Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

minumbir.jpg

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.

Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.

Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.

Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.

Belum diketahui secara pasti kenapa para pengidap drinkorexia menganggap kalau minuman beralkohol bisa menggantikan makanan. Namun diduga informasi kandungan kalori dalam kemasan minuman yang jadi penyebabnya.

Jika ditelaah, dalam segelas wine putih mengandung 130 kalori. Itu setara dengan satu potong ayam dan satu potong tempe. Sedangkan bir lebih tinggi lagi, sekitar 200 kalori per gelasnya yang setara dengan dua potong ayam. Padahal yang sama hanya jumlah kalori sementara kandungan nutrisi berbeda jauh.

Adrienne Key, pakar kesehatan dari Priority Hospital mengatakan kini makin banyak orang terutama di Inggris yang mengganti asupan kalori dari makanan dengan wine, bir atau champagne secara reguler.

“Orang yang menolak makan biasanya akan berkata, ‘Aku membiarkan perutku kosong untuk segelas wine’. Orang kini cenderung menggunakan metode ini untuk mengontrol asupan makan namun dengan cara yang tidak benar,” tutur Adrienne, seperti dikutip dari Daily Mail.

Drinkorexia biasanya mengancam orang yang memang sudah mengalami gangguan makan. Tapi bagi yang tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, ancaman terkena drinkorexia tetap ada. Susan Ringwood dari Beat, organisasi non-profit yang khusus menangangi penderita gangguan makan mengatakan orang yang pola makannya normal juga berisiko mengidap drinkorexia.

“Biasanya orang akan minum-minum di akhir pekan. Sebenarnya tidak mutlak disebut dengan gangguan makan, tapi perilaku ini berhubungan dengan pola makan dan orang bisa terperangkap dalam kebiasaan yang sama secara jangka panjang,” jelas Susan.

Orang dengan drinkorexia umumnya beranggapan bahwa sedikit saja mengonsumsi alkohol bisa menggantikan asupan kalori harian mereka. Sehingga mereka merasa lebih baik minum segelas wine atau bir ketimbang menyantap makanan secara utuh. Padahal nutrisi yang dikandung dalam minuman jauh lebih sedikit ketimbang makanan. Hal itu bisa mengakibatkan terjadinya malnutrisi yang bisa berujung pada kematian jika sudah dalam tahap kronis.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nyeri Dada? Inilah Artinya

Nyeri Dada? Inilah Artinya

Pernahkah Anda mengalami nyeri dada? Rasa nyeri pada dada secara umum selalu dikaitkan dengan sakit jantung, padahal tidak semuanya demikian, bagaimana membedakannya? Mari kita telaah lebih jauh. Di dalam rongga dada manusia terdapat jantung, paru-paru, juga otot-otot pernafasan manusia, melalui hal ini kita dapat menyimpulkan nyeri dada dapat timbul sebagai akibat gangguan pada beberapa organ tubuh yang baru saja disebutkan. Setiap nyeri dada yang ditimbulkan akibat organ-organ tersebut biasanya muncul dengan memiliki karakter sendiri-sendiri. Bagaimana caranya menentukan nyeri dada yang diakibatkan gangguan jantung? Apa bedanya nyeri dada yang diakibatkan masalah lambung? Bagaimana nyeri dada yang diakibatkan oleh masalah paru-paru? Berikut ini penjelasannya: Nyeri Dada Karena Gangguan Jantung: Nyeri dada yang menandakan adanya gangguan pada jantung biasanya dirasakan sebagai sensasi tertindih beban berat, berlokasi di belakang tulang dada dan seringkali menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang, gigi, hingga lengan kanan. Rasa nyeri ini dapat dirasakan 10 hingga 20 menit, semakin lama nyeri tidak teratasi maka kerusakan pada jantung akan semakin berat, karena i [...]

Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim Anda, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal. Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya. Kutu Rambut Kemaluan Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata. Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, jika anak-anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda adanya pelecehan seksual yang terja [...]

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Banyak orang yang masih melanggengkan istilah rahim kering. Sebenarnya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ?kemandulan? di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen. Kesulitan seseorang untuk hamil memang ada yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim dan organ kewanitaan disekitarnya. Masalah pada saluran indung telur (sumbatan, infeksi, peradangan) Gangguan keseimbangan hormon Masalah pada mulut rahim (infeksi, penyempitan, kelainan selaput lendir) Masalah pada rahim (polip, mioma, kelainan bentuk rahim) Dapatkan kesemuanya ditangani? Benarkah kesemuanya adalah gejala kondisi rahim kering? Mitos Rahim Kering Namun, semuanya dapat ditangani dan bukan disebut sebagai rahim kering. Ada pula yang beranggapan bahwa pemakaian obat nyeri haid dapat menyebabkan rahim kering. Benarkah demikian? Ketika Anda merasakan nyeri haid, rasa nyeri tersebut dibawa oleh sistem saraf menuju otak. Dari otak sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa sakit. Obat [...]

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Hati berperan penting menjaga tubuh tetap sehat dengan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati memproduksi cairan empedu yang selain berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, juga mampu menyimpan glukosa yang nantinya mendukung penyediaan energi bagi tubuh. Oleh karenanya, apa pun bentuk gangguan yang menimpa organ ini dapat berisiko mengganggu sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, pada akhirnya berisiko mendatangkan penyakit yang membahayakan nyawa. Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-sehari manusia yang berisiko menyebabkan gangguan pada hati. Mulai perhatikan makanan Anda dari sekarang dan cermati juga kondisi-kondisi yang menyimpan risiko seperti berikut ini. Terlalu banyak konsumsi gula Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Risiko ini bahkan dapat terjadi pada orang yang tidak mengalami kelebiha [...]

Imajinasi Pengaruhi Persepsi

Imajinasi Pengaruhi Persepsi

Imajinasi sangat mempengaruhi persepsi. Karena imajinasi adalah proses membangun kembali persepsi dari sesuatu objek. Imajinasi, membayangkan sesuatu dengan mata pikiran seseorang. Membayangkan wajah seorang teman masa kecil, sedang melamun, atau bahkan membayangkan dimana tadi memarkir mobil. Imajinasi yang dibangun di dalam diri seseorang akan membentuk sebuah persepsi diri. Penulis studi, Joel Pearson dari Universitas New South Wales, Rosanne Rademaker dari Universitas Maastricht, dan Frank Tong dari Universitas Vanderbilt telah meneliti mengenai hubungan apakah orang memiliki pengetahuan yang akurat tentang kinerja atau karena imajinasi mereka sendiri. Peserta diminta untuk membayangkan sebuah pola tertentu. Pola tersebut berupa lingkaran hijau dengan garis-garis vertikal atau lingkaran merah dengan garis-garis horizontal. Mereka juga ingin mengetahui tingkat bagaimana lingkaran hidup bagi mereka dan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk mempersepsikan lingkaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengalaman yang dibayangkan tidak hanya epiphenomenal, yaitu, evaluasi dari imajinasi yang berhubungan langsung dengan kinerja tugas-tugas persepsi dan kognitif di dunia n [...]

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Serangan jantung terjadi setiap 34 detik dan merupakan pembunuh nomor 1 bagi wanita. Secara umum, kita mengetahui bahwa gejala khas serangan jantung adalah nyeri dada pada sebelah kiri secara tiba-tiba yang menjalar ke lengan kiri. Namun, gejala khas ini lebih sering terjadi pada pria. Pada wanita, gejala serangan jantung dapat sangat tidak khas sehingga tidak mudah terdeteksi dan seringkali terabaikan. Gejala serangan jantung yang tidak khas pada wanita ini memang sulit diinterpretasikan. Untuk itu, para wanita perlu lebih berhati-hati agar tidak salah mengenali gejala yang terjadi pada mereka sebagai gangguan saluran pencernaan atau flu biasa. Beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang tidak khas dan harus diwaspadai adalah: Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas. Sulit bernapas dengan nyeri dad [...]

Perawan, Perlukah di Uji dan Bagaimana Dampaknya?

Perawan, Perlukah di Uji dan Bagaimana Dampaknya?

Jika direalisasikan, peraturan uji keperawanan bagi setiap calon siswi yang akan masuk jenjang SLTP dan SMU dikhawatirkan akan menimbulkan trauma psikis yang mendalam. Trauma yang dialami berhulu dari stigma masyarakat yang menimbulkan diskriminasi hingga merusak masa depan anak. Usulan yang dikemukakan oleh anggota DPRD Provinsi Jambi pada akhir bulan September lalu ini walau telah dirancang hanya berupa tes wawancara, ditakutkan menimbulkan stigma yang akan terus melekat pada koresponden uji keperawanan tersebut. Biarpun demikian, sangat berpotensi pula terjadi bentuk lain sebuah kekerasan yang dialami calon siswi tersebut secara simbolis. ?Kondisi tersebut cenderung menimbulkan diskriminatif dan dikhawatirkan akan membuat murid trauma secara kejiwaan, sehingga kondisi semakin tidak memudahkan akses bagi murid untuk meraih ilmu dalam proses belajarnya serta tidak menjamin tidak adanya pelanggaran hak asasi manusia,? jelas dr. Andri Andri, SpKJ. saat dihubungi Klikdokter. Usulan ini bukan yang pertama kali mengemuka, pada tahun 2007 pernah diusulkan konsep yang serupa dari Kabupaten Indramayu. ?Namun bagaimanapun kita harus melihat ini dari perspektif obyektif, hal seperti ini sam [...]

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D). Gejala Mata Minus Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, mungkin Anda perlu memeriksakan mata ke dokter. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat Memicingkan mata saat melihat sesuatu Kesulitan meli [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *