Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

Secara geografis, Indonesia wilayah Indonesia terdiri dari 75% lautan dan 25% daratan. Tidak mengherankan bila kekayaan laut kita sangat beragam sehingga berpotensi untuk pengembangan usaha budidaya ikan. Sayangnya konsumsi ikan atau makanan laut lainnya di Indonesia justru rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan Malaysia. Padahal sulit ditampik, selain Indonesia diakui sebagai negara maritim, ikan sendirii memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat dan kebaikan ikan untuk kesehatan tubuh manusia, maka Anda teruskan melanjutkan membaca Simak tujuh fakta sehat ikan dan makanan laut di bawah ini: Ikan untuk Kesehatan Tubuh Tujuh manfaat kesehatan dari ikan untuk tubuh: 1. Ikan & Seafood = Obat Anti Stres Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan strok yang lebih rendah. Selain itu, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa kanker serta memperbaiki mood. 2. Ikan Kaya akan Omega-3 Manfaat makan ikan didapat dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak ini membantu sel-sel kita bekerja. Ikan yang kaya omega-3 antara lain salmon, [...]

5 Makanan Terburuk yang Biasa Dikonsumsi Orang Saat Sarapan

5 Makanan Terburuk yang Biasa Dikonsumsi Orang Saat Sarapan

Banyak orang makan pagi dengan asupan sederhana seperti sereal. Sebenarnya ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sarapan termasuk sereal manis. Sayangnya sebagian orang tidak mengetahuinya dan tetap mengonsumsi asupan yang sama. Berikut daftar makanan yang seharusnya tidak dimakan pagi hari.1. Sereal ManisBeberapa sereal dengan rasa manis penuh akan karbohidrat dan gula. Sedangkan Anda tidak mengetahui kandungan gula yang baik atau buruk untuk kesehatan. Saat mengonsumsi sereal manis di pagi hari, kemungkinan akan meningkatkan gula darah dan energi menjadi menurun sebelum beraktivitas. Untuk itu, bila ingin mengonsumsi sereal sebaiknya pilih yang tinggi serat dan protein. Tambahan biji-bijian seperti kenari bagus untuk dikonsumsi pagi hari.2. Daging Olahan dan SosisDaging olahan memiliki nitrat yang bisa menyebabkan kanker usus. Bahkan Institute for Cancer Research mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung nitrat perlu dihindari untuk mengurangi risiko kanker tersebut.3. Kue Panggang dan DonatBeberapa orang yang malas membuat sarapan memilih membeli donat atau kue kering di pasar pagi. Kue tersebut dibuat dari tepung putih dan memiliki banyak tambahan gul [...]

Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Jangan panik jika Anda menemukan nanah pada gusi. Lakukan langkah penanganan yang tepat untuk mengobatinya. Nanah bisa dikenali berupa cairan kental yang berwarna putih kekuningan, kuning ataupun kuning kecoklatan. Munculnya nanah lantaran area tertentu mengalami peradangan atau inflamasi saat terjadi infeksi. Infeksi Bakteri Pertumbuhan bakteri yang dibiarkan akan membentuk abses pada gigi, sehingga menyebabkan infeksi, akan menyebar ke area gusi sekitarnya. Hal ini akan memicu terjadinya pengumpulan nanah pada gusi. Abses tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter gigi akan melakukan penanganan untuk mengatasi abses dengan mengeringkan nanah atau sekaligus mencabut gigi yang terinfeksi. Jika rasa sakit tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol ataupun ibuprofen yang dapat dibeli bebas. Namun, sebagian orang, membutuhkan obat pereda nyeri yang lebih kuat dan hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Setelah nanah sudah dikeluarkan, umumnya gejala yang dikeluhkan akan segera hilang. Sedangkan, jika abses pecah sebelum sempat ke dokter gigi, segera berkumur dengan air hangat untuk membersihkan mulut sekaligus mendorong keluarnya nanah hingga [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya Anda menggosok gigi atau hobi mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh. Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika Anda ingin miliki gigi kuat sampai tua.1. Menyikat Gigi Terlalu KerasSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C., seperti dikutip dari She knows. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Terlalu Sering Memutihkan GigiAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan me [...]

Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Dari mana bau badan berasal? Pertanyaan ini kerap menimbulkan banyak perdebatan yang membahas kenapa bau badan seseorang bisa cukup menyengat, sementara pada orang lain tidak terlalu berbau. Dikutip dari hoswtuffworks, bau badan disebabkan bakteri pada kulit yang 'mengolah' gula dan protein dalam keringat. Jadi, bau badan berkaitan erat dengan sesuatu yang kita makan, dan, mungkin saja, makanan favorit Anda jadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap.1. BawangBawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah, karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.2. KunyitKunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh kita melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tapi juga bau mulut tak sedap.3. Daging MerahSelain bumbu masakan, daging merah ternyata juga berkontribusi menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma [...]

8 Alasan yang Membuat Anda Susah Tidur

8 Alasan yang Membuat Anda Susah Tidur

Setelah beraktivitas selama seharian penuh, tubuh tentunya membutuhkan istirahat yang cukup. Maka dari itu setiap malam kita dianjurkan untuk tidur 6-8 jam.Namun seringkali, jam tidur tersebut tidak dapat terpenuhi karena di saat kita sudah bersiap istirahat, kita malah merasa susah tidur. Beberapa penyebab yang umum adalah karena minum kopi, makan terlalu banyak, atau terlalu banyak mikir. Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa Anda merasa susah tidur di malam hari. Apa saja? Lihat di sini, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Berolahraga sebelum tidurMungkin Anda memilih untuk berolahraga di malam hari karena tidak memiliki waktu di pagi harinya. Atau bisa juga karena merasa olahraga di malam hari akan membuat tubuh merasa lelah dan mempermudah tidur Anda.Namun ternyata, yang terjadi adalah sebaliknya. Setelah berolahraga denyut jantung dan metabolisme akan meningkat sehingga mempersulit Anda untuk tidur. Hindari berolahrga tepat sebelum tidur. Beri jeda minimal tiga jam sebelum waktu tidur, atau kalau bisa lebih baik lakukan di pagi hari.2. Tidur siangKarena merasa kurang tidur di malam hari, Anda perlu mengganti waktu istirahat tersebut di siang hari. Namun istirahat di si [...]

5 Khasiat Teh Hijau bagi Tubuh

5 Khasiat Teh Hijau bagi Tubuh

Teh adalah minuman yang tersebar luas di seluruh dunia. Minuman ini sering kita nikmati dalam bentuk teh hitam, teh hijau dan teh Oolong. Dari ketiga jenis teh tersebut, teh hijau merupakan jenis teh yang telah banyak diteliti dan ditemukan memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini terkait dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa teh hijau merupakan teh yang mengandung antioksidan catechin yang paling tinggi dibandingkan teh hitam ataupun teh Oolong. Antioksidan catechin telah diteliti dapat memberikan beberapa khasiat kesehatanyang baik. Khasiat teh hijau yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu itu memang mengundang ketertarikan dari para peneliti. Berikut adalah beberapa khasiat kesehatannya yang telah diteliti oleh para ahli: Teh Hijau dan Kesehatan Beberapa manfaat teh hijau untuk tubuh: 1. Membantu menurunkan berat badan Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oklahoma Health Sciences Center menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau 4 cangkir sehari dapat membantu menurunkan berat badan dalam 8 minggu. Berat badan secara umum, lingkar perut, dan massa lemak tubuh ditemukan menurun setelah konsumsi teh hijau. Tentu saja hal ini harus disert [...]

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Sebagian pria memiliki penis yang bengkok ke sisi kanan atau kiri, ke atas atau bawah saat mengalami ereksi. Umumnya kondisi ini dianggap bukan masalah dan tidak perlu penanganan khusus. Namun jika disertai gejala-gejala lain, seperti rasa sakit, penis bengkok bisa menjadi gejala penyakit serius. Apa penyebab umum penis bengkok? Di dalam penis, terdapat ruangan seperti spons yang akan dialiri darah bilamana seorang laki-laki terangsang secara seksual. Pada umumnya, penis bengkok terjadi saat ruangan tersebut tidak mengembang secara merata dikarenakan perbedaan anatomi penis yang normal. Kondisi penis bengkok tidak membutuhkan penanganan khusus bilamana bengkok tidak terlalu signifikan, tidak mengalami kesulitan saat berhubungan seksual dan tidak merasakan sakit pada penisnya. Namun, beberapa kondisi penis bengkok mungkin perlu mendapat perhatian khusus karena disebabkan oleh situasi berikut: Penyakit Peyronie. Gangguan auto-immune. Cedera pada penis. Ketidaknormalan pada jaringan fibrosa yang diturunkan dari keluarga. Penis bengkok juga dapat terjadi pada bayi yang mengalami hypospadias, dimana ujung saluran kencing terdapat di bawah penis. Mewaspadai Penyakit Peyronie Pen [...]

Duh, Pakai Antiperspirant Terus-Menerus Bisa Buat Ketiak Bertambah Bau

Duh, Pakai Antiperspirant Terus-Menerus Bisa Buat Ketiak Bertambah Bau

Keringat berlebih bisa menyebabkan aroma tubuh tak sedap. Maka dari itu banyak pria dan wanita yang menggunakan antiperspirant untuk mencegah atau keringat keluar dari ketiak, dengan tujuan terbebas dari bau badan selama beraktivitas.Tapi tahukan Anda, antiperspirant justru berpotensi membuat aroma tubuh jadi makin menyengat, jika digunakan dalam jangka panjang? Berbeda dengan deodoran yang berfungsi mencegah bau badan, cara kerja antiperspirant adalah mengurangi produksi keringat sehingga ketiak selalu kering. Itulah sebabnya dinamakan antiperspirant, yang berarti anti-keringat.Berdasarkan penelitian yang dilakukan Chris Callewaert, seorang ahli biologi di Ghent University, Belgia, orang yang menggunakan antiperspirant secara rutin mungkin saja akan mengalami masalah bau badan yang lebih berat nantinya. Apa sebabnya?Pertama-tama Anda perlu mengetahui terlebih dahulu karakter keringat di dalam tubuh. Sebagian besar keringat yang keluar dari tubuh sebenarnya tidak berbau. Keringat yang keluar karena suhu udara panas diproduksi oleh kelenjar ekrin, yaitu kelenjar yang tersebar di seluruh permukaan tubuh. Sementara keringat yang disebabkan oleh stres, ketakutan, gelisah dan rangsan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *