Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Riset: Stres Hilang Berkat Kehadiran Sahabat

Riset: Stres Hilang Berkat Kehadiran Sahabat

Apakah Anda punya sahabat? Menurut riset yang dilakukan di Amerika Serikat, kehadiran sahabat terbukti menurunkan level stres seseorang.Penelitian tersebut dilakukan oleh tim dari Cincinnati Children?s Hospital Medical Centre. Dalam penelitian itu, 100 anak berusia 10-12 tahun dilibatkan.Ratusan anak itu diminta mengisi diara lima kali sehari selama empat hari masa sekolah. Mereka kemudian diminta memberikan skor tentang perasaan mereka selama 20 menit terakhir.Para responden anak-anak itu juga ditanya apakah mereka sendirian atau bersama orangtua, saudara kandung, sahabat, pacar, teman sekelas, guru, orang asing atau orang-orang lainnya. 100 responden tersebut kemudian diminta contoh air liurnya untuk mengukur tingkat hormon stres, kortisol.Dari penelitian itu ditemukan, kehadiran sahabat, terbukti mampu membuat responden melalui masa-masa yang tidak menyenangkan. Sahabat membuat produksi hormon kortisol para responden itu menurun. Sementara saat para responden itu meghadapi masa stres dan tidak ada sahabat untuk berbagi, produksi hormon kortisolnya naik. Meskipun penelitian ini dilakukan pada anak-anak, para peneliti mengatakan penelitian mereka juga bisa berlaku pada orang de [...]

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Menyikat gigi setelah makan kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap pada mulut. Misalnya acar bawang, masakan berbumbu kari atau ikan-ikanan.Kebiasaan yang kelihatannya baik ini ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Sikat gigi setelah makan atau minum sesuatu, terutama yang bersifat acidic (asam) seperti minuman bergula, wine, buah atau jus citrus bisa mengganggu kesehatan mulut."Buah-buahan terutama jeruk atau jus lemon, cuka, minuman berenergi dan soda memiliki tingkat keasaman tinggi dan itu bisa membuat enamel gigi jadi lunak," ujar Dr Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti dikutip dari ABC Australia.Peter menambahkan, jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang sebelumnya sudah menjadi lunak tersebut akan bertambah rusak. Akibatnya gigi lebih cepat keropos, berlubang atau terasa ngilu. Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika ingin menyikat gigi.Dalam 30 menit, mulut akan memiliki waktu untuk memproduksi air liur yang akan menetralisir keasaman tersebut. Air liur atau saliva ini juga [...]

Waspadai Gumpalan Darah

Waspadai Gumpalan Darah

Penggumpalan darah makin sering dialami orang pada umumnya karena kurangnya aktifitas dalam keseharian mereka. Pola hidup yang mengagungkan efisiensi menjadikan pola hidup manusia berubah. Semakin banyak orang menghabiskan waktu dengan bekerja sembari duduk di depan komputer hingga menggunakan kendaraan matic yang tidak membutuhkan aktifitas apapun di kaki mereka. Hal ini menjadikan mereka beresiko mengalami DVT (Deep Vein Thrombosit) di kaki yaitu sekumpulan penggumpalan darah yang terjadi pada saluran darah bagian dalam yang akan menyebabkan pembengkakan, nyeri, penebalan arteri, dan merasa panas. Selain sakit yang dirasakan, DVT juga dapat berakibat fatal bagi jiwa apabila penggumpalan tersebut terbawa arus dan menyumbat pada pembuluh darah vital di paru-paru atau jantung. Selain DVT, penggumpalan darah juga bisa terjadi pada penderita Haemorrhagic Telangiectasia (HTT) yaitu suatu penyakit turunan dimana memiliki abnormalitas formasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah untuk menggumpal. Selama ini untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berlebihan yang bisa mengakibatkan sakit di kaki, migrain, perdarahan di hidung atau mata, stroke, hingga kematian, umumnya dilak [...]

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Indonesia termasuk negara dengan penyebaran hepatitis B tertinggi. Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita hepatitis terbanyak, di antara 11 negara di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat sebanyak 9 dari 100 orang atau sekitar 25 juta penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis. Data lapangan Kemenkes tahun 2007-2012 menunjukkan bahwa jumlah penderita hepatitis B melebihi 31 persen dari jumlah penderita hepatitis secara keseluruhan. Cara Penularan Hepatitis B Semua orang memiliki risiko tertular hepatitis B. Penyakit yang disebarkan oleh virus hepatitis B ini menyerang organ hati dan dapat ditularkan melalui darah, sperma, dan cairan tubuh lainnya. Ada dua cara penularan hepatitis B. Pertama, penyebaran vertikal yaitu dari ibu pengidap virus hepatitis B kepada bayi saat persalinan. Kedua, penyebaran horizontal melalui tindakan yang memungkinkan perpindahan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi ke tubuh orang yang sehat. Beberapa perilaku yang dapat memperbesar risiko penyebaran horizontal, antara lain: Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda. Memakai dan berbagi jarum suntik tidak steril. Ber [...]

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Semua manusia berkeringat dan berpotensi memiliki bau badan tak sedap. Untuk mencegahnya, deodoran atau antiperspiran menjadi andalan agar bau badan tidak 'menyerbak' dan mengganggu orang sekitar. Meskipun dipakai hampir semua orang, mungkin hanya sedikit yang tahu serba-serbi soal deodoran. Berikut ini kami rangkum fakta-fakta menarik tentang deodoran yang belum tentu Anda tahu.1. Deodoran Sudah Dikenal Sejak Zaman Mesir KunoKerajaan Mesir Kuno menemukan metode mandi dengan wewangian dan kerap menggosokkan parfum ke ketiak mereka. Dikutip dari Huffington Post, deodoran bermerek pertama di dunia diciptakan pada 1888 dan diberi nama Mum.2. Deodoran Membunuh BakteriBau badan sebenarnya bukan berasal dari keringat manusia. Bahkan keringat yang keluar hampir tidak berbau. Faktor yang membuat bau badan tidak sedap adalah bakteri yang bereaksi dengan keringat pada kulit. Fungsi deodoran adalah membunuh bakteri penyebab bau badan.3. Antiperspiran Tidak Menghentikan Keluarnya KeringatSaat memakai deodoran berlabel antiperspiran, ketiak tidak akan basah dalam waktu lama. Hal itu terjadi bukan karena produksi keringat berhenti tapi kandungan aluminum di dalam antiperspiran yang mengurangi [...]

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

Puting lecet akibat menyususi sering terjadi pada ibu muda yang baru pertama kali menyusui. Lecetnya puting dapat disebabkan oleh posisi menyusui yang salah dan tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Edukasi kepada ibu mengenai cara menyusui yang benar penting sekali untuk mencegah terjadinya hal ini. Lecet yang terdapat pada puting dapat menyebabkan infeksi pada payudara ibu karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet dan retak tersebut. Bila terjadi infeksi, dapat timbul gejala seperti puting tampak bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan timbul demam. Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini: Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Biasakan untuk membersihkan puting terlebih dahulu sebelum dan usai menyusui. Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi. Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa u [...]

5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal

5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal

Tumbuh kembang si kecil selalu menjadi perhatian para orangtua. Setiap detik perubahan perilaku yang terjadi, dapat menggugah semangat, mengusik tawa dan memperindah hari. Tak heran, lingkungan sosial media dipenuhi oleh rentetan foto sang buah hati dengan berbagai macam ekspresi dan tingkah laku. Tiga bulan pertama awal kehidupan merupakan saat yang paling berharga. Di masa itulah bayi dapat menunjukkan kemampuannya berinteraksi dengan sekitar, dan melakukan komunikasi sederhana. Para orangtua hendaknya dapat mengenali beberapa tanda pertumbuhan dan perkembangan. Apa saja tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan anak yang memasuki masa interaksi? Klik ?next? untuk mengetahui lebih lanjut masa-masa waktu emas yang ada. 5 Tanda Interaksi pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal Tumbuh kembang si kecil selalu menjadi perhatian para orangtua. Setiap detik perubahan perilaku yang terjadi, dapat menggugah semangat, mengusik tawa dan memperindah hari. Tak heran, lingkungan sosial media dipenuhi oleh rentetan foto sang buah hati dengan berbagai macam ekspresi dan tingkah laku. Tiga bulan pertama awal kehidupan merupakan saat yang paling berharga. Di masa itulah bayi [...]

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. Jenis-jenis USG pada Kehamilan Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. USG 2 Dimensi USG jenis ini akan menghasilkan gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 2 bidang datar (memanjang dan melintang). Perbedaan mendasar dengan USG 3D atau 4D adalah USG ini hanya menghasilkan bagian d [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Bahaya Polusi Udara Pada Anak

Bahaya Polusi Udara Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Hidup di kota metropolitan seperti Jakarta ini harus berhadapan dengan berbagai risiko kesehatan. Kendaraan bermotor memadati tiap jalan menyebabkan kemacetan dan stres pada pengendaranya, serta mengotori paru-paru warga yang tinggal di sekitarnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan adanya kemungkinan hubungan antara pajanan polusi udara asap kendaraan dengan peningkatan resistensi insulin pada anak. Penelitian tersebut dilakukan pada 397 anak berusia 10 tahun yang tinggal dekat jalan utama dan menunjukkan adanya peningkatan resistensi insulin sebanyak 7% per 500 m. Resistensi insulin berarti seberapa jauh sel dalam tubuh gagal merespon hormon insulin (yang digunakan oleh tubuh untuk mengkonversi gula darah menjadi energi). Sampel darah diambil dari anak-anak yang menjadi subjek penelitian kemudian dilakukan pengukuran kadar glukosa dan insulin dalam darahnya. Tingkat pajanan terhadap polusi udara diestimasi berdasarkan data polusi udara dari tahun 2008 ? 2009 di lingkungan tempat tinggal saat mereka lahir. Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetologia ini disesuaikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *