Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

juice2.jpg

Adanya penelitian terbaru mengenai manfaat segelas jus buah, ternyata banyak membuat perubahan kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja, dulu kita mengenal bahwa minum jus buah itu menyehatkan. Tapi sekarang, ahli kesehatan menilai, minum jus tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu gelas sehari.

Selain karena kandungan gula yang tinggi pada buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang minum jus ditambah gula dapat meningkatakkan risiko diabetes di usia dewasa.

Para ahli kesehatan di Inggris bahkan menyebut jus buah yang dikonsumsi saat diet hanyalah sebagai bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dalam arti, jus buah dapat membuat remaja berusia 11-19 tahun mengonsumsi 42 persen gula lebih banyak dari yang direkomendasikan. Sedangkan usia dewasa yang sering mengonsumsi jus, berisiko mengalami diabetes dan stroke.

Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Ilmuwan menemukan, anak-anak berusia 10 tahun kebawah kebanyakan telah melebihi batas konsumsi harian gula yang direkomendasikan sebesar 34 persen. Sumber utamanya seperti gula, jus buah, minuman ringan, sereal bar, biskuit dan kue.

Survei yang melibatkan 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara 2008 dan 2012 ini juga mengungkapkan bahwa 48 persen laki-laki dan perempuan memiliki tingkat tinggi kolesterol dan menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung dan stroke.

Chief executive dari British Heart Foundation, Simon Gillespie mengatakan, studi ini melukiskan anak-anak saja telah mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat.

“Mereka berisiko besar terkena penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2 dan obesitas sekarang atau di masa depan. Sayangnya, tidak ada cara untuk memecahkan masalah ini. Orangtua, sekolah, restoran, pengecer makanan dan industri makanan semua memiliki peran di dalamnya,” ungkap Simon, seperti Liputan6.com kutip dari Dailymail, Minggu (18/5/2014).

Di sisi lain, National Obesity Forum, Dr Ian Campbell mengatakan perlunya mengatur industri makanan untuk membuat pilihan yang sehat lebih mudah, lebih menarik dan lebih murah.

Sedangkan Ahli gizi di Inggris, Dr Alison Tedstone, mengungkapkan, jus buah merupakan pilihan terbaik untuk sehat seperti yang direkomendasikan ahli kesehatan untuk mengonsumsi lima buah per hari. Tapi dia memperingatkan, jus hanya boleh diminum sekali sehari karena tinggi gula.

Sebelumnya, sejak obesitas dianggap penyakit, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak masyarakat seluruh dunia untuk mengurangi asupan gula seperti yang direkomendasikan yakni setengah sampai enam sendok teh sehari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makan menjadi kebutuhan hidup setiap individu. Sejumlah makanan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, menurut para ahli gizi terkadang orang tak menyadari ada beberapa makanan yang bisa membahayakan. Contohnya saja, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu tanpa disadari bisa menambah banyak kalori yang tak diperlukan.Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan Anda seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (29/3/2014):1. KopiKopi sendiri tak mengandung kalori. Selain itu, minuman ini memiliki banyak sifat yang luar biasa. Namun, berbagai perasa bisa mengubah minuman pagi ini menjadi produk yang berbahaya.Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak kandungan krim dan gula dalam secangkir kopi? Minuman yang ditawarkan di coffe shop terkadang mengandung setengah dari kalori harian orang dewasa (satu gelas besar).2. SupMakanan ini sering direkomendasikan sebagai asupan makanan. Ini benar tapi hanya pada sup tertentu.Sup tradisional buatan sendiri biasanya mengandung banyak kalori dan lemak.Ahli Gizi percaya bahwa sup murni atau sup dengan susu merupakan musuh dari diet pelangsing. Hidangan ini cukup berlemak dan mengandung lebih dari 300 kalori per porsi. Apalagi jika sup d [...]

Berat Badan Naik Turun Bikin Anda Mudah Sakit

Berat Badan Naik Turun Bikin Anda Mudah Sakit

Pernah tahu efek yoyo dalam diet? Ya, efek yoyo atau weight cycling merupakan suatu kondisi ketika penyandang obesitas seringkali mengalami penurunan dan peningkatan kembali berat badan. Kondisi ini ternyata lebih membahayakan dan berisiko lebih besar terhadap penyakit kardiovaskular dibanding penyandang obesitas yang berat badannya langsung turun dalam sekali program.Tak hanya itu, dalam penelitian yang dilakukan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK tersebut disebutkan, efek yoyo ini juga terbukti meningkatkan risiko inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah dan stres oksidatif. "Penurunan berat badan (BB) dengan cara diet dan olahraga merupakan strategi dasar dalam penanganan obesitas. Tapi penyandang obesitas seringkali mengalami penurunan dan peningkatan kembali BB yang dikenal sebagai weight cycling (WC). Kenapa saya milih weight cycling? karena banyak pasien saya yang datang, hari ini program, nanti turun 10-20 kilogram. Ketemu lagi 1-2 tahun beratnya sudah lebih dari 20 kilogram. Atas dasar itu, saya gali literatur dan mau buktikan apakah weight cycling lebih berbahaya," ungkap Samuel saat diwawancarai wartawan di acara pengukuhan program doktor di Fakultas Kedokt [...]

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Dalam kurun waktu tiga bulan, presenter kocak Indra Bekti berhasil menurunkan bobot tubuh sebesar 9 kilogram (kg). Siapa sangka, Bekti yang dikenal ogah (enggan) berolahraga ternyata mampu melakukannya. "Januari mulai dan target selesai target Maret (saat launching buku dan album). Waktu mulai berat saya 74 kilogram, di Maret kemarin saya periksa sudah turun ke angka 65 kilogram," kata Indra Bekti berbagi cerita dalam acara `Nestle Healthy Zone`di Pejaten Village, Jakarta, ditulis Jumat (11/4/2014).Demi mewujudkan mimpinya, Bekti demikian pria ini kerap disapa, rela meninggalkan kebiasaan buruknya. Seperti misalnya mulai rutin mengonsumsi air putih, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan suami Aldilla Jelita ini."Iya, di Januari itu saya mengubah semuanya. Pertama, mengubah kebiasaan minum air putih. Dan terpenting, saya fitnes seminggu tiga kali," kata Bekti menambahkan.Bekti juga mengurangi konsumsi nasi dan lebih memilih mengonsumsi protein yang banyak, seperti ayam dada yang direbus. Terpenting, kata dia, menghindari makanan yang digoreng. "Saya percaya akan berhasil dengan metode 80 persen makanan dan 20 persen olahraga. Kalau ini dilakukan, akan menjadi sebuah aktivitas yang [...]

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Kaum ibu yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kerap tak menyadari dirinya tengah berbadan dua lagi. Mungkin ini disebabkan menstruasi yang berhenti dalam beberapa bulan. Akibatnya, sang ibu kewalahan mengatur kebutuhan gizi untuk buah hati yang telah dilahirkan dan yang ada di dalam kandungannya.Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), kebutuhan gizi yang harus diterapkan sama saja seperti kehamilan biasanya, tanpa harus ada yang diistimewakan."Kebobolan setelah melahirkan itu memang wajar. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sama saja seperti yang sebelumnya. Tak perlu ada yang diisitimewakan," kata Febriansyah menjelaskan dalam acara 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Namun, yang harus diperhatikan adalah berat badan ibu yang masih belum turun secara maksimal. Itulah yang harus turut diperhatikan juga. [...]

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

Mengubah hidup sehat dan mulai banyak bergerak memang tidak semudah kita bicara. Tapi wanita asal San Fransisco, Amerika Serikat, Lakeisha Shurn ini membuktikan bahwa niat yang kuat membuatnya berhasil menurunkan berat badan yang mencapai 157 kilogram.Seperti dikutip laman Huffingtonpost, Senin (13/1/2014), Shurn mengaku mengikuti tantangan #giveit100, untuk melakukan gerak dalam bentuk apa pun dan dimana pun dengan cara yang dinilai nyaman olehnya."Bila dipikir, mungkin saya akan depresi karena ingin mengubah semua itu. Tapi setiap hari ketika saya merasa kehilangan berat badan, saya seperti kembali menemukan diriku," kata Shurn dalam videonya.Shurn yang mengunggah videonya ke situs YouTube ini mendokumentasikan dirinya yang berlatih setiap hari di gym.Di akhir video, Shurn memamerkan pinggangnya yang secara signifikan lebih ramping. Namun, saat yang paling mengharukan ketika dia dengan bangga menunjukkan kemampuannya mengangkat kaki ke atas bahu.Shurn menambahkan, ia telah kehilangan berat badannya sebanyak 23 kilogram dalam setahun. Dan dalam waktu 100 hari, ia telah kehilangan 8 kilogram. (Fit/Abd) [...]

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Sidney, Australia menyebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat tinggi dan rendah protein bisa memperpanjang usia. Dilansir dari laman News, Senin (10/3/2014), karbohidrat yang diketahui dapat mempercepat proses penggemukan ternyata bisa memperlama usia lima puluh persen lebih panjang. Meski penelitian ini baru diujicobakan pada tikus, tapi penulis studi, Profesor David Le Couteur mengatakan bahwa umur tikus yang kelebihan berat badan kemudian diberi makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah protein hidupnya cenderung lebih lama dibanding yang melakukan diet rendah karbohidrat dan lemak. "Hasil penelitian kami menunjukkan diet vegetarian lebih baik walaupun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, menunjukkan bahwa umur dapat diperpanjang dengan memanipulasi makronutrient (karbohidrat, lemak, protein) dalam makanan," kata Profesor Le Couteur. Yang menarik, ketika Le Couteur ditanya apakah manusia lebih memilih langsing atau hidup lebih lama, Ia menjawab bahwa tujuan evolusi adalah tumbuh dan berkembang biak, bukan untuk hidup lebih lama. "Diet protein tinggi mungkin lebih berguna untuk pertumbuhan dan reproduksi. Stu [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

Normalnya, puasa memang membuat berat badan turun. Karena secara tidak sadar, Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dibanding biasanya. Tapi ternyata tidak semua orang bisa begitu. Kebanyakan diantaranya malah bertambah berat badannya. Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama bulan puasa, tanpa sadar Anda telah mengurangi asupan makanan. Itulah sebabnya, saat berbuka, beberapa orang cepat kenyang hanya dengan minum saja. Ini juga tandanya, lambung mulai mengecil dan sering dimanfaatkan untuk sekalian menurunkan berat badan. "Mengurangi seperempat porsi makan saja, berat badan bisa turun setengah sampai 1 kilogram. Tapi ada orang yang sewaktu puasa berat badannya naik. Inilah yang disebut teori balas dendam," katanya, seperti ditulis Kamis (10/7/2014). Samuel menerangkan, rumus untuk gemuk hanya dua. Lemak dan gula. Yang terjadi ketika buka puasa apa? Banyak orang yang mengonsumsi gorengan dan es campur atau es buah, cendol, kolak. Itu semua gula. Ubi, pisang merupakan bahan makanan yang mengandung gula. Masih ditambah gula pasir atau gula merah untuk pemanis. Bila minum es cincau pun, gula pasti disertakan dalam jumlah banyak. Sementara kegi [...]

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Susu kedelai yang sarat akan nutrisi merupakan minuman favorit bagi para vegetarian dan individu yang menderita intoleransi laktosa. Jumlah kalori dari susu kedelai yang relatif rendah, juga sangat cocok dikonsumsi bagi individu yang tengah menjalani program penurunan berat badan.Susu kedelai secara alami bebas lemak, dan 100 ml susu kedelai hanya mengandung 54 kalori. Peningkatan kalori baru akan terjadi, bila susu kedelai diberi rasa cokelat atau stroberi.Susu kedelai memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat dan 1 gram serat sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.Bila susu kedelai yang merupakan sumber terbaik dari vitamin A, vitamin D, dan kalsium dikonsumsi secara rutin, dapat mencegah dan mengobati kanker prostat, dan dapat mengurangi gejala menopause.Dikutip dari Health Me Up, Sabtu (18/10/2014), meski susu kedelai dianggap pengganti paling sehat dari susu jenis lainnya, tidak semua orang dapat mengonsumsinya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *