Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Merayakan hari kasih sayang tidak hanya berguna untuk meningkatkan keharmonisan bersama orang terdekat Anda saja. Namun seperti yang dikutip dari healthkicker, merayakan hari Valentine juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan.1. Dark ChocolateCokelat merupakan camilan yang identik dengan hari Valentine. Selain mengandung antioksidan, dark chocolate juga dapat mencegah penyakit jantung, hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Jadi, jika Andaingin pasangan atau orang terdekat selalu sehat, pastikan untuk memberikan satu books dark chocolate saat rayakan hari kasih sayang.2. WineMenikmati segelas wine saat makan malam romantis, ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan pada seseorang. Wine mengandung antioksidan dan juga dikenal sebagi pemasok resveratol yang baik. Resveratol diketahui bisa memperpanjang umur dan mengurangi kemungkinan terkena kanker.3. BermesraanSalah satu yang paling menyenangkan saat merayakan hari Valentine adalah kesempatan untuk saling bermesraan. Berpelukan, ciuman dan bercinta dipercaya bisa mengurangi stres dan rasa sakit, bahkan dapatmeningkatkan sistem imun.(eya/hst) [...]

5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

Penyakit sulit tidur atau insomia biasanya diakibatkan karena stres dan depresi. Tentunya insomnia dapat berdampak buruk pada tubuh. Apalagi, jika keesokan harinya Anda menjalani aktivitas yang padat, ketika jam tidur berantakan, tubuh menjadi tidak segar, wajah pun tampak lesu.Kini, Anda dapat mengatasi masalah insomnia dengan mencoba berbagai makanan berikut ini. Dilansir dari SheKnows, pakar diet dan ahli gizi holistik di New York City dan pendiri EatDrinkandbeGorgeous.com, Esther B. Horn, akan memberikan tipsnya.KalkunDaging kalkun dapat memproduksi zat yang dapat membuat tubuh rileks dan nyaman. "Daging Turki kaya akan asam amino triptophan yang membantu Anda untuk tidur tenang dan nyenyak. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk," ujar Horn.PisangPisang mengandung melatonin dan triptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang dapat membuat Anda tertidur. Buah ini juga mengandung magnesium yang membantu Anda meredakan ketegangan fisik. "Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya tubuh untuk istirahat," jelas Horn.Susu"Susu hangat adalah sumber triptophan yang memberi efek menenangkan dan membantu Anda untuk santai," terang Horn.Namun, [...]

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Dunia selebritas baru-baru ini dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan, Olga Syahputra, selebriti yang sedang naik daun di tanah air, dikabarkan dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit Jakarta. Olga, yang kita kenal sebagai presenter acara Dahsyat ini, lemas tak berdaya akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Berbahayakah penyakit ini? Sebelum itu, ada baiknya kita mengenali apa itu meningitis. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan ?itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya. Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umu [...]

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Seorang pria asal China, sebut saja namanya Chen, selama ini memiliki kehidupan yang normal. Ia punya pekerjaan bagus, dan sudah hidup berumahtangga selama 10 tahun dengan sang istri. Sampai suatu hari, pria berusia 44 tahun ini mengeluhkan sakit pada perutnya dan memeriksakan diri ke dokter. Hidup selama puluhan tahun sebagai pria, Chen harus menerima fakta kalau fisiknya sebenarnya adalah wanita.Kenyataan itu diketahuinya baru-baru ini, ketika Chen merasakan sakit perut dan terdapat darah pada urinnya. Khawatir dengan kondisi tersebut, Chen ditemani istri pun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan ke dokter dan dianjurkan melakukan CAT scan untuk melihat sumber keluarnya darah pada urinnya. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari hasil scan, tubuh Chen ternyata memiliki organ reproduksi wanita yang lengkap dan baru mulai mengalami menstruasi di usianya yang sudah berkepala empat.Seperti dikutip Rocket News dari situs China, Zhejian Online, saat datang ke rumah sakit di Kota Yongkang, Chen diperlakukan layaknya pasien pria. Ia berpakaian layaknya pria, berpotongan rambut pendek dan datang bersama istrinya. Namun setelah menganalisa hasil scan, dokter menemukan adanya uterus dan ovar [...]

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor enam. Setiap tahun terdapat 100 kasus penderita kanker baru dari 100.000 penduduk di Indonesia. Salah satu kanker yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium. Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Beberapa tokoh yang mengidap penyakit ini dan akhirnya tutup usia karena perjalanan penyakit ini adalah Ibu Ainun, istri Bapak Habibie dan Ibu dari artis Holywood Angelina Jolie. Bahkan, keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan kedua payudaranya didasari karena kekuatirannya terhadap sejarah medis Ibunya yang mengidap kanker ovarium. Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan seperti SADARI (periksa payudara sendiri) atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadi [...]

Fakta & Mitos Prostat

Fakta & Mitos Prostat

Oleh: dr. Adithia Kwee Pria dan pembesaran prostat seakan menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sayangnya, meningkatnya jumlah kasus prostat tidak diimbangi dengan pemahaman yang tepat oleh masyarakat luas. Acapkali banyak pemahaman yang salah muncul mengenai seputar prostat. Apa sajakah? Simak berikut ini: 1. MITOS: Prostat adalah nama penyakit. FAKTA: Salah. Prostat adalah nama sebuah bagian dari organ tubuh yakni berupa kelenjar yang terdapat khusus pada pria. Letaknya terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari prostat adalah untuk memberi nutrisi pada sperma. Namun, ketika seorang pria menginjak usia 50 tahun ke atas, acapkali kelenjar prostat ini membesar. 2. MITOS: Pembesaran prostat disebabkan karena sering menahan buang air kecil FAKTA: Tidak sepenuhnya (belum) benar. Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan dengan tepat pencetus pembesaran prostat adalah dari seringnya menahan buang air kecil. Namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan ada hubungan tingginya aktivitas seksual di usia muda dengan semakin tingginya risiko pembesaran prostat. Selain faktor tersebut, dipastikan juga pembesaran prostat dicetuskan oleh pengaruh keseimbangan hormon endro [...]

Cegah Diare pada Anak dengan Cuci Tangan

Cegah Diare pada Anak dengan Cuci Tangan

Perilaku mencuci tangan dengan sabun (CTPS) tidak hanya dapat mengusir kuman, tetapi juga mencegah kematian karena penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan akut. Di Indonesia, diperkirakan ribuan anak meninggal karena penyakit tersebut. UNICEF mencantumkan Indonesia sebagai satu dari 15 negara dengan jumlah tertinggi kematian anak di bawah usia 5 tahun, yaitu 29.000 kasus per tahun akibat diare dan infeksi saluran pernapasan. Hal itu dikemukakan Eva Arisuci Rudjito, Head of Marketing Skin Cleansing and Body Care PT Unilever Indonesia, Tbk., pada peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2015 bersama Lifebuoy di restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Kamis (15/10). Sementara itu, temuan Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2013 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebut 10,2% balita di Indonesia terjangkit diare; DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi dengan insiden diare tertinggi yakni sebanyak 8,9%. Sedangkan infeksi saluran pernapasan masuk dalam peringkat empat besar penyakit yang kerap diidap oleh balita; 21.7% insiden terjadi pada anak berusia 12-23 bulan. Ia pun mengutip penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical, bahwa kebiasaan mencuci ta [...]

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Bagi para pria, mencukur seperti tak ubahnya bagian dari rutinitas wajib harian ataupun mingguan. Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Apa yang akan terjadi jika teknik mencukur Anda salah? Mencukur bertujuan untuk membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan penampilan lebih prima. Namun bila dilakukan dengan cara yang salah, dapat mengakibatkan berbagai masalah yang menganggu kenyamanan dan merusak penampilan. Razor burn Merupakan suatu kondisi dimana terjadi iritasi pada kulit akibat adanya gesekan langsung antara pisau cukur dengan kulit. Hal ini biasanya terjadi karena tidak menggunakan krim cukur. Untuk mengatasinya, gunakan kompres air dingin dan pelembab non alkohol. Folliculitis Kondisi ini terjadi ketika bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam folikel rambut. Gejala yang timbul biasanya berupa kemerahan, gatal dan tampak adanya benjolan-benjolan kecil berwarna putih. Hal ini pada umumnya akan hilang dengan sendiriny [...]

Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Banyak mitos seputar kesehatan yang beredar dan dipercaya banyak orang. Padahal belum tentu itu benar, dan beberapa mungkin masih dalam tahap penelitian untuk membuktikan akurasinya. Ini dia mitos-mitos kesehatan paling umum yang perlu di-update lagi kebenaran informasinya.1. Memeretakkan Jari Bisa Sebabkan Radang SendiSaat lelah atau pegal, orang biasanya meretakkan jari jemari sehingga menimbulkan suara seperti tulang retak. Kebiasaan ini dianggap bisa memicu terjadinya radang sendi atau tulang rapuh. Memeretakkan jari mungkin bisa membuat orang di sekitar merasa terganggu dengan suaranya dan terkadang membuat persendian terasa sakit. Tapi belum ada yang bisa membuktikan secara ilmiah bahwa aktivitas ini bisa menyebabkan radang sendi atau arthritis. Radang sendiri merupakan kondisi dimana persendian terasa sakit serta nyeri ketika digerakkan dan biasanya disebabkan oleh pengapuran tulang atau peradangan otot akibat aktivitas fisik terlalu berat. 2. Belum Lima Detik, Makanan yang Jatuh Aman untuk DimakanSebagian dari Anda mungkin tidak terlalu asing dengan anggapan ini. Selama belum lima detik, makanan yang terjatuh ke lantai atau tanah terbilang aman karena belum sempat terkon [...]

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Mengonsumsi susu hewani bermanfaat untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang tidak bisa meminum susu karena intoleransi laktosa yang dialaminya. Sebagai penggantinya, hadir beberapa jenis susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti kedelai, almond, mete, hazelnut, dan macadamia.Ternyata, kacang-kacangan dibuat melalui proses penambahan air, diblender dihancurkan dan disaring hingga teksturnya mirip seperti tekstur susu pada umumnya ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan susu hewani. Apa saja?1. Bebas KolestrolDipaparkan oleh ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, susu kacang atau yang sering juga disebut dengan sari nabati tidak mengandung kolestrol yang berpotensi menimbulkan banyak penyakit. "Sari nabati juga mengandung banyak serat. Sekarang ini mengonsumsi serat lebih banyak memang sangat diupayakan untuk menghindari penyakit stroke," tuturnya saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Menurut American Heart Association, tidak hanya bebas kolestrol, susu almond yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) ini berguna untuk kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan pada Current Atherosclerosis Reports mengatakan bahwa kacang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *