Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

gangguan-yang-biasa-menimpa-sistem-respirasi-alodokter.jpg

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita.

Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah.

Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas.

Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis).

Beberapa Bagian Tubuh Yang Terlibat

Meski kegiatan ini jarang disadari oleh kita, sesungguhnya ada banyak organ atau bagian tubuh yang terlibat. Berikut beberapa bagian tubuh yang ikut serta dalam sistem respirasi.

  • Rongga hidung

Rongga hidung memiliki rambut-rambut kecil yang berguna untuk menyaring udara yang masuk. Bagian dalam hidung ini dilapisi oleh membran mukosa yang mampu memproduksi lendir sehingga hidung tetap lembap.

Selain untuk menjaga kelembapan, lendir juga berperan untuk menangkap debu-debu yang masuk saat bernapas. Lalu dikeluarkan baik melalui bersin atau dikeluarkan secara manual.

  • Sinus

Ruangan yang terletak sepanjang sisi hidung berisi rongga udara inilah yang disebut sinus. Salah satu fungsi rongga berisi udara ini adalah membuat bobot tengkorak menjadi lebih ringan.

Fungsi lain sinus adalah membuat kelembapan udara yang dihirup tetap terjaga. Kegunaan sinus lainnya adalah memperkeras suara yang muncul.

  • Faring

Faring adalah ruangan di belakang rongga mulut. Selain berperan dalam sistem respirasi karena terhubung ke laring, faring juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan karena terhubung ke kerongkongan. Dalam sistem respirasi, udara akan melalui bagian ini sebelum mencapai alveoli di paru-paru. Fungsi faring lainnya yang tak kalah penting adalah untuk vokalisasi seseorang.

  • Laring (pangkal tenggorokan)

Bagian ini dilindungi oleh jaringan tulang rawan yang membentuk jakun. Fungsi utama laring bagi manusia selain bernapas adalah untuk menelan. Bagian yang terletak antara faring dan trakea ini penting untuk fungsi komunikasi karena pita suara seseorang terletak di sini.

  • Trakea

Bentuk trakea adalah seperti pipa, yang terdiri atas 20 buah tulang rawan. Dengan letaknya yang tepat di bawah laring, trakea memiliki fungsi utama dalam pernapasan sebagai saluran pernapasan utama menuju paru-paru.

Nama yang umum dikenal untuk trakea adalah batang tenggorokan. Organ ini akan memanjang dan melebar sedikit dari ukuran semula saat seseorang menarik napas dan kembali ke ukuran semula saat membuang napas.

  • Bronkus

Bronkus adalah lorong yang merupakan pemasok udara bagi paru-paru dari trakea. Bronkus memiliki dua cabang yakni kanan dan kiri. Kedua cabang tersebut kemudian memiliki banyak cabang saat mencapai paru-paru, yang dinamakan bronkiolus. Lalu, bronkiolus-bronkiolus ini kemudian akan berakhir di kantung udara dalam paru-paru yang disebut alveoli.

  • Paru-paru

Inilah organ utama dalam sistem respirasi manusia. Organ yang berperan sebagai penyuplai oksigen dan membuang karbondioksida ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki tubuh. Paru-paru manusia memiliki sekitar 700 juta alveoli sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru akan mengembang saat memasukkan udara dan kembali ke ukuran semula saat udara keluar. Hal tersebut terjadi karena organ ini dilapisi lapisan tipis yang bertindak sebagai pelumas.

  • Diafragma

Bagian ini adalah otot utama dalam sistem respirasi yang memisahkan rongga dada dan perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan membuat paru-paru mengembang saat menghirup udara dan mengempis saat mengeluarkan napas.

Gangguan yang Pada Umumnya Sering Terjadi

Banyaknya organ yang terlibat dalam sistem respirasi membuat gangguan pernapasan juga memiliki banyak gangguan. Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem respirasi akan terganggu. Berikut beberapa gangguan yang sering menimpa sistem pernapasan.

  • Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

  • Laringitis

Ini adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, iritasi, atau infeksi pada organ ini. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang mengalami laringitis.

  • Faringitis

Keluhan utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penanganannya dibutuhkan antibiotik.

  • Asma

Terjadinya penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya gangguan ini. Sesak napas adalah tanda umum dari penyakit ini. ?Mengi? (wheezing) adalah suara khas saat pasien mengeluarkan napas.

  • Bronkitis

Gangguan ini berupa terjadinya peradangan pada bronkus, saluran udara dari dan ke paru-paru. Penderita bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

  • Emfisema

Emfisema menyerang pada kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema biasanya akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Pneumonia

Penyakit satu ini biasa disebut dengan radang paru-paru. Peradangan terjadi biasanya diakibatkan oleh infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Banyaknya organ yang terlibat dan gangguan yang mungkin menyerang sistem respirasi membuat siapa pun harus pandai menjaga diri. Jika ada gangguan yang sudah mengkhawatirkan jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Letih dan kantuk yang tidak tertahankan di siang hari hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam sibuk dapat mengganggu performa kerja Anda.Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk pada siang hari? Berikut tipsnya dari Health Me Up.YoghurtYoghurt dapat memberikan semangat. Gula alami dan protein yang terkandung membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik bakteri dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.OatmealOatmeal yang diseduh dengan susu atau air dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan lebih lama.Air dan Jus LemonSalah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk meng [...]

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar?

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar?

Seringkali menjadi pertanyaan wanita yang sudah melahirkan apakah dapat melahirkan normal setelah riwayat operasi sesar (seksio sesarea) sebelumnya. Tindakan ini dapat dilakukan, asal memenuhi syarat VBAC. VBAC (Vaginal Birth After C-Section) adalah proses melahirkan normal setelah melakukan seksio sesarea. Jarak persalinan normal dengan persalinan caesar sebelumnya idealnya 18-24 bulan. Ada pula yang mengatakan setelah 18 atau 24 bulan baru hamil lagi untuk lebih amannya. Akan tetapi semua tergantung bagaimana riwayat operasi caesar sebelumnya. Persentase berhasilnya 60-80%. Dan risiko utamanya adalah rupture uteri, sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan yang mendukung sebelum dilakukan VBAC. Apa saja kriteria yang menjadi syarat dapat dilakukan kelahiran normal setelah operasi sesar? Kriteria Syarat Dapat Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar Kriteria melakukan VBAC adalah: Riwayat 1 seksio sesarea. Semakin banyak melakukan seksio sesarea risiko rupture uteri bertambah besar. Pasien dengan risiko seksio sesarea 2 kali mempunyai risiko rupture uteri 5x lebih besar dari bekas seksio sesarea satu kali. Seksio sesarea dengan insisi segmen bawa [...]

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Oleh: drg. Arni Maharani Berdasarkan suatu penelitian, dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan jumlah anak penderita gigi berlubang. Mengingat keterbatasan anak-anak dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta beberapa kebiasaan pada anak yang menjadi penyebab gigi berlubang maka banyak sekali anak-anak yang mengalami gigi berlubang. Tapi ada peran serta dari orangtua yang juga memperbesar risiko gigi berlubang, yaitu cara memberikan makanan yang salah, antara lain seperti: Memberikan makanan dan minuman manis Memberikan makanan dan minuman manis dalam botol dot sampai anak tertidur Memberikan ASI dalam posisi anak tidur atau bahkan sampai tertidur Mengemut makanan Tidak lain jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama, maka konsekuensinya adalah anak dapat mengalami gigi berlubang (karies gigi). Penyakit gigi berlubang atau karies pada anak terbagi dalam dua jenis yaitu karies botol dan karies rampan. Kedua macam penyakit ini sangat berbahaya bagi anak-anak karena akibat yang ditimbulkan bukan hanya masalah dalam rongga mulut tetapi juga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Rasa sakit pada gigi berlubang akan mengganggu sehingga pola makan [...]

6 Tips Mencegah Wasir

6 Tips Mencegah Wasir

Wasir adalah pembengkakan atau pendarahan di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Wasir bukanlah penyakit serius, namun patut diwaspadai. Karena jika bertambah parah bisa berujung di meja operasi. Beberapa penyebab wasir adalah sakit diare atau sembelit yang mengakibatkan terjadinya penekanan pada anus. Selain itu kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab wasir. Wasir biasanya dialami pula oleh wanita hamil pada 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan beban janin semakin berat sehingga menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Dorongan sedikit saja di bagian anus mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya pecah sehingga terjadi wasir. Untuk pencegahan wasir, Anda dapat lakukan: Cukupi kebutuhan cairan tubuh Cukupi kebutuhan makanan berserat Rutin olahraga Hindari mengejan terlampau kuat saat BAB Bagi wanita hamil, usahakan untuk berbaring selama 20 menit setiap 4 hingga 6 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan. Menjaga berat badan tidak berlebihan. di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Pertolongan Pertama Ke [...]

Ini Dia Ragam Rehabilitasi Medik

Ini Dia Ragam Rehabilitasi Medik

Rehabilitasi adalah kegiatan medis yang dilakukan guna mengembalikan fungsi tubuh yang mengalami masalah. Rehabilitasi dilakukan pada pasien yang memiliki gangguan baik fisik maupun mental dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi yang rusak. Ada beragam jenis rehabilitasi dan masing-masing disesuaikan dengan tujuan dan penyebabnya masing-masing. Beragam Jenis Rehabilitasi Berikut ini adalah beberapa penyakit atau gangguan medis yang memerlukan rehabilitasi medik. Rehabilitasi pada penderita masalah jantung Pada pasien dengan masalah jantung, tingkat kegiatan rehabilitasi akan dimulai dengan aktivitas ringan seperti berpindah tempat dari tempat tidur ke kursi, atau sekadar bangun dari posisi tidur ke posisi duduk. Kemudian ditingkatkan pada pertemuan kedua atau ketiga ketika pasien sudah mulai merasa nyaman dengan kegiatan sebelumnya. Misalnya pasien mulai mengganti pakaian tanpa dibantu, berdandan, atau berjalan kaki dengan jarak pendek. Jika pada saat aktivitas mulai meningkat dan pasien merasa kelelahan, maka pasien akan dianjurkan untuk berhenti. Kemudian dokter akan melakukan evaluasi guna menentukan kegiatan apa yang cocok. Rehabilitasi ini dilakukan pada pasien pasca opera [...]

3 Mitos Seputar Kulit Sensitif yang Penting Diketahui Kebenarannya

3 Mitos Seputar Kulit Sensitif yang Penting Diketahui Kebenarannya

Merawat kulit sensitif memerlukan perhatian ekstra. Salah penanganan, kulit bisa merah-merah, timbul jerawat hingga iritasi. Mitos seputar kulit sensitif pun perlu diwaspadai karena bisa membuat Anda keliru dalam perawatannya. Dikutip dari Women's Health USA, ada tiga mitos seputar kulit sensitif yang umum dipercaya.1. Retinoid Berbahaya Bagi Kulit SensitifKrim yang mengandung retinol atau vitamin A berkhasiat membuat kulit tampak muda dengan mencegah terjadinya penuaan sejak dini. Retinol juga membantu meregenerasi kulit di malam hari, sehingga di pagi harinya wajah terlihat lebih segar dan kencang. Namun banyak mitos yang menyebutkan kalau retinol tidak seharusnya digunakan pada kulit sensitif.Faktanya, setiap orang dengan berbagai jenis kulit bisa saja menggunakan retinol. Hanya saja pada kulit sensitif, sebaiknya tidak mengaplikasikannya langsung karena efek retinol memang cukup keras. Anda bisa melapisinya terlebih dahulu dengan pelembab atau serum yang mengandung niacinamide. Zat ini bersifat anti radang sehingga bisa meminimalisir risiko iritasi. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit hingga terserap kulit, baru kemudian gunakan krim retinol.2. Hypoallergenic Aman untu [...]

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Pada umumnya angioplasti berperan meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent. Sebagian stent dilapisi obat-obatan yang membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Penempatan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit. Peran Angioplasti Secara umum angioplasti adalah solusi untuk gangguan kesehatan berikut: Untuk memperbaiki aliran darah ke jantung yang tersumbat pada pengidap aterosklerosis, antara lain gejalanya adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis, yaitu pengerasan [...]

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

Memelihara rambut agar selalu indah, sehat dan berkilau tidak cukup dengan perawatan dari luar saja. Serajin apa pun Anda memakai kondisioner dan spa rambut di salon, atau memakai produk mahal sekalipun apabila tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat maka rambut akan tetap kusam, kering serta rapuh.Perawatan dari dalam pun tak kalah pentingnya demi mendapatkan rambut indah. Bukan dengan jamu-jamuan atau pil suplemen penumbuh rambut. Tapi dimulai dari gaya hidup sehat. Ini empat kebiasaan sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh tapi juga penampilan rambut.1. Hindari Diet KetatSeperti dikutip dari Daily Mail, diet sangat rendah kalori yang menyebabkan berat badan turun drastis bisa memicu kerontokan rambut. Pola makan rendah kalori minim asupan lemak esensial, protein serta mineral yang bisa menutrisi rambut. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, jalanilah diet sehat yang rendah gula, dan pastikan dalam setiap menu makanan terkandung protein serta lemak sehat setiap hari. Meminum suplemen mengandung multivitamin dan mineral juga bisa mendukung pemenuhan nutrisi selama program penurunan berat badan. 2. Hindari Konsumsi Terlalu Banyak GulaGula dip [...]

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah buang air kecil bisa menimpa siapa saja, tidak peduli jenis kelamin. Salah satu gejala paling umum dari gangguan ini adalah ketika keinginan kencing sudah tidak tertahankan lagi, namun membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar. Kondisi ini harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh yang lainnya. Apa Saja Penyebab Utamanya? Seiring usia, susah buang air kecil cepat atau lambat dapat dialami pria maupun wanita. Karena organ tubuh antara pria dan wanita berbeda, maka ada beberapa perbedaan yang menjadi penyebab susah buang air kecil. Berikut beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab susah buang air kecil: Pembengkakan prostat. Seiring pertambahan usia seorang pria, kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin bisa keluar. Pada wanita, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil. Sedangkan pada pria, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan. Sistem syaraf terganggu. G [...]

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Orangtua yang membersihkan dot bayi dengan cara menyedotnya mungkin dapat melindungi buah hati mereka dari alergi, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tanggal 6 Mei 2013. Bill hesselmar, MD, profesor di bidang alergi anak di Universitas Gothenburg di Swedia dan koleganya menganalisa 184 bayi yang lahir di M�lndal Hospital di Gothensburg. Orangtua membuat sebuah jurnal yang berisi catatan 1 tahun pertama hidup anaknya. Seorang dokter anak ahli alergi memeriksa tiap anak pada usia 18 dan 36 bulan. Sampel air liur diambil saat bayi berusia 4 bulan dan cara masing-masing orangtua membersihkan dot dicatat oleh peneliti berdasarkan hasil wawancara. Berikut hasil penelitian para peneliti tersebut. Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya Para peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang orangtuanya menyedot dot mereka untuk membersihkannya lebih kecil kemungkinan mengalami asma, eksim dan sensisitasi terhadap alergen potensial pada usia 18 bulan. Efek protektif terhadap eksim tetap ada sampai bayi berusia 36 bulan. Ketika peneliti mencari hubungannya dengan cara persalinan serta tingkat pendidikan ibu, mereka menemukan bahw [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *