Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pernah Cacar, Lebih Gampang Kena Stroke

Pernah Cacar, Lebih Gampang Kena Stroke

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Cacar yang dimaksud disini adalah herpes zoster. Sebelas duabelas dengan cacar air, herpes zoster adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus yang sama dengan chicken pox/ cacar air. Gejala yang muncul pada kulit berupa lenting dalam jumlah banyak, kemerahan, dan nyeri. Lenting mirip dengan cacar air, namun tempatnya terlokalisasi sesuai persyarafan, misalnya di sekitar mulut. Virus varicella zoster (VVZ) primer biasanya mengenai anak-anak dan menyebabkan varicella atau cacar air. Virus ini tidak berbahaya dan dapat diobati. Namun, setelah sembuh, virus ini akan dorman (menetap) pada syaraf dan dapat reaktivasi (kambuh) jika daya tahan tubuh lemah. Reaktivasi spontan oleh VVZ inilah yang disebut herpes zoster. Menurut studi yang dilakukan di Inggris pada 105.000 pasien herpes zoster, didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang terkena herpes zoster pada usia 18 sampai 40 tahun memiliki risiko 2,4 kali lebih tinggi terkena stroke dan penyakit jantung koroner. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil yang sama. Dari studi yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association juga ditemukan orang dewasa yang terkena herp [...]

Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim Anda, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal. Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya. Kutu Rambut Kemaluan Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata. Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, jika anak-anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda adanya pelecehan seksual yang terja [...]

Pernikahan Bisa Bantu Penderita Kanker Bertahan Hidup Lebih Lama

Pernikahan Bisa Bantu Penderita Kanker Bertahan Hidup Lebih Lama

Sampai sekarang, penyakit kanker belum ditemukan obatnya. Orang yang berhasil lolos dari maut karena kanker, tidak sembuh dari kanker melainkan bertahan hidup dengan masih mengidap penyakit mematikan itu dan sering disebut dengan istilah cancer survivor. Bagi pria atau wanita pengidap kanker yang sudah menikah, peluang menjadi cancer survivor bisa lebih besar.Menurut hasil studi terbaru, pernikahan bisa menurunkan risiko seseorang meninggal akibat kanker. Pria dan wanita yang sudah menikah dan hidup harmonis dengan pasangannya, diketahui punya kesempatan bertahan dari penyakit tersebut 20 persen lebih besar ketimbang mereka yang single. Bahkan efek positifnya lebih besar dari kemoterapi.Para peneliti mengatakan, suami atau istri yang peduli dan memperhatikan kondisi pasangannya membuat gejala kanker bisa terdeteksi lebih awal dan membantunya untuk melawan kanker. Paul Nguyen, dokter spesialis kanker yang memimpin penelitian mengungkapkan seperti dilansir Daily Mail, "Jika Anda punya teman atau seseorang yang disayangi, atau orang yang peduli kanker yang bisa menemani saat periksa ke dokter, mereka akan sangat membantu dalam pemahaman tentang diagnosa yang diberikan dokter. Perbe [...]

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda sedang frustasi patah hati? Atau cuma pingin cicip sedikit alkohol di akhir hari kesibukan Anda? Kami sarankan jauhkan diri Anda dari minuman bir, wine, atau minuman alkohol lainnya. Atau bagi Anda yang melarikan stres ke kegiatan makan, sebaiknya hindari jua. Karena salah-salah Anda malah semakin sakit hati. Jangan salah tangkap, sakit hati memang benar-benar bisa terjadi pada orang pecandu alkohol. Sakit hati disini adalah gangguan hati berupa hati berlemak (fatty liver). Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver. Dimana perlemakan ini dapat disebabkan oleh alkohol ataupun untuk sebagian kasus, non-alkohol. Bila berlanjut, penyakit ini dapat menimbulkan beberapa kondisi yang serius hingga kematian. Penyakit Fatty Liver bila dilihat dari penyebabnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu : Alcoholic Liver Disease/ Penyakit Hati akibat Alkohol (ALD)Selama 15 juta orang di Amerika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan sebanyak 90%-100% timbul penyakit ALD. Fatty liber dapat muncul setela [...]

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styrene ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut juga mampu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih aman, serta ringan. Prof. Dr. FG. Winarno mengemukakan, residu bahan pengemas baik dalam bentuk monomer, dimer; maupun trimer yang sering dicurigai mempunyai potensi bahaya terhadap kesehatan manusia?terutama dianggap sebagai karsinogenik?berdasarkan hasil penelitian belakangan ini semakin diyakini bahwa memang berpotensi demikian. Dalam kaitan itu, Guru Besar Teknologi Pangan IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mantan President Codex Alimentarius Commission dan kini menjadi Advisory Board World Food Regulation Review tersebut mengutip hasil penelitian ilmiah terkini mengenai bahayanya dimer dan timer styrofoam yang dilaporkan World Food Regulation Review. Untuk pe [...]

Berbagai Penyakit yang Bisa Timbul karena Tidur Terlalu Lama

Berbagai Penyakit yang Bisa Timbul karena Tidur Terlalu Lama

Setiap orang disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup agar kesehatan tetap terjaga. Namun jam tidur yang berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti diabetes dan sakit jantung. Seperti dikutip dari WebMd, ada dua faktor yang berkaitan dengan jam tidur berlebih yaitu depresi dan status sosial ekonomi yang rendah.Berapa lama waktu tidur disebut berlebih?Jumlah kebutuhan tidur bervariasi dari waktu ke waktu, tergantung umur dan tingkat aktivitas serta kondisi kesehatan dan gaya hidup. Misalnya, ketika sedang stres atau sakit, Anda akan merasa membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur. Namun meskipun jam tidur bervariasi bagi setiap orang dan berubah dari waktu ke waktu, orang dewasa diajurkan tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.Penyebab orang tidur terlalu lamaBagi orang yang menderita hypersomnia, tidur berlebih merupakan kelainan kesehatan. Kondisi ini menyebabkan orang-orang merasa sangat ngantuk sepanjang siang hari dan tidak teratasi dengan tidur siang. Sehingga saat malam hari mereka tidur dalam waktu yang lama. Biasanya orang yang mengalami hypersomnia akan merasakan beberapa gejala seperti merasa gelisah, kurang bertenaga, dan tergan [...]

9 Gejala Kanker Mulut

9 Gejala Kanker Mulut

Rongga mulut tidak luput dari ancaman salah satu penyakit yang paling ditakuti, yaitu kanker dimana penyakit ini tidak hanya menjangkiti organ lainnya tetapi juga terdapat dalam mulut. Kanker dalam rongga mulut tersebut dapat meliputi kanker dasar mulut, pipi, langit-langit rongga mulut, lidah dan tenggorokan. Kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali yang seharusnya dilakukan dapat mendeteksi secara dini apabila terdapat tanda-tanda kanker dan diagnosanya dapat ditegakkan dengan biopsy (pengambilan jaringan). Tanda-tanda kanker rongga mulut: Bercak putih atau merah Timbulnya rasa sakit, iritasi, patch atau benjolan. Sakit pada telinga. Rasa sakit yang mudah berdarah dan tidak kunjung sembuh. Rasa kebas pada area wajah, mulut atau leher. Perasaan seperti ada yang tersangkut di tenggorokan. Pada pemakai gigi palsu terjadi perubahan kedudukan dari gigi palsu tersebut di dalam mulut. Kesulitan dalam mengunyah , menelan menggerakkan lidah dan rahang. Perubahan kedudukan gigitan gigi rahang atas dan bawah. Jika mengalami 9 gejala ini, apakah dapat dipastikan positif memiliki kanker mulut? Simak penjelasan lebih lanjut di halaman berikutnya. [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Fakta & Mitos Virus Ebola

Fakta & Mitos Virus Ebola

Mitos dan rumor mengenai virus yang ditakutkan ini telah menyebabkan panik dan paranoia seluruh dunia. Benarkah virus ebola bisa menular hanya lewat udara dan pertukaran napas dari penderita? Benarkah sekalipun sudah sembuh ebola, penyakit yang ada masih berpotensi menularkan ke orang lain? Benarkah virus ini dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik? Banyak fakta mengenai virus ebola yang kenyataannya beredar simpang siur. Tidak akurat dan menyesatkan. Tidak lagi jika Anda menyimak beberapa fakta dan pelurusan mitos tentang virus ebola berikut ini: Mitos 1 Ebola: Virus ebola merupakan virus yang disebarkan melalui udara, air, dan kontak tubuh. Fakta: Virus ini dapat tertular bila cairan tubuh dari orang yang terinfeksi terkena dengan membrane mukosa orang yang tidak terinfeksi Hal ini menunjukkan bahwa virus ebola dapat tertular melalui darah, keringat, atau urin saat cairan tersebut terkena mata, mulut, hidung, telinga, daerah genital atau daerah luka terbuka. Mitos 2 Ebola: Walaupun Anda sembuh dari Ebola, Anda masih dapat menularkan virus ini ke orang lain. Fakta : Pada normalnya hanya orang yang menunjukkan gejala ebola yang [...]

5 Makanan untuk Sperma Sehat

5 Makanan untuk Sperma Sehat

Kesehatan seorang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, termasuk kesehatan sperma. Jika Anda dalam program untuk mendapatkan keturunan secepatnya, maka 5 menu makanan berikut ini cocok untuk pasangan pria. (Baca: 6 Tips Mempercepat Kehamilan). Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan sperma Anda. (Baca: 5 Tips Sperma Sehat) Mari kita simak makanan apa saja yang baik untuk kesehatan sperma. 1. Tiram / Oyster Oyster atau tiram merupakan makanan yang kaya akan kandungan zinc. Sedangkan sperma juga terdiri dari zync. Dengan memakan tiram maka produksi sperma dapat meningkat. Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka. 5 Makanan untuk Sperma Sehat 2. Kacang-kacangan Makanan ini dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan daerah Mediterania, juga dapat menurun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *