Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Tidak jarang ukuran organ reproduksi menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian pasangan suami-istri. Padahal asumsi tersebut belum tentu benar. Meski ukuran organ reproduksi sering kali menjadi masalah bagi pria, ternyata tidak sedikit wanita yang juga khawatir dengan ukuran vaginanya, terlebih lagi wanita yang pernah melahirkan. Tidak sedikit dari mereka yang takut bahwa ukuran vagina mereka akan memengaruhi kepuasan saat melakukan hubungan seks. Ukuran Vagina Organ-organ seksual wanita dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar disebut dengan vulva. Bagian luar antara lain klitoris, labia atau bibir bagian dalam dan luar vagina. Sedangkan bagian dalam termasuk ovarium, rahim, vagina. Vagina bagian dalam berbentuk seperti tabung dengan panjang sekitar 8 cm dan menjadi 10-12 cm ketika terangsang, tabung ini mengarah ke leher rahim. Struktur vagina sendiri sangat elastis dan mudah merenggang untuk menyesuaikan ukuran penis atau pada saat melahirkan. Hal ini dikarenakan dinding vagina memiliki ukuran yang serupa dengan lambung. Jika Anda baru saja melahirkan secara normal, Anda pasti akan merasa sedikit nyeri pada bagian vagina. Vagina juga [...]

Perubahan Warna & Bau Urin

Perubahan Warna & Bau Urin

Urin adalah bagian paling penting dari proses meregularisasi dalam sistem tubuh dan bertanggung jawab guna mengeluarkan air tambahan & produk limbah dalam darah yang telah disaring oleh ginjal. Urin ada terutama untuk mendapatkan pembebasan dari benda beracun atau zat yang jika tidak bisa dinikmati dalam tubuh & akan berbahaya bagi tubuh. Biasanya, warna urin ini bervariasi. Mulai dari kuning samar ke coklat gelap kekuningan, berdasarkan pada kekuatan urin yang dipengaruhi oleh tingkat konsumsi cairan. Sebuah warna urin lebih umumnya merupakan indikasi daripada kurangnya asupan air. Obat tertentu dapat mengubah warna dari hijau cerah menjadi biru, karoten dalam wortel dapat membuat warna urin menjadi orange. Sebuah obat Pyridium yang memberikan efek sensasi sensasi terbakar pada kemih bisa mengubah urin menjadi orang kemerahan. Apa yang akan terjadi jika urin Anda berwarna merah? Perubahan Warna & Bau Urin Ketika memiliki urin yang berwarna merah, itu adalah indikasi klasik akan adanya kehadiran darah pada urin, tetapi sebelum Anda panik, perlu perlu Anda pahami bahwa sedikit saja jumlah darah, mampu menghasilkan variasi warna yang drastis pada u [...]

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Konsumsi minuman berenergi telah lama dikenal luas dan marak dilakukan oleh banyak kalangan. Sebagian orang merasa sangat terbantu dengan mengonsumsi minuman ini, sebagian yang lain merasa ragu dengan efek sampingnya. Tren terbaru adalah mencampurnya dengan minuman lain. Pencampurannya dengan alkohol telah cukup terkenal di luar negeri, namun hal ini telah diyakini berbahaya dan tidak menyehatkan. Bagaimana dengan pencampurannya dengan susu? ?Minuman energi? adalah minuman yang umumnya mengandung kafein, taurin, vitamin, suplemen herbal, gula maupun pemanis buatan. Minuman ini menjanjikan peningkatan energi, performa, stamina, dan konsentrasi. Akibat kandungan kafein dan gula yang tinggi inilah minuman ini diyakini dapat memberikan efek-efek yang diharapkan tersebut. Kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, akan muncul efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Lalu apa yang terjadi jika dicampur dengan susu? Apakah justru ja [...]

Jangan Sepelekan Manfaat dari 6 Makanan Ini

Jangan Sepelekan Manfaat dari 6 Makanan Ini

Kita semua tahu bahwa wortel dan tomat kaya akan vitamin, mineral dan juga zat antioksidan. Tetapi bagaimana dengan peterseli dan lobak? Jangan buru-buru menyepelekannya.Menurut Kerri-Ann Jennings, M.S., R.D., pakar gizi untuk majalah Eating Well, makanan yang biasanya hanya berfungsi sebagai penghias seperti Peterseli (Parsley), mengandung 156 persen kebutuhan harian Vitamin K. Seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, simak manfaat dari makanan dan minuman lain yang mungkin akan mengejutkan Anda.1. JamurJamur mungkin tidak memiliki reputasi kaya akan nutrisi seperti halnya sayuran berwarna cerah lainnya, namun jamur juga tak kalah bermanfaat. Meskipun jamur hanya memiliki sedikit kalori (hanya 20 kalori per cup, atau sekitar 5 buah jamur), namun rasanya yang seperti daging membuat jamur cukup memuaskan sebagai menu pengganti daging. Jamur juga merupakan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa jamur kancing putih mengandung phytochemical yang dapat membantu mencegah kanker payudara.2. Es TehMeminum es teh tidak hanya menyegarkan tapi juga baik untuk tubuh Anda (selama Anda meminumnya tanpa atau dengan sedikit gula [...]

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

Kunci dari mencegah serangan flu adalah menjaga pencernaan tetap sehat dan lancar. Ketika sistem pencernaan sehat, akan lebih mudah mengolah makanan dan menyalurkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi ke seluruh tubuh. Alhasil, tubuh jadi kebal terhadap racun dan menghancurkan bakteri serta virus. Ini tujuh makanan pencegah flu saran dari praktisi gaya hidup sehat Dr Helen Lee, seperti dikutip dari Beliefnet.1. JaheMinyak volatil di dalam jahe berfungsi menghangatkan, membantu tubuh lebih banyak berkeringat. Efek tersebut bisa meredakan demam ringan dan menghilangkan racun. Jahe juga meningkatkan metabolisme tubuh, sementara efek hangatnya membantu mengatasi mual, memperbaiki gangguan pada saluran pencernaan, paru-paru dan sesak napas. Herbal ini juga berefek membersihkan toksin. Tambahkan potongan jahe segar ke dalam minuman teh atau bisa dimakan sendiri. Jika ingin melegakan tenggorokan, campurkan teh, jahe dan madu.2. Bawang PutihAllicin, bahan aktif yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih bisa membersihkan liver --organ yang bertugas membersihkan darah. Aliran darah yang melewati liver setiap tiga menit akan dipr [...]

5 Makanan Terbaik untuk Menambah Darah

5 Makanan Terbaik untuk Menambah Darah

Jangan remehkan jika tubuh Anda kekurangan darah. Terutama bagi wanita yang sedang diet, tingkat penurunan darah lebih besar karena tidak banyak memperoleh nutrisi. Sel darah merah (haemoglobin) berperan sangat penting untuk kesehatan, karena darah yang mengangkut zat makanan dan oksigen. Jika kekurangan darah, bisa mengalami anemia yang gejala awalnya seperti lemah, lesu dan lelah.Jika kekurangan haemoglobin, jangan buru-buru minum suplemen penambah darah. Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik untuk menambah darah.1. DagingDaging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.2. SayuranSayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, [...]

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Kata orang, perjuangan ibu itu tiada taranya, sungguh memang, proses kehamilan dan persalinan bukan hal yang mudah, dan bukan sekedar sukar, rangkaian proses ini seringkali harus mengancam nyawa sang ibu, salah satunya adalah ketika kehamilan disertai dengan pre-eklampsia dan eklampsia. (Baca: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan) Pre-eklampsia adalah keadaan hamil yang disertai dengan beberapa tanda berikut: Tekanan darah yang tinggi (lebih dari 140/90 mmHg) Bengkak pada bagian-bagian tubuh secara menyeluruh (jika urin diperiksa akan menunjukkan terdapat protein dalam jumlah besar pada urin) nyeri kepala mulai dari sedang sampai hebat (tergantung derajat pre eklampsia ringan atau berat) nyeri pada ulu hati penglihatan yang terganggu (biasanya dikeluhkan sebagai pandangan yang kabur dan berbayang) Sampai hari ini sebab dari pre-eklampsia ini masih diperdebatkan, hanya saja beberapa orang dapat kita waspadai untuk masuk dalam keadaan ini, yakni mereka yang memiliki berat badan berlebih dan riwayat tekanan darah tinggi pada keluarga, juga pada mereka yang pada kehamilan sebelumnya menderita pre-eklampsia. Lalu apa yang dimaksud dengan eklampsia? Eklampsia adal [...]

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Batuk pada anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan tidak berbahaya. Namun semua orangtua pasti merasa khawatir apabila anaknya terus-menerus batuk. Meski biasanya gejala batuk dapat menghilang dengan sendirinya, segeralah periksakan ke dokter jika batuk menetap lebih dari 1 minggu disertai keluhan demam tinggi, napas cepat, perubahan suara napas, dan muntah. Biasanya anak yang sedang sakit akan mengalami kesulitan makan. Mereka menjadi kurang nafsu makan, bahkan tidak mau makan sama sekali. Jika terjadi berhari-hari, hal ini tentu akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan akibat batuk: 1. Cukup istirahat Butuh banyak energi bagi anak untuk melawan infeksi. Selain itu, jauhkan anak dari stres, jika anak sedang sekolah atau ada masalah di rumah, berikan dia istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Berikut halaman selanjutnya kiat lainnya untuk mengatasi anak sulit selera makan ketika batuk. Anak Susah Makan Akibat Batuk? 2. Cukupi kebutuhan cairan anak Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, menurunkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *