Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Air dalam tubuh terdistribusi secara intrasel (terletak di dalam sel) dan ekstrasel (terletak di luar sel). Cairan ekstrasel terbagi atas cairan interstisial (cairan jaringan, antar sel) dan cairan intravaskuler (cairan di dalam pembuluh darah, yaitu plasma darah). Ketika berolahraga cairan yang akan hilang adalah cairan ekstrasel. Cairan ini sifatnya sangat penting bagi tubuh karena beberapa hal, yaitu mempertahankan suhu tubuh, membantu lubrikasi sendi sehingga memungkinkan sendi bergerak dengan bebas, dan fungsi tubuh normal lainnya. Apabila Anda kekurangan cairan atau dehidrasi saat berolahraga, maka gejala yang timbul seringkali berupa rasa haus dan mulut kering. Selain itu Anda juga dapat merasa lemas dan lelah, pusing serta mual, sehingga sulit melakukan kegiatan olahraga dengan optimal. Biasanya sebelum haus, jarang sekali kita merasakan kekurangan cairan (dehidrasi). Padahal ketika timbul rasa haus dan mulut kering, sebenarnya kita sudah dehidrasi. Persen cairan tubuh yang hilang tentunya tergantung oleh berat latihan atau intensitas aktifitas fisik yang dilakukan dan juga oleh durasi latihan/aktifitas fisik. Apabila hanya melakukan aktifitas sehar [...]

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Pil pelangsing merupakan pilihan yang popular di antara orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah hal tersebut aman dan efektif? Idealnya pil pelangsing hanya diresepkan oleh dokter setelah melalui serangkaian pemeriksaan fisik dan cek kesehatan. Semua orang bisa minum obat pelangsing? TIDAK. Tidak semua orang boleh mengkonsumsinya. Pil pelangsing sendiri diindikasikan untuk mereka yang memilki masalah kesehatan tertentu atau memiliki gangguan sehingga menyebabkan obesitas. Pil pelangsing yang diperoleh atau dibeli dari sumber yang diragukan kebenarannya atau dari online shoptanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, tidak disarankan untuk dikonsumsi. Obat-obatan semacam itu yang tidak melalui uji klinis dan tidak memiliki sumber ilmiah terpercaya dapat merugikan kesehatan dan dapat menimbulkan komplikasi serius seperti kegagalan organ. Bagaimana cara kerja pil pelangsing tersebut? Bagaimana Cara Kerja Pil Pelangsing Tersebut? Mekanisme kerja pil pelangsing bergantung dari formulasi dan bahan aktif yang ada di dalamnya. Namun pada umumnya cara kerjanya adalah: Menekan nafsu makan sehingga Anda merasa lapar Meningkatkan metabolis [...]

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Kondisi mata merah pada anak bisa sangat mengejutkan. Tapi jangan asal pilih obat sakit mata. Pengobatan mata merah pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mata merah atau konjungivitis merupakan peradangan pada lapisan transparan yang melindungi bagian putih pada mata. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah menjadi terlihat, sehingga memperlihatkan kondisi mata merah tersebut. Kemungkinan penyebab mata merah yaitu virus dan bakteri. Sakit mata yang diakibatkan keduanya sangat mudah menular. Selain itu, mata merah pada anak juga dapat dipicu oleh alergi, seperti tungau debu, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara, dan lain-lain. Mengatasi dengan Tepat Mata merah yang disebabkan virus umumnya akan sembuh tanpa perlu pengobatan. Sementara, mata merah akibat infeksi bakteri dapat dikenali dari keluarnya cairan kuning dari mata, sehingga membuat kelopak mata menjadi rapat ataupun bengkak. Untuk kasus semacam ini, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata ataupun salep. Demikian juga jika mata merah yang terjadi tergolong parah atau berlangsung lebih dari dua minggu. Ada dua jenis antibiotik untuk obat sakit mata merah yang umumnya diresepka [...]

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak seringkali menjadi keluhan umum di akhir trimester kedua atau ketika memasuki trimester tiga. Sebanyak 75% perempuan hamil akhirnya mengalami keluhan ini, dari derajat yang paling ringan hingga yang berat. Keluhan kaki bengkak biasanya terjadi di lokasi sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Bengkak ini dapat memburuk saat cuaca panas atau ketika mencapai penghujung hari, khususnya bila Anda sepanjang hari banyak berdiri atau duduk. Penyebab kaki bengkak saat hamil pada umumnya karena peningkatan cairan tubuh, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel, dan bahkan karena adanya cairan ketuban. Pembengkakan derajat ringan yang hanya terjadi di kaki dan membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal. Jurs Atasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan. Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akibat retensi air ini, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. Pada kasus-kasus dengan derajat pembengkakan yang berat seperti ini, jangan lupa berkonsultasilah dengan dokter And [...]

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga. Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap. Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu. Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi [...]

Pernah Cacar, Lebih Gampang Kena Stroke

Pernah Cacar, Lebih Gampang Kena Stroke

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Cacar yang dimaksud disini adalah herpes zoster. Sebelas duabelas dengan cacar air, herpes zoster adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus yang sama dengan chicken pox/ cacar air. Gejala yang muncul pada kulit berupa lenting dalam jumlah banyak, kemerahan, dan nyeri. Lenting mirip dengan cacar air, namun tempatnya terlokalisasi sesuai persyarafan, misalnya di sekitar mulut. Virus varicella zoster (VVZ) primer biasanya mengenai anak-anak dan menyebabkan varicella atau cacar air. Virus ini tidak berbahaya dan dapat diobati. Namun, setelah sembuh, virus ini akan dorman (menetap) pada syaraf dan dapat reaktivasi (kambuh) jika daya tahan tubuh lemah. Reaktivasi spontan oleh VVZ inilah yang disebut herpes zoster. Menurut studi yang dilakukan di Inggris pada 105.000 pasien herpes zoster, didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang terkena herpes zoster pada usia 18 sampai 40 tahun memiliki risiko 2,4 kali lebih tinggi terkena stroke dan penyakit jantung koroner. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil yang sama. Dari studi yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association juga ditemukan orang dewasa yang terkena herp [...]

Selaput Dara dan Tes Keperawanan

Selaput Dara dan Tes Keperawanan

Isu tentang keperawanan saat ini sedang kembali hangat dibicarakan. Belum luput dari ingatan kita isu tes keperawanan menghangat akibat usulan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan untuk melakukan tes keperawanan terhadap siswi SMA dan yang sederajat. Kini isu tersebut kembali mengemuka setelah berbagai media membicarakan mengenai tes keperawanan terdapat pada proses persyaratan tetap rekrutmen polisi wanita. Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto mengatakan, tes kesehatan tersebut bertujuan untuk mempersiapakan para calon anggota untuk menjadi personil Polri yang handal nantinya. Menanggapi hal ini kemudian banyak pihak yang bersuara, baik dalam nada yang mendukung ataupun menentang. Lalu bagaimana apabila isu ini dilihat dari kacamata medis? Berikut penjelasannya: Konsep Keperawanan Istilah perawan secara umum dikaitkan erat dengan adanya selaput dara yang intak pada perempuan yang bersangkutan. Selaput dara atau dalam dunia medis disebut hymen adalah membran atau selaput yang terletak di pembukaan vagina atau bagian tepi bawah vagina. Selaput dara dapat tipis atau tebal. Ketika seseorang melakukan hubungan seks, masu [...]

Jangan Remehkan Keputihan

Jangan Remehkan Keputihan

Keputihan merupakan masalah yang sering atau pernah dikeluhan sebagian besar bahkan semua wanita. Yang perlu diketahui adalah terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis (tidak perlu pengobatan) dapat terjadi dari bayi sampai usia 10 tahun, serta pada remaja yang menjelang masa haid karena pengaruh hormon estrogen. Dapat juga terjadi pada wanita subur yang sedang terangsang sehingga mengeluarkan lendir dari kelenjar leher rahim untuk membantu sperma masuk ke rahim. Pada keadaan normal lendir yang keluar dari vagina banyak mengandung sel epitel dan sedikit lekosit. Berikutnya akan kami jelaskan mengenai jenis keputihan patologis. Jangan Remehkan Keputihan Keputihan patologis, terdapat banyak mengandung lekosit. Penyebabnya paling banyak adalah karena adanya infeksi. Jenis kuman yang sering menyebabkan keputihan adalah Trikomonas Vaginalis, Kndida Albikan, Hemofilus Vaginalis. Keadaan yang sering menyebabkan mudah timbul infeksi adalah celana yang terlalu ketat dan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang tidak dapat menyerap keringat seperti bahan dari nylon atau polyester sehingga menyebabkan daerah sekitar [...]

Awas! Jangan Sembarang Obati Jerawat!

Awas! Jangan Sembarang Obati Jerawat!

Jerawat merupakan suatu kasus yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kasus jerawat biasanya muncul pada usia remaja dan biasanya berangsur-angsur hilang ketika kita menginjak usia dewasa. Jerawat bisaterjadi akibat beberapa hal seperti hiperkeratinisasi, produksi minyak yang meningkat, peradangan serta produktivitas dari bakteri Propionibacterium acnes (P. Acnes). Derajat berat ringannya jerawat dapat kita lihat dari pemeriksaan kulit dimana derajat berat ringannya jerawat dapat kita kelompokkan menjadi : Derajat Ringan terdiri atas; komedo < 20, pustule < 15, kista < 0, dan total lesi jerawat <30 lesi. Derajat Sedang terdiri atas; Komedo 20-100, pustule 15-20, kista <5, dan total lesi jerawat adalah 30-125 lesi. Derajat Berat terdiri atas; Komedo > 100, pustule > 50, kista > 5, dan total lesi jerawat adalah > 125 lesi. Bagaimana idealnya mengobati jerawat? Pengobatan Jerawat Pengobatan dari jerawat terdiri dari berbagai macam cara selain dari modifikasi gaya hidup seperti diantaranya: menjaga konsumsi makanan, hidup lebih sehat seperti olahraga y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *