Fakta & Mitos Prostat

prostat-kanker-jinak-ganas-obat-sembuh.jpg

Oleh: dr. Adithia Kwee

Pria dan pembesaran prostat seakan menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sayangnya, meningkatnya jumlah kasus prostat tidak diimbangi dengan pemahaman yang tepat oleh masyarakat luas.

Acapkali banyak pemahaman yang salah muncul mengenai seputar prostat. Apa sajakah? Simak berikut ini:

1. MITOS: Prostat adalah nama penyakit.

FAKTA: Salah. Prostat adalah nama sebuah bagian dari organ tubuh yakni berupa kelenjar yang terdapat khusus pada pria. Letaknya terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari prostat adalah untuk memberi nutrisi pada sperma. Namun, ketika seorang pria menginjak usia 50 tahun ke atas, acapkali kelenjar prostat ini membesar.

2. MITOS: Pembesaran prostat disebabkan karena sering menahan buang air kecil

FAKTA: Tidak sepenuhnya (belum) benar. Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan dengan tepat pencetus pembesaran prostat adalah dari seringnya menahan buang air kecil.

Namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan ada hubungan tingginya aktivitas seksual di usia muda dengan semakin tingginya risiko pembesaran prostat. Selain faktor tersebut, dipastikan juga pembesaran prostat dicetuskan oleh pengaruh keseimbangan hormon endrogen dan estrogen.

3. MITOS: Prostat hanya terjadi pada usia diatas 50 tahun.

FAKTA: Betul. Pembesaran prostat jarang ditemukan pada pasien berusia kurang dari 40 tahun. Kebanyakan pembesaran prostat dialami oleh 50% pria berusia diatas diatas 60 tahun dan kurang lebih 80% yang berusia 80 tahun.

4. MITOS: Pembesaran prostat terjadi hanya bersifat jinak.

FAKTA: Salah. Ada juga pembesaran yang bersifat ganas. Meskipun pembesaran kelenjar prostat ini sifatnya seringkali jinak, tetapi kita harus tetap mewaspadai timbulnya keganasan. Ingat, kanker prostat adalah salah satu keganasan yang sering terjadi pada seorang pria.

Jadi, bagaimana kita membedakan jinak atau ganasnya pembesaran prostat? Dokter biasanya akan meminta pemeriksaan Prostate Specific Antigen (PSA) , yang mana jika hasilnya tinggi perlu kita curigai sebagai keganasan.

5. MITOS: Gejala pembesaran prostat hanya gangguan buang air kecil

FAKTA: Salah. Gejala pembesaran prostat bisa meluas mengganggu kehiduapn seks Anda juga. Pembesaran prostat bersifat progresif dan gejala muncul berupa:

  • Gejala aliran kencing yang dirasakan melemah
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil,
  • Sulit untuk menginisiasikan kencing, sehingga sering bolak-balik kamar mandi pada malam hari.

Gejala-gejala diatas dikenal sebagai istilah lower urinary tract syndrome (LUTS). Dan jika dibiarkan menahun, kondisi LUTS tersebut dapat berlanjut ke gangguan ejakulasi serta disfungsi ereksi.

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari pembesaran prostat ini tentunya amat mengganggu, jadi sebaiknya Anda tidak menunda untuk mengkonsultasikan diri ke dokter jika dirasa gejala- gejala seperti yang telah disebutkan di atas, dokter akan membantu Anda dengan memberikan obat-obatan yang sifatnya mengecilkan ukuran prostat, jika obat ini gagal memberikan hasil yang diharapkan, maka terapi akan dilanjutkan dengan pengangkatan prostat.

Meskipun demikian, baru-baru ini ditemukan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, bahwa terdapat hubungan antara pengurangan risiko kanker prostat dengan sirkumsisi (sunat) pada pria. Selain itu juga ada beberapa kiat gaya hidup untuk mencegah proses kanker prostat juga pencegahan dari penyesuaian pola makan.

(AK)

Baca juga:

  • 7 Mitos Masturbasi Pria
  • Kanker Prostat Dan Masturbasi Pada Pria
  • Ditemukan Hubungan Virus Dengan Kanker Prostat

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Anda pecinta sepatu hak tinggi? Banyak wanita gemar menggunakan sepatu hak tinggi atau lazim dikenal dengan istilah high-heels. Namun, penggunaan sepatu jenis ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan kaki. Mulai dari pertumbuhan kalus, nyeri kaki sampai gangguan pertumbuhan kuku kaki. Apa saja bahaya dari menggunakan sepatu berhak tinggi? Terdapat beberapa bahaya dari menggunakan sepatu hak tinggi, seperti: 1. Nyeri Tumit Nyeri tumit dan mata kaki merupakan salah satu keluhan yang paling umum ditemui. Penggunaan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada daerah telapak kaki. Hal ini akan menyebabkan nyeri setelah seharian menggunakan sepatu hak tinggi. 2. Cedera otot Hak tinggi berpotensi menyebabkan cedera otot, khususnya jika sepatu yang Anda gunakan adalah sepatu degan ukuran yang kecil. Selain itu, cedera dapat terjadi akibat ketidakseimbangan tubuh ketika berjalan. Seseorang lebih rentan untuk jatuh dengan menggunakan sepatu hak tinggi dibandingkan sepatu tanpa hak. 3. Perubahan postur tubuh Penggunaan hak tinggi menyebabkan perubahan posisi tubuh. Seseorang dapat berjalan dengan posisi yang tidak seimbang dan menyebabkan tulang belakang yang tidak sejajar, yang pada akh [...]

Teh Putih dan Manfaatnya

Teh Putih dan Manfaatnya

Seperti banyak diketahui khalayak umum, teh memiliki fungsi membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan pembuluh darah tersumbat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol di dalam teh yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Namun demikian, teh juga menandung kafein tetapi tidak sebanyak yang terkandung pada kopi. Beberapa jenis teh yang sudah dikenal masyarakat luas adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, teh pu-erh, dan teh herbal chamomile. Namun, di antara jenis-jenis teh tersebut, teh putih merupakan teh yang paling sedikit mengandung kafein dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh putih adalah daun teh yang belum diawetkan dan belum teroksidasi. Karena daun teh putih dipanen saat umurnya masih muda untuk kemudian dikukus sebentar dan dikeringkan tanpa adanya proses fermentasi. Oleh karena itu, kandungan antioksidan di dalam teh putih sangatlah tinggi. Selain itu, teh putih memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih manis daripada teh hijau. Terlebih lagi, teh putih juga memiliki sifat antimikroba. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teh putih yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu: Mencegah kerusakan pada tubuh Terdapat senyawa polif [...]

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Langkah yang dilakukan Angelina Jolie menjalani prosedur mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudaranya mendorong wanita untuk melakukan hal serupa. Riset membuktikan Jolie effect membuat permintaan operasi mastektomi bertambah.Dalam artikel berjudul My Health Choice yang diterbitkan di New York Times pada Mei 2013, Angelina Jolie menjelaskan alasan kenapa dirinya memutuskan mengangkat dua payudaranya. Alasan paling utama adalah karena ibunya pernah berjuang melawan kanker hingga meninggal di usia 56 tahun. Jolie sangat sadar kalau penyakit kanker payudara ini bisa menurun.Dengan menjalankan operasi pengangkatan payudara ini Jolie menurunkan risiko tersebut. Menurut sang aktris, berdasarkan keterangan dokter, dia awalnya 87% berisiko terkena kanker payudara dan 50% berisiko terkena kanker ovarium. Setelah operasi, risiko tersebut menurun menjadi kurang dari 5%.Riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika Serikat dan diterbitkan di jurnal JAMA Surgery memaparkan mengenai Jolie effect. Dari riset diketahui, terjadi peningkatan sekitar 12,5% terhadap prosedur mastektomi ganda setelah Jolie melakukan operasi serupa pada awal 2013. Penelitian juga mengungkapkan ada 18% responden y [...]

Kenyataan Mengenai Propolis

Kenyataan Mengenai Propolis

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Getah ini digunakan untuk menutupi celah kecil di sarang lebah. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herba yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu pula dengan klaim produsen yang mengatakan ?si Kecil? ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit serius seperti kanker. Benarkah demikian? Pada era modern saat ini, pengobatan tradisional seperti propolis dipercaya oleh masyarakat. Namun jika diteliti dari segi medis, propolis belum sepenuhnya terbukti ampuh dalam menangani kondisi medis. Pro dan kontra pun terjadi. Mereka yang kontra mengatakan komposisi propolis belum bisa dipastikan karena bergantung kepada letak geografis, musim, dan spesies lebah. Hal demikian membuat komposisi propolis sulit untuk diteliti mengenai keamanan dan kemanjurannya secara medis. Sementara yang pro mengatakan bahwa propolis adalah obat yang ampuh karena melihat dari eksistensinya selama ribuan tahun. Selain itu, belum pula ditemukan efek samping yang parah atau sering terjadi akibat penggunaan propolis. Tidak mudah untuk mempertahankan keberadaa [...]

4 Cara Gampang Enyahkan Tenggorokan Gatal

4 Cara Gampang Enyahkan Tenggorokan Gatal

Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, infeksi virus, terlalu lama berbicara, dan sebagainya. Karena bukan termasuk penyakit serius, Anda masih bisa mengatasinya dengan penanganan sederhana yang dilakukan di rumah. Dengan catatan, jika tenggorokan gatal disertai demam atau tidak hilang dengan cara berikut, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini adalah cara-cara penanganan untuk tenggorokan gatal: 1. Coba Pakai Madu Campurkan madu ke dalam jus lemon. Madu mengandung zat-zat antibakteri yang mampu membantu mengatasi tenggorokan gatal. Sementara itu, jus lemon memiliki vitamin C yang tentunya kaya akan antioksidan. 2. Coba Minum Air yang Cukup Jangan sampai kekurangan cairan karena bila Anda dehidrasi, kondisi tenggorokan akan semakin buruk. Selain air putih, Anda bisa mendapatkan asupan dari teh atau sup hangat, di mana uapnya dapat membuka saluran hidung yang berkontribusi terhadap kekeringan tenggorokan. 2 Cara Lainnya Atasi Tenggorokan Gatal 3. Coba Berkumur Berkumur akan mengurangi sakit atau gatal pada tenggorokan, karena dapat melembapkan jaringan dan meningkatkan suplai dara [...]

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Mengatasi depresi tak harus dengan pergi ke psikolog atau menenggak obat-obatan penenang. Menurut beberapa studi, depresi bisa diobati dengan berpelukan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, 11 persen orang Amerika kerap kali meminum obat anti-depresan untuk mengatasi depresi. Obat tersebut mengandung senyawa kimia yang disebut oksitosin, senyawa yang juga diproduksi tubuh saat Anda sedang berpelukan atau berhubungan seks. Oksitosin terbukti bisa mengobati depresi.Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika tikus-tikus terpisah dari gerombolannya, tikus akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi yang akan mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Studi yang dipresentasikan pada tahun 2007 pada pertemuan Society for Neuroscience, menunjukkan efek hormon oksitosin terhadap situasi stres.Para ilmuwan di UC San Diego School of Medicine juga melakukan uji coba klinis secara acak, merasa optimis dengan pengaruh oksitosin terhadap depresi. "Ilmu dasar, apa yang kita lihat dalam penelitian yang melibatkan binatang dan manusia, mengindikasi ada alasan mengapa oksitosin memainkan peran dalam beberapa jenis depresi," [...]

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Pada orang dengan kencing manis atau diabetes melitus, penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) merupakan masalah yang paling umum dihadapi ketika memulai latihan fisik. Hal ini biasanya merupakan perhatian khusus bagi seseorang yang mengkonsumsi obat penurun gula darah atau insulin. Hipoglikemia, yang didefinisikan sebagai kadar gula darah <70 mg/dl, bersifat sangat relatif. Pada kasus dimana terjadi penurunan kadar gula secara tiba-tiba akibat olahraga, seseorang dapat menunjukkan gejala hipoglikemia meskipun kadar gula darahnya tidak rendah. Gejala yang umum terjadi saat hipoglikemia adalah: Gemetar Rasa lemah Berkeringat secara abnormal Gelisah, cemas Rasa kesemutan di mulut dan jari-jari Rasa lapar Gejala pada sistem saraf dapat meliputi sakit kepala, gangguan penglihatan, kebingungan, amnesia, kejang, bahkan sampai kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, hal-hal yang harus diperhatikan bagi seseorang dengan diabetes yang ingin memulai olahraga untuk meminimalisasi risiko hipoglikemia adalah: Memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah latihan fisik, khususnya saat ia baru akan memulai atau memodifikasi program latihan fisik yang [...]

Agar Selalu Sehat Selama Musim Hujan

Agar Selalu Sehat Selama Musim Hujan

Musim hujan kembali mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Tidak cuma hawa dingin atau banjir yang mengikutinya, tapi juga membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Mulai dari flu, penyakit kulit, demam, dan lainnya. Alangkah baiknya Anda tetap menjaga kesehatan selama musim hujan berlangsung. Berikut tips dari Idiva yang dapat Anda ikuti agar tetap sehat melewati musim hujan.1. Konsumsi Sayuran HijauSelain baik untuk kulit dan diet Anda, sayuran hijau memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Namun, pastikan Anda selalu mencuci sayuran dengan air hangat sebelum menyantapnya untuk mencegah bakteri masuk ke tubuh Anda. Dibuat salad atau tumisan adalah pilihan yang baik, mengingat sayuran tidak kehilangan vitamin, warna, dan rasa jika dikonsumsi seperti ini.2. Jaga Cairan TubuhMeskipun musim hujan, tubuh tetap membutuhkan cairan agar tetap kuat beraktivitas. Apalagi saat musim seperti ini, keringat tidak mudah menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi. Untuk itu selalu minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan juga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Anda juga bisa mencoba alternatif minuman lainnya, sepert [...]

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Aktivitas yang padat, seperti dikejar deadline, hingga menghadapi lalu lintas Jakarta yang tidak bersahabat, sering membuat sebagian besar dari Anda merasa stres. Meski demikian, tetap saja aktivitas tersebut harus Anda jalankan dan selesaikan. Apakah Anda sering mengalami hal ini?Juli Triharto, seorang hypnotherapist, memiliki solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ditemui dalam acara Fortune PR Healthcare & Consumers di Oh La La Cafe, Kota Kasablanka, Senin (10/6/2013), Juli mengungkapkan sebuah teknik yang bisa membantu Anda menghilangkan stres dalam waktu 40 menit. Setelah melakukan teknik ini Anda bisa kembali beraktivitas secara produktif.Mindslim Magic Technique (MMT), merupakan cara yang bisa mengatasi stres dalam waktu 40 menit yang dipaparkan Juli. Teknik ini menggunakan mind dan body programming, yang bisa menghipnotis diri sendiri, agar menjadi nyaman dan tenang. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan MMT:Langkah 1:Tepuk tangan kiri Anda, persis di bawah jari manis. Lalu, tarik napas dalam-dalam dan buanglah secara perlahan.Langkah ke 2:Lalu, tatapan mata mengarah ke depan dan rasakan suara yang ada di sekeliling Anda.Langkah ke 3:Setelah itu, bola mata arahka [...]

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Apa yang Anda santap saat makan malam bisa memengaruhi kualitas tidur setelahnya. Jika di malam hari Anda kesulitan tidur dan gelisah, bisa jadi karena menu makan malam yang dikonsumsi salah. Maka dari itu agar bisa tidur nyenyak selama tujuh atau delapan jam penuh, pilih beberapa makanan ini dalam menu harian Anda.1. NasiBerdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 2000 responden di Jepang, makan nasi merupakan salah satu cara untuk terlelap tidur. Nasi, terutama nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana dengan glikemik indeks (GI) yang tinggi. Makanan dengan GI tinggi akan membuat tubuh menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak agar bisa mencernanya.Produksi insulin dan aktivitas organ dalam mencerna makanan akan membuat sel-sel tubuh kelelahan karena mengeluarkan banyak energi, sehingga yang timbul adalah rasa kantuk yang memicu kita tertidur. Namun makan nasi dalam jumlah banyak saat makan malam tidak disarankan karena bisa memicu kegemukan, penumpukan lemak serta diabetes. Konsumsilah nasi secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian dan sajikan bersama sayuran serta protein nabati.2. Susu HangatSusu merupakan sumber tryptophan, jenis asam amino yang diolah tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *