Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

olahraga_1.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Tanggal 9 September kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Tanggal tersebut dicanangkan karena merupakan hari Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan Indonesia, yaitu pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta. Ternyata bukan hanya Indonesia yang memperingati hari olahraga. Tahun ini, Vuk Jeremic, presiden majelis umum PBB mengumumkan bahwa telah dikeluarkan sebuah resolusi yang menetapkan tanggal 6 April sebagai hari internasional olahraga untuk pembangunan dan perdamaian.

Sebelumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan mengubah suatu bangsa; mampu menginspirasi, menyatukan dan meruntuhkan hambatan/rintangan sosial dan ras, bahkan menumbuhkan kualitas-kualitas seperti rasa hormat, keadilan, dan ketekunan. Apakah pernyataan ini terlalu hiperbolis atau justru suatu gol yang dapat dicapai?

Meskipun pernyataan-pernyataan tersebut terdengar muluk, akan tetapi sebenarnya hal ini bukan hal yang tidak pernah dilakukan. Beberapa contoh yang sudah dilakukan di berbagai penjuru dunia adalah:

  • Parivartan adalah sebuah proyek di Mumbai, India yang sasarannya adalah anak laki-laki dan laki-laki muda. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dengan meningkatkan peran olahraga cricket. Proyek International Centre for Research on Women (ICRW) yang berjalan dari tahun 2008 ini menggunakan peran pelatih cricket yang seringkali menjadi tokoh panutan bagi anak laki-laki untuk mengedukasi anak-anak usia 10-16 tahun mengenai pentingnya menghindari perilaku diskriminatif terhadap perempuan. Meskipun terdengar muluk, ternyata proyek ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terlihat dari adanya perbaikan pada perilaku peserta proyek terhadap kaum perempuan.

  • Di pusat pengungsian Zaatari di sebelah utara Jordan, sepakbola digunakan untuk mengajarkan anak-anak Siria tentang bahaya ranjau darat dan juga untuk memberikan rasa familiaritas dalam keseharian mereka yang hidup di tempat pengungsian.

  • Sebuah proyek yang didukung penuh oleh AusAid di Fiji menggunakan olahraga rugby untuk membantu mengubah persepsi masyarakat terhadap orang-orang difabel atau yang memiliki disabilitas tertentu.

Apabila kita berbicara tentang olahraga, sebenarnya ada dua sisi dari dunia olahraga ini, yaitu olahraga untuk prestasi dan olahraga untuk masyarakat umum. Olahraga untuk prestasi adalah olahraga kompetitif, melibatkan populasi atlet baik amatir maupun profesional dan mencakup petandingan seperti pekan olahraga dan olimpiade. Sedangkan olahraga masyarakat adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat umum, biasanya untuk rekreasi atau sebagai bagian dari gaya hidup aktif. Selama ini yang dikaitkan dengan pembangunan dan perdamaian adalah olahraga prestasi, melalui pelaksanaan pertandingan antar negara seperti olimpiade dan SEA Games. Akan tetapi seperti yang dicontohkan di atas, ternyata olahraga masyarakat pun dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi masyarakat yang dapat mengarah ke pembangunan suatu negara.

Tentunya dari sisi medis, olahraga bermanfaat besar terhadap kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik, tubuh akan lebih bugar dan risiko penyakit metabolik akan menurun, bahkan risiko kematian akibat penyakit tidak menular akan menurun sebanyak 40%. Selain itu, ketika berolahraga tubuh kita akan mengeluaran hormon endorfin yang akan membuat kita merasa senang dan bahagia. Olahraga bahkan dikatakan dapat menurunkan angka depresi sama efektifnya dengan obat-obatan atau terapi perilaku.

Oleh sebab itu, mari kita peringati Hari Olahraga Nasional dengan memasyarakatkan olahraga. Jadikan olahraga sebuah kebiasaan di keluarga Anda dan gunakan kesempatan ini untuk menanamkan nilai-nilai yang positif bagi generasi muda. Salam olahraga![](SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Setelah makan besar, biasanya kita akan mengakhirinya dengan menyantap buah-buahan sebagai pencuci mulut. Entah itu pisang, pepaya, anggur atau jeruk. Ternyata kebiasaan ini berpotensi besar merusak gigi.Sebagian besar buah-buahan mengandung gula. Bagi gigi, gula adalah 'musuh besar' terutama jika tidak dibersihkan di malam harinya. Gula yang menempel pada permukaan gigi merupakan 'makanan' bagi bakteri di dalam mulut. Ketika gula bereaksi dengan bakteri, akan terbentuk lapisan asam yang bisa melemahkan enamel gigi dan mengikis mineral yang penting untuk menguatkan gigi, misalnya kalsium. Hal ini bisa memicu terjadinya gigi keropos, rapuh atau berlubang.Sebenarnya terbentuknya asam di dalam mulut bisa dicegah oleh tubuh dengan produksi saliva atau air liur. Saliva berfungsi menetralkan pH atau keasaman di dalam mulut dan mengembalikan kembali mineral yang hilang setelah makan. Namun proses ini belangsung cukup lama, perlu 40 menit hingga saliva melapisi gigi dan gusi dengan sempurna untuk perlindungan.Jika setelah makan besar Anda langsung mengonsumsi buah-buahan, maka saliva tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki terbentuknya asam yang bisa merusak gigi. Tidak hanya buah- [...]

Apa Itu OCD – Obsessive Compulsive Disorder?

Apa Itu OCD – Obsessive Compulsive Disorder?

Kita biasanya memiliki satu orang teman yang terlihat begitu perfeksionis, melakukan segala sesuatunya dengan terlalu sempurna, bahkan sampai hal-hal terkecil seperti mengecek apakah dia sudah mengunci pintu mobilnya, minimal sebanyak 5 kali. Jika Anda memiliki teman yang demikian, patut dicurigai bahwa dia menderita OCD, bukan obsessive corbuzier diet, sama sekali bukan, melainkan obsessive compulsive disorder. OCD ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang. Penyebab OCD sampai hari ini belum diketahui, baik wanita maupun pria dapat terkena OCD. Bentuk tersering selain mengunci mobil berulang-ulang dapat kita lihat pada orang yang seringkali mencuci tangannya berulang kali meskipun ia tahu tangannya dalam keadaan bersih. Penanganan OCD Penderita OCD pada umumnya sadar bahwa mereka memiliki obsesi tertentu, mereka sekaligus malu kalau orang lain mengetahui isi pikir mereka yang penuh obsesi ini, akibatnya penderita OCD cenderung menutup diri, dan tak sedikit yang menjadi depresi. OCD dapat diobati dengan obat-obat yang sifatnya meng [...]

Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang menganggap bahwa kehilangan daya ingat merupakan suatu proses yang normal dalam penuaan. Seseorang yang menderita dementia (pikun) dapat berkurang fungsi intelektualnya, mengalami perubahan serius dengan daya ingat, kepribadian dan tingkah laku sehingga berpengaruh dengan aktivitasnya sehari -hari. Kepikunan akibat penuaan (dementia) acapkali sulit dihindari. Karena sebagaimana kita ketahui, hal tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang diikuti oleh kondisi menurunnya performa beberapa organ tubuh seiring bertambahnya usia. Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh. Apa sajakah pemicunya? Penyebab Dementia Terdapat beberapa penyebab dementia, diantaranya: Infeksi; Gangguan jantung; Gangguan pada otak; Keracunan; Gangguan metabolisme dan endokrin. Untuk menjaga daya ingat tetap baik, dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas mental yang mengasah otak. Otak yang aktif akan menghasilkan hubungan baru diantara sinaps saraf sehingga berpengaruh pada daya ingat. Hal- [...]

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit apa itu? Guillain Barre Syndrome atau Sindrom Guillain Barre namanya diambil dari nama dokter berkebangsaan Perancis penemu penyakit ini yaitu dokter Jean-Alexander Barr dan Georges Charles Guillain. GBS merupakan penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf tepi. Autoimun artinya sel-sel pertahanan tubuh kita menyerang jaringan/ organ tubuh kita sendiri. Biasanya sel-sel sistem kekebalan tubuh hanya menyerang bahan asing dan organisme. Penyebab yang pasti untuk penyakit ini sampai saat ini belum diketahui,tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Virus yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah Cytomegalovirus (CMV), HIV, Measles dan Herpes Simplex Virus. Sedangkan untuk penyebab bakteri paling sering oleh Campylobacter jejuni. Sindrom Guillain Barre adalah contoh paling klasik dari penyakit autoimun. Bisa jadi contoh paling gampang bagaimana penyakit autoimun bisa terjadi. Lebih Jauh Tentang Guillain Barre Syndrome Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit [...]

Mata Juling Pada Anak

Mata Juling Pada Anak

Pada bayi yang baru lahir, seringkali mata bayi terlihat tidak lurus atau juling. Hal tersebut masih dianggap normal karena pada bayi hidung lebar dan rata serta lipatan kelopak lebar, sehingga seringkali mata terlihat tidak lurus. Namun bila hal ini berlanjut hingga bayi berusia 6 bulan ke atas, perlu dikonsultasikan segera ke dokter. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter) Pada anak dengan penglihatan normal, kedua mata bekerja sama dalam memandang suatu objek, memandang pada satu titik sehingga akan timbul sebuah persepsi kedalaman akan objek tersebut. Pada anak dengan mata juling, kedua mata memandang ke dua titik yang berbeda. Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!) Penanganan yang dilakukan harus sedini mungkin, sebelum penglihatan binokularnya terbentuk, supaya tidak terlambat. Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam tergantung dari penyebab mata juling si anak. Bila dikarenakan kelemaha [...]

Hari Tanpa Bra Sedunia, Dukungan untuk Para Pejuang Kanker Payudara

Hari Tanpa Bra Sedunia, Dukungan untuk Para Pejuang Kanker Payudara

Oktober ditetapkan sebagai bulan Breast Cancer Awareness atau sadar kanker payudara. Dan setiap tanggal 13 Oktober, dilaksanakan kampanye bertajuk National No Bra Day untuk mendukung dan memberikan semangat kepada para cancer survivor di seluruh dunia.Kampanye National No Bra Day adalah seruan bagi para wanita di berbagai negara untuk tidak memakai bra satu hari saja, selama 24 jam. Kegiatan ini pertamakali dimulai pada 2011 yang diprakarsai para pendukung cancer survivor, dan kemudian menjadi viral di media sosial.Para pejuang kanker payudara dan pendukungnya mendorong wanita agar menanggalkan bra seharian sebagai bentuk dukungan. Kampanye ini juga ingin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kanker payudara, dan agar wanita lebih sadar terhadap perubahan-perubahan pada payudara yang berpotensi kanker.Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa memakai bra bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jadi belum bisa dipastikan alasan para pendukung dan pejuang kanker memilih gerakan ini untuk kampanye.Berdasarkan data dari National Cancer Institute (NCI) di AS, sekitar 232.670 wanita dan 2.360 pria didiagnosa kanker payudara. Sejauh ini tak kurang dari 40 ribu [...]

Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling 'muda' jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik."Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi," jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara 'Oolong Tea' yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada [...]

Ingin Atasi Depresi? Coba Terapi dengan 4 Warna Ini

Ingin Atasi Depresi? Coba Terapi dengan 4 Warna Ini

Depresi dan rasa cemas berlebih bisa dirasakan oleh siapa saja. Ada banyak cara untuk mengatasinya, mulai dari meminum obat anti depresan hingga pergi berlibur. Namun ada cara lain yang cukup unik, yaitu terapi warna. Menurut ilmuwan dari Thomas Jefferson University Philadelphia, meditasi atau terapi warna dapat menyingkirkan masalah depresi. Tidak hanya itu, terapi warna juga bisa mengobati rasa mengantuk yang berlebihan dan nafsu makan yang tidak terkontrol. Para peneliti menunjukkan bahwa saat melakukan terapi warna, reseptor mata mengatur secara silih berganti waktu tidur dan terjaga yang merupakan aktivitas dari proses berpikir dan mood seseorang. Terapi warna mengurangi produksi melanin (hormon tidur) dan menstimulasi bioritme tubuh untuk terus aktif. Berikut adalah 4 warna yang bisa bantu atasi depresi seperti dilansir dari eHow.1. Ungu violetWarna ungu violet digunakan dalam terapi warna untuk menenangkan susunan saraf, otot, dan mendukung penyembuhan depresi. Bahkan menurut National Center for Health and Wellness, warna ini dapat membantu mengobati organ tubuh yang terkena dampak stres.2. OranyeWarna oranye melambangkan warna matahari yang dipercaya efektif dalam memper [...]

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kemunculan alergi pada seseorang bisa sangat mengganggu kehidupan sehair-hari, tidak terkecuali pada ibu hamil. Ibu hamil dengan segala kemungkinan kelainan dalam kehamilannya, perlu benar-benar menjaga kesehatan agar alergi tidak perlu terjadi. Apa saja yang harus Anda ketahui mengenai alergi pada kehamilan? Isabella Pali-Sch�ll, Ph.D., dalam artikelnya yang bertajuk ?Asthma dan Allergic in Pregnancy? mengatakan bahwa asma dan alergi dalam kehamilan dapat menimbulkan banyak masalah. Misalnya saja dalam pemilihan obat alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena efeknya dapat mempengaruhi janin. Idealnya, Anda tidak mengonsumsi obat apa pun yang dapat memicu masalah dalam perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan. Kemunculan asma dan alergi pada kulit dalam kehamilan sangat sering dijumpai. Bentuk alergi sangat bermacam-macam di antaranya: Kelainan kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan Kelainan pernapasan seperti batuk dan hidung meler Kelainan pencernaan seperti diare, konstipasi, dan nyeri perut Gejala berat seperti bengkak mata, mulut, dan kesulitan bernapas Memang, alergi tidak dapat dihila [...]

5 Alasan Perlunya Makan Telur

5 Alasan Perlunya Makan Telur

Walaupun telur pernah mendapat reputasi buruk karena dapat meningkatkan kadar kolestrol, bukti yang disebutkan dalam penelitian oleh the British Medical Journal menyebutkan bahwa mengonsumsi telur dalam jumlah sedang ternyata tidak memiliki efek terhadap penyakit jantung atau stroke. Meskipun pasien penyakit jantung disarankan untuk mengurangi konsumsi kuning telur menjadi dua kali dalam seminggu, namun tidak disarankan untuk pantang telur. Studi terkini juga tidak menemukan kaitan antara makan enam kuning telur setiap minggu dengan kejadian serangan jantung atau stroke pada orang sehat. Nah, berikut 5 alasan kenapa mengonsumsi telur baik untuk tubuh: 1. Telur Membantu Bayi Sehat Hal ini terutama untuk wanita hamil. Telur mengandung choline, merupakan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan otak bayi. Suplementasi choline ternyata juga membantu dalam mengurangi risiko timbulnya penyakit down syndrome. Telur juga diketahui sebagai sumber vitamin B12, vitamin B6, dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel saraf. Wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *