Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi sejatinya adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang dihirup, disuntikkan, tertelan, atau bahkan tersentuh. Alergi pada bayi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami bayi. Meski umum diderita oleh bayi, namun menentukan apa penyebab alergi pada bayi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebenarnya faktor apa saja yang mungkin menyebabkan alergi pada bayi dan seperti apa penanganannya? Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Alergi Pada Bayi? Faktor genetik sering memainkan peran penting dalam terjadinya alergi pada bayi, namun faktor lain tidak kalah penting. Faktor lain yang sering menjadi penyebab terjadinya alergi pada bayi adalah makanan dan lingkungan. Alergi karena lingkungan sendiri lebih jarang ditemui dibandingkan alergi yang disebabkan oleh makanan. Beberapa makanan yang paling sering menyebabkan alergi antara lain kacang, susu, telur, kerang, dan ikan. Sementara itu, alergi yang disebabkan oleh lingkungan, biasa terjadi saat anak menginjak usia 18 bulan. Pada usia itu, balita bisa menunjukkan alergi terhadap benda-benda yang ada di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa hal yang menjadi penyebab alergi pada bayi adalah serbuk sa [...]

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Selain dapat membuat masalah pekerjaan jadi lebih ringan, mengeluarkan unek-unek kepada bos ternyata bisa memberikan efek baik bagi kesehatan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian di Inggris.Hasil dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa karyawan yang memendam pikiran dan perasaannya akan mengalami perasaan gelisah, depresi dan tekanan darah tinggi. Selain itu, perasaan yang terpendam juga diklaim mampu menurunkan kemampuan otak bahkan kemunduran mental seseorang.Sebelum mendapatkan hasil di atas, para peneliti melakukan riset dengan membagi dua grup yang terdiri dari 150 manajer. Kelompok pertama mendapatkan training dan feed back (timbal balik) dari 500 karyawannya, sedangkan kelompok kedua tidak mendapatkan timbal balik. Hasilnya, manajer yang mendapat sesi timbal balik terbukti lebih disukai karyawan dan memiliki pekerja yang produktif serta sehat."Ketika seorang manajer mendapatkan feed back dari stafnya, mereka bisa mengintrospeksi gaya manajerialnya dan akan lebih efektif dalam memimpin," ujar Emma Donaldson-Feilder dalam sebuah konferensi di Brighton, Inggris seperti dikutip dari Dailytelegraph.Keuntungan yang akan didapat para karyawan itu sendiri adalah mereka bi [...]

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Beberapa manfaat musik adalah menenangkan pikiran dan membantu menambah kreativitas dalam bekerja. Apakah musik dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard baru-baru ini membuktikan bahwa musik tidak ada pengaruh terhadap kepintaran. Sebanyak 80% orang dewasa di Amerika berpikir bahwa musik dapat meningkatkan intelegensi seorang anak dikatakan Samuel Mehr dan profesor Elizabeth Spelke dari Harvard. Mitos mengenai pengaruh musik terhadap intelegensi ini bermulai saat sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 1993 pada the Journal Nature yang membahas mengenai ?The Mozart Effect? dimana disebutkan pada jurnal tersebut seseorang yang dapat memainkan alat musik berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam bekerja. Namun studi ini tidak lama kemudian dibatalkan dan dianggap hanya sebagai mitos. Inilah hasil penelitian Mehr... Musik Membuat Anda Lebih Pintar? Mehr dan teman-temannya melakukan penelitian untuk membuktikan hal ini dimana mereka melakukan penelitian terhadap 29 orangtua yang memiliki anak dengan usia 4 tahun. Dimana mereka memberikan pelatihan musik untuk satu kelompok dan untuk kelompok lain tida [...]

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Percayakah Anda bahwa daging kambing dapat meningkatkan keperkasaan, khususnya untuk pria? Bahkan ada yang mengatakan kalau daging kambing muda atau daging kambing setengah matang lebih baik ketimbang daging kambing yang matang. Entah darimana pernyataan tersebut berkembang. Berikut penjelasannya: Daging kambing bukanlah golongan makanan pembangkit libido. Rasa hangat yang timbul setelah makan daging kambing berasal dari lemak yang melekat di daging kambing, dan secara ilmiah tidak ada hubungannya dengan peningkatan libido. Bahkan daging kambing memiliki kandungan gizi yang sama dengan daging sapi, hanya saja kandungan lemak daging kambing lebih rendah. Hal tersebut membuat daging kambing terasa lebih ringan dan mudah dicerna, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang mengartikan perasaan nyaman itu dengan peningkatan libido. Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik? Jika Anda ingin menambah gairah seksual, sebaiknya Anda memilih makanan yang mampu meningkatkan hormon testosteron (hormon yang bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual), seperti alpukat, durian, tiram dan cokelat. Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan g [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah."Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif," ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (5/06/2013).Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terja [...]

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Perusahaan raksasa teknologi dunia, Google, kerap menciptakan produk berteknologi tinggi. Kini Google sedang merancang teknologi untuk para penderita diabetes yang dapat mengontrol asupan gula sehari-hari. Teknologi tersebut berupa smart softlens yang akan mengadur kadar gula penggunanya."Kami sekarang sedang menguji lensa kotak yang dirancang untuk mengukur kadar glukosa dalam air mata," tutur project co-founders, Brian Otis dan Babak Parviz seperti dilansir dari New York Daily News.Lensa kontak yang masih dalam tahap uji klinis itu menggunakan chip nirkabel kecil dan sensor yang tertanam di antara dua lapisan tipis dari softlens. Chip dan sensor memiliki bentuk yang sangat kecil seperti bentuk gliter warna hitam. Sensor tersebut yang akan mengatur kadar gula darah Anda. Namun pihak perancang mengatakan bahwa softlens ini masih dikerjakan dan sedang dibicarakan dengan US Food dan Drug Administration. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa sensor yang terdapat dalam softlens akan memperingatkan pemakainya mengenai kadar gula darah mereka sudah melalui batas atau belum. Menurut pihak Google, International Diabetes Federation menyatakan bahwa masih sulit memerangi penyakit diabete [...]

Ingin Anak Lebih Pandai? Ajaklah Bermain!

Ingin Anak Lebih Pandai? Ajaklah Bermain!

Orangtua yang mengajak anaknya yang berusia pra sekolah untuk berolahraga atau bermain aktif dapat meningkatkan perkembangan kognitif dan kemampuannya untuk belajar, ketimbang hanya bermain video game atau permainan di handphone. (Baca: Dampak Handphone Pada Kesehatan) Kemampuan anak untuk belajar bahasa dan baca-tulis berkaitan dengan perkembangan kemampuan gerak dasar anak. Kemampuan motorik dasar anak mempengaruhi fase pembelajaran. Ketika anak bermain dan bergerak, mereka akan secara konstan berinteraksi dengan lingkungan sosial dan fisik. Hal ini akan memaksa tubuh dan pikirannya untuk berinteraksi dan dalam prosesnya membentuk koneksi di dalam otak dan jalur motorik sensorik. Selanjutnya jalur sensorik ini akan menjadi dasar jalur sensorik yang lebih kompleks lagi seperti membaca, menulis dan menghitung. (Baca: Tumbuh Kembang Anak untuk 1 Tahun Pertama) Perkembangan ini terutama penting saat anak berusia 3-10 tahun. Jenis kemampuan motorik dasar anak: Lokomotif Meliputi perpindahan badan dari satu tempat ke tempat lain seperti: melompat, meloncat, berjalan dan berlari Manipulatif Meliputi kemampuan untuk mengontrol objek dengan tangan dan kaki seperti: melempar da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *