Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

babcvr.jpg

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?

Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.

Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.

BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?

1. Genetik
Ada sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. Ada pula yang perutnya cepat bereaksi terhadap minuman tertentu, misalnya kopi sehingga beberapa saat setelah meminumnya, keinginan untuk pergi ke toilet langsung muncul.

2. Pola Makan
Pola makan juga berpengaruh terhadap rutinitas BAB, terutama jika Anda rajin mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Serat tinggi akan membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar dan melembutkan faeces. Sementara air putih memadatkan faeces sehingga membuatnya mudah keluar.

3. Aktivitas Fisik
Selain pola makan, faktor lainnya yang memengaruhi frekuensi BAB adalah aktivitas fisik. Berlari, meloncat atau gerak badan lainnya bisa membantu BAB lebih lancar. Olahraga secara rutin meningkatkan aktivitas otot di dalam usus sehingga memicu kontraksi pada perut dan akhirnya keinginan untuk BAB muncul.

4. Menstruasi
Pada wanita, ‘tamu bulanan’ juga bisa mengubah rutinitas BAB. Beberapa wanita memproduksi prostaglandins lebih banyak menjelang dan saat menstruasi. Prostaglandins merupakan hormon yang memicu uterus untuk mengeluarkan racun dan ‘sampah’ di dalam sisten pencernaan, sehingga muncul keinginan untuk BAB.

Apabila frekuensi BAB berubah, berarti ada perubahan juga dalam pola makan maupun gaya hidup Anda. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda tidak juga BAB setelah lima atau tujuh hari. Terlalu lama tidak BAB menandakan ada yang salah dalam sistem pencernaan. Lalu jika faeces Anda keras dan perlu sekuat tenaga untuk mengecan agar bisa keluar, maka cobalah perbanyak makan serat agar lebih lunak. Jika setelah makan serat dan minum banyak air putih BAB tidak juga lancar, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Menikah dengan Saudara

Risiko Menikah dengan Saudara

Katanya cinta itu buta. Karena itu, tidak tertutup kemungkinan seseorang jatuh cinta dengan orang yang masih ada hubungan saudara misalnya sepupu sendiri. Atau bisa juga terjadi pernikahan antara dua orang yang tidak tahu bahwa mereka sebetulnya masih memiliki hubungan kekerabatan. Apa ada risikonya? Berdasarkan ilmu medis, memang pernikahan antara dua orang yang masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat memang memiliki risiko 1.7?2.8% untuk memiliki keturunan yang mengalami kelainan genetik. Hal ini disebabkan karena 2 orang yang masih memiliki relasi persaudaraan yang dekat/hubungan darah juga masih memiliki hubungan genetik yang hampir sama sehingga kelebihan dan kekurangannya hampir sama atau sama. Kekurangan yang sama tersebut yang dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada keturunannya. The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawinan antara mereka yang memiliki hubungan darah ditemukan keturunan dengan kelainan kongenital (kelainan bawaan) seperti: Menikah dengan Saudara dan Risikonya: The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawina [...]

Berjalan Lebih Cepat Bisa Buat Anda Panjang Umur

Berjalan Lebih Cepat Bisa Buat Anda Panjang Umur

Umur hanya Tuhan yang tahu, namun manusia bisa berusaha menjalani gaya hidup sehat untuk memperoleh umur panjang. Banyak cara untuk memperoleh umur panjang seperti; berteman di kantor, berjemur, hobi belanja, hingga bercinta!Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa ada cara sederhana untuk memperpanjang umur Anda, yakni dengan cara menambah kecepatan langkah saat berjaan kaki. University of Pittsburgh mengumpulkan data dari 35.000 peserta survei yang semuanya wanita berusia 65 tahun ke atas.Dikutip dari situs Oprah, mereka yang berjalan lebih cepat 0.1 meter/detik, terhubung dengan penurunan risiko kematian sebesar 12%. Sedangkan mereka yang berusia 75 hingga 84 tahun, 92% dari mereka yang suka berjalan cepat (1.4 meter/detik atau lebih cepat), hidup 10 tahun lebih lama ketimbang mereka yang lebih lambat (35% wanita berjalan lambat = 0.4 meter/detik)."Alasan mengapa kecepatan bisa mempengaruhi vitalitas seseorang adalah banyak organ dan sistem tubuh bekerja saat kita bergerak lebih cepat: jantung, paru-paru, otot, sendi, tulang dan otak," ujar Stephanie Studenski, MD, penulis dari studi tersebut. Ia berspekulasi bahwa suatu saat nanti, kecepatan bergerak akan menjadi tol [...]

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Ebola, penyakit yang menjadi wabah mematikan di dunia saat ini dapat dicegah penularannya dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan hanya melalui sentuhan. Seperti yang dilansir oleh World Health Organization bulan lalu, virus bersumber dari hewan-hewan terinfeksi: simpanse, gorila, kelelawar buah, monyet, dan lain sebagainya. Virus kemudian berpindah antar manusia melalui kontak langsung antara kulit yang terluka atau membran mukosa dengan cairan tubuh seperti darah, hasil sekresi, organ-organ, atau cairan tubuh lainnya, dan melalui kontak dengan benda yang terkena cairan tersebut, misalnya, selimut atau tempat tidur. Untuk menghindari penyebaran antar manusia, cuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan apa pun, sebagai langkah mudah untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar Anda. Dr. Layla McCay, Direktur Sekretariat dari Global Public Private Partnership for Handwashing, mengatakan, ?Perlindungan dilakukan dengan cara mencuci kuman penyebab infeksi di tangan Anda sebelum mikroorganisme tersebut menginfeksi, dan menyentuh benda tanpa sadar yang dapat membantu menyebarkan kuman penyakit ini kepada orang lain.? Jadi bagaimana cara m [...]

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Pernahkah Anda lupa menaruh kunci mobil? Ataukah lupa mengingat password e-mail? Sebaiknya Anda patut waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini.Namun jangan khawatir, ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.Dalam percobaan tersebut mereka diperlihatkan suatu film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara. Setelah itu, mereka kembali disajikan sebuah film yang dilengkapi dengan suara.Kemudian para ahli melontarkan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan film-film yang baru saja mereka lihat. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.Metode memejamkan mata untuk mengingat kembali suatu kejadian ini dipercaya sebagai salah satu teknik yang memungkinkan pelakunya untuk membangun bayangan yang lebih detail dalam pikirannya. Salah satu penelitinya, Robert Nash mengatakan orang- [...]

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis. Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah: Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda: 1. Apel Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. 2. Pisang Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. 3. Brokoli Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu [...]

Bahaya Naik Motor Tanpa Masker

Bahaya Naik Motor Tanpa Masker

Oleh: dr. Adithia Kwee Klikdokter.com - Apakah Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor? Jika iya, maka Anda sebaiknya mulai menggunakan masker dari sekarang setiap berkendara dengan motor. Tahukah Anda berapa banyak partikel dan kandungan kandungan berbahaya yang dapat terhirup dan tersimpan didalam tubuh Anda? Setiap kendaraan bermotor melepaskan partikel berbahayayang merupakan sisa pembakaran dari kendaraan. Gas-gas beracun seperti monoksida (CO), karbondioksida (CO2), Nitrogen (N), bahkan hingga logam berat seperti timbal terkandung di dalam asap kendaraan bermotor. Anda mungkin tidak merasakan gejala apa-apa pada saat ini, batuk ringan, dan sesak nafas merupakan efek yang dirasakan secara langsung akibat asap kendaraan bermotor. Tetapi masih banyak efek yang baru akan muncul dikemudian hari seperti Penyakit Paru Obstrukf Kronik (PPOK) bahkan kanker. Kadang kita tidak terlalu mementingkan dan kurang sadar akan efek dari asap kendaraan bermotor, Jika Anda sudah paham dari bahaya bahaya rokok yang mengancam maka Anda juga harus sadar dan cerdas akan bahaya asap kendaraan bermotor. Karena pada dasarnya asap kendaraan bermotor sama bahayanya dengan asap ro [...]

Sakit di Persendian Bisa Disebabkan Syaraf Kejepit

Sakit di Persendian Bisa Disebabkan Syaraf Kejepit

Tekanan berlebih pada syaraf oleh jaringan sekitarnya biasa dikenal dengan sebutan syaraf kejepit. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit, kebas, kesemutan, dan lemah fisik. Jaringan sekitar yang bisa menekan syaraf secara berlebihan bisa berupa jaringan otot, tendon, tulang, atau tulang rawan. Karena syaraf menjalar sepanjang tubuh, maka syaraf kejepit bisa terjadi di beberapa lokasi dalam tubuh. Penyebab Terjadinya Kondisi Semacam Ini Menentukan penyebab syaraf kejepit erat kaitannya dengan lokasi terjadinya gangguan tersebut. Jika kejadian tertekannya syaraf ada di leher atau pinggang, maka penyebabnya yang mungkin terjadi adalah herniasi diskus. Peradangan pada sendi bisa juga menjadi pemicu terjadinya syaraf kejepit di sekitar leher dan pinggang. Adanya penyempitan yang tidak normal atau stenosis pada tulang belakang dan tumbuhnya taji tulang juga memungkinkan terjadinya syaraf kejepit di daerah tersebut. Sementara itu, jika terjadi di pergelangan tangan, bisa jadi disebabkan oleh sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome). Sindrom ini dapat menimbulkan rasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada telapak tangan dan jari-jari tangan. Cedera, memar, atau kondisi lain yang m [...]

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Penangangan diabetes atau dikenal dengan istilah kencing manis, penyakit gula dan juga diabetes melitus mengharuskan orang yang mengalaminya untuk menggunakan pola hidup sehat dengan tujuan untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Secara singkat pengaturan makan pada penyandang diabetes dapat disimpulkan dapat dilakukan dengan 3 hal utama, yaitu : Jadwal makan: makan teratur 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil (6 kali sehari) Jenis makanan: pilih makanan sehat dengan serat, protein nabati, lemak baik, karbohidrat kompleks Jumlah kalori: asupan makanan sesuai kebutuhan kalori per hari. (45-65% karbohidrat, 15-20% protein, <30% lemak, vitamin, mineral, serat) dalam jumlah yang cukup. Silakan konsultasikan kondisi ke dokter Anda. Namun ketika disajikan dengan belasan jenis makanan yang membuat kita menelan ludah, tentunya akan membuat kita ingin mencoba bukan? Bagi Anda penyandang diabetes, jangan lupakan kondisi Anda, ya dan ikuti tips berikut. Boleh saja mencoba makanan namun dalam batas wajar, sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Kebutuhan kalori harian 25-30 kal/kg BB disesuaikan dengan aktivitas Anda. Cermat pilih menu makanan dengan indeks glikemik rendah [...]

Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Haid

Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Haid

Ketika menstruasi, kondisi tubuh wanita biasanya akan menurun. Wanita cenderung mudah lelah karena kehilangan sebagian mineral serta nutrisi lebih banyak berkurang, akibat keluarnya darah menstruasi. Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil, wanita disarankan mengasup lebih banyak nutrisi selama periode haid. Berikut ini beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat datang bulan.1. KedelaiMasukkan sedikitnya satu jenis makanan berkalsium tinggi dalam daftar diet harian Anda. Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.2. Gandum & SayurNasi merah, gandum utuh dan sayuran segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Di samping itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.3. Air PutihSaat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jangan beranggapan kalau minum banyak air bisa menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kra [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *