Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi-untuk-Keselamatan-Bayi-Alodokter.jpg

Episiotomi dulunya adalah bagian tidak terpisahkan dari proses persalinan. Namun hari ini prosedur tersebut hanya direkomendasikan untuk kasus-kasus tertentu.

Episiotomi adalah sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Episiotomi juga dulu dianggap menjaga agar kandung kemih dan rektum ibu tetap berada di tempatnya setelah bayi lahir. Akan tetapi kini penelitian membuktikan bahwa manfaat tersebut tidak terbukti.

Kenapa Perlu Episiotomi?

Kini episiotomi dijalankan pada sekitar 1 dari 7 wanita dalam proses persalinan dengan tujuan agar jalan lahir bayi keluar menjadi lebih lebar, sehingga bayi dapat keluar dengan lebih cepat. Prosedur ini hanya akan diterapkan pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu:

Gawat janin (foetal distress), yaitu jika bayi tidak mendapat cukup oksigen dan harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan atau penurunan detak jantung bayi secara drastis.

Jika operasi caesar tidak dapat dijalani karena kepala bayi sudah bergerak turun ke jalan lahir.

Perlu digunakannya instrumen lain seperti forsep atau vakum untuk mengeluarkan bayi sehingga vagina perlu dilebarkan. Langkah ini umumnya perlu diambil jika:

  • Bayi dalam posisi sungsang.
  • Sang ibu mengalami penyakit serius, seperti sakit jantung, sehingga proses persalinan perlu dilakukan sesingkat mungkin.
  • Ibu sudah sangat kelelahan karena telah berjam-jam mengejan.

Episiotomi pada dasarnya adalah operasi yang tergolong sederhana. Dokter menyuntikkan bius lokal ke area vagina agar pasien tidak terasa sakit. Dokter kemudian akan membuat sayatan yang kemudian akan dijahit setelah bayi lahir.

Menangani Rasa Nyeri di Masa Pemulihan

Episiotomi umumnya akan meninggalkan rasa sakit pada sang ibu selama beberapa minggu, terutama saat berjalan, duduk, dan buang air kecil. Dokter akan menyarankan untuk menunda beberapa aktivitas selama masa ini demi memperlancar proses penyembuhan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri atau mempercepat proses penyembuhan.

  • Sesekali, kompres area bekas episiotomi untuk meredakan nyeri. Hindari menempatkan es langsung pada bekas luka. Bungkus es dengan kain.
  • Gunakan bantal berbentuk donat untuk menyamankan diri saat duduk.
  • Biarkan bekas jahitan terpapar udara. Lepaskan celana dalam dan tengkuraplah di atas tempat tidur selama 10 menit, satu atau dua kali sehari.
  • Pasca-episiotomi, beberapa wanita akan merasakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Obat pereda nyeri dapat dikonsumsi untuk meringankannya. Parasetamol aman digunakan untuk ibu menyusui, sementara ibuprofen sebaiknya tidak dikonsumsi jika bayi lahir prematur (sebelum 37 minggu), terlahir dengan berat badan terlalu rendah atau dengan kondisi medis tertentu. Penggunaan aspirin tidak dianjurkan karena dapat mengontaminasi ASI.

Lavender dipercaya dapat meredakan nyeri. Jika diperkenankan oleh dokter, tuang beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam air mandi. Anda juga dapat mengoleskan minyak langsung ke perineum.

Buang air kecil

Ketika membuang air kecil, rasa sakit biasa muncul. Yang terpenting adalah senantiasa menjaga area luka tetap bersih agar terhindar dari infeksi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan meredakan rasa sakit.

  • Setelah buang air kecil, basuh vagina dengan air hangat. Sementara setelah buang air besar, bersihkan area tersebut dengan gerakan dari depan ke belakang (dari vagina ke anus) untuk mencegah bakteri pada anus menginfeksi jahitan.
  • Anda juga dapat menyiramkan air hangat selama buang air kecil ke vagina untuk mengurangi nyeri.
  • Menggunakan toilet jongkok akan lebih meredakan nyeri saat buang air kecil daripada menggunakan toilet duduk.
  • Jika buang air besar terasa sangat menyakitkan atau mengalami konstipasi, Anda dapat mengonsumsi obat pencahar dalam dosis rendah agar tinja lebih mudah dikeluarkan. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

Berhubungan seksual

Nyeri pada area vagina pasca persalinan adalah hal yang umum, bahkan pada wanita yang tidak menjalani episiotomi. Oleh karenanya sangat wajar jika orang yang menjalani prosedur ini enggan berhubungan seksual selama beberapa waktu akibat rasa sakit yang dirasakan. Umumnya 4-6 minggu adalah waktu yang dibutuhkan hingga luka episiotomi sembuh. Namun tidak ada patokan pasti kapan sebaiknya wanita yang menjalani episiotomi dapat kembali berhubungan seksual. Maka sebaiknya ambil waktu selama yang diperlukan hingga Anda merasa benar-benar pulih.

Berhati-hatilah agar jangan sampai luka mengalami infeksi. Kondisi ini ditandai dengan nyeri yang tidak kunjung reda pada area luka, kulit merah dan bengkak, juga keluar cairan dari jahitan. Jika situasi ini terjadi, segera periksakan diri ke dokter.

Selain itu olah tubuh dengan latihan panggul dapat menguatkan otot-otot di sekitar vagina dan anus sehingga mengurangi tekanan pada sayatan dan di jaringan sekitar.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Episiotomi?

Kulit perineum dapat merenggang dengan baik, tapi bisa juga robek. Bidan atau dokter dapat membantu mempersiapkan agar Anda tidak perlu menjalani episiotomi saat persalinan. Latihan pernapasan dan meniup adalah salah satunya. Hal ini diperlukan agar kepala bayi dapat keluar secara perlahan-lahan, sehingga memungkinkan otot dan kulit perineum untuk melebar tanpa robek.

Penelitian menunjukkan bahwa memijat area perineum beberapa minggu menjelang persalinan (setidaknya setelah usia kehamilan 35 minggu) dapat mengurangi risiko episiotomi saat melahirkan. Pemijatan umumnya dilakukan setidaknya dua kali seminggu dengan memasukkan satu atau dua jari ke vagina, kemudian menekannya ke arah perineum. Proses ini dikenal dengan sebutan pijatan perineal yang dapat dilakukan sendiri dengan cara sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabun. Pastikan kuku Anda telah dipotong pendek.
  • Jika dibutuhkan, Anda dapat melumuri ujung jempol dengan pelumas.
  • Tempatkan jari di dalam vagina, tekan dengan perlahan selama 10 menit.

Sementara bidan lain mungkin akan menyarankan kompres hangat pada jaringan di antara vagina dan anus untuk melunakkan perineum dan mencegah robek.

Pada akhirnya, tidak ada wanita yang ingin menjalani episiotomi. Namun kondisi saat persalinan bisa saja berubah seketika. Penting bagi tiap wanita untuk tetap tenang dan memasuki ruang persalinan dengan pikiran positif. Selalu ingat bahwa episiotomi terkadang memang dibutuhkan demi bayi dapat lahir dengan selamat dan ibu pun sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
11 April: Hari Kanker Tulang

11 April: Hari Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Meskipun angka kasusnya jarang terjadi, tidak meluputkan Kementrian Kesehatan RI menjadikan 10 April adalah Hari Kanker Tulang. Kanker tulang dapat terjadi pada bagian tulang manapun pada tubuh manusia, namun paling sering terjadi pada tulang panjang, seperti tulang tangan dan kaki. Penyebabnya masih belum jelas, namun faktor genetik dan paparan radiasi memiliki peranan yang cukup penting dalam mencetus kondisi kanker tulang. (Baca: Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja) Berdasarkan asalnya kanker tulang dibagi menjadi dua, yaitu: Kanker tulang primer: kanker muncul pertama kali pada tulang, osteosarcoma adalah jenis kanker tulang primer terbanyak. Paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Kanker tulang sekunder: merupakan kanker metastasis, artinya sumber kanker utamanya berasal dari organ lain yang menyebar ke tulang, misalnya kanker payudara, paru, atau prostat.(Baca: Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!) Apa saja jenis kanker tulang? Terdapat banyak sekali jenis kanker tulang primer, berikut ini adalah 3 jenis kanker tulang primer yang paling banyak ditemukan: Osteosarkoma Merupakan jenis kanke [...]

Pentingnya Dukungan Keluarga Terhadap Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Pentingnya Dukungan Keluarga Terhadap Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Kanker payudara, bagi sebagian besar orang penyakit ini sangat mengerikan. Ketika wanita divonis kanker payudara, shock, takut sudah pasti dialami dan tak jarang juga yang merasa dunianya telah berakhir.Kenyataannya, kanker payudara bukanlah akhir dari segalanya. Dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, penyakit ini bisa diatasi dengan dihentikan penyebarannya ke organ tubuh lain. Bertahan dari kanker payudara ternyata tidak cukup dengan dukungan secara medis saja. Ada faktor lain yang tidak kalah penting yaitu dukungan keluarga."Sangat amat penting selama tidak sesat. Artinya keluarga mengarahkan ke prosedur medis yang benar," ujar Prof. Dr. dr. Susworo, Sp.Rad(K). ONK.RAD dalam talkshow 'Pentingnya dukungan keluarga dan medis bagi Penderita Kanker' yang diadakan The Tempo Group dan PT Pulau Mahoni di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2015).Dukungan moril dari keluarga, orang terdekat maupun teman, secara tidak langsung akan mengurangi tingkat stres secara signifikan. Karena semakin orang stres dan merasa terpuruk, kondisi tubuh pun melemah dan kanker bisa bertambah parah.Selain mendorong untuk disiplin pengobatan secara medis, kehadiran keluarga saat pe [...]

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Meski sudah memakai sabuk pengaman, kecelakaan mobil tak jarang menyebabkan luka serius pada korban, terutama bagi mereka yang duduk di kursi depan. Hal itu juga yang dialami oleh Zoe Turner, seorang wanita asal Inggris yang taksinya menabrak sebuah truk. Untungnya, Zoe tidak mengalami luka yang terlalu fatal. Menurut dokter hal tersebut bisa terjadi berkat dress merah ketat yang dikenakannya saat kecelakaan.Kejadian naas itu terjadi pada 14 Desember lalu ketika Zoe bersama tiga temannya pulang dari sebuah pesta. Mereka pun pulang dengan taksi sekitar pukul 3 dini hari. Saat di perjalanan, tiba-tiba sebuah truk semen oleng ke sisi supir mobil sehingga menyebabkan tabrakan. Kecelakaan tersebut pun terbilang cukup parah karena mengakibatkan supir terjungkal hingga menabrak kaca dan tiga temannya di belakang tak sadarkan diri. Kelima korban berhasil dibawa ke rumah sakit oleh paramedis selang lima menit setelah kejadiaan.Ketika diperiksa, Zoe mendapat luka yang cukup parah sampai menderita patah tulang. Ia bahkan dipasang alat penyangga agar tulang pelvisnya tetap di tempat. Hal itu terbilang wajar mengingat posisi wanita yang baru lulus kuliah itu berada di kursi penumpang depan. [...]

Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

Sering merasakan sakit di punggung, otot tegang atau leher kaku? Mungkin tas Anda penyebabnya. Kebiasaan membawa banyak barang di tas tangan, ransel atau tas kantor ternyata bisa mengganggu anatomi tubuh.Dikutip dari Times of India, sudah banyak jumlah wanita yang mengeluhkan sakit akibat membawa tas yang terlalu berat. Rasa sakit umumnya dialami pada bahu, punggung bagian bawah, leher, kepala bahkan ngilu pada persendian.Sayangilah tubuh dan tulang Anda! Jaga agar tidak mengalami kerusakan permanen. Simak tiga tips berikut ini untuk menghindarkan Anda dari sakit punggung.1. Atur Barang dalam Tas Ahli Bedah Ortopedi Dr Ashish Phadnis mengatakan, membawa beban berat di punggung dapat mengakibatkan berbagai penyakit di sekitar tulang punggung. Salah satunya adalah postur membungkuk, sakit punggung, ketegangan otot, dan terkilir."Secara umum, berat maksimum yang dapat dibawa seseorang adalah sekitar 15 persen dari berat tubuhnya. Idealnya, beban pada punggung harus didistribusikan di daerah yang lebih luas, yaitu kedua bahu. Jika masih terasa berat, susunlah barang-barang yang ada dalam tas agar tidak ada tekanan yang berat sebelah, " jelas Dr Ashish.Dia juga menambahkan, distribus [...]

Langsing Bukan Berarti Sehat!

Langsing Bukan Berarti Sehat!

Pernahkah Anda mendengar istilah: ?Kurus tapi Gemuk? atau ?Langsing tapi Gemuk?? Istilah ini sebenarnya untuk menggambarkan sejumlah orang yang terlihat kurus atau langsing namun sebenarnya memiliki status kesehatan yang kurang baik hingga buruk. Pada dasarnya, berat badan tidak menggambarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. (Baca: 5 Fakta & Mitos Seputar Diet) Kita sering lupa bahwa sebenarnya kesehatan tidak hanya tercermin dari penampilan luar tapi juga menyangkut kondisi tubuh secara keseluruhan. Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap: Orang Langsing Juga Punya Penyakit Orang Gemuk: Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap: � tekanan darah tinggi (Baca: 5 Dampak dari Hipertensi) � diabetes mellitus tipe 2 (Baca: Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula) � kolesterol tinggi (Baca: Memilih Makanan Rendah Kolesterol) � dan gula darah yang tidak terkontrol. (Baca: Buta Gara-gara Gula Darah) Orang-orang yang terlihat kurus atau langsing seringkali merupakan populasi yang paling harus diwaspadai. Kewaspadaan mereka terhadap [...]

Perbedaan Antara Usia Kronologis dan Usia Biologis

Perbedaan Antara Usia Kronologis dan Usia Biologis

Usia yang tercatat di KTP disebut dengan usia kronologis, yang dihitung sejak Anda lahir ke dunia ini. Sementara itu, usia tubuh Anda yang sebenarnya disebut dengan usia biologis. Usia biologis Anda bisa saja lebih muda atau lebih tua dari usia kronologis. Seseorang yang berusia 50 tahun bisa saja memiliki usia biologis 30 tahun. Demikian pula dengan seseorang yang masih berusia 30 tahun, namun usia tubuh sebenarnya adalah 50 tahun. Proses penuaan adalah adalah hal lumrah yang akan dialami oleh semua orang. Setelah usia 30 tahun, bentuk, komposisi, dan fungsi organ-organ dalam tubuh akan mulai mengalami penurunan. Namun tidak semua orang mengalami penuaan dalam kecepatan yang sama. Jika seseorang mengalami proses penuaan yang lebih cepat, maka usia biologisnya akan lebih besar daripada usia kronologisnya. Perubahan yang terjadi di dalam tubuh contohnya adalah menurunnya massa otot, meningkatnya komposisi lemak, menurunnya metabolisme, penurunan frekuensi denyut jantung, penurunan massa tulang, peningkatan tekanan darah, berkurangnya kelenturan otot, menurunnya kapasitas oksigen paru-paru, serta penurunan fungsi motorik dan koordinasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penuaan. N [...]

Cara Hentikan Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Cara Hentikan Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan sudah menjadi sifat dasar manusia. Walau bisa bantu mengevaluasi diri, tapi tak jarang kebiasaan itu berujung dengan rasa iri dan dengki. Oleh karena itu, cobalah untuk berhenti membandingkan dan mulailah menghargai diri sendiri serta orang lain. Berikut ini cara menghentikan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.1. Apakah Anda mempunyai orang yang selalu membuat iri? Misalnya, partner kerja, atasan, atau teman dekat. Jika ya, cobalah mengubah rasa iri tersebut menjadi motivasi untuk diri sendiri. Jadikan orang-orang tersebut sebagai latihan untuk menghadapi sikap orang lain.2. Menghilangkan kebiasaan membandingkan memang tak muda. Diperlukan kerendahan hati yang begitu besar. Oleh karena itu, cobalah ubah pola pikir Anda dengan tidak selalu merasa kurang. Geser pola pikir Anda dengan berkonsentrasi pada apa yang telah dimiliki dan membuat Anda bahagia.3. Berikan pada orang lain apa yang Anda harapkan darinya. Apabila Anda ingin orang lain menghargai Anda, cobalah belajar untuk menghargainya terlebih dulu. Begitu juga, jika Anda ingin dicintai, berikan cinta juga. Ingat, apa yang Anda tanam itulah yang Anda tuai.4. [...]

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Bau nafas tak sedap bukan hanya dapat menurunkan kepercayaan diri saat bersosialisasi dengan teman atau kolega, namun juga dapat membahayakan hubungan seksual dalam rumah tangga. Hasil survey yang baru-baru ini dilakukan di Kanada menunjukkan bahwa faktor terbesar yang dapat menurunkan mood untuk bercinta berhubungan erat dengan masalah kebersihan. Survey tersebut melibatkan lebih dari seribu orang responden berusia antara 18 hingga 49 yang aktif secara seksual. Sebanyak 58 % di antaranya mengaku bahwa bau mulut pasangan sangat mengganggu dan dapat menurunkan libido saat akan melakukan hubungan intim. Selain bau mulut, keringat berlebihan dan bau badan juga menempati urutan atas yang menjadi penyebab turunnya libido saat akan berhubungan. Untuk mengatasi bau mulut, perlu ditelusuri apa penyebab sebenarnya. Pada umumnya bau mulut disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga, adanya karies (lubang gigi), atau kalkulus (karang gigi), atau bisa juga karena sebab lain. Bau Mulut & Seks Karang gigi biasanya berada di daerah leher gigi yang berbatasan dengan gusi. Karang gigi adalah plak/kotoran gigi yang tidak dibersihkan secara seksama sehingga lama [...]

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Selalu gagal untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda? Mungkin ada beberapa langkah yang salah. Seperti yang dikutip dari webmd, berikut 11 cara menghentikan kebiasaan merokok.1. Tahu alasan berhenti merokokJika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok. Simak tujuh dampak negatif rokok di sini.2. Jangan anggap remehMungkin berhenti merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.3. Lakukan terapi nikotinKetika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunj [...]

Tai Chi Dapat Membantu Gangguan Keseimbangan Pada Penderita Parkinson

Tai Chi Dapat Membantu Gangguan Keseimbangan Pada Penderita Parkinson

Gerakan lambat yang terkendali dari tai chi dapat membantu gangguan keseimbangan seseorang dengan penyakit Parkinson ringan atau sedang, dan perbaikan berlangsung selama setidaknya tiga bulan. Peneliti menemukan, ?Dibandingkan dengan orang yang menerima latihan peregangan, praktisi tai chi memiliki resiko jatuh lebih sedikit, memiliki langkah lebih panjang dan keseimbangan yang lebih baik?. "Tai chi sangat cocok untuk mengatasi masalah pada pasien dengan penyakit Parkinson," kata Fuzhong Li dari Oregon Research Institute di Eugene, dan temuannya ini muncul dalam New England Journal of Medicine. Seperti dilansir dari FoxNews.com, Kamis (09/02/2012). Kesulitan berjalan dan berdiri merupakan akibat yang ditimbulkan dari Parkinson, yang diakibatkan karena kematian sel-sel otak yang menghasilkan kimia dopamin. "Kami tidak akan menghilangkan gejala. Ini bukan obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit.. Tapi, dalam pandangan saya, tai chi dapat memperlambat perkembangan penyakit," kata Li pada Reuters Health. Meskipun tidak semua studi setuju, penelitian lain telah menunjukkan manfaat tersebut, karena tai chi adalah latihan yang berbasis keseimbangan, tai chi dapat membantu meningkatkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *