Deteksi & Perawatan Eksim Anak

eksim-anak-cara-obat-pengobatan-sembuh-kulit-merah-kemerahan-gatal-di.jpg

Oleh: dr. Nadia Octavia

Saat bayi Anda gatal dan memiliki kulit yang kering dan membuatnya terus menggaruk setiap saat, tentu Anda akan melakukan segala cara untuk mengurangi ketidaknyamanannya.

Mandikan anak secara rutin

Kebanyakan dokter kulit menyarankan agar bayi Anda dimandikan setiap hari jika memiliki eksim. Dengan mandi atau berendam, akan menambahkan kelembaban pada kulit bayi yang kering dan mengurangi resiko infeksi dari bakteri.

Gunakan sabun yang bebas pengharum dan memang ditujukan untuk kulit yang sensitif. Mandikan bayi selama 5-10 menit, keringkan dan berikan pelembab.

Gunakan pelembab secara rutin

Untuk mengurangi kulit kering dan bayi terus menggaruk, aplikasikan pelembab pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari. Kulit yang kering akan membuat eksim dan peradangan bertambah parah. Pelembab akan mengurangi lingkaran “gatal dan menggaruk”.

Pelembab berbahan dasar krim dan salep akan bekerja lebih baik pada kulit bayi Anda dibandingkan dengan lotion. Jika dokter Anda meresepkan krim untuk mengurangi gatal, gunakan terlebih dahulu sebelum pemakaian pelembab.

Hindari bahan ‘natural’

Produk berbahan organik dan alami memang populer digunakan, tetapi kebanyakan produk berbahan alami yang berasal dari tumbuhan dapat menyebabkan reaksi pada kulit bayi yang sensitif. Masyarakat seringkali memiliki paradigma bahwa semua produk berbahan organik aman dan sehat. Namun kebanyakan bayi ataupun anak sensitif atau bahkan alergi terhadap wewangian, beberapa ekstrak, dan tumbuh-tumbuhan.

Berikan pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat tidak dapat menyerap keringat dan akan berdampak pada kulit bayi Anda. Kulit bayi akan terlihat kemerahan, gatal, dan sering menggaruk. Berikan pakaian yang longgar, halus dan berbahan dasar katun yang menyerap keringat sehingga membuat bayi merasa nyaman. Selimuti bayi Anda dengan selimut berbahan katun di malam hari.

Hindari pencetus eksim

  • Wewangian. Produk dengan pewangi dapat menimbulkan reaksi pada kulit. Gunakan produk yang tidak menggunakan pewangi bila memungkinkan.
  • Detergen
  • Bahan pakaian yang kasar. Perhatikan juga apa yang Anda gunakan. Misalnya: gantilah pakaian berbahan wool Anda sebelum menggendong bayi.[](NO)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan asupan vitamin D yang memadai untuk tubuh sangat mudah dengan makanan yang kita konsumsi. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang. Penelitian terbaru menunjukkan vitamin D juga memiliki manfaat lain, seperti melindungi dari flu dan melawan depresi. Berikut cara untuk menjamin asupan vitamin D yang memadai. 1. Sinar Matahari Sinar matahari memacu tubuh untuk membuat vitamin D, namun karena risiko kanker kulit. Jangan khawatir dan takut dengan sinar matahari, ada beberapa cara untuk mendapatkan sinar matahari yang baik dengan mengetahui jam yang tepat. Dari matahari terbit sampai jam 9 pagi adalah sinar yang bagus untuk diserap, cukup lakukan 20 sampai 25 menit saja. 2. Lemak Ikan Ikan berlemak dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Pilihan ikan berlemak ada pada salmon, makarel, tuna dan belut. 3. Ikan Tuna Kaleng Ikan segar bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan asupan vitamin D, kita bisa mendapatkannya dari makanan kaleng seperti ikan tuna kaleng dan sarden, kedua jenis ini mengandung vitamin D. Tuna kaleng memiliki vitamin sekitar 150 IU-per 4 ons dan sarden kaleng memiliki sedikit lebih dari 40 IU per dua sarden. 4. Jamur Portobello Sama seperti m [...]

Hobi Makan Gorengan, Hati-hati Bisa Kena Serangan Jantung

Hobi Makan Gorengan, Hati-hati Bisa Kena Serangan Jantung

Punya hobi makan gorengan setiap hari? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu. Bahaya makan gorengan setiap hari bisa sangat serius bahkan berisiko kematian.Dalam penelitian terbaru, orang yang makan terlalu banyak makanan gorengan ditambah dengan minuman bergula, 56 persen berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung ketimbang orang yang sehari-harinya makan sehat. Hal itu diungkapkan para peneliti di Amerika Serikat.Penemuan ini didapat setelah peneliti melakukan studi terhadap lebih dari 17 ribu responden selama enam tahun. Responden merupakan pria dan wanita berusia di atas 45 tahun yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung di awal-awal periode penelitian.Penelitian tersebut dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan mewawancara responden setiap enam bulan sekali. Para responden diwawancara melalui telepon dengan menanyakan kesehatan mereka secara umum dan apakah pernah pergi ke rumah sakit selama periode enam tahun tersebut.Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Namun setelah penelitian selesai, didapati responden yang mengonsumsi gorengan, telur, daging olahan pabrik (bacon, ham) dan minuman bergula risikonya paling tinggi terkena serangan jantung. Tak [...]

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari sekedar setitik darah yang hadir di air kencing, aroma, bahkan sekedar warna air kencing Anda menandakan kondisi tubuh yang Anda miliki. Setiap hari, ginjal Anda menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine. Namun bagaimana mengetahui urine Anda normal atau tidak? Ketahui jawabannya berikut ini. 1. Kejernihan Air Kencing Warna dan 'konsentrasi' urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup. Jika warna urine Anda kuning gelap, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air. Jadi pastikan Anda cukup minum air putih dan warna urine Anda jernih. 2. Warna & Bau Air Kencing Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang [...]

Dampak dari Partikel Nano

Dampak dari Partikel Nano

Tes yang melibatkan ayam telah menimbulkan banyak pertanyaan tentang dampak terhadap kesehatan dari rekayasa partikel nano, butiran yang sangat halus yang biasa digunakan pada obat dan makanan olahan. Ayam tersebut diberikan partikel polistiren dosis tinggi sebanyak 50 nanometer dalam diet mereka, menurut studi baru. Pada saat yang sama, burung yang diberikan dosis ini memiliki "perubahan bentuk" pada usus vili mereka, proyeksi mikroskopis yang menyerupai jari yang memainkan peran penting dalam menyerap nutrisi. Perubahan ini berarti bahwa vili memperluas area permukaan yang tersedia untuk menyerap zat besi. Penyerapan kalsium, seng tembaga, dan vitamin A, D, E dan K pada usus juga dapat dipengaruhi oleh eksposur partikel nano yang tinggi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki ini, kata para penulis, seperti dilansir dari abc.net.au, senin (13-02-2012). Tim yang dipimpin oleh Michael Shuler dari Cornell University di New York, menguji partikel pada ayam sebagai pengganti usus manusia dan digunakan juga sel dari lapisan usus manusia. Ayam-ayam tersebut diberi dosis yang sama, seperti dosis pada manusia dewasa di negara maju. "Lapisan epitel usus merupakan ger [...]

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita yang merokok bisa mengalami menopause satu tahun lebih awal dari mereka yang tidak merokok. Dan menurut penelitian, hal itu dapat mempengaruhi risiko terkena penyakit tulang dan jantung.Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Menopause tersebut, mengumpulkan data dari beberapa penelitian sebelumnya, termasuk melakukan survei terhadap 6000 wanita di Amerika, Polandia, Turki dan Iran. Ditemukan bahwa wanita yang tak merokok akan mengalami menopause antara usia 46 hingga 51 tahun. Sedangkan mereka yang merokok akan alami menopause pada usia 43 hingga 50 tahun."Hasil penelitian kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa merokok memiliki hubungan secara siginfikan dengan awal (usia menopause) dan memberikan pembenaran pada wanita untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini," ujar penulis penelitian Volodymyr Dvornyk, dari University of Hong Kong.Dvornyk dan rekan-rekannya juga menganalisa lima studi lain yang meneliti wanita dengan rata-rata usia 50 atau 51 tahun. Para wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu 'awal' dan 'terakhir' menopause. Lebih dari 43 ribu wanita yang ikut dalam penelitian itu, ditemukan sebanyak 43 persen wanita yang merokok lebih mungkin alami m [...]

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Oleh: drg. Martha Mozartha Para dokter gigi tampaknya harus lebih serius memperhatikan kesterilan alat-alat yang digunakan di kliniknya. Bukan hanya seluruh hand instruments yang baru saja digunakan untuk merawat pasien yang harus disterilkan, tapi juga barang yang terlihat sepele seperti rantai dan klip penjepit dental bib. Dental bib, atau disebut juga poli bib, adalah semacam apron atau celemek yang dipakai di leher untuk menutupi dada pasien saat sedang duduk di kursi gigi. Celemek ini digunakan agar pakaian pasien tidak terkena percikan air atau kotoran lainnya saat sedang menjalani perawatan. Dental bib tersebut dipasang di leher pasien dengan menggunakan penjepit atau klip yang terhubung dengan rantai agar celemek tidak mudah lepas dari leher pasien. Penelitian yang baru saja dipublikasikan ini dilakukan oleh ilmuwan dari Tufts University School of Dental Medicine dan Forsyth Institute. Mereka menemukan ribuan bakteri yang menempel pada permukaan klip polibib yang dipakai oleh pasien. Meski jumlahnya menurun secara signifikan setelah disterilkan dengan prosedur disinfeksi standar, 40% klip dan rantai polibib masih mengandung bakteri aerob maupun anaerob pada permukaannya. Pa [...]

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Penis adalah organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan sperma dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dan kesehatan penis agar enam penyakit penis ini tidak menyerang. Penis yang bermasalah atau berpenyakit dapat menimbulkan rasa sakit serta memengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pria. Penyakit penis juga bisa memengaruhi aspek lain kehidupan Anda seperti menyebabkan stres, masalah dalam hubungan, dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa penyakit penis yang ada antara lain adalah sebagai berikut. Priapismus Priapismus atau priapism adalah keadaan di mana penis mengalami ereksi terus-menerus selama lebih dari empat jam dan sering kali terasa sakit. Priapism terjadi ketika darah yang mengalir ke pembuluh darah area penis tidak sepenuhnya kembali (ada darah yang tidak mengalir keluar). Penyakit penis ini biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba (terutama kokain) dan minuman keras, penyakit darah (leukimima, anemia sel sabit), terapi injeksi untuk disfungsi ereksi, cedera pada alat kelamin, gangguan di saraf tulang belakang, atau konsumsi obat-obat tertentu (antidepresan, dan obat tekanan darah). Keadaan darurat medis ini harus sege [...]

Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.1. IdentitasSeorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompeten [...]

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Tidak sedikit wanita yang berpikir liposuction atau penyedotan lemak bisa mengecilkan lingkar pinggang. Padahal anggapan itu keliru. Liposuction bukan untuk menurunkan berat badan. Jadi buat apa??Kalau dikatakan bahwa liposuction itu membuat orang jadi kurus itu salah. Liposuction atau tummy tuck (pengencangan perut) dipergunakan untuk body contouring (pembentukan tubuh) bukan untuk turunkan berat badan,? jelas Dr. Michael Triangto, SpOK, kepada wolipop di klinik olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jalan Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur , Kamis (13/12/2012).Pria berumur 53 tahun itu mengatakan, bila liposuction atau tummy tuck sudah dipakai oleh banyak kalangan medis berarti ada hal baik yang bisa dimanfaatkan. Hal positif tersebut adalah body contouring untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bukan menurunkan berat badan. Ada segelintir orang yang sudah melakukan penyedotan lemak tapi tidak bisa terlihat langsing. Beberapa kasus dikarenakan otot perutnya yang lemah sehingga otot perlu dipendekkan agar tampak lebih baik.?Misalnya liposuction nggak bisa juga karena cuma lemaknya yang diambil, tapi ternyata ototnya yang lemah, berarti ototnya harus dip [...]

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat Oleh : dr. Jessica Florencia Pengobatan jerawat memang bukanlah hal yang mudah. Seringkali pasien maupun dokternya dapat merasa frustasi karena proses pengobatan jerawat yang tidak mungkin instan. Dibutuhkan kerja sama antara dokter dengan pasien untuk dapat mengatasi masalah jerawat ini dengan tepat dan efektif. Penanganan cara mengobati jerawat yang salah atau kurang tepat seringkali cenderung memperburuk keadaan sehingga semakin sulit diobati dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk Anda menghindari perawatan dan penanganan yang salah dalam menghadapi jerawat. Cepat putus asa dalam pengobatan jerawat. Pengobatan jerawat memang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menghasilkan respon positif, yaitu sekitar 2-6 minggu. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah obat jerawat Anda untuk jangka waktu 1 bulan sebelum memutuskan untuk menghentikan pengobatan tersebut. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Jika Anda melihat adanya perbaikan, maka sebaiknya pengobatan tersebut diteruskan. Terkadang, dalam masa pengobatan awal, jerawat Anda akan terlihat lebih parah, hal tersebut wajar dan tid [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *