Fakta Mitos Usus Buntu

USUS-BUNTU-MITOS.jpg

Usus buntu (umbai cacing) adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai cacing, dan merupakan perpanjangan dari sekum (bagian dari usus besar). Panjang dari usus buntu biasanya sekitar 8-10 cm namun dapat bervariasi dari 2 hingga 20 cm.

Apendisitis (radang usus buntu) merupakan sebuah prosses peradangan yang terjadi pada lapisan dalam dari apendiks (usus buntu), yang menyebar hingga ke area disekitarnya. Peradangan pada daerah ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian jika terlambat mencari pertolongan.

Beberapa mitos yang sering terdengar mengenai apendisitis misalnya:

  1. MITOS: Makan jambu biji, atau cabai dapat menyebabkan terjadinya radang usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Seorang rekan spesialis bedah yang sudah lebih dari sering melakukan apendectomi (operasi pengangkatan usus buntu) tidak pernah menemukan sebutir biji jambu maupun biji cabai.

2. MITOS: Lari setelah makan menyebabkan usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Sama sekali tidak ada hubungannya. Sebenarnya, secara medis radang usus buntu ini terjadi karena adanya sumbatan pada lumen usus.

Penyumbatan ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan didalam lumen usus, sumbatan ini yang menyebabkan sekresi cairan usus menumpuk dan dimanfaatkan oleh bakteri-bakteri dalam usus yang bertumbuh subur.

Bakteri ini mengaktifasi pertahanan tubuh melalui sel darah putih, maka terbentuklah pus (nanah) yang membuat tekanan didalam usus semakin tinggi.

3. MITOS: Usus buntu adalah salah satu organ yang tidak memiliki fungsi

FAKTA: SALAH.

Prof, Loren G. Martin dari Oklahoma State University, berpendapat bahwa usus buntu memiliki dwifungsi pada manusia, yakni:

  • Ketika manusia berupa janin di kandungan ibu

Pada usia janin 11 minggu, apendiks mengambil peran penting dalam proses mekanisme kontrol biologis. Dimana apendiks mengambil kendali dalam proses ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan keseimbangan yang dinamis secara konsisten. Dimana Martin dalam penelitiannya berhasil membuktikan bahwa ditemukan sel endokrin pada janin yang berusia 11 minggu.

  • Ketika manusia berusia dewasa

Sementara pada tubuh manusia berusia dewasa, apendiks memiliki fungsi sebagai organ limfatik. Dalam penelitiannya pula Martin menemukan bahwa apendiks memiliki kandungan sel limfoid yang mengindikasikan kuatnya kemungkinan apendiks mengambil peran dalam mekanisme sistem imun manusia.

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit berbahaya ini, tentunya sekarang pikiran kita jadi semakin terbuka bukan?

Baca Juga:

  • Perdebatan Fungsi Usus Buntu
  • Mengenal Bakteri E-Coli
  • Delapan Cara Unik Mencegah Penyakit
  • Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker Berdasarkan Jenisnya. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Mungkin yang terbayang adalah banyak makan sayur dan buah, hidup teratur, jaga berat badan ideal, pantang merokok. Betul sekali dan lakukanlah. Namun disayangkan, banyak yang tahu tapi juga tidak melakukannya. Tahukah Anda kanker adalah penyakit kronis? Kanker tidak timbul mendadak. Kanker timbul dari satu sel yang berkembang biak secara tidak terkendali, dari sangat kecil, makin lama makin banyak, hingga membesar, dan umumnya setelah menimbulkan gangguan, barulah terdeteksi. Dan itu butuh waktu cukup panjang. Tapi mengapa mereka yang terkena kanker umumnya terdeteksi di tahap yang lanjut? Adakah terpikir apabila terdeteksi di awal, maka kanker bisa diatasi dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi? Dengan kata lain, kanker itu dapat dicegah dengan deteksi dini. Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi di stadium lanjut. Hal ini berlaku untuk sebagian besar kanker baik kanker [...]

Mengapa Nyeri Pada Telapak Kaki?

Mengapa Nyeri Pada Telapak Kaki?

Nyeri pada telapak kaki sering dialami oleh setiap orang. Namun sering diabaikan karena dianggap tidak berbahaya. Nyeri pada telapak kaki dapat timbul bila terjadi Plantar Fasciitis atau peradangan pada jaringan di kaki. Pada telapak kaki terdapat jaringan penyokong yang menghubungkan antara tumit hingga jari-jari kaki. Penyokong ini berperan dalam menyokong lengkung telapak kaki sehingga bila kaki kita menapak, jaringan tersebut akan meregang. (Baca: Telapak Kaki Anak Datar) Banyak berjalan, berlari, berdiri, menggunakan sepatu dengan alas tinggi, berat badan berlebih, peregangan mendadak pada tumit dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ini. Penyakit ini banyak timbul pada perempuan terutama usia 40 tahun ke atas. Bila terjadi penyakit ini penanganan yang dapat diberikan adalah: Penghilang nyeri dan anti peradangan. Penderita juga dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan sol yang tebal dan lunak. Juga tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Sebaiknya mengurangi aktivitas berjalan dan berlari selama fase pengobatan. Dalam beberapa saat proses peradangan akan hilang dan masalah akan sembuh secara perlahan. Untuk [...]

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Jika Anda mengalami gangguan menstruasi, jangan buru-buru mengonsumsi obat datang bulan. Ketahui dulu penyebabnya. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi pada tiap wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat datang bulan. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, ada baiknya mengetahui apa penyebabnya agar Anda dapat memilih obat apa yang tepat. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 11-13 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami telat datang bulan, frekuensi siklus menstruasi Anda akan lebih sedikit. Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan. Berikut beberapa penyebab beserta cara mengatasinya: Stres. Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh Anda serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. Memiliki berat badan yang tida [...]

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga lebih baik daripada air biasa. Jika dibandingkan dengan minuman berolahraga, karena kaya kandungan elektrolitnya air kelapa memiliki kemampuan yang sama untuk mengganti cairan tubuh setelah berolahraga. Namun dengan catatan, air kelapa memiliki nilai kelebihan pada jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kalori yang dimiliki minuman berenergi. Bahkan, studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung lebih minimal dibandingkan minuman berenergi ataupun air mineral. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potassium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti sodium dan potassium. Air kelapa dapat menjadi pilihan yang [...]

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air kelapa selama ini disebut-sebut sebagai minuman alami pengganti energy drink atau minuman ion penyeimbang cairan elektrolit di dalam tubuh. Popularitasnya sebagai 'minuman super' ikut didukung para selebriti seperti Miranda Kerr dan Kerry Washington, yang rutin minum air kelapa untuk detoksifikasi.Kenyataannya, air kelapa tidak sehebat seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Pakar diet asal Australia, Julie Gilbert mengatakan, air kelapa memang minuman sehat namun kurang tepat jika dikatakan sebagai 'minuman super' yang memiliki banyak manfaat."Air kelapa mungkin baik untuk menghidrasi tubuh, tapi bukan berarti dia 10 atau 15 kali lebih baik ketimbang minuman lainnya," tutur Julie, seperti dikutip dari ABC Australia.Yang sekarang menjadi pertanyaan, benarkah air kelapa lebih efektif mengganti cairan tubuh yang hilang daripada energy drink? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.Ketika berkeringat, tubuh kehilangan cairan yang di dalamnya mengandung mineral penting seperti sodium, potassium, kalsium dan magnesium. Air kelapa memang memiliki empat jenis mineral tersebut, terutama potassium. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau khasiat air kelapa sama efektifnya dengan energy [...]

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat. Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah: 1. Kalsium Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang) 2. Yogurt dan Keju Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi) 3. Ikan Sarden Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu. 4. Sayuran hijau Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung) 5. Suplemen Kalsi [...]

Makanan Yang Boleh dan Jangan Dikonsumsi Saat Haid

Makanan Yang Boleh dan Jangan Dikonsumsi Saat Haid

Menstruasi sering kali menyiksa sebagian besar wanita. Perut keram, mual, emosi naik turun dan nyeri kepala merupakan gejala yang seringkali dialami. Beberapa jenis makanan dan minuman diyakini dapat memberikan pengaruh baik pada siklus menstruasi. Namun ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari. Seperti yang dikutip dari sheknows, berikut makanan dan minuman yang boleh dan jangan dikonsumsi saat haid.1. Makan Karbohidrat KomplkesMenurut Tari Rose, seorang konsultan kesehatan dan fitnes, "buah, sayuran dan makanan yang terbuat dari gandum adalah teman terbaik Anda sepanjang waktu, terutama saat haid. Gula dari buah dapat bantu mengurangi ketagihan akan gula."2. Hindari Meminum KafeinTidak mengonsumsi kafein dapat bantu megurangi kembung di perut. "Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan bisa berakibat buruk pada usus yang sensitif," ujar koki profesional dan pakar hidup sehat, Jennifer Iserloh.3. Makan Makanan Berkalsium TinggiMenurut pakar kesehatan holistik dan ahli gizi, Latham Thomas, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium tiap harinya. "Beberapa sumber kalsium yang baik adalah brokoli dan yogurt."4. Jangan Makan Terlalu Banyak GaramGaram yang berlebihan [...]

Hati-hati! Wanita Paling Sering Stres Karena 5 Hal Ini

Hati-hati! Wanita Paling Sering Stres Karena 5 Hal Ini

Wanita dianggap lebih sering stres ketimbang pria. Kesibukan di kantor, pekerjaan rumah tangga atau kehidupan percintaan bisa menjadi pemicu stres. Sebenarnya hal apa saja yang buat wanita merasa stres? Simak jawabannya di bawah ini, seperti yang dikutip dari Livestrong.1. Peran GandaTak sedikit wanita yang memiliki beberapa peran sekaligus dalam kehidupannya, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Misalnya, sebagai asisten rumah tangga, bendahara keluarga, supir yang siap mengantarkan anak-anak sekolah, kekasih bagi suaminya serta pegawai kantoran.Tak jarang hal itu buat wanita merasa kewalahan dan sulit menyeimbangkan perannya. Beberapa wanita yang bekerja kantoran seringkali merasa bersalah karena tak menghabiskan banyak waktu untuk anak-anak dan keluarga, dan hal itu kerap memicu tingkat stres. Sebagian wanita lainnya, merasa stres karena tanggung jawab keuangan yang diberikan kepadanya.Akibat banyaknya peran tersebut, sering membuat wanita lebih sedikit menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri karena tak ingin terlihat egois. Tidak ada waktu untuk diri sendiri, justru menjadikan tingkat stres wanita jadi lebih buruk.2. Tidak Punya KekuatanKurangnya kekuatan (power) se [...]

4 Tips Menghadapi Kabut Asap

4 Tips Menghadapi Kabut Asap

Dengan mengetahui buruknya pengaruh polusi udara terhadap otak, sudah sewajarnya untuk mengambil suatu tindakan aktif dalam menjaga kesehatan otak. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar otak tetap sehat di tengah tingginya polusi udara (seperti di kota-kota besar) antara lain : Tanam tumbuhan di sekitar rumah. Cara terbaik untuk menjaga otak dari polusi adalah dengan menghilangkan polutan dari udara. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan menanam pohon atau tanaman di rumah. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan saat kadar polusi udara tidak terlalu tinggi, yaitu pada pagi hari, sebelum kendaraan bermotor banyak beroperasi. Pertimbangkanlah kualitas udara di lingkungan anda sebelum memutuskan untuk berolah raga di tempat terbuka. Kurangi intensitas olahraga di lingkungan dengan kadar polusi yang tinggi. Jika tingginya polusi udara tetap tidak dapat dihindari, pilihlah olahraga dengan intensitas yang lebih ringan saat melakukan olahraga di tempat terbuka, seperti lebih memilih untuk berjalan kaki daripada berlari. Hindari berolahraga di jalanan utama dengan kepadatan kendaraan yang tinggi (macet). Meminimalisasi paparan otak terh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *