Fakta Mitos Usus Buntu

USUS-BUNTU-MITOS.jpg

Usus buntu (umbai cacing) adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai cacing, dan merupakan perpanjangan dari sekum (bagian dari usus besar). Panjang dari usus buntu biasanya sekitar 8-10 cm namun dapat bervariasi dari 2 hingga 20 cm.

Apendisitis (radang usus buntu) merupakan sebuah prosses peradangan yang terjadi pada lapisan dalam dari apendiks (usus buntu), yang menyebar hingga ke area disekitarnya. Peradangan pada daerah ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian jika terlambat mencari pertolongan.

Beberapa mitos yang sering terdengar mengenai apendisitis misalnya:

  1. MITOS: Makan jambu biji, atau cabai dapat menyebabkan terjadinya radang usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Seorang rekan spesialis bedah yang sudah lebih dari sering melakukan apendectomi (operasi pengangkatan usus buntu) tidak pernah menemukan sebutir biji jambu maupun biji cabai.

2. MITOS: Lari setelah makan menyebabkan usus buntu.

FAKTA: SALAH.

Sama sekali tidak ada hubungannya. Sebenarnya, secara medis radang usus buntu ini terjadi karena adanya sumbatan pada lumen usus.

Penyumbatan ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan didalam lumen usus, sumbatan ini yang menyebabkan sekresi cairan usus menumpuk dan dimanfaatkan oleh bakteri-bakteri dalam usus yang bertumbuh subur.

Bakteri ini mengaktifasi pertahanan tubuh melalui sel darah putih, maka terbentuklah pus (nanah) yang membuat tekanan didalam usus semakin tinggi.

3. MITOS: Usus buntu adalah salah satu organ yang tidak memiliki fungsi

FAKTA: SALAH.

Prof, Loren G. Martin dari Oklahoma State University, berpendapat bahwa usus buntu memiliki dwifungsi pada manusia, yakni:

  • Ketika manusia berupa janin di kandungan ibu

Pada usia janin 11 minggu, apendiks mengambil peran penting dalam proses mekanisme kontrol biologis. Dimana apendiks mengambil kendali dalam proses ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan keseimbangan yang dinamis secara konsisten. Dimana Martin dalam penelitiannya berhasil membuktikan bahwa ditemukan sel endokrin pada janin yang berusia 11 minggu.

  • Ketika manusia berusia dewasa

Sementara pada tubuh manusia berusia dewasa, apendiks memiliki fungsi sebagai organ limfatik. Dalam penelitiannya pula Martin menemukan bahwa apendiks memiliki kandungan sel limfoid yang mengindikasikan kuatnya kemungkinan apendiks mengambil peran dalam mekanisme sistem imun manusia.

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit berbahaya ini, tentunya sekarang pikiran kita jadi semakin terbuka bukan?

Baca Juga:

  • Perdebatan Fungsi Usus Buntu
  • Mengenal Bakteri E-Coli
  • Delapan Cara Unik Mencegah Penyakit
  • Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Solusi Bau Kaki

10 Solusi Bau Kaki

Kaki dan tangan memiliki kelenjar keringat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lain. Masalah bau kaki merupakan suatu hal yang tidak nyaman bagi semua orang. Bau kaki disebabkan oleh dua hal: Penggunaan sepatu, dan keluarnya keringat dari kaki. Interaksi antara keringat dan bakteri yang terdapat dalam sepatu dan kaus kaki menimbulkan bau. Karena itu, upaya untuk mengurangi bau kaki harus melibatkan penanganan dari keringat dan sepatu. Bau kaki atau keringat berlebih juga dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang diturunkan yang disebut hiperhidrosis. Keadaan ini umumnya terdapat pada laki-laki. Stres, beberapa obat, asupan cairan, dan perubahan hormonal juga dapat meningkatkan jumlah keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Secara umum, bau kaki dapat dikontrol dengan beberapa langkah pencegahan: Penanganan dan Pencegahan Bau Kaki: Secara umum, bau kaki dapat dikontrol dengan beberapa langkah pencegahan: Selalu gunakan kaus kaki ketika menggunakan sepatu tertutup Hindari penggunaan kaus kaki dari bahan nilon atau sepatu plastik. Gunakan sepatu yang terbuat dari kulit, kanvas atau materi lain yang dapat membiarkan kaki bernapas. [...]

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

Tindakan berani Angelina Jolie menjalani mastektomi untuk mencegah kanker tumbuh di kedua payudaranya telah mengejutkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Membuktikan, bahwa kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, bahkan selebriti.Tak hanya itu, kekasih Brad Pitt ini juga menginspirasi banyak wanita untuk melakukan hal yang sama. Menurut hasil riset terbaru seperti yang dikutip dari Female First, tujuh dari 10 wanita mengatakan akan menjalani mastektomi ganda jika hasil tes mengindikasikan kalau mereka berisiko tinggi terkena kanker payudara.Sementara itu 68 pesen wanita mengatakan rela jaringan payudaranya diangkat dan digantikan dengan implan jika tes genetik menunjukkan ada kemungkinan besar gen mereka mengembangkan kanker payudara. Survei yang dilakukan oleh The YouGov tersebut juga menemukan, tak hanya kanker payudara, tapi responden (pria dan wanita) juga akan melakukan operasi sebagai tindakan preventif jika diketahui mereka berisiko mengidap kanker jenis lain. Jumlah antara pria dan wanita sama, masing-masing 70 persen.Pada Selasa (14/05/2013), Angelina mengumumkan bahwa dia telah menjalani mastektomi ganda. Kepada New York Times, ia mengatakan dokter yang mem [...]

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Sudah seharusnya bahwa orang tua memperhatikan benar apa yang dikonsumsi oleh anak. Jangan hanya karena alasan sibuk, orang tua malah memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, simak lima makanan yang sebaiknya tidak Anda sajikanuntuk si kecil, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Chicken nuggetsMakanan ini merupakan salah satu makanan favorit anak-anak. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak garam, perasa buatan dan bahan pengawet. Belum lagi chicken nugget dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang kaya akan lemak trans (salah satu jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik) Memakannya dengan saus tomat atau sambal botolan tentu semakin memperparah keadaan.Tak diragukan lagi, makanan ini memang lezat namun sedikit sekali nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh. Sebaiknya, ganti chicken nugget dengan dada ayam bakar yang dibentuk lucu, mungkin diperlukan usaha dan kreatif lebih untuk membuatnya tapi ini berguna agar si kecil termotivasi untuk mengonsumsinya.2. Sereal manisSereal manis dengan berbagai rasa seperti cokelat atau marshmellow juga menjadi santapan favorit si kecil saat sarapan. Sebagian sereal tersebut meng [...]

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan. Baik itu karena masalah kantor yang belum juga teratasi, problem keuangan, persoalan rumah tangga dan sebagainya. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.1. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Anda KhawatirKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Abaikan Rasa GelisahKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri.3. Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita DramaBukan menyarankan [...]

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

Aktris Angelina Jolie memiliki tubuh yang sangat kurus. Menurut salah satu bintang film 'Unbroken' yang disutradarainya, Jolie kerap mengurangi makan demi merasa senasib sepenanggungan dengan para aktor layar lebarnya yang berperan sebagai tawanan perang. Tubuh kurus istri Brad Pitt ini bukan pertamakalinya menjadi sorotan. Sebelumnya pada 2012, seorang ahli gizi menyebutkan Jolie kurang gizi karena tubuhnya yang terlalu kurus.Seorang ahli kesehatan, Dr Drew Pinsky yang menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow The View yang tayang di ABC mengingatkan kaum wanita bahwa tidak harus menganggap aktris seperti Jolie sebagai wujud dari kecantikan yang ideal. Apalagi jika cantiknya tersebut diukur dari bentuk tubuh yang kurus.Dr Drew menyimpulkan bahwa aktris cantik kelahiran 4 Juli 1975 tersebut mengalami kekurangan gizi. "Dia kekurangan gizi. Aku hanya melihat kondisi kekurangan gizi," ujarnya. Dalam acara TV tersebut, Dr Drew juga menyebut makin kurusnya Angelina Jolie 'membahayakan'. Memiliki tubuh kurus seperti Jolie memang membahayakan. Sudah banyak riset yang menyebutkan risiko kesehatan ketika memiliki tubuh kurus ini. Penelitian yang dilakukan Dr. Joel Ray asal Kanad [...]

Alzheimer: Ikan Dapat Hentikan Penyusutan Otak

Alzheimer: Ikan Dapat Hentikan Penyusutan Otak

Penelitian menunjukkan, ?Sebuah diet yang kaya akan vitamin dan ikan, dapat melindungi otak dari penuaan, dimana makanan sampah memiliki efek yang sebaliknya.? Sebuah studi Neurologi menemukan, ?Orang tua yang memiliki darah dengan kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang tingga memiliki persentase penyusutan otak yang rendah dan kinerja mental yang lebih baik.? Lemak trans yang biasa ditemukan di dalam makanan cepat saji, kue, biskuit, dan makanan yang digoreng, berpengaruh terhadap rendahnya nilai dalam tes khusus untuk penyakit penyusutan otak Alzheimer. Sebuah amal kesehatan di Inggris menyarankan untuk berusaha lebih keras lagi dalam diet dan resiko demensia. Menurut sebuah penelitian Alzheimer di Inggris, seperti dilansir dari BBCNewsHealth pada hari kamis 29 Desember 2011, ?Saran terbaik saat ini adalah untuk mengkonsumsi sebuah diet yang seimbang dengan banyak buah-buahan dan sayuran, tidak merokok, rutin berolahraga serta selalu memeriksa tekanan darah dan kolesterol.? Penelitian tersebut lebih melihat kepada kandungan nutrisi dalam darah, daripada mengandalkan pada kuesioner untuk menilai diet seseorang. Pakar kesehatan Amerika melakukan analisa sampel darah dari 104 [...]

Tetap Fit Setelah Begadang

Tetap Fit Setelah Begadang

Pekerjaan yang menumpuk atau ada pertandingan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal, di pagi harinya Anda harus menjalani aktivitas seperti biasa. Tenang, Anda masih bisa menjalani berbagai kegiatan dengan tubuh fit meski tidak mendapat waktu tidur cukup pada malam harinya. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk tidur malam selama delapan jam. Meski begitu, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak dan juga lebih sedikit. Ketika begadang, otomatis jam tidur Anda berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak. Di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang oleh rasa kantuk yang luar biasa. Tidak hanya itu, daya konsentrasi Anda pun dapat menurun karena tubuh tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Menurut beberapa penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk. Jika Anda tidak punya pilihan lain selain begadang, tapi tetap ingin fit pada pagi hari hingga aktivitas harian berakhir, coba ikuti tips di bawah ini: Konsumsi kafein. Mengonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi atau minuman berener [...]

Perawatan Paliatif, Ketika Harapan Sembuh Sirna

Perawatan Paliatif, Ketika Harapan Sembuh Sirna

Dalam dunia kesehatan, setiap aparat kesehatan, dokter, perawat, bertarung untuk menyelamatkan nyawa pasien. Namun dokter pun tetaplah manusia, bukan Tuhan yang menentukan hidup dan mati seseorang, ataupun sembuh dan sakitnya seseorang. Dokter hanyalah dokter. Dalam menghadapi pasien yang harapan hidupnya kecil, dunia kedokteran memiliki istilah perawatan paliatif. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Ketika Berkunjung Dokter) Perawatan paliatif ini berlawanan dengan perawatan kuratif yang bertujuan untuk menyembuhkan (kuratif; dari kata cure), melainkan bagaimana kita mengusahakan kualitas hidup terbaik bagi pasien di akhir hidupnya. Lalu apa perbedaannya? Pada perawatan kuratif dokter akan fokus dalam mengobati sebab atau sumber penyakit pasien, yang artinya efek samping terkadang dibiarkan terjadi walaupun membuat pasien sedikit menderita, karena diharapkan dengan sedikit ?pengorbanan? ini, bisa terjadi kesembuhan. Namun tidaklah demikian pada perawatan paliatif. Perawatan ini mengutamakan kenyamanan pasien, terutama nyaman dalam absennya rasa sakit yang terus menerus dirasakan. Pada pasien kanker stadium akhir misalnya, dokter yang memutuskan untuk merawat secara paliatif [...]

Obati Sakit Kepala dengan Minyak Lavender

Obati Sakit Kepala dengan Minyak Lavender

Biasanya minyak aromaterapi lavender digunakan untuk menenangkan pikiran dan mengobati insomnia. Namun ternyata minyak aromaterapi terutama wangi lavender bisa mengobati sakit kepala.Minyak lavender merupakan salah satu minyak esensial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Rata-rata minyak lavender terbuat dari bunga lavender dan memiliki khasiat sebagai obat pada penderita gangguan tidur, sebagai desinfektan dan membantu mengurangi saraf-saraf yang tegang.Saat ini belum banyak masyarakat yang mengetahui bahwa minyak lavender juga bisa mengobati sakit kepala. Salah satu faktor yang membuat minyak ini bisa mengobati sakit kepala karena kemampuannya untuk meregangkan saraf-saraf yang tegang tersebut.Berikut ini cara-cara yang dilakukan untuk mengobati sakit kepala, seperti dikutip dari eHow.1. Cuci tangan dengan menggunakan air dingin. Pemijatan akan lebih baik jika menggunakan jari yang dingin. Jika akan memijat orang lain, Anda harus merasa nyaman dan tenang sehingga orang yang dipijat tersebut juga akan merasa rileks dengan pijatan Anda.2. Teteskan minyak lavender pada ujung jari telunjuk dan jari tengah. Tempatkan ujung jari tersebut pada kedua sisi samping kepala dan [...]

Terbebas Alergi

Terbebas Alergi

Jika Anda memiliki semacam alergi pada debu dan wangi-wangian tertentu, liburan kali ini adalah saat yang tepat untuk Anda menata ulang dekorasi rumah sekaligus membersihkan udara di rumah Anda dari segala macam pemicu alergi pernapasan. Menurut ahli alergi Dr. Yusuf Leija, dari Gottlieb Memorial Hospital di Melrose Park, Illinois, debu dari kotak penyimpanan barang, pohon segar, pewangi ruangan, dan tanaman hidup adalah sebagian dari sekian banyak penyebab dari masalah gangguan pernapasan. Dalam liputan berita dari Universitas Sistem Kesehatan Loyola, ia menjelaskan bahwa terdapat cara tersendiri untuk mendekor rumah Anda untuk menghindari terjadinya alergi. Leija menawarkan tips berikut untuk menjaga rumah Anda bebas alergi: Hias rumah Anda dengan pohon buatan. Memang pohon-pohon pinus asli memiliki wangi yang menyenangkan, tetapi aroma yang dikeluarkannya dapat memperburuk masalah pernapasan, belum lagi debu dan binatang yang disebarkan dari pohon tersebut. Air yang menetes dari batang pohonnya juga akan menimbulkan genangan air yang dapat merugikan orang-orang beralergi pernapasan. Hindari menggunakan lilin wangi dan home fragrance oils. Wangi-wangian yang berasal dari berba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *