Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

6 Makanan & Minuman Perusak Gigi

Gaya hidup sehat tidak lepas dari pola makan yang sehat pula. Keadaan ini mengarahkan orang untuk memilih makanan sebagai asupan yang baik untuk tubuh, tapi apakah mereka juga memperhatikan asupan tersebut baik untuk kesehatan gigi atau tidak. 1. Buah-buahan asam Pada kenyataannya diet makanan sehat yang dijalankan oleh kebanyakan orang adalah dangan menambahkan buah-buahan atau jus. Buah-buahan mempunyai PH yang rendah atau bersifat asam. Ironisnya, asam inilah yang berdampak pada kerusakan gigi yaitu pada lapisan terluar gigi (email) dan kemudian gigi menjadi ngilu dan sensitif. Jeruk, apel, anggur, stroberi dan nanas adalah beberapa contoh buah-buahan yang mempunyai sifat asam yang tinggi. 6 Makanan & Minuman Perusak Gigi 2. Kopi Minuman favorit di pagi hari ini memiliki kadar asam cukup tinggi. Jumlah kopi yang dikonsumsi dan cara mengkonsumsinya memberikan pengaruh yang cukup besar pengaruhnya terhadap risiko kerusakan gigi. 3. Minuman bersoda, bir dan wine Selain lebih banyak keburukannya ketimbang manfaat kesehatannya, minuman bersoda, bir dan anggur (wine) diketahui merupakan minuman yang memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Kalau pun Anda [...]

Terlalu Banyak Belanja Bisa Buat Orang Stres

Terlalu Banyak Belanja Bisa Buat Orang Stres

Banyak orang yang beranggapan bahwa berbelanja bisa buat stres menjauh. Namun menurut penelitian, terlalu banyak berbelanja justru bisa meningkatkan stres pada mental seseorang.Penelitian terbaru menemukan membawa tas belanja yang berat bisa meningkatkan kadar stres. Hal ini karena mereka yang hobi berbelanja terbebani oleh berat barang belanjaan seperti bahan makanan, pakaian dan bahkan hadiah belanja, sehingga mempengaruhi kesehatan mental yang membuat seseorang memikirkan hal-hal serius atau menyedihkan.Jika tingkat stres meningkat maka seseorang akan mengalami masalah dalam pola tidur, kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi dan dampak kesehatan yang lebih serius termasuk tekanan darah tinggi. Selain itu, kegiatan tawar-menawar juga bisa membuat seseorang merasa kurang puas terhadap dirinya.Akademisi dari Chinese University of Hong Kong dan National University of Singapore mengatakan bahwa "berbelanja dengan membawa barang berat bisa membuat orang lebih stres." Hasil studi yang dilaporkan dalam Journal of Consumer Research ini mendukung penelitian sebelumnya yang mana menunjukkan berat secara fisik bisa mempengaruhi beban psikologis seseorang."Pengalaman fisik yang memb [...]

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Pada dasarnya lemak berperan mendukung jalannya fungsi tubuh. Namun ada jenis lemak yang baik dan yang jahat. Idealnya adalah terus mengonsumsi lemak baik dan menghindari lemak yang jahat. Lemak yang berpotensi buruk bagi tubuh adalah yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh. Ada pula lemak yang kita makan dan berfungsi untuk sumber energi tubuh, yaitu lemak diet (dietary fat). Lemak diet dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Vitamin yang masuk ke tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat dicerna dan diserap tubuh. Namun, terdapat sisi buruk lemak, yaitu mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dengan cepat jika kelebihan dikonsumsi. Lemak terbentuk dari dua jenis molekul, yaitu asam lemak dan gliserol. Jenis dan kadar asam lemak inilah yang menentukan dampak lemak terhadap tubuh Anda. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol ?jahat? (LDL) [...]

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Gangguan-gangguan yang dialami saat PMS itu bisa berdampak pada gairah wanita. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk melihat pengaruh PMS pada seks.Salah satu penelitian dengan judul Dispelling myths: a study of PMS and relationship satisfaction yang dilakukan Winter EJ dan kawan-kawan misalnya menunjukkan bagaimana PMS mempengaruhi kepuasaan pada hubungan. Penelitian itu melibatkan 26 wanita yang menderita PMS dan 26 wanita yang tidak mengalami PMS. Mereka semua diminta mengisi tiga kuisioner. Hasilnya, wanita yang merasakan PMS tidak merasa puas dengan kehidupan seks dan pernikahannya.Hasil penelitian tersebut sungguh ironis karena sebenarnya dengan bercinta, PMS bisa diredakan. Aktivitas bercinta bisa menstimulasi produksi hormon oksitosin dan endorphins yang bisa menurunkan sensasi rasa sakit saat PMS. Oksitosin tersebut dapat menyembuhkan sakit kepala, kram, susah tidur bahkan stres. Ketika Anda orgasme pun, akan keluar hormon dehydroepiandrosterone atau DHEA yang bisa bertindak sebagai obat anti depresi."Keuntungan dari bercinta ini secara seksual wanita bisa merasa rileks dan nyaman," ujar Dr. Jennie Campbell Leslie, asisten profesor di Oregon Health and Science Unive [...]

Bahaya Penyakit di Balik Banjir

Bahaya Penyakit di Balik Banjir

Jangan sampai banjir diikuti bencana kedua: penyakit. Saat dan setelah banjir melanda, daya tahan tubuh yang menurun dan lingkungan yang kotor membuat penyakit menular mudah sekali menyebar. Banjir membawa berbagai sampah hingga bangkai binatang yang berisiko menyebarkan penyakit kepada manusia. Penyakit Pasca-Banjir Air yang tercemar saat banjir berisiko mendatangkan banyak penyakit, antara lain: Demam berdarah Pasca banjir, penyakit ini umumnya terjadi akibat banyaknya genangan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab demam berdarah. Penyakit pencernaan Saat banjir, banyak sumber air bersih yang tercemar sehingga ketersediaan air bersih menjadi terbatas. Mengonsumsi air yang tercemar mengakibatkan penyakit pencernaan seperti diare, muntaber, disentri, kolera, tifus. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau mikroba. Batuk dan demam adalah gejala umum yang menyertai ISPA. Gejala-gejala lainnya adalah sesak napas dan nyeri dada yang pada umumnya dirasakan oleh pengidap ISPA berat. Penyakit leptospirosis Penyakit ini ditularkan oleh bakteri leptospira [...]

Ancaman Peningkatan Angka Kebutaan 2020

Ancaman Peningkatan Angka Kebutaan 2020

Diperkirakan pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. Studi ini menyebutkan juga bahwa penyakit mata dan kebutaan akan meningkat terutama bagi mereka yang telah berumur diatas 65 tahun. Seorang yang berumur 80 tahun keatas yang merupakan 8% dari total penduduk, mengalami kebutaan sebanyak 69% (studi yang dilakukan oleh Eye Disease Prevalence Research Group). Cobalah untuk melindungi mata dimulai dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, anti oksidan (Vitamin A, C dan E) dan mineral yang cukup. Ada empat langkah untuk untuk mencegah penularan penyakit infeksi mata: Biasakan untuk mencuci tangan sebelum atau setelah melakukan aktifitas tertentu. Hindari bertukar tukar alat rias mata atau obat tetes mata. Jangan menyentuh ujung obat dari tetes mata dengan tangan. Jangan membasahi lensa kontak anda dengan mulut atau air ludah. Hal senada terungkap pada laporan sebuah penelitan yang dilakukan oleh Chitchumroonchokchai dan koleganya dari Ohio State University, menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjad [...]

Semangka Hingga Roti Gandum, 8 Asupan yang Baik Dimakan Saat Haid

Semangka Hingga Roti Gandum, 8 Asupan yang Baik Dimakan Saat Haid

Saat menstruasi wanita menghadapi sejumlah ketidaknyamanan. Mulai dari perut yang kram hingga otot yang pegal-pegal. Belum lagi dengan suasana hati yang moody sehingga jadi lebih emosional. Untuk meringankan rasa pegal, nyeri, serta pembengkakan yang kerap terjadi saat haid, ada beberapa asupan yang baik untuk Anda konsumsi. Beberapa di antaranya cukup tak terduga sehingga mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Berikut daftarnya:1. SemangkaSemangka memang lezat disantap sebagai makanan penutup atau untuk menyegarkan tubuh saat hari sedang panas. Bukan hanya itu saja, buah itu juga bagus dikonsumsi saat sedang haid. Semangka diketahui memiliki gula alami yang dapat mengatasi pembengkakan yang kerap terjadi ketika datang bulan. 2. JerukTak mau suasana hati jadi galau karena datang bulan, ada baiknya Anda mengkonsumsi jeruk manis sebelum menstruasi. Selain vitamin C, buah tersebut mengandung kalsium dan vitamin D. Menurut penelitian, kekurangan kalsium dan vitamin D akan memperparah PMS. Kalsium diketahui bisa mengurangi perasaan depresi serta cemas. Sedangkan vitamin D bisa mengatur enzim yang dapat mengubah tryptophan menjadi serotonin, sebuah neurotransmitter yang mengatur mood. [...]

Penyebab Nyeri pada Payudara

Penyebab Nyeri pada Payudara

Nyeri pada payudara kerap menimbulkan kekhawatiran. Berbahayakah dan apa penyebabnya? Nyeri pada payudara atau mastalgia dapat terasa di bagian atas sebelah luar payudara dan menjalar hingga ketiak dan lengan. Tak perlu khawatir berlebihan ketika mengalami nyeri pada payudara, karena hal ini tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Selain itu, kanker payudara juga biasanya memiliki gejala lain, tidak hanya berupa nyeri. Rasa nyeri yang biasa dikeluhkan adalah sakit yang menusuk atau terasa kencang pada payudara. Nyeri semacam ini biasanya terasa hanya beberapa hari misalnya sebelum atau selama haid, selama satu minggu atau lebih dalam satu bulan. Ada beberapa penyebab yang umumnya memicu nyeri pada payudara, di antaranya: Siklus menstruasi. Umumnya nyeri pada payudara terkait siklus menstruasi dirasakan tiga hari sebelum menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi selesai, meski intensitas rasa nyeri dapat beragam tiap bulannya. Nyeri jenis ini disebut nyeri payudara siklik. Mastitis. Umumnya mastitis dialami wanita menyusui yang menyebabkan payudara terasa sakit dan bengkak akibat peradangan. Benjolan pada payudara. Benjolan payudara yang bersifat jinak (non- kanker) dapat [...]

Membayangkan Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta?

Membayangkan Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta?

Saat kesulitan tidur, menghitung domba dipercaya sebagian orang bisa membantu mengatasinya. Ya, di beberapa literatur, trik ini memang telah lama diyakini bisa membuat orang lebih cepat tertidur.Tradisi lama menyarankan untuk membayangkan domba-domba sedang melompati pagar kayu, lalu menghitungnya satu per satu. Benarkah trik ini efektif membuat orang segera ngantuk dan tidur nyenyak? Atau hanya mitos?Secara ilmiah, belum ada penelitian yang membuktikan kalau kalau teknik menghitung domba sebelum tidur bisa mengatasi insomnia. Namun secara umum, membayangkan sesuatu di dalam pikiran bisa membantu otak menyingkirkan hal-hal negatif. Seperti diketahui, stres dan pikiran negatif merupakan penyebab utama orang menderita insomnia.Psikolog Dianne Richard menjelaskan, strategi untuk membuat orang cepat mengantuk dan melupakan stres adalah melakukan sesuatu yang simple, berulang-ulang dan membosankan. Dengan begitu menghitung domba termasuk ke dalam 'mental imaginary' yang bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres.Ide di balik pengalihan pikiran ini adalah membuat Anda berhenti merasa khawatir, merencanakan sesuatu atau memikirkan solusi dari berbagai masalah yang dialami [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *