Gay dan Aids, Berhubungankah?

hubungan_intim.jpg

Adanya hubungan intim sesama jenis telah menjadi rahasia umum, termasuk di Indonesia. Bahkan menurut perkiraan para ahli dan Badan PBB, dengan memperhitungkan jumlah penduduk lelaki dewasa, jumlah lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) di Indonesia saat ini diperkirakan lebih dari tiga juta orang. Sedangkan berdasarkan perkiraan tahun 2009, angkanya hanya sekitar 800 ribu, di mana 60 hingga 80 ribu di antaranya berada di Jakarta.

Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan Gay, Waria dan Lelaki yang Berhubungan Seks dengan Lelaki (GWL) INA, Tono Permana Muhamad mengatakan tidak ada angka pasti tentang perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki tersebut.

“Di Indonesia, perkiraan jumlah LSL sekitar 800 ribu. Itu perkiraan pada tahun 2009. Ini bukan berarti ada 800 ribu gay atau 800 ribu waria. Gay sama waria jumlah justru kecil. Tetapi terbanyak adalah laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki tetapi dia tidak mengidentifikasi dirinya,” ujar Tono dalam diskusi ?Inisiatif Penanggulangan Epidemi HIV di Kalangan LSL, Gay, dan Waria di Kota Besar Asia? yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, Kamis (17/3/2011).

Lalu benarkah ada hubungan kuat antara gay dan HIV-AIDS?

Gejala & Tanda AIDS

Sebelum kita berbicara jauh mengenai hubungan HIV-AIDS dengan gay, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu sekilas mengenai apa saja gejala dari AIDS:

Gejala dan Tanda AIDS

Perjalanan klinik infeksi HIV terbagi atas tiga tahap yaitu, tahap akut yang berlangsung selama 3-12 minggu, tahap laten/kronik yang berlangsung antara tahun pertama hingga ke tujuh, dan tahap krisis yang terjadi pada tahun ke delapan hingga ke sebelas.

Seseorang dikatakan telah menderita AIDS apabila menunjukkan tes HIV positif dengan pemeriksaan yang sesuai dan sekurang-kurangnya didapatkan dua gejala mayor dan satu gejala minor, dan gejala-gejala ini bukan disebabkan oleh keadaan lain yang berkaitan dengan infeksi HIV.

Gejala mayor :

  • Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
  • Diare berkepanjangan yang berlangsung lebih dari satu bulan
  • Demam berkepanjangan lebih dari satu bulan
  • Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis (saraf)
  • Demensia (penurunan ingatan/memori) /HIV ensefalopati

Gejala minor :

  • Batuk menetap lebih dari satu bulan
  • Dermatitis generalisata yang gatal
  • Adanya penyakit herpes zoster dibeberapa tempat dan atau berulang
  • Kandidiasis orofaringeal – Penyakit jamur pada rongga mulut dan kerongkongan
  • Limfadenopati generalisata ? Pembesaran di semua kelenjar limfe
  • Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita

Lalu bagaimanakah hubungannya HIV-AIDS dengan gay?

Hubungan Gay & HIV-AIDS

Perilaku LSL terdata dari kelompok Gay, Waria, dan Heteroseks. Kaum gay umumnya mengidentifikasikan dirinya sebagai orang yang berorientasi seks sejenis dan berpenampilan sebagai lelaki. Waria mengidentifikasi dan mengekspresikan diri sebagai perempuan, sedangkan kalangan heteroseks, menurut Tono, dilakukan sesekali saja, biasanya karena terpaksa misalnya di lingkungan yang ada pemisahan antara pria dan wanita.

Tono menambahkan bahwa, para lelaki yang melakukan LSL dengan tidak aman merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap penyebaran HIV. Sementara itu untuk melindungi kaum LSL baik waria, gay maupun yang lain dari risiko penularanHuman Immunodeficiency Virus (HIV), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI bertekad untuk menghapus stigma dan diskriminasi, mulai dari lingkungan pusat-pusat layanan kesehatan.

Sekretaris KPA DKI, Dra Hj Rohana Manggala M,Si menegaskan bahwa KPA akan mengadakan pelatihan tentang pendekatan khusus terhadap kaum LSL bagi tenaga kesehatan di 5 Puskesmas di Jakarta, yakni di Pejaten, Bendungan Hilir, Ciracas, Cengkareng, dan Koja di pertengahan tahun 2011.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Percayakah Anda bahwa daging kambing dapat meningkatkan keperkasaan, khususnya untuk pria? Bahkan ada yang mengatakan kalau daging kambing muda atau daging kambing setengah matang lebih baik ketimbang daging kambing yang matang. Entah darimana pernyataan tersebut berkembang. Berikut penjelasannya: Daging kambing bukanlah golongan makanan pembangkit libido. Rasa hangat yang timbul setelah makan daging kambing berasal dari lemak yang melekat di daging kambing, dan secara ilmiah tidak ada hubungannya dengan peningkatan libido. Bahkan daging kambing memiliki kandungan gizi yang sama dengan daging sapi, hanya saja kandungan lemak daging kambing lebih rendah. Hal tersebut membuat daging kambing terasa lebih ringan dan mudah dicerna, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang mengartikan perasaan nyaman itu dengan peningkatan libido. Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik? Jika Anda ingin menambah gairah seksual, sebaiknya Anda memilih makanan yang mampu meningkatkan hormon testosteron (hormon yang bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual), seperti alpukat, durian, tiram dan cokelat. Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan g [...]

Bahaya Radiasi Ponsel, Mulai Dari Kanker Otak Hingga Bunuh Sperma

Bahaya Radiasi Ponsel, Mulai Dari Kanker Otak Hingga Bunuh Sperma

Dampak penggunaan ponsel masih menyisakan perdebatan panjang hingga saat ini. Ada pihak yang menyakini bahwa radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan. Namun, ada juga yang bersikukuh bahwa ponsel tidak berbahaya.Walau masih dalam perdebatan, tapi tak ada salahnya jika kita lebih bijaksana saat menggunakan ponsel untuk menghindari bahaya radiasinya. Seperti yang dikutip dari detikinet, ada beberapa penyakit yang mungkin bisa disebabkan oleh radiasi telepon genggam. Apa saja?1. Kanker OtakWorld Health Organization (WHO) mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat, menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Mereka menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel.2. Risiko Pada AnakLaporan dari International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative yang ditulis kelompok peneliti internasional pernah mengakui adanya kemungkinan munculnya kan [...]

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester kedua kehamilan, yaitu antara 4-6 bulan. Berikut tips-tips nya untuk Anda. Persiapan Mudik Wanita Hamil Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester [...]

Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Sebagian wanita senang memanjangkan kuku agar terlihat lebih feminin dan mudah untuk dibentuk maupun dihias. Tapi jika tidak benar memeliharanya, kuku panjang bisa menjadi sumber penyakit dan penyebab terjadinya gangguan kesehatan.Menurut studi terbaru yang dilakukan Infectious Disease Society of America, kuku yang panjangnya melebihi tiga milimeter dari ujung jari bisa menyimpan bakteri dan jamur berbahaya. Kebanyakan orang hanya fokus pada kulit tangan serta sela-sela jari saat mencuci tangan, tapi kerap mengabaikan kuman-kuman di bawah kuku mereka.Seperti dikutip dari Health Me Up, banyak orang tidak membersihkan tangan dan kukunya dengan benar. Sedikitnya diperlukan waktu 15 detik untuk mencuci tangan dan membersihkan bagian bawah kuku agar benar-benar terhindar dari kuman berbahaya.Mencuci tangan dengan benar sangatlah penting, karena tangan merupakan organ tubuh manusia yang paling banyak terkena kontak langsung dengan puluhan bahkan ratusan benda setiap harinya. Baik di rumah saat memasak, membersihkan lantai, mencuci piring, memegang remote control atau bersalaman dengan orang lain, memencet tombol eskalator, menyentuh kursi bus hingga memegang uang kertas.Selain pada ta [...]

Tidur di Ruangan Gelap Lebih Dianjurkan

Tidur di Ruangan Gelap Lebih Dianjurkan

Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik walaupun sudah tidur cukup (7-8 jam/hari),bahkan banyak yang memiliki gangguan tidur (insomnia). Salah satu cara untuk medapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan tidur dalam ruangan yang gelap. Bagaimana bisa begitu? Melatonin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur) hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 ? 10 malam, inilah yang membuat Anda mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur Anda teratur. Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan membuat otak Anda terus bekerja sehingga membuat Anda lebih sulit tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital. Tidur dalam kondisi terang dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai [...]

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa. Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak. Pahami arti Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi. Bersama orang tua Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa. Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa: Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase bia [...]

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaruh ponsel di pinggang? Jika ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan menaruh ponsel di pinggang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang Anda.Dikutip dari Times of India, orang yang sering menaruh ponselnya di ikat pinggang sebelah kanan dapat mengurangi kandungan mineral tulang atau Bone Mineral Content (BMC). Sedangkan di sebelah kiri, bisa mempengaruhi kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD). BMC dan BMD adalah suatu pemeriksaan kuantitatif untuk mengukur kandungan mineral tulang. Pemeriksaan ini membantu untuk mengetahui apakah seseorang mengalami osteoporosis atau tidak.Dr. Sravi dari National University di Cuyo, Mendoza, melakukan tes dual-energy x-ray absorptiometry untuk mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri responden yang sehat. Tes dilakukan pada 24 responden yang tidak menggunakan ponsel dan 24 yang menaruh ponsel pada ikat pinggang sebelah kanan selama satu tahun.Rata-rata kadar BMC dan BMD pada pinggul tidak terlalu berbeda di antara kedua kelompok responden tersebut. Namun, kelompok yang tidak menggunakan ponsel memiliki kadar mineral lebih tinggi pada tulang [...]

Obat Baru untuk Sunburn

Obat Baru untuk Sunburn

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda suka berjemur? TIdak jarang Anda pernah mengalami sunburn (nyeri kulit akibat terbakar matahari). Tapi kini ditemukan cara baru untuk menghilangkan nyeri sunburn. Wolfgang Liedtke seorang neurologis dari Duke University, menemukan sebuah mokekul yang dinamakan TRPV 4 dimana bila molekul ini dihambat maka nyeri yang timbul akibat terbakar oleh karena sinar matahari atau sunburn dapat dieliminasi. Sunburn biasanya ditimbulkan oleh radiasi akibat sinar ultraviolet B (UVB) yang dapat merusak lapisan terluar dari kulit yang mengakibatkan kemerahan dan rasa terbakar. Dalam jumlah yang sedikit paparan terhadap UVB terkadang menguntungkan, dalam hal membantu proses pembuatan vitamin D di tubuh. Namun paparan yang berlebih dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan kulit. Penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), Liedtke dan kolega menemukan bahwa mereka dapat menghambat proses iritasi kulit akibat UVB. UVB mengiritasi kulit dengan mengaktivasi molekul TRPV4 yang mengakibatkan stimulasi ion kalsium yang memicu produksi molekul bernama endothelin yang mengakibatkan nyeri dan gatal. Mereka menunjukkan bah [...]

Bermain Tetris Menyehatkan Mata

Bermain Tetris Menyehatkan Mata

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Siapa yang tidak kenal Tetris? Sejak zaman gimbot hingga iPad, permainan yang dilahirkan di Uni Soviet ini sangat popular di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Peraturan bermainnya sederhana yaitu menyusun balok-balok yang berjatuhan sesuai dengan bentuknya. Selain menghibur hati, ternyata permainan ini memiliki manfaat medis. Tim dokter McGill University di Kanada menemukan bahwa bermain Tetris dapat memperbaiki mata malas atau yang disebut juga dengan ambliopia. Pada sebuah penelitian kecil yang melibatkan 18 orang dewasa, cara ini ditemukan lebih baik dibandingkan cara konvensional yaitu degan menutup mata yang normal agar mata yang malas bekerja lebih keras. Para peneliti sekarang ingin mengetahui apakah metode ini juga dapat diterapkan pada anak-anak dengan kondisi yang sama. Beberapa penelitian terkait hal ini sedang dilakukan di Inggris. Satu dari 50 anak menderita ambliopia. Keadaan ini terjadi karena susunan saraf antara otak dengan mata tidak mendapatkan stimulasi yang benar. Otak akan memprioritaskan bayangan yang datang dari mata yang sehat dan mengabaikan bayangan dari mata yang lebih lemah. Mata yang lemah cenderung berdeviasi. Pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *