Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

mewarnaibukucvr.jpg

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.

Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.

‘The Secret Garden’, buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.

Buku bertitel ‘Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns’ juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.

Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.

Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-putih. Namun pada buku khusus orang dewasa, gambar-gambarnya lebih rumit dan diperlukan ketelitian tinggi saat mewarnai agar hasilnya jadi menakjubkan.

Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan sulit untuk diwarnai.

Kegiatan mewarnai ini diklaim bisa menjadi terapi yang membantu mengurangi stres. Bahkan untuk orang yang kurang suka melukis atau merasa jiwa seninya kurang, efek menenangkan tetap bisa didapatkan.

“Kegiatan apa pun, selain pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat Anda fokus saat mengerjakannya, bisa membuat Anda lebih relaks,” ujar Alice Domar, Executive Director dari Domar Center for Mind/Body seperti dikutip dari Self.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Olahraga Naik-Turun Tangga Tak Disarankan untuk Kecilkan Paha & Perut

Olahraga Naik-Turun Tangga Tak Disarankan untuk Kecilkan Paha & Perut

Banyak sumber mengatakan latihan naik-turun tangga bagus untuk mengecilkan otot paha dan perut. Namun ternyata kegiatan ini tidak disarankan oleh dokter spesialis olahraga, Michael Triangto. Mengapa??Saya paling nggak setuju dengan naik tangga, itu akan merusak lutut. Lututnya akan sakit, silakan bisa lebih kurus habis itu sakit lututnya, nggak bisa bergerak, naik berat badannya,? tandas dokter Michael Triangto, SpOK, yang ditemui oleh wolipop di klinik olahraga, gedung Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jalan Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur , Kamis (13/12/2012).Ada cara lain yang lebih aman daripada harus naik-turun tangga berulang-ulang. Banyak pilihan lain yang bisa dilakukan, terutama bagi pekerja kantoran. Jalan lurus ke depan hasilnya lebih efektif daripada harus naik-turun tangga.?Yang jelas lebih banyak jalan kalau di kantor,? saran pria lulusan Spesialis Kedokteran Olahraga di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.Ia juga menyarankan agar Anda melakukan gerakan-gerakan yang bisa mengecilkan lemak pada bagian perut, lengan, dan paha. Sebagai contoh, duduk bersandar di kursi kerja Anda dengan meletakkan kedua tangan di samping tubuh. Kemudian a [...]

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berbuka puasa, asupan cairan memegang peranan yang penting. Mengembalikan cairan tubuh setelah 14 jam tanpa asupan cairan diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Berbuka puasa dengan cairan dan makanan berserat sangat dianjurkan untuk menurunkan rasa lapar sehingga ketika makan makanan utama tidak berlebihan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan segera. Beberapa cairan yang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa selain dari air putih adalah sari buah atau jus buah dan juga jus sayuran. Atau, campuran keduanya. Pilihan lainnya adalah air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kandungan gula sederhana dan elektrolitnya dapat segera mengembalikan kadar gula dan keseimbangan elektrolit dalam darah. Kadar gula dalam air kelapa cukup untuk mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat namun tidak terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda atau minuman berenergi. Hanya mengandung sedikit kalori sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tidak membuat terlalu kenyang sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan utama. [...]

Mengenali Keringat Berlebih dan Cara Mengatasinya

Mengenali Keringat Berlebih dan Cara Mengatasinya

Keringat berlebih tanpa pemicu yang jelas dapat membuat seseorang merasa terganggu, dan menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan karena keringat berlebih Berkeringat adalah salah satu proses metabolisme saat tubuh berupaya menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan dengan cara mengeluarkan cairan mengandung garam melalui kelenjar keringat. Lain halnya dengan keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya pemicu, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi disebabkan oleh adanya penyakit tertentu. Terdapat dua jenis keringat berlebih atau hyperhidrosis, yaitu hyperhidrosis focal primer atau keringat di bagian tertentu, dan secondary general hyperhidrosis atau keringat berlebih di seluruh tubuh. Hyperhidrosis focal primerSeseorang dengan hyperhidrosis focal primer akan mengalami keringat berlebih di bagian tertentu. Seperti pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau hanya kepala dan wajah. Biasanya area yang terkena simetris, artinya bila telapak tangan kanan banyak berkeringat biasanya begitu juga telapak tangan kiri. Penyebab dari keringat berlebih jenis ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungs [...]

Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit

Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Ternyata komponen yang terkandung dalam minyak ikan yang disebut sebagai DHA (docosahexaenoic acid) telah lama disebutkan memiliki efek anti-inflamasi atau anti-peradangan, namun mengapa begitu? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The FASEB Journal, menunjukkan bahwa DHA merupakan suatu komponen yang penting dalam produksi sebuah molekul beranama ?maresins?, yang berfungsi untuk ?mematikan inflamasi? seperti yang disebutkan oleh dr. Gerald Weissmann, MD, editor in chief dari jurnal The FASEB. Untuk studi ini, para peneliti dari Harvard Medical School dan the Karolinska Institute menemukan bahwa jenis sel darah putih yang bernama ?makrofag? yang mengubah DHA menjadi maresins. Maresins lalu mengubah makrofag jenis inflamasi menjadi makrofag jenis non-inflamasi. Pada awal tahun ini juga telah diterbitkan sebuah jurnal yang menyebutkan bahwa DHA dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan meningkatkan aktivitas dari sel B, yaitu jenis sel darah putih kita. Kita dapat terkena inflamasi hampir setiap harinya yang kita tidak sadari, dimana dapat disebabkan oleh makanan atau lingkungan sekitar kita, seperti asap rokok, polusi, atau makanan tertentu [...]

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun sering menjadi bahan perdebatan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Pagi, siang, atau malam hari? Profesor kedokteran olahraga, Russel Pate dari University of South Carolina mengatakan ?waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu dimana Anda dapat secara konsisten melakukannya.? Hal ini karena manfaat aktivitas fisik atau olahraga tergantung pada konsistensi. Olahraga bukan hanya mengenai waktu, tapi juga mengenai jenis, lama, dan tempat olahraga, juga dengan siapa kita berolahraga. Keempat hal tersebut dapat mempengaruhi konsistensi kita dalam berolahraga. Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Berikut penjelasannya: Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Ada,tapi perbedaannya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan efek olahraga yang dilakukan secara konsisten. Jika Anda bukan orang yang bisa bangun pada pagi hari, maka tidak perlu olahraga pada pagi hari. Carilah waktu dimana Anda bisa secara konsisten berolahraga minimal 3x/minggu selama minimal 30 menit pada setiap sesinya. Misalnya sore hari saat pulang kerja atau sekolah. Olahraga pada malam hari ku [...]

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun jika terlalu banyak justru dapat menyebabkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, tips-tips dari Health Me Up berikut dapat Anda coba:1. Berhenti MerokokJika Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan waktu yang sama meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, perokok juga dapat mengalami jantung berdebar yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.2. Banyak BerolahragaOlahraga adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40-60 menit perhari akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5-10% dan meningkatkan kolesterol baik hingga 3-6%. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik yang intens seperti jogging, aerobik, pilates, latihan cardio atau latihan yang lainnya secara rutin. Minimal tiga kali seminggu.3. Perhatikan Konsumsi MakananUntuk mengurangi kolesterol, Anda harus mulai menjaga asupan makanan. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenu [...]

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Apakah Anda sering mengalami bad mood atau suasana hati buruk? Jika ya, mungkin Anda kurang banyak minum air. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dehidrasi bisa buat wanita mengalami bad mood.Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition melibatkan 25 wanita dengan kondisi hidrasi yang berbeda-beda. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang sedikit minum air putih cenderung mudah mengalami gejala-gejala kelelahan seperti sakit kepala dan hilangnya konsentrasi.Seperti yang dikutip dari Times, beberapa gejala itulah yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati. Dalam penelitian ini efeknya muncul bahkan pada kondisi dehidrasi paling ringan yakni saat cairan tubuh hanya berkurang 1 persen.Meskipun pria tidak ikut serta ke dalam objek penelitiannya, ada kemungkinan berlaku hasil yang sama. Jadi jika Anda merasa letih, kesal dan sensitif, cobalah untuk meminum air mineral dingin atau minuman lain yang menyegarkan. Namun, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein karena bersifat diuretik --mengurangi cairan tubuh."Makin pekat warna urin, itu tandanya seseorang sedang kekurangan cairan dan harus segera minum. Agar tidak mudah dehidrasi, pilih air putih [...]

Jakarta Tenggelam Sampahnya Sendiri

Jakarta Tenggelam Sampahnya Sendiri

? Diperkirakan 2016 Jakarta akan tenggelam karena sampahnya sendiri. Jika dalam sehari Jakarta memproduksi sampah sebanyak 600.000 ton, hanya dengan luasan area 154,11km2, kurang lebih dalam setahun Jakarta tenggelam sedalam +10meter. Menurut penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, menyatakan, bukan hanya Jakarta saja. Hampir seluruh dunia mempunyai masalah dengan sampah. Contohnya saja, puntung rokok apabila dibuang dalam air tawar butuh 1 tahun untuk dapat terurai dan butuh 2 tahun di dalam air asin. Masalah sampah memang pasti tidak ada habisnya. Karena itu diperlukannya kerja sama semua masyarakat dan pengusaha untuk meminimalisir sampah, dengan cara; Karena itu diperlukannya kerja sama semua masyarakat dan pengusaha untuk meminimalisir sampah, dengan cara; 1. Reduce / Mengurangi Sampah bisa dikurangi dengan cara mengurangi pemakaian sampah yang tidak bisa didaur ulang. 2. Reuse / Digunakan kembali Dengan menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang yang dapat diolah kembali, penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, tidak menggunakan kantong-kantong plastik. Karena plastik sangat sulit diurai kembali. 3. Recycle / Daur Ulang Satu l [...]

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Ketika Anda merasa lemas, Anda seringkali menyalahkan ?kekurangan tidur? sebagai biang keladi utama. Bila sudah begitu, Anda lebih memilih untuk minum kopi demi membuat tubuh ketimbang mengetahui penyebab pasti di belakangnya. Padahal, dengan memahami titik permasalahan, Anda bisa mengatasi lemas-lemas dengan mudah bahkan Anda tak perlu minum kopi setiap hari untuk membuat tubuh berenergi. Jadi, apa saja penyebab yang bisa membuat seseorang sering lemas? 1. Dehidrasi Menurut studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada tahun 2012, penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood. Solusi: Minumlah lebih banyak. Singkiran aturan 8 gelas sehari, karena kebutuhan hidrasi seseorang bervariasi berdasarkan cuaca dan aktivitas. 2. Kekurangan B12 Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Ketika Anda kekurangan vitamin tersebut, tubuh pun akan cepat lemas. Solusi: Jika Anda merasa lemas disertai dengan cepat lupa, kaki gelisah dan kesemutan, mungkin penyebabnya adalah karena kekurangan B12. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk melakukan tes darah. [...]

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres: Beberapa Makanan Pencegah Stres: Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *