Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

tidur-8-jam-delapan-sehat-sakit-susah.jpg

Anda pergi ke dokter dan diberitahu bahwa Anda harus tidur cukup paling tidak 8 jam sehari. Apakah itu betul?

Ketahuilah, secara rata-rata memang bisa ditarik kesimpulan 8 jam tidur dalam seharinya bagi manusia pada umumnya. Namun demikian pada prinsipnya banyak faktor yang berperan dalam hal tersebut, diantaranya:

1. Usia
2. Kondisi biologis, seperti kehamilan, dan lainnya
3. Kondisi dalam pengaruh obat-obatan.
4. Gangguan tidur
5. Keturunan

Untuk membahasnya satu per satu, klik ‘next’ untuk selengkapnya.

1. Faktor Usia.

Jumlah waktu tidur yang cukup sangat bergantung pada usia, sebagai contoh:

  • Balita dan usia prasekolah:
    Membutuhkan waktu tidur 9-10 jam di malam hari dan beberapa jam untuk tidur siang.

  • Anak usia sekolah:
    Termasuk remaja, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam di malam hari.

  • Pada usia dewasa:
    waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam sehari di malam hari.

klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Faktor Kondisi Kehamilan

Perubahan fisik pada wanita terutama di masa awal kehamilanmeningkatkan kebutuhan untuk tidur.

Namun di sisi lain, ada beberapa kondisi kehamilan yang juga memicu kesulitan tidur, diantaranya seperti:

  • mual,
  • muntah,
  • sering buang air kecil,
  • nyeri pinggang
  • kaki kram

Untuk mengantisipasinya diperlukan kerjasama dengan suami agar kondisi kehamilan yang ada tidak mengganggu kebutuhan tidur calon ibu.

3. Kondisi Kesehatan dan Obat-obatan Tertentu

Orang yang menderita asma kronis atau bronkitis cenderung memiliki kesulitan untuk tidur dibandingkan orang yang sehat, baik karena kesulitan mereka untuk bernafas atau karena obat-obatan yang mereka konsumsi.

Kondisi medis lainnya seperti:

  • arthritis,
  • gagal jantung kongestif,
  • refluks lambung dan
  • anemia juga seringkali memiliki kesulitan untuk tidur.

Pada beberapa keadaan, kondisi tubuh seperti penumpukan lemak di perut menjadi faktor pemicu gangguan tidur. (Baca: Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut Anda!)

4. Gangguan Tidur

Jika Anda kurang tidur, waktu yang Anda butuhkan untuk tidur akan meningkat.

Dan jika Anda secara konsisten melewatkan waktu tidur, ?hutang? tidur Anda akan mengganggu dan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda.

Jika Anda terlalu banyak memiliki ?hutang? tidur, maka tidur panjang saat akhir pekan tidak akan menghapus ?hutang? tidur Anda.

Hal tersebut justru akan mengganggu jam biologis Anda, sehingga Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur di malam haridan bangun tepat waktu pada pagi hari.

5. Genetik

Diperkirakan terdapat 1% dari populasi hanya membutuhkan waktu tidur 6 jam atau kurang untuk tidur di malam hari tanpa adanya dampak penyakit. Kebutuhan tidur yang lebih sedikit ini menurun pada keluarga, di mana mengindikasikan bahwa faktor genetik juga berperan dalam durasi waktu tidur.

Suatu studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam atau lebih dari 9 jam pada malam hari berkaitan denganpeningkatan rIsiko penyakit jantung dan psikiatri seperti gangguan mood dan risiko kematian yang lebih tinggi.

Cobalah untuk tidur dengan waktu yang cukup. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

  • 10 Tips Atasi Susah Tidur
  • Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok
  • Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!
  • Waspada Gejala Mudah Lelah!
  • Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

Makanan cepat saji bisa jadi merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan saat memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga disalahkan sebagai penyebab masalah kesehatan yang semakin banyak. Saat ini, beberapa negara sudah melarang masyarakatnya untuk membeli makanan cepat saji, terutama bagi masyarakat yang memiliki berat badan lebih. Kita sudah sering dengar bagaimana himbauan risiko kesehatan pada bahayanya makanan cepat saji. Tapi sebenarnya apa saja sih bahaya persisnya? Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: Makanan Cepat Saji dan Bahaya Kesehatan Bagi Tubuh Kita Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: 1. Obesitas Makanan cepat saji memiliki kalori yang besar. Seringkali anak-anak diberikan porsi dewasa saat membeli makanan ini. Sekalipun beberapa restoran menyediakan porsi untuk anak-anak, tetap saja kalorinya cenderung lebih besar. Selain itu, makanan cepat saji sangat rendah serat, tinggi gula dan garam. Hal ini menyebabkan kita tidak cepat merasa kenyang, ingin makan lebih banyak lagi dan akhirnya [...]

Relawan ACT Sudah Dievakuasi

Relawan ACT Sudah Dievakuasi

Setelah dikabarkan menghilang di Somalia, pagi ini relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Aisha Wardhana telah dikabarkan sudah dapat dikontak oleh pihak keluarga melalui sambungan telepon setelah sukses proses penelusuran dan pencarian yang dilakukan Tim ACT yang didukung rekan-rekan relawan di Somalia. Sebelumnya Aisha sudah diketahui posisinya pada sore kemarin waktu setempat. Sebagaimana dipaparkan oleh rekan lama Aisha Wardhana yang turut berpartisipasi dalam penelusuran, Harinto Wardhana dalam linimasa akun Twitternya, Senin pagi (5/9). ?Kemarin sore (waktu setempat) posisi Aisha sudah diketahui, saat ini saya hanya dapat menyampaikan Aisha telah dievakuasi menuju kediaman kerabat terdekat utk selanjutnya dibawa pulang.? Sementara situasi di sebagian wilayah Somalia sendiri masih genting dan mencekam menyusul bentrokan sengit antar pihak yang bertikai. Pertempuran yang telah berlangsung dari Jumat lalu terus semakin sengit pada Sabtu (3/9). Sebagaimana dilansir kantor berita Antara pada Minggu (4/9), sedikitnya terdapat korban tewas sebanyak 28 jiwa dan puluhan korban luka-luka yang kebanyakan warga sipil. Dari Surat Klarifikasi yang diterbitkan pihak keluarga pada laman blog Bust [...]

7 Makanan Pembunuh Libido

7 Makanan Pembunuh Libido

Apakah Anda pernah merasakan malas dan tidak niat berhubungan dengan pasangan? Nah, ternyata ada beberapa jenis makanan lho yang dikaitkan dengan ?pembunuh libido?. Pada prinsipnya, status kesehatan tubuh memang banyak dipengaruhi oleh pola dan menu makan. Bahkan untuk urusan ranjang sekalipun, makanan dan minuman kita mengambil peran yang sama pentingnya. Nah, pada artikel ini, terdapat beberapa makanan dan minuman yang memiliki pengaruh pada penurunan libido Anda. jadi, bagi Anda pasutri yang dalam program keturunan Simak selengkapnya dengan menekan 'next'. Menu Pembunuh Libido #1: Keju Beberapa jenis keju yang dijual di pasaran mengandung susu sapi, dimana sapi ini sudah diberikan hormon pertumbuhan dan antibiotik. Tingginya konsumsi produk keju dapat menyebabkan peningkatan dari racun yang berpengaruh terhadap produksi hormon, termasuk hormon seksual yang berkontribusi terhadap disfungsi seksual. Jadi, jika Anda hendak merencanakan mendapatkan keturunan atau dalam rangka bulan madu, mulai berbijaksanalah untuk mencermati keju sebagai 'ancaman' penurun libido Anda. Menu Pembunuh Libido #2: Minuman dengan Pemanis Buatan Sebuah studi [...]

9 Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

9 Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik. Simak sembilan tips sehat selama puasa seperti yang dikutip dari About.1. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.3. Hindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.4. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan [...]

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Marah-marah Main Flappy Bird Dapat Menyebabkan Mr. P Loyo

Marah-marah Main Flappy Bird Dapat Menyebabkan Mr. P Loyo

Permainan "Flappy Bird" yang sedang marak di berbagai smartphone akhir-akhir ini dikhawatirkan mencetuskan stres. Demikian pemantauan PeduliSehat.info dari hasil penyerapan pada fenomena sosial media Twitter pada Rabu (05/02). Topik Flappy Bird yang sudah bertengger dalam kategori Trending Topics Twitter.com, memuat rata-rata 9 dari 10 tweet bertendensi negatif dari pengalaman mereka memainkan game Flappy Bird. Bahkan lebih jauh tidak sedikit yang mengungkapkan perasaannya cenderung marah, kesal, bahkan stres akibat memainkan game yang dirilis pada Mei 2013 silam tersebut. Marah, kecewa, kesal yang ditimbulkan akibat bermain game Flappy Bird tidak menutup kemungkinan menjuruskan seseorang dalam kondisi stres hingga menyebabkan gagalnya ereksi pada pria. Tidak dapat dipungkiri, meskipun banyak penelitian yang mengemukakan manfaat kesehatan dalam bermain games, jika dalam melakukan permainan justru emosi negatif yang muncul, maka dampaknya malah berbalik menjadi bahaya untuk kesehatan. Dalam kondisi medis, pencetus stres disebut dengan istilah stressor. Stressor bagi seseorang, menjerumuskan tubuh dalam berbagai kemungkinan penyakit, diantaranya: Meningkatkan kolesterol Me [...]

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Sebuah penelitian epidemiologi di Universitas Zurich, Swiss, menemukan sebuah hubungan antara rutinitas konsumsi suplemen kalsium dengan peningkatan risiko serangan jantung. Walau belum bisa memastikan hubungan patofisiologisnya, Sabine Rohrmann, PhD dan tim penelitiannya mengungkapkan terdapat peningkatan 86% risiko serangan jantung pada 24.000 pria dan wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium selama 11 tahun terakhir. Sekalipun angka kejadian serangan jantung pada masa pengamatan terbilang kecil, yakni 354 kasus, jumlah yang ada dianggap cukup menjelaskan hubungan pada kecenderungan yang ada. Oleh tim penelitian hal peningkatan risiko yang ada digolongkan dalam kadar moderat (sedang). Telah banyak studi mengenai kalsium yang mengemukakan hasil temuan beragam. Dari saran konsumsi kalsium yang dapat menurunkan risiko darah tinggi, menurunkan risiko obesitas dan diabetes sekaligus stroke dan bahkan penyakit jantung. Namun kini, sedikitnya sudah terdapat dua penelitian pada 2011 dan 2012 yang memicu kewaspadaan kepada suplemen kalsium yang diduga mendongkrak angka risiko serangan jantung. Selama penelitian, Rohrmann selaku asisten profesor epidemiologi penyakit kronis di Universitas [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

Kenyataan Mengenai Propolis

Kenyataan Mengenai Propolis

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Getah ini digunakan untuk menutupi celah kecil di sarang lebah. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herba yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu pula dengan klaim produsen yang mengatakan ?si Kecil? ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit serius seperti kanker. Benarkah demikian? Pada era modern saat ini, pengobatan tradisional seperti propolis dipercaya oleh masyarakat. Namun jika diteliti dari segi medis, propolis belum sepenuhnya terbukti ampuh dalam menangani kondisi medis. Pro dan kontra pun terjadi. Mereka yang kontra mengatakan komposisi propolis belum bisa dipastikan karena bergantung kepada letak geografis, musim, dan spesies lebah. Hal demikian membuat komposisi propolis sulit untuk diteliti mengenai keamanan dan kemanjurannya secara medis. Sementara yang pro mengatakan bahwa propolis adalah obat yang ampuh karena melihat dari eksistensinya selama ribuan tahun. Selain itu, belum pula ditemukan efek samping yang parah atau sering terjadi akibat penggunaan propolis. Tidak mudah untuk mempertahankan keberadaa [...]

9 Fakta dan Mitos Tentang HIV

9 Fakta dan Mitos Tentang HIV

Human immunodeficiency virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sel darah putih (limfosit) dan menyebabkan turunnya kekbalan tubuh manusia. Menurut Centre for Disease Control (CDC) kasus HIV/AIDS mengalami peningkatan setiap tahunnya dan paling banyak ditularkan melalui kontak seksual. Seringkali kita menemukan pasien HIV/AIDS yang dikucilkan dan dijauhi karena takut tertular. Berkembangnya jumlah penderita HIV/AIDS merupakan suatu masalah utama dalam bidang kesehatan. Penyakit yang banyak menyerang usia produktif ini cukup meresahkan karena sampai pada saat ini belum benar-benar ada terapi yang dapat menyembuhkan. Maka pengetahuan masyarakat mengenai HIV dan bagaimana pencegahan penularannyaharus ditingkatkan agar angka penularan infeksi penyakit ini dapat ditekan. Semudah itukah HIV ditularkan? Berikut ini adalah mitos dan fakta tentang HIV yang perlu diketahui: 1. Terkena HIV Sama dengan Terkena AIDS Jawabnya?: Mitos. Hal tersebut tidak benar. HIV berbeda dengan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Seseorang dapat terkena HIV selama bertahun-tahun tanpa AIDS. AIDS merupakan sekumpulan gejala yang muncul akibat turunnya kekebalan tubuh akibat HIV. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *