Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

tidur-8-jam-delapan-sehat-sakit-susah.jpg

Anda pergi ke dokter dan diberitahu bahwa Anda harus tidur cukup paling tidak 8 jam sehari. Apakah itu betul?

Ketahuilah, secara rata-rata memang bisa ditarik kesimpulan 8 jam tidur dalam seharinya bagi manusia pada umumnya. Namun demikian pada prinsipnya banyak faktor yang berperan dalam hal tersebut, diantaranya:

1. Usia
2. Kondisi biologis, seperti kehamilan, dan lainnya
3. Kondisi dalam pengaruh obat-obatan.
4. Gangguan tidur
5. Keturunan

Untuk membahasnya satu per satu, klik ‘next’ untuk selengkapnya.

1. Faktor Usia.

Jumlah waktu tidur yang cukup sangat bergantung pada usia, sebagai contoh:

  • Balita dan usia prasekolah:
    Membutuhkan waktu tidur 9-10 jam di malam hari dan beberapa jam untuk tidur siang.

  • Anak usia sekolah:
    Termasuk remaja, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam di malam hari.

  • Pada usia dewasa:
    waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam sehari di malam hari.

klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Faktor Kondisi Kehamilan

Perubahan fisik pada wanita terutama di masa awal kehamilanmeningkatkan kebutuhan untuk tidur.

Namun di sisi lain, ada beberapa kondisi kehamilan yang juga memicu kesulitan tidur, diantaranya seperti:

  • mual,
  • muntah,
  • sering buang air kecil,
  • nyeri pinggang
  • kaki kram

Untuk mengantisipasinya diperlukan kerjasama dengan suami agar kondisi kehamilan yang ada tidak mengganggu kebutuhan tidur calon ibu.

3. Kondisi Kesehatan dan Obat-obatan Tertentu

Orang yang menderita asma kronis atau bronkitis cenderung memiliki kesulitan untuk tidur dibandingkan orang yang sehat, baik karena kesulitan mereka untuk bernafas atau karena obat-obatan yang mereka konsumsi.

Kondisi medis lainnya seperti:

  • arthritis,
  • gagal jantung kongestif,
  • refluks lambung dan
  • anemia juga seringkali memiliki kesulitan untuk tidur.

Pada beberapa keadaan, kondisi tubuh seperti penumpukan lemak di perut menjadi faktor pemicu gangguan tidur. (Baca: Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut Anda!)

4. Gangguan Tidur

Jika Anda kurang tidur, waktu yang Anda butuhkan untuk tidur akan meningkat.

Dan jika Anda secara konsisten melewatkan waktu tidur, ?hutang? tidur Anda akan mengganggu dan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda.

Jika Anda terlalu banyak memiliki ?hutang? tidur, maka tidur panjang saat akhir pekan tidak akan menghapus ?hutang? tidur Anda.

Hal tersebut justru akan mengganggu jam biologis Anda, sehingga Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur di malam haridan bangun tepat waktu pada pagi hari.

5. Genetik

Diperkirakan terdapat 1% dari populasi hanya membutuhkan waktu tidur 6 jam atau kurang untuk tidur di malam hari tanpa adanya dampak penyakit. Kebutuhan tidur yang lebih sedikit ini menurun pada keluarga, di mana mengindikasikan bahwa faktor genetik juga berperan dalam durasi waktu tidur.

Suatu studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam atau lebih dari 9 jam pada malam hari berkaitan denganpeningkatan rIsiko penyakit jantung dan psikiatri seperti gangguan mood dan risiko kematian yang lebih tinggi.

Cobalah untuk tidur dengan waktu yang cukup. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

  • 10 Tips Atasi Susah Tidur
  • Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok
  • Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!
  • Waspada Gejala Mudah Lelah!
  • Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Telepon Genggam Bukan Penyebab Kanker Otak

Telepon Genggam Bukan Penyebab Kanker Otak

Akhirnya kita dapat bernafas lega akan penelitian yang membuktikan tidak adanya hubungan antara kanker otak dengan penggunaan telepon genggam seperti yang sering diberitakan sebelumnya. Kehidupan kita yang penuh dengan mobilitas dan pergerakan cepat, sudah pasti membutuhkan teknologi komunikasi yang selalu dapat diandalkan dalam berkomunikasi dimanapun. Namun perkembangan teknologi komunikasi yang dapat kita bawa kemanapun kita pergi ini sudah menjadi perdebatan selama puluhan tahun akan dampak sinyal, magnetik, dan lain sebagainya terhadap kesehatan kita. Penelitian terakhir yang dipimpin oleh The Institue of Cancer Epidemology di Denmark menunjukkan tidak adanya kaitan antara kanker otak pada para pengguna telepon genggam berdasarkan hasil observasi selama 18 tahun terhadap 350.000 orang. Para peneliti menemukan bahwa resiko mereka yang menggunakan telepon genggam akan terkena kanker otak sama dengan resiko yang tidak pernah menggunakan telepon genggam seumur hidup mereka. Bahkan pengguna telepon genggam terlama, yaitu lebih dari 13 tahun, tidak menunjukkan adanya kenaikan resiko terhadap kanker otak. Hal ini memberikan kesimpulan secara langsung tidak adanya hubungan antara kank [...]

Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

Satu lagi penelitian tentang manfaat kopi dilakukan. Kali ini peneliti di Universitas Harvard membuktikan minum kopi empat kali sehari membuat wanita terhindar dari depresi.Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti di Universitas Harvard meneliti 51 ribu wanita selama 10 tahun. Mereka membandingkan berapa banyak kopi yang diminum dan risiko depresi dari para responden tersebut.Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medicine Association itu ditemukan, kafein yang ada di kopi bekerja seperti obat anti depresi. Kafein menghentikan produksi beberapa hormon, seperti serotonin.Penelitian tersebut juga mengungkapkan, kopi bisa meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya itu kopi juga membantu seseorang mendapatkan energi lebih dalam jangka waktu yang cukup lama.Dalam penelitiannya, para peneliti juga menanyakan pada puluhan ribu responden itu tentang berapa kali mereka minum teh, alkohol dan makan cokelat setiap harinya. Responden juga ditanya apakah mereka olahraga atau tidak.Peneliti menemukan ternyata kopi lah yang pengaruhnya paling besar dalam menurunkan tingkat depresi responden. "Hasil penelitian kami mendukung efek protektif dari kafein yang bisa menurunk [...]

5 Tips Mencegah Cantengan

5 Tips Mencegah Cantengan

Oleh: dr. Jessica Florencia KLIKDOKTER.com - Cantengan atau dalam dunia medis disebut dengan paronikia merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan. Cantengan (paronikia) dapat terjadi secara akut maupun kronik. Paronikia yang akut terjadi karena adanya trauma atau manipulasi berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya seperti menggigiti kuku, perawatan manikur yang salah, penggunaan kuku palsu, atau menggunting kuku terlalu dalam. Sedangkan paronikia kronik merupakan paronikia yang terjadi selama 6 minggu atau lebih dan seringkali terjadi setelah terpapar air atau lingkungan yang lembab. Terkadang juga hal ini terjadi pada mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes, obesitas, hiperhidrosis (tangan yang terlalu berkeringat), sistem imun yang buruk, kelainan hormon, dan konsumsi obat-obat yang menekan sistem imun. Beberapa tips pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah: Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit [...]

Belanja = Olahraga, Bisa Bakar 385 Kalori

Belanja = Olahraga, Bisa Bakar 385 Kalori

Memiliki hobi berbelanja tidak selamanya buruk. Berjalan-jalan serta menghabiskan waktu di toko atau pusat perbelanjaan ternyata dapat membakar kalori hingga 385 kalori. Wow!Rata-rata wanita Inggris berjalan lebih dari 150 mil setahun hanya untuk kegiatan belanja. Sebuah department store di Inggris mencoba melakukan survei terhadap 10 orang wanita dan pria untuk mengetahui berapa kalori yang dikeluarkan saat kegiatan belanja.Dengan menggunakan alat penghitung kalori pedometer, diketahui bahwa rata-rata wanita menghabiskan waktu minimal 2,5 jam untuk belanja sedangkan pria hanya 50 menit. Seperti dikutip Telegraph, waktu belanja 2,5 jam sama dengan berjalan kaki sejauh 3 mil sedangkan 50 menit sama dengan 1,5 mil.Meski demikian, banyak orang yang tidak menyadari efek kesehatan yang akan mereka dapat ketika memutuskan untuk berbelanja. Menurut hasil survei, 63 persen partisipan tidak menganggap belanja sama menyehatkannya dengan olahraga.Rata-rata orang berjalan kaki sebanyak 7.300 langkah setiap harinya, padahal jumlah langkah yang direkomendasikan oleh NHS agar tetap sehat adalah 10.000 langkah setiap hari. Hampir semua wanita menganut prinsip berbelanja 'shop till drop', yaitu [...]

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini. Apa itu operasi bariatrik? Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal. Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya: Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan d [...]

Penyakit Ini Menimbulkan Bintik Merah Pada Kulit dan Bernanah

Penyakit Ini Menimbulkan Bintik Merah Pada Kulit dan Bernanah

Kulit bisa terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Infeksi ini dapat menimbulkan bintik merah pada kulit, dan bahkan hingga bernanah. Kulit melindungi organ, tulang, dan otot-otot pada tubuh. Namun, kulit juga dapat mengalami infeksi. Berikut adalah beberapa penyakit atau infeksi yang menimbulkan bintik merah pada kulit dan bernanah. Cacar air Penyakit yang sering kali menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun ini menimbulkan ruam atau bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal dan munculnya cairan atau nanah. Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini sangat mudah menular. Mulai dari terkena bersin, batuk, berbagi makanan dan minuman yang sama dengan penderita, hingga tersentuh cairan nanah cacar. Orang dewasa juga bisa terkena cacar, terutama mereka yang belum pernah mengalaminya ketika kecil. Di Eropa, ?musim cacar? biasanya terjadi antara bulan Maret dan Mei. Di Indonesia bisa terjadi kapan saja tapi umumnya usia penderita lebih tua di Asia Tenggara dibanding penderita di negara bermusim dingin. Jerawat Sebagian besar orang pasti pernah berjerawat, entah itu di wajah, punggung, atau dada. Jerawat ringan bisa berupa bintik-bintik hitam atau putih, sedang [...]

Pantangan Makanan Jika Ingin Wajah Awet Muda

Pantangan Makanan Jika Ingin Wajah Awet Muda

Apa yang Anda makan, menentukan status kesehatan tubuh Anda. Termasuk di antaranya untuk kesehatan kulit, dan tentunya kulit yang sehat adalah kulit berpenampilan bersih, kelembabannya terjaga, serta jauh dari kerutan yang munculnya dini alias awet muda. Nah, jika Anda ingin wajah awet muda, pastikan Anda menghindari beberapa makanan berikut ini: Gula Makanan atau minuman yang banyak mengandung gula seperti donat, kue-kue, soda dan lainnya dapat mempercepat terjadinya kerutan pada wajah Anda, sehingga menyebabkan wajah terlihat tidak awet muda. Sebabnya adalah gula yang terkandung di dalam makanan akan membentuk advanced glycation end products (AGE) di dalam tubuh. AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein di dalam tubuh. Dan yang paling cepat mengalami kerusakan adalah kolagen dan elastin, yaitu serat protein yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Sebagai akibatnya, kulit Anda akan menjadi lebih mudah berkerut kendur dan tidak awet muda. Makanan Berlemak Anda ingin awet muda? Hindarilah makanan berlemak. Makanan yang berlemak seperti gorengan, santan, jeroan, daging tinggi akan lemak jenuh. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa makanan yang berle [...]

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Tidak hanya bisa disantap untuk camilan sehat, kacang almond kini banyak diolah menjadi susu. Minuman ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet dan memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa meminum susu hewani. Selain itu, mengonsumsi susu almond juga telah menjadi tren yang banyak dilakoni oleh para pecinta gaya hidup sehat.Melihat maraknya orang-orang yang mengonsumsi susu almond, seorang wanita yang berdomisili di Jakarta, Prafieta tertarik untuk menjadikan susu almond ini sebagai peluang usahanya. Pada Desember 2014, wanita 27 tahun ini mendirikan Mylkinc, sebuah brand minuman yang menjual berbagai minuman sehat, termasuk susu almond.Prafieta yang memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa mengonsumsi susu hewani ini awalnya hanya iseng bereksperimen di dapur kecilnya. Tanpa disangka, susu almond buatannya terasa enak."Aku coba meramu sendiri di dapur dan pakai resep sendiri. Kebetulan aku lagi diet juga, jadi aku nggak pakai gula. Ternyata rasanya enak, akhirnya aku coba jualan di bazar-bazar, alhamdulillah responnya bagus dan aku makin percaya diri untuk buka toko," tuturnya saat berbincang denga [...]

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Merawat organ intim adalah hal yang patut dilakukan oleh setiap orang, terlebih lagi para wanita. Dengan membersihkannya secara rutin, organ tubuh yang letaknya 'tersembunyi' itu akan tetap terjaga sepanjang hari.Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika vagina mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, para wanita mulai khawatir dan berpikiran bahwa telah terjadi sesuatu pada area genitalnya. Maka tak heran mereka rajin membersihkan vagina dengan sabun pembersih kewanitaan dan berharap aroma yang kurang menyenangkan itu bisa hilang.Diterangkan oleh dr. Febriansyah Darus, Sp.OG, setiap wanita memiliki aroma 'khas' yang berbeda-beda. Kondisi vagina yang normal akan memiliki aroma kesturi, terkadang seperti bau darah saat sedang mengalami menstruasi.Tetapi ada pula aroma yang cenderung amis seperti bau ikan asin dan cenderung menyengat. Salah satu penyebab aroma tak sedap ini bisa diakibatkan karena infeksi yang terjadi di dalam vagina. Tetapi jangan dulu khawatir, dokter lulusan fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang ini mengatakan, aroma tak sedap itu bisa diminimalisir."Kalau aroma tak sedap itu disebabkan karena infeksi, ketika infeksinya mulai mereda, baunya akan hila [...]

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Indonesia termasuk negara dengan penyebaran hepatitis B tertinggi. Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita hepatitis terbanyak, di antara 11 negara di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat sebanyak 9 dari 100 orang atau sekitar 25 juta penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis. Data lapangan Kemenkes tahun 2007-2012 menunjukkan bahwa jumlah penderita hepatitis B melebihi 31 persen dari jumlah penderita hepatitis secara keseluruhan. Cara Penularan Hepatitis B Semua orang memiliki risiko tertular hepatitis B. Penyakit yang disebarkan oleh virus hepatitis B ini menyerang organ hati dan dapat ditularkan melalui darah, sperma, dan cairan tubuh lainnya. Ada dua cara penularan hepatitis B. Pertama, penyebaran vertikal yaitu dari ibu pengidap virus hepatitis B kepada bayi saat persalinan. Kedua, penyebaran horizontal melalui tindakan yang memungkinkan perpindahan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi ke tubuh orang yang sehat. Beberapa perilaku yang dapat memperbesar risiko penyebaran horizontal, antara lain: Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda. Memakai dan berbagi jarum suntik tidak steril. Ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *