Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Otak merupakan organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Seperti yang dikutip dari detikhealth, otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat.Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Untuk itulah otak perlu dijaga dan dirawat, jika tidak penyakit-penyakit yang merusak otak pun bisa terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui sembilan kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat otak menjadi rusak lalu cobalah untuk menghindarinya.1. Tidak sarapanOrang yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah dan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak, padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak pun cepat menurun.2. MerokokSemua orang tahu merokok it [...]

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia. ?Acara ini sudah menjadi agenda tahunan dari produk Diabetasol sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan pola hidup sehat 3J, yaitu Jumlah kalor untuk dibatasi, Jenis asupan nutrisi untuk diteliti sebelum dipilih, dan Jadwal asupan nutrisi untuk dijalani,? ujar Ongkie Tedjasurja, Chief Marketing Officer PT. Kalbe Farma, Tbk.Acara yang diadakan oleh PT. Kalbe Farma, Tbk., melalui salah satu brand-nya, Diabetasol ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk yang telah diadakan di lebih dari 33 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah peserta lebih dari 250.000 orang. Serangkaian acara lainnya dilakukan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan edukasi pola hidup sehat 3J.?Semua orang harus tes gula darah. Pergi ke Puskesmas, ke klinik, ke dokter, kemana kek, yang penting harus tes kesehatan gula darah. Karena diabetes ini berbahaya, ngga ketahuan. Ketahuannya ya harus di tes. Sementara [...]

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Setelah menghilangkan cek senilai 1 miliar rupiah di kantornya, keesokan harinya tiba-tiba Joni lumpuh dan tidak dapat berjalan. Joni panik dan bingung akan kelumpuhannya yang tiba-tiba ini. (Baca: 5 Gejala Stroke) Dalam dunia medis, terutama ilmu psikiatri, atau ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia, dikenal salah satu penyakit yang disebut histeria konversi. Dahulu lebih dikenal dengan nama histeria saja. Pada penderita histeria konversi, seseorang tidak mampu menahan beban mentalnya, atau beban pikirannya, sehingga terjadi konversi menjadi gejala fisik. (Baca: Stres Sebabkan Kebotakan) Gejala fisik ini bisa berupa kebutaan mendadak, kelumpuhan mendadak, dan beberapa gejala lain. Si penderita betul-betul merasa dirinya lumpuh atau buta, jadi penderita tidak memalsukan keadaannya, hal ini berbeda dengan koruptor yang diundang ke persidangan dan berpura-pura sakit, atau seorang pembantu rumah tangga yang berpura-pura tuli demi terhindar dari kewajibannya, kedua hal ini memiliki istilah lain, yaitu malingering. Malingering tidak sama dengan histeria konversi. Pada penderita histeria konversi, dokter tidak akan menemukan kelainan secara fisik sehingga kasus ini seringkali membingun [...]

Bermimpi Bisa Bantu Obati Rasa Kesal & Sedih

Bermimpi Bisa Bantu Obati Rasa Kesal & Sedih

Ketika seseorang mengalami hal yang tidak menyenangkan, biasanya ia menjadi sulit tidur. Namun menurut penelitian, tidur dan bermimpi bisa bantu menghilangkan kenangan buruk tersebut.Menurut penelitian yang dilakukan University of California di Berkeley, saat seseorang bermimpi di malam hari, otak akan mengaktifkan saraf-saraf tertentu untuk meredakan ketegangan pikiran. Para peneliti mengatakan bahwa proses ini akan membuat kenangan buruk menjadi berkurang dan tak lagi menjadi beban pikiran.Reaksi yang memicu perubahan aktivitas sistem saraf di otak itu terjadi dalam fase Rapid Eye Movement (REM), ketika mimpi mulai terbentuk. Begitu bangun, orang tersebut memang tidak akan pernah menyadari apa yang terjadi di otaknya selama tertidur.Aktivitas sistem saraf selama tidur itu akan membuat otak lebih mampu mengelola emosi, sehingga kenangan-kenangan buruk itu tidak akan jadi pikiran lagi. Mungkin tidak benar-benar hilang, namun setidaknya pikiran bisa fokus ke hal lain yang lebih berguna."Kita bangun keesokan harinya, dan pengalaman-pengalaman buruk itu telah menjadi lebih baik dalam kekuatan emosionalnya. Kita merasa lebih baik, merasa bisa mengatasi," ujar peneliti Matthew Walker [...]

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit

Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang, disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki? Mungkin Anda mengalami HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus atau seringkali secara awam disebut dengan saraf terjepit. Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut. Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah) Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher). (Baca: Cara Mengatasi Nyeri Pada Leher) Beberapa gejala ya [...]

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Sanitasi dan air minum yang tidak sehat membuat tidak sedikit penduduk yang meninggal karena diare. Kondisi ini biasa menimpa penduduk di negara berkembang seperti Indonesia. Air minum yang sehat adalah air yang karakteristik fisik, kandungan mikroba, dan bahan kimianya sesuai dengan ketentuan World Health Organization (WHO) atau standar nasional kualitas air minum. Di Indonesia, menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002, air minum diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut: Secara fisik tidak berasa, berbau atau berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu tinggi. Tidak mengandung bakteri seperti E. coli. Tidak mengandung bahan kimia, misalnya pestisida dan desinfektan melebihi batas yang diperbolehkan. Jenis Air Minum Secara umum, air minum di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan sumber, cara pengolahan, dan penyediaannya. Air produksi Perusahaan Air Minum (PAM) Air yang didistribusikan melalui pipa atau tangki untuk keperluan rumah tangga ini umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci, dan memasak. Saat digunakan untuk minum, umumnya air direbus sebelum dikonsumsi. Air tanah Air tanah biasanya did [...]

8 Hal Aneh Tapi Normal yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur

8 Hal Aneh Tapi Normal yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur

Tidur adalah saatnya tubuh beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Tapi saat tidur, organ-organ dalam tubuh sesungguhnya tidak benar-benar istirahat. Banyak hal-hal yang terjadi di dalam tubuh saat seseorang tidur dan Anda mungkin tidak pernah menyangkanya. Ini delapan hal aneh tapi normal yang dialami tubuh selama terlelap, seperti dikutip dari Woman's Day.1. Suhu Tubuh MenurunSesaat sebelum terlelap, temperatur tubuh akan mulai menurun sebagai sinyal bagi otak untuk melepaskan melatonin. Hormon ini memengaruhi sistem sirkadian (ritme atau siklus tidur) yang memberitahu tubuh untuk bahwa inilah saatnya tidur. Michael Breus, PhD, seorang psikolog klinis dan penulis buku The Sleep Doctor?s Diet Plan: Lose Weight Through Better Sleep menjelaskan, temperatur tubuh paling rendah pada pukul 2.30. Jadi untuk kenyamanan tidur, sebaiknya naikkan suhu ruangan jika Anda menggunakan air conditioner.2. Berat Badan BerkurangSaat tidur, tubuh akan kehilangan cairan karena berkeringat dan menghirup udara lembab di malam hari. Proses ini sebenarnya juga terjadi di siang hari namun karena diimbangi dengan makan dan minum, berat badan tidak berkurang. Itulah sebabnya berat badan cenderu [...]

Sehat itu Optimis

Sehat itu Optimis

Optimis atau berpikiran positif akan segala kondisi dan situasi yang kemungkinan berbanding terbalik dengan kenyataan adan keinginan seseorang, ternyata sudah menjadi hal yang natural dilakukan oleh otak manusia. Studi mengenai kinerja otak akan optimisme ini diterbitkan dalam Nature Neuroscience, berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Dr. Tali Sharot, University College London yang mengatakan bahwa 80% manusia merupakan orang-orang optimis, meskipun mereka sendiri tidak menganggap demikian. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat tingkatan optimisme seseorang yang kemudian di uji menggunakan scan otak. Mereka diberikan berbagai macam pertanyaan dan penilaian masing-masing mengenai berbagai macam faktor mengenai kenyataan baik ataupun buruk. Misalkan mereka di berikan kemungkinan terkena kanker sebesar 30%, maka meskipun ada sebagian dari mereka berpikiran resiko mereka menjadi 40%, pada akhir percobaan, mereka akan menurunkan resiko mereka sendiri menjadi 31%. Sedangkan bila sebagian dari mereka sudah berpikiran resiko mereka hanya 10%, maka setelahnya, mereka hanya akan menambah sedikit dari sebelumnya yang sudah dibawah dari perkiraan awal yang telah diinformasikan. Dar [...]

Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika Anda mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat umum. Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak sebagaimana kulit yang lecet. Menyerang Bagian Tubuh yang Lembap Umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi yang juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa pula mengenai bagian terluar dari rambut atau kuku. Selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat, antara lain paha bagian dalam dan bokong. Infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri. Khususnya bagi penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur. Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup p [...]

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Tinja atau dalam medis lebih akrab dikenal dengan istilah feses, bisa berbicara sejujurnya soal kondisi kesehatan Anda. Meskipun mungkin bagi sebagian orang topik mengenai feses adalah sesuatu yang tidak ingin dibicarakan. Namun ketahuilah, tinja Anda bisa lebih jujur daripada manusia. Bentuk tinja, seberapa sering Anda buang air besar, warna tinja, atau hal yang terdapat di tinja Anda bisa merupakan tanda dan sinyal status kesehatan tubuh Anda. Itulah tinja yang Anda keluarkan dapat memberikan banyak informasi mengenai kesehatan Anda. Apa saja informasi kesehatan status tubuh yang dapat diketahui dari tinja? Beirkut penjelasannya: 1. Konsistensi Tinja Tinja manusia seharusnya memiliki konsistensi yang lunak namun tidak cair. Sebagai gambaran, tinja seharusnya dapat dikeluarkan tanpa terputus-putus dan Anda tidak perlu mengedan terlalu keras untuk mengeluarkannya. Apabila Anda mengedan terlalu keras untuk mengeluarkan tinja Anda, maka bisa jadi Anda tidak cukup mengkonsumsi serat, seperti sayur dan buah, atau Anda kekurangan cairan. Sedangkan jika konsistensi feses Anda cair, maka perlu diwaspadai berbagai penyebab buang air besar cair, seperti infeksi, atau [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *