Harapan Baru Pengidap TBC

pengidap_TBC1.jpg

Harapan baru bagi pengidap TBC, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York, AS menemukan bakteri yang sudah dimodifikasi dapat berfungsi sebagai pelindung dari penyakit paru-paru, lebih lanjut diharapkan dapat memberikan anti-bakteri penyebab TBC. Uniknya, bakteri yang telah dimodifikasi tersebut masih memiliki hubungan keluarga dari bakteri penyebab TBC (Mycobacterium Tuberculosis) sendiri.

Hasil penelitian yang diterbitkan di laporan Nature Medicine pada tanggal 4 September 2011 lalu itu menyelidiki sekelompok gen yang dinamakan ESX-3, yang terdapat dalam semua varian Mycobacterium dimana gen tersebut memiliki fungsi dalam kinerja bakteri untuk menghindari sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Kari Ann Sweeney, dkk., itu menemukan dalam hubungan kekerabatan bakterinya, Mycobacterium tuberculosis tidak dapat bertahan tanpa ESX-3, namun ?sepupunya?, Mycobacterium Smegmatis, mampu. Para peneliti memodifikasi Mycobacterium Smegmatis dengan menghapus gen ESX-3-nya kemudian menyuntikkan ke tikus sebagai percobaan. Ditemukan dari tindakan tersebut dalam waktu 3 hari tikus telah bersih dari bakteri di paru-paru dan ginjal.

Walau penelitian masih dalam tahap sangat awal, dan potensi pengembangan vaksin baru yang lebih efektif dari hasil penelitian tersebut belum begitu menjanjikan, langkah awal penelitian menyimpan harapan besar jutaan penderita TBC di dunia. Dimana di Indonesia sendiri memiliki ?prestasi? berada dalam peringkat ketiga terburuk untuk jumlah penderita TBC, tiap tahunnya senantiasa bertambah 500 .000 kasus TBC baru, dan lebih dari 140.000 diantaranya meninggal dunia.

Menjawab keadaan tersebut, pada kesempatan lain di Hyderabad, India, telah dilakukan perjanjian kerjasama antara Badan Kesehatan Dunia (WHO) dengan International Pharmaceutical Federation (FIP) dalam rangka peran perusahaan-perusahaan farmasi berkomitmen dalam penanganan TBC, Senin (5/9) lalu. ?Farmasi dapat menjadi ?gatekeepers? kepada titik vital pelayanan TBC. WHO menyambut baik peluang kolaborasi dengan jaringan federasi farmasi lebih jauh guna membantu pasien TBC dengan meningkatkan dan memudahkan akses penanganan dan perawatan kepada yang membutuhkan,? ujar Asisten Direktur WHO untuk HIV/AIDS, TBC, Malaria dan Penyakit Tropis, Dr. Hiroki Nakatani pada pidato pembukaan acara penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut.

Sambutan positif senada ikut digaungkan oleh Presiden FIP, dr. Michel Buchmann, ?Kini wilayah peran farmasi menjadi lebih luas dalam pengembangan dan penggunaan obat anti-TB, Perjanjian Kerjasama ini juga memiliki fokus pada peran farmasi yang lebih khusus dan langsung dalam keterlibatan penanganan pasien TB. FIP akan mendukung WHO serta pihak otoritas kesehatan negara masing-masing dalam usaha menasionalisasikan program anti-TBC.?

Dalam skala dunia, berdasarkan data WHO, TBC sendiri memasuki posisi ke 7 dari 10 pembunuh tertinggi di dunia dengan kontribusi sejumlah 1.7juta jiwa manusia per tahunnya. Dilain sisi, satu-satunya vaksin yang ada, -BCG- kurang memiliki kinerja yang efektif. Kinerja vaksin BCG memiliki hasil yang variatif, mulai dari 0% hingga 80% efektivitas dari berbagai hasil di belahan dunia. Belum lagi isu potensi masalah baru yang diberikan vaksin BCG kepada penyandang HIV.

Serangkaian agenda berkaitan TBC diatas menyimpan harapan kepada penyandang TBC, dari implementasi kerjasama antara WHO dan FIP, didukung serta perkembangan penelitian demi penelitian mengenai TBC, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengentasan solusi TBC di seluruh dunia.[](DA)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering duduk untuk waktu yang lama setiap harinya memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ginjal kronik, terutama pada perempuan. Hubungan duduk lama dan penyakit ginjal Pada penelitian ini, perempuan yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama juga dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal pada pria, namun dengan persentase yang lebih rendah. Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dihubungkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit ginjal pada pria, tapi tidak pada perempuan. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan untuk menutupi dampak negatif duduk lama lebih efektif pada pria dibandingkan pada perempuan, ujar peneliti Dr. Thomas Yates. Dr. Yates adalah pengajar senior Univers [...]

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Ikan dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung karena mengandung omega-3. Mengonsumsi ikan satu kali seminggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 90 persen.Beberapa temuan terdahulu menyoroti manfaat kesehatan dari asam lemak omega-3 --asam yang ada pada jenis ikan berminyak-- seperti salmon, makarel dan sarden terhadap pria. Namun kini, ikan berminyak dipercaya memiliki lebih banyak manfaat bagi wanita muda untuk meningkatkan tekanan darah, jantung dan fungsi pembuluh darah.Kepala peneliti Dr Marin Strom dari Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark mengatakan, "Penelitian kami menunjukkan bahwa memakan ikan sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan terutama bagi wanita muda."Penelitian yang melibatkan 49.000 wanita di Denmark dengan rentang usia 15 hingga 49 tahun itu melakukan pantauan terhadap kesehatan peserta penelitian selama delapan tahun. Saat diet, gaya hidup dan riwayat keluarga diberi penilaian. Para peneliti juga mencatat 577 aktivitas kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke serta lima kasus kematian.Hasilnya, peneliti menemukan bahwa wanita yang jarang atau hampir tak pernah makan ikan memiliki 90 persen masalah k [...]

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Saat mulut serasa berbau tak sedap, memakan permen mint biasanya dianggap sebagai solusi cepat dan praktis untuk membuat napas lebih segar. Namun ternyata sifatnya hanya sementara. Mengulum permen mint justru berpotensi membuat bau mulut bertambah parah. Kenapa bisa?Dokter bedah gigi Leong Hon Chiew mengatakan bahwa seperti produk permen pada umumnya, kebanyakan permen mint tinggi kandungan gulanya. Makanan yang mengandung gula akan memicu pertumbuhan bakteri yang bisa membuat mulut bertambah bau.Jika tetap ingin makan permen mint untuk menyegarkan napas --meskipun hanya sementara-- Leong menyarankan untuk menghindari konsumsi permen mint setelah makan malam. Seringkali setelah makan malam dan mengulum permen, orang tidak akan minum air putih dalam waktu lama."Karena mereka ingin rasa segar (dari permen mint) bertahan lebih lama. Tapi itu justru membuat mulut dan tenggorokan kering dan merangsang pertumbuhan bakteri," ujar Leong, seperti dikutip dari Men's Health.Mengganti permen mint bergula dengan produk yang berlabel non-sugar pun tidak selalu efektif. Xylitol, pemanis buatan yang biasa digunakan dalam permen karet dan permen bebas gula memang bukan gula dan tidak menimbulkan [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sangatlah mudah menemukan penjual sate. Sate sangat digemari para penduduk Indonesia karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau semua kalangan. Apa saja sebetulnya kandungan gizi dalam sate? Sate mengandung protein yang tinggi karena umumnya terdiri dari daging. Selain itu sate juga mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang berasal dari lemak dan minyak sayur yang digunakan sewaktu memprosesnya. Sebagai gambaran umum, pada sate ayam terkandung kadar lemak jenuh sebesar 20%, sate sapi 30% dan sate kambing 60%. Bagaimana dengan bumbu kacangnya? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Bumbu Kacangnya? Bumbu kacang biasanya terdiri dari kacang, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan minyak. 29 gram bumbu kacang mengandung 77 kalori, dimana 70% nya berasal dari lemak. Selain itu juga mengandung 138 gram sodium atau garam. Kacang memang tinggi akan lemak tak jenuh, sedangkan bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan. Namun sate dan bumbu kacang yang berminyak menjadikan semua kandungan gizi tersebut menurun. Bagaimana dengan pelengkapnya seperti bawang merah? Bawang merah kaya akan flavo [...]

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

Pada suasana panas seperti di Jakarta, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 % vitamin C dan 17 % vitamin A. Berikut beberapa kelebihan semangka. 3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu Berikut beberapa kelebihan semangka: 1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. 2. Meringankan Nyeri Otot Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka. 3. Mengandung Air yang Banyak Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tub [...]

Studi: Memakai Baju Warna Cerah Bisa Buat Anda Lebih Bahagia

Studi: Memakai Baju Warna Cerah Bisa Buat Anda Lebih Bahagia

Mengenakan pakaian cerah dan berwarna-warni di tempat umum mungkin tak banyak orang yang berani melakukannya. Khawatir jadi pusat perhatian, dinilai 'norak' atau takut terlihat seperti 'badut' menjadi beberapa alasannya. Sebagian besar orang pun lebih memilih 'main aman' dengan busana warna netral atau gelap seperti hitam, cokelat, navy, putih atau abu-abu. Padahal jika sedikit saja punya keberanian untuk tampil beda dengan pakaian warna cerah bisa berdampak positif terhadap kesehatan."Penelitian menunjukkan bahwa ragam warna bisa menimbulkan efek psikologis yang kuat. Ketika kita melihat warna, sistem syaraf pada otak akan merespon dan menyebabkan kelenjar hypothalamus melepaskan hormon-hormon tertentu," ujar Jules Standish, penulis buku 'How Not To Wear Black' seperti dikutip dari Daily Mail.Misalnya saja ketika melihat warna bernuansa hangat dan terang seperti pink, oranye atau kuning, otak akan melepaskan dopamine yang dikenal sebagai 'hormon bahagia'. Hormon ini bisa meningkatkan mood positif, lebih waspada bahkan meningkatkan gairah seksual. Sementara warna-warna sejuk seperti biru dan hijau akan memicu pelepasan hormon oksitosin yang membuat mood lebih tenang.Memadukan pa [...]

5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal

5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal

Tumbuh kembang si kecil selalu menjadi perhatian para orangtua. Setiap detik perubahan perilaku yang terjadi, dapat menggugah semangat, mengusik tawa dan memperindah hari. Tak heran, lingkungan sosial media dipenuhi oleh rentetan foto sang buah hati dengan berbagai macam ekspresi dan tingkah laku. Tiga bulan pertama awal kehidupan merupakan saat yang paling berharga. Di masa itulah bayi dapat menunjukkan kemampuannya berinteraksi dengan sekitar, dan melakukan komunikasi sederhana. Para orangtua hendaknya dapat mengenali beberapa tanda pertumbuhan dan perkembangan. Apa saja tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan anak yang memasuki masa interaksi? Klik ?next? untuk mengetahui lebih lanjut masa-masa waktu emas yang ada. 5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal Tumbuh kembang si kecil selalu menjadi perhatian para orangtua. Setiap detik perubahan perilaku yang terjadi, dapat menggugah semangat, mengusik tawa dan memperindah hari. Tak heran, lingkungan sosial media dipenuhi oleh rentetan foto sang buah hati dengan berbagai macam ekspresi dan tingkah laku. Tiga bulan pertama awal kehidupan merupakan saat yang paling berharga. Di masa itulah bayi [...]

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, secara tak sadar berbagai permasalahanan kesehatan mulai berdatangan. Mulai dari yang ringan seperti mudah lelah, kekurangan zat besi, hipertensi, kolestrol hingga yang cukup berat seperti osteoporosis, diabetes, hingga kanker.Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan yang disantap setiap harinya agar selalu dalam kondisi bugar. Seperti apa?1. Hindari Makanan Cepat SajiMengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tak jenuh di dalamnya dapat mengakibatkan pembengkakkan pada tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebab utama dari obesitas atau kelebihan berat badan. Kandungan sodium tinggi yang terdapat di makanan cepat saji juga bisa membuat tekanan darah meningkat dan kerja jantung menjadi melemah.Sehingga tak ada salahnya Anda menghindari makanan cepat saji dan bertanya kepada restoran tentang daftar kandungan yang terdapat pada makanan yang disajikan. Baca juga info produk dalam setiap kemasan yang dibeli di supermarket untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.2. Kurangi Makanan ManisMeski makanan m [...]

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Bawang putih sering diasosiasikan sebagai penyebab bau badan dan bau mulut, meskipun manfaatnya baik untuk kesehatan. Namun sebuah penelitian telah menampik anggapan umum tersebut. Mengonsumi bawang putih, justru bisa membuat pria lebih menarik bagi lawan jenisnya.Dalam serangkaian penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite, seperti dikutip dari Huffington Post, ditemukan bahwa konsumsi banyak bawang putih akan membuat aroma tubuh pria jadi semakin menarik bagi wanita. Hasilnya pun cukup signifikan.Para peneliti dari Charles University, Praha, Republik Cekoslovakia melakukan percobaan terhadap partisipan yang semuanya pria. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diharuskan makan sandwich dengan isian keju dan 12 gram (sekitar enam siung) bawang putih. Sementara kelompok kedua makan sandwich keju tanpa bawang putih.Agar hasil penelitian semakin akurat, partisipan diminta membatasi pemakaian atau konsumsi segala sesuatu yang bisa memengaruhi aroma tubuh alami. Misalnya tidak memakai deodoran atau merokok. Para partisipan kemudian diberi kapas yang dipakai di ketiak, guna mengumpulkan sampel keringat dan aroma tubuh selama dalam 12 jam.Baca Juga: 50 Foto Before [...]

6 Tips Cepat Hamil

6 Tips Cepat Hamil

Pada prinsipnya, status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak persiapan kehamilan yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu sangat penting untuk diprioritaskan. Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah 6 cara mempercepat kehamilan bagi Anda yang merencanakan kehamilan: Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan kepada dokter vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, misalnya: asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang). (Baca: 5 Medical Check-up Wajib untuk Wanita) 2. Pahami Siklus Menstruasi Anda Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual. Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21-35 hari, maka cara perh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *