Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

jomblomakancvr.jpg

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan ‘anugerah’ tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia.

Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.

Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka.

“Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi beberapa kelompok makanan juga lebih rendah seperti buah-buahan, sayuran dan ikan,” ujar Dr Katharine Hanna dan Dr Peter Collins dari Queensland University of Technology, tim yang melakukan penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa hidup sendirian, tanpa pasangan atau keluarga menjauhkan seseorang dari gaya hidup sehat. Ketidakhadiran keluarga atau pasangan membuat orang lebih sering menyiapkan makanannya sendiri yang simple dan langsung jadi. Sayangnya, makanan cepat atau siap saji umumnya memiliki tingkat nutrisi rendah tapi tinggi kalori, lemak, garam dan gula.

“Tidak adanya orang lain yang mengingatkan untuk makan sehat dan sulitnya mengatur porsi makan juga jadi beberapa faktor yang memengaruhi pola diet seseorang,” tambah Dr Hanna.

Dampak psikologis yang dialami orang yang hidup sendiri juga bisa berpengaruh pada pola makan. Dijelaskan kembali oleh Dr Hanna, dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa rasa kesepian merupakan salah satu faktor utama penyebab kekurangan gizi pada orang paruh baya atau lansia.

Lalu bagaimana dengan pria atau wanita jomblo yang tinggal bersama keluarganya, baik itu orangtua atau saudara? Kemungkinan menjalani pola diet tidak sehat berkurang, namun apabila tidak ada kontrol dari anggota keluarga dampaknya pun lebih kurang akan sama.

Jika Anda single atau belum memiliki pasangan, jangan terlalu khawatir pasti akan menjadi gemuk. Penelitian ini tidak disamaratakan pada setiap individu. Semua tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga pola makan tetap sehat; dengan ada atau tidak adanya pasangan.

Ada baiknya mempelajari cara memasak sehat dari tutorial YouTube, internet, blog kesehatan maupun buku-buku resep. Tidak ada salahnya juga mengundang teman-teman atau parner kerja yang dekat dengan Anda untuk memasak bersama di rumah.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna di dalam tubuh. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan sudah tercerna secara tepat sebelum memulai aktivitas olahraga apapun. Untuk mengubah makanan Anda menjadi energi dibutuhkan waktu, untuk itu sebaiknya Anda makan maksimal 3-4 jam sebelum berolahraga. Hal ini merupakan estimasi saja, namun kembali lagi bergantung dari kecepatan metabolisme dan pencernaan Anda. Jika Anda tidak dapat menunggu selama itu, hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan olahraga yang berat karena dapat berujung pada mual dan muntah. Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Berikut penjelasannya: Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Sebelum memulai olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, pilihlah makanan yang rendah lemak namun tinggi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Makanan yang tinggi lemak akan mempengaruhi performa Anda ketika berolahraga. Jadi, hindari makanan yang digoreng. Nasi, kentang atau pasta dapat menjadi pilihan Anda sebelum berolahraga. Anda juga dapat menambahkan yoghurt ataupun jus buah segar. Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga? Berikut penjelasannya: [...]

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan yang juga dikenal masyarakat sebagai penyakit jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung anak yang didapat sejak lahir. Kelainan struktur jantung ini dapat berupa kelainan katub jantung, dinding jantung atau pembuluh darah jantung. Namun gejala penyakit jantung bawaan kadang tidak khas sehingga perlu perhatian khusus. Mari kita kenali penyakit jantung bawaan lebih jauh. Apa itu penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan adalah kelainan struktur jantung yang terjadi sejak anak lahir. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yang dipisahkan oleh dinding otot jantung dan katub. Kelainan jantung bawaan dapat mengenai dinding jantung, katub jantung atau pembuluh darah. Kelainan jantung dapat berupa kebocoran katub jantung atau terdapat lubang pada dinding jantung. Apa penyebab terjadinya penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya: Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Bawaan? Penyebab penyakit jantung bawaan cukup banyak, diantaranya adalah: Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak men [...]

Sayuran Ini Bisa Bantu Anda Melawan Kanker

Sayuran Ini Bisa Bantu Anda Melawan Kanker

Sayur bayam yang menjadi makanan favorit tokoh kartun Popeye, ternyata memiliki banyak manfaat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Molecular Nutrition and Food, bayam memiliki kandungan yang dapat mengurangi efek merusak dari karsinogen, disebut dengan PhIP.Karsinogen merupakan zat penyebab kanker, yang juga ditemukan pada daging merah. Zat tersebut mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, yang dapat mengganggu proses-proses biologis.Untuk menguji hal itu, diadakanlah penelitian terhadap tikus-tikus yang terkena tumor usus besar. Dalam penelitian tersebut, sebagian tikus diberikan diet bayam. Tikus-tikus itu mengonsumsi sebanyak 30 gram bayam segar dalam setahun. Hasilnya? Tikus yang melakukan diet bayam mengalami pengurangan jumlah tumor yang dideritanya, dibanding tikus lain yang tak memakan bayam.Bayam mengandung klorofil, karotenoid, omega-3 asam lemak, dan zat gizi mikro seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Menurut Mansi Parasramka, PhD, peneliti postdoctoral di Oregon State University, zat-zat tersebut dapat melawan pembentukan tumor dan mengurangi jumlah kanker.Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa dua pertiga dari kanker dapat dikendalika [...]

Keluar Darah Saat Hamil Muda? Ini yang Harus Dilakukan

Keluar Darah Saat Hamil Muda? Ini yang Harus Dilakukan

Mengalami perdarahan saat hamil muda meski dapat mengejutkan, namun tak perlu panik berlebihan. Dianjurkan, ibu hamil bisa membedakan perdarahan yang masih dianggap normal dan perdarahan sebagai kondisi darurat yang harus segera mendapat pertolongan medis. Keluar darah saat hamil muda atau tiga bulan pertama, harus dicermati lebih jauh. Ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, berupa flek atau tetesan darah yang tampak pada pakaian dalam. Kedua, perdarahan yang alirannya lebih banyak dan membutuhkan pembalut agar tidak membasahi pakaian dalam. Penyebab umum terjadinya perdarahan saat hamil muda yaitu proses perlekatan sel telur yang dibuahi pada dinding rahim. Hal ini tampak sebagai bercak darah ataupun perdarahan ringan selama beberapa jam atau hari, tapi tidak sebanyak menstruasi. Beberapa penyebab lain yaitu setelah berhubungan intim, infeksi, atau perubahan hormon ini tergolong tidak berbahaya bagi ibu hamil ataupun bayi. Tindakan Awal Penanganan awal dari terjadinya perdarahan saat hamil muda yaitu segera berisitirahat. Langkah lain yang dapat dilakukan, yaitu : Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang m [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat haid bisa mengindikasikan kehamilan,namun masih ada penyebab-penyebab lain selain hamil yang bisa membuat terlambat datang bulan, umumnya adalah faktor hormon. Ketidakteraturan haid bisa merupakan kondisi yang normal bila terjadi pada periode awal mendapat menstruasi atau ketika memasuki periode menopause. Perempuan umumnya mulai menstruasi pada usia 10-15 tahun. Karena baru pertama kali menstruasi, hormon perlu beradaptasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua tahun. Demikian halnya ketika baru menopause pada kisaran usia 45-55 tahun. woman honding negative pregnancy test Normalnya, perempuan mendapat haid tiap 21-35 hari. Bila Anda tidak mengalami menstruasi pada rentang waktu tersebut, perhatikan beberapa faktor berikut yang mungkin menjadi penyebabnya. Berat badan tidak normal. Penurunan berat badan secara berlebihan atau berat badan yang rendah dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu pula keadaan berat badan terlalu rendah ataupun obesitas. Berat badan dapat dikatakan normal bila indeks masa tubuh (body mass index/BMI) berada di angka 18,5-24,9. BMI didapat dari perhitungan berat badan (kg) tiaptinggi dikuadr [...]

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis seperti kue dan biskuit, tampaknya perlu berhati-hati. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh ditumbuhi oleh bulu.Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan riset, Mintel, menemukan bahwa bulu dan rambut yang berlebihan pada tubuh merupakan faktor kedua yang membuat orang tak menyukai diri mereka. Faktor pertama ditempati oleh berat badan berlebih.Dalam survei yang melibatkan 2000 wanita itu mengungkapkan, satu dari sepuluh wanita mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan. Menurut Dr Dina Davinson, seorang endokrinologi dari Whipps Cross University Hospital di London, Inggris, masalah ras dan keturunan adalah penyebab yang paling banyak ditemukan."Ras dan keturunan keluarga sering menjadi penyebab, bukan masalah medis. Orang yang berasal dari Asia Selatan atau Mediterania cenderung memiliki rambut atau bulu lebih banyak ketimbang orang Barat atau orang berkulit hitam. Ini juga memungkinkan untuk memiliki 'keluarga berbulu' diluar faktor ras," terang Davinson.Namun ternyata tak hanya faktor ras atau keturunan yang bisa menyebabkan seseorang memiliki bulu tubuh yang lebat. Makanan juga jadi salah satu peny [...]

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Oleh: dr. Jessica Florencia Tanggal merah menjelang pas di akhir pekan, liburan akan terasa lebih panjang dari biasanya. Tapi sayangnya, hujan dan angin serta suhu dingin sedang senantiasa menyertai kita. Yuk simak tips berikut ini: Musim liburan segera menjelang. Saatnya tiba untuk melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas harian. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda selama liburan baik Anda bepergian atau hanya sekedar menikmati waktu libur dengan bersantai. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat selama liburan: Jangan korupsi waktu tidur AndaMeskipun Anda berlibur, namun jangan habiskan waktu Anda untuk tidur terlalu larut atau hanya tidur beberapa jam saja. Gunakan waktu ini untuk beristirahat dengan layak, bersantai dan jangan membebani diri dengan aktivitas-aktivitas yang akan mengganggu waktu tidur Anda. Perhatikan apa yang Anda makanWaktu libur bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi semua jenis makanan. Ini akan membuat Anda kehilangan kontrol. Tetaplah mengkonsumsi makanan sehat, sertakan sayur dan buah. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan batasi makanan berlemak. Camilan instan juga sebaiknya tidak d [...]

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Alpukat tidak hanya lezat untuk dijadikan campuran es teler atau es campur. Tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang masih 'satu saudara' dengan berry ini kaya akan lemak sehat dan tak jenuh yang membantu proses pembakaran lemak berlebih serta memperkuat struktur dinding sel. Ini sejumlah khasiat lain dari alpukat, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Alpukat Mengandung Potassium Lebih Banyak dari PisangSelama ini potassium lebih diketahui banyak terkandung dalam pisang. Tapi alpukat ternyata memiliki potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sementara pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram. Potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.2. Alpukat Buah Berprotein TinggiSatu butir alpukat memiliki empat gram protein, menjadikannya sebagai buah yang paling tinggi kandungan proteinnya. Protein pada alpukat pun merupakan protein sehat yang tidak mengandung lemak trans, lemak jenuh dan mudah dicerna. Jadi jika Anda vegetarian atau menghindari prote [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *