Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stres Sebabkan Alergi

Stres Sebabkan Alergi

Inilah alasan mengapa penderita alergi harus tetap tenang: ?Stres ternyata berkaitan dengan timbulnya alergi.? Sebuah studi yang dipublikasi dalam the Journal Annals of Allergy, Asthma & Immunology, menunjukkan ada hubungan antara stres dengan timbulnya alergi. Gejala seperti bersin, hidung meler dan mata yang berair dapat meningkatkan stres pada penderita alergi namun ternyata stres ini justru akan memperberat gejala menurut peneliti dari The Nationwide Children?s Hospital and The Ohio Sate University. Studi ini meliputi 179 orang yang mengisi questioner saat gejala stres dan depresi muncul yang bertahan hingga 12 minggu. Para peserta ini juga mencatat tulisan mengenai jenis alergi yang mereka derita serta pada penelitian ini diambil juga sampel ludah untuk menghitung kadar hormon kortisol. Sebanyak 69 peserta melaporkan bahwa gejala alergi mereka meningkat selama studi. Kadar dari hormon kortisol ternyata tidak berhubungan dengan alergi. Namun jelas pada penelitian ini dibuktikan bahwa pada penderita dengan keadaan stres yang tinggi 64% diantara mereka timbul gejala alergi. Jadi, sangat disarankan kita harus lihai mengelola diri untuk dapat mengatasi tekanan yang dialami a [...]

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Oleh: dr. Jessica FlorenciaThe American Heart Association (AHA) mengeluarkan panduan untuk melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru) terbaru. Rekomendasi terbaru menunjukkan bahwa penolong harus lebih berfokus pada kompresi dada ketimbang pernapasan buatan melalui mulut. Panduan terdahulu (2005) menekankan pada penanganan ?ABC? (Airway, Breathing, Chest Compression) yaitu dengan melakukan pemeriksaan jalan napas, melakukan pernapasan buatan melalui mulut, kemudian memulai kompresi dada. Panduan terbaru (2010) yang dikeluarkan oleh AHA lebih menekankan pada penanganan ?CAB? (Chest Compression, Airway, Breathing) yaitu dengan terlebih dahulu melakukan kompresi dada, memeriksa jalan napas kemudian melakukan pernapasan buatan. Panduan ini juga mencatat bahwa pernapasan buatan melalui mulut boleh tidak dilakukan pada kekhawatiran terhadap orang asing dan kurangnya pelatihan formal. Sebenarnya, seluruh metode ini memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat aliran darah dan oksigen tetap bersirkulasi secepat mungkin. Pada tahun 2008, AHA menyatakan bahwa penolong tak terlatih atau mereka yang tidak mau melakukan pernapasan buatan melalui mulut dapat melakukan kompresi dada hingg [...]

5 Khasiat Madu

5 Khasiat Madu

Oleh: dr. Jessica Florencia Madu merupakan bahan makanan yang akrab di telinga kita. Pemanis alami ini termasuk makanan yang tinggi karbohidrat seperti fruktosa, glukosa dan oligosakarida lainnya. Meskipun demikian di dalamnya juga terdapat protein, mineral, vitamin, enzim dan antioksidan yang melimpah. Madu alami telah diteliti ternyata dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut: 1. Meredakan batuk pada infeksi saluran pernapasan Anda atau anak Anda terus menerus batuk hingga sulit tidur? Madu telah diteliti ternyata dapat membantu meringankan gejala batuk pada anak dan dewasa sehingga lebih dapat tidur pada malam hari. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena terdapat risiko terjadinya gangguan kesehatan karena toksin botulinum yang mungkin terdapat dalam madu. 2. Menurunkan kadar lemak dalam darah Penelitian yang dilakukan oleh Islamic Establishment for Education di Dubai menunjukkan bahwa konsumsi madu alami dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Setelah konsumsi 75gr madu alami dalam 250mL air selama 15 hari ditemukan bahwa kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida menurun. Kenaika [...]

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Uang dan pernikahan, dua hal itu tampaknya kerapkali menimbulkan masalah bagi banyak orang. Namun menurut penelitian, uang dan pernikahan justru bisa membuat seseorang lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari Shape, berikut beberapa hal lain yang juga bisa memberikan kebahagiaan.1. UangBerdasarkan penelitian di 2010 yang dipublikasikan pada 'Proceedings of the National Academy of Sciences', level kebahagiaan seseorang akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya uang yang didapat. Selain itu, Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga akan mendatangkan kebahagiaan. 2. MeditasiBeberapa studi menemukan adanya korelasi antara meditasi secara teratur dengan perubahan fisik di otak yang mirip ketika seseorang mengonsumsi obat anti-depresan. Orang yang bermeditas tidak hanya bisa lebih bahagia dari orang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak mereka bisa membuat stres berkurang. Cukup 20 menit waktu meditasi secara rutin, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.3. Istri Lebih Kurus dari SuamiDalam sebuat penelitian 2011, para ilmuwan di Tennessee, Amerika mengungk [...]

Pria Berjenggot Seksi Bak David Beckham, Tapi Berisiko Sebarkan Kuman

Pria Berjenggot Seksi Bak David Beckham, Tapi Berisiko Sebarkan Kuman

Survei yang dilakukan situs perjodohan My Single Friend mengungkapkan, 80 persen wanita di Inggris menganggap pria berkumis dan berjanggut terkesan menyenangkan, loyal dan berjiwa petualang. Lebih dari 55 persen wanita juga mengatakan, pria jadi lebih atraktif ketika mereka tidak bercukur. Sementara jajak pendapat yang diadakan surveyer marketing OnePoll menunjukkan, bagi 56 persen wanita, rambut pada wajah pria merupakan pendorong kuat rangsangan seksual bagi lawan jenisnya. Pria yang memiliki kumis tipis, janggut atau cambang dianggap ebih menarik secara seksual dibandingkan pria berwajah licin. Kumis dan jenggot kini memang menjadi semacam 'aksesori' bagi para pria. Lihat saja sejumlah selebriti pria yang banyak dielu-elukan penggemar wanita karena maskulinitas dan keseksiannya mulai dari David Beckham, Adam Levine, Ben Affleck, James Franco hingga Jake Gyllenhaal.Bagi para pria yang juga ingin ikut tren menumbuhkan rambut wajah, atau wanita yang mengidamkan pasangan berjanggut serta berkumis sepertinya harus tahu dulu fakta berikut ini. Para ahli kesehatan telah memberi peringatan bahwa jenggot ata cambang bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri, selain itu juga media penye [...]

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor. Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga. Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Penelitian menemukan bahwa bahkan sekedar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan. Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit dem [...]

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Ebola, penyakit yang menjadi wabah mematikan di dunia saat ini dapat dicegah penularannya dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan hanya melalui sentuhan. Seperti yang dilansir oleh World Health Organization bulan lalu, virus bersumber dari hewan-hewan terinfeksi: simpanse, gorila, kelelawar buah, monyet, dan lain sebagainya. Virus kemudian berpindah antar manusia melalui kontak langsung antara kulit yang terluka atau membran mukosa dengan cairan tubuh seperti darah, hasil sekresi, organ-organ, atau cairan tubuh lainnya, dan melalui kontak dengan benda yang terkena cairan tersebut, misalnya, selimut atau tempat tidur. Untuk menghindari penyebaran antar manusia, cuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan apa pun, sebagai langkah mudah untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar Anda. Dr. Layla McCay, Direktur Sekretariat dari Global Public Private Partnership for Handwashing, mengatakan, ?Perlindungan dilakukan dengan cara mencuci kuman penyebab infeksi di tangan Anda sebelum mikroorganisme tersebut menginfeksi, dan menyentuh benda tanpa sadar yang dapat membantu menyebarkan kuman penyakit ini kepada orang lain.? Jadi bagaimana cara m [...]

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Oleh: dr. Titania Nur Shelly Tidur yang sehat, berapa jam sehari? Tidur merupakan aktivitas alamiah setiap individu. Hampir sepertiga hidup kita, kita habiskan untuk tidur. Dahulu, tidur dianggap sebagai waktu tubuh untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa tidur tidak lagi hanyalah sesuatu untuk mengisi waktu saat seseorang dalam kondisi tidak aktif. Bahkan, tidur sendiri melibatkan banyak sekali aktivitas dan ternyata memiliki banyak pengaruh pada kesehatan. Berbagai penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh tidur pada tubuh menemukan bahwa tidur berhubungan antara lain dengan peningkatan dan penurunan berat badan, hingga risiko kematian di masa yang akan datang. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Wincosin, Amerika Serikat menemukan bahwa lamanya (durasi) tidur seseorang dapat berpengaruh pada Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian dilakukan pada 1.024 sukarelawan berusia 30-60 tahun. Pada penelitian ini, kebiasaan tidur yang kurang dari 7,7 jam berkaitan dengan peningkatan BMI, baik pada anak, remaja, maupun orang dewasa. Mengapa hal ini dapat terjadi? Ternya [...]

6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Membuat Anda Sulit Terlelap

6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Membuat Anda Sulit Terlelap

Mendapatkan tidur yang berkualitas selama delapan jam tentu didambakan setiap orang. Namun, untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit didapatkan. Ada beberapa faktor di luar hal medis (insomnia, sleep apnea atau mendengkur) yang bisa membuat seseorang kekurangan waktu dan sulit tidur. Hindari enam hal ini, jika Anda ingin tidur nyenyak selama delapan jam, seperti dikutip dari Divine Caroline.1. Melihat Layar Komputer/TV yang MenyalaPaparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.2. Mandi Air PanasMandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak ketika Anda akan tidur. Jika ingin mandi air panas, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh Anda sudah kembali ke suhu semula.3. Terlalu Banyak MinumTerlalu banyak minum sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur. Sebab saat tidur tubuh akan bekerja menyerap nutrisi dan menya [...]

Malas Periksa, Kanker Serviks Mengintai

Malas Periksa, Kanker Serviks Mengintai

Oleh: dr. Virgi Saputra Tina (karyawati, 35 tahun) termangu menghadapi kenyataan dirinya menderita kanker serviks. Kata-kata dokter kandungan terngiang-ngiang di telinganya bahwa ia menderita kanker serviks stadium 2. Bulan lalu ia mendapati adanya bercak darah di celana dalamnya. Padahal seingatnya haid berikutnya harusnya masih 1 minggu lagi. Hal ini sudah kali kedua terjadi, dan selalu pasca berhubungan badan dengan suami malam sebelumnya. Mengingat-ingat masa lalunya rasanya tak percaya dirinya bisa terkena penyakit mematikan ini. Kehidupannya baik-baik saja. Tidak ada yang menderita kanker di keluarganya. Ia tamat kuliah tepat waktu, bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan swasta. Bertemu dengan pria yang 2 tahun kemudian menikahinya. Tinggal di lingkungan perumahan yang bersih. Ia juga rajin mengganti pembalut. Pokoknya hygiene, pribadinya juga bersih. Hanya satu yang disesalinya, sudah lama ia tidak melakukan pap smear. Terakhir 4 tahun yang lalu, hasilnya normal. Tahun lalu dokter kandungannya telah menawarkannya melakukan pap smear lagi, namun ia tidak mau karena takut, malu, dan enggan. Baru sekarang, setelah terkena penyakit ini, ia rajin browsing mencari informasi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *