Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

filter-air-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-alodokter.jpg

Tubuh kita membutuhkan asupan air sekitar 2,5 liter tiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Tapi terpenuhinya kebutuhan harian tersebut juga perlu mendapat jaminan bahwa air yang kita konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Maka dari itu, peran filter air menjadi penting bagi kehidupan sehari-hari.

Di zaman sekarang ini, sebagian masyarakat telah terbiasa dengan mengonsumsi air minum kemasan. Namun ada pula yang masih memakai air keran yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan cairannya.

Tidak seperti air kemasan, air keran yang berasal dari PAM dan air tanah berisiko terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, dan lainnya. Saat dimasak, kuman memang dapat hilang dari air, tapi zat berbahaya masih terkandung di dalamnya dan proses memasak justru bisa meningkatkan jumlah zat-zat tersebut. Ini karena air menguap saat pemanasan sehingga konsentrasi senyawa berbahaya justru meningkat.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman maupun senyawa berbahaya, antara lain:

  • Diare.
  • Kram perut.
  • Mual.
  • Hepatitis A.
  • Kolera.
  • Tifoid.
  • Gangguan ginjal.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Perkembangan fisik dan mental bayi dan anak-anak yang mengonsumsi air ini dapat terganggu.
  • Aliran darah yang mengangkut oksigen pada bayi menjadi terhambat.

Air yang terkontaminasi dapat diatasi dengan penggunaan filter air. Alat ini memiliki ukuran pori-pori 1 mikrometer atau kurang yang bisa membantu menyaring kuman-kuman yang mengontaminasi air.

Selain menghilangkan zat berbahaya, filter air juga bisa mengeliminasi rasa dan bau aneh pada air. Selain untuk air minum, filter air juga bisa menyaring zat-zat berbahaya pada air yang digunakan untuk mandi.

Tips Memilih Filter Air

Ada beberapa jenis filter air yang dijual di pasaran. Tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui filter air apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, ada baiknya perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Tes air. Kualitas air ditentukan oleh lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, rumah yang berdekatan dengan area pertanian dan peindustrian, memiliki kualitas air yang lebih buruk ketimbang rumah yang jauh dari area tersebut. Untuk mengetahui permasalahan air di rumah, coba lakukan pengetesan air di laboratorium bersertifikat.
  • Pilih filter air. Setelah itu, Anda bisa mulai memilih jenis filter yang sesuai dengan permasalahan air di rumah Anda. Contohnya jika air di rumah Anda mengandung klorin, pestisida, timbal, atau tembaga yang disertai rasa dan bau yang aneh, Anda bisa memilih filter air karbon aktif.
  • Kapasitas air. Filter air dijual dengan kapasitas memproduksi air yang berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa kapasitas yang sesuai dengan keluarga Anda, Anda bisa menghitung jumlah anggota keluarga lalu buatlah perkiraan jumlah air yang biasa digunakan dalam seharinya.
  • Sertifikat. Pilih filter air yang telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan memiliki nomor ISO.
  • Hal lainnya. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah garansi yang ditawarkan oleh produsen, ketersediaan suku cadang, serta layanan konsumen.

Ketika memutuskan memakai filter air, Anda harus memperhatikan tata cara pemakaiannya seperti cara menggunakannnya dan kapan alat tersebut harus diganti.

Penggantian filter air secara konsisten sangat penting. Hindari menunda-nundanya karena itu bisa berdampak pada kesehatan Anda. Jika telah melewati ambang batas pemakaian, filter tidak lagi bisa menyaring zat-zat yang mengontaminasi air dengan baik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

Flu dan batuk dapat muncul kapan saja, namun biasanya akan memberat pada malam hari. Hal ini terjadi karena pada malam hari, udara lebih dingin dan kering sehingga akan mengiritasi hidung dan tenggorokan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk pada malam hari: 1. Minum Teh Hangat dan Madu Segelas teh hangat dan madu dapat mengurangi lendir dan membuat saluran napas lebih lembap. Madu juga efektif untuk menekan batuk. Tambahkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh hangat. Namun, jangan berikan madu untuk anak usia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulism. 2. Minum Obat Batuk Terdapat dua jenis obat batuk, yakni expectorant yang bekerja dengan mengurangi produksi dahak, serta cough suppressant yang bekerja dengan cara memblok refleks batuk sehingga dapat mengurangi batuk. Bacalah label pada kemasan dengan baik. Obat batuk yang diminum harus sesuai dengan indikasi dan gejala. 3. Perhatikan Posisi Tidur Penyebab lain batuk semakin memberat pada malam hari selain udara dingin dan kering adalah gravitasi. Saat tidur terlentang, lendir yang tertelan pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan membuat iritasi pada saluran napas atas, [...]

Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebaran

Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebaran

Makanan dan hidangan bisa-bisa tersaji melimpah di Hari Raya. Jangan heran kenapa setelah lebaran senantiasa naik berat badan, jika Anda belum bisa menakar kebutuhan kalori harian Anda. Tahukah Anda kebutuhan kalori Anda dalam sehari? Berikut adalah kebutuhan kalori tubuh dalam sehari berdasarkan US Department of Health and Services secara umum. Jenis Kelamin Usia Kebutuhan Kalori Sesuai Tingkat Aktivitas Rendah Sedang Tinggi Wanita 14-18 1800 2000 2400 19-30 1800-2000 2000-2200 2400 31-50 1800 2000 2200 Pria 14-18 2000-2400 2400-2800 2800-3200 19-30 2400-2600 2600-2800 3000 31-50 2000-2400 2400-2600 2800-3000 Dengan mengingat kebutuhan kalori tersebut, maka mari kita bandingkan dengan jumlah kalori asupan makanan saat perayaan Lebaran. (Baca: 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan) Satu porsi opor ayam yang berisi ayam dan kuah santan dapat mencapai 700-800 kalori. Jika ditambah dengan ket [...]

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Jambu biji memiliki nutrisi yang cukup baik, yaitu memiliki zat anti kanker, menurunkan tekanan darah, dan membantu pengobatan demam berdarah. Indonesia adalah Negara agraris penghasil buah tropis. Salah satu jenis buah tropis adalah jambu biji. Orang terkadang memandang sebelah mata dengan buah tropis yang satu ini. Padahal dilihat dari kandungan gizinya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Tak Cuma itu, jambu biji juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan sebagai anti kanker. Halaman berikut menjelaskan berbagai macam manfaat buah jambu biji: Jambu Biji Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk Selama ini masyarakat sering mendapatkan informasi bahwa sumber vitamin C banyak terdapat didalam buah jeruk. Padahal jika dilihat dari kandungan vitamin C, jambu biji dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Setiap 100 gr jambu biji mengandung 87 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 49 mg. Bahkan dibandingkan buah impor seperti apel atau anggur, kandungan vitamin C jambu biji puluhan kali lipat jumlahnya. Menurut daftar Analisis Bahan Makanan (1992), apel hanya mengandung vitamin C sebanyak 5 mg/100 gr dan anggur hanya men [...]

Tumbuh Kembang Bayi

Tumbuh Kembang Bayi

Layaknya sebuah pohon, manusia merupakan salah satu mahluk yang bertumbuh kembang dan bereproduksi secara terus menerus dimana perkembangannya juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor luar. Begitu pun dengan bayi yang baru lahir, mereka bertumbuh kembang dengan pesat dan sangat rentan dengan lingkungan sekitar sehingga membutuhkan perlindungan lebih secara menyeluruh. Perkembangan organ dalam bayi yang belum sempurna juga perlu menjadi perhatian khusus seperti memastikan hanya pemberian ASI ekslusif minimal 6 bulan setelah kelahiran, bahkan dianjurkan meneruskan ASI apabila ibu sanggup karena ASI telah terbukti secara nyata sebagai anti bodi bayi terhadap berbagai penyakit dikemudian hari. Salah satu cara melihat perkembangan bayi sehat, yaitu melalui penambahan panjang dan berat tubuh dengan rata-rata kenaikan normal sebagai berikut: Usia 0 ? 6 bulan, bayi akan bertambah tingginya sekitar 0.5 hingga 2.5 cm perbulan diiringi dengan penambahan berat badan sekitar 140 ? 200 gr. Dimana pada usia 5 bulan, berat badan bayi harus sudah dua kali lebih berat dibandingkan berat saat lahir. Usia 6 ? 12 bulan, bayi mampu berkembang sekitar 1cm per bulannya dengan penambahan berat badan [...]

Tips Obesitas pada Anak

Tips Obesitas pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Obesitas telah mencapai status epidemi global dengan setidaknya 2,8 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat overweight atau obesitas. Jumlah anak yang mengalami obesitas bertambah 2 kali lupat pada anak dan tiga kali lipat pada remaja pada 30 tahun terakhir. Obesitas atau overweight? Bila Anda melihat seorang anak dengan berat badan yang berlebih, kapankah anak tersebut dapat dibilang mengalami obesitas? Obesitas dan overweight adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menyatakan adanya kelebihan berat badan, namun sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda. Overweight adalah kelebihan berat badan (dibandingkan berat badan ideal) yang disebabkan oleh penimbunan jaringan lemak atau non lemak (otot). Sedangkan obesitas adalah suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemas tubuh secara berlebihan. Kata ?obesitas? itu sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya ?makan berlebihan?. Perilaku Makan Peran faktor nutrisional ini dimulai sejak anak masih di dalam kandungan. Jumlah lemak tubuh dan pertumbuhan bayi sangat dipengaruhi oleh berat badan maternal dan kenaikan berat badan ibu hamil. Setelah itu perilaku mak [...]

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Mengatasi depresi tak harus dengan pergi ke psikolog atau menenggak obat-obatan penenang. Menurut beberapa studi, depresi bisa diobati dengan berpelukan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, 11 persen orang Amerika kerap kali meminum obat anti-depresan untuk mengatasi depresi. Obat tersebut mengandung senyawa kimia yang disebut oksitosin, senyawa yang juga diproduksi tubuh saat Anda sedang berpelukan atau berhubungan seks. Oksitosin terbukti bisa mengobati depresi.Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika tikus-tikus terpisah dari gerombolannya, tikus akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi yang akan mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Studi yang dipresentasikan pada tahun 2007 pada pertemuan Society for Neuroscience, menunjukkan efek hormon oksitosin terhadap situasi stres.Para ilmuwan di UC San Diego School of Medicine juga melakukan uji coba klinis secara acak, merasa optimis dengan pengaruh oksitosin terhadap depresi. "Ilmu dasar, apa yang kita lihat dalam penelitian yang melibatkan binatang dan manusia, mengindikasi ada alasan mengapa oksitosin memainkan peran dalam beberapa jenis depresi," [...]

Makanan yang Dapat Membuat Anda Cepat Terlihat Tua

Makanan yang Dapat Membuat Anda Cepat Terlihat Tua

?You are what you eat,? demikian ungkapan populer yang sering kita dengar. Karena tidak dapat dipungkiri, apa yang kita pilih sebagai menu makan, menentukan kesehatan jiwa dan raga. Jika Anda terbiasa makan makanan tinggi lemak dan gula berlebih, niscaya tubuh Anda berisiko menjadi obesitas, diabetes, gangguan kolesterol, gagal jantung bahkan kematian. Namun sebaliknya, jika Anda memilih menu yang menyehatkan tubuh, maka akan kecil sekali kemungkinan Anda mengalami obesitas, diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Anda akan cenderung merasa sehat dan bugar. Sama halnya jika Anda menjaga pola makan untuk urusan penampilan tubuh. Pasalnya, ada beberapa menu makanan yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya. Nah, bagi Anda yang ingin tampil muda lebih lama ada baiknya menghindari beberapa menu makanan berikut ini: Makanan yang Membuat Anda Cepat Tua: Gula Ada beberapa alasan kenapa makanan yang tinggi akan gula dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Saat ada banyak gula di dalam tubuh Anda, gula tersebut akan mengikatkan diri dengan kolagen yang membuat kulit menjadi semakin tidak lentur. Dimana keadaan tidak l [...]

Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?1. YoghurtYoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.2. Salad SayurGanti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandung [...]

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Asap rokok yang terpapar kepada perokok pasif lebih berbahaya daripada yang diisap oleh perokok aktif. Apalagi anak-anak dan bayi, mereka adalah golongan yang paling rentan jika terpapar asap rokok. Paparan asap rokok membuat kelompok ini berisiko mengalami berbagai gangguan penyakit. Bahkan, bayi yang terpapar asap rokok berisiko tinggi mengalami sindrom kematian bayi mendadak. Jauhkan Asap Rokok Sekarang Juga Rokok memiliki efektivitas yang sangat baik dalam menyebarkan bahan kimia beracun. Jika diisap di dalam rumah, maka seluruh rumah Anda akan menjadi tempat yang nyaman bagi nikotin, karbon monoksida, dan aneka karsinogen berat. Karsinogen sendiri adalah segala sesuatu yang bisa menyebabkan kanker. Parahnya, semua zat tersebut tidak hanya ada di lokasi Anda merokok. Seluruh ruangan di dalam rumah, termasuk kamar anak-anak dan bayi, berisiko dihinggapi oleh berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Hanya beberapa menit saja yang dibutuhkan untuk persebaran segala zat berbahaya tersebut. Selain jangkauan luas dan persebarannya yang cepat, asap rokok juga memiliki durasi bertahan yang cukup lama. Asap rokok bisa bertahan di udara hingga 2,5 jam, bahkan saat ventilasi rumah atau j [...]

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar. ?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011. Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *