Gangguan Psikosomatis, Ketika Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

gangguan-psikosomatis-ketika-pikiran-menyebabkan-penyakit-fisik-alodokter.jpg

Hati-hati, stres bisa menimbulkan gangguan psikosomatis. Penyakit pun bisa bermunculan atau bahkan memperparah gejala atau tanda-tanda penyakit fisik lainnya.

Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau diperparah. Dengan kata lain, istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan penyakit fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor mental, seperti stres dan rasa cemas.

Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit ?fungsional? merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh walaupun tidak tampak kelainan pada pemeriksaan X-ray atau tes darah.

Bagaimana Pikiran Memengaruhi Penyakit?

Seperti diketahui, pikiran dapat menyebabkan munculnya gejala fisik. Contohnya, ketika merasa takut atau cemas bisa muncul tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual atau ingin muntah, gemetaran (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, nyeri otot, atau nyeri punggung. Gejala fisik tersebut disebabkan oleh meningkatnya aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah juga bisa menyebabkan gejala fisik di atas.

Hingga kini, bagaimana persisnya pikiran bisa menyebabkan gejala lainnya dan memengaruhi penyakit fisik yang sebenarnya (seperti ruam, tekanan darah, dll) belum diketahui dengan jelas. Atau bisa jadi karena impuls saraf yang arahnya menuju bagian-bagian tubuh, atau otak yang diduga dapat memengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Tapi ini semua masih belum dipahami benar.

Penyakit Karena Psikosomatis

Pada penderita gangguan psikosomatis, setiap penyakit fisik pasti ada pengaruh dari sisi mental. Ini karena cara orang bereaksi dan mengatasi suatu penyakit sangat bervariasi. Sebagai contoh, beberapa orang mungkin tidak merasa terganggu ketika mengalami ruam psoriasis (kondisi kulit kronis yang menyebabkan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat). Namun penyakit ini bisa membuat beberapa orang lain merasa tertekan dan penyakitnya pun terasa lebih sakit.

Penyakit mental bisa jadi juga akan berpengaruh pada fisik seseorang. Ketika menderita penyakit mental, Anda mungkin jadi tidak bernafsu makan, malas beraktivitas, atau enggan mengurus diri sendiri. Akibatnya, masalah atau penyakit fisik pun jadi bermunculan.

Beberapa penyakit fisik (seperti eksim, hipertensi atau tekanan darah tinggi, radang perut, penyakit jantung, psoriasis, sakit pinggang bagian bawah) dianggap sangat rentan ditimbulkan atau diperparah oleh faktor mental seperti stres dan rasa cemas. Namun ada juga penyakit yang susah diklasifikasikan sebagai gangguan psikosomatis atau bukan, contohnya ulkus peptikum atau peptic ulcer (luka menyakitkan pada lapisan lambung atau bagian pangkal usus kecil) dan Irritable Bowel Syndrome atau IBS (gangguan umum atau iritasi pada usus besar (kolon) yang sering menyebabkan kram, nyeri perut, kembung, gas, diare dan sembelit).

Ketika faktor mental memunculkan gejala penyakit tetapi penyakit itu sendiri tidak bisa ditemukan atau dideteksi atau mengeluh sakit yang tidak sesuai gejalanya, keadaan ini juga dikelompokkan dalam gangguan psikosomatis.

Jangan terkecoh antara gangguan psikosomatis dengan penggunaan istilah ?penyakit psikosomatis? atau yang dikenal sebagai gangguan somatoform. Dalam ?penyakit psikosomatis?, pikiran mendominasi fisik dan bisa diatasi dengan penggunaan kekuatan sugesti, berpikir positif, dan tekad kuat untuk mengatasi masalah fisik. Pada gangguan psikosomatis, gangguan mental memainkan peranan penting dalam perkembangan penyakit fisik. Sedangkan dalam gangguan somatoform, gangguan mental dianggap sebagai satu-satunya penyebab dari penyakit fisik.

Gangguan psikosomatis diduga dapat diatasi atau diringankan dengan psikoterapi, mengonsumsi antidepresan atau obat penghilang rasa sakit non-narkotika, latihan relaksasi, teknik distraksi atau pengalihan, akupunktur, hipnosis, transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS), dan fisioterapi. Kerja sama antara dokter dan spesialis kesehatan mental paling sering dilakukan guna membantu mereka yang mengidap gangguan psikosomatis ini.

Psikosomatis dapat diatasi dengan:

  • Menjelaskan pada klien bahwa stres dapat membuat gejala menjadi buruk. Oleh karena itu, bantu klien meredakan stres agar dapat meningkatkan kesehatan mereka.
  • Membangun ikatan kepercayaan dengan pasien.
  • Fokus pada aspek kognitif dan emosional pasien. Membantu klien meredakan pikiran yang berlebihan, perasaan dan perilaku yang berkaitan dengan gejala penyakit yang dialami, dan meminta mereka untuk melacak hal apa yang memperburuk gejala yang dialami.
  • Meditasi
  • Obat antidepresan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal diduga menderita gangguan psikosomatis, dianjurkan untuk meminta saran dokter guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Cara Minum Obat yang Aman

4 Cara Minum Obat yang Aman

Obat dapat menyembuhkan, namun juga bisa menjadi racun bila tidak digunakan secara tepat. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat, harus diketahui sifat dan cara pemakaiannya. Informasi tentang obat, terutama obat bebas, dapat diperoleh dari brosur yang menyertai obat tersebut. Jika Anda sembarangan menggunakan obat tanpa membaca petunjuk, tentu hal itu akan berakibat fatal bagi kesehatan. Misalnya, Parasetamol (obat bebas) bila diminum dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Halaman berikut ini adalah kiat-kiat untuk pemakaian obat yang aman: 4 Cara Minum Obat yang Aman Kenali & Teliti Obat Ketika hendak membeli obat, pertimbangkan bentuk sediaannya (tablet, sirup, kapsul, krim, dll) dan pastikan bahwa kemasan tidak rusak. Lihatlah dengan teliti kemasan luar maupun kemasan dalam produk obat. Jangan mengambil obat yang menunjukkan adanya kerusakan walaupun kecil. Selain kemasan, perhatikan juga bentuk fisik sediaan. Untuk yang bentuk sirup, hal yang harus diperhatikan adalah warna dan kekentalannya. Pastikan tidak ada partikel-partikel kecil di bagian bawah botol atau mengapung dalam sirup. Pada tablet, bentuk harus benar-benar utuh dan [...]

Saran Kesehatan dari Selebriti yang Tidak Perlu Ditiru

Saran Kesehatan dari Selebriti yang Tidak Perlu Ditiru

Selebriti kerap jadi panutan masyarakat umum. Mulai dari gaya busana, pola diet hingga aktivitas fisik. Bahkan kebiasaan mereka dalam menerapkan gaya hidup sehat juga seringkali diikuti, padahal belum tentu aman bagi kesehatan. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam British Medical Journal, selebriti punya kemampuan untuk memengaruhi orang untuk mengikuti saran kesehatan, karena secara biologis manusia memang diprogram untuk itu (punya role model). Tapi sayangnya tidak semua saran kesehatan dari selebriti itu benar dan aman diikuti. Ini beberapa tips sehat dari selebriti yang tidak patut ditiru, seperti dikutip dari Every Day Health.1. Gwyneth Paltrow: Semua yang Alami Pasti AmanDalam sebuah wawancara dengan Cosmopolitan UK, Gwyneth mengatakan bahwa segala sesuatu yang berasal dari alam aman bagi manusia. Ia bahkan tidak menggunakan sunblock saat beraktivitas di luar rumah karena menganggap paparan sinar matahari itu alami dan aman."Kita itu manusia dan matahari adalah matahari. Bagaimana itu bisa berbahaya bagi kita? Menurut saya kita semua harus mendapat sinar matahari dan udara segar yang cukup. Aku tidak merasa semua yang alami berbahaya bagi kita. Sangat bagus berjemur sela [...]

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Pada dasarnya lemak berperan mendukung jalannya fungsi tubuh. Namun ada jenis lemak yang baik dan yang jahat. Idealnya adalah terus mengonsumsi lemak baik dan menghindari lemak yang jahat. Lemak yang berpotensi buruk bagi tubuh adalah yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh. Ada pula lemak yang kita makan dan berfungsi untuk sumber energi tubuh, yaitu lemak diet (dietary fat). Lemak diet dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Vitamin yang masuk ke tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat dicerna dan diserap tubuh. Namun, terdapat sisi buruk lemak, yaitu mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dengan cepat jika kelebihan dikonsumsi. Lemak terbentuk dari dua jenis molekul, yaitu asam lemak dan gliserol. Jenis dan kadar asam lemak inilah yang menentukan dampak lemak terhadap tubuh Anda. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol ?jahat? (LDL) [...]

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita dan pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut: Jumlah sperma yang lebih sedikit Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi). Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? 3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria 1. Gangguan Hormon Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan [...]

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Payudara. Dua buah penonjolan hemisfer di atas dada yang mengantungi kumpulan jaringan lemak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf yang sensitif, serta kelenjar-kelenjar penghasil susu manusia. Pada satu sisi, mereka memiliki sifat keibuan, sebagai simbol kekuatan. Di sisi lain, mereka seduktif, seksual. Dengan peran ganda tersebut, eksistensi payudara masih diasosiasikan dengan feminitas. Bagaimana bila kemudian seorang harus kehilangan payudaranya tersebut? Apakah berarti ia menjadi ?kurang? wanita? Pertanyaan tersebut dijawab tegas oleh Angelina Jolie. Aktris yang pernah dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia itu memilih untuk merelakan kedua buah dadanya diangkat untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ia menjalani mastektomi ganda pada tanggal 16 Februari 2013 setelah pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA (BReast CAncer) 1 dan 2 dalam tubuhnya. Mutasi gen ini diwarisi dari neneknya yang menderita kanker ovarium serta ibunya yang pernah menderita kanker payudara dan meninggal karena kanker ovarium. Dengan diangkatnya kedua payudaranya, risiko Angelina menderita hal yang sama pun turun dari 87% menjadi di bawah 5%. Ia me [...]

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Akhir-akhir hijab telah menjadi tren fashion di kalangan muslimah Indonesia. Semakin banyak perempuan muda yang tertarik untuk berhijab karena dapat mengikuti aturan agama tetapi tetap cantik dan modis.Di Manchester ada seorang perempuan berusia 40 tahun memutuskan untuk mengenakan hijab karena mengidap penyakit Polymorphic Light Eruption (PMLE) atau yang biasa dikenal dengan alergi matahari.Dennis Queen yang merupakan ibu dari empat anak ini akan merasakan gatal yang luar biasa dan kulitnya memerah setelah beberapa saat terpapar matahari secara langsung.Awalnya Queen berusaha mengatasi alerginya dengan menggunakan sunblock dan mengenakan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun cara tersebut dianggap tidak ampuh karena kulitnya tetap memerah dan ia akan merasa gatal.Merasa tidak tahan dengan ruam kulit akibat alerginya, Queen sempat menghindar untuk keluar rumah. Tidak dapat terus menerus berdiam di rumah, Queen mulai mencari cara agar ia tetap dapat keluar rumah pada siang hari tanpa perlu membuat kulitnya memerah dan gatal.Awalnya ia ingin membeli baju yang didesain khusus untuk kulit yang alergi tetapi harganya sangat mahal. Ketika diamati model-mode [...]

6 Tips Diet Sehat

6 Tips Diet Sehat

oleh: dr. Sophia B. Hage Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet. Beberapa orang melakukan diet ekstrim dan tak jarang dari mereka yang justru gagal mempertahankan berat badan dengan konsisten sehingga terjadilah diet yoyo, dimana berat badan naik turun seperti yoyo. Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari. 1. Sarapan! Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh Anda rendah sampai ketika Anda makan. Apabila Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh Anda, maka metabolisme Anda meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur. 2. Makan sering Selama Anda diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi [...]

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Rutin memakan tiga pisang dalam sehari bisa mengurangi stroke (anti stroke). Pisang adalah pilihan baru untuk mendapatkan asupan makanan yang kaya akan kalium selain bayam, kacang-kacangan, dan ikan bandeng. Meskipun beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa pisang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah stoke, hasilnya tidak selalu konsisten. Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam the Journal of the American College of Cardiology ini para ilmuwan menganalisa data dari 11 penelitian berbeda sejak era 60-an dan digabungkan untuk mendapatkan hasil keseluruhan. Mereka menemukan asupan kalium harian sebesar 1.600mg atau kurang dari separuh jumlah kalium harian yang dianjurkan untuk dewasa sebesar 3.500mg. Jumlah tersebut cukup untuk menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima. Inilah manfaat pisang lainnya: Manfaat Pisang Lainnya Pisang rata-rata mengandung 500mg kalium mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Ilmuwan dari Universitas Warwick dan Naples mengatakan asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan. Sedangkan, terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan c [...]

Bahaya Mengemudi setelah Mengonsumsi Minuman Keras

Bahaya Mengemudi setelah Mengonsumsi Minuman Keras

Mengemudikan kendaraan di bawah pengaruh minuman keras adalah tindakan kriminal. Selain membahayakan diri sendiri, Anda membahayakan nyawa pengguna jalan lain. Pengemudi yang berkendara di bawah pengaruh minuman keras berisiko tinggi untuk mengalami kecelakaan. Saat mengemudi, otak kita berusaha untuk memproses lebih dari satu hal pada waktu yang sama. Di bawah pengaruh minuman keras, kinerja otak tidak bisa maksimal. Efek Minuman Keras terhadap Kemampuan Berkendara Saat berkendara, otak manusia harus cepat tanggap terhadap berbagai hal, seperti lampu lalu lintas merah, bunyi klakson, jalan yang tidak rata, atau pejalan kaki dan kendaraan lain yang melintas secara mendadak. Alkohol dapat menurunkan tekanan darah dan menekan saraf kesadaran manusia sehingga memengaruhi kemampuan otak untuk fokus dan membuat keputusan dengan cepat. Pengemudi yang berada di bawah pengaruh minuman keras sering menjadi tidak waspada, sehingga tidak menyadari seberapa cepat kendaraannya melaju. Selain itu membuat pengguna kendaraan lupa apakah telah menggunakan sarana pengaman, seperti sabuk pengaman atau helm. Penurunan ketajaman visual akibat zat alkohol juga meningkatkan risiko kecelakaan. Risiko [...]

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi 'aman' memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu."Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya," ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women's Health USA.Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:1. Sep [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *