Depresi Bisa Merusak Kulit

kulit-rusak-stres-depresi.jpg

Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.

Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Depresi Bisa Merusak Kulit

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres:

1. Tetaplah Merawat Kulit

Meskipun lelah atau sedang stres, tetaplah lakukan perawatan kulit yang rutin sehingga kondisi kulit tetap terjaga. Jagalah kelembapan kulit dengan perawatan sederhana seperti dengan mandi menggunakan sabun yang berpelembap. Jangan gunakan terlalu banyak produk perawatan dan pastikan untuk menggunakan produk perawatan yang tepat dan sesuai untuk jenis kulit.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu peredaran darah menjadi lebih baik, termasuk ke daerah kulit. Olahraga juga baik untuk kebugaran dan pikiran.

3. Sediakan Waktu Bersantai

Meskipun jika Anda hanya memiliki 10-15 menit sehari, sediakan waktu untuk bersantai. Anda dapat melakukan pemijatan, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut.

4. Beri Waktu untuk Hobi

Berilah jadwal untuk melakukan hal yang Anda sukai di sela-sela kesibukan sehingga Anda tidak terus-menerus berada dalam kondisi stres. Namun, jangan biarkan diri Anda terbuai sehingga Anda melupakan tugas-tugas.

5. Tidur yang Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam setiap hari untuk tidur. Tidur adalah saat di mana tubuh Anda melakukan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit Anda.

6. Berlatih Menangani Stres

Jika stres tidak dapat dihindari, Anda perlu belajar bagaimana cara menanganinya dengan baik misalkan dengan pendekatan agama, relaksasi ataupun konseling.

7. Ketahui Batas Diri

Jangan takut untuk berkata ?tidak? terhadap sesuatu yang di luar batas kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda menghindari terciptanya tekanan yang tidak dapat Anda atasi.

8. Curhat

Memiliki teman, keluarga atau tenaga medis profesional untuk mendengarkan keluh kesah Anda akan membantu Anda untuk berbagi beban dan membantu Anda melihat suatu permasalahan dari sisi yang berbeda. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat pilihan solusi untuk masalah Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dalam hidup Anda.

Tubuh dan pikiran yang bahagia akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat, berseri, dan bercahaya!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Wajah adalah asset kita yang perlu dirawat dengan baik. Jika kulit wajah kenyal dan segar, penampilan kita akan terlihat jauh lebih menarik. Tentu lebih nyaman memandang wajah yang kulitnya bersinar daripada wajah yang kusam, bukan?Tak perlu bersusah payah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal dan segar: Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan sabun berpelembab. Air dan sabun bertujuan mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Tapi perlu diingat, kulit kita tetap memerlukan lapisan minyak alaminya supaya dapat menjaga kelembabannya sehingga tetap kenyal dan lembut. Oleh karena itu, hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, terlalu basa (pH tinggi) karena dapat merusak lapisan minyak alami kulit yang akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih namun juga sekaligus mengandung pelembab supaya selain membersihkan kotoran, kulit terpelihara kelembabannya. Cuci muka menggunakan sabun cukup dilakukan 2-3 kali sehari. Semakin sering kita mencuci muka belum tentu memberikan hasil yang lebih baik. Ternyata mencuci muka cukup 2-3 kali sehari untuk menjaga kebugaran kulit. Terlal [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Anda pasti sudah hapal luar kepala dengan kiat-kiat peremajaan kulit: menghindari diri dari paparan sinar matahari, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Namun ingatlah bahwa kesehatan kulit tidak lepas dari peran vitamin. Inilah jenis-jenis vitamin dan antioksidan yang berguna bagi kulit Anda:Vitamin C dan E dan SeleniumVitamin C dan E, serta selenium, dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. Tiga antioksidan ini bekerja dengan cara mempercepat sistem perbaikan alami kulit dan secara langsung menghambat kerusakan lebih lanjut.Koenzim Q10 Koenzim Q10 adalah antioksidan alami dalam tubuh yang membantu sel-sel tumbuh dan melindungi mereka dari kerusakan akibat kanker. Penurunan tingkat koenzim Q10 yang terjadi dianggap berkontribusi terhadap penuaan kulit. Karena itu, mengaplikasikan koenzim Q10 pada kulit dapat membantu meminimalkan munculnya keriput.Asam alfa lipoatAntioksidan ini, bila diterapkan secara topikal sebagai krim, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Penelitian menunjukkan, jika dioleskan setiap hari, krim-krim wajah dengan kadar asam alfa lipoat 3%-5% akan membuat perub [...]

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai: Mencuci muka terlalu sering Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa) Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal. Menggunakan sabun mengandung detergen Deterjen memiliki kemampuan yang sangat t [...]

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

DR. dr. Maya Surjadjaja, MS. Sp.GL. (paling kiri) tengah memberikan pencerahan kesehatan pada audiens pada prosesi peluncuran produk H2 Health & Happiness. Polusi, sinar matahari, dan berbagai macam radikal bebas yang setiap hari berpaparan dengan kulit tentu akan membuat efek buruk. Sebut saja flek, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kebutuhan untuk memelihara kesehatan kulit pun menjadi salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan.Menyadari hal tersebut, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan produk terbarunya berupa suplemen kecantikan kulit H2 Health & Happiness di Bistronomy, Jakarta Selatan, pada 28 Januari lalu.Sinteisa Sunarjo selaku Marketing Deputy Director Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, ?Kalbe meluncurkan produk ini melalui tahapan penelitian yang mendalam dengan memperhatikan kondisi dan masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit wanita Indonesia. Wanita Indonesia yang tinggal di negara dua musim memiliki karakteristik dan masalah kulit yang berbeda dengan wanita yang tinggal di negara dengan empat musim.?Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan kulit tiap orang berbeda-beda -- ada yang cenderung berminyak, ada yang kering atau juga timbul flek; [...]

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Metode pencucian uap memberikan hasil cucian yang lebih bersih dan menurunkan paparan risiko penyakit kulit. Hal ini dikarenakan beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit lebih mudah tereliminasi dengan paparan uap sepanas 60 derajat Celcius. Beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit yang dapat tereliminasi dengan pencucian mesin cuci teknik penguapan: Skabies: Skabies adalah penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia, dalam hal ini melalui pemakaian handuk yang bersamaan. Terlebih lagi jika handuk yang digunakan kotor. Panu:Panu membuat kulit Anda belang-belang putih dan gatal. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Penyakit yang disebabkan oleh malasezia furfur yang mudah tumbuh di handuk kotor. Patekan:Walau penyakit ini masih awam di kuping sebagian besar orang Indonesia, tapi sebetulnya angka kejadiann [...]

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita. Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas. Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda. [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *