Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi-untuk-Keselamatan-Bayi-Alodokter.jpg

Episiotomi dulunya adalah bagian tidak terpisahkan dari proses persalinan. Namun hari ini prosedur tersebut hanya direkomendasikan untuk kasus-kasus tertentu.

Episiotomi adalah sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Episiotomi juga dulu dianggap menjaga agar kandung kemih dan rektum ibu tetap berada di tempatnya setelah bayi lahir. Akan tetapi kini penelitian membuktikan bahwa manfaat tersebut tidak terbukti.

Kenapa Perlu Episiotomi?

Kini episiotomi dijalankan pada sekitar 1 dari 7 wanita dalam proses persalinan dengan tujuan agar jalan lahir bayi keluar menjadi lebih lebar, sehingga bayi dapat keluar dengan lebih cepat. Prosedur ini hanya akan diterapkan pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu:

Gawat janin (foetal distress), yaitu jika bayi tidak mendapat cukup oksigen dan harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan atau penurunan detak jantung bayi secara drastis.

Jika operasi caesar tidak dapat dijalani karena kepala bayi sudah bergerak turun ke jalan lahir.

Perlu digunakannya instrumen lain seperti forsep atau vakum untuk mengeluarkan bayi sehingga vagina perlu dilebarkan. Langkah ini umumnya perlu diambil jika:

  • Bayi dalam posisi sungsang.
  • Sang ibu mengalami penyakit serius, seperti sakit jantung, sehingga proses persalinan perlu dilakukan sesingkat mungkin.
  • Ibu sudah sangat kelelahan karena telah berjam-jam mengejan.

Episiotomi pada dasarnya adalah operasi yang tergolong sederhana. Dokter menyuntikkan bius lokal ke area vagina agar pasien tidak terasa sakit. Dokter kemudian akan membuat sayatan yang kemudian akan dijahit setelah bayi lahir.

Menangani Rasa Nyeri di Masa Pemulihan

Episiotomi umumnya akan meninggalkan rasa sakit pada sang ibu selama beberapa minggu, terutama saat berjalan, duduk, dan buang air kecil. Dokter akan menyarankan untuk menunda beberapa aktivitas selama masa ini demi memperlancar proses penyembuhan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri atau mempercepat proses penyembuhan.

  • Sesekali, kompres area bekas episiotomi untuk meredakan nyeri. Hindari menempatkan es langsung pada bekas luka. Bungkus es dengan kain.
  • Gunakan bantal berbentuk donat untuk menyamankan diri saat duduk.
  • Biarkan bekas jahitan terpapar udara. Lepaskan celana dalam dan tengkuraplah di atas tempat tidur selama 10 menit, satu atau dua kali sehari.
  • Pasca-episiotomi, beberapa wanita akan merasakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Obat pereda nyeri dapat dikonsumsi untuk meringankannya. Parasetamol aman digunakan untuk ibu menyusui, sementara ibuprofen sebaiknya tidak dikonsumsi jika bayi lahir prematur (sebelum 37 minggu), terlahir dengan berat badan terlalu rendah atau dengan kondisi medis tertentu. Penggunaan aspirin tidak dianjurkan karena dapat mengontaminasi ASI.

Lavender dipercaya dapat meredakan nyeri. Jika diperkenankan oleh dokter, tuang beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam air mandi. Anda juga dapat mengoleskan minyak langsung ke perineum.

Buang air kecil

Ketika membuang air kecil, rasa sakit biasa muncul. Yang terpenting adalah senantiasa menjaga area luka tetap bersih agar terhindar dari infeksi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan meredakan rasa sakit.

  • Setelah buang air kecil, basuh vagina dengan air hangat. Sementara setelah buang air besar, bersihkan area tersebut dengan gerakan dari depan ke belakang (dari vagina ke anus) untuk mencegah bakteri pada anus menginfeksi jahitan.
  • Anda juga dapat menyiramkan air hangat selama buang air kecil ke vagina untuk mengurangi nyeri.
  • Menggunakan toilet jongkok akan lebih meredakan nyeri saat buang air kecil daripada menggunakan toilet duduk.
  • Jika buang air besar terasa sangat menyakitkan atau mengalami konstipasi, Anda dapat mengonsumsi obat pencahar dalam dosis rendah agar tinja lebih mudah dikeluarkan. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

Berhubungan seksual

Nyeri pada area vagina pasca persalinan adalah hal yang umum, bahkan pada wanita yang tidak menjalani episiotomi. Oleh karenanya sangat wajar jika orang yang menjalani prosedur ini enggan berhubungan seksual selama beberapa waktu akibat rasa sakit yang dirasakan. Umumnya 4-6 minggu adalah waktu yang dibutuhkan hingga luka episiotomi sembuh. Namun tidak ada patokan pasti kapan sebaiknya wanita yang menjalani episiotomi dapat kembali berhubungan seksual. Maka sebaiknya ambil waktu selama yang diperlukan hingga Anda merasa benar-benar pulih.

Berhati-hatilah agar jangan sampai luka mengalami infeksi. Kondisi ini ditandai dengan nyeri yang tidak kunjung reda pada area luka, kulit merah dan bengkak, juga keluar cairan dari jahitan. Jika situasi ini terjadi, segera periksakan diri ke dokter.

Selain itu olah tubuh dengan latihan panggul dapat menguatkan otot-otot di sekitar vagina dan anus sehingga mengurangi tekanan pada sayatan dan di jaringan sekitar.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Episiotomi?

Kulit perineum dapat merenggang dengan baik, tapi bisa juga robek. Bidan atau dokter dapat membantu mempersiapkan agar Anda tidak perlu menjalani episiotomi saat persalinan. Latihan pernapasan dan meniup adalah salah satunya. Hal ini diperlukan agar kepala bayi dapat keluar secara perlahan-lahan, sehingga memungkinkan otot dan kulit perineum untuk melebar tanpa robek.

Penelitian menunjukkan bahwa memijat area perineum beberapa minggu menjelang persalinan (setidaknya setelah usia kehamilan 35 minggu) dapat mengurangi risiko episiotomi saat melahirkan. Pemijatan umumnya dilakukan setidaknya dua kali seminggu dengan memasukkan satu atau dua jari ke vagina, kemudian menekannya ke arah perineum. Proses ini dikenal dengan sebutan pijatan perineal yang dapat dilakukan sendiri dengan cara sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabun. Pastikan kuku Anda telah dipotong pendek.
  • Jika dibutuhkan, Anda dapat melumuri ujung jempol dengan pelumas.
  • Tempatkan jari di dalam vagina, tekan dengan perlahan selama 10 menit.

Sementara bidan lain mungkin akan menyarankan kompres hangat pada jaringan di antara vagina dan anus untuk melunakkan perineum dan mencegah robek.

Pada akhirnya, tidak ada wanita yang ingin menjalani episiotomi. Namun kondisi saat persalinan bisa saja berubah seketika. Penting bagi tiap wanita untuk tetap tenang dan memasuki ruang persalinan dengan pikiran positif. Selalu ingat bahwa episiotomi terkadang memang dibutuhkan demi bayi dapat lahir dengan selamat dan ibu pun sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Waspadai Risiko Memakai Bra dengan Ukuran yang Salah

Waspadai Risiko Memakai Bra dengan Ukuran yang Salah

Survei yang dibuat retailer Debenhams membuktikan, 85% wanita mengenakan bra yang ukurannya tidak sesuai. Apakah Anda termasuk? Waspadalah karena memakai bra dengan ukuran salah bisa berisiko pada kesehatan dan penampilan.Joanna Cram dari British Ostepathic Association mengatakan, memakai bra yang ukurannya tidak sesuai bukan hanya tidak nyaman. "Kalau bagian bawah bra tidak bisa mendukung berat payudara, berarti itu juga berlaku untuk bahu. Hal itu dapat menyebabkan bahu membungkuk dan konsekuensi lainnya payudara ikut turun," jelasnya, seperti dikutip dari Female First.Bukan hanya menyebabkan payudara turun saja, jika Anda memakai bra dengan ukuran yang tidak sesuai. "Ketika bahu tidak melekat pas dengan bra dan payudara tidak tersangga dengan tepat, tulang belakang pun dapat melengkung, puncak bahu bungkuk dan tulang rusuk bagian atas tertekan," urainya lagi.Memakai bra yang salah, seperti kekecilan juga dapat membuat pundak pegal. Hal itu terjadi karena bra tidak mampu menumpu dada, sehingga membebankannya pada tali pundak bra.Mengenakan bra dengan ukuran yang salah juga dapat menyebabkan kulit iriyasi. Saat bra yang terlalu ketat dipakai, bra akan menekan kulit dan membuatn [...]

Kedelai Tidak Picu Kanker Payudara

Kedelai Tidak Picu Kanker Payudara

Walau rasanya tidak begitu lezat, makanan atau minuman yang mengandung kedelai ternyata memiliki manfaat luar biasa. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai, bisa mengurangi risiko kambuhnya kanker di antara mantan penderita kanker payudara.Seperti yang dikutip dari Times of India, para ilmuwan meneliti hubungan antara makanan yang terbuat dari kedelai dengan kanker payudara, menggunakan data dari lembaga multi-studi kolaboratif, the After Breast Cancer Pooling Project."Sebelumnya ada kekhawatiran keamanan mengenai pengaruh penganan kedelai terhadap wanita dengan kanker payudara. Kedelai mengandung kadar isoflavon yang tinggi, ada kekhawatiran tersendiri bahwa isoflavon tersebut mungkin dapat meningkatkan risiko kambuhnya kanker pada pasien yang menderita kanker payudara," ujar Xiao Ou Shu, profesor kedokteran di Vanderbilt Epidemologi Center.Namun ternyata hal tersebut ditampik oleh penelitian terbaru yang melibatkan 18.312 wanita antara usia 20-83 tahun. Semua wanita peserta penelitian tersebut menderita kanker payudara invasif primer.Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang selamat dari kaker adalah mereka yang mengonsumsi isofl [...]

6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Mencari pakaian dalam yang nyaman, baik bra maupun panties adalah keinginan setiap wanita. Tetapi tanpa sadar para wanita ini justru mengenakan celana dalam sangat pas di tubuh dengan harapan dapat membentuk lekuk tubuh sehingga terlihat lebih ramping.Sayangnya, banyak yang masih tidak mengetahui bahwa mengenakan celana dalam terlalu ketat dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman. Jika terlalu lama mengenakannya, ada banyak dampak yang bisa terjadi. Apa saja?1. Tidak NyamanDr. Keri Peterson, ahli penyakit dalam asal Amerika Serikat mengatakan para wanita sebaiknya memperhatikan pakaian dalam yang dikenakannya dan mengetahui ukurannya secara tepat. Celana dalam yang menempel terlalu ketat pada perut bagian atas atau bawah dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman."Celana dalam yang dikenakan di pinggang apabila terlalu ketat dapat memapatkan perut dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang berakibat timbul rasa mual serta mulas," ujar dokter yang bekerja di organisasi Share Care seperti dikutip dari Live Strong.2. Mengganggu Peredaran DarahDr. Keri menambahkan, celana dalam yang dipakai di pinggul terlalu ketat juga dapat menurunkan sirkulasi darah di bagian paha a [...]

Kafein Memperkuat Daya Ingat

Kafein Memperkuat Daya Ingat

Jika Anda akan menghadapi ujian atau presentasi esok hari, satu atau dua cangkir kopi mungkin dapat membantu Anda belajar dan mengingat materi ujian dengan baik. Kopi memang sering dihubungkan dengan masalah kesehatan dan berbagai efek buruk lainnya. Meskipun begitu, ada berita baik bagi Anda para pecinta kopi. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nature Neuroscience, kafein dapat memperkuat konsolidasi memori atau daya ingat. (Baca: Manfaat Kopi Terhadap Alzheimer) Beberapa dokter dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore melakukan penelitian pada 160 orang sehat yang berusia 18-30 tahun. Para peserta penelitian ditunjukkan gambar berbeda setiap harinya dan diberikan pil yang mengandung 200 mg kafein atau placebo (tidak memiliki kandungan apapun). Keesokan harinya, para peserta diberikan tes memori mendadak. Mereka ditunjukkan gambar, beberapa sama dengan hari sebelumnya, beberapa berbeda dan beberapa mirip dengan gambar sebelumnya namun tidak sama. Mereka yang mendapatkan kafein lebih mudah membedakan gambar yang baru dan dapat mendeteksi bahwa gambar yang serupa atau mirip sebenarnya berbeda dari gambar sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kafein da [...]

Diet Jantung Sehat

Diet Jantung Sehat

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Anda dapat mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis (salah satu faktor risiko sumbatan pembuluh darah) dengan makan makanan yang sehat. Anda juga dapat memperlambat proses semua jenis penyakit dengan memperhatikan asupan makanan. Makanan sehat yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis makanan yang tidak membebani jantung dan tidak mencetuskan faktor risiko. Diet sehat merupakan salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Nutrisi jantung sehat adalah nutrisi yang dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi berat badan. Fokuskan diri Anda terhadap jenis makanan sehat apa saja yang dapat Anda makan. Rekomendasi yang diberikan oleh American Heart Association 2006 dan Food and Drug Administration (FDA) adalah: Makanlah lebih banyak buah dan sayuran sejumlah 4-5 kali porsi sehari Makanlah makanan yang mengandung gandum karena kandungan seratnya yang tinggi. Gandum dapat dikonsumsi sebanyak 6-8 porsi setiap harinya Batasi kandungan lemak di dalam makanan Anda. Batasi juga lemak jenuh, trans-fat, dan kolesterol (keju, su [...]

Jangan Biarkan Bau Mulut Mengganggu Performance Anda!

Jangan Biarkan Bau Mulut Mengganggu Performance Anda!

Masalah bau mulut (halitosis) memang selalu menjadi masalah klasik bagi penampilanseseorang. Bahkan bagi sebagian orang, bau mulut dapat mempengaruhi kepercayaan diri sendiri, dan juga mempengaruhi bagaimana orang lain menilai mereka. Jangan sampai menunggu teman untuk memberitahu bahwa Anda mempunyai bau mulut, Anda dapat mengetahuinya sendiri dengan cara masukkan salah satu jari Anda yang bersih ke dalam mulut, dan ambillah air liur yang ada di belakang lidah Anda, kemudian taruh air liur tersebut ke punggung tangan Anda, tunggu beberapa saat, dan bau. Apakah itu adalah sesuatu yang mau Anda cium? Pertama, Anda perlu mengenali 5 penyebab dari bau napas tak sedap: Bakteri Bakteri yang berkembang biak di dalam mulut Anda dapat menyebabkan bau mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi Anda dan menutupi lidah Anda, setelah itu mereka akan berkembang biak dan mengeluarkan racun serta bau tak sedap. Kriptus Jauh di lubang amandel Anda, terdapat kriptus, penyebab umum dari halitosis. Jika amandel Anda terlalu lebar dan menggumpal, bau seperti keju akan berkumpul di lubang-lubang tersebut. Gumpalan ini terkadang bau, dan menyebabkan bau mulut tak sedap. Makanan Berbau [...]

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya seperti di rumah maupun di lingkungan kerja. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terpajan asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya. Ketika dihembuskan oleh perokok, asap rokok tidak hilang begitu saja. Asap rokok dapat bertahan di udara sekitar dua hingga tiga jam. Asap rokok akan tetap ada meski tidak terdeteksi oleh indera penciuman maupun penglihatan Anda. Efek Buruk Asap Rokok Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala, dan batuk-batuk. Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia. Selain itu, asap rokok mengandung lebih dari 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida. Pada orang dewasa yang tidak merokok Senantiasa menghirup asap rokok [...]

Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Sebagian besar wanita tahu bahwa kehamilan dapat memengaruhi pola tidur mereka. Sayangnya, hanya sedikit wanita yang mengerti bahwa pola dan cara juga dapat memengaruhi kehamilan.Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC San Francisco, School of Nursing menemukan bahwa kebiasaan tidur memiliki pengaruh besar pada saat melahirkan. Wanita yang tidur kurang dari enam jam membutuhkan waktu lebih lama saat melahirkan, ketimbang mereka yang tidur lebih dari tujuh jam tiap harinya.Selain itu, tingkat melahirkan secara caesar juga dilaporkan lebih tinggi pada wanita yang pola tidurnya tidak baik. Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas saat hamil, simak beberapa cara berikut, seperti yang dikutip dari healthmango.1. Buatlah jadwal tidur dan coba untuk menaatinya selama kehamilan Anda. Waktu tidur dan bangun yang sama tiap harinya akan bantu mengatur siklus tidur. Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk melakukan hal santai seperti membaca buku, mendengarkan musik atau mandi sebelum tidur.2. Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, frekuensi buang air menjadi semakin sering dan membuat tidur tak nyenyak. Agar tidak terbangun karena ingin buang air di malam hari, hindar [...]

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Minyak kelapa sering dijadikan sebagai perawatan tubuh. Di antaranya untuk melembabkan kulit tubuh dan rambut. Bukan hanya memiliki manfaat kecantikan, minyak kelapa juga bermanfaat bagi tubuh.Apa saja manfaatnya? Seperti dikutip dari iDiva, berikut ini beberapa manfaat dari minyak kelapa.Membangun imunitasAsam laurat adalah asam lemak yang bermanfaat bagi kesehatan. Satu-satunya sumber berlimaph asam laurat ditemukan dalam ASI. Dalam minyak kelapa pun terkandung asam laurat, dengan asam laurat, sistem kekebalan tubuh atau imun akan berkembang. Asam lemak yang terkandung juga mudah diserap oleh tubuh manusia dan langsung memberikan energi pada tubuh.Kandungan tidak hilang ketika di masakMinyak kelapa sangat stabil untuk dimasak, tidak perlu pemurnian. Kandungan minyak kelapa tidak akan berubah pada panas tinggi dan manfaatnya tetap sama ketika dalam proses pemasakan.Berat badan idealMinyak kelapa juga dapat membantu untuk mencapai berat badan yang ideal. Tidak hanya mempercepat metabolisme tubuh dengan mendorong sistem tubuh untuk membakar lemak menjadi energi yang tersimpan, namun juga dapat membersihkan pencernaan dari sisa-sisa kotoran yang berbahaya.Anti-bakteriMinyak kelapa [...]

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Tato menggunakan tinta sepertinya sudah dianggap biasa bagi sebagian orang. Pecinta seni melukis tubuh memiliki cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Yakni dengan menyanyat kulit demi menampilkan gambar pada bagian tubuh yang dikehendaki. Tato jenis baru yang dinyatakan ilegal di sejumlah negara ini pun menjadi tren di kalangan pecinta modifikasi tubuh.Prosedur tersebut dijadikan bentuk pengorbanan bagi para pecinta modifikasi tubuh yang hobi menerapkan tindikan serta tato secara ekstrem. Praktek ini terinspirasi dari ritual pengorbanan diri yang sering dilakukan suku-suku di Afrika, Papua Nugini, atau Selandia Baru. Biasanya para anggota merelakan diri untuk terluka sebagai bentuk pengabdian baik untuk sesama ataupun Tuhan yang disembah. Gambar yang tampil pada kulit dilukis dengan cara seperti dipahat. Menurut blog Tattoodo, praktik ini melibatkan pisau yang sudah disterilkan. Prosedur selebihnya kurang lebih sama dengan tato biasa yang menggunakan jarum. Pertama bagian tubuh yang ingin dilukis dibersihkan kemudian digambarkan desain tatonya. Setelah itu motif tersebut dibentuk dengan cara menyayat kulit bagian paling luar.Sebagian dari Anda mungkin menganggap jika tato [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *