Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

ganasnya-efek-polusi-udara-akibat-kabut-asap-alodokter.jpg

Salah satu bencana yang rutin mengunjungi sebagian wilayah negara kita adalah kabut asap. Kabut asap sendiri menandakan bahwa tingkat polusi udara sudah tidak biasa.

Banyak hal yang bisa memicu kemunculan kabut asap. Di kota-kota besar, sumber utama pembentuk kabut asap adalah asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba. Sementara bencana kabut asap yang menimpa sebagian Sumatera dan Kalimantan umumnya disebabkan oleh pembakaran lahan.

Kabut asap merupakan jenis polusi udara yang dihasilkan dari campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terlibat dalam proses ini adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikel yang terdapat dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, dan serbuk sari.

Seberapa Bahaya Kabut Asap Untuk Kita?

Berikut adalah efek jangka pendek akibat tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk seperti kabut asap.

  • Susah bernapas dan kerusakan paru-paru

Banyaknya konsentrasi asap di udara akan membuat kita sulit bernapas dan merusak paru-paru. Hal ini terutama menimpa mereka yang banyak beraktivitas di ruangan terbuka.

  • Batuk dan iritasi tenggorokan

Saat terkena paparan asap, seseorang dapat mengalami batuk dan iritasi tenggorokan. Umumnya hal ini berlangsung selama beberapa jam. Namun, efeknya bagi sistem pernapasan manusia bisa berlangsung lama walau gejala sudah menghilang.

  • Memperburuk gejala asma

Mereka yang sudah memiliki penyakit asma berisiko mengalami perburukan kondisi jika menghirup kabut asap. Hal ini sangat mungkin sebab kabut asap memudahkan terjadinya serangan asma.

  • Berdampak kepada fungsi jantung

Partikel-partikel yang ada dalam kabut asap berisiko menginfiltrasi aliran darah manusia sehingga mungkin berakibat buruk bagi jantung. Hal ini terjadi karena partikel dalam kabut asap biasanya sangat kecil. Umumnya, partikel penyusun kabut asap berdiameter hingga 10 mikrometer. Makin kecil ukuran partikel, maka makin besar risiko yang bisa ditimbulkan.

  • Buruk untuk mata

Efek buruk kabut asap juga dapat memicu kondisi mata merah dan menjadikannya mudah teriritasi. Untuk itu, sediakan obat tetes mata dan jangan lupa gunakan kacamata jika bepergian ke luar rumah.

  • Berisiko terkena kanker paru-paru

Apabila seseorang terpapar kabut asap secara rutin setiap hari, maka orang tersebut mengalami peningkatan resiko menderita kanker paru-paru meski dia bukan perokok sekalipun. Kabut asap mengandung banyak karsinogen atau partikel penyebab kanker.

Perlu dicatat bahwa efek buruk kabut asap berbeda-beda pada tiap individu. Namun beberapa kelompok seperti bayi, anak-anak, dan manula adalah kelompok paling rentan terhadap merajalelanya kabut asap. Untuk itu, batasilah kegiatan di luar ruangan. Jikapun harus beraktivitas di ruang terbuka, usahakan kegiatan yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu, pakailah masker untuk menutup mulut dan hidung Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Box Bayi Sebabkan Sindrom Kematian Bayi?

Benarkah Box Bayi Sebabkan Sindrom Kematian Bayi?

Selama ini mungkin ada isu yang berkembang jika menidurkan si kecil dalam box bayi dapat menyebabkan buah hati meninggal secara mendadak. Namun, apakah mitos tersebut memang benar, mari kita buktikan. Sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak adalah diagnosis yang dibuat ketika bayi yang tampaknya sehat, meninggal secara tiba-tiba tanpa tanda-tanda dan sebab yang jelas. Biasanya sindrom menakutkan ini menimpa bayi yang baru saja dilahirkan atau berusia di bawah satu tahun. Penyebab sindrom kematian bayi mendadak belum diketahui dengan pasti, namun diduga jika SIDS disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor seperti keadaan fisik si kecil dan lingkungan tidurnya. Bahkan ada mitos yang mengatakan jika SIDS terjadi dikarenakan menidurkan si kecil di box bayi. Mitos atau Fakta? Nyatanya, menidurkan anak dalam box bayi tidak menyebabkan SIDS. Masalah terletak pada lingkungan atau keadaan sekeliling box bayi atau tempat tidur si kecil. Kondisi seperti tidur di atas permukaan kasur yang lunak atau terlalu empuk. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko SIDS dan penyebab kematian bayi lainnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk meletakkan bayi di atas kasur yang [...]

Ini 2 Profesi yang Meja Kerjanya Paling Kotor

Ini 2 Profesi yang Meja Kerjanya Paling Kotor

Banyak pekerja kantoran yang tak menyadari bahwa meja kerja mereka mengandung banyak bakteri. Menurut penelitian, meja kerja milik pengacara dan akuntan adalah yang paling kotor.Seperti yang dikutip dari Telegraph, meja kantor merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang bisa menyebar dengan cepat ke semua karyawan kantor. Menurut penelitian terbaru, inilah yang menyebabkan seringngya karyawan terjangkit flu dan pilek.Sebuah studi yang dilakukan perusahaan perlengkapan alat kantor, Viking, mengungkap bahwa ratusan kantor di seluruh negeri memiliki tingkat kebersihan yang buruk. Kuman ditemukan hampir 2/3 dari keyboard komputer dan sisanya terdapat di bawah keyboard tersebut.Selain keyboard komputer, telepon dan meja kerja itu sendiri juga mengandung banyak kuman serta bakteri. Viking menemukannya setelah menganalisa penyeka khusus yang dikirim kepada ratusan pekerja kantoran.Hasil dari survei tersebut menemukan bahwa meja kerja milik pengacara, akuntan dan pekerja yang sering menggunakan komputer adalah pekerja kantor yang paling tidak sehat. Pekerja sosial juga termasuk yang paling kotor karena mereka cenderung memiliki kebiasaan menyimpan makanan di meja kerjanya.Banya [...]

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Orang dengan penyakit jantung atau penyakit yang menahun, sebaiknya memerhatikan waktu tidurnya. Pastikan Anda tidur cukup; tidak kurang juga tidak berlebihan. Menurut jurnal European Heart, tidur kurang dari enam jam sehari bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke.Orang yang menderita penyakit jangka lama, contohnya penyakit jantung cenderung mudah lelah. Jadi jika Anda terbiasa tidur lebih dari 9 jam dalam semalam, sebaiknya mulai waspada.Francesco Cappuccio dari University of Warwick Medical School, seperti dikutip dari times of india mengatakan, "Tidur terlalu larut dan bangun di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi Anda harus memperbaiki kebiasaan itu sekarang juga."Dilansir Daily Mail, sebuah penelitian menemukan mereka yang tidur kurang dari enam jam, lebih besar 50% terkena risiko serangan jantung dan 15% menderita stroke. Penyebabnya, kurang tidur bisa menurunkan level leptin dalam darah; yang efeknya sama seperti kita merasa tidak kenyang setelah makan.Di waktu yang sama, tingkat ghrelin dalam tubuh justru meningkat. Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan selera makan, sehingga seseorang akan merasa sangat lapar setelah bangun ti [...]

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Anda sering berkeringat berlebih meskipun cuaca sedang tidak panas atau Anda tidak sedang sehabis berolahraga atau Anda sering merasakan telapak tangan dan ketiak Anda sangat basah. Di dalam medis hal itu disebut juga dengan istilah hiperhidrosis. Hiperhidrosis biasanya dialami pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Jarang sekali dialami pada seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini dialami setidaknya satu kali dalam seminggu tanpa adanya hal atau kondisi yang mendasari. Apa itu hiperhidrosis? Berkeringat adalah mekanisme tubuh normal untuk mendinginkan diri. Sistem saraf Anda secara otomatis memicu kelenjar keringat Anda ketika temperatur tubuh meningkat. Dalam kondisi hiperhidrosis, saraf yang bertanggung jawab untuk memicu kelenjar keringat menjadi overaktif bahkan ketika sedang tidak dibutuhkan. Lalu apakah penyebabnya hiperhidrosis? Berikut penjelasannya: Penyebab Hiperhidrosis Berikut ini adalah beberapa penyebab hiperhidrosis: Genetik Obat-obatan tertentu Menopause Gula darah yang rendah Hipertiroid Beberapa tipe kanker Serangan jantung Penyakit infeksi Kapan Anda harus mengunjungi dokter? Anda berkeringat berle [...]

Sehat Sampai Tua dengan Mengonsumsi Camilan

Sehat Sampai Tua dengan Mengonsumsi Camilan

Hampir semua orang mendambakan kondisi tubuh sehat hingga tua, namun merasa sulit untuk mendapatkannya. Tahukah Anda bahwa sehat sampai tua bisa didapatkan dengan mengonsumsi camilan seperti popcorn dan keju?Menurut penelitian yang dikutip dari Times of India, orang yang melakukan diet seimbang, tidak merokok dan rajin berolahraga secara teratur, tentunya akan memiliki hidup sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan atau camilan sehat juga merupakan faktor utama untuk dapatkan tulang, otot, serta jantung yang sehat.Tulang: Untuk dapatkan tulang yang kuat dan sehat, sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi keju. Keju tidak hanya untuk anak-anak saja, karena keju bisa bantu tambahkan jumlah kalsium pada tulang Anda.Otot: Dapatkan otot kuat dengan banyak mengonsumsi camilan yang terbuat dari kedelai. Misalnya saja, susu, rempeyek, kacang atau snack bar kedelai.Jantung: Popcorn tanpa rasa tambahan seperti keju, karamel bisa bantu tingkatkan kesehatan jantung dan hindari risiko kanker. Popcorn mengandung polyphenol, antioksidan yang yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran dan sangat berperan dalam menjaga kesehatan.(eya/eya) [...]

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Secara tidak sadar kehidupan manusia kini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Inilah bagian pertama dari enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai seperti dikutip dari Daily Mail.1. Merusak mataApakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari anak-anak karena menurut Allon Barsam, konsultan bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Inggris, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Psikolog Dr. Aric Sigman juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmamp [...]

Fakta & Mitos Virus Ebola

Fakta & Mitos Virus Ebola

Mitos dan rumor mengenai virus yang ditakutkan ini telah menyebabkan panik dan paranoia seluruh dunia. Benarkah virus ebola bisa menular hanya lewat udara dan pertukaran napas dari penderita? Benarkah sekalipun sudah sembuh ebola, penyakit yang ada masih berpotensi menularkan ke orang lain? Benarkah virus ini dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik? Banyak fakta mengenai virus ebola yang kenyataannya beredar simpang siur. Tidak akurat dan menyesatkan. Tidak lagi jika Anda menyimak beberapa fakta dan pelurusan mitos tentang virus ebola berikut ini: Mitos 1 Ebola: Virus ebola merupakan virus yang disebarkan melalui udara, air, dan kontak tubuh. Fakta: Virus ini dapat tertular bila cairan tubuh dari orang yang terinfeksi terkena dengan membrane mukosa orang yang tidak terinfeksi Hal ini menunjukkan bahwa virus ebola dapat tertular melalui darah, keringat, atau urin saat cairan tersebut terkena mata, mulut, hidung, telinga, daerah genital atau daerah luka terbuka. Mitos 2 Ebola: Walaupun Anda sembuh dari Ebola, Anda masih dapat menularkan virus ini ke orang lain. Fakta : Pada normalnya hanya orang yang menunjukkan gejala ebola yang [...]

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat. Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat. Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa. Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein. Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next. Makanan Pencegah Rambut Rontok Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi: Salmon Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit [...]

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita. Paparan sinar radiasi yang terlalu lama, merokok dan minum alkohol disebut-sebut penyebab timbulnya kanker payudara. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Ini dia empat hal itu.1. Salah Pilih VitaminKarolinska Institute, Stockholm, Swedia menemukan bahwa salah pilih vitamin dapat memperbesar risiko terkena penyakit kanker payudara. Penelitian terhadap 35 ribu wanita 39-83 dalam waktu 10 tahun menunjukkan, para wanita yang terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari justru memiliki risiko 20 persen lebih besar terkena kanker payudara ketimbang wanita yang tidak mengkonsumsi multivitamin. Dalam penelitian lebih lanjut dijelaskan, beberapa bahan yang terkandung dalam multivitamin seperti folid acid adalah yang menyebabkan sel tumor menjadi hidup dan tumbuh. 2. Duduk Terlalu LamaSebuah penelitian berskala besar yang dipaparkan dalam konferensi tahunan, American Institute for Cancer Research, telah mengungkapkan adanya hubungan kuat antara aktivitas seseorang dengan pertumbuhan sel yang tak teratur. Para peneliti mengatakan, terdapat 92 r [...]

Berapa Jarak Usia Ideal untuk Pasangan?

Berapa Jarak Usia Ideal untuk Pasangan?

Entah atas alasan emosional, budaya, tradisi keluarga, atau finansial, kebanyakan pria menginginkan pasangan yang berusia lebih muda darinya. Begitu pula dengan para wanita yang umumnya menginginkan pasangan yang lebih tua darinya. Lalu adakah sebuah standar yang dapat digunakan untuk menentukan usia pasangan yang ideal? Sebuah studi yang dilakukan pada kaum Sami di Finlandia menemukan fakta bahwa para pria di sana harus menikahi wanita yang 15 tahun lebih muda. Sedangkan studi lain yang dilakukan di Swedia menemukan bahwa usia reproduksi yang ideal adalah saat usia pria 6 tahun lebih tua daripada usia pasangan wanitanya. Hal ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan jumlah anak hidup yang dapat bertahan hingga usia 18 tahun. Benarkah demikian, berikut penelusuran lengkapnya: Adakah Jarak Usia Pasangan Suami Istri yang Ideal? Usia ibu merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh pada jumlah anak hidup yang dapat dimiliki. Semakin muda usia ibu, maka dapat semakin sehat anak yang dilahirkan. Akan tetapi, apabila ditinjau dari faktor psikologis ibu, maka usia ibu yang paling ideal untuk memiliki anak adalah sekitar usia 25 tahun. Dan lebih menariknya lagi, saat pria lanjut u [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *