Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

jomblomakancvr.jpg

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan ‘anugerah’ tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia.

Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.

Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka.

“Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi beberapa kelompok makanan juga lebih rendah seperti buah-buahan, sayuran dan ikan,” ujar Dr Katharine Hanna dan Dr Peter Collins dari Queensland University of Technology, tim yang melakukan penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa hidup sendirian, tanpa pasangan atau keluarga menjauhkan seseorang dari gaya hidup sehat. Ketidakhadiran keluarga atau pasangan membuat orang lebih sering menyiapkan makanannya sendiri yang simple dan langsung jadi. Sayangnya, makanan cepat atau siap saji umumnya memiliki tingkat nutrisi rendah tapi tinggi kalori, lemak, garam dan gula.

“Tidak adanya orang lain yang mengingatkan untuk makan sehat dan sulitnya mengatur porsi makan juga jadi beberapa faktor yang memengaruhi pola diet seseorang,” tambah Dr Hanna.

Dampak psikologis yang dialami orang yang hidup sendiri juga bisa berpengaruh pada pola makan. Dijelaskan kembali oleh Dr Hanna, dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa rasa kesepian merupakan salah satu faktor utama penyebab kekurangan gizi pada orang paruh baya atau lansia.

Lalu bagaimana dengan pria atau wanita jomblo yang tinggal bersama keluarganya, baik itu orangtua atau saudara? Kemungkinan menjalani pola diet tidak sehat berkurang, namun apabila tidak ada kontrol dari anggota keluarga dampaknya pun lebih kurang akan sama.

Jika Anda single atau belum memiliki pasangan, jangan terlalu khawatir pasti akan menjadi gemuk. Penelitian ini tidak disamaratakan pada setiap individu. Semua tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga pola makan tetap sehat; dengan ada atau tidak adanya pasangan.

Ada baiknya mempelajari cara memasak sehat dari tutorial YouTube, internet, blog kesehatan maupun buku-buku resep. Tidak ada salahnya juga mengundang teman-teman atau parner kerja yang dekat dengan Anda untuk memasak bersama di rumah.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Suara percakapan orang-orang di sekeliling Anda, bunyi musik, serta bisingnya suara kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang biasa didengar. Namun ternyata proses pengolahan suara oleh organ telinga tidaklah sesederhana yang kita kira. Selain berperan mengumpulkan dan memproses suara sehingga menjadi sinyal yang sampai ke otak, telinga juga memiliki fungsi menjaga tubuh Anda tetap seimbang. Organ pendengaran ini memastikan Anda tidak akan terjatuh saat membungkuk mengambil barang dari lantai atau berdiri dari posisi jongkok. Mengenali anatomi telinga dapat membuat kita lebih dapat menghargai dan menjaga kesehatan organ pendengaran ini. Tiga Bagian Telinga Telinga terdiri dari tiga bagian besar. Masing-masing terdiri dari struktur yang memegang peranan berbeda dalam proses mengubah gelombang suara untuk mencapai otak. Telinga bagian luar Telinga bagian luar terdiri dari bagian telinga yang nampak secara fisik, yaitu pinna dan lubang telinga. Pinna adalah daun telinga yang dapat terlihat dari luar. Bentuknya menyerupai mangkok yang mengumpulkan gelombang suara dari sekitar dan meneruskannya ke dalam lubang telinga. Telinga bagian luar ini juga terdiri dari saluran telinga tempatny [...]

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Kopi susu kerap kali menjadi 'teman' agar tidak mengantuk saat sibuk bekerja. Namun di balik kenikmatannya itu, kopi susu ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan gigi Anda.Pakar kesehatan gigi Heidi Hackett percaya, minuman ini memicu perkembangan karies pada gigi. Mayoritas pasiennya yang minum kopi susu berjam-jam di depan komputer lebih cenderung mengalami gangguan pada gigi.Paparan kronis terhadap laktosa atau gula susu, memberikan bakteri dalam mulut kemampuan untuk berkembang biak lebih banyak. Menurut Heidi, laktosa menjadi bahan bakar cair yang membantu metabolisme bakteri.Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, karies bisa terjadi karena dipicu dari Streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Kemudian, asam mengorosi enamel sehingga menyebabkan gigi berlubang.Oleh sebab itu, Heidi menyarankan agar menghabiskan segelas kopi susu dalam waktu 15 menit. saja. Tetapi bila kopi susu dikonsumsi dengan frekuensi sangat sering atau sepanjang hari, maka kesehatan gigi bisa terancam karena bakteri.Untuk atasi masalah itu, jangan lupa untuk meminum air putih setelah meminum kopi susu untuk mengurangi bakteri berkembang di gigi. Hal ini dikarenakan [...]

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Kulit Panu dengan Lengkuas

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Kulit Panu dengan Lengkuas

Tentu tidak asing lagi bagi masyarakat dengan berbagai kalangan dengan penyakit yang satu ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang sudah menghinggapi banyak kalangan yang pada dasarnya dapat disebabkan dari kurangnya perhatian terhadap kesehatan kulit. Namun ada juga dengan adanya kondisi tertentu yang menyebabkan penyakit ini tumbuh pada kulit seseorang. Faktor jenis kulitpun juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Jamur kulit merupakan penyakit kulit dalam kategori ringan dengan penampilan timbulnya bercak putih pada permukaan kulit dan rasa gatal pada bagian tersebut. Pada waktu tertentu penyakit ini dapat menyebar dengan cepat ke bagian-bagian tubuh lain dengan cepat dan semakin menimbulkan rasa gatal. Selain itu penyakit ini juga sangat menggangu penampilan anda baik penderita wanita maupun perempuan. Dengan cukup mahalnya obat yang anda beli untuk menghilangkan penyakit ini dan juga menggunakan jangka waktu yang cukup lama, anda dapat menggantinya cara yang lebih murah dan sederhana dengan melakukan beberapa tips yang kami paparkan dibawah ini dengan menggunakan lengkuas sebagai bahan obat utama sebagai proses penyembuhan jamur kulit. Penyakit ini pada dasarny [...]

2 dari 3 Wanita Pakai Bra dengan Ukuran yang Salah

2 dari 3 Wanita Pakai Bra dengan Ukuran yang Salah

Bra merupakan busana yang dipakai setiap hari oleh wanita. Dan survei terbaru menunjukkan, lebih dari 50% wanita tidak memahami ukuran branya sendiri dan memakai ukuran yang salah.Survei tersebut diadakan oleh merek bra Triumph International dengan melibatkan 10 ribu wanita dari berbagi belahan dunia. Dari survei itu diketahui dua dari tiga wanita setiap harinya memakai bra yang ukurannya tidak sesuai dengan bentuk payudara mereka.64% responden yang salah mengenakan bra ini, 29% di antaranya sebenarnya tahu kalau mereka melakukan kesalahan tersebut. Namun 29% responden tersebut memilih tidak melakukan apa-apa dan terus saja memakai bra dengan ukuran tidak sesuai.Seperti dikutip Huffington Post dari WWD, banyak responden yang mengatakan mereka membeli bra dengan ukuran tidak sesuai payudara bukan karena tidak melakukan pengukuran. Para responden ini tahu ukuran bra yang akan dibeli itu tidak sesuai, tapi mereka terlanjur menyukai model, warna dan keseksian dari pakaian dalam tersebut.Mengenakan bra dengan ukuran yang salah ini pastinya kurang baik untuk kesehatan. Wanita bisa merasakan gangguan tulang belakang, sakit punggung hingga terkena penyakit kulit. 73% wanita yang disurve [...]

Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Para peneliti di Australia telah menemukan, bahwa ibu perokok pada saat masa kehamilan akan menyebabkan perubahan perkembangan permanen pada bayi yang belum lahir hingga dewasa. Ketika bayi lahir dari ibu perokok, maka tubuh bayi akan memiliki jenis kolesterol yang dikenal sebagai pelindung dari penyakit jantung dikemudian hari dalam tingkat yang lebih rendah dari normalnya. Penelitian yang diterbitkan di European Heart Journal, menunjukkan bahwa, pada usia delapan tahun, anak yang lahir dari ibu perokok memiliki kadar kolesterol sekitar 1.3 milimol per liter (mmol / L), dibanding dengan yang nomal 1.5 mmol/L pada anak yang lahir dari ibu yang tidak merokok. Para peneliti menemukan bahwa efek ini adalah murni dari paparan asap rokok setelah melahirkan. Hal ini menunjukkan bahwa, paparan asap rokok pra-melahirkan memiliki dampak paling besar pada perkembangan anak selanjutnya, hingga dampak permanen pada masa dewasa sang bayi. Lanjutnya, meskipun merokok selama atau setelah masa kehamilan, diketahui terkait dengan masalah kesehatan anak, termasuk perilaku neurokognitif dan kematian bayi mendadak. Sampai sekarang belum jelas apa efek dari paparan langsung asap rokok pra-melahirkan te [...]

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Bau nafas tak sedap bukan hanya dapat menurunkan kepercayaan diri saat bersosialisasi dengan teman atau kolega, namun juga dapat membahayakan hubungan seksual dalam rumah tangga. Hasil survey yang baru-baru ini dilakukan di Kanada menunjukkan bahwa faktor terbesar yang dapat menurunkan mood untuk bercinta berhubungan erat dengan masalah kebersihan. Survey tersebut melibatkan lebih dari seribu orang responden berusia antara 18 hingga 49 yang aktif secara seksual. Sebanyak 58 % di antaranya mengaku bahwa bau mulut pasangan sangat mengganggu dan dapat menurunkan libido saat akan melakukan hubungan intim. Selain bau mulut, keringat berlebihan dan bau badan juga menempati urutan atas yang menjadi penyebab turunnya libido saat akan berhubungan. Untuk mengatasi bau mulut, perlu ditelusuri apa penyebab sebenarnya. Pada umumnya bau mulut disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga, adanya karies (lubang gigi), atau kalkulus (karang gigi), atau bisa juga karena sebab lain. Bau Mulut & Seks Karang gigi biasanya berada di daerah leher gigi yang berbatasan dengan gusi. Karang gigi adalah plak/kotoran gigi yang tidak dibersihkan secara seksama sehingga lama [...]

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

Produk yang dijual di pasaran dapat menjadi efektif bila konsumen tahu produk mana yang harus dicari. Sebaiknya lakukan penelitian mengenai produk tersebut dan ketahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk yang mahal belum tentu tepat untuk jenis kulit tertentu. Jadi, perhatikan langkah berikut sebelum Anda memilih produk perawatan kulit: 1. Waspada terhadap produk yang menjanjikan hasil instan. Lakukan riset mengenai produk tersebut, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta ulasan mengenai produk tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai keamanan produk tersebut. 2. Gunakan produk yang mengandung tabir surya. Melindungi kulit dari sinar matahari amatlah penting. Pelembab atau krim yang mengandung SPF minimal 30 dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menjaga kulit terlihat awet muda. Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas (broad spectrum) yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 3. Ketika memilih pembersih, perhatikan kadar pH produk tersebut. Gunakan pembersih dengan pH seimbang (pH balanced) yang mendekati pH kulit, yaitu sekitar 5.5-6.8. B [...]

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Telur tak hanya lezat dan praktis diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Shape.1. Kuning Telur Membantu Perkembangan OtakKuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil. 2. Memicu Rasa BahagiaSelain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.3. Sumber Protein yang SempurnaProtein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunak [...]

Hiu Sembuhkan Hepatitis C

Hiu Sembuhkan Hepatitis C

Penderita Hepatitis C kemungkinan besar akan tertolong oleh salah satu ikan vertebrata yang menguasai perairan dalam lautan yaitu ikan Hiu. Dengan diketemukannya Squalamine, senyawa anti bodi berspektrum luas dalam hati ikan hiu oleh Michael Zasloff MD, PhD, dari Universitas Georgetown Medical Center, Washington hampir 20 tahun lalu. Selain sebagai anti bodi, Squalamine juga telah terbukti sebagai anti angiogenesis, yaitu proses dimana sistem kekebalan tubuh menjadi mampu melawan angiogenesis yang terjadi dalam tubuh secara alami dikarenakan oleh sel-sel tidak sehat yang mengembangkan struktur pembuluh darah sendiri. Namun ternyata penelitian mengenai kegunaan Squamaline tidak terhenti begitu saja. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh Zasloff, meskipun belum diterapkan kedalam tubuh manusia, menunjukkan sifat antivirus dimana Squalamine bertindak secara aktif melawan virus-virus yang menyerang sel-sel dalam hati dan darah termasuk virus hepatitis B, C, D, sakit kuning dan demam berdarah. Zasloff juga mengungkapkan bahwa squalamine dapat bertindak cepat dalam menghentikan penggandaan virus dengan membersihkan bagian tubuh yang terserang virus hanya dalam waktu beberapa jam saja, [...]

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Anda penggila kuliner? Hati-hati Anda dapat mengalami kegagalan ereksi karena akibat paparan diabetes. Kebanyakan makan makanan yang tidak menyehatkan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes, atau akrab dikenal dengan penyakit gula darah. Walau sebagian besar penyandang diabetes, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjalani kehidupan seks yang normal. Namun, diabetes dapat menjadi faktor risiko masalah seks untuk beberapa orang. Masalah yang paling umum ditemukan adalah disfungsi ereksi pada laki-laki (atau impoten) yang menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan ereksi. Baik laki-laki maupun perempuan dapat kehilangan libido ketika kadar gula darah tinggi. Diabetes Mengancam Performa Seks Penurunan aliran darah dan kerusakan saraf pada penis merupakan penyebab disfungsi ereksi utama pada laki-laki dengan diabetes. Biasanya dapat ditemukan keadaan lain yang berkaitan dengan kerusakan saraf atau sirkulasi darah, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi, atau penyakit jantung. ?Celakanya, diabetes itu sulit untuk di deteksi dini. Gejala yang muncul itu, seperti luka susah sembuh, kesemutan, tangan dan kaki bengkak, sering p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *