Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

tidur-8-jam-delapan-sehat-sakit-susah.jpg

Anda pergi ke dokter dan diberitahu bahwa Anda harus tidur cukup paling tidak 8 jam sehari. Apakah itu betul?

Ketahuilah, secara rata-rata memang bisa ditarik kesimpulan 8 jam tidur dalam seharinya bagi manusia pada umumnya. Namun demikian pada prinsipnya banyak faktor yang berperan dalam hal tersebut, diantaranya:

1. Usia
2. Kondisi biologis, seperti kehamilan, dan lainnya
3. Kondisi dalam pengaruh obat-obatan.
4. Gangguan tidur
5. Keturunan

Untuk membahasnya satu per satu, klik ‘next’ untuk selengkapnya.

1. Faktor Usia.

Jumlah waktu tidur yang cukup sangat bergantung pada usia, sebagai contoh:

  • Balita dan usia prasekolah:
    Membutuhkan waktu tidur 9-10 jam di malam hari dan beberapa jam untuk tidur siang.

  • Anak usia sekolah:
    Termasuk remaja, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam di malam hari.

  • Pada usia dewasa:
    waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam sehari di malam hari.

klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Faktor Kondisi Kehamilan

Perubahan fisik pada wanita terutama di masa awal kehamilanmeningkatkan kebutuhan untuk tidur.

Namun di sisi lain, ada beberapa kondisi kehamilan yang juga memicu kesulitan tidur, diantaranya seperti:

  • mual,
  • muntah,
  • sering buang air kecil,
  • nyeri pinggang
  • kaki kram

Untuk mengantisipasinya diperlukan kerjasama dengan suami agar kondisi kehamilan yang ada tidak mengganggu kebutuhan tidur calon ibu.

3. Kondisi Kesehatan dan Obat-obatan Tertentu

Orang yang menderita asma kronis atau bronkitis cenderung memiliki kesulitan untuk tidur dibandingkan orang yang sehat, baik karena kesulitan mereka untuk bernafas atau karena obat-obatan yang mereka konsumsi.

Kondisi medis lainnya seperti:

  • arthritis,
  • gagal jantung kongestif,
  • refluks lambung dan
  • anemia juga seringkali memiliki kesulitan untuk tidur.

Pada beberapa keadaan, kondisi tubuh seperti penumpukan lemak di perut menjadi faktor pemicu gangguan tidur. (Baca: Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut Anda!)

4. Gangguan Tidur

Jika Anda kurang tidur, waktu yang Anda butuhkan untuk tidur akan meningkat.

Dan jika Anda secara konsisten melewatkan waktu tidur, ?hutang? tidur Anda akan mengganggu dan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda.

Jika Anda terlalu banyak memiliki ?hutang? tidur, maka tidur panjang saat akhir pekan tidak akan menghapus ?hutang? tidur Anda.

Hal tersebut justru akan mengganggu jam biologis Anda, sehingga Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur di malam haridan bangun tepat waktu pada pagi hari.

5. Genetik

Diperkirakan terdapat 1% dari populasi hanya membutuhkan waktu tidur 6 jam atau kurang untuk tidur di malam hari tanpa adanya dampak penyakit. Kebutuhan tidur yang lebih sedikit ini menurun pada keluarga, di mana mengindikasikan bahwa faktor genetik juga berperan dalam durasi waktu tidur.

Suatu studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam atau lebih dari 9 jam pada malam hari berkaitan denganpeningkatan rIsiko penyakit jantung dan psikiatri seperti gangguan mood dan risiko kematian yang lebih tinggi.

Cobalah untuk tidur dengan waktu yang cukup. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

  • 10 Tips Atasi Susah Tidur
  • Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok
  • Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!
  • Waspada Gejala Mudah Lelah!
  • Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit

Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit

Penelitian terakhir mengemukakan fakta terbaru mengenai manfaat tambahan kopi disamping sebagai pendongkrak mood untuk kerja di pagi hari. Sebuah penelitian di University of Washington menemukan bahwa kafein pada kopi berfungsi dalam membunuh sejumlah kecil sel-sel yang berpotensi menjadi kanker (precancerous cells) akibat paparan sinar matahari. Bahkan pada penelitian yang sama, ditemukan pula kafein dapat membunuh sel yang sedang dalam proses pembelahan pada saat terpapar sinar matahari. Penelitian yang dipublikasikan dalam AACR (American Association for Cancer Research) oleh Yao-Ping Lu, You-Rong Lou, Qing-Yun Peng, Paul Nghiem, dan Allan H. Conney ini mengemukakan penemuan mereka hanya berlaku pada kasus kanker kulit basal cell carcinoma. Yaitu salah satu dari tiga jenis kanker kulit yang paling banyak diderita para pasien kanker kulit didunia, yang disebabkan rusaknya DNA pada kulit akibat sinar UVB matahari. Kafein pada kopi bekerja dengan cara menghalangi protein ATR (ataxia telangiectasia & Rad3- enzim terkait) yang memberikan efek dari paparan UV ke DNA sehingga menjadikan replikasi DNA tidak sempurna bahkan kebanyakan menjadi rusak dan menjadi tahap awal perubahan se [...]

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

Tidak sedikit orang yang mengakui justru mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapatmencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Untuk mencegah kenaikan berat badan setelah bulan puasa, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini: 1. Makan makanan bergizi seimbang dengan jumlah yang wajar. 2. Atur jadwal makan berimbang sebanyak 3 kali pada saat sahur, berbuka dan 5 jam setelah berbuka sesaat sebelum tidur. 3. Menghindari makanan tinggi kalori, tinggi karbohidrat dan tinggi garam (junk food). 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa 4. Konsumsi makanan dengan serat tinggi. 5. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran. 6. Banyak mengkonsumsi cairan. 7. Jangan melewatkan makan sahur, karena hanya makan sekali saja dalam sehari tidak baik untuk kadar lemak dalam darah karena dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info. Mari gunakan bulan puasa ini sebagai bulan untuk semaki [...]

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan. Jenis-jenis Tes Kehamilan Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar. Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandi [...]

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Selain tidak bergizi dan bisa menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari, junk food juga membuat orang menjadi malas. Menurut studi terbaru, makanan cepat saji seperti hamburger, sosis instan, nugget, ayam tepung, dapat membuat Anda tidak bersemangat dan hanya ingin bersantai.Studi juga menunjukkan bahwa sekelompok orang yang makan junk food memiliki asupan gula yang tinggi serta rendah nutrisi daripada kelompok lain yang hanya diet sayuran serta ikan. Kelompok pemakan junk food juga sering merasa kelelahan, malas, dan kurang bersemangat.Peneliti dari University of Los Angeles juga meneliti dengan seekor tikus betina yang diberikan asupan junk food selama enam bulan kemudian makanan bergizi sekitar sembilan hari tetap tidak mempengaruhi berat badan mereka. Pada manusia tidak hanya berat badan yang sulit berkurang tapi juga tingkat kemalasannya cukup tinggi.Oleh karena itu, hindari mengonsumis junk food pagi hari sebelum beraktivitas karena bisa membuat hari Anda kurang bersemangat. Sebaiknya sarapan dengan asupan yang bergizi seperti buah, sayur, ikan, dan biji-bijian. Menurut pakar diet Emilia E. Achmadi MS. RD., sarapan itu penting karena saat tidur metabolisme [...]

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

- Murah, sehat, dan memiliki harapan panjang umur. Itulah olahraga. Sebuah studi juga menemukan, mereka yang terbiasa olahraga ternyata lebih panjang umur daripada yang tidak. Bahkan, setua apapun baru memulai berolahraga, hal tersebut tetap akan memberikan efek positif, demikian ungkap sebuah studi di California. Para peneliti dari Stanford University California, menyatakan, mereka yang rutin berolahraga dapat memperpanjang umurnya selama beberapa tahun. Orang yang berumur 85 tahun dan memiliki kebiasaan berolahraga memiliki kesempatan hidup tiga kali lebih besar dari pada mereka yang tidak. Penelitian lain dari Hadassah Hebrew University Medical Center di Yerusalem, menyebutkan, jika melakukan olahraga sekurang-kurangnya empat jam seminggu, hal itu sama dampaknya dengan kegiatan berat lainnya yang berkepanjangan. Bagi orang yang tergolong sibuk seperti pebisnis, mahasiswa, profesional dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, berikut tips 15 menit berolahraga dalam sehari. Sediakan waktu untuk berjalan, 10-15 menit untuk berjalan seusai makan siang. Hal ini juga bermanfaat untuk menurunkan beban makanan. Jangan gunakan eskalator atau lift, pilihlah tangga manual, aga [...]

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

Setiap orang tentunya ingin bisa menjalani pola hidup sehat agar bisa tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas selama mungkin. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang bertahan sampai tua, ternyata tidak perlu 'usaha' terlalu berat. Anda bisa memulainya dengan melakukan enam hal ini tiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Perbanyak Makan Sayur Ketimbang DagingJika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, negara yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang mereka yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.2. Relaksasi dengan MeditasiStudi yang dilakukan pada 2012 menemukan, hanya dengan melakukan meditasi selama 30 menit, tujuh kali seminggu, bisa mengurangi tekanan [...]

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti anggur merah, banyak disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan, padahal yang bermanfaat itu adalah yang berkaitan dengan sifat senyawa nabati tertentu yang terkandung dalam minuman, bukan alkohol. Alkohol, seperti dilansir dari livestrong, minggu (19/02/2012) merupakan racun bagi tubuh, dan terlepas dari kemampuannya untuk mengencerkan darah, manfaat bersih bagi kesehatan adalah negatif. Sebagai racun, alkohol dimetabolisme oleh hati, yang dapat rusak oleh konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Setelah rusak, fungsi hati menjadi terganggu, yang meliputi terganggunya kemampuan untuk mengatur kadar tembaga dalam tubuh. Terlalu banyak tembaga dalam tubuh, bsia menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Peran Tembaga; Tembaga adalah elemen penting untuk semua mamalia. Tembaga memainkan peran penting dalam mengangkat radikal bebas, me-sintesis enzim, menghasilkan molekul energi ATP, metabolisme zat besi, fungsi neurotransmitter, respon daya tahan tubuh, membangun jaringan ikat dan regulasi ekspresi gen, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Hati mengatur metabolisme dan tingkat tembaga dalam tubuh. Gejala dikarenakan te [...]

Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!

Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!

oleh: dr. Nadia Octavia Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!. Jawabannya adalah ya, proteksi terhadap sinar ultraviolet (UV) sangatlah penting. Sinar radiasi UV dari matahari tidak hanya merusak kulit pada kelopak mata Anda, namun juga merusak kornea, lensa dan bagian mata lainnya. Paparan terhadap sinar UV juga dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak dan degenerasi makular. Dalam pemilihan kacamata hitam, cermati detail dari produk proteksi UV pada label produk. Pilihlah kacamata hitam yang dapat menghalangi 99-100% sinar radiasi UVA dan UVB. Ingatlah selalu bahwa warna dan semakin gelap warna suatu lensa kacamata hitam, tidaklah berpengaruh terhadap kemampuannya untuk menghalangi sinar UV. Pilihlah kacamata hitam yang memiliki lensa lebar untuk melindungi mata Anda dari segala sudut. Beberapa jenis lensa kontak juga menawarkan pilihan proteksi terhadap sinar UV, tetapi tetap saja harus dikombinasikan dengan kacamata hitam untuk proteksi maksimal. Tentu saja, proteksi terhadap sinar UV bukan hanya menjadi pertimbangan dalam pemilihan kacamata hitam. Untuk menambahkan proteksi terhadap sinar UV, Anda dapat menambahkan hal berikut: Blue-blocking lenses. Dapat membantu objek yan [...]

Kebersihan Gigi Menurunkan Resiko Pneumonia

Kebersihan Gigi Menurunkan Resiko Pneumonia

Penyakit pernapasan akibat infeksi kuman di paru-paru atau pneumonia, diperkirakan diawali oleh berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tidak terkontrol dalam mulut sehingga kebersihan gigi dan gusi menjadi faktor penting dalam menurunkan resiko terserang pneumonia menurut hasil penelitian para ilmuwan dari Yale University, Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian terhadap 37 pasien pneumonia selama sebulan, terlihat terjadinya perubahan komposisi bakteri dalam mulut secara siknifikan semenjak awal berkembangnya pneumonia di area pernapasan mereka. Hal ini membawa konklusi tersendiri bagi pimpinan penelitian, Dr. Samit Joshi bahwa dengan menemukan hal ini, sudah selayaknya kita dapat mencegah pneumonia dikemudian hari dengan menjaga bakteri dalam mulut, seperti dilansir dalam dailymail health (28/12). Dengan demikian penelitian yang dipresentasikan di The Infectius Disease Society of America ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menghubungkan bahwa segala macam penyakit pernapasan akibat infeksi bakteri dikarenakan terhubungnya pernapasan dengan mulut dan tenggorokan yang memungkinkan masuk ke dalam paru-paru, akibat terdapatnya kerusakan pada gusi dan gigi. Bahkan sejala [...]

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

Pilek atau hidung tersumbat sangatlah menganggu. Pasti kita semua pernah mengalami keluhan hidung tersumbat, keluar lendir hidung dan badan meriang. Dalam dunia kedokteran keluhan ini dikenal dengan istilah rhinitis yaitu peradangan pada organ hidung. Keluhan ini sering kambuh, khususnya jika terjadi perubahan cuaca atau keadaan imunitas tubuh sedang menurun. Dalam artikel ini akan dipaparkan berbagai terapi yang sederhana dan tersedia di rumah Anda untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Terapi ini tidak hanya murah, namun juga efektif lho! Yuk kita simak apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pilek dan tenggorokan yang ada. 5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek Yuk kita simak apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pilek dan tenggorokan yang ada, antara lain: 1. Minum yang banyak Anda mungkin berpikir bahwa ini merupakan hal sepele, namun minum merupakan cara untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Gejala pilek dapat menyebabkan dehidrasi jika keluhan juga disertai muntah dan diare. Minuman seperti air putih, jus atau minuman elektrolit dapat membantu memperbaiki keseimbangan cairan anda. 2. Kompres hangat C [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *