Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

olahraga_1.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Tanggal 9 September kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Tanggal tersebut dicanangkan karena merupakan hari Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan Indonesia, yaitu pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta. Ternyata bukan hanya Indonesia yang memperingati hari olahraga. Tahun ini, Vuk Jeremic, presiden majelis umum PBB mengumumkan bahwa telah dikeluarkan sebuah resolusi yang menetapkan tanggal 6 April sebagai hari internasional olahraga untuk pembangunan dan perdamaian.

Sebelumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan mengubah suatu bangsa; mampu menginspirasi, menyatukan dan meruntuhkan hambatan/rintangan sosial dan ras, bahkan menumbuhkan kualitas-kualitas seperti rasa hormat, keadilan, dan ketekunan. Apakah pernyataan ini terlalu hiperbolis atau justru suatu gol yang dapat dicapai?

Meskipun pernyataan-pernyataan tersebut terdengar muluk, akan tetapi sebenarnya hal ini bukan hal yang tidak pernah dilakukan. Beberapa contoh yang sudah dilakukan di berbagai penjuru dunia adalah:

  • Parivartan adalah sebuah proyek di Mumbai, India yang sasarannya adalah anak laki-laki dan laki-laki muda. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dengan meningkatkan peran olahraga cricket. Proyek International Centre for Research on Women (ICRW) yang berjalan dari tahun 2008 ini menggunakan peran pelatih cricket yang seringkali menjadi tokoh panutan bagi anak laki-laki untuk mengedukasi anak-anak usia 10-16 tahun mengenai pentingnya menghindari perilaku diskriminatif terhadap perempuan. Meskipun terdengar muluk, ternyata proyek ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terlihat dari adanya perbaikan pada perilaku peserta proyek terhadap kaum perempuan.

  • Di pusat pengungsian Zaatari di sebelah utara Jordan, sepakbola digunakan untuk mengajarkan anak-anak Siria tentang bahaya ranjau darat dan juga untuk memberikan rasa familiaritas dalam keseharian mereka yang hidup di tempat pengungsian.

  • Sebuah proyek yang didukung penuh oleh AusAid di Fiji menggunakan olahraga rugby untuk membantu mengubah persepsi masyarakat terhadap orang-orang difabel atau yang memiliki disabilitas tertentu.

Apabila kita berbicara tentang olahraga, sebenarnya ada dua sisi dari dunia olahraga ini, yaitu olahraga untuk prestasi dan olahraga untuk masyarakat umum. Olahraga untuk prestasi adalah olahraga kompetitif, melibatkan populasi atlet baik amatir maupun profesional dan mencakup petandingan seperti pekan olahraga dan olimpiade. Sedangkan olahraga masyarakat adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat umum, biasanya untuk rekreasi atau sebagai bagian dari gaya hidup aktif. Selama ini yang dikaitkan dengan pembangunan dan perdamaian adalah olahraga prestasi, melalui pelaksanaan pertandingan antar negara seperti olimpiade dan SEA Games. Akan tetapi seperti yang dicontohkan di atas, ternyata olahraga masyarakat pun dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi masyarakat yang dapat mengarah ke pembangunan suatu negara.

Tentunya dari sisi medis, olahraga bermanfaat besar terhadap kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik, tubuh akan lebih bugar dan risiko penyakit metabolik akan menurun, bahkan risiko kematian akibat penyakit tidak menular akan menurun sebanyak 40%. Selain itu, ketika berolahraga tubuh kita akan mengeluaran hormon endorfin yang akan membuat kita merasa senang dan bahagia. Olahraga bahkan dikatakan dapat menurunkan angka depresi sama efektifnya dengan obat-obatan atau terapi perilaku.

Oleh sebab itu, mari kita peringati Hari Olahraga Nasional dengan memasyarakatkan olahraga. Jadikan olahraga sebuah kebiasaan di keluarga Anda dan gunakan kesempatan ini untuk menanamkan nilai-nilai yang positif bagi generasi muda. Salam olahraga![](SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Makanan cepat saji serta gaya hidup buruk seringkali menjadi 'tersangka utama' pada kasus obesitas. Namun kini ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Apakah itu?Zat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, serngkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun di Kanada. Kini zat tersebut juga diketahui juga berkaitan dengan kenaikan berat badan serta diabetes.Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. Seperti dikutip dari detikhealth, BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan bahwa BPA bisa 'menipu' tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh menjadi 'kebal' terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.Angel Nadal, seorang ahli BPA di Miguel Hernendez University, Spanyol mengatakan," Ketika Anda memakan sesuatu dengan BPA, itu akan memberitahu organ bahwa Anda memakan lebih banyak daripada yang A [...]

Ahok Kena DBD

Ahok Kena DBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan terpapar demam berdarah dengue (DBD). Setelah sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengeluhkan pusing dan demam. Setelah pemeriksaan di rumah sakit sekitar kediamannya, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, hasil tes darah menunjukan Gubernur DKI menderita demam berdarah dengue. Hingga berita ini diturunkan orang nomor satu DKI itu masih beristirahat untuk proses penyembuhan. Menurut keterangan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat pada Senin (9/3) kemarin, diduga paparan DBD adalah dari daerah sekitar kediaman Gubernur DKI, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal ini dikuatkan pula pada terjangkitnya putra bungsu Ahok tengah dalam proses pemulihan DBD. Fogging di Wilayah Kediaman Ahok Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto pada Senin (9/3) kemarin juga telah menjelaskan sudah ada tindakan rutin fogging setiap pekan dari Dinas Kesehatan DKI. Namun pihaknya menemui kendala pada pemeriksaan jentik pada setiap lingkungan, karena tertutupnya lingkungan tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, fogging saja pada prnisipnya tidak dapat menghentikan DBD. (Baca: Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD). K [...]

Agar Nyaman saat Berpuasa

Agar Nyaman saat Berpuasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berpuasa, mungkin saja timbul beberapa keluhan yang dapat mengganggu kenyamanan berpuasa. Kenalilah keluhan-keluhan tersebut untuk bisa mengantisipasi dan mengatasinya. 1. Kembung dan rasa terbakar di dada Berpuasa sebenarnya menurunkan kadar asam lambung. Namun, pikiran mengenai makanan serta penciuman yang membaui makanan akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada. Selain itu, berpuasa juga dapat menyebabkan keluhan kembung. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Menghindari makanan berlemak atau terlalu pedas. b. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. c. Berhenti merokok. d. Tidur dengan bantal yang agak tinggi. e. Mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi asam lambung pada saat sahur. 2. Sakit kepala Sakit kepala saat berpuasa dapat terjadi karena dehidrasi, rasa lapar, kurang istirahat, atau karena keinginan tubuh terhadap kafein atau nikotin. Cara mengantisipasi dan mengatasi: a. Tidak melewatkan sahur. b. Mengkonsumsi banyak cairan. c. Tidak terkena sinar matahari langsung. d. Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. 3. Dehidrasi Dehidras [...]

Keluar Darah Saat Hamil Muda? Ini yang Harus Dilakukan

Keluar Darah Saat Hamil Muda? Ini yang Harus Dilakukan

Mengalami perdarahan saat hamil muda meski dapat mengejutkan, namun tak perlu panik berlebihan. Dianjurkan, ibu hamil bisa membedakan perdarahan yang masih dianggap normal dan perdarahan sebagai kondisi darurat yang harus segera mendapat pertolongan medis. Keluar darah saat hamil muda atau tiga bulan pertama, harus dicermati lebih jauh. Ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, berupa flek atau tetesan darah yang tampak pada pakaian dalam. Kedua, perdarahan yang alirannya lebih banyak dan membutuhkan pembalut agar tidak membasahi pakaian dalam. Penyebab umum terjadinya perdarahan saat hamil muda yaitu proses perlekatan sel telur yang dibuahi pada dinding rahim. Hal ini tampak sebagai bercak darah ataupun perdarahan ringan selama beberapa jam atau hari, tapi tidak sebanyak menstruasi. Beberapa penyebab lain yaitu setelah berhubungan intim, infeksi, atau perubahan hormon ini tergolong tidak berbahaya bagi ibu hamil ataupun bayi. Tindakan Awal Penanganan awal dari terjadinya perdarahan saat hamil muda yaitu segera berisitirahat. Langkah lain yang dapat dilakukan, yaitu : Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang m [...]

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kini gaya hidup sehat tidak hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Kesadaran setiap wanita untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila semakin banyak wanita yang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat namun juga demi menangkal penyakit berbahaya.Salah satunya kanker payudara yang sangat ditakuti semua wanita. Menurut penelitian, satu dari sepuluh wanita menderita kanker payudara karena asupan makanan yang kurang sehat. Para wanita kemudian disarankan agar melakukan diet buah dan sayuran yang bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Berikut lima asupan makanan yang bagus untuk kesehatan payudara wanita.1. BrokoliBrokoli diklaim bisa menghilangkan sel kanker payudara. Seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan, Duxin Sun, mengatakan bahwa kandungan dalam brokoli bisa mencegah kanker. "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara," tutur Duxin. Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam [...]

5 Langkah Periksa Payudara

5 Langkah Periksa Payudara

Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri sehingga setiap wanita mengetahui dengan persis kondisi payudara mereka yang normal dan dapat mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang terjadi. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dalam 3 posisi, yaitu: Di depan kaca Saat sedang mandi Saat berbaring Langkah-langkah pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan antara lain adalah: 5 Langkah Periksa Payudara 1. Di depan kaca, perhatikanlah adanya perubahan warna kulit, permukaan kulit, pembengkakan, ?lesung pipit?, atau perubahan pada puting susu. Gambar 1Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa Payudara 2. Perhatikan payudara di depan kaca dalam posisi kedua lengan di samping, kedua lengan di pinggang, dan kedua lengan diangkat ke atas. Perhatikan dengan seksama bila ada perubahan yang terjadi hanya di salah satu payudara. Gambar 2Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa [...]

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Alpukat tidak hanya lezat untuk dijadikan campuran es teler atau es campur. Tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang masih 'satu saudara' dengan berry ini kaya akan lemak sehat dan tak jenuh yang membantu proses pembakaran lemak berlebih serta memperkuat struktur dinding sel. Ini sejumlah khasiat lain dari alpukat, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Alpukat Mengandung Potassium Lebih Banyak dari PisangSelama ini potassium lebih diketahui banyak terkandung dalam pisang. Tapi alpukat ternyata memiliki potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sementara pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram. Potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.2. Alpukat Buah Berprotein TinggiSatu butir alpukat memiliki empat gram protein, menjadikannya sebagai buah yang paling tinggi kandungan proteinnya. Protein pada alpukat pun merupakan protein sehat yang tidak mengandung lemak trans, lemak jenuh dan mudah dicerna. Jadi jika Anda vegetarian atau menghindari prote [...]

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Oleh: drg. Arni Maharani Dari sekian banyak dampak negatif merokok, kanker rongga mulut adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan. Beberapa bahan yang terkandung dalam tembakau merupakan karsinogen yang potensial dalam mencetuskan terjadinya kanker. Kanker rongga mulut atau disebut juga Karsinoma sel skuamosa merupakan kanker ganas yang meluas dan bermetastase (kanker menyebar) yang dapat menyebabkan kematian. Lebih dari 90% kanker yang ditemukan dalam rongga mulut adalah jenis ini. Kemunculannya dapat dimana saja dalam mulut seperti langit-langit, tulang alveolar, tonsil, dan gusi tetapi secara umum biasanya timbul pada dasar mulut, lidah dan bibir bawah. Selain kebiasaan merokok karsinoma sel skuamosa juga disebabkan faktor lain seperti paparan UV, genetik, kekurangan nutrisi, , infeksi Human papilloma Virus. Terdapat pula faktor yang merangsang sel kanker ini menjadi progressif seperti alkohol dan gigi tiruan yang tidak baik. Berdasarkan hasil pengamatan sebanyak 80% penderita karsinoma sel skuamosa adalah perokok. Pada perokok ditemukan kebiasaan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol dimana hal ini merupakan faktor pemberat, Begitu pula apabila perokok tersebut j [...]

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Obat pereda nyeri untuk sakit gigi sangat mudah ditemukan dipasaran, dari mulai di warung kecil sampai apotek ternama, berbagai macam merk juga tersedia. Namun pada kenyataannya di beberapa desa masih ditemukan perilaku masyarakatnya yang menggunakan getah jarak sebagai pereda nyeri gigi. Hal ini berkaitan dengan perilaku masyarakat yang berusaha mengobati gigi sendiri, alasannya bisa dikarenakan faktor takut untuk berkunjung ke dokter gigi, masalah biaya, jarak yang harus ditempuh atau terkadang disebabkan karena tidak adanya dokter gigi disuatu daerah terpencil. Berikut akan kami jelaskan lebih lengkap tentang mengatasi sakit gigi dengan getah jarak. Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak Nama ilmiah getah jarak adalah Jatropha curcas, yang dalam bahasa yunani jatros berarti ?dokter? dan trophe berarti ?makanan? atau ?nutrisi?, maka dapat dikatakan jatropha curcas berarti 'tanaman obat'. Bagian yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri gigi adalah getahnya. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan meneteskan getah sebanyak 1 sampai 2 tetes pada lubang gigi yang sakit. Telah diketahui berdasarkan suatu penelitian bahwa memang getah jarak ini memberikan ef [...]

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Oleh : dr. Andri,SpKJPsikiater Consultation-Liaison dan Psikosomatik Medis Anggota American Psychosomatic Society Anggota Academy of Psychosomatic Medicine Anggota European Association for Consulation Liaison Psychiatry and Psychosomatics Ganja secara pribadi saya kenal dalam buku-buku psikiatri umum dan buku psikiatri yang membahas khusus masalah penyalahgunaan zat adiktif. Keduanya sama-sama masuk golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan. Secara diagnostik, pemakaian kedua zat tersebut termasuk dalam diagnostik gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (USA), ICD 10 (WHO) dan PPDGJ III (INDONESIA) yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan. Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah. Canabis/Marijuana yang paling murah dan potensinya lemah banyak digunakan di Amerika Serikat dengan nama Bhang. Kekuatan marijuana/canabis yang paling kuat adalah Chara yang banyak ditemukan di India. Marijuana sendiri sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum masehi dan terdapat dalam konpedium obat herbal cina yaitu the Herbal of Emperor Shen Nung tahun 2737 SM. Efek terhadap kesehatan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *