Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penderita Progeria Kemungkinan Bisa Diobati

Penderita Progeria Kemungkinan Bisa Diobati

Penyakit penuaan dini atau disebut dengan Progeria akibat kelainan genetika yang menyerang seseorang tanpa penyebab jelas, kemungkinan dapat diatasi oleh obat yang biasa digunakan secara umum seperti dilansir dalam BBC News hari ini, berdasarkan kemajuan hasil penelitian Prof Christopher Hutchinson di Durham University, Inggris. Progeria yang berasal dari bahasa Yunani yaitu geras yang mempunyai arti usia tua, merupakan kelainan genetik yang tidak terdeteksi akibat tingginya senyawa oksigen reaktif yang merusak gen DNA sebanyak 5-10 kali lebih tinggi sehingga mengalami penuaan diri secara dini hingga mencapai 8 kali lipat dari proses penuaan normal pada tubuh manusia. Umumnya progeria baru terlihat setelah anak berusia 1 tahun, dimana saat dikandungan hingga lahir usia 0-1 tahun bayi tetap terlihat normal, kemudian mengalami proses penuaan yang drastis dengan contoh perbandingan usia 10 tahun namun telah mengalami proses penuaan layaknya manusia usia 80 tahun. Tak ayal umumnya penderita progeria hanya bisa mencapai maksimal usia 13 tahun dan meninggal akibat mengalami gagal jantung. Dengan penemuan akan penggunaan N-acetylcysteine, yang umum digunakan dalam berbagai macam pengobat [...]

Miras Oplosan dan Bahayanya

Miras Oplosan dan Bahayanya

Tidak semua orang pernah mendengar atau mengetahui tentang etanol. Namun, kita semua sangat awam tentang minuman keras atau minuman beralkohol. Mungkin tidak semua pernah mengonsumsi, namun paling tidak mengetahui dampak negatif mengonsumsinya. Minuman keras atau minuman beralkohol yang sering kita dengar tersebut sebenarnya mengandung etanol. Terdapat 3 jenis minuman beralkohol atau minuman keras, yaitu: bir, minuman anggur dan spiritus. Masing-masing dengan kadar etanol berbeda-beda. Spiritus dan vodka mengandung etanol yang telah mengalami proses pemurnian dan berada dalam kadar yang lebih tinggi. Kandungan etanol dalam minuman keras, seperti bir biasanya berkisar antara 4%-6%, namun ada produk yang dapat mencapai hingga 12%. Minuman anggur dapat mengandung 9%-16% etanol. Sedangkan produk dengan kadar etanol lebih tinggi seperti spiritus, dapat mengandung 20% hingga mencapai 96% etanol. Bagaimana oplosan bisa bermula? Berikut tinjauan sejarahnya: Sejarah Miras Oplosan Berdasarkan akar sejarahnya, minuman beralkohol sebenarnya dikonsumsi oleh mereka yang tinggal di dataran eropa maupun wilayah berudara dingin dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Namun, [...]

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Oleh: dr. Alvin Nursalim Kelainan bawaan lahir atau dalam istilah media dikenal dengan kelainan kongenital. Kelainan kongenital menyerang 1 dari 33 anak, dan diperkirakan 270.000 bayi meninggal dalam 28 hari pertama kehidupan mereka akibat kelainan kongenital. Apa saja tiga jenis kelainan kongenital yang umum ditemui? Apa saja hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya? 1. Gangguan Jantung kongenital Jantung yang sehat harus terdiri dari 4 ruangan yang terpisah dan dibatasi oleh empat katub jantung. Dalam keadaan yang tidak normal, ruangan jantung bisa saling terhubung oleh lubang pada dinding pemisah jantung atau bocornya katub jantung. Hal ini akan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal, sehingga darah tidak sampai pada organ-organ tubuh dengan baik. Anak akan mengeluh cepat lelah, lemas atau terlihat kebiruan akibat kurangnya oksigen yang sampai ke jaringan tubuh. 2. Defek tabung saraf (neural tube defect) Defek tabung saraf merupakan kelainan akibat penutupan yang tidak sempurna dari sum-sum tulang dan otak. Hal ini dapat menyebabkan bagian dari sum-sum tulang atau otak tidak dilapisi oleh kulit atau tulang tengkorak dan menonjol dari luar tubuh. Pen [...]

Kasih Ibu Meningkatkan Volume Otak Anak

Kasih Ibu Meningkatkan Volume Otak Anak

Berilah ketenangan yang lembut ke bayi Anda ketika sang buah hati menangis ataupun stres. Karena menurut sebuah penelitian terbaru, balita yang menerima dukungan positif dari seorang ibu selama bayi mengalami stres telah terbukti memiliki hippocampus yang lebih besar di tahun-tahun remaja mereka. Hippocampus adalah bagian dari otak yang membantu kita belajar, berurusan dengan stressor (pemicu stres), dan membantu dalam hal ingatan (memori). Ukuran hippocampus telah dikaitkan dengan faktor-faktor seperti peristiwa kehidupan yang penuh dengan stres dan depresi. Sebuah hippocampus yang memiliki volume yang lebih besar dapat meningkatkan dan membantu kelancaran performa gemilang di sekolah. Studi ini telah menunjukan bahwa balita yang menerima rasa aman dan umpan balik positif dari ibu mereka ketika bayi menyaksikan situasi yang penuh stres lebih mungkin untuk memiliki hippocampus yang lebih besar ketika dievaluasi oleh MRI pada tahun-tahun remaja dan pra-remaja. Joan Luby, MD, di Washington University School of Medicine di St Louis adalah salah satu peneliti utama pada proyek. Dokter Joan Luby dan timnya memberikan sebuah hadiah yang dibungkus untuk balita. Anak-anak diberitahu bahwa [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

Ingin anak Anda mencetak prestasi cemerlang di sekolah? Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk perlu perhatikan informasi nutrisi-nutrisi apa saja yang dapat mendukung tumbuh kembangnya guna mengoptimalkan prestasi sekolahnya. Sulit dipungkiri, nutrisi menjadi pemeran penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dimana pemeran kunci kesehatan ini tidak lain didapat dari makanan dan minuman yang diasupnya. Berikut ini adalah daftar 10 nutrisi yang penting bagi anak Anda. 10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak Ingin anak Anda mencetak prestasi cemerlang di sekolah? Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk perlu perhatikan informasi nutrisi-nutrisi apa saja yang dapat mendukung tumbuh kembangnya guna mengoptimalkan prestasi sekolahnya. Sulit dipungkiri, nutrisi menjadi pemeran penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dimana pemeran kunci kesehatan ini tidak lain didapat dari makanan dan minuman yang diasupnya. Berikut ini adalah daftar 10 nutrisi yang penting bagi anak Anda. 1. Vitamin A Vitamin A penting untuk kesehatan mata anak, terutama untuk penglihatan warna dan penglihatan di malam hari. Selain itu [...]

Inilah Penyebab ASI Sedikit

Inilah Penyebab ASI Sedikit

Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Beberapa faktor dapat mempengaruhi jumlah ASI yang dikeluarkan mulai dari faktor psikis ataupun lingkungan. (Baca: 9 Tips untuk Memperlancar ASI) Hal apa saja yang mejadi biang kerok ASI tidak produktif? Berikut adalah beberapa penyebab ASI keluar sedikit. Klik ?next? untuk selanjutnya. Inilah Penyebab ASI Sedikit Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting ba [...]

Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Harus Menjadi Bekal Tiap Orang

Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Harus Menjadi Bekal Tiap Orang

Resusitasi jantung paru (RJP) merupakan merupakan metode untuk mengembalikan fungsi napas dan atau sirkulasi tubuh yang terhenti. Resusitasi jantung paru bertujuan menjaga darah dan oksigen tetap beredar ke seluruh tubuh. RJP sendiri biasanya dilakukan kepada orang-orang yang mengalami henti jantung dan atau tidak mampu bernapas dengan benar. Contoh yang mana RJP diperlukan adalah pada mereka yang tidak bernapas dengan benar dan atau denyut nadinya terhenti setelah mengalami kecelakaan, tenggelam, atau serangan jantung. Male instructor showing CPR on training doll Selain itu, RJP juga wajib diberikan jika orang yang mengalami kecelakaan tidak bergerak atau tidak merespons tindakan penyadaran yang diberikan orang lain. Untuk melakukan RJP, seseorang disarankan sudah pernah menjalani pelatihan medis dasar. Inilah Tahapan-tahapan Melakukan Resusitasi Jantung Paru Tahapan melakukan tindakan penyelamatan melalui RPJ disingkat menjadi C-A-B yang merupakan singkatan dari compression, airways, dan breathing. Compression atau kompresi adalah tahap menekan dada, selanjutnya airways adalah membuka jalur pernapasan, dan breathing adalah memberi bantuan napas. Di bawah ini adalah sedikit [...]

Anak Gemuk Berisiko Hipertensi

Anak Gemuk Berisiko Hipertensi

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa anak gemuk berisiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Penelitian yang berlangsung di Indiana, Amerika Serikat ini meliatkan 1.111 anak pada usia sekolah dengan rata-rata empat tahun. Dalam interval dua tahun sekali, para peneliti melakukan kunjungan sekolah dan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan merekam berat badan dan tinggi badan para anak-anak. Dari tindakan tersebut, ditemukan sedikitnya 40% dari jumlah anak-anak yang ada memiliki berat tubuh diatas rata-rata pada usianya, dan dari bagian 40% tersebut 14% diantaranya memiliki tekanan darah lebih tinggi dari normal. Sementara pada anak-anak yang memiliki berat tubuh normal, ditemukan hanya 5% yang memiliki tekanan darah tinggi. ?Penelitian ini menunjukkan bahwa kita harus benar-benar perlu khawatir mengenai anak-anak yang dalam kategotri kelebihan berat badan,? ujar dr. Stephen R. Daniels, PhD., Ketua Departemen Pediatri di University of Colorado of Medicine di Denver, Amerika Serikat. Ahli lainnya melihat temuan ini sebagai pemicu kewaspadaan yang harus disikapi oleh orangtua, dimana orangtua disini memiliki peranan paling penting untuk membantu kelangsungan masa perkembangan tubuh s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *