Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

Makanan cepat saji bisa jadi merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan saat memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga disalahkan sebagai penyebab masalah kesehatan yang semakin banyak. Saat ini, beberapa negara sudah melarang masyarakatnya untuk membeli makanan cepat saji, terutama bagi masyarakat yang memiliki berat badan lebih. Kita sudah sering dengar bagaimana himbauan risiko kesehatan pada bahayanya makanan cepat saji. Tapi sebenarnya apa saja sih bahaya persisnya? Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: Makanan Cepat Saji dan Bahaya Kesehatan Bagi Tubuh Kita Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: 1. Obesitas Makanan cepat saji memiliki kalori yang besar. Seringkali anak-anak diberikan porsi dewasa saat membeli makanan ini. Sekalipun beberapa restoran menyediakan porsi untuk anak-anak, tetap saja kalorinya cenderung lebih besar. Selain itu, makanan cepat saji sangat rendah serat, tinggi gula dan garam. Hal ini menyebabkan kita tidak cepat merasa kenyang, ingin makan lebih banyak lagi dan akhirnya [...]

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apa yang membuat sel menua? Tentu karena proses kelelahan dan kerusakan. Namun secara biologis, dr. David Sinclair seorang profesor bidang genetik dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa penyebab dari penuaan sel adalah berkurangnya oksigen yang akan memicu signal bahwa sel tersebut harus mati. Tanpa oksigen, mesin energi yang dinamakan mitokondria akan tidak efektif dalam merubah bahan bakar fisiologis untuk sel tubuh seperti glukosa yang dibutuhkan untuk kelangsungan sel sehingga memicu kematian sel. Pada penelitian yang diproduksi dalam jurnal Cell, Sinclair dan teman-temannya menemukan zat yang benar-benar dapat membuat sel hidup menjadi lebih muda. Mereka menemukan bila memberikan zat yang dinamakan NAD pada suatu jaringan pada tikus yang berusia 2 tahun selama 1 minggu, jaringan tersebut dapat berubah menjadi jaringan sesuai dengan tikus usia 6 bulan (pada manusa dapat disamakan dengan jaringan pada orang usia 60 tahun berubah seperti jaringan tubuh usia 20 tahun). Dengan penuaan, kadar NAD akan turun sebanyak 50%, dengan berkurangnya zat ini maka sel akan lebih rentan terhadap efek-efek penuaan seperti peradangan, berkurangnya masa otot, sert [...]

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Saat ini dunia internasional sedang dihebohkan dengan adanya wabah virus ebola. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sejak Maret 2014 hingga tanggal 1 Agustus 2014 telah tercatat 1603 kasus ebola dengan 887 orang meninggal. WHO menyebutnya sebagai wabah terburuk sepanjang masa. Bank Dunia telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2,3 triliun untuk membantu negara-negara di Afrika barat yang sedang berjuang melawan wabah ebola. Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (31/7) mengeluarkan peringatan "Level 3" untuk menghindari perjalanan ke negara-negara Afrika Barat- Guinea, Liberia dan Sierra Leone- berkaitan dengan wabah Ebola. Pemerintah Korea Selatan pun telah mengeluarkan larangan berpergian ke wilayah Afrika bagi warganya. Indonesia turut menaruh perhatian terhadap mewabahnya virus ebola. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (4/8), mengatakan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi orang-orang yang berencana pergi ke kawasan Afrika khususnya Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria terkait wabah virus ebola. (Baca: Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks) Hingga saat ini belum ada data mengenai warga Indonesia yang terjangkit [...]

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan remehkan jika telapak kaki Anda terasa sakit. Bisa jadi rasa sakit itu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus mengetahui telapak kaki bagian mana yang sakit. Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit tersebut muncul untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Kondisi Yang Mungkin Merupakan Sumber Sakit Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh bentuk struktur alami dari telapak kaki itu sendiri. Otot, ligamen, tulang, kulit, saraf, dan bagian lainnya yang terganggu juga bisa menjadi sebab dari munculnya rasa sakit. Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit: Metatarsalgia Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

Ini Dia 6 Cara Singkirkan Bau Mulut

Ini Dia 6 Cara Singkirkan Bau Mulut

Banyak orang khawatir karena mempunyai bau nafas tidak segar. Rupanya, hal itu bukan hanya dialami oleh Anda. Menurut American Dental Hygienists' Association, 40 juta penduduk Amerika mengalami masalah bau mulut.Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dikutip dari WebMD, berikut ini enam cara untuk menghilangkan bau mulut Anda sehingga lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.1. Sering Sikat GigiSalah satu faktor utama bau mulut adalah plak yang menempel. Plak yang menemepel ini menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang berasal dari sisa makanan sehingga menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sikat gigi Anda minimal dua kali sehari serta gunakan floss atau benang gigi kalau diperlukan. Jika Anda masih khawatir bau nafas masih mengganggu aktivitas sehari-hari, gosok gigi sesering mungkin, misalnya setiap habis makan. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan ketika membersihkan gigi karena bisa mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi Anda rentan terhadap kerusakan.2. Bersihkan Lidah AndaBau mulut juga dapat disebabkan oleh lidah yang ditumbuhi bakteri. Untuk menghilangkannya, bersihkan lidah Anda dengan sikat gigi secara p [...]

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Dalam dunia medis, oksigenasi biasa digunakan untuk mendeskripsikan pengobatan pasien dengan memakai oksigen. Pemberian oksigen dapat dilakukan melalui alat bantu pernapasan dan di dalam ruangan beroksigen dengan tekanan kuat. Terapi ini diperlukan jika kandungan oksigen dalam tubuh berada di bawah batas normal. Normalnya, kadar oksigen dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal berkisar 95-100 persen. Jika kadar oksigen darah mereka di bawah kisaran 80 persen, bisa berakibat fatal. Fungsi dua organ paling penting dalam tubuh, yaitu jantung dan otak, bisa terganggu. Kondisi yang Membutuhkan Oksigenasi Beberapa penyakit dan kondisi medis membutuhkan prosedur oksigenasi melalui alat bantu napas seperti kanula (selang) hidung dan masker oksigen. Hipoksemia Jika seseorang memiliki saturasi oksigen dalam darahnya di bawah 90 persen, maka dia sudah bisa dikategorikan menderita hipoksemia. Salah satu tanda seseorang mengalami hipoksemia adalah sesak napas. Hal ini disebabkan oleh tidak mencukupinya oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke sel-sel dan jaringan seluruh tubuh. Untuk menentukan apakah seseorang terkena hipoksemia atau tidak, dokter dapat melakukan pe [...]

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabk [...]

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

MSG atau Monosodium Glutamate merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. MSG ini banyak ditemukan pada masakan Cina, fast food, soft drink, dan berbagai jenis makanan lainnya. MSG memang dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun dapat juga menyebabkan masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal. Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Namun, setelah dilaporkan banyak terjadi kasus keracunan akibat MSG, FDA mewajibkan untuk mencantumkan MSG dalam label makanan jika zat tersebut ditambahkan agar konsumen lebih berhati-hati memilih makanan. Reaksi atau efek samping yang ditimbulkan oleh MSG ini disebut sebagai Chinese Restaurant Syndrome atau MSG Symptom Complex. Keracunan MSG lebih sering terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat ini. Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Tanda dan Gejala Akut Keracunan MSG: Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Sakit kepala Mual, muntah Nyeri dada Rasa terbakar pada wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya Berdebar-debar Sesak napas Berkeringat Lemas Kebas atau baal pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *