Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apa yang membuat sel menua? Tentu karena proses kelelahan dan kerusakan. Namun secara biologis, dr. David Sinclair seorang profesor bidang genetik dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa penyebab dari penuaan sel adalah berkurangnya oksigen yang akan memicu signal bahwa sel tersebut harus mati. Tanpa oksigen, mesin energi yang dinamakan mitokondria akan tidak efektif dalam merubah bahan bakar fisiologis untuk sel tubuh seperti glukosa yang dibutuhkan untuk kelangsungan sel sehingga memicu kematian sel. Pada penelitian yang diproduksi dalam jurnal Cell, Sinclair dan teman-temannya menemukan zat yang benar-benar dapat membuat sel hidup menjadi lebih muda. Mereka menemukan bila memberikan zat yang dinamakan NAD pada suatu jaringan pada tikus yang berusia 2 tahun selama 1 minggu, jaringan tersebut dapat berubah menjadi jaringan sesuai dengan tikus usia 6 bulan (pada manusa dapat disamakan dengan jaringan pada orang usia 60 tahun berubah seperti jaringan tubuh usia 20 tahun). Dengan penuaan, kadar NAD akan turun sebanyak 50%, dengan berkurangnya zat ini maka sel akan lebih rentan terhadap efek-efek penuaan seperti peradangan, berkurangnya masa otot, sert [...]

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan. ?Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan pengyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,? ujar para peneliti. Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang me [...]

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa. Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak. Pahami arti Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi. Bersama orang tua Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa. Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa: Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase bia [...]

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Menurut riset, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia dengan usia lebih dari 10 tahun kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Padahal buah-buahan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kesehatan tubuh. Hal itu dipaparkan oleh pakar gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.Kiwi, merupakan salah satu dari buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter yang tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia) itu juga menjelaskan, buah kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar."Wanita yang ingin langsing makan serat yang banyak karena serat dari buah itu kalorinya tidak tinggi. Dalam buah kiwi tidak hanya serat tapi juga memiliki vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk dan vitamin E yang lima kali lebih tinggi dibanding apel makanya bagus buat tubuh," tutur Fiastuti saat workshop Zespri Kiwifruit di Club House, Ecopark Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa (30/4/2013).Oleh karena itu, perusahaan kiwi asal New Zealand, Zespri, ingin mengajak masyarakat Indonesia makan buah secar [...]

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Hanya makan sup, bisakah mengenyangkan perut seharian tanpa menyantap makanan lain? Mungkin terdengar mustahil, tapi hal itu bisa saja terjadi.Sejumlah ilmuwan telah mengembangkan produk sup mengandung sari pati khusus yang perlu waktu lebih lama untuk dicerna. Proses pengolahan di dalam tubuh yang memakan waktu lama, membuat perut juga terasa kenyang lebih lama.Dalam sebuah percobaan, sup tersebut dimakan setiap hari dan terbukti mengurangi jumlah konsumsi makanan lainnya pada responden. Sup istimewa ini dikembangkan sebagai bagian dari Project Satin, sebuah proyek ilmiah di bidang makanan, Satin (Satiety Innovation). Dikutip dari Daily Mail, bahan utama dari sup ini adalah karbohidrat kompleks yang juga dinamakan dengan tahan pati. Karbohidrat tahan pati terkandung di dalam biji-bijian dan lentil seperti kedelai dan polong-polongan. Karbohidrat tahan pati juga banyak terdapat pada kentang, pasta gandum dan nasi yang dimasak dan dibiarkan mendingin sebelum dimakan. Karbohidrat kompleks tidak bisa dicerna sempurna oleh usus kecil, dimana sebagian besar proses pencernaan terjadi. Bahan tahan pati ini akan dicerna begitu mencapai usus besar dan ketika dicerna oleh bakteri di dalam [...]

3 Olahraga Penambah Mesra Pasangan

3 Olahraga Penambah Mesra Pasangan

Manfaat olahraga bagi kesehatan sudah diketahui secara umum, bahkan manfaatnya terhadap kualitas kehidupan seksual pun sudah bukan rahasia lagi. Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata olahraga juga dapat membantu menjaga keintiman Anda dengan pasangan. Bagaimanakah hal ini dapat terjadi? Salah satu manfaat langsung saat kita olahraga adalah meningkatnya hormon endorfin. Hormon ini berfungsi membuat kita merasa senang, bahagia dan bersemangat. Nah, apabila Anda melakukan olahraga bersama dengan pasangan Anda, maka perasaan senang ini akan membantu Anda berinteraksi dengan menyenangkan dan berpotensi menambah keintiman kalian berdua. Lalu olahraga apa sajakah yang dapat dilakukan? Berikut adalah tiga jenis olahraga sederhana yang dapat menambah keintiman Anda dengan pasangan: 1. Yoga Latihan yoga sebenarnya jenisnya bermacam-macam, contohnya Hatha yoga, Ashtanga, Bikram, dan lainnya. Akan tetapi, yoga merupakan bentuk aktivitas yang sebenarnya dapat dilakukan sendiri maupun berpasangan. Apabila dilakukan berpasangan, yoga dapat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan pasangan. Pose-pose yoga yang dilakukan secara berpasangan tentunya membutuhkan koordinasi k [...]

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Pada umumnya angioplasti berperan meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent. Sebagian stent dilapisi obat-obatan yang membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Penempatan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit. Peran Angioplasti Secara umum angioplasti adalah solusi untuk gangguan kesehatan berikut: Untuk memperbaiki aliran darah ke jantung yang tersumbat pada pengidap aterosklerosis, antara lain gejalanya adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis, yaitu pengerasan [...]

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

Berhati-hatilah bagi Anda yang sering meminjam telepon genggam orang lain. Menurut penelitian, handphone merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri.Sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine pada 390 handphone, menemukan bahwa hampir semua ponsel mengandung bakteri. Beberapa di antaranya mengandung 1000 jenis kuman, seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan E.Coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan.Selain handphone, para peneliti percaya ada beberapa benda yang berbahaya jika dipakai secara bergantian karena bisa menularkan bakteri jahat. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berikut empat benda tersebut.1. Keyboard dan Mouse KomputerSebuah jajak pendapat yang dibuat oleh lembaga konsumen, Which? menemukan bahwa keyboard komputer di kantor-kantor mengandung kuman lima kali lebih banyak dari dudukan toilet. Begitu juga dengan mouse komputer, menurut University of Arizona, rata-rata mouse mengandung 1.676 mikroba per inci persegi.Hal tersebut tentu tidak terlalu mengejutkan karena 10 persen dari pekerja kantor mengklaim tidak pernah membersihkan keyboard mereka. Hal ini semakin diperparah dengan [...]

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu. Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini. Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini. Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri? Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya. Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV. Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, ata [...]

Fakta dan Mitos Seputar Air Minum

Fakta dan Mitos Seputar Air Minum

Air minum adalah kebutuhan penting dalam asupan kita sehari-hari. Menahan lapar tentu akan lebih mudah daripada menahan haus, bukan? Akan tetapi, banyak sekali hal-hal seputar air minum yang saat ini beredar. Sebut saja beberapa diantaranya seperti; "benarkah minum air dingin bisa membuat Anda gemuk?"; atau mitos yang populer beredar diantara penggiat pusat kebugaran: "kalau mau otot yang 'kering' hindari garam." Ketahuilah semua hal itu mitos dan tidak benar adanya. Dalam acara seminar Hidrasi Sehat saat Berolahraga yang berlangsung di Ritz Carlton tanggal 11 Juni 2013, dr. Samuel Oetoro, SpGK mengungkapkan beberapa fakta terkait mitos-mitos yang beredar tentang air minum dan hidrasi. Berikut beberapa diantaranya. Mitos #1: Minum Air Tidak Boleh Dingin Karena Akan Membuat Gemuk Hal ini Hanyalah MITOS dan TIDAK BENAR Suhu air minum setelah masuk ke dalam tubuh akan dihangatkan ataupun didinginkan sesuai dengan suhu sistem pencernaan, sehingga suhu air tidak akan mempengaruhi penyerapan lemak. Akan tetapi apabila sedang berolahraga hindarilah mengkonsumsi air yang terlampau dingin atau yang terlampau panas. Hal ini karena suhu inti tubuh sedang tinggi akibat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *