Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Bangun Pagi

6 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Bangun Pagi

Sering bangun tidur dengan mata yang masih mengantuk dan tubuh lemas? Padahal Anda harus bersiap-siap ke kantor atau mengurus anak serta suami di pagi hari. Agar tubuh langsung bersemangat dan tidak lemas begitu bangun pagi, ada enam langkah yang harus Anda lakukan, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Minum Air PutihAwali hari Anda dengan minum segelas air putih bersuhu ruangan (tidak terlalu panas atau dingin). Lalu minum air putih lagi hingga waktunya sarapan. Selain merehidrasi tubuh, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun. Untuk efek yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan sedikit perasan atau irisan lemon. Lemon memiliki kandungan elektrolit yang sifatnya seperti listrik, menyegarkan tubuh dan tonik bagi liver.2. BergerakSetelah bangun tidur, jangan tergoda untuk menarik selimut kembali dan bermalas-malasan karena akan membuat Anda makin lemas. Beranjaklah dari tempat tidur, lakukan stretching dan lari-lari kecil di tempat. Bila rumah Anda bertingkat dua, turuni dan naiki tangga selama beberapa menit agar tubuh siap bergerak untuk aktivitas berikutnya.3. Tarik Napas DalamTarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Saat bernapas, bayangkan [...]

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Terlalu banyak konsumsi gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kerusakan pada gigi, kegemukan atau obesitas hingga diabetes. World Health Organization (WHO) menyarankan, konsumsi gula sebaiknya hanya 10 persen dari total angka kebutuhan kalori per harinya.Namun efek konsumsi gula kini semakin mengkhawatirkan, sehingga baru-baru ini WHO mengusulkan rekomendasi baru. Konsumsi gula sebaiknya hanya lima persen dari keseluruhan energi yang masuk ke tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Public Health bahkan menyarankan jumlah yang lebih ekstrem lagi, yaitu hanya tiga persen.Penelitian yang dilakukan University College London dan London Scool of Hygiene and Tropical Medicine menyatakan, gerakan 'pangkas konsumsi gula' penting dilakukan setelah para peneliti melihat efek buruknya terhadap kesehatan gigi dan biaya yang diperlukan untuk merawatnya. Menurut mereka, gula adalah faktor utama penyebab kerusakan dan pembusukan gigi. Maka dari itu mengurangi konsumsi gula menjadi hanya tiga atau lima persen per hari juga akan mencegah kerusakan gigi pada anak-anak hingga dua kali lipat. Para peneliti, seperti dikutip dari BBC juga menyarankan, untuk prod [...]

5 Khasiat Madu

5 Khasiat Madu

Oleh: dr. Jessica Florencia Madu merupakan bahan makanan yang akrab di telinga kita. Pemanis alami ini termasuk makanan yang tinggi karbohidrat seperti fruktosa, glukosa dan oligosakarida lainnya. Meskipun demikian di dalamnya juga terdapat protein, mineral, vitamin, enzim dan antioksidan yang melimpah. Madu alami telah diteliti ternyata dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut: 1. Meredakan batuk pada infeksi saluran pernapasan Anda atau anak Anda terus menerus batuk hingga sulit tidur? Madu telah diteliti ternyata dapat membantu meringankan gejala batuk pada anak dan dewasa sehingga lebih dapat tidur pada malam hari. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena terdapat risiko terjadinya gangguan kesehatan karena toksin botulinum yang mungkin terdapat dalam madu. 2. Menurunkan kadar lemak dalam darah Penelitian yang dilakukan oleh Islamic Establishment for Education di Dubai menunjukkan bahwa konsumsi madu alami dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Setelah konsumsi 75gr madu alami dalam 250mL air selama 15 hari ditemukan bahwa kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida menurun. Kenaika [...]

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

Menjaga kebersihan vagina sebenarnya mudah dilakukan. Membersihkan organ kewanitaan dapat dilakukan dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik Anda melakukannya pada saat mandi sore hari. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan: 1. Perhatikan Sabun yang Digunakan Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek rileks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi. 2. Perhatikan Bahan Celana Dalam yang Dikenakan Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari. Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membersihkan Vagina Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: 4. Penggantian Pembalut Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam. 5. Pe [...]

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

Kebanyakan orang hanya melakukan tes kesehatan seputar organ dalam tubuh saja. Padahal tes kesehatan seksual sangat penting.Menurut Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ), seperti yang dikutip dari Disaboom, ada empat tes kesehatan seksual yang harus dilakukan oleh para wanita. Tes ini diwajibkan untuk memastikan kesehatan seksual tubuh.1. Pap Smear atau test PAPTes PAP adalah salah satu cara untuk mendeteksi penyakit kanker pada mulut rahim atau kanker serviks. Tes ini sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual atau berusia 21 tahun. Menurut AHRQ, wanita harus melakukan tes ini setiap satu hingga tiga tahun sekali sampai usianya memasuki 65 tahun. Setelah itu, Anda harus tanyakan kepada dokter seberapa sering Anda harus melakukan tes PAP untuk mencegah kanker serviks sedari dini.Bagaimana jalannya pemeriksaan pap smear? Pasien wanita nantinya diminta duduk di kursi ginekolog (duduk mengangkang), lalu dokter akan mengambil sampel lendir dari mulut rahim menggunakan spatula. Sampel ini akan diperiksa di bawah mikroskop. Pengambilan lendir ini bisa berjalan cepat dan tidak sakit jika si pasien rileks.2. Tes ChlamydiaChlamydia adalah ba [...]

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yaitu bernyanyi. Latihan vokal ringan setiap hari, bisa menguatkan otot pada tenggorokan dan langit-langit mulut yang lemah, yang kuat diduga jadi penyebab utama kebiasaan mendengkur atau ngorok.Penemuan ini didapat setelah seorang guru vokal mencari cara untuk membantu temannya berhenti mendengkur. Alise Ojay nama guru tersebut. Ia merancang program latihan menyanyi yang ditargetkan pada tenggorokan dan berhasil membuat dengkuran serta sleep apnea temannya itu berhenti.Temuannya itu pun mendorong para peneliti di Exeter University dan Royal Devon & Exeter NHS Foundation Trust untuk melakukan studi lebih lanjut dan dalam skala besar. Penelitian tersebut melibatkan 30 responden yang punya gangguan mendengkur. Mereka diminta latihan vokal selama dua menit setiap hari dalam waktu tiga bulan.Di akhir percobaan, dengkuran responden berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan 30 partisipan lainnya yang tidak melakukan terapi bernyanyi. "Alise memberitahu saya sudah ada banyak orang yang merasakan keuntungan dengan mengikuti program latihan menyanyi ini. Latihan yang dia kembangkan membantu memperkuat ot [...]

Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan Anda dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Apa saja? Ini daftar keuntungan jika rajin makan apel yang bisa Anda dapatkan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Menurunkan KolesterolSatu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini memblokir penyerapan kolesterol, membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai tenaga. Tidak menyimpannya hingga menumpuk di dalam tubuh.2. Mengenyangkan Perut Tanpa Kalori BerlebihApel kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, tanpa Anda harus mengasup kalori terlalu banyak. Apel ukuran medium mengandung 95 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencernanya ketimbang gula atau nasi putih. Sehingga lebih lama memberikan efek perut terasa penuh.3. Melangsingkan TubuhMakanlah apel bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Di dalam kulit apel terdapat ursolic acid, zat yang membantu mengurangi risiko obesitas. Ursolic acid berfungsi memperbanyak pembakaran kalori, sekali [...]

Buah dan Sayuran Segar Penangkal Resiko Jantung

Buah dan Sayuran Segar Penangkal Resiko Jantung

Seperti yang kita semua ketahui tentang perlunya memakan sayuran dan buah segar bagi kesehatan tubuh, ternyata juga menjadi jawaban penangkal bagi pengidap penyakit jantung genetikal. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan melalui PLoS Medicine, The Effect of Chromosome 9p21 Variants on Cardiovascular Disease May Be Modified by Dietary Intake: Evidance from a Case/Control and a Prospective Study. Dalam studi ini, mampu mendukung rekomendasi kesehatan publik US untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih dari lima serving sizes yaitu sekitar 2.5 ukuran gelas penuh setiap hari sebagai pendukung tercapainya hidup sehat, ungkap Profesor Sonia Anand dari McMaster University, Kanada, sebagai salah satu peneliti. Meskipun korelasi antara penurunan resiko jantung genetikal terhadap pola makan buah dan sayuran segar yang banyak tiap hari belum dapat ditemukan, namun tetap menjadikan temuan ini sebagai salah satu bukti pentingnya memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar pada masyarakat yang semakin terkontaminasi oleh makanan-makanan instan dan berlemak tinggi. Kebutuhan tubuh akan asupan buah-buahan dan sayuran segar yang banyak ini, tidak hanya dikarenakan f [...]

Alzheimer: Ikan Dapat Hentikan Penyusutan Otak

Alzheimer: Ikan Dapat Hentikan Penyusutan Otak

Penelitian menunjukkan, ?Sebuah diet yang kaya akan vitamin dan ikan, dapat melindungi otak dari penuaan, dimana makanan sampah memiliki efek yang sebaliknya.? Sebuah studi Neurologi menemukan, ?Orang tua yang memiliki darah dengan kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang tingga memiliki persentase penyusutan otak yang rendah dan kinerja mental yang lebih baik.? Lemak trans yang biasa ditemukan di dalam makanan cepat saji, kue, biskuit, dan makanan yang digoreng, berpengaruh terhadap rendahnya nilai dalam tes khusus untuk penyakit penyusutan otak Alzheimer. Sebuah amal kesehatan di Inggris menyarankan untuk berusaha lebih keras lagi dalam diet dan resiko demensia. Menurut sebuah penelitian Alzheimer di Inggris, seperti dilansir dari BBCNewsHealth pada hari kamis 29 Desember 2011, ?Saran terbaik saat ini adalah untuk mengkonsumsi sebuah diet yang seimbang dengan banyak buah-buahan dan sayuran, tidak merokok, rutin berolahraga serta selalu memeriksa tekanan darah dan kolesterol.? Penelitian tersebut lebih melihat kepada kandungan nutrisi dalam darah, daripada mengandalkan pada kuesioner untuk menilai diet seseorang. Pakar kesehatan Amerika melakukan analisa sampel darah dari 104 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *