Dinkes DKI: Klinik Metropole Sudah Tidak Berizin

086129900_1410953003-Klinik_metropole.jpg

Klinik Metropole atau Metropole Hospital tengah ramai jadi perbincangan di media sosial karena sang korban mengaku ditipu. Rupanya yang tertipu tidak hanya masyarakat melainkan juga dinas kesehatan. Karena itu, izin pendirian klinik ini sudah dicabut per akhir Agustus 2014. Bila kini masih beroperasi, itu artinya klinik tersebut tidak berizin.

“Setelah tim dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi dan ternyata melanggar aturan, maka pada akhir Agustus izin klinik metropole resmi dicabut,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati saat dihubungin Health-Liputan6.com pada Rabu (17/9/2014)

Pada Juni 2014, terang Dien, pihak Klinik Metropole mengajukan diri sebagai klinik dengan kategori praktik pratama. Itu artinya, yang diizinkan untuk berpraktik hanya dokter umum dan dokter gigi saja.

“Kalau praktik pratama , tidak ada dokter spesialis. Namun nyatanya, seiring perkembangannya, pengelola Klinik Metropole justru menyewa tenaga asing. Ini kan, menyalahi aturan,” kata Dien menambahkan.

Selain merekrut dokter spesialis asing, Klinik Metropole membuka praktik rawat inap, dan menjalani tindakan operasi yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. “Tidak hanya itu, mereka juga mendirikan apotek di sana. Itu juga sudah termasuk melanggar,” kata Dien menerangkan.

Tindakan paling fatal yang dilakukan Klinik Metropole adalah membuat status klinik tersebut menjadi klinik utama.

“Kalau klinik utama, memang untuk klinik atau rumah sakit yang memiliki spesialis. Tapi, mereka kan tidak seperti itu. Mereka ini bandel, dan membohongi publik,” kata Dien.

Melihat Klinik Metropole yang sepertinya acuh terhadap peraturan yang sudah diberlakukan, membuat Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan teguran pada pihak Klinik Metropole.

Bahkan, untuk membuktikan ada yang tidak beres di dalam klinik yang terletak di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta pun menurunkan staf yang bertugas melakukan investigasi.

“Staf diminta untuk menyerupai pasien, dan ternyata benar, di sana ada dokter asing dan yang bertindak sebagai translator adalah perawatnya,” kata Dien.

“Selain itu, biaya pengobatan di sana begitu mahal. Operasi wasir saja, mencapai Rp 120 juta,” kata Dien menambahkan.

Dengan bukti-bukti yang ada, dirasa cukup bagi Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk mencabut izin Klinik Metropole pada akhir Agustus 2014.

“Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mencabut izin aslinya. Dan mereka seharusnya sudah tidak beroperasi,” kata Dien.

Dengan begitu, sejak awal September 2014 Klinik Metropole sudah tidak berizin, dan tidak layak untuk beroperasi.

Dien mengatakan, pihaknya sudah melapor kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, dan Kepolisian. Jadi, bila Klinik Metropole tetap melakukan praktik, bukan menjadi urusan Dinas Kesehatan DKI Jakarta lagi, melainkan pihak kepolisian.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Marah, Sarana Ampuh Turunkan Berat Badan ?

Marah, Sarana Ampuh Turunkan Berat Badan ?

Emosi yang meninggi dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan. Kok bisa? Hasil studi ebuah tes mengenai perilaku moral, menyebutkan, ketika seseorang mendadak marah dan merasa jijik terhadap perbuatan asusila, nafsu makannya jadi berkurang. "Ketika amarahnya memuncak dan jijik terhadap perilaku tertentu, ada rasa tidak enak yang tertinggal di mulut seseorang. Itulah yang membuatnya enggan untuk makan," kata Pemimpin Penelitian, Cindy Chan seperti dikutip Daily Mail, Senin (9/3/2014)Bahkan, lanjut Chan, ketika seseorang sedang menyeruput segelas kopi di pagi hari, tiba-tiba saja bisa terhenti dan enggan untuk melanjutkannya, ketika ia membaca harian surat kabar tentang penipuan dan pelanggaran mengenai praktis bisnis.Dalam sebuah kesempatan, para peneliti dari Pennsylvania, Duke, dan Colorado University juga melakukan sebuah percobaan, dengan cara menonton sebuah film yang dianggap menyedihkan tentang keegoisan seorang kekasih.Ketika menonton, para penikmatnya diberi segelas susu cokelat. Saat film usai, ternyata banyak dari penonton yang tidak menghabiskan minumannya itu.Jadi, apakah Anda ingin marah-marah untuk menurunkan berat badan? [...]

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Tahun ini, rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan 10 November salah satunya diisi dengan menggelar parade kirab kebangsaan mulai dari JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat hingga TMPN Kalibata, Jakarta Selatan.?Parade kirab kebangsaan merupakan kegiatan yang digagas atas inisiatif elemen masyarakat untuk memeringati Hari Pahlawan 10 November,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melepas parade kirab kebangsaan di Kemayoran, Jakarta, Minggu (9/11/2014).Selain itu, kegiatan parade sebagai hasil kerja sama dari berbagai kementerian/lembaga, TNI/Polri, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, dan perkumpulan otomotif.?Tidak kurang dari 236 organisasi/perkumpulan yang berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan tersebut,? ucapnya.Melalui parade kirab kebangsaan, diharapkan mampu membangkitkan semangat kejuangan dan rasa cinta tanah air kembali dikumandangkan bersama seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.?Inisiatif bersama dari acara parade, dinamakan Parade Kebangsaan Kerukunan Indonesia (PKKI),? tandasnya.Kegiatan parade kirab kebangsaan dilanjutkan dengan penyampaian Pidato Kebangsaan dan diakhiri doa bersama di Tugu Lima Pilar TMPNU Kalibata, yang dipimpin oleh pa [...]

Wajah Mencong dan Mati Rasa, Bell Palsy Ancam Anak Muda

Wajah Mencong dan Mati Rasa, Bell Palsy Ancam Anak Muda

Wajah mati rasa belum tentu karena stroke. Ada penyakit bell palsy yang bisa menyerang saraf wajah hingga menyebabkan mati rasa. Seperti yang dialami wanita muda, mantan bintang Celebrity Apprentice Roxy Jacenko (33) dan desainer Camilla Franks (37) yang tak pernah menyangka bisa terkena bell pasly.Bahkan Camilla merasa pengalamannya itu cukup traumatis. Ia didiagnosa Bell Palsy ketika mengerjakan koleksi barunya di India."Saya ingat di pagi hari saya merasa gatal-gatal dan sakit kepala. Tiba-tiba seluruh bagian wajah saya mati rasa. Menit berikutnya, saya buru-buru periksa ke gawat darurat dan ahli saraf karena saya pikir mengalami stroke," kata Camilla.Menurut dr Brian Morton, dari Australian Medical Association (AMA), penyakit Bell palsy kerap terjadi di antara orang muda entah pria atau wanita. "Bell palsy merupakan hasil dari kerusakan atau trauma pada saraf wajah, yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau respon autoimun," katanya seperti dikutip News.au, Selasa (1/4/2014).Menurutnya, stres tak selalu menjadi pemicunya. Tapi, kondisi tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat orang muda lebih rentan infeksi.Bell pasly sering dianggap stroke wajah. Biasan [...]

Takut Jadi Pusat Perhatian di Pernikahan, Wanita Ini Bunuh Diri

Takut Jadi Pusat Perhatian di Pernikahan, Wanita Ini Bunuh Diri

Perasaan menjelang pernikahan bercampur aduk antara bahagia dan stres. Di Inggris, Leanne Baker (35) memilih mengakhiri hidupnya beberapa minggu sebelum pernikahannya. Ia merasa cemas dan khawatir jika menjadi pusat perhatian.Tunangannya David Jackson menemukan Baker gantung diri di rumah mereka di Huddersfield , West Yorks , Inggris.Tahun lalu, Baker ditemukan overdosis obat-obatan dan mencoba bunuh diri. Ia dirawat di Huddersfield Royal Infirmary selama dua pekan. Dua minggu berikutnya, tunangan wanita tersebut meninggalkan rumah untuk mengunjungi ibunya. Namun, ketika ia kembali Baker ditemukan tergantung.Baker yang bekerja sebagai manajer di sebuah ritel menderita depresi di masa lalu. Namun telah sembuh dengan pengobatan dan obat-obatan. Kecemasan dan stres itu kembali terjadi ketika mendekati hari pernikahannya.Seperti dikutip Emirates247, Jumat (21/2/2014) polisi yang menyelidiki kasus tersebut mengatakan Baker khawatir dengan pernikahannya yang akan digelar di Lindos, Yunani. Dia tak suka menjadi pusat perhatian.Namun sebelumnya, pada profesional kesehatan mentalnya Baker mengaku ia tak ragu menghabiskan sisa hidupnya dengan pasangannya David Jackson. [...]

Kartu Indonesia Pintar, untuk Apa dan Siapa?

Kartu Indonesia Pintar, untuk Apa dan Siapa?

Demi menjamin keberlanjutan pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu, pada 3 November pemerintah meluncurkan program Indonesia Pintar di lima kantor pos di Jakarta, yakni Kantor Pos Pasar Baru, Kantor Pos Kebon Bawang, Kantor Pos Jalan Pemuda, Kantor Pos Mampang, dan Kantor Pos Fatmawati. Sebagai bagian dari peluncuran tahap awal, sebanyak 230 anak usia sekolah di DKI Jakarta menerima program ini. Program yang secara total menyasar 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia ini berbentuk pemberian uang tunai yang disalurkan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). KIP ini selanjutnya akan diberikan kepada seluruh anak usia sekolah, yaitu 7 hingga 18 tahun dari keluarga kurang mampu, baik yang terdaftar maupun yang belum terdaftar di sekolah maupun madrasah. Dengan demikian pemerintah menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu dapat bersekolah sampai lulus SMA/SMK/MA. Pada tahap awal, pemerintah membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada 157.943 anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu tersebut sejak bulan November hingga Desember 2014. Selanjutnya, secara bertahap cakupan peserta akan diperluas menjangkau masyarakat kurang mampu y [...]

Tips Mudah Bangun di Pagi Hari

Tips Mudah Bangun di Pagi Hari

Bangun di pagi hari mampu membuat kita menjalani rutinitas sehari-hari dengan penuh semangat. Sayangnya, sedikit orang yang mampu melakukannya. Lantas, bagaimana cara bangun di pagi hari dan tepat waktu, serta tidak membuat kita malas ketika harus melakukannya?Berikut cara sederhana bangun di pagi hari, seperti dilansir Health Me Up, Selasa (27/5/2014):PereganganGunakan pose yoga untuk peregangan sederhana demi mengembalikan energi tubuh Anda. Selain membantu Anda lebih fokus, dengan peregangan ini Anda bisa mengusir rasa malas untuk beraktivitas.LatihanCara terbaik untuk bagun di pagi hari adalah dengan melakukan latihan sederhana yang dapat membuat darah mengalir ke seluruh tubuh. Sit-up dan jumping jacks adalah cara sederhana untuk memulai hari-hari Anda. Jangan lupa, lakukan pemanasan sebelum memulai latihan.Segelas kafeinSecangkir kopi di pagi hari dapat membuat energi dan vitalitas Anda bertambah. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah kantuk dan siap menjalani aktivitas dengan sebaik-baiknya.AirKetika Anda mendengkur saat tidur di malam hari, tubuh akan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Sehingga, untuk membangunkan sistem saraf dan saluran pencernaan Anda dalam kondisi bai [...]

Korban Bencana Rentan Derita Hipertensi?

Korban Bencana Rentan Derita Hipertensi?

Musibah banjir yang terjadi beberapa pekan lalu menimpa warga Kelurahan Bukit Duri menyisakan duka yang mendalam. Selain kerusakan rumah, masyarakat mulai mengalami gangguan kesehatan. Selain penyakit kulit, masyarakat Bukit Duri mengeluhkan tekanan darah tinggi (hipertensi). "Saya tensi darahnya selalu tinggi. Tidak cuma saya, masyarakat yang lain juga begitu. Karena kami stres, terlalu lelah membersihkan semuanya paska banjir ini," kata Eka, warga Kelurahan Bukit Duri, Rabu (19/2/2014).Menurut dokter umum yang ada di posko pengobatan gratis dari Wipol, dr. Shanaz, hal tersebut bisa saja terjadi karena pikiran dan daya tahan tubuh mereka menurun."Walaupun mereka di pengungsian yang makanan dan minuman disediakan, tetap saja pikiran mereka masih terganggu. Mereka stres dan akhirnya berpengaruh ke kesehatan, darah tinggi mereka naik," katadr. Shanaz.Dokter Shanaz juga mengatakan masyarakat yang di pengungsian sebaiknya mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)."Sebelum dan sesudah musibah perilaku hidup bersih itu harus selalu diterapkan. Walaupun dibpengungsian jangan sampai lupa akan kesehatan, banyak komunitas yang menghibur agar masyarakat tidak stres. Ini membantu [...]

Sensor Ini Tahu Berapa Kali Kita Menatap Payudara Perempuan

Sensor Ini Tahu Berapa Kali Kita Menatap Payudara Perempuan

Payudara merupakan aset berharga yang dimiliki seorang perempuan. Tanpa disadari, setiap hari lebih dari lima orang yang ditemui di jalan menatap payudara milik orang lain, walau hanya sebentar. Untuk membuktikan fakta itu, Perusahaan Consummer goods, Nestle memasang kamera tersembunyi pada bra seorang sukarelawan perempuan di London, Inggris.Dalam video berjudul `Hidden Bra Camera Shows How Many Times Breast are Ogled` begitu terlihat jelas bagaimana para laki-laki menguasai `seni` bermain mata untuk memandang payudara dari relawan perempuan itu. Meski sesama perempuan ada juga yang menatap payudara sang relawan, tapi jumlahnya tak sebanyak laki-laki. Dalam satu hari, sensor pada kamera tersembunyi di balik bra berwarna merah jambu mencatat 36 orang laki-laki menatap payudara sang relawan tak lebih dari 1 detik.Video berdurasi 1 menit 18 detik yang merupakan kampanye terbaru dari Nestle Fitness untuk mendorong perempuan agar mau memeriksakan payudara mereka sendiri agar terhindar dari kanker payudara, memperlihatkan bagaimana sang relawan berkeliling kota London, dan memasuki setiap toko serta tempat yang banyak pengunjungnya untuk mencari `korban`. Menariknya, sesama perempuan ju [...]

Awas! Tindakan Rasis Bahayakan Kesehatan Orang Lain

Awas! Tindakan Rasis Bahayakan Kesehatan Orang Lain

Kasus diskriminasi terhadap perbedaan suku dan ras acapkali membuat beberapa orang merendahkan ras lain. Perkataan maupun tindakan yang terkait merendahkan ras berdampak buruk tak cuma bagi kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik, yang mampu meningkatkan tekanan darah dan menurunkan fungsi ginjal. Seperti dilansir Time, Minggu (16/11/2014), semakin tinggi tingkat diskriminasi, tekanan darah pada korban lebih tinggi dibanding mereka yang didiskrimanasi dalam level rendah. Jika terus menghadapi diskriminasi, hal ini menyebabkan kinerja ginjal pun ikut menurun. "Stresor psikososial berpotensi membuat fungsi ginjal menurun karena fungsi horomonal. Pelepasan hormon stres dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal," papar asistern profesor kedokteran dan ketua dewan diversiti Joh Hopkins University School of Medicine, Deidra C. Crews, MD. Data ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Life Span terhadap 1.574 penduduk Baltimore dengan ras Afrika-Amerika, sebuah kota besar di Maryland, Amerika Serikat. Hasil pada penelitian sebelumnya di tahun 2011 oleh peneliti lain pun hampir sama dimana diskriminasi [...]

Fun Run, Sebarkan Energi Positif ke Generasi Muda

Fun Run, Sebarkan Energi Positif ke Generasi Muda

Energizer sebagai produsen household products bergengsi asal Amerika Serikat yang memiliki tagline ?That?s PositivEnergy? senantiasa memiliki komitmen dan kontribusi untuk menyebarkan energi positif kepada masyarakat khususnya generasi muda, kali ini bekerjasama dengan MesaRace menggelar kegiatan fun run yang lebih dari sekedar lari bertajuk ?SAURUN? dengan mengambil lokasi di tempat wisata bahari terkenal di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol. Kegiatan unik dan seru ?SAURUN? yang telah digelar untuk ketiga kalinya ini sendiri merupakan acara half marathon (21K) dan lari 10K yang ditutup dengan Makan Sahur yang juga bekerjasama dengan Mercure Hotel Convention Center Ancol Jakarta dan Taman Impian Jaya Ancol. Penyelenggaraan ?SAURUN? yang ketiga ini pun terlihat semakin berbobot dan bergengsi dimana Energizer mulai berpartisipasi dengan memberikan dukungannya, selain itu pihak panitia sendiri juga mengusung moto berbeda yaitu kualitas diatas kuantitas. Bagi Energizer, dukungan yang diberikan dengan berpartisipasi dalam ajang ?SAURUN? ini tentunya selaras dengan misi yang diusung melalui program regular yang telah berjalan berkesinambungan secara global di seluruh dunia yaitu ?Energi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *