Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

Meski memiliki nilai gizi dan komposisi yang sama, garam laut dipercaya lebih sehat daripada garam meja. Seperti yang dikutip dari healthmango, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi garam laut. Berikut tujuh manfaatnya!1. Sistem ImunGaram laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan tubuh mampu melawan virus seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.2. DepresiGaram laut juga terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga bantu mempertahankan dua hormon penting, serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.3. Otot KejangKandungan kalium dalam garam penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.4. OsteoporosisSaat kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu konsumsi garam dan air secara rutin dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang.5. DiabetesGaram laut bisa bantu men [...]

10 Aturan Makan untuk Cegah Penuaan Dini

10 Aturan Makan untuk Cegah Penuaan Dini

Menuanya usia memang tidak bisa dihindari, tapi untuk tetap terlihat muda bukan hal yang mustahil. Penuaan dini bisa diperlambat dengan mengonsumsi makanan yang tepat.Makanan yang mengandung protein sehat dan karbohidrat kompleks akan membantu tubuh membentuk otot sekaligus mengurangi kelebihan lemak seiring bertambahnya usia. Sementara makanan yang banyak mengandung antioksidan akan membantu memperlambat munculnya kerutan dan keriput di wajah. Ini cara makan yang bisa membuat Anda tampak muda lebih lama, seperti dikutip dari Female First.1. Gandum UtuhBerdasarkan sebuah penelitian di Amerika, lingkar pinggang wanita paruh baya yang makan roti tawar dan karbohidrat sederhana lainnya bertambah tiga kali lebih besar seiring bertambahnya usia, ketimbang wanita yang mengonsumsi gandum utuh.2. Rajin Makan IkanIkan merupakan sumber protein yang baik, yang disebut dengan leptin. Leptin bekerja seperti hormon di dalam tubuh dan mengontrol hasrat makan sehingga Anda tidak makan berlebihan. Ikan berminyak seperti salmon dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mencegah terbentuknya kerutan di wajah pada segala usia.3. Bakteri BaikSetelah melewati usia 35, jumlah bakteri baik [...]

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh pelangsing jadi salah satu solusi yang banyak dipilih wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bahan-bahan apa yang sebenarnya terkandung dalam teh pelangsing dan bagaimana cara kerjanya? Simak pembahasan lengkapnya di sini.Sesuai dengan namanya, teh pelangsing memiliki fungsi menurunkan berat badan. Teh pelangsing memiliki bahan-bahan yang bisa menghacurkan lemak tubuh, tidak seperti teh biasa. Seperti yang dikutip dari hubpages, teh tanpa bahan aditif masih bisa disebut teh, namun teh dengan campuran obat pencahar dan diuretik dapat digolongkan sebagai teh pelangsing.Ada banyak teh pelangsing yang dijual di pasaran, namun ada tiga teh pelangsing yang paling terkenal dan dipercaya efektif, yaitu teh herbal (green tea), teh cina (fei yin tea) dan teh wulong. Teh-teh tersebut tidak memiliki perbedaan aroma dan rasa yang signifikan.Teh pelangsing berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh dan juga mengandung bahan pembakaran lemak. Tetapi apakah teh pelangsing benar-benar bisa bekerja secara efektif? Sebagian orang percaya, namun yang lainnya tidak.Kebanyakan teh herbal tidak mengandung dari kafein sama sekali, walau begitu, tidak semua teh pelangsing dan teh Cina bebas d [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Mengonsumsi susu sapi menjadi salah satu rutinitas yang masih dilakukan banyak orang, misalnya untuk sarapan. Namun ada juga yang memilih untuk tidak mengonsumsi minuman kaya kalsium ini karena intoleransi laktosa (tidak memiliki enzim untuk mencerna gula susu - laktosa) atau ingin menghindari susu yang mengandung lemak hewani.Sebagai gantinya, hadir susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, mete, edamame, dan lain sebagainya yang dipercaya memiliki kandungan lemak lebih rendah serta kaya akan asam lemak esensial yang baik untuk tubuh. Tapi benarkah susu yang terbuat dari kacang atau sari nabati ini lebih sehat dari susu hewani?Dipaparkan oleh ahli gizi Leona Victoria Djajadi, susu yang terbuat dari kacang-kacangan memang terbukti memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih rendah. Susu hewani pada umumnya diperkaya dengan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dipadatkan dalam bentuk cairan."Sementara kalau kacang-kacangan kan tujuannya dimakan utuh sebagai penganan. Sehingga kalau dijadikan susu, protein dan seratnya tidak semua menjadi bagian dari susu tersebut," ujarnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (17/11/2015).Baca Juga: 50 Foto Before- [...]

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin karena memberi sensasi segar pada tenggorokan. Meskipun sama-sama merehidrasi tubuh, tidak banyak yang tahu kalau air hangat ternyata memberi manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh ketimbang air dingin. Ini dia beberapa keuntungan dengan minum air panas atau hangat, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Membantu Turunkan Berat BadanMinum air hangat akan membuat temperatur tubuh meningkat sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik. Metabolisme tubuh yang tinggi akan membuat penurunan berat badan berlangsung lebih cepat. Disarankan minum air hangat yang dicampur perasan dari setengah lemon ketika bangun pagi. Campuran ini akan membantu memecah adipose, jaringan di dalam tubuh yang sebagian besar berisi lemak.2. DetoksifikasiKetika minum air hangat, suhu tubuh juga meningkat sehingga membuat Anda lebih banyak berkeringat. Dengan keluarnya keringat, maka toksin-toksin di dalam tubuh yang menumpuk pun ikut terbawa keluar dari sistem pencernaan.3. Menyamankan TenggorokanSaat flu atau pilek, Anda disarankan minum air hangat ketimbang dingin. Ini ada alasannya. Air hangat membantu melegakan sistem pernapasan dengan mengencerk [...]

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Terobosan Ilmu Kedokteran Meninggalkan Metode Amputasi Bubuk yang mengandung ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dipakai untuk menumbuhkan kembali ligmen dari kuda, kini telah terbukti dapat menumbuhkan jaringan yang rusak seperti jari terpotong. Bubuk itu diklaim baik untuk penyembuhan luka dan dapat menumbuhkan organ tubuh yang rusak. Penemuan ini berawal ketika pemilik toko di Cincinnati, AS, yang bernama Lee Spievack mengalami jari tengah terpotong seperempat bagian ketika ingin menunjukkan ke pelanggannya bahwa motor model pesawat yang dijualnya tajam dan berbahaya, namun dikemudian hari ia tidak pernah menyangka bahwa ia akan mengalami misteri medis yang akan berpengaruh besar pada dunia kesehatan. Bukannya mengikuti saran dokter dengan melakukan cangkok kulit untuk menutup bagian atas jarinya setelah amputasi, Spievack mengikuti saran saudara laki-lakinya Alan untuk menaburkan bubuk putih yang merupakan ekstrak kandung kemih babi setiap dua harinya. Selain pernah menjadi ahli bedah Harvard, Alan menjalankan perusahaan bernama ACell Inc. yang membuat ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dibuat untuk menumbuhkan kembali ligmen kuda. Dalam waktu empat minggu, jari Spieva [...]

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Masuk angin?, sangat sering menjadi diagnosa mandiri masyarakat awam apabila tubuh kurang fit karena dirasa banyaknya ?angin? di dalam tubuh serta menimbulkan gejala sebagai berikut: Demam Menggigil Keringat dingin Kembung Pilek Mual, muntah Nafsu makan menurun Diare Dan berbagai gejala lainnya. Faktanya, medis tidak mengenal adanya istilah masuk angin. Adapun rangkaian gejala di atas biasanya mengarah ke ?flu like symptom? yang merupakan gejala awal timbulnya serangan virus. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi antibiotik, terutama bila tidak disertai oleh resep dan pengawasan dokter. Biasanya ?flu like symptom? akan membaik dengan sendirinya apabila sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ?masuk angin? atau ?flu like symptoms? tersebut? Ada, berikut sarannya: [...]

Bahaya Naik Motor Tanpa Masker

Bahaya Naik Motor Tanpa Masker

Oleh: dr. Adithia Kwee Klikdokter.com - Apakah Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor? Jika iya, maka Anda sebaiknya mulai menggunakan masker dari sekarang setiap berkendara dengan motor. Tahukah Anda berapa banyak partikel dan kandungan kandungan berbahaya yang dapat terhirup dan tersimpan didalam tubuh Anda? Setiap kendaraan bermotor melepaskan partikel berbahayayang merupakan sisa pembakaran dari kendaraan. Gas-gas beracun seperti monoksida (CO), karbondioksida (CO2), Nitrogen (N), bahkan hingga logam berat seperti timbal terkandung di dalam asap kendaraan bermotor. Anda mungkin tidak merasakan gejala apa-apa pada saat ini, batuk ringan, dan sesak nafas merupakan efek yang dirasakan secara langsung akibat asap kendaraan bermotor. Tetapi masih banyak efek yang baru akan muncul dikemudian hari seperti Penyakit Paru Obstrukf Kronik (PPOK) bahkan kanker. Kadang kita tidak terlalu mementingkan dan kurang sadar akan efek dari asap kendaraan bermotor, Jika Anda sudah paham dari bahaya bahaya rokok yang mengancam maka Anda juga harus sadar dan cerdas akan bahaya asap kendaraan bermotor. Karena pada dasarnya asap kendaraan bermotor sama bahayanya dengan asap ro [...]

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan lainnya). Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *