Gay dan Aids, Berhubungankah?

hubungan_intim.jpg

Adanya hubungan intim sesama jenis telah menjadi rahasia umum, termasuk di Indonesia. Bahkan menurut perkiraan para ahli dan Badan PBB, dengan memperhitungkan jumlah penduduk lelaki dewasa, jumlah lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) di Indonesia saat ini diperkirakan lebih dari tiga juta orang. Sedangkan berdasarkan perkiraan tahun 2009, angkanya hanya sekitar 800 ribu, di mana 60 hingga 80 ribu di antaranya berada di Jakarta.

Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan Gay, Waria dan Lelaki yang Berhubungan Seks dengan Lelaki (GWL) INA, Tono Permana Muhamad mengatakan tidak ada angka pasti tentang perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki tersebut.

“Di Indonesia, perkiraan jumlah LSL sekitar 800 ribu. Itu perkiraan pada tahun 2009. Ini bukan berarti ada 800 ribu gay atau 800 ribu waria. Gay sama waria jumlah justru kecil. Tetapi terbanyak adalah laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki tetapi dia tidak mengidentifikasi dirinya,” ujar Tono dalam diskusi ?Inisiatif Penanggulangan Epidemi HIV di Kalangan LSL, Gay, dan Waria di Kota Besar Asia? yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, Kamis (17/3/2011).

Lalu benarkah ada hubungan kuat antara gay dan HIV-AIDS?

Gejala & Tanda AIDS

Sebelum kita berbicara jauh mengenai hubungan HIV-AIDS dengan gay, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu sekilas mengenai apa saja gejala dari AIDS:

Gejala dan Tanda AIDS

Perjalanan klinik infeksi HIV terbagi atas tiga tahap yaitu, tahap akut yang berlangsung selama 3-12 minggu, tahap laten/kronik yang berlangsung antara tahun pertama hingga ke tujuh, dan tahap krisis yang terjadi pada tahun ke delapan hingga ke sebelas.

Seseorang dikatakan telah menderita AIDS apabila menunjukkan tes HIV positif dengan pemeriksaan yang sesuai dan sekurang-kurangnya didapatkan dua gejala mayor dan satu gejala minor, dan gejala-gejala ini bukan disebabkan oleh keadaan lain yang berkaitan dengan infeksi HIV.

Gejala mayor :

  • Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
  • Diare berkepanjangan yang berlangsung lebih dari satu bulan
  • Demam berkepanjangan lebih dari satu bulan
  • Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis (saraf)
  • Demensia (penurunan ingatan/memori) /HIV ensefalopati

Gejala minor :

  • Batuk menetap lebih dari satu bulan
  • Dermatitis generalisata yang gatal
  • Adanya penyakit herpes zoster dibeberapa tempat dan atau berulang
  • Kandidiasis orofaringeal – Penyakit jamur pada rongga mulut dan kerongkongan
  • Limfadenopati generalisata ? Pembesaran di semua kelenjar limfe
  • Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita

Lalu bagaimanakah hubungannya HIV-AIDS dengan gay?

Hubungan Gay & HIV-AIDS

Perilaku LSL terdata dari kelompok Gay, Waria, dan Heteroseks. Kaum gay umumnya mengidentifikasikan dirinya sebagai orang yang berorientasi seks sejenis dan berpenampilan sebagai lelaki. Waria mengidentifikasi dan mengekspresikan diri sebagai perempuan, sedangkan kalangan heteroseks, menurut Tono, dilakukan sesekali saja, biasanya karena terpaksa misalnya di lingkungan yang ada pemisahan antara pria dan wanita.

Tono menambahkan bahwa, para lelaki yang melakukan LSL dengan tidak aman merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap penyebaran HIV. Sementara itu untuk melindungi kaum LSL baik waria, gay maupun yang lain dari risiko penularanHuman Immunodeficiency Virus (HIV), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI bertekad untuk menghapus stigma dan diskriminasi, mulai dari lingkungan pusat-pusat layanan kesehatan.

Sekretaris KPA DKI, Dra Hj Rohana Manggala M,Si menegaskan bahwa KPA akan mengadakan pelatihan tentang pendekatan khusus terhadap kaum LSL bagi tenaga kesehatan di 5 Puskesmas di Jakarta, yakni di Pejaten, Bendungan Hilir, Ciracas, Cengkareng, dan Koja di pertengahan tahun 2011.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Manis yang Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Makanan Manis yang Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Makanan manis seperti kolak, es buah, kurma, atau kue menjadi snack pilihan kebanyakan orang sebelum buka puasa. Namun ada anggapan yang mengatakan bahwa berbuka dengan makanan manis itu anjuran yang keliru. Benarkah berbuka dengan yang manis tidak disarankan?Menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, berbuka dengan mengonsumi makanan yang manis boleh saja, bahkan dianjurkan asalkan tidak berlebihan. Pria yang kerap disapa Hardin itu menjelaskan, ketika tubuh tidak diisi asupan makanan dan cairan selama seharian maka gula darah turun terutama di sore hari. Untuk kembali meningkatkan gula darah dengan cepat maka bisa mengonsumsi makanan manis seperti buah."Kalau makan sekadarnya saja nggak masalah asal nggak berlebihan saja. Buah itu kan manis, kalau mau buah tapi ingin makanan bergula silakan saja tapi dibatasi," tutur Hardin saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).Hardin melanjutkan, buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Kurma, pepaya, dan pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus. Namun ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi.Buah-buahan yang mengandung a [...]

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

?Hampir semua orang tentu sudah mengerti pentingnya merawat kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, rutinitas membersihkan gigi harus dilakukan setiap hari. Paling tidak, tindakan perawatan paling dasar yakni menyikatnya dengan pasta gigi. Meski tergolong mudah dan umum, ternyata tidak semua orang Indonesia sudah melakukannya dengan benar. Menurut data Riskesda (Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar) di 2013, orang yang sudah menyikat sesuai rekomendasi hanya 2,3% dari 72,3% mereka yang rutin menggosok gigi. Lalu, bagaimana sebenarnya standar menyikat yang disarankan para ahli?Menurut ?Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes, merawat kesehatan mulut yang benar sebenarnya mudah. Yakni dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kemudian berkumurlah dengan cairan pembersih mulut minimal dua kali sehari. Hal tersebut memang sederhana namun sering disepelekan orang-orang. Bahkan di Indonesia baru 72,3% masyarakat yang menyikat gigi."?Penyakit gigi masuk enam besar penyakit yang paling sering dikeluhkan orang Indonesia. Penyakit ini juga termasuk penyakit keempat termahal dalam perawatannya. Penyebabnya adalah perilaku," kata Tri di acara konferensi pers 21 ?Hari Tantangan Listeri [...]

Kwashiorkor dan Marasmus, Malanutrisi yang Mengancam Nyawa

Kwashiorkor dan Marasmus, Malanutrisi yang Mengancam Nyawa

Kwashiorkor dan marasmus adalah dua bentuk malanutrisi yang sering terjadi pada anak-anak di negara berkembang. Kemiskinan dan kekurangan bahan pangan adalah dua penyebab utamanya. Selain di negara miskin, kondisi ini juga dapat terjadi di negara-negara di mana tingkat pendidikan rendah, yang sedang mengalami situasi politik tidak stabil, serta yang sedang mengalami bencana alam dan kekurangan bahan makanan. Kwashiorkor dan marasmus dapat terjadi pada usia berapa pun, tapi paling umum terjadi pada anak-anak. Apa perbedaan umum antara keduanya? Kwashiorkor: Kekurangan Protein Secara spesifik kwashiorkor diartikan sebagai kondisi kekurangan atau bahkan ketiadaan asupan protein. Padahal protein dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membuat sel-sel baru. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di bagian bawah kulit (edema) akibat terlalu banyaknya cairan dalam jaringan tubuh. Gejala yang dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh ini umumnya dimulai pada kaki. Gejala ini biasanya diiringi sejumlah kondisi berikut: Rambut yang kering, jarang, dan rapuh, bahkan dapat berubah warna menjadi putih atau kuning kemerahan. Bercak merah pada kulit yang berubah gelap atau mengelupas. Mudah m [...]

Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari. Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil. Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut. Jika morning sickness yang Anda alami masih te [...]

Riset: Diet Vegetarian Bisa Atasi Masalah Hipertensi

Riset: Diet Vegetarian Bisa Atasi Masalah Hipertensi

Hampir sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat memiliki masalah tekanan darah tinggi atau yang sering dikenal dengan hipertensi. Hipertensi ini meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Tak jarang hipertensi juga disebut sebagai "silent killer", karena serangan datang tiba-tiba tanpa adanya tanda-tanda masalah sebelumnya. Apakah penyakit yang berisiko mematikan itu bisa dihindari? Penelitian menunjukkan dengan makan diet vegetarian dapat membantu mengatasi hipertensi ini.Seperti dikutip CNN, tekanan darah yang normal pada umumnya adalah 120/80 mm HG. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setiap peningkatan 20/10 mm HG dalam jumlah dua kali lipat, pasien lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Sedangkan jika Anda dapat menurunkan 5 mm HG, risiko terserang penyakit jantung yang mematikan berkurang sekitar 7%. Dan riset yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine membuktikan mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak terbukti bisa menurunkan risiko tersebut.Dalam risetnya, peneliti menganalisis data dari tujuh percobaan klinis yang diterbitkan sebelumnya dan 32 studi observasi. Dalam percobaan klinis itu ada 311 orang yang menjadi r [...]

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Apakah Anda termasuk seseorang yang datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan saja? Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh? Apakah Anda pernah berpikir bahwa medical check up yang rutin dapat menyelamatkan nyawa Anda? Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang hanya datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan, maka mungkin sekarang adalah saatnya Anda mengubah pikiran Anda. Tubuh Anda adalah karunia Tuhan yang luar biasa. Kemampuannya untuk beradaptasi dan mengatasi masalah-masalah kecil memampukan tubuh manusia untuk mengatasi banyak sekali bahaya kesehatan. Untuk itulah, seringkali ketika terdapat suatu masalah kesehatan dalam tubuh, secara otomatis tubuh Anda akan mengatasinya sehingga tidak muncul gejala yang berarti. Dalam kondisi seperti ini, meskipun Anda tidak memiliki keluhan, tubuh Anda sebenarnya sudah sakit. Untuk itulah pemantauan kesehatan rutin diperlukan selain dari menjalani pola hidup sehat untuk menjaga hidup Anda. Lalu bagaimana medical check up dapat menyelamatkan nyawa Anda? Inilah Bagaimana Medical Check Up Dapat Menyelamatk [...]

Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Anda pernah mengalami gusi berdarah pada saat sikat gigi atau setelah makan sesuatu? Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya masalah dengan gusi Anda. Gusi berdarah bisa menjadi tanda dari adanya penyakit atau masalah dengan gusi Anda. Gusi atau dalam istilah medis disebut dengan gingiva merupakan jaringan lunak yang mengelilingi dan melindungi gigi. Jika Anda sehat, maka gusi akan berwarna merah muda. Tapi jika terjadi sesuatu pada kesehatan gusi Anda, warnanya akan berubah menjadi merah, biru, atau putih dan dapat disertai dengan keluarnya darah. Darah ini biasanya akan keluar ketika Anda menggosok gigi. Penyebab Gusi Berdarah Gusi berdarah umumnya disebabkan oleh adanya plak pada gusi. Plak merupakan campuran antara bakteri mulut Anda dengan ludah dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Untuk menghilangkan plak, Anda dapat menyikat gigi Anda secara teratur. Tapi jika Anda tidak teratur dalam menyikat gigi Anda, maka plak ini bisa berubah menjadi karang dan untuk menghilangkannya akan diperlukan bantuan dokter gigi. Plak yang telah berubah menjadi karang dapat memicu gusi berdarah pada saat Anda menyikat gigi. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada [...]

Cara Makan untuk Menenangkan Mood yang Sedang Galau

Cara Makan untuk Menenangkan Mood yang Sedang Galau

Mood seseorang bisa dipengaruhi dari apa yang dia makan dan caranya mengonsumi makanan. Beberapa jenis makanan bisa membuat seseorang lebih bersemangat dalam beraktivitas, ada pula yang fungsinya menenangkan mood. Cokelat misalnya, makanan ini disarankan untuk dikonsumsi saat akan mengadakan meeting penting, ketika ujian atau kala hati sedang sedih. Di dalam cokelat terkandung hormon endorphin yang bisa membangkitkan rasa senang. Cokelat juga memiliki polifenol yang membantu menenangkan mood. Oleh karena itu ketika mood negatif menyerang, ada baiknya Anda mengubah pola diet yang tinggi karbohidrat dan cenderung tidak sehat menjadi lebih baik. Ini tips untuk meningkatkan mood positif lewat makanan, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Ganti Asupan KarbohidratJika terbiasa mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti tepung terigu, nasi putih, roti tawar atau kentang, cobalah menggantinya dengan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini bisa didapatkan dari tepung gandum utuh, pasta gandum, roti gandum, sayuran juga ubi. Makanan tersebut mengandung cukup serat yang baik untuk sistem pencernaan. Ketika perut terasa nyaman karena sistem pencernaan yang berjalan baik, mood pu [...]

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Menurut sebuah penelitian, kebersihan mulut bukanlah prioritas utama bagi sebagian orang. Satu dari sepuluh orang akui malas menggosok gigi. Tapi kebiasaan buruk ini ternyata bisa dihilangkan dengan rajin bercinta.Dikutip dari female first, penelitian terbaru di Inggris menemukan hasil yang mengejutkan. Terdapat 700 ribu orang mengakui bahwa mereka jarang menyikat gigi selama lebih dari sebulan. Lalu, ada 17 persen orang berkegiatan di luar rumah tanpa menyikat gigi selama tiga hari atau lebih. Temuan-temuan ini menujukkan bahwa banyak orang yang tidak memberikan perhatian pada kesehatan mulutnya.Tom Elton, dari Listerine mengatakan,"sebagian besar orang tidak tahu bahwa terdapat 7,3 miliar kuman di dalam mulut seseorang. Jumlah ini melebihi jumlah manusia di planet ini. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mulut.""Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa kebersihan mulut merupakan hal yang paling sering diabaikan di Inggris dan banyak orang yang menetapkan standar kebersihan mulut mereka sendiri. Maka tidak mengherankan bahwa data statistik mengungkapkan 45 persen individu dari populasi di Inggris masing-masing memiliki lima atau lebih tambalan gigi," tambah E [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *