Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

hati-hati-awalnya-stroke-ringan-selanjutnya-stroke-alodokter.jpg

Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghilang dalam beberapa menit. Namun meski gejalanya telah pergi, penyakit ini tetap menyimpan bahaya mematikan jika diabaikan, termasuk kematian.

Stroke ringan sendiri dalam bahasa medis dinamakan serangan iskemik transien atau transient ischaemic attack (TIA). Penyebab penyakit ini sama dengan stroke, yaitu terhalangnya aliran darah ke otak. Sehingga wajar jika gejala yang muncul mirip dan organ tubuh yang terlibat pun sama.

Gejala TIA atau stroke ringan sendiri biasanya mudah dilihat melalui wajah, lengan, dan kemampuan bicara. Stroke ringan dapat menyebabkan kelemahan otot wajah sehingga wajah turun ke salah satu sisi, tidak bisa senyum, mata, atau mulut turun ke bawah.

Penderita stroke ringan kemungkinan takkan mampu mengangkat kedua lengan. Hal ini terjadi karena lengan mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi.

Pada orang yang mengalami stroke ringan, kemampuan bicara mereka juga bisa terganggu. Mereka akan cadel, tidak beraturan, atau bahkan tidak mampu bicara sama sekali. Jika salah satu gejala yang telah disebutkan, maka segeralah menghubungi dokter.

Perbedaan mendasar antara stroke ringan dengan stroke adalah ukuran atau tingkat keparahan sumbatan yang menghalangi aliran darah ke otak. Pada stroke ringan, sumbatan tergolong kecil sehingga bisa diperbaiki kembali oleh sistem pertahanan dalam tubuh. Akibatnya, gejala stroke ringan tidak bersifat permanen dan segera hilang. Jika sumbatan tersebut lebih besar atau parah, maka bisa terjadi stroke sepenuhnya.

Bahaya yang Mungkin Muncul

Mini stroke, nama lain dari stroke ringan, meski gejalanya hanya berlangsung singkat, namun bisa menunjukkan bahwa tubuh seseorang yang diserangnya sedang terancam bahaya. Orang yang terkena stroke ringan pada sembilan tahun pertama diprediksi memiliki risiko harapan hidup lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah mengalaminya.

Hal tersebut berdasarkan data bahwa sekitar 4 dari 10 orang yang terkena stroke ringan kemudian menderita stroke yang sebenarnya. Yang mengkhawatirkan adalah setengah dari kasus stroke sebenarnya itu terjadi dalam kurun waktu 48 jam setelah stroke ringan.

Meski stroke ringan menyerang hanya dalam waktu yang relatif singkat, kondisi ini bisa secara mudah berujung pada stroke sebenarnya sehingga berdampak permanen. Kondisi yang lebih parah bisa terjadi jika gejala stroke ringan tersebut tidak terdeteksi sehingga terjadi pembiaran. Maka kerusakan otak yang disebabkannya dapat memicu komplikasi berupa penglihatan yang kabur, gangguan kognitif dan demensia.

Persentase risiko di atas kemungkinan bertambah jika mengingat masih minimnya kewaspadaan masyarakat awam terhadap gejala serangan stroke mini. Lihat saja bagaimana tingkat kesadaran mengenai stroke ringan ini dalam sebuah penelitian. Ternyata terdapat lebih dari 68 dari 100 orang yang tidak mengenali seperti apa gejala stroke ringan. Ditambah lagi, menurut survei, hampir 75 persen dari mereka yang sadar akan gejala stroke ringan tidak akan langsung ke rumah sakit untuk diperiksa.

Yang lebih parah, lebih dari 65 persen orang belum pernah mendengar mengenai penyakit TIA atau stroke ringan sama sekali. Padahal banyak orang yang berisiko mendapatkan stroke ringan tanpa mereka sadari.

Orang-orang dengan kondisi tertentu juga wajib mewaspadai kemungkinan terkena stroke ringan. Mereka yang merokok, mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan berat badan berlebih memiliki risiko lebih besar terkena stroke ringan. Selain itu, mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau mengonsumsi alkohol berlebih secara rutin juga lebih berisiko terkena stroke ringan. Penderita fibrilasi atrium atau jenis denyut jantung tidak teratur serta diabetes juga lebih rentan terkena stroke ringan.

Mengingat dampaknya yang bisa mematikan, seseorang harus segera mendapatkan pemeriksaan medis jika terkena stroke ringan. Mintalah pengecekan menyeluruh terkait sistem peredaran darah untuk memastikan saluran darah mana yang menyempit. Dokter biasanya akan melakukan CT atau MRI scan untuk memeriksa sistem peredaran darah. Sebagai tambahan, EKG dan tes darah juga umumnya dilakukan.

Segera jalani gaya hidup sehat agar risiko terkena penyakit yang lebih berat kian minim. Berhenti merokok, batasi konsumsi makanan berkolesterol, tidak mengonsumsi alkohol, dan rutin berolahraga adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari stroke. Pastikan juga cukup mengonsumsi buah dan sayur, menjaga berat badan sehat, serta mengelola diabetes dengan baik untuk menghindari penyakit ini.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
P3K Akibat Abu Vulkanik

P3K Akibat Abu Vulkanik

Material abu asap vulkanik yang keluar dari gunung berapi memiliki potensi bahaya kesehatan pernapasan. Materi mikro yang berterbangan di udara ini sangat mudah untuk bisa masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan membawa dampak fatal jika tidak ada pertolongan pertama ataupun lanjutan pada korban. Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika terpapar abu vulkanik, antara lain: MATA: JANGAN MENGGOSOK MATA. Jangan sekali-sekali menggosok / mengucek mata yang kemasukkan abu vulkanik. Jika dilakukan akan membawa potensi kepada risiko infeksi. Coba pejamkan mata beberapa saat, tindakan ini adalah berusaha mengandalkan pembersih alami yang dimiliki mata terhadap benda asing, yakni air mata CARI TEMPAT BERSIH / AMANSebelum mencoba cara kedua, yakni mengalirkan air bersih / obat tetes mata, pastikan Anda berdiri pada area yang tidak dilewati abu / kotoran di udara. BASUH DENGAN AIR BERSIH / OBAT TETES MATA.Jika tindakan ini masih tidak berhasil, celupkan mata ke dalam air bersih dan steril agar hanyut keluar. BAWA KE DOKTERBawa segera penderita / korban jika keluhan berlanjut untuk membawa perawatan khusus. PERNAPASAN CARI [...]

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Cara membersihkan kotoran telinga tidak bisa dilakukan sembarangan.Karenasalah tindakan, risikonya bisa menyebabkan hilangnya pendengaran. Sebelum kita mendiskusikan cara membersihkan kotoran telinga, ada baiknya kita ketahui dahulu apa dan bagaimana kotoran pada telinga dapat terjadi. Dengan demikian kita akan lebih mengetahui menangani kotoran pada telinga dengan baik dan benar. Klik next untuk selanjutnya. Cara Membersihkan Kotoran Telinga Kotoran telinga atau serumen diproduksi oleh kelenjar yang berada di dalam liang telinga. Serumen ini berfungsi untuk menangkap debu atau partikel kecil yang berpotensi merusak atau menyebabkan infeksi agar tidak masuk ke dalam telinga. Jadi sebetulnya serumen dihasilkan untuk melindungi telinga. Hal yang perlu diketahui adalah, untuk kebanyakan orang, telinga mungkin tidak perlu dibersihkan karena telinga dapat membersihkan kotoran dengan sendirinya. Klik next untuk selanjutnya. Cara Membersihkan Kotoran Telinga Gunakan Kain atau Tissue. Jangan Menggunakan Cotton Bud. Bersihkan bagian luar telinga dengan tissue atau kain bersih yang berbahan halus. Sumbatan atau gumpalan serumen biasanya terjadi [...]

Manfaat Radioterapi untuk Pengobatan Kanker

Manfaat Radioterapi untuk Pengobatan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menakutkan. Salah satu pengobatan yang dilakukan adalah radioterapi atau terapi radiasi dengan memanfaatkan sinar sebagai energi intensif membunuh sel kanker. Terapi radiasi pada umumnya menggunakan kekuatan X-ray, namun bisa juga memanfaatkan kekuatan proton atau jenis energi lain. Terapi radiasi berfungsi merusak sel kanker dengan menghancurkan materi genetika sel yang mengontrol pertumbuhan dan pembelahan diri sel kanker. Mengobati Berbagai Jenis Kanker Sebagian besar penderita kanker akan menerima terapi radiasi sebagai bagian dari pengobatan. Radioterapi dimanfaatkan oleh para dokter untuk membantu pengobatan hampir semua jenis kanker. Terapi radiasi ini juga berguna dalam mengobati beberapa jenis tumor jinak. Berikut adalah beberapa alasan mengapa radioterapi dilakukan: Sebagai satu-satunya jenis pengobatan untuk kanker. Kombinasi dengan jenis pengobatan lain seperti kemoterapi untuk menghancurkan sel kanker. Menghentikan pertumbuhan sel kanker yang masih ada setelah operasi (terapi adjuvant). Memperkecil ukuran kanker sebelum operasi (terapi neoadjuvant). Pada kanker stadium lanjut, guna meringankan gejala yang disebabka [...]

Membayangkan Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta?

Membayangkan Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta?

Saat kesulitan tidur, menghitung domba dipercaya sebagian orang bisa membantu mengatasinya. Ya, di beberapa literatur, trik ini memang telah lama diyakini bisa membuat orang lebih cepat tertidur.Tradisi lama menyarankan untuk membayangkan domba-domba sedang melompati pagar kayu, lalu menghitungnya satu per satu. Benarkah trik ini efektif membuat orang segera ngantuk dan tidur nyenyak? Atau hanya mitos?Secara ilmiah, belum ada penelitian yang membuktikan kalau kalau teknik menghitung domba sebelum tidur bisa mengatasi insomnia. Namun secara umum, membayangkan sesuatu di dalam pikiran bisa membantu otak menyingkirkan hal-hal negatif. Seperti diketahui, stres dan pikiran negatif merupakan penyebab utama orang menderita insomnia.Psikolog Dianne Richard menjelaskan, strategi untuk membuat orang cepat mengantuk dan melupakan stres adalah melakukan sesuatu yang simple, berulang-ulang dan membosankan. Dengan begitu menghitung domba termasuk ke dalam 'mental imaginary' yang bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres.Ide di balik pengalihan pikiran ini adalah membuat Anda berhenti merasa khawatir, merencanakan sesuatu atau memikirkan solusi dari berbagai masalah yang dialami [...]

Waspadai Gatal Pada Vagina

Waspadai Gatal Pada Vagina

Apakah Anda pernah merasakan gatal pada vagina Anda? Waspadai terjadinya vaginosis bakterial pada vagina Anda. Pada vagina terdapat bakteri baik atau disebut sebagai flora normal yang memang hidup pada liang vagina dalam jumlah tertentu yang tidak mengganggu kesehatan vagina. Dalam keadaan normal, vagina memiliki pH yang asam. Flora normal tersebut hidup di liang vagina dalam kondisi pH asam. Namun, keadaan-keadaan tertentu dapat mengubah keadaan pH ini dari asam menjadi basa. Kondisi basa pada liang vagina akan memungkinkan pertumbuhan bakteri jahat pada vagina karena bakteri-bakteri jahat tersebut menghasilkan basa dan menggemari lingkungan hidup yang basa. Akan terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri antara bakteri jahat dan bakteri baik. ke informasi berikutnya. Waspadai Gatal Pada Vagina Hal ini menyebabkan timbulnya iritasi pada vagina, timbul rasa gatal atau terbakar pada vagina, dan lendir vagina menjadi berbau amis, mirip dengan bau ikan sehingga sering disebut fishy odor. Lendir vagina tersebut akan menempel pada dinding vagina. Lendir tersebut berwarna putih keabu-abuan. Timbulnya bau terutama dapat timbul setelah melakukan hubungan seksual, bau [...]

10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

Sebagai orang Indonesia pasti Anda tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering kita temui di Indonesia. Coba Anda perhatikan, hampir di setiap rumah makan Indonesia Anda akan menemukan tempe. Mulai dari tempe goreng, orak-arik, bacem dan lain sebagainya. Bahkan saat ini tempe sudah mendunia dan di konsumsi oleh orang-orang di berbagai negara. Tempe merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang kaya akan gizi. Sudah sejak lama tempe diketahui sebagai salah satu sumber protein. Karena prosesnya yang menggunakan fermentasi maka tempe juga mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Dalam 100 gram tempe terkandung: protein 20,8 gram, lemak 8,8 g, serat 1,4 g, kalsium 155 mg, fosfor 326 mg, zat besi 4 mg, vitamin B1 0,19 mg, vitamin B2 0,11 mg, vitamin B6 0,22 mg, asam folat 52 �g, selenium 8,8 �g, zinc 1,81 mg, isoflavon 53 mg dan karoten 34 mg. Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain: Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara l [...]

Indonesia Perkenalkan Undang-undang Baru Rokok

Indonesia Perkenalkan Undang-undang Baru Rokok

Aktivis anti-rokok di Indonesia menyambut undang-undang baru yang mengharuskan untuk memasang foto atau gambar dampak merokok pada bungkus rokok sebagai peringatan bahaya merokok. Ini adalah saat yang ditunggu-tunggu di negara yang memiliki angka perokok ketiga tertinggi di dunia. "Undang-undang ini memiliki proses yang panjang, namun memiliki kemajuan," kata Hakim Sorimuda Pohan, anggota Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, pada 10 Januari, seperti dilansir oleh asianscientist.com Undang-undang ini terealisasi tiga tahun setelah parlemen meloloskan RUU tembakau sebagai daftar zat adiktif. Petani tembakau dan perusahaan rokok yang telah lama menentang langkah tersebut, mengatakan RUU tersebut mengancam mata pencaharian ratusan ribu orang yang bekerja di industri tembakau. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta, Indonesia menempati urutan ketiga di dunia dalam hal jumlah perokok. Sekitar 65 persen laki-laki Indonesia dan 35 persen dari perempuan berusia 15 atau lebih tua merokok pada tahun 2010, seperti yang dilaporkan oleh kementerian. Penyakit tidak menular termasuk yang disebabkan merokok membukukan 64 persen dari semua ke [...]

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Konstipasi atau sembelit tentunya membuat perut terasa tidak nyaman dan jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan gangguan pencernaan serius. Frekuensi ideal orang buang air besar (BAB) adalah dua kali sehari, atau setidaknya satu kali sehari. Jika lebih dari tiga hari tak juga BAB maka sudah bisa dikatakan Anda mengalami sembelit.Terlalu banyak konsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan mengandung banyak minyak dan produk-produk susu olahan menjadi salah satu penyebab paling umum masalah pencernaan ini. Kurang mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan BAB tak lancar. Ketika sudah mengalami sembelit, ada baiknya Anda mencoba dahulu melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cukup Minum AirTerjadinya sembeli bisa dikarenakan kurangnya asupan cairan. Air putih berfungsi membersihkan racun-racun dan kotoran dari usus agar lebih mudah terbuang. Ketika Anda kurang minum air putih, maka proses pembuangan kotoran akan terhambat dan terjadilah sembelit. 2. Minum Teh Hijau atau Air HangatDisarankan meminum satu hingga dua gelas air putih hangat atau teh hijau setelah bangun tidur. Selain membuat perut terasa nyaman, teh hijau [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *