Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

ganasnya-efek-polusi-udara-akibat-kabut-asap-alodokter.jpg

Salah satu bencana yang rutin mengunjungi sebagian wilayah negara kita adalah kabut asap. Kabut asap sendiri menandakan bahwa tingkat polusi udara sudah tidak biasa.

Banyak hal yang bisa memicu kemunculan kabut asap. Di kota-kota besar, sumber utama pembentuk kabut asap adalah asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba. Sementara bencana kabut asap yang menimpa sebagian Sumatera dan Kalimantan umumnya disebabkan oleh pembakaran lahan.

Kabut asap merupakan jenis polusi udara yang dihasilkan dari campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terlibat dalam proses ini adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikel yang terdapat dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, dan serbuk sari.

Seberapa Bahaya Kabut Asap Untuk Kita?

Berikut adalah efek jangka pendek akibat tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk seperti kabut asap.

  • Susah bernapas dan kerusakan paru-paru

Banyaknya konsentrasi asap di udara akan membuat kita sulit bernapas dan merusak paru-paru. Hal ini terutama menimpa mereka yang banyak beraktivitas di ruangan terbuka.

  • Batuk dan iritasi tenggorokan

Saat terkena paparan asap, seseorang dapat mengalami batuk dan iritasi tenggorokan. Umumnya hal ini berlangsung selama beberapa jam. Namun, efeknya bagi sistem pernapasan manusia bisa berlangsung lama walau gejala sudah menghilang.

  • Memperburuk gejala asma

Mereka yang sudah memiliki penyakit asma berisiko mengalami perburukan kondisi jika menghirup kabut asap. Hal ini sangat mungkin sebab kabut asap memudahkan terjadinya serangan asma.

  • Berdampak kepada fungsi jantung

Partikel-partikel yang ada dalam kabut asap berisiko menginfiltrasi aliran darah manusia sehingga mungkin berakibat buruk bagi jantung. Hal ini terjadi karena partikel dalam kabut asap biasanya sangat kecil. Umumnya, partikel penyusun kabut asap berdiameter hingga 10 mikrometer. Makin kecil ukuran partikel, maka makin besar risiko yang bisa ditimbulkan.

  • Buruk untuk mata

Efek buruk kabut asap juga dapat memicu kondisi mata merah dan menjadikannya mudah teriritasi. Untuk itu, sediakan obat tetes mata dan jangan lupa gunakan kacamata jika bepergian ke luar rumah.

  • Berisiko terkena kanker paru-paru

Apabila seseorang terpapar kabut asap secara rutin setiap hari, maka orang tersebut mengalami peningkatan resiko menderita kanker paru-paru meski dia bukan perokok sekalipun. Kabut asap mengandung banyak karsinogen atau partikel penyebab kanker.

Perlu dicatat bahwa efek buruk kabut asap berbeda-beda pada tiap individu. Namun beberapa kelompok seperti bayi, anak-anak, dan manula adalah kelompok paling rentan terhadap merajalelanya kabut asap. Untuk itu, batasilah kegiatan di luar ruangan. Jikapun harus beraktivitas di ruang terbuka, usahakan kegiatan yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu, pakailah masker untuk menutup mulut dan hidung Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Kopi Bisa Kurangi Risiko Stroke Pada Wanita

Kopi Bisa Kurangi Risiko Stroke Pada Wanita

Tidak hanya pria, wanita pun seringkali mengonsumsi kopi untuk melawan rasa kantuk atau mengatasi stres di tempat kerja. Tahukah Anda bahwa kopi ternyata bisa mengurangi risiko terkena serangan stroke pada wanita?Seperti yang dikutip dari Times of India, sebuah penelitian oleh ilmuwan asal Swedia mengungkapkan bahwa wanita yang meminum satu hingga lima cangkir kopi dapat terhindar dari serangan stroke sebesar 22-25 persen, dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak mengonsumsi kopi.Penelitian tersebut melibatkan responden 34.670 wanita Swedia berusia 49 hingga 83 tahun. Para responden diperiksa catatan kesehatannya selama 10 tahun untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah wanita yang kemudian mengalami stroke. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa terdapat kasus sebanyak 1.680 yang mengalami stroke pada wanita yang tidak meminum kopi sama sekali atau meminum kopi kurang dari satu cangkir."Walaupun efek kesehatan dari kopi kecil, tetapi dapat memiliki konsekuensi yang besar bagi kesehatan masyarakat," ungkap Susanna Larsson ketua penelitian dari National Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia.Menurut hasil penelitian yang telah dilapor [...]

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Banyak perbedaan pendapat dalam mengkonsumsi roti dan nasi. Ada yang mengatakan bahwa nasi bisa membuat Anda gemuk, tapi ada pula yang bilang kalau roti sulit dicerna. Jadi, mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut seperti dikutip dari situs Bold Sky.1. KarbohidratKedua makanan ini mempunyai kandungan karbohidrat yang berbeda. Nasi memiliki karbohidrat yang rendah sedangkan roti kaya akan karbohidrat kompleks. Proses enzim dalam tubuh akan memecah karbohidrat kompleks yang menyebabkan asupan kalori lebih banyak. Jadi, jika Anda sedang mengalami sakit perut, lebih baik mengkonsumsi nasi daripada roti karena energi yang dibutuhkan untuk memecah karbohidrat dari nasi lebih rendah.2. Malas dan LesuTidak sedikit dari Anda yang merasa malas atau lesu setelah makan nasi pada siang dan malam hari. Hal itu disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah dalam nasi. Untuk mengatasi rasa malas tersebut, ada baiknya Anda mengkonsumsi roti yang tidak mengakibatkan tubuh menjadi lesu.3. LemakNasi lebih banyak mengandung lemak daripada roti. Bagi Anda yang menderita obesitas dianjurkan agar tidak makan nasi yang bisa membuat tubuh semakin gemuk. Namun, jika Anda [...]

Ini Dia Pencetus Migraine

Ini Dia Pencetus Migraine

Migren sering dikenal dengan istilah sakit kepala sebelah. Padahal migren tidak melulu hanya menyerang sebelah kepala, namun dapat menyerang kedua sisi kepala. Migren memang bukan penyakit mematikan, namun ternyata migren yang terjadi pada seseorang dapat sampai mengganggu aktivitas karena hebatnya nyeri yang dirasakan, lamanya serangan, ataupun karena kekambuhan yang sering terjadi. Banyak sekali pencetus migren dan pada setiap orang pencetusnya tentu tidaklah sama. Pencetusnya dapat berasal dari dalam tubuh ataupun dari luar. Bila dari dalam tubuh dapat berupa peradangan atau keadaan pembuluh darah di otak yang nantinya akan merangsang timbulnya rasa nyeri yang terutama terasa pada kepala, wajah, ataupun leher. Dapat pula disebabkan oleh stres, gangguan tidur, ataupun pengaruh hormon. Sedangkan pencetus yang berasal dari luar tubuh dapat berupa keadaan cuaca, gerakan tubuh, suara bising, makanan, ataupun minuman seperti alkohol. (Baca: Makanan & Minuman yang Memicu Migren) Hal yang diutamakan dalam penanganan migren adalah meredakan nyeri yang terjadi sesegera mungkin, dan mencegah kekambuhan. Pemilihan obat yang digunakan pun ternyata tidak sembarangan. Sebaiknya Anda adaka [...]

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Sebagian orang kurang nyaman dengan rasa mint dalam pasta gigi. Kini, sebuah brand pasta gigi Crest berhasil membuat odol dengan rasa berbeda dari umumnya.Pasta gigi unik terbaru tersebut memiliki rasa coklat. Crest juga meluncurkan pasta gigi unik lainnya yakni rasa vanilla dan Lemon. Crest berhasil mengolah coklat menjadi pasta gigi. Dalam kandungannya, tetap ditambahkan mint untuk memberikan rasa segar di mulut. Namun lebih banyak didominasi dengan rasa coklat. Produk bernama 'Be' tersebut kandungannya kaya akan coklat cream yang tidak hanya memberikan sensasi nikmat di mulut, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi gigi. Menurut Allan Melnick, dokter gigi di California, coklat bermanfaat untuk mengurangi plak pada gigi. Di Amerika, produk pasta gigi dengan rasa coklat itu akan dirilis bulan depan dengan harga US$ 4,99 atau sekitar Rp 60 ribu. Pasta gigi, rasa coklat tersebut bukan satu-satunya di dunia. Sebelumnya, merek Theodent juga telah merilis pasta gigi dengan rasa serupa. Selain itu, terdapat pasta gigi yang juga memiliki rasa unik. Di jepang, pasta gigi dengan rasa arang sampai kari ayam banyak dijual. Klik ini untuk mengetahui berita selengkapnya.(kik/fer) [...]

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

- Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengemukakan, ternyata sayuran brokoli dan pisang raja memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan usus. Serat dari brokoli dan juga pisang raja telah diteliti dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron. Jika Anda sering merasakan gejala seperti diare dan juga sakit perut, segera cek ke dokter Anda, siapa tahu Anda terkena penyakit radang usus atau Chron?s disease. Penyakit ini diderita oleh 1 dari 1000 orang, diduga penyebabnya adalah karena aspek lingkungan dan juga genetik. Penyakit ini biasanya terjadi di negara maju, di mana diet dilakukan dengan rendah akan serat dan tinggi akan makanan olahan. Ahli gastrologi, Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool Para penelliti di University of Liverpool menemukan bahwa serat dari brokoli dan pisang raja memang mempunyai manfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan makanan olahan yang melalui proses manufaktur mempunyai efek sebaliknya terhadap usus. Menurut Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool, penelitian ini menunjukkan perbedaan dari komponen makanan diet yang mempunyai efek kuat dalam hal p [...]

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

Nyeri saat senggama ataupun setelah senggama merupakan hal yang harus diperhatikan, apalagi jika hal ini terjadi berulang-ulang. Masalah ini biasanya menimpa kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan untuk menimpa kaum pria. Nyeri yang muncul dapat disebabkan oleh kurangnya pelumas (lubrikan) yang keluar dari alat kelamin wanita sehingga saat alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita akan timbul rasa nyeri. Nyeri yang dirasakan bersifat traumatis dan sulit dilupakan sehingga pada aktivitas seksual berikutnya, biasanya lubrikan yang kurang didukung oleh vagina yang tidak membuka, serta ingatan akan rasa nyeri tersebut akan memperparah rasa nyeri yang terjadi sehingga akan timbul nyeri yang lebih hebat lagi. Apakah dapat disepelekan? Berikut penjelasannya Normalkah Nyeri Ketika Berhubungan Seks? Masalah ini memang bukanlah masalah yang mengancam nyawa, tetapi membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan masalah psikologis pasangan sehingga dapat berdampak pada kehidupan rumah tangga seseorang. Nyeri saat dan setelah senggama dapat disebabkan oleh faktor usia, yaitu pada usia-usia pre-menopause ataupun pasca-menopause, pada usia ini fakto [...]

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres, rendahnya tekanan darah atau akibat mengonsumsi minuman beralkohol. Namun ternyata, sakit kepala juga bisa dipicu oleh gaya rambut dan beberapa hal lain yang tidak terduga. Seperti yang dikutip dari Prevention International, berikut beberapa hal 'mengejutkan' yang ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala.1. Salmon dan KejuMenurut Alexander Mauskop, MD, director of the New York Headache Center, makanan yang melalui proses fermentasi, diasapi, dikeringkan atau makanan yang jika disimpan semakin lama menjadi semakin enak (misalnya, wine dan keju) cenderung mengandung sulfit, yang dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan sakit kepala.2. Tatanan RambutMenurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di The City of London Migraine Clinic, lebih dari separuh wanita mengalami sakit kepala karena tatanan rambut yang terlalu ketat dan berat. Biasanya tatanan rambut seperti sanggul dan ponytail menjadikan kulit kepala tertarik sehingga menyebabkan ketegangan.3. Akhir PekanSetelah lelah bekerja seminggu penuh, Anda biasanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur di akhir pekan. Jika itu dilakukan, artinya Anda juga membu [...]

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat Anda menjadi seorang ayah. Tapi hal itu mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah sperma. Menurut penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma Anda. Agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi yang bisa membantu merangsang produksi sperma yang berkualitas. Berikut 4 jenis makanan penambah sperma yang mungkin bisa meningkatkan sekaligus memperbaiki kualitas sperma Anda: Makanan dengan antioksidan yang tinggi Zat antioksidan bisa membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan. Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan dari wortel, anggur, buah beri (blueberi, stroberi, dan raspberi), sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), ubi manis, kacang-kacangan, teh, dan makanan yang terbuat dari gandum. Makanan yang mengandung asam folat Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin ini sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan, dan buah- [...]

Mengenal Proses Pembekuan Darah

Mengenal Proses Pembekuan Darah

Saat terjadi luka atau cedera, pembuluh darah dapat rusak dan terjadilah perdarahan. Kemudian tubuh akan menjalankan suatu mekanisme untuk menghentikan perdarahan tersebut. Mekanisme tubuh untuk menghentikan perdarahan dinamakan hemostasis. Terdapat beberapa fase penting pada mekanisme ini, diantaranya fase pembentukan sumbatan oleh platelet (keping darah) dan fase proses pembekuan darah. Proses pembekuan darah atau koagulasi adalah proses yang kompleks yang mana darah membentuk gumpalan (bekuan darah) guna menutup dan memulihkan luka serta menghentikan pendarahan. Unsur-Unsur Proses Pembekuan Darah Proses pembekuan darah tidak akan terjadi tanpa adanya ?aktor? yang berperan. Koagulasi melibatkan trombosit dan komponen faktor koagulasi. Trombosit Trombosit atau keping darah adalah elemen berbentuk cakram di dalam darah. Trombosit berkumpul secara berdempet-dempetan selama proses pembekuan darah normal. Trombosit digolongkan sebagai sel darah, tetapi sebenarnya trombosit adalah bagian dari sel-sel sumsum tulang yang besar yang disebut dengan megakaryocytes. Faktor koagulasi (faktor pembekuan) Faktor koagulasi adalah protein, sebagian besar diproduksi oleh organ hati. Terdapat bany [...]

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Sebuah studi menemukan bahwa nyamuk yang menyebarkan penyakit mematikan lebih tertarik pada beberapa jenis bakteri yang tumbuh di kaki manusia. Bakteri ini mengeluarkan bau yang sangat menarik bagi serangga sehingga meningkatkan risiko digigit nyamuk.Namun setiap individu memiliki bakteri yang berbeda-beda pada kaki mereka masing-masing. Sebagian orang punya bakteri yang memiliki perlindungan karena membawa bau mikroba tertentu hingga dapat menghalangi gigitan nyamuk.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online, Public Library of Science ONE diharapkan dapat menjadi cara baru untuk mencegah penyakit malaria atau penyakit lain yang berhubungan dengan serangga lain, dengan mengubah bau badan seseorang."Senyawa yang menghambat produksi mikroba aroma tubuh manusia, atau manipulasi mikroba di kulit dapat mengurangi ketertarikan nyamuk untuk menggigit manusia," ujar Penulis studi, Dr Niels Verhulst, dari Wageningen University di Belanda, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil penelitian itu didapat dengan cara mengambil sampel keringat dari telapak kaki. Penelitian itu melibatkan kurang lebih 48 orang dengan jarak usia 20 hingga 64 tahun. Sebelum melakukan penelitian, para p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *