Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

576638_10200245131604944_817979157_n.jpg

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah.

Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014).

Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia.

Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, keluarga ataupun kerabatnya demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Beliau memilih di pelosok nan jauh di daerah timur Indonesia, tepatnya di Pulau Aru, Maluku Utara. Beliau rela bekerja siang dan malam, tanpa kenal lelah memberikan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat sekitar dengan senyum khasnya.

Tetapi, dibalik senyumannya, beliau diketahui sedang menghadapi penyakit mematikan yang dideritanya. Tak surut semangat, hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dengan keadaan, beliau tetap menjalankan tugasnya, mengobati yang sakit ketika beliau sendiri sedang melawan penyakit yang dideritanya.

Dirinya sekaligus tak dapat dipungkiri sebagai potret dari tenaga kesehatan di Indonesia. Di antara dera situasi penyebaran tenaga kesehatan yang masih jauh ideal merata, dirinya secara ksatria bernyali mengambil lokasi pelosok mengesampingkan penderitaannya.

PeduliSehat.info pernah mendengar cerita ksatria serupa, bagaimana seorang dokter rela diberikan balas jasa hanya sebesar duaribu rupiah sebagai ongkos pengobatannya. Atau dari belahan nusantara lain, bagaimana seorang dokter sudi memilih sebuah perahu tanpa cadik sebagai sarana vital praktiknya karena satu-satunya akses untuk mengunjungi pasiennya adalah hanya dengan berperahu. Ataupun sebuah kisah nyata yang haru, bagaimana sekelompok calon dokter yang tengah menjalani masa studi kedokterannya di sebuah rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia menyisihkan uang sakunya masing-masing untuk urunan biaya pengobatan seorang pasien yang tidak mampu.

Tak ubahnya dr. Andra, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, beliau berusaha untuk tetap tegar, tetap tersenyum dan tetap menunjukan semangat juangnya sebagai seorang Dokter. Di tengah perjuangannya, beliau akhirnya mau tak mau menyerah dengan penyakit yang dideritanya dan dinyatakan wafat pada 11 November 2015.

Rekan sejawat tercinta, dr. Andra. Terima kasih atas pengabdianmu, sungguh sebuah pukulan keras bagi kami yang telah kehilangan sosok dokter seperti dirimu. Semoga Tuhan senantiasa membalas pengabdianmu, membalas segala amal baikmu dan memberikan tempat yang paling mulia untukmu.

Selamat jalan dr. Dionisius Giri Samudra, semoga segala kebaikan selalu menyertai tidur panjangmu.

Artikel ini dipersembahkan untuk mengenang jasa dokter muda yang gugur dalam usahanya menyehatkan Indonesia, dr. Dionisius Giri Samudra.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah yang mengandung komposisi hemoglobin, berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut: Lesu dan lemas Cepat lelah Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga Sulit berkonsentrasi Pusing Sakit kepala Pucat Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki Sulit tidur Apa saja penyebab munculnya anemia? Klik next. Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah Bila gejala dan tanda tersebut sudah dialami dalam waktu cukup lama, maka perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Jika kadar hemoglobin rendah maka diagnosis anemia dapat ditegakkan. Anemia sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal seperti: Kekurangan zat besi, Kekurangan vitamin B-12, Penya [...]

Obat Baru untuk Sunburn

Obat Baru untuk Sunburn

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda suka berjemur? TIdak jarang Anda pernah mengalami sunburn (nyeri kulit akibat terbakar matahari). Tapi kini ditemukan cara baru untuk menghilangkan nyeri sunburn. Wolfgang Liedtke seorang neurologis dari Duke University, menemukan sebuah mokekul yang dinamakan TRPV 4 dimana bila molekul ini dihambat maka nyeri yang timbul akibat terbakar oleh karena sinar matahari atau sunburn dapat dieliminasi. Sunburn biasanya ditimbulkan oleh radiasi akibat sinar ultraviolet B (UVB) yang dapat merusak lapisan terluar dari kulit yang mengakibatkan kemerahan dan rasa terbakar. Dalam jumlah yang sedikit paparan terhadap UVB terkadang menguntungkan, dalam hal membantu proses pembuatan vitamin D di tubuh. Namun paparan yang berlebih dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan kulit. Penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), Liedtke dan kolega menemukan bahwa mereka dapat menghambat proses iritasi kulit akibat UVB. UVB mengiritasi kulit dengan mengaktivasi molekul TRPV4 yang mengakibatkan stimulasi ion kalsium yang memicu produksi molekul bernama endothelin yang mengakibatkan nyeri dan gatal. Mereka menunjukkan bah [...]

Prostetik Pengganti Fungsi Retina

Prostetik Pengganti Fungsi Retina

Manusia yang mengalami kebutaan, dalam 10 tahun kedepan mampu memiliki alat bantu melihat berupa alat prostetik yang mengirimkan sinyal elektrik ke otak sebagai pengganti fungsi retina dalam melihat objek. Alat prostetik penglihatan ini berhasil diterapkan pada tikus percobaan laboratorium oleh para peneliti dari Weill Medical College of Cornell University, Amerika Serikat. Selaku pimpinan penelitian, Neuroscientist Sheila Nirenberg melaporkannya dalam seminar TEDMED di San Diego dan menjelaskan kinerja alat tersebut dalam membentuk pola elektronik ke otak sehingga otak seakan mampu melihat garis luar dari suatu bentuk benda. Hal ini merupakan hasil pemahaman para peneliti terhadap kinerja retina dalam memberikan aktifitas elektronik ke otak dimana otak akan mempretasikan aktifitas elektronik tersebut dalam melihat, mendengan dan menjangkau suatu benda. Dengan demikian, prostetik melihat ini akan menjadi alat bantu yang sangat memberikan perubahan terhadap mereka yang memiliki kebutaan maupun hilangnya penglihatan akibat rusaknya retina oleh suatu penyakit tertentu. Diharapkan pengembangan lebih lanjut dan penyelesaian alat ini dapat segera digunakan bagi mereka yang membutuhkan te [...]

Mengapa Kentut Terus-Menerus?

Mengapa Kentut Terus-Menerus?

Kentut atau buang angin dapat mengganggu? Bukan hanya membuat diri sendiri tidak nyaman, namun juga dapat membuat orang lain tidak terganggu. Namun, buang angin sebenarnya merupakan suatu proses tubuh yang normal. Kentut berasal dari gas-gas yang terdapat di dalam saluran pencernaan. Gas-gas ini dapat berasal dari udara yang tertelan saat seseorang makan/minum terlalu cepat, berbicara sambil makan atau mengunyah permen karet. Selain itu, gas dalam saluran pencernaan juga dapat berasal dari hasil pencernaan makanan yang tidak sempurna di dalam usus seperti pada mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Gas-gas ini perlu dikeluarkan agar tidak membuat tubuh tidak nyaman karena kembung. Secara normal, seseorang dapat kentut sebanyak 13-21 kali dalam sehari. Namun, jika terlalu banyak kentut maka dapat menyebabkan gangguan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadi bagaimana sebaiknya menyiasatinya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Mengapa Kentut Terus-Menerus? Seperti yang disebutkan di atas, beberapa keadaan dapat membuat gas-gas di dalam saluran pencernaan menjadi lebih banyak. Kondisi-kondisi ini dapat dikendalikan agar membuat Anda tidak ter [...]

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada. Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati? Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini. Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Nam [...]

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Banyak dari kita yang bingung jika harus menyusun menu diet sehat dengan tujuan untuk menguruskan badan secara alami dan sehat. Seringkali, jika kita berhenti berdiet, maka berat badan akan kembali meningkat. Menu makanan diet bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan tetapi juga harus tetap dapat memberikan vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Marissa Lippert, RD., menyusun menu diet sehat yang kaya akan antioksidan, lemak baik, kafein, dan protein, yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme. Berikut menu diet sehat yang dapat Anda coba dalam 21 hari untuk menurunkan berat badan hingga 4-5kg. Pada minggu pertama, dapat dipilih 3 menu utama dan 1 snack (1200 kalori). Setelah itu, dapat ditambahkan lagi 1 snack/hari. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengikuti panduan menu setiap jam makan Anda sebagai berikut: Sarapan (250 - 300 kalori): 1. Blackberry-Almond Smoothie Campur (blender): - 1/2 cangkir susu kacang almond (almond milk); - 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak (yang tanpa rasa); - 1/2 cup buah beri; - 1/2 potong pisang; - 2 sendok teh biji ? bijian (grains); - sejumput bubuk kayu manis; dan - 1 sendok teh madu. 2. Telur dan Roti Pangg [...]

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

Nyeri saat senggama ataupun setelah senggama merupakan hal yang harus diperhatikan, apalagi jika hal ini terjadi berulang-ulang. Masalah ini biasanya menimpa kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan untuk menimpa kaum pria. Nyeri yang muncul dapat disebabkan oleh kurangnya pelumas (lubrikan) yang keluar dari alat kelamin wanita sehingga saat alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita akan timbul rasa nyeri. Nyeri yang dirasakan bersifat traumatis dan sulit dilupakan sehingga pada aktivitas seksual berikutnya, biasanya lubrikan yang kurang didukung oleh vagina yang tidak membuka, serta ingatan akan rasa nyeri tersebut akan memperparah rasa nyeri yang terjadi sehingga akan timbul nyeri yang lebih hebat lagi. Apakah dapat disepelekan? Berikut penjelasannya Normalkah Nyeri Ketika Berhubungan Seks? Masalah ini memang bukanlah masalah yang mengancam nyawa, tetapi membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan masalah psikologis pasangan sehingga dapat berdampak pada kehidupan rumah tangga seseorang. Nyeri saat dan setelah senggama dapat disebabkan oleh faktor usia, yaitu pada usia-usia pre-menopause ataupun pasca-menopause, pada usia ini fakto [...]

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Memiliki kamar dan lemari yang berantakan tidak selalu berarti menandakan 'penghuninya' orang malas atau tidak suka kerapihan. Menurut penelitian, kamar berantakan menandakan kalau pemiliknya mungkin orang yang kreatif dan berani menghadapi tantangan.Para ilmuwan dari University of Minnesota ingin meneliti apakah bekerja di tengah ruangan yang berantakan menimbulkan dampak positif terhadap performa kerja seseorang. Mereka pun merancang tahapan eksperimen untuk memeriksa efek suasana lingkungan dengan perilaku manusia.Penelitian melibatkan sekelompok mahasiswa yang dibagi menjadi dua grup. Grup pertama masuk ke dalam ruangan yang tertata rapi, sementara grup kedua di tempat yang berantakan. Semua responden kemudian diminta memikirkan cara baru dan kreatif menggunakan bola ping-pong.Grup yang berada di ruangan rapi dan berantakan sama-sama menyumbangkan banyak ide baru, namun kelompok kedua jauh lebih kreatif. Sebagai contoh, responden dari grup di ruangan yang berantakan menyarankan untuk menjadikan bola ping-pong sebagai pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi agar tidak terjadi gesekan yang membuat lantai lecet ketika kursi digerakkan. Sementara responden di kelompo [...]

Perawatan untuk Kebotakan

Perawatan untuk Kebotakan

Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan untuk Kebotakan Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan Kebotakan #1: Minoxidil Suatu jenis obat yang dijual bebas di pasaran dan telah disetujui oleh FDA. Kerjanya adalah dengan menstimulasi pertumbuhan rambut. � Efektivitas: Minoxidil ternyata terbukti bermanfaat untuk 2 diantara 3 pria. Obat ini sangat efektif bagi Anda yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang [...]

Sulit Tidur? Perhatikan Kembali Asupan Makanan Anda

Sulit Tidur? Perhatikan Kembali Asupan Makanan Anda

Banyak faktor yang bisa membuat Anda mengalami kesulitan tidur. Selain karena mengonsumsi kopi, makanan yang Anda makan sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kualitus tidur Anda.Menurut Elizabeth Somer, penulis buku 'The Food & Mood Cookbook', makanan pedas, bawang putih atau bumbu lain dengan cita rasa yang kuat dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Konsumsi bumbu serta MSG berlebihan sebelum tidur menurut Elizabeth akan mengakibatkan timbulnya mimpi yang tidak mengenakkan dan membuat tidur tak nyenyak.Selain itu, akan malam yang berlebihan juga menimbulkan masalah pencernaan. Akhirnya kondisi tersebut mengakibatkan penurunan kualitas tidur. Lebih baik makan banyak di siang hari ketimbang saat makan malam. Maksimal kalori yang dikonsumsi agar bisa tidur nyenyak adalah 500 kalori.Konsumsi sayuran yang mengandung gas di malam hari juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Hindari sayuran seperti brokoli, kol, dan kacang-kacangan di malam hari. Sayuran tersebut akan membuat asam lambung Anda naik, sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.Sebagai gantinya, peneliti dari University of Sydney, Australia, menyarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung glisemik tinggi seperti rot [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *