Dua Kasus MERS Ditemukan di Belanda

mers-belanda.jpg

PeduliSehat.info, Den Haag Dua kasus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) ditemukan di Belanda. Kasus tersebut terjadi pada dua anggota keluarga, yakni seorang pria dan wanita yang melakukan perjalanan bersama ke Arab Saudi. Keduanya sudah dikonfirmasi sebagai pembawa virus MERS dan dilaporkan dalam kondisi stabil dan terisolasi di rumah sakit.

Juru Bicara Departemen Kesehatan Belanda Harald Wychge mengatakan petugas belum tahu keduanya terinfeksi dari siapa atau kapan terjadinya. Keduanya berbagi kamar selama dua minggu di Arab Saudi.

Para pejabat belum tahu apakah salah satunya menginfeksi yang lain atau keduanya terinfeksi di lokasi yang sama. Namun, ia menegaskan bahwa salah satu dari pasien yang terinfeksi pernah mendatangi peternakan unta ketika di Arab Saudi.

“Yang juga diketahui adalah kedua pasien kondisinya rentan terhadap infeksi virus ini,” kata Wychgel seperti dilansir MedPageToday, Jumat (16/5/2014).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya sudah mengumumkan bahwa penyebaran virus ini sudah sangat mendesak. Tapi, hingga saat ini belum menyebutnya sebagai kondisi Darurat Kesehatan Global.

MERS pertama kali muncul pada 2012 di Semenanjung Arab. Pada saat itu, dokter mengamati pasien yang dicurigai memiliki gejala seperti flu. MERS menyerang sistem pernapasan, dan gejalanya bisa menyebabkan pneumonia atau gagal ginjal. Menurut WHO, ada sekitar 570 kasus MERS yang sudah dikonfirmasi, termasuk 171 kematian.

Kepala National Center for Immunization and Respiratory Diseases, CDC, Anne Schuchat, mengatakan karena belum jelasnya virus MERS, salah satu pertahanan terbesar adalah kesadaran. MERS merupakan virus yang relatif baru yang memiliki tingkat kematian yang tinggi.

“Kami belum memiliki bukti hingga sekarang bahwa ini (penularan) melalui udara…seperti cara virus campak,” kata Schuchat.

Sebelumnya, dua kasus telah diidentifikasi terjadi di Amerika Serikat. Satu pasien di Indiana dan satunya lagi di Florida. Kedua pasien merupakan pelayan kesehatan yang bertugas di Arab Saudi. Teori yang saat ini beredar adalah MERS paling sering ditularkan melalui petugas kesehatan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Buah Khasiat Super Mudah Didapat

8 Buah Khasiat Super Mudah Didapat

Membahas manfaat buah memang tak ada habisnya. Selain memang menyegarkan dan pencuci mulut, beberapa buah pun mampu meningkatkan kualitas kesehatan apalagi jika buah yang dikonsumsi bervariasi. "Mengonsumsi buah yang berbeda-beda memberikan serangkaian manfat mulai dari vitamin, mineral dan antioksidan," ujar Joy Bauer, RD penulis beberapa buku kesehatan. Hasil penelitian dari ahli gizi Colorado State University pun melakukan penelitian terhadap 106 perempuan untuk makan 8-10 buah selama delapan minggu. Hasil tes darah menunjukkan mereka yang banyak makan buah beragam menunjukkan oksidasi DNA sehingga membuat tubuh tahan terhadap penyakit. Berikut daftar buah kaya manfaat mulai dari menjaga tekanan darah hingga mencegah kanker yang mudah didapatkan di sekitar seperti dilansir Prevention, Senin (25/8/2014). 1. Pisang untuk tekanan darah stabilPisang dikenal sebagai buah yang kaya kalium. Dalam sebuah penelitian di Belanda, makan makanan tinggi kalium terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah pada orang dewasa sehat berumur lebih dari 55 tahun. 2. Leci untuk cegah kanker payudaraSebuah studi yang diterbitkan Journal of Nutrition menemukan bahwa buah leci memiliki t [...]

Korban Meninggal Ebola Terus Bertambah, Kini Hampir 2.300 Jiwa

Korban Meninggal Ebola Terus Bertambah, Kini Hampir 2.300 Jiwa

Belum berhenti, kasus penyebaran virus ebola di negara-negara Afrika Barat. Bahkan cenderung meningkat terus. Bahkan dalam tiga pekan terakhir, peningkatan kasus infeksi virus mematikan ini sebesar 49 persen baik di Liberia dan Sierra Leone. Data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (9/9) menunjukkan bahwa sekarang ada total 4.269 jiwa yang terinfeksi virus ini, dengan jumlah kematian mencapai 2.288 orang. Peningkatan jumlah kasus diikuti pula dengan penyebaran yang lebih luas, kini Nigeria dan Senegal sudah ditemukan orang yang terinfeksi virus ini seperti dilansir Time, Rabu (10/9/2014). WHO memprediksi bahwa dalam tiga minggu ke depan bakal ada ribuan kasus baru yang terinfeksi Ebola. Liberia, salah satu negara di Afrika Barat menurut WHO yang paling membutuhkan cara penanggulangan yang ampuh untuk mengurangi penyebaran virus ini. "Kontrol virus Ebola tidak berdampak besar di Liberia," tulis WHO dalam berita resminya. Hal ini pun diamini oleh Kent Brantly, survivor Ebola yang dulu tertular virus ini di Liberia, menyatakan metode perawatan Ebola di Liberia tak berjalan dengan baik. "Orang-orang ketakutan akan ruang isolasi, yang terkesan ruangan orang seg [...]

Kemiskinan, Pangkal Masalah Sosial di Indonesia

Kemiskinan, Pangkal Masalah Sosial di Indonesia

Kemiskinan adalah pangkal masalah sosial di Indonesia. Untuk menjangkau masalah itu, Kementerian Sosial menggelar Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) 2014. ?Selain melakukan penjangkauan masalah sosial, tim LBKS juga melakukan upaya sebagai bagian dari solusi permaslahan tersebut,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Lampung, Senin (15/12/2014). Saat ini, Tim LBKS sampai di Kalianda, Provinsi Lampung, setelah sebelumnya secara resmi dilepas oleh Mensos di Silang Monas Selatan, Jakarta, pada Sabtu (13/12/2014) dan melanjutkan ke Pandeglang, Banten. Tim LBKS melanjutkan penjangkauan ke Lahat, Sumatera Selatan, sebelum berakhir di Jambi sebagai rangkaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), yang diperingati setiap tanggal 20 Desember. ?Tahun ini, HKSN bakal digelar di Provinsi Jambi,? tandasnya. Pemilihan tempat tersebut, berdasarkan analisis peta masalah sosial yang paling beresiko dan perlu penanganan segera, seperti pemasangan kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas, santunan dan bantuan sembako bagi kelompok marjinal, donor darah, Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni, serta penyuluhan sosial. ?Tim LBKS bisa menjadi bagia [...]

5 Daerah yang Belum Lapor ke BPOM Soal Kemasan Bergambar

5 Daerah yang Belum Lapor ke BPOM Soal Kemasan Bergambar

Sejak ditetapkan batas waktu pencantuman peringatan kesehatan berbentuk gambar (PHW) Senin (24/6/2014), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) beserta Balai Besar atau Balai POM Republik Indonesia langsung memantau pelaksanaan aturan ini di 31 provinsi. Sejauh ini, masih ada lima daerah yang belum melakukan pelaporan terkait pantaun tersebut. "Hampir seluruh wilayah dipantau. Data terakhir yang ada pada kami, masih ada 5 daerah yang belum melapor, yaitu Gorontalo, Kendari, Kupang, Soppeng - Sulawesi Selatan, dan Manokwari," kata Dra Retno Tyas Utami, Apt, M. Epid di Aula Gedung C BPOM Jalan Percetakan Negara Nomor 23, Jakarta Pusat, Kamis (26/6/2014). Menurut Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA Badan POM RI, kendala ini disebabkan masalah teknis dan kendala lalu lintas yang tidak memadai di daerah tersebut. "Mereka harus mengirimkan ke kami dalam bentuk email, jaringan di sana masih menjadi kendala. Lalu lintas juga demikian, mereka harus sampai ke pos agar dapat mengirimkan berita," kata Retno menerangkan. Kendala lain yang membuat BPOM belum dapat mendata secara menyeluruh, adalah kantor yang hanya berjumlah 31 di seluruh Indonesia. Sementara ada 33 provinsi. [...]

Kelebihan BPJS Dibanding Asuransi Komersial

Kelebihan BPJS Dibanding Asuransi Komersial

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditetapkan pemerintah memang sedikit berbeda dengan Jaminan Kesehatan komersial atau asuransi swasta. Meskipun ada beragam manfaat kelas atas yang bisa dinikmati dalam asuransi komersial, tapi jaminan kesehatan sosial lebih murah dan mencakup semua masyarakat Indonesia.Kepala Departemen Hubungan Masyarakat BPJS Irfan Humaidi menyebutkan, pembayaran iuran JKN sifatnya gotong royong dan seumur hidup. Yang mampu membantu yang tidak mampu."Asuransi ini berlaku seumur hidup dari anak baru lahir hingga lansia. Coba bayangkan mana ada asuransi komersial yang menjamin kesehatan seseorang yang usianya lebih dari 55 tahun. Terlalu banyak risikonya kan. Dalam sistem jaminan sosial ini semua ditanggung," kata Irfan saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/1/2014).Irfan menegaskan, pembayaran seumur hidup ini sudah dihitung sehingga tidak akan memberatkan masyarakat. Dan kalau ada yang tidak sangup membayar iuran, maka ini akan ditanggung oleh pemerintah."Jangan dipikir besaran uang yang kita keluarkan tapi manfaat yang bisa didapat dari saudara kita. Contohnya, ada saudara yang harus cuci darah. Dulu ia mesti membayar Rp 800 ribu sekali sesi yang bisa [...]

1 dari 4 Pekerja Punya Pacar Sekantor

1 dari 4 Pekerja Punya Pacar Sekantor

Cinta lokasi bisa terjadi di mana saja, termasuk di kantor. Maklum, dua pertiga hari Anda dihabiskan di tempat kerja. Sebuah survei mengungkapkan, satu dari empat pekerja menjalin hubungan asmara di kantor.Bekerja bersama, istirahat sambil makan bersama dan bekerja di lingkungan yang begitu dekat secara teratur bisa berkontribusi dalam tumbuhnya rasa cinta.TorontoJobs.ca baru-baru ini melakukan jajak pendapat pada lebih dari 200 karyawan dan ditemukan sebanyak 56 persen yang ikut disurvei mengaku naksir dengan teman kerjanya. Sedangkan 24 persen mengindikasikan mereka memiliki hubungan asmara dengan rekan kerja.Melihat angka ini, TorontoJobs.ca berbagi tips yang perlu dipertimbangkan ketika Anda sedang naksir teman kantor seperti dikutip Yorkregion, Rabu (12/2/2014):1. Selidiki kebijakan kantorIni adalah salah satu hal yang perlu Anda ketahui apakah tindakan perusahaan jika ada karyawan satu kantor terlibat asmara sebelum Anda melompat ke hubungan yang lebih jauh dengan rekan kerja. Jika hubungan Anda sudah serius, biarkan bos mengetahuinya sebelum dia mengetahui dari gosip yang beredar.2. Jika gagal bakal sulitBerkencan dengan teman kerja atau atasan mungkin terlihat indah di awal [...]

KPAI : Partai yang Eksploitasi Anak, Harus Didiskualifikasi!

KPAI : Partai yang Eksploitasi Anak, Harus Didiskualifikasi!

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sangat menyayangkan masih ditemukannya pelanggaran dalam kampanye yang cenderung mengeksploitasi anak.Di tengah pesta politik yang masih berjalan ini, KPAI menganggap para politikus tidak taat hukum. "Politik itu harusnya suci, sensitif tentang perlindungan anak. Ironis bila politikus masih ada yang tidak taat hukum. Partai yang menjunjung tinggi perlindungan hak anak menghadirkan politik yang bermartabat," kata Komisioner bagian Pendidikan di KPAI, Susanto, MA, Jumat (21/3/2014). Melihat hal ini, KPAI meminta Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) untuk lebih tegas lagi menindak partai yang menggunakan anak sebagai aktor kampanye."KPAI meminta Bawaslu lebih tegas lagi, jika ditemukan fakta-fakta akurat melanggar misalnya melibatkan anak dalam kampanye. Maka jangan segan-segan menindak," kata Susanto.Susanto juga mengatakan perlunya mendiskualifikasi partai yang masih juga nakal. "Jika perlu partai tersebut didiskualifikasi dari Pemilihan Umum (Pemilu). Kita harus memberikan pendidikan politik yang baik, bermartabat dan ramah anak," kata Susanto. [...]

Virus Ebola Mulai Menular di Kongo

Virus Ebola Mulai Menular di Kongo

Pejabat lokal Republik Demokratik Kongo masih ada yang tidak percaya kalau warganya terjangkit ebola dari Afrika Barat. Faktanya, hingga kini Menteri Kesehatan Kongo, Felix Kabange Numbi membenarkan jika di negara tersebut ada 13 orang meninggal akibat ebola. "Jumlah ini sudah termasuk dua orang meninggal belum lama ini dari provinsi Equateur. Total korban ebola meninggal 13 orang, termasuk lima petugas kesehatan. Hingga saat ini 11 orang yang terkena ebola juga telah diisolasi dan 80 kasus diduga ebola masih diteliti," kata Numbi pada Associated Press. Walaupun jumlah kasus semakin bertambah, Numbi tetap bersikeras bahwa strain yang menyerang warganya berbeda dengan wabah di Afrika Barat yang telah menewaskan lebih dari 1.400-an orang sejak Maret."Dari beberapa kasus, ini jenis strain Sudan dan campuran antara strain Sudan dan strain Zaire - salah satu strain yang paling mematikan. Sedangkan Afrika Barat dilanda strain Zaire," katanya, seperti dikutip Aljazeera, Senin (25/8/2014). Juru bicara WHO Gregory Hartl mengatakan, Kongo telah dilanda wabah Ebola tujuh kali tapi dua kematian ini baru terjadi kembali setelah sekian lama. Sedangkan di Afrika Barat, WHO mencatat kasus ebol [...]

Jangan Simpan 7 Makanan Ini di Freezer

Jangan Simpan 7 Makanan Ini di Freezer

Maksud hati ingin membuat makanan lebih awet dan disimpan di freezer. Tapi sejumlah makanan justru layu dan hilang nutrisinya. Lebih jauh, berikut daftar makanan terlarang yang bisa merusak kesehatan bila disimpan di freezer, seperti dikutip News, Kamis (19/6/2014) 1. Sayuran hijauAlih-alih ingin membuat sayuran Anda segar dan renyah, sayuran hijau ditempatkan di freezer. padahal bila ditempatkan dalam suhu beku, sayuran hijau akan layu dan lemas setelah mereka beku serta kehilangan rasanya. Untuk saran, sebelum sayuran hijau disimpan di kulkas, sayuran baiknya dicuci dan dikeringkan dan dibungkus kertas atau kantung plastik. Setelah itu simpan sayuran di bagian bawah kulkas. 2. SusuMengonsumsi susu cair yang dibekukan bukan ide terbaik. Karena nutrisi dalam susu beku akan hilang. Bila Anda bersikeras memasukkan susu ke freezer, usahakan konsumsi setelah susu cair hingga satu hari tergantung pada ukuran wadah. 3. GorenganHampir sama dengan sayuran beku, jika gorengan disimpan di Freezer, makanan ini akan menjadi lembek dan berair. 4. BuahBuah memiliki kandungan air yang tinggi sehingga akan mudah beku di freezer. Tapi sama seperti sayuran, buah juga akan lembek d [...]

Tanda Perkawinan yang Membahagiakan

Tanda Perkawinan yang Membahagiakan

PeduliSehat.info, Minnesota Istri yang bahagia dengan pernikahannya bisa dilihat dari tidurnya. Sebuah penelitian menemukan, pasangan suami istri (pasutri) cenderung tidur nyenyak apabila mereka puas dengan kehidupan pernikahan yang dijalani"Bagi kebanyakan orang dewasa, tidur merupakan perilaku pasangan di ranjang," kata Heather Gunn dari University of Pittsburgh.Menurutnya, bagaimana pasangan tidur itu dipengaruhi dan memengaruhi sebuah hubungan.Pada penelitian ini, sebanyak 46 pasangan yang menikah diminta menilai tentang hubungannya dan memberikan data kebiasaan tidur selama 10 hari. Penelitian ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies di Minneapolis seperti dilansir Today, Senin (9/6/2014).Salah satu alasan Anda bisa nyenyak di malam hari karena sampah di otak secara efektif dibersihkan. Tapi, menurut Centers for Disease Control and Prevention 50 sampai 70 juta orang dewasa Amerika Serikat mengalami masalah tidur. Apabila pernikahan bahagia dan masih belum mengerti mengapa Anda sulitr tidur, mungkin ada alasan lain. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *