Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki

Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki

Mood selalu kacau? Mari perbaiki dari bangun tidur. Memang setelah bangun tidur tubuh pasti dalam keadaan lemas dan serasa malas beranjak dari tempat tidur dan mood kacau dan buruk. Disertai kepala pusing dan inginnya marah-marah sepanjang hari. Mari kita perbaiki mood pagi hari agar saat melakukan aktivitas bisa menyenangkan. Beri Sedikit Waktu Pada Diri Tahap pertama, Jangan pikirkan hal-hal yang buruk, misalnya gagal berprestasi, rekan kerja yang menyebalkan, kemacetan, panas dan hal lainnya yang bersifat negatif. Singkirkan pikiran buruk yang melintas. Kosongkan pikiran sejenak dan pikirkan hal-hal yang baik dan manis, misalnya nanti seusai beraktivitas Anda akan menonton dengan pacar atau gebetan. Mungkin akan ke salon untuk memanjakan diri atau hang-out bersama teman-teman. Cari Jendela Langkah selanjutnya setelah bangun dari tidur, carilah jendela, dan hirup udara segar sebanyak mungkin walaupun rasanya dingin. Namun, rasa dingin ini akan membuat Anda segar serta membuat mood menjadi baik. Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki Minum Sesuatu Tahap selanjutnya, minumlah apapun itu air putih, jus buah, kopi, teh ataupun coklat yang bisa mem [...]

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi. Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal. Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya: Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori: Tekanan Darah (mmHg) Normal Pre-Hipertensi Hipertensi Sistolik < [...]

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Langkah yang dilakukan Angelina Jolie menjalani prosedur mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudaranya mendorong wanita untuk melakukan hal serupa. Riset membuktikan Jolie effect membuat permintaan operasi mastektomi bertambah.Dalam artikel berjudul My Health Choice yang diterbitkan di New York Times pada Mei 2013, Angelina Jolie menjelaskan alasan kenapa dirinya memutuskan mengangkat dua payudaranya. Alasan paling utama adalah karena ibunya pernah berjuang melawan kanker hingga meninggal di usia 56 tahun. Jolie sangat sadar kalau penyakit kanker payudara ini bisa menurun.Dengan menjalankan operasi pengangkatan payudara ini Jolie menurunkan risiko tersebut. Menurut sang aktris, berdasarkan keterangan dokter, dia awalnya 87% berisiko terkena kanker payudara dan 50% berisiko terkena kanker ovarium. Setelah operasi, risiko tersebut menurun menjadi kurang dari 5%.Riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika Serikat dan diterbitkan di jurnal JAMA Surgery memaparkan mengenai Jolie effect. Dari riset diketahui, terjadi peningkatan sekitar 12,5% terhadap prosedur mastektomi ganda setelah Jolie melakukan operasi serupa pada awal 2013. Penelitian juga mengungkapkan ada 18% responden y [...]

Kencing Anda Sakit? Waspadai Empat Kelainan ini

Kencing Anda Sakit? Waspadai Empat Kelainan ini

Buang air kecil seharusnya tidak memberikan rasa sakit. Namun jika saat buang air kecil, Anda mengeluhkan adanya rasa sakit atau perih, mungkin terdapat gangguan pada sepanjang saluran kencing Anda. Keluhan nyeri yang ada pun tidak dapat disepelekan. Karena bisa jadi nyeri ketika berkemih merupakan gejala dari penyakit yang gawat. Bisa jadi infeksi saluran kencing, bisa jadi gangguan prostat, atau bisa jadi indikasi dari keganasan kanker. Nah, supaya menambah pengetahuan bersama, berikut ini adalah hal apa saja kemungkinan penyebab rasa sakit saat berkemih. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Kencing Anda Sakit? Waspadai Empat Kelainan ini 1. Batu Saluran Kencing Batu saluran kencing dapat terjadi dimana saja. Mulai dari ginjal sampai pada saluran uretra. Karena sempitnya ruang saluran kencing, maka batu akan mengiritasi dinding saluran kencing dan menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit yang timbul bersifat hilang timbul dengan intensitas yang kuat. Penanganan batu saluran kencing dimulai dengan pemberian obat dengan harapan batu dapat keluar secara spontan, sampai dengan terapi pembedahan pada batu yang besar. 2. Infeksi saluran kencing Keluhan nyeri berkem [...]

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Terlepas dari masalah mabuk atau mengantuk, wanita kerap kali disebut-sebut sebagai gender dengan kemampuan menyetir terburuk. Hal itu bahkan dibuktikan secara ilmiah oleh sebuah penelitian dari Amerika.University of Michigan menemukan bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan bermotor ketimbang pria, walaupun mereka lebih jarang menyetir. Wanita juga berkontribusi sebesar 10 persen atas kecelakaan mobil ketika pria menyetir karena suka mengomel saat berada dalam mobil.Sebanyak 60 persen pria mengendarai mobil. Sedangkan wanita hanya mencapai 40 persen. Meski begitu, terdapat 6,5 laporan kecelakaan mobil yang melibatkan wanita sebagai pengemudinya. Menurut Askmen, jumlah tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan.Tempat yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan saat mengemudi adalah jalan raya, area penyeberangan dan persimpangan jalan. Dalam hal ini diperkirakan bahwa wanita cenderung ragu saat mengambil keputusan untuk berhenti atau belok, sehingga terjadi kecelakaan.Banyak teori yang menjelaskan alasan mengapa wanita lebih sering kecelakaan ketimbang pria. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pen [...]

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Banyak teori yang berpendapat bahwa susah tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan, namun saat ini telah ditemukan teori baru yang berpendapat sebaliknya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ?sleep deprivation? atau kurangnya tidur sangat erat kaitannya dengan obesitas dan ada penelitian yang melaporkan bahwa individu dengan berat badan berlebih cenderung lebih susah untuk tidur pulas. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins University School of Medicine melaporkan dalam 2012 American Heart Association Scientific Sessions di Los Angeles bahwa penurunan berat badan melalui diet atau kombinasi dari diet dengan olahraga dapat membantu masalah susah tidur atau dapat membuat tidur lebih nyaman. Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut! Penelitian yang dilakukan di John Hopkins ini berlangsung selama 6 bulan, dengan mengikuti 77 subjek dengan berat badan berlebihan atau subjek dengan obesitas yang menderita diabetes tipe 2 atau prediabetes. Pada permulaan dan akhir dari studi, para subjek mengisi survei dengan pertanyaan berkisar antara gangguan tidur. Peneliti juga mengukur IMT (Indeks Masa Tubuh) untuk mengikuti perubahan berat badan masing-masing sub [...]

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Apa yang Anda santap saat makan malam bisa memengaruhi kualitas tidur setelahnya. Jika di malam hari Anda kesulitan tidur dan gelisah, bisa jadi karena menu makan malam yang dikonsumsi salah. Maka dari itu agar bisa tidur nyenyak selama tujuh atau delapan jam penuh, pilih beberapa makanan ini dalam menu harian Anda.1. NasiBerdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 2000 responden di Jepang, makan nasi merupakan salah satu cara untuk terlelap tidur. Nasi, terutama nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana dengan glikemik indeks (GI) yang tinggi. Makanan dengan GI tinggi akan membuat tubuh menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak agar bisa mencernanya.Produksi insulin dan aktivitas organ dalam mencerna makanan akan membuat sel-sel tubuh kelelahan karena mengeluarkan banyak energi, sehingga yang timbul adalah rasa kantuk yang memicu kita tertidur. Namun makan nasi dalam jumlah banyak saat makan malam tidak disarankan karena bisa memicu kegemukan, penumpukan lemak serta diabetes. Konsumsilah nasi secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian dan sajikan bersama sayuran serta protein nabati.2. Susu HangatSusu merupakan sumber tryptophan, jenis asam amino yang diolah tubu [...]

Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan

Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan

Oleh dr. Alvin Nursalim Banyak pria mengkhawatirkan ukuran penisnya. Umumnya, pria merasa bahwa ukuran penisnya tidak cukup besar dan hal ini akan berdampak pada kepuasan pasangan saat berhubungan. Namun penelitian menunjukkan bahwa banyak pria meremehkan ukuran penis yang mereka miliki. Kekhawatiran pria akan ukuran penis sudah terlihat sejak zaman dahulu. Suku Indian mencoba memanjangkan penisnya dengan menggantung benda pemberat pada penisnya, dengan harapan penisnya akan bertambah panjang. Namun suku Topinama Brazil melakukan hal yang lebih ekstrim untuk memperbesar penis, yaitu dengan membiarkan ular mengigit penisnya. Namun apakah benar ukuran penis berhubungan dengan kepuasan pasangan? Mari kita bahas seluk beluk ukuran penis selanjutnya dengan tombol klik 'next'. Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan Banyak pria mengkhawatirkan ukuran penisnya. Umumnya, pria merasa bahwa ukuran penisnya tidak cukup besar dan hal ini akan berdampak pada kepuasan pasangan saat berhubungan. Namun penelitian menunjukkan bahwa banyak pria meremehkan ukuran penis yang mereka miliki. Kekhawatiran pria akan ukuran penis sudah terlihat sejak zaman dahulu. Suku Indian mencoba mem [...]

Tas Sekolah Bisa Rusak Tulang Anak

Tas Sekolah Bisa Rusak Tulang Anak

Sulit dipungkiri,belakanganini banyak sekali anak sekolah yang memakai tas punggung yang bebannya terlalu berat. Padahal beban yang mampu diangkat oleh seorang kanak-kanak hanya 5-15 % dari berat tubuhnya. Pasalnya, jika beban tas sekolah melebihi bebannya bisa-bisa yang jadi korban masa depan kesehatan tubuh anak. Tidak tanggung-tanggung, punggung anak jadi cenderung rusak melengkung. Bagaimana bisa? Sebelum kita mengerti lebih jauh, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana proses pertumbuhan tulang kita dan pengaruh sebuah faktor beban yang ditanggungnya. Tas Sekolah Bisa Rusak Tulang Anak Sulit dipungkiri,belakanganini banyak sekali anak sekolah yang memakai tas punggung yang bebannya terlalu berat. Padahal beban yang mampu diangkat oleh seorang kanak-kanak hanya 5-15 % dari berat tubuhnya. Pasalnya, jika beban tas sekolah melebihi bebannya bisa-bisa yang jadi korban masa depan kesehatan tubuh anak. Tidak tanggung-tanggung, punggung anak jadi cenderung rusak melengkung. Bagaimana bisa? Sebelum kita mengerti lebih jauh, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana proses pertumbuhan tulang kita dan pengaruh sebuah faktor beban yang ditanggungnya. [...]

Jerawat Terus Muncul di Area Dagu, Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Jerawat Terus Muncul di Area Dagu, Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Timbulnya jerawat di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Tapi tak hanya itu, jerawat juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh.Menurut penelitian, tumbuhnya jerawat bukan hanya karena penumpukan sel kulit mati, penyumbatan pori dan adanya bakteri pada wajah. Letak jerawat di bagian-bagian tertentu wajah bisa berarti sinyal yang dikirimkan tubuh untuk memberitahu ada sesuatu yang tidak beres pada organ dalam.Jika Anda merasa jerawat di area sekitar mulut dan dagu tak kunjung hilang meskipun sudah menggunakan obat pembasmi jerawat, ada kemungkinan ginjal Anda bermasalah. Pakar kesehatan holistik John Tsagaris menjelaskan bahwa penyebab timbulnya jerawat di area mulut umumnya adalah perubahan hormon dan stres.Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Sementara jerawat di area dagu, bisa menandakan adanya ketidakseimbangan fungsi ginjal. Seperti dikutip dari Daily Mail, John mengatakan bahwa kurang minum bisa mengganggu fungsi ginjal. Ketika tak bekerja optimal, itu bisa terlihat dari munculnya jerawat di area dagu."Anda harus menjaga organ tubuh berfungsi dengan semestinya dan tidak memperlakukannya seperti mesin. Ingat selalu bahwa tidur [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *