Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Kebiasaan orang Indonesia dalam menyajikan teh umumnya diseduh dengan air yang masih mendidih dan didiamkan lama. Bahkan ada yang membiarkan daun teh atau teh celup di dalam teko seharian hingga airnya habis. Cara penyajian seperti itu ternyata keliru, dan sayangnya, masih belum banyak orang tahu.Dijelaskan pakar teh Ratna Somantri, teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian."Kalau daun tehnya terlalu lama tidak diangkat, bisa mengeluarkan zat-zat yang kurang baik," ujar Ratna, saat berbincang dengan Wolipop di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/04/2014).Seperti dikutip dari BBC Health, teh yang terlalu lama diseduh akan menyebabkan semakin banyaknya kafein yang keluar dari serbuk teh yang lalu berpindah ke cangkir. Proses pengeluaran kafein itu akan semakian banyak dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh. Sebagai contoh, teh yang diseduh selama 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding teh yang diseduh 3 menit.Kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan tekanan da [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Setelah berolahraga, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh Anda akibat banyak keringat yang keluar. Bila cairan ini tidak segera diganti, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi atau lemas. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih produk-produk minuman isotonik di pasaran untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini. Tapi, akan lebih aman bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman sejenis yang alami. Dikutip dari studi yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh dan juga elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Ini tidak mengherankan, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, air kelapa adalah minuman isotonik alami yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau beraktivitas karena bisa merehidrasi tubuh, cepat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat sederhana, natrium yang rendah dan tinggi akan kalium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan [...]

Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Meski umumnya serangan jantung terasa pada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diperhatikan karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Sakit dada sebelah kanan jarang diperhatikan karena orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang ada di dada sebelah kiri. Padahal sakit dada sebelah kanan terkait dengan beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada orang tua. Tanda yang Dirasakan Tubuh Ada beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu: Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh. Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada. Nyeri di dada terasa menusuk. Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak. Sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring. Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut. Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan: Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan perna [...]

4 Alasan Kenapa Pelukan Menyehatkan

4 Alasan Kenapa Pelukan Menyehatkan

Apakah Anda sedang mengalami stres tertentu? Ketegangan di lingkungan sekitar meningkat? Adakah orang-orang yang Anda kasihi sedang mengalami tekanan tertentu dalam hidup? Sebuah Pelukan Mungkin Dapat Membantu. Pelukan dari dan untuk orang-orang yang kita kasihi seperti dari anggota keluarga dan suami atau istri dapat membantu mengurangi stress, meredakan ketegangan dan menciptakan rasa tenang dan rileks. Bagaimana secara teori medis sebuah pelukan dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh? Simak selengkapnya dengan klik 'next' untuk selanjutnya. Alasan #1 Pelukan itu Sehat: Karena Pelukan Dapat Meningkatkan ?Hormon Cinta? Secara ilmiah dampak menyehatkan ini telah diamati, disebabkan oleh hormon oksitosin, si ?hormon cinta?. Hormon oksitosin memberikan efek menenangkan pada tubuh sehingga dapat membantu mengatasi stres. Pada saat berpelukan, tubuh secara langsung akan memproduksi hormon tersebut. Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita. Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya. [...]

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi sejatinya adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang dihirup, disuntikkan, tertelan, atau bahkan tersentuh. Alergi pada bayi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami bayi. Meski umum diderita oleh bayi, namun menentukan apa penyebab alergi pada bayi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebenarnya faktor apa saja yang mungkin menyebabkan alergi pada bayi dan seperti apa penanganannya? Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Alergi Pada Bayi? Faktor genetik sering memainkan peran penting dalam terjadinya alergi pada bayi, namun faktor lain tidak kalah penting. Faktor lain yang sering menjadi penyebab terjadinya alergi pada bayi adalah makanan dan lingkungan. Alergi karena lingkungan sendiri lebih jarang ditemui dibandingkan alergi yang disebabkan oleh makanan. Beberapa makanan yang paling sering menyebabkan alergi antara lain kacang, susu, telur, kerang, dan ikan. Sementara itu, alergi yang disebabkan oleh lingkungan, biasa terjadi saat anak menginjak usia 18 bulan. Pada usia itu, balita bisa menunjukkan alergi terhadap benda-benda yang ada di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa hal yang menjadi penyebab alergi pada bayi adalah serbuk sa [...]

Perkembangan Yoga, dari Ritual India Kuno Hingga Latihan di Udara

Perkembangan Yoga, dari Ritual India Kuno Hingga Latihan di Udara

Yoga merupakan jenis latihan yang tidak hanya bermanfaat meningkatkan dan memelihara kesehatan tubuh. Gerakan-gerakan dalam yoga juga bisa menenangkan pikiran bahkan meredakan stres. Fokusnya adalah meningkatkan kesehatan secara holistik baik fisik maupun mental. Ajaran yoga diketahui telah ada sejak lebih dari lima ribu tahun lalu dan berasal dari India.Ada lima prinsip utama yoga, yaitu yoga sebagai metode pendisiplinan diri untuk mencapai tujuan; yoga sebagai teknik untuk mengontrol tubuh dan pikiran; yoga sebagai nama dari salah satu sekolah atau sistem berbasis filosofis, yoga serta koneksinya dengan hatha, mantra dan laya serta yoga sebagai latihan. Asal muasal sejarah yoga dibagi ke dalam empat kategori.Generasi pertama adalah Yoga Velda yang menekankan pada pengetahuan tentang pengorbanan, pengetahuan tentang nyanyian serta puja-puji dan mantra magis yang mencakup sejumlah paham filosofis. Yoga Veda yang juga disebut Archaic Yoga erat dengan ritual India kuno yang menggabungkan dunia material dengan dunia roh yang tak terlihat.Kemudian yoga berkembang dan memunculkan paham baru yang dinamakan Yoga Praklasikal. Berbagai sekolah yoga praklasikal mengembangkan teknik untuk [...]

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model asal California, Lauren Wasser sama sekali tidak menyangka hidupnya berubah drastis hanya karena pemakaian tampon saat haid. Lauren harus kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi dari pemakaian tampon tersebut.Dalam wawancara dengan majalah People, Lauren pun menceritakan mengenai peristiwa tragis yang dialaminya pada Oktober 2012 lalu. Saat itu dia merasa kurang enak badan. Dia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Dan menurut dokter dia hampir kehilangan nyawanya karena suhu tubuhnya saat tiba di rumah sakit sudah mencapai 107 derajat.Model dengan tinggi 180 cm itu didiagnosa dokter terkena TTS atau Toxic Shock Syndrome, infeksi bakteri yang terjadi akibat pemakaian tampon terlalu lama. Infeksi yang dialaminya sudah begitu serius sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangrene (kematian pada jaringan yang terjadi karena kehilangan suplai darah), luka pada kaki kiri hingga amputasi pada kaki kanannya. Amputasi pada kaki kanannya harus dilakukan agar nyawanya bisa diselamatkan.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 "Aku rasanya ingin bunuh diri saat sudah pulang ke rumah. Tiba-tiba saja aku tidak punya kaki, aku duduk di kursi roda, kakiku [...]

Risiko Menopause Dini Bisa Tinggi Karena Ini

Risiko Menopause Dini Bisa Tinggi Karena Ini

Menopause merupakan hal normal pada fase kehidupan seorang wanita. Namun, sebaiknya Anda waspada jika mengalami menopause dini. Menopause merupakan fase ketika seorang wanita berhenti mengalami menstruasi, minimal selama 12 bulan berturut-turut. Umumnya dialami ketika seorang wanita berusia sekitar 51 tahun. Disebut menopause dini jika terjadi pada wanita berusia di bawah 40 tahun. Namun, hal ini harus dipastikan oleh dokter melalui serangkaian tes. Beragam Penyebab dan Faktor Risiko Menopause dini dapat disebabkan beberapa hal berikut ini : Kegagalan ovarium prematur. Pada kondisi ini, ovarium berhenti berfungsi secara normal saat usia seorang wanita belum mencapai 40 tahun. Wanita dengan kegagalan ovarium prematur memiliki kemungkinan mengalami menstruasi, namun umumnya mengalami kesulitan hamil. Genetik. Peneliti meyakini usia menopause seorang wanita terkait dengan genetik. Umumnya seorang anak perempuan akan memulai masa menopause tak jauh berbeda dengan ibunya. Jika seorang ibu mengalami menopause dini, maka anak perempuannya berisiko enam kali lebih tinggi mengalami hal yang sama. Terapi radiasi dan kemoterapi. Pengobatan kanker atau penyakit lain yang menggunakan ke [...]

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

Kanker merupakan penyakit yang cukup menyeramkan untuk kita dengar. Terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu menyebar. Nah menurut sebuah studi Kanker di Inggiris menunjukkan bahwa ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal kanker. 1. Batuk yang lama dan suara serak Batuk yang sering muncul dan hilang merupakan gejala yang sering kita temui dan berkaitan dengan alergi. Namun batuk yang lama tidak sembuh-sembuh dan diserati darah harus diwaspadai. Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru, dan bisa dilakukan pemeriksaan xray untuk memastikan. Gejala kanker lainnya yang sering kita abaikan di halaman berikut. Gejala Kanker Lainnya yang Sering Disepelekan 2, Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun nyeri yang berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali, coba lakukan pemeriksaan, mungkin bukan sebuah kanker otak, namun ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kank [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *