Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

juice2.jpg

Adanya penelitian terbaru mengenai manfaat segelas jus buah, ternyata banyak membuat perubahan kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja, dulu kita mengenal bahwa minum jus buah itu menyehatkan. Tapi sekarang, ahli kesehatan menilai, minum jus tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu gelas sehari.

Selain karena kandungan gula yang tinggi pada buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang minum jus ditambah gula dapat meningkatakkan risiko diabetes di usia dewasa.

Para ahli kesehatan di Inggris bahkan menyebut jus buah yang dikonsumsi saat diet hanyalah sebagai bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dalam arti, jus buah dapat membuat remaja berusia 11-19 tahun mengonsumsi 42 persen gula lebih banyak dari yang direkomendasikan. Sedangkan usia dewasa yang sering mengonsumsi jus, berisiko mengalami diabetes dan stroke.

Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Ilmuwan menemukan, anak-anak berusia 10 tahun kebawah kebanyakan telah melebihi batas konsumsi harian gula yang direkomendasikan sebesar 34 persen. Sumber utamanya seperti gula, jus buah, minuman ringan, sereal bar, biskuit dan kue.

Survei yang melibatkan 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara 2008 dan 2012 ini juga mengungkapkan bahwa 48 persen laki-laki dan perempuan memiliki tingkat tinggi kolesterol dan menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung dan stroke.

Chief executive dari British Heart Foundation, Simon Gillespie mengatakan, studi ini melukiskan anak-anak saja telah mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat.

“Mereka berisiko besar terkena penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2 dan obesitas sekarang atau di masa depan. Sayangnya, tidak ada cara untuk memecahkan masalah ini. Orangtua, sekolah, restoran, pengecer makanan dan industri makanan semua memiliki peran di dalamnya,” ungkap Simon, seperti Liputan6.com kutip dari Dailymail, Minggu (18/5/2014).

Di sisi lain, National Obesity Forum, Dr Ian Campbell mengatakan perlunya mengatur industri makanan untuk membuat pilihan yang sehat lebih mudah, lebih menarik dan lebih murah.

Sedangkan Ahli gizi di Inggris, Dr Alison Tedstone, mengungkapkan, jus buah merupakan pilihan terbaik untuk sehat seperti yang direkomendasikan ahli kesehatan untuk mengonsumsi lima buah per hari. Tapi dia memperingatkan, jus hanya boleh diminum sekali sehari karena tinggi gula.

Sebelumnya, sejak obesitas dianggap penyakit, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak masyarakat seluruh dunia untuk mengurangi asupan gula seperti yang direkomendasikan yakni setengah sampai enam sendok teh sehari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

Diet Mayo yang dirancang oleh para pakar kesehatan dari Mayo Clinic ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat dilakukan seumur hidup. Diet ini membantu meningkatkan kesehatan para pelakunya dengan cara memilih makananan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat. Berikut 5 makanan sehat yang bisa dijadikan menu diet mayo Anda seperti yang dilansir Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Senin (20/10/2014): 1. Apel Apel dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Selain itu, apel juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah lainnya, dan membantu dalam penyerapan zat besi. Tunggu apa lagi, ayo masukkan apel di dalam menu diet mayo Anda! 2. Brokoli Selain merupakan sumber asam folat, brokoli juga mengandung fitonutrien. Makanan sehat yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin A pada brokoli juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. 3. Kacang Merah Kacang merah merupakan sumber fosfor dan kalium ya [...]

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu untuk memenuhi asupan nutrisinya. Namun, ada juga wanita yang enggan melakukannya. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan?Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi informasi lebih lanjut tentang manfaat dari susu kehamilan itu sendiri. Selanjutnya, tanyakan pada calon ibu itu bagaimana kecukupan makannya selama ini."Tanyakan pada wanita itu, bagaimana komposisi makannya per hari? Jika kurang dari ketentuan yang sebenarnya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi susu kehamilan," kata Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K) menjelaskan 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Selama masa kehamilan, ada beberapa mitos yang berkembang, seperti wanita hamil diharuskan untuk makan dua kali lebih banyak dari biasanya. Padahal, mitos itu salah sama sekali. Benarnya, variasikan makanan yang masuk dengan jumlah yang wajar. "Makanan yang masuk tidak harus dalam jumlah banyak, tapi harus memvariasikan makannya. Sehingga k [...]

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Kontroversial karbohidrat kompleks juga menimpa beberapa aktris Hollywood. Apalagi dengan aktivitasnya di layar kaca, kebanyakan selebritas menganggap karbohidrat sebagai musuh. Tapi benarkah seperti itu? Berikut, penelusuran The Frisky, Minggu (30/3/2014) pada selebritas cantik yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang karbohidrat. 1. Jennifer Aniston Jen mungkin mampu untuk menghindari karbohidrat ketika dia masih lajang. Tapi tunangannya Justin Theroux sangat menyukai hidangan ala Italian seperti Carbonara yang menurutnya bisa menambah beberapa kilogram bobot tubuhnya. 2. Gwyneth Paltrow Gwynnie terkenal suka memilih jenis makanan. Ia pernah mengatakan pada Daily Mail bahwa gluten dapat menyebabkan perut anak-anaknya 'bergemuruh'. "Setiap ahli gizi, dokter dan orang sadar kesehatan yang pernah saya temui tampaknya setuju bahwa gluten sulit dicerna dan yang paling buruk dari itu adalah alergi," katanya. Menurut Gwynnie, keluarganya tidak makan pasta, roti atau biji-bijian olahan seperti nasi putih dan menghindari karbohidrat. 3. Anna Kendrick Dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post, Anna mengaku pernah datang ke pesta dan banyak makan karbohi [...]

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Kekenyangan setelah jam makan siang membuat tidak nyaman dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat. Untuk mencegah ini, cobalah konsumsi setengah porsi buah avokad atau alpukat setelah makan siang. Peneliti mengatakan konsumsi setengah porsi buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan perasaan kenyang, dan mengurangi godaan untuk ngemil di antara waktu makan tersebut.Peneliti telah melakukan survei dan membandingkan antara orang yang makan setengah porsi buah alpukat dan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana konsumsi alpukat dapat memengaruhi rasa kenyang, gula darah, dan respons insulin.Ahli Gizi dari Loma Linda University, California sekaligus pemimpin studi ini, Dr. Joan Sabate menjelaskan kenyang merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebab, orang-orang yang merasa tidak puas ketika makan siang, cenderung memilih untuk ngemil."Menambahkan setengah porsi alpukat dapat meningkatkan kalori dan asupan karbohidrat saat makan siang, ini tidak ada peningkatan kadar gula darah," kata Joan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (10/1/2013)Dilanjutkan Joan, ini tandanya buah alpukat berpotensi dala [...]

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. "Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah"."Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 - 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, "jelas Dr Jaydeep.Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:1. KramSebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski [...]

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

Lagi-lagi, permasalahan obesitas disinggung. Ok, mungkin semua orang telah mengetahui bahaya obesitas yang berisiko memunculkan penyakit jantung atau stroke. Tapi perlu diketahui, obesitas yang dimaksud bukan hanya soal badan gemuk. Tapi juga termasuk perut buncit.Sebelumnya, ahli nutrisi dan obesitas Herbalife, Dr Rocio Medina, MD pernah mengatakan, epidemi obesitas bukan hanya melanda warga Eropa atau Amerika tapi Dunia. Termasuk Asia seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya mengonsumsi banyak karbohidrat seperti nasi, lemak atau gorengan. Sehingga walaupun badannya kecil, tapi ada lemak di perutnya."Jika Anda terlalu banyak makan nasi, mi dan lemak pasti di tubuh Anda banyak lemak. Lemak dapat memproduksi sejenis protein yang disebut sitokin yang dapat membuat seluruh sel yang ditutupi lemak tidak berfungsi. Hal inilah yang membuat seseorang dapat terkena serangan jantung, tersumbat aliran darah, gangguan hati, gangguan ginjal dan masalah pada massa otot," katanya.Untuk mengurangi risiko penyakit tersebut, ternyata ada 10 hobi menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Penasaran? berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup, Rabu (2/7/2014).1. Berkebun Berkebun bukan hanya baik [...]

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Umumnya anak perempuan di dunia ini suka Barbie. Boneka mirip manusia dengan koleksi didominasi boneka berjenis kelamin perempuan ini yang tampil dengan tubuh sempurna mulai dari wajah cantik, leher dan kaki jenjang dan langsing. Apakah anak jadi ingin memiliki tubuh mirip Barbie? "Sebagai orangtua, coba kita lihat perspektif anak melihat mainan Barbie. Apakah anak melihat Barbie sebagai sosok perempuan yang sempurna atau senang bermain dengan boneka Barbie," ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia ini di hadapan awak media di Jakarta (9/10/2014). JOleh karena itu, Ajeng menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi anak saat bermain. "Ketika menemani anak dan mendapati anak memiliki kecenderungan ke arah negatif, orang tua bisa memberikan penanaman pada anak bahwa Barbie adalah boneka, bukan manusia," tegasnya. Sambil bermain, anak bisa diberikan nasehat tanpa ia merasa dinasehati. Berikan pemahaman padanya bahwa setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tekankan bahwa anak adalah individu unik yang punya kelebihan sendiri, terang Ajeng. Ketika hal tersebut sudah ditanamkan pada anak sejak dini, ia bisa menghargai dan mencintai dirinya sen [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Kaum ibu yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kerap tak menyadari dirinya tengah berbadan dua lagi. Mungkin ini disebabkan menstruasi yang berhenti dalam beberapa bulan. Akibatnya, sang ibu kewalahan mengatur kebutuhan gizi untuk buah hati yang telah dilahirkan dan yang ada di dalam kandungannya.Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), kebutuhan gizi yang harus diterapkan sama saja seperti kehamilan biasanya, tanpa harus ada yang diistimewakan."Kebobolan setelah melahirkan itu memang wajar. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sama saja seperti yang sebelumnya. Tak perlu ada yang diisitimewakan," kata Febriansyah menjelaskan dalam acara 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Namun, yang harus diperhatikan adalah berat badan ibu yang masih belum turun secara maksimal. Itulah yang harus turut diperhatikan juga. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *