Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pada dasarnya sendawa adalah hal yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sendawa menjadi pertanda kebaikan untuk bayi karena dia sedang mengeluarkan kelebihan gas dari dalam perutnya. Saat kita bernapas, udara yang kita hirup mengandung gas-gas, seperti nitrogen dan oksigen. Begitu juga saat makan atau minum, mulut Anda tidak hanya memasukkan makanan dan air, melainkan juga gas. Gas yang berlebih di dalam perut kemudian akan naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut sebagai sendawa. Sendawa Penting bagi Bayi Sendawa mungkin adalah kondisi yang sederhana bagi orang dewasa, namun sendawa merupakan hal yang penting dilakukan pada bayi. Saat bayi minum, gelembung udara di dalam minumannya akan masuk dan mengumpul di dalam perut. Mengondisikan bayi bersendawa akan mencegah perut bayi terasa kembung. Selain itu, sendawa juga dapat meringankan bayi yang sedang mengalami kolik dan asam lambung berlebih. Sebagai perbandingan, bayi yang mengonsumsi susu dari botol perlu lebih sering bersendawa daripada yang menyusu langsung ke payudara. Hal ini dikarenakan lebih banyak gelembung udara yang terdapat dalam susu botol dibandingkan jika menyusu dari payudara. Berikut ini hal-hal [...]

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Mengonsumsi susu sapi menjadi salah satu rutinitas yang masih dilakukan banyak orang, misalnya untuk sarapan. Namun ada juga yang memilih untuk tidak mengonsumsi minuman kaya kalsium ini karena intoleransi laktosa (tidak memiliki enzim untuk mencerna gula susu - laktosa) atau ingin menghindari susu yang mengandung lemak hewani.Sebagai gantinya, hadir susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, mete, edamame, dan lain sebagainya yang dipercaya memiliki kandungan lemak lebih rendah serta kaya akan asam lemak esensial yang baik untuk tubuh. Tapi benarkah susu yang terbuat dari kacang atau sari nabati ini lebih sehat dari susu hewani?Dipaparkan oleh ahli gizi Leona Victoria Djajadi, susu yang terbuat dari kacang-kacangan memang terbukti memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih rendah. Susu hewani pada umumnya diperkaya dengan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dipadatkan dalam bentuk cairan."Sementara kalau kacang-kacangan kan tujuannya dimakan utuh sebagai penganan. Sehingga kalau dijadikan susu, protein dan seratnya tidak semua menjadi bagian dari susu tersebut," ujarnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (17/11/2015).Baca Juga: 50 Foto Before- [...]

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Meski pada prinsipnya makanan yang digoreng itu pada dasarnya tidak menyehatkan, hampir bisa dipastikan makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang digunakan berulang berkali (jelantah) diyakini lebih berbahaya. Terkadang di rumah atau restoran pun minyak goreng di dapurnya digunakan secara berulang-ulang kali. Atau umum disebut dengan istilah jelantah. Sehatkah hal tersebut? Hal yang pasti, tidak sehat. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasannya. Penggunaan minyak goreng yang berulang kali mengakibatkan oksidasi dan hidrogenasi dari minyak. Dimana jika makanan yang digoreng menggunakan jelantah berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel di tubuh jika dimakan. Lebih lanjut, kerusakan sel yang ada juga menenggarai penyakit diabetes. Bahaya Jelantah untuk Wanita yang Ingin Hamil Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk timbul diabetes gestasional (suatu jenis kondisi diabetes yang ditemukan pada awal kehamilan). Menariknya adalah asosiasi makanan gorengan dengan timbulnya diabetes selam [...]

Jenis-jenis Penyakit Jantung Bawaan

Jenis-jenis Penyakit Jantung Bawaan

Tahukan Anda setiap tahunnya lebih dari 45.000 bayi lahir dengan kelainan jantung di Indonesia? Ketidaktahuan masyarakat dan minimnya informasi yang sampai ke masyarakat mengenai penyakit ini masih menjadi masalah di Indonesia. Penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan kelainan yang di dapat bayi sejak masih dalam kandungan akibat gangguan pembentukan dan perkembangan jantung. Hal ini menyebabkan perubahan aliran darah normal di jantung. Jantung terdiri dari empat ruangan, dua di kanan dan dua kiri. Jantung menggunakan masing-masing ruangan di kanan dan kiri untuk melaksanakan tugas utamanya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung bagian kanan bertugas untuk memompa darah ke paru-paru sedangkan bagian kiri jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Terdapat berbagai macam kelainan jantung bawaan. Mulai dari adanya lubang pada pembatas antar ruang jantung hingga kelainan yang lebih kompleks seperti kombinasi beberapa kelainan, kelainan letak pembuluh darah ke dan dari jantung, dan gangguan-gangguan serius lainnya yang berhubungan dengan perkembangan jantung yang tidak sempurna. Berikut adalah beberapa kelainan jantung bawaan secara garis besar: [...]

Tetap Sadar Saat Keluar Tempat Dugem

Tetap Sadar Saat Keluar Tempat Dugem

Bersenang-senang di tempat hiburan malam tak selamanya harus ditemani minuman beralkohol. Apalagi untuk Anda yang menyetir sendiri. Pastikan keluar klub malam dengan keadaan sadar. Jangan sampai terjadi hal yang disesali karena Anda mabuk. Berikut beberapa tips untuk menolak tawaran minuman beralkohol. 1. Tolak dengan Alasan JituMeskipun yang menawari Anda minum adalah pria setampan Robert Pattinson, tetap katakan tidak. Ada beberapa alasan yang (biasanya) manjur membuat orang berhenti menawari minuman. "Tidak, terima kasih. Saya harus menyetir sendiri malam ini." "Tidak, terima kasih. Saya masih pusing karena banyak minum kemarin malam." "Tidak, terima kasih. Saya tidak minum."2. Jangan Berdiam DiriNgobrol, santap camilan, foto-foto, dan berdansa. Dengan menyibukkan diri, orang lain tak punya kesempatan untuk menawari Anda minum. 3. Minuman BersodaUntuk Anda yang sungkan menolak, ada triknya. Minta ke bartender untuk menuang minuman bersoda ke dalam gelas pendek - yang biasa digunakan untuk minuman beralkohol. Ketika ada yang menawari minum, Anda tinggal bilang, 'minuman saya belum habis."4. Ambil & BuangSatu lagi trik untuk Anda yang merasa tak enak hati menolak tawaran [...]

Dampak dari Partikel Nano

Dampak dari Partikel Nano

Tes yang melibatkan ayam telah menimbulkan banyak pertanyaan tentang dampak terhadap kesehatan dari rekayasa partikel nano, butiran yang sangat halus yang biasa digunakan pada obat dan makanan olahan. Ayam tersebut diberikan partikel polistiren dosis tinggi sebanyak 50 nanometer dalam diet mereka, menurut studi baru. Pada saat yang sama, burung yang diberikan dosis ini memiliki "perubahan bentuk" pada usus vili mereka, proyeksi mikroskopis yang menyerupai jari yang memainkan peran penting dalam menyerap nutrisi. Perubahan ini berarti bahwa vili memperluas area permukaan yang tersedia untuk menyerap zat besi. Penyerapan kalsium, seng tembaga, dan vitamin A, D, E dan K pada usus juga dapat dipengaruhi oleh eksposur partikel nano yang tinggi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki ini, kata para penulis, seperti dilansir dari abc.net.au, senin (13-02-2012). Tim yang dipimpin oleh Michael Shuler dari Cornell University di New York, menguji partikel pada ayam sebagai pengganti usus manusia dan digunakan juga sel dari lapisan usus manusia. Ayam-ayam tersebut diberi dosis yang sama, seperti dosis pada manusia dewasa di negara maju. "Lapisan epitel usus merupakan ger [...]

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini. Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiap [...]

Kenali Berbagai Risiko Pemakaian Lensa Kontak

Kenali Berbagai Risiko Pemakaian Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak mulai banyak digemari oleh mereka yang memiliki kelainan refraksi. Selain mudah digunakan, terdapat berbagai pilihan warna yang dapat ?mempercantik? mata. Berbagai kelainan refraksi yang dapat dikoreksi diantaranya miopia, hiperopia, astigmatisme, dan presbiopia. Meskipun lensa kontak merupakan salah satu cara mudah untuk memperbaiki kelainan refraksi, penggunaannya tidak berarti bebas risiko. Pada dasarnya, lensa kontak merupakan ?benda asing? bagi mata, sehingga terkadang akan muncul rasa tidak nyaman atau iritasi pada mata. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam) Meskipun jarang terjadi, terdapat beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat pemakaian lensa kontak, pada halaman beriikut diantaranya: Kenali Berbagai Risiko Pemakaian Lensa Kontak 1. Mata kering 2. Masalah pada kornea: � Infeksi kornea (keratitis) yang jika tidak segera diterapi dapat menyebabkan kebutaan � Pembengkakan dan pandangan kabur akibat kornea kekurangan oksigen (hipoksia) � Goresan atau luka pada kornea � Perubahan bentuk kornea 3. Reaksi alergi akibat cairan lensa kontak 4. Peradangan pa [...]

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih lelap. Namun juga ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut daftar makanan dan minuman tersebut.Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi1. Air mineralRasa haus suka diikuti dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda membuka lemari es atau lemari makanan, ada baiknya meminum satu sampai dua gelas air putih terlebih dahulu. Tunggu selama sekitar 10 menit, jika perut Anda masih terasa lapar, baru Anda bisa memakan camilan.2. SusuTriptofan dan asam amino yang terkandung dalam susu dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pada dasarnya triptofan membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, serotonin inilah yang memberikan rasa kantuk dan merilekskan tubuh. Sebagai bonusnya, Anda pun dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu. Jangan lupa untuk memilih susu yang rendah lemak.3. Kacang-kacanganMakanan yang kaya akan antioksidan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ada lagi bangun tengah malam karena kelaparan. Kacang juga memban [...]

6 Mitos Seputar Menstruasi

6 Mitos Seputar Menstruasi

Benarkah selama masa haid sebaiknya tidak mencuci rambut dulu? Faktanya adalah salah. Mencuci rambut adalah hal yang kita lakukan dalam menjaga kebersihan kulit kepada dan rambut. Tidak hanya dapat menyehatkan, Anda juga terjauh dari kondisi penyakit kulit kepala dan rambut akibat kuman dan kulit kepala kotor. Mitos lainnya seputar menstruasi masih banyak salah kaprah beredar. Tidak sedikit khalayak yang masih melakukan praktik kesalahkaprahan tersebut. Apa sajakah mitos dan fakta seputar menstruasi yang masih kerap salah paham di masyarakat? Berikut penjelasan selengkapnya: 1. Mitos: Dilarang berolahraga selama menstruasi Fakta: Kecuali Anda mengalami kram parah (dismenorea) atau volume darah menstruasi yang berlebihan (menoragia) yang mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan fisik, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga selama menstruasi. Bahkan, banyak ahli kesehatan merekomendasikan olahraga selama menstruasi untuk membantu mengurangi kram. Fakta dan Mitos Seputar Haid 2. Mitos: Minum obat nyeri haid dapat mengakibatkan rahim kering Fakta: Dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam u [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *