Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

filter-air-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-alodokter.jpg

Tubuh kita membutuhkan asupan air sekitar 2,5 liter tiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Tapi terpenuhinya kebutuhan harian tersebut juga perlu mendapat jaminan bahwa air yang kita konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Maka dari itu, peran filter air menjadi penting bagi kehidupan sehari-hari.

Di zaman sekarang ini, sebagian masyarakat telah terbiasa dengan mengonsumsi air minum kemasan. Namun ada pula yang masih memakai air keran yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan cairannya.

Tidak seperti air kemasan, air keran yang berasal dari PAM dan air tanah berisiko terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, dan lainnya. Saat dimasak, kuman memang dapat hilang dari air, tapi zat berbahaya masih terkandung di dalamnya dan proses memasak justru bisa meningkatkan jumlah zat-zat tersebut. Ini karena air menguap saat pemanasan sehingga konsentrasi senyawa berbahaya justru meningkat.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman maupun senyawa berbahaya, antara lain:

  • Diare.
  • Kram perut.
  • Mual.
  • Hepatitis A.
  • Kolera.
  • Tifoid.
  • Gangguan ginjal.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Perkembangan fisik dan mental bayi dan anak-anak yang mengonsumsi air ini dapat terganggu.
  • Aliran darah yang mengangkut oksigen pada bayi menjadi terhambat.

Air yang terkontaminasi dapat diatasi dengan penggunaan filter air. Alat ini memiliki ukuran pori-pori 1 mikrometer atau kurang yang bisa membantu menyaring kuman-kuman yang mengontaminasi air.

Selain menghilangkan zat berbahaya, filter air juga bisa mengeliminasi rasa dan bau aneh pada air. Selain untuk air minum, filter air juga bisa menyaring zat-zat berbahaya pada air yang digunakan untuk mandi.

Tips Memilih Filter Air

Ada beberapa jenis filter air yang dijual di pasaran. Tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui filter air apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, ada baiknya perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Tes air. Kualitas air ditentukan oleh lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, rumah yang berdekatan dengan area pertanian dan peindustrian, memiliki kualitas air yang lebih buruk ketimbang rumah yang jauh dari area tersebut. Untuk mengetahui permasalahan air di rumah, coba lakukan pengetesan air di laboratorium bersertifikat.
  • Pilih filter air. Setelah itu, Anda bisa mulai memilih jenis filter yang sesuai dengan permasalahan air di rumah Anda. Contohnya jika air di rumah Anda mengandung klorin, pestisida, timbal, atau tembaga yang disertai rasa dan bau yang aneh, Anda bisa memilih filter air karbon aktif.
  • Kapasitas air. Filter air dijual dengan kapasitas memproduksi air yang berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa kapasitas yang sesuai dengan keluarga Anda, Anda bisa menghitung jumlah anggota keluarga lalu buatlah perkiraan jumlah air yang biasa digunakan dalam seharinya.
  • Sertifikat. Pilih filter air yang telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan memiliki nomor ISO.
  • Hal lainnya. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah garansi yang ditawarkan oleh produsen, ketersediaan suku cadang, serta layanan konsumen.

Ketika memutuskan memakai filter air, Anda harus memperhatikan tata cara pemakaiannya seperti cara menggunakannnya dan kapan alat tersebut harus diganti.

Penggantian filter air secara konsisten sangat penting. Hindari menunda-nundanya karena itu bisa berdampak pada kesehatan Anda. Jika telah melewati ambang batas pemakaian, filter tidak lagi bisa menyaring zat-zat yang mengontaminasi air dengan baik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kontrol Makan Ketika Berbuka

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan lainnya). Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada. [...]

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Oleh: drg. Arni Maharani Berdasarkan suatu penelitian, dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan jumlah anak penderita gigi berlubang. Mengingat keterbatasan anak-anak dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta beberapa kebiasaan pada anak yang menjadi penyebab gigi berlubang maka banyak sekali anak-anak yang mengalami gigi berlubang. Tapi ada peran serta dari orangtua yang juga memperbesar risiko gigi berlubang, yaitu cara memberikan makanan yang salah, antara lain seperti: Memberikan makanan dan minuman manis Memberikan makanan dan minuman manis dalam botol dot sampai anak tertidur Memberikan ASI dalam posisi anak tidur atau bahkan sampai tertidur Mengemut makanan Tidak lain jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama, maka konsekuensinya adalah anak dapat mengalami gigi berlubang (karies gigi). Penyakit gigi berlubang atau karies pada anak terbagi dalam dua jenis yaitu karies botol dan karies rampan. Kedua macam penyakit ini sangat berbahaya bagi anak-anak karena akibat yang ditimbulkan bukan hanya masalah dalam rongga mulut tetapi juga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Rasa sakit pada gigi berlubang akan mengganggu sehingga pola makan [...]

5 Penyebab Menurunnya Libido Wanita

5 Penyebab Menurunnya Libido Wanita

Meskipun hasrat seksual wanita tidak sebesar pria, namun jika terjadi penurunan hasrat seksual pada wanita, tentunya bisa berpengaruh terhadap kebutuhan biologis pasangannya. Sejumlah penelitian medis telah menyimpulkan bahwa kehidupan seks dapat mengontrol stres, meningkatkan kesehatan fisik, mengurangi risiko penyakit mental dan meningkatkan hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu ada baiknya pria mengetahui apa yang menjadi penyebab menurunnya hasrat seksual pada wanita. 1. Faktor Biologis Dalam melakukan hubungan seksual tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang bugar, faktor biologis seperti kelelahan dan kurang tidur bisa menjadi faktor yang memicu menurunnya hasrat seksual seorang wanita. Menurut beberapa penelitian, kelelahan menyebabkan penurunan kadar DHEA dan testosterone, dimana rendahnya kadar kedua hormon ini berkaitan dengan penurunan dorongan seksual. Untuk mengatasinya jika Anda kurang tidur, luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat, jangan tidur terlalu malam, jika bisa luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan pasangan Anda. 2. Faktor psikologis Faktor psikologis yang menyebabkan menurunnya hasrat seksual wani [...]

Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Lisa Brown tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia maupun bulimia. Namun wanita berusia 32 tahun ini selalu kelaparan. Bobotnya turun drastis, dari 63 kg menjadi kurang dari 40 kg dalam lima tahun dan tubuhnya pun sangat kurus hingga tampak hanya tulang belulang.Lisa bukannya tidak mau makan, tapi ia mengidap sindrom langka yang membuat tubuhnya tidak mau mencerna makanan. Akibatnya wanita asal Wisconsin, Amerika Serikat ini merasa terus kelaparan.Penyakit yang diidap Lisa disebut superior mesenteric artery syndrome (SMAS), kondisi yang membuat sebagian usus kecilnya terperangkap di antara dua pembuluh arteri. Akibatnya, makanan tidak bisa melewati sistem pencernaan dan tubuhnya dengan baik.Lima tahun sudah Lisa berjuang mencari solusi untuk mengatasi penyakitnya itu. Ia pun berbagi kisahnya lewat YouTube yang menceritakan bagaimana usahanya menghadapi SMAS dengan harapan bisa mendapatkan dana pengobatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap sindrom langka tersebut.Saat ini Lisa sedang menjalani perawatan di The Cleveland Clinic. Perawatan tersebut menggunakan sebuah sistem canggih yang memungkinkan nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh dialirkan langsung ke usus keci [...]

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Tinja atau dalam medis lebih akrab dikenal dengan istilah feses, bisa berbicara sejujurnya soal kondisi kesehatan Anda. Meskipun mungkin bagi sebagian orang topik mengenai feses adalah sesuatu yang tidak ingin dibicarakan. Namun ketahuilah, tinja Anda bisa lebih jujur daripada manusia. Bentuk tinja, seberapa sering Anda buang air besar, warna tinja, atau hal yang terdapat di tinja Anda bisa merupakan tanda dan sinyal status kesehatan tubuh Anda. Itulah tinja yang Anda keluarkan dapat memberikan banyak informasi mengenai kesehatan Anda. Apa saja informasi kesehatan status tubuh yang dapat diketahui dari tinja? Beirkut penjelasannya: 1. Konsistensi Tinja Tinja manusia seharusnya memiliki konsistensi yang lunak namun tidak cair. Sebagai gambaran, tinja seharusnya dapat dikeluarkan tanpa terputus-putus dan Anda tidak perlu mengedan terlalu keras untuk mengeluarkannya. Apabila Anda mengedan terlalu keras untuk mengeluarkan tinja Anda, maka bisa jadi Anda tidak cukup mengkonsumsi serat, seperti sayur dan buah, atau Anda kekurangan cairan. Sedangkan jika konsistensi feses Anda cair, maka perlu diwaspadai berbagai penyebab buang air besar cair, seperti infeksi, atau [...]

7 Posisi yang Benar Saat Beraktivitas Agar Tubuh Tidak Bungkuk

7 Posisi yang Benar Saat Beraktivitas Agar Tubuh Tidak Bungkuk

Banyak orang yang menderita sakit punggung dan leher, serta postur tubuh membungkuk karena salah posisi dalam melakukan berbagai aktivitas. Bagaimana posisi tubuh yang benar ketika nonton TV, tidur atau menyetir agar tubuh tidak bungkuk? Ini panduan untuk Anda, seperti dikutip dari Times of India.1. Saat TidurTerlalu banyak bantal yang menopang kepala saat tidur, atau tidur di atas tempat yang terlalu empuk bisa membuat sakit punggung dan postur jadi bungkuk. Saat tidur, kepala harus tertopang dengan baik tapi tetap sejajar dengan tulang belakang. Untuk itu cukup gunakan satu bantal saja. Pilihlah bantal berkualitas (tidak terlalu lembut atau keras) dan sebaiknya ganti tiap satu tahun sekali. Posisi tidur ideal adalah celentang atau menyamping. Hindari tidur sambil tengkurap dan meringkuk.2. Saat BersinBersin umumnya gejala yang menyertai flu dan pilek. Perlu diketahui, bersin adalah salah satu penyebab paling umum sakit punggung. Saat bersin, tubuh akan terkena guncangan secara tiba-tiba dan itu bisa menyebabkan sakit pada punggung serta leher. Saat merasa akan bersin, sebaiknya tekuk lutut untuk mencegah tekanan atau guncangan ketika bersin mengenai tulang belakang.3. Saat Pak [...]

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain: 1. Air Putih Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah. Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?) 2. Selenium Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit. Sumber selenium yang [...]

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, percintaan atau keluarga. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Pergi ke spa atau rekreasi bisa menjadi cara untuk meredakan stres. Tapi ada cara lain yang lebih murah dan mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ini tujuh cara terbaik untuk mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Cari Udara SegarKeluarlah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Penelitian menyebutkan bahwa produksi vitamin D dalam tubuh yang dipicu oleh paparan sinar matahari pagi bisa meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara dan aroma pagi di sekitar juga akan mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Tidak bisa keluar rumah karena tinggal di perkotaan yang sibuk dan macet? Tempatkanlah beberapa tanaman di rumah atau apartemen Anda. Studi yang dilakukan Washington State University menemukan, menaruh tanaman di dekat meja kerja akan menurunkan tekanan darah, yang artinya stres jadi berkurang.2. Lakukan Rutinitas MenyenangkanSetiap harinya, pasti ada satu rutinitas yang kita sukai. Entah [...]

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan masalah bibis pecah-pecah. Penampilan jadi tak sempurna karena kurang percaya diri. Atasi bibir pecah-pecah dengan dengan cara di bawah ini. Kebanyakan orang mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Padahal, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan. Penyebab dan Gejalanya Bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembapan udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik terhadap bibir. Satu hal yang terkadang menjadi kebiasaan adalah kita seringkali menjilati bibir sendiri apabila bibir terasa kering. Padahal, kebiasaan ini tidak dianjurkan karena semakin sering air liur membasahi bibir, ternyata akan semakin memperburuk pecahan pada bibir. Beberapa gejala yang bisa dialami adalah: bibir terasa kering bahkan sampai mengelupas, muncul sisik pada bibir, terdapat luka, bengkak, dan jika sudah parah akan mengalami pendarahan. Cara Mengatasi Bibir [...]

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Di kala berbuka dan sahur, hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudahnya menjadi lapar kembali Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula (ex: junk food) Berpuasa akan melambatkan jalannya sistim pencenaan sehingga ingatlah untuk berbuka puasa perlahan-lahan. Minumlah terlebih dahulu minuman yang manis atau jus buah dan kemudian diikuti dengan makanan ringan. Asupan makanan tetap harus seimbang baik karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan janin. Jangan lupa lengkapi asupan dengan susu dan buah Hindari minuman berkafein (teh, kopi, kola) terlalu banyak karena minuman berkafein merupakan diuretik (penarik cairan) yang menyebabkan seringnya berkemih di kala puasa dan berujung pada dehidrasi (kekurangan cairan). Minuman berkafein juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ?sakit kepala? akibat efek adiksi Jika udara di luar dalam kondisi panas dan lembab, sebaiknya ibu hamil berada di dalam ruangan agar tidak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *