Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
5 Tanda Tubuh ‘Meminta’ Anda untuk Segera Konsumsi Makanan Sehat

5 Tanda Tubuh ‘Meminta’ Anda untuk Segera Konsumsi Makanan Sehat

Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. Beberapa gejala seringkali dihubungkan dengan adanya penyakit serius namun bisa jadi itu merupakan sinyal tubuh kalau Anda perlu mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Ini tanda-tanda gangguan pada tubuh akibat kekurangan nutrisi, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Otot Tubuh Sering KramJika Anda tiba-tiba mengalami kram atau otot terasa tertarik pada beberapa bagian tubuh bahkan ketika Anda cukup aktif bergerak, bisa jadi itu merupakan tanda kekurangan magnesium. Mineral ini diperlukan untuk mengatur fungsi gerak tubuh dan organ dalam agar berjalan dengan semestinya. Tambah asupan magnesium Anda dengan makan lebih banyak pisang, almond dan sayuran berdaun hijau gelap.2. Kaki dan Tangan Terasa NgiluTulang kaki dan tangan terasa ngilu dan terkadang kaku, merupakan salah satu tanda Anda kurang mengasup vitamin B, terutama B6, B-12 dan folat. Nutrisi ini banyak terdapat pada daging sapi, ayam maupun daging kambing. Jika tidak terlalu suka makan daging, Anda bisa mendapatkannya dari [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

Hindari 7 Hal ini Selama Berpuasa

Hindari 7 Hal ini Selama Berpuasa

Selama berpuasa, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai berat badan malah bertambah, stamina dan prestasi kerja berkurang atau aktivitas menjadi rendah. Untuk itu, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dalam bulan suci Ramadhan ini. 1. Hindari Melewatkan Sahur Melewatkan sahur dapat membuat Anda lemas dan lesu sepanjang hari dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan yang berat. Untuk itu, pastikan Anda sahur dengan makanan-makanan tinggi serat dan rendah lemak agar Anda memiliki cadangan energi yang cukup dan tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Hindari juga sahur terlalu awal agar cadangan makanan dan energi dapat disimpan lebih efektif untuk 14 jam ke depan. 2. Hindari Teh dan Kopi Teh dan kopi merupakan 2 jenis minuman yang bersifat diuretik sehingga dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil dan mengeluarkan cadangan cairan dalam tubuh. Air putih, cairan elektrolit atau susu rendah lemak dapat menjadi pilihan minuman untuk menemani santap sahur Anda. 3. Hindari MSG dan Garam Berlebihan Makanan yang mengandung garam dan MSG berlebihan dapat memicu rasa haus berlebihan sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat berpuasa. Untuk itu, alangka [...]

Susu UHT, amankah untuk Anak?

Susu UHT, amankah untuk Anak?

Anak di atas usia 1 tahun membutuhkan susu sebagai sumber kalsium selain makanan. Susu yang tergolong aman untuk dikonsumsi adalah susu UHT, karena tidak mengandung bahan-bahan pengawet. Mengapa bisa demikian? Susu UHT adalah susu yang diproses dengan menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT), sekitar 140 derajat celcius selama 2-4 detik. Pemanasan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme, baik pembusuk maupun patogen. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk menjaga nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berubah. Kemasan 6 lapis yang digunakan susu UHT mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri. Alhasil, dalam kemasan tertutup, susu UHT bisa tahan disimpan sampai 10 bulan tanpa bahan pengawet tanpa perlu dimasukkkan ke dalam lemari pendingin. Namun, begitu kemasannya telah dibuka, harus disimpan ke dalam lemari pendingin dan jangan lebih dari 5 hari. Bila dibiarkan dalam suhu ruang, susu akan menjadi asam dalam beberapa jam Saat ini, banyak sekali jenis susu yang beredar di pasaran dengan berbagai varian dan rasa. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak Anda, pilihlah su [...]

Cara Jitu Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Cara Jitu Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Di bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang menyajikan beragam jenis makanan untuk berbuka puasa. Gorengan, kolak, es buah, dan beragam makanan lain disuguhkan sekaligus sebagai pilihan menu buka puasa. Berbagai macam makanan tersebut sering membuat Anda kalap atau tidak terkontrol yang akhirnya mengontribusikan lemak secara berlebihan.Agar hal itu tidak terjadi, pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menyarankan untuk berusaha mengendalikan diri. Salah satu cara jitunya adalah bersyukur dan meyakinkan diri bahwa Anda sedang menjalankan ibadah, bukan hanya menahan haus dan lapar tanpa tujuan. Ingat, masih banyak orang yang tidak bisa berbuka puasa dengan makanan yang layak seperti Anda saat ini. "Banyak orang di luar sana yang tidak bisa makan enak seperti kita, kemudian kalau tadi kita masing-masing mencoba introspeksi diri pasti akhirnya kita disiplin, hemat, tidak akan kalap atau balas dendam setelah seharian puasa," jelas Hardinsyah saat berbincang dengan wolipop, Kamis (18/7/2013).Perilaku sadar diri dapat mengontrol diri sendiri supaya tidak makan berlebihan walaupun dihidangkan bermacam-macam jenis makanan setelah berbuka. Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas Ek [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear. Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Prosedur Pemeriksaan Kanker Serviks Untuk memeriksa kanker serviks, dokter menggunakan alat bernama spekulum yang dimasukkan ke dalam mulut vagina. Alat ini bisa memperluas lapang pandang dengan membuka mulut vagina sehingga area serviks dan vagina bisa diperiksa lebih teliti. Setelah itu, sampel sel-sel pada serviks akan diambil memakai spatula (seperti sendok kecil bertangkai panjang) plastik dan sikat kecil. Sel-sel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji. Tes ini biasanya memakan waktu sekitar lima menit. Selama prosedur, Anda tidak perlu tegang karena kebanyakan wanita tidak merasakan rasa sakit saat melakukan pap smear. Saat melakukan pap smear, dokter bisa juga mengkombinasikannya dengan tes human papillomavirus (H [...]

Anatomi Panggul Menentukan Cara Melahirkan

Anatomi Panggul Menentukan Cara Melahirkan

Pada proses persalinan, jalur keluarnya janin dari rahim dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran panggul wanita. Di samping itu, ada atau tidak adanya jaringan lunak di dalam panggul juga dapat berpengaruh kepada kondisi seorang wanita yang dapat melahirkan secara normal atau tidak. Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan panggul pada awal kehamilan untuk mendapatkan penilaian bentuk panggul. Sebagian wanita memiliki bentuk panggul yang kurang sesuai untuk melahirkan normal. Meski begitu, bukan berarti cara melahirkan normal melalui vagina tidak mungkin untuk dilakukan. Bentuk panggul memberikan informasi tambahan terhadap risiko terjadi hambatan dalam proses melahirkan. Selain itu, gumpalan jaringan lunak abnormal di dalam panggul dapat menutup jalur lahir bayi. Gumpalan abnormal yang paling umum adalah mioma atau fibroid uterus, yaitu massa yang muncul dari jaringan rahim. Kebanyakan pertumbuhan mioma ini tidak menyebabkan masalah karena sebagian besar ditemukan pada bagian atas uterus. Namun, bila mioma terdapat pada panggul bagian bawah, jalur lahir bayi dapat tertutup. Evaluasi ukuran dan posisi fibroid atau gumpalan lain pada jaringan lunak di dalam panggul dapat dilakukan melalui [...]

Pilihan Makanan untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Pilihan Makanan untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Rematik asam urat atau penyakit gout adalah jenis radang sendi yang secara medis telah terbukti dapat diringankan dengan mengonsumsi dan membatasi makanan-makanan tertentu. Pada dasarnya, pengidap rematik asam urat sebaiknya menjalani pola makan kaya karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. Pengaturan pola makan ini bukanlah sarana pengobatan, tapi dapat membantu mengurangi gejala. Purin dan Rematik Asam Urat Rematik asam urat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh. Asam urat adalah salah satu hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh. Purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat. Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Panduan Konsumsi Makanan Rematik asam urat dapat ditangani dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tertentu yang memperlancar sekresi purin dan membatasi konsumsi makanan serta minuman kaya purin. Berikut i [...]

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Banyak dari kita yang bingung jika harus menyusun menu diet sehat dengan tujuan untuk menguruskan badan secara alami dan sehat. Seringkali, jika kita berhenti berdiet, maka berat badan akan kembali meningkat. Menu makanan diet bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan tetapi juga harus tetap dapat memberikan vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Marissa Lippert, RD., menyusun menu diet sehat yang kaya akan antioksidan, lemak baik, kafein, dan protein, yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme. Berikut menu diet sehat yang dapat Anda coba dalam 21 hari untuk menurunkan berat badan hingga 4-5kg. Pada minggu pertama, dapat dipilih 3 menu utama dan 1 snack (1200 kalori). Setelah itu, dapat ditambahkan lagi 1 snack/hari. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengikuti panduan menu setiap jam makan Anda sebagai berikut: Sarapan (250 - 300 kalori): 1. Blackberry-Almond Smoothie Campur (blender): - 1/2 cangkir susu kacang almond (almond milk); - 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak (yang tanpa rasa); - 1/2 cup buah beri; - 1/2 potong pisang; - 2 sendok teh biji ? bijian (grains); - sejumput bubuk kayu manis; dan - 1 sendok teh madu. 2. Telur dan Roti Pangg [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *