Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

musik.jpg

Lagu-lagu ‘galau’ milik Adele, Bruno Mars atau Sinead O’Connor ternyata tidak membuat pendengarnya bertambah galau saat putus cinta. Banyak orang yang mendengarkan lagu dengan tema dan nada mellow justru agar mereka merasa lebih bahagia.

Hasil penelitian di Jepang telah membuktikan hal itu. Dari hasil studi, mendengarkan musik ballad dan bertempo lambat bisa memicu timbulnya emosi positif.

Para peneliti dari Tokyo University mengklaim, hal ini terjadi karena musik bertema sedih bisa mengingatkan orang akan film-film atau situasi romantis. Perasaan romantis ini akan membuat orang merasa lebih bahagia secara signifikan.

Penelitian bertujuan untuk mencari penjelasan kenapa orang senang mendengarkan lagu sedih. Ai Kawakami dan beberapa koleganya dari departemen Arts and the RIKEN Brain Science Institute di Tokyo University telah mengadakan studi terhadap 44 responden. Beberapa di antaranya merupakan musisi dan non-musisi. Para responden diminta mendengarkan dua jenis musik yang didefinisikan sebagai ‘musik sedih’ dan ‘musik bahagia’.

Kemudian setiap partisipan harus menggunakan beberapa padanan kata kunci untuk menilai persepsi mereka antara musik yang didengarkan dan tingkat emosi mereka sendiri saat itu.

Hasilnya, para partisipan merasa lebih berpikiran positif saat mendengarkan musik sedih. Peneliti menjelaskan bahwa lagu mellow mempunyai efek emosional yang kontradiktif. Partisipan cenderung berpikir bahwa lagu mellow itu menyiratkan kisah yang lebih tragis dan tidak bahagia ketimbang pengalaman hidup mereka sendiri ketika mendengarkannya.

“Umumnya, lagu sedih memang mendorong pendengarnya merasakan kesedihan, dan rasa sedih itu termasuk dalam emosi negatif. Tapi jika lagu sedih benar-benar hanya menimbulkan emosi negatif, kita tidak akan mau mendengarkannya,” ujar peneliti dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lalu kenapa hasilnya justru menimbulkan efek bahagia? Mereka menambahkan, “Karena musik yang dianggap menyedihkan itu sebenarnya juga mendorong stimuli otak untuk memunculkan emosi yang romantis. Dan orang, terlepas dari tingkat kemampuan musikalitasnya, merasa ada kebutuhan untuk mendengarkan lagu mellow ketika perasaannya sedang sedih.”

Penemuan ini diharapkan bisa membantu orang untuk mengatasi emosi negatifnya di dalam kehidupan sehari-hari. “Jika kita mengalami emosi yang tidak mengenakkan yang sering muncul dalam keseharian, musik sedih mungkin bisa bantu mengurangi emosi negatif,” tulis peneliti.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Saat stres, orang akan merasakan tekanan pada punggung, leher dan kepala. Gejala stres biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tidur, tidak bisa konsentrasi dan tidak enak/banyak makan. Tapi ada beberapa gejala stres yang mungkin tidak banyak orang ketahui dan berdampak pada kondisi fisik. Ini empat tanda Anda mengalami stres akut yang patut diwaspadai, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kesulitan MengingatKetika di bawah tekanan, hormon stres yang dinamakan cortisol sebenarnya cukup berguna untuk membuat Anda lebih fokus terhadap masalah yang dihadapi. Tapi di sisi lain hormon ini juga melemahkan sistem yang lainnya, termasuk kemampuan otak untuk mengingat dan belajar. Hal ini karena tubuh harus mengerahkan energi agar hanya bisa berkonsentrasi sampai masalah yang membuat stres itu teratasi. Dijelaskan Leslie Atkinson, scientific director di Institut for Stress and Wellbeing Research, Universitas Ryerson, stres dalam jangka pendek berdampak positif. Tapi jika berkepanjangan bisa membuat Anda jadi pelupa dan kesulitan mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda akhir-akhir ini sering kelupaan dimana menyimpan kunci atau sulit mengingat catatan penting, maka bisa diperkirakan [...]

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Ba [...]

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker tulang dapat menyerang tulang manapun di dalam tubuh, namun pada umumnya menyerang tulang panjang pada lengan dan tungkai. Kanker tulang menempati prevalensi terbanyak ketiga di Indonesia (0.9 per 100.000) setelah kanker darah (2,8 per 100.000) kemudian kanker mata (2,4 per 100.000). Dimana setiap tanggal 11 April 2013 diperingati sebagai Hari Kanker Tulang di Indonesia. Terdapat beberapa tipe kanker tulang yang dibagi berdasarkan tipe sel dimana kanker tersebut pertama kali menyerang. Tipe-tipe yang paling umum terjadi diantaranya: Osteosarkoma. Berasal dari sel-sel tulang dan umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Kondrosarkoma. Berasal dari sel-sel kartilago yang umumnya ditemukan pada ujung tulang. Biasanya menyerang orang dewasa. Ewing's sarkoma. Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti darimana sel-sel penyebab Ewing's sarkoma berasal. Namun diduga berasal dari jaringan saraf yang berada diantara tulang. Umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker tulang. Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja Penyebab kanker tulang hingga saat ini belu [...]

Botox Untuk Penderita Asma

Botox Untuk Penderita Asma

Penelitian dari Monash University di Melbourne, mengatakan botox dapat digunakan oleh penderita asma. Botox atau toksin botulium tipe A, yang paling terkenal sebagai penghalus wajah keriput ini telah diuji untuk penderita asma. Hasilnya, penderita asma dengan suara mengi / bengek yang parah ketika bernafas, batuk yang sulit berhenti, sesak nafas hingga sulit berbicara, dan gejala asma lainnya membaik setelah menggunakan detox. Penelitian berharap suntikan yang diberikan saat botox, akan memberi rasa santai pada otot-otot dan menghilangkan sensasi sesak nafas. Profesor Phil Bardin, Direktur Kedokteran Pernafasan di Monash Medical Centre, mengatakan, ?kami tidak berpikir ini menyembuhkan penderita asma tetapi akan membantu mereka untuk hidup lebih baik dengan asma yang dimilikinya. Mereka tidak akan lagi memiliki gejala asma yang membuat mereka tidak mampu berjalan jauh atau naik tangga atau juga saat dada mereka mengencang, dan mereka pikir akan mati. Suntik botox ini akan membantu mereka hidup dengan penyakit asma yang lebih baik.? Lebih dari lima juta orang di Inggris sedang dirawat karena asma. Asma dengan gejela seperti, batuk kering, sesak nafas, mengi atau bengek kketika berna [...]

Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Ganguan psikologis yang sering menghinggap seseorang saat merasakan sedih yang berlebih, akan menimbulkan keadaan dimana tubuh dan pikiran mereka menjadi terganggu atau biasa disebut dengan depresi. Seringkali depresi diatasi dengan pemberian obat anti depressant yang hanya memberikan efek sesaat dan bisa menimbulkan ketergantungan, sehingga membawa para dokter dan peneliti untuk memberikan solusi lebih baik. Salah satu solusi yang dikemukakan adalah dengan mengadopsi penggunaan terapi gen yang berhasil dalam mengobati pasien Parkinson secara aman. Untuk itu Michael Kaplitt beserta kolega dari Weil Cornell Medical College, bekerja sama dengan pemenang Nobel Prize dalam hal meneliti sel otak Paul Greengard dari Rockefeller University di New York, Amerika Serikat, merancang molekul obat yang mampu mengantarkan p11 dan komponen lain ke dalam otak tanpa mempengaruhi jaringan sel sekitar. P11 merupakan nama salah satu protein yang terlihat berkurang dalam sel jaringan otak manusia saat mereka mengalami depresi sama seperti penurunan protein p11 dalam otak tikus yang mengalami gejala depresi. Sehingga upaya memperbaiki gen yang menghasilkan protein ini, diharapkan mampu memberikan efek m [...]

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Dalam sehari rata-rata orang hanya punya waktu dua jam untuk memanjakan dirinya sendiri, bahkan bisa kurang dari itu. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Menurut Ayoe, waktu yang sesingkat itu hendaknya dimanfaatkan sebisa mungkin untuk menikmati 'me time'.Kenapa 'me time' menjadi hal yang penting bagi peningkatan kualitas hidup? Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini memberi penjelasannya."Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan," tutur Ayoe, saat acara 'My Bathroom, My Sanctuary' di Kohler Design Center, Jl. Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).'Me time' merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan 'me time' seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.Aktivitas relaksasi ini pun sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, [...]

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar ? benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif. Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler. Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriks [...]

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Menjalani operasi bukanlah suatu hal yang ringan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, baik fisik maupun mental demi kelancaran proses operasi yang akan dijalani. Terkadang kita bertanya-tanya, saya pernah mengalami penyakit X, bisakah saya menjalani suatu operasi? Anda tidak perlu khawatir, tidak semua bentuk penyakit memiliki dampak dalam proses operasi. Jangan sampai riwayat penyakit tertentu menghambat Anda untuk menjalani suatu operasi yang Anda butuhkan. Namun Anda sendiri harus waspada, kenalilah keadaan-keadaan yang berpotensi memberikan hasil yang tidak diharapkan. Bila Anda ingin tahu jenis kondisi apa yang dapat mempengaruhi jalannya operasi, simak penjelasan di halaman berikut: Faktor yang Mempengaruhi Jalannya Operasi: Usia Pada pasien lanjut usia, umumnya ketahanan dan fungsi organ-organ tubuh telah mengalami penurunan. Hal yang dikhawatirkan berkurangnya kompensasi tubuh terhadap manipulasi organ yang dilakukan selama operasi. Selain itu, seringkali dalam usia lanjut telah ada beberapa penyakit yang kemungkinan belum terdeteksi. Oleh sebab itu pemeriksaan pasien lanjut usia yang akan menjalani operasi dilakukan secara lebih lengkap. Penyakit [...]

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi memang menimbulkan sensasi lebih bersih dan segar di mulut. Tapi dibalik itu, mouthwash bisa menimbulkan dampak berbahaya bagi gigi dan mulut.Beberapa bahan yang terkandung dalam mouthwash punya efek merugikan untuk gigi dan gusi jika tidak digunakan dengan benar. Menurut Robin Seymour, profesor perbaikan masalah gigi dari Newcastle University, saat ini banyak produk mouthwash yang mengandung alkohol hingga 26 persen per satu kemasan. Alkohol bekerja sebagai agen 'pembawa' yang mengoptimalkan fungsi menthol, eucalyptol dan thymol untuk menembus lapisan luar gigi dan menyingkirkan plak.Kedengarannya memang tidak berbahaya, tapi alkohol bisa menyebabkan kekeringan di mulut dan menghilangkan 'mucus' suatu zat yang menjaga mulut tetap basah dan lembab. Mulut yang kering menimbulkan bau nafas tak sedap dan sensasi 'menggigit' saat berkumur.Dikutip dari Daily Mail, mouthwash yang mengandung alkohol juga sering disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya risiko kanker mulut. Hasil penelitian yang diterbitkan Dental Journal of Australia melaporkan bahwa ethanol (sejenis alkohol) dalam mouthwash bisa memicu peningkatan zat-zat berbahaya yan [...]

50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Setiap tahun pada tanggal 25 April, dunia memperingati Hari Malaria Dunia (World Malaria Day) untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit yang membunuh ratusan ribu orang setiap tahunnya ini. Pada tahun 2010, penyakit ini memakan korban jiwa sejumlah 660.000 orang. Afrika merupakan benua yang paling menderita, mendominasi angka kematian sebanyak >90%, 86% diantaranya pada anak di bawah usia 5 tahun. Bisa dibilang, satu anak meninggal karena malaria setiap detiknya di Afrika. Namun secara keseluruhan, angka kematian karena malaria sudah turun sebanyak 25% sejak tahun 2000. Bagaimana dengan di Indonesia? Sekitar 50% populasi Indonesia berisiko terinfeksi malaria, terutama di daerah pedesaan yang miskin. Daerah yang terutama berisiko adalah di luar pulau Jawa, terutama bagian timur Indonesia, dari Nusa Tenggara Timur ke Maluku dan Papua. Di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi level transmisinya masuk dalam tingkat menengah. Total kasus malaria yang didiagnosis secara klinis pada tahun 2007 adalah sekitar 1.774.845, tahun 2008 1.624.930, dan tahun 2009 1.462.437. Sedangkan total kasus malaria yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium pada tahu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *