jika ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang hamil. Apa saja perubahan fisik saat kehamilan? Mari kita simak satu per satu. � Uterus Uterus adalah rahim tempat calon bayi berada. Rahim Anda akan beradaptasi untuk menerima dan melindungi hasil pembuahan sampai persalinan. Rahim akan bertambah besar dengan cepat selama kehamilan dan kembali seperti semula beberapa minggu setelah persalinan. Karena itu, perut Anda juga akan bertambah besar seiring bertambahnya ukuran rahim. Sebagai gambaran, pada usia kehamilan 22 minggu, rahim akan berkembang sampai perbatasan pusar. Pada usia kehamilan 36 minggu, rahim akan berada tepat di bawah tulang dada. � Serviks/ mulut rahim Pada usia satu bulan setelah pembuahan, serviks akan menjadi lunak dan kebiruan akibat perubahan pola pembuluh darah. Serviks bertanggungjawab menjaga janin di dalam uterus sampai akhir kehamilan. Saat mendekati usia persalinan, terjadi penurunan dari jumlah kolagen serviks yang menyebabkan semakin melunaknya serviks. � Kulit Kulit dinding perut akan [...]

Penderita Progeria Kemungkinan Bisa Diobati

Penderita Progeria Kemungkinan Bisa Diobati

Penyakit penuaan dini atau disebut dengan Progeria akibat kelainan genetika yang menyerang seseorang tanpa penyebab jelas, kemungkinan dapat diatasi oleh obat yang biasa digunakan secara umum seperti dilansir dalam BBC News hari ini, berdasarkan kemajuan hasil penelitian Prof Christopher Hutchinson di Durham University, Inggris. Progeria yang berasal dari bahasa Yunani yaitu geras yang mempunyai arti usia tua, merupakan kelainan genetik yang tidak terdeteksi akibat tingginya senyawa oksigen reaktif yang merusak gen DNA sebanyak 5-10 kali lebih tinggi sehingga mengalami penuaan diri secara dini hingga mencapai 8 kali lipat dari proses penuaan normal pada tubuh manusia. Umumnya progeria baru terlihat setelah anak berusia 1 tahun, dimana saat dikandungan hingga lahir usia 0-1 tahun bayi tetap terlihat normal, kemudian mengalami proses penuaan yang drastis dengan contoh perbandingan usia 10 tahun namun telah mengalami proses penuaan layaknya manusia usia 80 tahun. Tak ayal umumnya penderita progeria hanya bisa mencapai maksimal usia 13 tahun dan meninggal akibat mengalami gagal jantung. Dengan penemuan akan penggunaan N-acetylcysteine, yang umum digunakan dalam berbagai macam pengobat [...]

Memilah Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Memilah Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Seorang bayi tidak bisa menepuk nyamuk yang ingin menggigitnya. Maka dari itu peran obat nyamuk sangat penting untuk mencegah si Kecil dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah. Namun Anda harus hati-hati karena tidak semua jenis obat nyamuk aman untuk bayi. Mengaplikasikan obat nyamuk pada bayi tidak boleh sembarangan. Ada bahan aktif dan dosis tertentu pada obat nyamuk yang tidak aman dioleskan ke kulit bayi. Bahan aktif yang kerap digunakan pada obat nyamuk yaitu DEET. Ini adalah zat yang dinilai paling efektif menangkal nyamuk hinggap di kulit. Sayangnya, bayi berusia 2 bulan ke bawah tidak boleh memakai obat nyamuk mengandung DEET. Zat aktif lainnya yang tidak boleh digunakan oleh bayi dengan usia tersebut antara lain picaridin (memiliki efek yang sama seperti DEET), IR3535 dan minyak lemon eukaliptus. Khusus obat nyamuk yang mengandung minyak lemon eukaliptus, Anda baru diperbolehkan mengoleskannya ke kulit si Kecil saat dia berusia tiga tahun ke atas. Untuk masalah dosis, jangan pilih obat nyamuk yang mengandung DEET sebanyak 30 persen atau lebih. Takaran tersebut tidak direkomendasikan untuk si Kecil. Lagipula, tinggi rendahnya zat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *