Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

minumbir.jpg

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.

Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.

Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.

Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.

Belum diketahui secara pasti kenapa para pengidap drinkorexia menganggap kalau minuman beralkohol bisa menggantikan makanan. Namun diduga informasi kandungan kalori dalam kemasan minuman yang jadi penyebabnya.

Jika ditelaah, dalam segelas wine putih mengandung 130 kalori. Itu setara dengan satu potong ayam dan satu potong tempe. Sedangkan bir lebih tinggi lagi, sekitar 200 kalori per gelasnya yang setara dengan dua potong ayam. Padahal yang sama hanya jumlah kalori sementara kandungan nutrisi berbeda jauh.

Adrienne Key, pakar kesehatan dari Priority Hospital mengatakan kini makin banyak orang terutama di Inggris yang mengganti asupan kalori dari makanan dengan wine, bir atau champagne secara reguler.

“Orang yang menolak makan biasanya akan berkata, ‘Aku membiarkan perutku kosong untuk segelas wine’. Orang kini cenderung menggunakan metode ini untuk mengontrol asupan makan namun dengan cara yang tidak benar,” tutur Adrienne, seperti dikutip dari Daily Mail.

Drinkorexia biasanya mengancam orang yang memang sudah mengalami gangguan makan. Tapi bagi yang tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, ancaman terkena drinkorexia tetap ada. Susan Ringwood dari Beat, organisasi non-profit yang khusus menangangi penderita gangguan makan mengatakan orang yang pola makannya normal juga berisiko mengidap drinkorexia.

“Biasanya orang akan minum-minum di akhir pekan. Sebenarnya tidak mutlak disebut dengan gangguan makan, tapi perilaku ini berhubungan dengan pola makan dan orang bisa terperangkap dalam kebiasaan yang sama secara jangka panjang,” jelas Susan.

Orang dengan drinkorexia umumnya beranggapan bahwa sedikit saja mengonsumsi alkohol bisa menggantikan asupan kalori harian mereka. Sehingga mereka merasa lebih baik minum segelas wine atau bir ketimbang menyantap makanan secara utuh. Padahal nutrisi yang dikandung dalam minuman jauh lebih sedikit ketimbang makanan. Hal itu bisa mengakibatkan terjadinya malnutrisi yang bisa berujung pada kematian jika sudah dalam tahap kronis.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi. Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu. Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar 4 cm jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan memanjat saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan. Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum. Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut di halaman selanjutnya: Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti be [...]

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat) Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman. Mengapa begitu? Adakah dampak medisnya? Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya: infeksi saluran kemih, overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih), menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan. Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentuka [...]

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Kondisi mata merah pada anak bisa sangat mengejutkan. Tapi jangan asal pilih obat sakit mata. Pengobatan mata merah pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mata merah atau konjungivitis merupakan peradangan pada lapisan transparan yang melindungi bagian putih pada mata. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah menjadi terlihat, sehingga memperlihatkan kondisi mata merah tersebut. Kemungkinan penyebab mata merah yaitu virus dan bakteri. Sakit mata yang diakibatkan keduanya sangat mudah menular. Selain itu, mata merah pada anak juga dapat dipicu oleh alergi, seperti tungau debu, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara, dan lain-lain. Mengatasi dengan Tepat Mata merah yang disebabkan virus umumnya akan sembuh tanpa perlu pengobatan. Sementara, mata merah akibat infeksi bakteri dapat dikenali dari keluarnya cairan kuning dari mata, sehingga membuat kelopak mata menjadi rapat ataupun bengkak. Untuk kasus semacam ini, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata ataupun salep. Demikian juga jika mata merah yang terjadi tergolong parah atau berlangsung lebih dari dua minggu. Ada dua jenis antibiotik untuk obat sakit mata merah yang umumnya diresepka [...]

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Film terbaik Academy Awards 2011 karya sutradara Tom Hooper yang berjudul ?The King?s Speech? telah berhasil mengangkat sebuah fenomena kegagapan yang kerap menyusahkan bagi sebagian penderitanya. Film ini menceritakan tentang bagaimana King George VI Inggris berjuang melawan kegagapannya demi berpidato di depan rakyatnya yang sedang dilanda masalah peperangan. Sebenarnya masalah gagap dapat dialami siapapun tanpa mengenal kelamin, umur, ataupun kebangsaannya. Kondisinya pun bervariasi dalam dimensi taraf, dari taraf ringan sampai berat, maka dari itu cara penangannya pun berbeda-beda. Kegagapan dapat didefinisikan sebagai gangguan berbicara dimana penderitanya mengulang kata, menarik kata kembali, berkata tidak lengkap, melewatkan kata, ataupun berbicara dengan kata-kata yang tidak bermakna. Masalah ini terjadi saat otak tidak mampu mengirim dan menerima pesan dengan cara yang normal. Bahkan dokter pun belum bisa menjelaskan secara pasti mengapa hal ini terjadi. Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara, namun biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Tetapi kegagapan dapat berlanjut dan semakin buru [...]

4 Faktor Penyebab Kulit Sangat Berminyak

4 Faktor Penyebab Kulit Sangat Berminyak

Kulit yang terlalu berminyak cenderung mudah berjerawat dan terlihat kusam. Kabar baiknya, orang yang memiliki kulit berminyak umumnya lebih awet muda ketimbang kulit kering karena memiliki elastisitas yang lebih baik.Mengapa beberapa orang memiliki kulit sangat berminyak, sementara yang lainnya normal dan cenderung kering? Dermatologist Joshua Zeichner, M.D. mengatakan, kadar minyak pada kulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Dokter kulit yang menjabat sebagai direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinat Medical Center, New York ini mengatakan, kondisi yang disebabkan faktor genetik hampir mustahil untuk diubah tapi Anda bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak.Sebelum itu, ada baiknya mengetahui dulu hal-hal yang membuat kulit jadi lebih berminyak dari biasanya, sehingga Anda bisa mencari cara untuk mengatasinya. Ini penjelasannya, seperti dikutip dari Women's Health Mag. 1. Siklus MenstruasiJerawat jadi bertambah banyak menjelang haid? Salahkan hormon wanita Anda. Setiap bulannya, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Kondisi tersebut bisa menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat, debu cepat men [...]

Jangan Biarkan Bau Mulut Mengganggu Performance Anda!

Jangan Biarkan Bau Mulut Mengganggu Performance Anda!

Masalah bau mulut (halitosis) memang selalu menjadi masalah klasik bagi penampilanseseorang. Bahkan bagi sebagian orang, bau mulut dapat mempengaruhi kepercayaan diri sendiri, dan juga mempengaruhi bagaimana orang lain menilai mereka. Jangan sampai menunggu teman untuk memberitahu bahwa Anda mempunyai bau mulut, Anda dapat mengetahuinya sendiri dengan cara masukkan salah satu jari Anda yang bersih ke dalam mulut, dan ambillah air liur yang ada di belakang lidah Anda, kemudian taruh air liur tersebut ke punggung tangan Anda, tunggu beberapa saat, dan bau. Apakah itu adalah sesuatu yang mau Anda cium? Pertama, Anda perlu mengenali 5 penyebab dari bau napas tak sedap: Bakteri Bakteri yang berkembang biak di dalam mulut Anda dapat menyebabkan bau mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi Anda dan menutupi lidah Anda, setelah itu mereka akan berkembang biak dan mengeluarkan racun serta bau tak sedap. Kriptus Jauh di lubang amandel Anda, terdapat kriptus, penyebab umum dari halitosis. Jika amandel Anda terlalu lebar dan menggumpal, bau seperti keju akan berkumpul di lubang-lubang tersebut. Gumpalan ini terkadang bau, dan menyebabkan bau mulut tak sedap. Makanan Berbau [...]

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya.Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati.1. Nutrisi saat sedang sedihKetika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.2. Nutrisi saat sedang depresiPerasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak i [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini. Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal. Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya: Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan? Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainn [...]

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Telur tak hanya lezat dan praktis diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Shape.1. Kuning Telur Membantu Perkembangan OtakKuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil. 2. Memicu Rasa BahagiaSelain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.3. Sumber Protein yang SempurnaProtein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *