Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

jomblomakancvr.jpg

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan ‘anugerah’ tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia.

Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.

Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka.

“Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi beberapa kelompok makanan juga lebih rendah seperti buah-buahan, sayuran dan ikan,” ujar Dr Katharine Hanna dan Dr Peter Collins dari Queensland University of Technology, tim yang melakukan penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa hidup sendirian, tanpa pasangan atau keluarga menjauhkan seseorang dari gaya hidup sehat. Ketidakhadiran keluarga atau pasangan membuat orang lebih sering menyiapkan makanannya sendiri yang simple dan langsung jadi. Sayangnya, makanan cepat atau siap saji umumnya memiliki tingkat nutrisi rendah tapi tinggi kalori, lemak, garam dan gula.

“Tidak adanya orang lain yang mengingatkan untuk makan sehat dan sulitnya mengatur porsi makan juga jadi beberapa faktor yang memengaruhi pola diet seseorang,” tambah Dr Hanna.

Dampak psikologis yang dialami orang yang hidup sendiri juga bisa berpengaruh pada pola makan. Dijelaskan kembali oleh Dr Hanna, dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa rasa kesepian merupakan salah satu faktor utama penyebab kekurangan gizi pada orang paruh baya atau lansia.

Lalu bagaimana dengan pria atau wanita jomblo yang tinggal bersama keluarganya, baik itu orangtua atau saudara? Kemungkinan menjalani pola diet tidak sehat berkurang, namun apabila tidak ada kontrol dari anggota keluarga dampaknya pun lebih kurang akan sama.

Jika Anda single atau belum memiliki pasangan, jangan terlalu khawatir pasti akan menjadi gemuk. Penelitian ini tidak disamaratakan pada setiap individu. Semua tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga pola makan tetap sehat; dengan ada atau tidak adanya pasangan.

Ada baiknya mempelajari cara memasak sehat dari tutorial YouTube, internet, blog kesehatan maupun buku-buku resep. Tidak ada salahnya juga mengundang teman-teman atau parner kerja yang dekat dengan Anda untuk memasak bersama di rumah.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sikat Elektrik dan Manual, Mana yang Lebih Baik Membersihkan Plak Gigi?

Sikat Elektrik dan Manual, Mana yang Lebih Baik Membersihkan Plak Gigi?

Sikat gigi elektrik umumnya dijual dengan harga lebih mahal ketimbang sikat gigi manual. Bantuan tenaga listrik dianggap membuat proses pembersihan gigi lebih maksimal dan total bersihnya. Namun di sisi lain, ada pula yang menilai sikat gigi elektrik bisa mengikis enamel gigi karena gosokannya yang terlalu keras.Benarkah sikat gigi elektrik lebih efektif daripada sikat gigi manual, atau justru berpotensi merusak gigi? Menurut ahli kesehatan gigi, penggunaan sikat elektrik maupun manual sebenarnya sama-sama efektif dalam membersihkan gigi asalkan dilakukan dengan teknik menyikat yang tepat."Jika seseorang bisa menyikat gigi dengan cara yang tepat dengan sikat manual dan tidak ada masalah dengan plak yang menumpuk, maka tidak perlu menggantinya dengan sikat elektrik," jelas Ketua Australian Dental Association Dr Peter Alldritt, seperti dikutip dari ABC Australia.Tujuan utama dari menyikat dan flossing gigi adalah untuk menyingkirkan plak, yang merupakan sarang dari bakteri penyebab gigi berlubang atau rapuh. Dr Peter menjelaskan, teknik yang benar adalah menyikat gigi hingga mendekati area gusi agar plak dan kotoran yang bersembunyi di garis antara email gigi dan gusi bisa disingk [...]

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami selain keputihan adalah merasa kering di daerah kewanitaan. Kekeringan ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang dipengaruhi oleh tingkat usia seorang wanita.Pada wanita yang belum mengalami menopause, kulit dan jaringan di sekitar vagina akan terasa kenyal dan lembab. Hal ini dipengaruhi oleh cairan dan lendir yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Kelenjar ini dipengaruhi oleh estrogen, yaitu hormon wanita yang dapat mempengaruhi jaringan di sekitar vagina sehingga menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.Dengan adanya hormon estrogen di dalam tubuh, membuat produksi lendir ini akan lebih optimal sehingga vagina terasa licin atau basah. Hormon estrogen juga merangsang sel-sel yang melapisi vagina untuk menghasilkan glikogen, yaitu suatu senyawa yang memicu adanya bakteri menguntungkan yang melindungi vagina dari infeksi.Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan, wanita yang sudah menopause akan mengalami berkurangnya hormon estrogen secara otomatis. Akibatnya, produksi lendir ju [...]

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Siapa tidak kenal mi instan? Makanan ekonomis yang mudah dan cepat dibuat serta memiliki variasi rasa yang luas. Di kala waktu terbatas dan sibuk atau sore-sore saat hujan atau menemani nonton bola di malam hari, sajian mi instan seringkali memang tidak tergantikan. Dan yang pasti, konsumsi mi instan memang membuat kangen dimana pun kita berada. Karena makanan ini termasuk makanan yang cukup banyak dan rutin dikonsumsi luas serta sudah mendapat tempat di hati kita semua, maka sudah seharusnya kita semua mengetahui konsekuensi kesehatan yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsi mi instan. Berikut ini penjelasan selengkapnya: 1. Menyebabkan Ketidakseimbangan Nutrisi Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi mi instan membuat seseorang mengalami peningkatan yang signifikan untuk zat nutrisi berikut ini: vitamin B1 vitamin B2 kalori lemak garam Namun dilain sisi, ada beberapa zat nutrisi lainnya yang signifikan lebih rendah dibandingkan zat-zat nutrisi diatas dibandingkan pada orang yang tidak mengkonsumsi mi instan, diantaranya: protein kalsium fosfor zat besi kalium vitamin A vitamin B3 vitamin C 2. Memicu GERD (Gastro Oeso [...]

1 Desember Hari AIDS Sedunia

1 Desember Hari AIDS Sedunia

Tanggal 1 Desember merupakan hari peringatan akan bahaya virus mematikan yang pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1982. Virus yang kemudian dikenal dengan Human Immunodefiency Virus (HIV) yang berarti virus penurun kekebalan tubuh ini mampu menginfeksi tubuh manusia dan menjadi penyakit mematikan dengan sebutan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Hanya kurang lebih 30 tahun semenjak keberadaannya diketahui oleh para ilmuwan, AIDS telah merenggut lebih dari 35 juta jiwa diseluruh dunia dan penyebarannya yang berawal di daerah Amerika Serikat dan Eropa, berkembang keseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. HIV sendiri merupakan virus yang biasa menyerang pada primata di hutan Afrika layaknya manusia diserang virus flu, namun suatu kejadian menyebabkan virus tersebut berpindah ke manusia dan menyerang sel-sel kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit dan sering kali berujung pada kematian. Dengan mempelajari kinerja HIV, ilmuwan telah dapat mengusahakan pengobatan antiretrovirus yaitu perawatan dalam memperlambat infeksi yang disebabkan oleh virus termasuk HIV. Namun sayangnya pengobatan ini tergolong menelan biaya y [...]

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: 6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Setiap bulan, indung telur mengeluarkan telur yang disebut dengan ovulasi atau masa subur. Di saat yang bersamaan, perubahan hormonal juga menyiapkan rahim untuk kehamilan. Jika saat ovulasi telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan meluruh keluar melalui vagina yang disebut dengan menstruasi. Bagaimana siklus menstruasi yang normal? Siklus menstruasi, yang dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya, tidak sama pada setiap wanita. Menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Dengan definisi yang lebih luas, menstruasi "normal" pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika dirasakan menstruasi Anda tidak seperti biasanya. Apa saja yang perlu saya perhatikan pada menstruasi saya? Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan Pada Menstruasi Saya? Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan pada siklus haid Anda: Tanggal Catatlah tanggal dimulai dan berhentinya menstruasi Anda. Apakah lebih lama atau lebih pendek dari biasanya. Banyaknya menst [...]

Salah Pakai Bra, Bisa Sakit Kepala Hingga Kena Masalah Pencernaan

Salah Pakai Bra, Bisa Sakit Kepala Hingga Kena Masalah Pencernaan

Sering merasakan sakit pada pinggang, punggung, bahu atau leher? Bisa jadi karena Anda mengenakan bra yang salah. Data statistik terbaru menunjukkan bahwa jutaan wanita memakai ukuran bra yang salah sehingga meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang.Sebanyak 70-80 persen wanita dilaporkan mengenakan ukuran bra yang salah, dan beberapa di antaranya bahkan tidak menggunakan bra ketika fitnes atau olahraga. Para pakar fisioterapi menghimbau wanita untuk teliti dan benar-benar memperhatikan ukuran tubuh serta payudara mereka sebelum membeli bra, terutama jenis sports bra."Memakai ukuran bra yang salah tidak hanya membuat penampilan terlihat buruk tapi juga berisiko mengalami gangguan kesehatan. Bisa memicu sakit leher, bahu, perut dan punggung, juga membuat syaraf di area leher terjepit dan payudara mengendur," ujar Sammy Margo, pakar fisioterapi dari Chartered Society of Physiotherapy seperti dikutip dari Daily Mail. Memakai bra yang tidak tepat juga bisa memicu heartburn (rasa panas membakar pada dada atau jantung), iritasi kulit bahkan gangguan pada usus. Richard Moore yang seorang konsultan pengobatan holistik dan terapis pijat di Nottingham, Inggris mengatakan dari beberapa [...]

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat). Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah penyakit ini ternyata ada lho diet yang bisa kita lakuin. Berikut adalah strategi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung: Pola Makan untuk Jantung Lebih Sehat Konsumsi ikan ikan lebih banyak Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantu [...]

Memahami Suhu Tubuh

Memahami Suhu Tubuh

Suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan tubuh dalam menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala Anda terserang penyakit serius. Ketahuilah berapa suhu tubuh normal Anda. Ketahui pula berapa suhu tubuh abnormal demi mengantisipasi kondisi yang dapat mengancam jiwa. Berapa Suhu Tubuh Normal Manusia? Selama ini banyak orang menganggap suhu tubuh normal manusia berada pada titik 37 derajat Celcius. Benar, rata-rata suhu tubuh normal manusia memang berada pada kisaran tersebut. Tapi kenyataannya suhu tubuh normal tidak selalu pada titik 37 derajat Celcius. Suhu tubuh yang normal bisa berada di antara 36,5-37,5 derajat Celcius. Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Biasanya, suhu terendah terjadi pada pagi hari dan akan naik 0,6 derajat Celcius pada sore hari. Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa memengaruhi suhu tubuh. Contohnya ketika Anda berolahraga di hari yang panas maka suhu tubuh dapat naik 0,6 derajat Celcius. Suhu tubuh normal juga bisa berbeda, entah lebih tinggi atau lebih rendah, ketika seorang wanita berovulasi atau saat siklus menstruasi. Berbahayakah Suhu Tubuh Rendah atau Tinggi? [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *