Depresi Bisa Merusak Kulit

kulit-rusak-stres-depresi.jpg

Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.

Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Depresi Bisa Merusak Kulit

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres:

1. Tetaplah Merawat Kulit

Meskipun lelah atau sedang stres, tetaplah lakukan perawatan kulit yang rutin sehingga kondisi kulit tetap terjaga. Jagalah kelembapan kulit dengan perawatan sederhana seperti dengan mandi menggunakan sabun yang berpelembap. Jangan gunakan terlalu banyak produk perawatan dan pastikan untuk menggunakan produk perawatan yang tepat dan sesuai untuk jenis kulit.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu peredaran darah menjadi lebih baik, termasuk ke daerah kulit. Olahraga juga baik untuk kebugaran dan pikiran.

3. Sediakan Waktu Bersantai

Meskipun jika Anda hanya memiliki 10-15 menit sehari, sediakan waktu untuk bersantai. Anda dapat melakukan pemijatan, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut.

4. Beri Waktu untuk Hobi

Berilah jadwal untuk melakukan hal yang Anda sukai di sela-sela kesibukan sehingga Anda tidak terus-menerus berada dalam kondisi stres. Namun, jangan biarkan diri Anda terbuai sehingga Anda melupakan tugas-tugas.

5. Tidur yang Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam setiap hari untuk tidur. Tidur adalah saat di mana tubuh Anda melakukan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit Anda.

6. Berlatih Menangani Stres

Jika stres tidak dapat dihindari, Anda perlu belajar bagaimana cara menanganinya dengan baik misalkan dengan pendekatan agama, relaksasi ataupun konseling.

7. Ketahui Batas Diri

Jangan takut untuk berkata ?tidak? terhadap sesuatu yang di luar batas kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda menghindari terciptanya tekanan yang tidak dapat Anda atasi.

8. Curhat

Memiliki teman, keluarga atau tenaga medis profesional untuk mendengarkan keluh kesah Anda akan membantu Anda untuk berbagi beban dan membantu Anda melihat suatu permasalahan dari sisi yang berbeda. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat pilihan solusi untuk masalah Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dalam hidup Anda.

Tubuh dan pikiran yang bahagia akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat, berseri, dan bercahaya!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Kulit wajah memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi kecantikan. Bila tidak diimbangi oleh kulit wajah yang sehat, Anda pun akan tampak kusam dan lelah. Sayangnya, sebagian dari Anda bahkan tidak mengenal jenis kulit sendiri, sehingga sulit bagi Anda untuk memilih perawatan yang baik dan tepat.Nah, berikut ini jenis-jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui. Termasuk yang manakah Anda?Kulit keringCiri-ciri: Pori-pori umumnya tidak terlihat Kurang elastis Kusam dan tidak bercahaya Terlihat adanya garis kerutan halus Kulit normalCiri-ciri: Lembap. Tidak terasa seperti ?ditarik? dan tidak terasa berminyak. Halus dan mulus Tidak ada jerawat Elastis Ciri Jenis Kulit dan Cara Mengenalinya Kulit kombinasiCiri-ciri: Kering dan berminyak di bagian berbeda Terasa berminyak di area ?T?: dahi, hidung, dagu Pori-pori membesar Kulit mengilat Kulit sensitifCiri-ciri: Sangat kering Mudah bereaksi dengan berbagai produk kecantikan Kemerahan, gatal, [...]

Hati-Hati, Pemakaian Lotion Berlebih

Hati-Hati, Pemakaian Lotion Berlebih

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka memakai pelembab tubuh pada tubuh. Memang, mereka yang bekerja di ruangan ber-AC atau di daerah dingin perlu memakai pelembab tubuh agar kulit terhindar dari dehidrasi. Namun, apabila kita tidak berhati-hati terkadang flora normal kulit kita tumbuh dengan jumlah populasi lebih tinggi dari nilai sebenarnya.Perkenalkan, Malassezia (Pityrosporum) folliculitis adalah infeksi jamur yang memiliki tampakan seperti jerawat. Kelainan ini disebabkan karena pertumbuhan flora normal kulit yang berada di atas ambang normal karena gangguan sistem imun, antibiotik atau pemakaian pelembab berlebihan. Gejala yang ditampilkan adalah bintik-bintik kecil berisi nanah dengan besar yang seragam pada daerah dada, punggung, lengan atas dan wajah.Lalu apa bedanya dengan jerawat? Berikut penjelasannya: Lalu apa bedanya dengan jerawat? Secara fisik, jerawat dapat timbul dengan berbagai mac [...]

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Mandi memang menyegarkan. Tubuh dibasuh dengan air, lalu seluruh permukaan kulit dibersihkan menggunakan sabun. Mandi kemudian dianggap sempurna jika kulit terasa kesat setelah dibasuh karena dianggap seluruh kotoran dan lemak berhasil diangkat dengan sempurna oleh sabun. Padahal, yang tidak Anda ketahui adalah kulit kesat itulah yang menandakan bahwa lapisan minyak (lipid) alami kulit terkikis oleh sifat basa sabun. Cairan yang terikat di lapisan terluar kulit (epidermis) ditarik secara paksa, sehingga membuat lapisan protein kulitrusak. Hal inilah yang mendasari rasa kesat setelah kulit disabuni, dimana bukan berarti kotoran saja yang terangkat, namun termasuk kandungan air dalam kulit. Bila hal ini dibiarkan terjadi terus menerus, kulit menjadi kering, terasa kencang, dan pada kondisi terparah akan terlihat pecah-pecah dan terasa gatal. Hal ini tentu saja bisa dicegah, yaitu dengan pemilihan sabun yang baik dan benar. Pilihlah sabun dengan kandungan pelembap yang cukup, sehingga tidak akan menghilangkan kelembapan alami kulit, tapi mempertahankannya kulit tetap lembab dan sehat. di laman utama website kami.[](HM/JF/DA) Ditulis oleh: dr. Jessica Florencia Anggota Redaksi Med [...]

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Pada saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun, Anda mungkin akan mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah. Tanda yang muncul dapat berupa kulit kusam, garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, dan hiperpigmentasi (flek hitam). Tanda-tanda penuaan tersebut akan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang mempengaruhi progresifitas proses penuaan pada manusia, seperti diet, pola hidup, merokok, stres, paparan sinar ultraviolet (UV), dan lain-lain.Berikut ini adalah cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul di daerah wajah: Crow?s feet Merupakan galis halus/kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Gunakan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi, oleskan pada area mata setiap hari. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan mencegah pembentukan garis keriput baru, dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada are tersebut. Kantung mata Seiring bertambahnya usia, area bawah mata akan menjadi hitam dan kendur. Makeup dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Filler hyaluronic ac [...]

Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Kita sering mendengar perkataan kerusakan kulit akibat sinar matahari, sebenarnya itu terjadi karena kulit melindungi tubuh dari sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber radiasi ultravioletyang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat menyebabkan luka bakar karena matahari. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas dan peningkatan pembentukan pigmen oleh sel-sel penghasil pigmen. Pigmen (melanin) merupakan zat pelindung alami yang menyerap energi dari sinar ultraviolet dan mencegah masuknya sinar ke jaringan yang lebih dalam. Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), tergantung pada panjang gelombang. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah bersar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan pada sinar UV [...]

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal. Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya: 1. Berlama-lama di bawah sinar matahari Berjemur selama 15 - 20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam. 2. Malas menggunakan tabir surya Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yan [...]

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri. Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa: Makan banyak sayuran dan buah-buahanKetika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kul [...]

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kulit manusia adalah organ tubuh yang paling besar. Luasnya dapat mencapai 2 meter persegi. Tanpa disadari, kulit Anda tidak hanya sekadar berfungsi untuk mempercantik tampilan luar tubuh. Kulit merupakan organ yang sangat penting agar tubuh terlindung dari mikroorganisme, bahan kimia dan sinar matahari, membantu mengatur suhu agar Anda tidak habis menguap! Kulit juga mengandung berbagai fungsi perasa sehingga Anda dapat merasakan panas, dingin, dan sentuhan.Di seluruh bagian tubuh, ketebalan kulit, warna dan teksturnya bervariasi. Misalkan kulit di daerah telapak tangan dan telapak kaki adalah yang paling tebal, sedangkan kulit di daerah kepala mengandung folikel rambut yang terbanyak dibanding kulit di tempat lain.Sebagai organ tubuh yang paling luar dan paling luas, kulit adalah bagian pertama yang terlihat oleh mata. Namun, meskipun sering melihatnya, seberapa jauh sebenarnya Anda mengenal kulit Anda? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *