Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Daerah Berisiko Tinggi DBD

Daerah Berisiko Tinggi DBD

Kasus demam berdarah dengue (DBD) paling banyak terjadi di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi seperti DKI Jakarta dan Bali. Mengenali daerah-daerah rawan DBD dapat membuat Anda lebih berhati-hati jika sedang atau berniat menempati suatu daerah, atau bepergian ke daerah-daerah tersebut. Daerah Rawan DBD di Indonesia Indonesia adalah salah satu negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Ditjen PP & PL) Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa Angka Kesakitan/Incidence Rate (IR) DBD cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data IR DBD per propinsi pada tahun 2013, teridentifikasi propinsi-propinsi dengan angka kasus tertinggi dan terendah. Lima propinsi dengan IR DBD tertinggi 2013 adalah: Bali (168,48 per 100.000 penduduk) DKI Jakarta (96,18 per 100.000 penduduk) Kalimantan Timur (92,73 per 100.000 penduduk) Sulawesi Tenggara (66,83 per 100.000 penduduk) DI Yogyakarta (65,25 per 100.000 penduduk) Jika Anda tinggal atau berniat bepergian ke area ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari gigitan nyamuk. Sementara propinsi dengan IR DBD terendah 2013 adalah [...]

Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri saat berhubungan intim di dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah dispareunia. Nyeri ini dapat terjadi saat penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) di awal, pertengahan, ketika orgasme, maupun ketika hubungan intim sudah selesai. Tentunya hal ini sangat mengganggu bagi pasangan suami istri. Dispareunia (nyeri saat berhubungan intim) ini dapat disebabkan oleh beberapa hal: Berkurangnya hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering Kurang 'foreplay' atau 'pemanasan' sehingga lubrikasi (pelicin) pada vagina kurang Vaginismus atau kontraksi pada otot vagina yang umumnya disebabkan karena trauma atau perasaan takut Endometriosis atau pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) di luar rahim Infeksi pada vagina Infeksi pada serviks (mulut rahim) sehingga ketika terjadi penetrasi dalam maka akan timbul rasa nyeri] Peradangan pada panggul yang dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran reproduksi dan panggul Bagaimana cara mengatasi nyeri saat berhubungan intim? Bagaimana cara mengatasi nyeri saat berhubungan intim? Beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi nyeri saat berhubungan intim: Lakukan rangsangan seksual (foreplay) yang ade [...]

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Jika Anda sudah memasuki usia dewasa dan merasa tidak puas dengan susunan gigi dan senyuman Anda, mungkin sempat terlintas di pikiran untuk menggunakan kawat gigi. Lalu timbul pertanyaan apakah ada batasan usia maksimal untuk menjalani perawatan tersebut? Para ahli menyatakan, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki susunan gigi dengan perawatan orthodontik (kawat gigi/behel). Orang yang sudah berusia dewasa dan terjun dalam dunia profesional umumnya menyadari bahwa penampilan adalah elemen penting yang dapat menunjang karir, apalagi jika bekerja di bidang yang mengharuskannya sering berhadapan dengan banyak orang. Senyum adalah salah satu hal yang dapat membuat penampilan seseorang semakin menarik, dan senyum yang indah tentu didukung oleh gigi yang sehat. Menurut American Association of Orthodontists, di Amerika jumlah orang dewasa yang menginginkan perawatan orthodontik meningkat sebanyak 37% antara tahun 1994 dan 2004. Demikian juga di Inggris, pada rentang waktu kurang dari 10 tahun terlihat peningkatan dari 25% menjadi 70% orang dewasa yang memakai kawat gigi. Tidak cuma untuk senyum indah, pemakaian kawat gigi pada orang dewasa juga memliki tujuan untuk kesehatan gigi. B [...]

Melahirkan Dini Menghambat Pendidikan

Melahirkan Dini Menghambat Pendidikan

Penelitian baru dari Joel E. Cohen di Norwegia menemukan bahwa, perempuan dengan pendidikan tinggi memiliki anak lebih sedikit dan perempuan yang memiliki pendidikan tinggi juga terhambat pada kesuburannya. Temuan yang mengejutkan ini dilaporkan secara online minggu ini dalam Prosiding National Academy of Sciences. Di hampir setiap negara, perempuan yang memiliki pendidikan tinggi akan terhambat dalam melahirkan anak dan mempunyai anak lebih sedikit dibandingkan yang tidak berpendidikan tinggi. Cohen mengatakan, "Hasil ini menunjukkan bahwa perempuan dengan gelar pendidikan yang tinggi memiliki kesuburan lebih rendah dari rata-rata. Berbeda dengan perempuan yang memiliki anak diusia dini memiliki kemungkinan tidak berpendidikan tinggi.? Selain itu, banyak perempuan yang ditemui berpendapat, bahwa melahirkan anak dini akan mengganggu pendidikan nantinya, dan hampir perempuan yang berpendidikan tinggi memiliki pikiran yang sama dalam hal ini. Penelitian ini bisa dijadikan ide yang baik untuk menciptakan kesadaran tentang konsekuensi yang akan diambil, jika memilih melahirkan di usia dini berdampak tidak meneruskan pendidikan atau memilih pendidikan tinggi namun akan mengganggu kesubu [...]

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Oleh: dr. Nadia Octavia Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya. Pertolongan dengan Es Pilihan pertama yang paling aman untuk penatalaksanaan cedera adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada cedera atau nyeri yang terjadi dalam kurun kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak. Es akan mengurangi nyeri dan menyebabkan terjadi vasokonstriksi (penyempitan dan penutupan pembuluh darah kecil) sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Tips: Gosokkan batu es pada area yang mengalami cedera hingga es meleleh atau rendamlah handuk tipis pada air dingin dan letakkan batu es di dalam handuk tersebut Untuk tangan atau kaki, rendam di dalam ember atau mangkok berisi es selama 10-15 menit Baik es maupun kompres dingin tidak boleh digunakan selama lebih dari 30 menit Untuk mengurangi bengkak, posisikan area tubuh yang terkena lebih tinggi Kompres hangat Panas akan menyebabkan relaksasi otot dan paling baik digunakan pada otot-otot postural seperti pada punggung dan leher. Nyeri, kaku otot ataupun kekakuan pada osteoart [...]

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Masa hamil merupakan salah satu masa dimana terjadinya perubahan hormonal pada tubuh sehingga memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan pada kulit. Hal umum yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah stretch mark, selulit, linea nigra hingga gatal-gatal. Selain perubahan kulit yang terlihat nyata, rasa gatal inilah yang sering menjadi keluhan lebih lanjut. Rasa gatal pada kulit sekitar paha, pantat, perut, pusar dan payudara, bisa muncul kapan saja mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan. Sehingga dapat dikatakan bahwa keluhan ini dialami sepanjang masa kehamilan yang seringkali membawa perubahan mood ibu. Keluhan ini muncul dikarenakan berbagai macam sebab, antara lain akibat meregangnya kulit untuk menyesuaikan perkembangan janin sehingga kulit menjadi lebih kering, hal lainnya yang menjadi penyebab adalah iritasi pada lipatan tubuh yang mengalami pergesekan seiring dengan bertambahnya berat badan ibu, juga dikarenakan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang membuat terjadi penumpukan bilirubin pada kulit sehingga mengakibatkan rasa gatal. Untuk itu perlunya penanganan yang benar dalam menanggulangi masalah gatal ini dari awal sebelum berkembang [...]

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di punggung. Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering menjadi gangguan adalah jerawat di punggung. Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Bagaimana Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung. Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih. Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung k [...]

Apakah Suplemen Herbal Aman?

Apakah Suplemen Herbal Aman?

Oleh: dr. Nadia Octavia Banyak beredar di pasaran produk suplemen yang menawarkan pilihan untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Diantaranya adalah produk-produk suplemen yang mengklaim sebagai murni berbahan aktif herbal. Amankah suplemen obat herbal bagi tubuh kita? Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh FDA (Food and Drugs Association) tentang pemilihan suplemen herbal yang aman: Perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut harus dapat memberikan bukti pendukung riset ilmiah yang membuktikan bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut memang bermanfaat bagi kesehatan. Perusahaan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan agar suplemen yang diproses memenuhi kualitas standar, tidak mengandung bahan yang terkontaminasi seperti timbal atau pestisida dan bahan yang diproses sesuai standar dan jumlah yang tepat. Berhati-hatilah dalam penggabungan konsumsi suplemen herbal dengan obat-obatan dari resep dokter karena dapat berpotensi membahayakan tubuh dan bahkan dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen obat herbal. Bagaimana mengetahui kandungan yang ada di dalam suplemen herbal? Berikut a [...]

Tetap Sehat Saat Bulan Puasa dengan Menjauhi Gorengan, Ini Alasannya

Tetap Sehat Saat Bulan Puasa dengan Menjauhi Gorengan, Ini Alasannya

Tidak sedikit pria maupun wanita yang tergoda mengonsumsi gorengan saat buka puasa. Menurut Pakar gizi dan nutrisi, Emilia E. Achmadi MS. RD., saat tubuh tidak mengonsumsi makanan dan cairan seharian maka gula darah turun. Hal itu memicu hormon alami manusia untuk mencari makanan yang tinggi gula dan minyak."Kalau dalam waktu yang begitu panjang tidak ada makanan masuk, gula darah akan turun dan men-trigger hormon yang membuat kita mencari makanan dengan kandungan gula dan minyak tinggi. Otomatis bukan buah, tapi tahu goreng isi karena minyaknya, donat karena gulanya, kue coklat, itu natural," tutur Emilia saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Pondok Indah.Emilia melanjutkan, makanan yang terlalu banyak minyak kemudian dikonsumsi secara berlebihan menyebabkan penimbunan lemak. Oleh karena itu Anda disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa.Daripada gorengan Anda bisa memilih makanan yang lebih sehat. Kontrol diri Anda sejak dini untuk mengonsumsi makanan ringan yang mengandung gula alami seperti kurma dan buah-buahan. Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena mem [...]

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong. Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh. The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan karbohidrat. 5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong. Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh. The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa An [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *