Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

filter-air-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-alodokter.jpg

Tubuh kita membutuhkan asupan air sekitar 2,5 liter tiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Tapi terpenuhinya kebutuhan harian tersebut juga perlu mendapat jaminan bahwa air yang kita konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Maka dari itu, peran filter air menjadi penting bagi kehidupan sehari-hari.

Di zaman sekarang ini, sebagian masyarakat telah terbiasa dengan mengonsumsi air minum kemasan. Namun ada pula yang masih memakai air keran yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan cairannya.

Tidak seperti air kemasan, air keran yang berasal dari PAM dan air tanah berisiko terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, dan lainnya. Saat dimasak, kuman memang dapat hilang dari air, tapi zat berbahaya masih terkandung di dalamnya dan proses memasak justru bisa meningkatkan jumlah zat-zat tersebut. Ini karena air menguap saat pemanasan sehingga konsentrasi senyawa berbahaya justru meningkat.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman maupun senyawa berbahaya, antara lain:

  • Diare.
  • Kram perut.
  • Mual.
  • Hepatitis A.
  • Kolera.
  • Tifoid.
  • Gangguan ginjal.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Perkembangan fisik dan mental bayi dan anak-anak yang mengonsumsi air ini dapat terganggu.
  • Aliran darah yang mengangkut oksigen pada bayi menjadi terhambat.

Air yang terkontaminasi dapat diatasi dengan penggunaan filter air. Alat ini memiliki ukuran pori-pori 1 mikrometer atau kurang yang bisa membantu menyaring kuman-kuman yang mengontaminasi air.

Selain menghilangkan zat berbahaya, filter air juga bisa mengeliminasi rasa dan bau aneh pada air. Selain untuk air minum, filter air juga bisa menyaring zat-zat berbahaya pada air yang digunakan untuk mandi.

Tips Memilih Filter Air

Ada beberapa jenis filter air yang dijual di pasaran. Tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui filter air apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, ada baiknya perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Tes air. Kualitas air ditentukan oleh lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, rumah yang berdekatan dengan area pertanian dan peindustrian, memiliki kualitas air yang lebih buruk ketimbang rumah yang jauh dari area tersebut. Untuk mengetahui permasalahan air di rumah, coba lakukan pengetesan air di laboratorium bersertifikat.
  • Pilih filter air. Setelah itu, Anda bisa mulai memilih jenis filter yang sesuai dengan permasalahan air di rumah Anda. Contohnya jika air di rumah Anda mengandung klorin, pestisida, timbal, atau tembaga yang disertai rasa dan bau yang aneh, Anda bisa memilih filter air karbon aktif.
  • Kapasitas air. Filter air dijual dengan kapasitas memproduksi air yang berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa kapasitas yang sesuai dengan keluarga Anda, Anda bisa menghitung jumlah anggota keluarga lalu buatlah perkiraan jumlah air yang biasa digunakan dalam seharinya.
  • Sertifikat. Pilih filter air yang telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan memiliki nomor ISO.
  • Hal lainnya. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah garansi yang ditawarkan oleh produsen, ketersediaan suku cadang, serta layanan konsumen.

Ketika memutuskan memakai filter air, Anda harus memperhatikan tata cara pemakaiannya seperti cara menggunakannnya dan kapan alat tersebut harus diganti.

Penggantian filter air secara konsisten sangat penting. Hindari menunda-nundanya karena itu bisa berdampak pada kesehatan Anda. Jika telah melewati ambang batas pemakaian, filter tidak lagi bisa menyaring zat-zat yang mengontaminasi air dengan baik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dry Drowning, Jangan Sampai Terjadi Tenggelam Pada Anak Anda

Dry Drowning, Jangan Sampai Terjadi Tenggelam Pada Anak Anda

Barangkali ini baru pertama kalinya Anda mendengar istilah dry drowning atau tenggelam kering. Seseorang tidak perlu berada di kolam renang atau bak mandi untuk mengalami tenggelam kering. Meski tenggelam jenis ini terdengar mengerikan, namun prevalensinya tidak umum (hanya terjadi sebanyak 1 sampai 2 persen dari seluruh kecelakaan tenggelam). Kebanyakan tenggelam kering terjadi pada anak-anak, meski orang dewasa juga bisa mengalaminya. Pada tenggelam kering, seseorang dapat kehilangan nyawa meskipun tidak ada air yang masuk ke saluran pernapasan. Selain itu, dalam tenggelam kering, terjadi kekakuan laring (tenggorokan) secara mendadak. Ini terjadi karena laring menutup sebagai respons untuk melindungi?air tidak bisa masuk, begitu pula udara. Hal itu disebut sebagai spasme laring atau penyempitan otot dalam saluran pernapasan. Jadi, semakin lama waktu yang dibutuhkan laring untuk merenggang atau santai, semakin lama tubuh kekurangan oksigen. Anak-anak dengan kelainan jantung dan kesulitan pernapasan seperti asma berisiko untuk mengalami tenggelam kering. Seiring dengan kesulitan bernapas, tenggelam kering memiliki gejala batuk, nyeri dada, dan merasa sangat letih. Apabila anak Anda [...]

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Cara memasak ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Mengolah makanan dengan cara memanggang, membuat kulit lebih cepat keriput dibandingkan mengukusnya.Sebuah scanner teknologi baru telah mengungkap kerusakan kulit yang terjadi akibat memasak dengan cara panggang dan goreng. Alat scanner tersebut memeriksa kondisi kesehatan kulit dengan cara mengukur tingkat Advannced Glycation End-products (AGEs) dalam tubuh. AGEs merupakan senyawa yang bersifat merusak. Dalam konsentrasi tinggi, AGEs bisa mempercepat penuaan kulit dan biasanya terbentuk ketika makanan dimasak dalam temperatur tinggi --disebabkan reaksi antara karbohidrat (gula dan pati) dan protein atau lemak bersuhu tinggi.Seperti halnya indeks massa tubuh dan tekanan darah, tingkat AGEs juga menjadi penanda kondisi kesehatan. Penting untuk mengetahui level AGEs karena membantu Anda memilih gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan Morinda --brand penyedia produk kesehatan asal Amerika-- menunjukkan bahwa AGEs diserap ke dalam tubuh melalui makanan. Jika terlalu banyak, senyawa ini akan menyebabkan keriput dan kulit mengendur karena kerusakan kolagen dan elastin, dua komponen yang membuat kulit terlih [...]

Fungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan

Fungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan

Sering membaca kata ?progestin? dalam pil kontrasepsi dan obat? Ini adalah hormon progesteron yang diproduksi di laboratorium untuk keperluan medis. Pada dasarnya, hormon yang secara alami juga terdapat dalam tubuh dan dilepaskan oleh ovarium ini punya banyak manfaat. Mengenai bentuk penggunaan progesteron buatan sebagai obat bisa beraneka ragam, di antaranya dalam bentuk obat minum, oles (topikal), dan suntik (injeksi). Tiap bentuk obat memiliki tujuan pengobatan yang berbeda-beda pula. Memahami fungsi hormon progesteron ini dapat membuat wanita dapat lebih memahami mekanisme tubuhnya. Berikut beberapa peran penting progesteron dalam hidup manusia. Manfaat Progesteron Alami Secara alami, progesteron punya beberapa peran penting: Sistem reproduksi Selain itu, progesteron yang disebut juga hormon kehamilan ini memiliki banyak peran dalam pertumbuhan janin: Progesteron berperan mengubah endometrium dalam mempersiapkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin. Progesteron juga mengubah lendir leher rahim dan sel epitel vagina menebal sehingga tidak dapat ditembus sperma sebelum waktunya. Menurunkan respons imun wanita selama pembuahan untuk mempersiapkan terjadinya kehamilan. Diduga t [...]

14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

Hamil bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya. Justru Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam mulut. Kendati Anda harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak, cobalah untuk tetap menjaga pola makan. Ingat: gizi yang baik dan seimbang akan memberikan dampak yang baik juga terhadap janin. Jadi, bagaimana dan apa saja asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil? Berikut ini 14 tips yang dapat berguna untuk mendukung pola makan saat kehamilan Anda: Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta dan beras, serta buah-buahan dan sayuran. Pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam menu harian. Makan empat porsi produk susu dan makanan yang kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan 1000-1300 mg kalsium dalam menu harian. Konsumsi tiga porsi makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan sereal setiap hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari. Saat hamil, tubuh memerlukan 250 mikrogram yodium per hari untuk membantu memastikan otak dan sistem saraf perkembangan bayi. Anda bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, kentang panggang, salmon, dan udang. Jangan lupakan vitamin C dari sayur [...]

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya hindari membeli makanan yang harganya murah. Penelitian terbaru menunjukkan makanan dengan harga murah membuat orang tak bisa mengontrol porsi makan.Lingkungan turut mempengaruhi keberhasilan program diet seseorang. Hasil penelitian yang dilakukan Cornell University menemukan orang yang tinggal dekat dengan akses tempat makan mudah dan murah, cenderung lebih mudah gemuk dan sulit melakukan program penurunan berat badan."Kita adalah 'budak' dari lingkungan," ujar David Levitsky, profesor ilmu gizi dan psikologi di Cornell University, seperti dilansir Indiavision.Levitsky dan seorang mahasiswa pascasarjana Carly Pacanowski menganalisis ratusan artikel tentang perilaku makan orang dan menemukan bahwa kekuatan individu yang tidak dapat mengontrol dirinya terhadap lingkungan sangat mempengaruhi epidemi obesitas di Amerika Serikat."Faktor-faktor sosial juga merupakan stimulan yang kuat untuk membuat orang makan berlebihan. Kekuatan ini sudah berlangsung lebih dari 50 sampai 60 tahun terakhir," jelas Levitsky.Kekuatan ini termasuk harga makanan yang murah dan kemudahan akses untuk memperoleh makanan tersebut. Levitsky menje [...]

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari diperingati dunia sebagai Bulan Kewaspadaan Kanker Serviks. Kanker ini memang perlu diwaspadai karena merupakan pembunuh yang terselubung (silent killer). Berdasarkan data WHO pada tahun 2008, di Indonesia, setiap harinya terdapat 38 kasus baru kanker serviks dan 21 orang wanita meninggal. Itu artinya, terdapat 13.870 kasus baru dan 7.665 wanita meninggal setiap tahunnya karena kanker serviks. Pada wanita, meskipun jumlah penderitanya menempati peringkat kedua setelah kanker payudara, namun kanker serviks menyumbang angka kematian karena kanker di peringkat pertama. Serviks (Leher Rahim) ? sumber gambar Di mana letak serviks? Serviks terletak di bagian bawah rahim dan merupakan bagian penghubung antara rahim dan vagina pada wanita dengan panjang sekitar 2,5 cm. Apa yang Anda ketahui tentang kanker serviks? Kanker serviks adalah tumor ganas yang mengenai daerah serviks (leher rahim), yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) tipe 16, 18, 45, 31, 33, 52, 58, 35, 59, 56, 51, 39, 68, 73, dan 82. Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Virus tersebut dapat bertahan dalam tubuh dan menyebabkan perubahan sel- [...]

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Bagi Anda yang makan dengan porsi cukup banyak tapi tidak kunjung gemuk, tentu hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Namun perlu Anda waspadai berbagai penyebab kurus yang dapat diobati. Kadang orang dengan penyakit tertentu mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Dengan ditangani penyakit yang mendasari, berat badanpun dapat kembali naik. 1. Faktor Genetik Bisa saja seorang yang kurus tidak menderita penyakit apapun. Seorang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki kecenderungan untuk tetap kurus terlepas dari pola makan yang banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk bisa saja memiliki tubuh ektomorf. Mereka yang termasuk golongan ini membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Komposisi gizi yang disarankan adalah gizi yang kaya protein seperti, telur, daging dan ikan. Tidak lupa olah raga teratur, khususnya olah raga beban untuk meningkatkan massa otot. Jika Anda mengalami keluhan susah naik berat badan, cobalah tingkatkan kalori makanan Anda dan olah raga teratur. Namun jika Anda memiliki berbagai gejala penyakit yang dipaparkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Selain itu berikut ini ada beberapa peny [...]

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di bagian sekitar perut. Seringkali hal ini mengganggu aktivitas wanita sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri haid, obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Selain itu perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid. Untuk mencegah nyeri haid, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi: 1. Makanan tinggi kalsium, seperti kacang-kacangan, kacang almond dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. 2. Makanan tinggi antioksidan seperti buah-buahan (buah beri, ceri, dan sayuran seperti paprika). 3. Hindari makanan yang diolah seperti roti putih, pasta dan gula. 4. Lebih banyak mengkonsumsi daging tanpa lemak, tahu (kacang kedelai) atau kacang-kacangan. 5. Gunakan minyak zaitun atau minyak sayuran untuk memasak. 6. Beberapa wanita menemukan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat mengurangi nyeri haid. 7. Hindari asam lemak trans seperti yang ditemukan pada makanan yang dipanggang (kue, kentang goreng, donat, makanan yang diproses (sosis, salami, dkk), margarin). 8. Hinda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *