Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

olahraga_1.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Tanggal 9 September kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Tanggal tersebut dicanangkan karena merupakan hari Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan Indonesia, yaitu pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta. Ternyata bukan hanya Indonesia yang memperingati hari olahraga. Tahun ini, Vuk Jeremic, presiden majelis umum PBB mengumumkan bahwa telah dikeluarkan sebuah resolusi yang menetapkan tanggal 6 April sebagai hari internasional olahraga untuk pembangunan dan perdamaian.

Sebelumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan mengubah suatu bangsa; mampu menginspirasi, menyatukan dan meruntuhkan hambatan/rintangan sosial dan ras, bahkan menumbuhkan kualitas-kualitas seperti rasa hormat, keadilan, dan ketekunan. Apakah pernyataan ini terlalu hiperbolis atau justru suatu gol yang dapat dicapai?

Meskipun pernyataan-pernyataan tersebut terdengar muluk, akan tetapi sebenarnya hal ini bukan hal yang tidak pernah dilakukan. Beberapa contoh yang sudah dilakukan di berbagai penjuru dunia adalah:

  • Parivartan adalah sebuah proyek di Mumbai, India yang sasarannya adalah anak laki-laki dan laki-laki muda. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dengan meningkatkan peran olahraga cricket. Proyek International Centre for Research on Women (ICRW) yang berjalan dari tahun 2008 ini menggunakan peran pelatih cricket yang seringkali menjadi tokoh panutan bagi anak laki-laki untuk mengedukasi anak-anak usia 10-16 tahun mengenai pentingnya menghindari perilaku diskriminatif terhadap perempuan. Meskipun terdengar muluk, ternyata proyek ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terlihat dari adanya perbaikan pada perilaku peserta proyek terhadap kaum perempuan.

  • Di pusat pengungsian Zaatari di sebelah utara Jordan, sepakbola digunakan untuk mengajarkan anak-anak Siria tentang bahaya ranjau darat dan juga untuk memberikan rasa familiaritas dalam keseharian mereka yang hidup di tempat pengungsian.

  • Sebuah proyek yang didukung penuh oleh AusAid di Fiji menggunakan olahraga rugby untuk membantu mengubah persepsi masyarakat terhadap orang-orang difabel atau yang memiliki disabilitas tertentu.

Apabila kita berbicara tentang olahraga, sebenarnya ada dua sisi dari dunia olahraga ini, yaitu olahraga untuk prestasi dan olahraga untuk masyarakat umum. Olahraga untuk prestasi adalah olahraga kompetitif, melibatkan populasi atlet baik amatir maupun profesional dan mencakup petandingan seperti pekan olahraga dan olimpiade. Sedangkan olahraga masyarakat adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat umum, biasanya untuk rekreasi atau sebagai bagian dari gaya hidup aktif. Selama ini yang dikaitkan dengan pembangunan dan perdamaian adalah olahraga prestasi, melalui pelaksanaan pertandingan antar negara seperti olimpiade dan SEA Games. Akan tetapi seperti yang dicontohkan di atas, ternyata olahraga masyarakat pun dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi masyarakat yang dapat mengarah ke pembangunan suatu negara.

Tentunya dari sisi medis, olahraga bermanfaat besar terhadap kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik, tubuh akan lebih bugar dan risiko penyakit metabolik akan menurun, bahkan risiko kematian akibat penyakit tidak menular akan menurun sebanyak 40%. Selain itu, ketika berolahraga tubuh kita akan mengeluaran hormon endorfin yang akan membuat kita merasa senang dan bahagia. Olahraga bahkan dikatakan dapat menurunkan angka depresi sama efektifnya dengan obat-obatan atau terapi perilaku.

Oleh sebab itu, mari kita peringati Hari Olahraga Nasional dengan memasyarakatkan olahraga. Jadikan olahraga sebuah kebiasaan di keluarga Anda dan gunakan kesempatan ini untuk menanamkan nilai-nilai yang positif bagi generasi muda. Salam olahraga![](SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?

Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?

Medical check-up pada kebanyakan masyarakat Indonesia masih merupakan kegiatan yang mahal dan seringkali dianggap membuang-buang uang. Padahal dengan kita melakukan medical check-up secara dini dan rutin, kita dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pengobatan di kemudian hari. Makin bertambahnya usia, banyak hal yang dapat terjadi. Jadi dengan melakukan medical check-up dini dan rutin, kita dapat mencegah hal-hal yang dapat terjadi di kemudian hari. Kapan kita mulai makukan medical check up ? Sedini mungkin kita mulai melakukan medical check-up dianjurkan terutama pada usia 35 tahun keatas, baik mempunyai keluhan ataupun tidak. Karena pada usia itu, proses penuaan mulai terjadi , tapi bukan berarti dibawah usia 35 tahun tidak perlu medical check-up, tetap diperlukan terutama bagi yang mempunyai banyak keluhan. Apa saja yang perlu diperiksa ? Setiap rumah sakit mempunyai unit-unit medical check-up, dan tiap rumah sakit mengemas pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dalam bentuk paket?paket. Bila Anda baru pertama kali melakukan medical check-up pilihlah paket yang dapat mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan. Dimana didalam paket tersebut terdapat pemeriksaan fis [...]

4 Masalah Kesehatan yang Timbul Saat Salah Pilih Sepatu

4 Masalah Kesehatan yang Timbul Saat Salah Pilih Sepatu

Banyak hal yang dipertimbangkan saat memilih sepatu, mulai dari model, warna, jenis heels hngga harga. Namun hanya sedikit yang mempertimbangkan masalah kesehatan.Seringkali model yang stylish serta harga yang terjangkau membuat kita tak memperdulikan kualitas sepatu. Padahal, kualitas sepatu yang buruk bisa berbahaya bagi Anda. Berikut beberapa masalah yang timbul karena salah memilih sepatu seperti dikutip dari Helium.1. Kapalan (Penebalan kulit)Kapalan alias penebalan kulit dapat terjadi jika kita memilih sepatu yang tidak tepat. Jika Anda salah memilih model atau ukuran sepatu, kulit kaki Anda akan bergesekan dengan kulit sepatu. Tak jarang gesekan itu juga terjadi antara jari-jari kaki Anda. Gesekan terus menerus itu yang menyebabkan kapalan serta penebalan kulit.2. Heel Spur (Penumbuhan tulang)Heel Spur adalah penumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang menstimulasi sel-sel dalam tubuh membentuk tulang yang baru. Bentuk sol sepatu yang tidak baik dapat memicu peradangan tersebut. Akibat dari hell spur, akan terjadi rasa nyeri juga pembengkakan di sekitar pergelangan kaki.3. Kuku tumbuh ke dalamSalah memilih bentuk d [...]

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Harta melimpah tidak selamanya bisa membuat orang bahagia. Menurut penelitian terbaru, perasaan dihormati dan dihargai justru buat orang lebih bahagia ketimbang memiliki status sosial dan ekonomi tinggi (mencakup pendidikan tinggi dan kekayaan)."Salah satu alasan mengapa uang tidak bisa membeli kebahagian adalah karena orang cepat beradaptasi dengan tingkat pendapatan baru atau kekayaan. Pemenang lotere, misalnya, awalnya senang namun kembali pada tingkat kebahagiaan awal dengan cepat," jelas peneliti Cameron Anderson, seorang ilmuwan psikologi di Haas School of Business yang ada di University of California, Amerika."Ada kemungkinan bahwa dihormati, memberikan pengaruh dan diterima secara sosial selalu bisa membahagiakan seseorang," tambah Anderson yang penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal 'Psychological Science'.Penelitian Anderson dibagi menjadi empat studi terpisah. Dalam salah studi, peneliti menghitung 'status sociometric' dari 80 mahasiswa yang memiliki kegiatan sosial. Dalam penelitiannya, status mereka dipertimbangkan mulai dari bagaimana rekan-rekan mereka menilai secara sosial, posisi kepemimpinan hingga kesejahteraan faktor sosial.Hasilnya, para peserta penelitia [...]

Inilah 3 Penyebab Gagalnya Diet Paling Sering

Inilah 3 Penyebab Gagalnya Diet Paling Sering

Bosan dengan diet yang tidak kunjung berhasil? Atau berat badan Anda bagai ping pong yang naik turun dan tidak stabil. Hal ini dapat disebabkan oleh 3 hal yang paling sering terjadi, yakni: Karena Anda tidak memiliki target yang jelas dalam menurunkan berat badan Anda. Selain itu, banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah. Anda belum mengetahui indeks masa tubuh Anda. Lalu bagaimana mengetahui berat badan ideal? Halaman berikut penjelasannya: Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Anda Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Klasifikasi IMT(kg/m2) Berat badan kurang <18,5 Kisaran normal 18,5-22,9 Berat badan lebih ? [...]

7 Tips Mencegah Sulit BAB

7 Tips Mencegah Sulit BAB

Oleh: dr. Jessica Florencia Sulit buang air besar adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang. Masalah ini juga lebih banyak terjadi pada orang dewasa, dan kebanyakan wanita. Sulit buang air besar dalam dunia medis disebut dengan konstipasi. Konstipasi adalah kesulitan buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu dan mengeluarkan kotoran yang keras, bergumpal, dan berbentuk kecil-kecil terpisah seperti kacang. Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi: Asupan cairan yang tinggi. Rata-rata dibutuhkan sekitar 8 gelas air putih per hari, namun sebenarnya kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung pada jenis kelamin, usia, aktivitas dan kondisi kesehatan. Semakin tinggi aktivitas maka semakin banyak cairan yang diperlukan. Pria dan Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kebutuhan cairan yang lebih. Hindari minuman yang mengandung kafein karena dapat memperparah konstipasi. Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, [...]

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Uang dan pernikahan, dua hal itu tampaknya kerapkali menimbulkan masalah bagi banyak orang. Namun menurut penelitian, uang dan pernikahan justru bisa membuat seseorang lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari Shape, berikut beberapa hal lain yang juga bisa memberikan kebahagiaan.1. UangBerdasarkan penelitian di 2010 yang dipublikasikan pada 'Proceedings of the National Academy of Sciences', level kebahagiaan seseorang akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya uang yang didapat. Selain itu, Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga akan mendatangkan kebahagiaan. 2. MeditasiBeberapa studi menemukan adanya korelasi antara meditasi secara teratur dengan perubahan fisik di otak yang mirip ketika seseorang mengonsumsi obat anti-depresan. Orang yang bermeditas tidak hanya bisa lebih bahagia dari orang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak mereka bisa membuat stres berkurang. Cukup 20 menit waktu meditasi secara rutin, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.3. Istri Lebih Kurus dari SuamiDalam sebuat penelitian 2011, para ilmuwan di Tennessee, Amerika mengungk [...]

4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat

4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat

Seiring dengan derasnya arus media yang menyajikan berbagai berita tentang model dan artis Hollywood bertubuh kurus dan berperut rata, menjadikan banyak khalayak berlomba-lomba mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan perut rata atau bahkan dengan sixpack (berotot). Sebelum Anda mencoba berbagai diet dan latihan yang dilakukan oleh artis Hollywood untuk mengecilkan perut, ada baiknya Anda memulai pola makan yang sehat dan seimbang. Berikut tipsnya: Cara Mengecilkan Perut yang Cepat # 1: Jangan Lewatkan Sarapan Banyak orang melewatkan sarapan karena berpikir hal tersebut akan membuatnya kurus dan membuat perut Anda tampak lebih singset. Justru sebaliknya. Pada beberapa studi ditemukan bahwa sarapan justru dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan, ternyata dengan sarapan pagi, dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat saat makan siang ataupun malam. Beberapa dari Anda mungkin meninggalkan sarapan dengan alasan takut gemuk, sehingga mengurangi asupan kalori dan Anda memilih untuk menguranginya di pagi hari. (Baca: Sarapan Porsi Besar Membantu Wanita Menurunkan Berat Badan) [...]

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

Obat Berhenti Merokok dan Cara Kerjanya

Obat Berhenti Merokok dan Cara Kerjanya

Menemui kesulitan saat ingin berhenti merokok? Studi terbaru dari Archives of General Psychiatry pada tanggal 3 Januari 2011 mengatakan, bahwa dua obat yang digunakan untuk membantu orang-orang berhenti merokok?Bupropion dan Varenicline?dapat mengubah cara otak bereaksi saat melihat orang lain merokok. Hal ini bisa menjadi penjelasan dari bagaimana cara kedua obat tersebut mengobati ketergantungan para perokok. Bupropion diresepkan ke seluruh dunia, membantu orang-orang untuk melawan keinginan merokok. Namun belum jelas benar bagaimana obat tersebut dapat melakukan hal ini. Dengan menggunakan brain scans, Christopher S. Culbertson dan rekan-rekannya dari University of California, Los Angeles, memeriksa apa yang terjadi pada 30 otak perokok yang menggunakan obat atau plasebonya selama delapan minggu. Plasebo adalah obat non-aktif yang dirancang untuk menyerupai suatu obat atau pengobatan, dan diberikan dengan cara yang sama seperti obat yang ditirunya. Para peneliti mengukur seberapa besar para partisipan menginginkan rokok dengan bertanya respon kepada mereka setelah mereka melihat petunjuk ?netral? yang tidak melibatkan rokok atau video 45 detik yang memperlihatkan aktor dan aktri [...]

Mengapa Perut Terasa Panas?

Mengapa Perut Terasa Panas?

Pernahkah Anda mengalami perut terasa panas? Kondisi ini bisa menandakan masalah pencernaan. Penyebabnya beragam, ada yang penyebabnya dapat diketahui seperti pada penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease ? GERD), alergi makanan, maupun gastritis. Selain itu, ada pula sakit perut yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti atau dinamakan dispepsia. Kenali beberapa penyebab dan cara menangani perut yang terasa panas berikut ini. Apa penyebabnya? Secara umum, perut yang terasa panas merupakan gejala gangguan pencernaan yang dipicu oleh banyak faktor. Faktor penyebab terbanyak adalah refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Refluks juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, sehingga terasa seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan, suara menjadi serak, dan radang tenggorokan. Pola makan dan stres juga dapat memicu gangguan pencernaan dan berujung pada gejala perut yang terasa panas. Ketika stres, kerja pencernaan jadi melambat. Akibatnya, orang yang stres makin berpeluang mengalami refluks asam lambung, sehingga menimbulkan mual dan perut terasa panas. Selain itu, beberapa penyakit yang menimpa pencernaan berikut ini juga dapat membuat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *