Fakta Mitos Usus Buntu

USUS-BUNTU-MITOS.jpg

Usus buntu (umbai cacing) adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai cacing, dan merupakan perpanjangan dari sekum (bagian dari usus besar). Panjang dari usus buntu biasanya sekitar 8-10 cm namun dapat bervariasi dari 2 hingga 20 cm.

Apendisitis (radang usus buntu) merupakan sebuah prosses peradangan yang terjadi pada lapisan dalam dari apendiks (usus buntu), yang menyebar hingga ke area disekitarnya. Peradangan pada daerah ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian jika terlambat mencari pertolongan.

Beberapa mitos yang sering terdengar mengenai apendisitis misalnya:

  1. MITOS: Makan jambu biji, atau cabai dapat menyebabkan terjadinya radang usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Seorang rekan spesialis bedah yang sudah lebih dari sering melakukan apendectomi (operasi pengangkatan usus buntu) tidak pernah menemukan sebutir biji jambu maupun biji cabai.

2. MITOS: Lari setelah makan menyebabkan usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Sama sekali tidak ada hubungannya. Sebenarnya, secara medis radang usus buntu ini terjadi karena adanya sumbatan pada lumen usus.

Penyumbatan ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan didalam lumen usus, sumbatan ini yang menyebabkan sekresi cairan usus menumpuk dan dimanfaatkan oleh bakteri-bakteri dalam usus yang bertumbuh subur.

Bakteri ini mengaktifasi pertahanan tubuh melalui sel darah putih, maka terbentuklah pus (nanah) yang membuat tekanan didalam usus semakin tinggi.

3. MITOS: Usus buntu adalah salah satu organ yang tidak memiliki fungsi

FAKTA: SALAH.

Prof, Loren G. Martin dari Oklahoma State University, berpendapat bahwa usus buntu memiliki dwifungsi pada manusia, yakni:

  • Ketika manusia berupa janin di kandungan ibu

Pada usia janin 11 minggu, apendiks mengambil peran penting dalam proses mekanisme kontrol biologis. Dimana apendiks mengambil kendali dalam proses ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan keseimbangan yang dinamis secara konsisten. Dimana Martin dalam penelitiannya berhasil membuktikan bahwa ditemukan sel endokrin pada janin yang berusia 11 minggu.

  • Ketika manusia berusia dewasa

Sementara pada tubuh manusia berusia dewasa, apendiks memiliki fungsi sebagai organ limfatik. Dalam penelitiannya pula Martin menemukan bahwa apendiks memiliki kandungan sel limfoid yang mengindikasikan kuatnya kemungkinan apendiks mengambil peran dalam mekanisme sistem imun manusia.

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit berbahaya ini, tentunya sekarang pikiran kita jadi semakin terbuka bukan?

Baca Juga:

  • Perdebatan Fungsi Usus Buntu
  • Mengenal Bakteri E-Coli
  • Delapan Cara Unik Mencegah Penyakit
  • Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Siapa bilang popcorn hanya akan membuat ukuran pinggang Anda bertambah besar? Sebuah studi menungkapkan bahwa ada tiga makanan berlemak yang kaya nutrisi. Apa sajakah itu?Sayuran dan buah kerap kali menjadi solusi untuk dapatkan asupan nutrisi lengkap. Namun ternyata, ada tiga camilan lezat (dan berlemak) yang kaya akan nutrisi. Ini dia tiga camilan tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Keju cheddarMenurut ahli gizi, Deepshikha Agarwal, "Keju adalah sumber kalsium, dan juga merupakan sumber fosfor yang baik untuk gigi dan tulang yang kuat. Selain itu keju juga mampu meningkatkan kinerja otak anak."Kandungan zinc yang terkandung di dalam keju baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesuburan. Selain itu, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan memberikan tambahan energi. Satu potong keju setelah makan akan menetralisasi kadar asam di mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mencegah kerusakan gigi. Namun jangan lupakan kandungan lemak yang tinggi di dalam keju, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.2. Selai kacangCamilan ini merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik untuk kesehatan usus dan juga mengandung fol [...]

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan remehkan jika telapak kaki Anda terasa sakit. Bisa jadi rasa sakit itu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus mengetahui telapak kaki bagian mana yang sakit. Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit tersebut muncul untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Kondisi Yang Mungkin Merupakan Sumber Sakit Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh bentuk struktur alami dari telapak kaki itu sendiri. Otot, ligamen, tulang, kulit, saraf, dan bagian lainnya yang terganggu juga bisa menjadi sebab dari munculnya rasa sakit. Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit: Metatarsalgia Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda [...]

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Kurangnya waktu istirahat terkadang membuat otak menjadi lelah dan sulit fokus. Efek samping lainnya, bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori karena merasa lapar akan junkfood.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kebiasaan tidur seseorang memiliki hubungan dengan rasa lapar dan nafsu makan yang menyebabkan peningkatan berat badan. Tidak hanya perut, otak pun memiliki peran yang sama.Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Boston, kurang tidur dapat meningkatkan aktivitas pada area otak yang mencari kesenangan --termasuk kesenangan yang didapat saat memakan junkfood. Rasa lelah dan mengantuk juga dapat mengurangi aktivitas otak di arean yang berfungsi menahan nafsu makan.Dalam studinya, para peneliti di Columbia University meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat. Mereka meneliti otak responden yang dibagi menjadi dua kondisi yang berbeda. Kondisi pertama, responden tidur nyenyak selama sembilan jam, sementara kondisi kedua responden hanya tidur selama empat jam.Hasilnya, gambar junk food muncul di dalam otak yang mengalami kuran [...]

Tidur dan Teknologi Tidak Berbaur

Tidur dan Teknologi Tidak Berbaur

Russell Rosenberg PhD, kepala pelaksana jajak pendapat dan direktur The Atlanta School of Sleep Medicine and Techonology, menyatakan penggunaan ponsel, komputer dan video game sebelum tidur dan tengah malam ternyata telah menyita banyak sekali jatah waktu beristirahat. ?Tidur dan teknologi tidak berbaur, jajak pendapat tahun ini memusatkan perhatian pada tekonologi dan alat elektronik yang digunakan masyarakat, alat-alat yang sangat mudah ditemukan di mana-mana,? ujarnya. Pembahasan tidak berhenti dalam mengungkap pengaruh teknologi terhadap durasi tidur, jajak pendapat juga menemukan begitu banyak orang Amerika yang tidak senang dengan kualitas tidur mereka. Tercatat sepertiga orang dewasa di AS tidur kurang dari tujuh jam dalam sehari, dan fakta itu menempatkan mereka pada risiko gangguan kesehatan yang serius. Hasil dari penelitian menemukan bahwa paparan cahaya yang didapatkan orang dari layar komputer atau alat lain sebaiknya dikurangi sebelum tidur. Cahaya dapat menghambat hormon pengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh beristirahat. Hormon itu disebut melatonin. Alat Elektronik Mengganggu Istirahat Rosenberg juga mengatakan bahwa alasan lain wa [...]

4 Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan Ketika Berbuka Puasa

4 Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan Ketika Berbuka Puasa

Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menuturkan, saat bulan puasa biasakan tetap mengonsumsi buah sehari dua kali ketika sahur dan berbuka. Akan tetapi, ada beberapa buah yang perlu dihindari bila ingin disantap setelah berbuka. "Boleh makan segala macam buah yang tidak asam dan sepet karena nanti lambung kita tambah asam bisa buat sakit," ujar pakar nutrisi lulusan University of Queensland, Australia ini, saat diwawancarai wolipop, Kamis (18/7/2013). Ini dia empat buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah berbuka puasa karena tidak bagus untuk tubuh Anda. 1. Durian Menurut pria yang akrab disapa Hardin itu, durian tidak dianjurkan disantap ketika berbuka puasa. Durian mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaan dan memicu kepala pusing. 2. Jeruk Nipis Jeruk nipis juga tidak dianjurkan oleh ayah dua anak ini. Jeruk nipis tentu mengandung asam tinggi yang bisa mempengaruhi asam lambung terutama ketika perut belum diisi oleh makanan lainnya. 3. Mangga Mangga yang asam juga bisa mempengaruhi lambung Anda. "Mangga boleh asal jangan asam, karena nanti lambung kita tambah asam bisa buat sakit," ujar Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas [...]

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

Makanan cepat saji bisa jadi merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan saat memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga disalahkan sebagai penyebab masalah kesehatan yang semakin banyak. Saat ini, beberapa negara sudah melarang masyarakatnya untuk membeli makanan cepat saji, terutama bagi masyarakat yang memiliki berat badan lebih. Kita sudah sering dengar bagaimana himbauan risiko kesehatan pada bahayanya makanan cepat saji. Tapi sebenarnya apa saja sih bahaya persisnya? Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: Makanan Cepat Saji dan Bahaya Kesehatan Bagi Tubuh Kita Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: 1. Obesitas Makanan cepat saji memiliki kalori yang besar. Seringkali anak-anak diberikan porsi dewasa saat membeli makanan ini. Sekalipun beberapa restoran menyediakan porsi untuk anak-anak, tetap saja kalorinya cenderung lebih besar. Selain itu, makanan cepat saji sangat rendah serat, tinggi gula dan garam. Hal ini menyebabkan kita tidak cepat merasa kenyang, ingin makan lebih banyak lagi dan akhirnya [...]

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

Warna merah pada bibir didapat dari warna darah yang mengalir di dalam pembuluh di lapisan bawah kulit bibir. Seperti halnya pada kulit, warna bibir dipengaruhi oleh faktor eksternal (misal kebiasaan merokok, paparan sinar matahari) maupun internal seperti pigmen. Selain itu, orang yang berkulit gelap cenderung memiliki bibir berwarna gelap. Sayangnya hingga saat ini belum ada terapi yang dapat mengubah warna bibir. Operasi bedah plastik pun hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran saja, namun tidak dapat membuat bibir menjadi lebih merah. Jika Anda ingin bibir Anda tampak sehat dan indah, langkah berikut patut Anda coba. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-size: 100px; margin-left:5px; height: 50px; } .iht-2 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_2.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; [...]

Risiko dari Tindik di Lidah

Risiko dari Tindik di Lidah

Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melubangi lidah Anda dan menghiasinya dengan perhiasan apapun, ada baiknya Anda ketahui dulu risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi di kemudian hari. Meski risiko ini belum tentu pasti dialami oleh semua orang, ada baiknya Anda waspada. Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah perdarahan berlebihan, selain itu juga dapat menyebabkan infeksi, gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat menyebabkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadi infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah),dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas. Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut. Jika peralatan/perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi meningkat berkali-ka [...]

Membaca dengan Sinar Remang: Tidak Merusak Mata?

Membaca dengan Sinar Remang: Tidak Merusak Mata?

Dahulu, orang akan menjawab bahwa membaca dengan sinar remang akan dapat merusak mata. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini merupakan MITOS. Pencahayaan yang remang memang dapat memberikan efek jangka pendek berupa mata lelah. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya risiko jangka panjang dari aktivitas ini. Membaca dengan cahaya yang kurang terang atau melakukan pekerjaan dengan pencahayaan yang kurang juga dapat memberikan dampak jangka pendek berupa mata kering karena mata secara otomatis menjadi lebih jarang berkedip. Hal ini memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Namun, hingga saat ini belum terdapat bukti ilmiah bahwa hal ini mengakibatkan kerusakan struktur ataupun fungsi mata. Untuk mengatasi hal ini, seseorang dapat menggunakan tetes mata untuk menjaga agar mata tetap lembap. Satu mitos telah terpatahkan, mitos lainnya seperti apakah menonton televisi terlalu dekat dapat menyebabkan kerusakan mata? Berikut penjelasannya: Apakah Menonton Televisi Dapat Menyebabkan Kerusakan Mata? Hal yang sama juga berlaku dengan aktivitas menonton televisi terlalu dekat. Mata dapat menjadi lebih lelah namun tidak menye [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *