Gangguan Psikosomatis, Ketika Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

gangguan-psikosomatis-ketika-pikiran-menyebabkan-penyakit-fisik-alodokter.jpg

Hati-hati, stres bisa menimbulkan gangguan psikosomatis. Penyakit pun bisa bermunculan atau bahkan memperparah gejala atau tanda-tanda penyakit fisik lainnya.

Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau diperparah. Dengan kata lain, istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan penyakit fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor mental, seperti stres dan rasa cemas.

Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit ?fungsional? merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh walaupun tidak tampak kelainan pada pemeriksaan X-ray atau tes darah.

Bagaimana Pikiran Memengaruhi Penyakit?

Seperti diketahui, pikiran dapat menyebabkan munculnya gejala fisik. Contohnya, ketika merasa takut atau cemas bisa muncul tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual atau ingin muntah, gemetaran (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, nyeri otot, atau nyeri punggung. Gejala fisik tersebut disebabkan oleh meningkatnya aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah juga bisa menyebabkan gejala fisik di atas.

Hingga kini, bagaimana persisnya pikiran bisa menyebabkan gejala lainnya dan memengaruhi penyakit fisik yang sebenarnya (seperti ruam, tekanan darah, dll) belum diketahui dengan jelas. Atau bisa jadi karena impuls saraf yang arahnya menuju bagian-bagian tubuh, atau otak yang diduga dapat memengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Tapi ini semua masih belum dipahami benar.

Penyakit Karena Psikosomatis

Pada penderita gangguan psikosomatis, setiap penyakit fisik pasti ada pengaruh dari sisi mental. Ini karena cara orang bereaksi dan mengatasi suatu penyakit sangat bervariasi. Sebagai contoh, beberapa orang mungkin tidak merasa terganggu ketika mengalami ruam psoriasis (kondisi kulit kronis yang menyebabkan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat). Namun penyakit ini bisa membuat beberapa orang lain merasa tertekan dan penyakitnya pun terasa lebih sakit.

Penyakit mental bisa jadi juga akan berpengaruh pada fisik seseorang. Ketika menderita penyakit mental, Anda mungkin jadi tidak bernafsu makan, malas beraktivitas, atau enggan mengurus diri sendiri. Akibatnya, masalah atau penyakit fisik pun jadi bermunculan.

Beberapa penyakit fisik (seperti eksim, hipertensi atau tekanan darah tinggi, radang perut, penyakit jantung, psoriasis, sakit pinggang bagian bawah) dianggap sangat rentan ditimbulkan atau diperparah oleh faktor mental seperti stres dan rasa cemas. Namun ada juga penyakit yang susah diklasifikasikan sebagai gangguan psikosomatis atau bukan, contohnya ulkus peptikum atau peptic ulcer (luka menyakitkan pada lapisan lambung atau bagian pangkal usus kecil) dan Irritable Bowel Syndrome atau IBS (gangguan umum atau iritasi pada usus besar (kolon) yang sering menyebabkan kram, nyeri perut, kembung, gas, diare dan sembelit).

Ketika faktor mental memunculkan gejala penyakit tetapi penyakit itu sendiri tidak bisa ditemukan atau dideteksi atau mengeluh sakit yang tidak sesuai gejalanya, keadaan ini juga dikelompokkan dalam gangguan psikosomatis.

Jangan terkecoh antara gangguan psikosomatis dengan penggunaan istilah ?penyakit psikosomatis? atau yang dikenal sebagai gangguan somatoform. Dalam ?penyakit psikosomatis?, pikiran mendominasi fisik dan bisa diatasi dengan penggunaan kekuatan sugesti, berpikir positif, dan tekad kuat untuk mengatasi masalah fisik. Pada gangguan psikosomatis, gangguan mental memainkan peranan penting dalam perkembangan penyakit fisik. Sedangkan dalam gangguan somatoform, gangguan mental dianggap sebagai satu-satunya penyebab dari penyakit fisik.

Gangguan psikosomatis diduga dapat diatasi atau diringankan dengan psikoterapi, mengonsumsi antidepresan atau obat penghilang rasa sakit non-narkotika, latihan relaksasi, teknik distraksi atau pengalihan, akupunktur, hipnosis, transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS), dan fisioterapi. Kerja sama antara dokter dan spesialis kesehatan mental paling sering dilakukan guna membantu mereka yang mengidap gangguan psikosomatis ini.

Psikosomatis dapat diatasi dengan:

  • Menjelaskan pada klien bahwa stres dapat membuat gejala menjadi buruk. Oleh karena itu, bantu klien meredakan stres agar dapat meningkatkan kesehatan mereka.
  • Membangun ikatan kepercayaan dengan pasien.
  • Fokus pada aspek kognitif dan emosional pasien. Membantu klien meredakan pikiran yang berlebihan, perasaan dan perilaku yang berkaitan dengan gejala penyakit yang dialami, dan meminta mereka untuk melacak hal apa yang memperburuk gejala yang dialami.
  • Meditasi
  • Obat antidepresan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal diduga menderita gangguan psikosomatis, dianjurkan untuk meminta saran dokter guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

6 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

Kita semua pasti sering mengalaminya, ketika Anda pergi ke supermarket dan tiba-tiba lupa apa yang seharusnya dibeli. Tidak bisa mengingat nama teman kantor suami Anda, atau lupa di mana menaruh kunci mobil.Kejadian-kejadian seperti itu sangatlah normal, apalagi ketika Anda sedang banyak pikiran. Walaupun begitu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi yang sering disebut dengan pikun ini, ternyata bisa terus memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan bisa jadi gejala-gejala awal alzheimer atau dimentia.Jika gangguan ingatan sudah mulai menyulitkan hidup Anda, maka perlu dilakukan tindakan yang bisa meminimalisir sifat lupa itu. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.1. Sarapan Roti PanggangSebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Anda membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum panggang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak Anda.2. Olahraga Pagi Sebelum BekerjaMenurut Sandra Aamodt, PhD, penulis "Welcome to Your Brain", olah [...]

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Jika dewa asmara pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, Ia pasti akan mengarahkan panahnya ke otak ketimbang hati. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk cinta yang langgeng, sebaiknya Ia mencelupkan panahnya pada oksitosin. Dan juga para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa hormon ini sangat penting bagi tikus monogami untuk tetap setia pada pasangan mereka, dan bahwa hal itu membuat manusia lebih percaya terhadap satu sama lain. Dan sekarang, mereka menemukan bahwa itu juga penting untuk bagaimana kita membentuk dan memelihara hubungan romantis. Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita. Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya. Hormon Oksitosin Bukti pertama dari peneliti yang mengukur hormon pada pasangan menunjukkan bahwa oxytocin memiliki peran sebagai perekat cinta yang alami. Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam ikatan ibu-anak dan baru-baru ini memutuskan untuk menyelam ke dalam pe [...]

6 Alasan Kenapa Oats Penting untuk Sarapan Harian

6 Alasan Kenapa Oats Penting untuk Sarapan Harian

Memiliki kesulitan untuk memilih menu sarapan yang cepat, sehat, dan juga lezat? Oats bisa jadi solusinya. Oats yang juga dikenal sebagai nama Avena sativa ini merupakan sejenis sereal yang biasa dimakan dengan cara penyajian diseduh dengan air panas atau direbus. Oats sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan tubuh, antara lain: 1. Bebas Penyakit Jantung Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berdasarkan jurnal dari Harvard Univeristy, orang yang mengkonsumsi oats setiap pagi dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung sebesar 29%. 2. Jauh dari Kanker Menurunkan risiko kanker. Oats merupakan antioksidan dan juga mengandung lignan yang diduga dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kanker kolorektal 3. Jauh dari Hipertensi Menurunkan tekanan darah. Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, dengan memakan oats secara rutin dapat membantu utnuk menurunkan tekanan darah. 4. Menurunkan Kolesterol Menurunkan kadar kolestrol tubuh. Oats banyak mengandung fiber yang disebut juga dengan beta-glucan. Hal inilah yang berperan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Berikut alasan lainnya kenapa oats penting un [...]

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Setelah menahan lapar lebih dari 12 jam, berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Seringkali saat berbuka puasa banyak orang yang kalap memakan apapun yang terhidang di meja. Mulai dari es buah, kolak, gorengan hingga nasi lengkap dengan lauknya. Pola makan tersebut ternyata keliru dan justru bisa membuat tubuh terasa lemas dan perut jadi tidak nyaman.Lalu bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa? Pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS menyarankan untuk berbuka dengan perlahan dan bertahap. Porsi makan saat berbuka juga sebaiknya kecil, yaitu hanya untuk membatalkan puasa."Sekedarnya saja, satu gelas air putih. Kalau mau teh manis atau jus silakan saja. Tapi bagusnya yang netral. Sama buah, 1-2 potong. Kolak juga bisa," ujar pria yang akrab disapa Hardin ini, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Senada dengan Hardin, dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak makan saat buka puasa dan utamakan untuk meminum dua gelas air putih terlebih dahulu. Makanan berlemak dan yang berkuah santan sebaiknya dihindari ketika berbuka."Diselingi makanan manis sedikit saja. Misalnya kola, mengandung santa [...]

Memilih Perawatan Rambut  Sesuai dengan Masalah

Memilih Perawatan Rambut Sesuai dengan Masalah

Rambut merupakan sebuah mahkota yang tak ternilai, namun kadang sering kali disepelekan kehadirannya. Jangan lupa, masalah pada rambut bisa mengganggu aktivitas sekaligus menimbulkan rasa tidak percaya diri. Ingat bukan, betapa terganggunya Anda ketika rambut Anda berketombe atau rusak karena bahan kimia pada cat. Menyadari akan pentingnya kesehatan rambut, Johnny Andrean Salon Premium menawarkan serangkaian perawatan rambut yang disebut JA Treatment Premium untuk mempercantik rambut serta membuatnya tampak lebih indah dan sehat. ?Johnny Andrean Salon ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang mendukung mereka yang ingin tetap tampil gaya tanpa harus takut mengalami kerusakan rambut,? ungkap Amadea Pradella, Brand Manager dari Johnny Andrean Salon, pada peluncuran cabang kedua Johnny Andrean Premium Salon di Grand Indonesia, Kamis (2/7/2015) lalu. Serangkaian JA Treatment Premium dihadirkan untuk berbagai jenis masalah rambut. Perawatan yang dimaksud yakni meliputi Anti Hair Loss, Anti Dandruff, Scalp Detox, Dry & Damage, Smooth serta Color Treatment. Sangat beragam, bukan? Selain dari segi pelayanan yang lebih baik daripada yang sudah ada sebelumnya, produk yang digunakan p [...]

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Radikal bebas adalah molekul atau atom dengan minimal satu elektron yang tidak berpasangan, sehingga menjadi sangat reaktif terhadap atom lainnya. Radikal bebas dihasilkan dari metabolisme normal tubuh, contohnya metabolisme gula untuk diubah menjadi energi; atau dari sumber eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, konsumsi alkohol, rokok, dan stres. Radikal bebas dapat menjadi senyawa yang bermanfaat maupun yang berbahaya. Dalam kadar rendah atau sedang, radikal bebas berperan dalam proses pematangan struktur sel, serta bagian dari sistem imun tubuh untuk menghancurkan kuman yang masuk ke tubuh. Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh amat tinggi dan melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, radikal bebas akan berakumulasi di dalam tubuh sehingga memicu suatu fenomena stres oksidatif?yang akan merusak berbagai struktur seluler seperti DNA, protein, dan membran sel. Hasilnya, struktur tersebut akan mengalami proses oksidasi dan menjadi rusak. Dalam kehidupan sehari-hari, proses oksidasi dapat dilihat pada besi yang mengalami perkaratan, atau buah potong yang berubah warna menjadi coklat jika dibiarkan di udara. Lalu bagaimana proses oksidasi yang terjadi di tubu [...]

4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

Beberapa negara di kawasan Asia punya kebiasaan memakai daun pisang sebagai alas makan atau pembungkus makanan. Sebut saja Indonesia, Malaysia, Thailand juga India. Meskipun terkesan 'kurang elit' dan kuno, cara makan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman dulu ini ternyata memberi beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Apa saja?1. SehatDaun pisang kaya akan polifenol, antioksidan yang sama yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Daun pisang memang tidak dianjurkan untuk dimakan langsung karena sulit dicerna tubuh. Namun ketika dipakai untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya bisa menyerap polifenol dari daun pisang. Khasiat antioksidan pun bisa didapatkan meskipun tidak terlalu signifikan.Selain itu daun pisang juga diyakini mengandung antibakteri yang membunuh kuman serta bakteri pada makanan sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit. Dengan catatan, jika daun pisang sebelumnya telah dibersihkan dan juga berasal dari lingkungan yang bersih.2. Makanan Terasa Lebih NikmatDaun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang memiliki aroma khas. K [...]

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu asupan yang tepat dapat melancarkan puasa Anda: Jangan melewatkan santap sahur Seperti ibarat pepatah, makan pagi merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari. Terlebih dalam bulan Ramadan, hal ini menjadi sangatlah penting. Jika Anda melewatkan santap sahur, maka tubuh Anda akan mengalami waktu puasa yang lebih panjang dan tubuh Anda hanya akan bergantung dari makanan yang sebelumnya Anda konsumsi sebelum tidur. Hal ini dapat membuat Anda merasa lelah, dehidrasi dan kurang bersemangat sepanjang hari. Selain itu melewatkan waktu sahur dapat membuat Anda makan berlebih saat berbuka dan meningkatkan berat badan. (Baca: Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat) Jangan makan berlebih saat berbuka Sebagaimana tidak disarankan untuk melewatkan waktu sahur, makan berlebih saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan. Saat berbuka puas [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *