Depresi Bisa Merusak Kulit

kulit-rusak-stres-depresi.jpg

Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.

Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Depresi Bisa Merusak Kulit

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres:

1. Tetaplah Merawat Kulit

Meskipun lelah atau sedang stres, tetaplah lakukan perawatan kulit yang rutin sehingga kondisi kulit tetap terjaga. Jagalah kelembapan kulit dengan perawatan sederhana seperti dengan mandi menggunakan sabun yang berpelembap. Jangan gunakan terlalu banyak produk perawatan dan pastikan untuk menggunakan produk perawatan yang tepat dan sesuai untuk jenis kulit.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu peredaran darah menjadi lebih baik, termasuk ke daerah kulit. Olahraga juga baik untuk kebugaran dan pikiran.

3. Sediakan Waktu Bersantai

Meskipun jika Anda hanya memiliki 10-15 menit sehari, sediakan waktu untuk bersantai. Anda dapat melakukan pemijatan, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut.

4. Beri Waktu untuk Hobi

Berilah jadwal untuk melakukan hal yang Anda sukai di sela-sela kesibukan sehingga Anda tidak terus-menerus berada dalam kondisi stres. Namun, jangan biarkan diri Anda terbuai sehingga Anda melupakan tugas-tugas.

5. Tidur yang Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam setiap hari untuk tidur. Tidur adalah saat di mana tubuh Anda melakukan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit Anda.

6. Berlatih Menangani Stres

Jika stres tidak dapat dihindari, Anda perlu belajar bagaimana cara menanganinya dengan baik misalkan dengan pendekatan agama, relaksasi ataupun konseling.

7. Ketahui Batas Diri

Jangan takut untuk berkata ?tidak? terhadap sesuatu yang di luar batas kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda menghindari terciptanya tekanan yang tidak dapat Anda atasi.

8. Curhat

Memiliki teman, keluarga atau tenaga medis profesional untuk mendengarkan keluh kesah Anda akan membantu Anda untuk berbagi beban dan membantu Anda melihat suatu permasalahan dari sisi yang berbeda. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat pilihan solusi untuk masalah Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dalam hidup Anda.

Tubuh dan pikiran yang bahagia akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat, berseri, dan bercahaya!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Kita sering mendengar perkataan kerusakan kulit akibat sinar matahari, sebenarnya itu terjadi karena kulit melindungi tubuh dari sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber radiasi ultravioletyang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat menyebabkan luka bakar karena matahari. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas dan peningkatan pembentukan pigmen oleh sel-sel penghasil pigmen. Pigmen (melanin) merupakan zat pelindung alami yang menyerap energi dari sinar ultraviolet dan mencegah masuknya sinar ke jaringan yang lebih dalam. Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), tergantung pada panjang gelombang. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah bersar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan pada sinar UV [...]

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kulit manusia adalah organ tubuh yang paling besar. Luasnya dapat mencapai 2 meter persegi. Tanpa disadari, kulit Anda tidak hanya sekadar berfungsi untuk mempercantik tampilan luar tubuh. Kulit merupakan organ yang sangat penting agar tubuh terlindung dari mikroorganisme, bahan kimia dan sinar matahari, membantu mengatur suhu agar Anda tidak habis menguap! Kulit juga mengandung berbagai fungsi perasa sehingga Anda dapat merasakan panas, dingin, dan sentuhan.Di seluruh bagian tubuh, ketebalan kulit, warna dan teksturnya bervariasi. Misalkan kulit di daerah telapak tangan dan telapak kaki adalah yang paling tebal, sedangkan kulit di daerah kepala mengandung folikel rambut yang terbanyak dibanding kulit di tempat lain.Sebagai organ tubuh yang paling luar dan paling luas, kulit adalah bagian pertama yang terlihat oleh mata. Namun, meskipun sering melihatnya, seberapa jauh sebenarnya Anda mengenal kulit Anda? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

Mengapa Kulit Menghitam?

Mengapa Kulit Menghitam?

Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dalam berbagai warna kulit. Keragaman warna kulit yang indah dan unik ini telah ditentukan sejak lahir berdasarkan informasi genetik yang kita miliki. Informasi genetik tersebut akan diterjemahkan menjadi komposisi dan aktivitas sel-sel tertentu di dalam lapisan kulit. Hal ini yang menentukan tipe warna kulit kita.Sel yang bertanggung jawab terutama terhadap warna kulit adalah melanosit. Melanosit terletak di bagian dasar lapisan epidermis kulit dan memproduksi pigmen melanin yang menentukan warna kulit. Warna kulit lebih bergantung pada aktivitas melanosit ketimbang dari jumlahnya.Jumlah, kualitas, dan penyebaran melanin yang diproduksi melanosit pada lapisan kulit merupakan faktor utama yang mempengaruhi warna kulit manusia. Pada kulit yang berwarna lebih gelap, sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin, melanosom (kantong penyimpan melanin) memiliki ukuran yang lebih besar, dan mengalami penguraian lebih lama dibandingkan dengan melanosom pada kulit yang berwarna lebih terang. Namun, selain dari warna dasar kulit dari sejak awal, kulit kita juga dapat menjadi lebih gelap, baik secara keseluruhan atau pada area tertentu saja. Ada 2 penyeba [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Cara Awet Muda ala Dokter

Cara Awet Muda ala Dokter

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.Sesuai dengan konsep ini [...]

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Hal ini seringkali dialami oleh remaja yang menginjak masa pubertas.Sebelum kita bisa memahami bagaimana langkah menghilangkan komedo yang benar, ada baiknya kita mengenal dahulu bagaimana serba-serbi komedo terlebih dahulu.Komedo terjadi karena terdapatnya produksi berlebihan dari kelenjar minyak (sebum), kemudiannya karena berlebihan sebum itulah akhirnya menjadi penyumbatan di pori-pori.Terdapat 2 jenis komedo: Komedo terbuka atau yang lebih dikenal dengan blackheads Komedo tertutup atau yang lebih dikenal dengan whiteheads Cara Menghilangkan Komedo: Jenis-jenis Komedo 1. Komedo terbukaKomedo terbuka terjadi ketika produksi minyak atau sebum yang berlebih "membanjiri" pori-pori dan menyumbat pori itu sendiri. Sebum kemudian dapat menjadi "sarang bakteri" dan sel kulit mati yang kemudian bisa menjadi cikal bakal jerawat.Udara dapat masuk ke dalam komedo terbuka, mengoksidasi sebum dan mengubah warnanya dari putih ke hitam (blackheads). 2. Komedo tertutupSama saja pada komedo terbu [...]

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar Berikut tahap-tahap perawatan kulit wajah agar selalu tampak sehat dan segar : Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan susu pembersih dan sabun muka.Susu pembersih digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai riasan kosmetik yang menempel. Bersihkan sisa susu pembersih dengan washlap basah, bukan dengan kapas . Lap basah, terutama yang hangat dapat mengangkat sisa susu pembersih sampai ke pori-pori. Setelah sisa susu pembersih terangkat semua, lanjutkan dengan pemberian penyegar menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk pada wajah. Sedangkan pembersih dengan sabun muka, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk yang pH balance, artinya produk tersebut memiliki pH yang seimbang dan sesuai untuk kulit, tidak terlalu asam maupun alkalis. Sabun dengan pH yang terlalu alkalis menyebabkan kulit muka terasa kencang dan kering. Melembabkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim atau lotion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan.Pilihlah pelembab wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu suatu partikel kecil berbentuk [...]

Kulit Sehat di Hari Ibu

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu. Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu: 1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulitTidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *