Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

jomblomakancvr.jpg

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan ‘anugerah’ tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia.

Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.

Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka.

“Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi beberapa kelompok makanan juga lebih rendah seperti buah-buahan, sayuran dan ikan,” ujar Dr Katharine Hanna dan Dr Peter Collins dari Queensland University of Technology, tim yang melakukan penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa hidup sendirian, tanpa pasangan atau keluarga menjauhkan seseorang dari gaya hidup sehat. Ketidakhadiran keluarga atau pasangan membuat orang lebih sering menyiapkan makanannya sendiri yang simple dan langsung jadi. Sayangnya, makanan cepat atau siap saji umumnya memiliki tingkat nutrisi rendah tapi tinggi kalori, lemak, garam dan gula.

“Tidak adanya orang lain yang mengingatkan untuk makan sehat dan sulitnya mengatur porsi makan juga jadi beberapa faktor yang memengaruhi pola diet seseorang,” tambah Dr Hanna.

Dampak psikologis yang dialami orang yang hidup sendiri juga bisa berpengaruh pada pola makan. Dijelaskan kembali oleh Dr Hanna, dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa rasa kesepian merupakan salah satu faktor utama penyebab kekurangan gizi pada orang paruh baya atau lansia.

Lalu bagaimana dengan pria atau wanita jomblo yang tinggal bersama keluarganya, baik itu orangtua atau saudara? Kemungkinan menjalani pola diet tidak sehat berkurang, namun apabila tidak ada kontrol dari anggota keluarga dampaknya pun lebih kurang akan sama.

Jika Anda single atau belum memiliki pasangan, jangan terlalu khawatir pasti akan menjadi gemuk. Penelitian ini tidak disamaratakan pada setiap individu. Semua tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga pola makan tetap sehat; dengan ada atau tidak adanya pasangan.

Ada baiknya mempelajari cara memasak sehat dari tutorial YouTube, internet, blog kesehatan maupun buku-buku resep. Tidak ada salahnya juga mengundang teman-teman atau parner kerja yang dekat dengan Anda untuk memasak bersama di rumah.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Alasan Tidak Berolahraga dan Cara Mengatasinya

5 Alasan Tidak Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Olahraga merupakan salah satu aspek penting dalam gaya hidup sehat, akan tetapi seringkali kita menunda melakukannya karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa alasan yang paling sering kita utarakan dan bagaimana mengatasinya. 1. Alasan Pertama: ?Saya tidak punya waktu?. Ini adalah alasan yang paling umum dan merupakan masalah klasik bagi kebanyakan orang. Jadwal sehari-hari Anda rasa sudah padat dan penuh sehingga Anda tidak pernah menemukan waktu untuk olahraga. Solusinya? Buatlah waktu untuk olahraga, jangan pernah menunggu waktu ?muncul?, justru Anda yang harus membuat waktu tersebut ada. Anda dapat melakukan hal-hal kecil yang dapat dimasukkan dalam jadwal sibuk Anda dan mengakumulasikannya. Seperti naik tangga ke kantor, berjalan keluar kantor saat makan siang atau saat pergi ke dan pulang dari kantor, melakukan peregangan dan latihan kekuatan otot di kantor atau rumah selama beberapa menit per hari. Jangan lupa gunakan dan optimalisasikan waktu di akhir minggu Anda. Apabila jam tidur Anda di akhir minggu lebih dari 7-8 jam, kurangi waktu tidur sedikit saja, misalnya selama 30-60 menit. Olahraga akan membuat Anda lebih bertenaga dan juga akan membantu Anda tidur lebih [...]

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Sebagian orang kurang nyaman dengan rasa mint dalam pasta gigi. Kini, sebuah brand pasta gigi Crest berhasil membuat odol dengan rasa berbeda dari umumnya.Pasta gigi unik terbaru tersebut memiliki rasa coklat. Crest juga meluncurkan pasta gigi unik lainnya yakni rasa vanilla dan Lemon. Crest berhasil mengolah coklat menjadi pasta gigi. Dalam kandungannya, tetap ditambahkan mint untuk memberikan rasa segar di mulut. Namun lebih banyak didominasi dengan rasa coklat. Produk bernama 'Be' tersebut kandungannya kaya akan coklat cream yang tidak hanya memberikan sensasi nikmat di mulut, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi gigi. Menurut Allan Melnick, dokter gigi di California, coklat bermanfaat untuk mengurangi plak pada gigi. Di Amerika, produk pasta gigi dengan rasa coklat itu akan dirilis bulan depan dengan harga US$ 4,99 atau sekitar Rp 60 ribu. Pasta gigi, rasa coklat tersebut bukan satu-satunya di dunia. Sebelumnya, merek Theodent juga telah merilis pasta gigi dengan rasa serupa. Selain itu, terdapat pasta gigi yang juga memiliki rasa unik. Di jepang, pasta gigi dengan rasa arang sampai kari ayam banyak dijual. Klik ini untuk mengetahui berita selengkapnya.(kik/fer) [...]

Artis dan Shabu-Shabu

Artis dan Shabu-Shabu

Oleh : dr.Andri,SpKJ Psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI, Alam Sutera (mbahndi@yahoo.com) Anggota The Academy of Psychosomatic Medicine Anggota The American Psychosomatic Society Drummer band Padi Yoyo dan Iyut Bing Slamet tertangkap tangan sedang menggunakan shabu-shabu sehingga terkena garap petugas. Berita artis terjerat narkoba kembali muncul di permukaan. Fenomena pemakaian narkoba jenis shabu-shabu memang bukan fenomena baru di kalangan artis. Alasan memilih narkotika jenis ini mungkin bisa sedikit saya bagi buat pembaca sekalian. Euforia dan ?Ectasy? Shabu-shabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil Ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis . Efek yang paling diinginkan adalah perasaan euforia sampai ectasy (senang yang sangat berlebihan). Obat ini juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido. Pemakai shabu-shabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya. Artis dan Shabu-Shabu Sal [...]

Membaca dengan Sinar Remang: Tidak Merusak Mata?

Membaca dengan Sinar Remang: Tidak Merusak Mata?

Dahulu, orang akan menjawab bahwa membaca dengan sinar remang akan dapat merusak mata. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini merupakan MITOS. Pencahayaan yang remang memang dapat memberikan efek jangka pendek berupa mata lelah. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya risiko jangka panjang dari aktivitas ini. Membaca dengan cahaya yang kurang terang atau melakukan pekerjaan dengan pencahayaan yang kurang juga dapat memberikan dampak jangka pendek berupa mata kering karena mata secara otomatis menjadi lebih jarang berkedip. Hal ini memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Namun, hingga saat ini belum terdapat bukti ilmiah bahwa hal ini mengakibatkan kerusakan struktur ataupun fungsi mata. Untuk mengatasi hal ini, seseorang dapat menggunakan tetes mata untuk menjaga agar mata tetap lembap. Satu mitos telah terpatahkan, mitos lainnya seperti apakah menonton televisi terlalu dekat dapat menyebabkan kerusakan mata? Berikut penjelasannya: Apakah Menonton Televisi Dapat Menyebabkan Kerusakan Mata? Hal yang sama juga berlaku dengan aktivitas menonton televisi terlalu dekat. Mata dapat menjadi lebih lelah namun tidak menye [...]

4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit

4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu ada beberapa saran kesehatan tepat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa Anda: 4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu ada beberapa saran kesehatan tepat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa Anda: 1. Jangan Melewatkan Santap Sahur Seperti ibarat pepatah, makan pagi merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari. Terlebih dalam bulan Ramadhan, hal ini menjadi sangatlah penting. Jika Anda melewatkan santap sahur, maka tubuh Anda akan mengalami waktu puasa ya [...]

Cara Unik Agar Mudah Ingat Nomor Telepon Tanpa Lihat Phonebook di Ponsel

Cara Unik Agar Mudah Ingat Nomor Telepon Tanpa Lihat Phonebook di Ponsel

Sering lupa nomor telepon klien/teman atau daftar belanjaan? Ada cara mudah untuk mengingatnya, cukup dengan mengepalkan tangan sekuat mungkin.Para peneliti di Amerika mengemukakan, menggenggam bola karet dengan tangan kanan dan memencetnya kuat-kuat bisa membuat seseorang lebih mudah mengingat sebuah daftar di otak. Begitu ingin mengingatnya kembali, giliran tangan kiri yang harus dikepal.Gerakan mengepal ini diduga bisa mengaktifkan bagian otak yang bertugas menyimpan dan mengingat kembali memori. Peneliti menyarankan, trik ini bisa berguna saat Anda ingin belanja banyak barang di supermarket atau mengingat nomor telepon seseorang namun tidak sempat mencatatnya di kertas juga ponsel.Dalam sebuah studi, responden diberikan bola karet dan diminta untuk memencetnya sekuat mungkin sebelum mencoba mengingat daftar dari 72 kata. Setelah menyimpannya di dalam memori otak, para responden menekan bola lagi beberapa menit kemudian. Mereka kemudian diharuskan menyebutkan kembali kata-kata yang sudah diingat tersebut sebanyak mungkin.Responden dibagi menjadi lima grup. Kelompok responden pertama menggunakan tangan kanan mereka saat mengingat maupun menyebutkan kembali kata-kata yang ada d [...]

Seberapa Efektifnya Vaksin Meningitis

Seberapa Efektifnya Vaksin Meningitis

Penyakit Meningokokus adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria meningitidis. Salah satu jenis penyakitnya adalah meningitis, yaitu peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini dapat ditularkan melalui bersin, batuk, dan ciuman dari orang yang terinfeksi. Usia 16 ? 23 tahun adalah usia paling berisiko seseorang dapat terserang penyakit meningokokus. Kabar baiknya, ada vaksin yang dapat diberikan untuk meminimalkan risiko terpapar penyakit ini. Vaksin meningitis mengandung antigen, yaitu substansi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi melawan bakteri penyebab meningitis. Vaksin meningokokus pertama, MPSV4 (Meningococcal polysaccharide vaccine), diciptakan pada 1978, kemudian MCV4 (Meningococcal conjugate vaccine) pada 2005. MPSV4 disebut juga vaksin meningokokus polisakarida, sedangkan MCV4 disebut vaksin meningokokus konjugasi. Keduanya melindungi dari empat jenis penyakit meningokokus yang disebabkan oleh serogroup A, C, W, dan Y. Sebenarnya, saat ini diketahui setidaknya ada 13 serogrup Neisseria meningitidis. Kapan dan siapa saja yang perlu divaksin meningitis? Vaksin MCV4 disarankan diberikan untuk anak usia [...]

Gejala Stroke Pada Anak

Gejala Stroke Pada Anak

Stroke merupakan penyakit yang menakutkan bagi orang berusia lanjut. Terutama yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kencing manis, ataupun penyakit jantung. Namun siapa sangka ternyata penyakit stroke tidak memilih usia. Usia muda bahkan anak-anak pun ternyata bisa terkena stroke. (Baca: 5 Gejala Stroke) Stroke diartikan sebagai berkurangnya asupan darah ke otak secara tiba-tiba, baik itu disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak ataupun karena sumbatan. Begitu pula dengan stroke yang dialami oleh anak-anak. Gejala Stroke Pada Anak Umumnya, pencetus stroke pada orang berusia dewasa atau lebih tua adalah: Faktor tekanan darah tinggi Kadar lemak darah (kolesterol LDL) tinggi Penyakit kencing manis (diabetes) Penyakit jantung Berbeda halnya dengan stroke pada anak. Pada anak, kondisi yang sering mencetus terjadinya stroke yaitu: Kelainan kongenital (bawaan) pembuluh darah sehingga rapuh dan mudah pecah Kelainan jantung bawaan, atau Karena gumpalan darah karena penyakit darah seperti penyakit sel sabit. Gejala stroke yang dialami oleh anak-anak sama seperti yang dialami oleh orang dewasa, antara lain: Tiba-tiba lemas pada [...]

Inilah Penyebab Sulitnya Hamil

Inilah Penyebab Sulitnya Hamil

Keinginan untuk memiliki keturunan sangat wajar untuk dimiliki oleh pasangan yang telah menikah. Namun, ternyata tidak semua pasangan dapat dengan mudah memiliki keturunan. Sekitar 70% pasangan akan langsung mendapat keturunan pada tahun pertama pernikahan mereka, 20% pasangan akan mendapat keturunan pada tahun kedua pernikahan mereka, dan sisanya akan mendapat keturunan pada tahun ketiga mereka atau bahkan tidak memiliki keturunan sama sekali. Pasangan dikatakan tidak subur bila tidak mendapat keturunan setelah 1 tahun pernikahan dan berhubungan sex 2-3 kali perminggu tanpa menggunakan kontrasepsi. Kasus yang sering terjadi bila menyangkut sulit untuk memiliki keturunan ini, tragisnya malah pihak perempuan yang sering menjadi sasaran. Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan bahwa untuk mendapatkan keturunan, dibutuhkan kerja sama dari kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan. Dalam kerjasama keduabelah pihak, tentu saja tidak luput dari dua faktor utama. Apa saja itu? Mari simak di halaman selanjutnya. Inilah Penyebab Sulitnya Hamil Faktor wanita: Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vagina Ketidak [...]

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih tergolong tinggi. Dengan angka 228/100 kelahiran hidup, kematian pada ibu melahirkan di Indonesia disebabkan oleh status kesehatan pada ibu dan juga bayi dalam kandungan. Tingginya angka kematian ibu melahirkan juga dipicu masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mendapatkan jaminan untuk hidup dalam proses persalinan, wabil khusus bagi penduduk di pedalaman maupun yang tinggal jauh dari tempat persalinan medis. Lebih lanjut, sebenarnya risiko kematian ibu melahirkan di Tanah Air akan dapat ditekan sekecil mungkin oleh pemerintah dengan memberikan berbagai jaminan kesehatan bagi masyarakat. Dimana salah satu usaha dan agen perubahan dalam khusus isu ini adalah para bidan-bidan di seluruh Indonesia. "Bidan adalah ujung tombak pemeran penekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan," tutur Ketua Ikatan Bidan Indonesia, DR. Harni Koesno pada saat akan memberikan penghargaan Srikandi Award 2010, di Balai Kartini (21/12) lalu. "Bidan juga mengambil peran penting dalam suksesi pencapaian target MDGs," tambah beliau. Program penganugerahan penghargaan kepada bidan-bidan terpilih atas prestasi gemilang dari dedikasi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *