Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, secara tak sadar berbagai permasalahanan kesehatan mulai berdatangan. Mulai dari yang ringan seperti mudah lelah, kekurangan zat besi, hipertensi, kolestrol hingga yang cukup berat seperti osteoporosis, diabetes, hingga kanker.Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan yang disantap setiap harinya agar selalu dalam kondisi bugar. Seperti apa?1. Hindari Makanan Cepat SajiMengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tak jenuh di dalamnya dapat mengakibatkan pembengkakkan pada tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebab utama dari obesitas atau kelebihan berat badan. Kandungan sodium tinggi yang terdapat di makanan cepat saji juga bisa membuat tekanan darah meningkat dan kerja jantung menjadi melemah.Sehingga tak ada salahnya Anda menghindari makanan cepat saji dan bertanya kepada restoran tentang daftar kandungan yang terdapat pada makanan yang disajikan. Baca juga info produk dalam setiap kemasan yang dibeli di supermarket untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.2. Kurangi Makanan ManisMeski makanan m [...]

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

Kelapa adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Dengan iklim tropisnya, mudah sekali menemukan pohon kelapa di hampir seluruh penjuru Indonesia. Bahkan di daerah pedesaan, setiap keluarga setidaknya memiliki pohon kelapa di halaman atau perkebunan mereka. Salah satu yang bisa dirasakan manfaat dari buah kelapa adalah airnya. Air kelapa dikenal memiliki rasa menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. Tapi apakah Anda tahu kalau air kelapa juga memiliki manfaat lain selain mengusir haus? Berikut 8 manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui: 6 Manfaat Sehat Air Kelapa Sebagai menu diet Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kenaikan berat badan ketika mengkonsumsinya. Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera. Mengatasi keluhan pencernaan Jika Anda memiliki keluhan pencernaan seperti mual dan muntah atau diare, minumlah air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala karena tidak menyebabkan mual, kembung dan nyaman dikonsums [...]

7 Tips Menjaga Kesuburan

7 Tips Menjaga Kesuburan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda. Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield. 1. Usia dan Fertilitas Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun. 2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual) Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil. 3. Hindari merokok Wanita yang merokok 20 batang sehari [...]

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Wasir memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam di antaranya kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu yang lama, masalah pencernaan kronis serta diet rendah serat. Pada umumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan berpotensi mencegah atau mengurangi gejala. Inilah empat jenis makanan yang dapat mengatasi wasir: 1. Yoghurt dan kefir Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus. Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: 2. Sayur dan buah-buahan Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, k [...]

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Mati suri dalam dunia medis sering disamakan dengan pengalaman mendekati kematian alias near death experience (NDE). Pengalaman ini sendiri sering dikategorikan ke dalam berbagai dimensi mulai dari psikologis, fisiologis, dan penjelasan transendental. Sebagian ahli memprediksi bahwa peristiwa mati suri sebagai sebuah fenomena halusinasi yang disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Sementara para peneliti lainnya menganggap hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya kesadaran atau pikiran yang bukan berasal dari aktivitas otak. Namun hingga saat ini, fenomena mati suri belum dapat sepenuhnya dijelaskan. Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Mati Suri? Beberapa hal di bawah ini bisa menjelaskan kenapa mati suri bisa terjadi pada seseorang. Terkait dengan fase tidur Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya mati suri adalah fase tidur Rapid Eye Movement (REM) atau fase nyenyak, yaitu ketika seseorang mengalami mimpi. Fase ini melibatkan adanya kelumpuhan otot utama, sistem pernapasan yang berjalan lebih cepat, dan cepatnya gerakan mata. Saat fase ini mengalami gangguan, maka seseorang mungkin mengalami kelumpuhan sementara saat bangun dari tidur. Hal lain yang mungk [...]

Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

PeduliSehat.info - Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar? Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam? Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya: 1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak. Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang b [...]

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

Pengetahuan terus berkembang, berbagai penelitian dilakukan untuk mengamati efek buruk dari merokok dan pengaruh asap rokok terhadap orang lain. Tentu Anda sudah akrab dengan bahaya dari menghisap rokok. Asap rokok mengandung berbagai zat racun yang bersifat toksik bagi tubuh dan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan keganasan. Bahaya rokok tidak hanya terbatas pada perokok aktif, namun juga pada mereka yang menghisap asap rokok. Terdapat dua penelitian terbaru terkait perokok pasif yang perlu kita ketahui, apa saja itu? Berikut penjelasannya: 1. Bahaya asap rokok bagi anak-anak Bertambah lagi satu penelitian tentang bahaya rokok pada anak-anak. Pada anak dari orang tua yang merokok, terjadi peningkatan ketebalan arteri. Peningkatan ketebalan arteri ini tentu meningkatkan risiko anak untuk terkena berbagai penyakit, khususnya penyakit terkait pembuluh darah jantung. Hal ini khususnya terlihat pada anak dengan kedua orangtua yang merokok. (Baca: Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa). Asap rokok dari hasil rokok orang tua akan memaparkan asap yang beracun pada anak-anak. Anak-anak ini memiliki risiko yang lebih ting [...]

7 Tips Atasi Ngorok

7 Tips Atasi Ngorok

Bagaimana tidur Anda semalam? Apakah nyenyak atau Anda terganggu dengan ngorok mitra ranjang Anda? Kebiasaan mendengkur atau mengorok tidak hanya mengganggu orang yang tidur di samping kita. Tapi juga dapat mengganggu kesehatan sang pengorok itu sendiri. (Baca: Mengorok Berpotensi Kematian) Sekitar 75% orang yang mendengkur ketika tidur mengalami obstructive sleep apnea yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Ikuti tips-tips di bawah ini yang dapat membantu Anda menghentikan timbulnya dengkuran. 1. Ubah posisi tidur Saat tidur terlentang, pangkal lidah jatuh ke dinding belakang kerongkongan, menyebabkan suara bergetar ketika tidur. Tidur dengan posisi miring dapat membantu mencegah hal ini terjadi. Jika dengan perubahan posisi masih terdapat dengkuran, mungkin sudah ada obstructive sleep apnea. 2. Turunkan berat badan Penurunan berat badan dapat membantu beberapa orang dengan kebiasaan tidur mendengkur. Peningkatan lemak pada daerah leher menekan diameter internal kerongkongan, sehinga lebih mungkin tertutup dan menyebabkan suara dengkuran. (Baca: Perlukah Menurunkan Berat Badan?) 3. Hindari konsumsi alkohol Alkohol dan sedative mengurangi tonus istirahat otot bagian belakan [...]

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

Seiring pertambahan usia, metabolisme pun melambat. Proses pembakaran kalori dan energi jadi tidak sesempurna di waktu masih berusia remaja atau awal 20 tahunan sehingga lemak jadi cepat menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Waktu dan pertambahan usia memang tidak bisa dicegah, tapi untuk menjadi sehat dan memiliki berat tubuh ideal sampai tua, itu adalah pilihan.Sejumlah penelitian telah menemukan beberapa cara agar tubuh tetap ideal dan tidak mudah naik berat badan. Cara-cara yang telah terbukti secara ilmiah ini mungkin bisa Anda coba untuk menghindari kegemukan dan terkena berbagai penyakit di usia tua.1. Jangan Melewatkan SarapanSarapan merupakan waktu makan terpenting dalam keseharian manusia. Selain untuk menjaga tingkat energi untuk beraktivitas hingga siang hari, sarapan juga mencegah obesitas. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan, risiko mengalami obesitas 4,5 kali lebih besar ketimbang yang rajin makan pagi. Tidak mengonsumsi makan bernutrisi di pagi hari akan membuat perut kelaparan sebelum siang. Alhasil, Anda jadi kalap dan makan berlebihan saat makan siang. Pilihlah menu sarapan yang mengandu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *