Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

ganasnya-efek-polusi-udara-akibat-kabut-asap-alodokter.jpg

Salah satu bencana yang rutin mengunjungi sebagian wilayah negara kita adalah kabut asap. Kabut asap sendiri menandakan bahwa tingkat polusi udara sudah tidak biasa.

Banyak hal yang bisa memicu kemunculan kabut asap. Di kota-kota besar, sumber utama pembentuk kabut asap adalah asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba. Sementara bencana kabut asap yang menimpa sebagian Sumatera dan Kalimantan umumnya disebabkan oleh pembakaran lahan.

Kabut asap merupakan jenis polusi udara yang dihasilkan dari campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terlibat dalam proses ini adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikel yang terdapat dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, dan serbuk sari.

Seberapa Bahaya Kabut Asap Untuk Kita?

Berikut adalah efek jangka pendek akibat tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk seperti kabut asap.

  • Susah bernapas dan kerusakan paru-paru

Banyaknya konsentrasi asap di udara akan membuat kita sulit bernapas dan merusak paru-paru. Hal ini terutama menimpa mereka yang banyak beraktivitas di ruangan terbuka.

  • Batuk dan iritasi tenggorokan

Saat terkena paparan asap, seseorang dapat mengalami batuk dan iritasi tenggorokan. Umumnya hal ini berlangsung selama beberapa jam. Namun, efeknya bagi sistem pernapasan manusia bisa berlangsung lama walau gejala sudah menghilang.

  • Memperburuk gejala asma

Mereka yang sudah memiliki penyakit asma berisiko mengalami perburukan kondisi jika menghirup kabut asap. Hal ini sangat mungkin sebab kabut asap memudahkan terjadinya serangan asma.

  • Berdampak kepada fungsi jantung

Partikel-partikel yang ada dalam kabut asap berisiko menginfiltrasi aliran darah manusia sehingga mungkin berakibat buruk bagi jantung. Hal ini terjadi karena partikel dalam kabut asap biasanya sangat kecil. Umumnya, partikel penyusun kabut asap berdiameter hingga 10 mikrometer. Makin kecil ukuran partikel, maka makin besar risiko yang bisa ditimbulkan.

  • Buruk untuk mata

Efek buruk kabut asap juga dapat memicu kondisi mata merah dan menjadikannya mudah teriritasi. Untuk itu, sediakan obat tetes mata dan jangan lupa gunakan kacamata jika bepergian ke luar rumah.

  • Berisiko terkena kanker paru-paru

Apabila seseorang terpapar kabut asap secara rutin setiap hari, maka orang tersebut mengalami peningkatan resiko menderita kanker paru-paru meski dia bukan perokok sekalipun. Kabut asap mengandung banyak karsinogen atau partikel penyebab kanker.

Perlu dicatat bahwa efek buruk kabut asap berbeda-beda pada tiap individu. Namun beberapa kelompok seperti bayi, anak-anak, dan manula adalah kelompok paling rentan terhadap merajalelanya kabut asap. Untuk itu, batasilah kegiatan di luar ruangan. Jikapun harus beraktivitas di ruang terbuka, usahakan kegiatan yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu, pakailah masker untuk menutup mulut dan hidung Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anak Lebih Cerdas dengan ASI

Anak Lebih Cerdas dengan ASI

Sampai umur berapakah buah hati harus diberi ASI? Kita semua sudah tahu pentingnya pemberian ASI pada bayi. ASI merupakan makanan pertama alami untuk bayi. ASI saja sudah cukup untuk menjadi sumber semua energi dan nutrien yang diperlukan oleh bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya. Karena itu, badan kesehatan dunia merekomendasikan bahwa bayi mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, � kebutuhan nutrien bayi juga masih dapat dipenuhi oleh ASI. Beberapa ibu beralih ke susu formula setelah buah hati mereka menginjak usia beberapa bulan. Namun, penelitian terbaru menganjurkan bahwa melanjutkan pemberian ASI setelah 6 bulan dapat menjadi modal awal yang terbaik untuk anak kita. Dibandingkan dengan anak yang diberi susu botol, anak-anak berusia 7 tahun yang mendapatkan ASI selama paling tidak 1 tahun, cederung untuk mendapatkan 4 poin lebih tinggi pada tes IQ verbal. Dengan kata lain, terdapat peningkatan 0,35 poin setiap ekstra bulan anak mendapatkan ASI. Keutamaan Pemberian ASI Eksklusif Penelitian ini dilakukan merupakan bagian dari Project Viva, sebuah penelitian kohort dari tahun 1999 dan 2002 di Amerika Serikat. Peneliti u [...]

Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Menambahkan ke dalam daftar konsekuensi kesehatan yang mungkin dari merokok, sebuah studi besar menunjukkan bahwa perokok memiliki peningkatan risiko terserang kondisi kulit kronis psoriasis. Orang dengan psoriasis memiliki ciri-ciri kulit yang tebal, merah, kulit bersisik yang sering gatal atau sakit. Para ahli percaya penyakit ini disebabkan oleh serangan yang abnormal pada sistem kekebalan tubuh yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap psoriasis, mungkin karena kebiasaan merokok dapat mempengaruhi aktivitas kekebalan tubuh. Tapi kebanyakan mempelajari orang hanya pada satu titik waktu saja, yang membuat sulit untuk memastikan bahwa merokok menyebabkan psoriasis. Jadi untuk studi baru, para peneliti menggunakan data dari tiga besar, studi ini dilakukan oleh para profesional kesehatan di AS. Dari hampir 186.000 pria dan wanita yang dipantau selama 12 sampai 20 tahun, 2.410 orang positif terkena psoriasis selama kurun waktu tersebut. Dan resiko lebih besar pada perokok dan mantan perokok. Orang-orang yang adalah perokok pada saat ini, ketika awal studi tersebut memiliki resiko hampir dua kali lebih mungkin untuk dapat [...]

Inilah Penjelasan Kesurupan dari Sisi Medis

Inilah Penjelasan Kesurupan dari Sisi Medis

Pasti Anda pernah mendengar kata ?kesurupan? Anda mungkin pernah menyaksikan berita di televisi yang mengisahkan ada orang yang kesurupan dengan gejala merasa dirinya kehilangan bagian tubuh tertentu, dan kehilangan kontrol akan tubuhnya. Atau Anda pernah melihatnya langsung dari suatu kejadian? Atau mungkin bahkan Anda pernah mengalaminya sendiri? Dalam dunia medis, istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan ini adalah gangguan konversi. Jadi, apa itu kesurupan dari sisi medis? Mari kita bahas tentang keadaan gangguan konversi ini. Apa itu gangguan konversi? Berikut penjelasannya: Apa itu gangguan konversi? Gangguan konversi melibatkan gejala neurologis berupa gangguan motorik dan sensorik. Seorang dapat mengeluh adanya gerakan otot yang tidak dapat dikontrol atau gangguan sensorik. Namun, yang membedakan dengan penyakit lain dengan gejala yang sama, pada gangguan konversi tidak ditemukan gangguan organ yang dapat menyebabkan gejala konversi. Gangguan konversi diduga berhubungan dengan trauma psikis dan bermanifestasi pada gangguan fisik. Trauma psikis dapat dialami penderita gangguan konversi beberapa saat sebelum serangan sampai bertahun-tahun sebe [...]

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, sinusitis atau adanya penyakit serius di kepala jika sakitnya terasa hebat dan menusuk. Namun ada hal yang kelihatannya sepele dan kurang diperhatikan, yang juga jadi penyebab migrain. Pakar diet Dr Sunita Dube mengatakan, kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah. "Selain stres, makanan dan minuman juga jadi 30 persen penyebab migrain," ujarnya, seperti dikutip dari Times Of India.Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu terjadinya migrain? Untuk mencegah migrain, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan tyramine. Tyramine merupakan jenis asam amino yang bisa memicu sakit kepala karena mengurangi tingkat serotonin di dalam tubuh dan bisa mempersempit pembuluh darah. Ini beberapa makanan mengandung tyramine, yang perlu dikurangi atau dihindari konsumsinya.1. Minuman BeralkoholMinuman beralkohol seperti red wine, white wine dan bir mengandung cukup banyak tyramine dan phenol yang bisa memicu migrain. Pada sebagian orang, minum alkohol bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup menusuk. Whiskey dan vodka pun bisa mengurangi kadar serotonin, yaitu hormon [...]

Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran

Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran

Paparan suara secara frontal ke indera pendengaran kita dengan jangka waktu tertentu berpotensi merusak pendengaran. Seiring dengan perkembangan jaman, akhir-akhir ini banyak data mengenai meningkatnya kerusakan pendengaran pada anak muda yang diduga karena pemakaian sarana MP3 Player melalui earphone secara terus menerus. Penyebab yang ditemui adalah karena seringnya kontak langsung dengan volume bersuara keras dalam waktu lama, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pendengaran yang permanen. Kerusakan pendengaran akibat bunyi atau suara keras tidak sama dengan berkurangnya pendengaran karena usia lanjut tapi akibatnya hampir sama. Bunyi normal yang dapat ditoleransi oleh telinga manusia berkisar sekitar 65 decibel (dB). 85 dB dianggap sudah merugikan telinga anda. 114 dB selama 1 menit sudah bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Model lama MP3-player bisa memproduksi suara sampai 135 dB! Di Eropa sendiri, ditetapkan bahwa bunyi atau kebisingan tidak boleh diatas 100 DB. Jangan mengabaikan masalah ini sampai membawa kondisi pada usia muda anda sudah harus menggunakan alat bantu pendengaran. Renungkan bahwa pendengaran mungkin adalah panca indera yang [...]

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Oleh: dr. Nadia Octavia Dengan adanya aktivitas beristirahat pada tubuh, selain sebagai bagian aktivitas alami pemulihan stamina, tidur juga membawa pengaruh pada perkembangan kesehatan jiwa. Terutama pada bayi, kualitas tidur si kecil mengambil peran krusiil pada kondisi perkembangan kesehatan jiwanya juga. Berikut info tambahan seputar kebiasaan tidur siang pada bayi: Berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi untuk tidur siang? Bayi usia kurang dari 4 bulanPada usia ini, bayi masih beradaptasi dengan siklus tidur. Bayi biasanya akan tidur siang di antara periode menyusui 4 bulan ? 1 tahunBayi biasanya akan tidur siang setidaknya 2x/hari. Bayi biasanya akan tidur siang dengan total 3 jam atau lebih di siang hari Di atas 1 tahunPada usia ini waktu yang diperlukan bayi untuk tidur siang lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya Bagaimana cara membuat bayi agar tidur siang? Ciptakan suasana dan mood bayi. Ruangan yang gelap, sunyi dan sejuk akan memudahkan bayi untuk tidur siang Hindari menggendong atau menyusui bayi agar tertidur Jaga keamanan tempat tidur bayi Konsisten menjaga waktu tidur bayi pada jam yang sama setiap hari Apakah saya harus [...]

8 Jurus Meredakan Batuk

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk: 1. Minum Teh Hangat Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk. Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap. 2. Tinggikan Kepala Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk. 3. Jangan Merokok Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok. 4. Hindari Iritan Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk. Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya. 8 Jurus Meredakan Batuk 5. Minum Madu Madu sering dis [...]

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal dalam 3 Minggu

Banyak dari kita yang bingung jika harus menyusun menu diet sehat dengan tujuan untuk menguruskan badan secara alami dan sehat. Seringkali, jika kita berhenti berdiet, maka berat badan akan kembali meningkat. Menu makanan diet bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan tetapi juga harus tetap dapat memberikan vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Marissa Lippert, RD., menyusun menu diet sehat yang kaya akan antioksidan, lemak baik, kafein, dan protein, yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme. Berikut menu diet sehat yang dapat Anda coba dalam 21 hari untuk menurunkan berat badan hingga 4-5kg. Pada minggu pertama, dapat dipilih 3 menu utama dan 1 snack (1200 kalori). Setelah itu, dapat ditambahkan lagi 1 snack/hari. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengikuti panduan menu setiap jam makan Anda sebagai berikut: Sarapan (250 - 300 kalori): 1. Blackberry-Almond Smoothie Campur (blender): - 1/2 cangkir susu kacang almond (almond milk); - 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak (yang tanpa rasa); - 1/2 cup buah beri; - 1/2 potong pisang; - 2 sendok teh biji ? bijian (grains); - sejumput bubuk kayu manis; dan - 1 sendok teh madu. 2. Telur dan Roti Pangg [...]

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Gula secara alamiah dapat ditemukan di dalam susu, produk susu (laktosa) dan buah-buahan (fruktosa). Sementara itu, pemanis dibagi menjadi beberapa jenis: Gula Alkohol Acesulfame Nektar Isomalt Neotame Sari buah konsentrat Lactitol Sucralose Sirup mapel Mannitol Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pemanis: Gula adalah sumber karbohidrat alami. Gula mengandung kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah; dapat ditemukan pada: gula merah, gula pasir, gula tebu, fruktosa (pada buah - buahan), dan madu. Pemanis yang kalorinya dikurangi adalah gula alkohol. Jenis pemanis ini memiliki kadar kalori setengah dari kadar gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah, meskipun tidak setinggi karbohidrat lain. Pemanis rendah kalori adalah pemanis buatan. Pemanis ini tidak memiliki kalori dan tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Berikut penjelasan gula lainnya yang terdapat di produk-produk di pasaran: Banyak produk pemanis yang dijual di pasaran dan mencantumkan label-label tertentu, seperti: No sugar. Produk ters [...]

5 Makanan Terburuk yang Biasa Dikonsumsi Orang Saat Sarapan

5 Makanan Terburuk yang Biasa Dikonsumsi Orang Saat Sarapan

Banyak orang makan pagi dengan asupan sederhana seperti sereal. Sebenarnya ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sarapan termasuk sereal manis. Sayangnya sebagian orang tidak mengetahuinya dan tetap mengonsumsi asupan yang sama. Berikut daftar makanan yang seharusnya tidak dimakan pagi hari.1. Sereal ManisBeberapa sereal dengan rasa manis penuh akan karbohidrat dan gula. Sedangkan Anda tidak mengetahui kandungan gula yang baik atau buruk untuk kesehatan. Saat mengonsumsi sereal manis di pagi hari, kemungkinan akan meningkatkan gula darah dan energi menjadi menurun sebelum beraktivitas. Untuk itu, bila ingin mengonsumsi sereal sebaiknya pilih yang tinggi serat dan protein. Tambahan biji-bijian seperti kenari bagus untuk dikonsumsi pagi hari.2. Daging Olahan dan SosisDaging olahan memiliki nitrat yang bisa menyebabkan kanker usus. Bahkan Institute for Cancer Research mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung nitrat perlu dihindari untuk mengurangi risiko kanker tersebut.3. Kue Panggang dan DonatBeberapa orang yang malas membuat sarapan memilih membeli donat atau kue kering di pasar pagi. Kue tersebut dibuat dari tepung putih dan memiliki banyak tambahan gul [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *