Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi-untuk-Keselamatan-Bayi-Alodokter.jpg

Episiotomi dulunya adalah bagian tidak terpisahkan dari proses persalinan. Namun hari ini prosedur tersebut hanya direkomendasikan untuk kasus-kasus tertentu.

Episiotomi adalah sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Episiotomi juga dulu dianggap menjaga agar kandung kemih dan rektum ibu tetap berada di tempatnya setelah bayi lahir. Akan tetapi kini penelitian membuktikan bahwa manfaat tersebut tidak terbukti.

Kenapa Perlu Episiotomi?

Kini episiotomi dijalankan pada sekitar 1 dari 7 wanita dalam proses persalinan dengan tujuan agar jalan lahir bayi keluar menjadi lebih lebar, sehingga bayi dapat keluar dengan lebih cepat. Prosedur ini hanya akan diterapkan pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu:

Gawat janin (foetal distress), yaitu jika bayi tidak mendapat cukup oksigen dan harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan atau penurunan detak jantung bayi secara drastis.

Jika operasi caesar tidak dapat dijalani karena kepala bayi sudah bergerak turun ke jalan lahir.

Perlu digunakannya instrumen lain seperti forsep atau vakum untuk mengeluarkan bayi sehingga vagina perlu dilebarkan. Langkah ini umumnya perlu diambil jika:

  • Bayi dalam posisi sungsang.
  • Sang ibu mengalami penyakit serius, seperti sakit jantung, sehingga proses persalinan perlu dilakukan sesingkat mungkin.
  • Ibu sudah sangat kelelahan karena telah berjam-jam mengejan.

Episiotomi pada dasarnya adalah operasi yang tergolong sederhana. Dokter menyuntikkan bius lokal ke area vagina agar pasien tidak terasa sakit. Dokter kemudian akan membuat sayatan yang kemudian akan dijahit setelah bayi lahir.

Menangani Rasa Nyeri di Masa Pemulihan

Episiotomi umumnya akan meninggalkan rasa sakit pada sang ibu selama beberapa minggu, terutama saat berjalan, duduk, dan buang air kecil. Dokter akan menyarankan untuk menunda beberapa aktivitas selama masa ini demi memperlancar proses penyembuhan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri atau mempercepat proses penyembuhan.

  • Sesekali, kompres area bekas episiotomi untuk meredakan nyeri. Hindari menempatkan es langsung pada bekas luka. Bungkus es dengan kain.
  • Gunakan bantal berbentuk donat untuk menyamankan diri saat duduk.
  • Biarkan bekas jahitan terpapar udara. Lepaskan celana dalam dan tengkuraplah di atas tempat tidur selama 10 menit, satu atau dua kali sehari.
  • Pasca-episiotomi, beberapa wanita akan merasakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Obat pereda nyeri dapat dikonsumsi untuk meringankannya. Parasetamol aman digunakan untuk ibu menyusui, sementara ibuprofen sebaiknya tidak dikonsumsi jika bayi lahir prematur (sebelum 37 minggu), terlahir dengan berat badan terlalu rendah atau dengan kondisi medis tertentu. Penggunaan aspirin tidak dianjurkan karena dapat mengontaminasi ASI.

Lavender dipercaya dapat meredakan nyeri. Jika diperkenankan oleh dokter, tuang beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam air mandi. Anda juga dapat mengoleskan minyak langsung ke perineum.

Buang air kecil

Ketika membuang air kecil, rasa sakit biasa muncul. Yang terpenting adalah senantiasa menjaga area luka tetap bersih agar terhindar dari infeksi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan meredakan rasa sakit.

  • Setelah buang air kecil, basuh vagina dengan air hangat. Sementara setelah buang air besar, bersihkan area tersebut dengan gerakan dari depan ke belakang (dari vagina ke anus) untuk mencegah bakteri pada anus menginfeksi jahitan.
  • Anda juga dapat menyiramkan air hangat selama buang air kecil ke vagina untuk mengurangi nyeri.
  • Menggunakan toilet jongkok akan lebih meredakan nyeri saat buang air kecil daripada menggunakan toilet duduk.
  • Jika buang air besar terasa sangat menyakitkan atau mengalami konstipasi, Anda dapat mengonsumsi obat pencahar dalam dosis rendah agar tinja lebih mudah dikeluarkan. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

Berhubungan seksual

Nyeri pada area vagina pasca persalinan adalah hal yang umum, bahkan pada wanita yang tidak menjalani episiotomi. Oleh karenanya sangat wajar jika orang yang menjalani prosedur ini enggan berhubungan seksual selama beberapa waktu akibat rasa sakit yang dirasakan. Umumnya 4-6 minggu adalah waktu yang dibutuhkan hingga luka episiotomi sembuh. Namun tidak ada patokan pasti kapan sebaiknya wanita yang menjalani episiotomi dapat kembali berhubungan seksual. Maka sebaiknya ambil waktu selama yang diperlukan hingga Anda merasa benar-benar pulih.

Berhati-hatilah agar jangan sampai luka mengalami infeksi. Kondisi ini ditandai dengan nyeri yang tidak kunjung reda pada area luka, kulit merah dan bengkak, juga keluar cairan dari jahitan. Jika situasi ini terjadi, segera periksakan diri ke dokter.

Selain itu olah tubuh dengan latihan panggul dapat menguatkan otot-otot di sekitar vagina dan anus sehingga mengurangi tekanan pada sayatan dan di jaringan sekitar.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Episiotomi?

Kulit perineum dapat merenggang dengan baik, tapi bisa juga robek. Bidan atau dokter dapat membantu mempersiapkan agar Anda tidak perlu menjalani episiotomi saat persalinan. Latihan pernapasan dan meniup adalah salah satunya. Hal ini diperlukan agar kepala bayi dapat keluar secara perlahan-lahan, sehingga memungkinkan otot dan kulit perineum untuk melebar tanpa robek.

Penelitian menunjukkan bahwa memijat area perineum beberapa minggu menjelang persalinan (setidaknya setelah usia kehamilan 35 minggu) dapat mengurangi risiko episiotomi saat melahirkan. Pemijatan umumnya dilakukan setidaknya dua kali seminggu dengan memasukkan satu atau dua jari ke vagina, kemudian menekannya ke arah perineum. Proses ini dikenal dengan sebutan pijatan perineal yang dapat dilakukan sendiri dengan cara sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabun. Pastikan kuku Anda telah dipotong pendek.
  • Jika dibutuhkan, Anda dapat melumuri ujung jempol dengan pelumas.
  • Tempatkan jari di dalam vagina, tekan dengan perlahan selama 10 menit.

Sementara bidan lain mungkin akan menyarankan kompres hangat pada jaringan di antara vagina dan anus untuk melunakkan perineum dan mencegah robek.

Pada akhirnya, tidak ada wanita yang ingin menjalani episiotomi. Namun kondisi saat persalinan bisa saja berubah seketika. Penting bagi tiap wanita untuk tetap tenang dan memasuki ruang persalinan dengan pikiran positif. Selalu ingat bahwa episiotomi terkadang memang dibutuhkan demi bayi dapat lahir dengan selamat dan ibu pun sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Banyak orang yang masih melanggengkan istilah rahim kering. Sebenarnya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ?kemandulan? di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen. Kesulitan seseorang untuk hamil memang ada yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim dan organ kewanitaan disekitarnya. Masalah pada saluran indung telur (sumbatan, infeksi, peradangan) Gangguan keseimbangan hormon Masalah pada mulut rahim (infeksi, penyempitan, kelainan selaput lendir) Masalah pada rahim (polip, mioma, kelainan bentuk rahim) Dapatkan kesemuanya ditangani? Benarkah kesemuanya adalah gejala kondisi rahim kering? Mitos Rahim Kering Namun, semuanya dapat ditangani dan bukan disebut sebagai rahim kering. Ada pula yang beranggapan bahwa pemakaian obat nyeri haid dapat menyebabkan rahim kering. Benarkah demikian? Ketika Anda merasakan nyeri haid, rasa nyeri tersebut dibawa oleh sistem saraf menuju otak. Dari otak sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa sakit. Obat [...]

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Sebanyak 10% orangtua akan melewati atau mengundur-undur vaksin rutin untuk anak, karena ketakutan akibat anaknya yang mendapat terlalu banyak vaksin dalam waktu yang sangat dekat. Studi terbaru menemukan bahwa anak yang mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal penuh tidak ada hubungannya dengan resiko autisme. Geraldine Dawson, chief science officer Talk of autism, mengatakan bahwa studi baru ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia medis dan hal yang dapat menghapus kekhawatiran orangtua hampir satu dunia. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, merupakan studi terbaru dari hampir 20 studi terdahulu yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara jumlah vaksin yang diterima oleh anak pada masa kecil, atau jumlah vaksin yang anak dapat dalam satu hari dengan autisme. Studi ini juga merupakan studi pertama yang dapat meluruskan ketakutan banyak orang mengenai pemberian vaksin multipel yang katanya dapat menstimulasi sistem imun anak yang berlebihan sehingga ditakutkan dapat menimbulkan masalah jangka panjang. Sejarahnya 20 tahun yang lalu, anak dijadwalkan untuk vaksin terhadap 9 penyakit namun saat ini tercatat ada 14 penyakit yang dapat dicegah dengan v [...]

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan 'poshitis'.Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan 'Posh' di grup band Spice Girl.Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasiln [...]

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

Sebuah studi perkembangan otak yang dipublikasikan pada jurnal online Nature telah memupuskan pendapat mengenai Intelligence Quotient (IQ) yang dianggap selalu stabil seumur hidup. Pengukuran intelektual seseorang dalam standarisasi IQ ternyata dapat berfluktuatif, khususnya pada remaja, sehingga manusia yang otaknya telah berkembang dengan baik tidak selamanya akan semakin lebih baik, bahkan perkembangan yang lambat mampu mengejar ketertinggalan, ungkap Cathy J. Price PhD, salah seorang peneliti seperti dilansir dalam WebMD Health News. Hal ini membawa kembali kesadaran kita akan perkembangan intelektual anak, meskipun banyak diantara para guru sudah menyadari hal ini dan dengan gigih memperjuangkan anak-anak untuk semakin lebih pintar, tak ayal banyak orang tua yang seringkali terjerumus akan hasil IQ anak dengan memaklumi hal tersebut. Sehingga tak jarang terjadi kasus orang tua yang mengasihi anak IQ rendah dengan tidak mengajarkan lebih, begitupun pada kasus anak ber IQ tinggi yang seringkali dibiarkan begitu saja karena sudah dianggap pintar. Bahkan penelitian ini menunjukkan kemampuan yang seimbang antara penurunan maupun kenaikan pada perubahan intelegensi verbal dan non-v [...]

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Langkah yang dilakukan Angelina Jolie menjalani prosedur mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudaranya mendorong wanita untuk melakukan hal serupa. Riset membuktikan Jolie effect membuat permintaan operasi mastektomi bertambah.Dalam artikel berjudul My Health Choice yang diterbitkan di New York Times pada Mei 2013, Angelina Jolie menjelaskan alasan kenapa dirinya memutuskan mengangkat dua payudaranya. Alasan paling utama adalah karena ibunya pernah berjuang melawan kanker hingga meninggal di usia 56 tahun. Jolie sangat sadar kalau penyakit kanker payudara ini bisa menurun.Dengan menjalankan operasi pengangkatan payudara ini Jolie menurunkan risiko tersebut. Menurut sang aktris, berdasarkan keterangan dokter, dia awalnya 87% berisiko terkena kanker payudara dan 50% berisiko terkena kanker ovarium. Setelah operasi, risiko tersebut menurun menjadi kurang dari 5%.Riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika Serikat dan diterbitkan di jurnal JAMA Surgery memaparkan mengenai Jolie effect. Dari riset diketahui, terjadi peningkatan sekitar 12,5% terhadap prosedur mastektomi ganda setelah Jolie melakukan operasi serupa pada awal 2013. Penelitian juga mengungkapkan ada 18% responden y [...]

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Oleh: drg. Arni Maharani Berbagai macam merk sikat gigi elektrik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, dengan berbagai macam bentuk dan design. Penggunaan sikat gigi merupakan kegiatan sehari-hari dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal dan familiar dalam masyarakat, dimana dalam memilih sikat gigi ini lebih baik diutamakan yang berbulu lembut dan ujung kepala yang mengecil. Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit. Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi : Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual. Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi man [...]

5 Fakta Olahraga & Berat Badan

5 Fakta Olahraga & Berat Badan

Jika Anda sudah melakukan olahraga secara rutin dan mengkonsumsi sedikit kalori, tetapi berat badan masih tidak mau turun, Anda pasti bertanya-tanya kenapa program tersebut tidak berhasil. Anda kemungkinan membutuhkan cek dan ricek mengenai apa yang kita harapkan dari olah raga yang kita lakukan. FAKTA #1: Olahraga Merupakan Bagian Daripada Program Menurunkan Berat Badan Robert Kushner, MD, clinical director of the Northwestern Comprehensive Center on Obesity mengatakan pada para pasien pasien bahwa olahraga itu sangat baik bagi mereka, tetapi untuk menurunkan berat badan, ia menekankan untuk memulai dengan diet sehat. Pertama, kita harus bisa menangani diet yang kita lakukan dengan maksimal Kedua, ketika berat sudah berkurang, merasa lebih baik, dan badan sudah terasa lebih ringan, geser program ke arah menjadi lebih aktif dalam aktifitas fisik Kemudian, jalani gaya hidup yang aktif secara fisik selama sisa hidup Anda yang akan menjadi penting dalam menjaga berat badan Anda tetap turun/stabil Untuk mengetahui fakta berikutnya, klik next. 5 Fakta Olahraga & Berat Badan FAKTA #2: Olahraga Merupakan Suatu Keharusan Untuk Pemeliharaan Berat Badan James O [...]

Sakit? Jangan Cuma Makan Bubur!

Sakit? Jangan Cuma Makan Bubur!

Tahukah Anda bahwa tidak semua orang yang sakit harus memakan bubur? Selain itu, bila seseorang yang sedang sakit tidak memiliki masalah dengan nafsu makan maupun saluran pencernaannya, justru mereka tidak perlu memakan bubur. Selain itu ketahuilah bahwa bila dapat dihindari, bubur sebaiknya tidak menjadi makanan utama untuk sang penderita sakit selama berhari-hari. Eits, jangan langsung meninggalkan bubur! Mari kita simak penjelasan berikut. Bubur adalah makanan lunak yang sering disajikan untuk orang yang sedang mengalami sakit. Hal itu disebabkan oleh beberapa alasan berikut: Tekstur bubur yang lunak tidak memberikan beban yang begitu berat untuk dicerna tubuh Selain mudah dicerna, zat gizi didalam bubur mudah diabsorpsi tubuh Mengandung cukup banyak air, karena penderita sakit seringkali kehilangan cairan tubuh lebih banyak (lewat muntah, demam, diare) Tidak mengandung bahan yang merangsang dan beraroma tajam, sehingga mudah diterima Pemberian bubur hanya diprioritaskan pada pasien penderita gangguan saluran pencernaan. Berikut penjelasannya. Pemberian Bubur Pada Penderita Gangguan Pencernaan Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan bubur sebagai [...]

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

Makanan cepat saji bisa jadi merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan saat memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga disalahkan sebagai penyebab masalah kesehatan yang semakin banyak. Saat ini, beberapa negara sudah melarang masyarakatnya untuk membeli makanan cepat saji, terutama bagi masyarakat yang memiliki berat badan lebih. Kita sudah sering dengar bagaimana himbauan risiko kesehatan pada bahayanya makanan cepat saji. Tapi sebenarnya apa saja sih bahaya persisnya? Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: Makanan Cepat Saji dan Bahaya Kesehatan Bagi Tubuh Kita Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: 1. Obesitas Makanan cepat saji memiliki kalori yang besar. Seringkali anak-anak diberikan porsi dewasa saat membeli makanan ini. Sekalipun beberapa restoran menyediakan porsi untuk anak-anak, tetap saja kalorinya cenderung lebih besar. Selain itu, makanan cepat saji sangat rendah serat, tinggi gula dan garam. Hal ini menyebabkan kita tidak cepat merasa kenyang, ingin makan lebih banyak lagi dan akhirnya [...]

Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Kunci dalam memilih susu cair adalah ketelitian. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik sebelum dan setelah membeli susu cair. Berikut adalah empat kiat dalam memilih susu cair untuk anak: Perhatikan kemasannya Pilihlah susu cair yang kemasannya masih baik dan tidak menggembung, karena, kemasan yang menggembung menandakan bahwa bakteri dalam kemasan susu tersebut telah berkembang dengan cepat sehingga susu seolah bertambah banyak. Apabila susu tersebut diminum, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan pada anak. Teliti tanggal kedaluwarsa Sebelum membeli susu cair, cari tanggal kedaluwarsanya. Jika Anda tidak menemukan cantuman tanggal kedaluwarsanya, lebih baik hindari. Simpan di ruangan sejuk Simpan produk susu cair di suhu ruang sejuk. Hal ini untuk menjaga gizi dalam kandungannya tetap baik. Segera habiskan setelah kemasan dibuka Apabila Anda sudah membuka kemasan susu cair, sebaiknya langsung dihabiskan untuk mendapatkan nilai gizi maksimal. Jika Anda mengonsumsinya kembali setelah kemasan dibuka, nilai gizinya tak akan sama lagi seperti pada awal konsumsi. Hal tersebut disebabkan oleh susu cair yang diolah tanpa pengawet sehingga jika dibiarkan se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *