Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

minumbir.jpg

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.

Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.

Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.

Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.

Belum diketahui secara pasti kenapa para pengidap drinkorexia menganggap kalau minuman beralkohol bisa menggantikan makanan. Namun diduga informasi kandungan kalori dalam kemasan minuman yang jadi penyebabnya.

Jika ditelaah, dalam segelas wine putih mengandung 130 kalori. Itu setara dengan satu potong ayam dan satu potong tempe. Sedangkan bir lebih tinggi lagi, sekitar 200 kalori per gelasnya yang setara dengan dua potong ayam. Padahal yang sama hanya jumlah kalori sementara kandungan nutrisi berbeda jauh.

Adrienne Key, pakar kesehatan dari Priority Hospital mengatakan kini makin banyak orang terutama di Inggris yang mengganti asupan kalori dari makanan dengan wine, bir atau champagne secara reguler.

“Orang yang menolak makan biasanya akan berkata, ‘Aku membiarkan perutku kosong untuk segelas wine’. Orang kini cenderung menggunakan metode ini untuk mengontrol asupan makan namun dengan cara yang tidak benar,” tutur Adrienne, seperti dikutip dari Daily Mail.

Drinkorexia biasanya mengancam orang yang memang sudah mengalami gangguan makan. Tapi bagi yang tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, ancaman terkena drinkorexia tetap ada. Susan Ringwood dari Beat, organisasi non-profit yang khusus menangangi penderita gangguan makan mengatakan orang yang pola makannya normal juga berisiko mengidap drinkorexia.

“Biasanya orang akan minum-minum di akhir pekan. Sebenarnya tidak mutlak disebut dengan gangguan makan, tapi perilaku ini berhubungan dengan pola makan dan orang bisa terperangkap dalam kebiasaan yang sama secara jangka panjang,” jelas Susan.

Orang dengan drinkorexia umumnya beranggapan bahwa sedikit saja mengonsumsi alkohol bisa menggantikan asupan kalori harian mereka. Sehingga mereka merasa lebih baik minum segelas wine atau bir ketimbang menyantap makanan secara utuh. Padahal nutrisi yang dikandung dalam minuman jauh lebih sedikit ketimbang makanan. Hal itu bisa mengakibatkan terjadinya malnutrisi yang bisa berujung pada kematian jika sudah dalam tahap kronis.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu 'alternatif' ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh. Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari."Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total," ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga: [...]

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Saat ini handphone bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakati di dunia. Hampir setiap orang memiliki handphone dari orang dewasa sampai anak kecil. Ketergantungan terhadap handphone disebabkan karena manfaatnya yang bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi, urusan bisnis, dan sebagainya. Dibalik manfaatnya, handphone ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hospital di Orebro, Swedia, penggunaan handphone dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena glioma. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak yang paling sering ditemukan. Dan ketahuilah, risiko paling tinggi pada penggunaan handphone 3G. Berikut penjelasannya. Bahaya HP 3G Semakin maraknya penggunaan komunikasi wireless meningkatkan paparan terhadap radiofrequency electromagnetic fields (RM-EMF). Otak merupakan target utama dari RM-EMF saat handphone digunakan. Risiko paling tinggi ditemukan pada penggunaan handphone 3G dibandingkan handphone jenis lainnya. Tumor tersebut biasanya tumbuh pada sisi otak yang paling sering terpapar. Mis [...]

Manfaat Aktivitas Fisik Yang Dilakukan Anak-Anak

Manfaat Aktivitas Fisik Yang Dilakukan Anak-Anak

Banyak penelitian yang telah membuktikan tentang beberapa manfaat dari adanya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak. Namun, tentu tidak mudah bagi Anda untuk mengajak anak beraktivitas fisik, sementara berbagai permainan online semakin marak dimainkan oleh anak-anak. Studi terbaru menemukan bahwa dengan menawarkan berbagai permainan aktif dalam waktu luang anak dapat meningkatkan aktivitas fisik anak-anak saat ini, tetapi strategi tersebut perlu disesuaikan menurut jenis kelamin mereka. Penelitian ini melibatkan sebelas grup, masing-masing grup terdiri dari anak-anak berusia 10 sampai 11 tahun dari 4 sekolah dasar di Bristol, UK. Fokus penelitian ini adalah; 1) persepsi ?bermain? bagi anak-anak, 2) berapa banyak dari permainan mereka yang termasuk permainan aktif, 3) konteks dari permainan aktif anak-anak. Peneliti menemukan persepsi anak tentang bentuk permainan seperti apa yang mereka mainkan pada umumnya, dan pengelompokkan perilaku aktif dan pasif secara fisik. Anak-anak yang berusia 10 sampai 11 tahun melaporkan bahwa mereka sering terlibat dalam permainan aktif yang diajarkan oleh generasi mereka sebelumnya, dan yang ternilai bermanfaat secara fisik dan juga sosial. Rowan [...]

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

RSUD dr.Soetomo, Surabaya pada Maret 2012 lalu telah mensukseskan operasi jantung invasif minimal secara perdana di Indonesia kepada dua pasiennya. Dimana hal tersebut merupakan titik cerah harapan baru bagi penderita jantung. Karena bagi pasien yang tidak ingin mendapatkan sayatan panjang di tubuhnya, metode pembedahan ini dapat menjadi alternatif pilihan baru yang inovatif. Metode operasi yang juga disebut dengan video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) itu telah sukses mengoperasi jantung Tafif Rusilawati dan Mohammad Hasan. Proses operasi tersebut pun merupakan hasil kerjasama RSUD dr. Soetomo dengan tim RS Yodak Shanghai, China. Metode operasi jantung yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan pola sayatan standar bedah jantung yang harus membuka tulang dada. Termasuk penggunaan mesin jantung-paru yang lazim disebut heart lung machine (HLM) saat operasi jantung terbuka. Berbeda dengan prosedur pembedahan operasi jantung yang saat ini populer, operasi jantung invasif minimal yang dilakukan tidak memerlukan sayatan besar hingga membelah tulang dada. Cukup melakukan dengan membuat tiga lubang di tubuh untuk membuka akses [...]

Penggunaan Sel Induk Untuk Sembuhkan Luka Yang Diakibatkan Serangan Jantung

Penggunaan Sel Induk Untuk Sembuhkan Luka Yang Diakibatkan Serangan Jantung

Kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung telah disembuhkan menggunakan sel induk yang dikumpulkan dari jantung pasien itu sendiri, menurut dokter di Amerika Serikat. Serangan jantung terjadi ketika organ tersebut kekurangan oksigen, seperti ada bekuan yang memblokir aliran darah ke jantung. Ketika jantung melakukan proses penyembuhan, otot yang mati digantikan dengan jaringan parut, tetapi karena jaringan ini tidak memiliki detak seperti otot jantung, kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh jadi berkurang. Dokter di seluruh dunia sedang mencari cara "regenerasi" jantung untuk menggantikan jaringan parut dengan otot yang berdetak. Sel induk, yang dapat berubah menjadi sel khusus jenis lain, menjadi kandidat kuat untuk percobaan yang akan dilakukan ini. Percobaan ini, di Cedars-Sinai Heart Institute, dirancang untuk menguji keamanan dari menggunakan sel induk yang diambil dari jantung si pasien serangan jantung. Dalam waktu satu bulan setelah terkena serangan jantung, tabung dimasukkan ke pembuluh darah di leher pasien dan didorong ke bawah ke jantung untuk mengambil sampel jaringan jantung. Sampel yang diambil kira-kira sebanyak "setengah ukuran dari sebuah kismis?. Sa [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Stroke Dicegah dengan Menahan Marah

Stroke Dicegah dengan Menahan Marah

Oleh dr. Alvin Nursalim Stroke adalah penyakit yang disebabkan penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Stroke bisa bergejala, namun kadang tidak memiliki gejala yang khas. Sehingga penderita stroke bisa jatuh ke dalam kondisi koma dalam waktu singkat, tanpa persiapan apapun. Namun ada beberapa perubahan pola hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena stroke. Apa saja? Yuk kita simak satu persatu berikut ini: Kontrol emosi Anda Hubungan antara depresi dan stres dengan penyakit sudah dibuktikan. Jika Anda cenderung pemarah, risiko stroke juga dapat meningkat. Cobalah untuk mengontrol emosi Anda dan menjadi lebih rileks dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menahan emosi, Anda akan jauh dari kondisi stres dan depresi. Dengan demikian risiko stroke akan jauh berkurang. Jaga pola makan Anda Stroke bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Salah satunya adalah akibat sumbatan oleh plak. Plak ini lebih mudah terbentuk pada individu dengan diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk kurangi konsumsi makanan berlemak, dan perbanyak porsi makan sayur dan buah. Makanan kaya lemak jenuh tidak hanya meningkatkan risiko stroke tapi juga m [...]

Minuman Bersoda Meningkatkan Agresi Remaja

Minuman Bersoda Meningkatkan Agresi Remaja

Meskipun agresi kekerasan yang muncul pada remaja disebabkan oleh berbagai macam faktor yang kompleks, namun sebuah penelitian di Boston, Amerika Serikat, menunjukkan hubungan peningkatan agresi remaja kepada siapapun termasuk keluarga mereka sendiri akibat mengkonsumsi minuman bersoda dilihat dari dosisnya dengan kenaikan diatas 15%. Minum-minuman bersoda menjadi salah satu hal yang semakin meningkat saat ini. Hal ini dikarenakan oleh lingkungan sekitar kita yang semakin berkembang dan bergerak cepat, sehingga seringkali kita ikut terbawa tanpa menyadari adanya konsekuensi dikemudian hari. Salah satunya adalah dengan maraknya tempat yang memberikan akses kemudahan akan makanan dan minuman siap saji yang bahkan dijadikan tempat ?nongkrong? para remaja saat ini. Sehingga tidak sedikit dari mereka menganggap hal tersebut sebagai bagian dari lifestyle mereka. Perubahan pola makan mereka akan makanan dan minuman siap-sajilah yang menjadi acuan para ilmuwan akan efek agresi kekerasan pada seseorang, karena nutrisi dan gizi mereka tidak tercukupi. Hal ini juga didukung dalam penelitian sebelumnya di Inggris dengan memberikan vitamin dan mineral kepada para narapidana, ternyata mampu meng [...]

Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Penyakit flu bisa membuat Anda tidak bisa beraktivitas. Oleh karena itu, ketika sudah merasa gejala flu mulai menyerang tubuh sebaiknya segera diobati dengan minuman herbal seperti perasan lemon hangat atau obat. Di zaman yang semakin praktis, flu tak hanya bisa dicegah dengan mengonsumsi minuman racikan dan obat saja namun kini sudah ada semprotan mulut yang dapat menjadi antivirus untuk mengatasi penyakit ringan tersebut.Spartan merupakan salah satu produk mouthspray alami yang mampu mencegah flu. Mengandung bahan-bahan dasar dari alam seperti rumput laut dan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose, produk penyemprot mulut yang dirilis oleh perusahaan farmasi Indonesia PT Interbat itu diklaim ampuh untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.Rumput laut yang dipilih adalah jenis Kappaphycus dan kemudian dikembangkan melalui penelitian bersama perusahaan Indonesia dan Jerman. Formulasi dari rumput laut yang telah dikembangkan itu diberi nama Alskinova."Belum ada orang Indonesia yang mengelola rumput laut segar untuk menjadi produk. Kini kita telah berhasil membuat antivirus spray," tutur Dr. Rudy Susilo, PhD, selaku Pharmacologist dan Phytochemist dari B [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *