Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

ganasnya-efek-polusi-udara-akibat-kabut-asap-alodokter.jpg

Salah satu bencana yang rutin mengunjungi sebagian wilayah negara kita adalah kabut asap. Kabut asap sendiri menandakan bahwa tingkat polusi udara sudah tidak biasa.

Banyak hal yang bisa memicu kemunculan kabut asap. Di kota-kota besar, sumber utama pembentuk kabut asap adalah asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba. Sementara bencana kabut asap yang menimpa sebagian Sumatera dan Kalimantan umumnya disebabkan oleh pembakaran lahan.

Kabut asap merupakan jenis polusi udara yang dihasilkan dari campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terlibat dalam proses ini adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikel yang terdapat dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, dan serbuk sari.

Seberapa Bahaya Kabut Asap Untuk Kita?

Berikut adalah efek jangka pendek akibat tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk seperti kabut asap.

  • Susah bernapas dan kerusakan paru-paru

Banyaknya konsentrasi asap di udara akan membuat kita sulit bernapas dan merusak paru-paru. Hal ini terutama menimpa mereka yang banyak beraktivitas di ruangan terbuka.

  • Batuk dan iritasi tenggorokan

Saat terkena paparan asap, seseorang dapat mengalami batuk dan iritasi tenggorokan. Umumnya hal ini berlangsung selama beberapa jam. Namun, efeknya bagi sistem pernapasan manusia bisa berlangsung lama walau gejala sudah menghilang.

  • Memperburuk gejala asma

Mereka yang sudah memiliki penyakit asma berisiko mengalami perburukan kondisi jika menghirup kabut asap. Hal ini sangat mungkin sebab kabut asap memudahkan terjadinya serangan asma.

  • Berdampak kepada fungsi jantung

Partikel-partikel yang ada dalam kabut asap berisiko menginfiltrasi aliran darah manusia sehingga mungkin berakibat buruk bagi jantung. Hal ini terjadi karena partikel dalam kabut asap biasanya sangat kecil. Umumnya, partikel penyusun kabut asap berdiameter hingga 10 mikrometer. Makin kecil ukuran partikel, maka makin besar risiko yang bisa ditimbulkan.

  • Buruk untuk mata

Efek buruk kabut asap juga dapat memicu kondisi mata merah dan menjadikannya mudah teriritasi. Untuk itu, sediakan obat tetes mata dan jangan lupa gunakan kacamata jika bepergian ke luar rumah.

  • Berisiko terkena kanker paru-paru

Apabila seseorang terpapar kabut asap secara rutin setiap hari, maka orang tersebut mengalami peningkatan resiko menderita kanker paru-paru meski dia bukan perokok sekalipun. Kabut asap mengandung banyak karsinogen atau partikel penyebab kanker.

Perlu dicatat bahwa efek buruk kabut asap berbeda-beda pada tiap individu. Namun beberapa kelompok seperti bayi, anak-anak, dan manula adalah kelompok paling rentan terhadap merajalelanya kabut asap. Untuk itu, batasilah kegiatan di luar ruangan. Jikapun harus beraktivitas di ruang terbuka, usahakan kegiatan yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu, pakailah masker untuk menutup mulut dan hidung Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

Cinta ini membunuhku, begitulah terlantun dari salah satu grup musik bergenre pop-melayu dalam salah satu lagu andalannya. Putus cinta atau patah hati memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kok bisa? Berlebihankah? Tidak. Contohnya seperti gangguan kesehatan berikut ini: Dari Depresi Hingga Penyakit JantungGangguan suasana hati yang dapat berujung sampai terjadinya depresi, stres yang bermanifestasi pada berbagai gangguan fisik seperti migraine berkelanjutan, sakit maag berkepanjangan, sulit tidur dan penurunan nafsu makan. Lebih jauh lagi, putus cinta juga ternyata kini dapat menyebabkan kematian dalam bentuk penyakit jantung. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan ?Broken Heart Syndrome? dan lebih banyak terjadi pada wanita, lebih banyak pada mereka di usia paruh baya, sekitar 30-an. Broken heart syndrome adalah suatu keadaan jantung sementara yang diakibatkan karena kondisi stres berlebihan yang harus dialami seseorang. Beberapa kondisi yang dapat memicu stres berlebihan adalah meninggalnya orang yang dikasihi, perceraian, putus pacaran, perselingkuhan atau cinta yang ditolak. Gejala yang dialami biasanya adalah: Nyeri dada Sesak napas Jantung berdebar-debar [...]

10 Manfaat Olahraga

10 Manfaat Olahraga

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selama ini banyak yang merekomendasikan kita untuk selalu berolahraga, namun sebenarnya apa sih manfaat dari olahraga? Ternyata olahraga dapat mengurangi risiko kita terkena beberapa penyakit berat. Simaklah beberapa manfaat olahraga dibawah ini; Mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 35% Mengurangi risiko diabetes mellitus sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker kolon sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 20% Mengurangi risiko meninggal di usia muda sebanyak 30% Mengurangi risiko peradangan sendi sebanyak 83% Mengurangi risiko patah tulang pinggang sebanyak 68% Mengurangi risiko jatuh pada usia tua sebanyak 30% Mengurangi risiko depresi sebanyak 30% Mengurangi risiko penyakit dementia sebanyak 30% Jenis olahraga seperti apa? Aktivitas fisik yang sedang berarti aktivitas ini dapat menaikkan denyut jantung anda dan mengeluarkan keringat anda. Satu cara lagi untuk menentukan aktivitas anda intensitasnya sedang adalah bahwa anda masih dapat berbicara namun anda tidak dapat nyanyi. Beberapa contoh aktivitas dengan intensitas sedang : Berjalan cepat Areobik air Bersepeda Main tenis berpasangan Membersihkan halama [...]

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Mengkonsumsi obat anti nyeri atau painkillers seperti ibuprofen untuk mencegah nyeri setelah olahraga bukan hal yang asing bagi populasi atlet. Bahkan beberapa atlet berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga karena menghilangkan nyeri. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat menimbulkan bahaya menurut penelitian baru yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise. Penelitian yang dilakukan di Belanda oleh dr. Kim van Wijck, seorang residen bedah di ORBIS Medical Center, Masstricht, mempertanyakan penggunaan obat anti inflamasi ibuprofen sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa ibuprofen justru menimbulkan cedera setelah olahraga di usus halus pada laki-laki sehat yang terlatih dalam melakukan olahraga endurance. Dalam penelitian ini, van Wijck mengevaluasi 9 laki-laki sehat yang aktif berolahraga dengan usia rata-rata 27 tahun. Para subyek penelitian menghabiskan waktu 3 hingga 10 jam per minggu melakukan olahraga endurance. Van Wijck sebelumnya telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mempunyai efek menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Selain itu, obat anti inflamasi [...]

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan? Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan: - Pusing - Gangguan penglihatan - Mual - Pingsan - Nyeri dada Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Penggunaan produk perawatan dan penataan rambut seperti shampo, kondisioner, serum , mousse atau hairspray pun kerap digunakan untuk mendapatkan tampilan rambut yang menarik.Namun yang perlu dicermati, beberapa produk rambut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Dr. Nipun Jain, Senior Consultant in Dermatology dari Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, menyarankan agar selalu membaca label pada kemasan terlebih dahulu sebelum membeli produk. Seperti dikutip dari Times of India, ini daftar zat kimia pada produk rambut yang sebaiknya dihindari.1. Isopropyl alcoholBahan pelarut ini biasa ditemukan pada produk pewarna rambut dan lotion. Jika terlalu sering terhirup bisa menyebabkan pusing, sakit kepala dan mual.2. Propylene glycolZat ini umumnya digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan conditioner. Propylene glycol mudah meresap ke dalam kulit dan bisa mengikis protein pada kulit. Penggunaan jangka panjang bisa membuat kulit kering dan kendur.3. Polyethylene glycolSering digunakan untuk produk-produk pembersih dan merupakan zat berbasis petroleum atau minyak t [...]

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Doktrin yang mengatakan bahwa orang-orang dengan sifat optimis cenderung akan hidup lama daripada orang-orang pesimis ternyata bukanlah sekedar anggapan belaka. Menurut studi yang dipublikasikan pada tanggal 28 Februari dalam jurnal Archives of Internal Medicine, pasien berpenyakit jantung lebih mungkin untuk bertahan hidup jika mereka memiliki pandangan yang positif (optimis). Penelitian ini berawal dari kuisioner psikologis yang dijawab oleh 2.800 pasien berpenyakit jantung mengenai kepercayaan mereka terhadap kemampuan diri sendiri untuk pulih dari penyakitnya, dan juga segera kembali ke aktivitas sehari-harinya. Setelah 15 tahun, 1.637 pasien meninggal, 885 (54 persen) adalah akibat dari penyakit jantung. Para peneliti dari Duke University Medical Center mengatakan bahwa hanya terdapat kurang dari 30 persen dari orang-orang yang bersikap optimis meninggal selama penelitian. Peningkatan risiko kematian di antara pasien yang mempunyai sifat pesimis tetap berlaku, bahkan setelah para peneliti meneliti hal tersebut dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan penyakit jantung, usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan dukungan sosial. John. C. Barefoot, penulis utama dal [...]

Botox untuk Pengobatan

Botox untuk Pengobatan

Botax untuk pengobatan? tentu masih terasa asing bagi kita. Kini Botox tidak hanya digunakan untuk kosmetik saja. Selain untuk migrain kronis, kekakan otot dan kontraksi otot, kini FDA telah meresmikan penggunaan Botox untuk pengobatan kondisi kandung kemih bocor yang disebabkan multiple sclerosis serta cedera tulang belakang. Dimana keadaan akibat multiple sclerosis maupun cedera tulang belakang acapkali memposisikan pasien dalam pengobatan (diuretik) yang membuat kondisi pasien mengalami kesulitan mengendalikan aktivitas berkemih. Perawatan botox melibatkan suntikan obat ke dalam kandung kemih selama cystoscopy. Cystoscopy adalah prosedur medis yang memungkinkan dokter melihat bagian dalam kandung kemih. Kadang-kadang memerlukan anestesi umum. Perlakuan Botox untuk kandung kemih bocor berlangsung sembilan bulan. Dalam dua uji klinis yang terdaftar hampir 700 pasien, Botox menurunkan episode kebocoran urin per minggu. Botox membantu inkontinensia uri dengan membuat membuat aktivitas kandung kemih tahap rendah dan stabil hingga memungkinkan untuk menampung urine dan mengembalikan interval berkemih kembali normal. Walau demikian, penerapan Botox dalam kasus tersebut kerap kali memil [...]

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Saat ini handphone bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakati di dunia. Hampir setiap orang memiliki handphone dari orang dewasa sampai anak kecil. Ketergantungan terhadap handphone disebabkan karena manfaatnya yang bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi, urusan bisnis, dan sebagainya. Dibalik manfaatnya, handphone ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hospital di Orebro, Swedia, penggunaan handphone dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena glioma. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak yang paling sering ditemukan. Dan ketahuilah, risiko paling tinggi pada penggunaan handphone 3G. Berikut penjelasannya. Bahaya HP 3G Semakin maraknya penggunaan komunikasi wireless meningkatkan paparan terhadap radiofrequency electromagnetic fields (RM-EMF). Otak merupakan target utama dari RM-EMF saat handphone digunakan. Risiko paling tinggi ditemukan pada penggunaan handphone 3G dibandingkan handphone jenis lainnya. Tumor tersebut biasanya tumbuh pada sisi otak yang paling sering terpapar. Mis [...]

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Berita artis terjerat narkoba kembali muncul di permukaan. Fenomena pemakaian narkoba memang bukan fenomena baru di kalangan artis. Alasan memilih narkotika mungkin bisa sedikit saya bagi buat pembaca sekalian. Euforia dan ?Ectasy? Salah satu narkoba yang ditemukan sebagai barang bukti adalah ?shabu-shabu?. Shabu-shabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil Ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis . Efek yang paling diinginkan adalah perasaan euforia sampai ecstasy (senang yang sangat berlebihan). Obat ini juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido. Pemakai shabu-shabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya. Salah satu yang mungkin menarik banyak orang untuk memakai zat ini adalah pemakaian zat ini tidak dibarengi dengan efek sedasi atau menurunnya kesadaran akibat zat tersebut. Tidak seperti pemakai heroin atau ganja, pemakai shabu dapat membuat dirinya untuk tetap membuat terjaga dan konsentrasi. Selai [...]

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Entah sejak kapan persisnya sauna dikenal di Indonesia, namun tren sauna dapat kita katakana salah satu tren yang tak lekang oleh waktu, dulu hingga hari ini, fasilitas sauna dapat kita temukan dimana-mana, penggunanya pun tetap mencintai fasilitas yang bersuhu tinggi ini meskipun dapat kita katakan hari hari ini banyak sekali variasi fasilitas sejenis yang tersedia, apa rahasia dibalik kelanggengan sauna? Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu? Jika Anda bertanya kepada para konsumen sauna, beragam jawaban akan Anda dapatkan ketika ditanya mengapa mereka memilih bersauna, mulai dari jawaban sebagai sarana berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati atmosfer panas yang membuat tubuh serasa dimanjakan setelah selesai bersauna. Jawaban-jawaban tersebut dapat Anda temukan. Namun benarkah pendapat mereka? Bagi kami jawaban pertama menarik perhatian, banyak sekali konsumen sauna yang menganggap mereka serta merta tidak perlu melakukan olahraga karena telah menunaikan rutinitas sauna mereka. (Baca: Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Anda) Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *