Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

jomblomakancvr.jpg

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan ‘anugerah’ tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia.

Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.

Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka.

“Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi beberapa kelompok makanan juga lebih rendah seperti buah-buahan, sayuran dan ikan,” ujar Dr Katharine Hanna dan Dr Peter Collins dari Queensland University of Technology, tim yang melakukan penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa hidup sendirian, tanpa pasangan atau keluarga menjauhkan seseorang dari gaya hidup sehat. Ketidakhadiran keluarga atau pasangan membuat orang lebih sering menyiapkan makanannya sendiri yang simple dan langsung jadi. Sayangnya, makanan cepat atau siap saji umumnya memiliki tingkat nutrisi rendah tapi tinggi kalori, lemak, garam dan gula.

“Tidak adanya orang lain yang mengingatkan untuk makan sehat dan sulitnya mengatur porsi makan juga jadi beberapa faktor yang memengaruhi pola diet seseorang,” tambah Dr Hanna.

Dampak psikologis yang dialami orang yang hidup sendiri juga bisa berpengaruh pada pola makan. Dijelaskan kembali oleh Dr Hanna, dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa rasa kesepian merupakan salah satu faktor utama penyebab kekurangan gizi pada orang paruh baya atau lansia.

Lalu bagaimana dengan pria atau wanita jomblo yang tinggal bersama keluarganya, baik itu orangtua atau saudara? Kemungkinan menjalani pola diet tidak sehat berkurang, namun apabila tidak ada kontrol dari anggota keluarga dampaknya pun lebih kurang akan sama.

Jika Anda single atau belum memiliki pasangan, jangan terlalu khawatir pasti akan menjadi gemuk. Penelitian ini tidak disamaratakan pada setiap individu. Semua tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga pola makan tetap sehat; dengan ada atau tidak adanya pasangan.

Ada baiknya mempelajari cara memasak sehat dari tutorial YouTube, internet, blog kesehatan maupun buku-buku resep. Tidak ada salahnya juga mengundang teman-teman atau parner kerja yang dekat dengan Anda untuk memasak bersama di rumah.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Diet yang SeimbangUntukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.2. Hindari Kebiasaan Hidup BurukHindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan keru [...]

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal. Manfaat air bagi tubuh Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya: Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan? Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung [...]

Khasiat di Balik Brokoli untuk Jantung Sehat

Khasiat di Balik Brokoli untuk Jantung Sehat

Brokoli selama ini dikenal baik untuk kesehatan jantung, tapi banyak yang tidak tahu alasannya. Para peneliti Inggris telah mengetahui apa yang membuat brokoli bisa menyehatkan jantung.Para peneliti di Imperial College London telah menemukan bukti zat kimia apa yang terkandung di dalam brokoli dan sayuran berdaun hijau lain. Zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan pertahanan alami dan mencegah penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.Dalam penelitian yang didanai British Heart Foundation, menemukan zat tersebut bernama sulforaphane. Zat itu merupakan senyawa yang secara alami terkandung di dalam brokoli yang dapat mengaktifkan protein pelindung tidak aktif di bagian arteri yang rentan terhadap penyumbatan."Masyarakat tahu bahwa sayuran sangat baik bagi tubuh, tapi sangat mengejutkan mekanisme molekulenya tidak diketahui selama bertahun-tahun," ujar Paul Evans dari National Heart and Lung Institute at Imperial College, seperti dikutip dari Reuters.Para peneliti sudah mengetahui, banyak yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Biasanya cabang-cabang dari pembuluh darah ini lebih rentan aliran darahnya terganggu. Hal ini diakibatkan karena penumpukan le [...]

Tiga Cara Menghindari Operasi Plastik Gagal

Tiga Cara Menghindari Operasi Plastik Gagal

Operasi plastik bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih baik. Namun ada pula yang mendapatkan hasil mengecewakan akibat operasi plastik yang dijalaninya gagal, seperti mendapati bentuk wajah yang tidak beraturan pascaoperasi. Bagi Anda yang ingin memperbaiki penampilan dengan jalan ini, coba simak 3 cara yang perlu dilakukan agar terhindar dari operasi plastik gagal berikut ini. Pilih Ahli Bedah yang Tepat Memilih ahli bedah yang berkualitas dan berpengalaman adalah modal utama untuk meraih bentuk tubuh yang Anda impikan. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ahli bedah yang tepat adalah memastikan apakah ahli bedah itu sudah terdaftar di Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (PERAPI) atau belum. Jika Anda tidak menemukan namanya terdaftar di PERAPI, lebih baik tinggalkan dan beralihlah ke ahli bedah lain yang beroperasi di rumah sakit atau klinik. Hindari merombak tubuh Anda di salon-salon kecantikan yang menyediakan jasa suntik silikon. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh sumber daya manusia yang tidak memadai. Risiko dari mulai operasi plastik gagal hingga kematian sangat tinggi jika tubuh Anda ditangani oleh ? [...]

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Salah satu metode kontrasepsi permanen bagi wanita yaitu tubektomi. Sebelum memutuskan untuk menjalaninya ketahui dulu risiko-risikonya. Tubektomi atau ligasi tuba dilakukan dengan memotong atau menutup tuba falopi sehingga sel telur tidak masuk ke rahim, sekaligus menghalangi sperma ke tuba falopi. Proses tubektomi dapat dilakukan kapan saja, termasuk yang dilakukan setelah persalinan normal ataupun caesar. Relatif Aman Tubektomi digolongkan sebagai prosedur yang aman dengan risiko komplikasi kurang dari 1 persen. Meski demikian, sebagaimana prosedur operasi, tetap ada risiko ketika dilakukan anastesi. Selain itu, terdapat pula risiko pendarahan atau infeksi saat dilakukan tindakan tubektomi. Risiko lain dari prosedur tubektomi yaitu kerusakan usus, kantung kemih, dan pembuluh darah utama. Nyeri pada panggul atau perut yang berkelanjutan juga dapat terjadi. Penutupan tuba falopi yang tidak sempurna pada saat tubektomi dapat menyebabkan kehamilan yang berisiko menjadi kehamilan ektopik. Hal ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapat penanganan. Beberapa kondisi meningkatkan risiko komplikasi tubektomi, seperti : Pernah menjalani operasi panggul atau perut sebelumnya. Obesi [...]

Efek Samping Dari Mencuci Tangan Dengan Hand Sanitizer

Efek Samping Dari Mencuci Tangan Dengan Hand Sanitizer

Hand sanitizer kini banyak digunakan oleh masyarakat karena dapat membantu membersihkan tangan dari kuman dengan mudah dan praktis. Namun ternyata, menggunakan hand sanitizer terlalu sering tidaklah baik bagi kesehatan terutama kesehatan kulit seperti hasil riset yang dilakukan oleh United States Food and Drug Administration. Berikut adalah efek samping dari mencuci tangan dengan hand sanitizer seperti dilansir dari LiveStrong.1. Iritasi KulitSaat menggunakan hand sanitizer, bagi kulit sensitif dapat terasa gatal, panas, dan kering karena alkohol yang terkandung di dalamnya. PDR Health menganjurkan untuk tidak menggunakan hand sanitizer di area tubuh selain tangan seperti mata, telinga, mulut, hidung, dan daerah genital. Selain itu, hindari pula penggunaan pada bayi atau anak balita karena kulit pada usia tersebut lebih rentan terkena iritasi.2. Kulit Mudah Terbakar Sinar MatahariHand sanitizer membuat kulit semakin sensitif terhadap sinar ultra violet sehingga menyebabkan kulit mudah terbakar di bawah paparan sinar matahari. PDR Health menyarankan untuk melindungi kulit Anda dengan sun screen yang mengandung SPF tinggi saat menggunakan hand sanitizer.3. Tubuh Rentan Terhadap In [...]

Teknik Memasak yang Tepat  Agar Gizi Tidak Hilang

Teknik Memasak yang Tepat Agar Gizi Tidak Hilang

Bagaimana metode Anda dalam mengolah makanan sangatlah penting. Makanan yang berbeda membutuhkan pendekatan dan waktu yang berbeda. Secara umum, suhu yang dinilai ideal untuk dicapai ketika memasak adalah suhu internal minimal 75�C. Suhu ini diyakini dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab keracunan makanan. Gunakan termometer untuk memeriksa suhu internal makanan selama proses memasak. Ketika memasak daging, sosis, ayam, pastikan agar makanan matang hingga ke bagian pusatnya, hingga tidak ada lagi daging atau cairan yang berwarna kemerahan. Ketika memasak ikan, lakukan hingga kulitnya mudah dipisahkan dengan garpu. Untuk makanan yang terbuat dari telur seperti telur dadar atau puding, masaklah hingga matang secara menyeluruh. Sedangkan untuk memasak sayuran, sebetulnya teknik apa pun dapat digunakan, kecuali menggoreng. Yang terpenting adalah sayuran yang Anda konsumsi berjumlah banyak dan bervariasi. Salah satu metode yang sering digunakan adalah menumis. Metode menumis membutuhkan hanya sedikit minyak dan waktu yang relatif sebentar. Siapkan bahan dalam suhu ruangan. Panaskan wajan terlebih dahulu, lalu masukkan minyak dan tunggu hingga minyak agak panas s [...]

Air Sanitasi dan Kesehatan

Air Sanitasi dan Kesehatan

Apa sajakah tindakan yang harus dilakukan berkaitan dengan air, sanitasi dan kesehatan? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, Prioritas pertama adalah untuk memberikan jumlah air bersih yang cukup, dan untuk melindungi sumber air dari kontaminasi. Minimal 15 liter per orang per hari harus disediakan sesegera mungkin. Selama keadaan darurat, orang mungkin menggunakan sumber air yang tidak diobati untuk mencuci, mandi, dll. Perbaikan kualitas air dapat dilakukan selama hari atau minggu berikutnya. Risiko kesehatan utama yang timbul setelah bencana adalah pembuangan tinja yang tidak memadai. Dimana struktur sanitasi normal telah rusak atau hancur. Adalah penting untuk segera menyediakan fasilitas toilet sementara dan perlu semakin ditingkatkan atau diganti ketika situasi sudah mulai berkembang. Setelah terjadinya kerusakan pada sistem yang ada, atau ketika bagian kota yang menampung sejumlah besar pengungsi atau tunawisma, sehingga mengakibatkan peningkatan tekanan pada fasilitas yang mungkin sudah di bawah tekanan, penilaian cepat harus dilakukan terhadap kerusakan dan kebutuhan yang diperlukan untuk memutuskan apa tindakan darurat berikutnya. Dalam situasi jangka panjang ata [...]

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Tidak sedikit timbul kekhawatiran diantara para Bunda sahabat Klikdokter dalam perihal menyusui ASI kepada sang buah hati. Dari kekhawatiran hubungan pola makan ke produktivitas ASI, bahkan hingga soal aman atau tidaknya meminum obat selama menyusui. (Baca: 5 Info Seputar Menyusui) Karena acapkali tidak dapat dipungkiri, ibu terjebak dalam situasi mau tidak mau harus mengkonsumsi obat-obatan sementara menyusui harus diprioritaskan. Apakah aman meminum obat-obatan selama menyusui? Simak lebih lengkap pada jawaban-jawabab dari beberapa pertanyaan yang kerap terlontar berikut ini. Apakah Semua Obat Masuk ke Dalam ASI dan Dapat Mempengaruhi Bayi? Jawabannya adalah iya. Hampir semua obat yang ada pada darah Anda dapat masuk melalui ASI, meskipun kadarnya jauh berkurang. Paparan terhadap obat-obatan yang ada di dalam ASI akan meningkatkan risiko pada bayi prematur, bayi baru lahir dan bayi yang secara medis tidak stabil atau memiliki gangguan ginjal. Risiko tersebut akan menurun pada bayi sehat yang berusia di atas 6 bulan. Apakah ada obat-obatan yang aman dikonsumsi bagi ibu menyusui? Obat-obatan Apa Saja yang Aman Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui? [...]

Ini Bahayanya Menggunakan Bra Terlalu Ketat

Ini Bahayanya Menggunakan Bra Terlalu Ketat

Menggunakan bra yang ketat memang dapat membuat payudara terlihat lebih berisi dan seksi. Tak sedikit juga wanita yang tetap menggunakan bra ketat mereka hingga waktu tidur di malam hari. Tapi memakai bra terlalu ketat ini jika dilakukan terus-menerus berisiko pada kesehatan Anda.Penelitian dari Harvard University baru-baru ini menyatakan menggunakan bra yang terlalu ketat memungkinkan pemakainya berisiko terkena kanker payudara. Hal ini dikarenakan, sirkulasi darah tersumbat dan rusaknya jaringan getah bening. Pembulu limatik (getah bening) rentan rusak karena sangat tipis. "Alasan utama mengapa penggunaan bra yang ketat itu berbahaya karena dapat menyumbat jaringan getah bening. Normalnya, cairan getah bening ini berfungsi unutk mencuci racun yang terdapat di payudara. Jika Anda menggunakan bra yang terlalu ketat, racun ini akan tertahan di payudara sehingga dapat menyebabkan kanker payudara," ujar Dr. M D Moody.Seperti apa yang dilansir dari Times of India, menurut penelitian tersebut, oksigen dan nutrisi yang terkirim ke payudara tersumbat padahal racun masih tertahan di sana. Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam per hari dan saat tidur [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *