Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

7 Cara Menghindari Rokok

7 Cara Menghindari Rokok

Sebuah studi terakhir menemukan bahwa pria dengan usia 65 tahun atau lebih yang biasa merokok 3,2 bungkus rokok setiap harinya dan memustuskan untuk berhenti, maka risiko untuk terkena serangan jantung dapat berkurang. Penyataan ini dapat menjadi suatu motivasi bagi para perokok di Indonesia. Namun saat Anda ingin berhenti merokok dan merasakan suatu keinginan untuk menyalakan rokok lagi, cobalah beberapa cara yang ditulis dibawah ini : Kunyahlah Wortel Mengkonsumsi camilan dapat menghancurkan keinginan untuk merokok. Namun pastikan cemilan yang Anda konsumsi sehat dan mengandung kalori yang rendah seperti sayur dan buah-buahan, untuk hal ini cobalah wortel. Alihkan pikiran Anda Temukan teman yang dapat mendukung keputusan Anda untuk berhenti merokok, atau perbanyak acara sosial dimana Anda dapat berbicara dengan banyak orang sehingga dapat menghilangkan keinginan Anda untuk merokok. Berikut cara menghindari rokok lainnya: Tips Menghindari Rokok Lainnya 2. 'Jepret'-kan diri Anda saat ada keinginan untuk merokok Tindakan ini merupakan tindakan ?cinta yang menyakitkan?. Pakailah karet pada tangan Anda dan ?jepret? diri Anda setiap kali ada keingina [...]

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Oleh: dr. Nadia Octavia Dengan adanya aktivitas beristirahat pada tubuh, selain sebagai bagian aktivitas alami pemulihan stamina, tidur juga membawa pengaruh pada perkembangan kesehatan jiwa. Terutama pada bayi, kualitas tidur si kecil mengambil peran krusiil pada kondisi perkembangan kesehatan jiwanya juga. Berikut info tambahan seputar kebiasaan tidur siang pada bayi: Berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi untuk tidur siang? Bayi usia kurang dari 4 bulanPada usia ini, bayi masih beradaptasi dengan siklus tidur. Bayi biasanya akan tidur siang di antara periode menyusui 4 bulan ? 1 tahunBayi biasanya akan tidur siang setidaknya 2x/hari. Bayi biasanya akan tidur siang dengan total 3 jam atau lebih di siang hari Di atas 1 tahunPada usia ini waktu yang diperlukan bayi untuk tidur siang lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya Bagaimana cara membuat bayi agar tidur siang? Ciptakan suasana dan mood bayi. Ruangan yang gelap, sunyi dan sejuk akan memudahkan bayi untuk tidur siang Hindari menggendong atau menyusui bayi agar tertidur Jaga keamanan tempat tidur bayi Konsisten menjaga waktu tidur bayi pada jam yang sama setiap hari Apakah saya harus [...]

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Merawat organ intim kewanitaan memerlukan perhatian ekstra. Pengetahuan yang benar dalam merawat vagina akan membuat organ ini menjadi sehat dan terawat. Sebaliknya, jika melakukan kesalahan dalam merawatnya, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan efek buruk seperti masalah kesehatan dan penyakit kelamin yang dapat menyerang kapanpun. Yuk kenali masalah seputar daerah kewanitaan agar Anda lebih berhati-hati dalam menjaga Miss V.1. KeputihanMenurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, leucorrhea atau keputihan menjadi salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami oleh wanita. Keputihan atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan vaginal discharge terbagi menjadi 2 jenis, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Keputihan yang normal biasanya disebabkan oleh pengaruh hormon ketika menjelang menstruasi atau setelah menstruasi. Sedangkan keputihan yang tidak normal disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya bakteri, parasit, virus atau jamur. "Hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan atau berhubungan intim di luar nikah adalah salah satu penyebab virus dan jamur bisa masuk kedalam vagina," tutur Dr [...]

Alasan Yogurt Bisa Jadi Alternatif Santapan Buka Puasa

Alasan Yogurt Bisa Jadi Alternatif Santapan Buka Puasa

Es sirup menjadi salah satu minuman yang paling difavoritkan untuk berbuka puasa. Bagaimana tidak? Asupan tersebut terasa manis sehingga menyegarkan dan bisa mengembalikan energi yang hilang. Meski begitu, mengkonsumsi minuman tinggi gula setiap kali buka puasa bisa memicu diabetes dan menyebabkan Anda bertambah gemuk setelah bulan Ramadan. Ditambah lagi dengan goreng-gorengan sebagai makanan favorit berbuka yang sebenarnya juga kurang sehat.Untuk Anda yang ingin mencari asupan sehat yang pas saat bulan puasa, yogurt bisa dijadikan alternatifnya. Produk olahan susu yang rasanya sedikit asam ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi dan mengenyangkan. Dibandingkan dengan sirup, yogurt kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin."Coba kita bandingkan dengan sirup. Sirup sumber energinya memang ada dari glukosa. ?Tapi sirup tidak memiliki protein, vitamin, mineral seperti yogurt. Tidak ada manfaat lain untuk kesehatan," kata Dr Marya W. Haryono MGIZI, SpGk saat acara talkshow bersama Heavenly Blush di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa, (7/6/2015). Tak hanya bergizi, menambah energi, dan rasanya nikmat, yogurt juga memiliki [...]

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah dengan citarasa creamy ini juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sebagai makanan diet untuk bantu turunkan berat badan. Ternyata tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Biji alpukat pun menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan bagian buah yang seringkali terbuang ini disebut-sebut justru lebih sehat ketimbang daging alpukatnya sendiri. Biji alpukat memiliki lebih banyak antioksidan, dan seratnya juga lebih banyak ketimbang oatmeal.Sejumlah dokter juga mengatakan kalau biji alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, biji alpukat pun bisa mengurangi masalah pada pencernaan dan usus. Ini fakta-fakta kesehatan lainnya dari biji alpukat, seperti dikutip dari Live Strong.1. Kaya AntioksidanSebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada 2003 menemukan bahwa diantaranya biji buah lainnya seperti mangga, asam atau nangka, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar. Alpukat kemungkinan menyimpan 7 [...]

Ahok Kena DBD

Ahok Kena DBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan terpapar demam berdarah dengue (DBD). Setelah sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengeluhkan pusing dan demam. Setelah pemeriksaan di rumah sakit sekitar kediamannya, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, hasil tes darah menunjukan Gubernur DKI menderita demam berdarah dengue. Hingga berita ini diturunkan orang nomor satu DKI itu masih beristirahat untuk proses penyembuhan. Menurut keterangan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat pada Senin (9/3) kemarin, diduga paparan DBD adalah dari daerah sekitar kediaman Gubernur DKI, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal ini dikuatkan pula pada terjangkitnya putra bungsu Ahok tengah dalam proses pemulihan DBD. Fogging di Wilayah Kediaman Ahok Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto pada Senin (9/3) kemarin juga telah menjelaskan sudah ada tindakan rutin fogging setiap pekan dari Dinas Kesehatan DKI. Namun pihaknya menemui kendala pada pemeriksaan jentik pada setiap lingkungan, karena tertutupnya lingkungan tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, fogging saja pada prnisipnya tidak dapat menghentikan DBD. (Baca: Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD). K [...]

Beras Merah dan Anti-Stroke

Beras Merah dan Anti-Stroke

Perlu kita ketahui beras merah dan anti stroke mempunyai keterkaitan. Suatu studi di Universitas Negara Bagian Lousiana, AS, menemukan bahwa minyak dedak dari beras merah bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat kesehatan dari beras merah adalah seratnya, secangkir beras merah mampu menyediakan 14% setiap hari. Serat ini telah terbukti menurunkan kolesterol tinggi, juga menghambat aterosklerosis. Serat beras merahpun berperan dalam mengontrol tinggi gula darah, sehingga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Menurut riset Dr. Rui Hai Liu dari Universitas Cornell, seperti halnya buah-buahan dan sayuran, beras merah juga mengandung fenolik, salah satunya zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker. Angka aktivitas antioksidan beras merah menurut hasil riset tersebut adalah 56, sementara brokoli 80, bayam 81, apel 98, pisang 65, jagung 181, dan gandum77. Magnesium, yang terkandung dalam beras merah, menurut beberapa studi mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migran, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke. Beras Merah dan Anti-Stroke Magnesium yang ada diber [...]

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Mengonsumsi makanan kemasan ternyata tidak hanya berbahaya, tetapi juga memiliki efek yang buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Itulah mengapa Anda harus menjaga asupan makanan dan olahraga secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Sebab, jantung adalah salah satu bagian yang paling menonjol dan sensitif dari dalam tubuh manusia.Jantung juga memainkan peran utama dalam memasok darah segar ke seluruh tubuh yang membuat kita sehat dan normal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti rutinitas sehat tertentu untuk menjaga jantung kita sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung, seperti dikutip dari Boldsky.Kesehatan Fisik:1. Olahraga TeraturBerolahraga secara teratur adalah salah satu hal paling dasar yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan latihan yang rutin, tentunya dapat membuang lemak ekstra yang disimpan dalam tubuh, terutama di sekitar garis pinggang. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.2. Menjaga Berat BadanTak sedikit orang mencoba mengurangi berat badan mereka dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit ja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *