Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal lama cukup banyak menyerang hanya pada usia tua. Wajar saja, hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya fungsi pembuluh darah yang sudah berkurang keelastisitasannya, juga dapat dipengaruhi oleh tingginya asupan garam. Namun ternyata hipertensi juga dapat menyerang anak dan remaja. Hipertensi pada anak usia 13?18 tahun biasanya tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya diketahui saat si anak menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi pada remaja? Halaman selanjutnya penjelasannya: Faktor Penyebab Hipertensi Usia Muda #1: Berat Badan Pada remaja dengan hipertensi, ternyata 50 % nya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan timbulnya resistensi insulin atau tidak mampunya insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh, dalam hal ini berupa gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antar sel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan hipertensi. Pada remaja obese dengan hipertens [...]

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Fiona Troup, seorang fisioterapis di Six Physio London, menjelaskan orang dewasa sehat bernapas sekitar 10-14 napas per menit, tetapi beberapa orang bernapas 20 kali atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kehabisan napas dan berbagai gejala lain seperti kesemutan di jari dan sekitar bibir, kelelahan, serta ketidakmampuan untuk berkonsentrasi alias 'lemot'.Dikutip dari Daily Mail, gejala tersebut merupakan tanda Anda bernapas melalui mulut bukan melakukan pernapasan lebih dalam melalui hidung. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat karbondioksida dalam darah, sehingga oksigen tidak bisa dilepaskan ke otot dan organ. Komplikasi lainnya juga menyebabkan kejang otot. Jika otak kekurangan kadar oksigen yang cukup, dapat menyebabkan kebingungan dan pusing."Napas cepat pada dasarnya adalah sebuah kebiasaan buruk, yang sering terjadi saat sedang stres, nyeri punggung atau leher, trauma emosional atau operasi," kata Fiona.Stephen Spiro, profesor University College London Hospitals dan wakil deputi British Lung Foundation, menyatakan bahwa bernapas terlalu cepat seharusnya tidak memiliki implikasi jangka panjang terhadap kesehatan. Namun bernapas terlalu cepat dan sesak napas bisa [...]

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Bawang putih sering diasosiasikan sebagai penyebab bau badan dan bau mulut, meskipun manfaatnya baik untuk kesehatan. Namun sebuah penelitian telah menampik anggapan umum tersebut. Mengonsumi bawang putih, justru bisa membuat pria lebih menarik bagi lawan jenisnya.Dalam serangkaian penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite, seperti dikutip dari Huffington Post, ditemukan bahwa konsumsi banyak bawang putih akan membuat aroma tubuh pria jadi semakin menarik bagi wanita. Hasilnya pun cukup signifikan.Para peneliti dari Charles University, Praha, Republik Cekoslovakia melakukan percobaan terhadap partisipan yang semuanya pria. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diharuskan makan sandwich dengan isian keju dan 12 gram (sekitar enam siung) bawang putih. Sementara kelompok kedua makan sandwich keju tanpa bawang putih.Agar hasil penelitian semakin akurat, partisipan diminta membatasi pemakaian atau konsumsi segala sesuatu yang bisa memengaruhi aroma tubuh alami. Misalnya tidak memakai deodoran atau merokok. Para partisipan kemudian diberi kapas yang dipakai di ketiak, guna mengumpulkan sampel keringat dan aroma tubuh selama dalam 12 jam.Baca Juga: 50 Foto Before [...]

Do’s & Don’ts Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Do’s & Don’ts Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Memiliki gigi yang kuat dan mulut sehat hingga tua tentu diinginkan setiap orang. Namun banyak yang salah dalam merawat gigi dan mulut sehingga terjadi kerusakan seperti gigi keropos, gusi berdarah, penipisan email, gigi berlubang dan sebagainya. Untuk itu, rawatlah gigi Anda secara benar dengan cara berikut, yang dipaparkan nutritionist dan konsultan diet Shilpa Mittal, dikutip dari Health Me Up.1. Sikat Dua Kali SehariGosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan sikat gigi yang berbulu lembut serta pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride berfungsi menguatkan gigi.2. Pijat GusiPijat gusi minimal dua kali seminggu. Memijat gusi berfungsi mencegah periodontitis, yaitu infeksi gusi yang bisa merusak tulang serta jaringan di sekitar gigi. Gusi yang rajin dipijat akan berkembang dengan baik dan menghasilkan mulut sehat. Pemijatan gusi bisa dilakukan dengan sikat gigi berbulu lembut. Sikat gusi perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Jangan ditekan terlalu keras karena bisa membuat gusi berdarah.3. Bersihkan LidahJaga kebersihan lidah dengan membersihkannya setiap selesai sikat gigi menggunakan pembersih lidah. Gerakkan pembersih lidah dari pangkal menuju ujung lidah.4. Jangan Meroko [...]

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, suntik KB memiliki beberapa kekurangan dan tidak disarankan bagi wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya. Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah. Suntik KB 1 Bulan Sesuai namanya, KB ini disuntikkan tiap 30 hari sekali. Suntik KB ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel-sel telur dari rahim dan juga membuat cairan vagina menebal sehingga mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu suntikan ini juga mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur. Jika tidak terlambat diberikan, suntikan KB bula [...]

Beberapa Pekerjaan Masih Mungkin Memiliki Resiko Bagi Penderita Asma

Beberapa Pekerjaan Masih Mungkin Memiliki Resiko Bagi Penderita Asma

Sebuah studi baru menemukan, paparan bahan kimia di tempat kerja banyak menyebabkan kasus asma, terutama untuk tukang pipa, pekerja yang bekerja dengan cat semprot dan penata rambut,. Para peneliti di Swedia menemukan banyak pekerja yang terpapar zat beracun saat melakukan pekerjaan mereka walaupun mereka telah menggunakan peralatan pelindung yang disarankan. Penelitian internasional tersebut melibatkan lebih dari 13.000 orang dewasa di Swedia, Norwegia, Denmark, Islandia dan Estonia. Kasus asma merupakan salah satu penyakit yang paling umum bagi orang dewasa. Penelitian menunjukkan, total kejadian pada kasus baru adalah 1,3 kasus asma dari 1.000 orang pria, dan 2,4 kasus asma dari 1.000 orang wanita,. Para peneliti baru-baru ini melaporkan secara online di Annals of Hygiene Kerja bahwa tujuh persen dari kasus asma terjadi pada kalangan perempuan dan hingga 14 persen pada pria, berhubungan dengan tempat dimana mereka kerja. "Untuk bisa bekerja secara proaktif, adalah penting untuk menunjukkan mana zat di tempat kerja yang meningkatkan risiko asma dan mana pekerjaan yang memiliki resiko tinggi," kata Linnea Lillienberg, seorang peneliti di Sahlgrenska Academy, University of Gothenbu [...]

4 Tips Terhindar dari Flu

4 Tips Terhindar dari Flu

Oleh: dr. Nadia Octavia Mungkin Anda sering mengalami situasi seperti ini: teman satu kantor Anda ada yang sedang mengalami flu dan beberapa hari kemudian Anda dan teman lainnya juga mengalami hal yang sama. Bagaimana tipsnya agar dapat terhindar dari serangan flu? Ikuti beberapa tips berikut ini: Udara segarBerada di ruangan yang tertutup terutama di ruangan ber-AC secara terus menerus sepanjang hari akan membuat Anda terpapar kontak dengan orang lain dan tentu saja kuman yang mereka miliki. Mencari udara segar tidak hanya membuat Anda break sejenak dari kuman yang tersirkulasi di dalam ruangan, namun juga dapat meningkatkan imunitas Anda. Berolahraga, seperti jogging atau berjalan santai di luar ruangan dapat meningkatkan natural killer cells, neutrofil dan monosit yang tentu saja dapat meningkatkan imunitas Anda. RelaksasiStres atau berada dalam tekanan dapat meningkatkan risiko Anda terkena flu. Hal ini disebabkan karena di saat Anda sedang stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut dengan glukokortikoid. Hormon ini akan mencegah pengeluaran sitokin yang berfungsi untuk memerangi penyakit. Jaga kebersihan tangan Flu dapat dengan mudah menyebar mela [...]

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Sebagian pria memiliki penis yang bengkok ke sisi kanan atau kiri, ke atas atau bawah saat mengalami ereksi. Umumnya kondisi ini dianggap bukan masalah dan tidak perlu penanganan khusus. Namun jika disertai gejala-gejala lain, seperti rasa sakit, penis bengkok bisa menjadi gejala penyakit serius. Apa penyebab umum penis bengkok? Di dalam penis, terdapat ruangan seperti spons yang akan dialiri darah bilamana seorang laki-laki terangsang secara seksual. Pada umumnya, penis bengkok terjadi saat ruangan tersebut tidak mengembang secara merata dikarenakan perbedaan anatomi penis yang normal. Kondisi penis bengkok tidak membutuhkan penanganan khusus bilamana bengkok tidak terlalu signifikan, tidak mengalami kesulitan saat berhubungan seksual dan tidak merasakan sakit pada penisnya. Namun, beberapa kondisi penis bengkok mungkin perlu mendapat perhatian khusus karena disebabkan oleh situasi berikut: Penyakit Peyronie. Gangguan auto-immune. Cedera pada penis. Ketidaknormalan pada jaringan fibrosa yang diturunkan dari keluarga. Penis bengkok juga dapat terjadi pada bayi yang mengalami hypospadias, dimana ujung saluran kencing terdapat di bawah penis. Mewaspadai Penyakit Peyronie Pen [...]

Survei: Wajah Keriput Akibat Merokok Lebih Menakutkan Daripada Kena Kanker

Survei: Wajah Keriput Akibat Merokok Lebih Menakutkan Daripada Kena Kanker

Merokok sudah tentu bisa membahayakan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung hingga kanker mulut dan paru-paru. Para perokok bukannya tidak tahu akan hal itu, tapi ternyata mereka lebih mengkhawatirkan dampak negatif rokok terhadap penampilan daripada kesehatan mereka.Menurut responden yang punya kebiasaan merokok, kecantikan lebih penting ketimbang kesehatan. Ketika ditanya soal kekhawatiran mereka terhadap kondisi kesehatan, sebagian besar responden mengatakan mereka lebih cemas akan dampak buruk rokok terhadap tampilan luar daripada kemungkinan mereka mati muda, cacat atau kena kanker akibat batangan berisi nikotin itu. Meskipun perusahaan rokok sudah memuat peringatan berupa gambar maupun grafis tentang bahaya rokok pada kemasannya, kebanyakan orang justru lebih terganggu dengan kerutan di wajah dan gigi yang menguning karena terlalu sering merokok. Dalam polling yang diikuti 1.500 perokok dan mantan perokok tersebut, rata-rata mulai melihat pengaruh dari kebiasaan buruk itu di usia 32 tahun.Kekhawatiran terbesar mereka antara lain gigi yang bernoda, bau napas tak sedap, badan berbau rokok, timbulnya kerutan, garis-garis halus dan kuku yang menguning. Beberapa perokok juga a [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *